3 + 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Samsung Z2 tampaknya sedang naik daun. Banyak pengikut akun Twitter @herrysw dan pembaca blog Ponselmu.com yang menanyakan ponsel itu. Kalau dihitung, minimal mencapai puluhan orang. Mereka berharap penulis alias HSW mau me-review ponsel tersebut.

Dengan senang hati HSW memenuhi permintaan mereka. Setelah gagal menguji pakai Samsung Galaxy Note 7, padahal HSW telah membeli aksesorinya, Z2 seolah menjadi pelipur lara. Spesifikasi Z2 tentu tak layak diadu dengan Galaxy Note 7 yang kini menjadi barang haram di dunia penerbangan. Berbeda jauh banget. Namun, ada satu hal yang membuat Z2 menarik di mata HSW. Ia adalah ponsel Tizen OS pertama yang resmi beredar di Indonesia.

HSW berikan disclaimer dulu. Tulisan ini bukan review berdasarkan uji pakai dengan durasi memadai, melainkan preview yang dibuat setelah HSW menggunakan Z2 selama 24 jam saja. Review lengkap akan diunggah ke blog Ponselmu paling cepat dua minggu mendatang.

Ada tiga hal utama yang membuat Z2 terasa menarik. Apa saja?

  1. Bermerek terkenal. Siapa sih yang tidak mengenal Samsung. Tak sedikit konsumen di Indonesia yang beranggapan membeli ponsel pintar (smartphone) ya berarti membeli ponsel Samsung.
  2. Mendukung layanan 4G LTE.
  3. Bisa dual Maksudnya, pengguna Z2 bisa mengaktifkan dua akun WhatsApp sekaligus. Pengguna tinggal masuk ke settings, apps, lalu dual profile apps. Pengguna tak perlu menginstalasikan aplikasi tambahan lagi untuk menikmati kemampuan itu.

Seperti kata peribahasa, tiada gading yang tak retak. Z2 juga tidak luput dari berbagai kekurangan.

  1. Layarnya tak sedap dipandang mata. Dilihat dari depan kurang nyaman, apalagi dari samping.
  2. Kualitas pengerjaan fisiknya (build quality) jauh dari istimewa. Setara dengan kondisi fisik ponsel merek lokal berharga jual Rp 400 ribuan. Padahal, harga ritel resmi Z2 dipatok Rp 899 ribu. Harga pasar malahan menembus Rp 1,05 juta.
  3. Dalam pemakaian sehari-hari, ponsel sangat terasa kurang responsif. Sering sekali tersendat alias nge-lag.
  4. Belum tersedia aplikasi Twitter yang kompatibel dengan Z2. Di home screen ponsel memang terlihat ikon Twitter. Namun, saat diklik, ternyata ponsel akan mengakses browser dan membuka m.twitter.com. Hmmm… serasa memakai ponsel abal-abal yang beberapa tahun lalu mewabah di Indonesia.
  5. Rutin memakai BlackBerry Messenger (BBM)? Maaf, Z2 belum mendukung BBM.
  6. Sering memanfaatkan transportasi online seperti Go-Jek, Uber, dan Grab? Bila tetap ingin meneruskan kebiasaan itu, berarti pengguna harus membawa satu ponsel tambahan. Sebab, aplikasi semua transportasi online tersebut belum bisa dinikmati di Z2.
  7. Selain WhatsApp dan BBM, Telegram cukup banyak digunakan di Indonesia. Beberapa perusahaan HSW ketahui memanfaatkan grup Telegram untuk melakukan koordinasi antarkaryawan. Sayang, Telegram belum bisa dinikmati oleh pengguna Z2.
  8. Kinerja kameranya buruk. Mudahnya, kamera tersebut sebatas bisa memberitahu kalau jeruk itu bulat dan berwarna oranye. Jangan memimpikan kamera Z2 bisa mengabadikan guratan-guratan di kulit jeruk.
  9. Suara yang dikeluarkan via speaker internal Z2 kurang prima. Bayangkan saja seseorang yang sedang pilek bernyanyi. Apakah suaranya merdu? Nah… itu yang terjadi dengan speaker Z2.

Kesimpulannya, apakah Z2 layak beli? Ya, ponsel itu sangat pantas dibeli. Buat penggemar Samsung, Z2 merupakan ponsel Tizen pertama yang resmi dijual di Indonesia. Anda patut mengoleksinya.

Sedangkan buat Anda yang selama ini tidak cinta mati dengan Samsung, Z2 boleh dibeli untuk dijadikan bukti. Bukti kalau ponsel merek global dan terkenal tidak selalu berkualitas prima.

Terakhir, Z2 sukses mengubah paradigma HSW. Biasanya HSW cenderung menghindari ponsel merek lokal. Misalnya, Advan, Evercoss, dan Mito. Kinerja, reliabilitas, dan daya tahan menjadi alasan utama. Berkat Z2, penilaian itu mulai berubah. Seandainya boleh memilih, kali ini HSW lebih condong menggunakan ponsel Advan daripada Samsung Z2.

112 thoughts on “3 + 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

  1. Sebenernya saya penasaran sama Tizen-nya. Kalo user interface-nya seperti apakah?. Layak dibandingkan dengan Android kah?

    1. Ibnu Ridho,

      Tampilan antarmukanya seperti memadukan Android dan Sailfish OS (yang dipakai di ponsel Jolla).

      Belum layak diadu dengan Android deh.

    1. Pak Fauzi,

      Beberapa aplikasi bisa dijalankan bersamaan.

      Stabil tidaknya belum bisa komentar karena baru coba sebentar.

  2. Pada dus terlihat logo Line mungklin linenya hanya Line Lite kali ya Pak sehingga hanya bisa untuk chatting saja, tidak bisa untuk melihat timeline Line

    1. Pak Welly,

      Kurang tahu. Kebetulan saya bukan pengguna Line. Saat ponsel baru dinyalakan, Line-nya segera saya hapus. Kelak saat uji pakai saya coba deh.

  3. Kalo dari segi hardware memang payah soalnya memang kelas low banget yg kena pajak brand makanya mahal dari pada advan :v . Tapi menurut sampean gimana dengan masa depan dari perkembangan OSnya sendiri pak? Soalnya dibanding Android basicnya Tizen memang lebih banyak potensinya. Pernah liat di Youtube si Z2 ini bisa lancar maenin aspalt 8 di spek yg minim dibanding Android dengan spek yg sama persis juga

    1. Pak Faery,

      Kalau melihat ada nama besar Samsung di belakangnya, mestinya Tizen memiliki prospek cukup bagus ya.

  4. Bagaimana dengan xiaomi yg barangnya semakin banyak beredar disini.padahal kan g resmi koh.harga dan speknya itu lho koh racun banget.bagaimana koh recommended xiaomi yg g beredar resmi utk dibeli?kalau tidak apa alasannya koh?

    1. Pak Andhy,

      Prinsip saya sih sederhana. Jangan membeli yang tanpa garansi resmi. Risikonya terlalu besar. Risiko apa? Di antaranya:
      * Dapat barang tidak orisinal.
      * Dapat ponsel dengan spesifikasi yang tidak optimal dengan kondisi jaringan di Indonesia.
      * Layanan purna jual tidak jelas.

  5. Nanti coba review lagi Tizen dengan Spek yg lebih tinggi Om Herry. Samsung Z3 ya kalau ga salah. Masih penasaran kok nge lag, bukannya harusnya Tizen ini lebih ringan ya..

  6. Mungkin ga koh kalo z2 ini dipasarin untuk ngetes seberapa jauh minat dan reaksi pasar untuk os tizen?
    Denger denger samsung mulai khawatir ketergantungan dengan os android

  7. Kadang saya heran dengan kebijakan Samsung yang berani melempar produk ke pasar dengan kualitas yang “sebegitu mengerikan” seperti di atas itu demi bisa ikut “bermain” di kelas terendah. Apa nggak takut “citra Samsung” lama-lama bisa identik juga dengan produk yang “mengerikan”? Ataukah Samsung masih sangat percaya diri, … separah apa pun produknya, selalu banyak konsumen fanatik yang sudi membelinya?
    Itu kardus bungkusnya difoto dengan diletakkan di atas botol air minum kemasan ya, Pak? Kenapa mesti begitu?

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Masih percaya diri dong. Apalagi, konsumen di Indonesia kan fanatik merek.

      Ya. Alasannya sederhana. Meja kerja saya sedang berantakan. 🙂

  8. Salam Pak Herry,

    Saya baca di twitter, bapak sering beli gadget pakai kartu kredit?
    Kalau boleh tahu, dari pengalaman bapak, kartu kredit apa yang paling banyak promonya kalau beli gadget? Baik yang online dan offline

    Terima kasih, salam

  9. Untuk mute ada pak pilihannya. Di nama grup atau nama yg mau di mute. Jadi masuk ke grup atau chat kemudian klik nama di bagian atas, nanti ada pilihan mute.

    1. Pak Aslich,

      Terima kasih atas informasinya. Ketemu dan sukses saya mute. Naskah setelah ini saya update.

      Btw, selama pakai Z2, apakah merasakan kalau notifikasi dan pesan WhatsApp sering terlambat masuk? Saat baru beberapa jam memakainya, saya tak merasakan hal itu. Namun, makin lama kok makin terasa. Ada pesan yang terlambat masuk hingga nyaris dua jam.

  10. “..buat Anda yang selama ini tidak cinta mati dengan Samsung, Z2 boleh dibeli untuk dijadikan bukti. Bukti kalau ponsel merek global dan terkenal tidak selalu berkualitas prima.

    Terakhir, Z2 sukses mengubah paradigma HSW. Biasanya HSW cenderung menghindari ponsel merek lokal. Misalnya, Advan, Evercoss, dan Mito. Kinerja, reliabilitas, dan daya tahan menjadi alasan utama. Berkat Z2, penilaian itu mulai berubah. Seandainya boleh memilih, kali ini HSW lebih condong menggunakan ponsel Advan daripada Samsung Z2.”

    Huawkwkwkwkwk :)).. :))..
    kalo gitu, Samsung berhasil “mempromosikan” Merk China/ lokal dong.. hebat Samsung ini, sangat mendukung ponsel “UMKM” :p..

    1. Pak Ichan,

      Belum bisa berkomentar, Pak. Lha saya baru mencoba selama 24 jam. Selama rentang waktu itu saya nge-charge dua kali.

  11. Hahaha, Pak Herry ini selalu lihai dalam hal sarkasme.
    Z2 memang kurang begitu menarik kalau sudah digunakan, masyarakat umum yang termakan iklan di media massa pun langsung mencarinya, padahal kalau mau cari yg bermerk harga setara Z2 saya lebih merekomendasikan Zenfone GO atau Andromax A.

  12. Kalo sudah jelek begini, kok uji pakainya masih diteruskan? Apa tidak sebaiknya langsung uji pakai hape lain, apalagi antrian hape nya Pak Herry kan mengular… Kebetulan sudah penasaran nih dengan Infinix Hot S.

    1. Pak Amaris,

      Uji pakai kelak tetap akan saya teruskan. Saya menuntaskan P9 Lite dulu, kemudian balik lagi ke Z2 agar bisa menuliskan naskah review yang komplet.

  13. Kalo disuruh memilih, mending OS. TIZEN atau WINDOWS PHONE ? Dari segi performa, kompatible dengan aplikasi2 yg populer sprt bbm,wa,fb,twitter,ig,dll

  14. Bung HSW

    Ada juga loh penyanyi yang suaranya sepeti ‘orang lagi pilek’ tapi merdu di dengar.
    Lagu-lagunya juga sering jadi hit di dunia.
    itu loh si Celine Dion yang populer dengan saundtrack titanic-nya

    1. Pak Kurniawan Faizal,

      Nggak ada patokan tipe. Jalan-jalan saja ke toko ponsel, trus minta ditunjukkan ponsel Advan yang murah.

  15. Ya… dengan konsumen Indonesia yang biasanya membeli sesuatu kalau ada iklan di TV, kayaknya Samsung Z2 dan Oppo F1s jadi top penjualan… sayang, belum ada yang tahu seberapa pahit kenyataan (dalam menggunakan)nya. Nampaknya, tagline “HP masa gitu” akan menjadi bumerang tersendiri untuk Samsung.

  16. Seharusnya ponsel pertama tizen samsung di indonesia dirilis dikategori mid end.minimal lauar hd.mengapa?konsumen pasti penasaran feel seperti apa ponsel tizen.sekarang malah rilis yg low end yg kata koh hsw lag layar jelek dll.konsumen pasti ogah beli ponsel tizen lg.

  17. Pak HSW
    Maaf pertanyaannya sedikit OOT.
    Mau tanya rekomendasi HP yang biasa (bukan android),asal bisa telepon dan sms dan sudah mendukung charger memakai USB.
    HP apa saja ya pak yang masih beredar untuk saat ini?

    Terima Kasih

    1. Pak Aryo Bayu,

      Tak tahu. Belum saya eksplorasi secara mendalam. Z2 baru resmi memasuki periode uji pakai ala HSW pada 28 Oktober 2016.

  18. ko herry, kemaren saya sempat beli xiaomi, beli dari pasar gelap sih emang, karena penasaran, selama ini saya pake samsung s5, dan saya beli xiaomi mi note, ingin rasain gimana sih ponsel xiaomi mi ini, dan ternyata saya menyesal ko, sungguh saya menyesal,
    yaa,,, saya menyesal kenapa milih samsung s5, padahal dengan harga yang sama, lebih rendah jauh sih, bisa dapat xiaomi yg performanya 11,5 – 12 dengan samsung s5, seandainnya xiaomi masuk resmi di indo, pasti bakalan bikin kocar kacir pemain lama,
    jujur aja sama hp merek cina laen kurang respek, seperti “apa” tu hp specknya ala kadar harga luar biasa tinggi. tp xiaomi ini paling rasional kasi harga dan kasi spek

    1. Pak Ahmad,

      Nggak juga deh. Lha layarnya nggak enak, suara speakernya juga bindeng.

      Mi 4i bergaransi resmi sih pakai ROM global.

  19. Pak Herry, kalau HP yang ada Finger print termurah yang recomended apa ya?
    Kalau boleh saran, lain kali tolong dong Pak Herry menulis cara ganti HP versi Pak Herry. Step2 apa saja yang perlu dilakukan. Termasuk kalau perlu factory Reset. Pasti banyak orang yang gak paham juga Pak. Tulisan Pak Herry sangat komunikatif dan oke punya soalnya.
    Terimakasih banyak, Pak.

    1. Pak Sofy,

      Termurah ya? Hmm…. saat ini Xiaomi Redmi 3 Prime.

      Terima kasih atas usulnya. Saya nggak punya cara khusus untuk pindahan ponsel sih. Namun, boleh deh suatu saat saya buatkan tulisannya.

    2. Kalo boleh memberi saran, coba cari Meizu M3S aja mbak. Saya pake semingguan dan hampir tidak ada keluhan. Tampilan layar jernih, selfie OK, cuma kamera belakang dikit pucet. Tampilan mirip IOS dan fingerprint responsif. Sayang belum resmi.

  20. Masih inget pas samsung ngeluarin galaxy mini. Model dan strategi nya sama, yakni ngisi kekosongan user yg penasaran sama OS baru dan yg mau pindah dr feature phone.
    Makin lama pasti akan berkembang ini kaya android dulu kalo dpt sambutan yg bagus, tp liat pasar nyambut nya gimana nanti nya

  21. Pak HSW, masih ingat dengan OS Bada milik Samsung Wave series? Apakah nanti Samsung Z series (non galaxy) yang ber OS Tizen akan bernasib sama?

  22. maaf koh heri izin tanya. tempo lalu koh heri sudah mereview zenfone max. yg saya ingin tanyakan setiap restart hp tersebut apakah presentase batere nya langsung berkurang 4 hingga 5 persen. kalau iya kenapa ya koh ?

  23. Pak Herry,

    mau tanya rekomendasi ponsel dengan budget sekitar 2 juta.
    apakah hisense pureshot masih layak beli? mengingat harganya sudah turun 200 ribu.
    atau ada rekomendasi lain, misal Asus atau merk lain.
    terima kasih pak Herry

    1. Pak Erik,

      Pureshot masih layak beli. Alternatif lain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL (layar 5 inci) atau ZE550KL (layar 5,5 inci).

  24. Pak Herry,

    Mudah mudahan OS Tizen ini tidak bernasib sama dengan OS Bada nya samsung dulu

    jadi teringat dulu saat pakai samsung wave II, spek lumayan tapi sayang pengembangan OS Bada berhenti ditengah jalan

  25. Koh.. maaf OOT

    Dengan budget maksimal 2 Juta rupiah
    Saya butuh hape yang penerimaan sinyal nya bagus
    Sudah 4G, baterai minimal bisa awet dari pagi sampe sore
    Dengan penerimaan email dan chat yang cukup intens dalam pemakaian
    ( karena akan dipakai untuk online shop )

    Kalo bisa 2 -3 tipe pilihan merk / tipe, hehehe

    Ada rekomendasi koh ?
    Terima Kasih,

    1. Pak Revaldo,

      Hmmm… karena pemakaian intensif, saya asumsikan perlu baterai berkapasitas besar nih.

      Pilihan terbaik Infinix Note 2. Alternatif berikutnya, di pasar ada Lenovo Vibe P1m, tetapi saya belum pernah mencobanya.

  26. pak herry tanya dunx,

    kualitas material casing samsung z2 kokoh tidak??, antep gitu?,

    trus kualitas layarnya apakah kayak layar ponsel harga 400 ribuan??

    berarti kualitas asli z2 tidak sepadan sama harganya dunx pak?

    sekian tur suwun

  27. Jika ingin membeli ponsel Samsung, belilah seri S dan seri Note. Dan jangan beli ponsel Samsung dibawah 2 juta karena itu barang busuk, begitukah bung Herry?

    Soal Tizen berkembang atau tidak kalau menurut saya tergantung penjualan Samsung, justru karena buatan Samsung inilah kekhawatiran dihentikan kayak Bada dulu bisa terjadi lagi.
    Karena Tizen diciptakan oleh Samsung untuk meningkatkan keuntungan Samsung, bukan untuk memenuhi kebutuhan user/komunitas seperti misal distro Linux di PC yang tetap berkembang walaupun tak ada keuntungan.

  28. pak Herry
    ..saya jadi keingat bberapa tahun silam, samsung kluarin produk bernama Samsung Wave dengan Bada OS yg digadang2 waktu itu, dan skrg ntah dimana rimbanya… apakah Tizen bakal bernasib sama…? hehee
    .

  29. mas herry,
    berarti kualitas fisik samsung z2 tidak kokoh ya casingnya?

    trus kalo di bandingkan sama iphone Se lebih kokoh mna?

    samsung z2 kalo sama evercoss winner t cakep mna?

    1. Pak Pulung Ijo,

      Terkesan murahan gitu deh.

      iPhone SE.

      Saya belum pernah lihat Winner T. Jadi, tak tahu lebih cakep mana.

  30. Pak HSW,
    Mau nanya nih Z2,oppo neo 3,andromax A itu yg paling bagusan mana.?
    Trus apa iya Z2 banyak aplikasi yg tidak kompatibel.?
    Apa saja yg tidak kompatibel?

    1. Pak Sopo?,

      Ambil Andromax A saja deh.

      Banyak banget. Sebagian sudah saya sebutkan di atas. Informasi yang lebih detail akan saya paparkan kelak di naskah review Samsung Z2.

  31. kirain build quality z2 bagus n kokoh, secara merk dari samsung…

    berarti os tizen itu os java ya pak hsw?…
    kayak symbian gitu?

    1. Pak Pulung Ijo,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Build quality Z2 jelek. Kayak ponsel merek lokal harga Rp 400 ribuan gitu deh.

      Tizen itu OS untuk smartphone yang dikembangkan oleh Samsung. Ya, kalau zaman dulu kayak Symbian, lalu kini ada Android dan Windows Mobile.

  32. Saya lagi membutuhkan modem 4G, Apakah ponsel ini layak dijadikan sebagai modem 4G (maksud saya dalam kestabilan signal 4G dan daya tahan battery)? Terima kasih

    1. Pak Hermawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tidak. Lebih baik Anda membeli modem 4G LTE yang bisa difungsikan sebagai mifi dengan menancapkannya ke power bank atau charger. Saya merekomendasikan Anda membeli Huawei E8278.

  33. pak herry,

    kenapa di hape2 android merk lokal ( evercoss,mito,advan,dll) bootanimation( animasi pembuka saat ponsel android pertama nyala) , gak ada tulisan “powered by android” ??

    padahal di ponsel android merk global di bootanimasinya ada tulisan “powered by android” ??

    itu knapa pak??

    1. Pak Sungsang Sarik,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Hmmm… ini mestinya ditanyakan langsung ke produsen ponsel merek lokal itu deh.

  34. maaf pak herry tanya lagi,

    apa benar hape android buatan Lokal tuh komponen mesinnya Cuma pesan dari industri skala rumahan di Tiongkok sana ??,

    dengan kata lain abal2 ?

    pantes aja ya pak mesin hape android lokal cepat rusak,

    & pantes aja di boot animasinya gak ada tulisan “powered by android’

    1. Pak Sungsang Sarik,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tidak selalu begitu sih.

    1. Pak Jason,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Bada adalah nama sistem operasi yang beberapa tahun lalu dikembangkan oleh Samsung. Karena dinilai gagal berkembang, sistem operasi itu tak dirawat lagi.

  35. iya herry
    maksud saya samsung z2
    kapan di review lengkapnya?
    pnasaran saya sama peforma n build qualitynya…,

    owh ya pak herry, suara speaker samsung z2 merdu tidak?
    trus kalo volume di set maksimal apa suaranya jadi sember?

    trus suara earpiece saat buat telfon bagus tidak??

    1 lagi pak, trus samsung z2 yg varian warna gold, warna aslinya cakep kayak di iklan ato malah buluk ???

    sekian pertanyaan nekat dri saya pak

    1. Pak Agastya Ardilla,

      Minggu depan. Performa dll tunggu review saya deh. Intinya, mengecewakan.

      Soal warna, saya beli yang warna gold karena di iklan terlihat cantik banget. Aslinya… jelek deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *