Asus Hadirkan Zenfone Live dan Zenfone Zoom S

Dua ponsel terbaru Asus diperkenalkan pada acara Zenfinity 2017 yang kemarin (16/5) digelar di Jakarta. Penggemar fotografi disodori Asus Zenfone Zoom S ZE553KL yang dibanderol Rp 5,999 juta. Sedangkan “aktivis” live video streaming dipikat dengan Asus Zenfone Live ZB501KL yang dijual Rp 1,799 juta saja.

“Nama acara ini, Zenfinity, berasal dari kata zen dan infinity. Perpaduan keduanya menggambarkan kemungkinan tak terbatas yang ditawarkan dua ponsel terbaru yang hari ini kami hadirkan,” kata Benjamin Yeh, Regional Director Asus South East Asia.

Zenfone Zoom S dibekali kamera belakang berlensa ganda. Yakni, lensa 25 milimeter dengan bukaan alias diafragma f/1,7 dan lensa 59 milimeter dengan bukaan f/2,6. Kamera utama yang masing-masing sanggup menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel itu memiliki optical zoom 2,3x dan total zoom 12x.

Spesifikasi kamera depan Zenfone Zoom S bukan ala kadarnya. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga 13 megapiksel. Teknologi SuperPixel Camera yang dibenamkan ke ponsel itu memungkinkan pengguna memotret secara cepat dan jelas pada kondisi minim cahaya.

Menurut Galip Fu, Country Marketing Manager Asus Indonesia, Zenfone Zoom S adalah ponsel pertama Asus yang dilengkapi SuperPixel Camera. Teknologi itu mengombinasikan hardware mutakhir dan optimalisasi software agar sensitivitas kamera terhadap cahaya meningkat 2,5 kali lipat dibandingkan ponsel flagship kompetitor. “Bila diadu dengan kebanyakan ponsel pintar, tingkat sensitivitasnya bahkan sampai sepuluh kali lipat lebih baik,” tegasnya.

Prosesor delapan inti Qualcomm Snapdragon 625 2 GHz, layar AMOLED 5,5 inci full HD, RAM 4 GB, ROM 64 GB, 4G LTE, dan baterai tanam 5.000 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain Zenfone Zoom S. Hal menarik lainnya, kendati dibekali baterai berkapasitas jumbo, ponsel tersebut tetap relatif tipis dan ringan. Ketebalannya hanya 7,9 milimeter dan berat 170 gram.

Beralih ke Asus Zenfone Live. Peranti itu membidik pengguna yang sering melakukan live video streaming atau video conference via ponsel. Selama ber-live streaming wajah pengguna akan terlihat lebih cerah dan mulus. Sebab, ponsel tersebut dibekali fitur beautification yang real time.

Untuk mempermudah, dari menu ponsel pengguna bisa langsung mengakses menu live streaming di Facebook, Instagram, YouTube, dan beragam layanan live streaming terkemuka. Zenfone Live kompatibel dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia.

Ponsel pertama di dunia dengan fitur live streaming beautification itu hadir dengan layar IPS lima inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Prosesor empat inti Qualcomm Snapdragon 410 1,4 GHz, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan baterai tanam 2.650 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel tersebut.

Kamera depan Zenfone Live beresolusi lima megapiksel dan dilengkapi soft light LED flash. Sedangkan kamera belakang ponsel mampu memproduksi foto beresolusi hingga 13 megapiksel. Zenfone Live tersedia dalam tiga varian warna: navy black, shimmer gold, dan rose pink.

***

Inilah sebagian foto-foto dari acara Zenfinity 2017.

Hingga saat ini tujuh juta unit ponsel Asus sudah terjual di Indonesia.

Kemarin, dua ponsel baru diperkenalkan bersamaan: Zenfone Zoom S dan Zenfone Live.

Inilah penampakan Zenfone Zoom S.

Kamera belakangnya dibekali dua lensa.

Harga ritel resminya dipatok Rp 5,999 juta. Ponsel itu sudah beredar di pasar. Harga pasarnya saat ini sekitar Rp 5,6 juta.

Inilah contoh nyata penggunaan lensa ganda dan fitur zoom di Zenfone Zoom S. Dimulai dengan memotret suatu objek memakai lensa normal.

Dari posisi yang sama, objek yang sama dijepret dengan memanfaatkan fitur optical zoom 2,3x.

Sekarang objek itu diabadikan memakai fitur total zoom 12x.

Beralih ke Zenfone Live.

Ponsel itu ditawarkan dalam tiga pilihan warna.

Rose pink.

Shimmer gold.

Navy black.

Harga jual Zenfone Live Rp 1,799 juta.

67 thoughts on “Asus Hadirkan Zenfone Live dan Zenfone Zoom S

    1. Pak Daffa Hidayat,

      Saya ingin me-review yang Zenfone Zoom S. Kalau Zenfone Live saya tidak tertarik.

  1. Wah kameranya bisa nyaingi Mi6 nih, ada rencana buat review versusnya om Herry SW? Saya penasaran dengan kamera super pixelnya saat low light

  2. Om, rekomendasi hp dengan kamera terbaik di bawah 2,5 jt dong. Harga baru atau second yang masuk kira2 hp apa aja ya.
    Sempet pengen redmi 3 pro yang resmi, mungkin ada saran lainnya.

    Makasih om HSW.

  3. Asus zenfone zoom S vs oppo f3 plus mana lebih the best,unggul??terus tolong jelasan alasan,spesifikasi,kelebihan dan kekurangan mereka ya..HP One Plus 3t spesifikasi bagus sekali tapi sayang garansi gak resmi..jadi dicoret saja ya?? Bagaimana HP merek luna,lava,coolpad,infinix zero 4 plus,nubia ??mana lebih direkomendasikan??tolong beri peringkat merek hp itu ya..thanks

    1. Pak Henry Eka,

      Tak tahu. Belum pernah uji pakai. Buat saya sih merek Oppo langsung coret.

      Ya, lebih baik hanya membeli ponsel yang bergaransi resmi.

      Pertanyaan berikutnya, bergantung tipe. Tak bisa dipukul rata seperti itu. Biasakan bertanya yang menukik, bukan secara umum.

    1. Pak Ruslan,

      Belum berani komentar lebih lanjut karena kameranya baru saya coba untuk memotret satu objek di lokasi yang pencahayaannya kurang ideal.

  4. Wah zenfone live nya menarik juga, tapi itu berbahan metal atau plastik ya pak? Terlihat mirip xiaomi redmi 4a soalnya

  5. Wah kebetulan banget nih Om, Adik Saya cewe sedang mencari hape dengan alokasi dana maximal 6Juta.
    Kriteria hape yg diinginkan, camera bagus ( syukur kalau ada yg bagus depan/belakang), sering uplod foto di medsos,koleksi foto di memory card dan browsing ringan.
    Saya sarankan adik saya utk memilih Huawei P9 atau Asus Zenfone Zoom S. Kira-kira rekomendasi dari saya tepat ga Om? Atau ada saran dari Om HSW? Tolong sertakan juga harga2 sekarang utk hape tsb. Thanks

    1. Pak Saeful,

      *** Huawei P9.
      Kameranya memang bagus. Harga ritel resmi Rp 5,499 juta.

      *** Zenfone Zoom S.
      Belum uji pakai nih. Harga ritel resmi Rp 5,999 juta. Harga pasar sekitar Rp 5,6 juta.

  6. Penyakit asus yg ada di tombol kapasitif ga nyala apa tetep ada mas?kendala saya waktu mau meminang asus mesti disitu

  7. Selamat sore Pak HSW
    Maaf OOT, kebetulan Pak HSW meliput salah satu ponsel snapdragon 625, apakah ada rencana untuk review prosessor ini? Mungkin redmi note 4 ? Terima kasih. Sukses untuk Bapak,

    1. Pak Hari,

      Tahun lalu saya kan sudah me-review Zenfone 3 ZE520KL yang menggunakan Snapdragon 625. Redmi Note 4 juga akan saya review.

      1. Saya sudah membacanya Pak, begitu Bapak memberitahunya, yang jadi ganjalan hanya harga, terus terang saya masih menggunakan Xperia Z1 yang sudah beberapa tahun menemani, namun saya tergiur dengan snapdragon 625, namun masih kurang mantap dengan performanya dengan snapdragon 800 terutama untuk pekerjaan multitasking dan remote jaringan, rencana mau cari HP lagi,
        semoga Bapak segera mereview redmi note 4 snapdragon, karena saya menantikan review dari Bapak yang terkenal lugas, dan berimbang
        Sukses selalu buat Pak Herry.

  8. Malam Pak HSW,
    Apakah asus zoom s akan direview oleh ponselmu? Sy tertarik dngn ponsel tersebut, mengenai harga menurut HWS apakah bersaing dikelasnya/over price?
    Thx

  9. waduh..
    Harganya di eraph*ne head to head dengan P9 Leica, Iphone6, dan Samsung A7 2017 om herry. Itupun belum mempertimbangkan g5SE atau bahkan v20 yang menurut saya (mungkin) akan turun dan masuk pada range harga yang sama.
    Sukses membuat konsumen pada segmen ini (seperti saya) bingung banget.

    Menurut om Herry dari sekian pilihan yg saya sebut diatas, yang kira kira bertahan untuk diajak bersama sekitar 3-4 tahun ke depan yang mana om?
    saya kebetulan tidak suka gonta ganti HP, tapi tetap ingin update game atau kl bisa OS terbaru.

    Terima kasih Om Herry. Jangan Lupa Istirahat

    1. Pak Ady Suryadinatha,

      Eraph*ne itu apa ya? Yang pasti bukan Erafone kan?

      V20 mestinya masih bisa bertahan 3-4 tahun mendatang.

  10. Koh HSW, apakah ada fitur dual simcardnya juga? Kalau ada, apakah sama dengan zenfone 3, yang bisa aktif di 4G dan sekaligus 3G bersamaan?

    1. Pak Chris,

      Ya, Zenfone Live dan Zenfone Zoom S sama-sama dual SIM.

      Yang Zenfone Live tak tahu. Kalau Zenfone Zoom S bisa 4G-3G simultan.

  11. Bung HSW

    Ada Smartphone baru dengan cpu snapdragon 820 di jual seharga 2,6 juta.
    Menurut Bung HSW harga tersebut MURAH atau KEMAHALAN?

    1. Pak Yoobee,

      Dengan mengabaikan spesifikasi lain dan kemungkinan kualitasnya, seharusnya tergolong murah.

  12. Cukup menarik jika dilihat spek overall yang dimiliki Zenfone Zoom S. Hanya sedikit sayang kalau menurut saya, UI nya tidak seperti gawai seharga 5 jutaan, tapi lebih ke gawai yang ada di range harga 2,5 jutaan.
    Ada rencana mereview Zenfone Zoom S ini Koh Herry?

  13. Salam Pak Herry SW,

    Mohon saran nih pak. Saat ini saya menggunakan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Sejauh ini tidak ada kendala berarti (respon gegas, kamera bagus, dual sim murni alias non-hybrid, dll), tapi tetap ada hal yang mengganjal.

    1. Saya merasa baterai gawai ini kurang besar (kapasitasnya “hanya” 3000 mah) dan tanpa fast charging. Menurut bapak lebih baik saya beli pengisi baterai portabel (power bank) atau ganti gawai yang punya baterai yang lebih besar (> 4000 mah). Abaikan perbedaan harga dalam hal ini. (sebenarnya saya lebih condong ke pilihan kedua tapi belum yakin)

    2. Seandainya pilihan pertama (beli power bank), mohon saran merek dan tipe yang bagus (ukuran sebisa mungkin > 10000 mah).

    3. Seandainya pilihan kedua (ganti gawai yang berbaterai lebih besar), mohon saran untuk merek dan tipe yang memenuhi kriteria utama yaitu baterai > 4000 mah, bukan tipe hybrid, mendukung memori eksternal minimal 64 GB, kamera masuk kategori menengah keatas (untuk sosial media dan video blog), dan harga maksimal 2,5 juta. Dari ulasan bapak yang saya baca di blog ini, saya mempertimbangkan Asus Zenfone Max ZC550KL (1,9 juta) dan Infinix Note 3 Pro (2.3 juta), atau ada saran merek lain mungkin. Oya, saat ini saya cek Lenovo P1 Turbo sudah di harga 2,9 juta, apakah cukup sepadan kalau saya tambah 400 ribu dari bujet untuk menebus P1 Turbo, dengan kriteria utama saya tadi?

    4. Ada satu gawai yang menarik perhatian saya yaitu Luna G (Helio P10, 4 GB Ram, 32 GB Rom, Baterai 4000 mah, dan harga 2,699 juta). Tapi ada beberapa yang masih belum jelas apakah dia hybrid atau tidak, berapa maksimal memori eksternal, dan kualitas kamera. Apakah bapak pernah lihat atau dapat info tentang produk ini?

    5. Boleh minta tips dan trik lengkap menjual gawai bekas pak? Baik secara daring (tokopedia, bukalapak, dll) atau luring (ke toko fisik langsung).

    Terima kasih atas jawabannya. Sukses dan sehat selalu untuk ponselmu dan Herry SW.

    1. Pak Alexander Ipin,

      1. Kalau harga tak jadi masalah, ya mending ganti ke gawai baru yang baterainya berkapasitas besar. Jadi, nggak perlu ribet membawa power bank.

      2. Silakan cari merek Asus atau Xiaomi. Kalau mau merek lokal, Delcell sangat layak dipertimbangkan.

      3. Dengan harga maksimal Rp 2,5 juta, jawabannya tidak ada deh. Kecuali, Anda bersedia mendapatkan gawai yang kinerja kameranya tidak sebagus ZE550KL. Saya tak pernah menyatakan harga Infinix Note 3 Pro Rp 2,3 juta deh. Kamera Vibe P1 Turbo tidak sebagus ZE550KL.

      4. Wah… jangan beli Luna deh. Di sini pemegang lisensinya Evercoss. Ngeri deh.

      5. Saya tak pernah menjual lewat Tokopedia atau Bukalapak. Kalau ke toko fisik, bersihkan dulu memori ponsel. Bersihkan pula bodi ponsel sehingga terlihat lebih menawan. Itu saja sih.

      1. Terima kasih pak atas jawabannya yang cepat. Dari jawaban bapak ada beberapa yang ingin saya tanya lebih lanjut.

        1. Harga Infinix Note 3 Pro itu harga di toko fisik di Jakarta Pusat (saya cek di toko tempat saya beli ZE550KL dan itu garansi resmi Infinix), Jadi kalau dibandingkan kameranya apakah setara antara Infinix Note 3 Pro dengan Asus ZE550KL saya? Atau masih lebih unggul ZE550KL secara signifikan?

        2. Apakah kalau saya memilih mengganti ZE550KL saya dengan Asus Zenfone Max ZC550KL (Zenfone Max generasi pertama yang baterainya 5000 mah, harga saat ini saya cek di toko itu 1.8 jutaan), itu pilihan bijak? Karena dari ulasan yg saya baca, Zenfone max unggul di baterai, setara di ukuran layar, kamera dan ketiadaan fast charging, tapi lebih buruk dalam kegegasan dan berat. Nah seandainya saya lebih mengutamakan baterai besar dan kamera bagus, apakah tingkat “kegegasan” Zenfone Max ini bisa nantinya membuat saya frustrasi dan menyesal?

        3. Apakah Infinix Zero 4 plus yang sudah bapak review bisa dikatakan sebagai gawai termurah yang memenuhi hampir semua kriteria saya (kamera bagus, baterai besar, tapi hybrid). Di toko harga Infinix Zero 4 Plus (garansi resmi) itu dikisaran 3.4 jutaan. Atau mungkin malah Infinix Note 3 Pro sebenarnya yang termurah (dgn harga yg bapak kasih di 2,599 juta)

        4. Sebagai kesimpulan bagaimana urutan gawai berikut berdasarkan “value for money” (menggunakan harga yg saya cek): Asus Zenfone Max ZC550KL (1.8 jutaan), Infinix Note 3 Pro (2.3 jutaan), dan Infinix Zero 4 Plus (3.4 jutaan)?

        Maaf merepotkan pak. Terima kasih atas jawabannya. Sukses terus pak Herry SW dan ponselmu.com

        1. Pak Alexander Ipin,

          1. Hasil jepretan kamera ZE550KL lebih bagus daripada Note 3 Pro. Bedanya lumayan.

          2. Nggak sampai bikin frustasi sih.

          3. Ya. Zero 4 Plus dong, jangan Note 3 Pro.

          4. Kalau bicara value for money, saya lebih condong ke ZC550KL, Zero 4 Plus, lalu Note 3 Pro.

  14. Maaf OOT. kalo budget 4 juta itu sebaiknya disarankan beli HP apa ya?
    Dipentingkan kamera dan menggunakan 3 alamat email dengan email client, whatsapp dan FB yang lumayan rutin sehari. GPS juga diperlukan ketika akan pergi jalan2. diharapkan dapat digunakan dari pagi hingga baterai dicharge baru di malam hari.

    Terima kasih.

      1. apakah itu bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun ke depan?
        karena pemakaian sebelumnya dengan LG Pro lite bisa bertahan hingga hari ini sekitar 3 tahunan.
        Terima Kasih.

          1. Apakah ada saran lain selain Infinix Zero 4 Plus?
            sebagai bahan pertimbangan.

            Terima Kasih.

          2. Pak Budi,

            Asus Zenfone 3 ZE520KL. Namun, baterainya tak seawet Zero 4 Plus ya.

  15. Wah zenfone live. Pak herry apa di zenfone live ada fitur wide angle khusus video cameranya? Mudah-mudahan sih ada, kalo ada nih hp udah perfect untuk pecinta live streaming. Kira-kira kedua hp asus ini kapan mulai dijual pak?

  16. Pak Herry,

    Jika secara perbandingan kamera P9 dan Zenfone Zoom sama, dengan harga yg sekarang juga sama, mana yg dipilih anatara P9 dan Zenfone Zoom S?

  17. Ko Henry, mohon pencerahannya. Zenfone zoom S vs LG V20 mana yg lbh unggul dr sisi: kamera, multitasking, ketahanan battery, layanan service center. Maturnuwun Ko

    1. Pak Dimas,

      Saya belum mengetahui kinerja nyata Zoom S karena ponsel itu masih berstatus “kelak akan saya review”.

      Di atas kertas, daya tahan baterai Zoom S seharusnya lebih awet daripada V20. Service center LG lebih bagus daripada Asus.

  18. Pak Herry,
    Saya mau tanya mengenai Zenfone Zoom S:
    (1) Bagaimana dengan build quality-nya?
    (2) Apakah banyak bloatware-nya?

    Terima kasih

  19. Koh Herry, ada rencana mereview Meizu m5 note? Ada rencana mau minang tu HH. Keliatannya smooth tuh, kt teman bloatwarenya minim. Jd gak terlalu rakus RAM…..

  20. Pak Herry, bisa info alamat servis centre Asus di Surabaya? Asus saya sim 2 nya tidak bisa dikenal

    1. Pak Yudi SW,

      Di Klampis, Pak. Alamat lengkapnya saya tak hafal. Ancar-ancarnya dekat pom bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *