By

Bagikan Internet dari Tiga Sumber

SpeedUp awalnya dikenal sebagai salah satu merek modem GSM dan CDMA. Ia lantas menghadirkan Studio 9, sistem operasi ala SpeedUp yang menjadikan modem tak sekadar berfungsi sebagai alat bantu untuk terkoneksi ke dunia maya. Dengan Studio 9, pemilik modem SpeedUp bisa menikmati aneka konten dan layanan nilai tambah. Misalnya, musik, permainan, dan majalah digital.

Seiring populernya Android di tanah air, ia menawarkan tablet dan tv box. Kini SpeedUp meluncurkan peranti mungil multiguna yang diberi nama PowerBar. Sepintas PowerBar adalah modem USB berukuran tambun. Padahal, ia sebenarnya bukan modem USB, melainkan “belahan jiwa” modem USB.

Sebuah modem USB bakal lebih sakti kalau ditancapkan ke PowerBar. Akses internet dari modem USB itu bisa dinikmati lewat Wi-Fi oleh beberapa pengguna secara bersamaan. Bahasa kerennya, PowerBar berfungsi sebagai mini wireless router atau mobile hotspot.

Di lembar spesifikasi tertulis akses internet yang dipancarkan PowerBar dapat diakses oleh 20 pengguna. Penulis tak pernah mencoba sampai sebanyak itu. Maksimal hanya tiga gadget yang secara bersamaan penulis hubungkan. Lancar jaya.

PowerBar disebutkan kompatibel dengan aneka tipe modem USB merek SpeedUp. Praktiknya, peranti yang dibanderol Rp 299 ribu itu bukan mustahil tetap berfungsi normal kala dipadukan dengan modem merek lain.

Penulis sempat memasangkan modem GSM ZTE MF190 ke PowerBar. Hasilnya, akses internet dari MF190 sukses dipancarkan dan dipakai beramai-ramai. Penulis sama sekali tidak perlu melakukan pengaturan tambahan.

Sedangkan saat disambungkan dengan modem CDMA Huawei EC1261-2, penulis perlu mengetikkan pengaturan secara manual. Sesaat setelah pengaturan manual itu disimpan, akses internet berbasis EvDO siap penulis nikmati.

Selain modem USB, sumber akses data PowerBar dapat berasal dari modem ADSL maupun jaringan LAN. Misalnya, suatu saat pengguna menginap bersama keluarga di hotel berbintang yang menyediakan internet gratis nan cepat via kabel LAN. Akses data itu bisa dinikmati bersama-sama.

Caranya, tancapkan kabel LAN ke PowerBar. Seluruh anggota keluarga tinggal menghubungkan gadget-nya ke PowerBar via Wi-Fi. Selanjutnya, semua orang siap berinternet dengan gratis, cepat, dan sepuasnya deh. Untuk mencegah akses dari orang tak diinginkan, pengguna dapat mengaktifkan password koneksi.

Tenaga PowerBar bersumber dari baterai berkapasitas 1.800 mAh yang dibenamkan ke bodi peranti tersebut. Bila baterai terisi penuh, PowerBar sanggup terus menerus membagikan akses internet selama sekitar empat jam, bergantung kondisi jaringan dan perilaku pemakaian.

Kala baterai telah lemah, idealnya pengguna segera melakukan pengisian ulang. Tancapkan kabel data bawaan ke konektor micro USB di bodi peranti berdimensi fisik 95 x 35 x 14 mm dan berat 124 gram itu. Kemudian, hubungkan ujung lain kabel ke port USB di komputer. Alternatif lain, manfaatkan charger BlackBerry, Android, atau aneka ponsel keluaran terkini yang berkonektor sama.

Satu kemampuan lain PowerBar, ia bisa difungsikan sebagai charger portabel. Hubungkan ponsel atau tablet yang dimiliki dengan PowerBar melalui kabel data bawaan gadget. Kapasitas baterai internal PowerBar yang medium mungkin tak sanggup mengisi ulang baterai gadget pengguna sampai penuh. Namun, setidaknya ia mampu menjadi “penyambung nyawa” sampai si pengguna tiba di rumah atau kantor.

42 Responses to Bagikan Internet dari Tiga Sumber

  1. liliks says:

    btw penasaran aja, colokan pengubah usb di gambar pertama itu beli dimana pak?

  2. Herry SW says:

    Pak Liliks,

    Eh iya, sama ya. Cuma beda merek dan warna. Btw, disebutkan bisa berbagi internet ke 255 user. Wah, cara ngetesnya gimana ya. Lha yang diklaim bisa share ke 20 user pun saya sudah kesulitan mengetesnya. :)

    Colokan biar modemnya bisa ditumpuk di atas? Itu disertakan dalam paket penjualan SpeedUp Power Bar.

  3. liliks says:

    ooh pantes harganya 299, ada converter usb nya itu :D
    kalau layanan datanya di Vietnam atau Australia maah, bagi ke 255 user ga papa. tapi kalau yang dibagi layanan data provider di Jakarta waah bisa bikin candi prambanan dulu baru kelar download nya

  4. tetooot says:

    kalo passwordnya tuh hanya utk kabel lan ajah atau pake modem jg bisa diproteksi dengan password?? Trus yang pengaturan manual pada saat menggunakan modem cdma , pengaturannya diatur di mana pc kah atau gadget atau apa? Trima kasih

  5. Herry SW says:

    Pak Liliks,

    Selisih harganya untuk converter USB tersebut ya, Pak. :)

    Kalau dibagi ke 255 user, sekaligus menggelar kursus pengendalian emosi.

  6. Herry SW says:

    Pak Tetooot,

    Saya malahan belum pernah sengaja memasangkan password untuk koneksi dengan kabel LAN. Kalau memasangkan password untuk koneksi via modem USB sudah pernah saya lakukan dan memang bisa.

    Untuk pengaturan manual modem CDMA, dapat dilakukan dari laptop atau gadget. Jadi, gadget terkoneksi ke Power Bar via Wi-Fi, lalu masuk ke menu admin.

  7. Pak Herry, bisakah perangkat ini dipadukan dengan modem 4G sitra?

  8. Herry SW says:

    Pak Rahardianto Seno,

    Saya belum pernah mencoba memadukannya dengan modem 4G Sitra. Apalagi, di Surabaya belum ada Sitra.

  9. Najamuddin says:

    Ada daftar modem yang kompatible gak Pak Herry?

  10. Herry SW says:

    Pak Najamuddin,

    Tak ada daftarnya, Pak. Penjual menyebutkan bahwa ia pasti kompatibel dengan modem SpeedUp. Kebetulan saya punya modem merek tersebut.

    Saya lalu iseng memadukannya dengan modem ZTE MF190 dan Huawei EC1261-2. Ternyata, bisa berfungsi normal.

    Dugaan saya, ia kompatibel dengan aneka modem merek ZTE dan Huawei juga.

  11. tetoot says:

    oh gitu om, untuk mengatur passwordnya bagaimana?? maaf lbanyak tanya hehe :) makasih. Bingung soalnya, mending beli mini wifi apa perangkat macam speedup ini? modem usb si udh ada

  12. Herry SW says:

    Pak Tetoot,

    Untuk mengatur password harus masuk ke menu admin dulu.

    Kalau sudah ada modem dan modem itu kompatibel, lebih hemat beli PowerBar. Kalau belum punya modem, tak ada salahnya langsung melirik mifi.

  13. Rifqi Faqihy says:

    Mas Herry PowerBar yang paling di atas itu pakai modem speedUP Joy (CDMA) ya. saya coba cari di website mlwtelecom produk u/ powerbar di atas ko gak ada ya, saya minat kebetulan koneksi menggunakan modem isi sangat stabil saya bisa dapat dimana powerbar nya

  14. Rifqi Faqihy says:

    Yoss!!! Ketemu!

    http://mlwtelecom.com/facelift/details_broadband.php

    oOT_T

    SpeedUP PowerBAR apa bedanya dengan produk SpeedUP MY Wifi. SpeedUP PowerBAR ini sendiri apa masih membutuhkan SIM CARD u/ bisa terhubung ke internet atau kah dengan modem saja sudah cukup. SpeedUP PowerBAR ini sendiri apa bisa menampung jaringan EVDO REV.B

    Salam

  15. Herry SW says:

    Pak Rifqi,

    Modem yang saya tancapkan di foto paling atas adalah modem SpeedUp SU-8900U.

    Sip, link PowerBar di situs MLW Telecom sudah berhasil ditemukan ya.

    Beda dengan SpeedUp My WiFi (mungkin tipe yang Anda maksud MW100), kalau My WiFi kan ibaratnya sudah built in modem. Slot kartu SIM diselipkan ke bodi peranti itu.

    Sedangkan PowerBar ini ibarat pasangan atau belahan jiwa modem USB. Kartu SIM-nya diselipkan ke modem USB. Di bodi PowerBar tak ada slot kartu SIM.

    Saya belum pernah mencoba memadukan PowerBar dengan modem EvDO Rev B. Sebab, nggak punya modemnya. :)

  16. Rifqi Faqihy says:

    Wah! Ternyat GSM, Joy Mirip banget sama youth. Om Herry tapi powerbar ini support kan semua tipe modem merek speedUP soalnya saya punya Joy CDMA

  17. Herry SW says:

    Pak Rifqi,

    Logikanya sih support. Untuk pastinya, saya coba carikan informasi dulu ya. Semoga paling lambat malam ini saya sudah dapat memberikan jawaban.

  18. Herry SW says:

    Pak Rifqi,

    PowerBar konfirm kompatibel dengan SpeedUp Joy CDMA.

    Terima kasih.

  19. Rifqi Faqihy says:

    Mas herry aku habis cek di speedup shop di makassar harga nya 350-399. jauh dari harga yg mas herry info kan :)

  20. Herry SW says:

    Pak Rifqi,

    Lho kok bisa jauh lebih tinggi begitu ya? Padahal, harga Rp 299 ribu yang saya sebutkan itu merujuk pada harga banderol resmi.

    Mungkinkah harga pasar di Surabaya dan Jakarta berbeda dengan di Makassar? Tetapi, kok persentase perbedaannya jauh banget.

    Pada jam kerja coba menelepon customer service SpeedUp, Pak. Ini nomornya: 021-6618222.

  21. Rifqi Faqihy says:

    Aku pikir agak aneh sih, padahal itu speedup shop resmi alamatnya saya dapat di website mlwtelecom, apa karena saya muka autis ya.

  22. Rifqi Faqihy says:

    Lapor!! Saya sudah menghubungin CS dan jawabanya Harga untuk speedup resmi powerbar “299” berlaku di seluruh SpeedUp Shop kami di seluruh indonesia

    :) Laporan selesai :)

  23. Herry SW says:

    Ok, Pak Rifqi. Terima kasih atas update-nya. Berarti, sudah happy ending alias dapat PowerBar dengan harga resmi kan?

  24. Rifqi Faqihy says:

    Beli!! Gak ya!! 370 atau online shop 290 + ongkir

    #galau dah!!!

  25. Herry SW says:

    Lho, ini ceritanya belum berhasil beli di Makassar dengan harga Rp 299 ribu tho?

    Saya pikir usai mendapatkan informasi dari customer service, akhirnya berhasil beli di SpeedUp Shop Makassar dengan harga resmi.

  26. Rifqi Faqihy says:

    belum Om. kan cuman cek tadi!!!. atau muka saya aja kali ya minta di setrika biar rapi dikit biar gak tampang autis di depan sales

  27. Herry SW says:

    Oh ok. Kirain kemarin sudah berhasil beli dengan harga resmi.

  28. Rifqi Faqihy says:

    Selamat sore akhirnya pencarian saya benar-benar happy ending dengan harga 280 + ongkir = 308.000 lebih murah dari perkiraan saya. tapi aku ada sedikit pertanyaan tombol apakah ini OM??

    T – I – C – R tombol2 ini gunanya u/ apa ya. dan cara tau kalau powerbar nya lobet gimana??

  29. Rifqi Faqihy says:

    Mas!! :( (: Powerbar saya lagi di tes pakai jaringan Flexi FMB Rev.A, powerbar berhasil pancarkan signal wifi dan berhasil juga di deteksi sama SpeedUp Pad ICE dan Laptop Windows 7. cuman masalahnya di tablet speedup status “Connected” tapi saat coba browsing gak bisa seakan2 gak ada koneksi yg terhubung, sedangkan di Laptop setiap ingin konek pasti gagal (gak bisa konek) signal Full status Very Good.

    Modem saat di lepas dari Powerbar dan coba di koneksi langsung antara modem dan laptop pertama kali di konekkan pasti “Redial” dan pesan redianya ini “The PPP link control protocol was terminated.” . terima kasih

  30. Rifqi Faqihy says:

    :) :) :) sudah lupakan, udah bisa :) :) :) na.. na .. na

  31. liliks says:

    oom rifqi, T itu kalo ndak salah untuk WDS. C untuk nge charge device lain. R untuk jadi router. kalo I ya lambang off.
    hati2 jika batre benar2 habis, sebab setingan di saya sempet ilang sepertinya karena batre depleted. lebih baik secara berkala simpan setingannya hehehe.
    btw pak Herry sepertinya lupa sama saya sang pembeli treo dan t39 ama tas ama usb ama apalagilupa kala itu ehehe (eh tapi emang lom pernah tatap muka sih :D )

  32. Rifqi Faqihy says:

    Pliss saya bukan bapak atau om-om usia saya belum masuk kepala 2 walopun emang 2 sih palanya :)

    Mas Herry maaf saya harus 94L4U, tadi koneksi wifi lewat speedup powerbar sudah sukses (AUTO) tapi pulsa saya ludes bagai makanan berbuka puasa. saya sudah coba ikuti di buku panduan step by step bahkan ini powerbar udah di reset 3x demi menyakinkan saya bahwa apa yg saya lakukan sudah sesuai, saya coba setting manual tapi koneksi tidak bisa terhubung.

    Saya menggunakan Flexi FMB dengan

    coba lihat ini apa yg salah dari settingan saya

    http://sadpanda.us/images/1110550-LF4XBPE.png

    #dapat powerbar nya susah mau konek pun susah, apa memang saya orang susah ya :) .terima kasih

  33. Herry SW says:

    Pak Rifqi,

    Gimana ceritanya tuh kok bisa dapat harga Rp 280 ribu?

    Beberapa pertanyaan di atas berarti sudah tak perlu saya jawab ya. Untuk pertanyaan terakhir, APN dikosongkan saja.

  34. Herry SW says:

    Pak Liliks,

    Saya ingat kok kalau kita pernah kenal di milis. Tetapi, terus terang saya tak ingat kalau pernah menjual T39m, Treo, dan beberapa pernik lain. Efek terlalu sering jual dan beli online nih. :)

  35. Pingback: Ponselmu.com » Blog Archive » Kembar Beda Warna

  36. Novan says:

    Pak, mau tanya dong.
    Speedup saga kok ga mau connect juga ya. wifinya kedetect speedup_hotspot_96ff tapi pas disambungin ya keluar tulisan unable to join the network. udah saya coba pake windows 7, os x, iOS. sama keluar tulisan itu juga. pas awal2 kayanya pernah bisa nyambung sampe bisa masuk menu 192.168.1.1 tapi ga nyambung internetnya. sekarang malah ga bisa masuk menu itu lagi. mohon petunjuknya pak. modem saya sierra 301 pake telkomsel flash

  37. Herry SW says:

    Pak Novan,

    Mungkinkan modem Anda tidak kompatibel dengan SpeedUp PowerBar?

    Pada hari dan jam kerja, coba hubungi customer care SpeedUp di nomor telepon 021-6618222.

  38. Riki says:

    Pak saya mau tanya saya sudah punya speedup hotspotnya tapi saya mau mengatur passwordnya gimna caranya? Saya sudah login lalu apa lagi?

  39. Herry SW says:

    Pak Riki,

    Coba baca buku panduannya. Haarus masuk ke 192.168…. yang terus terang saya sudah lupa detailnya. Namun, informasi itu ada di lembaran panduan pemakaian kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>