Cerita Foto Peluncuran Xiaomi Terbaru di Beijing

Tepat seminggu lalu, 25 Oktober 2016, penulis alias HSW menghadiri peluncuran tiga produk terbaru Xiaomi di Beijing, Tiongkok. Ada Mi Note 2 yang tampilan fisiknya sepintas menyerupai Samsung Galaxy Note 7, Mi VR, dan Mi MIX yang berlayar lebar tanpa bingkai.

Berikut cerita singkat dan foto-foto yang menggambarkan kehebohan suasana di lokasi acara pada saat itu. Seluruh foto dijepret menggunakan Huawei P9. Pemotretan dilakukan tanpa mengaktifkan lampu kilat.

foto-beijing-1

Acara peluncuran digelar di Peking University, Beijing. Turun dari bus, HSW dan rombongan lain berjalan kaki menuju ke pintu masuk lokasi acara. Eh… ada mobil dengan warna unyu-unyu yang sedang diparkir. 🙂

foto-beijing-2

Hugo Barra, VP Global Xiaomi, terlihat baru saja tiba.

foto-beijing-3

Stiker bundar berwarna oranye itu wajib ditempelkan di dada. Kalau tidak, HSW takkan diperbolehkan melewati lapis pertama pengamanan di lokasi acara.

foto-beijing-4

Bisa melihat mesin pemindai X-ray dan pendeteksi logam di latar belakang foto, bukan? Tampilan foto kurang bagus karena pencahayaan di lokasi pemotretan sangat backlit. Cahaya dari sisi belakang objek luar biasa kuat.

foto-beijing-5

Setelah melewati pemeriksaan keamanan, HSW dan tamu undangan lain menuju ke meja registrasi.

foto-beijing-6

HSW menunjukkan QR code yang sebelumya telah diterima, lalu mendapatkan gelang bertuliskan media dan kartu bergambar Tony Leung.

Tak mengenal siapa Tony? Sama. Awalnya HSW hanya yakin kalau dia aktor terkenal. Wajahnya familiar, tetapi HSW tak mengetahui namanya. Ketika ada pengikut Twitter @herrysw menyebutkan kalau itu Tony Leung yang dulu menjadi Thio Bu Ki, HSW baru mencari informasi lebih detail tentang Tony.

Tony merupakan pemeran tokoh Thio Bu Ki di serial To Liong To alias Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga yang pernah ditayangkan di stasiun televisi Indonesia. Dalam bahasa Inggris, film itu berjudul Heaven Sword and Dragon Sabre.

foto-beijing-7

Penampakan luar bangunan lokasi acara.

foto-beijing-8

Saatnya masuk ke dalam ruangan.

foto-beijing-9

Ramai? Banget deh! Total ada sekitar 2.000 undangan, termasuk 26 perwakilan media dari Indonesia, India, Singapura, Malaysia, dan Amerika Serikat. Salah satunya, HSW dari Ponselmu.com. 😀

foto-beijing-10

Silakan duduk. Jujur nih, lebar kursinya pas banget buat tubuh HSW.

foto-beijing-11

Lei Jun, CEO dan Co-Founder Xiaomi, mempresentasikan sendiri satu per satu produk baru yang siang itu diluncurkan.

foto-beijing-12

Mi Note 2 menjadi gawai pertama yang diperkenalkan.

foto-beijing-13

Eaaaa… seperti yang sering dilakukan oleh produsen ponsel lain, Lei Jun membandingkan produk Xiaomi dengan Apple iPhone.

foto-beijing-14

Aktor Hong Kong kenamaan, Tony Leung, ditunjuk menjadi juru bicara (spokesperson) untuk produk Mi Note 2.

foto-beijing-16

foto-beijing-15

Daftar harga tiga varian Mi Note 2. Kalikan angka yang tercantum dengan Rp 2.000.

foto-beijing-17

Inilah bagian awal presentasi Lei Jun yang sukses “menipu” HSW dan para undangan. Dipaparkan sebagai ponsel konsep, eh… di akhir presentasi muncul harga dan jadwal penjualan Mi MIX.

foto-beijing-18

Proximity sensor dan earpiece speaker yang biasanya diletakkan di atas layar ponsel takkan dijumpai lagi di Mi MIX.

foto-beijing-19

Pria berjaket itu Phillipe Starck, desainer terkenal asal Perancis yang dipercaya mendesain Mi MIX. Asal tahu, dia juga pernah merancang kapal pesiar yang dipakai Steve Jobs.

foto-beijing-20

foto-beijing-21

Pada detik-detik inilah HSW mulai curiga kalau Mi MIX yang digenggam Lei Jun adalah ponsel asli yang berfungsi normal. Bukan sekadar dummy dari sebuah ponsel konsep.

foto-beijing-22

Dan… kecurigaan itu terbukti benar. Lha ini keluar harganya. Bisakah Anda menemukan satu kesalahan ketik di materi presentasi ini?

foto-beijing-34

Kalau dirangkum, inilah tiga produk baru Xiaomi yang diperkenalkan. Silakan klik tautan ini untuk menyimak unboxing Mi MIX. 

Di akhir presentasinya Lei Jun mengucapkan terima kasih. Plus, dia menginformasikan bila semua undangan akan mendapatkan satu unit Mi Air Purifier 2. Gratis!

foto-beijing-23

Saatnya meninggalkan ruangan.

foto-beijing-24

foto-beijing-25

Eits, berswafoto dulu buat bukti.

foto-beijing-26

Wow… di luar sana, para pengantre Mi Air Purifier 2 gratisan sudah berjubel. Di sisi kiri antrean yang terlihat di foto masih ada antrean lagi lho.

foto-beijing-27

Tumpukan kardus Air Purifier 2 sudah terlihat tuh. Tukarkan kartu bergambar Tony Leung dengan perangkat tersebut. Pfff… untung HSW tidak membuang kartu yang diberikan saat registrasi itu.

foto-beijing-28

Sampai di sini HSW memiliki dua pilihan yang hanya bisa dipilih satu. Pertama, mengunjungi area live demo untuk menjajal aneka produk yang barusan diperkenalkan. Kedua, berdiskusi singkat dengan Hugo Barra. Karena keterbatasan waktu, mustahil menjalani keduanya.

HSW memutuskan berjumpa dengan Hugo saja. Perbincangan singkat berlangsung dengan penuh kehangatan. Akrab banget. HSW kebetulan pernah berjumpa dengan petinggi dari kantor pusat berbagai produsen ponsel, termasuk CEO Nokia. Hugo termasuk sosok langka. Sangat jarang ada petinggi kantor pusat yang bersahaja dan mau “turun ke bumi”.

foto-beijing-29

Dalam diskusi yang sebenarnya dijatah 15 menit saja, tetapi realitanya memperoleh bonus menjadi total 20 menit itu, Hugo memaparkan berbagai hal. Dimulai dari menjelaskan produk terbaru Xiaomi, lalu menegaskan komitmen Xiaomi terhadap pasar Indonesia. Kendati tak mau menyebutkan jadwal pastinya, Hugo menyatakan kalau Xiaomi terus berusaha memenuhi regulasi terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Hugo juga mengungkapkan kekagumannya kepada Mi Fans alias penggemar Xiaomi di Indonesia. Mi Fans Indonesia dinilainya sangat aktif mengadakan acara yang dikoordinasi secara mandiri oleh komunitas. Sama sekali tanpa campur tangan Xiaomi.

“Suatu saat saya ingin roadshow ke Indonesia dan menghadiri acara yang diadakan mereka. Semoga tahun depan bisa terwujud,” ujar Hugo. Klip video pernyataan lengkap Hugo, termasuk pesan-pesannya untuk Mi Fans di Indonesia, dapat dilihat di tautan YouTube berikut.

Usai mengobrol singkat, saat berpamitan HSW spontan berswafoto dengan Hugo. Hasil jepretannya terpampang di bagian atas halaman ini.

Lokasi acara telah sepi. Sekelompok orang yang terlihat di foto adalah tim penyelenggara yang sebelumnya bertugas di bagian registrasi.

foto-beijing-30

foto-beijing-31

Sesuai dugaan semula, area live demo telah tutup. Barang yang dipajang sudah dibereskan.

foto-beijing-32

Mari meninggalkan lokasi acara. Sampai jumpa pada acara berikutnya.

foto-beijing-33

51 comments

  1. Andri Harlin

    Hehehe… Untung milih ketemu hugo ya, pak HSW… Live unitnya kan dibawa pulang satu tuh…

    Btw mi air purifier nya gimana pak? Sekali2 di review dong sebagai selingan mereview ponsel.

    Kesalahan ketik yamg di slide presentasi yang di 6gb+128gb ya pak? Harusnya 4gb + 128gb pak?

    • Herry SW

      Pak Andri Harlin,

      He… he… he….

      Air Purifier 2 takkan saya review.

      Betul sekali. Itu kesalahan ketiknya.

  2. Dipho

    Bisa rekomendasi hp budget 1.5 jt kebutuhan WA kamera dan batre awet(kalo bisa) untuk orang tua yg belum tua tua banget.

  3. Edwin

    Malam Pak Herry… Melihat bapak berfoto2 ria menggunakan Huawei P9, apakah Huawei P9 sudah resmi rilis di Indonesia?
    Makasih Pak…

  4. Mia

    Pak Herry, mohon rekomendasinya smartphone dengan kamera bagus dan ram besar harga kurang dari 2 juta apa ya pak?
    terima kasih

    • Herry SW

      Bu Mia,

      Hmmm… RAM-nya yang 2 GB ya. Dananya belum memadai untuk dapat ponsel dengan RAM 3 GB yang kameranya bagus. Silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser atau Hisense Pureshot.

        • Herry SW

          Bu Mia,

          Paling mudah memang mencari ponsel itu di Galeri Smartfren atau pusat perbaikan resmi Hisense. Di toko-toko biasanya sebenarnya juga tersedia sih.

  5. Alvin

    Apa Mi Mix & Mi note 2 bakalan keluar di Indo pak? Kira2 bedanya sekitar brp ya dgn harga tiongkok? Thx pak Herry

    • Herry SW

      Pak Alvin,

      Masuk resmi? Pasti tidak. Masuk tanpa garansi resmi? Pasti iya.

      Untuk Mi MIX, siapkan dana sekitar Rp 10 juta untuk varian terendah. Sedangkan Mi Note 2 siapkan anggaran sekitar Rp 7 juta.

    • Herry SW

      Pak Seto,

      Asalkan ponsel dan charger yang dipakai bukan merek abal-abal, mestinya aman. Ketika baterai penuh, proses charging otomatis akan terhenti.

  6. yoobee™

    Bung HSW

    Swa foto-nya kok pake huawei’ nanti Hugo Bara marah loh?

    Tony Leung kok tampak masih muda padahal dalam film ‘HERO’ & LEAGUE OF GOD kemarin saya kira sudah berumur loh bung?

  7. herry

    Ko Herry,

    Kl di china buat online internet yang bagus pakai operator lokal apa?
    Saya akhir bulan ini ada tugas kantor ke guangzhou, kalau pakai operator indo tarifnya bikin pingsan semua hehehe

    Mohon pencerahannya, thank you

    Herry

    • Herry SW

      Pak Herry,

      Tak tahu. Saya pakai nomor Indonesia yang layanan roaming internasionalnya diaktifkan. Sebab, kalau pakai nomor lokal Tiongkok, saya takkan bisa mengakses Gmail dan Twitter. Padahal, keduanya sehari-hari rutin saya perlukan.

  8. Gardenia

    Pak Herry, minta rekomendasi hp budget 2jt yang ram besar kamera bagus
    kalo redmi 3s prime bagaimana ?
    terimakasih

    • Herry SW

      Pak Gardenia,

      Ya paling-paling Asus Zenfone 2 Laser atau Hisense Pureshot. RAM 2 GB.

      Redmi 3S Prime tanpa garansi resmi. Kalau saya sih langsung coret.

  9. erik

    Pak Herry,

    hanya saran saja. tidak dituruti juga tidak apa-apa kok.
    Sekali-sekali mungkin pak Herry bisa review feature phone pak. Soalnya kan masih ada juga orang-orang seperti saya, yang meskipun sudah punya gawai canggih, namun terkadang masih mengandalkan feature phone untuk kelancaran berkomunikasi (dengan baterai feature phone yang tergolong awet dan kemudah penggunaan).

    Demikian pak. dan semoga sukses selalu.

    • Herry SW

      Pak Erik,

      Terima kasih atas sarannya. Saya sebenarnya memang menantikan kehadiran feature phone baru bermerek global buat di-review. Masalahnya, tak kunjung ada tipe baru yang memasuki pasar.

  10. Burhanudin Saefullah

    Liputannya mantap pak Herry,, semoga Mi Note 2 bisa cepat ada yang di Indonesia..
    Pak, mau tanya kenapa belum ada review untuk penerus Hisense pureshot.. Saya berharap pak Herry mau me review nya..

    • Herry SW

      Pak Burhanudin Saefullah,

      Mi Note 2 takkan beredar resmi di Indonesia. Kalau barang BM, minggu depan pasti sudah masuk. 🙂

      Pureshot+ 2? Saya memang tidak berencana me-review-nya.

  11. Andri

    Pak Herry mau tanya, apakah benar ponsel dengan bahan casing plastik/kaca lebih stabil dalam hal menangkap sinyal ?
    saya ada pilihan antara zenfone 3 ze552kl atau zenfone 3 deluxe zs550kl 5.5 inch berbahan metal yang akan meluncur desember besok, tapi baca-baca tentang bahan aluminium yang memecah sinyal jadi agak ragu kalau ambil versi metal, daripada bingung searching di google yang belum pasti, saya memilih bertanya ke pak Herry, mohon infonya ya pak, sebelumnya terimakasih banyak.

    • Herry SW

      Pak Andri,

      Biasanya begitu, tetapi bergantung pada desain keseluruhan juga sih. Ponsel berbodi logam yang bagus dalam menangkap sinyal juga banyak kok.

      • Andri

        Terimakasih banyak untuk responnya pak Herry, lalu untuk ponsel berbahan logam yang bagus dalam menangkap sinyal bisa di infokan contohnya ponsel apa saja pak ?
        Kalau menurut pak Herry pribadi, lebih suka ponsel berbahan plastik/kaca atau dengan bahan metal pak ? dan apa yang menyebabkan pak Herry lebih suka memilih ponsel dengan bahan tersebut ?
        Sebelumnya terimakasih banyak

  12. Angga[sody]

    Malem pak..
    Mau tanya nih.. HP Android dengan spesifikasi koneksinya tercepat,tenaga handal,hp nya gak cepat panas,awet batrei.hp Android apa Om?? Dengan dana 3jt kebawah??

    Terima kasih

    • Herry SW

      Pak Angga[sody],

      Hmmm… nggak ada deh. Kalau mau semua kriteria terpenuhi, minimal perlu dana mendekati Rp 7 juta.

  13. Djunaedi

    Wah pak herry dr Beijing nih. Saya pernah sekali ke Beijing macet nya parah n tingkat polusi tinggi. Biasanya kalo tulis di blog utk review hp pak herry upload foto2 kuliner kok yg perjalanan di Beijing gak ada foto2 kuliner. Acara xiaomi nya padat ya? Tp foto2 mi mix nya keren

    • Herry SW

      Pak Djunaedi,

      Iya, macet dan polusi tinggi.

      Selama berada di Beijing, secara berkala saya mentwit aneka hal di Twitter @herrysw. Di antaranya, Yoshinoya dan KFC versi Tiongkok. Ada pula keripik Lays rasa ketimun. Kalau saat jamuan makan bersama Xiaomi, saya tidak memotret. Sebab, hal itu kurang sopan.

      Hasil kamera Mi MIX tak ada yang dijepret di Tiongkok. Sebab, pontab itu baru mulai saya uji pakai setelah tiba di Indonesia.

  14. Suneo

    Wah itu pak HSW ber-swafoto dengan pak Hugo menggunakan produk saingan Xiaomi, apa gak risih tuh pak? :-). Aktor yang dipakai Xiaomi kenapa bukan sepopuler dan masih eksis seperti Steven Chow, Jackie Chan, Andy Lau atau Chow Yun Fat ya? Kalau di Indonesia bakal pakai entertainer mana ya, soalnya Reza Rahardian sudah di pakai brand China lainnya.

    • Herry SW

      Pak Suneo (salam buat Doraemon ya…),

      Ha… ha… saya sih cuek saja. Saya sering kok bertemu petinggi ponsel A, tetapi memakai ponsel B. Beberapa tahun lalu, saya malahan pernah berjumpa petinggi Nokia dari kantor pusat sambil membawa ponsel quad SIM merek CSL Blueberry. 🙂

      Tentang pemilihan Tony Leung, saya tak mengetahui alasan Xiaomi. Dugaan saya, segmentasi fans Tony Leung dianggap lebih pas dibandingkan beberapa aktor yang Anda sebutkan.

      Nggak perlu mikir di Indonesia deh. Lha Mi MIX takkan beredar resmi di sini.

  15. seto

    Pak hsw

    Ibu sya sudah beli asus zenfone 2 laser ze500kl, dan memang layak beli pak

    Pak bagaimana cara mengatur shuttler speed di zenfone 2 laser?
    Kalau boleh tahu urutan gawai yg akan direview?

    • Herry SW

      Pak Seto,

      Masuk ke kamera, lalu settings, dan pilih manual. Nah, di dalamnya ada pilihan untuk mengubah kecepatan rana (shutter speed).

      Samsung Z2, power bank Delcell Grand, Moto E3 Power, dan Infinix Hot S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *