By

Daftar Ponsel Ter-… 2016 versi HSW

Untuk memenuhi permintaan pembaca setia blog Ponselmu.com dan pengikut akun Twitter @herrysw, penulis alias HSW kembali membuat daftar ponsel ter-… 2016. Ada ponsel terbaik maupun terburuk. Ada pula ponsel cantik, tetapi tidak layak beli.

Dibandingkan tahun lalu, ada pengurangan dan penambahan kategori. Ponsel dengan qwerty keypad fisik terbaik tahun ini dihapus. Sebab, selama 2016 tak ada satu pun ponsel qwerty yang HSW uji pakai.

Di sisi lain, ditambahkan dua kategori baru: ponsel berkamera terbaik dan ponsel terunik. Ponsel berkamera terbaik menitikberatkan penilaian pada kemampuan fotografi. Fitur lain diabaikan, kecuali bila ada lebih dari satu ponsel yang memiliki kinerja kamera seimbang. Sedangkan kategori ponsel terunik mencari ponsel yang memiliki fitur tidak lazim. Fitur itu jarang ditemukan di ponsel lain.

Sama dengan tahun lalu, pengelompokan ponsel berdasarkan rentang harga HSW lanjutkan. Namun, kalau ini tidak ada kategori ponsel terbaik dengan harga jual kurang dari Rp 1 juta. Pasalnya, pada 2016 hanya ada dua ponsel under sejuta yang HSW uji pakai. Kebetulan keduanya sangat mengecewakan.

Asal tahu, “kontes” ini hanya mengikutsertakan jajaran ponsel yang pernah HSW uji pakai. Ponsel itu kali pertama beredar resmi di Indonesia pada Januari-Desember 2016. Harga yang dijadikan acuan adalah harga ritel resmi saat memasuki pasar, bukan harga terakhir saat tulisan ini dibuat.

Jadi, siapa saja pemenangnya? Ini dia. Silakan mengklik nama ponsel untuk membaca review-nya.

  • Ponsel pintar (smartphone) terbaik: LG V20. Review-nya memang belum diketikkan dan diunggah ke blog ini. Namun, HSW sebenarnya sudah mencoba tiga unit V20 yang berbeda. Hasil fotonya dapat Anda lihat di sini. Dari rangkaian pemakaian itu, telah bisa disimpulkan kalau V20 merupakan ponsel terbaik yang HSW uji pakai selama 2016.
  • Ponsel pintar terburuk: Samsung Z2. Inilah kategori yang penentuan pemenangnya paling mudah. Kalau Anda ingin membuktikan ponsel pintar bermerek terkenal ternyata ada yang buruk, belilah Z2.
  • Ponsel berkamera terbaik: Huawei P9. Review ponsel ini belum tersedia di blog, tetapi HSW sebenarnya sudah pernah menggunakannya. Pada Oktober tahun lalu, saat diundang menghadiri acara Xiaomi di Beijing, Tiongkok, HSW memakai P9 sebagai kamera utama. Hasil fotonya bisa dilihat di sini.
  • Ponsel paling gagal: Samsung Galaxy Note 7. Maksudnya, HSW gagal memilikinya gara-gara ponsel itu “berubah” menjadi petasan. Padahal, untuk persiapan menyambut kedatangan Galaxy Note 7, HSW sudah membeli aksesori gawai tersebut.
  • Ponsel dengan baterai berkapasitas besar terbaik: Lenovo Vibe P1 Turbo.
  • Ponsel cantik, tetapi tak layak beli: Coolpad Max Lite. Ada bau anyir dalam pemasaran ponsel ini. Diakui sebagai ponsel 3G agar lolos regulasi, tetapi realitanya dijual sebagai ponsel 4G LTE, baik secara terus terang maupun kucing-kucingan.
  • Ponsel terunik: Wiko Ridge 4G Fever. Di Indonesia merek Wiko sangat tidak populer. Bahkan, jangankan konsumen, pemilik toko ponsel pun masih ada yang belum mengenal merek tersebut. Padahal, mengacu kepada pengalaman pribadi mencicipi beberapa tipe ponsel Wiko, kualitas produknya tergolong bagus. HSW menobatkan Ridge 4G Fever sebagai ponsel terunik karena bodinya dapat memendarkan cahaya di tengah kegelapan.
  • Ponsel harga Rp 1 juta-Rp 1,999 juta terbaik: Moto E3 Power.
  • Ponsel harga Rp 2 juta-Rp 2,999 juta terbaik: Infinix Zero 3.
  • Ponsel harga Rp 3 juta-Rp 3,999 juta terbaik: Lenovo Vibe P1 Turbo.
  • Ponsel harga Rp 4 juta-Rp 4,999 juta terbaik: Asus Zenfone 3 ZE520KL.
  • Ponsel berharga jual lebih dari Rp 5 juta terbaik: LG V20.

320 Responses to Daftar Ponsel Ter-… 2016 versi HSW

  1. Firman says:

    Di harga dua jutaan infinix zero3 belum ada saingan yaa. Terimakasih setelah saya baca review infinix zero3 saya langsung meminang nya. Overal sangat puas dengan kameranya 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Firman,

      Kalau menomorsatukan kamera, di rentang harga segitu belum ada yang bisa mengalahkan Zero 3.

  2. Gondo says:

    Bagaimana dengan ponsel terawet dan tidak awet Koh?
    Juga service centre terbaik dan terburuk

    • Herry SW says:

      Pak Gondo,

      Kategori ponsel terawet dan tidak awet tak saya buat. Sebab, saya tak pernah memakai ponsel dalam jangka waktu sangat lama. Dalam setahun terakhir kebetulan juga tidak bersentuhan dengan ponsel yang sehari rusak.

      Service center terbaik saat ini dipegang LG. Kalau terburuk hmm… tidak ada yang menang mutlak.

  3. Adrian HS says:

    Sore ko HSW, saya mau tanya apakah ada rekomendasi ponsel dgn harga 2-3jutaan ukuran sekitar 4″ (biar muat nyaman di kantong) dan spek relatif tinggi?

  4. Ricky says:

    Om HSW, di daerah saya Asus Zenfone 3 ZE520KL sudah under 4jt. Seandainya masuk di range harga 3juta-3,999juta, manakah yg terbaik antara Lenovo vibe P1 turbo dan asus zenfone 3 ZE520KL?

    • Herry SW says:

      Pak Ricky,

      Benar, harga pasar ZE520KL sudah di bawah Rp 4 juta. Dalam pembuatan daftar ter-…, saya mengacu kepada harga ritel resmi saat ponsel baru masuk ke pasar. Saat itu harga ritel ZE520KL dipatok Rp 4,099 juta.

      Perlu baterai tahan lama atau tidak? Kalau tak perlu, mending ZE520KL.

  5. Reza says:

    Koh Herry, boleh tanya? Menurut anda, lebih bijak beli Samsung J7 atau J7 prime yah? Atau tidak dua-duanya??
    Kalau ada saran hp lain dalam range harga segitu? Terima kasih

  6. Leos says:

    Ko HSW,

    Kok tidak ada asus zenfone 2 laser ze500kl ? Mana lebih baik menurut Ko HSW antara asus zenfone 2 laser ze500kl dengan moto e3 power?tq

    • Herry SW says:

      Pak Leos,

      ZE500KL saat masuk ke pasar dibanderol Rp 2,199 juta. Jadi, dia masuk ke kategori Rp 2 juta sampai Rp 2,999 juta. Kalah bersaing dengan Zero 3 deh.

      Kalau tak perlu baterai tahan lama, mending ZE500KL.

  7. luhut says:

    Samsung s7 tdk masuk bagian ko..

  8. Yuda Pratama says:

    dengan penobatan p9, apakah samsung s7 masih dipertimbangkan om?

  9. Una says:

    Makasih om 🙂 terbaiklah om review nya..

  10. Saeful says:

    Berencana mau bungkus LG V20 pas barengan launched LG G6, nah di situ harga V20 bisa jadi terkoreksi sekitar 7 jutaan, bagaimana menurut Om HSW, mungkin kah prediksi saya akurat? Hehe Nungguin flagship turun harga 😀

  11. Amaris says:

    Terima kasih atas review nya selama ini Pak Herry. Semoga tahun 2017, ponselmu.com makin sukses! Untuk kategori smartwatch 2016 terbaik, kira2 dimenangkan siapa ya?

  12. rofas says:

    Mantappp ter…. nya boss HSW

    Tidak ada hp xiaomi ya, apa secara umum kualitas xiaomi sedang turun boss?

    Saya penasaran dgn hp bau anyir, maksudnya gmn ya hahaha… lalu apakah memang semua hp/kemasan hp serupa bau?

    Semua hp tsb android ya boss, saya sedang menunggu nunggu kebangkitan nokia untuk ganti redmi2 yg sudah berumur 2thn an, ada bocoran hp nokia kapan keluar boss?

  13. Bernardus Leonardo says:

    Hmmm… Boleh saya tau alasannya Ko Herry, kenapa mengacu berdasarkan harga rilisnya? Bukannya harga juga menjadi salah satu penentu faktor sebuah smartphone layak beli? Misal seperti Hisense Pureshot + yang dirilis di harga 3,2 juta begitu turun ke harga 2,5juta, jadi layak beli…

    Kalau memang ingin tetap disertakan harga saat rilis, bagaimana kalau membuat daftar berdasarkan harga terkini juga? Jadi konsumen punya lebih banyak pilihan…

    Itu saja sih yang ingin saya sampaikan IMHO ya Ko Herry… Terima kasih…

    • Herry SW says:

      Pak Bernardus Leonardo,

      Saya mengacu kepada harga rilis karena itu adalah harga yang dianggap tepat oleh produsen. Kalau mengacu kepada harga terkini, jadinya akan kurang fair. Sebab, ponsel yang sudah beredar lama amat mungkin telah mengalami beberapa kali penurunan harga, sedangkan yang baru beredar belum pernah mengalami penurunan harga. Mungkin pula ada tipe tertentu yang tidak laku, trus dicuci gudang dengan harga beda jauh dibandingkan harga launching.

      Saya takkan buat daftar kedua itu.

  14. Bernardus Leonardo says:

    Oh iya, hanya penasaran saja sih… Kalau gak salah Coolpad Max Lite kan diluncurkan berbarengan dengan Coolpad Max, apakah Coolpad Max juga punya masalah yang sama?

    • Herry SW says:

      Pak Bernardus Leonardo,

      Iya, peluncurannya bersamaan.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Coolpad Max.

  15. sigit says:

    Dalam hal kamera menang mana pak antara lg v20, lg g5 se dan huawei p9?. Urutan dari yang terbaik dari yang mana om herry?

    • Herry SW says:

      Pak Sigit,

      P9, V20, lalu G5 SE. Itu dengan asumsi keberadaan lensa wide di dua ponsel terakhir diabaikan ya.

  16. Raymon says:

    Ponsel harga Rp 1 juta-Rp 1,999 juta terbaik: selain Moto E3 Power apa saja ?
    Merk Motorola kan udah jarang yang pake. Urutan kedua dan seterusnya untuk Ponsel harga Rp 1 juta-Rp 1,999 juta terbaik apa saja ?

    Thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Raymon,

      Di rentang segitu awalnya ada dua kandidat lain:
      * Infinix Hot 3 X553.
      * Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Yang ini kemudian digugurkan karena harga awalnya ternyata Rp 2,1 jutaan.

  17. mekdonal says:

    om herry kalau lg v10 layak beli gak. mau beli lg v20 apa daya budget tak sampai

    • Herry SW says:

      Pak Mekdonal,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai V10 karena ponsel itu tidak beredar resmi di sini.

  18. aditya n says:

    Pak Herry, maaf oot. Kok saya udah gak pernah liat lagi rilis hp2 barunya Sony ya? Apa gara2 TKDN? Atau sebenernya udh minggat?

    Saya taunya terakhir Z5 series ya.. yang X Series gak pernah denger yg resminya..

    • Herry SW says:

      Pak Aditya N,

      Benar, ponsel Sony yang terakhir beredar resmi di sini seri Xperia Z5. Belum ada ponsel baru lagi karena mereka terkendala TKDN.

  19. Faizal says:

    Salam hormat om HSW.
    Ponsel cantik berkutu (Meizu M2) gak masuk daftar om?
    Dulu sy beli ponsel berkutu tsb krn penasaran sebanyak apa kutunya, hehehe.
    Sampai saat ini masih sy pakai Meizu M2 nya. Udah berkurang banyak kutunya di update flyme 5.1.12.0G.

  20. Gondo says:

    Mau minta saran Pak Herry SW:
    Mana yang terbaik
    1. Asus ze 601kl
    2. Samsung J7 prime
    3. Lenovo vibe P1 turbo

    • Herry SW says:

      Pak Gondo,

      Anda lebih menomorsatukan daya tahan baterai atau kinerja kamera? Kalau baterai, Vibe P1 Turbo. Kalau kamera, ZE601KL.

  21. damai says:

    Untuk pengganti g5se yang sepadan kira kira apa om hsw?budget 5-6jt max
    Susah saya nyarinya.mohon infonya

  22. jem says:

    hai pak hsw
    saya mau tanya tentang kamera LG V20 dan Huawei P9
    bagaimana perbandingan hasil foto kedua hp ini ?
    kenapa Huawei P9 yang pak hsw pilih sebagai ponsel kamera terbaik ?
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Jem,

      Sama-sama mode otomatis dan menggunakan lensa standar, hasil jepretan P9 lebih detail. Namun, kalau mempertimbangkan keseluruhan fitur dan kinerja, V20 lebih unggul.

  23. Sean says:

    Siang koh,
    Boleh direkomendasi beberapa pilihan hp dgn kamera ok, gegas, spec lumayan, budget kira2 sampai 5jt. Sebelumnya masih pakai samsung note 3 yg sbenarnya saya rasa masih bagus utk kamera nya ttp sayang tdk bisa 4G. Mgkn koh herry pernah toel2 xiaomi mi5 atau mi5s, bgmn menurut koh herry sebatas pendapat saja? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Sean,

      LG G4 dan Asus Zenfone 3 ZE552KL.

      Saya belum pernah dan tak berminat mencoba Mi 5 maupun Mi 5s. Sebab, dua ponsel itu tidak beredar resmi di sini.

  24. Raymon says:

    Ko Herry,

    Di antara Hisense Pureshot 1,3 jt, Pureshot+ 1,5 jt, Infinix Hot 3 LTE 1,6 jt, Moto E3 Power 1,8 jt, Zenfone 2 Laser ZE500 KL 1,6jt, Lenovo Vibe P1m 1,8 jt, Zenfone 2 Laser ZE550KL 2jt, Infinix Note 2 1,9jt, Lenovo Vibe K5 Plus 2,2jt.

    Manakah yang terbaik menurut Ko Herry ?

    Untuk Smartphone terbaik di bawah 1 juta yang bukan Andromax kira-kira apa ? Apakah bagus Advan i5C dengan RAM 1GB ROM 8GB dan sudah 4G LTE ?

    Thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Raymon,

      Dengan memperhatikan kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja, Pureshot jadi juara.

      Hmm… tak ada rekomendasi. Advan? Aduh… jangan beli Advan deh.

  25. Bonang says:

    Xiaomi tdak dapat predikat koh ap dia Terlalu jelek ??
    Misalksn ia garansi resmi mugkin kah dapat gelar koh ??

    • Herry SW says:

      Pak Bonang,

      Alasan utamanya karena fitur 4G LTE-nya dinonaktifkan. Andaikan Redmi 3 Prime bisa dipakai 4G LTE, dia jadi juara di kategori Rp 2 juta sampai Rp 2,999 juta.

  26. Asuy says:

    Siang koh Herry, saya baru tahu ternyata ada situs review gawai di Indonesia yang lengkap dan aktual 🙂

    mau tanya koh, saya ada rencana mau upgrade smartphone dari bulan lalu..
    setelah buka cari review sana-sini akhirnya diyakinkan oleh reveiw koh Herry ttg Lenovo Vibe P1 Turbo..
    Tapi sekarang agak goyang setelah list “Ter…” ini koh Herry rilis..

    Jadi saya mau tanya, koh Herry lebih menyarakankan yang mana dari Lenovo P1 Turbo atau Asus Zenfone 3 ZE520KL?
    sampai saat ini saya masih lebih yakin ke Vibe P1 Turbo karena masalah kamera tidak saya persoalkan dan baterainya jauh lebih tahan lama.. namun agak sedikit goyah karena untuk chipset, Vibe P1 Turbo masih mengusung Snapdragon 615 sedangkan Zenfone 3 ZE520KL sudah menggunakan Snapdragon 625.. apakah dari segi performa berpengaruh signifikan? karena saya termasuk gamers yang bisa download sampai lebih dari 10 aplikasi game dalam satu waktu.. jadi performa saat menjalankan aplikasi berat cukup penting buat saya..
    saya sudah tahu kalau koh Herry bukan gamers, dan mungkin jawaban koh Herry utk pertanyaan saya juga sudah bisa sedikit saya prediksi..

    Tapi saya pikir tidak ada salahnya tetap bertanya kepada yang lebih ahli dan sudah mejajal sendiri perangkatnya, sekedar untuk lebih meyakinkan supaya nantinya tidak ada penyesalan..

    terima kasih sebelumnya koh Herry 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Asuy,

      Dalam pemakaian sehari-hari, perbedaan prosesor dua ponsel itu tidak terasa signifikan kok. Mengacu kepada kebutuhan Anda, saya lebih menyarankan Anda memilih Vibe P1 Turbo. Sebab, saya yakin Anda pasti memerlukan ponsel dengan baterai tahan lama.

  27. Aldo says:

    Om HSW, tolong review zenfone 3 zoom dong, terima kasih

  28. Husein says:

    pak kenapa harga 2-3juta malah zero 3? padahal HP itu belum ada fingerprint internal masih 16 harga 2,5 belum turun kenapa tidak flash plus 2? internal 32 sudah fingerprint btw bapak lebih merekomendasikan LG v20 atau S7 ? terutama kamera atau selebihnya saya ingin membeli diantara salah satunya pertengahan tahun

    • Herry SW says:

      Pak Husein,

      Sebab, kinerja umumnya bagus. Flash Plus 2 kalah deh.

      Galaxy S7 belum pernah uji pakai. LG V20 layak beli.

  29. Win says:

    Om hsw…
    Jadi Hisense Pureshot & infinix hot 3 lte masuk di kategori apa om ??
    Kedua gawai diatas kan sepertinya OK bgt di tahun 2016. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Win,

      Pureshot tidak masuk daftar ter-… 2016 karena ponsel itu beredar pada 2015.

      Hot 3 LTE jadi nominasi di kategori Rp 1 juta sampai Rp 1,999 juta. Namun, dia kalah bersaing dengan E3 Power.

  30. Hendra says:

    pak mau tanya,

    1. apakah di area surabaya sudah tersedia 4G operator tri?
    2. untuk layanan purna jual wiko? menurut pak HSW apakah bagus?
    3. untuk produk wiko, model apa saja yg msuk kategori layak beli pak?

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      1. Belum.

      2. Cukup bagus.

      3. Wiko Ridge 4G Fever dan Highway Star boleh dilirik sih. Namun, saya tak tahu harga terkininya berapa.

      • erik says:

        Pak Herry,

        menyambung soal Wiko. kok akhir-akhir ini fb WIko gencar mempromosikan Wiko Ufeel. Ini saya hanya sekedar tanya ke pak Herry, apakah pak Herry tahu mengenai produk ini. karena saya penasaran, sedangkan saya cari-cari informasi mengenai ketersediaan di Indonesia kok tidak menemukan ya?

        Terima kasih.

        • Herry SW says:

          Pak Erik,

          Wajar kalau Ufeel gencar dipromosikan. Lha itu produk baru. Mungkin memang belum didistribusikan ke pasar.

  31. kucingbaik says:

    sayang xiaomi redmi note 3 pro gak masuk daftar list

    di forum luaran ini ponsel powerfull

    apalagi udah support vulkan di android base N

    • Herry SW says:

      Pak Kucingbaik,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi mencoba Redmi Note 3 Pro, di luar dugaan kinerjanya malahan kalah bagus dibandingkan Redmi 3 Prime.

  32. Davy says:

    Pak Herry lebih bagus mana dari segi kinerja dan kamera samsung galaxy S7 dgn LG V 20 ?

  33. Konik says:

    Xiaomi gk ada masuk katagori pk….???

    • Herry SW says:

      Pak Konik,

      Tidak masuk. Faktor utama yang membuat Xiaomi kalah bersaing, ponsel Xiaomi bergaransi resmi hanya bisa 3G. Fitur 4G LTE-nya dinonaktifkan karena tidak lulus TKDN.

  34. Wengga says:

    Permisi, menurut ko herry, apa sony xperia seri z masih layak utk d beli…??
    Cos ada niatan utk beli Android yg tahan air…
    Perbandingan antara xperia z5 dual ama s7 edge bekas…
    Kira2 mana yg lebih rekomended…

    Makasih,
    Jaya selalu utk Ponselmu

    • Herry SW says:

      Pak Wengga,

      Tergantung Sony Xperia seri Z tipe apa dulu. Xperia Z dan Xperia Z2 sebaiknya dilupakan karena usianya sudah cukup tua. Risiko mendapatkan unit bekas dengan kemampuan baterai dan kedap air telah menurun cukup besar. Kalau Xperia Z5 Dual, ponsel itu masih boleh dilirik.

      Xperia Z5 Dual atau Samsung Galaxy S7 Edge? Saya belum pernah menguji pakai S7 Edge. Saya cuma pernah mencobanya sekilas. Sepintas S7 Edge lebih menarik.

  35. Mas Wardhana says:

    Apakah bapak sudah menulis review Xiaomi Redmi 3 Prime?
    Dari komentar-komentar di atas saya simpulkan Infinix Hot 3 LTE lebih bagus dari Infinix Hot S? Apakah seperti itu? Apakah kualitas kamera Infinix Hot S kalah dengan Infinix Hot 3 LTE?

    • Herry SW says:

      Pak Mas Wardhana,

      Benar sekali. Review Redmi 3 Prime dapat Anda baca di blog ini.

      Kalau Anda menggunakan PC/laptop untuk membaca blog ini, di sisi kanan ada baris pencarian. Ketikkan “Redmi 3 Prime”.
      Kalau Anda memakai ponsel untuk membaca blog ini, scroll-lah sampai ke bagian bawah halaman. Di sana ada baris pencarian. Ketikkan “Redmi 3 Prime”.

      Lakukan hal serupa untuk menemukan review Hot 3 dan Hot S. Ya, Hot 3 lebih bagus daripada Hot S.

  36. damai says:

    Kalau dari g5se hijrah ke p9 apakah worthed om hsw?scr keseluruhannya.lebih pilih yang mana?terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Damai,

      Kalau sebatas mengejar hasil kamera, layak hijrah.

      Namun, untuk kinerja keseluruhan, bertahan di G5 SE merupakan langkah lebih bijak.

  37. dian says:

    Pak herry menurut bapak kalau saya mau beli hp second baiknya lg G3 atau samsung galaxy s5.pilih second karena pertimbangan isi kantong pak hehe terima kasih sebelumnya pak

    • Herry SW says:

      Bu Dian,

      Saya lebih condong ke G3 karena sudah mendukung 4G LTE. Namun, G3 pun sebenarnya sudah kurang menarik lho.

      Dengan memperhatikan dua pilihan ponsel bekas itu, saya memperkirakan Anda memiliki anggaran sekitar Rp 2 juta ya. Menurut saya, lebih baik membeli ponsel baru di rentang harga gitu deh. Misalnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang harga barunya sekitar Rp 1,9 juta.

  38. DHANI says:

    Halo koh herry maaf nih oot mau tanya smartphone max 3 juta lancar buat main game, dan kamera jempol deh.kira” ada gak ya kalo misal gak ada smartphone apa yang memenuhi kriteria tersebut?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Dhani,

      Saya bukan penggemar game sehingga standar gaming saya mungkin berbeda dengan Anda.

      Bermain game biasanya rakus daya sehingga idealnya Anda membeli ponsel dengan baterai berkapasitas besar. Dengan kriteria seperti itu, plus kamera bagus dan harga maksimal Rp 3 juta, yang paling mendekati sih Asus Zenfone Max (bukan Asus Zenfone 3 Max). Harga barunya sekitar Rp 2,2 juta.

  39. fat says:

    kok pureshot kalah sama moto e power y?

  40. ghaitsa inezka says:

    kalau tahun kemarin ada nominasi ponsel paling seksi dan jawaranya wiko highway. star.
    kalau tahun ini ponsel paling seksi apa pak ?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Ghaitsa Inezka,

      Tahun ini kategori tersebut saya modifikasi menjadi “cantik tapi tak layak beli”. Pemenangnya Coolpad Max Lite.

  41. Fahrizal says:

    Wah Infinix Hot S ternyata ngga bisa menggeser Moto E3 Power ya pak hehe.

  42. donny irawan says:

    Hello koh…
    Mau tanya klo samsung A9 pro dengan zenfone 3 yg 5,5 inch pilih mana koh?

    • Herry SW says:

      Pak Donny Irawan,

      Saya belum pernah menguji pakai dua varian ponsel itu. Yang pernah saya uji pakai Zenfone 3 varian layar 5,2 inci.

      Umpama tetap harus memilih secara buta, saya lebih condong ke Zenfone 3 layar 5,5 inci (ZE552KL). Alasannya:
      * Samsung selain seri S dan Note biasanya jelek.
      * Zenfone 3 layar 5,2 inci (ZE520KL) saja sudah bagus, apalagi ZE552KL. Kinerja ZE552KL seharusnya lebih bagus atau minimal sama dengan ZE520KL.

  43. Jason says:

    Pak herry,kenapa tidak coba lagi aja merek lokal sekedar untuk mengetahui apakah kualitasnya sudah membaik atau belum???Terus kan ud ujicoba Zenfone 3 Max nih pak,gimana klo dibandingkan Vibe P1 Turbo??

    • Herry SW says:

      Pak Jason,

      Sebab, saya belum rela sakit hati lagi menjual ponsel bekasnya. Dijual setengah harga pun belum tentu laku lho.

      Ya lebih bagus Vibe P1 Turbo. Namun, harga jual dua ponsel itu kan berbeda Rp 1 jutaan.

  44. Ronald says:

    Boleh minta saran koh,
    bertahan di pureshot dulu yg kinerjanya mulai sedikit tersendat tp masih puas di kamera,
    Atau ada rekomendasi upgrade dgn bujet 3 juta +-?
    (lebih berharap – drpd +) hehe..
    Kriteria wajib: layar 5 inch, ringan seperti pureshot, kamera depan belakang harus lebih baik drpd pureshot, kegegasan harus lebih baik drpd pureshot, 4G, Gorilla Glas, buid quality bagus (mau pake lama, +- 1 tahun), new bukan second.
    Kriteria kalau boleh (tp tdk wajib) : baterai lumayan kuat, merek terkenal, harga under 3jt, fingerprint sensor, rom 32, ram 3gb.
    Sekalian minta pendapat hisense kingkong 2 yah.
    Trm Kasih koh HSW, sehat kuat panjang umur & sukses.

    • Herry SW says:

      Pak Ronald,

      Hmmm…. tidak ada deh. Kendala untuk memenuhi kriteria wajib terletak di bentang layar. Agar semua kriteria terpenuhi, Anda harus bersentuhan dengan ponsel berlayar minimal 5,2 inci.

      Tidak ada juga. Agar kriteria tidak wajib itu juga terpenuhi, selain Anda harus bersedia memakai ponsel berlayar 5,5 inci, anggarannya juga harus Anda naikkan menjadi minimal Rp 4,5 juta.

  45. Lolot says:

    Maaf pa HSW, kira2 zenfone max 2/16 masuk kategori apa aja, dan kira2 diperingkat berapa ?, tks

    • Herry SW says:

      Pak Lolot,

      Ponsel itu masuk nominasi di kategori “ponsel dengan baterai berkapasitas besar terbaik”.

  46. Ki ageng wesi biru says:

    Koh herry minta rekomendasi ponsel berharga jual maksimal 4 juta lebih sedikit juga tidak apa2.
    Saya gemar ngelencer jadi butuh gps super yahud,kamera kategori bagus lebih dari cukup gak perlu yang luar biasa bagus dan baterai gak harus super jumbo bisa diakali pake powerbank/baterai cadangan

  47. seto says:

    Pak hsw

    Semoga pak hsw mereview infinix hot 4,

    bukankah orang indonesia lebih banyak yang menengah kebawah daripada yang menengah keatas?

    Pak hsw secara umum orang indonesia beli smartphone rentang berapa juta?

    • Herry SW says:

      Pak Seto,

      Saya sudah memutuskan takkan me-review Hot 4.

      Di rentang harga Rp 1,5 juta sampai Rp 2 jutaan.

  48. Ronald says:

    Maaf prtanyaan lanjutan ttg upgrade dari pureshot.
    1. Hp apa itu koh yg 5,2 inch?
    2. Hp apa yg layar 5,5 harga 4,5jutaan?
    Tks koh HSW

    • Herry SW says:

      Pak Ronald,

      1. Asus Zenfone 3 ZE520KL.
      2. Asus Zenfone 3 ZE552KL. Rp 4,5 jutaan itu adalah harga online, sedangkan harga offline sekitar Rp 200 ribu lebih mahal.

  49. Violetta says:

    Terima kasih ko herry, tidak memasukkan ponsel xiaomi sebagai pemenang hehehe

    Ko, saya baru memakai langsung pureshot + ini selama 2 hari. Puas dengan kameranya. Karena sebelumnya saya selalu gonta ganti hp dari redmi 3 prime, redmi note 3, lenovo k5 plus. Kualitas kamera pureshot + ini bs di bilang bagus apalagi kondisi outdoor.

    Cuma disayangkan kinerja baterai aja yg boros dan mengisi ulang dengan waktu yg relatif lama (2,5jam – 3 jam)

    Ko, utk kamera pureshot ini ketika saya bidik dilihat dr layar hp kok tidak terlalu bagus ya tapi ketika di jepret dan liat hasil fotonya di hp hasilnya bagus. Berbeda dengan gambar ketika lagi mau membidik foto… Apa memang begitu ko??

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Violetta,

      Apakah Anda mengaktifkan mode HDR? Kalau iya, tampilannya memang bisa berbeda.

      Kalau mode HDR nonaktif, mestinya tampilan gambar sebelum dan sesudah dibidik sama saja.

  50. eka says:

    Siang pak,
    Mau tanya, seandainya mengabaikan fitur 4G lte, krn saya hidup di tengah hutan dan butuh penerimaan signal yg sangat baik.
    ponsel manakah yg masuk kritetia bapak untuk harga pasar 2-3jt?
    saya cek harga:
    Hisense pureshot+ 1.4jt
    Hisense kingkong 1.7jt
    p1turbo 2.9jt,
    zenfone3max zc520tl 2jt,
    zenfone2laser 3gb 2.365jt,
    seandainya ada merk lain, misal xiaomi, ato yg lain, apa rekomendasi bapak? Dan kenapa?
    terimakasih banyak, maaf pertanyaannya panjang.
    zenfone3laser zc551kl yg 4gb 2.9jt,
    ze520kl 3.6jt

    • Herry SW says:

      Pak Eka,

      Ehmmm… ambil Xiaomi Redmi 3 Prime yang bergaransi resmi saja deh. Alasannya, gegas, memori besar, baterai tahan lama, dan penerimaan sinyal baik.

  51. doppio says:

    Halo ko herry,
    Menurut ko herry lebih bagus mana asus zenfone 3 laser (4gb/32gb) atau asus zenfone 3 ze520kl (3gb/32gb)?
    Thanks

  52. Sarita says:

    Om Herry, terima kasih banyak untuk panduan tahunannya ini, sangat berguna buat orang seperti saya yang awam sekali di dunia gadget. Dulu saya hanya pakai Sony Ericsson, kemudian Xperia (terakhir pakai C3) dan tak pernah berani ganti merk.

    Berkat panduan Om Herry, saya beli Xiaomi Mi4i, dan Alhamdulillah puas, terutama kameranya yang bisa bikin cantik kalo selfie he he he… Sekarang Xiaomi Mi4i saya ini suka tiba-tiba jadi blue-screen sendiri, apa ya istilah teknisnya, jadi byarpet gitu lho om, walau hanya sedetik dua detik dan kemudian normal lagi layarnya. Jadi sekarang saya mau ganti HP aja deh. Tadinya lihat di erafone lagi ada promo Sony Xperia M5 yg lumayan turun harganya dari sekitar 6 jutaan ke 4 juta, tapi liat di sebuah forum kok katanya M5 suka shutting down sendiri, wah, saya jadi ragu.

    Budget saya maksimal 4 jt, tadinya mau buat beli tablet supaya bisa puas buat streaming drama korea kesukaan saya, hehe, Jadi saya kompromiin aja deh, ga usah tablet, HP aja asal layarnya gede, minimal 5 inch dan kalau bisa ya lebih dari 5 inch…

    Saya mohon saran Om Herry aja deh. Tadinya baca artikel ini saya jadi kepincut Huawei P9 yg menang kategori foto terbaik, tapi pas liat harganya ternyata Huawei P9 Leica ini jauh dari budget saya. Ada juga yang versi P9 Lite-nya ternyata yah, tapi kwalitasnya beda jauh ga ya om antara P9 Leica dengan P9 yg versi Lite ini karena di situs belanja erafone harganya nyaris dua kali lipat bedanya…

    Maturnuwun sebelumnya Om, dan maaf kalo curhatnya kepanjangan, he he he…

  53. Sigit Herdi says:

    om Herry,kok tidak mengadakan review ponsel retro lagi? menurut saya lumayan menarik juga rubrik itu.

  54. Ahmad says:

    Rekomendasi Hp yg harganya 1jt keatas sama bawah belum 4g juga nggak papa

  55. Arif says:

    Pak Herry,
    Ada yg nawarin Nokia N97 second yg modelnya slider samping kelihatan kayak laptop, OS.Symbian seharga Rp 300rb apakah layak dibeli?
    apa hape tersebut saat ini masih digunakan untuk WhattsApp & Facebook karna katanya OS.Symbian sudah ditutup?

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Untuk ponsel cadangan sekaligus nostalgia sih masih boleh. Namun, kalau buat ponsel utama, jangan deh.

      Ya, WhatsApp sudah tidak komptibel dengan ponsel Symbian. Kalau Facebook, saya kurang tahu. Terus terang saya sudah tidak mengikuti perkembangan Symbian.

  56. ria says:

    Malam koh mau tanya nih, ponakan saya ingin beli hp tapi minta merk samsung dikasih saran lain gak mau bajet 4jt kebawah. Minta saran koh samsung yg mana?
    Terima Kasih

  57. robert says:

    halo saya ingin memasang iklan di http://ponselmu.com/
    apa anda membuka space untuk iklan?

    jika anda menyediakannya , silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    terima kasih

  58. Alam says:

    Tahun kemarin G4, tahun ini V20. Saya sendiri ngambil G4 karena review om herry, dan memang puas banget makenya. Tahun depan kayanya nyari second V20 nih hehe. Siapa tahu udah murah.
    Tapi kok di pasaran LG kok loyo terus yah dibandung Samsung. Menurut Om Herry kira2 kenapa?

    • Herry SW says:

      Pak Alam,

      Sebab, masyarakat di Indonesia masih sangat peduli merek. Mereka memperhatikan popularitas merek. Lha LG di sini kan tidak populer. Kondisi itu diperparah dengan promosi LG yang cuma sayup-sayup terdengar.

  59. Pasha says:

    Maaf oot, bung HSW
    Saya minta rekomendasi hp android dual sim yg bisa jalan di 4g smua, merk apa ya kira-kira. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Pasha,

      Apakah yang Anda maksud dua nomor siaga bersamaan di jaringan 4G LTE? Kalau iya, jawabannya belum ada ponsel yang bisa.

  60. andika says:

    Ko , mau nanya hp yang gegas , batera tahan lama dan tidak cepat panas harga dibawah 2,6 juta ko

    • Herry SW says:

      Pak Andika,

      Kalau tak perlu 4G LTE, ambil Xiaomi Redmi 3 Prime bergaransi resmi.
      Kalau perlu 4G LTE, ambil Asus Zenfone 3 Max.

  61. ming says:

    Pak, seberapa pentingnya SAR rating menurut pak Her? Apakah sebaiknya kita mencari ponsel dgn SAR rating rendah? Pengalaman saya sih dulu pakai Ericsson GF 388 dan 337 ( kalau ga salah) yang sarnya tingggi, kepala pusing kalo pake telp lama2.
    Kenapa merk ponsel China, jarang mencantumkan SAR rating mereka, even di google sering nggak ada.

    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Ming,

      Kalau saya sederhana saja. Ponsel bermerek global atau ponsel yang bisa dijual resmi di AS dan Eropa berarti sudah lulus pengujian SAR. Jadi, tak perlu susah-susah mencarinya.

      Mengapa merek Tiongkok (berarti dalam hal ini yang bukan merek global ya?) jarang mencantumkan SAR rating mereka? Kemungkinannya, mereka menganggap itu tidak diperlukan atau umpama diuji diperkirakan akan melewati batas maksimal.

  62. Pinkan says:

    Pak Herry,
    Kalau menitikberatkan pada kamera – tapi juga untuk dipakai kalau bisa hingga 2 tahun ke depan, sebaiknya pilih yang mana:
    LG G4 second, Asus Zenfone 3 atau Huawei P9 lite?
    Budget maksimal 4 juta, Pak, mungkin ada alternatif lain? HP second tidak masalah sih.
    Terima kasih sebelumnya.

  63. Subhan Julianto says:

    Ass, Om Herry Mau tanya, Kira Kira Bagus yang mana Performa dan Kualitas Kamera Diantara Asus Zenfone Max dengan Asus Zenfone 3 Max ?

    • Herry SW says:

      Pak Subhan Julianto,

      Dalam hal kegegasan, Zenfone 3 Max jadi pemenang. Namun, dari sisi kamera, Zenfone Max yang unggul. Jadi, siap-siaplah bingung menentukan pilihan deh. Sesuaikan dengan skala prioritas.

  64. Lucky Luke says:

    Malam Pak Herry,
    Mo tanya Pak. Sesuai pengalaman bapak, utk operator penyedia layanan 4G di wilayah Surabaya dan sekitarnya, manakah yang terbaik untuk saat ini? Mungkin bisa diranking antara XL, Telkomsel, Indosat dan Smartfren.
    Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Lucky Luke,

      Untuk saat ini, di area saya biasa berkeliling di Surabaya, juaranya XL. Berikutnya, Smartfren, Telkomsel, dan Indosat.

  65. riko says:

    Vivo v5 apakah pernah direview pak,soalnya mau beli,menurut bapak,gimana,trims

  66. andika says:

    Ko herry klo baterai asus zenfone max zc520 tl cepat panas nggak untuk di pakai buat main game selama 2 jam atau lebih , atau lebih milih asus zenfone max atau asus zenfone 2

    • Herry SW says:

      Pak Andika,

      Kebetulan saya bukan gamer. Kalau pun saya bermain game, durasinya tidak lebih dari belasan menit. Jadi, saya tak tahu jawabannya.

  67. Saleh says:

    Salam pak Herry

    Knp kok tidak ulas ttg tablet-tablet android? Jika masuk tablet ter…2016 kira2 tablet mana yg masuk salah satu nominasi menurut HSW.

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Saleh,

      Ya kebetulan saja tidak ada yang ingin saya coba.

      Tak ada. Lha pada 2016 tidak ada tablet yang saya uji pakai.

  68. Andika says:

    Ko herry klo asus zenfone 3 max zc520TL bagus buat main game nggak sama baterai yang ngga cepat panas dalam waktu 2 – 5 jam , itu pun sama bbm an sama browsing atau lebih pilih asus zenfone max atau asus zenfone 2

    • Herry SW says:

      Pak Andika,

      Pertanyaan yang intinya sama harap dikirimkan satu kali saja. Tak usah diulang-ulang.

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  69. Kalina says:

    Malam Pak,
    Mohon rekomendasi HP Android 5,5″, Dual SIM, 4G, RAM minim 2GB :
    1. Harga terkini dibawah 1,5 juta.
    2. Harga terkini maksimal 2 juta.
    Mohon saran ya Pak.
    Terima kasih.

  70. Villa says:

    Pak HSW,
    Kalau mau beli modem gsm yang bagus dengan dana maksimal 700 ribu apa ya pak

  71. Bayu Aji Triwijaya says:

    Bagaimana pendapat pak herry dengan HTC desire 820?

  72. dewi says:

    mau nanya ko herry, lebih baik lenovo p1 turbo atau oppo f1s ya? galau nih

  73. Raymon says:

    Maaf oot, bung HSW
    Saya minta rekomendasi hp android dual sim yg bisa jalan di 4g smua, merk apa ya kira-kira. Terima kasih

    Pak Pasha,
    Apakah yang Anda maksud dua nomor siaga bersamaan di jaringan 4G LTE? Kalau iya, jawabannya belum ada ponsel yang bisa.

    Ko Herry,
    Smartphone apa yang dual simcard dual stand by yang sim 1 bisa 4G LTE dan sim 2 bisa 3G HSDPA ?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Raymon,

      Yang sudah saya coba dan buktikan sendiri:
      * Asus Zenfone 3 (bukan Asus Zenfone 3 Max).
      * LG V20.

  74. Gondo says:

    Ko Herry, minta saran HP 4g yang GPSnya terbaik apa ya

  75. AG says:

    Pak Herry mohon rekomendasinya donk HP dibawah 2juta yg bisa aktifkan 2 whatsapp dlm 1 HP, kalo bisa kamera yg lumayan juga.

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak AG,

      Xiaomi Redmi 3 Prime bergaransi resmi. Harga ritel resminya memang lebih dari Rp 2 juta. Namun, kalau rajin memantau promo di toko online, bisa dapat sedikit di bawah Rp 2 juta.

  76. Bayu Aji Triwijaya says:

    Bagaimana pendapat bapak herry dengan xiaomi mi4i

    • Herry SW says:

      Pak Bayu Aji Triwijaya,

      Mi 4i kameranya bagus. Secara keseluruhan sih untuk saat ini sudah kurang menarik. Sebab, ponsel itu relatif boros baterai dan agak mudah panas.

  77. andika says:

    Maaf ko saya cuma kaget aj pas mau lihat balasan ko herry malahan komen saya hilang jadi saya tulis lagi

  78. Arek bonek says:

    Halo pak Herry.

    Pak, bisa minta rekomendasinya utk ponsel harga max 2 juta, kamera cukup baik dan koneksi 4G?
    Hisense Pureshot yg 5inch apa masi layak beli ya pak skrg ini?
    Terima kasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Arek Bonek,

      Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

      Pureshot masih layak beli, tetapi sudah diskontinyu. Di mana-mana kosong.

  79. Bowo says:

    Koh HSW,
    Kalau batere awet, tkdn, harga 2,3 jutaan LG X power bisa dipertimbangkan. Browsing lumayan sering, telp, whatsapp, sms baterenya awet 24 jam an 100% sampai 1%an.

    • Herry SW says:

      Pak Bowo,

      Terima kasih atas informasinya. Saya tak berani merekomendasikan X Power karena belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  80. Leos says:

    Ko HSW kalo mifi xl go di bulan keempat tidak perpanjang paket, apa bisa di isi paket xl lainnya yang lebih murah misalkan combo xtra 59rb?
    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Leos,

      Saya belum pernah membuktikannya sendiri karena durasi saya memakai mifi XL Go belum sampai tiga bulan. Dugaan saya sih bisa.

  81. Kevin says:

    Pak Herry, coba di tambahin gelang pintar terbaik, earphone terbaik, operator terbaik untuk tarif dan kualitas telfon,sms,internet, smartwatch terbaik..hehehe :p
    (tambahin juga..kapan kopdar pak?hehehe)

    • Herry SW says:

      Pak Kevin,

      * Gelang pintar terbaik. Tahun lalu saya cuma mencoba tiga gelang pintar. Dengan memperhatikan harga jual, Mi Band 1S ya. Namun, itu tanpa garansi resmi.

      * Earphone terbaik. Tak ada. Lha saya nggak khusus menguji pakai earphone.
      * Operator terbaik (tarif). Sulit ditentukan nih. Lha skema tarif tiap operator ruwet. Beda daerah bisa beda tarif.
      * Operator terbaik (kualitas telp, SMS, dan internet). Saya condong ke Smartfren.
      * Smartwatch terbaik. Moto 360 generasi kedua.

      Kopdar? Belum ada rencana sih. Memangnya perlu ya?

  82. andika says:

    Maaf ko banyak komen saya cuma mau nanya
    habis ini ko herry mau review hp apa dan asus zenfone max dan asus zenfone 3 max lebih bagus yan mana soal baterai nya dan lebih cepat panas yang mana

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Andika,

      LG V20.

      Baterai: lebih tahan lama Zenfone Max.
      Lebih cepat panas mana? Sama-sama nggak mudah panas sih.

  83. Kevin says:

    Iya juga sih pak, tarif operator(gsm)nyaris setahun ganti 3x tarif..
    Wah perlu kopdar pak, ah bapak ini pura2 gag tau kalau fans nya banyak..:D
    Powerbank terbaik menurut bapak?di nilai dari segi real capacity, garansi, dan harga.
    Makasih pak.

  84. Leos says:

    Ko HSW, asus zenfone go zb500kl sekarang kan banyak di online shop dan spesifikasi cuma beda di laser dan corning golira glass dengan asus zenfone 2 laser ze500kl yang sudah susah di cari di online shop. Apakah layak di beli? Mungkin ko HSW sudah pernah pegang. Dan apakah seri asus zenfone go sering update software seperti asus zenfone 2 laser, selfie, max dan lainnya

  85. Dio says:

    Pak herry, saya rencana mau belikan. Orang tua saya smartphone. Minta saran untuk pemakaian standart seperti chatting dan aplikasi ringan. Untuk harga dibawah 2jt, handphone apa yg sesuai dan tahan lama. Terima kasih

  86. Firdza says:

    Pak HSW

    Boleh minta minta saranya, smartphone yang sesuai untuk menggantikan smartphone samsung galaxy j1 ace saya, dengan kriteria:
    -sudah 4G (dapat menggunakan semua operator termasuk operator smartfren)
    -layar 5 inci
    -gegas
    -kamera lumayan
    -harga tidak lebih dari 2 juta

    • Herry SW says:

      Pak Firdza,

      Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dengan harga sekitar Rp 1,725 juta atau Moto E3 Power sekitar Rp 1,8 juta.

  87. Enos says:

    Pak Herry, menurut bapak antara Galaxy J2 Prime, Zenfone Go ZB500KL dan E3 Power mana yang layak dibeli?

  88. zulkarnain says:

    Pak Herry, saya pedagang online, memiliki kebutuhan untuk foto dagangan, aktif seharian dengan sesekali di charge, buka multi akun sosial media untuk berdagang. Kalau disimpulkan berarti saya butuh kamera oke dengan fitur flash, baterai yang mumpuni, ROM/RAM besar dan prosesor yang tidak lelet yah pak (mohon dikoreksi kalau salah)?
    Kira-kira kisaran maksimum 3 juta dan maksimum 2 juta, saya bisa mendapatkan handphone apa yang terbaik yang layak beli, pak?

    Terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Pak Zulkarnain,

      Dengan kebutuhan seperti itu, kriteria spesifikasi yang anda sebutkan sudah benar. Hal yang menjadi persoalan, dengan anggaran maksimal Rp 3 juta belum ada ponsel yang memenuhi syarat. Apalagi, kalau anggaran diturunkan Rp 2 juta.

      Saran saya begini:
      1. Kalau Anda bisa menambahkan anggaran menjadi sekitar Rp 3,8 juta, silakan membeli Asus Zenfone 3 ZE520KL.
      2. Kalau anggaran maksimal Rp 3 juta dan tak bisa ditambah, silakan membeli Infinix Zero 3. Harga resminya Rp 2,599 juta, tetapi harga pasarannya Rp 2,7 juta.
      3. Kalau anggaran maksimal Rp 2 juta dan tak bisa ditambah, silakan membeli Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

  89. Dhini says:

    Pak Herry,
    Di antara Motorla E3 Power, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL/ZE550KL, Pureshot/Pureshot+, mana yang kameranya paling bagus? Saya mencari ponsel yang utamanya berkamera bagus, dan sudah 4G, dengan kisaran harga terkini maksimal 2 juta. Lebih baik lagi selain kamera bagus juga gegas dan baterai tidak terlalu boros.
    Atau barangkali Pak Herry punya rekomendasi lain yang sesuai dengan kriteria di atas?
    Terima kasih, Pak.

    • Herry SW says:

      Bu Dhini,

      Dengan kriteria seperti yang Anda sebutkan, pilihan terbaik adalah Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

  90. seto says:

    Pak hsw

    Bagaimana cara meyakinkan ibuku bahwa samsung j2 (dibawah 2 Juta) itu adalah hp busuk, ibuku bilang ke saya bahwa j2 lebih baik dari zenfone 2 laser ze500kl setelah pergi ke toko ponsel saat tukar tambah j2 untuk beli zenfone 2laser?

    Pak hsw, apa yang saya harus lakukan ?
    Padahal Selama saya memggunakan ponselmu sebagai acuan beli hp sudah terbukti bagus,seperti zenfone 2 laser ze500kl,pureshot.

    Apalagi kakakku yang bilang asus itu gampang panas ?

    • Herry SW says:

      Pak Seto,

      Ini ceritanya Galaxy J2 sudah dijual dan kini pakai ZE500KL kan?

      Tunjukkan kalau ZE500KL lebih praktis dipakai. Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, pengguna hanya perlu mengetuk layar dua kali untuk menyalakan layar. Hasil kamera ponsel itu juga lebih bagus. Praktikkan dengan mencari contoh foto yang dulu dijepret pakai Galaxy J2, kini lakukan pemotretan dengan kondisi mirip dengan menggunakan ZE500KL.

  91. DHANI says:

    Kenapa xiaomi mi mix gak masuk ponsel ter
    …2016.setidaknya minimal menjadi ponsel teruniklah.

  92. Leo says:

    Hasil Kamera lg g5 se vs sony xperia z5 dual bagusan mana ko harry?

  93. Arif says:

    Selamat Malam Pak Herry,
    Prosesor Snapdragon 625 dan Prosesor Snapdragon 808 itu bagus mana Pak?
    Yg masuk kategori smartphone flagship itu dilihat dari harganya atau prosesornya atau kameranya?

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Ketika sudah terpasang di ponsel, ada banyak faktor yang mempengaruhi. Bukan hanya prosesor. Kinerja umum Snapdragon 625, kecuali buat main game, mestinya lebih bagus daripada Snapdragon 808.

      Bisa dari harga, bisa pula dari prosesor. Yang paling ideal sih melihat spesifikasi keseluruhan dan kategorisasi yang diterapkan produsen. Ponsel dengan spesifikasi X yang di merek A masih tergolong menengah atas, di merek B mungkin sudah tergolong flagship.

  94. Baskara says:

    Wah infinix hot s tidak masuk ya?padahal cukup memuaskan untuk harga launching 1.7 jutaan

  95. Baskara says:

    Maaf om, nanya lagi. Diatas saya baca kok infinix hot s tidak bisa mengalahkan infinix hot 3. Di segi apa ya om?dan kenapa om memutuskan tidak mereview infinix hot 4?

    • Herry SW says:

      Pak Baskara,

      Benar. Yang paling fatal dari sisi kamera, lalu kesepadanan antara harga jual dan kinerja.

      Sebab, Hot 4 tak bisa 4G. Saya sudah malas menguji pakai smartphone 3G.

  96. Bambang says:

    Minta saran koh… Saya mau ganti gawai dari ios ke android, saya punya dana 2 juta… smartphone apa yang terbaik dikisaran harga 2 juta ke bawah atau smartphone yang direkomendasikan untuk layak beli di range segitu….. Terimakasih koh HSW

  97. kieng says:

    Selamat malam pak herry
    Setelah baca review n baca rekomendasi dari pak herry sy memutuskan meminang infinix hot 3 x553 sy puas dengan kinerja hp tersebut selain performa mumpuni sekaligus harga bersahabat. Rencana beli hp tambahan sesuai rekomendasi asus ze520kl ternyata infinix zero 4 mulai di jual karena telah puas dengan hot 3 x553 maka tak pikir ulang infinix zero 4 sy pinang jg beralih dr awal beli asus ze520kl. Mudah2an nanti klo pak herry me riview zero 4 pilihan sy sesuai rekomendasi juga. Sebelumnya terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Kieng,

      Jadi kini sudah memakai Infinix Zero 4 ya? Cerita-cerita dong bagaimana pengalaman memakai ponsel itu.

      Saya tidak akan me-review Zero 4. Yang kelak akan saya review Zero 4 Plus.

  98. Fadly Indrawijaya says:

    Wah keluarga Andromax atau Hisense gak masuk yah

    • Herry SW says:

      Pak Fadly Indrawijaya,

      Andromax tidak masuk karena bukan ponsel full unlocked.

      Hisense tidak masuk karena selama 2016 saya tidak mencoba ponsel Hisense untuk open market handset. Pureshot dan Pureshot+ yang secara umum bagus adalah ponsel keluaran 2015.

  99. kieng says:

    Iya pak herry saya sudah pakai infinix zero 4, balutan body metal layar agak cembung nampak elegan. Dan saat main game atau buka beberapa aplikasi tdk nampak lag n tdk terasa panas. Headset bawaan zero 4 suaranya lebih terasa keluar jernih suaranya. Full volume lagu speaker tidak pecah. Hasil foto tentunya bagus ada menu “pro” bisa distel manual seperti yg saya lihat di asus ze520kl. over all sangat puas.ok pa herry saya tunggu reviewnya yg zero 4 plus ya he..he..

  100. Bambang says:

    Kalo Smartphone yang harganya dibawah 2 juta apa koh ? Bukanya asus zenfone 2 laser ze550kl harganya masih diatas 2 juta koh ? Makasih…

  101. ika melina says:

    kalo saya tidak salah tahun lalu ponsel terbaik juga merk LG sepertinya koh sangat terkesan dg ponsel ini dari beberapa review yg saya baca. HMmm saya jadi penasaran pengin nyoba. masih bingung antara z4 atau LG5 dana 5 jutaan. Sejujurnya saya orang yg gengsian maaf tapi ‘katanya’ orang – orang Sony lebih premium sedangkan LG murahan dimata orang indonesia . hmm bangaimana ini ya? apa benar ? Boleh minta rekomendasi dari kedua itu koh?

    • Herry SW says:

      Bu Ika Melina,

      Sebentar saya lihat dulu daftar pemenang 2015. Saya tak ingat. Oh iya, pemenang smartphone terbaiknya juga LG. Saat itu LG G4.

      Z4? Apakah yang Anda maksud Xperia Z4? Xperia Z4 tidak beredar resmi di sini lho. Yang muncul di sini Xperia Z3+.

      LG G5 juta tidak beredar resmi di Indonesia. Yang masuk ke sini G5 SE.

      Kalau disuruh memilih Xperia Z3+ atau G5 SE, saya memilih LG G5 SE. Kinerjanya lebih bagus.

      Ya, merek Sony lebih dipersepsikan premium dan berkelas daripada LG. Namun, bukankah lebih baik membeli ponsel berdasarkan kinerja nyata dan bukan atas dasar persepsi?

  102. andry says:

    Pak HSW

    Sebenarnya saya tertarik redmi 3 prime pak, tapi kendala 4g nya jd mikir2. apa ada saran spek yg mirip namun layar maksimal 5 in juga, saya pake zenfone 2 max kebesaran di kantong.
    thanks

  103. jojo says:

    diantara zenfone max, zenfone 3 max, redmi 3 prime & pureshot kira-kira pilih yang mana om, saya butuh kamera dan baterai lumayan awet dan 4G.?
    apakah redmi 3 prime sampai saat ini masih dikunci 4Gnya.?

  104. Azzamsa says:

    Selamat sore Bapak.

    saya ingin sekali membeli ponsel baru dengan budget 2 jt kebawah, hasil yang saya temukan adalah :

    1. xiaomi Redmi 3
    2. Asus Zenfone 2 Laser

    Xiaomi memiliki keunggulan dalam spesifikasi, sebenarnya saya cendrung untuk membelinya, hanya saja mobilitas saya yang tinggi membuat saya khawatir akan ketahanan yang dimiliki ponsel xiaomi tersebut.

    mohon masukannya bapak, untuk budget 2 jt kebawah.

    Terimakasih banyak Bapak. Terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu/Pak Azzamsa,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Redmi 3 pasti tanpa garansi resmi. Jadi, sebaiknya langsung dicoret. Silakan membeli Zenfone 2 Laser.

  105. Azzamsa says:

    Selamat sore Bapak.

    saya ingin sekali membeli ponsel baru dengan budget 2 jt kebawah, beberapa hasil yang saya temukan :

    1. xiaomi Redmi 3s Prime : Rp. 1,9
    2. Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL : Rp. 1.8

    Xiaomi memiliki keunggulan dalam spesifikasi, sebenarnya saya cendrung untuk membelinya, hanya saja mobilitas saya yang tinggi membuat saya khawatir akan ketahanan yang dimiliki ponsel xiaomi tersebut.

    saya akan gunakan untuk waktu yang lama, bapak. saya tidak pernah ganti hp kecuali benar-benar rusak, sudah 4 tahun menggunakan Galaxy Chat B5330, alhamdulillah untuk pemakaian seharian saya sudah mencukupi, tetapi beberapa hari lalu sudah banyak komponen yang rusak, sehingga saya berniat mencari penggantinya.

    saya tidak bermain game, dan tidak terlalu butuh spesifikasi tinggi, saya hanya ingin yang awet, Bapak.

    mohon masukannya bapak, untuk budget 2 jt kebawah.

    Terimakasih banyak Bapak. Terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu/Pak Azzamsa,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Redmi 3s Prime pasti tanpa garansi resmi. Jadi, lebih baik langsung dicoret.

      Silakan membeli ZE500KL atau ZE550KL. Harga ZE550KL Rp 1,999 juta atau masih kurang dari Rp 2 juta. Beda seribu rupiah dari batas yang diberikan. 🙂

  106. andika says:

    Ko mau tanya ko herry lebih suka asus zenfone max atau asus zenfone 3 max diliat dri semuanya dan klo menurut ko herry yang bagus untuk saya yang mana yah tanpa melihat kamera tetapi melihat ke ke gegasannya

    Terimakasi

    • Herry SW says:

      Pak Andika,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Kalau dari semuanya, saya lebih suka Zenfone 3 Max.

  107. sunarno says:

    Minta saran pak,antara zenfone max sama hisense pureshoot +2 bagus mana??saya ingin beli diantara keduanya tapi bingung harus pilih mana
    Mohon saranya.terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Sunarno,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Pureshot+ 2 (bukan Pureshoot+ 2 ya).

  108. Dhini says:

    Pak Herry,
    Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL sulit sekali mendapatkannya, Pak. Stoknya pada kosong. Bahkan katanya sudah tidak ada lagi karena itu produk lama. Di mana kira-kira saya bisa mendapatkannya? Atau, kalau yang setara itu rekomendasi Pak Herry apa?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Bu Dhini,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Anda di kota mana ya? Kalau di Surabaya, tinggal cari di WTC atau Plasa Marina.

      • Dhini says:

        Pak Herry,
        Saya di Bandung, Pak. Saya sudah cari di Bandung Electronic Center (BEC) tapi sudah tidak ada yang menjual. Mereka malah menyarankan ke Zenfone Max.
        Kalau Motorola E3 Power bagaimana, Pak? Terutama kamera. Saya juga minta rekomendasi yang lain ya, Pak.
        Terima kasih.

        • Herry SW says:

          Bu Dhini,

          Hmm… di Bandung sih mestinya ada. Di Dukomsel juga kosong?

          Kalau anggaran bisa ditambah, Zenfone Max boleh dibeli. Mending Zenfone Max daripada E3 Power.

          • Dhini says:

            Pak Herry,
            Di Dukomsel ada, Pak, tapi harganya hampir 2,2 juta.
            Kalau saya cek dan bandingkan spesifikasinya di gsmarena.com ternyata antara Zenfone 2 Laser ZE550KL dan Zenfone Max ZC550KL beda tipis, ya Pak. Sama-sama diumumkan bulan Agustus 2015, bedanya kalau Zenfone 2 Laser ZE550KL dirilis September 2015 sementara Zenfone Max dirilis Januari 2017 (menurut gsmarena.com). Dimensi sedikit lebih besar Zenfone Max sehingga lebih berat.

            Zenfone Max:
            Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410.
            CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
            GPU: Adreno 306

            Zenfone 2 Laser ZE550KL:
            Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
            Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
            CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
            Octa-core (4×1.5 GHz Cortex-A53 and 4×1.0 GHz Cortex-A53)
            GPU: Adreno 306, Adreno 405

            Yang ingin saya tanyakan:
            1. Apakah untuk Zenfone 2 Laser ZE550KL Chipset, CPU dan GPU-nya memang ada 2, Pak? Atau itu masing-masing untuk varian yang berbeda? Karena sepertinya ada 2 varian, 16 GB/2 GB RAM dan 32 GB/3 GB RAM. Untuk varian yang kedua apakah juga beredar resmi di Indonesia?
            2. Kalau spesifikasi Zenfone 2 Laser ZE550KL dan Zenfone Max secara umum sama, dan harga jual yang berlaku sekarang juga hanya terpaut sekitar 100 ribuan, manakah yang benar-benar layak beli?
            Mohon rekomendasinya, ya Pak.
            Terima kasih banyak.

          • Herry SW says:

            Bu Dhini,

            1. Beda negara bisa berbeda spesifikasi. Untuk Indonesia, ZE550KL-nya dibekali RAM 2 GB dan ROM 16 GB.

            2. Kalau Anda tak keberatan dengan bobot Zenfone Max yang cukup berat, silakan ambil itu.

          • Dhini says:

            Pak Herry,
            Tadinya saya sudah mantap mau meminang Zenfone 3 Max. Tapi kemudian saya baca review Infinix Zero 3, yang jadinya malah bikin galau, hehe..
            1. Kamera belakang lebih bagus yang mana antara Zenfone Max dan Infinix Zero 3?
            2. Tanpa memandang harga, secara performa keseluruhan Pak Herry lebih merekomendasikan yang mana?
            Terima kasih, Pak.

          • Herry SW says:

            Bu Dhini,

            1. Zero 3 dong.

            2. Zero 3.

          • Dhini says:

            Pak Herry,
            Maaf, komen yang sebelum ini dibatalkan saja.
            Tadinya saya sudah mantap dengan Asus Zenfone Max. Tapi melihat kenyataan bahwa harga jual terkini Infinix Zero 3 dan Asus Zenfone Max berada di angka yang sama, 1,999 juta, saya jadi bingung. Menurut Pak Harry lebih baik ambil yang mana, dengan acuan utama pada faktor kamera dan kinerja secara keseluruhan?
            Terima kasih, Pak.

          • Herry SW says:

            Bu Dhini,

            Zero 3.

  109. Raymon says:

    Ko Herry,
    Smartphone apa yang dual simcard dual stand by yang sim 1 bisa 4G LTE dan sim 2 bisa 3G HSDPA ?
    Terima kasih.

    Pak Raymon,

    Yang sudah saya coba dan buktikan sendiri:
    * Asus Zenfone 3 (bukan Asus Zenfone 3 Max).
    * LG V20.

    Ko Herry,
    Asus Zenfone 3 dan LG V20 terlalu mahal.
    Smartphone apa yang dual simcard dual stand by bisa 3G HSDPA dua-duanya ?
    Bukan yang sim 1 dan sim 2 saling bertukar 3G nya.
    Saya tidak mau yang salah satu sim cuma bisa 2G EDGE.
    Thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Raymon,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Jawabannya ya lagi-lagi minimal Zenfone 3.

  110. Stefanus Hendra says:

    Pagi pak, mau tanya perihal hp lg type stylus 2 + bagaimana menurut bapak.
    saya tunggu reviunya, terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Pak Stefanus Hendra,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai ponsel tersebut.

  111. galih says:

    pak herry ada gak pilihan selain lenovo vibe p1 turbo yang baterainya lebih badak alias lebih awet. di rentang harga 3,5 juta kebawah saja biar gak overbudget

    • Herry SW says:

      Pak Galih,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Lha Vibe P1 Turbo harganya kan sudah di bawah Rp 3,5 juta. Harga barunya saat ini sekitar Rp 3,1 juta kok.

  112. Intan says:

    Om, diantara Samsung, Sony, Xiaomi, ASUS dan Lenovo kira-kira Anda pilih yang mana? Saya pengen beli hp dengan budget sekitar 1,8 juta. Kira-kira hp yang cocok apa ya Om buat yang suka ngegame kaya saya? Thanks.

    • Herry SW says:

      Bu Intan,

      Dengan anggaran sekitar Rp 1,8 juta, tak ada ponsel Samsung dan Xiaomi yang saya rekomendasikan. Kalau Asus, pilihlah Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Kalau Lenovo, beli Moto E3 Power saja. Moto sekarang dimiliki oleh Lenovo.

  113. Ruben says:

    Pak Herry,
    Apa benar kinerja ponsel seperti Xiaomi atau Infinix atau yang sejenis itu hanya bagus di awal saja pak? Apakah ponsel-ponsel seperti itu kinerjanya tidak dapat bertahan lama seperti ponsel-ponsel kelas atas seperti iPhone atau Samsung?
    Karena ada teman saya pengguna ponsel produksi Cina mengeluhkan kinerja yang cepat menurun dibanding pada waktu barunya..

    • Herry SW says:

      Pak Ruben,

      Dengan asumsi ponsel Xiaomi-nya bergaransi resmi, demikian pula si Infinix, anggapan itu tidak benar. Yang sering mengalami hal itu ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi. Ponsel Samsung dengan garansi resmi kadang juga mengalaminya.

  114. Akbar says:

    Selamat sore pak, saya sedang ingin membeli hp android, hp saya yang sekarang adalah Lumia 535 dan Hisense Kingkong 2 yang saya ajk berenang terus :v. setelah membaca baca komen dan jawaban koh HWS saya mendapatkan kesimpulan untuk harga hp di bawah 2,5
    Vibe K4 Note
    Zenfone 3 max
    moto e3 power,

    tapi saya tadi browsing kalau lenovo k5 plus juga layak untuk di sandingkan,
    menurut koh HSW, saya lebih baik pilih yang mana ya, untuk hp yang overal dari keseluruhan yang paling bagus kinerja dan kenyamanan penggunaan sehari hari?

  115. andika says:

    Ko herry apa slot sim dan micro sd nya asus zenfone 3 max tidak cepat rusak , karena saya termasuk orang yg suka ganti ganti kartu setiap minggu dan takutnya klo patah atau hilang itu bisa di beli lgi nggak

  116. Bilal says:

    Pak herry, saya ingin beli hp budget maks 2,5 jt. Saya butuh hp non hybrid, jdi 2 SIM + Microsd aktif bersamaan dan diutamakan punya sensor gyro. saya sempat cari2 referensi, tertarik dg Lenovo Vibe K4 Note & ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL / ZE601KL (berhubung yg varian ZE550KL susah dicari di offline). Bagaimana menurut bapak tentang hp2 tsb pak? atau ada merk lain yg patut utk. dipertimbangkan dg budget yg saya miliki sesuai dg spek tertentu yg saya ingini. Matur suwun sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Bilal,

      Saya tak hafal ada gyro-nya atau tidak. Kalau pilihan Anda ponsel-ponsel tersebut, saya lebih condong ke Vibe K4 Note.

  117. Kalina says:

    Pak HSW,
    Dibandingkan antara Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, Zenfone Max, dan Zenfone 3 Max menurut Pak Herry mana yg lebih layak dibeli dengan mempertimbangkan kualitas secara keseluruhan? Jika harga misalkan berada diangka yg sama. Terima kasih.

  118. Bilal says:

    Oh ya pak herry saya juga bingung masalah harga. Saya cek di web ASUS harga ZE601KL 2,799, sdgkan di online 2,2xx, dan di offline daerah saya 2,6xx. Mohon penjelasan pak, terutama yg online, mengapa kok terpaut jauh dari yg di web ASUS? padahal di online berbunyi garansi resmi, apakah web ASUS-nya yg kurang update? atau bagaimana pak? takut ketipu soalnya beli di online. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Bilal,

      Harga di situs Asus adalah harga ritel resmi yang dijadikan acuan harga eceran tertinggi. Harga pasar bisa di bawah itu.

  119. Yogiman says:

    pak herry sy mau nanya untuk Xiaomi Redmi 3s Prime , apakah sudah ada ditoko resmi spt erafone , globalteleshop dll ? untuk 4G apa sudah bisa di pakai di indonesia. trims

    • Herry SW says:

      Pak Yogiman,

      Redmi 3S Prime belum beredar resmi. Fitur 4G yang non-garansi resmi sepertinya masih bisa dipakai.

  120. Rizki says:

    Pak Herry mohon sarannya saya ingin membelikan ponsel untuk istri, kriteria kamera bagus, gegas, Batee kuat dan tampilan menarik, istri tertarik Oppo f1s, cuma jika saya baca reviews disini pak Herry tidak merekomendasikan Oppo, mohon saran opsi lain, note saya sudh pakai Lenovo vipe P1 & K4 note dan memang oke punya sesuai reviews pak Herry sebelumnya
    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Rizki,

      Jangan beli Oppo deh. Daripada F1S, mending beli Huawei P9 Lite Rp 3,299 juta. Harga lebih murah, kinerja lebih bagus.

  121. jojo says:

    harga zenfone max sekarang berapa om, apakah dierafone sun city sidoarjo ada stoknya

  122. you says:

    Samsung Z2 gagal gara2 tizen ya koh?

  123. enggal says:

    terima kasih ko herry untuk review-reviewnya.
    saya ingin membeli hp android dual sim + slot eksternal memori (bukan hybrid) dengan kamera yang memikat.
    saat ini baru lenovo vibe shot yang masuk dalam bidikan.
    apakah ko herry punya alternatif lain?

  124. Tonydp says:

    Pak Herry,
    Ada rekomendasi hp layar max. 4.5″? Tp rentang harga <3jt.
    Saya termasuk yang kurang suka jika layar terlalu lebar…

    • Herry SW says:

      Pak Tonydp,

      Saat ini tak ada rekomendasi. Ponsel dengan layar maksimal 4,5 inci spesifikasinya kurang nendang lho.

  125. Atmokuncoro says:

    Koh Hery saya pengguna LG kelas bawah, terlama pakai LG L70… Kalau saat ini untuk keperluan buat jualan online, (medsos WA,BBM,line ) budget 2jt yg pas apa yah… LGK10 lte recomended ga koh?

    • Herry SW says:

      Pak Atmokuncoro,

      Boleh melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Rp 1,999 juta.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba K10.

  126. ovic says:

    pak heri, kalau infinix zero 3 dengan hisense pureshot +2 lebih baik mana?

  127. andika says:

    Koh herry apaka koh herry mempunya teman yg mempunyai anak bernama zidan kls 5 sd dan apakah koh herry bermain growtopia jika iya apa nama world koh herry

    Saya masi berumur 13 menjelang 14 thn jdi jangan di panggil pak donk

    • Herry SW says:

      Pak Andika,

      Kayaknya tak ada. Growtopia? Saya malahan baru dengar tuh.

      He… he… panggilan baru dari saya untuk penanya di blog ini memang Pak atau Bu, tanpa memandang usia. 🙂

  128. Alya says:

    Pak Herry, apakah Huawei Y6 II memiliki spesifikasi yang baik dan cocok untuk saya? Karena saya juga tertarik dengan Huawei GR3 namun sayangnya slotnya hybrid (Huawei Y6 II slotnya tidak hybrid) atau bapak memiliki rekomendasi ponsel dengan harga 1,5-2 juta? Terimakasih…

    • Herry SW says:

      Pak Alya,

      Jangan beli Huawei Y6 II deh. Selain tidak beredar resmi di sini, spesifikasinya kurang bagus.

      Dengan anggaran segitu, lebih baik Anda membeli Infinix Zero 3. Harga barunya Rp 1,999 juta. Selotnya bukan hybrid kok.

  129. jun says:

    harga infinix zero 3 Rp 1,999 jt itu harga online apa offline koh, disurabaya di plasa marina ada kah,?

    • Herry SW says:

      Pak Jun,

      Harga offline.

      Di Marina coba cari di lantai 2, seberang Huawei Brand Shop yang posisinya berada di dekat eskalator naik ke lantai 3.

  130. Arif Budiman says:

    Untuk kategori tablet tidak ada nominasinya oom?

  131. ibu says:

    Maaf pak untuk harga maksimal 1,5 juta .yang baik hp apa?

  132. raymond says:

    Koh Herry, saya pengguna xiaomi redmi 2 (ram 1 gb) sudah 1,5 tahun.. Namun saat ini sudah tidak bagus, gampang force close ketika dipakai main game online.. Kalau saat ini ingin beli hp baru dengan budget maksimal 2.5 juta yg recommended apa yah ? Tadinya saya tertarik infinix zero 3 x552 (ram 3 gb rom 16 gb) tapi harganya 2.8 jutaan, jd harus cari alternatif lain deh… apa benar koh harganya sekitar itu ? terima kasih..

  133. amaris says:

    Pak Herry. Kalo hape tahun 2016 dengan kamera depan terbaik apa ya? Kamera depan nya aja Pak. Makasih Pak Herry.

  134. Rin says:

    Selamat malam menjelang pagi pak. Semoga sehat selalu dan blog ponselmu tetap jaya.

    Mau nanya rekomendasi hp nih.
    Kebutuhan untuk social media yang multitask. Saya ada official account yang harus update setiap waktu dari twitter, instagram, dan site2 lain.
    Lalu untuk kegegasannya dan ketahanan baterai juga harus tinggi pak. Kamera sih ga masalah yang standard saja karena saya tidak membutuhkan aktivitas fotografi yang tinggi.

    Kira-kira apa ya ponsel yang cocok dengan kebutuhan saya di atas? Dari segi performa yang mumpuni untuk buka banyak sosmed dan nggak nge-lag.
    Untuk budget sih ada di kisaran 1.5 hingga 2jt.

    Saya sudah membaca pertanyaan2 pembaca sebelumnya dan bapak banyak merekomendasikan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dan ZE550KL. Saya sebenarnya tertarik dengan seri ZE500KL pak namun ternyata kapasitas baterai hanya 2400 mAh. Kalau jaringan on terus dengan beberapa app aktif kira2 berapa ketahanannya ya?

    Jikalau seri ZE550KL saya agak keberatan pada ukurannya yang dirasa terlalu besar yaitu 5.5″.

    Jadi menurut bapak baiknya bagaimana? Atau ada rekomendasi lain?

    Terima kasih banyak pak.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Rin,

      Berarti, silakan melirik Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.

      Dengan perilaku seperti itu, baterai ZE500KL kira-kira bertahan 12 jam.

      Tak ada rekomendasi lain. Dengan kriteria yang Anda sebutkan, saya condong ke Infinix Note 2.

  135. masahe says:

    Numpang tanya pak…. mohon diurutkan hasil kamera terbaik diantara xiaomi MI4i, zenfone ZE500KL, pureshot, dan acer jade. Terima kasih sebelumnya.

  136. Zul says:

    Selamat pagi pak Herry,
    Saya masih bingung memilih antara Xiaomi Redmi 3 Prime,Samsung J2 Prime,dan Asus Zenfone 3 Max..Saya mengutamakan kualitas dan bisa tahan/tdk lag dan tdk cepat panas jika dimainkan game agak berat..Kira2 menurut anda yang mana pak diantara pilihan saya tadi?atau adakah rekomendasi ponsel lain?Anggaran sekitar 1-2 Juta.
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Zul,

      Galaxy J2 Prime silakan dicoret dulu. Karena kemampuan 4G tidak diperhatikan, silakan melirik Redmi 3 Prime saja.

  137. Fajar says:

    Terlepas dari terbaik atau tidak, saya lihat secara rata” om herry lebih menyarankan asus untuk urusan kamera. Apakah memang saat ini hp asus memiliki kualitas teknologi terbaik saat ini ? pengalaman teman pemakai zenfone 5 sampai zenfone 3 prime semua menyarankan hal yg sama sih 🙂

    Saya pribadi pengguna zenfone 2 yg selalu struggle dengan memory karena os kitkat tidak dapat terintegrasi lgs dengan sd card. Sehingga internal selalu penuh

    • Herry SW says:

      Pak Fajar,

      Tanpa melihat harga, kamera Asus bukan yang terbaik sih. Masalahnya, pengirim pertanyaan seringkali mencari ponsel yang harganya kurang dari Rp 2 juta. Nah… di rentang harga segitu, kebetulan Asus yang menjadi juara. Alhasil terlihat saya sering merekomendasikan ponsel Asus.

  138. rizuki says:

    om infinix zero 3 yang harga 1,999 juta itu online/offline?
    trims

  139. Adit Chandra says:

    Mau kasih pengalaman dan saran nih ko. Di harga 3 jutaan sepertinya Xiaomi Redmi Pro bisa dipertimbangkan, karena saya pemakai Redmi Pro dan hasil kameranya wahh. Harganya jg tidak terpaut jauh dari Infinix Zero 3. Sebenarnya, saya dlu sangat ingin membeli Infinix Zero 3 setelah melihat Review ko HSW. Tapi, saya berniat untuk menunggu penerus Generasi Zero 3 yakni Zero 4. Setelah menunggu, akhirnya muncul rumor bahwa Zero 4 hanya menggunakan Chipset versi MediaTek MT6750. Saya pun sangat kecewa. Dan bersamaan dengan itu, saya tidak sengaja melihat Review Xiaomi Redmi Pro yang memiliki Dual Kamera belakang 13MP + 5MP dengan Fitur yang lengkap. Selain itu, penggunaan Chipset terkemuka MediaTek yakni Helio X25 ditambah dengan processor Decacore 2.3Ghz untuk versi Internal 64GB pun sangat saya pertimbangkan. Baterainya pun berkapasitas 4050mAh. Tanpa pikir panjang, ahirnya saya pun meminang Xiaomi Redmi Pro versi High dengan RAM 3GB dan Internal 64GB seharga 3.2Jt. All hasil, saya juga ingin merekomendasikan hp ini kepada teman teman termasuk ko Herry. Untuk versi terendahnya hanya seharga 2.7Jt dan sdh bisa memiliki smartphone Dual Kamera belakang dan performa yang kencang. Ohh iya, ada juga versi Limited Edition dengan RAM 4GB dan Internal 128GB. Bagaimana menurut Ko Herry? ?

    • Herry SW says:

      Pak Adit Chandra,

      Menurut saya? Sederhana saja. Karena Redmi Pro belum beredar resmi di sini, jadi ya langsung saya coret.

  140. Joe says:

    Pak Herry mau tanya:
    1.zenfone 3 yg beredar resmi tipe nya apa saja? bingung nih bnyk banget tipenya.dan hrgnya brp ya utk tipe2 tsb?
    2.Minta rekomendasi Hp dgn spek min:
    Ram 3G, finger print, rom 32GB(klo bs), kamera bagus, gegas, battery bs lepas (klo ga ada ga apa2 yg battery tanam) dan value for money.
    3.Apakah ada yg lebih baik dari J7 prime dgn kisaran spek dan hrg yg sama?

    • Herry SW says:

      Pak Joe,

      1. Ada tiga:
      * ZE520KL dengan RAM 3 GB. Harga pasar sekitar Rp 3,7 juta.
      * ZE520KL dengan RAM 4 GB. Saya kurang mengikuti harga pasarnya.
      * ZE552KL. Harga pasar sekitar Rp 4,6 juta.

      2. ZE520KL yang RAM 3 GB.

      3. Jangan beli J7 Prime deh. Mending beli Zenfone 3.

  141. eXo says:

    Mr. HsW…
    Tolong rekomendasinya.. Ponsel yang patut dipinang, dengan harga max. 1,5jt yang sudah 4G (LTE), dengan ukuran layar 4,5″ ke atas. Apakah ada, di kisaran harga tersebut, yang sudah dilengkapi dengan RAM 2Gb.
    Oh, ya bagaimana dengan Xiaomi 4A? Is it OK or not? 😉

    Thankyou

    • Herry SW says:

      Pak eXo,

      Infinix Hot 3 X553 atau Hisense Pureshot+. Keduanya dibekali RAM 2 GB dan sudah mendukung 4G LTE.

      Xiaomi 4A? Tak ada ponsel bernama lengkap seperti itu.

  142. eXo says:

    Yang saya maksud adalah Xiaomi Redmi 4A.
    Jika diberikan peringkat.. Bagaimana kedudukannya antara Hot 3 – Pureshot + dengan Xiaomi Redmi 4A ini?

  143. Triningsih says:

    Salam kenal Pak Herry,
    Saya mau tanya tpi oot gpp ya Pak.
    Saya kemarin baru beli Andromax L,belum ada 24 jam saya pakai tiba2 gagal booting. Akhirnya saya reset,perangkat bisa digunakan lagi tetapi ada keterangan ROOT di About Phone.
    Duuh..bagaimana ini Pak,saya tanya k cust care Smartfren katanya garansi saya hangus.
    Lha saya pakainya normal2 saja deh perasaan,rooting pun saya ga tau caranya gimana. Apa memang Android bisa ngeroot tanpa sengaja?
    Mohon bantuannya ya Pak,biar garansi saya ga beneran hangus.
    Makasih Pak Herry..

    • Herry SW says:

      Bu Triningsih,

      Root memang akan menghanguskan garansi. Karena dalam kasus ini Anda yakin tak pernah melakukan root, saran saya, mampir lagi ke Galeri Smartfren dan memasang wajah superlugu. Bilang saja baru beli Andromax L trus tiba-tiba macet. Carilah petugas yang berbeda dengan sebelumnya.

  144. Audi says:

    Pak HSW, apakah ada toko offline yang menjual produk Infinix?

    Trims.

  145. Eriez says:

    Sore Pak Hsw
    Mau nanya nih .. untuk harga 1-2 jt an paling mahal 2.2 jt an lah .. hp apa ya yang paling enak untuk di pinang..untuk menggantikan mi4 saya ..yg layar nya paling besar 5 inch karena saya tidak suka sama hp berlayar 5 inch ke atas ..dan juga ada fingerprint nya.. mkasih pak..

  146. febri says:

    Sore Pak HSW.
    Pak, saya sudah melirik untuk beli asus zenfone 3 ZE520KL, tapi masih ragu buat beli. apakah ada rekomendasi dari bapak untuk membeli HP lain dengan budget max. 4jt? saya lebih mementingkan Camera, sinyal 4G dan Ram.

    trims.

  147. Ardian says:

    Siang Pak HSW,
    Saya Ardian dari Pekanbaru

    Mohon bantuannya utk rekomendasi android versi Bapak dengan soek sbb:
    Layar 5-5,5 inch
    Kamera min 13 MP
    Support LTE
    Baterai min 3000 mAH
    Sensor lengkap (Fast Charging
    Gyroscope, Accelerometer, Magnetik)
    Kualitas GPS oke
    RAM min 2GB
    ROM min 16GB
    kalau bpk berkenan, tolong beri beberapa pilihan sbg bahan pertimbangan saya nantinya

    Trims

    • Herry SW says:

      Pak Ardian,

      Soal sensor saya tak hafal satu per satu. Diduga keras sih lengkap sesuai permintaan Anda. Pilihannya: LG G4, Huawei P9, dan Asus Zenfone 3 ZE552KL.

  148. Ardian says:

    Maaf pak,, ada yg kelupaan
    Budget max 2,5 juta

    Trims

  149. Ardian says:

    Trims infonya , Pak HSW

  150. Febryan Saputra says:

    Maaf pak… Mau nanya kira² Sony Xperia z5 dual masih kayak dilirik atau tidak ya untuk sekarang? Atau mungkin pak HSW punya rekomendasi lain untuk Dana maksimal 6,5 juta? Makasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Febryan Saputra,

      Sudah nggak asyik sih. Lha harganya masih bertahan tinggi. Tak kunjung dikoreksi lagi.

      Mending beli LG G5 SE, Pak. Unit baru dan bergaransi resmi sudah Rp 5,499 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *