Karena dianggap sudah tidak prospektif, Telkom akan segera menutup layanan TelkomFlexi. Bagaimana nasib pelanggan operator CDMA tersebut? Mereka akan dialihkan ke Telkomsel, operator GSM terbesar di negeri ini.

Kartu perdana ini tampaknya disiapkan untuk menampung mantan pengguna Flexi. Namanya, Kartu As Semurah Tarif CDMA.

Pengganti Flexi

Di sisi muka sampul kartu perdana tersebut tertulis nomor 12 digit yang diawali dengan angka 0851. Itu berarti berbeda dengan awalan alias prefiks Kartu As yang selama ini tersedia di pasar.

Sementara itu, di sudut kanan bawah tercetak harga kartu perdana tersebut. Yakni, Rp 2.000 dan sudah termasuk pulsa maupun PPN.

Kalau segel kartu perdana disobek, di salah satu halaman dalam kartu perdana tersebut tercetak informasi sebagai berikut:

Selamat Bergabung di Dunia Kartu As Semurah Tarif CDMA

  • Bonus paket data: 100 MB (hanya di jaringan 3G) dan 1 MB (di semua jaringan) berlaku setiap hari.
  • Tarif dasar SMS: Rp 100/SMS
  • Kirim 10 SMS gratis 1000 SMS ke sesama Kartu As Semurah Tarif CDMA & Telkomsel.*
  • Nelpon Rp 49/menit ke sesama Kartu As Semurah Tarif CDMA dan telpon rumah.*

Tarif ke Sesama adalah tarif nelpon & SMS ke nomor Kartu As Semurah Tarif CDMA yang berawalan 0851xxxxx.

*) Promo dapat berubah sewaktu-waktu

Bila dicermati, tarif panggilan ke operator lain tidak disebutkan dan sampai saat ini belum saya ketahui. Skema tarif yang berlaku mungkin sama dengan Kartu As reguler.

Kompensasi apakah yang bakal diterima pelanggan setia Flexi? Sampai sekarang belum diketahui dengan pasti. Beberapa hal yang mungkin akan ditawarkan Telkom:

  • Nomor Flexi lama akan diganti dengan Kartu As berawalan 0851. Apakah ekornya bakal disamakan dengan nomor Flexi lama? Belum tahu.
  • Pelanggan bisa mengajukan permintaan fitur notifikasi. Fungsinya, siapa pun yang menghubungi nomor Flexi lama akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pelanggan telah berganti nomor ke Kartu As 0851 **** ****.

Apakah sisa pulsa di nomor Flexi bisa dipindahkan ke nomor baru Kartu As? Belum diketahui.

Apakah pelanggan Flexi berarti harus berganti ponsel? Ya, tentu saja. Nomor pengganti yang diberikan adalah nomor GSM yang takkan berfungsi bila diselipkan ke ponsel CDMA. Karena itu, pengguna harus memiliki ponsel GSM.

Sementara baru penggalan informasi di atas yang bisa dibagikan. Kalau di antara Anda ada yang memiliki informasi tambahan, silakan mengetikkannya di bagian bawah halaman ini.