By

Flexi Ditutup, Bagaimana Nasib Pelanggan?

Karena dianggap sudah tidak prospektif, Telkom akan segera menutup layanan TelkomFlexi. Bagaimana nasib pelanggan operator CDMA tersebut? Mereka akan dialihkan ke Telkomsel, operator GSM terbesar di negeri ini.

Kartu perdana ini tampaknya disiapkan untuk menampung mantan pengguna Flexi. Namanya, Kartu As Semurah Tarif CDMA.

Pengganti Flexi

Di sisi muka sampul kartu perdana tersebut tertulis nomor 12 digit yang diawali dengan angka 0851. Itu berarti berbeda dengan awalan alias prefiks Kartu As yang selama ini tersedia di pasar.

Sementara itu, di sudut kanan bawah tercetak harga kartu perdana tersebut. Yakni, Rp 2.000 dan sudah termasuk pulsa maupun PPN.

Kalau segel kartu perdana disobek, di salah satu halaman dalam kartu perdana tersebut tercetak informasi sebagai berikut:

Selamat Bergabung di Dunia Kartu As Semurah Tarif CDMA

  • Bonus paket data: 100 MB (hanya di jaringan 3G) dan 1 MB (di semua jaringan) berlaku setiap hari.
  • Tarif dasar SMS: Rp 100/SMS
  • Kirim 10 SMS gratis 1000 SMS ke sesama Kartu As Semurah Tarif CDMA & Telkomsel.*
  • Nelpon Rp 49/menit ke sesama Kartu As Semurah Tarif CDMA dan telpon rumah.*

Tarif ke Sesama adalah tarif nelpon & SMS ke nomor Kartu As Semurah Tarif CDMA yang berawalan 0851xxxxx.

*) Promo dapat berubah sewaktu-waktu

Bila dicermati, tarif panggilan ke operator lain tidak disebutkan dan sampai saat ini belum saya ketahui. Skema tarif yang berlaku mungkin sama dengan Kartu As reguler.

Kompensasi apakah yang bakal diterima pelanggan setia Flexi? Sampai sekarang belum diketahui dengan pasti. Beberapa hal yang mungkin akan ditawarkan Telkom:

  • Nomor Flexi lama akan diganti dengan Kartu As berawalan 0851. Apakah ekornya bakal disamakan dengan nomor Flexi lama? Belum tahu.
  • Pelanggan bisa mengajukan permintaan fitur notifikasi. Fungsinya, siapa pun yang menghubungi nomor Flexi lama akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pelanggan telah berganti nomor ke Kartu As 0851 **** ****.

Apakah sisa pulsa di nomor Flexi bisa dipindahkan ke nomor baru Kartu As? Belum diketahui.

Apakah pelanggan Flexi berarti harus berganti ponsel? Ya, tentu saja. Nomor pengganti yang diberikan adalah nomor GSM yang takkan berfungsi bila diselipkan ke ponsel CDMA. Karena itu, pengguna harus memiliki ponsel GSM.

Sementara baru penggalan informasi di atas yang bisa dibagikan. Kalau di antara Anda ada yang memiliki informasi tambahan, silakan mengetikkannya di bagian bawah halaman ini.

Update 6 Oktober 2014: Inilah tahapan yang kelak harus dilalui pelanggan. http://ponselmu.com/flexi-ditutup-ini-tahapan-yang-harus-dilalui-pelanggan/

264 Responses to Flexi Ditutup, Bagaimana Nasib Pelanggan?

  1. Soleh says:

    Pak herry sy iseng beli perdana kartu AS semurah CDMA. Kalo sy coba telpon ke nomor flexi nomor yg muncul koq berbeda / berubah nomor. Tapi kalo dipakai tlp ke nomor GSM tidak berubah sesuai dgn nomor yg ada pada staterpack. Mengapa hal ini terjadi?

  2. Cak Hananto says:

    Kasihan pengguna Flexi yang telah menyebar nomernya ke para kolega, juga yang memiliki nomer cantik (dengan harga yang mahal tentunya). Contohnya ya saya sendiri :(

    Sontoloyo bener Telkom itu…..

    • Herry SW says:

      Cak Hananto,

      Nggak kebayang deh bagaimana rasanya pengguna nomor Flexi yang dulu membeli nomor itu dengan harga sampai jutaan rupiah, bahkan belasan juta rupiah.

  3. sandi says:

    kalo pihak telkom mau mengganti hp cdma dengan gsm yg sudah dibundling telkom dan nomor gsm disamakan dgn nomor flexi mungkin itu bisa menjadikan solusi yg baik.

    • Herry SW says:

      Pak Sandi,

      Saya yakin Telkom takkan sebaik hati itu deh. :)

      Seandainya pelanggan Flexi hanya ribuan, mungkin Telkom masih mau melakukan hal itu. Lha pelanggan Flexi kan jumlahnya ada belasan juta.

  4. @halloarie says:

    ternyata selain telkom mau mematikan flexi, indosat juga berencana mematikan starone…

    seandainya As tarif cdma juga menerapkan tarif murah ke “calon pengganti starone”

    berarti kalo menelpon As cdma dari telpon rumah, biayanya lebih mahal ya, dibanding dari telpon rumah ke no. flexi?

    • Herry SW says:

      Pak @halloarie,

      Iya, Indosat juga berencana menutup StarOne.

      He.. he.. Kartu As kan berbeda “keluarga” dengan StarOne. Entahlah kalau kelak Indosat juga menghadirkan Mentari CDMA atau IM3 CDMA untuk menampung mantan pengguna StarOne.

      Ya, dari telepon rumah kalau menghubungi Kartu As dianggap menelepon ke seluler.

  5. RahmadiGresik says:

    Bagaimana nasibnya Esia pak Herry ?

    • Herry SW says:

      RahmadiGresik,

      Esia sedang berdarah-darah, tetapi sepertinya belum akan ditutup sih.

      Dua operator CDMA yang akan mengakhiri eksistensinya adalah Flexi dan StarOne.

  6. bagas says:

    Aduh,sayang sekali kalau Flexi ditutup,padahal saya suka dengan layanan data evdo-nya yang tanpa pembatasan kuota itu(walaupun bandwidthnya 1,2 mbps,tapi udah lumayan). Apakah Pak Herry juga pernah mencoba layanan evdo milik Flexi ?

    • Herry SW says:

      Pak Bagas,

      Sampai pertengahan 2012 saya rutin menggunakan layanan EvDO Flexi. Setelah itu, saya meninggalkannya karena sering lambat dan tidak stabil.

  7. liat2aja says:

    Saya tinggal pakai 1 nomor Flexi itupun ditinggal di rumah, taruh di dapur agar bisa menghubungi pembantu rumah tangga. Pakai handset lama. Maklum jaman sekarang jarang yg pakai PSTN kan. Saya punya 2, 1 PSTN taruh di kamar untuk Speedy (jarang dipakai telponnya) dan 1 PSTN untuk Fax saja 24 jam aktif.

    Jadi ingat jaman masih pacaran dgn mantan pacar (sekarang istri) bolak balik mencari layanan murah agar bisa ngobrol sampe puas. Semua dah dicoba, termasuk Flexi, Fren dan XL. Padahal keduanya pakai nomor utama Telkomsel, cuma jaman itu belum ada promo2 seperti sekarang. Dihubungi dari PSTN juga murah (asal 1 kota), dan digitnya sedikit jadi gampang hapalnya (saya punya nomor 700 xy xy)

    Kalau dipaksa pindah ke GSM sebenarnya ga masalah karena handset GSM lebih murah. Tapi jeleknya ya kalau dari penjelasan bung HSW: nomor harus berubah, jadi selular pula. Jadinya dihubungi dari PSTN tetap mahal.

    Bermimpi layanan GSM dgn nomor lokal seperti Flexi, saya mau bungkus 1 deh!

  8. end says:

    bagaimana nasib modem cdma saya …. klo layanan cdma pada tutup semua

  9. Waduh, saya bakal jadi punya 4 nomer telkomsel semua nih, wkwkwkwkwkw

    Ibu saya di Makassar punya nomer Halo 0811AABAAC sama dengan flexi nya 04112AABAAC

    Beli nya mahal tuh, yang nawarin orang flexi nya…..

  10. yuwono says:

    Telp CDMA gunanya untukl telp CS produk, mis taxi, bank DLL yg bila ditelp nyuruh tekan 1 tekan 2, maaf seluruh operator kami sibuk dll. pernah pake gsm kenanya mahal padahal bentar.

  11. khaidir says:

    Pagi mas herry
    Udah lama saya ga nimbrung.
    Kalau benar terealisasi flexi mau tutup dan mungkin cdma lain, itu bisa jadi hikmah ga jadi beli andro htc yg dual on, akhirnya yang ke beli andro dual gsm.

    Saya pakai flexi sejak 2003 an dan sudah teralihkan ke pascabayar karena males ribet beli pulsa. Mungkin solusi paling nyaman, setiap panggilan masuk di infokan ke nomer as untuk migrasi (padahal saya sudah pakai As sejak lama juga)

    Sedikit info, sejak 2 bulan terakhir. Komunikasi dan tagihab flexi saya anjlok banget, karena komunikasi dengan client beralih ke WA dan sejenis)

    Thx mas atas info flexinya

  12. elvin says:

    iya klau diganti ke gsm…misal flexi saya uda saya pake buat kerja abis gt langganan klau mao telp saya gimana….kan nomer saya uda tersebar di mana- mana

  13. Yulia D says:

    Setuju dgn sdr Sandi. Jika nomor flexy nya sama, hanya beda 4 digit tambahan dimuka, masih bisa mengurangi kekecewaan pelanggan setia. Dan adil rasanya jika handset bundling ditukar dgn handset GSM yang bundling, atau minimal setidaknya tukar tambah lah… (dgn spesifikasi dan fitur sama) Soal pengalihan panggilan ?ª?? nomor Flexy ke AS, juga layak dilakukan dalam jangka waktu tertentu (misal 1thn dari saat resmi ditutup).
    Dan selayaknya sebelum penutupan resmi dilakukan, diberitahukan/disosialisasikan kepada pelanggan dan diberi jeda waktu bbrp bulan.
    Bisakah pelanggan melakukan tuntutan class action jika Flexy ditutup? Kerugian membeli nomor cantik dan handset bundling yang tdk murah, ditambah nomor yang sdh tersebar ke relasi, teman, keluarga dll menjadi dasar tuntutan.
    Mungkin Esia justru akan beruntung dan sembuh ?ª?? “berdarah-darah” jika Flexy dan Star One jadi ditutup. Karena semua pengguna Flexy akan beralih ke Esia, yang masih “semurah” tarif CDMA dan telp rumah. (Saya beranggapan Smart Fren akan kurang dilirik karena nomornya terlalu panjang)
    Cuma saya benar-benar tidak mengerti. Dulu Telkom “memaksa” pelanggan ß?ru utk memakai flexy ketimbang Telp rumah. Dan skrgpun jumlah pelanggan Flexy terbesar di Indonesia dibanding CDMA lain. Lalu layanan juga “nunut/ikut” Telkom. Kenapa sekarang ??µ? ditutup? Saya curiga ada sesuatu ???? lebih besar dibanding alasan “tidak prospektif” lagi

  14. VAno says:

    Aduhh.
    Gimana ini padahal nomor fleksi saya ada 4 dan untuk usaha semua.
    Gimana cara untuk mengabari pelanggan ?? Bener2 telkom sudah ga punya nurati kepada pelanggan. Kalau untuk pindah ke Telkomsel saya rasa bukan solusi karena penomoran sudah pasti berbeda dengan CDMA,apalagi pelayanan telkomsel juga tambah buruk di banding Flexi.
    Mudah2 telkom menarik rencana untuk menutup layanan telkom flexi.

    • Herry SW says:

      Pak Vano,

      Konon sebagian pelanggan Flexi mulai ditelepon atau dikirimi SMS oleh pihak terkait. Saya pribadi kebetulan sudah bertahun-tahun tidak memakai Flexi.

  15. Pak Herry S.W.,

    Salam kenal.

    Kemarin saya sempat mampir ke GraPari Malang untuk menanyakan soal migrasi Flexi ke KartuAs Tarif CDMA ini. Saya mendapatkan info (FAQ) yang terdiri dari tiga halaman, silahkan kunjungi:

    1. Halaman 1 / 3: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10152142319897566&set=a.10152075471987566.1073741834.676417565&type=1&relevant_count=3

    2. Halaman 2 / 3: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10152142320852566&set=a.10152075471987566.1073741834.676417565&type=1&relevant_count=2

    3. Halaman 3 / 3: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10152142322582566&set=a.10152075471987566.1073741834.676417565&type=1&relevant_count=1

    Sedangkan untuk Flexi Classy (paska bayar) sementara ini belum ada info lebih lanjut.

    Untuk smartfren saya sudah konfirmasi ke teman dekat saya yang kebetulan penggede smartfren di Jakarta. Mereka memang akan memperbarui teknologi mereka ke LTE tetapi teknologi cdma masih tetap dipertahankan seperti yang ada sekarang.

    Trims,

    ITB

    • Herry SW says:

      Pak Ivan T. Boeidman,

      Salam kenal juga.

      Terima kasih atas sharing-nya. Saya yakin tiga foto FAQ itu akan sangat bermanfaat untuk pembaca blog ini.

      Soal Smartfren, benar, operator CDMA itu sama sekali tak memiliki rencana menutup perusahaan. Mereka justru sudah memiliki aneka rencana kerja, termasuk merambah ke LTE.

  16. Iwan says:

    Pak Herry,

    Saya saat ini menggunakan Flexi mobile broadband. Agak galau juga dengar Flexi mau di-almarhum-kan. Sebagai bahan pertimbangan saya u/ ganti provider internet, provider internet yg pak Herry paling rekomendasikan u/ pemakaian di PC dan smartphone apa? Price/performance ratio yg terbaik.
    Pak Herry sendiri pake provider apa koneksi u/ PC dan Smartphone?

    Thanks.

    Iwan

    • Herry SW says:

      Pak Iwan,

      Saya menyarankan memakai layanan akses data Telkomsel. Namun, gunakan layanan data itu di kartuHalo ya. Jangan di simPATI atau Kartu As. Pengalaman membuktikan bahwa layanan data di kartuHalo tampaknya mendapatkan prioritas tersendiri. Ketika akses internet di simPATI atau Kartu As lemot jaya, yang di kartuHalo masih lancar jaya. padahal, paket internet yang digunakan bertarif sama.

      Ya, layanan data Telkomsel pun sebenarnya tak sempurna. Kecepatan maksimalnya belum pernah setinggi XL yang sayangnya semakin tidak stabil dan mengharuskan konsumen jeli memilih paket. Tarifnya juga lebih mahal ketimbang, misalnya, Tri. Kendati demikian, realibilitas layanan data Telkomsel saya nilai masih lebih baik dibandingkan operator GSM lain.

      Saya sendiri berlangganan paket data 12 GB Rp 125.000 per bulan. Setelah ditambah PPN, jatuhnya Rp 137.500 per bulan. Sebelumnya saya memakai paket 36 GB Rp 1 juta dengan masa aktif setahun.

    • sukamto says:

      sekarang kan flexy sdh upgrade ke as nmer gua ngk berubah kok, dari 0711.7774xxx -menjadi 0851-05-774xxx ngk begtu berubah trus ada pemberitahuan ke pelanggan nya kok……hemmm

      • Herry SW says:

        Pak Sukamto,

        Anda termasuk beruntung. Tidak semua pelanggan Flexi mendapatkan nomor pengganti yang mirip dengan nomor lamanya.

  17. JUNAEDI SIGIT AMBAR says:

    aduhhhh sayang ya ? kalo sampe itu terjadi…… ini aja nomorku nomor cantik ? bisa di ganti jelek,,,,kan bisa rugi,,,,,

  18. ekawima says:

    Untung saya pakai esia

  19. nanie st says:

    Wah kl gt dg ditutupnya flexi bakal nambah 2 lg nih rongsokan di rmh, 1 hp cdma sy dan 1 lg milik suami sy. Atau akan ada tukang rongsok yg mau menampung???? Telkom ohhhh Telkom ……..

  20. rickdoank says:

    Salam kenal semua, ya mumpung msh br kl bisa ayo buruan ke counter jual cdma nya, siapa tau ada yg mau beli , saya pake matrix langganan yg personal, byr 50000 bulanan kuota 1000menit ke sesama indosat, 100menit ke lain operator, 1000sms ke semua operator, dg sysrat dr jam 5 pagi sampe jam 5 sore aja, lumayan murah….
    mungkin bs jd alternatif ….

  21. sang widi says:

    Program join market flexi dengan kartu as mulai tgl 24 jan 2014 ditunda sampai dengan batas waktu yg blm ditentukan. Info hub 147.

  22. tedja says:

    dipindahkan nomornya ,pulsa kita dipindahkan juga,harus dipikirkan pelanggan jangan menguntungkan pihak telkom tapi merugikan pelanggan ,,dan haknya pelanggan

  23. jeffry says:

    aku ide kalao telkomsel niru gaya smartfren dalam satu katu ada 2 nomer satu lokalsatu gsm,

    jd walo pake gsm untuk telp ke fleksi gsm nomer lokal masih bisa dg tarip rumahan

    untuk panggilan hanya berlaku gsm, tapi kalo di telp gsm dan lokal nya masih sama2 aktip

    mirip fren duo

    bagi yang sudah punya kartu telkomsel pelanggan tinggal inject aja nomer fleksinya ke gsm

  24. kamil says:

    Ane disini sedikit sharing mengenau program migrasi flexi ke AS CDMA…

    Kemarin ane baru nukerin flexi ke AS cdma ke plasa telkom dinoyo (Surabaya)… dari penukaran nomer dan tanya-jawab dengan pihak CS saya sharing beberapa point sebagai berikut.. :

    1. Menurut CS disana kita masih punya waktu sampai bulan maret 2014 untuk menikmati program dan jaringan dari flexi.. (tidak bisa memastikan tanggal’nya.. cuman menyampaikan flexi akan closing di bulan maret 2014)

    2. di plaza telkom disuguhi nomer AS CDMA yang bisa kita pilih (pasti tidak bisa sama dengan nomer flexi kita). karena mengikuti stok yang ada.

    3. bagi yang menginginkan 4digit terakhir sama dengan flexi kita… nanti katanya pada bulan feb/maret akan ada pascabayar “HALO CDMA”

    4. Untuk penukaran di Plaza telkom..,kita bisa mendaftarkan “voice note”. sehingga apabila ada klien/kerabat yang menghubungi ke nomer lama kita akan ada pemberitahuan bahwa nomer telah berubah ke nomer 0851xxx.. tapi pihak telkom belum bisa memberi kepastian sampai berapa lama fasilitas “voice note” itu diberikan diberikan kepada pelanggan.. (pada kenyataannya.., sape sekarang “voice note” ane blm juga nyala… Fu*k..!!! apa bedanya dengan ganti nomer baru kalo seperti gini…!!!)

    5. ini bagian yang aneh gan… setelah ane ganti dgn nomer 0851XXX.. ane coba telp ke kolega yang nomernya masih pake flexi.. dan ternyata yang muncul di hp kolega ane tidak sama dengan nomer yang telah ane tuker.. yang harusnya muncul 0851XX… yang muncul justru 0234293454 (kata cs itu nomer call center yang akan selalu muncul apabila kita telp ke nomer CDMA..,katanya itu program penyetaraan tarif AS CDMA dengan flexi dan ga bisa ditelp balik..) (S*iitttt…….!)

  25. Cak Aan says:

    wah… 1. no cantik milik aku akan hilang gimama nih…..2. rekan kerjaku kebingungan. 3. hendset ku yng mahal nganggur. 4. berarti dari ke 8 keluargaku harus beli hendset beru semua. akhirnya judulnya merepotkan………

  26. hggggg says:

    dipake aja buat smartfrens masih bisa

  27. Nasi Ggggoreng says:

    Ini semua khan gara2 pemerintah menetapkan suatu aturan yang kebetulan tidak terpenuhi oleh operator2 cdma tsb. Coba aturannya dirubah, saya rasa operator2 cdma tsb tidak harus kelabakan, memulangkan pegawai2nya, belum kerugian yg dialami konssumen cdma, kerugian pedagang2 hp, dll. Tapi karena ini Indonesia, yaa beginilah nasib sebagian besar rakyat, ga bisa apa2, ga ada yg ngayomi dan memperjuangkan. hehehe..cmiiw

  28. minum susu says:

    flexi lebih baik di lepas ke smartfren ketimbang telkomsel kartu AS,
    infrastruktur yg udah dibangun jadi nggak mubazir, pelanggan juga gak bingung terkait handset.

    klo sesama gsm namanya merger pelanggan,
    tapi klo udah cdma ke gsm itu namanya buang pelanggan,
    (>.<)

  29. lakone says:

    saya menilai kok kurang bijak menghilangkan sistem CDMA, sebab pelanggan sdh banyak dan internetnya dg sistem CDMA kok lebih cepat..apa nggak ada alternatif lain…kayaknya telkomsel kurang kreatif dalam melayani pelanggan…

  30. ina says:

    haddduh. saya termasuk yg ikutan galau nih. sedih but nothing can do.

    baru nyadar, sept thn lalu ke plaza telkom minta ganti chip yg broadband ee katanya sistem error lah apa lah… ampe skrg ga ada kabar.
    *nomorku classy cuantiik X0YYZZZZ Hiks…

  31. Mufid says:

    Haduh…, dua nomer flexi saya akhiran 29999 dan 39999 bakal tamat riwayatnya. Apa bisa di migrasi ke telepeon rumah (PSTN) ya?

    • Herry SW says:

      Pak Mufid,

      Saya tak berani memastikan apakah bisa dimigrasikan menjadi PSTN. Sejauh ini belum ada alternatif pilihan tersebut.

  32. ogon says:

    Flexy, sudah lama menemani dan banyak membantu bagi kita yang sering berpisah dengan keluarga dengan 01017 mu, kenapa sekarang menghilang. Paket baru CDMA AS pengganti, hanyalah berita konyol agar pengguna lama nggak marah. Apa dikira kita anak-anak kecil yang bisa diam dengan dikasih kue. …..?

  33. sakri says:

    Sebenarnya yang membuat flexi terpuruk adalah masalah ponsel yg tdk mendukung jadi klo mau online via ponsel gk bisa. bisanya cuma lwt warnet ajh

  34. sakri says:

    Jadi meskipun pindah jalur apapun klo ponselnya gk mendukung ya tetep ajah

  35. sakri says:

    Telkom lebih baik kerja sama dengan produsen ponsel cerdas untuk memproduksi smartphon yg bisa dipakai untuk.kartu cdma flexi kayak smartfreen itu mas herry

    • Herry SW says:

      Pak Sakri,

      Dalam kasus Flexi ini, menurut saya, kuncinya adalah “mau atau tidak mau”. Andaikan Flexi diserahkan kepada swasta, saya optimistis Flexi masih bisa bangkit dan jauh lebih baik daripada sebelumnya.

  36. sakri says:

    Apa ponsel cdmayg sdhada msh bs di pakai nantinya kalau sdh terealisasi

    • Herry SW says:

      Pak Sakri,

      Asalkan ponsel CDMA yang saat ini digunakan berstatus unlocked, Anda kelak bisa memadukannya dengan operator CDMA lain.

  37. sakri says:

    Apa ponsel cdmayg sdh ada msh bs di pakai nantinya kalau sdh terealisasi

  38. anonymous says:

    hadoh gimana sih ini…udah enak-enak pake Flexi juga ah -__-

  39. sakri says:

    Apakah sampai saat ini masih buka layanan paket data?

  40. sakri says:

    Pak Herry

    Trs ponsel jenis apa yg bisa di pakai? Yg saya tau cuma galaxy young dan yg baru saja dirilis yaitu galaxy infinite, apa ada lagi yg lainnya ,

    • Herry SW says:

      Pak Sakri,

      Semua ponsel CDMA, asalkan dilengkapi selot kartu RUIM, unlocked, dan dapat bekerja di frekuensi CDMA 800 MHz, mestinya bisa dipakai.

  41. adi says:

    dulu flexi anak emas telkom…tapi setelah udah nggak provit lagi mau dimatikan sama telkom….sama aja abis manis sepah di buang…
    jujur saja saya pengguna flexi sudah 5 tahun yang lalu….

  42. Rhino says:

    hmm…. gmn nasib flexi milis…?

  43. Kenapa flexi harus di tutup ya?
    Padahal di kota jember banyak yang memakai entah orang kota maupun di desa, terus bagimana nasibnya orang yang punya Handphone CDMA, Modem CDMA apakah Hp dan modemnya harus di musiumkan?

  44. ahmad says:

    Oh felxi mau di hapus gara gara tlp rumah sudah gak laku lg..

  45. XL Community says:

    Semoga pihak telkom memberikan solusi yang tidak merugikan konsumen…amin

  46. matano says:

    sebenarnya pemerintah mau tegas atau tiidak itu saja..?
    tetapi namanya kalau lihat duit semua akan berubah.
    salam

    • Herry SW says:

      Pak Matano,

      Setuju. Intinya:
      * Dari sisi pemerintah: mau tegas atau tidak.
      * Dari sisi Telkom Flexi: potensi masih ada. Tinggal mau berusaha atau tidak.

  47. EVAFAX says:

    Bagaimana nasib EVAFAX ??? Sedangkan evafax hanya bisa pakai Flexi?

  48. Herry SW says:

    Admin Evafax,

    Maaf, saya tak tahu. Saya pribadi terus terang baru kali ini mendengar ada produk bernama Evafax.

  49. Kosim says:

    Beginilah nasib rakyat di negeri yg bingung……

  50. thedewaku says:

    wah bakal banyak modem cdma bertebaran dan modem gsm yang akan dijual … 😀

  51. anies says:

    aduuhhh jangan dittup dong nomerq cantik,sayang kalo dibuang hik hik hik….

  52. Cahya says:

    Piye toooooo telkomsel iki……………

  53. Rudi Rahman says:

    Waduh kalau bisa jangan di tutup Flexi nya Dong, Saya jadi Pelanggan Flexi dari pertama ada.. No Cantik lagi :)

  54. hampir 2 tahun ane pake flexi internet, boom sekarang harus hangus.. padahal baru diisi pulsa dan dipaketkan selama 1 bulan. Sayangnya tidak ada pemberitahuan sama sekali, semenjak seminggu terakhir EVDO tidak bisa konek, parah…

    • Herry SW says:

      Pak Dede Setiawan,

      Kalau saya memantau perkembangan akhir-akhir ini, seolah Telkom secara halus memaksa pengguna Flexi untuk segera meninggalkan nomornya ya.

  55. dadang pranajaya says:

    saya pengguna kartu flexi 4 thn dng nomer cantik . kurang bijak bisnis ini kelihatan kejam ngak menghargai perasaan pelanggan main se enak nya aja ganti .. di rumah pun kita pakai perangkat tlp motorola flexi .. bisinis apa ini nama nya kejam banget

  56. dadang pranajaya says:

    pihak telkom harus bertanggung jawab dengan nomer nomer cantik yg di miliki oleh pelanggan nya jngan sampai ada perubahan nomer cantik saya HUSUS NYA

  57. GHOFAR says:

    Waduuh, padahal kartu flexy saya 2 buah. Yang satu kartu lama yg tdk ingin saya buang karna banyak kolega yg tahunya nomor tsb. Sedangkan yang baru (sdh 3 thn) saya belinya nomor cantik belakangnya 1966 (thn kelahiran) barengan dengan no, Simpati dan Mentari semuanya 1966. Cukup mahal juga sebenarnya sy belinya ketiga kartu tsb, Klo flexi dimigrasi ke Kartu AS, Saya akan punya 4 Kartu Telkomsel, 2 Simpati dan 2 AS + 1 Mentari. Wadauu..

  58. GHOFAR says:

    Ada lagi, trus nasib Flexi Broadband gimana? Padahal saya punya 4 biji modem flexi.

  59. aanwong says:

    Harus ada class action dari kita neh.. ga bs seenaknya seperti, dimana hak perlindungan konsumen indonesia?
    Flexy tinggal buat hanset seperti andromax juga pasti bakal populer lg. Gt aja masa ga mampu sih?

    • Herry SW says:

      Pak Aanwong,

      Semoga ada yang benar-benar melakukan class action supaya dapat dijadikan pembelajaran oleh semua pihak.

  60. banjarbaru says:

    apa sebab2nya dan apa solusinya,, masa pemerintah gak bisa mengatasi..

  61. blessing says:

    lebih baik beli fren saja.karena teknologi fren tetap dikembangkan.walaupun perusahaan rugi tapi pelanggan tidak dirugikan.perusahaan rajin ekspansi.layanan purna jual juga bagus.
    NB sy bukan sales smartfren lho.hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Blessing,

      Yang sangat jelas, pemilik Smartfren masih memiliki komitmen untuk terus berusaha eksis. Sedangkan Flexi justru terlihat sebaliknya. Mereka tampak ingin secepat mungkin menutup layanan.

  62. susi says:

    heran gua, perusahaan pemerintah saja masih bisa main paksa tutup begitu, lantaran merasa rugi, kalau gua sebagai rakyat rugi, pemerintah pura pura bego, kecuali gua teriak teriak demo. suck pejabat pemerintah semua. golput aja mending.

  63. Laras gemilang says:

    Jd gmna nasib pengguna modem flexi.. Klo krtu as.a itt gsm.. Bkn cdma?

  64. imam syafii says:

    kalo boleh usul……..
    mari kita rame-rame dateng ke telkom menentang kebijakan ini atau minta ganti rugi agar flexi tidak di tutup…!!!!!

    xixixixi….. sayang sekali nasib flexiku nasib….nasib…..

  65. newbudhi_new says:

    Kini saatnya Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia unjuk gigi dan unjuk nyali untuk memperjuangkan konsumen yang jumlahnya tidak sedikit !!!!!!!! MANA GIGI DAN NYALIMU………????

  66. davit lee says:

    Coba Flexy MENGKAJI lagi …..Sebelum Memutuskan Penghapusan Jaringan Flexy ,,,,,,,.Saya juga Pengguna Paket Data Flexy… saya rasa…. Cukup Baik dan Murah …………..Teknologi Makin Canggih …Kenapa bukan Ditingkatkan…. Kwalitas Jaringannya…Saya yakin Konsumen akan Tertarik …..untuk mempergunakan flexy….dengan kwalitas yang lebih baik lagi …toh pelangan juga akan makin bertambah…..dan pendapatan income… flexy juga pasti meningkat…..itu saran saya buat flexy.kalau memang flexy merugi….atas penurunan pelangannya………trims…

  67. Jawaban sederhananya adalah sebenernya AS dan Flexi sama2 kurang bagus perkembangannya. Dan dengan mengorbankan nama salah satunya dgn alasan kurang prospektif akhirnya kedua-duanya di merger menjadi satu. Dan lagi-lagi yg menjadi korban adalah kita-kita sebagai pengguna.

    Kalau memang cdma kurang prospektif kenapa “matanya” telkom gak nglihat tuh pesaingnya sm*rtfr**nd. Buktinya beliau masih eksis dan menambah lagi investasinya disitu.

    Layanan fixed phone dipersulit dgn alasan khusus dipergunakan utk kepentingan layanan data nah sekarang giliran layanan cdma-nya pun di tutup. Hanya demi kepentingan merger kita pelanggan yg dikorbankan. Hadewwww…

  68. Purnosidi says:

    saya pakai nomor flexy dan masih aktif..jadi tambah ga jelas bagi pelanggan lama flexy

  69. HeryxVshoot says:

    Hadehh…tenan ra yo iki…wes dadi pelanggan flexy sejak 2005 smp saat ini jew….saya bela-belain beli gadget evdo-gsm operator lain biar bisa pakai flexi je….seyogyanya flexi bikin terobosan bikin handset seperti sm***f***n pasti banyak dilirik konsumen baru , klo masalahnya cuma berkurangnya konsumen….yang kreatif donk TELKOMSEEELLLL

  70. HeryxVshoot says:

    Hadehh…tenan ra yo iki…wes dadi pelanggan flexy sejak 2005 smp saat ini jew….saya bela-belain beli gadget evdo-gsm operator lain saya unlock,biar bisa pakai flexi je….seyogyanya flexi bikin terobosan bikin handset seperti sm***f***n pasti banyak dilirik konsumen baru , klo masalahnya cuma berkurangnya konsumen….yang kreatif donk TELKOMSEEELLLL

  71. rafiq says:

    FLEXY ditutup krn secara bisnis mungkin gak menguntungkan telkom dgn sedikitnya pelanggan…tp kenapa bs terjadi?krn manajemen telkom yg setengah hati gak pengen flexy besar krn bagaikan anak macan yg bs memakan sapi gemuk telkomsel…liat aja dr strategi marketing yg asal2an,beda jauh sm marketing AS or Simpati…mungkin ditekan temasek spy setoran telkomsel kagak turun… kasus matinya flexy sama seperti mentari yg sengaja diterlantarkan agar im3 jaya..

  72. Okampung says:

    Pelanggan SUPER…PER….PER….KECEWA…BUANGEETTT

    CDMA is one of the most SECURE wireless technologies available today…

    Tren CDMA dunia malah naik…

    https://www.cdg.org/resources/cdma_history.asp

    1996 = 1 juta di dunia
    2011 = 626 juta di dunia

    Ada apa dengan CDMA Indonesia???
    Anomali yang perlu disiasati…

    Bagaimana kalau kita beli saja sama-sama Bro/Sis?

    Gitu aja kok repot…

  73. Green says:

    Internet flexi sekarang putus-putus terus, pakai cara apapun tetep gak berhasil.. 3 hari ini parah, belum semenit connect, eh udah putus lagi,..sepertinya sih bener bakalan ditutup, siap-siap nih beli modem lagi, hadeuhh.

    • Herry SW says:

      Pak Green,

      Saya kok melihat seolah pengguna Flexi diusir secara halus ya. Layanan terus turun sehingga satu per satu pengguna akhirnya beralih ke operator lain.

  74. Mahdi Aziz says:

    Telkomsel memang setan. Semua produknnya mahal. Program TM-nya, bukannya murah. Bayangkan sehari wajib Rp.3000, sebulan hampir Rp. 100.000. Internet Broadband Flexy Rp.50.000 (Unlimited), cukup buat Mahasiswa dan Rumahan. Kalau ini dihapus..Dasar Anjing..Memang negara ini tidak satupun keputusannya berpihak ke Masyarakat kecil. Maaf.. Taik..Kimak..Anjing.

    • Herry SW says:

      Pak Mahdi Aziz,

      Di blog ini Anda boleh menumpahkan kekesalahan terhadap operator atau produsen ponsel. Namun, harap tidak menggunakan makian. Kali ini saya loloskan. Jangan diulang lagi ya.

  75. pranoto danuwijoyo says:

    saya pake flexi sdh bertahun tahun untuk segala keperluan termasuk hubungan usaha.tidak dpt dibayangkan berapa pelanggan yg hilang kontak dgn saya kalo sampe no flexi sy tdk dpt dihubungi.
    kemarin saya baru mengurus penggantian kartu flexi saya dgn nomor yg sama,karena hp flexi saya jatu/hilang dan saya beli lagi handset cdma baru untuk pengganti yg hilang.
    yang disayangkan cs telkom dinoyo tdk membertahukan kalo flexi mau ditutup.
    sungguh mengecewakan pelayanannya.semua yg berbau dlm negri sgt mengecewakan,bagaimana kita bisa jatuh cinta pd produk negri sendiri???
    kalo pake gsm/cdma lain jangkauan layanannya tdk sampai ke desa2 itu hs bapak2 pikirkan jangan egois.

  76. agus najib winarto says:

    Modem saya pakai fleksi baru diisi kok malah tiba-tiba dihentikan. Mestinya pemberitahuan tiga bulan atau dua bulan baru diputus sehingga pengguna modem fleksi dan kartu fleksi tidak dirugikan. Apalagi digunakan untuk pendidikan. Tolong diperhatikan

  77. agus najib winarto says:

    Merugikan pelamggan bila pemutusan tanpa tenggang waktu. Aplg modemnya terus gakbisa dipakai lagi. Kok gak sesuai dengan promosinya

  78. Fajar says:

    Kecewa banget sama produk dalam negeri yg namanya Flexi (Banget”) tapi yg lebih kecewa lagi kita kan tanya ada masalah apa jaringan internet nya EVDO Flexi, jawabannya mohon diisi pulsa minimal Rp 10.000,- masih ga bisa nyambung walau Paket Bulanan Masih ada, Komplain lagi, tidak ada masalah dengan jaringan tapi saya coba pakai AHA Esia dan Smartfren Normal – normal saja (BUKAN PROMO BRAND TAPI REALITA SAJA), terakhir saya komplain dan setelah saya beritahu jaringan lain tidak bermasalah, baru CS 147 Telkom kasih saya jawaban, “MOHON MA’AF JARINGAN KAMI SEDANG DALAM PERBAIKAN” (KENAPA GA BILANG DARI KEMARIN-KEMARIN, BANYAK BOHONGNYA SIH MANUSIA)

  79. calvin says:

    Apakah paket internetnya akan sama kaya fleksi??
    Apakah gara” ini internet fleksi sekrng melambat??

  80. Rudy says:

    aku beli nomor flexi cantikku 5jt-an lebih mahal dari hpnya, kalo diganti dengan sembarangan nomor ngak usah ya, mendingan saya simpan sebagai kenangan simcard telkomflexi yang termahal yang pernah saya miliki, percuma saja……….

  81. afandy willie says:

    menurut saya… cdma di freq 850 di matikan saja , dan jaringannya bisa untuk LTE , skrng FWA repot … karena ada prefix lokal dan interlokal… kluar kota kudu ganti nomer … kalau tujuannya buat nelpon ke pstn / bank / dll yang lokal … pakai as dan simpati aja … kan ada menu beli paket telpon telkom pstn … murah bgt… cuma 1000 dapat 20000 pulsa nya… hehe

  82. surya says:

    mau tanya nih bos… flexi masih di urus gag sama operatornya… klo enggak kan mau ganti provider lain…

    • Herry SW says:

      Pak Surya,

      Telkom sudah resmi menyatakan berencana menutup Flexi. Namun, jadwal pastinya belum diketahui.

  83. dodi rahmadi says:

    Pak herry

    Sepertinya khusus pengguna modem flexi broadband sudah tidak bisa lagi.
    Ahlasil saya install ulang tetapi gabisa Di install lagi
    Dari jam 12 malam tadi sudah tidak bisa diakses

    Sepertinya era flexi sudah habis, kecewa sih tp ya mau di apa
    Kalau fleksi ngusir halus balas usir juga

    Salam Dodi

  84. Rudy says:

    Flexi Harus Tetap Hidup,,,, Para Petinggi dan Pejabat Telkom Tolong Hidupkan Flexi Cdma Tiada Bandingnya, Paling Murah Meriah dan sudah mendarah Daging di Indonesia…..
    Kenapa Harus Mati….. Kita sudah Susah Payah Mendirikan Tower, Marketing, Mencari Pelanggan dan Memberikan Kepuas dan kepercayaan ke masyarakat itu susahnya minta ampun, Flexi Di Indonesia itu sudah Bagus seumpama sawah kita tinggal memberikan pupuk saja, sawah, tanaman, dan hasilnya sudah bagus,,,,, sayang bila dimatikan, semoga di taun ini dengan Pejabat yg Baru akan memberikan Solusi untuk menghidupkan Flexi Lagi…. Jangan memikirkan perutnya sendiri pikirkan para karyawan yang dari awal mencari pelanggan dan mencari pembebasan lahan tanah… tidak semudah dulu sekarang tinggal memperpanjang saja…..

  85. Rudy says:

    Hidupkan Flexi…………………
    Flexi Harus Tetap Hidup Selama Ini CDMA tiada banding dan semuarah Flexi
    Operatornya Lainnya Tidak Bisa memberikan Layanan Millis, keunggulan2x yg lain banyak sekali bila diberikan Evdo Internet……….pasti para pelanggan akan tertarik …..

  86. yoyok says:

    telkom,,,,,,,,,,,,,,,,,uda gila,,number flexi saya ilang,,waktu saya urus mme stok abis,uda tidak menyedikan..taeekk leh telkom,,,,number saya mau di kemanain,,,,kokokokommmmmmmm,,,

  87. ahmad maulana says:

    Kartu dan hp gw gimn donk .. pleksi harus menggantikan semua handpone dan katu pada semua penggunanya..pleksi ga boleh memutuskan sepihak …gw sangat kecewa dng adanya berita ini..percuma saja gw jd pelanggan setia selama sejak awal thn 2004 klw saja tidak ada konfensasinya….

  88. calvin says:

    Jadi modem fleksi saya gimn??
    Pdhl saya sudah setia dengan fleksi
    Yah , jdinya gini malah mau ditutup

  89. Setiaq says:

    Pantaslah modem ku susah konek selalu terputus … Padahal Anis tambah pulsa …. Semprul Telkom . Padahal selama ini lumayan stabil dan murah utk internetan …. Lalu MODEM ku bagaimana ini……. !! Asuh…

  90. indra says:

    Masih harap harap cemas
    Semoga yang berubah hanya kode area awalnya saja nomer belakangnya tetap

    • Herry SW says:

      Pak Indra,

      Meskipun yang berubah hanya nomor awal, amat mungkin nomor itu akan berubah menjadi nomor seluler, bukan fixed wireless access lagi. Bagi pemilik nomor sih memang relatif tidak apa-apa. Namun, buat orang yang rutin menelepon nomor Flexi memakai telepon rumah/kantor, ia akan dikenakan biaya panggilan yang lebih mahal.

  91. muh.darwis says:

    untung baca artikel ini, rencana mau beli hape cdma pengganti hape lama yang dah error

    ane langganan flexi dr desember 2004, perlu upacara pemakaman nih ye

  92. Dono says:

    Telkom busyeett…! Nyeseeeel pake flexi….! Tak punya otak & nurani…!

  93. Sayang sekali nomor flexi saya harus dimatikan dan diganti dengan nomor lain yg berbeda. Padahal nomor flexi saya adalah nomor cantik dan biasa digunakan untuk usaha. Belinya juga tidaklah murah. Sekarang saya dipaksa harus ganti nomor tanpa kompensasi apapun. Telkom BUMN tapi kok kayak penjajah ya…

  94. AULIA says:

    saya punya pertanyaan,.

    saya mempunyai modem flexi net, apabila kartu perdana flexi nya yang lama saya ganti dengan kartu perdana AS yg baru ini. apakah modem tersebut masih bisa digunakan ?

    Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Aulia,

      Tidak bisa. Modem Flexi Anda berarti modem CDMA, sedangkan kartu As adalah nomor GSM. Jadi, ya harus memakai modem GSM.

  95. Kristono Sugiarto says:

    Terima kasih banyak Pak Herry SW, info yang sangat bagus sekali, terima kasih juga untuk komen-komen yang banyak memberikan info bagus, saya pribadi juga mempunyai nomer Flexi yang cukup bagus. Tapi kiranya yang terbaik untuk kita selama kita menghadapinya dengan lapang dada dan cerdas. Terima kasih.

  96. ricky says:

    Taufan Irianto Siswadi di makassar belum ada/bisa tuh

  97. adi says:

    Yaah, nasib droid gw gmn dong.. susah payah diinject flexi eh malah ditutup.. mana nomernya udh publish sejak 2006, tercetak di kartu nama pula. Whatsapp jg blom ada setahun support no.flexi, cimbclicks jg baruu aja bisa isi pulsa flexi online. Pemerintah kampret emang, pasti jualan frekuensi lg sampe nggusur cdma. Konon smartfren jg lg dirayu buat pindah total ke LTE supaya kanal 3G gsm bebas interferensi.. Mentang2 operator gsm udh pd gemuk, berani bayar lebih, cdma digencet! Pemerintah hrsnya berperan sebagai regulator, bukan MAKELAR FREKWENSI!! F*#k the government lah!!

  98. Pejuh Jaran says:

    GANTI RUGI HP GALAXY YOUNG CDMA KU= RP.600.000,- + KARTU FLEXI NO.CANTIK KU = RP.100.000,- + MASA AKTIF KARTU MASIH 1TH = RP.100.000,- + GANTI RUGI KONEKSI-PELANGGAN KERJA-KARTU NAMA-KALENDER = RP.200.000,-

    TOTAL = RP.1.000.000,-/ORG X 11 JUTA PELANGGAN = RP. 11.000.000.000.000 (11 TRILYUN) SIAPA YG MAU BAYAR DUIT SEGITU BANYAKNYA ??

    SIAPA BILANG INDONESIA SUDAH MERDEKA…?

  99. mendol gosong says:

    Hp flexi bekas msh bisa bermanfaat lho , bisa di buat obat nyamuk. #disawatno wkkk

  100. Yadi says:

    Saya dan mungkin sebagian kalian terkena yg namanya perubahan, dan ingan hal yang tidak akan berubah adalah perubahan itu sendiri, lambat laun nan pasti semua akan berubah.
    Kita cm bisa menyambut dan memanfaatkan kebaikan dari perubahan ini.
    Selamat berubah karna jaman berubah.

  101. Vicky Aditya says:

    Kalau semua itu terjadi,apakah kartu flexi kami yang lama akan d ganti dengan yang baru tadi secara cuma cuma?mohon kejelasanya,dan bagi pengguna hp flexi apa jg ada gantinya secara cuma cuma,dan kami apa harus langsung datang ke plasa telkom untuk mengambil pergantian itu,
    Dari vicky

    • Herry SW says:

      Pak Vicky Aditya,

      1. Apakah kartu Flexi diganti yang baru secara cuma-cuma? Ya.

      2. Apakah ponsel Flexi diganti cuma-cuma? Belum tahu.

      3. Apakah kelak pengguna harus datang ke Plaza Telkom untuk mengambil penggantian? Ya, pengguna harus datang ke tempat yang ditentukan. Saya belum tahu di Plaza Telkom atau tempat lain.

  102. Andre says:

    kami beli nomor flexi supaya punya nomor lokal, kalo diganti ke nomor GSM ngapain???!!!

  103. mudjiono says:

    yok opo yok opo kalau tau gitu sejak awal gak tuku fleksi2 an semua keluarga sudah pakai fleksi dengar2 fleksi mau di tutup walah tambah mumet

  104. anggiat says:

    Salam pak Herry, sy sudah tanya langsung ke gerai flexy, katany sudah pasti flexy tutup. Tp yg sangat di sayangkn hp kita hanya diganti dgn voucher yg nominal min.nya 100 ribu, ketentuannya dari telkom. Maka yg punya handset cdma, siap2 jadi rongsok, hehe…

    • Herry SW says:

      Pak Anggiat,

      Iya, Flexi-nya pasti tutup. Sebab, Telkom ingin seperti itu dan kalau saya perhatikan, aneka peraturan muncul untuk memuluskan hal tersebut.

      Kalau kompensasinya ternyata cuma itu, wah… kok mengerikan sekali ya.

  105. Sandi Mulyadi says:

    Kebetulan saya adalah pengguna Flexi, bahkan bisa disebut pecinta Flexi, saya memanfaatkan Flexi hanya untuk layanan data. Ketika Flexi mengalami gangguan beberapa menit/jam/hari, saya masih bisa memakluminya, tapi mendengar kabar Flexi akan di tutup, saya benar-benar shock, karena Flexi-lah yang benar-benar terbukti unlimited dalam layanan data, tidak ada limited quota berdasarkan volume atau time. Untuk berpindah ke operator CDMA seperti SmartFren sangat tidak mungkin, sebab daerah saya belum tercover jaringan SmartFren. Jika di minta untuk memilih layanan data dari operator GSM pun sangat sulit bagi saya, karena saya sudah merasakan pahit dan getirnya langganan data dari operator GSM yang sering mengkamuflasekan arti dari “unlimited” itu sendiri.

    Saya tidak masalah jika Flexi migrasi ke AS CDMA, namun dengan syarat :

    1. Layanan Data AS CDMA yang berbasis GSM itu tetap menawarkan layanan data yang true unlimited, tidak ada batasan quota secara volume atau time. Saya yakin AS CDMA bisa sukses jika bersikap jujur dan tidak sekedar memperkaya diri sendiri, bahkan konsumen akan “rela membayar lebih” 10-20% untuk layanan data yang true unlimited seperti yang sudah diberikan Flexi hingga hari ini, sebab keloyalan konsumen itu akan meningkat jika provider jujur.

    Yang jadi permasalahannya adalah, apakah AS CDMA rela memberikan layanan data true unlimited tanpa batasan quota kepada konsumen ? Sedangkan “fake unlimited” tersebut merupakan salah satu penyumbang pundi-pundi keuntungan terbesar buat Telkomsel saat ini.

    Note : Saya yakin rakyat Indonesia bisa mengikuti perubahan, asalkan pengusung perubahan tersebut tetap memberikan pelayanan yang tidak merugikan salah satu pihak. Jika AS CDMA bisa memberikan layanan data seperti yang sudah diberikan oleh Flexi, maka saya yakin perubahan ini akan membuat Telkom Nyaman, Konsumen Bahagia, dan Telkomsel semakin berkembang.

    Pray For Indonesia

  106. fandi says:

    kalau saya nggak punya hp gsm apa operator mau membelilkan???

  107. bowo says:

    Kl yg punya flekxi home gmn. Apa jg di ganti?

  108. Ridwan says:

    Saya menggunakan flexi cukup lama, dan sekarang ditutup dengan diganti nya dengan As flexi, memang penggantian kartu nya tidak dipungut biaya alias gratis, tapi bagaimana dengan nasib gadget nya, otomatis jadi sampah aja kan, mestinya perusahaan bekerjasama Pemerintah untuk memberikan keringanan dengan menukarkan ponsel CDMA dengan ponsel GSM, walaupun dengan ponsel standar, untuk mengurangi juga kerugian Konsumen, kan beli ponsel nya bukan pake daun.. ????????????????????

  109. missy says:

    nomer saya flexy kenapa kok tidak bisa dipakai telpon dan tidak bisa terima telpon ,tanggal 26 november 2014 ???,,, mulai kapan semua kartu flexy tidak aktif ?????
    mohon di jawab !!! trima kasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Missy,

      Blog ini bukan milik Telkom. Jadi, saya juga tak tahu mengapa nomor Anda bermasalah. Saran saya, silakan datang ke Plasa Telkom terdekat.

  110. doyok says:

    Akhirnya benar2 tiba juga hari eksekusi. Waktu itu dianggap angin lalu karena Telkom tidak memberikan berita jelas dan resmi. Adanya ya cuma di sini, blog mas Herry SW.
    Sudah dihubungi pihak Telkom, harus menghadap beliau untuk diganti kartunya ke As/Halo.
    Berat hati, kecewa. Tapi ya sudah : “siapa suruh pake flexi?!”

  111. koko says:

    Flexi keknya bener2 mau ditutup kmren baru tanya cs service…rencana jaringan ditutup antara februari/maret 2015. Gak jelas blass….susah payah bangun relasi dngn nomor flexi skrg maen se’enak udele dewe flexi mau ditutup…Kalu telkom bijak bukan seperti ini solusinya. Perdana flexi counter saya sisa 75 buah. & sudah tdk bs diregristrasi baik via sms/dateng ke plasa telkom.

    Solusi buat semua org mending qta boikot ajadah…

    Ga usah dituker nomor flexi kita, toh nomornya jg g sama mending pakai profider lain yg lbh menjamin . Tq

  112. darma says:

    Hahahahaa…… Telkom flexi sebenernya gak bangkrut / gak prospeck logika pelanggan flexi banyak tiap org pasti punya hp cdma selain hp gsm….

    Saya kira flexi ditutup karena ada kepentingan kepentingan yg g berpihak ke rakyat. . Mkn demi uang

    Dngn adanya flexi Telfon rumah jarang laku / org2 banyak yg memutus telfon rumah… Yaiyalah… Abonemennya aja sudah mahal+banyak mahal pula tarifnya…

    Mkn flexi ditutup biar masyarakat kembali ke telfon rumah. . . Tp klu solusi dr telkom mau menutup dan mengganti ke operator gsm seperti as … Saya kira masyarakat lbh cerdas…dan bakal menjadi boomerang bagi telkomsel… Org2 bakal pindah operator lain dari pd susah2 nukerin kartu flexi ke kartu as…toh hp cdma jg g bs dipake lg di kartu as.

    Saya berharap pihak telkom lebih bijak dan tidak bertindak seperti ini … Jujur & sumpah qta pelanggan flexi kecewa berat. Klu pelayanan provider pemerintah seperti ini buat apa qta loyal ??? Lbh baik pakai provider swasta/asing yg lbh jelas nasibnya. Mks

    • Herry SW says:

      Pak Darma,

      Saya sependapat dengan Anda. Kalau dimanajemen dengan baik, CDMA masih prospektif kok. Smartfren menjadi contoh nyata.

  113. entog says:

    Aku beli nomor fleksi cantik sejoli sama simpati seharga 1,5 jt terbuang sia-sia…dasar fleksi gak profesional banget…kyk perusahaan kacangan

  114. Jundan says:

    Saya pakek kartu flexy tapi saa inject ke hp motorola admiral xt603 ..tapi sampai detik ini masih belum ada kendala samasekali ..semua masih lancar…saya juga masih pakek paket internet flexy biasanya..seakan akan tidak ada perubahan…kalaupun kapan hari esok kartu inject flexy ini nggk bisa ..apakah saya bisa protes ke pihak telkom dan emint ganti handphone..arena ini sudah tidak bisa gani kartu

    • Herry SW says:

      Pak Jundan,

      Protes ke Telkom pasti tak bisa. Posisi konsumen sangat lemah di sini. Maksimal Anda mendapatkan voucher belanja ponsel yang besarnya disesuaikan dengan pemakaian bulanan selama ini.

  115. Jundan says:

    Saya minta pendapat dari mas herry..tentang handphone saya yaan saya inject flexy…dan saya tiak pernah mendapat pesan apapun kecuali promo paket ceria dan isi uang pulsa

    • Herry SW says:

      Pak Jundan,

      Pemberitahuan dari Flexi akan disampaikan via SMS atau telepon langsung. Kalau belum dihubungi, ya silakan dipakai dulu saja.

  116. Jundan says:

    kalau pengganian kartu tiak berlaku pada anphone inject..Ya ahamduilah deh…
    Makasih pak ya

  117. Hengki says:

    Just info.. Saya barusan migrasi dari kartu fleksi prabayar ke as fleksi telkomsel prabayar untuk tarif yang sudah saya cek sbb:
    as fleksi ke as fleksi Rp.49/mnt
    As fleksi ke tel rumah Rp 49/mnt
    As fleksi ke gsm as Rp.250/10dtk
    As Fleksi ke Hallo Fleksi pascabayar 250/10dtk

    Untuk fleksi classy yang migrasi ke hallo fleksi
    Hallo fleksi ke tel rumah Rp 49
    Hallo fleksi ke as fleksi Rp 550
    Hallo fleksi ke gsm Rp.550
    Kelebihannya free biaya bulanan
    10 nomor fav produk telkomsel

    • Herry SW says:

      Pak Hengki,

      Terima kasih atas informasi yang dibagikan.

      Di atas Bapak menuliskan tarif panggilan dari As Flexi ke telepon rumah Rp 49 per menit. Itu hanya berlaku untuk panggilan ke telepon rumah lokal atau seluruh Indonesia?

  118. Ponti says:

    Hanguslah nomor cantik flexiku, hanguslah investasi jutaan buat beli itu nomor cantik. Niatan Nasionalisme dengan memakai produk milik BUMN malah dikorbankan oleh BUMN dimaksud karena alasan tidak prospek secara ekonomi. Saya pakai flexi juga dengan maksud agar punya nomor lokal dan murah dihubungi dari telp rumah atau kantor. Lebih baik Lisensi Telkom Flexi dijual saja oleh Telkom ada Investor (Bangsa Asing saja Sekalian) yang baru agar bisa melanjutkan layanan ke pelanggan setia Flexi. Kedepan saya juga akan putus layanan voice Telkom PSTN, kecuali yang saya pakai untuk Fax. Adakah layanan Fax yang dapat diberikan oleh operator GSM?

    • Herry SW says:

      Pak Ponti,

      Saya kurang update apakah sampai sekarang para operator GSM masih menyediakan layanan faks. Dulu, saat Nokia Communicator masih berjaya, tiga besar operator GSM menawarkan layanan faks.

  119. faida says:

    Flexi saya sudah mati total.
    no cantik saya dganti dg no jelek. G ada kembar2nya angka d bagian blakangnya. ????????????
    g mauuuu,,, mles nukernya

  120. Hengki says:

    Pak herri

    Saya belum coba pak untuk tlp ke tlp rumah yang di daerah.setahu saya setelah migrasi emang pemilik fleksi yang lama sangat dirugikan ..untuk hallo fleksi lebih dirugikan tlp ke kartu as fleksi dikenakan tarif 550 …sedangkan dulu fleksi telkom klo kita tlp ke fleksi prabayar ke fleksi bulanan begitu juga sebaliknya dikenakan tarif 49. Hati hati untuk pemilik fleksi classy yang akan disuruh migrasi ke hallo fleksi trims

    • Herry SW says:

      Pak Hengki,

      Baik, Pak. Terima kasih atas update-nya.

      Program migrasi “wajib” untuk pengguna Flexi, menurut saya, memang merugikan pengguna. Penelepon juga dirugikan lho. Kalau dulu mereka hanya dikenakan tarif panggilan ke PSTN, kini tarif yang diberlakukan adalah tarif panggilan ke operator GSM.

  121. leo says:

    Flexi dan Indi Home : selama ini saya pakai produk telkom indi home dng kelebihan bisa tel rumah dan flexi gratis seluruh indonesia; dengan ada-nya migrasi dari flexi ke As flexi, layanan indi home hanya gratis untuk telp rumah, padahal saat ini saya rasa lebih banyak penguna flexi di banding telp rumah. jadi ke-depan bukan semakin banyak yg pakai telp rumah, malahan berkurang sebab tarif telp rumah ke gsm lebih mahal ketimbang gsm ke gsm

  122. agung susanto says:

    Saya punya perdana flexi 6,semuanya cantik,ada 1 yang super cantik,saya beli 5 jt,saya tanyakan di telkom setelah dirumah,no saya beubah ancur,dijual 50 aja jadi ga laku..
    TELKOM Keparat,pikirkan nasib yang memiliki no cantik,jgn semena2..

  123. Cakius Bagurduk says:

    FOR ALL ………… S A L A M 2 R I B U… 😀

    TO : TELKOM/FLEXI ………. INNALILLAHI WA INNAILLAIHI ROJIUN… SEMOGA DITERIMA DISISI-NYA

  124. Flexi Kampretttt says:

    Flexi bang***ttttt loooo
    lo tau, no flexi gue di pakai bisnis
    dengan ditutupnya flexi, mengurangi pemasukan

    bang**t looooooo

  125. Moko says:

    Telkom ini seenak jidatnya sendiri!

    Di luar negeri (saya tinggal 30+ tahun di US) penghentian service secara sepihak begini harus disertai kompensasi, seperti: (1) refund penuh yang sudah dibayarkan tetapi belum selesai dipakai, (2) ganti-rugi peralatan yang tidak bisa diapkai lagi (modem CDMA) atau (3) ganti modem baru gratis (kalau ikut migrasi), (4) kerugian lain – nomor bisnis yang harius diganti, ganti-rugi nomor cantik (di US semua nomor cantik :-)

    Dengan jumlah pelanggan Flexi yang 11 juta (?) seharusnya kalian punya kekuatan konsumer yang sangat besar. Lakukan “class action suit” dan/atau boikot Telkom (i.e. jangan mau migrasi, pindah ke provide lain). Pengguna Flexi (dan ex-nya) bersatulah. Boikot Telkom!

    Moko

    • Herry SW says:

      Pak Moko,

      Terus terang sejak awal saya berharap ada class action dari pengguna. Saya ingin tahu bagaimana Telkom merespons hal itu. Saya melihat migrasi paksa bagi pengguna Flexi tersebut sangat merugikan.

      Saya pribadi sudah lama sekali tidak memakai Flexi.

  126. Moko says:

    Praktek Telkom memindahkan “paksa” pengguna Flexi ini adalah apa yang disebut “bait and switch” … ini illegal di US dan kebanyakan negara.

    Yang lebih menipu lagi, banyak yang tidak tahu mengenai migrasi ini, tahu-tahu nggak servicenya nggak ada. Kakak ipar dan adik saya disuruh ngisi pulsa lagi, karena katanya kurang. Habis itu disuruh beli modem baru )karena yang lalma tidak bisa dipakai), itupun masih banyak problem. Ternyata Tekom mau jualan produk baru (G4) lewat “captive consumer” Flexi ini, padahal mereka sendiri belum siap.

    Saya kemarin juga “ketipu” mengisi pulsa prabayar untuk 2 bulan .. kenapa service sudah diputus masih jualan pulsa?

    Boikot Telkom !!!

    Moko/

  127. asabil says:

    klo saya pke modem Verizon Wirreles kartu nya ga ada soalnya nomor flexi nya bawaan program modem itu ,klo saya mau ganti jadi As gimana cara nya ? mohon jawaban nya
    terimakasih

  128. wahyudi says:

    Pelayanan Flexi (semasih hidup) sangat mengecewakan: dulu ada program Pra Bayar diminta ganti Paska Bayar dengan berbagai kemudahan. Janjinya, bisa diubah lagi ke Pra bayar…, tapi bohong belaka… ternyata ketika rekening tagihan tidak masuk akal – saya mau pindah lagi ke Pra bayar…. gak bisa juga. Akhirnya saya putuskan untuk beli nomor cantik Flexi yang pra bayar… yang paska terpaksa saya hanguskan.

    Ketika baca berbagai media tentang internet fleksi… sumpah… silakan buktikan sendiri… 80% selalu berkomentar buruk. Sekarang dipaksa ganti GSM.., nomor cantik jadi amburadul…

    Terus ada program apalagi? Hanya berbekal SK Menkominfo katanya CDMA sudah gak diizinkan lagi bercokol di Indonesia. Bener atau cuma bohong?

    Lalu.., apa ada jaminan tidak ada migrasi atau kebohongan apapun namanya yang dilakukan oleh BUMN ini ? Ngeri lagi seandainya ada migrasi Simpati, As, Halo, dll… ke CDMA berdasar SK Menteri Pertanian. Waaaahhh…. Luar biasaaa !!!!

  129. ARVENHEMB says:

    Saya mau tanya’, batas akhir penukaran kartu flexi ini sampai kapan ya ???

    Terima kasih :) 😀 😉

    • Herry SW says:

      Pak Arvenhemb,

      Batas akhir belum jelas nih. Dulu dibilang akhir tahun ini, terakhir mundur jadi Maret 2015. Kalau melihat persentase migrasi yang baru belasan persen, saya kok yakin bakal mundur lagi.

  130. syam says:

    Wah ancur hatiku…saya dah 7 tahun pake flexi.dan 4thn terakir saya beli lagi perdana untuk internet..untuk anak games istri buat chating…saya sendiri tiap malem ga pernah ninggalin laptop….gmn nih…

  131. syam says:

    Seminggu yg lalu terpaksa saya upgrade di plaza telkom fatmawati…berharap dgn as flexi layanan lebih baik ternyataaaaasaaaaaaaaaaaaaaa…mampus gw…internet mahalllllllllllllllllll….tak tak ada perubahan yg seknifikan antara flexi dan upgrade tanya….malah enakan flexi…buat teman2 saya sarankan ga perlu upgrade..percuma.beli aja perdana 5 rb…selesai urusan ..dah dibela2in antri …ternyata huek….tinggalin aja as flexi..ganti aja no lain…

    • Herry SW says:

      Pak Syam,

      Dilihat dari berbagai sisi, migrasi paksa dari Flexi ke Kartu As Flexi memang merugikan pengguna. Saya pribadi berharap ada class action dari pengguna. Sayang, sampai saat ini belum ada yang melakukan hal tersebut.

  132. Moko says:

    HSW: “Saya pribadi berharap ada class action dari pengguna. Sayang, sampai saat ini belum ada yang melakukan hal tersebut.”
    —-
    Beda dengan di luar, kultur kita di negeri ini memang berharap ada *orang lain* yang mulai [dan karena saling menunggu biasanya tidak ada yang bergerak]. Yang lebih mudah, ketimbang “menungu” class action, adalah melakukan boikot secara pribadi [nggak mau migrasi, pindah provider kalau terpaksa], dan lebih efektip lagi sambil ngajak sanak-saudara dan tetangga. Yang penting: let your voice/complaint be heard!

    Moko/

    • Herry SW says:

      Pak Moko,

      Kebetulan saya bukan pengguna Flexi. Karena itu, posisi saya kurang tepat untuk memulai class action, mengajak boikot, dll. Saya hanya bisa bersuara lewat blog ini.

  133. pecinta flexi says:

    GAK TANGGUNG JAWAB BLASSS………!!! KECEWA PUOOOLLLLLL……….!!! TAU GAK SIH…. SAKITNYA TUH DISINI…….!!!

  134. anto says:

    Gmn dgn nasib evafax ak ini….kokom..
    Pake kartu apa lg yg bsa fax Yah pa harry.starone dgosipin mu ilang jg..

    • Herry SW says:

      Pak Anto,

      Kita coba menanti jawaban dari Pak Harry ya. Saya, Herry, nggak berani menjawab. Khawatir Pak Harry marah. :)

      Ya, StarOne juga menunggu lonceng kematian.

      • Ponti says:

        Saya tinggal menghabiskan pulsa Flexi dan Starone saja. Hangusnya kedua nomor cantik yang saya beli dengan harga lumayan mahal saya anggap saja buang sial. Ini akibat dari bobroknya mentalitas aparat yang gampang disogok sehingga obral regulasi. Yang rugi akhirnya konsumen juga, yang dapat uang ya si Tikus Aparat itu. Ganti pejabat ganti regulasi kan sudah biasa di negeri kacrut (kandang curut) seperti Indonesia.

  135. jun says:

    Gimana nasip pelanggan flexi ya, kasihan , padahal ditempatq kerja mayoritas pengguna flexi korporasi sekitar hampir 1000 pengguna, disamping GSM pribadi. Sejujurnya dari dulu saya tidak suka produk telkomsel, ya meskipun katanya layanannya paling bagus tapi pernah nyoba ya biasa aja, yang paling membedakan adalah tarifnya paling mahal diantara gsm lain. Dengan adanya flexi pelanggan sudah merasa nyaman eee mau ditutup, enak bener tuh Telkom ambil keputusan, gak mikir pengguna yang sudah terkoneksi dg banyak pelanggan.

  136. Jokin says:

    Upgrade Flexi=MEMBUNUH IDENTITAS pengguna nomor Flexi.
    Ini bener-bener mengerikan..!!! memaksa orang untuk merubah nomor HPnya yang sudah menjadi identitas selama bertahun-tahun..apalagi yang melakukannya adalah BUMN yang jelas milik negara. Kita bakal menyaksikan hancurnya bisnis para pemakai nomor Flexi akibat perubahan nomor Flexi dengan bahasa halus dari Telkom dengan UPGRADE (WTF ! Upgrade adalah peningkatan, bukan penghancuran identitas).
    Saya jadi teringat ketika Jokowi mengomentari sambil marah pengelola PRJ yang tidak membolehkan pedagang kerak telor masuk ke arena PRJ. “Mereka mikirnya hanya untung, untung, dan untung..tau kamu!”. Saya berharap Jokowi melakukannya juga kepada Telkom.

  137. Rofiq says:

    Baru aja beli modem cdma baru. E malah flexy ane tiba tiba gak bisa di isi plsa. Trs gmane nasib modem ane ??????

    • Herry SW says:

      Pak Rofiq,

      Modemnya bisa coba dipadukan dengan Esia atau Smartfren.

      Migrasi paksa Flexi ini, dalam pandangan saya, sangat merugikan pengguna.

  138. Rokim says:

    50 rb cuma dapat 1,5 gb as flexi nyesek banget dulu flexi bisa tanpa kuota

  139. syarif says:

    benar mas sandi harusnya ada kompensasi pengantian HP apalagi telkom pernah mengeluarkan HP fleksi ini membuat konsumen dirugikan tolong dipikirkan berapa banyak hp CDMA merek fleksi tidak dapat lagi digunakan harusnya DPR melihat kerugian yang diterima para konsumen saya alkan adukan hal ini kekomisi VI DPR agar dapat melihat masalah ini dengan jernih jangan konsumen dirugikan itu PT. TELKOM harus tau itu

  140. nalla says:

    apakah hp esia dapat di tukarkan dengan hp blacberry.???

    • Herry SW says:

      Bu Nalla,

      Ini maksudnya Anda sekarang pakai ponsel biasa, lalu ingin memakai nomor Esia yang ada ke ponsel BlackBerry CDMA? Jawabannya, bisa.

  141. Hendrick says:

    Untuk menunjang usaha saya yg sangat bergantung pada pesawat telfon,
    Dulu sya pelanggan telkom (tanpa kabel) disuruh pindah ke flexi dgn alasan yang sama (Sesuai program pemerintah PM KOMINFO bla…bla….bla…)
    Ok., dgn terpaksa saya pindah. Setelah bertahun2 membangun kembali bisnis yg sempat tersendat karena hal itu., sekarang harus ganti nomor lagi ke no telkomsel. Help me God!!! Apakah tidak ada lagi perusahaan yang profesional menjaga konsumen selain keluarga besar TELKOM? Udah sesek rasanya!!!

    • Ponti says:

      Saya sudah ganti ke Esia. Nomorku 02133133338 (Flexi) dan 02130333338 (Starone) akan Euthanasia oleh Provider dgn alasan pengaturan frekwensi oleh Pemerintah. Menurut saya ini cuma akal2 an dan kongkalikong Telkom dan Indosat dgn pejabat krn frekwensi Esia yang juga 800 Mhz seharusnya juga kena tutup dong, tapi Esia tetap memberikan layanan. Seharusnya Telkom dan Indosat tetap memberikan layanan Flexi dan Starone (yang dianak tirikan oleh Indosat) meskipun pertumbuhan pelanggannya lambat ataupun rugi karena hal itu merupakan bagian dari resiko bisnis. Alasan yang pas ya pengaturan frekwensi oleh pemerintah, resiko minimal dan lempar handuk ke Pemerintah.

      • Herry SW says:

        Pak/Bu Ponti,

        Lisensi Esia untuk layanan FWA di frekuensi 800 MHz sudah dicabut. Mereka diberi waktu sampai akhir tahun ini. Kemungkinan besar pengguna Esia yang masih mau menjadi pelanggan akan diberi nomor baru berawalan 08xx.

        • Ponti says:

          Terima kasih atas infonya pak Herry.

        • Ponti says:

          Pak Herry, terkait lisensi Esia yang sudah dicabut, apakah alat – alat komunikasi milik Bakrie (Esia) yang ada di BTS – BTS juga harus diganti dari teknologi CDMA ke GSM, termasuk juga handset milik pelanggan juga harus diganti ke handset GSM?. Terima kasih.

          • Herry SW says:

            Pak/Bu Ponti,

            Bukan seperti itu. Skenarionya begini:
            * Nomor FWA (cirinya diawali kode area, misalnya 021 dan 031) Esia tak bisa dipakai lagi. Pelanggan ditawari nomor seluler baru yang berawalan 08xx.

            * Esia akan memanfaatkan jaringan Smartfren. Perangkat-perangkat yang saat ini ada mungkin akan diserahkan ke Smartfren dengan skema tertentu.

            * Pengguna tak perlu berganti ponsel.

            Gambaran umumnya seperti itu. Saya belum berani membicarakan lebih rinci karena belum ada keputusan final dan masih ada yang berstatus rahasia.

  142. mas toro says:

    masyarakat, rakyat, anane mung manut karo manut. karena tidak punya Kuasa.
    terserah kono……
    mboh ora weruh.
    aq pake flesi semenjak fleksi ada, walau aq saat itu di tertawakan tetangga, temen dan relasi.
    tapi akhirnya mereka juga beli fleksi juga.
    eh sekarang mau di tutup.
    yo wes, terserah situ. wong kita hanya pelanggan. mbok arep protes kayak apapun, mereka punya kewenangan dan kekuasaan.
    paling enak “bukan urusan saya” ato “emang gue pikirin”
    hehehehehe

  143. Rafky says:

    Bila masih tersisa pulsa di kartu flexi, anda dapat migrasi ke AS, pulsa juga ikutan migrasi kok

  144. boy says:

    saya juga kecewa dengan telkom, saya punya telpon flexi home ada 2, jdnya sekrang hanya jd bangkai tidak bisa dipergunakan lagi, sudah belinya mahal nomornya juga mahal karena nomor cantik, eh malah di suruh di upraged menjadi GSM, lalu tidak ada kompensasinya untuk telpon flexi home saya untuk bisa ditukarkan dengan hanphone GSM, hanya ditawarkan beli pulsa 10 ribu menjadi 20 ribu, beli hp mendapat voucher 200 ribu hanya itu saja.

  145. ari says:

    Saya kecewa yg sebetulnya 6 digit yang tetap tapi jadi lima digit aja sisanya sementara nomer flixy q 6 nomor yg berurutan diacak -acak mahal2 beli .alasan tehnis saya kecewa padahal q tlp 147 sisa 6 digit malah sisa 5 digit akhir curiga ini pasti dijual perdana as cdma.

  146. oedhien says:

    flexi mengecewakan….sy memakai flexi sejak flexi pertama kl uji coba di jatim…dengan pertimbangan tarifnya yg murah kl nelpon ke PSTN….cocok untuk kalangan bisnis yg mobile…setelah migrasi ke AS semuanya jd berubah…tidak sehemat ketika memakai flexi…internet broadbandnya juga tidak bisa tergantikan…(hari gini kok internet pake quota…ke laut sj deh)…
    kecewa berat……karena saya alergi GSM yang tarifnya sering menjebak…terutama TELKOMSEL…

  147. Sigodang Pos says:

    Udah coba AS Flexi, tpi sudah tidak ada lagi internet promo bulanan, sedih.

  148. Fatma says:

    Sungguh sangat mengecewakan….
    Terlalu lama bersama Flexi sehingga menciptakan kesetiaan.
    Dan akhirnya seperti ini…..

    Sangat menyebalkan.

  149. bunda fera says:

    Apa sekarang flexi udah betul2 ganti? Hancurnya lagi esia juga ikut2an jadi kaga bisa conect apa semua yang bentuknya CDMA akan bernasib sama seperti ini….

    • Herry SW says:

      Bu Bunda Fera,

      Flexi belum benar-benat mati. Proses migrasi masih berlangsung.

      Ya, tiga bulan terakhir performa Esia anjlok tajam. Kalau saya dalam posisi berpikir negatif, saya curiga hal itu memang sengaja dilakukan untuk mengusir pelanggan secara halus. Dengan demikian, bila kelak Esia diintegrasikan dengan jaringan Smartfren, tak banyak lagi pelanggan yang perlu diberi ganti rugi.

      Untuk CDMA, operator yang masa depannya paling jelas adalah Smartfren. Flexi sengaja dibunuh, StarOne akan menyusul, sedangkan Esia bakal diintegrasikan dengan jaringan Smartfren. Nomor Esia dengan kode area (021, 031, dll) takkan bisa digunakan lagi.

  150. DICKY says:

    Telkom tidak tanggung jawab, masa yg diganti cuma nomornya doang dari flexi ke as, HP nya tidak dapet keringanan pembelian. pelanggan sangat dirugikan karena harus keluarin duit lagi untuk beli HP GSM hp cdma yg lama dibuang aja. Perusahaan besar koq lari dari TANGGUNG JAWAB, PAYAH TELKOM !! BUMN koq merugikan pelanggan.

  151. dwi says:

    Kalo masih mau gunakan ponsel\handset cdma, ganti kartu sim cdma smartfren atau esia
    soalnya masih menggunakan bandwith CDMA 800mhz

  152. caroline says:

    Saya pengguna flexi sejak 2005… Nomor sih gak bagus2 amat, tp lumayan gampang di ingat lah. Sejak migrasi nyoba paket 49rb itu. Emang lebih mahal drpd paket inet flexi yg dulu yg TRUE UNLIMITED tapi masih jauh lebih murah dr paketan flash yg 130rb hanya untuk FUP 2gb.

    Saya pikir secara pribadi sih, harga segini masih terhitung cukup murah, krn speed yg di dapat pun so-so saja. Yah, buat saya pribadi sih, saya tidak keberatan bayar mahal untuk koneksi internet asalkan koneksinya benar2 stabil tanpa penurunan speed/putus2.

  153. yusman says:

    ini gga bisa ada pilihan….gwe punya no cantik, belinya sama dg telkomsel , mau upgrade kog dikasih cuma dikit 3 terakhir aj yang sama, waaaah rugi bandar, gwe masih nego dg flexy, untuk dapat 4 digit terakhir sama, masih menunggu, kalau gga bisa, gwe mau tuntut dg pasal perbuatan gga menyenangkan (bisa kan?) biar gga sembarangan mengganti rugi para konsumennya dg yang tidak sepadan….kita tunggu aja nanti ceritanya

  154. mai says:

    Saya sangat kecewa dengan flexi.saat dihubungi sudah tidak bisa, tapi saat ttansaksi pulsa masuk.

  155. sona says:

    yah kecewa tidak ada pemberitahuan,jadisayang pulsanya udah lebih dari 4 juta :-/

  156. flexi bisa banget says:

    menurut isunya flexi di buat modar dengan alasan ijin dicabut atau pendapatan menurun iti cuma alasan para penggarong jabatan
    saya pernah dengar dari orang dalam sendiri kalo revenue flexi itu masih triliun
    para petinggi flexi pada di bius dng jabatan di binis telkom yg lain makannya gak ada reaksi. wong sudah dapat jatah baruu

    jadi bagi pelanggan flexi gak perlu buru buru ikut migrasi kalo kompensasinya cuman sedikit. siap siap aja kita ikut class action yang akan dimotori karyawan flexi yg masih punya nurani salam flexi bisa banget

  157. Susanti says:

    Harapan saya, semoga telkomsel tetap mempertahankan Paket unlimited (sebulan) Rp. 50.000 jika Flexi berpindah ke AS untuk layanan internet.
    Jikalau keadaan sangat buruk, tidak bisa dielak kan lagi untuk menutup flexi, saya terima untuk berkorban mencutikan modem CDMA saya. namun, Telkomsel harus juga berkorban untuk tetap mempertahankan paket Unlimited 50 ribu kepada pelanggan. karena dialam semesta ini tahu, kalau yang namanya telkomsel untuk masalah layangan internet luar biasa mahal gk ketolongan.
    Pelanggan setia flexi 6 tahun.

  158. johan says:

    wah padahal sudah jadi pelanggan lama n pasang flexi home klo tutup g kepakai dong flexi home q, padahal sudah nyaman seperti telepon rumah mempermudah orang tua dlm tlp n terima tlp :(

  159. surya madana says:

    Wah payah nih telkom..udah secara tdk langsung “memaksa customer” utk ganti nmr..eh refund yg diberikan jg gak menarik.
    Masak cuma diganti voucher pembelian hp 100rb/pulsa 10rb perbulan selama 1 thn..pdhl hp yg dijual di gerai telkom kisaran 250-750rb (kualitas & merk’nya tdk bs diandalkan)..
    Lha pdhl saya beli hp cdma 500rb (br 7 bln beli kondisi baru). Dan apa memang gak ada kompensasi pulsa yg ada di kartu lama ya??
    Padahal saya baru beli pulsa 3 hari lalu 25rb..mungkin masih sisa 20rb’an, tp saat migrasi cm dapat pulsa 2rb doank…parah nih telkom..

  160. Keke Thamrin says:

    Saya korban dari Upgrade Layanan Kartu Flexi ke layanan Telkomsel As. Ternyata masa aktif pada kartu As Flexi itu TIDAK mengikuti masa aktif nya Flexi. Pada hal sebelum nya kartu flexi saya memiliki masa aktif Desember 2015 dgn masa tenggang Februari 2016, tapi sekarang semenjak berubah menjadi kartu As, masa aktif nya cuma sampai 1 bulan. Dan u/ Pulsa pun setelah saya tanyakan ke pihak Telkomsel, itu pun baru di lakukan Refund di hari ke-2 setelah upgrade. Saya sebagai pelanggan Telkom merasa di tipu mentah-mentah atas kasus ini. Hak-hak saya sebagai pelanggan produk Telkom telah di hilangkan secara sepihak.

  161. herli says:

    bagai mana nasib flexi broadband evdo saya apakah tidak bisa di gunakan lagi di modem untuk internetan mohon saran

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Herli,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Ya terpaksa berpindah ke operator lain. Namun, di operator lain memang tak ada benar-benar unlimited dan tarifnya semurah Flexi.

  162. Fhian Ahmad says:

    Haduh Pantes sudah hampir 2 minggu saya nelpon ga bisa pake flexy, ternyata pas saya cari di google ternyata mau ditutup, wah jng donk telkom, perusahaan saya sudah 3 tahun pakai flexy walaupun ada telepon telkom, tp ini bisa dibawa kmana-mana, pelanggan saya jg biasa nelpon ke nomer ini, klo ditutup bagaimana bisnis saya.

  163. denny says:

    Dimana tanggung jawabmu telkom, rugi saya beli no flx mahal..paling tidak penggantian no tlp sama dgn no flx meskipun no depan tdk sm, harap menjadi pertimbangan TELKOM yg merugikan masyarakat

  164. Ratna Purnama sari says:

    Sialan telkom,… mending nomernya sama
    kl beda nomer, kan kita harus sebarin no telepon ke kolega……………lagi…
    n again kembali ke nol gede

  165. sartono says:

    RUGI BESAR AKU KALO CUMA DIGANTI SEGITU, PADAHAL NOMERKU INI SUDAH AKU PAKAI LEBIH DARI 12 TAHUN. Pada iklan awal sih katanya sehemat CDMA tapi di kasih tanda (*) yang mengatakan promo bisa berubah sewaktu-waktu. ini sama juga kita sebagai pelanggan flexy merasa didzolimi dan di tipu mentah-mentah.

  166. Ali Hafid says:

    Wah.. mungkin dah hangus pulsa saya di flexi yang masih 40 ribuan. And kemarin saya mengajukan pergantian nomor flexi via online. Tapi sampai tgl 3 Maret ini saya belum mengajukan langsung membawa kartu flexi ke kantor telkom

    Apa bisa ya kartu saya diganti. Dan untung saya pakai HP yang dual kartu CDMA dan GSM. Hingga bila ganti kartu flexi masih bisa di pakai HP tuk GSM.

    • Herry SW says:

      Pak Ali Hafid,

      Silakan coba mampir ke Plaza Telkom untuk memastikannya. Sisa pulsa di nomor lama seharusnya bisa ditransfer ke nomor GSM yang Anda dapatkan.

  167. fuadz says:

    ribet,,,,,,, biarin ja kartu sampek nggak bisa. ntar klo sdh nggak da sinyal ganti smartplan ja. di bundling jg nggak sepadan. 1 keluarga 7 orang pakek plexi semua n udah hampir 5 thnan. rata” hp jenis samsul. nggak sepadan klo ditukar hny dapet voucher 200k. plexi dikorbanin bkn karna merugi ato nggak lagu. tapi bisnis yg dianggap lebih prospektif tanpa melihat sisi kerugian customer.
    “dengan hati orang bijak berpikir n bertindak”
    “dengan menghasilkan uang orang serakah beradu kepandaian n argumentasi”
    tinggal lihat mana yg lebih berkuasa?

  168. Riezky says:

    Saya salah satu Customer Service untuk upgrade flexi ke AS Flexi.

    Saya ingin menjelaskan beberapa keuntungan apabila bapak upgrade ke Flexi:
    1. Nomor flexi lama masih bisa dihubungi hingga akhir tahun ini (call foward langsung dari AS Flexi ke Flexi yang lama)
    2. Setelah proses Call foward selesai, ada IVR, seperti mesin penjawab otomatis yang menjelaskan bahwa Nomor pelanggan Flexi xxxxxxxxx telah berpindah menjadi 08510xxxxx.
    3. Sisa pulsa akan LANGSUNG ditransfer ke nomor yang baru, dan nomor baru sudah ada pulsa Rp. 2000,- jadi meskipun sisa pulsa bapak Rp. 0,- akan menjadi Rp. 2000,- secara otomatis.
    3. Bonus akumulasi untuk mendapatkan insentif dimulai sejak rata-rata pemakaian selama 3 bulan terakhir 10rb keatas. Insentif bisa berupa pulsa ataupun potongan pembelian HP.
    4. Tarif sama persis seperti flexi, tanpa combo Rp 49,-/menit ke telpon rumah maupun AS Flexi diseluruh indonesia.
    5. Tarif Paket Data / Internet 49rb/bulan dengan kuota 1,5GB unlimitted.
    6. Dibeberapa Plasa Telkom ada fasilitas layanan untuk memindahkan kontak kolega dari Flexi lama ke nomor AS Flexi.

    Banyaknya pelanggan yang kemudian bertanya tentang perdana baru membuktikan bahwa AS Flexi cukup banyak diminati.
    Meskipun kerugian besarnya adalah Ponsel yang harus ganti serta sms yang tidak dapat terfowardkan seperti halnya call.

    Sekian dari saya,
    Bukannya ingin bermaksud membela, tetapi saya juga dirugikan sebagai pekerja karena dengan berakhirnya program ini, maka berakhir pula masa kerja saya.
    Namun kiranya bapak-bapak sekalian bisa melihat dari dua sisi, dari sisi pelanggan juga dari sisi perusahaan.
    Karena Upgrade ini bukan kehendak Telkom sendiri, tetapi program pemerintah yang hendak menghapuskan CDMA guna mengoptimalkan GSM. Produk lain seperti starone, esia juga akan mengalami program serupa.

    Terima Kasih..

    Salam Indonesia :)

  169. wulan says:

    coba aja kalo migrasinya ga usa pake ganti nomer segala. uda terlanjur nyebar ke pelanggan usaha saya nih. Kasian kasian kasian. :(

  170. Iwan Setiawan says:

    PARAH!!!
    Ini Bagian Dari Kebijakan Menkominfo Lama Si Tiffatul Miring itu.
    Flexi Saya Termasuk Nomor Cantik dan Nasibnya Akan Ditukar dengan Nomor Biasa.
    Kalaupun Esia Juga di Tutup, Nasib Nomor Cantik Esia serta Nomor yang suda terlanjur Inject Ke Handset Blackberry Gimana Nasibnya?
    Kalau ini semua Kebijakan Pemerintah ingin menghapus CDMA, Kenapa saat Provider CDMA berdiri dulu di izinkan? Berarti ini juga salah satu bukti bahwa Menkominfo yang lama Tif Sembiring itu memang ……?
    Yang Jadi Korban Hanyalah KONSUMEN!!!

    • Herry SW says:

      Pak Iwan Setiawan,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Nomor Esia yang sudah disuntikkan ke BlackBerry untuk sementara seharusnya masih bisa dipakai. Namun, mulai 1 April 2015 Anda cuma bisa menggunakannya untuk telepon dan SMS. Sebab, per April layanan data Esia akan dinonaktifkan.

  171. sudarto says:

    tanggal berapa deatline off-nya flexi secara total ?

    • Herry SW says:

      Pak Sudarto,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Sampai detik ini belum ada pernyataan resmi kapan Flexi akan dimatikan total.

  172. achmad says:

    Heran di republik indonesia soal migrasi dari CDMA ke GSM ga apa apa tapi pengadaan HPnya bagai mana “yang jelas jelas merugikan rakyat eh pemerintah malah setuju”

  173. garing crew-puke says:

    saya ingat di salah satu forum telko di tahun 2003-2004, pernah terjadi perdebatan hebat mengenai “fixed wireless access/FWA”-nya Telkom yang baru saja diperkenalkan di Indonesia.
    suara yang PRO menyatakan bahwa Flexi adalah layanan telekomunikasi murah, pro rakyat, di saat tarif seluler terhitung muahal; dan orang tidak perlu nunggu jaringan telpon PSTN karena sistem FWA itu nirkabel.
    yang KONTRA bilang Flexi akan mematikan operator seluler, padahal operator seluler yang bayar mahal utk beli frekuensi dan bayar bea penggunaan frekuensi per tahun (Flexi ga bayar); terjadi distorsi mengenai pelayanan nirkabel apabila FWA diperbolehkan ‘roaming'; dan kritik thdp kebijakan pemerintah yang tidak tegas dalam menekan biaya interkoneksi seluler (hal ini baru bisa dilakukan tahun 2009 dan tahun 2011 sehingga tarif telpon dan sms bisa turun).
    yang terjadi banyak orang menafsirkan teknologi CDMA itu murah, tapi kemudian heran kenapa tarif FREN mahal sedangkan FLEXI bisa murah. padahal mahal dan murahnya secara langsung/tidak langsung disebabkan oleh peraturan pemerintah.

    saya termasuk berada di kubu KONTRA karena saya ingin pemerintah melindungi investasi operator seluler. diperkirakan Telkom ikut bermain di sektor FWA karena ga ingin ketinggalan demam seluler yang sedang hot-hot nya (Telkom pernah mendapatkan ijin seluler di frekuensi 1800 dgn nama TELKOMmobile). Melihat suksesnya Flexi, sektor FWA kemudian diisi pemain-pemain Bakrie Tel, Indosat dan Fren.

    sebagian orang menilai faktor jatuhnya FWA mungkin disebabkan oleh teknologi CDMA yang diusung (paten Qualcomm) tidak lagi mempunyai arah pengembangan ke depan yang jelas selain kurangnya pendukung, misalnya dibandingkan dengan teknologi GSM (generasi ke-2) yang didukung 3GPP dan mempunyai peta perkembangan yang jelas (WCDMA, HSPA, LTE, LTE-A).
    faktor lain adalah handset yang berjalan di GSM lebih banyak dan variatif, ditambah populernya Blackberry dengan BBM-nya di Indonesia. hal ini mendorong trend komunikasi beralih dari telpon/sms ke instant messaging sehingga aplikasi serupa pun juga laris manis: Whatsapp, Line, Wechat dsb. layanan data atau internet menjadi standar, dan operator GSM dengan cerdik memanfaatkannya dengan promosi gimmick Super 3G, HSDPA, HSPA+, 4G dll sedangkan CDMA hanya mentok ke EVDO Rev. B saja.

    alhasil, Flexi dan FWA lainnya bukan lagi produk seksi bagi masyarakat kebanyakan yang dibuktikan dengan turunnya jumlah pengguna FWA secara keseluruhan. Flexi kehilangan 10 juta pelanggan dari tahun 2013-2014. Esia limbung, Starone pun tenggelam.
    Sementara pendapatan Telkom sendiri di tahun 2013 yang hampir mencapai Rp 90-an trilyun, Rp 60 trilyun nya disumbangkan Telkomsel.

  174. wira says:

    Bagaimana ini kalau harus menukar nomor flexi berarti modem cdma saya gabisa dipakai lagi dong? Bagaimana dengan tarif modem gsm nomor barunya? Apakah true unlimited juga?

    • Herry SW says:

      Pak Wira,

      Ya, modem CDMA-nya cuma bisa dipakai dengan kartu Smartfren. Sebab, Flexi almarhum, sedangkan layanan internet Esia per 1 April 2015 juga dimatikan.

      Soal tarif GSM, tidak true unlimited ala Flexi. Intinya, pelanggan Flexi dirugikan deh.

  175. Audri Pravita says:

    Salam Pak Herry SW, saya Audri dr Surabaya.
    Saya salah satu orang yg mengikuti seminar Bapak saat acara “Komunitas Sekolah AXIS” di Jakarta tahun 2012an (jika Pak Herry inget hehe).
    Maaf ada beberapa hal yg mau saya tanyakan.
    Saya pengguna flexi selama beberapa tahun. Namun nomer flexi yg saya gunakan hanya untuk internet (nomer ditaruh d modem).
    Sejak Senin 30 Maret 2015 saya tidak bisa lagi akses internet. Saat mau connect selalu gagal, dan tidak bisa digunakan untuk cek pulsa.
    Mungkin layanan flexi sudah dimatikan.
    Apa saya harus migrasi ke AS Flexi untuk prabayar?
    Lalu jika saya mengganti provider modem dengan smartfren apakah bisa lebih baik dari segi harga maupun kecepatannya? Seperti yg Pak Herry katakan bahwa smartfren satu2nya provider cdma yg masih punya masa depan.
    Saya belum pernah pakai smartfren, dan saya selalu memakai layanan internet unlimited dari flexi karena saya sangat sering download dan flexi benar2 unlimited meski kecepatan tdk terlalu bagus.
    Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Mbak Audri Pravita,

      Ehm… yang acaranya siang hari di kantor Axis? Yang bersama guru dari berbagai daerah?

      Secara bertahap layanan Flexi memang akan dimatikan. Untuk internet, secara bertahap nomor Flexi yang paket internetnya habis tak bisa diperpanjang lagi. Nah, sepertinya nomor Anda sudah kena giliran.

      Kalau Anda sudah punya nomor GSM lain, menurut saya, tak perlu migrasi. As Flexi nggak menarik kok.

      Bila Anda tetap ingin memakai operator CDMA, ya berarti pilihannya tinggal Smartfren. Smartfren tidak mempunyai paket unlimited yang benar-benar unlimited ala Flexi. Jadi, kalau bicara harga, pasti kalah menarik dibandingkan Flexi. Bila diadu dengan Flexi, Smartfren memiliki keunggulan di luasnya area layanan.

      Kecepatan paket data Smartfren, menurut saya, tidak pernah sangat cepat. Namun, ia juga tak sampai hancur total. Jadi, posisinya kecepatan biasa-biasa saja, tetapi biasanya selalu siap dipakai kapan saja.

  176. Audri Pravita says:

    Iya benar sekali :)

    Tadi pagi saya sdh melakukan upgrade flexi saya dg GSM. Dan saya memilih penggantian dengan voucher pembelian handset.
    Namun saya kecewa krn voucher yg saya dapatkan tidak sesuai dg yg tertera di web.
    Pemakaian 3 bulan terakhir saya 150rb, yg seharusnya mendapat insentif pembelian handset senilai 400rb, namun saya hanya mendapat 200rb.
    Kata CS disana, sistemnya sdh otomatis diatur seperti itu.

    Pak Herry, saya ingin memasang wifi rumah. Adakah yg pak Herry sarankan? Yg harganya terjangkau. Sejauh ini saya sdh mencari info ttg indihome dan first media. Namun sayangnya first media belum mencover area saya (Kedinding, Kenjeran, Surabaya).
    Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Bu Audri Pravita,

      Wah, dapat insentifnya cuma separo ya.

      Soal Wi-FI, maaf, saya tak tahu mana yang bagus. Kebetulan saya tak pernah berlangganan Speedy, Indihome, First Media, dan sejenisnya.

  177. Audri Pravita says:

    Iya, sangat mengecewakan.

    Oh ya sudah kalau begitu. Terimakasih atas tanggapannya.

  178. Handoko says:

    Pulsa utama hilang , relasi yang mau mengontak kita hilang , apalagi yang memasang iklan dengan nomor flexy . Kompensasinya omong besar . Negara ini benar-benar tidak dapat memberikan penegakan hukum terhadap Hak perlindungan konsumen . Yang ada hanya penyesalan untuk apa jadi pelanggan yang telah berkontribusi memberikan keuntungan kepada Telkom . Sungguh keterlaluan prilaku ini .

  179. Bambang says:

    Selamat pagi semua pelanggan flexi, tampaknya mulai tgl 15 April 2015 layanan flexi memang suduh betul-betul tidak dapat digunakan, terutama di kota domisili saya yaitu Semarang.
    Kalau mau bicara soal rugi…, jelas saya dirugikan karena nomer saya sudah tersebar ke customer / saudara / para sahabat. Sebelumnya memang pihak flexi pernah sms menawarkan untuk migrasi ke kartu As-flexi tapi saya abaikan, karena selain saya sudah punya nomer Simpati dan As, saya juga berpikir ini akal-akalannya flexi untuk menghindari tuntutan hukum dari pelanggan yang jumlahnya jutaan. Pertanyaan saya pada pihak Telkomsel adalah “Sampai kapan As-flexi akan bertarif murah???? Dikarenakan itu pakai nomer GSM”. Kalau pihak Telkomsel berani menjamin tarif murah selamanya, maka saya mau bermigrasi.

  180. David Iskandar says:

    Salam kenal Pak Herry SW.
    Saya rutin membaca artikel Anda di tabloid Nyata. Gaya nulisnya asik. Saya juga beberapa kali pas kulakan di wtc melihat Anda dari kejauhan. Mau nyapa koq sungkan. Bahkan pernah tanpa sengaja kita pipis bersebelahan. Tambah sungkan. Hahaha. Oke kembali ke topik. Saya mau berbagi info kalau sudah seminggu ini nomer flexi tidak bisa diisi pulsa elektrik. Saya kurang tahu kalau pakai vocer gesek gimana. Beberapa rekan sesama konter yang menggunakan server berbeda juga mengeluhkan hal yang sama. Jadi kelihatannya errornya dari telkom flexinya. Kalau menurut opini pribadi saya, ini juga merupakan salah satu upaya pemaksaan halus bagi para pelanggan flexi agar segera bermigrasi. Kita lihat saja perkembangannya. Sekian info dari saya. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak David Iskandar,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Iya, saya memang sering “ngantor” di WTC.

      Tentang Flexi, terima kasih atas update-nya. Pemaksaan halus ala Telkom ya, Pak. Sebelumnya, BTS Flexi yang masa kontraknya habis tidak diperpanjang lagi. Jadi, area layanan Flexi terus menyusut.

  181. rio says:

    ada kartu perdana lain yg jg unlimited kuota g? buat modem,,

  182. Mang Jefri says:

    Udah-udah ngapin dibahas nasi udah jadi bubur, sekarang tinggal kita aja yg menyikapai, ngapain juga dipake tu provider yg ga unlimited, kita rame2 pake vpn/ssh aja , tar lama2 bangkrut juga tu as flexi ga ada palanggan nya 😀

  183. dani says:

    Saya baru aja ngisi pulsa modem 50.000
    ketika saya mau cek pulsa.. Dapet balasan “CMS : Layanan yang anda akses tidak tersedia”..
    nyesek ga tuh..

    • Herry SW says:

      Pak Dani,

      Jadi, apakah ini ceritanya pulsa Rp 50 ribu itu ternyata tidak masuk? Kalau paket internet yang Rp 49 ribu sepertinya memang sudah tidak bisa diaktifkan lagi. Hal tersebut dialami oleh beberapa rekan saya.

  184. dani says:

    duit melayang 50.000
    ohmegad..

  185. eko says:

    setahu saya sih penutupan flexsi berdasarkan kebijakan pemerintah yang menghapus jalur frekuensi 800 yang biasa digunakan layanan cdma.yang menurut saya ini salah satu kebijakan yang merugikan karna flexsi internetannya sepuasnya siang malem klo saya pake telkomsel menguras kantong sekali bagi saya yang internet mania

    • Herry SW says:

      Pak Eko,

      Sebelum pemerintah mengeluarkan kebijakan tersebut, Flexi memang sudah berniat bunuh diri kok. Ya, yang dirugikan adalah pengguna setia Flexi.

  186. Arsa says:

    saya udah 3 tahun pakai flexi hanya untuk data (kenapa tidak, 50 ribu rupiah sebulan full unlimited tanpa kuota maupun FUP sudah cukup memuaskan) dari 2012 hingga saat ini. baca info sana-sini mulai dari layanan flexi yang sudah dihentikan (seperti registrasi paket internet dan perpanjang otomatis) hingga masalah upgrade ke telkomsel.
    minggu kemarin saya temanin teman saya ke plasa telkom buat migrasi, kompensasinya pun berupa kartu AS flexi + vocer untuk pembelian handset (atau gak pulsa), sayang vocernya gak bisa buat tawaran pasang indihome ya (kalo bisa sih mau aja. wkwkwkwk).

  187. Sutanto says:

    Memang layanan CDMA Flexi bisa mengganggu produk2 GSM di Indonesia karena taripnya yg murah, ini cuma akal2 Pemakai bendera GSM biar tak ketahuan dengan tarip super mahal lancar cekik para pelanggan yg terus mau dibodohin. Tarip Flexi itu standard ama tarip telpon si Euro dan USA dan banyak negara2 lain

    • Herry SW says:

      Pak Sutanto,

      Dalam kasus Flexi, menurut saya, bukan akal-akalan operator GSM. Telkom sebagai pemilik Flexi memang sudah tidak bernafsu mengembangkan Flexi. Mereka lebih memilih “bunuh diri” supaya frekuensi Flexi bisa dipakai Telkomsel.

  188. lestari says:

    ribet…. mesti beli hp gsm , jadi sayang hp cdma nya kan masih bagus

  189. lestari says:

    capek de

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>