Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus Dijual Mulai Januari 2017

Duet ponsel flagship Infinix terbaru, Zero 4 dan Zero 4 Plus, kemarin lusa (21/12) resmi diluncurkan. Ponsel dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan fokus otomatis laser itu bakal dipasarkan di Indonesia mulai Januari 2017. Zero 4 dijual Rp 2,999 juta, sedangkan Zero 4 Plus Rp 3,699 juta.

“Membahas seri Zero berarti membicarakan tentang teknologi tinggi, baik perangkat keras maupun peranti lunak. Zero 4 dan Zero 4 Plus ditujukan untuk pengguna yang sangat memperhatikan kemampuan kamera,” kata Marcia Sun, Country Manager Infinix Mobility Indonesia.

Sepasang ponsel itu dibekali bodi logam dan pemindai sidik jari. Mereka memanfaatkan layar 2,5D full HD yang mengadopsi Corning Gorilla Glass 3. Di atas kertas, Zero 4 dan Zero 4 Plus kompatibel dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia.

Zero 4 (X555) hadir dengan layar 5,5 inci. Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, RAM 3 GB, ROM 32 GB, dan baterai 3.200 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Kamera utamanya beresolusi 16 megapiksel, sedangkan kamera depan delapan megapiksel.

Sementara itu, Zero 4 Plus (X602) yang berlayar 5,98 inci mengusung spesifikasi lebih gahar. Ia merupakan ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor sepuluh inti plus RAM 4 GB. Penggalan spesifikasi teknisnya meliputi prosesor sepuluh inti (deca core) Helio X20 MT6797M 2 GHz, RAM 4 GB, ROM 32 GB, dan baterai 4.000 mAh. Kamera utama Zero 4 Plus siap menghasilkan foto beresolusi sampai 20,7 megapiksel, sedangkan kamera di sisi muka beresolusi 13 megapiksel.

Bertekad selalu mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia, Infinix menegaskan Zero 4 dan Zero 4 Plus telah memenuhi persyaratan TKDN. Perakitan dua ponsel itu dilakukan di pabrik PT Sat Nusapersada Tbk yang berlokasi di Batam.

Kabar lain yang perlu diketahui konsumen ponsel, mulai 2017 Infinix bakal giat menggarap pasar offline. Sejak beberapa bulan lalu jaringan distribusi di beberapa kota besar sudah ditata. Pasar online yang selama ini membesarkan nama Infinix di Indonesia tentu takkan ditinggalkan.

***

Peluncuran Zero 4 dan Zero 4 Plus digelar di Empirica, kawasan SCBD, Jakarta. Saat memasuki lokasi, tamu undangan langsung disambut lampu Infinix berukuran cukup besar.

Baru pulang kerja? Tampilan kurang rapi karena usai menumpang ojek? Sebelum memasuki hall utama, silakan merapikan diri dulu di sini. Tingkatkan kadar kecantikan atau kegantengan Anda. šŸ™‚

Boleh dilihat, dipegang, dan dicoba. Namun, jangan dibawa pulang ya.

Marcia Sun, Country Manager Infinix Mobility Indonesia, menyampaikan sambutan dan presentasi singkat.

Tim Infinix berfoto bersama para mitra. Salah satunya dengan sosok yang bertanggung jawab terhadap distribusi ponsel Infinix di Jawa Timur.

Berswafoto dulu. Dari kiri ke kanan: Anis Thoha Manshur, Marketing Manager Infinix Mobility Indonesia; Marcia Sun; dan Andy Yan, Vice President Transsion. Transsion merupakan perusahaan induk yang menjadi pemilik Infinix.

Anis saat diwawancara oleh reporter Selular TV. Hasil liputannya bisa diintip di https://youtu.be/5GlRwNKCswQ

Galeri foto hasil jepretan Zero 4.

Inilah penampakan asli Zero 4.

Kalau ini wujud nyata Zero 4 Plus. Tampilan fisiknya memang mirip banget. Hanya beda ukuran.

Zero 4 dan Zero 4 Plus saat berdampingan. Abaikan perbedaan tampilan layarnya. Sebab, pengaturan layar dua ponsel yang dijepret itu belum sengaja dibuat persis sama.

Menu pengaturan kamera yang tersedia di dua ponsel tersebut. Kecepatan rana (shutter speed) bisa diatur manual sampai enam detik.

199 thoughts on “Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus Dijual Mulai Januari 2017

  1. Halo Ko Herry… Mau nanya nih, kalau button di Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus itu On Screen Button? Atau kayak One Plus X yang bisa tombol kapasitif dan bisa On Screen Button? Trims…

    1. Pak Bayu,

      Dua hal itu kebetulan sempat saya tanyakan kepada pihak Infinix.

      Ya, prosesornya lumayan lama. Namun, performa di Zero 4 diklaim akan terasa lebih baik karena para ahli teknik (engineer) telah familiar dan menemukan cara terjitu untuk mengoptimasi prosesor tersebut.

      Maksudnya lensa kamera terlihat menonjol ya? Iya, meonjol. Entah itu konsekuensi OIS atau bukan.

  2. Pak Herry, yang Infinix zero 4 Plus, ukuran layarnya belum diinformasikan dalam blog. Apa sekitar 5.8 inci? Kalau iya, menarik banget buat penggemar phablet besar spt saya

    1. Pak/Bu Rossy,

      Wah iya, lupa sebutkan ukuran layar Zero 4 Plus. Terima kasih telah mengingatkan. Barusan sudah saya tambahkan.

      Zero 4 Plus dibekali layar 5,98 inci atau dibulatkan saja menjadi enam inci.

  3. Selamat sore Pak Herry SW

    Bodinya sangat berbeda dengan yang sebelumnya ya pak. Apa bodi semacam ini lagi trend ya? saya melihat banyak sekali ponsel yang berbentuk seperti ini.

  4. Pak Herry, maaf oot , saya butuh hp 4G yg sinyalnya bagus, tapi budget dibawah 1 juta
    kira2 hp apa ya pak ? Thanks before

    1. Pak/Bu Cisca,

      Saya hanya berani merekomendasikan satu ponsel 4G LTE dengan harga kurang dari Rp 1 juta. Yaitu, Smartfren Andromax E2+.

  5. Pak Herry,

    Lensa kamera-nya terlihat menonjol sekali ya pak? dan ukurannya besar sekali.. terlihat sedikit aneh sih menurut saya.
    Dan lagi-lagi infinix terlihat nanggung dalam memberikan kapasitas ROM. terutama untuk yang seri Zero 4 Plus. RAM 4GB tapi ROM cuma 32GB, dengan harga yang cukup tinggi. Ini terjadi seperti pada seri Hot S Pro dan Note 3 Pro, dengan RAM 3GB tapi ROM hanya 16GB.

    Saya melihat makin kesini harga yang ditawarkan infinix tidak lagi “murah”.

    Itu pendapat saya sih.

    1. Pak Erik,

      Iya, menonjol banget. Saya sempat menyinggung hal itu ke tim Infinix. “Rawan tak sengaja bergesekan dengan permukaan meja nih,” kata saya.

      Respons dari Infinix, paket penjualan ponsel itu termasuk sebuah case. Setelah dipadukan dengan case, lensa yang menonjol akan “tenggelam”.

      Soal ROM yang Anda nilai kecil, saya yakin pilihan itu dilakukan Infinix untuk menekan harga jual.

      Harga Infinix tidak lagi murah? Menurut saya, itu konsekuensi logis dari adanya aturan TKDN. Dari pihak lain saya tahu bahwa biaya pengurusannya tidak murah. Apalagi, skala produksinya kan tidak besar. Hal itu membuat ongkos produksi per unit ponsel menjadi lebih mahal.

      1. Pak Herry,

        Bolehlah kalau memang dapat case untuk mengurangi efek tonjolan lensa kamera..
        Hehe.. hanya tetap saja terkesan aneh. karena ukuran-nya menurut saya terbilang besar dan menonjol sekali.
        Yang saya salut dari infinix adalah update software-nya yang cukup rajin. Bahkan kabarnya Zero 4 dan Zero 4 Plus ini akan dapat Android Nougat 7.0 ya?
        Saya bukan pengguna Infinix dan sedikit iri, kalau bisa dibilang, dengan update software-nya.
        Karena saat ini saya menggunakan Flash Plus 2 versi 3/32, yang sepertinya sudah terabaikan tanpa ada kejelasan mengenai update software-nya. Meskipun saya cukup puas sih dengan Flash Plus 2 ini.
        Sempat tertarik dengan infinix Note 3 Pro, dengan RAM 3GB, baterai besar, layar lega (saya suka layar besar), tapi begitu tahu ROM-nya hanya 16GB, langsung gak jadi. hehe..

        Mengenai aturan TKDN, kalau memang gara-gara aturan tersebut hingga membuat harga barang menjadi lebih tinggi, saya jadi agak kurang sreg. Harusnya kan karena aturan TKDN tersebut harga barang menjadi lebih murah, karena ketiadaan lagi pajak import. Apa mungkin karena “birokrasi”-nya? Tapi entahlah, saya juga kurang paham sih.

        Salam dan Sukses selalu pak Herry.

        1. Pak Erik,

          Besarnya sih buat saya masih oke. Menonjolnya itu lho yang kelihatan aneh. Kecuali, bila kelak ada ponsel dengan optical zoom ya.

          Belum ada pernyatan resmi terkait upgrade ke Nougat.

          TKDN justru membuat harga lebih mahal, bukan lebih murah. Mengapa?
          1. Mayoritas komponen masih diimpor. Itu kena pajak lho.
          2. Untuk memenuhi aturan TKDN, produsen perlu mengeluarkan biaya tambahan. Biayanya resmi sih. Namun, karena ada pengeluaran ekstra, maka biaya produksi per unit produk menjadi lebih besar.

          1. Pak Herry,

            iya, tonjolan kameranya bener-bener luar biasa. sampai ada bayangannya lo..
            Betul pak, mending kalau menonjol tapi ada optical zoom-nya.

            Ooo..sayang kalau gara-gara TKDN harga malah jadi lebih mahal.

            Terima kasih pak Herry. Salam sukses.

  6. Pada akhirnya semua handphone akan mahal juga ya Ko? Wajarlah untuk mengejar kualitas. Semoga ga cuma harganya yg naik tapi layanan purna jual semakin baik, dan update software yg selalu continue untuk beberapa tahun ke depan.

    1. Pak Fiqto,

      Kalau spesifik Infinix, saya sangat yakin ketaatan mereka terhadap TKDN berkontribusi signifikan terhadap harga jual yang mau tak mau harus dinaikkan. Alasannya sederhana. Biaya mematuhi TKDN itu tidak murah. Padahal, skala produksi mereka belum sebesar Samsung yang juga dirakit di Indonesia.

  7. Halo om, bisa kasih refensi hp murah 1jutaan namun fitur kamera luar biasa. Hehehe kebutuhan lebih kearah penggunaan kamera sih. Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Fajar,

      Rp 1 jutaan tapi kamera luar biasa? Tak ada deh. Kalau yang kameranya tergolong bagus di kelasnya, silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  8. Selamat malam koh hsw. Ini ada yg ingin saya tanyakan tapi di luar judul kedua ponsel ini hehe. Belum lama saya dapet upgrade marshmallow via ota. Ini setelah saya up kok di infinix zero 3 saya jadi ga bisa gunain fitur finger 3 (screenshot 3 jari) udah saya utak-atik tapi ga ketemu pilihan nya. Solusi nya gimana yaa?

    1. Pak Firman,

      Saya tak tahu kondisi detail di Zero 3 karena saya telah berpisah dengan ponsel itu.

      Satu hal yang ingin saya sampaikan, usai menjalani update, memang bisa terjadi pengurangan atau penambahan fitur. Hal serupa telah berkali-kali terjadi di beragam merek ponsel. Bukan hanya Infinix.

  9. Asli deh kayanya emg ini yg plg cocok. Mantan user infinix hot note, semoga bisa segera dibawa pulang dari infinix house ya min hehe

  10. Maaf menyimpang pak Herry
    Mau tanya apakah hasil kamera xperia z1 compact lebih baik dari zenfone 2 laser dan redmi 3 prime?

    Apakah z1 compact bekas masih layak beli?

    Berapa lama baterai z1 compact bisa bertahan?

    Apakah setelah z1 compact ganti baterai maka tidak anti air lagi?

    Terima kasih

    1. Pak Bayu Aji Triwijaya,

      Saya sudah lupa detail hasil fotonya. Sepertinya masih lebih unggul daripada dua ponsel lain yang Anda sebutkan.

      Tidak. Risiko baterai mulai rusak sangat tinggi.

      Kalau di jaringan 4G LTE paling-paling setengah hari. Mulai pagi sampai siang.

      Kalau diganti di bukan tempat servis resmi kemungkinan besar begitu.

        1. Pak Bayu Aji Triwijaya,

          Saya sudah lupa tepatnya. Sepertinya mendekati tiga jam.

          Sekadar saran, kalau Anda mengetikkan pertanyaan OOT, tolong tipe ponsel selalu Anda sebutkan lengkap ya. Biar saya tidak kebingungan. Sebab, tiap hari ada puluhan pertanyaan yang masuk dan saya tak bisa ingat satu per satu. Ketika Anda hanya menuliskan “…Xperia tersebut…”, misalnya, saya mesti mencari secara manual dulu sebelumnya Anda bertanya tentang apa. Terima kasih.

  11. Hi Pa Herry, apakah ada infinix note 3 dan note 4 yang kelanjutan dr seri infinix note sebelumnya, atau saya yang tidak tahu/kelewatan beritanya,, jika ada dan belum dilaunching kira2 di bulan apa di tahun depan 2017, Tq

    1. Pak Loha,

      Infinix Note 3 sekitar dua minggu lalu sudah diluncurkan. Minggu depan mestinya mulai tersedia di pasar. Note 4 belum keluar.

  12. Halo pak Herry, maaf ini kritik yang tidak ada hubungannya dengan ponsel, saya tergelitik dengan kata ‘kemarin lusa’, menurut KBBI kata yang benar adalah ‘kemarin dulu’ (sumber: http://kbbi.web.id/kemarin).
    Terima kasih buat artikel-artikelnya, sangat informatif dan menghibur.

    1. Pak Danu Djojosoemarto,

      Terima kasih atas masukannya. Saat mengetikkan kata itu terus terang saya ragu yang benar “kemarin dulu” atau “kemarin lusa”. Ketika coba mengakses situs KBBI, eh… lha kok kebetulan sedang gagal dibuka. Jadi, saya putuskan pakai “kemarin lusa” dengan pertimbangan “kemarin lusa” pasti sehari sebelum kemarin. Kalau “kemarin dulu” kan waktunya kurang spesifik. šŸ™‚

      1. Pak Herry,

        numpang komentar OOT juga.
        Jadi lebih spesifik bahasa Inggris ya pak. Dengan “the day before yesterday”.
        Atau “the day after tomorrow”.
        haha..

        Terima kasih.

  13. Saingan berat Zenfone 3 basic nih. Lagi nabung buat beli Zenfone 3 basic eh si Infinix Zero 4 plus datang dengan Spek yang gak kalah bagus juga yang sukses bikin iman saya goyah. Menurut pak Herry lebih baik pilih yang mana di antara kedua smartphone tersebut? Semoga cepat di review.

    1. Pak Seto,

      Pertanyaan apa?

      Tolong jangan rutin mengirimkan pertanyaan “apakah pertanyaan saya masuk?” lagi, Pak. Usai Anda mengirimkan, cek saja dalam 1 x 24 jam (waktu normal) atau 3 x 24 jam (kalau saya sedang ke luar kota). Bila pertanyaan Anda belum terbalas, berarti pertanyaan itu tidak masuk.

  14. pak kenapa yah zero 4 biasa di Kenya harganya 2,5 sementara di Indonesia menjadi 3juta kurang seribu .-_- padahal infinix bukan berasal dari Afrika kan?apa gara”TKDN jadi lebih mahal dari Kenya

    1. Pak Akfariz,

      Satu alasan yang pasti, TKDN membuat biaya produksi per unit menjadi lebih mahal.

      Saya tak tahu spesifikasi Zero 4 yang beredar di Kenya seperti apa. Beda negara bisa berbeda spesifikasi. Sebelumnya pernah terjadi kalau spesifikasi ponsel Infinix yang beredar di sini lebih tinggi daripada negara lain.

  15. Hallo Ko Herry, Saya saat ini mau blei smartphone, tapi masih bingung dengan banyak macamnya smartphone yg tersedia dipasaran, jadi mau minta saran dari Ko saja:
    Kebetulan tadi jalan ke galaxy mall surabya yg lagi ada promo dari toko yg menawarkan samsung, tertarik sama samsung J7 yg harga promonya Rp. 2,9 juta kurang sedikit.
    Kalau smartphone yang harganya dikisaran 3 s/d 3,5 jt, sebaiknya beli yang merk dan type-nya apa?
    untuk pemakaiannya game saja, kamera yang bagus (tapi tidak butuh yang super), tapi tdk lag (pengalaman pakai merk op** yg harga dibawah 3 jt, agak lambat responnya).
    o ya, kalau bisa baterainya yg bisa di-copot, maksudnya bisa dilepas (tapi ini tidak wajib),
    juga ada external memory.
    terima kasih sebelumnya Ko.

    1. Pak Jimi,

      Jangan beli Samsung seri J deh. Samsung yang bagus hanya seri S dan Note.

      Hmmm… Lenovo Vibe P1 Turbo mestinya cocok. Harga ritel resmi Rp 3,299 juta. Harga pasar sekitar Rp 3,1 juta. Kameranya tidak terlalu bagus sih. Namun, baterai awet dan cocok buat main game.

  16. Mo tanya Pak HSW , maaf kalo OOT.
    Dengan budget 2 -2,5 juta, saya mo beli HP dgn kriteria berikut :
    1. Bagus untuk selfie.
    2. Sudah 4G.
    3. Dual SIM.
    4. Kegegasan bagus (ga lemot).
    5. Kapasitas memory cukup besar.
    Kira2 apa HP yang cocok? Mohon pencerahan dari Pak HSW.
    Thank’s.

    1. Pak Lucky Luke,

      Kalau bersedia menambah dana Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu, silakan beli Infinix Zero 3.

      Kalau nggak bisa menambah anggaran, silakan membeli Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

    1. Pak Dani,

      Definisi flagship tiap produsen ponsel berbeda. Di Infinix, seri Zero sudah termasuk flagship. Spesifikasi serupa kalau di ponsel merek Samsung atau LG masih tergolong menengah ke atas.

    1. Pak Jimi,

      Utamakan baterai: Lenovo Vibe P1 Turbo.
      Utamakan kamera: Lenovo Vibe Shot.
      Kamera bagus, baterai lumayan, dan bersedia nambah anggaran sekitar Rp 300 ribu: Asus Zenfone 3 ZE520KL.

  17. Hai Pak Herry,
    Saya mau membelikan hp utk anak saya dg kriteria sbb:
    1. Layar antara 5 sd 5,2 inci
    2. Sudah 4G.
    3. Dual SIM.
    4. Kegegasan bagus (ga lemot).
    5. Kapasitas memory 32 sd 64 gb (prioritas 64 gb)
    6. Baterai minimal 3200 mah
    Apakah dg anggaran 2,5 sd 3 juta, adakah yg bisa memenuhi kriteria tsb pak..?
    Terimakasih sebelumnya Pak Herry.

  18. Maaf OOT pak,
    menurut pak Herry Flash plus 2 versi ram 3gb dan 2gb masih layak untuk dibeli??
    Kalau tidak saya ingin minta rekomendasi HP Budget di bawah 2jt,dengan kriteria:
    -garansi resmi pastinya
    -support 4G
    -batre awet
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan minta maaf jika saya banyak bertanya
    Dan mohon maaf jika kiriman saya dobel pak:-)

    1. Pak Dhani,

      16 megapiksel. Lah… di atas saya menuliskan 13 megapiksel ya? Berarti, salah ketik. Sebentar lagi saya koreksi. Terima kasih atas informasinya.

  19. Ko Herry, maaf oot,
    Apakah ada rencana untuk me-review Asus Zenfone 3 Laser? Sepertinya cukup menarik untuk mengganti Asus Zenfone 2 Laser saya yg sudah hampir 1 tahun. Harganya juga cukup menarik, yaitu 3,2 juta dan semoga tahun depan ada penyesuaian harga hingga di bawah 3 juta. Hehe.

    1. Pak Fiky,

      Belum ada rencana. Masih galau enaknya review Zenfone 3 Laser, Zenfone 3 Max versi Snapdragon, atau Zenfone 3 ZE552KL.

  20. Pak maaf OOT

    Kalau misal hape kena hacker gitu gimana cara benerinnya ya?
    Abis hape saya di history ada yg nonton youtube tapi saya tidak menontonnya
    Mohon bantuan Pak, terima kasih

    1. Pak Aa,

      Kena hack apa dulu nih?

      Begini dulu saja deh:
      1. Lakukan factory reset terhadap ponsel Anda.
      2. Gantilah password akun email.

  21. Halo pak HSW, saya mau tanya. Apakah bapak memiliki rekomendasi ponsel fitur (feature phone)? Hanya untuk telepon dan sms saja. Terima kasih, maaf Out of Topic

  22. Pak hsw
    Modem usb 4G yang bagus apa?

    Pak hsw mending beli mifi , modem usb 4G ada fitur wifi +pwoerbank, modem usb 4G +router, modem usb + powerbank (yang punya kemampuan router) atau modem usb 4g+ router + powerbank?

    Apakah pak hsw pernah mencoba modem usb + powerbank? Apa yang terjadi? Bagaimana konfigurasi nama wifi + passwordnya kalo jadi seperti mifi?

  23. Maaf OOT,

    Pak saya pengguna aplikasi BBM dan saya mau ganti perangkat tapi masalahnya gawai lama saya ber OS Blackberry, tau sendiri kan kalo PIN BBM di BB adalah bawaan dari ponsel itu sendiri, lah kalo nanti saya log in di ponsel baru apakah nanti saya akan mendapatkan PIN baru? Kalo iya PIN lama saya bagaimana pak? Jika saya reset itu BB apakah akun saya masih bisa diakses si Blackberry tersebut? Kalo masih bisa berarti saya mendapatkan PIN ganda donk? Tolong penjelasanya pak, saya agak takut jual nih BB tapi kalo tidak dijual sayang nanti nganggur

    1. Pak Dhimas,

      Ya, tentu Anda akan menggunakan PIN baru. Kontak BBM di ponsel lama otomatis nyambung ke BBM di ponsel baru.

      PIN di ponsel lama berstatus bebas. Bisa dipakai oleh pemilik baru ponsel itu. Kontak di BBM lama seharusnya takkan salah kirim pesan. Sebab, mereka otomatis akan nyambung ke PIN BBM baru di ponsel baru.

      Yang berpotensi jadi masalah, misalnya, saya pernah mendapatkan kartu nama Anda. Di kartu nama itu tercantum PIN BBM Anda, sebut saja, 123456. Saya belum pernah berhubungan via BBM dengan Anda. Kalau saat ini saya baru mengirimkan pesan ke PIN BBM 123456, maka saya akan terhubung dengan pemilik baru ponsel lama Anda. Salah sambung deh.

  24. pak Herry saya mau melanjutkan pertanyaan saya yang sudah pak herry jawab di postingan lainya, apakah infinix note 2 masih layak untuk di beli? toh,note 3 sudah di rilis oleh infinix,
    atau lebih bagusnya menunggu infinix note 3 saja pak?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih:-)

    1. Pak Yogaswara,

      Kalau cari ponsel dual SIM LTE dengan baterai besar dan harga kurang dari Rp 2 juta, Note 2 masih layak beli.

      Saya belum bisa mengomentari Note 3 karena belum mencoba ponsel itu.

  25. ko herry,

    terimakasih atas balasannya. menanggapi balasan koko nih, sekarang saya pakai lg g2 ko, mau ganti karena rusak. sebenarnya kalau ke zenfone 2 laser bakal ngerasa nyaman nggak ya ko, maksudnya khawatirnya ternyata terlalu ngirit jadi nggak puas pakainya. misal dari resolusi kan turun dari full hd jadi hd, kurang cling kan nanti di mata. hehe

    1. Pak Marthen,

      Masih cukup nyaman sih. Kalau anggaran ada sih mending lompat ke Asus Zenfone 3 sekalian. Enak banget tuh.

  26. Sore Pak Hery
    Saya kebetulan lagi nyari HP budget 3 jutaan, kepinginnya sih baterai besar, RAM 3GB dan ROM 16/32GB dan harus ada Infra red serta NFC.
    Apakah Zero4 ini ada Infrared dan NFC ya?
    Kalau keluar kira2 yang pertama kali jual toko online kah?

  27. Body nya mirip banget kaya android lokal advan G1 , kamera sama2 menonjol
    Kapan2 rivew advan G1 ya koh tu hp lokal lumayan mantab speksifikasinya pakai lensa camera largan setara i-phone 6

  28. Pak herry,
    beberapa waktu lalu sy menghubungi servis center hisense di kota malang ternyata hisense pureshot sudah habis dan discontinue, lalu saya mencari asus zenfone 2 laser 5 inci 4g di beberapa tempat tidak tersedia lagi, cuma ada ukuran 6 inci dan 5,5 inci 3g. Apakah sudah discontinue pak?
    Seumpama setelah ubek2 kota malang, asus zenfone 2 laser tdk ketemu sebaiknya pilih hp yg worthed di kisaran 1 sampe 2,3 jt yg kamera bagus apa ya pak?
    Kalau seumpama harus memilih bapak lebih pilih samsung j5 2,27jt atau xiaoami redmi 3 prime 1,96jt garansi resmi di kota malang, bapak pilih mana?
    terima kasih

    1. Bu Rani,

      Varian Zenfone 2 Laser itu belum diskontinyu kok. Kebetulan saja toko yang Anda kunjungi tidak punya stok.

      Saya sih masih tetap menyarankan Zenfone 2 Laser. Lha barangnya masih banyak kok.

      Samsung Galaxy J5 sih mending dicoret. Xiaomi atau Xiaoami nih? Kalau Xiaomi Redmi 3 Prime dengan harga segitu beneran bergaransi resmi, mending ambil itu.

  29. Om Herry SW,

    Saya suka banget gaya ulasan om hsw. Detail dan terkadang unik. Hehe

    Om mau tanya apa kekurangan dan kelebihan Redmi Note 4 High Edition (3/64). Sepertinya belum diulas. Saya tertarik melihat speknya dan harga yg cocok dg budget di angka 2.3-2.5juta.

    Lalu ada kah alternatif pilihan lain selain Redmi Note 4 High Edition? Dengan alasan memilihnya. Hehe

    Mau ganti gawai yg kawai karna gawai saya hilang. Hehe

    Thank u GBU

    1. Pak Ali,

      Saya belum pernah dan memang tak berminat mencoba Redmi Note 4 karena ponsel itu belum beredar resmi di sini.

  30. Pak hsw

    Pak hsw kenapa pureshotku tak bisa konek ke wifi speedy padahal kemarin bisa,padahal saya bisa sambung wifi dengan asus zenfone 2 laser dan j2

    Masalahnya pada hp atau wifi?
    Apa solusinya ?

  31. Pak hsw

    Apakah mereview smarthphone itu mengasyikan?

    Oiya,bagaimana cara anda mengatur waktu mereview smartphone dengan pekerjaan lain?

    Sejak kapan pak herry sw suka mereview smartphone?

    Kira-kira kapan pak hsw selesai mereview a6600 +?

    Setelah liburan akhir tahun mungkin saya akan jarang buka ponselmu.com?

    Apakah pak hsw tahu tentang slotsimcard external? Kalau iya, apa itu solusi bagi orang yang suka berganti kartu ? Lalu apakah ada solusi selain slot simcard external ?

    Modem usb 4g pak hsw suka ganti kartu? Apa slot simcardnya tak apa?

    Pak herry setiadi wibowo, tolong cari dimana tempat beli simcard external di toko offline?

    Oiya, ada saran lain untung modem usb 4g yang harga murah, bisa jadi mifi, dan bergaransi resmi?

    Apakah hasil foto p9 sebanding dengan g5se?

    Oiya,apakah smartphone produk lokal mulai membaik?

    Apakah benar,sejelek-jeleknya smarhphone global masih lebih bagus dari smartphone lokal?

    Merk smartphone yang menurut hsw , yang paling senang jika gulung tikar? Jika perlu beri alasannya

    Berapa umur normal smarthphone jika digunakan dengan normal?

    1. Pak Seto,

      Ya.

      Tidak ada pengaturan khusus.

      Sekitar 2001.

      Sudah selesai. Naskah telah diunggah ke blog.

      Ok.

      Tahu. Bukan. Itu lebih cocok buat pedagang kartu perdana. Solusi buat apa?

      Ya. Tidak apa-apa.

      Silakan cari di gerai yang menjual aksesori ponsel atau suku cadang untuk teknisi ponsel.

      Tak ada.

      Secara umum ya.

      Belum.

      Biasanya begitu.

      Oppo. Karena etika bisnisnya kurang bagus.

      Bergantung perilaku pemakaian. Normal menurut pengguna A belum tentu sama dengan pengguna B.

  32. maaf pak HSW, OOT banget nih tolong bantu jawab y?!
    mohon pencerahan hp seharga 2,5-3,5 juta (hp kelas menengah) yang siap digunakan pemakain cukup atau sangat lama (kalo bisa sampai lima tahun g rusak2 :D) soalnya males gonta ganti hp, dengan spek:
    -sudah 4g all operators
    -sudah otg
    -kamera depan bersaing lah (kurang begitu penting tapi sering di pake buat selfie šŸ˜€
    -dual sim
    -anti gores
    -dan yang pasti hardware n software sangat kuat (mau di pake long therm using) sampai jarang ada keluhan

    sekian pak HSW ,btw kl gak ada yang persis spek yang saya sebutkan, mendekati juga tidak masalah, yang penting siap di pake buat pemakaian lama dengan aktivitas sehari-hari (saya doyan browsing dan baca artikel)

    maaf pak HSW kl panjang banget dan ngerepotin
    terima kasih banyak

  33. Pak hsw

    Bagaimana cara anda menilai foto yang bagus,kumayan bagus,jelek dll? Apakah pakai perbandingan 1 hp dengan hp lain ?

    Atau dari kontras,ketajaman,detil dll (komponen fotografi)?

    1. Pak Seto,

      Di kepala saya sudah ada semacam gambaran. Kalau harga ponselnya Rp x, kinerja kamera ponsel itu idealnya segini. Kalau harga ponselnya Rp 2x, kinerja kamera idealnya segitu.

      Nah, kalau realitanya di bawah itu, berarti tergolong kurang bagus, bahkan jelek.

  34. Pak herry, menyambung yg td pagi..
    malam ini sy sdh ke toko hp yg besar di malang dan ke malang plaza, plaza khusus gadget dan aksesoris.. kompak kata x sudah diskontinyu yg ze 500kl, seperti nya menggenjot penjualan zenfone go.. saya minta inden dgn dp 60 persen pun ndak mau terima toko nya..
    apakah di surabaya asus ze500kl msh banyak pak?
    atau punya langganan toko online yg masih menjual asus ze500kl yg terpercaya? Hehe.. terima kasih

  35. Pak herry,

    Redmi Note 3 yang sekarang apakah sudah bisa 4G atau masih tetap dikunci karena aturan TKDN itu?

    Terimakasih

  36. Antara Zenfone 3 ze552kl dgn ze520kl yg sudah pernah di review, sepertinya perbedaannya di layar, ram, internal, dan batere. Processor nya sama. Jadi kinerja mungkin hampir sama.

    Untuk Zenfone 3 laser dan Zenfone 3 max snapdragon perbedaannya (cmiiw) di batere, ram, dan kamera.

    Jadi menurut saya untuk review selanjutnya mending yg Zenfone 3 laser atau Zenfone 3 max snapdragon. Karena Ko Herry kan blm pernah membuat review untuk asus dengan processor snapdragon 430. Selain itu harganya juga sedikit lebih ekonomis menurut saya.

  37. Pak Hery mau tanya dong, menurut bpk Hp yg layak sesuai rekomendasi bpk dengan budget antara 1,8-2,5jt yg bagus tuh pakai yg merek dan type apa? Thx

    1. Pak Ch_23,

      Kalau utamakan daya tahan baterai: Moto E3 Power atau Asus Zenfone 3 Max.
      Kalau utamakan kamera: Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

  38. Pa Herry, mau tanya…secara kwalitas produk (hardware maupun software) lebih bagus mana antara merk Asus, Xiaomi, Infinix, karena dari segi harga diantara 3 brand tersebut tidak terlalu jauh…kalo penilaian pribadi pa Herry mending milih mana diantara 3 brand tersebut…makasih

  39. Koh Herry, mau nanya apa Infinix Note 3 sudah dijual offline? Seperti di toko Pyramid WTC apa sudah ada?
    Dan apa Koh Herry ada rencana me-review Infinix Note 3 nantinya? Saya ingin tau ulasannya Koh Herry.
    Dan untuk Infinix Zero 4 dan Zero 4 plus, rencananya mana yg akan Koh Herry review?
    Trima kasih.

    1. Pak Dicky,

      Sudah. Kemarin siang kebetulan saya usai membeli satu unit di gerai Infinix di WTC lantai 2 Galeria. Ancar-ancarnya di seberang Galeri Smartfren. Harga Rp 2,6 juta dapat bonus tempered glass, payung, dan adapter OTG.

      Ya.

      Zero 4 Plus.

    1. Bu Selly,

      Kalau di Surabaya bisa ke gerai Infinix di WTC lantai 2. Ancar-ancarnya di seberang Galeri Smartfren dan bersebelahan dengan Huawei Brandshop. Kalau di kota lain, saya tidak tahu.

  40. Pak Herry, apakah infinix zero 4 plus sudah dijual secara offline, dimana saya bisa mendapatkannya di daerah jawa timur. terima kasih

  41. koh,saya baru membeli smartphone tipe infinix zero 4 dan saya menemukan beberapa kejanggalan seperti baterei yang berkurang dengan cepat,dan dalam keadaan charge ponsel mengalami overheat mencapai +45Ā°C apakah itu termasuk normal koh? saran yang ampuh apa ya koh? terima kasih

    1. Pak Zain,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      * Baterai berkurang cepat. Sejak baru sampai sekarang ponsel sudah di-charge berapa kali?

      * Overheat hingga 45 derajat. Saat di-charge ponsel dalam kondisi padam total atau menyala dan aktif dipakai?

  42. Pak Herry,

    Sebenarnya saya sudah mulai tertarik terhadap infinix, namun melihat design belakang dari fingerprintnya saya jadi malas, karena secara kasat mata, orang bilang itu HP Xiaomi..

  43. om herry hp vivo Y55 apa masih beredar resmi diindonesia dan harga skrang brapA? saya bingung mau plh hp vivo Y55 atau xiaomi radmi 3 prame..?

  44. Pak Herry, sudah ada kabar kah tentang penjualan Zero 4+ di Surabaya? Sudah memasuki akhir bulan tapi barangnya belum nongol2. Mohon bantu update infonya ya pak kalau sudah beredar di Surabaya. Thanks.

  45. zero 4 pluss mulai dipasarkan kapan pastinya kohh ????
    katanya januari sekrang udah masuk februari tapi belum ada tanda2 mau dijual..

  46. Selamat sore pak Herry
    Pa kbrnya pak..
    Sudah lama ga liat review pak hsw..
    Bru juga 5 bln pake zero 3 udah muncul zero 4 and zero 4 +..
    Berrti ga da review dr pak hsw ttg zero 4 ya pak .. Yg zero 4 plus nya nnt direview kl dah beredar khan pak..
    Tp kamera zero 4plus sm kya zero 3 ya cm beda kamera depannya za sm intinya…
    Menunggu reviewan zero 4 plus dr pak hsw za dlu…

  47. Sore pak HSW…

    Jujur saya puas membaca tulisan2 bapak. Setelah saya membaca tulisan bapak, saya memutuskan membeli infinix zero 3, dan sampai sekarang masih memuaskan dari segi kamera dan processor. Namun sejak upgrade firmware (lollipop ke marshmallow), beberapa aplikasi harus saya unduh ulang, seperti asphalt 8 dan lazada apps. Lumayan menguras kuota pak untuk asphalt 8 nya, hehehe…

    Nah, berangkat dari tulisan bapak mengenai Infinix zero 4, kira2 bagaimana perbandingan antara zero 3 vs zero 4 (bukan zero 4 plus) apabila diberi skor 1-10, untuk kinerja :
    1. Procesoor
    2. Baterai
    3. Kamera Belakang
    4. Kamera Depan
    5. Suara Speaker bawaan hp

    Terima kasih untuk balasannya pak, salam sukses untuk bapak sekeluarga šŸ™‚

    1. Pak Fikri Ahadian,

      Saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda karena belum pernah menguji pakai Zero 4. Tulisan di atas sekadar laporan pandangan mata dari acara peluncuran Zero 4 dan Zero 4 Plus.

      Asal tahu, kelak saya juga tidak berencana me-review Zero 4. Yang akan saya review Zero 4 Plus.

  48. Malam pak herry … saya nunggu sejak tahun lalu zero 4 plus nya gak kunjung datang.. s4 and Note 4 saya dah drop … sudah butuh pengganti secepatnya.

    Katanya januari skrg sdh february pertengahan.. kira2 kapan ya pak kejelasannya .. kalau masih lama saya beli Hp lain aja deh.. tks infonya ya

  49. Koh herry saya mw beli infinix zero3 di bukalapak harga 2jt seller nya asal pekanbaru menurut koh herry apakah aman koh ambil disitu? Soal nya ditempat saya tinggal, barangnya pd kosong koh,

  50. Permisi ko mau tanya, resolusi layar infinix zero 4 dan r plus berapa ya? Belum ditambah atau mata saya yg kurang jeli ya?

    1. Pak Irsyad M.,

      Resolusi layar Zero 4: full HD 1.920 x 1.080 piksel.

      R Plus itu apa ya?

      Belum ditambah? Apanya, Pak? Saya bingung.

  51. Hadeeh.. Nyerah saya Pak. 2 bulan lebih nunggu Zero 4 Plus ndak muncul2, padahal ZenFone 2 saya udah ndak bisa lagi diajak kompromi…

    Akhirnya saya nebus Redmi Note 4. Bukan garansi resmi sih, tapi lumayan spek beda tipis, harga separohnya, hahaha. Itung2 njajal performa Helio X20, sambil sekalian nunggu Lenovo Vibe P2 masuk sini.

    1. Pak Bayu,

      Saya juga sudah bosan menanti. Kabar terakhir yang saya dapatkan dari penjaga di sebuah gerai Infinix, Zero 4 Plus baru akan muncul Mei 2017.

  52. pak herry. minta recomenya untuk hp sekitar 2 jutaan dong yang cukup buat main game.
    – udah 4g
    – dual sim + slot memory (tidak hybrid)
    – camera yang cukupan lah
    – baterai yang awaet.
    – dan kualitas bagus. biar gak cepet gamti hp

    terimakasih sebelumnya pak

  53. Om herry udh slsei blm review zero 4 plus nya, di tunggu ni… Oia sklian mau tnya ponsel di rentang harga 2-3jt terbaik saat ini apa ya. Mksih sblmnya om herry

  54. Pak Herry SW
    Saya baru saja membeli infinix zero 4 seharga 2,5juta
    Yang saya ingin tanyakan kenapa smartphone tersebut tidak ada pilihan jaringan 4g nya ya?
    Atau harus update software dulu baru bisa?
    Atau ada cara lain?
    Sekian dan terimakasih
    Maaf ada koreksi sedikit jadi ngirim 2 kali

    1. Bu Nurhayati,

      Hmm… beli di mana? Harganya kok terlalu murah.

      Zero 4 mendukung 4G LTE dan seharusnya tak perlu di-update atau menjalani ritual tertentu dulu. Langsung siap pakai.

  55. Pak Herry SW
    Beli di blanja.com
    Disana penjual zero 4 nya cuma satu
    Harga normalnya sih 2.750jt
    Tapi ada diskon 8%
    Jadi 2,5jt sekian
    Keterangannya garansi resmi plus 4G

    Tapi pas di cek pilihannya cuma 2G/3G & 3G
    Jadi yang harus saya lakukan apa ko?
    Saya komplain ke penjualnya?
    Atau langsung ke service center resminya?

  56. Pak herry
    Mau nanya HP 2 – 3 jt an yang bagus buat photografi sama game apa ya?

    Terus ZenFone 3 (ZE520KL) sama infinix zero 4 kira kira mana yg lebih bagus?

    1. Pak Ibad,

      Saya tidak suka main game sehingga rekomendasi saya mungkin kurang tepat. Dengan asumsi harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta dan mengutamakan kamera, silakan melirik Huawei P9 Lite.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Zero 4.

      1. Pak HSW

        Maksud saya infinix zero 4 plus, hehe.
        Kira kira dibandingkan dengan ZenFone 3 (ZE520KL) lebih bagus yg mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *