By

Kartu SIM Memang Bisa Dikloning

Beberapa pembaca mengirimkan pertanyaan senada: “Benarkah kartu SIM bisa dikloning alias digandakan?” Jawabannya betul. Bahkan, Anda dapat melakukannya sendiri dengan mudah.

Ingin iseng melakukannya? Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli perangkat kloning. Cobalah mencarinya di pusat penjualan ponsel atau pusat penjualan komputer. Merek yang banyak beredar di sini SIM Master dan SIM Max. Dilihat dari jenis konektornya ke komputer, ada dua varian berbeda yang bisa dipilih pengguna. Yakni, memakai koneksi serial dan menggunakan koneksi USB.

Harga jual perangkat kloning biasanya Rp 250-350 ribu. Paket penjualan terdiri atas satu unit card reader and writer, satu keping CD installer, dan satu buah kartu SIM kosong. Kapasitas kartu SIM kosong yang disertakan berbeda-beda. Ada yang hanya dapat menyimpan empat nomor GSM, ada pula yang sanggup menampung sampai 16 nomor GSM sekaligus. Yang paling sering dijumpai adalah kartu SIM kosong 8-in-1. Artinya, satu kartu SIM bisa diisi dengan delapan nomor GSM.

Setelah membeli perangkat, langkah kedua adalah melakukan instalasi aplikasi kloning kartu SIM di komputer. Boleh PC, boleh pula laptop. Ikuti petunjuk yang tampil di layar. Kebanyakan aplikasi kloning kartu SIM yang beredar di sini berbahasa Inggris. Namun, mengacu pada pengalaman penulis, bukan mustahil Anda mendapatkan yang berbahasa Indonesia.

Langkah ketiga, lakukan pengkloningan. Masukkan kartu SIM asli ke SIM card reader and writer. Jalankan aplikasi kloning di komputer. Proses kloning sebuah kartu SIM menghabiskan waktu 1-4 jam. Dalam kurun waktu tersebut, kartu SIM asli akan dibaca untuk mendapatkan International Mobile Subscriber Identity (IMSI) dan informasi rahasia lainnya. IMSI biasanya diperoleh dalam waktu kurang dari lima menit. Yang lama dan berpotensi gagal adalah membaca informasi rahasia lain yang lazim disebut key code.

Setelah proses pembacaan IMSI dan key code tuntas, keluarkan kartu SIM asli. Masukkan kartu SIM kosong yang Anda miliki. Ikuti petunjuk yang diberikan. Proses penulisan ke kartu SIM kosong hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Maka, kartu SIM kosong yang sebelumnya takkan memperoleh sinyal bila dimasukkan ke ponsel kini telah siap pakai.

Kartu SIM hasil kloning dapat digunakan seperti halnya kartu SIM asli. Telepon, SMS, GPRS, atau 3G bisa dilakukan. Bedanya, Anda takkan menemukan menu SIM Tool Kit seperti M3-Access atau Layanan Data XL. Artinya, kalau Anda selama ini rutin memakai layanan mobile banking yang disediakan operator seluler, Anda tidak bisa menikmatinya via kartu SIM hasil kloning.

Sebuah kartu SIM kosong bisa diisi dengan beberapa nomor sekaligus. Bagaimana cara berpindah dari satu nomor ke nomor lain? Pengguna cukup mengakses menu yang tersaji di layar ponsel.

Laksana Pisau Bermata Dua

Ibarat pisau bermata dua, kloning kartu SIM bisa merugikan dan menguntungkan. Merugikan kalau penggandaan dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik sah, kemudian kartu hasil kloning itu disalahgunakan. Menguntungkan karena kloning kartu SIM menawarkan kemudahan untuk pemilik lebih dari satu kartu SIM.

Detilnya begini. Kita mulai dengan yang merugikan. Tanpa sepengetahuan Anda, kartu SIM yang Anda miliki digandakan oleh seseorang. Orang tak bertanggung jawab itu lantas memakai kartu SIM hasil kloning untuk bertelepon sembarangan. Ia sedang lantaran bisa bertelepon gratis, sedangkan Anda pusing. Sebab, Andalah yang sebenarnya menanggung semua biaya bertelepon oknum tak bertanggung jawab itu .

Bagaimana wujud nyata sisi menguntungkan kloning kartu SIM? Anggaplah Anda memiliki tiga nomor dari tiga operator GSM yang berbeda. Berarti Anda memiliki tiga kartu SIM. Berarti pula aktivitas membuka ponsel untuk mengganti kartu SIM menjadi bagian dari aktivitas harian Anda. Repot!

Bila tiga kartu itu dapat dikloning dan digabung ke dalam satu kartu SIM saja, maka Anda tak perlu membongkar-pasang baterai dan kartu SIM lagi. Saat ingin memakai kartu pertama, Anda tinggal mengaktifkannya dari menu ponsel. Berniat pindah ke nomor kedua? Cukup mengakses menu tambahan yang muncul di ponsel, sekali lagi.

Tak Selalu Kompatibel

Daripada menyesal di kemudian hari, sebelum membeli perangkat kloning kartu SIM, ada lima hal utama yang harus Anda ketahui.

Pertama, tidak semua kartu SIM bisa dikloning. Kartu SIM keluaran sebelum pertengahan 2003 masih memungkinkan digandakan. Tingkat keberhasilannya tergolong tinggi.

Sebaliknya, kartu SIM yang beredar di sini mulai Agustus-September 2003 sangat sulit dikloning. Tingkat pengamanan kartu SIM tersebut tampaknya sudah ditingkatkan. Persentase keberhasilan kloning kartu SIM generasi yang lebih baru itu tergolong sangat kecil. Pengalaman penulis, cuma kartu SIM milik satu operator GSM yang masih mudah digandakan.

Kedua, ini masih ada kaitannya dengan poin pertama, proses kloning tidak selalu berhasil. Amat mungkin terjadi kegagalan. Kartu SIM asli yang gagal dikloning bukan mustahil akan rusak alias tak bisa dipakai lagi.

Ketiga, satu kartu SIM kosong memang bisa diisi dengan beberapa nomor sekaligus. Jangan disalahartikan bahwa lebih dari satu nomor dapat aktif bersamaan. Nomor yang siaga alias menyala pada suatu periode waktu tetap hanya satu. Jadi, kalau nomor A aktif dan ada penelepon ke nomor B, penelepon tetap akan mendapatkan informasi bila nomor B tidak aktif atau berada di luar cakupan area.

Keempat, hingga saat ini kloning hanya dapat dilakukan untuk kartu SIM GSM. Kartu RUIM CDMA tak bisa dikloning karena aplikasinya memang belum tersedia.

Kelima, kartu SIM hasil kloning tidak selalu kompatibel dengan ponsel. Kartu kloning takkan bekerja optimal bila dipadukan dengan ponsel tertentu. Beberapa contoh yang penulis ketahui berdasarkan pengalaman pribadi, kartu kloning tidak berfungsi bila dimasukkan ke Sony Ericsson K700i dan generasi sesudahnya.

Sebagian ponsel Sony Ericsson sama sekali tak mengenalinya, sehingga muncul tulisan yang intinya meminta pengguna memasukkan kartu SIM. Ponsel lain Sony Ericsson mengenali keberadaan kartu kloning. Tetapi, terpasangnya kartu kloning akan membuat ponsel berkali-kali mati-nyala. Jangan bertelepon, mengakses menu pun tak bisa.

Bila kartu kloning itu dipadukan dengan ponsel Nokia bersistem operasi Symbian keluaran mulai akhir 2005, setiap beberapa menit pengguna harus memasukkan PIN. Bukan mustahil pula muncul tulisan bahwa kartu SIM tidak aktif.

BenQ Siemens S81 akan sering restart kalau dipasangkan dengan kartu kloning. Sementara itu, kebanyakan ponsel Philips masih bisa digunakan bertelepon kala dipadukan dengan kartu kloning. Namun, setiap kali pengguna masuk ke menu tambahan untuk mengganti nomor yang aktif, ponsel bakal hang.

Enggan Jadi Korban Kloning?

Kalau Anda tak ingin jadi korban penyalahgunaan kloning kartu SIM, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan. Apa saja?

Teliti saat membeli nomor baru. Kalau tak ada alasan yang benar-benar kuat, misalnya tertarik dengan nomor supercantik, belilah kartu perdana yang baru dan masih tersegel.

Jangan asal meminjamkan kartu SIM. Bila peminjaman hanya dalam 3-5 menit sih tak masalah. Kloning takkan tuntas secepat itu. Paling sial SMS Anda dibaca, buku telepon diintip, dan pulsa habis. Tetapi, bila peminjaman berlangsung sehari penuh bahkan berhari-hari, waspadalah. Pinjamkan hanya kartu SIM itu hanya kepada orang yang benar-benar dipercaya.

Aktifkan PIN. Hal ini akan sedikit menghambat upaya penggandaan kartu SIM. Pihak lain yang hendak mengkloning kartu SIM Anda harus mengetahui nomor PIN tersebut.

Kalau curiga telah jadi korban, gantilah kartu SIM. Anda merasa pulsa kartu prabayar Anda sering berkurang secara misterius? Tagihan kartu pascabayar Anda melonjak drastis dan setelah melihat rincian tagihan ternyata banyak panggilan ke nomor tak dikenal? Hmm… siapa tahu Anda menjadi korban kloning.

Jalan keluarnya mudah. Segera ke kantor layanan operator seluler yang Anda gunakan dan minta dilakukan pengganti kartu SIM. Dengan berganti kartu SIM, nomor International Mobile Subscriber Identity (IMSI) otomatis berganti. Jadi, kalau ternyata kartu SIM lama Anda benar pernah dikloning, kartu SIM hasil kloningnya takkan dapat dipakai lagi.

CATATAN: ulasan di atas dibuat pada Januari 2008. Saat ini peranti kloning yang dipaparkan tidak tersedia lagi di pasar. Seandainya masih ada yang memilikinya pun, peranti tersebut takkan berhasil membobol sistem pengamanan terbaru yang diterapkan oleh operator seluler di Indonesia.

48 Responses to Kartu SIM Memang Bisa Dikloning

  1. Ahmad says:

    Peralatanya dimas kanjeng nih

  2. yoobee™ says:

    Bung HSW

    Kalau saya perginya bukan ke tempat penjualan ponsel atau komputer.
    tapi kePadepokan dimas kanjeng .
    lebih menguntungkan sih.

  3. Amaris says:

    Sempet deg degan nih, pas baca artikel ini di ponselmu.com, gak taunya artikel lawas… Lega.

  4. Yoga Arista says:

    macam film James bond/Mission Imposible

  5. Saeful says:

    Apakah diperjual-belikan kartu sim kisong? Bisa dibeli di mana kartu sim kosong, Om?
    Oot, Bisa kah Om HSW membaca jenis dan merek gawai yg dipakai buat komentar di sini?
    Thanks Om

  6. Fauzan says:

    Mau share, rupanya eksekusi nya sudah lama

    • Herry SW says:

      Pak Fauzan,

      Iya. Ceritanya nostalgia. Buat pembaca yang masih ABG, sekaligus memberikan gambaran tentang perponselan di Indonesia pada bertahun-tahun silam.

  7. seto says:

    Pak hsw

    Apakah benar 2G ingin dimatikan oleh pemerintah?
    http://m.liputan6.com/tekno/read/2679317/menkominfo-dorong-operator-matikan-2g-ini-tanggapan-telkomsel

    Apakah benar 2G tri mati skitar tahun 2018?
    http://m.liputan6.com/tekno/read/2679427/tri-bakal-matikan-2g-akhir-2018

    Apa solusinya dari masalah matinya layanan 2G?

    Pak hsw, kira-kira berapa umur normal smartphone? 5tahun?

    Apakah pak herry setiadi wibowo berencana mereview lg v20?

    Pak hsw, benar kalo pureshot stoknya ludes, apa pasar sedang cuci gudang?

    Kira-kira ponsel xiaomi apa yang siap memenuhi tkdn di indonesia?

    Alasan pak hsw tak mereview laptop?

    Oiya, saya mengucapkan terima kasih karena ibuku tidak melirik android samsung dibawah 2 juta karena saran pak hsw, juga tidak jadi melirik oppo karena saran pak hsw.

    Saya tunggu review gawai selanjutnya ya 🙂 ?

    Pak hsw berencana mereview vivo v5?

    • Herry SW says:

      Pak Seto,

      Benar, tetapi belum tahu kapan. Ketika populasi pengguna 2G sudah sangat sedikit, layanan itu baru dinonaktifkan.

      Solusinya ya minimal pakai 3G.

      Tidak ada patokan pasti. Perilaku pengguna juga mempengaruhi.

      Mungkin ya, mungkin tidak.

      Benar. Stok sekarang sudah habis.

      Redmi 3S dan Redmi 4A.

      Lha ponsel saya sudah kewalahan kok.

      Ok. Sama-sama.

      Ok.

      Tidak jadi.

  8. Agung c says:

    Ini tulisan lama diposting lagi ya pak HSW?Kok yg disebut HP lama (Sony Ericson) dan tahun lama (2003)?

  9. adi says:

    0831 nomor telepon operator mana Pak Herry? *0831 ada d pilihan nomor telepon di foto Blackberry

  10. jutawan says:

    Kirain ea berita baru ea om udah lama ea banget om.

  11. taufik says:

    Ko, tolong rekomendasi paket bulanan unlimited tanpa kuota selain smartfren. Rencananya mau coba GSM 3G atau 4G. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Taufik,

      Saya justru merekomendasikan jangan membeli paket internet unlimited. Sebab, selain kecepatan akan dicekik, standar performanya kalah dengan yang non-unlimited. Diakui atau tidak oleh operator, di jaringan seolah dianaktirikan.

  12. Ahmad says:

    Pak herry kok oppo itu kalo promo terus terusan sampai di tv iklanya banyak sampai bosen

  13. Hengky Fanggian says:

    Koh Herry, Sorry OoT. Saya khan pakai Matrix Super Plan dengan pulsa dikunci pada Rp 100 ribu perbulan selama 2 tahun. Nah kebetulan Saya kemarin bayar transaksi di internet yg haruskan pakai token yg dikirim via SMS ke No Hp. Sialnya pulsa Matrix Super Planku Habis. Gimana yaa agar transaksi dapat terjadi, apakah kartu matrix dapat diisi pulsa BIASA mengingat statusnya sebagai Kartu Paska Bayar. Mohon dijawab, please penting banget.

  14. Amaris says:

    Apa ke depannya Pak Herry akan upload artikel-artikel lawas lagi? Menurut saya sangat bagus loh. Tulisan Pak Herry tidak kalah dengan artikel dari media online yg sudah besar, mungkin karena memang sudah pakarnya ya Pak di dunia hape. Sukses terus buat Ponselmu.com.

  15. Roni says:

    Sore pak Herry
    Minta rekomendasinya untuk hp dg budget max 1,5jt, buat di pake harian dan untuk jangka panjang (smpe serusaknya) layar min 5inchi, menurut pak herry hp apa ya yg terbaik?

  16. seto says:

    Pak hsw

    Saran paket tsel,smartfren, dan tri yang hemat maxsimal 100ribu?

    Pak hsw knpa saat memakai volte hrus tersambung ke 4G utk nelpon dan sms? Data juga harus dinyalakan?

    Pak saya punya noMor cantik smartfren (0877000151) mau dipake tapi binggung hrus pke volte, klo gak pakai volte untuk nelpon dan sms, udah saya pakai kartunya, volte itu harus pakai 4G jadi boros baterai.
    Kira-kira kalau dijual laku berapa nomor cantiknya?

    • Herry SW says:

      Pak Seto,

      Untuk Telkomsel, tekan *363# deh. Beda nomor bisa beda promo. Apalagi, kalau sampai berbeda kota.

      Smartfren ambil paket Smartplan.

      Untuk Tri saya kurang tahu. Sudah lama saya tidak memperhatikannya karena operator itu belum menghadirkan 4G LTE di Surabaya.

      Iya dong. Data harus aktif.

      Tak tahu.

  17. seto says:

    Pak hsw
    Pertanyaan saya masuk tentang smartfren?

  18. umar says:

    pak maaf oot mumpung lagi ngobrolin soal kartu. kartu xl saya setelah diupgrade ke 4G kenapa nyedot pulsa ya pak. saya isi 5000 terus saya dibiarkan gak dipake internet maupun sms dalam kurang lebih 5 jam pulsa langsung habis tersisa 1600 terima kasih mohon pencerahannya.

    • Herry SW says:

      Pak Umar,

      Mungkinkah tanpa sengaja Anda mengaktifkan internet atau berlangganan layanan tertentu? Coba hubungi call center XL deh. Mereka bisa melihat pulsa Anda terpakai untuk aktivitas apa.

  19. Ahmad says:

    Bude saya mau ganti hp dari redmi 1s yg penting nggak lelet trus penyimpanan besar saranya apa pak?

  20. Alan says:

    Pak Herry SW,

    Artikel ini http://ponselmu.com/performa-terkini-aneka-operator/ masih bisa jadi acuan ga ya soalnya dibuat sudah sejak tahun 2012, ingin tahu gimana performa operator sekarang.

    • Herry SW says:

      Pak Alan,

      Sudah sangat tidak bisa dijadikan acuan. Sebagian operator yang saya sebutkan di sana malahan telah almarhum.

      Untuk saat ini, di lokasi saya biasa beraktivitas, 4G LTE terbaik XL. Urutan berikutnya Smartfren, Telkomsel, dan Indosat.

  21. Teloleto says:

    Kenapa tidak jadi review vivo v5 om?

    • Herry SW says:

      Pak Teloleto,

      Om telolet om. 🙂

      Sebab, saat saya dulu akan membelinya, ponsel itu berstatus belum ready stock. Harus pre-order dulu dan penjual tidak bisa memastikan barang bakal datang kapan. Dana yang saya alokasikan untuk meminang V5 kemudian saya pakai buat hal lain.

  22. Yose says:

    Membaca jawaban Pak Herry kaitannya dengan pertanyaan mengenai layanan 2G suatu saat akan ditiadakan, tiba-tiba muncul pertanyaan dalam benak saya,”Bagaimana dengan ponsel saya yang jika kartu pertama berada di jaringan 4G, kartu kedua dengan sendirinya di 2G? Apakah berarti kartu kedua tidak bisa berfungsi? Mohon diberikan gambaran?

  23. Tri says:

    Alat cloning 4g dah adapak Herry.. Mau coba2 lom ada rifew.. Mumpung teknologi 4g blm lama di sini.. Mungkin masih mudah di cloning ?..
    Kalo 3g saya masih pake.. Satu di router.. Sau lagi di hp buat call sms ?

  24. ega_32 says:

    Om Herry,

    1. Kira-kira apa Om tahu mulai kapan ada operator seluler yang menggunakan nomor 13 digit? Apa saja operator yang sudah menerapkannya, apakah baru Tri saja?

    2. Apakah dari bermacam-macam sisi, pelayanan Mataharimall direkomendasikan Om? Bagaimana jika dibanding Lazada, dan Blibli?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Ega_32,

      1. Waktu pastinya saya tak ingat. Rasanya sejak 2014. Setahu saya baru Tri.

      2. Saya belum pernah berbelanja di sana. Sebab, harganya saya pantau tidak menarik. Promo heboh yang ditawarkannya realitanya mengandung banyak syarat dan ketentuan.

  25. James says:

    Mas Herry, saya ingin membeli nomor cantik SimPATI 11 digit yang kemungkinan edisi lama dan sudah tidak tersegel, untuk keperluan bisnis. Tapi setelah melihat kejadian ini https://mobile.twitter.com/NetizenTofa/status/830692443179716608/photo/1 dan ini http://m.kompasiana.com/herusutadi/waspada-nomor-ponsel-anda-terkloning_551081268133115a3bbc644f , ditambah saya juga melihat masih ada beberapa yang membahas kloning nomor handphone di Kaskus, apakah memang benar kloning nomor handphone masih dapat dilakukan saat ini?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak James,

      Kebetulan saya pernah bereksperimen melakukan kloning. Tak masalah membeli nomor cantik yang sudah tidak tersegel. Namun, demi keamanan dan kenyamanan, lakukan hal-hal berikut:

      1. Saat membeli, mintalah penjual membuat surat kuasa bermeterai. Intinya, dia memberikan kuasa dan hak kepada Anda untuk mengubah data registrasi prabayar nomor tersebut di kantor layanan operator. Fotokopi KTP penjual harus disertakan.

      2. Setelah menerima kartu yang dibeli, segera ke kantor layanan operator. Mintalah petugas mengganti data registrasi sesuai dengan data pribadi Anda.

      3. Kepada petugas yang melayani di poin nomor 2, mintalah dia melakukan penggantian kartu. Jadi, fisik kartu Anda menjadi baru, tetapi nomornya tak berubah. Seandainya kartu fisik yang lama pernah dikloning, dengan melakukan tahapan nomor 3 ini, kartu hasil kloning itu otomatis takkan bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *