Kelebihan Asus Zenfone 3 yang Sulit Diiklankan

Jangan menanyakan hasil review Asus Zenfone 3 dulu. Pasalnya, penulis alias HSW belum selesai melakukan uji pakai. Ponsel tersebut masih mengantre di belakang Kata C1, Xiaomi Redmi 3 Prime, dan LG X Screen. Lama? Itu sebenarnya sudah berkurang satu ponsel. Samsung Galaxy Note 7 yang meledak di pasaran telah ditendang dari antrean.

Kabar gembiranya, HSW tak sabar menceritakan satu kelebihan Zenfone 3. Kelebihan itu belum pernah HSW temukan di aneka ponsel dual SIM lain yang telah diuji pakai. Uniknya, kelebihan tersebut sulit diiklankan karena perlu penjelasan panjang. Mau tahu?

zen-1

Ponsel yang saat ini berada di tangan HSW adalah Zenfone 3 ZE520KL varian RAM 3 GB. Sebagai ponsel Android dual SIM, sangat wajar kalau dua nomor dapat siaga bersamaan di ponsel itu.

HSW kebetulan menyelipkan dua nomor Telkomsel di Zenfone 3. Selot kartu pertama diisi dengan nomor simPATI, sedangkan selot kartu kedua kartuHalo. Perhatikan bagian yang ditandai dengan kotak berwarna biru. Mulai bisa menebak arah pembahasan HSW?

zen-2

Begini penjelasannya. Di ponsel dual SIM, ketika salah satu nomor masuk ke jaringan 3G atau 4G, maka satu nomor yang lain bakal terkunci di jaringan 2G. Nomor itu takkan bisa berkelana ke jaringan 3G, apalagi 4G.

Nah, Zenfone 3 tampil beda. Kala salah satu nomor berada di jaringan 3G atau 4G, satu nomor yang lain masih leluasa masuk ke jaringan 3G. Nomor kedua itu tidak dipaksa berada di jaringan 2G. Ini bukti nyatanya.

zen-3

Bisakah dua nomor yang siaga di Zenfone 3 berada di jaringan 4G secara bersamaan? Jawabannya, tidak bisa. Sampai detik ini, sepengetahuan HSW, belum ada satu pun ponsel di dunia yang memiliki kemampuan seperti itu.

Bisakah sepasang nomor yang siaga di Zenfone 3 dikunci di jaringan 3G secara bersamaan? Jawabannya, sangat bisa. Zenfone 3 adalah ponsel pertama yang HSW uji pakai dan ternyata memiliki kemampuan seperti itu.

Sampai di sini di benak Anda mungkin timbul pertanyaan, “Apakah keuntungan menggunakan ponsel dengan kemampuan semacam itu?” Keuntungan bagi konsumen sangat signifikan lho.

Kalau dipaparkan dengan bahasa yang membumi, kira-kira begini ceritanya. Berbagai operator seluler beroperasi di Indonesia. Masing-masing memiliki alokasi frekuensi yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai regulator.

Anggaplah frekuensi itu ibarat jalan. Ada operator yang memiliki jalan lebar, ada pula yang mempunyai jalan sangat lebar. Dulu jalan itu hanya dipakai untuk layanan 2G dan 3G. Ketika operator mulai menawarkan layanan 4G, sebagian jalan digunakan pula untuk menggeber layanan 4G LTE.

Pengaturan ini-itu yang dilakukan operator membuat jalan yang disediakan untuk layanan 2G makin menyempit. Dampak nyata yang mulai dirasakan pengguna, biarpun sinyal penuh, saat berada di jaringan 2G nomor milik pengguna sulit dihubungi. Penelepon mendapatkan notifikasi kalau nomor tujuan tidak aktif, di luar service area, sedang sibuk, bahkan tidak terdaftar. Pengguna berpotensi kehilangan peluang bisnis maupun terlambat menerima kabar penting. Duh!

Adanya ponsel dual SIM yang memungkinkan dua nomor secara simultan berada di minimal jaringan 3G memberikan keuntungan ekstra. Sebab, jalan yang disediakan operator untuk layanan 3G biasanya lebih lebar daripada jalan untuk layanan 2G. Dengan demikian, tingkat keberhasilan panggilan masuk otomatis lebih tinggi. Peluang bisnis bisa diraup, kabar penting pun tak terlewatkan.

Jadi, itulah kelebihan Zenfone 3 yang membuat HSW tak sabar segera menuliskannya. Kemampuan tersebut hingga detik ini masih tergolong langka. Masalahnya, tidak mudah menjelaskan kelebihan itu di iklan atau brosur yang areanya terbatas. Bagaimana solusinya? Tugas Asus Indonesia untuk memikirkannya.

188 thoughts on “Kelebihan Asus Zenfone 3 yang Sulit Diiklankan

  1. Saya malah nggak nyangka, ternyata SIM 2 bisa 3G, masalahnya slot kedua saya pake buat microSD sih, jadi ndak nyobain dual SIM nya 😀

  2. Saya mengalami pakai LG G4 kartu 1 XL kartu 2 Tsel. Kartu utama saya dalam arti yg saya berikan ke semua orang justru nomor Tsel yg merupakan no lama saya, saya pakaikan Halo Fit. Nah ketika kuota Halo Fit saya yg cuma 2 GB habis, internetnya pun mati juga.

    Terpaksa pindah ke XL yg artinya nomor Tsel saya jadikan 2G only. Saya perhatikan seminggu ini nomor tersebut sering gagal menelepon dan sms keluar. Saya terus terang tidak tau apakah nomor saya bisa dihubungi atau tidak karena komunikasi banyak menggunakan sms, BBM dan Whatsapp.

    Mudah-mudahan semua smartphone beralih seperti Zenfone 3 ini, jadi kita tidak perlu khawatir ketika jaringan 2G dimatikan atau seperti kasus saya diatas.

    Intinya menunggu racun alias review lengkap dari bung HSW deh

  3. Kalo pindah2 4g di kedua sim ribet ga koh?brapa langkah?kalau di LG G4 ribet bgd,harus pindah preffered data dulu,trus 4g dislot dua misalnya di gsmin dulu,trus slot 1 baru bisa di 4gin.beda dengan lenovo p70 yg tinggal geser notification bar trus piloh mau 4g yg mana.nah zenfone 3 gimana y?soalnya saya sangat tertarik sama hp ini.trus daya tahan baterenya gimana?

    1. Pak Hendra,

      Saya tidak sampai iseng menghitung berapa langkah. Namun, nggak ribet kok.

      Daya tahan baterai dll harap menunggu review final.

    2. gak ribet kok di lg g4. cek aja di pengaturan jaringan , pilih lain nya , trus pilih jaringan seluler , tinggal mode jaringan nya di setel sim 1 dan sim 2, semua nya bisa 3g dan 4g , kalau sim 1 habis quota , langsung aja pindah ke sim 2 ,pake shortcut di layar depan , simpel itu , mantap lah LG G4 , hp yg hampir sempurna.

  4. Wow, ini informasi yang baru buat saya.
    Terima kasih pak Herry u/ sharingnya.

    Saya menggunakan ponsel yg belum mendukung 4G. Kalau saya perhatikan, jika ponsel saya set di 3G only, maka baterai akan lebih cepat habis dibandingkan dengan di set di 2G only.
    U/ Zenfone 3 ini berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya menduga baterai Zenfone 3nya pak Herry akan lebih terkuras bila di set 4G & 3G pada masing2 SIM 1 & 2 nya bila dibanding dengan di set di 4G & 2G.
    Apakah benar dugaan saya tsb?

    1. Pak Iwan,

      Sekitar 8-9 tahun lalu mengatur ponsel di 3G only memang akan lebih boros daripada 2G only. Namun, saat ini seharusnya sudah sama, bahkan lebih hemat lho. Kecuali, Anda sehari-hari memang beraktivitas di lokasi yang sinyal 3G-nya buruk.

      Mengacu kepada pengalaman pribadi, konsumsi baterai di Zenfone 3 tidak bertambah boros sih.

  5. Maaf karena OOT ya Pak Herry. Ada rekomendasi ponsel pintar buat orang tua yang ingin beralih dari feature phone? Kisaran harga 1,5 juta, kalau bisa merek global. Kebutuhan hanya fungsi telepon, sms, selancar internet dan WA. Yang penting mudah dioperasikan dan tahan lama. Terima kasih.

    1. Pak/Bu Oryn,

      Kalau harga maksimal Rp 1,5 juta dan harus merek global, hmm… tidak ada deh.

      Kalau anggaran tetap, tapi boleh bukan merek global, ada Infinix Hot 3 LTE.
      Kalau anggaran dinaikkan dan tetap merek global, silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Mama saya yang berusia 60-an tahun menggunakan itu dan puas.

  6. Maav mas herry oot.
    Saya lagi nyari hp kamera ok buat game hd gak lag, fast charging dan baterai awet.
    Dan saya punya dana maksimal 2 juta.
    Menurut mas herry hp apa yg sesuai dengan kebutuhan saya.
    Terima kasih sukses selalu.

    1. Pak Brohim,

      Hmm…. dengan kriteria seperti itu, jawabannya tidak ada deh. Anda perlu menyiapkan anggaran mendekati Rp 7 juta untuk mendapatkan ponsel yang memenuhi semua kriteria tersebut.

  7. Pak herry,
    wah boleh juga tuh fitur dual SIM..

    oya, saya rasa klo panggilan/Terima telpon lewat 3G, sepertinya tidak masalah (selagi ada sinyal) karna beroperasi di band 900/2100 MHz yg dipake operator indonesia,

    namun untuk panggilan telepon yg jadi tulalit gitu apa karna layanan 4G juga di band yg sama dgn 2G, yakni di 1800MHz,, apakah bisa kemungkinan seperti itu penyebabnya ya pk Herry?

    1. Pak Jede,

      3G ada yang beroperasi di 1800 MHz lho.

      Pengaturan jaringannya Anda atur automatic atau 4G LTE only? Kalau 4G LTE only, pasti bakal tulalit. Tak bisa dipakai bertelepon. Jadi, bukan karena frekuensinya.

  8. Salam pak Herry,

    Di salah satu pertanyaan bapak memberikan reply,
    “Konsumen Indonesia memang unik. Kalau harganya tinggi dibilang kemahalan, kalau harganya relatif terjangkau dibilang khawatir dengan kualitasnya”

    Nah saya mau menanyakan apakah hal tersebut juga untuk berlaku untuk makanan? Sebagai seorang yang doyan makan (hehe) bagaimana perasaan bapak setelah mencicipi berbagai makanan yang murah dan mahal, apakah setara harga dan kualitasnya?

    Seandainya pak Herry menjadi komentator kuliner pasti orang Indonesia jadi gendut2 karena “teracuni” oleh tulisan pak Herry untuk makan terus hehe

    Terima kasih pak, salam

    1. Pak Leo,

      Soal makanan, ada yang setara, ada pula yang tidak. Yang tidak itu bisa dibagi dua: terlalu mahal atau terlalu murah.

      Ha… ha… saya belum bisa mengomentari makanan. Lha nggak paham dengan cara masak, bumbu, dll.

  9. Koh herry.. Tanya dong.. Misal sim 1 di jaringan 3g dan buat akses internet. Dan sim 2 di jaringan 3g buat bertelepon. Apakah kedua aktifitas tersebut bisa dijalankan diwaktu bersamaan ? Makasih koh herry

  10. Sebelumnya minta maaf ya om, tapi sepertinya fitur itu sudah ada di redmi note 3 pro. Fitur ini saya temukan setelah saya update ke MIUI marshmallow. Yaitu salah satu SIM menggunakan data di jaringan 4G dan SIM yg lainnya menggunakan jaringan 3G (maap lagi nih, bahas barang ga resmi). Bisa saya screenshot-kan melalui twitter kalau om HSW ingin tahu. Terimakasih.

    1. Pak Bagas Pinantau,

      He… he… tak perlu minta maaf. Anda kan memberikan informasi.

      Redmi Note 3 Pro yang dimaksud di sini berarti Redmi Note 3 dengan prosesor Snapdragon kan. Itu MIUI-nya masih 7 atau sudah MIUI 8?

      Saya pernah pakai Redmi Note 3 garansi resmi (alias Redmi Note 3 Pro). Namun, tak menemukan kemampuan itu. Entah gara-gara masih pakai MIUI 7 atau gara-gara fitur 4G LTE-nya dinonaktifkan.

      1. Ya maksud saya juga hanya sebagai info untuk yg lain ya om HSW. Itu saya temukan di MIUI 8 dengan base Marshmallow. Untuk MIUI 8 versi lollipop seingat saya tidak memiliki fitur tersebut.
        Terimakasih

    1. Pak Rika Verry Kurniawan,

      Ini Pak Rika yang minggu lalu ketemuan di Bali ya? Saya malahan belum sempat mengeksplorasi fitur lainnya.

    1. Pak Sanjaya,

      Saya belum cek di gerai Erafone. Saya juga belum pernah melihatnya di toko lain.

      Yang saya tahu sempat jualan ZenPower Ultra sih Blibli, tetapi sudah habis.

  11. kebetulan saya pake redmi 2 tp rom udah saya ganti ke CM 13, ternyata bisa juga saya setting Sim 1 : 2G/WCDMA prefered dan Sim 2 : 4G / WCDMA all operator Ooredo tapi belum merasakan nilai plusnya. Sim 1 Fullbar, Sim 2 naikturun. Semakin hari 4G ooredoonya payah bener.

    1. Pak Asa,

      Realitanya SIM1 benar berada di jaringan 3G atau tidak? WCDMA preferred tidak sama dengan benar-benar berada di jaringan 3G lho.

  12. Maaf mau tanya om hsw, saat ini sy sedang bimbang mau minang zenfone 3 ini atau xiaomi mi5. Kalau menurut om dilihat dr berbagai aspek lebih rekomendasikan yg mana ya? Sy butuh hp yg desain bagus,kamera bagus,dan dukungan os umurnya panjang. Mengesampingkan garansinya ya om. Trmksh

    1. Pak Adi,

      Saya belum pernah mencoba dan memang belum berminat mencoba Mi 5. Alasannya sederhana, ponsel itu belum beredar resmi di sini.

  13. Pak apa asus zenfone 3 udh dijual di surabaya?
    tolong ulas ponsel os windows donk pak,sy jg mau bli hp microsoft budget 2,5jt ada rekomendasi pak?

    1. Pak Nadav,

      Sudah.

      He… he… nggak berani iseng beli ponsel Windows. Sebab, bekasnya sulit dijual lagi dengan harga rasional.

  14. malam koh HSW,sya penasaran dengan asus zen 3 max emang sudah fix kah tidak ada laser auto fokus nya? setelah koh HSW towel-towel sedikit lbh bagus mana hasil kameranya antara Zenfone 3 Max,zenfone max,redmi note 3? thanks HSW

    1. Pak Abdil,

      Ya.

      Pasti kalah bila diadu dengan Zenfone 3 dan Zenfone Max. Kalau dengan Redmi Note 3, sepintas sih agak imbang. Imbang hancurnya. 🙂

  15. Malam Pak HSW. Ngomong ngomong soal ponsel 4G nih, saya masih awam dan pengen nanya. Ketika pertama membeli HP yg mendukung jaringan LTE, adakah pengaturan /setting yang hanya bisa dilakukan oleh penjual/produsen hp tersebut agar jaringan LTE nya bisa digunakan? Atau pengaturannya sama seperti setting jaringan 2G/3G di hp pada umunya?

    1. Pak Hendra,

      Kalau produsen ponselnya jujur, ponsel 4G LTE itu tak perlu menjalani pengaturan khusus. Langsung siap dipakai untuk ber-4G LTE.

      Namun, kalau produsen ponselnya main kucing-kucingan, misalnya Coolpad, ada kode-kode tertentu yang harus dimasukkan dulu oleh penjual atau promotor.

  16. Maaf oot pak Herry SW. Saya minta rekomendasi smartphone yg memadai dengan RAM, internal dan kameranya bagus. Kalo bs baterai memadai, Kira-kira yang bagus apa ya pak, dengan kemampuan harga sekitar 3-4 jt. Makasi sebelumnya pak.

  17. Bakalan nunggu bulan depan kali review-nya keluar.

    Bakalan ada review droptest kah? Hehe

    Di YouTube koq keliatan langsung retak. Padahal corning gorilla glass 3 ya.

    1. Pak Catur,

      Review Zenfone 3? Anda benar. Baru keluar bulan depan.

      Tidak ada review droptest. Kecuali, Anda beli Zenfone 3, lalu meminjamkannya kepada saya khusus buat uji droptest. 🙂

      Nah… ini yang seringkali salah kaprah. Gorilla Glass bukan berarti tidak bisa tergores, retak, atau pecah. Yang benar, Gorilla Glass lebih sulit tergores, retak, atau pecah.

  18. pak hsw

    smartphone yang sesuai untuk pelajar seperti saya dengan kriteria lyar minimal 4.7″ hd, ram 2 gb, rom16. dan dengan harga maksimal 2,5 juta

    1. Pak Firdza Firdaus,

      Silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL atau Hisense Pureshot. Kalau kamera boleh kurang bagus, tetapi ponselnya gegas, ada Lenovo Vibe K5 Plus dengan RAM 3 GB.

  19. Pak apakah service center asus dpt diandalkan? Sy ada rencana beli zenfone 3 tp msih khawatir soal layanan purna jualnya. Pak Herry ada rekomendasi hp selain zenfone 3? Thx

    1. Pak Alvin,

      Pusat perbaikan resmi Asus belum bisa dikategorikan bagus.

      Selain Zenfone 3? Tolong sebutkan dulu anggaran maksimal dan kebutuhan Anda.

  20. koh, mau sharing skaligus tanya, ijinkan ya koh. .hehee
    kmrin saya ke rumah tante saya di kota probolinggo, tak taunya, tante saya pakai hp asus zenfone 2 laser ze550kl. saya iseng tanya harga, tante saya blg dibawah 1,8 jt. yg saya tanyakan koh, kok murah ya koh ? apa di sby skrg harganya jg sudah dibawah 1,8 jt koh ? trims koh

      1. untuk asus apa ada juga garansi distributor koh ? saya tidak memperhatikan garansi nya sih koh, soal nya tau nya saya asus itu pasti garansi resmi. .hehee
        bisa jlasin bedain nya ga koh antara garansi resmi dan non resmi utk asus ?

        1. Pak Syahri,

          Ada dan cukup banyak, meskipun tidak sebanjir Xiaomi.

          Kalau importir atau “dibuat untuk” yang tercetak pada stiker di belakang kardus bukan Metrodata, Datascrip, atau Erajaya, ya berarti bukan garansi resmi.

    1. Pak Catur,

      Maaf, permintaan itu tampaknya tak bisa dikabulkan. Lha saya nggak punya kabel adapternya. Saya juga tak punya proyektor.

  21. Dulu saya pernah punya Acer Liquid E700 triple simcard yang ketiganya bisa 3G. Tapi apakah ketiganya bisa on 3G-nya secara bersamaan, nggak tau juga… 🙂

    1. Pak Puruhito,

      Di Liquid E700, ketiga selot memang bisa masuk ke jaringan 3G. Namun, pada saat bersamaan, hanya satu nomor yang bisa berada di jaringan 3G. Dua nomor yang lain pasti akan dikunci di 2G saja. Jadi, kondisinya berbeda dengan Zenfone 3.

  22. DEAR PAK HERRY SW…

    VARIAN DARI ASUS ZENFONE 3 YG LEBIH LEGA LAYARNYA ” ZENFONE3 ULTRA OR ZENFONE3 DELUXE APAKAH SUDAH RESMI BEREDAR DI INDO? JK SDH KISARAN DI HARGA BRP YAA PAK?

    MANY THX..

  23. DEAR PAK HERRY SW……

    HHEHEHE… DICAPSLK SOALNYA PAK.. PKE PC… MAAPKEUN… PAK HERRY SELERA HUMORNYA BAGUS YAAA…

    TERIMAKASI BYK TUX INFONYA……

  24. Ponsel ini pake prosesor snapdragon yg terbaik di thn ini. Di atas snap dragon 820 ya om? Yg arti nya kemampuan ponsel ini di atas mi5 ya om ya om?

    Bisa pake smartfren utk tlp dan sms ya om?

    1. Pak Yudi Kurniawan S,

      Yang mana? Yang tertinggi sih yang Snapdragon 821 itu.

      Saya belum pernah pakai Mi 5.

      Tak tahu. Belum coba memasangkan Smartfren ke sana.

    1. Pak Firdza Firdaus,

      Kalau ada yang berbaik hati meminjamkannya, saya akan me-review-nya. Itu pun dengan syarat iPhone 7 telah beredar resmi di sini.

  25. Pak Herry,
    Saya tertarik untuk membeli Hisense Pureshot Plus, apakah dijual di gerai modern misal, Erafone, Globalteleshop, Point 2000, Sentra Ponsel, Okeshop, Pazia, dan Telesindo?
    Saya berencana menggunakan kartu kredit dan bila memungkinkan akan menggunakan fasilitas cicilan 0 persen.
    Jika tidak ada di gerai modern diatas, apakah hanya bisa dibeli ditoko biasa? Apakah ada tempat yang bisa bapak rekomendasikan untuk membelinya?

    NB: Saya sebisa mungkin tidak ingin membeli online, kecuali terpaksa… hehe

    Thank you

    1. Pak Aming,

      Pureshot Plus sepertinya tidak tersedia di gerai-gerai yang Anda sebutkan.

      Anda bisa membelinya di toko biasa, Galeri Smartfren, dan pusat perbaikan resmi Hisense. Tidak ada tempat khusus yang saya rekomendasikan.

    1. Pak Abdu,

      Silakan langsung membeli ZE500KL deh. Itu ponsel bagus kok. Lagipula, Redmi 2 Prime bergaransi resmi sudah tidak tersedia lagi di pasar.

  26. Selamat malam , Pak Herry. Mohon pencerahan ya.
    Secara keseluruhan lebih bagus mana :
    1. Zenfone 2 Laser ZE500KL dibanding Redmi 3 Prime?
    2. Lenovo K5 plus Ram 3 dibanding Redmi 3 Prime?
    3. Untuk HP maksimal 2,5 juta mohon diberikan 3 pilihan dari yang terbagus menurut Pak Herry
    4. Untuk HP maksimal 2 juta mohon diberikan 2 pilihan ya Pak
    Terimakasih banyak, Pak Herry.

    1. Pak Sofy,

      1 + 2. Saya baru bisa menjawabnya paling cepat 25 September 2016.

      3. Asus Zenfone 2 Laser, Hisense Pureshot, dan Lenovo Vibe K5 Plus – RAM 3 GB.

      4. Asus Zenfone 2 Laser dan Hisense Pureshot.

  27. pak HSW

    di tempat saya(banjarmasin) harga vivo y51 2,5 jt. apakah cocok untuk menggantikan smartphone lama saya. bagaimana menurut anda pak

    1. Pak Ahmad,

      Ada aneka ponsel yang saya nilai buruk. Namun, kalau diminta menyebutkan ponsel terburuk (berarti cuma satu), terus terang saya juga bingung. 🙂

  28. Malam pak HSW
    Secara overall zenfone 3 max dan zenfone max lebih bagus mana?
    Zenfone max sudah ditangan sih,secara umum puas banget dengan gawai ini.
    Pingin ganti gawai istri (sekarang pakai lenovo s860) ke zenfone 3 max.tp zenfone 3 max pakai mediatek ya pak?pengalaman pakai mediatek kurang puas.
    Dua kali pakai mediatek kinerjanya kurang mantap.
    Kalau menurut ko herry,mediatek dan snapdragon mantap mana?

    1. Pak Andhy,

      Tak tahu karena saya belum menguji pakai Zenfone 3 Max. Kalau hanya dari sisi kameranya, Zenfone Max lebih bagus.

      Biasanya Snapdragon lebih mantap. Namun MediaTek pun sekarang sudah jauh lebih bagus dibandingkan zaman dulu lho.

  29. Pak herry,
    Maaf oot, asus sama lenovo layanan aftersalesnya bagus mana ya? Untuk lenovo ponsel flagshipnya sekarang seri apa ya?

    1. Pak Kk Bakti,

      Lenovo.

      Yang tergolong flagship, karena tak ada tipe lain yang spesifikasinya lebih tinggi: Vibe Shot dan Vibe P1 Turbo.

  30. Om HSW yang baik, mohon saran donk…. saya pengguna ponsel yang lebih banyak untuk komunikasi dg keluarga by video call, Whatsapp, line serta ber medsos dan berselancar dunia maya plus senang motret. Saya ingin upgrade HP ke 4G LTE, apakah dengan penggunaan standar seperti itu saya cukup dengan Zenfone selfie atau perlu upgrade ke Zenfone 3 jika saya ingin menggunakannya hingga 2 atau 3 tahun kedepan. Mungkin om HSW punya saran lain dengan senang hati saya terima

    tks

    1. Pak Tiyo,

      Saya tak pernah menguji pakai Zenfone Selfie. Namun, dengan memperhatikan kriteria Anda, saran saya, mending langsung ke Zenfone 3.

  31. Pak Herry,
    Apabila dibandingkan antara Lenovo Vibe Shot dengan Zenfone 3 dilihat dari segi kamera dan kegegasan, menurut Pak Herry manakah yang lebih baik ?
    Terima kasih.

  32. Pak HSW, saya punya bujet 4 juta rupiah. Akan memilih salah satu ponsel berikut ini:
    – Asus Zenfone 3
    – Hisense Pureshot plus 2
    – huawei P9 Lite.

    Manakah ponsel yang paling gegas performanya dan punya hasil kamera terbaik menurut bapak?

    1. Pak Huzaeny Abrori,

      Zenfone 3 dan P9 Lite saya baru towel-towel. Belum sampai ke level uji pakai. Sedangkan Pureshot Plus 2 sekadar menyentuh pun malahan belum pernah.

      Jadi, maaf, saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

  33. ditunggu reviewnya pak harry, saya sangat suka zenfone sebenarnya

    cuman agak kecewa waktu zenfone 2 pertama keluar, karena tidak sebaik yang dibicarakan

  34. Hallo, pak herry
    Asus zenfone 3 ze520kl ini saya baca-baca reviewnya di internet rata-rata positif ya pak…
    Bila dibandingkan LG G5 SE, apakah ze520kl ini lebih unggul pak?
    Terima kasih

  35. Pak HSW..rencana sy mau beli HP yg bugjet 5 jutaan (pilihan mengerucut ke Asus Zenfone 3 552kl & Samsung A7 2016), menurut Bapak lebih prefer mana antara Asus Zenfone 3 552KL dengan Samsung A7 2016??? Atau mungkin Pak HSW punya saran lain.
    Terima kasih.

    1. Pak Farid,

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 3 ZE552KL. Dengan mengacu kepada Zenfone 3 ZE520KL, menurut saya, mending beli Zenfone 3 daripada Galaxy A7 deh.

  36. Pak Herry, kalau Pak Herry masih pakai LG G5 nya nanti minta tolong uji kemampuan wifi nya ya. Ini pengalaman saya Pak, barangkali bisa buat info yang lain. Beberapa waktu yang lalu ada penggantian fiber optik Telkom di rumah saya. Modem diganti juga. Di sini sumber masalahnya Pak. LG G5 SE saya tidak bisa menangkap sinyal wifi padahal jarak tidak lebih dari 10 meter, sedangkan IPad dan LG G3 saya masih mampu meski tidak sebagus modem lama Speedy. Menjengkelkan sekali Pak, padahal saya biasa bawa HP ke mana-mana. Sampai G3 yang rencana saya jual masih saya pertahankan terus. G5 juga lebih mudah panas daripada G3 ( saya pakai G3 ROM 32 GB ). Kamera G5 memang bagus sih.
    Melihat review Bapak di atas, jadi berpikir apa sebaiknya ganti Zenfone 3 saja ya daripada G5 ? Mohon nanti dibandingkan ya, Pak. Terimakasih banyak Pak.

    1. Pak Sofy,

      Saya belum pernah menguji pakai G5. Kalau yang Anda maksud G5 SE, saya sudah berpisah dengan ponsel itu. Dulu, selama memakai G5 SE, saya tak pernah mengalami kendala dengan Wi-Fi-nya.

  37. Maaf Pak LG G5 SE maksud saya. Sewaktu modem Speedy yang untuk kabel tembaga memang tidak terasa, Pak. Setelah modem Speedy saya diganti yang untuk fiber optik baru terjadi masalah. Prediksi saya memang modemnya juga diganti yang lebih jelek oleh Telkom . Karena penangkapan IPad dan LG G3 masih memungkinkan meski sinyal lebih kecil, Pak. Saya pikir LG G5 SE masih Pak Herry simpan.
    Terimakasih banyak untuk infonya, Pak.

  38. Pak Herry , apakah sudah berpisah dengan zenfone 3 ?
    saya tunggu review lengkapnya mengenai kelemahan dan kelebihan zenfone 3 , saya tertarik dengan ponsel ini, sepertinya sangat menjanjikan, Terimakasih.

  39. om Herry “cuma” mau nulis hasil review yg 520KL ya?
    Gak sekalian yg 552KL om ?
    soale sedang menimbang antara 552KL atau ke LG G5 SE

  40. Om herry klo lenovo k4 note dan hisense kingkong 2 apakah layak beli dan diantara kedua.ny lebih layak beli yg mana

  41. Hi pa Herry, ada sedikit pertanyaan ttg beberapa hal yaitu :
    A. Merk HP apa aja dengan body metal dan dilengkapi finger print di 2016…?
    B. HP dengan batterai 4.000-5000mah dengan garansi resmi merk lokal dan luar…?
    C. Mnrt Om Hsw, UI di brand Asus, Lenovo, Xiaomi lebih menarik yg mana dan utk mudah digunakan sehari2 utk user awam… Tks

    1. Pak Roby Wibowo,

      A. He.. he… saya bukan lembaga sensus ponsel, Pak. Nggak ingat satu per satu. Yang paling saya ingat sih Lenovo Vibe P1 Turbo dan LG G5 SE.

      B. Merek lokal? Duh jangan beli deh. Merek luar negeri? Ada Infinix Note 2, Asus Zenfone Max, Lenovo Vibe P1 Turbo, dan Xiaomi Redmi 3 Prime.

      C. Sama saja deh. Tergantung selera.

  42. selamat malam bapak herry sw,

    saya mau curhat kpda bapak herry sw soal asus zenfone go zb452kg yg saya beli, DAN SAYA SANGAT KECEWA SAMA KUALITAS PRODAK ASUS YANG ba*****!

    awalnya di iklan internet saya sangat tertarik sama asus zenfone … karena bentuknya yang bagus n speknya pas untuk harga 1jutaan
    apalagi kameranya yg sudah 8mp autofokus dan ada pixelmasternya

    intinya ponsel seharga 1jutaan itu secara spek menggiurkn bgt…

    namun apakah kinerja sebenarnya sesuai sama yg di iklankan??????

    jawabannya adalah TIDAK!!!

    inilah kelemahan terbesar an**** ZENFONE YG SUKSES BIKIN SAYA KECEWA SANGAT BERAT

    1. saat pertama kali buka zenfone saya sudah menemui GRIPIS, LECET N GORESAN

    1. KUALITAS LCD NYA SUPER BURUK
    tampak sangat kusam… BAHKAN LEBIH BAIGUS LCD HUAWEI Y5 BATIK

    3. KUALITAS KAMERA ASLINYA BURUK….. DAN SAYA SERING KEGAGALAN FOKUS SAAT MEMOTRET

    4. SAAT DI CHARGER ,
    DI BODI SEKITAR KAMERA BELAKANG SERING TERASA SANGAT PANAS SEKALI

    5. SAAT PEMAKAIAN NORMAL SELAMA 2BULAN
    LCD ZENFONE SAYA SUDAH BERMASALAH
    YAITU KEDIP2 DAN TIMBUL STUCK PIXEL YG SEMAKIN JELAS
    PADAHAL SELMA PEMAKAIAN ZENFONE SAYA TIDAK PERNAH JATUH SAMA SEKALI

    6. DAN YANG TERAKHIR
    SETELAH PEMAKAIAN 2BULAN
    PONSEL SERING SEKALI RESTART

    INTINYA KUALITAS ZENFONE BEGITU MENGECEWAKAN!!!!!!!!!!!

    SPESIFIKASINYA MEMANG BAGUS
    TAPI KUALITASNYA BURUK SEKALI

    ASUS ZENFONE GO ZB452KG MILIK SAYA SUDAH SAYA JUAL MURAH 800RIBU SAJA
    DULU SAYA BELI 1juta10ribu rupiah

    1. Pak Anto Kecewa Dengan Asus,

      Anda boleh meluapkan kekecewaan di blog ini. Namun, tolong tetap memperhatikan etika penulisan.
      * Jangan memaki. Ada kata-kata yang terpaksa saya sensor dengan *** karena tak pantas dituliskan.
      * Jangan menuliskan kalimat dengan huruf kapital semua. Sebab, di dunia internet hal itu bermakna Anda marah dan berteriak.

  43. pengalaman lebih berharga dari segala galanya
    Cukup 1 kali saja saya membeli gadget merk ASUS
    LAIN KALI SAYA TAK AKAN PERNAH MEMBELI GADGET MERK ASUS LAGI!!!!!!!

  44. maaf sekali pak herry saya keburu emosi. Itu pengalaman asli saya memakai hape asus seri zenfone GO ZB452KG.Saya bukan mengada ada atau cari sensasi… asus zenfone go milik saya memang sudah bermasalah setelah pemakaian normal 2bulan… jelas saya kecewa berat wong itu beli baru, buka dus. sudah kena LCDnya. sama body yang gores n gripis. saya tau asus merk global yang udh punya nama. tapi kalo kontrol kualitas buruk seperti itu malah jadi senjata makan tuan to. malah dadi mateni pasarane asus dewe…, saya bukan menghina asus. tapi saya kecewa asli sama gadget asus. ternyata kontrol kualitasnya belom baik

  45. sekali lagi saya minta maaf atas kata2 saya yang loss control. tapi saya tetap sakit hati sama asus zenfone. lain kali saya tak membeli asus zenfone lagi. ternyata spesifikasi tak sebanding sama kualitas & ketahanan hardware. sekian dari saya. matur nuwun sepindah malih… wassalamu alaikum wr wb…

    1. Pak Anto Kecewa Asus,

      Nah, kalau diketikkan begini kan lebih bagus tho. 🙂

      Soal Anda sakit hati dan tak mau beli Asus Zenfone lagi, hal itu sepenuhnya menjadi hak Anda. Saya menghormatinya.

  46. asus zenfone go zb452kg menurutku jauh lebih parah daripada zenfone 4. kualitas layarnya lebih buruk dari zenfone 4.. apalagi di tambah bonus gripis n gores2.. padahal beli baru bersegel.. oke spek bagus untuk harga 1jutaan… tapi kualitas bad bgt… dan pemakaian normal 2bulan… LCD sudah bermasalah, kedip2 & stuck pixel

  47. Pak Herry,saya senang dengan riview nya yg sangat jarang diungkap…

    Saya mau tanya,di zenfone 3 yg bapak riview ini jika sim 1 disetting non 4G,maka di sim 2 nya bisa disetting 4G sebagai kartu utama online?

    Trm ksh

    1. Pak Razzi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Bisa.

    1. Pak Taufik,

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 3 Max. Zenfone 3 Max dengan prosesor MediaTek mestinya tidak memiliki fitur tersebut.

  48. Ikut menjawab karena saya pemakai Zenfone 3 Max (kode nya apa ya? yang resmi masuk Indo) untuk fitur ini (4G dan 3G bersamaan dalam dual SIM) TIDAK bisa dan hanya bisa 4G+ 2G saja seperti hp kere lainnya hehe.

    Untuk Zenfone 3 Max saya jadikan hp ketiga (halah, orang “sok” sibuk) dan bisa dapat Screen On sampai 4-5 jam. Yang jelas dengan pemakaian saya membutuhkan charge 2 hari sekali, saya pasangkan dengan 1 SIM Telkomsel Loop saja.

    Keluhan utama Zenfone 3 Max adalah scrolling layar yang “aneh” yaitu misal saya browsing (saya tidak main game di hp) dan sedang scrolling ke bawah, layarnya overreact langsung scroll jauh ke bawah. Hal ini sudah di bahas oleh salah satu Youtuber yaitu GadgetIn (boleh ya share seperti ini Pak HSW?) boleh di cari videonya

  49. Bapak Herry,terima kasih atas responnya yang bapak sempatkan ditengah-tengah kesibukan bapak yang luar biasa. Sukses selalu Pak Herry…

    Jadi di zenfone 3 yang bapak review ini, sim 2 bisa dijadikan sebagai kartu utama di jaringan 4G untuk online dimana Sim 1 di posisi tidak 4G.

    Tujuan saya adalah sim 2 sebagai alternatif untuk online 4G dikala sim card di sim 1 sedang mengalami gangguan jaringan 4G untuk providernya

    Ada permohonan saya kiranya bapak herry berkenan untuk menampilkan screenshoot nya atas pertanyaan yang saya maksud.
    Terima kasih

    1. Pak Razzi,

      Benar sekali. Jadi, SIM2 saya gunakan untuk berinternet dan dimasukkan ke jaringan 4G. Sedangkan SIM1 yang masuk ke jaringan 3G hanya dipakai untuk telepon.

      Saya tidak punya screen capture-nya.

  50. Saya heran ada reviewer yang mau menanggap coment2nya, hehe
    dalam waktu dket ini pngn ganti antara samsng a5 2016 atau zenfone 3, kalau kbutuhan sih sya suka multitasking dan menggunakan ponsel lumayn lama, nah awal sih pngn a5 tp takut samsung multitaskingnya lama kelaman lemot (dulu pernah pake grand 2) kira2 agan prefered yang mana kalau d compare sama Z3N? apa samsung untuk jangka pnjng masih lemot mskipun touchwiznya sdah versi skrang?

    1. Pak Ahmad F,

      Memangnya biasanya reviewer tidak menanggapi komentar masuk ya?

      Ups… ternyata pertanyaan Anda ditujukan kepada Agan tho. Kita nantikan kehadiran Agan ya. Saya tak tahu dia sedang pergi ke mana.

  51. Saya gak tahu maksud agan gimana? Td intinya sya minta pendapat antara a5 dan Z3N? Sorry kalau emang salah ngomong gan?

    1. Pak Ahmad F,

      Saya beri bocoran ya. Di blog ini dilarang menggunakan kata sapaan gan atau agan. Tidak boleh pula memakai singkatan yang tidak baku. Misalnya, Redmi Note 3 disingkat Reno 3.

      Terkait pertanyaan Anda, mending beli Zenfone 3 dong.

  52. Sekarang Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga sudah bisa mendapatkan jaringan 3G untuk sim ke 2 setelah mendapatkan update OS ke Marshmallow

  53. Trimakasih atas infonya Pak Herry.
    Saya mw tny kalo saya mau beli hp mendingan Xiaomi mi5 atau Zenfone 3 ya Pak? Trimakasih.

  54. Pak Herry SW, bisa tidak digunakan/ dicoba pakai slot sim2 gabung mmc (di dibongkar simcard)? Seperti ada vlog buat gabungkan jadi satu mmc dan sim card.
    Muat tidak yah..

    1. Pak Adi Nugroho,

      Maaf, saya tak tahu karena belum pernah menguji pakai Zenfone 3 Laser (bukan Zenfone Laser 3).

  55. Pak Galaxy S7 confirm juga punya kemampuan yg sama. Contoh ketika kita set mobile data ke SIM1 maka SIM2 akan berubah otomatis jadi 2G/3G. Kebetulan Galaxy S7 tidak ada pilihan 4G only, tapi bisa 3G Only dan SIM2 akan tetap jadi 2G/3G. Saya sudah pakai sekitar sebulan (ex user LG G4)

  56. Siang Pak Herry,
    Kalo zenfone 3 max di menu pengaturan jaringan y ada gak untuk pilihan 3G only atau Hsdpa/3G/4G only
    Terima kasih.

    1. Pak Yummy,

      Saya tak ingat pastinya. Kalau tak salah, pilihan 3G only tersedia. Sedangkan pilihan HSDPA/3G/4G only pasti tidak ada.

  57. Dear Pak Herry,

    Saya tertarik sama HP ini. Spek bagus dan bisa 4G serta 3G dalam waktu bersamaan. Pengen manfaatin cicilan BCA 0%. Saya bukan hendak konsumtif, ganti HP lagi, tapi Pureshot tuh boros banget deh #curhat, mode on#

    Tapi lagi-lagi si baterai kecil, cuma 2600 MAH, yah Pak? #sedih lagi, deh#

    Apakah asus zenfone max 5000 mah (2016) sudah dijual resmi di Indonesia? Kayanya kalau yg ini top juga deh speknya, kendati enggak ada 3G dan 4G bisa berbarengan ya, Pak?

    Apakah Lenovo vibe P1 Turbo, masih bisa dijadikan pilihan lain sampai saat ini?

    Thank you Pak, atas kesediaannya memberi pencerahan.

    1. Pak/Bu Vicky,

      Zenfone Max 2016 tidak beredar resmi di sini. Yang beredar resmi di sini, dari Zenfone Max langsung ke Zenfone 3 Max.

      Vibe P1 Turbo masih boleh dijadikan pilihan oleh pengidam ponsel gegas dan berbaterai besar. Namun, ponsel itu tidak bisa 4G-3G secara simultan ya.

  58. Pak Herry, saya ngincer ASUS Zenfone Max 5000 MAH saja. Saya sedang nabung, karna gak punya kartu kredit BCA buat cicilan 0%, hehehe.
    Sekarang harganya ada yg nawar Rp 1.8 juta.
    Pertanyaan saya, bisakah hp ini mengakomodir dual whatsapp?

    Kalo bisa, ini mendekati sempurna sesuai kebutuhan saya: baterai gede, bisa dual WA.

    Kalo si Lenovo Vibe P1 turbo bisa dual WA Pak? Sayang harganya terpaut jauh.

    Makasih again and again Pak.

    1. Pak Vicky,

      Sampai saat saya dulu tuntas menguji pakai, belum ada menu bawaan yang memungkinkan dual WhatsApp. Kondisi terkini saya tak tahu.

      Untuk Vibe P1 Turbo, jawaban saya sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *