By

Kembar Tak Identik dengan P700i

Dalam menentukan ponsel yang diuji pakai lalu di-review, sesekali penulis melakukan pemungutan suara via akun Twitter @herrysw. Dua minggu lalu, voting dilakukan atas dua tipe ponsel yang sebenarnya sudah berada di tangan penulis: Lenovo S560 dan Sony Xperia J. Karena S560 memiliki pendukung lebih banyak, penulis membahas ponsel itu lebih dulu. Xperia J baru penulis kupas pada kesempatan berikutnya.

S560 boleh dianggap sebagai kembar tak identik dengan Lenovo P700i. Keduanya adalah ponsel Android dual SIM bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Nomor GSM yang diselipkan ke selot kartu SIM pertama dapat mengakses jaringan 3G. Pengguna leluasa melakukan video call dan menikmati akses data HSDPA. Sementara itu, nomor GSM di selot kartu SIM kedua hanya bisa masuk ke jaringan 2G. Bila dipakai berinternet, pengguna cuma dapat memanfaatkan layanan GPRS.

Prosesor dual core MTK6577 1 GHz, RAM 512 MB, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan layar sentuh kapasitif empat inci beresolusi 480 x 800 piksel adalah sebagian kesamaan lain di antara dua ponsel itu. Seperti halnya P700i, S560 dibekali dua kamera. Kamera di sisi belakang beresolusi lima megapiksel, autofocus, dan tanpa lampu kilat. Sedangkan kamera di sisi muka hanya beresolusi VGA. Dua kamera itu mampu menghasilkan klip video VGA.

Radio FM yang siarannya bisa dinikmati tanpa menancapkan handsfree berkabel, plus kalau mau dapat direkam, tersedia di S560. Ada pula Lenovo Note yang memungkinkan pengguna membuat catatan yang memadukan tulisan dengan gambar dan suara.

Ruang penyimpanan ponsel berukuran 125 x 63 x 12,3 mm dan berat 155 gram itu dibagi dua, internal storage dan USB storage. Ketika kali pertama diaktifkan, dari total 1,79 GB internal storage, sebanyak 681 MB di antaranya siap dioptimalkan pengguna. Sedangkan kapasitas USB storage yang mencapai 1,8 GB masih benar-benar kosong. Pengguna dapat memasangkan kartu microSD berdaya tampung sampai 32 GB untuk menambah memori.

Ditilik dari spesifikasi, selain perbedaan tampilan fisik, sekilas hanya ada dua perbedaan dasar antara S560 dan P700i. Pertama, S560 telah mengadopsi teknologi yang oleh Lenovo disebut sebagai Dolby Digital Plus. Hal serupa tak ditemukan di P700i. Kedua, baterai S560 berkapasitas 2.000 mAh, sedangkan baterai P700i 2.500 mAh.

Ketika dua ponsel itu dipakai dalam aktivitas sehari-hari, menurut penulis, minimal ada enam perbedaan yang bisa ditemukan. Hasil akhirnya, umpama komparasi di antara keduanya ibarat pertandingan sepak bola, S560 harus mengakui keunggulan P700i dengan skor 2-4.

Teknologi Dolby Digital Plus di S560 membuat ponsel itu lebih prima dalam memperdengarkan suara musik dan video. Perbedaan kualitas tersebut lebih kentara bila pengguna memanfaatkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan. Tombol power S560 juga lebih ramah tangan ketimbang tombol yang sama di P700i. Skor sementara 2-0 untuk S560.

Namun, P700i kemudian melakukan hattrick. Perbedaan kapasitas baterai sebesar 500 mAh sangat terasa dalam pemakaian sehari-hari. Pengguna P700i leluasa beraktivitas sejak pagi hingga malam, sedangkan pemakai S560 harus berharap-harap cemas.

Dengan tingkat pencahayaan yang persis sama, tampilan layar P700i terlihat lebih putih dan cemerlang daripada S560. Lampu tombol sentuh di bawah layar tampak lebih bercahaya pula. Skor berbalik menjadi 2-3 untuk P700i.

Pada injury time, P700i menambah keunggulan menjadi 2-4. Sebab, permukaan penutup baterai ponsel itu relatif tidak rawan gores. Hal bertolak belakang terjadi di S560. Permukaan penutup baterai S560 yang mengilap cenderung mudah tergores. Jangankan terkena benda tajam, bergesekan dengan permukaan meja atau kain celana pun berpotensi menimbulkan goresan halus.

Saat ini S560 dijual Rp 1,699 juta, sedangkan P700i ditawarkan Rp 1,999 juta. Meskipun harus mengeluarkan dana ekstra Rp 300 ribu, menurut penulis, meminang P700i lebih bijak ketimbang melamar S560. Kecuali, calon pembeli lebih mementingkan kualitas suara musik dan video.

***

Catatan:

Kalau Anda sudah membeli S560, segeralah berbelanja case tambahan untuk melindungi bodi ponsel, terutama bagian belakang yang rawan gores. Di bawah ini penampakan S560 saat penulis padukan dengan jelly case alias soft jacket warna biru bermerek V Power.

295 Responses to Kembar Tak Identik dengan P700i

  1. fitri says:

    mau tanya pak,kl dgn hrga yang sama,antara xperia miro,s560 sama p700i lebih bagus ya mana pak?
    dari ketiga nya, yg bisa edit/view document dgn office yang mana?
    trmksh

  2. Herry SW says:

    Bu Fitri,

    Dengan memperhatikan harga, spesifikasi, dan kinerja, saya lebih memilih P700i.

    Soal kemampuan Office:
    * Xperia miro memiliki aplikasi bawaan untuk membaca dokumen. Tapi, tak bisa menyunting dan membuat file baru.
    * S560 dan P700i tak mempunyai aplikasi Office bawaan.

    Solusinya, kalau ingin aplikasi Office gratisan yang bisa edit dan view dokumen, silakan mengunduh Kingsoft Office di Play Store.

  3. gordi says:

    M tanya pak,
    Sya lg mnggu Lenovo p770 {mauk INA, g y?}
    Tpi bbrapa hari ini spertinya agk tertarik sama LG optmus L9. Nah,,,kira gmana t pak, lbh layak mana? {Andai lnvo p770 emng masuk INa} mksh.

  4. melisa says:

    kayaknya penjualan s560 dibatasi sama lenovo indonesia..stok habis terus

  5. Rifqi says:

    Mas Heri mamaq ada hape lenovo A60+ , settingan suara kameranya itu dimana ya. suaranya terlalu besar jadi agak mengganggu jadi mau di kecilin ato di matiin

  6. Herry SW says:

    Pak Gordi,

    Saya belum mendapatkan informasi pasti tentang masuk tidaknya P770 ke Indonesia. Saya juga belum pernah mencoba ponsel itu.

    Kalau LG Optimus L9, saya masih dalam proses uji pakai. Sejauh ini lumayan bagus.

  7. Herry SW says:

    Bu Melisa,

    Mestinya sih tidak dibatasi ya. Distributor ponsel Lenovo pasti lebih senang kalau ponselnya terjual lebih banyak.

    Apakah Bu Melisa kesulitan mendapatkan S560? Ibu tinggal di kota mana?

  8. melisa says:

    sepertinya sedikit “ditahan” untuk menggalakan penjualan p700i. saya tinggal di tangerang. putar-putar ke oke shop, global, sempat kehabisan, sebelum dapat beberapa minggu yang lalu pak :D
    lalu di forum s560 juga bilang banyak yang belum dapat karena kehabisan

  9. Herry SW says:

    Pak Rifqi,

    Saya belum pernah mencoba Lenovo A60+. Di menu kamera apakah tak ada pilihan menu “shutter sound”? Siapa tahu ada. Tinggal diutak-atik di sana. Kalau di P700i sih tidak ada.

  10. Herry SW says:

    Bu Melisa,

    Oh ok, begitu tho ceritanya. Atau, mungkinkah S560 sebenarnya tidak ditahan, tetapi memang jauh lebih laris manis daripada P700i? Sebab, dengan spesifikasi yang sepintas sama, harga jualnya lebih murah Rp 300 ribu dibandingkan P700i. Jadi, konsumen akhirnya membeli S560.

    Saya pribadi ketika belum mencoba keduanya juga sempat lebih tertarik dengan S560. Namun, setelah menguji pakai dua ponsel itu, saya lebih jatuh hati dengan P700i. Perbedaan harga Rp 300 ribu saya nilai sepadan.

  11. Om Herry
    S560 apa juga sama ada kekurangsempurnaan pada dialling nomor seperti di P700i?

    soft jacket S560 di surabaya bisa dibeli dimana?

  12. Herry SW says:

    Pak Heidy,

    Kekurangsempurnaan dialing yang dimaksud seperti apa ya? Menu S560 bak cermin dengan P700i. Jadi, amat mungkin yang dianggap kurang sempurna di P700i juga bakal dijumpai di S560.

    Soft jacket S560 saya beli online di http://gadgetsvillage.net/. Saya waktu itu nggak nemu penjualnya di Surabaya.

  13. melisa says:

    yah mungkin saja pak. kalau dilihat dari forumnya pun s560 lebih ramai dari p700i. mungkin selisih 300rb untuk masyarakat indonesia sangat berarti :)

  14. welly says:

    @Pak Herry dan Bu Melisa

    Memang sulit mendapatkannya, di Malang saya berburu 2 minggu baru dapat di Okeshop pusat dan warna yang ada cuma biru saja.

    untuk penutup baterai, setuju dengan Pak Herry, punya saya udah beset2 dikit :)

    kalau mau beli leather case dimana ya Pak, saya kurang begitu suka pake jelly atau hardcase

  15. Herry SW says:

    Bu Melisa,

    Oh, ada forumnya ya. Boleh tahu di mana?

    Iya, apalagi selisih Rp 300 ribu itu sepintas tidak terlihat bedanya. Jadi, amat mungkin pembeli akan memilih yang lebih murah.

  16. Herry SW says:

    Pak Welly,

    Coba dicek dulu. Yang beset-beset itu plastik penutup belakang atau memang penutup belakangnya. Saat dikeluarkan dari kardus, ada plastik tipis yang melapisi penutup belakang lho. Sekilas nggak terlihat.

    Soal leather case, saya belum pernah melihat ada yang jual. Di toko online langganan saya yang masih tersedia baru hardcase dan jelly case.

  17. Rengga says:

    Pak saya mau tanya,
    Bagaimana dengan hasil kameranya? apakah sama dengan hasil milik S880 dan P700i? Bisa memotret tulisan kecil dengan hasil yg bagus? fitur pada kemra apakah tergolong lengkap (Panorama, Panorama 3D, smile shoot, facedetection dll)
    Pada lenovo s560 adakah fitur memidahkan aplikasi ke memori eksternal seperti milik P700i?
    apakah hasil AnTuTu Bencmark & Quadrant Standard sama persi dengan milik p700i mengingat memakai procecor yg sama?
    terima kasih,

  18. Herry SW says:

    Pak Rengga,

    Untuk dua pertanyaan pertama, jawabannya sama. Menu S560 dan P700i praktis sama kok. Cuma beda di P700i tak ada pilihan menu Dolby.

    Soal benchmark, saya tidak mencobanya.

  19. abdi says:

    Mas Herry, Lenovo S890 kapan ya kira-kira masuk Indonesia. Salam.

  20. welly says:

    body nya Pak Herry yang beset2. waktu beli kok ga ada ya plastik tipis menutup body belakang, yang ada plastik macam screen protector itu di layar

  21. Herry SW says:

    Bu Melisa, terima kasih atas informasinya.

    Pak Abdi, belum ada informasi tentang rencana pemasaran Lenovo S890 ke sini.

    Pak Welly, coba dicermati lagi dengan lebih teliti. Sepintas memang tak ada plastik pelapis di bagian belakang. Sebab, plastiknya lebih tipis dan lebih melekat erat daripada yang menempel di layar.

  22. toni wijayanto says:

    Pak Herry, Lenovo P700i bagian belakangnya mudah tergores jg gk?
    Katanya lebih berat y pak, karena batere nya yg buat berat.

  23. toni wijayanto says:

    Tanya lagi pak, hhe..
    Klo Lenovo P700i dibandingkan Sony Xperia Sola lebih bagus mana y?
    Klo Lenovo P700i, suatu saat harga jualnya turun drastis gk?

  24. Herry SW says:

    Pak Tony Wijayanto,

    1. Bodi belakang P700i relatif tidak mudah tergores. Jauh lebih tahan daripada penutup belakang S560.

    2. Yup, terasa lebih berat karena baterai lebih tebal. Namun, beratnya masih dalam batas toleransi dan, menurut saya, justru lebih terasa mantap di tangan. Adik perempuan saya yang sebelumnya cinta berat dengan BlackBerry akhirnya mulai mau mencoba Android setelah saya sodori P700i.

    3. Kalau saya lebih memilih P700i daripada Xperia sola. Kelebihan sola di floating touch dan NFC. Dua hal itu, bagi saya, boleh diabaikan. Sisi menarik P700i lebih banyak dan berguna dalam aktivitas saya sehari-hari.

    4. Semua acang harganya pasti akan turun. Biasanya saya mengambil patokan ekstrem: dalam setahun harga jual bekasnya tinggal 50 persen daripada harga baru ketika saya meminangnya. Patokan itu berlaku untuk semua merek. Praktiknya, bisa lebih rendah, bisa lebih tinggi.

    Harga pasar P700i bekas belum terlalu kelihatan. Kalau S880, harga bekasnya tidak jatuh.

  25. dwi says:

    Pak herry kl lenovo P700i sama lenovo S880 itu lbih bagus yg mana?
    soalnya harganya sama2 1,999 juta..
    makasi pak

  26. dwi says:

    Pak Herry..
    Kalau Lenovo P700i dengan Lenovo S880 bagus yg mana pak?
    Soalnya hargany sama2 1,99 jt,,
    Makasi Pak

  27. Herry SW says:

    Pak/Bu Dwi,

    Sama menariknya sih. Kuncinya begini:
    * Kalau ingin yang berlayar lebar, silakan melirik S880.
    * Kalau lebih suka yang lebih nyaman digenggam plus baterai tahan lama, ambil P700i.

  28. toni wijayanto says:

    Trims pak informasinya…

    Nambahin punya Pak/Bu Dwi,
    Klo suka main game ambil P700i karena processornya dual core, berbeda dengan S880 yang single core.

  29. dhan says:

    Pak Herry.. skor sepakbola nya nggak adil :)
    karena misalnya kemampuan dolby nya yang keren menurut saya ga bisa disandingkan dengan penutup batre yang gampang baret sebagai contoh… bobotnya mestinya dibedakan :)

    tapi itu masalah selera sih

  30. Herry SW says:

    He.. he… Pak Dhan, kebetulan “sepak bola”-nya kali ini tanpa bobot. Btw, terima kasih atas responsnya.

  31. dino says:

    this is my first android, sebelumnya saya penggila windows mobile..ngeliat bentuk and performanya p700i lngsung jatuh cinta pak herry…hehehehehehehehehi

  32. melisa says:

    ini mah s560 pak dino -_-

  33. dhan says:

    iya bu melisa.. be-ti, jadinya bingung juga… tapi kalo yg suka musik mendingan s560 ya… trus tutup batre malah bisa ditempelin stiker pelapis yg keren sejenis bl*nk

  34. dina says:

    pak herry atau agan2 lain yg bs membantu..
    saya masih kurang paham dg dual sim yg ditawarkan p700.. dua-duanya bisa on brsamaan? trus yg bisa digunain browsing cm 1 sim atau gmn ya?
    trima ksh :)

  35. welly says:

    @dina bisa on dua-duanya (2-2nya standby bersamaan) hanya saja jika salah satu terima telpon maka no yang lain tidak dapat dihubungi :)

    yang bisa digunakan browsing bisa 2 sim card hanya saja yang bisa browsing dengan 3G (HSDPA) hanya 1 sim card, 1 sim card yang lain hanya didukung oleh EDGE/GPRS

  36. Herry SW says:

    Pak Dhan, stiker semitransparan seperti yang biasa dipakai untuk laptop ya?

    Bu Dina, sudah dijawab oleh Pak Welly ya.

    Pak Welly, terima kasih sudah membantu memberikan jawaban.

  37. Frans siska says:

    Apakah bisa main fruit ninja dan temple run dengan lancar??
    Terima kasih

  38. melisa says:

    bukan lancar lagi sis, ngaciiiir

  39. welly says:

    Kembali kasih Pak Herry

  40. dina says:

    sip,,sip.. terima kasih ^^

  41. Frans siska says:

    Trima kasih.. Jd pengen beli nih.. Tp kayanya mau nunggu lenovo p770..

  42. Frans siska says:

    Trima kasih.. Jd pengen beli nih.. Tp kayanya mau nunggu lenovo p770.. Kapan ya lenovo p770 masuk indonesia??

  43. Herry SW says:

    Bu Fran siska,

    Fruit Ninja lancar. Temple Run belum pernah coba.

  44. Herry SW says:

    Bu Melisa, terima kasih atas bantuannya menjawab pertanyaan Bu Frans siska.

  45. Herry SW says:

    Bu Frans siska,

    Saya belum mendapatkan informasi tentang jadwal edar P770.

  46. Frans siska says:

    Terima kasih Pak Herry..

  47. welly says:

    Pak Herry mau tanya nih, s560 saya kemarin malam saya charge dalam keadaan off, setelah penuh, saya nyalakan sim card 2-2nya tidak terdeteksi sama sekali.

    kemudian saya matikan lagi ponselnya lepas baterai lepas sim card terus saya pasang lagi terus saya nyalakan normal kembali.

    kenapa ya Pak bisa begitu?

  48. Herry SW says:

    Pak Welly,

    Sebuah smartphone itu sudah ibarat komputer mini. Kadang ia bisa bertingkah aneh yang di luar kebiasaan dan sulit dicari jawabannya. Asalkan kejadian yang Bapak alami tak terulang lagi dalam waktu singkat, abaikan saja. Tak perlu dipikirkan.

    Saya pun pernah mengalami kejadian aneh-aneh dengan ponsel merek lokal kok. Nggak bisa ditemukan penyebabnya. Eh… mendadak sembuh.

  49. adietia says:

    emang bener saya cari lenovo S560 itu susah bgt ditangerang bahkan stok kosong terus dsemua mall. akhirnya di serang ada lenovo p700i ternyata itu lbh baik drpada s560, karena belakangnya gampang bgtttttttttttttttttttttttttttttttt lecet (liat punya temen)

  50. Herry SW says:

    Bu Adietia,

    Iya, permukaan belakang S560 memang rawan tergores.

  51. setiawan says:

    saya baca di gsmarena.com dari opini user mengeluhkan p700i overheat/panas di atas normal , apa bener begitu

  52. Herry SW says:

    Pak Setiawan,

    P700i yang saya uji pakai tak pernah sampai panas di atas normal. Kalau dipakai terus menerus suhu memang akan meningkat. Namun, masih tergolong hangat yang normal, bukan panas.

  53. beco says:

    Bagi yg mo cari produk hp lenovo,cb hunting di Ca***our. selain harga lebih murah dibanding di Global, msh ada disc 5% lg. :-)

  54. Herry SW says:

    Pak Beco,

    Karena sifatnya memberikan informasi, bukan Bapak yang berjualan, silakan disebutkan lengkap.

    Ini maksudnya di Carrefour ya, Pak? Di semua cabang atau hanya cabang tertentu? Berlaku sampai kapan, Pak? Menarik banget tuh kalau sampai didiskon lima persen.

  55. untung says:

    saya termasuk newbie dalam hal pake android… saya lihat spek dan harganya… p700i bener2 hape yang (cukup) murah tapi gak murahan. yang saya mo tanya nih pak:
    a. bisa kah dimainkan game bola macam PES dan FIFA ?
    b. untuk kualitas hasil foto bagus gak pak? soalnya gak ada LED flashnya.

    makasih pak :)

  56. beco says:

    @ Pak Herry
    He he..maap takut dikira nggk etis.
    Ok info tambahan saja. saya nanya di Carefour Amplaz Jogja pak Herry. Saya cek nya tgl 26 Des 12 kmren. Sekedar perbandingan (yg saya inget), untuk Lenovo A60+ di carefour dilepas Rp 868.000 (dr harga Rp 888.000) plus akan ada disc lg 5%. Sedangkan di Global (Amplas jg) di hargai hampi Rp 1 jt.
    Begitu jg u seri Lenovo yg lainnya. Cm sy kurang tau promonya sampai kapan dan apakah u semua cabang Carefour.
    Ok met Hunting.
    BTW thx Pak Herry atas web nya yg informatif. Salam

  57. Herry SW says:

    Pak Untung,

    a. Maaf, saya tak pernah coba bermain PES dan FIFA.
    b. Asalkan pencahayaan memadai, hasil foto bagus. Kalau di lokasi yang temaram, hasilnya memang kurang bagus.

  58. Herry SW says:

    Pak Beco,

    Karena bersifat memberikan informasi, bukan Bapak yang jualan atau punya toko, hal tersebut diperbolehkan. Namun, kalau beriklan di blog ini, nah… yang begitu pasti segera saya blokir. :)

    Terima kasih atas informasinya, Pak. Jadi penasaran segera ke Carrefour nih.

    Saya terakhir ke Carrefour sekitar tanggal 20 Desember 2012. Iseng saja tanya ada promo apa. Saat itu ada promo diskon lima persen, namun hanya berlaku untuk pembelian BlackBerry. Itu pun saya lihat harga dasarnya memang sudah di atas harga pasaran.

  59. Maya says:

    Pak Herry, apakah lenovo p700i bisa usb OTG ?

  60. Herry SW says:

    Tidak bisa, Bu Maya.

  61. Maya says:

    Terima kasih Pak Herry. Satu lagi, apa lenovo p700i bisa play file vob ? Terima kasih

  62. Herry SW says:

    Bu Maya,

    Maaf, saya tak tahu bisa memainkan file berformat VOB atau tidak.

  63. Muchtar says:

    Pak Hery,,
    terima kasih buat info2nya,, berguna banget buat saya yang nyari my1st android n kepincut banget sama lenovo (apapun itu),, prever ke p700i kyknya,, :)
    Salam

  64. Abu Faiz says:

    Salam kenal pak Hery,
    Kalau untuk Lenovo A60+ dibanding dengan Polytron PW1100S menurut bapak pilih mana ya?

  65. Herry SW says:

    Pak Abu Faiz,

    Saya belum pernah mencoba keduanya. Namun, dari sisi merek, yang satu merek global, satu lagi merek lokal.

  66. irfan farda says:

    Pak Herry,,

    Yang mana lebih bagus Lenovo P700i vs Lenovo S880??
    mohon penjelasannya, terima kasih..

  67. Herry SW says:

    Pak Irfan Farda,

    Bergantung kebutuhan sih.

    * Kalau lebih perlu yang enak digenggam dan baterainya tahan lama, ambil P700i.

    * Kalau lebih perlu yang berlayar lega, ambil S880.

  68. muthe says:

    salam kenal pak herry,
    mw tanya gmn cara pake USB Tethering di p700 ny y pak?

  69. Herry SW says:

    Pak Muthe,

    Dari halaman menu, masuklah ke menu Tethering & Portable Hotspot. Ikonnya bergambar menara dengan latar belakang warna hijau.

  70. muthe says:

    makasih pak,
    maaf mw tanya lagi
    usb tethering ny kan sdh di aktf in
    tp kok tetep ngga bs interntn pake ini y pak?
    padahl sambungan pada pc saya jd terputus krn pake usb tethering ini,keliatan nya sdh kepasang dg benar tp ngga berfungsi gitu pak
    *maaf kalo ngeyel saya msh awam sm yg kyak gini an

  71. Herry SW says:

    Bu Muthe,

    Setelah menghubungkan P700i dengan komputer, apakah sudah masuk ke menu Tethering, lalu mencentang USB tethering?

  72. ANONYMOU5 says:

    mas, mo tanya. apakah bentuk fisik batre s560 & p700 sama? (hanya beratnya saja yg beda), atau memang beda bentuknya? (seperti lbh tebal/lbh tipis/lbh besar/dll, dsb)

    makasih sebelumnya

  73. Herry SW says:

    Pak Anonymous,

    Seingat saya beda lebar maupun tebalnya.

  74. adrian says:

    apakah P700 bsa melakukan video call 3G..tanpa aplikasi ketiga..trs saya dengar2 dual sim trsbt tidak bisa standby?apakah benar..?
    trs s560 sama p700 layar nya lebar mana pak.terima kasih

  75. Herry SW says:

    Pak Adrian,

    * Video call via 3G bisa dilakukan melalui SIM1 di P700i. Yup, tanpa aplikasi tambahan.

    * Dua nomor yang terpasang keduanya siaga kok.

    * S560 dan P700i sama-sama berlayar empat inci.

  76. yusud says:

    pak herry mw tanya

    1. Berapa kecepatan max HSDPA yg dimiliki p700i/s560?? cuma ingin tau aja
    2. Apakah Vitur Zoom pada perekaman video ada??
    3. Gimana suara yg dihasilkan s560/p700i (tanpa mnggunakan earphone)??
    apakah suaranya pecah2?
    makasih sblmnya ^_^

  77. Herry SW says:

    Pak Yusud,

    1. HSDPA 7,2 Mbps. Masalahnya, kinerja nyata layanan akses data operator GSM di sini seringkali di bawah itu.

    2. Maaf, saya tak ingat.

    3. Tidak pecah sih. Namun, untuk P700i, terasa kurang “bergairah”.

  78. Rony says:

    pak herry, apakah lenovo p700i dual on gsm-cdma? soalnya spg global teleshop BEC bandung bilang ke saya gsm-gsm? mana yg bener ya?
    tq

  79. onno says:

    mau tanya, p700i dan s560 ada tombol kameranya?

  80. Herry SW says:

    Pak Rony,

    P700i merupakan ponsel dual on GSM-GSM, bukan dual on GSM-CDMA.

  81. Herry SW says:

    Pak Onno,

    P700i memiliki tombol fisik kamera.

    Di sisi kanan S560 ada tombol fisik yang berfungsi ganda, sebagai tombol pemutar musik dan tombol kamera, bergantung menu yang sedang diakses.

  82. taufan says:

    Pak beda baterai S560 dan P700i dengan pemakaian yang sama berapa jam or menit ya komparasinya? beda 500maH itu = beda berapa jam? thanks

  83. Herry SW says:

    Pak Taufan,

    Tak pernah dihitung dan dicatat dengan sangat teliti. Untuk pemakaian ala saya Kira-kira beda tiga jam.

  84. robert says:

    Pak,kalau settingan penyimpanan s560 diubah ke sd card,apakah usb storagenya tdk bisa dipakai?mau saya copy dr sd card ke usb kok tdk bisa.mau copy antar folder di sd card jg tdk bisa.apa hanya bs menggunakan aplikasi file manager?untuk aplikasi back up spt game biasanya pakai apa ya pak?spy data tdk hilang,tinggal install ulang di google play.thx.

  85. Herry SW says:

    Pak Robert,

    USB storage masih bisa dipakai. Ya, untuk copy biasa pakai file browser atau file manager.

    Maaf, saya belum pernah tahu bagaimana cara backup game termasuk datanya (sudah sampai level berapa dll). Sepertinya perlu di-root dulu. Saya pribadi tak pernah nge-root.

  86. Harto says:

    Pak Herry, Lenovo S560 atau P700 ini bila dibanding dengan Acer
    Gallant Duo E350 lebih oke yang mana?

  87. Herry SW says:

    Pak Harto,

    Saya belum pernah mencoba Acer Gallant Duo E350. Jadi, belum tahu lebih bagus mana dibandingkan sepasang ponsel Lenovo itu.

    Satu hal yang perlu diketahui, dalam pantauan saya, harga jual ponsel Android Acer sangat jatuh. Terjun bebas. Mencari aksesorinya juga susah.

  88. nunoz says:

    Pak mo tanya…lenovo p700 ini bisa ga dikecilkan hurufnya? Terutama di contacts dan messaging.

  89. Herry SW says:

    Pak Nunoz,

    Bisa. Dari menu utama, silakan masuk ke Settings, Display, lalu Font size. Pilihlah Small.

  90. reza says:

    browser nya udah ngedukung adobe flash blm pak herry ?

  91. Herry SW says:

    Pak Reza,

    Contohnya situs apa ya? Nanti malam saya cobakan.

  92. mifta says:

    pak, mau minta pendapat nih.
    Menurut pak heri, lebih penting mana, kamera depan atau kamera dengan flash?

    Soalnya binggung cari dual sim budget 2juta. Rata2 nggak ada led flash. Kalaupun ada, biasanya tanpa kamera depan :(

    Oiya, ada rencana buat review lenovo s720 white nggak pak? Saya cukup Tertarik dengan HH itu. Saya dah googling tapi belum nemu detil reviewnya.

  93. Herry SW says:

    Pak/Bu Mifta (maaf, saya tulis begitu karena tak tahu bapak atau ibu),

    Bagi saya keduanya tidak penting sih. :)

    Kamera depan terutama diperlukan oleh pengguna yang suka foto narsis atau melakukan video call. Nah, saya kebetulan jarang banget melakukan hal itu.

    Kamera belakang dengan lampu kilat juga tak terlalu saya perlukan. Saat memotret, saya nyaris selalu melakukannya dengan kondisi lampu kilat padam. Sebab, hasilnya lebih natural.

    Umpama tetap harus memilih, saya lebih memilih ponsel dengan kamera belakang yang dilengkapi lampu kilat.

    Soal Lenovo S720, saya justru lebih tertarik mencoba yang warna pink daripada putih. Pink-nya eye catching banget. Kayak stabilo. Jadwal uji pakai belum diketahui.

  94. reza says:

    contohnya situs pirates.game321.com pak di P700i bs ndak ya?
    oia mau nanya jg, itu internal memorynya 2Gb ato 4Gb ya pak ?
    saya rencananya mau bli nh hari ini.
    tp msh galau…
    hhe

  95. Herry SW says:

    Pak Reza,

    Situs tersebut sukses dibuka via P700i.

    Ruang penyimpanan ponsel dibagi dua, internal storage yang digunakan untuk menginstalasikan aplikasi tambahan dan USB storage. Sebanyak 684 MB di antara 1,79 GB internal storage berstatus kosong. Sementara itu, USB storage yang siap pakai mencapai 1,75 GB dari kapasitas total 1,83 GB.

  96. nunoz says:

    Pak Herry, mo tanya lagi lenovo S560 dan P700i kalo dibandingkan dgn IMO discovery S88 dan Polytron W2430 gmana. Kayaknya 3 hp tu specnya mirip2. Yg kedua..Andromax-i kan dual sim gsm-cdma. Apakah betul, gsmnya sama sekali ga bisa buat browsing atau whatsapp? Apakah Andromax-U yg akan datang begitu juga? Apakah Desire VC Gsmnya juga tdk bisa buat browsing? Makasih atas jawaban semua pertanyaan sy, Pak Herry.. :)

  97. Herry SW says:

    Pak Nunoz,

    Ponsel Imo dan Polytron yang Anda sebutkan belum pernah saya coba. Saya penasaran mencoba Polytron dan terus terang nggak berminat dengan merek Imo. Ada beberapa merek ponsel yang buat saya baru layak dibeli ketika merek lain sudah tidak ada. Contohnya, Cross dan Mito.

    Terkait Andromax-i, benar, standarnya GSM cuma bisa dipakai telepon dan SMS. Sama sekali tak bisa dipakai berinternet, termasuk ber-WhatsApp. Namun, Anda bisa mendaftarkan nomor GSM untuk ber-WhatsApp memakai jalur CDMA.

    Belum tahu Andromax-U seperti apa. Kan belum diluncurkan. :)

    Nomor GSM yang terpasang di HTC Desire VC bisa dipakai berinternet, tetapi hanya GPRS.

  98. nunoz says:

    Jadi intinya dual sim gsm dan cdma, hanya salah satu aja yg bisa dipake internet, terutama cdma? Hmmm….. oh ya, kapan coba polytron…cepet review dong pak herry. :) Btw…axioo vigo 410 masih worthed gak ya, disaat banyak hp yg sudah dual core spt sekarang. Makasih atas respon Pak Herry.

  99. rozaq says:

    mas saya lagi tertarik ama lenovo s880 ama p700i, kira2 apa beda antara keduanya, soale mash bingung

  100. Herry SW says:

    Pak Nunoz,

    Tidak selalu demikian. Bisa jadi GSM-nya juga dapat dipakai untuk berinternet.

    Ayo Bapak beli ponsel Polytron, lalu dipinjamkan kepada saya. :)

    Axioo Vigo 410-nya dapat di harga berapa, Pak? Kalau tak lebih dari Rp 1 juta, masih boleh dilirik tuh.

  101. Herry SW says:

    Pak Rozaq,

    * S880 memakai prosesor single core 1 GHz, sedangkan P700 dual core 1 GHz.

    * S880 berlayar sentuh lima inci, sedangkan P700i empat inci. Tampilan layar P700i lebih tajam dan cemerlang.

    * Baterai S880 berkapasitas 2.250, kalau P700i 2.500 mAh.

  102. nunoz says:

    Hahahaha…. blm berani beli sblm ada review dr Pak Herry.
    Browsing2 si vigo di harga 1jtaan, blm dpt yg dibawahnya tuh.

  103. Herry SW says:

    Pak Nunoz,

    Desember lalu sempat ada yang jual Axioo Vigo 410 baru di harga Rp 999 ribu. Tetapi, kini sudah tak ada lagi.

  104. fat says:

    pak, saya pakee ni hp wat ol terus dengan sinyal hsdpa bertahan kurang lebih 4 jam, normal atau tidak pak?

  105. fat says:

    satu lg pak, gmana cr ngubah jaringan 3g ke 2g, apakah bisa?

  106. Herry SW says:

    Pak Fat,

    “wat ol” itu apa ya? *bingung*

    Untuk pemakaian biasa-biasa saja, baterai S560 mestinya bisa bertahan mulai pagi sampai malam. Kalau berada di jaringan 3G dan terus menerus dipakai berinternet, bukan sekadar siaga, bisa habis dalam hitungan jam.

    Untuk mengubah dari 3G ke 2G, silakan masuk ke settings, more, mobile network, network mode, pilih nama operator yang muncul, lalu pilih GSM only.

  107. fat says:

    buat online pak :D browsing internet gt, fb, chating dsb

  108. Herry SW says:

    Pak Fat,

    Oh ok. Kalau internetannya intensif, bukan sekadar siaga, baterai bakal habis dalam hitungan jam.

  109. mifta says:

    pak, kalau zte grand x bagus ga ? Mendingan zte grand x, atau s560/p700i. Soalnya grand X udah jelly bean, kamera ada led flash, trus speakernya 2 corong tapi ga ada kamera depan + batrai cuma 1600mAh.

    Trims

  110. Herry SW says:

    Pak Mifta,

    Sekadar melihat ZTE Grand X pun saya belum pernah. Apalagi, mencoba dan mengujipakainya.

  111. fat says:

    pak, gmana cara aktifin push email dan apa ada setingan buat notifikasi kalau ada email masuk untuk email yahoo atau email2 lainnya

  112. Herry SW says:

    Pak Fat,

    Kalau Gmail langsung pilih autosync saja. Begitu ada email baru masuk, Bapak segera memperoleh notifikasi.

    Untuk Yahoo, sepertinya pengguna hanya bisa memilih ingin cek setiap berapa menit.

  113. Stephen says:

    Pak Herry, kalau disuruh milih antara Lenovo S880, Lenovo S560 atau Lenovo P700i… Bapak pilih yang mana? Kebutuhan saya buat cek e-mail, browsing dan maen game sih

  114. Herry SW says:

    Pak Stephen,

    Untuk kebutuhan seperti itu, tiga ponsel tersebut sama-sama mampu.

    Biar lebih mudah dalam memilih, pakai patokan begini saja:
    * Ingin ponsel Android dual SIM dengan layar lebar: Lenovo S880.
    * Ingin ponsel Android dual SIM dengan dimensi fisik yang nyaman digenggam dan baterainya tahan lama: Lenovo P700i.
    * Ingin ponsel Android dual SIM yang mampu memainkan musik dengan relatif prima: Lenovo S560.

  115. Stephen says:

    pak, pilihan saya tinggal p700i dan s880… selain ukuran layar, saya lihat ada perbedaan di processor. apakah single core dan dual core cukup signifikan perbedaannya, pak? thanks

  116. Herry SW says:

    Pak Stephen,

    Benar. S880 memakai prosesor single core 1 GHz, sedangkan P700 menggunakan prosesor dual core 1 GHz.

    Mengacu pada pengalaman pribadi, kalau tidak menjalankan banyak aplikasi bersamaan, perbedaan itu relatif tak terasa.

  117. Beco says:

    Karena tertarik dengan kapasitas batereinya yg 2000 mah, akhirnya sy nyoba S560 ini Pak. Cukup memuaskan.
    Cuma dengan RAM yg efektif di sekitar 470an Mb, S560 agak terasa megap megap untuk multitasking.

    BTW Pak, ternyata tombol Music di samping kanan nya, bisa berfungsi sebagai Camera Button ketika berada di menu Camera.
    Berguna untuk mengurangi efek bergetar ketika akan mengambil foto. :-)

  118. Herry SW says:

    Pak Beco,

    Multitasking-nya apakah banyak aplikasi? Dulu saya coba 3-4 aplikasi baik-baik saja. Aplikasinya nggak berat sih, seperti email dan Twitter.

    Benar, tombol musik bisa berfungsi sebagai tombol penjepret ketika ponsel berada di menu kamera.

  119. beco says:

    Pak Harry
    Saya sering buka browser dengan beberapa tab yg aktif. Sambil buka tweetcaster. Nah pd saat seperti ini biasanya ketika pindah buka browser, sering browsernya forceclosed. Biasanya sy pk opera mini.
    Tp selebihnya sy puas.terutama batereinya.

    Btw Lenovo dah launch S720 dan A690 pak. Ada rencana review jg. :-)
    Thank u

  120. Fajar says:

    Lenovo p7001 mantap ko sejauh ini, responnya cepat untuk main game juga keren , cuman keyboardnya gak ada enter pak?

  121. faqih says:

    Kalo buat anak muda mendingan p700i atau s880,ya pak?

  122. Herry SW says:

    Pak Beco,

    Pak Harry? Hayo… salah menuliskan nama saya. Ntar saya suruh beli bubur merah putih lho. :)

    Oh, saya waktu itu tidak pakai Opera Mini.

    S720 sudah muncul beberapa minggu lalu, sedangkan A690 baru beberapa hari. Masih belum tahu mau review yang mana. S720 pink mestinya cocok di-review jelang Valentine ya. :) Sedangkan A690 menarik di-review karena harga jualnya yang Rp 1,1 jutaan.

  123. Herry SW says:

    Pak Fajar,

    Iya tuh. Entah mengapa, beberapa ponsel Lenovo yang saya coba papan ketik qwerty-nya tidak dilengkapi tombol Enter.

    Di ponsel Android, saya biasanya menginstalasikan aplikasi keyboard Swiftkey 3.

  124. Herry SW says:

    Pak Faqih,

    Bergantung kebutuhan sih. Kalau ingin yang layar lega, ambil S880. Kalau ingin yang lebih enak digenggam dan baterai tahan lama, ambil P700i.

  125. atik says:

    Pak Herry selalu semangat pagi, Saya ada rencana mau beli tablet ada beberapa pilihan antara Lenovo S880 sama htc sensation xe atau merk Advan S5-N atau Cyrus TV Pad Slim Tablet – 4 GB, pusing pak hehehe

  126. Fajar says:

    Pak henry saya mau nanya menghilangkan getar pada lenovo P700i saat mengetik dan tampilan layar awal biar tidak ada bagaimana pak, biar layar terlihat luas pak

  127. Herry SW says:

    Bu Atik,

    Saya belum pernah mencoba Advan S5-N maupun Cyrus TV Pad Slim Tablet. Jadi, belum bisa berkomentar panjang. Kalau dilihat dari rekam jejak merek, terus terang Advan langsung saya coret.

    Pilihan berarti tinggal dua: S880 dan Sensation XE. Tanpa lihat harga, kalau perlu dual SIM ambil S880. Kalau nggak perlu dual SIM, dengan mantap silakan meminang Sensation XE.

  128. Herry SW says:

    Pak Fajar,

    Getaran saat ponsel diaktifkan, setahu saya, tak bisa dimatikan. Sebab, itu menjadi penanda kalau ponsel menyala.

    Kalau getaran saat mengetik, itu bisa dimatikan. Caranya, masuk ke settings, language & input, lalu tekan garis-garis di samping tulisan Android keyboard. Hilangkan tanda centang pada vibrate on keypress.

  129. Reyhan says:

    Pak Herry,

    Lebih baik mana antara Vandroid S5 dengan Lenovo S880 ?
    Saya masih bingung mau beli yang mana, yang jelas saat ini saya ingin yang 5 inch, sesuai dengan body saya pak Herry hehehe…
    Sebelumnya Terimakasih atas jawabannya.

  130. Herry SW says:

    Pak Reyhan,

    Saya belum pernah mencoba Vandroid sehingga tak bisa memberikan komentar tentangnya. Kalau dari sisi merek sih saya jelas memilih Lenovo.

  131. yuldian says:

    pak herry, saya baru beli hp lenovo p700i, tapi setelah pakai operator xl kenapa hsdpa nya gak jalan alias tdk bisa internet ( sim1) terus saya coba pakai kartu simpati dan im3 semuanya bisa buat internet dan hsdpa nya jg aktif. mohon pencerahannyaagar bisa dibuat internetnya pakai xl.
    note: temen juga beli levobo p700 stelah saya coba pakai xl juga tdk bisa buat internet.

  132. Herry SW says:

    Pak Yuldian,

    * Pastikan APN yang digunakan sudah benar: internet. Username dan password dikosongkan saja.Kadang pengaturan ini memang harus dilakukan manual.

    * XL-nya apakah bisa dapat GPRS/EDGE? Siapa tahu di lokasi Bapak memang tak ada sinyal HSDPA.

  133. budi.m says:

    dear pak herry,

    apakah baterai lenovo p700 bisa dipakai ke lenovo s560. Tks

  134. agus says:

    dear Pak Herry,
    apa lenovo p700i bisa nampung puluhan ribu sms dan tidak lemot waktu kirim sms?.. soalnya saya sering kirim dan terima sms banyak..dan males kalo harus hapus2 sms.. tq

  135. Ryana says:

    pak herry,

    saya mau tanya, lebih bagus lenovo p700i atau xperia miro? tq

  136. rafka says:

    untuk mengatur doanlaod agar langsung ke memori eksternal tanpa ke memori internalkarna udah ful pak herry.makasih

  137. khoirul says:

    pak herry…
    kalo P770i apakah sudah masuk indonesia?
    karena saya lihat speknya muantaapppp,,,hehehehe
    mksih infonya,,,

  138. khoirul says:

    satu lagi pak herry…
    kalo dgn S720 dengan beda harga 500 apakah worthed bila dibandingkan dgn P700i yang 2jutaan?
    makasih

  139. Herry SW says:

    Pak Budi M.,

    Tidak bisa. Kebetulan saya pernah mencobanya sendiri.

  140. Herry SW says:

    Pak Agus,

    Wah, saya tidak berani memastikan karena belum pernah mencobanya sendiri. Kebiasaan saya adalah menghapus SMS yang sudah tak terpakai. Ketika menyentuh 20-an saja saya telah bergegas menghapusnya.

  141. Herry SW says:

    Pak/Bu Ryana,

    Saya lebih memilih P700i karena sisi lebihnya dari sisi fitur lebih
    banyak daripada Xperia miro. Namun, soal popularitas merek dan
    kecantikan bodi, Xperia miro memang lebih unggul.

  142. Herry SW says:

    Pak/Bu Rafka,

    Bisa diubah dari dalam menu storage. Namun, saya tak merekomendasikan hal itu karena berpotensi membuat aplikasi tambahan tak berfungsi normal. Saran saya, secara berkala pindahkan file multimedia dari memori ponsel ke kartu memori.

  143. Herry SW says:

    Pak Khoirul,

    P770i belum masuk ke sini. Namun, ponsel itu kelak akan beredar resmi.

    Kurang tahu dengan perbedaan harga segitu S720 layak beli atau tidak.
    Sebab, saya belum mencobanya.

  144. robert says:

    pak lenovo S560 saya tiap kali cut atau copy,delete file kok langsung keluar sendiri ke desktop ya?saya tidak memakai aplikasi seperti file manager.apakah ada apk yg menggangu?kalau soft resetnya bagaimana?data tdk hilang kan ya pak?tolong solusinya pak.thx.

  145. Herry SW says:

    Pak Robert,

    Kalau tanpa file manager, dari menu apa Bapak melakukan cut, copy, atau delete?

    Tak ada kombinasi tombol soft reset seperti di BB. Matikan dan nyalakan ponsel saja, Pak.

  146. Fendy says:

    Pak Herry, Gmna cara merubah font pda lenovo s560 ini pak?
    Apakah harus menggunakan aplikasi tambahan??

  147. Herry SW says:

    Pak Fendy,

    Untuk mengubah ukuran font, silakan masuk ke settings, display, font size, lalu pilih ukuran yang diinginkan.

    Kalau yang Anda maksud adalah mengubah jenis font, saya belum pernah melakukannya. Standarnya sih tak bisa. Di Play Store, kalau Anda coba mencari dengan kata kunci “font changer”, ada beragam aplikasi yang bakal muncul. Benarkah dapat berfungsi? Entahlah. Saya belum pernah mencobanya.

  148. Edwin says:

    Pak Herry SW bagaimana pendapat Bapak tentang Lenovo A690. Apakah layak dibeli ?
    Saya sedang mencari ponsel android murah meriah, fitur yang saya butuhkan hanya untuk email saja.
    Terima kasih atas jawaban anda.

  149. Herry SW says:

    Pak Edwin,

    Saya belum bisa menjawabnya karena belum pernah mencoba Lenovo A690.

  150. jemmy says:

    Pak Herry, bagai mana perbandingan lenovo s890 dan p770 yang minggu lalu di launching? berapa harganya dan lokasi toko dimana pak?
    thanks untuk jawabannya.

  151. Herry SW says:

    Pak Jemmy,

    Belum tahu, Pak. Lha sekadar melihat dan menyentuh barangnya pun belum pernah.

    Yang S890 saya kurang tahu sudah benar-benar tersedia di pasar atau belum. Kalau P770 setahu saya baru masuk pasar pada akhir bulan dengan harga Rp 2,599 juta.

  152. fajar says:

    pak herry hape lenovo S560 kok LED Notification ngga nyala la (kedip_kedip) pas ada message masuk entah itu sms, fb, twitter ato whatsapp. itu kenapa ya? thanks

  153. Herry SW says:

    Pak Fajar,

    Saya lupa S560 ada lampu notifikasinya atau tidak. Kalau yakin ada, cara termudah coba di-reset saja deh.

  154. alin says:

    Info tambahan :

    Untuk seri Lenovo memang menggiurkan cuma sayangnya tidak ada basic feature seperti :

    1. Tidak ada Flash (untuk harga dibawah 2jt) akan lebih bagus ada flash ketimbang dual SIM.
    2. Tidak ada Magnetic/Compass Sensor (meskipun pada seri teratas K860) sehingga aplikasi maps atau yang membutuhkan penentuan arah pasti tidak akan berjalan dengan sempurna (misalnya aplikasi Qibla Compass dll)

    Bila dilengkapi feature diatas pasti (menurut saya) sempurna deh…

  155. Riyani says:

    Pak Herry,

    Apa lenovo P700i bisa langsung di conectingkan ke mesin printer ?
    Apa perlu aplikasi baru or tambahan kabel penghubungnya ?

  156. Herry SW says:

    Bu Riyani,

    Maaf, saya belum mengetahui jawabannya. Belum pernah coba menghubungkan ponsel Android dengan printer nih.

  157. nasruddin says:

    sy membeli lenovo s560 desember yg lalu, namun krn sy blum mendapatkan leather casenya, maka hp tersebut sy “rumahkan” untuk sementara, namun setelah sy akan pakai lg hp tsb selalu restart jika ingin koneksi internet baik melalui gsm ataupun wifi sehingga sy tidak bisa koneksi internet. tolong dibalas segera pak!

  158. ari says:

    Maaf saya mau tnya,sy pk p700i tp sy msh binvung cr mengaktifkan tombol enter pd sms…
    Crnya gmn ya???

  159. Herry SW says:

    Pak Nasruddin,

    Coba di-factory data reset dulu, Pak.

  160. Herry SW says:

    Pak Ari,

    Papan ketik bawaan P700i memang tak ada tombol enter-nya. Saya pribadi biasanya memakai Swiftkey Keyboard yang diunduh dari Play Store.

  161. Joko says:

    Pak saya agak kecewa dengan P700i soalnya layarnya kecil, malah tertarik ke lenovo s880,
    Yang mau saya tanyakan klo saya menerima tlpon atau menelpn sesaat saja layar menyala lalu gelap sehingga sulit ketika saya mau beralih ke menu atau sekedar pindah ke loud spekaker

  162. Herry SW says:

    Pak Joko,

    Layar P700i memang lebih kecil daripada S880. Namun, kalau dicermati, tampilan layar P700i lebih tajam.

    Terkait layar cuma menyala sebentar lalu gelap, hal itu terjadi karena sensor promixity (ada di bagian atas layar) tertutup. Memang sengaja dibuat begitu supaya layar tidak menyala sia-sia. Misalnya, usai menekan nomor telepon, biasanya kita mendekatkan ponsel ke telinga, bukan? Nah, saat itu kan layar tidak perlu menyala.

    Bila ponsel tidak didekatkan ke telinga, tetapi layar tetap padam, coba perhatikan area di sekitar sensor proximity. Jangan-jangan sensornya tertutup screen protector atau benda lain.

  163. AJ says:

    Pak lenovo a800 sama P700i.. menurut bapak bagusan mana… Terima kasih kalo dibalas..
    Artikelnya sangat bermanfaat..

  164. AJ says:

    Bukan lenovo a880 ya pak.. yang lenovo baru itu..
    a800 sama P700i.. Thanks pak,, hehehe

  165. Herry SW says:

    Pak AJ,

    Kalau kita bicara kinerja keseluruhan, saya lebih merekomendasikan P700i.

    Mengapa bukan A800? Kan spesifikasinya prosesornya lebih tinggi? Benar. P700i menggunakan prosesor dual core MTK 6577 1 GHz, sedangkan A800 memakai prosesor dual core MTK 6577T 1,2 GHz. Namun, praktiknya, P700i tak pernah tersendat (nge-lag), sedangkan A800 justru berkali-kali tersendat.

  166. SONI says:

    Pak herry, untuk lenovo s880 dengan p700i jika dilihat dari prosessornya lebih unggul mana, dan untuk pak herry yang mana ya pak yg paling bagus di antara keduanya

  167. AJ says:

    Terima kasih Pak… Cuma harganya lebih murah a800.. tapi y ada harga ada kualitas.. hehe
    Tuh comment yg diatas ane… Perasaan diatas udh dibahas deh..
    makanya baca2 dulu sebelum comment.. yang jelas p700i lebih unggul..

  168. Herry SW says:

    Pak Soni,

    S880 menggunakan prosesor single core MTK6575 1 GHz, sedangkan P700i memakai prosesor dual core MTK6577 1,2 GHz. Jadi, kalau dilihat dari prosesor, P700i lebih unggul.

    Lebih menarik S880 atau P700i? Bergantung kebutuhan dan selera. Keduanya sama-sama menarik kok.
    * Kalau ingin yang layar lebar, ambil S880.
    * Kalau ingin yang lebih nyaman digenggam dan dikantongi, ambil P700i.

  169. jay says:

    pak herry lampu pemberitahuan kelap kelip di ponsel lenovo p700i ini gimana cara memfungsikannya ya..?? trims

  170. jay says:

    mengaktifkannya kamdusnya heheh..

  171. Herry SW says:

    Pak Jay,

    Memangnya ada, Pak? Seingat saya tak ada lampu notifikasi di sisi muka P700i.

  172. FS says:

    Pak Herry, Lenovo S890 udah beredar d Indonesia kn??? tau gak online shop jual???makasihh

  173. Herry SW says:

    Pak FS,

    Kalau nggak molor lagi, S890 akan tersedia di pasar pada pertengahan bulan ini. Saat ini belum ada yang jual.

  174. Zoldyck says:

    bang kira2 lenovo p700i atau s560 lancar gak kalo buat mainin game emulator ps1..?

  175. adijaka says:

    mau tanya, hp lenovo saya ke lock pattern lock nya gara2 dimaenin anak…berhubung kondisi ga konek ke internet…ga bs pk yg fasilitas masukin email sm psword..

    kira2 caranya gimana ya….trm kasih sblmnya

  176. budi kusniadi says:

    bu,
    kalo lenovo s890 bisa video call tidak ya…?

  177. budi kusniadi says:

    pak herry,
    kalo lenovo s890 bisa video call tidak ya…?
    terimakasih atas infonya .

  178. budi kusniadi says:

    pak herry,
    kalo lenovo s890 bisa video call tidak ya…?
    satu lagi pak herry,
    piih mana LG oftimus L9 ato Lenovo s890 pak,terimakasih atas infonya .

  179. Herry SW says:

    Pak Zoldyck,

    Maaf, saya tidak tahu, Pak.

    Di Play Store apakah ada game emulator PS1? Apakah judulnya? Kalau sempat saya cobakan di P700i.

  180. Herry SW says:

    Pak Adijaka,

    Coba matikan ponsel dulu. Lalu, tekan dan tahan tombol power plus volume ke atas secara bersamaan. Tekan terus sampai layar menyala.

    Di layar seharusnya akan muncul aneka pilihan. Pilihlah yang intinya menghapus memori.

    Satu hal yang harus diketahui dari awal, data di memori ponsel akan terhapus seluruhnya ya, Pak.

  181. Herry SW says:

    Pak Budi Kusniadi,

    Saya tak mengetahui S890 bisa dipakai ber-video call atau tidak karena belum pernah mencobanya. Ponsel itu memang belum beredar.

    Karena belum pernah mencobanya sendiri, saya juga belum bisa memberikan rekomendasi mending LG Optimus L9 atau Lenovo S890.

    Optimus L9 kebetulan pernah saya review. Silakan membacanya di http://ponselmu.com/review-lg-optimus-l9-arahkan-kamera-untuk-terjemahkan-kata/

  182. Zoldyck says:

    nama software nya FPse bang, buat mainin game ps1 di android

  183. Herry SW says:

    Pak Zoldyck,

    Baiklah, nanti saya coba.

  184. Zoldyck says:

    sip ditunggu pak..tanya lagi dong, hardcase s560 bisa gak dipake di p700i..? saya niatnya mau beli p700i warna putih tapi di gadget village gak ada hardcase warna putih buat p700i, adanya buat s560

  185. Herry SW says:

    Pak Zoldyck,

    1. Barusan saya coba mengunduh FPse via P700i. Karena ternyata aplikasi tersebut berbayar dan saya juga tak mempunyai ROM game PS1, maka saya batal mencobanya.

    2. Hardcase S560 tidak bisa digunakan di P700i. Demikian sebaliknya.

  186. rudy says:

    Barusan saya beli p700i memang mantap sepadan dengan harganya cuman beberapa hal yang mempunyai nilai minus proximity sensornya tidak seperti merk lain kadang kala aneh didekatkan telinga gelap lalu begitu balik layar tetap gelap dalam kondisi sambungan telepon belum putus. Kompas tidak bisa jalan sehingga kalau baca gogle map sedikit kesulitan. Trus ketergantungan tombol power itu yang sering merepotkan. Pak juga saya mau tanya beli hardcase dan antigoresnya disurabaya beli dimana ya soalnya saya kesulitan caru. Trims

  187. Herry SW says:

    Pak Rudy,

    * Apakah proximity sensor di P700i Anda tidak sengaja tertutup oleh kotoran atau screen protector? Coba bersihkan area di sekitarnya. Ketika awalnya didekatkan dengan telinga, lalu dijauhkan, lampu layar seharusnya kembali menyala.

    * Soal kompas, saya lupa tepatnya, P700i dibekali kompas atau tidak. Seingat saya tanpa kompas.

    * Untuk menggantikan fungsi tombol power, silakan menginstalasikan aplikasi auto screen on dan screen off. Auto screen on memanfaatkan proximity sensor dan berfungsi menyalakan layar. Sedangkan screen off untuk memadamkan layar. Dua aplikasi itu tersedia di Play Store dan berstatus free.

    * Untuk hardcase dan antigores, coba cari di tempat-tempat berikut:
    – Phone Shop, Plasa Marina lantai 2
    – Pak Andy di zeguym.store@gmail.com. Dia tidak punya toko offline.

    Bila gagal menemukan screen protector untuk P700i, langsung cari di toko yang menawarkan screen protector saja, Pak. Petugas di sana akan mencarikan yang tepat. Kalau perlu, dipotong sedikit dari stok yang tersedia.

  188. Adyaputra says:

    Saya pengguna s560, by the way setelah membeli saya langsung mengakali case blakang yang gampang tergores dengan memasang anti scratch 10 ribuan , hasilnya udh cukup memuaskan kok :)

  189. Adyaputra says:

    @Riyani, saya udh coba menghubungkan s560 saya ke printer melalui aplikasi kingsoft document, lancar kok :)

  190. Herry SW says:

    Pak Adyaputra,

    Terima kasih atas sharing-nya.

    Btw, menghubungkan printer dengan ponselnya via koneksi apa, Pak?

  191. dannis says:

    Untuk menonaktiafkan suara kamera gmna?
    Hp lenovo s560

  192. Herry SW says:

    Pak Dannis,

    Barusan saya coba utak-atik menu di P700i yang merupakan saudara kembar S560, tampaknya memang tak bisa dinonaktifkan. Kemungkinan sengaja dibuat demikian dengan alasan melindungi privasi objek yang difoto. Kalau ada suaranya, orang lain yang dijepret akan tersadar bila ada yang memotret.

  193. Vina says:

    Pak Herry mau tanya nih saya,

    Baru saja saya baca kalo lenovo A800 itu untuk memory internal yang bisa buat aplikasi hanya 300 mb an saja.

    Nah diatas juga sudah disebutkan untuk P700i ini juga dari 4GB internal Storage yang bisa dibuat aplikasi hanya 600MB an dan sisaanya sekitar 1,8G dibiarkan kosong,
    Kasusnya sama kaya A800, kenapa ya pak harus ada memory internal yang kosong seperti itu ? Biasanya saya pakai samsung Young yang internal storage hanya 100 MB an,, dan saat mau beli baru jadi bingung antara Lenovo A800 dan P700i.. Trims :)

  194. Herry SW says:

    Bu Vina,

    Setiap produsen memiliki cara tersendiri dalam membagi memori internal ponsel. Ada yang menggabungkannya, ada pula yang memisahkan.

    Bila digabungkan, maka memori internal ponsel yang terlihat hanya satu. Memori internal itu dipakai untuk:
    * Menyimpan data. Misalnya, Anda membuka Gmail. Nah, pasti dibutuhkan ruang penyimpanan, bukan?
    * Menginstalasikan aplikasi tambahan.
    * Menyimpan file multimedia, entah lagu, foto, atau video.

    Bagaimana kalau dipisahkan? Berarti, memori internal dibagi dua. Sebut saja bagian A dan B.

    * Bagian A. Penamaannya bergantung si produsen. Bisa disebut phone storage, internal storage, atau yang lain. Bagian ini digunakan untuk menyimpan data aplikasi dan menginstalasikan aplikasi tambahan.

    * Bagian B. Penamaannya juga bergantung produsen. Kadang disebut internal storage atau phone storage. Fungsinya untuk menyimpan file multimedia.

    Btw, kalau anggaran tersedia, lebih baik melirik P700i daripada A800.

  195. Vina says:

    Iya terima kasih sudah memberikan penjelasan panjang dan lebar pak :D

    oiya apa benar ini pak : (Internal Storage)

    A800 : 521 MB = jatah aplikasi, 1,83 GB = kosong
    S560 : 681 MB = jatah aplikasi, 1,8 GB = kosong
    P770i : 684 MB = kosong.1,75 GB = jatah aplikasi

    Kelihatannya saya salah baca aja sih ya, apa benar diantara ketiga lenovo itu jatah aplikasi di internal storage yang paling besar di P770i yang mencapai 1,75 GB ?

    #Walau sepertinya saya salah baca, mohon dimaklumi :D
    Terima kasih pak.

  196. Herry SW says:

    Bu Vina,

    Yang A800 dan S560 sudah benar.

    Yang P700i (bukan P770i lho) terbalik. Mestinya yang jatah aplikasi 684 MB, sedangkan yang 1,75 GB untuk menyimpan file multimedia.

  197. Vina says:

    Oh begitu,,,

    Sudah kuduga sepertinya saya salah baca,,

    terima kasih sudah dijawab pak… :D :D

  198. Herry SW says:

    Sama-sama, Bu Vina.

  199. Widi says:

    Pak saya bingung untuk memilih S560 atau P700, apa sebenarnya yang signifikan membedakan keduanya sehingga P700 lebih menarik

  200. Herry SW says:

    Pak Widi,

    Paling mudah begini deh:
    * Kalau ingin yang baterainya tahan lama, ambil P700i.
    * Kalau ingin yang suara musiknya lebih bagus, ambil S560.

  201. Widi says:

    Pak Herry kalau dari segi performa dan aplikasi bawaan bagus mana ya, kalau melihat rekomendasi Bapak di atas yang rekomendasi P700i apa yang bapak rasakan perbedaannya..

  202. Herry SW says:

    Pak Widi,

    Aplikasi bawaan boleh dibilang sama.

    Perbedaannya apa? Sudah saya jelaskan di naskah di atas lho. Ini saya copy paste-kan lagi.

    Ditilik dari spesifikasi, selain perbedaan tampilan fisik, sekilas hanya ada dua perbedaan dasar antara S560 dan P700i. Pertama, S560 telah mengadopsi teknologi yang oleh Lenovo disebut sebagai Dolby Digital Plus. Hal serupa tak ditemukan di P700i. Kedua, baterai S560 berkapasitas 2.000 mAh, sedangkan baterai P700i 2.500 mAh.

    Ketika dua ponsel itu dipakai dalam aktivitas sehari-hari, menurut penulis, minimal ada enam perbedaan yang bisa ditemukan. Hasil akhirnya, umpama komparasi di antara keduanya ibarat pertandingan sepak bola, S560 harus mengakui keunggulan P700i dengan skor 2-4.

    Teknologi Dolby Digital Plus di S560 membuat ponsel itu lebih prima dalam memperdengarkan suara musik dan video. Perbedaan kualitas tersebut lebih kentara bila pengguna memanfaatkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan. Tombol power S560 juga lebih ramah tangan ketimbang tombol yang sama di P700i. Skor sementara 2-0 untuk S560.

    Namun, P700i kemudian melakukan hattrick. Perbedaan kapasitas baterai sebesar 500 mAh sangat terasa dalam pemakaian sehari-hari. Pengguna P700i leluasa beraktivitas sejak pagi hingga malam, sedangkan pemakai S560 harus berharap-harap cemas.

    Dengan tingkat pencahayaan yang persis sama, tampilan layar P700i terlihat lebih putih dan cemerlang daripada S560. Lampu tombol sentuh di bawah layar tampak lebih bercahaya pula. Skor berbalik menjadi 2-3 untuk P700i.

    Pada injury time, P700i menambah keunggulan menjadi 2-4. Sebab, permukaan penutup baterai ponsel itu relatif tidak rawan gores. Hal bertolak belakang terjadi di S560. Permukaan penutup baterai S560 yang mengilap cenderung mudah tergores. Jangankan terkena benda tajam, bergesekan dengan permukaan meja atau kain celana pun berpotensi menimbulkan goresan halus.

    Saat ini S560 dijual Rp 1,699 juta, sedangkan P700i ditawarkan Rp 1,999 juta. Meskipun harus mengeluarkan dana ekstra Rp 300 ribu, menurut penulis, meminang P700i lebih bijak ketimbang melamar S560. Kecuali, calon pembeli lebih mementingkan kualitas suara musik dan video.

  203. Widi says:

    Wah cukup memuaskan uraiannya Pak Herry.. Terima kasih sekali. jadi rekomended dalam menentukan pemilihan.

  204. Widi says:

    Maaf Pak Herry nanya lagi nich.. untuk yang harga dibawah 3 juta kira-kira recommended seri HP apa ya Pak..

  205. Herry SW says:

    Pak Widi,

    Di harga kurang dari Rp 3 juta, terus terang saya penasaran dengan Lenovo P770. Sebab, baterai bawaannya berkapasitas 3.500 mAh dan konon bisa difungsikan sebagai power bank. Namun, saya belum pernah mencobaya sendiri. Ponsel itu juga memang belum terdistribusi.

    Kalau yang sudah benar-benar tersedia di pasar, selain Lenovo P700i (bukan P770), boleh mempertimbangkan:
    * Sony Ericsson Xperia ray. Barang keluaran lama tapi masih boleh dilirik. Review ada di http://ponselmu.com/penuhi-keinginan-pengguna-asia/

    * LG Optimus L9. Review ada di http://ponselmu.com/review-lg-optimus-l9-arahkan-kamera-untuk-terjemahkan-kata/

    * HTC Sensation XE. Review ada di http://ponselmu.com/lepas-baterai-serasa-bongkar-ponsel/

    Harga baru ponsel yang saya sebutkan di atas maksimal Rp 2,999 juta.

  206. Widi says:

    Terima kasih Pak Herry, betul pak saya juga penasaran dengan P770, tapi pada saat saya tanyakan ke okeshop dan global mereka tidak bisa memastikan kedatangannya, yang sudah tersedia adalah s890 yang menurut saya ukurannya agak kegedean dikit buat di kantong walaupun kalau melihat spesifikasinya sangat bagus.

    Sebagai tambahan kemarin pada saat saya membeli P700i Lenovo masih memasang discount 5%+souvenir untuk tipe S880, P700i, dan S560.

    Pak Herry untuk 2 ponsel Lenovo S890 dan P770 kalau melihat review dan spesifikasinya akan memilih yang mana dengan pertimbangan apa ?

  207. pandu says:

    Salam kenal pak..

    Saya tertarik meminang diantara kedua ponsel ini, dilihat dari harga dan juga kemampuan tidak kalah dengan smartphone yang lebih terkenal.

    Saya sempet compare kedua smartphone di http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone1=5094&idPhone2=4911 tapi kok harga yang tertera disini malah P700i lebih murah daripada S560

    Ditempat saya tinggal saat ini (samarinda), sempet belum ada stok untuk P700i

    Saya tertarik S560 karena suka dengan sound-nya dan suka juga dengan P700i karena performance lebih unggul sedikit.

    Oiya mau tanya nih sekalian, di kedua ponsel ini ada “airplane mode” gak ya?

    Terima Kasih…

  208. Herry SW says:

    Pak Widi,

    P770 memang belum beredar. Namun, kehadirannya sudah di ambang pintu. Semoga saja minggu ini mulai memasuki pasar.

    Ya, memang ada promo baru, Pak. Kalau sebelumnya ada bonus power bank untuk pembelian tipe tertentu, kini ada diskon lima persen. Tetapi, menurut saya, promo yang sekarang kurang menarik.

    Saya contohkan promo untuk P700i. Harga di Oke Shop atau Global Teleshop Rp 1.999.000. Setelah didiskon lima persen, harga akhirnya menjadi Rp 1.899.050. Kalau beli di toko biasa, P700i bisa didapatkan lebih murah daripada itu. Hal serupa berlaku untuk S880 dan S560.

    Untuk S890 dan P770, saya belum pernah mencoba keduanya. Umpama harus “memilih buta”, saya lebih tertarik dengan P770. Sebab, saya penasaran dengan baterainya yang berkapasitas 3.500 mAh.

  209. Herry SW says:

    Pak Pandu,

    Salam kenal juga.

    Saya barusan membuka tautan yang Anda berikan. Harganya di baris terendah (price group) ya, Pak? Mungkin harganya mengacu pada harga di luar negeri. Kalau kita cermati, harga ponsel Lenovo di sini seringkali berbeda dengan di negara lain.

    P700i sudah lama beredar. Jadi, seharusnya sudah terdistribusi ke seluruh Indonesia. Sudah coba mencari di gerai Oke Shop atau Global Teleshop Samarinda?

    Di dua ponsel itu tersedia pilihan airplane mode.

  210. pandu says:

    Saya lupa pernah ke Oke apa Global gitu, dan itu masih indent tapi X-Banner Lenovo Series sudah dipajang. Waktu itu saya nanya P700i. Tapi saat ini sih belum hunting lagi.

    Iyaa betul harga di baris terendah. Web itu cukup menjadi pembanding sebelum membeli gadget.

    Terima kasih, atas tanggapannya.. b(“-“)

  211. Herry SW says:

    Pak Pandu,

    Kalau memang Bapak masih ingin mencari P700i di Samarinda, saya akan coba teruskan kepada pihak terkait. Mohon ketikkan nomor HP Bapak di baris website.

  212. Widi says:

    Pak Herry,

    Pas saya buka update untuk Lenovo P700i di situ terdapat link update firmware +/- 240 Mega itu untuk apa ya..?
    Ada resiko tidak bila saya update, dan pengaruhnya apa ya..

    Terima kasih atas jawabanya

  213. Herry SW says:

    Pak Widi,

    Itu berarti ada firmware baru untuk P700i. Di-update saja, Pak. Biasanya menyempurnakan firmware sebelumnya dan memperbaiki firmware yang ada.

    Kalau pun hasil akhirnya tetap di ICS, minimal jadi lebih sempurna. Kalau ternyata jadi Jelly Bean, wah… asyik deh.

  214. Widi says:

    Pak Herry,

    Apa sich kelebihan dan kekurangan Jelly Bean dibanding ICS

    Terima kasih

  215. Herry SW says:

    Pak Widi,

    Pergerakan terasa lebih smooth. Baterai juga saya rasakan lebih hemat.

  216. Widi says:

    Pak Herry,

    Saat ini menggunakan HP seri apa, memang dari sananya sudah Jelly Bean atau update.?
    Bagaimana cara updatenya.?

    Terima kasih

  217. Herry SW says:

    Pak Widi,

    Kan tadi ditawari update. Ya langsung di-oke-kan saja. Bisa pula masuk ke settings, about phone, lalu pilih system update.

    Saat ini saya sedang ngetes Xperia Z yang bawaannya memang sudah Jelly Bean.

  218. Zidan says:

    Pak herry
    S890 dah kluar tuh pak ahkirnya…ada review gak pak???
    Kpn??

  219. Herry SW says:

    Pak Zidan,

    Jadwal review S890 belum diketahui. Sebab, saya belum pernah mencoba ponselnya.

  220. Edi Psw says:

    Pak Herry,

    Sensor yang dibenamkan dalam S560 apa saja? Dan yang dibenamkan dalam P700i itu apa saja?

  221. Herry SW says:

    Pak Edi Psw,

    Di P700i ada accelerometer, sensor cahaya, dan proximity sensor.

    Saya tak ingat di S560 ada apa saja. Seingat saya sih sama dengan P700i.

  222. Edi Psw says:

    Di S560 kalo sedang browsing, jika HP diputar 45 derajat ke kanan, apakah teksnya juga ikut berputar, Pak. Ataukah teksnya masih tetap tegak (nggak ikut miring)?

  223. Herry SW says:

    Pak Edi Psw,

    Saya sudah tidak pegang S560 lagi. Di P700i tampilan bisa berubah arah. Mestinya di S560 juga demikian.

  224. rahadian says:

    Saya beli lenovo s720 bulan lalu n saya masukkan memory card bekas bp lama di ponsel lenovo tsb, saat buka aplikasi musik pada tab folder, memori tdk terdeteksi tp pada tab yg lain spt song, album genre terdeteksi..mohon info n sharenya ya, trimaksaih sblmnya..

  225. rahadian says:

    1 info lg sy pake memory card 2 gb

  226. Herry SW says:

    Pak Rahadian,

    Kalau kasusnya seperti itu, bisa jadi file lagu di microSD berada di folder yang oleh ponsel dianggap salah. Coba pindahkan ke folder yang mengandung kata music. Entah “Music” atau “My Music”.

  227. zaki malang says:

    wah,… baru tahu kalau ada forum ini, menarik sekali ulasan2 dari pak Herry SW.
    mau tanya pak, lenovo S560 sy kok akhir2 ini sering mengalami sambungan data putus. durasi sekitar 10mnt sampai 5-6jam. padahal sinyalnya bagus,… mohon pencerahaannya pak

  228. Herry SW says:

    Pak Zaki Malang,

    Terima kasih atas apresiasinya. Blog yang super sederhana ini kebetulan saya buat dengan jurus trial and error. Sebab, saya nggak paham web programming.

    Mungkinkah performa internet operator yang Anda gunakan kebetulan sedang sering mabuk? Sinyal bagus tidak menjamin layanan internet lancar jaya.

  229. zaki malang says:

    emm,… kebetulan teman pake operator yg sama, punya dia nyambung,… punya saya nggak,…
    tadi sore sy coba pake wifi,… yg lain nyambung, punya saya nggak,…
    seperti yg sya bilang sebelumnya,… durasi sekira 10 menit sampai bisa berjam-jam. nah, tambahan,.. biasanya terjadi kalau, batrai lowbat, hp abis di matikan, atau mungkin saat bepergian bisa terjadi sambungan data putus

  230. Herry SW says:

    Pak Zaki Malang,

    Ccck… ck.. ck… ini sangat aneh. Kalau begitu, langsung coba langkah pamungkas deh. Lakukan factory reset terhadap ponsel Anda.

  231. AJ says:

    Pak kenapa ya punya sy sinyalny dapat cuma G aja ya.. Sinyal hijaunya cuma 1 bar aja kadang2 gak dpt sinyal (tanda X).. padahal kemaren2 dpt 2G sama 3G… ane cuma make 1 SIM aja… Apa dari Telkomselny yang bermasalah.. Ane pake kartu AS…. :bingungs

  232. Herry SW says:

    Pak AJ,

    Saya tak tahu Anda berada di mana. Kalau Surabaya, dua minggu terakhir saya merasa sinyal 3G Telkomsel menurun. Di lokasi A yang biasanya sinyal penuh, belakangan ini nggak sampai penuh.

    Tapi kalau sinyal sampai hilang, mestinya nggak sampai sebegitu parah deh. Coba cek pengaturan ponsel. Siapa tahu tanpa sengaja berubah menjadi terkunci di GSM only. Bila terkunci di GSM only, otomatis tak bisa mendapatkan sinyal 3G.

  233. zidan says:

    halo pak herry, mg sll sehat, biar pertanyaan qt selalu di jawab…
    pak kl udah pegang and pake lenovo p770, buruan ksh reviewnya ke kta-kta ya paaaaak!!
    plis and thks

  234. Herry SW says:

    Pak Zidan,

    Terima kasih atas doanya.

    Sedapat mungkin saya membalas pertanyaan masuk dalam 1 x 24 jam. Namun, kalau sedang sibuk atau bepergian ke luar kota, batas maksimal itu seringkali terpaksa harus saya lewati.

    Tentang P770, beberapa hari lalu saya melakukan voting di Twitter @herrysw. Saya meminta follower menentukan saya mencoba Lenovo S890 atau P770 dulu. Hasilnya, S890 menang mutlak. Jadi, mulai besok saya akan mencoba ponsel itu dulu. Beberapa minggu kemudian baru mencicipi P770.

  235. heri nugroho says:

    salam pak herry. kalau bapak memilih secara peringkat antara xperia j
    p 770 dan s890 mana yang bapak pilih peringkat pertama dan selanjutnya. kalau boleh tau alasan peringkat pertamaa apa.trims

  236. Taufik says:

    salam kenal pak herry sekalian mau numpang nanya ni.
    1.ada taman saya yang bilang kalo smartphone merk china bagus spesifikasi nya doang, tapi waktu dipakai suka sulit dapet sinyal. apa pendapat ini benar? trus bagai mana dengan lenovo P700i & S560 ini?
    2.kalau saya lihat di bhinneka.com garansi nya garansi distributor, boleh tau nggak ya kalau garansi distributor itu gimana? trus kalau misal ada cacat produk apa harus ke toko/distributor tempat awal beli atau bisa ke toko lain? dan bagaimana jika belinya di toko hp biasa yg belum punya nama seperti okeshop dan global?
    3.menurut bapak bagaimana perbandingan secara umum smartphone lenovo ini dengan smartphone merk terkenal seperti samsung, htc, lg, dan sony dalam hal ketahanan fisik(pemakaian normal) dan yang terkait dengan garansi secara umum.
    terima kasih

  237. Taufik says:

    oya mohon maaf ketinggalan satu lagi pak,
    4.berkaitan dengan toko/distributor kalau misal mau beli lenovo ini baiknya toko/gerai/distributor resmi yang penanganan klaim nya bagus toko/gerai/distributor apa ya?

  238. Herry SW says:

    Pak Heri Nugroho,

    Urutan pertama saya akan memilih Lenovo P770. Alasannya:
    * Baterainya berkapasitas besar (3.500 mAh) sehingga saya tak perlu khawatir kehabisan baterai saat beraktivitas mulai pagi sampai malam.
    * Siaran radio FM bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree.
    * Dalam kondisi darurat, P770 bisa difungsikan sebagai power bank.

    Urutan kedua saya memilih S890 dengan alasan:
    * Layarnya gede. Cocok buat jari saya yang jempol semua.

    Urutan ketiga saya memilih Xperia J dengan alasan:
    * Bentuknya cantik.
    * Mampu memainkan musik dengan prima.

  239. Herry SW says:

    Pak Taufik,

    1. Ini yang dimaksud merek China buatan China atau merek lokal buatan China ya?

    Ponsel merek lokal buatan China yang harganya ekstramurah kadang penangkapan sinyalnya memang kurang stabil. Namun, yang lebih patut dikhawatirkan adalah daya tahannya.

    Lenovo, menurut saya, sudah tergolong merek global. Ia termasuk dalam kelompok yang sama dengan Samsung, LG, Nokia, Motorola, dll. Kinerja P700i dan S560 baik-baik saja kok.

    2. Ini kita bicara tentang garansi ponsel Lenovo kan? Grup Trikomsel menjadi distributor tunggal di sini. Jadi, mereka yang menangani garansinya. Cacat produknya ketahuan kapan nih? Kalau kurang dari 1 x 24 jam, langsung balik ke toko saja.

    Kalau cacat produk baru ketahuan berminggu-minggu kemudian, harus dilihat kasus per kasus dulu.

    Beli di toko independen alias toko biasa tidak masalah. Asalkan barang dalam kondisi baru dan sesuai paket penjualan standar.

    3. Dalam hal ketahanan fisik sih relatif sama. Yang perlu dicermati, Lenovo ini memiliki harga jual yang relatif sepadan dibandingkan dengan kinerja dan spesifikasi.

    Kalau kita bicara merek lain, Samsung dan HTC itu sering sekali pasang harga mahal sekali. Ponsel Samsung tak jarang mempunyai tampilan fisik yang plastik banget, sedangkan HTC lemah di layanan purna jual dan harga pasaran bekas.

    Produk LG sebenarnya bagus. Sayang, distribusi dan promosinya belum seprima Samsung. Saya pribadi secara umum lebih mempercayai LG daripada Samsung.

    Beralih ke Sony. Produknya menarik, harga jual juga semakin rasional. Tinggal menantikan momen tepat untuk naik daun deh.

    4. Kalau mau yang tempatnya lebih nyaman, bisa beli Lenovo di Oke Shop atau Global Teleshop. Keduanya dimiliki oleh Trikomsel yang merupakan distributor tunggal ponsel Lenovo di sini. Harga jual sesuai harga ritel yang disarankan. Misalnya, P700i dijual Rp 1,999 juta.

    Beli di toko biasa juga boleh kok. Keuntungannya, harga jual seringkali di bawah harga ritel yang disarankan. Misalnya, P700i bisa dibawa pulang dengan dana sekitar Rp 1,875 juta.

  240. Neddy says:

    Pak Herry,

    saya mengalami hal yang sama seperti Bpk adijaka dan sudah mencoba yang seperti disarankan tetapi di gadget saya hanya timbul tulisan “have been in meta mode, long press the power button and the normal boot” tidak ada pilihan yang seperti bapak sebutkan…saya menggunakan s560.
    mohon bantuannya pak,terima kasih

  241. Herry SW says:

    Pak Neddy,

    Silakan mencoba mengikuti panduan langkah demi langkah ini:
    1. Matikan ponsel.

    2. Tekan dan tahan tombol power plus volume ke atas sampai layar menyala dan muncul tulisan “have been in factory mode, long press the power button and the normal boot”.

    3. Lepaskan seluruh tombol. Tunggu sekitar tiga detik.

    4. Di layar ponsel seharusnya akan ada aneka pilihan dalam bahasa China.

    5. Tekan tombol volume ke bawah sampai baris yang ada tulisan “e MMC” tersorot.

    6. Kini tekan tombol yang bentuk ikonnya seperti bujur sangkar dengan lingkaran di bagian tengahnya. Posisi tombol itu berada di bawah layar.

    7. Ponsel akan restart. Tunggulah selama 2-5 menit. Jangan utak-atik ponsel selama rentang waktu tersebut.

    Selamat mencoba!

  242. Zico says:

    Salam kenal om Herry saya tau dari kaskus blog ini.

    Saya mw tanya cara gmn Tethering hotspot di Lenovo P700i?

  243. Herry SW says:

    Pak Zico,

    Salam kenal juga.

    Cara mengaktifkan tethering P700i memang agak berbeda. Bukan dari menu settings, melainkan langsung dari halaman menu utama. Di halaman menu utama, carilah ikon Tethering. Ikonnya bergambar tower/menara dengan latar belakang berwarna hijau.

    Selamat mencoba.

  244. Zico says:

    oh gtu ya. thank ya pak herry, biasanya kan di setting.

  245. Herry SW says:

    Pak Zico,

    Iya, biasanya di Settings. Ini luar biasa posisinya. :)

  246. Dika says:

    Pak Herry yang baik, akhirnya saya membeli Lenovo P700i setelah sedikit bingung mempertimbangkan antara S880 atau P700i ini. terima kasih review-nya Pak. sangat bermanfaat :)

    yang ingin saya tanyakan terkait masalah charging hp P700i ini Pak. kemarin saya tanya penjualnya, disuruh charge selama 2 jam saja. sudah saya lakukan charge dalam keadaan hp mati, dan indikator juga sudah mengatakan bahwa charging complete. Kemudian saya hidupkan hp-nya, tetapi di indikator baterainya ternyata belum 100%, hanya 84%.

    pertanyaan :
    1. Kenapa bisa seperti itu ya Pak? Apakah itu normal?
    2. Bagaimana cara charging pertama kali yang benar?
    3. Tips apakah yg bisa dimanfaatkan untuk mensiasati indikator baterai yg “ajaib” ini Pak?

    Terimakasih banyak utk jawabannya Pak :)

  247. Herry SW says:

    Pak Dika,

    1. Entah alasan sebenarnya apa, ponsel Lenovo memang jarang bisa di-charge sampai 100 persen. Jadi, biarpun dibilang charging complete, saat dinyalakan seringnya sih masih 90-an persen. Misalnya, 92 persen dan 96 persen.

    Kata teman yang paham listrik-listrikan, bisa jadi Lenovo sengaja melakukan hal itu supaya umur baterai lebih panjang. Hal serupa, kata dia, berkali-kali ditemukannya di produk Apple.

    2. Ketika kali pertama beli, biasanya kan baterai sudah terisi. Saya memakainya dulu sampai low battery, memadamkan ponsel, lalu mengisi ulang baterai itu sampai penuh.

    Setelah penuh, ponsel saya pakai untuk beraktivitas sampai low battery lagi. Ponsel dimatikan dan di-charge lagi sampai penuh. Begitu seterusnya sampai minimal 3-4 kali.

    Tuntas melewati periode itu, bila memang terpaksa, saya bersedia men-charge baterai ponsel dalam kondisi ponsel siaga. Namun, sedapat mungkin saya tetap memadamkan ponsel saat men-charge.

    3. Tak ada tip khusus sih, Pak. Oh ya, baterai bawaan P700i berkapasitas 2.500 mAh, sedangkan charger bawaan memiliki output 1 A. Jadi, kalau cuma di-charge dua jam, ya pasti belum penuh.

  248. Ichwan Hadi says:

    thanks reviewnya om. tetep cemungudhhh … xixixi

    akhirnya sy putuskan P700i saja utk the 1st my android phone (setelah 2008 lalu diundang htc -sistech kharisma- dlm mengenalkan the 1rst android phone g1 di bakers corner dps).

    sukses ya om Herry SW :D

    -member milis grde+idbb-

  249. Herry SW says:

    Pak Ichwan Hadi,

    Sama-sama.

    Bakers Corner itu apakah yang berada di Jl Teuku Umar, Denpasar? Kalau iya, tahun lalu saya pernah hadir dalam acara Axis di sana.

  250. Zidan says:

    Pak herry..
    Sy cari reviw anda p770, dmn ya? Sdh ada blm review-nya? Apa kata kunci nya? Biar saya cari d google! Thks!

  251. Herry SW says:

    Pak Zidan,

    Review Lenovo P770 akan saya unggah ke Ponselmu.com pada Selasa, 21 Mei 2013.

  252. angga says:

    pak kalo kekurangan dari P700 ini apa ya

    untuk lag kira” ada ga pak

    untuk pemutar video gmn

    youtube ada lag ga pak

    untuk GPS locknya cepat apa ga

    thx

  253. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Tidak lag. Memutar video baik-baik saja. Namun, saya tak pernah mencoba memutar video dengan berbagai format dan resolusi ya.

    YouTube bergantung kecepatan koneksi operator yang dipakai.

    GPS lock-nya biasa-biasa saja. Sekitar satu menit.

    Sisi minus P700i:
    * Tombol power-nya kurang menonjol sehingga cukup susah ditekan.
    * Buat sebagian orang, tidak adanya lampu kilat di kamera.

  254. angga says:

    Pak kalo hh yang spesifikasinya sebanding dengan p700 ap aj pak tanpa membertimbangkan harga

  255. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Yang paling dekat sih Lenovo S560.

  256. angga says:

    Dari segi keunggulan lebih baik mana pak
    P700 dengan S560

  257. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Pada naskah review di atas sudah saya sebutkan dengan cukup detail lho. Silakan mencermati 6-7 paragraf terakhir.

  258. angga says:

    Oh ya
    Maaf maaf
    Pak mnurut anda yg recomended dgn budged max 2jtan
    Dual core
    Ram 512mb
    Kira” merek apa pak

  259. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Maksimal Rp 2 jutaannya itu berapa ya? Sebab, Rp 2,999 juta juga masih bisa disebut Rp 2 jutaan.

  260. angga says:

    Hehe betul pak
    Max 2jt pas deh

  261. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Ok, berarti ya Lenovo P700i.

  262. angga says:

    Hehehehe
    Pak kalo Qualcomm MSM7227A Snapdragon, 1GHz Cortex-A5 GPU Adreno 200 vs Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1GHz Scorpion, GPU Adreno 205 bagus yang mana pak

  263. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Maaf, karena tak terlalu menguasai detail teknis sampai ke jenis prosesor dan GPU, saya tak berani jawab. Satu hal yang perlu diketahui pula, firmware juga turut menentukan performa.

  264. Ayu says:

    Saya sudah sebulanan pake p700i. Kenapa sekarang sering cepat panas ya pak?

  265. Herry SW says:

    Bu Ayu,

    Yang dimaksud panas (sudah tak memungkinkan dipegang tangan) atau hangat ya?

    Kalau panas, hal itu kurang normal. Idealnya Anda membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi untuk pengecekan.

    Kalau hangat, hal tersebut masih bisa dianggap normal bila ponsel aktif dipakai berinternet. Demikian pula bila sinyal ponsel timbul tenggelam atau tidak stabil.

  266. mierza says:

    trus kesimpulanya untuk s560 ama p700i ckalu di bandingkan dengan andromax i menurut anda gmana pak,, trims

  267. Herry SW says:

    Pak Mierza,

    Bila tidak perlu GSM-CDMA, P700i menjadi pilihan utama saya.

  268. mierza says:

    trims pak herry,,,

    saya emang nyarinya gsm gsm pak,, trims pak ya jawabanya,, yg bingung nih sekarang nyari hpnya pak,,, yg ready stock andromax tok pak

  269. mierza says:

    pak herry ,,
    nambah pertanyaan lagi pak,, yang beda dari p700 ama s560 tu cuma pada bateray ama penutup aja ya pak??? ,, soalnya saya bingung banget pak milih 2 hh trsebut,, kalau cuman ngelirik harga saya malah lebih jatuh cinta ama si s560 pak kalau perbedaanya cuma di baterey ama casingny,, tp kalau pada performa,layar atau yang lain mungkin pak,,, mohon pertimbanganya ya pak,,

    terimakasih

  270. Herry SW says:

    Pak Mierza,

    Lenovo S560 dan P700i mestinya masih bisa ditemukan di pasar kok. Yang habis total itu S890 dan P770.

  271. Herry SW says:

    Pak Mierza,

    Perbedaannya bukan hanya baterai dan penutup baterai lho. Silakan baca naskah ini lagi http://ponselmu.com/kembar-tak-identik-dengan-p700i/ terutama di paragraf-paragraf akhir. Perbedaannya sepadan dengan harganya lho.

  272. mierza says:

    matur suwun ingkang sanget pak artikel njenengan sangat ber manfaat,, ok kalau gitu saya tak melamar s560 ae pak body lebih gentel kalau menurut saya masalah batrey bisa di akali dengan power bank,, minta doa restunya pak,, hehehehe

    pak hery?? njenengan tu pak herry yang pernah on air di jeje fm tu ya pak ap bukan??

  273. Herry SW says:

    Pak Mierza,

    Baik, Pak.

    Benar, dulu saya yang mengisi talkshow Bincang Seluler di radio JJFM Surabaya. Kini nama radio itu berubah menjadi Jeje Radio. Kalau dulu menyasar pebisnis, kini mereka membidik anak muda.

  274. aldi says:

    mau tanya dong,,,boleh ya,,,HP saya lenovo a560,,nah ada masalah pada sambungan USB ,,biasanya jika kabel USB dihubungkan ke PC atau laptop muncul logo USB disebelah kiri,,,nah HP saya sekarang jika dihubungkan tidak nampak lagi logo USB nya dan tidak bisa konnect ke PC ato laptop,,,gimana caranya ya agar bisa konnect lagi ke laptop atau logo USB disebelah kirinya nampak lagi,,,

  275. Herry SW says:

    Pak Aldi,

    Ini maksudnya Lenovo S560 kan, bukan A560?

    Sudah coba mematikan ponsel maupun laptop, kemudian menyalakannya lagi? Ketika ponsel terhubung dengan PC/laptop via kabel data dan tak muncul logo USB di kiri atas layar, sudahkah Anda coba melihat di Windows Explorer laptop? Kadang meski tak muncul logo USB-nya, namun ternyata di Windows Explorer laptop sudah muncul lho.

  276. Wahyu says:

    Maaf pak mau tanya…
    Menurut bapak:
    -Lenovo vs Samsung secara ketahanan lebih awet yg mana?
    -Saya lg mau beli lenovo yg p700i. Apakah hp tersbut adalah hp gaming dan suport utk game2 hd sprti nova, fifa, dead triger, asphalt dll.
    -Dan dalam knyataan apakah hp p700i sesuai dg fitur yg ditawarkan.. soalnya byk yg komen di suatu forum utk membuka apps kcil spt opera mini akan lag
    Trimakasih atas bantuannya

  277. Herry SW says:

    Pak Wahyu,

    1. Kebetulan saya tak pernah memakai satu ponsel dalam waktu sangat lama. Rekor paling lama hanya 13 bulan, lalu berganti ke ponsel lain. Jadi, soal daya tahan dalam jangka panjang, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

    2. Dulu saat memakai P700i, saya tak pernah coba memainkan Nova, FIFA, Dead Trigger, dan Asphalt.

    3. Menurut saya, kesepadanan harga dan fitur P700i sesuai. Saat pakai Android, saya nyaris tak pernah pakai Opera Mini. Jadi, saya tak mengetahui kondisi nyatanya bagaimana.

  278. wahyudi says:

    salam, pak herry sw…

    saya berencana utk mengganti hp saya, dan saya berencana utk mmbeli smatpon lenovo p700i krn daya tahan baterenya yg lumayan serta fitur dual sim stand by yg sangt saya perlukan..
    pertanyaannya, utk p700i apakah disaat sim 1 digunakan untuk browsing/fb an, kita masih dpt menrima panggilan/sms di sim 2 disaat yg bersamaan? (rencananya sim 1 akan saya psng kartu 3 khusus utk browsing, internet, mail, fb dll sedangkan sim 2 akan saya gunakan kartu simpati khusus utk kantor dan keluarga)
    trims atas jawabannya… mhn maaf lahir dan bathin…

  279. Herry SW says:

    Pak Wahyudi,

    Ketika sedang browsing/Facebook memakai SIM1, lalu ada panggilan telepon atau SMS masuk ke SIM2, maka akses internet akan terhenti sementara. Usai bertelepon atau ber-SMS, koneksi internet kembali tersambung.

  280. Andhi says:

    Pak Herry,

    Sekedar minta tolong apabila Bapak punya kesempatan ketemu dengan petinggi lenovo mobile Indonesia, tolong sampaikan agar lebih serius menggarap customer service nya, misalnya dengan lebih banyak membuka service center di kota besar lainnya,sehingga apabila ada masalah bisa lebih cepat terselesaikan, sehingga tidak sampai keluar di forum-forum dan bisa jadi malah mebuat black campaign bagi lenovo mobile sendiri.
    Terima kasih.

  281. Herry SW says:

    Pak Andhi,

    Terima kasih atas masukannya.

    Selama ini saya justru tidak ada kenalan di Lenovo Indonesia. Setahu saya, sebelumnya tidak ada orang khusus yang menangani ponsel di Lenovo Indonesia. Yang lebih banyak berperan adalah Trikomsel sebagai distributor eksklusif ponsel Lenovo di Indonesia. Service center juga ditangani oleh Trikomsel.

    Terakhir, ada kabar baru yang lumayan menggembirakan. Lenovo Indonesia telah merekrut orang khusus untuk menangani smartphone dan tablet di Indonesia. Saya belum bertemu dengan pejabat baru tersebut. Namun, saya tahu pejabat baru itu adalah insan lama di dunia seluler Indonesia. Ia pernah menjadi petinggi di dua ponsel merek global. Semoga ia bisa segera melakukan pembenahan dan pengembangan.

  282. adhy says:

    Pak Heri kenapa ya axioo 410 saya kamera flash ga menyala setelah upgrade ke jelly bean 4.1.1????…tks

  283. Indri says:

    Dear P Herry,

    Saya pengguna s560 sudah lumayan lama, tapi akhir2 ini baterai sering panas dan cepat habis, walau hp tidak dipakai (stand by). Waktu itu ketauan ternyata hasil browsingan lupa ditutup. setelah hasi browsingan ditutup, baterai normal lagi. Tapi sekarang baterai panas lagi, apa bpk tahu alasan lain kenapa baterai seperti itu?

    Lalu bagaimana caranya kita bisa tahu kalau ada aplikasi yang masih running walau hp dalam keadaan standby (tidak dipakai)?

    Terimakasih..

  284. Herry SW says:

    Bu Indri,

    Baterai hangat atau panas nih? Kalau hangat masih normal, kalau panas tidak normal. Mungkin sinyal di lokasi pemakaian Anda kurang bagus sehingga ponsel terus bekerja keras mencari sinyal. Bisa pula karena ponsel terus menerus Anda gunakan untuk berinternet atau bermain game.

    Untuk melihat aplikasi yang berjalan, coba tekan tombol paling kanan di bawah layar. Bisa pula masuk ke settings, apps, lalu running.

  285. daniel says:

    permisi pak herry, saya mau tanya, apakah perbedaan suaranya signifikan dengan adanya fitur dolby digital plus yg terpasang di s560 dengan s700i yg tidak terpasang fitur tsb?

  286. Herry SW says:

    Pak Daniel,

    Ini yang dimaksud S560 dan P700i kan, bukan S700i?

    Perbedaannya baru terasa kalau Anda mendengarkan musik memakai headset alias handsfree berkabel bawaan masing-masing ponsel. Bila handsfree S560 Anda pasangkan ke P700i dan sebaliknya, sensasinya akan berbeda signifikan.

  287. faisal says:

    sekedar share.. terkait penge-charge-an baterai, coba p700i.nya di-charge biasa keadaan mati 2jam.. setelah itu dicpot, dan di-charge melalui laptop atau komputer menggunakan kabel data selama 15-30 menit.. Insha Alloh baterai akan lebih optimal terisi.nya.. selamat mencoba

  288. Herry SW says:

    Pak Faisal,

    Terima kasih atas sharing-nya.

  289. faisal says:

    oiya, pak.. mw tanya. itu pada fitur tentang HP kan ada list yang bisa upgrade, terus saya upgrade, dan akhirnya berhasil mendownload alias sukses.. yg mw saya tanyakan, apa perbedaannya ya, pak? kok saya merasa sama saja.. tolong bimbingannya agar bisa mengoptimalkan P700i.. trims sebelumnya

  290. Herry SW says:

    Pak Faisal,

    Nah, saya juga tidak mengetahui perbedaannya karena sudah tidak meakai P700i. Perbaikan dari update itu kadang bersifat minor (cuma sedikit), kadang bersifat mayor (ada banyak perbaikan). Kalau minor, seringkali kita tak merasakan perbedaannya.

  291. faisal says:

    ohh.. ya sudah, pak kalo memang belum tw perbedaannya.. sejauh ini aplikasi masih berjalan normal normal saja.. oiya, sekarang bapak menggunakan HP tipe apa ya ? #kepo

  292. Herry SW says:

    Pak Faisal,

    Karena saya mesti mencoba berbagai acang untuk di-review, tiap minggu saya ganti acang. Hari ini sedang pakai BlackBerry z30.

  293. fajar says:

    Mf pk, saya punya lenovo A690 tpi lmpu led nya kok gk nyala ya. Pdhl udh di setting.

  294. Herry SW says:

    Pak Fajar,

    Maaf, saya tak pernah mencoba Lenovo A690.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>