By

Kenali Seluk-Beluk Power Bank

Kini power bank, portable charger, atau battery box seolah telah menjadi aksesori wajib bagi pengguna ponsel pintar. Mengadaptasi iklan sebuah teh botol, apa pun sistem operasi ponsel pintar alias smartphone yang digunakan, pasangannya tetap power bank.

Anda yang telah memakai maupun baru berencana membeli power bank idealnya mengetahui beberapa hal dasar tentang produk itu. Penulis menyajikannya dengan gaya tanya jawab.

Mengenal Powerbank

Tanya: Apakah maksud angka-angka yang tertera di bodi atau kemasan power bank? Ada yang tulisannya 2.000, 5.600, bahkan 10.000. Makin besar apakah berarti makin kuat?

Jawab: Kalau power bank dibongkar, di dalamnya bakal dijumpai sel baterai (battery cell). Angka yang tercetak di bodi atau kemasan power bank menunjukkan kapasitas total sel baterai yang dibenamkan. Mudahnya, semakin besar kapasitasnya, semakin besar tenaga yang bisa disimpan dan siap disalurkan oleh power bank tersebut.

***

Tanya: Oh begitu. Berarti, kalau saya memiliki power bank 5.000 mAh, dia sanggup lima kali mengisi ulang baterai ponsel saya yang berkapasitas 1.000 mAh ya?

Jawab: Secara matematis begitu. Namun, praktiknya tidak demikian karena kita wajib memperhitungkan konversi tegangan dan tenaga yang hilang (loss power) selama proses charging.

Tegangan power bank biasanya 3,7 volt, sedangkan untuk men-charge baterai diperlukan tegangan 5 volt. Perhitungan konversinya (5.000 x 3,7) : 5 = 3.700. Anggaplah tenaga yang hilang 20 persen. Maka, 3.700 dikurangi 20 persen dulu sehingga diperoleh hasil akhir 2.960.

Jadi, sebuah power bank berkapasitas 5.000 mAh sebenarnya memiliki kemampuan nyata sekitar 2.960 mAh. Kalau power bank itu dipakai untuk mengisi ulang baterai ponsel berkapasitas 1.000 mAh, ia mampu melakukannya tiga kali. Dua kali sampai penuh dan satu kali lagi nyaris penuh. Asumsinya, selama proses charging berlangsung, ponsel dalam kondisi padam.

Cara lebih singkat untuk sekadar memperkirakan kemampuan nyata power bank, kalikan kapasitasnya dengan 0,6. Misalnya, sebuah power bank 5.000 mAh kira-kira mampu memberikan suntikan tenaga sebesar 5.000 x 0,6 = 3.000 mAh ke aneka acang alias gadget yang Anda gunakan.

***

Tanya: Power bank saya mempunyai dua colokan untuk mengisi ulang baterai ponsel. Yang satu ada tulisannya 1A, yang satu lagi 2A. Apa maksudnya? Mana yang lebih baik?

Jawab: Colokan yang digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel maupun tablet seringkali disebut sebagai konektor output. Tulisan 1A bermakna bahwa konektor output itu mampu mengantarkan arus sebesar 1 Ampere. Sedangkan konektor output bertuliskan 2A berarti sanggup melewatkan arus sampai 2 Ampere.

Mana yang lebih baik? Bergantung kebutuhan juga sih. Konektor output 2A lebih cocok dipakai untuk mengisi ulang baterai tablet, sedangkan konektor output 1A biasanya disiapkan buat ponsel.

Besar kecilnya output berhubungan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai sampai penuh. Contohnya, Anda memiliki ponsel dengan  baterai bawaan berkapasitas 1.500 mAh. Bila Anda mengisi ulang ponsel itu memakai konektor output 1 Ampere atau 1.000 mAh, lama charging sekitar 1,5 jam.

Kalau proses charging dilakukan lewat konektor output 2A, apakah baterai akan penuh dalam waktu kurang dari satu jam? Bisa iya, bisa pula tidak. Hal itu bergantung kemampuan input maksimal yang diizinkan ponsel. Kalau ponsel hanya memperbolehkan 1 Ampere, lama pengisian tetap sekitar 1,5 jam.

***

Tanya: Ada output, ada input. Di kardus power bank saya ada tulisan input 1A. Apakah itu sama dengan yang sudah dijelaskan di atas?

Jawab: Ya, sama. Bila tertulis input 1A, berarti power bank itu hanya bisa menerima suntikan tenaga maksimal 1 Ampere. Anggaplah power bank Anda berkapasitas 5.000 mAh. Mau di-charge memakai charger dengan output 1 Ampere atau 2 Ampere, waktu yang dibutuhkan sampai pengisian tuntas sama-sama sekitar lima jam.

***

Tanya: Saya pernah melihat dua power bank yang sama-sama berkapasitas 5.000 mAh. Merek A dijual Rp 500 ribu, sedangkan merek B cuma Rp 280 ribu. Mengapa perbedaannya bisa sangat jauh?

Jawab: Ada berbagai hal yang menentukan harga power bank. Mulai dari nilai merek, volume, persentase keuntungan, sampai kejujuran.

Kita mulai dari nilai merek. Anggaplah ada dua power bank yang persis sama. Satu bermerek Nokia, satu lainnya bermerek Nokiyem. Power bank bermerek Nokia bisa dijual lebih mahal daripada yang bermerek Nokiyem.

Soal volume, hal itu berhubungan dengan jumlah produksi atau jumlah kulakan. Semakin banyak jumlah produksi atau kulakan, semakin murah pula harga per unit power bank. Bila power bank itu kemudian dijual dengan persentase keuntungan sama, harga jual akhir ke konsumen akan lebih murah.

Berikutnya, tentang persentase keuntungan. Dua power bank yang persis sama sebenarnya dikulak dengan harga yang sama pula. Distributor power bank merek Kuda menginginkan persentase keuntungan 25 persen, sedangkan distributor power bank merek Kambing rela meraup keuntungan 15 persen saja. Maka, harga jual power bank Kuda bakal lebih murah mahal daripada power bank Kambing.

Terakhir, ini yang sebenarnya paling penting diketahui, setidaknya menurut penulis, adalah faktor kejujuran. Power bank tertentu bisa dijual sangat murah karena produsen atau vendornya berdusta. Kapasitasnya tertulis 5.600 mAh, contohnya, padahal kalau dibongkar ternyata 4.400 mAh saja.

343 Responses to Kenali Seluk-Beluk Power Bank

  1. EnWui says:

    nice posting pak Herry ^^ ijin buat disebar link nya ke calon calon kons
    umen saya hehehe

  2. Habib Panggalo says:

    Wih, ada Om EnWui :D

    Nanya donk: bisa tahu voltase powerbank itu dari mana ya? Apa memang semuanya 3.7V?

    Selama ini sih saya ngitungnya: “kapasitas x 3V/5V” :D

  3. Herry SW says:

    Pak EnWui,

    Silakan, Pak. Buat edukasi ke masyarakat.

  4. Herry SW says:

    Pak Habib Panggalo,

    Power bank kan memakai baterai lithium. Nah, tegangan baterai lithium biasanya 3,7 volt.

  5. Irfan says:

    sedikit koreksi pak. perhitungan jumlah pengisian tidak seperti itu. bukan berdasarkan tegangan tapi berdasarkan kapasitas dan efisiensi daya, baik di sisi power bank maupun di sisi ponsel. misal kapasitas 1000mAh dan efisiensi 80%, maka muatan yang bisa digunakan hanya 800mAh. sisanya hilang. kalau kualitasnya baik efisiensinya bisa di atas 90%.
    dan satu lagi, baterai litium memang bertegangan 3,7 V tapi untuk proses pengisiannya butuh tegangan sampai 4,2 V.

  6. Herry SW says:

    Pak Irfan,

    Terima kasih atas masukannya. Bagaimana cara mengetahui efisiensi suatu power bank, Pak? Di kemasan atau bodi power bank kan biasanya tidak disebutkan?

    Untuk proses pengisian baterai ponsel, setahu saya dibutuhkan tegangan 5 volt. Hal itu diperkuat dengan kenyataan bahwa output power bank adalah 5 volt, bukan 4,2 volt. CMIIW.

  7. Irfan says:

    ya di situ pak masalahnya :D . bisa diketahui lewat pengukuran elektrik tapi jelas tidak memungkinkan bagi kebanyakan orang. produsen hanya mencantumkan kapasitas penyimpanan karena faktor tersebut yang bisa ‘menjual’. seperti halnya produsen kamera yang hanya menunjukkan kualitas lewat besarnya megapixel. tapi secara umum bisa diasumsikan power bank yang kualitasnya sekelas efisiensinya tidak akan jauh berbeda.

    5 volt sebenarnya berasal dari (salah satu) standar tegangan rangkaian digital. sama seperti standar 110/220 volt yang ada di listrik rumah. di dalam ponsel akan diturunkan sesuai kebutuhan. tegangan pengisian baterai sebenarnya berubah-ubah sesuai isi muatan dalam baterai, namun tidak akan melebihi 4,2 volt untuk jenis litium.

  8. Herry SW says:

    Pak Irfan,

    Iya, Pak. Bingung ngukurnya. Saya pernah mencari alat yang bisa mengukur performa nyata power bank dan baterai third party. Saya berpikir, harganya mungkin tak mahal. Setelah tanya sana-sini, ada yang jual. Tetapi, ternyata harganya sampai belasan juta rupiah. Batal beli deh. :(

    Soal tegangan, kalau begitu, yang benar-benar keluar dari power bank 5 volt atau sudah turun menjadi maksimal 4,2 volt, Pak?

  9. Rianto says:

    Pak Herry,
    mau tanya tentang cara milih powerbank nih.

    Kan paling gampang ya dilihat dari merk untuk kualitas, tapi sekarang sepenglihatan ane 75% tu merk yang bukan umum produsen elektronik semua.
    Kemudian jika ketemu 2 barang yang sama-sama tak pernah dengar merk, tapi harga sampe beda 100 ribuan gitu pilih mana ?

    Kalo pilih murah, ntar asumsi dalam hati murahan cepet rusak.
    Kalo pilih mahal, ntar asumsi dalam hati orang nya ambil untung banyak tapi merk biasa.

    Bingung jadinya :(

  10. Habib Panggalo says:

    Menurut pengalaman, di SmartPhone saya input charging itu antara 3.9 – 4.1V, itu bisa dilihat dari aplikasi battery management. PowerBank rata² menggunakan standard output USB, yaitu 5V. Cuma memang SmartPhone sekarang bener² pinter sih ngelimitnya. Saya pake Lenovo S880, dicharge pake output 1A, 1.5A, atau 2A sekalipun, tetap aja masuknya cuma berkisar 3.9-4.1V.

    Menurut pengalaman lagi nih, ada powerbank (memang tergolong mahal) berkapasitas 4400mAh. Kalo dihitung dengan rumus “kapasitas x 3/5″ itu mestinya cuma bisa ngecharge BlackBerry Gemini (batt 1150mAh) sebanyak 2x lebih dikit. Dalam pengujian saya, powerbank ini malah mampu ngecharge Gemini sebanyak 3x. Itu malah ga dimatiin HP-nya, sambil dipake lho :D

    Udah makin bingungkah sekarang? :D

  11. Herry SW says:

    Pak Rianto,

    1. Bila memungkinkan, tidak ambil dua-duanya. :)

    2. Kalau memang butuh, di antara dua merek itu, pilih yang berani memberikan garansi minimal enam bulan.

  12. Herry SW says:

    Pak Habib Panggalo,

    He… he… iya, makin kompleks ya.

    Btw, power bank yang tergolong mahal itu merek apa, Pak? Saya jadi penasaran.

  13. Rifqi says:

    Mas herry

    contoh : 5.000 x 0,6 = 3.000

    0.6 itu dari mana ya, tadi saya sempat ke pameran di kota saya ada powerbank 18000 setelah saya coba kalikan 0.6 hasilnya 10.800

  14. Herry SW says:

    Pak Rifki,

    Itu sebenarnya hitung-hitungan kasar dari:

    = (5.000 x 3,7/5) – 20%
    = 3.700 – 20%
    = 2.960

    Anggaplah kita memakai yang 0,6 ya, Pak Rifki. Angka 18.000 kan jadi 10.800. Nah, power bank itu berarti hitung-hitungan kasarnya mampu mengisi ulang baterai dengan kapasitas total sekitar 10.800 mAh.

  15. Rianto says:

    Cara cek garansi nya bener-bener asli gimana ya ?
    Setahu Pak Herry, di Surabaya ini yang powerbank ada merk terkenalnya dijual di mana ya ?

    Pak Herry orang Surabaya kan kalo gak salah ? :)

  16. Herry SW says:

    Pak Rianto,

    Mesti lihat kartu garansi sih ya. Tapi, kalau ternyata kartu garansinya juga palsu, nah itu susah.

    Tergantung mau cari merek terkenal apa dulu. Merek Energizer biasanya dijual di Welcomm Shop. Merek MiLi ada di Delta Gadget Jl Biliton, Phone Shop – Plasa Marina, dan My Rasch – WTC.

    Saya lihat My Rasch cukup komplet menyediakan aneka power bank merek global. Namun, sebelum transaksi ke sana, harus tahu harga pasar dulu dan saat bertransaksi berani menawar ya. Sebab, saya lihat harga pembukaan di sana cukup tinggi.

    Ya, saya di Surabaya.

  17. Habib Panggalo says:

    Hehehe, jadi ga enak saya kalo diminta sebut merk, takut dikira promosi :D

    Anggap ini menurut pengalaman saya aja ya… Saya pake powerbank Yoobao, satu”nya powerbank dari ShenZhen yg nyampe ke Indo dan ga ganti nama :p

    # 4400mAh, bisa dipake ngecharge Gemini ampe 3x dalam keadaan hidup.
    # 13.000mAh, saya pake ngecharge Lenovo S880 (batre 2.250mAh) 5x dalam keadaan 3G ON.

    Jadi kesimpulan saya, kapasitas yg dijual sama Yoobao ini adalah kapasitas REAL dalam satuan 5V.

    Eits, tapi cari yang ASLI ya! Ini juga yg menentukan soalnya… Nah, kalo mau beli, coba hubungin Om EnWui aja :)

  18. EnWui says:

    berasa kayak kelas matematika tiba tiba hehehe… Boss HP bisa nich, tapi memang benar kok merek Yoobao emang luar biasa banyak KW nya

  19. rabomaz says:

    ternyata…soal power bank ada itung2annya jg..hehe
    sepengalaman ane pake merk vivan 5600mah bt ngecharge bb javelin bs sampe 3x full dlm kondisi on, klo buat lenster s560 paling dpt 1,5x full cm yg bkin ane pnasaran klo ngecharge dr power bank kok relatif lbh cepet full yah dibanding langsung ke listrik? :)

  20. Herry SW says:

    Pak Habib Panggalo,

    Di sini bebas menyebutkan merek untuk kepentingan diskusi dan edukasi kok. :)

    Oh, Yoobao. Berarti, kapasitas yang tertulis mengacu pada kondisi 5 volt ya, bukan 3,7 volt.

    Jadi teringat informasi produk serupa yang disampaikan seorang teman beberapa tahun lalu. Saya lupa merek tepatnya. Kalau tak salah ingat sih Energizer. Sempat mau coba beli, tetapi batal karena harganya ternyata hampir Rp 2,5 juta. :(

  21. Herry SW says:

    Pak Enwui,

    Benar, harus hati-hati kalau mau beli power bank Yoobao. Sebab, versi palsunya, baik yang palsu tak tahu malu maupun setengah malu, telah beredar di pasar.

    * Palsu tak tahu malu: mereknya tetap ditulis Yoobao.
    * Palsu setengah malu: mereknya bukan Yoobao, tetapi desainnya meniru Yoobao. Contoh yang “ditembak” si Yoobao Transformer.

  22. Herry SW says:

    Pak Rabomaz,

    Itu nge-charge Javelin dan S560-nya dari kondisi berapa persen sampai ke berapa persen?

    Cepat tidaknya bergantung output juga. Misalnya, ponsel sebenarnya bisa menerima input 1.000 mAh, tetapi biasanya di-charge pakai charger 700 mAh. Ketika kemudian di-charge pakai power bank dengan output 1.000 mAh, tentu lebih cepat penuh.

  23. Rizky says:

    pagi gan,,,

    mo nanya ne …..gimana cara mengetahui powerbank yank Ada proteksi saat proses pengecasan??tanpa dengan cara pengetesan sampai membuktikan powerbanknya meledak atau tidak

    gimana caranya memilih powerbank yang ada pemutus arusnya saat bateray gadget atau daya powerbank udah penuh ea pak??

  24. Herry SW says:

    Pak Rizky,

    Soal proteksi, secara awam tak bisa diketahui. Harus dibongkar dan dilihat dalamnya oleh orang yang paham hal teknis. Saya sendiri terus terang bukan termasuk kategori tersebut.

    Soal pemutus arus, idealnya juga dibongkar. Tapi, yang ini masih bisa dilihat oleh pengguna. Ketika baterai telah terisi penuh, tinggal dilihat apakah proses charging dari power bank ke ponsel masih berlangsung atau berhenti. Biasanya kan ada tanda petir atau indikator lain di layar ponsel.

  25. eryl says:

    Misiiii…
    Aku pake Vivan 5600mAh nih. Tapi setelah 1-2 bulan, klo di-charge, indikator lampu pengisian sekarang ga bisa stop di lampu terakhir, alias terus ngedip2 centil sampe dicabut si empunya. wkwk. Bahaya ga ya? selama ini sih kayanya gpp, dan emang jarang pake sih, soalnya cuma pake kalo bener2 ga bisa pake charger alias lagi di jalan. pengisian berkisar 2-3x an, mungkin karena faktor pemakaian dan pengurangan daya.
    Dulu sih pas baru2, charge bb gemini, bisa 3 sampe hampir 4x (yg ke empat kali ga full, cm 90an persen), standar pengisian biasanya sih klo batere udah sekitar 10-20an persen, seliatnya aja. dan tulisan di baterenya sendiri 1500(bukan merk Blackberry) mAh. klo bisa sampe 3x lebih harusnya perhitungannya donk ya. 5600/1500=3.5x krg lebih.
    Pengisian selalu dalam kondisi hp menyala juga. Tapi senangnya pake PB ya itu, charge nya bisa lebih cepat dari charger biasa, dan tentunya mobile, alias bisa dibawa jalan. xD

  26. Herry SW says:

    Pak Eryl,

    Terima kasih atas sharing-nya. Saya kok curiga kemampuan battery box mulai menurun. Seharusnya tidak berbahaya.

  27. sinto says:

    Msii jg…
    Cara cek power bank yoobao asli bgm pak herry? Ada web utk cek SN nya gak ya?

  28. Herry SW says:

    Pak Sinto,

    Bisa dicek di http://www.sz12365.net/fangweimachaxun/en/

    Tapi, yang sabar ya saat mengakses situs itu. Lambat banget.

  29. verly says:

    Mas herry, aq mau beli power bank tp bingung pilih yg mana? saya pernah tanya ke teman saya, katanya klo yg kapasitasnya besar misal (9000mah atau lebih dr itu de :p) sering banyak keluhannya? mang bener ya? trus sebaiknya aq beli power bank merk apa & kapasitasnya brp ya? minta pendapatnya donk. (pengennya sih yg kapasitasnya besar biar bisa berkali2 gtu, hehehe…)
    Thanks ya :)

  30. Herry SW says:

    Pak Verly,

    Kapasitas besar belum tentu bermasalah. Demikian sebaliknya. Yang penting jangan beli yang abal-abal.

    Hal lain yang perlu dipahami, karena baterai yang dibenamkan ke dalamnya lebih besar, ketika daya baterai power bank berkapasitas besar telah melemah, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang sampai penuh juga lebih lama.

    Beli merek apa? Untuk merek global, silakan melirik Energizer, MiLi, Sony, dan sejenisnya. Untuk merek lokal, Delcell layak dipilih.

    Kapasitas berapa? Bergantung kebutuhan Bapak sih. Buat kebanyakan orang, sekitar 5.000 mAh sudah memadai untuk keperluan sehari-hari.

  31. Rudi lim says:

    Mas heri
    Probox sanyo sama sony bagus mana?
    Lalu saya bisa beli d mana?
    Thanks

  32. Herry SW says:

    Pak Rudi Lim,

    Sanyo dan Sony sama-sama berkualitas prima. Probox belum tahu.

    Silakan mencarinya di pusat penjualan aksesori ponsel.

  33. arifmy says:

    salam kenal p Heri dan lainya .. ingin berbagi pengalaman memang aga susah memilih powerbank yg kwalitasnya lumayan + mAh sesuai yg di promosikan.menurut sy kalau mau beli powerbank kalau bisa jangan tertarik dengan harga murah mAhnya(kapasitasnya) besar,carilah produk yg menjamin garansi ? memiliki service center.dari beberapa powerbank yg sy bongkar ternyata banyak komponen / batre didalamnya sama hanya lain merk.ada juga mahnya sama komponenya beda.contoh merk A.5800mAh dijual @160 dan merk B dgn kapsitas yg sama 5800mAh dijual @270 jauh kan harganya.. pas dibongkar ternyata sia A batrenya tak bermerk + komponen ya sedikit dan yg B batrenya memakai cell samsung + komponenya jau lebih baik .. sekali lagi teliti sebelum membeli (garansi)

  34. Herry SW says:

    Pak Arifmy,

    Terima kasih atas sharing-nya yang sangat bermanfaat. Ternyata buka jasa servis power bank ya, Pak? Mantap. Saya sendiri nggak pernah membongkar power bank.

  35. indah says:

    maaf …. kalo merek dSc 5600 harga 299.000 pernah dengar Pak ? made in China … bagus kan Pak ya ? garansi sebulan …. kepepet beli , nitip asal, ga bisa milih 2 merek …..

  36. Herry SW says:

    Bu Indah,

    Saya malahan baru kali ini dengar merek dSc. Entah bagus atau tidak.

    Kalau lihat dari masa garansi yang hanya satu bulan, terus terang saya rmeragukan kualitasnya. Sementara itu, kalau melihat dari harga, ia kemungkinan masuk kategori biasa-biasa saja.

  37. Tita says:

    Power Bank Philips 5200mAh Output 1A, ada pengaruh kondisi baterai dan lama pengisian ke Note II yang output charger OEMnya 5V 2A?

  38. Herry SW says:

    Bu Tita,

    Proses pengisian baterai Galaxy Note II akan jauh lebih lama. Kira-kira dua kali lipat.

  39. tejo says:

    Berapa lama pertama kali nge charge PB?

    tks.

  40. Herry SW says:

    Pak Tejo,

    Yang penting begitu penuh silakan dicabut.

    Berapa lama atau berapa jam? Sangat variatif, bergantung kapasitas baterai dan kapasitas input maksimal power bank itu. Bergantung pula pada charger yang dipakai untuk mengisi ulang.

  41. bunga says:

    pak, bagaimana dengan power bank yang saya yang tanpa led atau lampu indikatornya. Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa PB dalam kapasitas full atau tidaknya..terimakasih

  42. Herry SW says:

    Bu Bunga,

    Selama mencoba aneka merek dan tipe power bank, saya selalu menjumpai adanya LED atau lampu indikator di power bank itu. Minimal ada satu lampu indikator yang menjadi penanda kapasitas.

    Boleh tahu merek dan tipe power bank yang Anda lihat tanpa lampu indikator sama sekali?

  43. Susilo says:

    Mas Herry, mau tanya charger ori tertulis output 5v-1A, tapi jika menggunakan power bank dengan output 5v-2.1A. Apakah dapat menyebabkan battery hp cepat rusak?

  44. Herry SW says:

    Pak Susilo,

    Kalau ponselnya memang bisa menerima input 2,1 A tak masalah sih. Proses charging akan lebih cepat selesai. Namun, kalau ponsel tak dapat menerima input sebesar itu, “penahan” di ponsel berarti harus bekerja keras.

    Dalam pengamatan saya selama ini, yang biasanya meminta arus 2 A atau 2,1 A itu smartphone layar lebar dengan baterai berkapasitas besar dan tablet.

  45. Susilo says:

    Terima kasih, infonya sangat bermanfaat….

  46. kelvin says:

    gan mau tanya garansikan power bank philips di mana ya? terutama di surabaya thank you

  47. Herry SW says:

    Pak Kelvin,

    Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di sini.

    Di dalam kemasan power bank Philips seharusnya ada kartu garansi yang mencantumkan alamat pusat perbaikan resminya. Apakah tidak ada?

    Untuk Surabaya, coba ke Metro Tech Computer, Jl Kalibokor Selatan 146.

  48. christin says:

    pak, ak lagi bingung nih mau beli powerbank..
    bisa rekomendasi nggak ya?
    sekarang sih banyak yang beredar merek travel with us garansi 1thun..gmn tu kira2 pak?

    klo kta tmen sih vivan dan hippo lmyan bgs..
    makasih sblm ny..

  49. Herry SW says:

    Bu Christin,

    Power bank merek “travel with us”? Wah, saya malahan baru dengar. Kalau berani memberikan garansi satu tahun sih mestinya lumayan ya.

    Vivan dan Hippo sih biasa-biasa saja. Kalau cari merek lokal, mending Delcell deh. Delcell ya, bukan Bazel by Delcell. Kalau mau merek global, ada Sony, Sanyo, Energizer, MiLi, dll.

  50. adesaputra says:

    Makasih pak herry atas info nya

  51. Hafizh says:

    mantap artikelnya mas, ijin share ya…

  52. Herry SW says:

    Silakan, Pak Hafizh.

  53. dito says:

    pak Herry, saya jua mau minta saran nih

    mau cari power bank yang awet dan punya proteksi yg bagus, kira-kra apa ya? kalo diantara enerpad dan sony lebih recommended yg mana?

  54. Herry SW says:

    Pak Dito,

    Saya belum pernah mencoba Enerpad. Kalau Sony layak dibeli. Harga memang di atas rata-rata. Tapi, sepadan dengan yang kita dapat deh.

  55. dito says:

    makasih pak sarannya, enerpad sepertinya lagi booming, teman-teman saya banyak menyarankan itu

    mau tanya lagi, di power bank itu kan biasanya ada output yang 1A dan 2.1A, nah kalo ponsel dicharge menggunakan yang output 2.1A bagaimana> apakah ada efek buruknya?
    satu lagi, saat kita mencharge ponsel dengan power bank apakah seharusnya dicharge menggunakan kabel usb asli bawaan ponsel tersebut? bagaimana kalo menggunakan konektor lain (misal 3 in 1 usb charger), apakah itu akan merusak batrai ponsel? takutnya itu merusak, karna batrai ponsel saya non removable..

    sebelumnya makasih pak Herry, sorry nanyanya banyak haha

  56. Herry SW says:

    Pak Dito,

    Sedikit tambahan saran, saat membeli power bank jangan tergiur dengan harga murah sekaligus kapasitas besar ya. Sebab, bukan mustahil kapasitas yang tercantum tidak tepat. Dibilang berkapasitas 10.000 mAh, padahal aslinya cuma 6.000 mAh.

    Bagaimana bila ponsel di-charge memakai konektor dengan output 2,1 A? Ada berbagai kemungkinan:
    * Kalau ponselnya memang sanggup menerima input sampai 2,1 A, proses charging akan selesai lebih cepat.
    * Kalau ponselnya cuma sanggup menerima input 1 A, lama proses charging akan sama dengan bila di-charge via konektor output 1 A. Ponsel bakal berusaha menghadang kelebihan arus yang hendak lewat. Dalam jangka panjang, hal itu bisa berdampak kurang bagus terhadap ponsel. Dikhawatirkan “tameng” di ponsel lama-lama tak mampu menghadang.

    Pemakaian konektor lain seharusnya tidak perlu terlalu dipermasalahkan. Yang lebih patut dikhawatirkan adalah pemakaian power bank abal-abal dengan arus dan tegangan yang tidak stabil.

  57. hasna says:

    Pak mau minta saran ya..
    Untuk note 2 bagusnya power bank yg brp mAh ya?
    Terus merek yg bagus dgn harga rata2 apa?

  58. Herry SW says:

    Bu Hasna,

    Carilah yang minimal berkapasitas minimal 5.000 mAh dan memiliki output 2 A. Anda bisa mencoba merek Delcell.

  59. inusani says:

    Sir…. di Batre-ku tertulis power source 5V 2A , kalo output PB cuma 1A bisa buat ngisi ga ???

  60. Herry SW says:

    Pak Inusani,

    Ada dua kemungkinan:

    1. Bisa mengisi, namun waktu yang dibutuhkan dua kali lipat lebih lama daripada biasanya.
    2. Tak bisa mengisi.

    Kondisi pertama lebih mungkin terjadi daripada yang kedua.

  61. rahman says:

    makasih om herry ,, sangat membantu

  62. arifmy says:

    Bermanfaat sekali nih Boos + ilmu terima kasih salam kenal yg masih belajar tentang powerbank.

  63. Herry SW says:

    Pak Arifmy,

    Salam kenal juga. Maaf, lain kali mohon tidak mengiklankan penawaran jasa di blog ini ya.

  64. tiesto says:

    salam kenal pak herry…
    ini sy nemu link review powerbank branded…mudah2an membantu bagi yg blm baca…hehehe
    http://www.geckoandfly.com/11459/portable-power-bank-comparison-sanyo-vs-sony-vs-energizer-vs-gp/

  65. Herry SW says:

    Pak Tiesto,

    Terima kasih atas sharing-nya.

  66. Toni says:

    Pak herry
    Mau nanya itu powerbank biasa org jual 8000 mAh tapi isiny ternyata 4000mAh.. Ini pertanya bagaimana saya bisa periksa itu kapasitas full 8000mAh or gk full.
    Mohon sarannya thx

  67. Herry SW says:

    Pak Toni,

    Secara kasat mata sih tidak bisa dideteksi. Baru ketahuan setelah dicoba beberapa kali. Padahal, waktu beli kan tak mungkin mencobanya selama ini.

    Jadi, langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan tertipu saat beli:
    * Lihat harganya. Harga rasional untuk power bank berkapasitas 8.000 mAh sekitar Rp 400 ribu. Kalau ada yang jual Rp 175 ribu, misalnya, sangat patut dicurigai.

    * Tanyakan garansinya. Mintalah garansi minimal enam bulan dan/atau jaminan uang kembali kalau kapasitas tak sesuai. Satu poin saja terpenuhi, mestinya boleh dicoba.

    * Beli di penjual yang tepercaya. Ada kok penjual yang mau berterus terang menyebutkan mana power bank dagangannya yang kapasitasnya jujur dan tidak jujur.

  68. Toni says:

    Sip thx infonya pak herry

  69. Surya says:

    Mau tanya, saya beli powerbank tp ga dpt charger powerbank nya…input nya harusnya 5v/1A…tapi di rumah saya ga ada adaptor dgn kapasitas segitu….kalo saya pake charger 5,5V/1A atau 5V/1,2A kira2 portable saya rusak ga ya?Mendingan pake yg mana?5,5V/1A atau 5V/1,2A?

  70. Herry SW says:

    Pak Surya,

    Lebih baik pakai yang 5V/1,2 A. Mestinya aman.

  71. roky says:

    Misi pak, maw nanyak nih..
    Saya baru beli power bank cross yg 5800mah..
    Saya suda melakukn pngisian daya slama 7 jam, tp lmpu indikator yg trakir tetap berkedip dan akirnya saya sudahi pngisian daya..
    Kira-kira apa yg trjadi pd power bang saya?
    Dan berapa lama sih waktu normal pengisian powor bank kpsitas 5800 mah?
    Trimaksi

  72. Herry SW says:

    Pak Roky,

    Input maksimal yang bisa diterima oleh power bank Cross tersebut berapa Ampere? Biasanya dituliskan di lembar spesifikasi atau kemasan.

    Charger apakah yang Anda pakai untuk men-charge power bank Cross itu? Output-nya berapa Ampere? Silakan dilihat di bodi charger.

  73. roky says:

    Input power bank DC 5v/800mA

    Carger bawaan’a pak..
    Output DC 5V-1000mA

    Itu saja yg tertulis pak..

  74. Herry SW says:

    Pak Roky,

    Dengan kondisi seperti itu, estimasi saya, power bank akan terisi penuh setelah 8-9 jam.

  75. roky says:

    Oke pak herry..
    Trimaksi bnyak atas informasi’a..
    Sukses sllu..

  76. khaidir says:

    Pagi mas, semoga sehat selalu …. amiin

    Saya baca artikel ini beberapa bulan lalu dan juga sambil lalu, (karena banyak hal teknis & saya orang yg berusaha tidak “galau” disaat acang kehabisan daya dan butuh PB.
    Beberapa bulan lalu pun, beli PB kapasitas besar dengan dual output punya cross karena adaptor tablet relion saya rusak (dan solusi paling murah pakai PB,harga adaptornya ngelus dada)
    Minta saran yg simple mas, merek PB yg punya dual in/out ada g

  77. khaidir says:

    Minta saran yg simple mas, merek PB yg punya dual in/out a ga ya mas? Matur nuwun
    * maaf postnya bersambung… belum selesai , sudah tersubmit

  78. Herry SW says:

    Pak Khaidir,

    Power bank dengan dual input, setahu saya, belum ada. Kalau power bank dengan dual output ada banyak sekali. Karena ada kebutuhan men-charge tablet, pilihlah yang salah satu output-nya 2 Ampere.

    Pilih merek apa? Untuk merek global, bisa melirik Energizer, MiLi, Sony, dll. Untuk merek lokal, silakan mempertimbangkan merek Delcell.

  79. khaidir says:

    Ok. Terima kasih banyak mas

  80. Smartphone saya (Sony Xperia SP) alhamdulillah bisa menampilkan informasi Voltase dan Ampere dari alat pengisi daya (USB, Charger, dan Power Bank), apa pun voltase pengisi dayanya, selau dilimit hanya boleh masuk 4.0V, walau pun di charger, powerbank, usb tertera 5.0V sekali pun. Dan kemampuan melimit/membatasi tersebut juga berlaku untuk Ampere, saat menggunakan pengisi daya 2A (2000mA) maka yg diizinkan oleh smartphone saya adalah kurang dari itu.

    Karena kemampuan menampilkan Voltase dan Ampere ini (Secara realtime) saya baru tau kalo charge via USB cuma dapet 42mA saja (Pada laptop saya), pantas charging via USB Port lama sekali selesainya, ternyata memang Ampere/Arus daya mempengaruhi lama atau cepatnya proses charging battery.

    Maka dari itu saya simpulkan, informasi tentang Voltase dan Ampere pada alat pengisi daya, baik itu PowerBank, Adaptor Charger (Charger Konvensional), maupun USB Port, semuanya hanya informasi standard maksimal yg bisa dipenuhi oleh alat pengisi daya tersebut, misalnya untuk Voltase tertera 5.0V namun bisa saja kenyataannya dibawah itu (Tergantung tipe batterynya), hal itu juga berlaku pada Ampere, dan alhamdulillah gadget sekarang “Pintar” khususnya Smartphone, segala macam tetek bengek sensor mengenai sumber daya/power battery sudah ditanam untuk keamanan “dirinya sendiri”, vendor sekelas sony (vendor smartphone saya) pasti memikirkan itu :D

    Maka dari itu kita harus tau dulu (kenali gadget kita dulu) baru kita bisa menilai dan menentukan.

    Smartphone saat ini sudah ditnamkan battery intelegent sensor, yaitu sensor-sensor penting terkait battery, salah satunya yaitu Overcharge Protection (Internal, bukan di charger), dan juga kemampuan limitasi untuk voltase dan ampere. Bahkan sekarang smartphone sudah tidak perlu kalibrasi batre secara manual, karena sudah ada sensor yg mampu mendeteksi dan mengkalkulasikan informasi kapasitas battery secara realtime dan akurat, bahakan bisa mendeteksi total mAh secara realtime (total mAh bisa berkurang seiring waktu, jika mAh sudah berkurang maka itulah yg dinamakan batre drop, smartphone saat ini biasanya bisa mendeteksi itu).

    Makanya saya tidak terlalu khawatir soal power bank, karena smartphone saya sendiri sudah smart dalam melindungi battery nya.

    Untuk voltase, baik charge via USB, Adaptor, Powerbank, semua statis dilimit menjadi 4.0V, padahal sejatinya baik USB, Adaptor, maupun Powerbank sebenarnya memiliki voltase output sebesar 5.0V, jika voltase dibawah 4.0V maka terjadilah masalah, salah satunya indicator battery tidak ada tanda-tanda daya masuk/charging (tidak ada tanda petir di indikator batre), namun hal itu (voltase dibawah 4.0V) sulit terjadi kecuali memang menggunakan alat pengisi daya palsu yg kelewat palsu.

    Kenapa cuma 4.0V?, karena menurut yg saya baca di Battery University dot com, untuk battery tipe Li-Ion, yg bisa dia terima untuk pengisian/charging hanya sebatas 4.0V, walau pun alat pengisi daya maksimal 5.0V (Ingat cuma maksimal), itu sudah standardnya. Soal informasi Output 5.0V di alat pengisi daya, maka itu hanya informasi voltase maksimal yg bisa dia hasilkan, jika smartphone hanya memberi izin 4.0V ya cuma 4.0V yg bisa, apalagi Battery Li-Ion memang hanya bisa menerima 4.0V.

    Untuk ampere, jangan khawatir, walau pun 1A, 2A, tidak menjadi masalah, karena balik lagi ke device yg kita gunakan (misalnya smartphone). Tulisan 1A atau 2A pada alat pengisi daya itu hanya Ampere Maksimal yg mampu dihasilkan, bahkan bisa kurang dari itu. Satuan yg lebih mudah adalah menggunakan mA. Karena Ampre itu Arus Daya, maka seperti layaknya arus air, maka alirannya tidak statis alias dinamis alias berubah-ubah, naik turun, dan itu normal.

    Yang saya utamakan dalam memilih power bank adalah kualitas Battery Cell nya, yg terbaik tentu Japan Cell (Merk yg menggunakan Japan Cell yg saya tau adalah: Enerpad, Probox, Sony, Enelop, Syano), yg dimaksud Japan Cell adalah Battery Cell yg diproduksi oleh Sanyo (Perusahaan Battery no 1 di jepang). Karena Battery Cell lah yg menentukan awet atau tidaknya power bank kita, yaaa itu soal keawetan aja sih, kalo power bank non japan cell lebih cepat drop (tinggal beli baru sih, hehe,,).

    Ingat, Teknologi Kita sudah maju!, Baik dari Smartphone atau alat pengisi daya, sudah memiliki kemampuan yg pintar, misalnya sensor Overcharge Protection umumnya sudah standard ditanam dismartphone, makanya kalo charge via USB walau semalaman pun gak masalah, dan bahkan pake power bank tanpa overcharge protector pun ga masalah (karena sensor overcharge protectoion sudah ada di smartphonenya), yg penting dari sisi input di powerbank nya yg harus ada sensor overcharge protector, karena jika tidak ada, maka yg jebol adalah power bank nya yg pada saat isi ulang daya untuk powerbanknya malah berlebihan sampai jebol, soal overcharge protection mah teknologi lama yg udh diimplementasikan pada alat ber’battery pada umumnya, lampu darurat yg bisa dicharge aja ada overcharge protection, apalagi power bank :D, jadi jangan paranoid.

    Yang menjadi masalah adalah Kualitas Komponen dari Power Bank itu sendiri, entah itu material kesing nya, kabel nya, chip-chipnya, dll, lebih mahal tentu lebih premium, yang murah tentu biasa saja kualitas materialnya.

    Kalo saya lanjutkan bisa panjang banget, hahaha,,,

    Maaf jika penelasan saya panjang, karena di Internet sangat banyak kegalauan soal ini :D

  81. Kalo soal Merk, itu benefitnya antara lain:

    1. Nama yang harum dari merk tersebut, misalnya Sony, wiiihh tau sendiri lah,,, bandingkan dengan merk Cross, V-Gen, pasti jauh beda kan, lebih bonafit merk Sony, masalah merk, itu soal life style, gengsi :D

    2. Merk mencerminkan kualitas, ya sebut saja Sony, perusahaan asal jepang, sudah lama berkiprah di dunia teknologi, merk Sanyo yg segala sesuatu dari A sampai Z tentang batre dia jagonya, no 1 di jepang, dari jepang, bandingkan dengan Cross, Cozmo, V-Gen, Yoobao, dll, kalah jauh.

    Saya cukupkan dua faktor diatas itu saja, merk bisa berpengaruh pada harga jual, misalnya kualitas sama aja, tapi beda merk maka beda harga, menang nama :D, tapi sesuai karena Quality Control, pengalaman, teknologi, dll dari setiap merk itu beda-beda. Dan tanda pengenal bagi kita adalah nama merk nya.

    Tapi segala macam merk yg ada dipasaran tidak menutup kemungkinan menggunakan komponen dari merk terkenal, misalnya powerbank merk Vivan yg menggunakan Samsung Battery sebagai Battery Cell nya, Enerpad dan Probox yg menggunakan Cell dari Sanyo, padahal Vivan, Enerpad, Probox kurang dikenal, tapi komponen utamanya yakni Battery Cellnya dari perusahaan no 1 soal battery yaitu Sayno.

    Dan yg paling mainstream dari semua itu adalah tulisan Made In China, hahaha,,, mau merk dari Jepang kek, USA kek, sebagian besar ya Made In China (Dirakit di China, bukannya buatan china).

    Teknologi semakin pesat, kita juga harus update, jangan sampai kita terjebak pada mitos-mitos lama yg sudah dipatahkan oleh teknologi baru, misalnya mitos kalo charge battery harus 12 jam, mitos kalo pake laptop dengan adaptor maka batre dicabut, dll, mitos itu yg kadang bikin mindset kita gak sesuai dengan teknologi yg kita gunakan, ujung-ujungnya menyulitkan diri kita sendiri, padahal teknologi yg kita gunakan sudah canggih, teknologinya sudah memudahkan manusia, cuman manusianya aja yg masih mempersulit diri dengan mindset lama dari teknologi lama.

  82. Herry SW says:

    Pak Lukmanul Hakim,

    Terima kasih atas sharing-nya.

    Kalau boleh tahu, bagaimana cara menampilkan informasi voltase dan ampere di Xperia SP?

  83. Sama-sama Pak Herry,

    Di Smartphone sekarang ini sudah canggih pak, dan soal battery/power sudah dipikirkan matang-matang oleh vendor, apalagi smartphone unibody/non removable battery, bahkan kalo saya ingin memberikan sebuah ungkapan, maka saya akan bilang “Semua fitur keamanan sudah dipasang di smartphone saya duluan daripada di power bank, fitur keamanan di powerbank untuk keamanan proses charging powerbank sendiri yg lebih utama”

    Jangankan sensor-sensor khusus untuk membaca Voltase, Ampere, bahkan sensor untuk membaca Temperatur pun ada, smartphone saat ini sudah dipenuhi sensor :D

    Jangankan membaca untuk smartphone itu sendiri, untuk membaca denyut jantung kita juga bisa pak (mirip alat tensi darah yg bisa menghitung denyut jantung, tapi carak kerjanya beda)

    Walau fitur-fitur dari sensor itu sifatnya tidak “blak-blakkan” disajikan ke pengguna smartphone tersebut, namun perlu aplikasi khusus yg didesain untuk itu. Walau pun bisa juga diakses via kode rahasia, tapi akan lebih mudah jika via aplikasi pihak ke 3.

    Banyak sekali di Google Play Store aplikasi yg bisa kita gunakan untuk itu, namun saya lebih suka menggunakan aplikasi gratis bernama “Battery” bisa cek di link berikut:

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.macropinch.pearl

    Berikut Screenshoot dari Smartphone saya (Sony Xperia SP):

    http://i841.photobucket.com/albums/zz340/lucky_metal/CekActualBatterymAh_zps2e353f23.png

    Menampilkan status terkini mengenai total mAh battery, semakin berkurang seiring pemakaian, jika sudah sangat kurang maka itulah dinamakan batre drop, karena kapasitasnya tidak besar lagi, batre cepat habis karena memang mAh nya sudah berkurang, karena smartphone saya ini baru saja saya beli maka mAh nya hanya berkurang sedikit sekali dari total mAh sebenarnya yg tertera di whitepaper xperia sp saya.

    http://i841.photobucket.com/albums/zz340/lucky_metal/StatistikBatteryBawaanAndroid_zps82025b44.png

    Ini adalah statistik standard bawaan android, kita bisa cek berapa jam sudah battery kita digunakan, proses charging berapa lama, wifi, paket data aktif berapa lama, screen on berapa lama, aplikasi apa saja yg menggunakan daya battery disertakan persentasi nya juga.

    http://i841.photobucket.com/albums/zz340/lucky_metal/Depan_zpsa2554c1f.png

    Ini adalah tampilan awal aplikasi Battery yg menampilkan status kapasitas battery secara real time, sekaligus mendeteksi alat charger apa yg digunakan. Sentuh button “Advance” untuk melihat voltase, ampere, dan temperatur.

    http://i841.photobucket.com/albums/zz340/lucky_metal/ChargeviaUSBPortLaptop_zpsd5f489b3.png

    Nah ini ketika charge via USB Port di Laptop saja, jelas bahwa charge via USB prosesnya lama karena ampere nya kecil, hahaha,,,

    http://i841.photobucket.com/albums/zz340/lucky_metal/ChargeviaAdaptorOriginal50Vdan850mA_zps6ca41279.png

    Ini ketika charge via adaptor bawaan xperia sp saya (charger original), dengan output 5.0V dan 850mA

    http://i841.photobucket.com/albums/zz340/lucky_metal/50Vdan2AdiPowerBank_zpsc6e20a3d.png

    Ini charge via Powerbank dengan output 5.0V dan 2A

    ***

    Dari screenshoot diatas terlihat ada yg beda dengan penjelasan saya sebelumnya kan, pada bagian voltase standard yg bisa diterima battery Li-Ion adalah 4.0V dan dilimit oleh smartphone untuk tidak lebih dari itu.

    Maka saya jelaskan:

    Mengenai voltase dan ampere, semuanya disesuaikan dengan sisa daya battery kita, dalam screenshoot diatas tertera 3.8V karena sisa battery saya adalah kisaran 50%.

    Kesimpulannya, semua serba otomatis menyesuaikan, voltase 5.0V dan ampere 2A, 1A, 1,5A, 2,1A, dsb hanya batas maksimal yg mampu dioutputkan oleh alat pengisi daya. Sisanya ya dihandle oleh kepintaran smartphone kita juga, dia sesuaikan berapa voltase yg ideal, berapa ampere yg ideal, dsb

    CMIIW

  84. Asal jangan beli powerbank abal-abal aja, Insya Allah tidak masalah, palingan jika kita beli powerbank murah merk lokal yg masih wajar maka yg akan terjadi hanya power bank nya aja cepat rusak, power bank nya berbahaya, bisa meledak, dll, merk lokal itu powerbanknya import kok, ada yg dari china, taiwan, dll, hanya mereka aja yg ngasih merk sendiri, hehehe,,,

    kalo dari smartphone jaman skarang saya kira sudah cukup aman, yg saya sebut smartphone adalah smartphone android, kalo blackberry saya kurang tau, setau saya kalo blackberry sangat sensitif terhadap power bank, ada yg batrenya drop gara-gara power bank, itu semua balik lagi pada teknologi keamanan dan controling yg ditanamkan dalam smartphone tersebut.

  85. Herry SW says:

    Pak Lukmanul Hakim, terima kasih atas sharing informasinya.

  86. Sama-sama pak, teknologi sudah canggih ya, sudah sangat memudahkan kita, tapi saya bingung diluar sana masih ada orang-orang yg malah tidak merasakan kemudahan yg diusung oleh teknologi terbaru, malah terjebak pada mindset teknologi lama yg penuh bug, yg bug atua kekurangan teknologi lama yg ada di mindsetnya sudah dipatch/diatasi di teknologi terbaru.

    Oh ya, soal PowerBank, jangan juga mentang-mentang smartphone sudah canggih dalam proteksi dirinya sendiri lantas kita sembarangan beli power bank, kalo budget memadai, beli yg Japan Cell, ya merk Sony, Sanyo, Enerpad, Probox, dll, karena dari merk yg terpercaya, kemungkinan “Bohong” hampir tidak ada, beda dengan merk yg tidak dikenal, kemungkinan Bohongnya besar, kapasitas 3000mAh ditulis 5000Mah, bahkan ada produsen nakal yg pake batre rechargeable batangan yg biasanya untuk batre tamiya itu loh dirangkai dan dihubungkan, ada yg pake batre bekas, wih ngeri dah,,,

    Jadi merk juga jadi patokan paling mudah kita dalam menilai kualitas.

  87. yoga says:

    Mau tanya barangkali punya solusi.
    Saya punya BB 9900 kalo di charge pake powerbank 5200mAh ga bisa, trus muncul tulisan “This charging source connected to your Blackberry device cannot charge your battery”. Padahal powerbank tersebut bisa dipakai untuk BB lain dan android. Saya ke BB service cm dijawab powerbanknya ga cocok. Nyari2 threat di internet ga ketemu. Ada yang punya kasus sama ga

  88. Herry SW says:

    Pak Yoga,

    BlackBerry 9900 memang suka pilih-pilih. Masalah biasanya bukan di power bank-nya, melainkan di kabel yang dipakai untuk men-charge. Coba gunakan kabel data bawaan. Bila tetap gagal, belilah kabel khusus untuk charging (istilahnya kabel DC) yang tak bisa difungsikan sebagai kabel data.

  89. fdp says:

    Pak, kalo ngechas smartphone bgs nya pake 1A ato 2A ya?
    Kalo pake 2A mmg lebih cpt full tp ada dampak negatif ga ya..
    Tq infonya

  90. Herry SW says:

    Pak Fdp,

    Sebaiknya pakai yang 1 A, kecuali Anda yakin ponsel Anda bisa menerima input sampai 2 A.

  91. fhs says:

    Pak, hp saya memiliki tegangan 3.7 v
    Apakah berpengaruh (menyebabkan baterai rusak) apabila saya menggunakan power bank dengan output 5 v ?

  92. Herry SW says:

    Pak FHS,

    Seharusnya tidak masalah. Tegangan charger biasanya memang 5 volt kok.

  93. andry says:

    saya mau tanya. Apakah kalau gadget sedang di isi power bank. Gadgetnya boleh enggk kita mainkan. Misal untuk browsing, main game, dll. Pdahal saat itu sedang di charger menggunakan power bank. Trimaksaih

  94. Herry SW says:

    Pak Andry,

    Saat acang sedang di-charge memakai power bank, pengguna boleh saja memainkan acang itu. Namun, lebih baik pengguna tidak memainkannya. Sebab, dengan memainkan acang sambil di-charge, baik memakai power bank maupun charger yang terhubung ke listrik, proses pengisian ulang akan lebih lama. Dalam jangka panjang, siklus hidup baterai akan lebih cepat berakhir.

  95. asha says:

    selamat pagi pak :)
    saya mau nanya nih..kira” kualitas produk powerbank Vgen bagus ga?
    kmren abis belii 5200mAh 230.000,cell batrenya dengan samsung
    mohon reviewnya ya pak :) makash :)

  96. Herry SW says:

    Pak Asha,

    Maaf, baru siang ini saya bisa merespons pertanyaan masuk karena sempat tumbang akibat demam hingga 39,5 derajat Celcius.

    Saya malahan baru tahu kalau ada power bank merek Vgen. Sebelumnya Vgen kan identik dengan merek kartu memori. Karena belum pernah coba, saya tentu tidak bisa memberikan review.

  97. evan says:

    Permisi pak,sy mw minta saran sebelum membeli powerbank. Sy bingung krn awam bgt ttg alat2 elektronik. Tp dr blog2 dan artikel yg sy baca, sptx memang jauh lebih baik bermain aman dg membeli pb yg sudah jelas merk dan kualitasx. Ya spt dblg,ada harga ada kualitas, lbh baik mahal sedikit tp gadget qt aman. Sy tertarik dg pb merk Sony. Cm budget cukupx untuk pb sony 3500 mah. Nah yg sy mw tanyakan,sy jg smpt nyari2 pb merk lain spt panasonic dan phillip. Kalau powerbank phillip yg 5200 mah hargax lbh murah dibandingkan sony 3500 mah. Apa memang sony lbh baik dripada phillip pak? Mohon saranx, yg mana yg lbh direkomendasikan untuk dipilih. Sy pengguna blackberry 9320 (amstrong).

  98. Herry SW says:

    Pak Evan,

    Saya belum pernah mencoba power bank Philips. Kalau boleh tahu, anggaran Anda berapa? Setelah mengetahuinya, saya coba berikan rekomendasi yang sesuai.

  99. evan says:

    Maaf pak,sy baru lihat balasan dr bapak. Sy anggaran sekitar 250-400 pak. Kalo misalx ada yg bagus sktr 300 ribu,ya sy bersyukur. Tp kalau tyt yg bagus sampe 400 ya sy gapapa pak krn sy ga mw smartphone sy yg jd korban krn maksa mw nyari murahx aja. Sy lihat2 jg kmrn ada merk dazumba pak,yg 5600 mah hargax sktr 260-300. Garansix 2 tahun, jd melihat dr salah satu saran bpk untuk melihat masa garansi yg menggambarkan tingkat percaya diri suatu produk. Battre cellnya katax pake battre samsung pak. Di daerah sy sini,pb sony jrg ada,dan hargax jg luar biasa. Yg 3500 mah hargax 485 rbu. Bagaimana qra2 mnrt bapak? Terima kasih.

  100. Herry SW says:

    Pak Evan,

    Dengan anggaran sampai Rp 400 ribu, kalau power bank Sony sepertinya maksimal dapat yang 3.500 mAh. Harga mestinya tak sampai Rp 485 ribu. Maksimal Rp 425 ribu deh. Boleh tahu Anda di kota mana?

    Dazumba yang Anda sebutkan tampaknya boleh dilirik tuh. Pastikan penjual menuliskan garansi dua tahun tersebut di nota pembelian.

  101. evan says:

    Saya di mataram lombok pak,, dazumba kmrn sy tanya katax garansi dr pabrikx pak,,brrti dazumba jg trmasuk aman pak?

  102. Herry SW says:

    Pak Evan,

    Ya, kalau benar bergaransi dua tahun, ada kartu garansinya, dan penjual bersedia menuliskan status garansi itu di nota pembelian, mestinya Dazumba tersebut boleh dicoba. Logikanya, nggak mungkin berani memberikan garansi dua tahun bila kualitas barangnya buruk.

  103. agung says:

    pak mau tanya
    klo kita baru buka powerbank, apa benar harus di charga selama waktu tertentu dulu
    saya termasuk yg kurang percaya mitos itu juga,
    mungkin rekan2 di sini punya jawaban ilmiah terkait hal tersebut,
    mohon share nya rekan2
    terima kasih

  104. Herry SW says:

    Pak Agung,

    Menurut saya, sebuah power bank baru biasanya tidak sepenuhnya kosong. Power bank itu sudah terisi daya, meskipun mungkin tidak penuh. Silakan dipakai dulu sampai low batt. Berikutnya, baru di-charge sampai penuh. Tidak ada patokan berapa jam. Yang penting tunggu sampai penuh, lalu silakan dicabut dan digunakan sampai low batt, baru kemudian di-charge lagi.

  105. febry says:

    Pak mo tanya.sy punya power bank merk unique kap 150000mah.sy punya tablet kap batry 2700mah dan tablet mini 2400 mah.dlm kondisi powerbank full.sy charge tablet dulu,dan full tabletnya.lalu sy charge tablet mini sy tapi kgk full hanya setengah aja,power bank udah low off. Kok gitu sih pak…seharusnya dgn kap besar mini tablet sy bisa full and pwr banknya masih ada sisa.bingung ai…tq

  106. febry says:

    Eh maap pak kap power bank 15000. Ngecharge tablet mini sy kalo dr nol sampe full bisa sampe 7 jam seharusnya itungan kasarnya hanya 3 jam mungkin…kate temen sy kelamaan…betul ngga sih pak?

  107. virla says:

    mau tanya klo merk pb cross bagus g sih sy beli kyknya tdk ada garansinya.baru tau klo pb itu jg ada garansinya
    . infonya bgs bgt sy jd
    terbuka tentang powerbank

  108. Herry SW says:

    Pak Febry,

    He.. he.. saya paham kalau yang dimaksud pasti power bank berkapasitas 15.000 mAh. Sebab, kalau sampai beneran 150.000 mAh, nggak terbayang deh ukurannya. Pasti besar banget.

    Saat tablet di-charge, tablet itu dalam kondisi padam atau menyala? Untuk sementara saya asumsikan padam ya. Kalau padam, ya… dua tablet itu seharusnya bisa terisi sampai penuh. Waktu charging seharusnya juga tak sampai tujuh jam.

    Kalau boleh tahu, power bank tersebut Anda beli dengan harga berapa? Saya tidak menuduh merek yang Anda beli. Namun, sekadar info, di pasar saat ini banyak beredar power bank yang kapasitas nyatanya jauh di bawah yang tertulis di kemasan atau bodi.

  109. Herry SW says:

    Pak/Bu Virla,

    Kalau masih ada merek lain, coba melirik yang lain dulu deh. Untuk merek lokal, saya sih cenderung menyarankan Delcell. Hippo juga boleh dipertimbangkan.

  110. febry says:

    Tablet sy charge dlm kondisi nyala pak.tapi kgk sy pake.emang ngaruh pak. Hrgany pwr bank 325rb itu uda diskon.hrga benernya 450 rb.trm kasi atas infonya.

  111. Kris says:

    Permisi Pak Herry.
    saya mau bertanya nih, kalo ada 2 pilihan Yoobao 13000mah dengan SPC 16000mah. pilih yang mana yah harganya beda 30ribuan saja. garansi resmi 2 2nya 1tahun. katanya sih SPC menggunakan batry samsung. tolong pencerahan

  112. Herry SW says:

    Pak Febry,

    Ya, biarpun tablet cuma siaga, hal itu berpengaruh.

    Kalau harga Rp 325 ribu dapat power bank 15.000 mAh, hal itu agak mencurigakan. Tapi, kalau Rp 450 ribu mestinya cukup wajar.

  113. Kris says:

    oh iy 1 lagi Pak Herry.
    kalo Yoobao 13000mah outputnya 1A dan 2A. kalo SPC 16000mah outputnya 2 2nya 2A. jadi yang mana yah?

  114. Herry SW says:

    Pak Kris,

    Kalau saya sih lebih memilih Yoobao. Yang kualitasnya lebih jelas dan sudah terbukti.

  115. Kris says:

    Pak Herry.

    Xie-xie pak heheh saya menuju toko hari ini beli Yoobao…

  116. Herry SW says:

    Pak Kris,

    Saya sih tetap pilih Yoobao.

  117. tari says:

    pak herry,,
    saya mau tanya..
    baiknya beli PB langsung ke tokonya ato via online ya pak?? soalnya di OS kebanyakan jual murah, ga mahal kayk di tokonya. selisih harganya sekitar 100-200 ribu.
    terimakasih pak….

  118. Herry SW says:

    Bu Tari,

    Asalkan Anda yakin dengan reputasi toko online yang menjual power bank itu, silakan bertransaksi secara online.

    Selisih harga sekitar Rp 100 ribu untuk power bank berharga jual sekitar Rp 500 ribu masih tergolong wajar. Namun, kalau bedanya sampai Rp 200 ribu, hal itu sudah patut dipertanyakan. Keuntungan menjual power bank seharusnya tak sampai sebesar itu. Rata-rata hanya puluhan ribu, bahkan untuk power bank berkapasitas kecil cuma belasan ribu rupiah.

  119. fandi says:

    merk armada katanya pb no 1 vote majalah pulsa. apa bnr

  120. Herry SW says:

    Pak Fandi,

    Saya malahan baru dengar merek tersebut. Itu voting-nya berdasarkan apa, Pak?

  121. fandi says:

    itu berdasarkan uji keamanan untuk gadget. krn ada smart ic yg menghndari tegangan arus pendek. pada boxnya ada tulisanya (voted powerbank terbaik majalah pulsa).kykny si memang produk baru. saya g tau benar apa tdk. tp memang pas saya buka youtube ada ulasan powerbank merk Armada ini di PULSA TV

  122. fandi says:

    kmaren itu rencana mau bli yg merk vivan. ama penjualny dikasih tau yg merk “armada” ini. katanya lbh bagus gtu

  123. Herry SW says:

    Pak Fandi,

    Oh ok. Thanks infonya. Mestinya penggunaan smart IC itu sudah lazim dilakukan oleh beragam merek power bank.

  124. Nadia says:

    Maaf pak, mau tanya. Saya pake powerbank SPC 3000 mAh. Yg saya bingung, itu ga ada tombol on off nya. Cuma ada tombol buat cek led batre tinggal brp persen. Trs kalo gitu, cara hemat power bank nya gmn ya pak? Soalnya kalo saya diemin, trs power bank nya mati, indikator led nya ga nyala alias batrenya abis. Solusinya gmn ya pak? Maklum, saya baru pertama kali pake power bank. Oiya, satu lagi. Power bank saya itu cocok dgn hape saya ga ya pak? Hape saya Samsung Galaxy Ace 2. Terimakasih

  125. Herry SW says:

    Bu Nadia,

    Saya belum pernah mencoba power bank yang Anda sebutkan. Power bank tanpa tombol on-off biasanya bekerja dengan cara seperti ini:
    * Ketika ia terhubung dengan ponsel, lalu pengguna menekan tombol untuk mengecek sisa daya, power bank otomatis mulai bekerja. Proses charging dimulai.
    * Saat proses charging tuntas, power bank otomatis berhenti bekerja.
    * Power bank juga otomatis padam bila ia suatu saat dibiarkan tidak bekerja selama periode tertentu (biasanya dalam hitungan menit).

    Di pertanyaan di atas, Anda menyebutkan bila power bank didiamkan, indikator LED akan mati. Baterai habis. Kapankah hal itu terjadi? Apakah setelah power bank Anda pakai untuk mengisi ulang baterai ponsel? Kalau iya, bisa jadi daya power bank memang sudah habis terpakai.

    Berapakah output power bank tersebut? Kalau 1 A, seharusnya kompatibel dengan Samsung Galaxy Ace 2.

  126. eka sismadi says:

    pak herry,
    mohon bantuan mau tanya…
    saya baru beli power bank advance 5800mAh.
    tapi tidak disertai charger di kardusnya, akhirnya saya cas pakai charger hp saya lenovo A390 outputnya 700mAh.
    di kardus PB ditulis inputnya 800-1000mAh
    –itu kira2 merusak PB saya tidak pak charger yang hanya 700mAh??
    –berapa lama pengisian dg charger itu?
    terimakasih pak sebelumnya

  127. eka sismadi says:

    oh iya pak, pertanyaan ketinggalan
    –kalau di cas kelamaan pengaruhnya apa? (dg charger 700mAh)
    –kalau terlalu sebentar, belum penuh dah di cabut gitu efeknya gimana?
    trims pak

  128. Herry SW says:

    Pak Eka Sismadi,

    * Kalau melihat keterangan yang tertulis di kardus power bank tersebut, idealnya Anda menggunakan charger dengan output antara 800 mAh dan 1.000 mAh alias 1 ampere.

    Bila Anda menggunakan charger dengan output 700 mAh, amat mungkin power bank masih dapat terisi. Power bank takkan rusak. Konsekuensi yang harus Anda terima, diperlukan waktu charging yang lebih lama.

    * Dengan hitung-hitungan kasar, Anda memerlukan waktu sekitar sembilan jam untuk mengisi power bank itu sampai penuh.

  129. Herry SW says:

    Pak Eka,

    Menjawab pertanyaan kloter kedua:
    * Setelah penuh, biarpun charger masih terhubung dengan listrik, proses charging seharusnya akan berhenti. Asalkan Anda tidak membiarkannya sampai berhari-hari, seharusnya tak masalah.

    * Kalau belum penuh sudah Anda cabut, kemampuan power bank tersebut takkan mencapai titik optimal. Siklus hidup baterai juga menjadi lebih cepat habis.

  130. Martin says:

    Pak Herry,
    Saya ijin mengutip artikel di atas utk website saya…
    Apakah boleh Pak..
    Bagaimana dengan syarat-ketentuan nya.
    Trims

  131. gian says:

    pak saya habis beli powerbank dengan aromatic perfumed 5200 mAh dengan harga 180rb, tapi hanya mampu ngecah hp saya sampai sekitar 70% saja, apa itu tergolong mahal? saya rada nyesal belinya karena tidak bisa untuk berkali kali ngecash

  132. Herry SW says:

    Pak Martin,

    Silakan, Pak. Syaratnya sederhana:
    * Tidak digunakan untuk promosi atau berjualan.
    * Menyebutkan bahwa tulisan itu bersumber dari Ponselmu.com, sebuah blog sederhana yang dimiliki oleh Herry SW, penikmat acang alias gadget dari Surabaya. Intinya seperti itu. Kalimatnya silakan disusun sendiri.

  133. Herry SW says:

    Pak Gian,

    Baterai ponsel Anda berkapasitas berapa mAh? Selama proses charging, ponsel apakah dalam kondisi padam total?

    Power bank berkapasitas 5.200 mAh, dengan catatan kapasitasnya nyata, wajar bila dijual Rp 180 ribu.

  134. andrean says:

    hai nanya dong, powerbank sy vivan SO5. di kotaknya dijelaskan charging time powerbank selama 6 jam. tetapi saat sy mengecas PB tersebut, 4 jam-an lampu indikatornya sudah penuh. pertanyaan saya, apakah saya cabut pd waktu 4 jam trsbt, atau mengikuti intruksi perusahaannya yaitu selama 6 jam, meskipun lampu sdh berhenti berkedip drtd? maaf kepanjangan, mohon dijawab ya dan smg ga bingung :) mhn banget bantuannya……

  135. andrean says:

    maaf pak herry, saya mau koreksi post saya sebelumnya. terkait PB saya vivan SO5 5000 mAh, tertera di kotaknya charging time 6 hours. saya sudah menunggu-nunggu sampe 8 jam tp lampu terakhirnya tdk berhenti berkedip jg, krn takut jd sy cabut. itu gmn ya pak? anehnya utk 3 lampu lainnya (total ada 4 lampu) masing2 penuh dlm wktu 1 jam. berarti scr matematis PB sy full dlm wktu 4 jam kan? duh bantu saya ya pak, terima kasih banyak

  136. Herry SW says:

    Pak Andrean,

    Bila dalam empat jam ternyata sudah penuh, ya silakan dicabut.

  137. Herry SW says:

    Pak Andrean,

    Lho, ternyata power bank Anda belum penuh? Silakan coba ditunggu dulu sampai seluruh lampu benar-benar berhenti berkedip atau seluruh lampu padam total (beda power bank, beda penanda penuh). Dengan melakukan hal itu, Anda sekaligus bisa mengetahui kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang power bank tersebut sampai penuh.

    “Di kotaknya tertera charging time enam jam. Namun, sudah ditunggu sampai delapan jam kok belum penuh?” Pencantuman angka enam jam itu hanya sebagai perkiraan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu charging. Di antaranya, charger yang Anda gunakan dan lokasi charging.

    Saya pernah coba mengamati waktu charging yang dibutuhkan suatu ponsel. Dengan ponsel dan charger yang sama, kalau saya melakukan pengisian ulang di hotel berbintang, waktu yang dibutuhkan lebih singkat daripada saat saya men-charge di rumah. Bisa jadi instalasi dan tegangan listrik di hotel lebih bagus daripada di rumah.

    Terkait lampu indikator, perhitungan matematis seperti yang Anda sebutkan seringkali tidak berlaku dalam proses charging. Satu lampu pertama biasanya paling cepat penuh, sedangkan lampu paling akhir paling lama.

  138. andrean says:

    saya sangat senang bapak meresponnya dgn cepat, hehe. oh begitu pak? jadi tiap lampu indikator full-nya itu bisa beda-beda ya? kalo menurut perhitungan bapak, kira-kira 5000mAh input 5v/1A kalo dicharge brp lama ya?

    oiya saya pake charger hape saya krn dari box powerbanknya sendiri tidak menyediakan. saya pake charger output 5v/1.2A, boleh ga pak? duh maap merepotkan, terima kasih bnyk sekali lg

  139. Herry SW says:

    Pak Andrean,

    Normalnya saya akan menjawab pertanyaan paling lambat dalam 2 x 24 jam. Namun, saat akhir pekan, sedang bepergian ke luar kota, atau sangat sibuk, bukan mustahil saya terlambat dalam merespons pertanyaan.

    Soal lampu, iya memang bisa beda-beda. Faktor lain yang perlu diketahui, semakin mendekati penuh, kecepatan pengisian biasanya justru melambat.

    Merujuk pada informasi Anda, kalau dihitung secara kasar, dibutuhkan waktu sekitar enam jam. Kualitas charger dan kabel yang dipakai maupun kondisi kelistrikan bisa mempengaruhi cepat lamanya pengisian.

  140. andrean says:

    oh begitu…. tapi kalo ga berhenti sampe seharian gimana ya pak hehehe

    soal input yg diterima powerbank saat dicharge gimana pak? input powerbank 5v/1A sedangkan sy memakai charger 5v/1.2A, apa itu berbahaya?

  141. Herry SW says:

    Pak Andrean,

    Kalau seharian nggak berhenti, ya itu nggak normal. Silakan cabut dan dipakai dulu. Setelah low batt, coba di-charge lagi. Bila tetap nggak mau berhenti saat di-charge, coba klaim ke penjualnya.

    Pemakaian charger yang Anda sebutkan masih boleh kok. Seharusnya tidak berbahaya.

  142. andrean says:

    hmm apakah ini suatu yg berbahaya jika lampu indikatornya tidak berhenti berkedip? malang banget ya nasib saya

  143. Herry SW says:

    Pak Andrean,

    Berbahaya sih mestinya tidak. Tapi, tetap terasa kurang mantap kan.

  144. uli says:

    dear PAk Herry,
    saya punyaPB merek Powerangel yg 15rb mAh. baru 1bln beli, tp udah ga bisa ngecharge HP. tp klo diisi energinya bisa. buktinya kalo dinyalain, indikatornya menunjukkan full. nah.. begitu saya colokin k HP saya, malah ga ada aktivitas pengisian sama sekali. setelah beberapa lama, PB nya mati sendiri, karena PB nya tidak bisa mendetect HP saya. padaqhal USB konektornya sudah saya ganti2. yg bawaan PB maupun yg bawaan HP. padahal masing2nya works fine kalo dicolok ke yang lain mis. laptop. Boleh bantu saya?
    terimakasih..

  145. Herry SW says:

    Pak/Bu Uli,

    Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

    Kalau membaca cerita Anda, mungkin yang bermasalah port USB di bodi power bank-nya. Dugaan ini merujuk pada kondisi berikut:
    * Power bank diyakini masih memiliki daya. Buktinya, kalau dinyalakan, indikatornya terlihat penuh.
    * Anda sudah coba mengganti konektor USB yang dalam pemahaman saya berarti Anda telah coba mengganti kabel untuk charging.

    Anda baru membelinya satu bulan kan? Apakah tidak ada garansi? Kalau ada, langsung diklaimkan saja.

  146. uli says:

    iya pak..
    baru beli 1 bln.. tp belinya d luar kota..
    jd agak susah bwt nge-klaim garansinya..
    jd opsi satu2nya ganti port usb nya ya..
    o ya, saya punya yg 2 port outputnya..

  147. Herry SW says:

    Pak/Bu Uli,

    Oh begitu ceritanya. Nah, itu kan ada dua port USB. Sudah coba memakai port USB yang satu lagi? Apakah tetap macet?

  148. Miftahul Huda says:

    pak herry …
    saya mau tanya,
    – apakah ada pengaruh ke ponsel apabila kita sering charger menggunakan PB?
    – apakah ada pengaruh kerusakan apabila standar charger output HP originalnya 0,6 A, sedangakan di PB outputnya 1 A?
    mohon pencerahannya ya pak …

  149. Herry SW says:

    Pak Miftahul Huda,

    Asalkan power bank yang digunakan berkualitas prima, bukan merek abal-abal, seharusnya tak masalah.

  150. Sandler says:

    Pak Herry SW sangat baik dalam merespon pertanyaan. Terima kasih ya Pak.

  151. Herry SW says:

    Pak Sandler,

    Terima kasih atas apresiasinya.

  152. Bambang says:

    maaf pak mau tanya, kalo menurut bapak powerbank Yoobao dengan probox (baterai sanyo inside) bagusan mana ?

    terima kasih

  153. Herry SW says:

    Pak Bambang,

    Yoobao boleh dilirik, sedangkan Probox saya belum pernah coba. Saat membeli produk Yoobao, jangan tergiur harga murah ya. Sebab, di pasar telah beredar Yoobao palsu.

  154. chelo says:

    Mas herry saya mau nanyak niih, memang sih PB saya hanya 2800 mAh, sayan mau nanyak kalau 2800 mAh itu berapa kali tahan ngecas full btre nya ?? Dan 1 lagi, jika PB saya sedang saya cas kan, dan saya juga mengecas kan hp saya melalui PB itu juga (PB Yang sedang saya cas) ada efek nya gak ?? Klu ada, apa efek nya mas

  155. Herry SW says:

    Pak Chelo,

    Bisa nge-charge penuh berapa kali? Bergantung besarnya kapasitas baterai yang diisi ulang. Sekadar hitung-hitungan kasar, kira-kira bisa dua kali mengisi ulang baterai berkapasitas 850 mAh.

    Untuk pertanyaan kedua, tindakan itu membuat aktivitas charging kurang efisien. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang power bank otomatis juga lebih lama.

  156. chelo says:

    Trus power bank saya gak pkek tombol on off mas, saya jadi linglung gitu dgn powerbank saya ini. .
    Untuk pertanyaan kedua, mas herry blg kan tindakan itu membuat aktivitas charging kurang efisien. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang power bank otomatis juga lebih lama, selain itu apa ada lagi efek nya mas, apa tdk membuat pb/hp sya jadi rusak ??

  157. Herry SW says:

    Pak Chelo,

    Sebagian power bank memang tidak dilengkapi tombol on/off atau tombol power. Ia otomatis memulai proses isi ulang baterai saat mendeteksi sedang terhubung ke ponsel. Ketika baterai ponsel tujuan telah terdeteksi penuh, ia langsung menghentikan proses charging.

    Untuk pertanyaan kedua, dalam jangka panjang kebiasaan itu akan membuat baterai internal di power bank Anda lebih cepat drop. Efek buruk terhadap ponsel relatif tidak ada.

  158. pratiwi says:

    Mau tanya kalo powerbank PNY gimana bagus ga? Kalo untuk iphone 5 ios 7 sebaiknya pilih yg brp mAh? Makasih

  159. Herry SW says:

    Bu Pratiwi,

    Saya belum pernah mencoba power bank PNY. Power bank berkapasitas sekitar 5.000 mAh mestinya sudah sangat memadai.

  160. aretha says:

    Pak saya mau tnua. Saya beli pb 8400mah dgn 2 output 0,6A dan 2A.. Saya ces hp nokia saya yg pnya input 850mah dan saya masukkan ke output yg 0,6A tetapi selama 6jam baterenya blm full dan tetap dlm kondisi charging. Knp seperti ini ya pak? Mohon bantuannya. Terima kasih..

  161. Herry SW says:

    Bu Aretha,

    Boleh tahu charger bawaan ponsel Anda memiliki output berapa? Konektor charger di Nokia Anda bundar kecil, bundar besar (colokan model lama), atau micro USB (pipih/gepeng)?

  162. aretha says:

    Charger bawaannya 5V 890mah. Dan konektor nya bundar kecil pak. Ini kesalahan nya dimananya ya pak? Terimakasih..

  163. Herry SW says:

    Bu Aretha,

    Dengan asumsi output power bank Anda benar 0,6 A alias 600 mAh, berarti terjadi perbedaan 290 mAh. Biasnaya sih masih mau nge-charge, dengan konsekuensi proses charging lebih lama daripada biasanya. Coba gunakan output yang 2 A deh. Tujuannya untuk memastikan yang bermasalah power bank-nya atau ponsel Nokia Anda yang kebetulan “cerewet”.

  164. ahmad says:

    power bank SPC,

    apa singkatan dari SPC pak?

    Mohon di jawab ya pak herry!
    Terimakasih.

  165. Najib says:

    Mau tanya, saya punya tablet Acer Iconia Tab A101 (kapasitas baterai 1530×2 mAh= 3060mAh) yg mempunyai colokan micro USB tetapi colokan tsb tdk bs buat ngecharge jd harus pakai colokan yg DC-in jack (lubang yg tengahnya ada seperti jarum). Itu cocoknya pakai powerbank apa ya?? Soalnya takut kalau sdh terlanjur beli ternyata nggak bisa dipakai. Saya pengennya powerbank dr Sony, kalau nggak 2. Cooler Master 3. Philips terakhir yg ke-4. Panasonic. Tolong solusinya. Thx.

  166. Herry SW says:

    Pak Ahmad,

    Saya juga tak mengetahui kepanjangan SPC. Sebelum bermain di power bank, SPC sebelumnya telah dikenal lewat berbagai produk yang berhubungan dengan komputer. Salah satunya, monitor.

  167. Herry SW says:

    Pak Najib,

    Dengan kondisi seperti itu, menurut saya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari penjual kabel charger yang colokannya sesuai dengan A101. Setelah itu, Anda tinggal membeli power bank dengan output 2 A.

  168. bian febrian says:

    maaf pak, ini saya mau tanya mengenai powerbank,
    saya ingin membeli PB dengan kapasitas 5000-6000an dengan harga dibawah 300ribu rupiah. .ini ketemu 2 PB yang menurut saya perbandingannya cukup baik. .
    1. PB armada 6000maH, itu memakai samsung cell dan terdapat adapter ke stopkontak listrik. .
    2. PB probox 5200maH, itu memakai sanyo cell dan tidak terdapat adapter ke stopkontak listrik. .kalo saya pake adapter bukan bawaannya takutnya nanti ada gangguan dalam pengisian ulang. .
    untuk harganya hampir sama. .kalo menurut bapak bagaimana solusinya??soalnya saya masih bingung pak. .
    satu lagi saya mau tanya mengenai PB samdisk pak. .

    terimakasih jawabannya :)

  169. Herry SW says:

    Pak Bian Febrian,

    Saya belum pernah mencoba power bank merek Armada maupun Probox. Dalam kasus ini, bila saya tetap harus memilih, saya lebih memilih Probox. Alasannya, rekam jejak merek itu lebih jelas. Soal pengisian ulang baterai power bank, Anda bisa menggunakan charger bawaan ponsel kok. Tak apa-apa.

    Power bank Samdisk? Wah, saya malahan baru dengar.

  170. bian febrian says:

    tapi saya sempet baca sebuah artikel, armada menjadi PB nomer 1 sedangkan probox menjadi nomer 3. .
    kalo menurut bapak sendiri dengan kapasitas dan harga yang saya sebutkan tadi PB mana yang lebih cocok??terimakasih :)

  171. Herry SW says:

    Pak Bian Febrian,

    Di manakah Anda membaca artikel itu? Saya jadi penasaran.

    Umpama harus ibarat membeli kucing dalam karung, saya sih tetap akan memilih Probox.

  172. bian febrian says:

    ini PB samdisknya pake litium polimer pak, sedangkan probox litium ion. .apa bener litium polimer lebih bagus dari litium ion???terimakasih :)

  173. Najib says:

    Saya memutuskan untuk membeli Cooler Master Powerbank 6600 mAh karena memiliki dual USB port (2.1A dan 1A) sedangkan Sony Powerbank 5000 mAh hanya 1A saja. Saya mau tanya antara output dengan dual USB port apakah sama?? Terus kalau benar itu output, apakah tdk apa2 memakai yang 2.1A (lebih 0.1A)?? Karena bapak Herry menyarankan hanya 2A saja? Mohon jawabannya. Sekian dan terima kasih sebelumnya.

  174. Herry SW says:

    Pak Bian Febrian,

    Saya tetap memilih Probox. Ini asumsinya kan saya belum pernah mencoba dua produk tersebut. Kalau harus memilih “kucing dalam karung”, saya lebih memilih yang rekam jejaknya lebih jelas.

    Entah benar atau tidak, tetapi begitu saya mendengar ada power bank Samdisk, saya langsung menduga kalau merek itu berupaya mendompleng ketenaran merek SanDisk. SanDisk dikenal sebagai produsen kartu memori.

    Baterai lithium polymer memiliki keunggulan lebih ringan dan lebih tipis dibandingkan baterai lithium ion.

  175. Herry SW says:

    Pak Najib,

    Dalam kasus ini, dual USB port itu berarti power bank tersebut memiliki dua konektor output berwujud USB. Yang satu bisa mengalirkan arus 2,1 A, satu lagi 1 A.

    Anda boleh men-charge tablet Anda memakai konektor output yang 2,1 A.

  176. bian febrian says:

    terimakasih pak herry :)

  177. Adik Rindu says:

    Permisi Pak. aku mau tanya nih,, aku punya power bank merk cross dengan kapasitas 3000 mAH dengan Input 5v/0.8A .. Bila aku mencharger powerbank ini dengan charger 5v/0.7A berapa lama proses penchargeran pada Power bank aku ?

    Trims

  178. Herry SW says:

    Pak/Bu Adik Rindu,

    Dalam hitung-hitungan kasar, proses charging membutuhkan waktu sekitar lima jam.

  179. Adik Rindu says:

    maaf jangan panggil saya pak atau ibu, panggil saya adik saja.

    bagaimana jika saya charger powerbank saya ini dengan charger 850 mAH, berapa lama waktu pengecasan ?

  180. Herry SW says:

    Adik Rindu,

    Perkiraan saya sekitar empat jam.

  181. vendhy says:

    salam kenal pak herry.. saya mau tanya
    spec charger di smartphone saya output 5.2V 2.0A sedangkan di pwerbank sya output usb1 5V 1A dan usb2 5V 2.1A. pertanyaan saya manakah port usb tsb yg dpt mengisi smartphone sya dengan baik? terimakasih

  182. Herry SW says:

    Pak Vendhy,

    Anda boleh coba mengisi ulang ponsel Anda memakai colokan USB kedua.

  183. arlyna says:

    Pak mw nnya donk.. klo pb saya ada tulisan in dan out apakah itu sama dengan yg dijelaskan di ats ats itu.. makasih pak

  184. Herry SW says:

    Bu Arlyna,

    Benar sekali.

  185. Gondo says:

    Salam kenal Mas Herry .Mohon tanya, saya pakai PB Advance kapasitas 8800mH.Permasalahan saya, PB bisa saya charge sampai penuh tapi waktu saya pakai ngecharge ponsel tidak bisa ngisi. Trimakasih

  186. nisa says:

    salam,
    mau tanya dong pak,
    powerbank temen saya merk ALDO ketika di charge lampunya gak nyala, baik lewat colokan ataupun usb ke pc.
    saat coba buat isi ke hp juga gak nyala padahal tombol powernya sudah saya pencet.
    itu kenapa ya?

  187. ona says:

    salam…
    Pak Herry, klo satu lampunya mati padahal casnya udah seharian, klo di hidupkan utk dicharge lampu nmr 1 nya mati (urut 1 : lampu yg nyala ketika pertama kali dicas ; lampu ke-4 yg pertama kali mati/berkurang saat dicas) itu gimana ya pak? cuma rusak lampunya aja atau mmg d dlmnya yg rusak?
    Terimakasih :)

  188. Herry SW says:

    Pak Gondo,

    Saat power bank itu dihubungkan dengan ponsel, apakah sama sekali tidak muncul indikator charging? Sudahkah Anda mencoba memakai kabel charging lain? Percobaan itu perlu dilakukan untuk mengetahui sumber masalah kira-kira di power bank-nya atau ternyata kabel yang dipakai.

  189. Herry SW says:

    Bu Nisa,

    Kalau membaca paparan Anda, power bank tersebut tampaknya rusak. Bila masih dalam masa garansi, silakan melakukan klaim.

  190. Herry SW says:

    Pak/Bu Ona,

    Apakah lampu nomor 2, 3, dan 4 menyala? Kalau iya, berarti cuma lampunya saja yang rusak.

  191. Adik Rindu says:

    Pak . saya ingin bertanya kembali

    Kemarin kan powerbanknya saya charger dengan charger 850 mAH . lalu setelah sekitar 4-5 jam, lampu indikatornya mati. lalu saya cabut dan saya colok lagi dan lampu indikatornya nyala kembali dan akan mati cuma dalam waktu beberapa menit. itu ada apa ya dengan powerbank saya ?

  192. Herry SW says:

    Adik Rindu,

    Berarti, daya power bank Anda masih penuh. Belum perlu diisi ulang.

  193. idan.udin says:

    permisi pak.
    saya lagi bingung mo beli PB.
    kalo yang saya pengin sh produknya SANYO CELL or JAPAN CELL.

    Produk SANYO CELL ;
    1. enerpad
    2. eneloop
    3. probox
    Produk JAPAN CELL ;
    1. energizer
    2. panasonic
    3. sony

    pertanyaan’a buat Smartphone Sony xperia mirro dgn battery 1500mah bagus’a pake PB merek apa truz dgn kapasitas brp mah dgn budget 300-400ribuan ?
    coz saya ga tau harga + merek, maklum penguna PB baru .

  194. idan.udin says:

    maaf kelupaan.
    matur suwun. :-)

  195. Herry SW says:

    Pak Idan.Udin,

    Kalau harus memilih secara umum, saya akan menempatkan Energizer di urutan pertama, lalu Sony dan Eneloop.

    Dengan anggaran segitu, kira-kira Anda bisa membeli power bank yang berkapasitas sekitar 4.000 mAh.

  196. arya says:

    mas mau tanya saya pakai HP motorola xt910 kapasitas batre 1780mah (output di charger originalnya 5.1v=850mA)
    saya pasangkan dengan powerbank enerpad 3500mah (input DC 5v, output 5v/1000mA)
    apakah keduanya cocok atau tidak?
    terimakasih

  197. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Power bank tersebut boleh Anda pakai untuk mengisi ulang baterai ponsel Motorola XT910.

  198. arya says:

    menyambung yang saya tanyakan diatas
    saya mengalami masalah gini..
    powerbank enerpad 3500mAh nya hanya bisa ngecas HP motorola xt310 (batre 1780mAh) hanya 10-20%, setelah itu PB nya mati,
    setelah itu saya coba cas lg PBnya ternyata lampu indikatornya di PBnya masih hampir full, saya cabut lalu saya colok lagi PBnya ke HP saya dan ternyata terulang lg hanya dapat 10-20%, itu kenapa ya?
    mohon bantuannya, terimakasih

  199. arya says:

    edit : HP saya motorola razr xt910

  200. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Bila membaca paparan Anda, saya mencurigai kabel yang digunakan untuk men-charge baterai ponsel. Kalau selama ini Anda memakai kabel bawaan power bank, cobalah memakai kabel data bawaan ponsel. Sebaliknya, kalau biasanya Anda menggunakan kabel data bawaan ponsel, sekarang cobalah memakai kabel bawaan power bank.

    Seandainya sudah coba berganti kabel, tetapi tetap gagal, kabari lagi saya di sini ya. Tolong sebutkan juga Anda berada di kota mana.

  201. arya says:

    saya juga sudah ganti kabelnya sprti yang mas bilang, tp sama saja masalahnya..
    saya di bekasi mas

  202. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Sebelumnya Anda pakai kabel apa dan barusan coba menggantinya dengan kabel apa?

    Sekitar 15 menit lagi silakan cek email Anda ya. Saya kirimkan “kabel sakti” untuk Anda. Gratis. :)

  203. arya says:

    saya sudah coba kabel bawaan PBnya dan kabel data bawaan HP Motorola saya..
    ok nti saya cek mas

  204. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Oh ok.

    Email sudah saya kirim. Kalau tak ada di inbox, coba cek folder spam ya.

  205. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Eh, saya lupa tanya satu hal. Boleh tolong diintipkan output power bank Anda berapa ampere?

  206. arya says:

    outputnya seperti yang saya cerita di awal mas 5v/1000mA (max)
    maaf mas email saya ternyata yg td sedang bermasalah, bisa mnt tolong di email lg ke email ini

  207. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Oh ok.

    Email sudah saya kirimkan ulang.

  208. arya says:

    belum masuk mas emailnya :)

  209. Herry SW says:

    Pak Arya,

    Kalau di inbox tak ada, coba cek folder spam. Yahoo lumayan sering salah mengidentifikasi email.

  210. Feybi says:

    permisi pak,,

    sy sdh beli PB 8800mah merk m:n: garansi setahun,,,tpi kok wktu aq pake ngecarger samsung grand duos(2100mah) btterai belum full tp PB x udh matii..
    i2 kira2 kenapa yaa..??
    apa kapasitas x mungkin bkan 8800mah..??

  211. Herry SW says:

    Pak/Bu Feybi,

    Hmm… itu serius mereknya m:n:?

    Sejak beli, power bank tersebut sudah Anda charge berapa kali? Kemampuan optimal power bank biasanya baru terjadi setelah 3-4 kali di-charge.

    Kalau sudah 3-4 kali di-charge, tetapi masih tak mampu mengisi ulang baterai Grand Duos sampai penuh, patut dicurigai kapasitas nyata power bank itu lebih kecil daripada yang tertera.

  212. azka says:

    Pak 3 hari yang lalu saya membeli power bank dengan kapasitas 5800 mAh tapi ketika saya coba hanya bisa ngcarger 2x dgn kapasitas hp saya 1700

  213. kiran says:

    Pak power bank advance itu bagus enggak? Thanks

  214. Herry SW says:

    Pak/Bu Kiran,

    Saya belum pernah mencoba power bank merek Advance.

  215. Herry SW says:

    Pak Azka,

    Yang Anda alami tergolong normal kok. Pakai hitung-hitungan kasar dan termudah saja ya. Dengan memperhatikan konversi dan persentase daya yang hilang selama proses charging, untuk mengetahui kemampuan nyata, paling gampang mengalikan kapasitas baterai dengan 0,6.

    Jadi 5.800 x 0,6 = 3.480.

    Kalau power bank itu sukses mengisi ulang baterai 1.700 sebanyak dua kali, berarti sudah benar.

  216. rahmat says:

    mas herry saya mau nanya mudah2an dijawab,saya pernah beli powerbank fleco 5200mah 1 output dg 1A,dicoba ke samsung galaxy mega,samsung galaxy chat bisa,tetapi ketika dicoba ke samsung s4 bisa bisa 2menit setelah itu gak mau cas lg,itu kenapa ya?apa ada perbedaan antara samsung s4 dg samsung yg lain?
    terus teman sy bilang dia pernah cas samsung s4 dg powerbank gmc 6000mah dual ouput bisa cas nya gak ada masalah. mohon masukannya ya

  217. Herry SW says:

    Pak Rahmat,

    Saya masih belum berani mengambil kesimpulan. Namun, saya curiga dengan kompatibilitas kabel data. Coba gunakan kabel data bawaan Galaxy S4 untuk men-charge baterai ponsel itu via power bank.

  218. yuli says:

    Hallo pa sya membeli powerbank dgn kapasitas 6600 mAh dengan kapasitas batrai bawaan sya 2600 tetapi pada saat power bank itu sya gunakan hanya terisi 50% saja. Kira2 apanya yg salah ya pa terimakasih

  219. Herry SW says:

    Bu Yuli,

    Kalau boleh tahu, power bank 6.600 mAh itu Anda beli dengan harga berapa? Apakah sudah pernah dipakai, habis, di-charge, dst selama 3-4 kali?

    Kalau belum pernah di-charge 3-4 kali, coba jalani dulu siklus tersebut sampai 3-4 kali. Bila sudah di-charge 3-4 kali, tetapi masalah yang sama masih muncul, bisa jadi kapasitas sebenarnya dari power bank itu lebih kecil daripada yang tercetak.

  220. yuli says:

    Sya beli dengan garga 260.000 pa sepertinya sudah pa dan itu sudah sya tukar ke toko dan mendapat barang baru tetapi tetap saja seperti itu. Tapi waktu saya coba charge ke bb gemini adik syg ternyata normal. Nah saya putuskan untuk menjual power bank tersebut kepada teman sya pengguna bb amstrong tetapi malah kabel usbnya yg ga kebaca sama hpnya. Minta solusinya lagi ya pa hehe

  221. Herry SW says:

    Bu Yuli,

    Wah… wah… Saya hanya bisa turun prihatin. Boleh tahu power bank-nya merek apa?

  222. Najib says:

    Pak, saya mau tanya kalau powerbank saya (Cooler Master 6600mAh) dengan spesifikasi: -Battery: 3.7V 6600mAh -Input: 5V — 1A -Output: 5V — 1A; 2.1A dicharge menggunakan soket adapter yang saya beli dengan merk Solma SL-286 dengan spesifikasi: -Input: 100-240V-50/60Hz 1.0A -Output: 5V –1A apakah tidak apa-apa dengan powerbank saya…?? Karena dalam paket penjualan hanya disediakan kabel micro-USB untuk dicharge lewat port USB di laptop/komputer sedangkan saya tidak punya. Kan di spesifikasi powerbank tertulis Battery 3.7V tetapi dicharge menggunakan adapter yang volt-nya 100-240V takutnya entar meledak atau gimana dengan powerbank saya, tolong jelasin dan apa bedanya nge-charge lewat laptop. Sekian dan terima kasih sebelumnya.

  223. Herry SW says:

    Pak Najib,

    Charger Solma itu boleh Anda gunakan untuk mengisi ulang power bank. Kalau melihat spesifikasinya, aman kok.

    3,7V itu kan voltase baterainya. Kalau pakai charger yang ditancapkan ke listrik, ya benar 100-240V.

    Nge-charge via laptop membutuhkan waktu lama karena outputnya hanya sekitar 500 mA alias cuma separo dari kemampuan charger Solma yang Anda miliki.

  224. Najib says:

    Pak, kalau nge-charge pakai Solma kira-kira butuh berapa jam Cooler Master 6600mAh bisa penuh dengan spesifikasi masing-masing diatas…?? Sebelumnya terima kasih banyak atas jawabannya.

  225. Herry SW says:

    Pak Najib,

    Antara tujuh dan delapan jam.

  226. almira says:

    Pak, saya mau tanya, kalau powerbank itu sebelum dipakai harus dicharge berapa lama? (Saat baru pertama kali dipakai), atau bisa langsung digunakan dan baru dicharge jika batrenya sudah habis?
    -tks-

  227. Herry SW says:

    Bu Almira,

    Silakan langsung dipakai dulu sampai low batt, baru kemudian di-charge. Di-charge berapa lama? Sampai indikator baterai menunjukkan penuh.

  228. Eka Lukita says:

    Salam kenal Pak Herry..
    saya mau tanya tentang PB dari vendor samsung..
    saya punya hp samsung ace 3,,
    rencana saya mau beli PB samsug juga.. kemarin sempat tanya di samsung center harganya 175rb tapi saya gak sempat lihat besaran mAh nya..
    kira2 sudah aman atau tidak ya pak untuk hp saya nanti??
    terimaksih..

  229. Herry SW says:

    Pak/Bu Eka Lukita,

    Saya tak tahu power bank apa yang Anda beli. Namun, karena Anda membeli di pusat perbaikan resmi Samsung, logikanya sih aman.

  230. Eka Lukita says:

    Pak herry saya mau tanya lagi..
    kira2 berapa harga kisaran dari PB sony, sanyo, philips atau mungkin merek lain yang bagus sekitar 5000mAh?
    terimakasih

  231. Herry SW says:

    Bu Eka Lukita,

    Untuk Sony, patokan kasarnya kapasitas power bank dikalikan Rp 100. Jadi, kalau kapasitas power bank-nya 4.000 mAh, misalnya, berarti harga jualnya kira-kira Rp 400 ribu.

    Bila Anda mencari yang berkapasitas 5.000 mAh, MiLi Power Crystal II ini boleh dipertimbangkan. http://ponselmu.com/review-mili-power-crystal-ii-dan-power-crystal-iii-penerus-produk-pelopor/

    Mau yang lebih murah dan bagus? Ada Noontec Polo http://ponselmu.com/review-noontec-polo-dan-noontec-giant-kantongi-sertifikat-apple-mfi/

  232. ronald says:

    Pak herry kapasitas batery xperia zl saya 2370, klu saya beli pb sony 7000mah menurut hitungan pak herry ngecarger hp tidak sampai 2 kali full dong pak?jadi sy mesti beli pb yang kapasitas berapa min 2 kali full?mohon penjelasannya terima kasih

  233. Herry SW says:

    Pak Ronald,

    Benar. Hitung-hitungan kasarnya power bank 7.000 mAh tidak bisa mengisi ulang baterai Xperia ZL sampai penuh sebanyak dua kali. Idealnya Anda mencari yang minimal berkapasitas 8.000 mAh.

  234. Eka Lukita says:

    pak herry kalau merek PB nya tidak sama dengan merek HP nya apakah aman untuk HPnya??
    saya masih takut mau beli PB..
    terimakasih

  235. Herry SW says:

    Pak Eka Lukita,

    Memakai power bank dengan merek berbeda dengan ponsel tak masalah kok. Saya sudah bertahun-tahun melakukan hal itu. Yang penting jangan menggunakan power bank merek tak jelas dengan kualitas meragukan.

  236. Eka Lukita says:

    Oke pak herry terimakasih informasinya…

  237. Mus Mulyadi says:

    Salam kenal pak Herry
    saya mau beli power bank tp bingung mau merk yg mana. Rencana saya mau beli yg merk sony yg 7000 mAh original dual output 2.1A hrg 700 ribuan dengan merk yoobao 13000 mAh original hrg 500 ribuan dual output 1A dan 1.5A. Sedangkan smartphone saya sony Xperia Z charger outputnya 1500mAh/1.5A.
    saya pilih yg mana pak herry..? Tolong recomendasinya..

  238. Herry SW says:

    Pak Mus Mulyadi (ehmm… namanya beneran sama dengan penyanyi tempo dulu ya?),

    Dengan mempertimbangkan aneka hal, asalkan Yoobao-nya dijamin asli, saya pilih Yoobao. Performa tak masalah, harga lebih murah, trus dapat kapasitas lebih besar.

  239. Mus Muluadi says:

    Saya lihat komentar komentar pak herry diatas, katanya klo mau beli power bank yg cell baterainya japan cell. Nah sony kan bukannya baterainya japan cell..
    klo yoobao itu cell baterainya apa pak herry…

  240. Herry SW says:

    Pak Mus Muluadi,

    Sel baterai dari Jepang bukan segalanya lho. Rekam jejak merek juga perlu diperhatikan. Saya tak tahu pasti dalaman Yoobao seperti apa. Meskipun ternyata bukan sel baterai Jepang pun, Yoobao tetap layak beli kok.

  241. Irdra B Yanottama says:

    Gan mw tanya gmn kulaitas PB merk SPC bgus pa gag..???
    trus klu PB cross itu ada safety protectionnya apa enggak..???

  242. Ahsan says:

    Pak Herry,
    Saya punya uneg uneg nih…

    1. menurut rekomendasi anda. Sebaiknya memilih power bank merk apa dan minimal kapasitas mAh untuk smartphone note 3.

    2.Andaikan pak herry memilih Mili power king atau yoobao zeus. Pak herry lebih memilih yang mana.

    Terima Kasih

  243. Herry SW says:

    Pak Irdra B Yanottama,

    Maaf, lain kali mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

    Saya belum pernah mencoba power bank SPC.

    Saya tak tahu pasti apakah ada proteksi tersebut di power bank Cross. Saran saya, lebih baik membeli power bank yang lebih kredibel. Toh harga jualnya kini sudah semakin terjangkau.

  244. Herry SW says:

    Pak Ahsan,

    1. Anda boleh mempertimbangkan, antara lain, merek MiLi, Noontec, Energizer, Sony, dan Eneloop. Harga dua merek pertama relatif lebih murah daripada tiga merek yang lain. Soal kualitas, sama-sama bagus. Belilah yang berkapasitas setidaknya 6.000 mAh.

    2. Saya belum pernah coba keduanya. Dari sisi merek, saya lebih pilih MiLi.

  245. doni says:

    pak, kenapa ya kalo ngecharge hp saya yg S.G. S Advance pakai powerbank merk Sa****g yg 5600 mAh malah presentase baterenya yg turun, bukannya naik?

  246. doni says:

    apa karena gak sesuai dgn output nya charger ori samsung ya pak?

    tulisan output di charger ori: 5V/0,7A
    tulisan output di powerbank: 5.1V/1.2A

  247. doni says:

    padahal baru beli dua hari yg lalu :(

  248. anggiat says:

    mas Herry, mantap infonya. Sy jg mau beli powerbank, masih bingung. Kalo pb merek lavios bgmn mas? Pernah dengar? Sy baca reviewnya pada webblog, dalamnya pake batere samsung. Mohon petunjuk. Trims.

  249. Herry SW says:

    Pak Doni,

    Apakah Anda melakukan charging saat ponsel dalam kondisi menyala? Kalau iya, berarti daya yang masuk (via power bank) lebih besar daripada daya yang terpakai.

  250. Herry SW says:

    Pak Doni,

    Kalau melihat spesifikasi output-nya, seharusnya tak ada masalah.

  251. Herry SW says:

    Pak Anggiat,

    Saya pernah dengar merek Lavios, tetapi belum pernah coba. Merek power bank saat ini ada banyak banget. Belum semuanya bisa saya coba.

  252. anggiat says:

    Mas Herry, saya dapat info dari web mantugaul http://mantugaul.wordpress.com/tag/lavios/
    trus sy tertarik dgn salah satu tipenya dan bentuknya yg simple : http://mantugaul.wordpress.com/2013/06/23/review-powerbank-lavios-2600mah-pb-216a-mini-colorful/#more-24107
    kalo di toko online isi baterenya di buka seperti ini :http://www.rakuten.co.id/shop/lavios/product/PB-216A-BLACK/
    bagaimana menurut mas Herry. Terima kasih.

  253. Eugene Wijaya says:

    Pak Herry,

    saya punya powerbank Vivan 5600mAh dengan output 5v/1A dan saya menggunakan Samsung Galaxy Note 3 dimana charger bawaan-nya 5v/2A, apakah dapat menyebabkan masalah? Ataukah hanya waktu chargingnya yang menjadi lebih lambat?
    Lalu untuk penggunaan kabelnya, apakah sebaiknya saya menggunakan kabel bawaan dan colokan micro USB biasa dari Vivan ataukah menggunakan kabel bawaan Note 3 mengingat kabel charger Note 3 sudah berbentuk USB 3.0

    Mohon infonya ya Pak Herry.
    Terimakasih.

  254. Herry SW says:

    Pak Anggiat,

    Saya belum pernah mencoba produk Lavios.

  255. Herry SW says:

    Pak Eugene Wijaya,

    Efeknya hanya waktu charging jauh lebih lambat.

    Kalau kabel bawaan terbukti bisa bekerja saat dipadukan dengan power bank, lebih baik Anda memakai kabel bawaan.

  256. Eugene Wijaya says:

    Pak Herry,

    Terimakasih untuk reply-nya.

    Berarti kalau memang kabel bawaan dari Note 3 bisa bekerja saat dipadukan dengan Power Bank, tidak masalah ya Pak walaupun kabel bawaan tsb sudah berbentuk USB 3.0 yang diklaim memiliki speed data dan charging yang lebih cepat dari USB 2.0?

  257. Joko says:

    Pak mau nanya, Powerbank samsung 3500 mAh kalau full cas tandanya apayah pak ?
    Maakasihh ;)

  258. Herry SW says:

    Pak Eugene Wijaya,

    Iya, Pak. Kecuali, kabel bawaan ponsel terbukti tak berfungsi kala dipadukan dengan power bank. Baru deh Anda menggunakan kabel bawaan power bank.

  259. Herry SW says:

    Pak Joko,

    Saya tak pernah menggunakan power bank itu. Tanda full charged di berbagai power bank biasanya salah satu di antara dua tanda berikut:
    * Seluruh lampu menyala, atau
    * Seluruh lampu padam.

  260. Eugene Wijaya says:

    Dear Pak Herry,

    Terimakasih untuk info2-nya ya Pak.

  261. anggiat says:

    mas Herry, mohon tanya, sebenarnya aman mana, ngecharge via powerbank ato langsung via charger ke listrik. Kan kalo listrik biasanya tegangan tdk stabil. Sedangkn kalo via powerbank, kan tegangan sudah berubah dc kan?, selain jg mudah dibawa. Mohon pencerahan nya mas.
    Satu lagi mas, skrng banyk powerbank kecil2 berupa batangan, ada jg yg pipih/tipis. Apkh ada perbedaan kualitasnya dalam hal bentuknya mas. Trims.

  262. Joko says:

    Tapi pak power bank saya (3500 mah) full cas, ketika dipake ke HP saya (2350 mah), dari 11% cuma bisa sampai ke 31% powerbanknya sudah lobet pak

    Yng masalah power banknya yah pak atau memang udah begitu ?

  263. Herry SW says:

    Pak Eugene Wijaya,

    Sama-sama, Pak.

  264. Herry SW says:

    Pak Anggiat,

    Asalkan charger dan power bank yang dipakai orisinal atau buatan pihak ketika, tetapi yang bukan abal-abal, sama-sama aman sih.

    Perbedaan bentuk seharusnya tidak mempengaruhi kualitas. Hal yang lebih perlu dicermati, kini semakin banyak power bank abal-abal yang beredar di pasar. Power bank abal-abal itu juga sering menawarkan produk yang mustahil. Misalnya, ukuran fisiknya hanya seukuran lipstik, tetapi dibilang kapasitasnya 10.000 mAh. Itu sudah tak mungkin deh.

  265. Herry SW says:

    Pak Joko,

    Selama proses charging, ponsel apakah dalam kondisi padam? Kalau padam, berarti masalah di power bank Anda.

  266. rini says:

    mf mw ty,sy bgung
    hp merk samsung young kapastas btrai 1300 mah,sy mw bli powerbank cross 5800 mah.
    menurut mas bgus g?sya takut nt powerbankx cpt rusak ato gmana cz hrgx murah 175rb?
    trims

  267. danang says:

    mf sy mw ty,sy py hp samsung galaxy young tipe s6310
    pgn bli powerbank merk cross 5800 mah.kap.batrai hp sy 1300 mah.
    menurut pyn powerbank dgn hrg 175rb itu bgs g?akan btahan lama ato tdk dg kwalitasx?jujur sy bingung n tdk paham,tktx dgn hrg murah kwlitas menurun.trims

  268. Herry SW says:

    Bu Rini,

    Maaf, lain kali saat mengetikkan pertanyaan, kalimatnya tolong jangan disingkat-singkat. Bingung bacanya.

    Hmm… lebih baik mencari merek lain deh. Dengan anggaran sekitar itu, Anda boleh melirik merek Delcell. Kapasitas baterai beberapa ratus mAh lebih kecil, tetapi performa lebih jelas.

  269. Mochamad Farido Fanani says:

    Assallamuallaikum masss naku punya power bank tapi kenapa kok lama ya cafnya? padahala kapasitasmnya 3500 mAH

  270. Herry SW says:

    Pak Mochamad Farido Fanani,

    Input power bank Anda maksimal berapa mAh? Charger yang Anda gunakan mempunyai output berapa mAh?

    Dengan asumsi input maksimal 1.000 mAh alias 1 A dan output charger juga 1 A, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang power bank sampai penuh sekitar empat jam.

  271. Yuka says:

    Boleh minta sarannya gak ya??
    Saya mau beli pb buat hp saya merk samsung star.Tapi saya bingung mau beli yang bagus kualitasnya tapi harganya terjangkau juga , maunya sih yg kekuatannya 10.000 mAH biar bisa dipake berkali”.

  272. Herry SW says:

    Bu Yuka,

    Tolong sebutkan dulu definisi “harga terjangkau” yang dimaksud itu berapa?

  273. suryadi h says:

    selamat pagi semua..
    ijin nimbrung yah :)

    saya mau nanya nih, saya punya power bank merk vivan model IP-S07 7500mah dengan input DC5v/1A , output DC5v/1A .
    untuk smartphone nya, saya pakai smart phone LG nexus 5, di charger ori nya tertulis output: 5v-1.2A .

    pertanyaan saya:
    1. kalau saya charge smartphone saya dengan output 1A , apa bisa merusak battery smartphone saya? (charger ori LG nexus 5 output 1.2A)
    2. kalau charge pakai power bank sebaiknya pakai kabel bawaan power bank atau kabel ori smartphone? karena saya lihat banyak kasus di luar negeri hp sampai terbakar pada wkatu charging dikarenakan kabel yg digunakan tidak ori

    tia :)

  274. Herry SW says:

    Pak Suryadi,

    1. Tidak apa-apa kok. Konsekuensinya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai ponsel Anda menjadi lebih lama daripada kala memakai charger orisinal.

    2. Kalau power bank-nya minimal termasuk kategori lumayan, silakan memakai kabel bawaan power bank. Dalam kasus ini, Anda boleh memakai kabel bawaan.

  275. suryadi h says:

    pak Herry SW,

    terima kasih atas pencerahan nya pak :)

    oh iya, kalau saya gunakan kabel original smartphone untuk charge pada power bank nya boleh ya pak? (kabel dengan adaptor dapat dipisah layaknya kabel utk plug ke usb connector pada cpu)

    sorry banyak nanya nih.. :)

    tia

  276. dwi kuntari says:

    Salam kenal pak herry.,
    Artikel anda bagus sekali. .
    Saya ingin beli powerbank, tpi saya msih bingung. .
    saya di tawarin PB merk samsung 10.000mAh harga nya 200rb. PB merk Ruby 11.200 mAh harga nya 225rb.
    lebih baik yg mana ya pak ?
    Saya bingung
    kalau merk Ruby itu buatan ap ya pak ?
    Kalau merk Ruby garansi nya 1bln, klo merk samsung tiak ada garansi.
    terimakasih ya pak

  277. Herry SW says:

    Pak Suryadi H.,

    Boleh saja. Silakan dipakai.

  278. Herry SW says:

    Pak/Bu Dwi Kuntari,

    Kalau hanya dengan lihat merek, saya pilih merek Samsung daripada Ruby. Namun, kalau melihat harga dan kapasitasnya, power bank Samsung yang ditawarkan kepada Anda sangat pantas dicurigai. Harganya amat tidak wajar (baca: terlalu murah). Apalagi, tidak ada garansinya.

    Saya baru satu kali mencoba merek Ruby dan nggak terlalu istimewa. Jadi, dalam kasus ini, kalau saya disuruh memberikan saran, jangan membeli keduanya.

  279. dwi kuntari says:

    Yang bagus dan terjangkau merk apa dong pak ?
    mksih ya pak jwban nya. .
    krna saya blm terlalu mengerti tntang PB. .
    yg merk samsung garansi 1bln jg pak.saya bru aj dpet info
    kalo merk lokal yg bagus skrng ap ya pak ??
    maaf sblum nya klo saya bnyak tanya

  280. Herry SW says:

    Bu Dwi Kuntari,

    Sepertinya yang Anda cari adalah power bank berkapasitas besar yang murah dan bagus ya? Boleh coba lihat ini deh:
    http://ponselmu.com/review-noontec-polo-dan-noontec-giant-kantongi-sertifikat-apple-mfi/

    Power bank Samsung yang Anda ceritakan sebelumnya lebih baik dilupakan. Terlalu mencurigakan.

  281. dwi kuntari says:

    Terimakasih ya pak herry atas masukan nya :-D

  282. anggiat says:

    Salam Mas Herry, sebaiknya bagaimn me-manage power bank? Disatu sisi PB kalo dicharge butuh waktu lama krn mA yg cukup besar, tapi kalo kita sudah charge dan tdk langsung dipakai dlm beberapa hari, kan isi nya berkurang jg. Bagaimn menurut mas herry?

  283. Herry SW says:

    Pak Anggiat,

    Tak ada cara khusus dalam memanajemen power bank. Gunakan peranti itu secara rutin. Itu saja.

    Soal daya baterai berkurang bila berhari-hari disimpan, hal tersebut memang wajar.

  284. Pamungkas says:

    pak mau Tanya saya mau beli PB Philips Bagus gag ?
    saya dpt info PB Philips 10400 mah harga 530rb trs ada lg PB Philips 20000 mah harga 320rb…
    kira2 bagusan pilih PB yg mana ya pak?

  285. Herry SW says:

    Pak Pamungkas,

    Harga power bank Philips sangat premium. Di antara dua pilihan itu, bila tetap akan membeli, lebih baik yang pertama. Sebab, harga power bank yang kedua sangat mencurigakan. Terlalu murah dan itu bukan kebiasaan Philips.

  286. Ridwan says:

    Pak Herry saya mau tanya nih..saya punya lenovo S920. waktu charging pertama beli dulu waktu 3 jam sudah penuh (Full) kurang lebih saya sudah 10 sampai 13 kali charging lenovo nya tp akhir2 ini (sdh 2 kali ngecas ini) batere baru penuh setelah 8 sampai 10 jam..itu kenapa ya pak Herry?..mohon pencerahannya…Kalau saya mau pake power bank untuk lenovo S920 ini cocoknya pakai powerbank merk apa ya?. Untuk output nya 5V-1000ma (1A)..Andai saya pakai powerbank yang outputnya 1.2 A apakah ada masalah dengan kelebihan 0.2 A..saya pakai PB Probox dual output 1.2 A dan 2.1 A..sementara Lenovo S920 output yg tertera 1 A..apakah dampaknya buat Smartphone? Mksh Pak Herry jika berkenan memberikan pencerahan..sukses slalu!

  287. Herry SW says:

    Pak Ridwan,

    * Soal waktu charging S920 yang lama, coba gunakan charger dan kabel charging ponsel lain yang output-nya 1 A. Kalau bisa cepat, berarti charger bawaan bermasalah.

    * Merek sih bebas, asalkan bukan yang abal-abal. Oh, Anda sudah punya power bank Probox? Pakai itu saja. Tak masalah memakai output yang 1,2 A. Ponsel mestinya takkan rusak.

  288. Ridwan says:

    * Mksh pak Herry atas pencerahannya..salut buat responnya yg sangat cepat..tadi saya baru ketmpt service center Lenovo di Jogja (posisi saya di kota Jogja)..Lenovo S920 saya lagi opname disana (karena msh garansi langsung saya bawa ke service center)..mereka bilang Lenovonya skalian di up grade software nya..nah saya pake powerbank probox itu bukan punya saya tp sementara pinjam ke sodara..saya ada rencana mau beli powerbank buat Lenovo S920 saya..kalau rekomendasi pak Herry saya pakai merk apa dan berapa mAh kapasitasnya? Tadi saya tanya ke pihak Lenovo mereka bilang untuk Merk Lenovo tidak direkomendasikan pakai powerbank..tetap charging biasa pake charger bawaannya..wah kalau begitu kan jadi terbatas pemakaiannya..hbs wkt cuma untuk nungguin charging.. * Mohon pencerahannya pak Herry..agar saya ada jln keluar utk mengatasi ini..bagi saya yg penting bisa menggunakan powerbank merk apa aja gak masalah asal yg penting aman buat Lenovonya..sukses slalu pak Herry..sekali lagi mksh atas segala informasinya..

  289. Herry SW says:

    Pak Ridwan,

    Menurut saya, bila memang sangat dibutuhkan, tak apa-apa menggunakan power bank. Yang penting jangan memakai power bank abal-abal.

    Boleh tahu anggaran Anda berapa? Setelah tahu, saya akan coba berikan rekomendasi.

  290. Ridwan says:

    Untuk anggaran buat powerbank antara 500 sampai 700 rb..kalaupun dibutuhkan lebih lagi gak masalah pak Herry..bkn maksud mau sombong tp saya cuma mau cari aman dan pemakaian bisa maksimal..kalau bisa rekomendasikan yg merknya sdh terjamin dan yg terpenting cocok dengan Smartphone Lenovo S920..sekali lagi mksh atas respon nya..sukses slalu!

  291. Herry SW says:

    Pak Ridwan,

    Dengan anggaran segitu, ada beberapa power bank bagus yang bisa dipertimbangkan. Di antaranya:
    * MiLi Power Crystal III. Review ada di:
    http://ponselmu.com/review-mili-power-crystal-ii-dan-power-crystal-iii-penerus-produk-pelopor/

    * Noontec Giant. Review ada di:
    http://ponselmu.com/review-noontec-polo-dan-noontec-giant-kantongi-sertifikat-apple-mfi/

  292. Ridwan says:

    Okey pak Herry mksh atas rekomendasinya..smoga ini jg bisa bermanfaat utk org banyak..sukases slalu dan selamat bekerja…

  293. EunikeRT says:

    Salam kenal Pak Herry.

    Saya mau tanya. Saya punya Power Bank VIVAN V05 5600 Mah dan baru saja jatuh. Akibatnya, kalo mau dipake cuman bisa nge-charge sebentar lalu mati lagi.
    Boleh bantu tempat rekomendasi servis power bank ini di sekitar surabaya?
    Saya di mojokerto Pak.
    Terima kasih untuk bantuan Bapak :)

  294. Herry SW says:

    Bu EunikeRT,

    Power bank Vivan Anda apakah masih bergaransi? Kalau masih bergaransi dan usai terjatuh bodi power bank itu tidak terlihat lecet atau retak, coba lakukan klaim garansi saja. Saya tak ingat pusat perbaikan resmi Vivan ada di mana. Mungkin di kartu garansi atau kemasan power bank itu ada alamatnya.

  295. kurniawan says:

    mas, klo power bank armada itu kira2 bagus g??? trz mau beli dimana?
    trims

  296. kurniawan says:

    setelah saya baca semua artikel dari atas smpai bawah kykx nyoba delcell aja mas,,,,,

    tp kira2 belix dimana?? saya didaerah surabaaya

  297. Herry SW says:

    Pak Kurniawan,

    Saya belum pernah mencoba power bank Armada. Saya juga belum pernah melihat ada toko yang menjualnya.

  298. Herry SW says:

    Pak Kurniawan,

    Bisa cari di WTC atau Marina. Bisa pula langsung ke kantor cabangnya di Jl Biliton 1. Dari luar kayak toko sepeda. Masuk saja ke dalam.

  299. katri says:

    Salam kenal mas herry,,,mau tanya ini, hp sya sony xperia L batre 1700mah, pb sya sony 2000mah, apa gpp sya pakai pb tsb, kekecilan ga ya mas pb sya, atau hrus yg sony 3500 atau 5000mah gt, atau sony 2000mah sudah ckup buay hp sya…terima kasih pak, mhon penjelasannya

  300. Herry SW says:

    Pak/Bu Katri,

    Kalau baterai ponsel Anda berkapasitas 1.700 mAh, sedangkan kapasitas power bank 2.000 mAh, power bank itu takkan mampu mengisi ulang baterai ponsel sampai penuh. Bila ingin sampai penuh, Anda harus mencari power bank berkapasitas minimal 3.000 mAh.

  301. suryani says:

    Maaf pak..
    Kalau boleh tau harga pasaran power bank delcell sama sony brp ya..
    Hp saya samsung grand duos..
    Mohon saran kira2 brp Mhz untk hp saya

    Trims sblumnya :)

  302. Herry SW says:

    Bu Suryani,

    Harga power bank Delcell mulai Rp 100 ribuan. Kalau power bank Sony mulai Rp 200 ribuan.

    Berapa MHz? Mungkin yang Anda maksud berapa mAh ya. Baterai bawaan Galaxy Grand Duos berkapasitas 2.100 mAh. Membeli power bank 4.000 mAh mestinya sudah memadai.

  303. suryani says:

    Ouw iya saya salah ketik.. :)

    Bagaimana kalau power bank merk samsung pak..
    Recomended nggak???

  304. Herry SW says:

    Bu Suryani,

    Asalkan power bank Samsung-nya orisinal, seharusnya pantas dibeli.

  305. Eugene Wijaya says:

    Pak Herry,

    ingin sedikit bertanya perihal voltase. kalau spec charger 5.0v==2.0A dengan 5.3v==2.0A apakah bisa dijelaskan perbedaannya? Jika gadget memiliki charger bawaan dengan spec 5.3v==2.0A lalu dicharge menggunakan powerbank ataupun charger lain dengan spec 5.0v==2.0A apakah aman? lalu bagaimanakah bila sebaliknya?

    Terimakasih.

  306. Herry SW says:

    Pak Eugene Wijaya,

    Saya akan coba jawab berdasarkan pengalaman pribadi, bukan ilmu elektronika yang memang tidak saya miliki.

    Pada prinsipnya aman, tetapi belum tentu bisa. Jadi, silakan coba mengisi ulang baterai peranti yang Anda miliki itu memakai power bank yang Anda ceritakan. Kalau indikator charging menunjukkan ada proses charging, silakan dilanjutkan.

  307. aruel says:

    mas kalo ngecharge power bank terlalu lama apa resukonya ya…???

  308. aruel says:

    maksudnya itu ada resikonya nggak kalau memgecharge power bank terlalu lama…????

  309. Herry SW says:

    Pak Aruel,

    Kalau power bank dan charger yang dipakai bukan berkualitas abal-abal, tak ada masalah. Proses charging akan berhenti otomatis.

    Kalau peranti yang dipakai berkualitas abal-abal, ada peluang baterai di dalam power bank akan “hamil” alias menggembung.

  310. pak agung says:

    Gimama tanda PB samsung 6000 mAh warna hitam jika sudah full ? .. trus kalo ngecharge berapa jam? tolong jelasin… amatiran gan..

  311. Herry SW says:

    Pak Agung,

    Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan gan di blog ini.

    Saya belum pernah memakai power bank tersebut. Coba dicek di buku panduannya. Mestinya dijelaskan di sana tentang tanda kalau power bank sudah penuh.

    Kalau di-charge perlu waktu berapa jam sampai penuh? Dengan asumsi Anda men-charge memakai charger dengan output 1A dan power bank mampu menerima input 1A, kira-kira butuh waktu tujuh jam.

  312. Regha Julian says:

    Pak Herry,

    Maaf pak saya mau tanya jika saya akan membeli powerbank dengan merk Probox 5200mAh dengan harga 289.000 apakah wajar?
    Kemudian apakah baterai handphone saya akan rusak jika saya men-charge dengan powerbank dengan arus 1,2A sedangkan dari charger asli handphone-nya hanya 1A?
    Pertanyaan terakhir, dimana saya bisa membeli powerbank dengan kualitas bagus? (toko online maksud saya)

    Mohon maaf jika banyak pertanyaan, terima kasih Pak Herry

  313. Regha Julian says:

    Mohon maaf pak ada pertanyaan yang ketinggalan, kalau menurut Pak Herry powerbank merk apakah yang paling disarankan untuk digunakan? Kalau bisa saya minta list dari nomer 1 sampe 5 ya pak

    Terima kasih banyak pak

  314. Herry SW says:

    Pak Regha Julian,

    Ya, masih bisa dikategorikan harga wajar.

    Anda akan nge-charge pakai Probox kan? Tidak masalah. Arus yang lewat akan disesuaikan.

    Anda bisa cek di Blibli.com dan Delcell.com. Untuk situs yang terakhir, sisa stok di situs biasanya tidak realtime. Anda lebih baik menghubungi nomor yang tercantum di kiri bawah halaman.

  315. Herry SW says:

    Pak Regha Julian,

    Saya sebutkan beberapa ya. Yang saya sebutkan paling awal bukan berarti paling baik, demikian sebaliknya.

    Ini dia: Delcell, Energizer, MiLi, Sony, Motorola, Nokia, Yoobao, dan Noontec.

  316. bondan says:

    Pak Herry gimana perhitungannya untuk mengetahui berapa lama waktu charge baik untuk powerbank dan gadget?
    Mohon pencerahannya
    Terima kasih sebelumnya

  317. Herry SW says:

    Pak Bondan,

    Untuk mengetahui berapa lama waktu charging-nya, bisa melihat perbandingan antara output, input, dan kapasitas baterai.

    Misalnya begini:
    Ada power bank dengan kapasitas baterai 10.000 mAh. Ia mampu menerima input 2A alias 2.000 mAh. Power bank itu di-charge dengan charger yang memiliki output 2A. Dalam hitung-hitungan matematika, berarti power bank tersebut akan penuh dalam 10.000 : 2.000 = 5 jam. Kenyataannya tidak demikian. Ketika power bank sudah semakin penuh, proses charging akan melambat. Jadi, untuk kasus di atas, waktu yang dibutuhkan untuk charging diperkirakan sekitar enam jam.

    Paparan saya di atas hanya perkiraan kasar ya, Pak. Untuk pastinya, ya silakan diukur memakai stopwatch.

  318. safii says:

    pak tanya powerbank saya lampu indikatornya nyala terus,saya charge bisa,buat ngecharge bisa tapi cuma 2 menit ngecharge mati,bisa ngecharge lagi kalo saya tekan tombolnya ulang,itu bagaimana pak ?? terimakasih

  319. Herry SW says:

    Pak Safii,

    Dulu lampu indikator power bank itu menyala terus atau padam? Dulu kalau dipakai nge-charge ponsel, kondisinya seperti apa?

  320. amar says:

    Permisi pak, mau tanya
    Kalo ngecharge PB pake kabel bawaan Pb atau bisa pakai charger Samsung
    Trimaksih
    Dan kalo nguji Kemampuan PB Dengan memasukan daya ke pb itu sendiri
    Apa akan berisko?

    Trimaksih

  321. novri says:

    Malam pak harry, saya mau tanya pak, saya kan punya smartfren G2, nah pas batre nya low, saya pinjam powerbank abang saya, merk nya samsung berkapasitas 20rb mAh, pada saat saya cas hp saya, tiba tiba hp saya blank, layar dan lampu flash nya berkedip putih, dan tiba tiba mati, lalu saya coba cas pakai listrik, hp saya tidak hidup lagi, lalu saya cas di powerbank lg, hasil nya seperti pertama, apa yang harus saya lakukan pak…terima kasih

  322. Herry SW says:

    Pak Amar,

    Untuk mengisi ulang power bank, Anda bebas memakai kabel bawaan atau kabel lain.

    Apakah yang dimaksud dengan “menguji kemampuan power bank dengan memasukkan daya ke power bank itu sendiri”? Saya masih kurang jelas.

  323. Herry SW says:

    Pak/Bu Novri,

    Kita coba tunggu jawaban dari Pak Harry ya.

    Saya, Herry, tak berani menjawab.

  324. Diyah says:

    Pak Herry, saya mau bertanya, ada powerbank merk samsung berkapasitas 20.000mah dijual dg harga 135.000 dan 180.000, manakah yg bisa dipercaya kualitasnya bagus ya pak?

    Dan mau mnt saran, powerbank merk apa yg murah dan bagus untuk samsung galaxy note 8 dan blackberry 9300? Terima kasih sebelumnya.

  325. Herry SW says:

    Bu Diyah,

    Saya yakin power bank Samsung yang Anda sebutkan palsu.

    Merujuk pada paparan harga di atas, saya mengasumsikan anggaran Anda Rp 200 ribuan ya. Silakan mencari Xiaomi 10400 (hati-hati ya, banyak yang palsu) atau Delcell Turbo.

  326. Eko Setiono says:

    Pak, saya punya speaker bluetooth merk jbl flip, colokan chargenya masih pake model lama (bukan micro usb seperti hp sekarang). saya coba pake powerbank merk vivan dengan lubang colokan yang sama tapi gak mau masuk, saya lihat di speaker ada tulisan 1.5 A, sementara di powerbank 1A, apakah ini yg bikin tidak masuk. lalu powerbank mana yang bisa. Terima kasih atas jawabannya.

  327. Herry SW says:

    Pak Eko Setiono,

    Yang dimaksud “gak mau masuk” itu apakah konektor bisa terpasang, tetapi tak mau nge-charge? Kalau iya, mungkin speaker itu memang minta di-charge dengan aliran arus minimal 1,5A.

  328. Shabrina says:

    Setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya saya membeli Powerbank Delcell Turbo 10000 mah seharga 139.000. Karena harga terjangkau dan berani memberikan garansi 1 tahun. Dengan pembanding Samsung 25000 mah harga mendekati. Dan Xiaomi dengan kapasitas yang sama tapi harga 2xnya. Pertama kali mencharge powerbank butuh waktu yang lama, sekitar 10 jam sampai akhirnya lampu berhenti berkedip. Apakah itu wajar?

  329. yudi says:

    Pak herry mau tanya

    Sebelumnya salam id android..hehe emang ada salamnya???

    Pak saya galau ni mau beli sony 7000mAh

    Apa benar bisa ngisi gadget dg batre 2300mAh sebanyak 2x lebih?

    Soalnya saya baru beli enerpad yang katanya pake sanyo cell 5200mAh cm bisa dapat 1,5x

    Berarti kan daya yg tbuang u/ pb besar

    Apa benar sony pure capacity?

    Mohon jawabannya

  330. yudi says:

    Permisi om herry nanya

    Kalo powerbank sony pure capacity original apa rumus di atas juga berlaku

    Mohon bantuannya

  331. Herry SW says:

    Bu Shabrina,

    Samsung 25.000 mAh? Harga berapa? Saya kok curiga itu Samsung palsu.

    Soal waktu charging yang sekitar sepuluh jam, hal itu wajar. Anggaplah Anda mengisi ulang power bank 10.000 mAh memakai charger 1A. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang sampai penuh sekitar sebelas jam. Kalau baru 5-6 jam sudah penuh, justru Anda patut curiga kalau kapasitas power bank itu palsu. MIsalnya, diklaim 10.000 mAh, tetapi kenyataannya hanya 5.000 mAh.

  332. Herry SW says:

    Pak Yudi,

    Dengan asumsi proses charging dilakukan saat ponsel dalam kondisi padam, power bank berkapasitas asli 7.000 mAh takkan bisa mengisi baterai 2.300 mAh sampai penuh sebanyak dua kali atau lebih. Power bank seperti itu kira-kira dapat mengisi satu kali baterai 2.300 mAh sampai penuh. Plus, satu kali lagi mengisi baterai 2.300 mAh sampai hampir penuh.

    Asalkan power bank Sony yang Anda beli benar-benar asli, seharusnya kapasitasnya memang benar sesuai yang tertulis.

  333. Herry SW says:

    Pak Yudi,

    Ya, berlaku.

  334. zahrul says:

    Pak, gadget sya input btraix 1,35A. Lebih baik mna sya mnggunakan pwerbank yg output 1a atau yg 2a??
    Mhn pnjelasaannya y… trims…

  335. Herry SW says:

    Pak Zahrul,

    Lain kali tolong ketikkan pertanyaan dengan kalimat yang lengkap ya. Jangan disingkat-singkat.

    Silakan memakai yang 2A.

  336. zahrul says:

    Mengapa saya lebih baik memakai yang 2A?bukan yang 1A? Mohon dijelaskan ya pak… terima kasih

  337. Herry SW says:

    Pak Zahrul,

    Anda sebelumnya menyebutkan kalah gawai Anda bisa menerima input 1,35A. Kalau Anda menggunakan charger 1A, berarti maksimal ponsel Anda menerima 1A. Sedangkan kalau Anda memakai charger 2A, ponsel Anda berpeluang menerima input maksimal, yaitu 1,35A.

  338. zahrul says:

    Jadi 2A itu tidak murni masuk 2A y?? Tetapi dikontrol oleh hp nya juga..jika maksimal 1,35 maka arus yang masuk ya 1,35 walaupun output power bank nya 2A… jadi hp aman aman saja ya, tidak akan kelebihan daya??

  339. Herry SW says:

    Pak Zahrul,

    Ya. Asalkan peranti yang dipakai bukan abal-abal, antarperanti bisa “ngobrol” dan menyesuaikan diri.

  340. zahrul says:

    Kalau merk hame itu termasuk bagus atau abal abal??

  341. Herry SW says:

    Pak Zahrul,

    Kelas menengah.

  342. zahrul says:

    Berarti termasuk aman pak y?? Baik pak herry terima kasih atas infonya

  343. Herry SW says:

    Pak Zahrul,

    Ya, boleh dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>