By

LG V20 Resmi Diluncurkan di Indonesia

LG V20 hari ini (23/11) resmi diluncurkan di Indonesia dengan harga ritel resmi Rp 9,499 juta. Paket penjualan ponsel itu termasuk earphone B&O Play. Selama masa pemesanan awal (pre-order) yang dimulai 25 November 2016, peminat berhak mendapatkan bonus battery kit, voucher Pegipegi.com, dan kartu Telkomsel dengan paket internet 14 GB.

Pemilik kartu kredit BCA, BRI, Bank Mega, OCBC NISP bakal mendapatkan penawaran ekstra. Selain bisa mengangsur pembayaran tanpa dikenakan bunga, mereka memperoleh cash back senilai hingga Rp 1,25 juta.

launch-v20-1

Pemesanan awal V20 dapat dilakukan secara online maupun offline. Sebelas situs belanja telah siap melayani calon pembeli. Yaitu, Bhinneka, Blibli, Dinomarket, Electronic Solution, Elevenia, Erafone, dan JD.id. Ada pula Lazada, Matahari Mall, Point2000, dan TokoPDA.

Peminat yang lebih menyukai belanja offline dapat melakukan pemesanan di gerai penjual ponsel terkemuka berskala regional maupun nasional. Misalnya, Apollo di Surabaya dan Dukomsel di Bandung. Calon pembeli bisa pula bertransaksi di gerai Fonel, Megafon, dan Erafone. Alternatif lain, memesan di LG Mobile Brand Shop yang terdapat di berbagai kota di Indonesia.

launch-v20-4

Menurut Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia, V20 menawarkan pengalaman multimedia pada level yang lebih tinggi. “Kemampuan audio, kamera, dan video V20 terbilang istimewa. Pengguna dapat menjumpai fitur Hi-Fi Quad DAC, HD Audio Recorder, dan Steady Record 2.0. Kamera depan maupun belakang V20 juga dibekali lensa bersudut lebar (wide angle lens),” tuturnya.

Spesifikasi lain V20, di antaranya, prosesor empat inti Qualcomm Snapdragon 820 2,15 GHz, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, dua selot nano SIM, dan satu selot microSD. Pengguna bisa menyelipkan kartu microSD berkapasitas sampai 2 TB.

launch-v20-2

V20 merupakan ponsel bersistem operasi Android 7.0 Nougat pertama yang beredar resmi di Indonesia. Dua nomor dapat siaga bersamaan di ponsel itu. Ketika salah satu nomor masuk ke jaringan 4G LTE, satu nomor lainnya masih bisa menikmati jaringan 3G.

launch-v20-3

Kamera utama V20 berlensa ganda. Satu berupa lensa standar yang mampu menghasilkan foto beresolusi 16 megapiksel, satu lainnya lensa sudut lebar delapan megapiksel. Sementara itu, kamera depan ponsel memanfaatkan lensa sudut lebar beresolusi lima megapiksel. Sumber daya ponsel berasal dari baterai 3.200 mAh yang bisa dilepas pasang dengan gampang.

Contoh foto yang dihasilkan V20 dapat dilihat dengan mengklik tautan ini.

64 Responses to LG V20 Resmi Diluncurkan di Indonesia

  1. michael says:

    Yth Pak Herry SW,

    Saya mau menanyakan apakah LG V20 juga punya masalah serupa dengan G4? Yang mana G4 (kalau tidak salah edisi serial number 5) termasuk punya saya pernah mendadak mati dan ternyata bermasalah dengan partnya dan kemudian saya dengar akhir-kahir ini serial number awal 5 mangalami hal ini lagi. Apakah hal serupa akan terjadi pak? Mohon pencerahan

    • Herry SW says:

      Pak Michael,

      Karena baru mulai dijual, belum ketahuan V20 terkena “penyakit” ala G4 atau tidak. Semoga saja tidak. Sebelum ini LG G5 SE baik-baik saja.

      Soal G4, benar… yang mengalami mati suri adalah serial number 5. Saya sendiri sudah mengalaminya dua kali.

  2. Alvo says:

    Halo pak herry…
    Sudah saya tunggu ini v20.
    Jika ganti dari G5 SE ke V20 layak atau nanggung pak?
    Keistimewaannya dibanding G5 SE apa pak?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Alvo,

      Belum tahu pasti karena saya belum menguji pakai V20. Dari percobaan singkat, layak ganti sih. Kamera lebih bagus, suara lebih bagus, ada dua layar, bodi lebih solid, dan baterai tampaknya lebih tahan lama.

  3. Amaris says:

    Berarti ini flagship nya LG ya Pak Herry? Terus seri G, gimana?

  4. Haohao says:

    Bisa dikunci LTE/4G only gak koh?

  5. Andi Hermawan says:

    Apakah pak Herry berencana untuk mengulas lg v20? Kelihatannya sangat menarik dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Saya lihat beberapa ulasan tentang kamera lg v20, apakah benar hasilnya mendekati penglihatan mata dan tidak setajam ponsel flagship lain? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Andi Hermawan,

      Ya, saya berencana me-review V20.

      Sudut tangkapan lensa wide V20 malahan lebih luas daripada mata manusia.

      Tidak setajam ponsel flagship lain? Kata siapa? Pembandingnya ponsel apa?

  6. kobay says:

    keren sih…………. tp…..mahal ya………………!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. Robby says:

    Quad DAC… suara nya via B&O pastib ajib banget… tolong di review ya koh kualitas musikya… terima kasih

  8. Leo says:

    Salam, Pak HSW

    Saya mau Tanya Pak, kalau mau tau Harga resmi itu lihat dmn ya?
    Soalnya sering kali brand apapun itu jarang mencantumkan Harga resmi di webnya, akibatnya susah memberikan Harga jual bekasnya apalagi kalau tiba2 dijatuhkan harga resminya (seperti Pureshot yg berkali-kali dijatuhkan)
    Terima kasih, salam

  9. janto says:

    slmt pagi ko herry,

    dibandingkan dengan samsung S7 edge bagusan mana spec nya?
    saya demen kamera S7 edge yg bisa ambil foto meskipun dalam keadaan cahaya yg sangat minim.
    apakah V20 juga bisa?
    thx

  10. liat2aja says:

    Sebagai pemakai LG G4 karena racun HSW, saya sebenarnya tertarik dengan V20. Cuma ya karena ada kecewanya dengan G4 (gampang panas dan kena pink tint yaitu layar kiri dan kanan berubah jadi pink saat latar belakang abu2) saya jadi ragu mau ngambil flagship LG lagi. Mungkin tunggu seperti G4 yang saya dapatkan April 2016 (artinya setaun setelah launch) dengan harga 4.6 jutaan.

    Seperti G4, V20 hp idaman saya karena bisa gonta ganti baterai, dan CMIIW slot microSD nya dedicated bukan hybrid dengan SIM2.

    Mesti diakui G4 kualitas fotonya yang paling saya suka. Kalau mereview foto-foto di folder komputer saya, kualitas G4 lebih natural dari Samsung S6 Edge saya.

  11. Misbah says:

    Ayo Samsung, ikuti LG! Keluarkan lagi Phablet seri S dan Note yang bukan baterai Non-Removable. Gak suka inovasi baterai Phablet disamakan dengan tablet di mana gak bisa pakai baterai cadangan, kecuali Qualcomm sudah mampu mengeluarkan inovasi fast charging penuh 100% dalam 5 menit saat phablet dimatikan. Gak suka tambah2 powerbank bikin baterai cepat soak saat phablet aktif terus. Anti percikan air perlu, korbankan saja anti celup air jika perlu, seperti LG V20 ini. Sayang LG gak pakai layar AMOLED, karena punya inovasi layar sendiri. Kalau Iya, SEMPURNA ini phablet ditambah teknologi audio yang TOP.

  12. Andi Hermawan says:

    Flagship lain misal Samsung dengan G S7 nya, apakah saturasi warna hasil fotonya kurang lebih seperti itu? Atau kurang lebih sama seperti Lg G5SE?
    Apakah hasil foto low light nya lebih bagus daripada Lg G5SE atau Samsung G S7? Terima kasih

  13. Ahmad says:

    Ini osnya nougat ya pak herry sw

  14. Triyatno says:

    Pak Herry
    Apakah anda berencana untuk me-review Samsung J7 Prime?

  15. adi says:

    Pah herry, ada rencana review vivo v5 gak pak?

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      Saya bahkan sudah berangkat mau membungkus satu unit. Ternyata, harus pre-order dulu. Kalau sama-sama mesti pre-order, ya mending saya pilih V20 deh. 🙂

  16. Yanto says:

    Pak herry
    Kalo pingin cari spesifikasi untuk digunakan online shop yg membutuhkan kamera tajam, bisa gegas untuk aplikasi fb, ig, twit selalu dibuka sekaligus anggaran 3-4 jt an kira-kira menurut pak herry produk apa yang mendekati maksimal

  17. Toyib says:

    Apa bisa tukar nambah lg g5 se dengan lg v20,,tolong infonya

  18. seto says:

    Pak hsw

    Kalau xiaomi redmi 3 prime diadu sma pureshot (tanpa embel2) secara keselurahan menarik mana untuk dipilih ?

  19. seto says:

    Pak hsw

    Sya punya saran kalo mau beli pureshot (tanpa embel2) di lampung tak perlu ke galeri smartfren cukup ke simpur, bandar lampung. Disana harganya ada yg 1,4an

  20. Nashiro says:

    Pak HSW maaf sy bertanya diluar konten. Yg sy ingin tanyakan adalah, apa bedanya jika saya belanja smartphone secara offline di erafone dg di konter biasa? Krn harga yg ditawarkan cukup signifikan, sy berencana utk meminang huawei p9 lite bergaransi resmi. Di erafone harganya adl 3,799,000 dg tambangan mini tripod + lensa fish eye + memori 16gb + H ring sdgkn di konter biasa harganya hanya 3,450,000 tanpa hadiah tambahan. Apakah gawai tsb asli pak dan apakah nilai jual di erafone sdh sesuai dg hadiah2 tsb? Apakah bapak ada tips membeli gawai bergaransi resmi di konter / toko offline biasa? Terimakasih pak HSW

    • Herry SW says:

      Pak Nashiro,

      Di Erafone pasti baru, asli, dan bergaransi resmi. Kalau di toko biasa, kadang ada penjual yang nakal.

      Hmm… berarti selisih harganya Rp 349 ribu ya. Saya pernah melihat aksesori yang dijadikan bonus tambahan itu. Barangnya kurang bagus. Jangankan dinilai Rp 349 ribu, dianggap Rp 150 ribu pun tidak layak.

      Saran saya, mending beli P9 Lite di toko biasa. Namun, pastikan dua hal:
      * Kardus awalnya dalam kondisi segel.
      * Setelah kardus dibuka, kartu garansinya masih utuh. Tidak terlihat ada bekas sobekan.
      Kalau memenuhi dua hal itu, P9 Lite yang Anda dapatkan mestinya baru, orisinal, dan bergaransi resmi.

  21. Ndemik says:

    Om usul aja nih..bagian kategori dikasih panduan beli hp yg recomended sesuai rentang harga dan selalu diupdate,minimal bentuk kolom aja bukan artikel..drpd tiap artikel bukannya nanya2 hp yg di review malah komen tanya rekomended hp sesuai bujet..

    • Herry SW says:

      Pak Ndemik,

      Terima kasih atas usulannya. Maaf, saya tak bisa merealisasikan hal itu karena dalam pemilihan ponsel ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Aspek-aspek tersebut seringkali bersifat sangat personal.

  22. augustinus says:

    Koh Herry, kan suka mereview suatu produk dan menguji pakai. Tentunya contacts yang lama harus dipindahkan ke HP yang baru. Kalau saya sangat jarang ganti HP karena kesulitan kalau harus memindah contacts yang lama ke HP baru. Apakah ada software atau cara yang mudah untuk memindahkan contacsnya ? Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Augustinus,

      Data kontak saya simpan di akun Gmail. Ketika pindahan ponsel, data kontak itu otomatis tersinkron dengan ponsel yang baru. Praktis deh.

  23. bayu says:

    Yang paling saya suka dari LG V20 itu desainnya yg kerasa orisinil dan beda. rada bosen liat kebanyakan smartphone sekarang yg desain depan mirip Samsung Galaxy S7 tapi belakangnya mirip Iphone
    kok bisa ya koh? itu ikut tren ataiu emang strategi marketing?

  24. Djunaedi says:

    Mungkin ini jawaban LG karena tidak dijual nya G5 di Indonesia. Kalo G5 dijual mungkin harganya bisa tabrakan dgn V20 yg mungkin merugikan LG. Kalo melihat spesifikasi sepintas dgn G5 unggul mana pak herry?

  25. augustinus says:

    Saya mau nanya lagi koh Herry. Dulu saya beli G2 mini segera setelah baca reveiwnya koh Herry, sampai sekarang masih belum ganti dan masih enak dipakainya. Cuma karena sekarang banyak ikut group WA terutama dari teman SD sampai kuliah terasa makin lemot dan harus sering hapus file. LG menurut saya HP nya bagus dan kuat, padahal dari beli sampai hari ini tidak pernah saya matikan.
    Saya mau nanya HP merek LG type apa yang sekarang cukup bagus dengan anggaran maksimal Rp. 3 juta . Terimakasih sebelumnya

  26. Adrian says:

    Pak, apa V20 mengusung sim hybrid atau slot sim dan sd card terpisah?

  27. al says:

    Pak HSW hp apa saja yang audionya sudah HiFi?

    • Herry SW says:

      Pak Al,

      Saya tak mencermati hal itu. Ponsel flagship dan sebagian ponsel kelas menengah Vivo, seingat saya, sudah dibekali kemampuan tersebut.

  28. eka says:

    pak mau tanya. saya orangnya suka nonton konser. dari semua ponsel yg sudah bapk review kameranya kira” yg mantap buat diajak foto jarak pandang jauh (krn trkadang saya berada dibarisan paling belakang dari panggung) ponsel apa yg recommend ya pak? skrg bbrp konser sudah ga boleh rekam pake pocket soalny alternatif saya harus cari ponsel yg kameranya solid buat diajak rekam atau photo” artisnya di konser. harga 6jutaan lah pak. seri dari sony lg atau samsung ya pak. mohon bantuannya

    • Herry SW says:

      Pak Eka,

      Jawabannya, tidak ada ponsel yang memenuhi syarat. Dengan kebutuhan seperti di atas, Anda membutuhkan lensa dengan optical zoom tinggi dan bukaan lensa besar. Belum ada ponsel yang spesifikasinya sesuai.

  29. eka says:

    ponsel dg resolusi besar sekalipun sperti z5+ 23mp.. msih belum bisa ya pak?

  30. augustinus says:

    Setelah pertanyaan yang tempo hari saya ajukan, sampai sekarang saya belum ganti HP karena memang kalau sudah beli akan dipakai cukup lama.
    Saya agak berat pindah ke lain merk selain LG ( karena sudah terbukti ketangguhannya ), tetapi karena koh Herry tidak menyarankan LG X Screen terpaksa mau beli diluar merk LG, syukur kalau masih ada merek LG yang direkomendasikan. Saya minta tolong dibantu dengan syarat kisaran harga max Rp 3 juta, battery kuat, bisa menampung aplikasi yang cukup ( apa ini faktornya dari ram ?) dan tidak perlu sering hapus video atau foto karena saya ikut banyak group WA. Terimakasih

  31. Anton says:

    Pak, mau tanya apa ponsel ini memang ada issue Screen Bleeding? soalnya sy lihat di kaskus banyak yang keluhkan soalnya layarnya yg screen bleeding dll meskipun sdikit aja sih luasnya?
    rencana pengen beli tp takutnya kena penyakit kayak gitu juag. Apa V20 yg pak hery pake gitu juga?

    • Herry SW says:

      Pak Anton,

      Sejauh ini ada satu laporan masuk. Layar bagian bawah bergaris-garis seperti bar code. V20 milik konsumen tersebut langsung diganti baru.

      V20 yang sempat saya pakai selama seminggu tidak mengalami hal itu.

  32. Heru Sulistiadhi says:

    Pak HSW,

    Kalau dibandingkan ketahanan baterai V20 dg Note 5 bagaimana Pak? Untuk penggunaan normal sehari-hari dengan 2 sim card terpakai semua?
    Saya baca dari beberapa situs review luar, ketahanan baterai V20 mengecewakan.

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Heru Sulistiadhi,

      Saya sudah lupa daya tahan Note 5 dulu seperti apa.

      Daya tahan baterai V20 memang tak bisa seharian penuh. Namun, lebih lama daripada G5 SE kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *