By

LG G4 versus Sony Xperia Z3+ Dual, Lebih Bagus Mana?

LG G4 dan Sony Xperia Z3+ Dual adalah duet flagship Android dual SIM yang sama-sama beredar resmi di sini. Keduanya sekaligus menjadi ponsel high end dengan kartu SIM ganda masing-masing pabrikan yang ditawarkan ke Indonesia.

Lebih bagus mana? Seperti kata pepatah, tiada gading yang tak retak. Setiap ponsel memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Penulis mencermatinya dari berbagai sisi untuk mempermudah Anda dalam mengambil keputusan. Kata kuncinya, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda.

Adu G4_Z3+_37

Tampilan fisik

Dilihat dari depan, G4 terlihat biasa-biasa saja. Tidak istimewa. Kesan bertolak belakang akan mencuat kala melihat sisi belakang G4, terutama varian kulit berwarna cokelat. Bagus. Keren. Elegan. Eksklusif. Kata-kata itu yang spontan terlontar dari orang lain saat melihat G4 yang penulis gunakan untuk uji pakai.

Hal berbeda terjadi saat mengamati Xperia Z3+ Dual. Ketika diperhatikan dari depan, apalagi agak menyamping, ponsel itu terlihat lebih mewah daripada G4. Sedangkan permukaan belakang ponsel, meskipun tetap cantik, tampak agak biasa. Bukan karena jelek, melainkan karena tampilan semacam itu sudah bisa dilihat sejak zaman Sony Xperia Z. Beberapa merek ponsel juga telah mengadopsi tampilan serupa.

Soal kenyamanan digenggam, menurut penulis, Xperia Z3+ Dual unggul tipis atas G4. Bagi penulis yang bertelapak tangan besar, lebar ponsel yang berbeda 2,9 milimeter mungkin relatif tak terasa. Namun, bagi pengguna bertelapak tangan sedang, selisih itu akan lumayan terasa.

Sebagian pengguna ponsel rutin mengoperasikan ponsel dengan meletakkan gawai itu di meja atau ranjang. Dalam kondisi seperti itu, Xperia Z3+ Dual jelas menang mutlak. Karena sisi belakangnya datar, ponsel tersebut bisa benar-benar diam saat layarnya disentuh. Kondisi bertolak belakang akan dialami pengguna G4. Permukaan belakang ponsel itu melengkung. Alhasil, bila diletakkan di meja atau ranjang lalu layarnya disentuh, ponsel akan cenderung bergoyang ke kiri-kanan.

Baterai

G4 menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang mudah dilepas pasang. Sementara itu, Xperia Z3+ Dual memanfaatkan baterai tanam berkapasitas 2.930 mAh. Dalam pemakaian sehari-hari ala penulis, baterai Xperia Z3+ Dual justru bertahan lebih lama dibandingkan baterai G4. Satu kali diisi ulang sampai penuh, baterai Xperia Z3+ Dual sanggup mendampingi penulis beraktivitas selama rata-rata 16 jam. Sedangkan baterai G4 hanya bertahan 10-12 jam.

Kamera

Baik G4 maupun Xperia Z3+ Dual sama-sama dibekali dengan mode manual. Namun, kebebasan yang diberikan kepada pengguna amat berbeda. Mode manual di G4 memungkinkan pengguna mengatur aneka parameter secara manual, mulai dari white balance, manual focus, kecepatan rana (shutter speed), dan ISO/ASA.

Sementara itu, pengaturan manual yang dapat dilakukan pengguna Xperia Z3+ Dual terbatas sekali. Pengguna bisa memilih metode pemfokusan, tetapi tak dapat mengatur parameter lain secara mendalam. Kecepatan rana, contohnya, tidak bisa diatur sekehendak hati.

“Tebusan” atas keterbatasan mode manual itu, Xperia Z3+ Dual mempunyai efek bawaan yang lebih beragam. Misalnya, memungkinkan pengguna mengganti wajahnya dengan muka hewan saat selfie. Ingin berpose bak Superman, lengkap dengan laser yang menyorot dari mata pun bisa diwujudkan dengan mudah.

Sayang, kamera Xperia Z3+ Dual memiliki “fitur tambahan” yang sangat mengganggu. Kamera ponsel itu mudah menutup sendiri lantaran suhu ponsel dianggap telah terlalu tinggi. Padahal, ketika kamera Xperia Z3+ Dual otomatis nonaktif, temperatur bodi ponsel sebenarnya masih jauh dari panas.

Di bagian bawah tulisan ini, penulis menyajikan perbandingan hasil jepretan kamera G4 dan Xperia Z3+ Dual. Silakan mencermatinya.

Fitur menarik lain

G4 dapat difungsikan sebagai remote control televisi, set-top box, pemutar audio, AC, dan proyektor. Perangkat yang dapat dikendalikan tak harus bermerek LG. Kalau perangkat yang dimiliki pengguna kebetulan tidak tercantum di daftar, pengguna tinggal memilih universal remote. Berikutnya, dengan memanfaatkan remote control bawaan perangkat, pengguna mesti “melatih” Quick Remote G4 dulu.

Sementara itu, Xperia Z3+ Dual dibekali kemampuan tahan air. Ia mengantongi rating IP65 dan IP68. Secara teoretis, ponsel itu boleh direndam di air tawar dengan kedalaman maksimal 1,5 meter selama 30 menit.

Review G4 dapat dibaca di sini, sedangkan review Xperia Z3+ Dual siap disimak di sini.

***

Inilah foto-foto yang diproduksi kamera G4 dan Xperia Z3+ Dual. Foto yang ditampilkan lebih awal adalah hasil jepretan G4.

Karena lensa bawaan Xperia Z3+ Dual lebih wide, area yang dapat ditangkap oleh kamera ponsel itu otomatis lebih luas.

Adu G4_Z3+_1

Adu G4_Z3+_2

Adu G4_Z3+_3

Adu G4_Z3+_4

Adu G4_Z3+_5

Adu G4_Z3+_6

Adu G4_Z3+_7

Adu G4_Z3+_8

Adu G4_Z3+_9

Adu G4_Z3+_10

Adu G4_Z3+_11

Adu G4_Z3+_12

Adu G4_Z3+_13

Adu G4_Z3+_14

Adu G4_Z3+_15

Adu G4_Z3+_16

Adu G4_Z3+_17

Adu G4_Z3+_18

Adu G4_Z3+_19

Adu G4_Z3+_20

Adu G4_Z3+_21

Adu G4_Z3+_22

Adu G4_Z3+_23

Adu G4_Z3+_24

Adu G4_Z3+_25

Adu G4_Z3+_26

Adu G4_Z3+_27

Adu G4_Z3+_28

Adu G4_Z3+_29

Adu G4_Z3+_30

Adu G4_Z3+_31

Adu G4_Z3+_32

Adu G4_Z3+_33

Adu G4_Z3+_34

Adu G4_Z3+_35

Adu G4_Z3+_36

112 Responses to LG G4 versus Sony Xperia Z3+ Dual, Lebih Bagus Mana?

  1. ian says:

    kayaknya g4 warnanya lebih natural, pencahayaannya juga menyeluruh, fokusnya.juga bagus. untuk fokus lg emang punya magic fokus yg bisa disesuaikan fokusnya. mau tanya, apa benar baterai sony itu lebih tahan lama dibanding merk lainnya meskipun kapasitasnya jauh lebih rendah? banyak yang bilang gitu soalnya. makasih

  2. harrys says:

    Om HSW,gambar hasil fotonya lebih bagus Z3+ ya om.. Oya kalo soal audio baik dari speaker & headset menang mana om?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Harrys,

      Hasil jepretan Xperia Z3+ Dual memang terlihat lebih terang dan cerah. Namun, sebenarnya “agak lari” dari kondisi asli saat pemotretan.

      Speaker sih relatif imbang ya. Kalau headset saya nggak coba.

  3. doubleyoueyedee says:

    Pak Herry, kalau saya amati hasil foto-foto yang pak Herry tampilkan itu, hasil foto-foto G4 cenderung lebih “kusam” sedang Z3+ tampak lebih “cerah” baik warna maupun gelap-terangnya gambar. Bisakah settingan kamera G4 diubah sedemikian rupa sehingga menghasilkan foto yang “secerah” Z3+?

    • Herry SW says:

      Pak Doubleyoueyedee,

      Benar. Namun, yang lebih mirip dengan kondisi asli saat pemotretan justru si G4.

      Bisakah pengaturan kamera G4 diubah sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan foto yang secerah Xperia Z3+ Dual? Jawabannya, sangat bisa. Supaya lebih fair, foto-foto perbandingan yang saya tampilkan dijepret memakai mode sama-sama otomatis.

  4. Hendra Martono N says:

    kelihatannya kamera g4 lebih natural ya pak warnanya?
    lebih sama dgn warna asli bendanya

  5. Hariyudha says:

    Kalo foto saya lebih seneng lihat z3+ dual. Yang lain yahh tergantung kebutuhan

  6. Dimas Putera P says:

    Maaf Pak Herry,
    Utk perbandingan foto, yg hasil warnanya paling mendekati asli itu milik G4 atau Z3+? Dan kalau diminta memilih bpk lbh nyaman pakai yg mana?

    Oh iya, saya sangat menyukai review ala bapak yg fokusnya pd pemakaian sehari-hari. Krn dgn begitu saya, secara tdk langsung, seolah-olah ikut merasakan sensasi menggunakan ponsel yg bpk review.
    Menurut saya, percuma sj spesifikasi tinggi kalau tdk nyaman digunakan.

    • Herry SW says:

      Pak Dimas Putera P,

      Hasil jepretan G4 yang lebih mendekati kondisi asli.

      Saya lebih memilih G4.

      Terima kasih atas apresiasinya.

  7. Yuwono says:

    bener pak Herry, dg fitur manual yg lebih fleksibel kamera g4 boleh saya anggap lebih unggul. untuk masalah pengambilan gambar bagaimana pak ? saya merasa seri sony hi end rada lag dikit pada waktu ambil fokus, beda dg samsung hi end atau iphone…

  8. wijay says:

    pernah baca di portal berita lg g4 sebenarnya tahan air di youtube jg ada videonya di cuci dari wastafel & direndam selama beberapa jam dan tetap baik” saja. beneran apa cuma hoax pak?mungkin pak hery pernah iseng mencobanya? kl iya tnpa ragu saya langsung ambil g4
    saya gemas sama z3+ ini udah overprice ga ada fitur baru yg menarik apalagi SC sony sepertinya sdh jadi member platinum di surat pembaca & forum inet kalau saya perhatikan yg sering bermasalah malah seri Z (flagship)tinggal nunggu waktu saja divisi sony mobile nyusul vaio

  9. Risto says:

    Pagi Pak Herry.,saya ada pertanyaan, maaf di luar topik pembahasan..saya pengguna ponsel lenovo p70..saya biasa cas hp malam hari sekitar jam 10 malam..dan terisi full baterai nya 2 jam..selama rentang waktu 2 jam itu saya kadang ketiduran..alhasil casan nya baru saya cabut pagi hari jam 5..yg ingin saya tanyakan..bila cara pengecasan ponsel saya seperti itu, apakah akan merusak baterai ponsel? Dan adakah fitur atau aplikasi yang bisa mematikan arus listrik ketika ponsel sudah penuh? Terima Kasih 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Risto,

      Apakah Anda memakai charger bawaan ponsel? Apakah ponsel dipadamkan total selama proses charging? Kalau jawabannya iya, tak apa-apa. Ketika penuh, arus listrik otomatis akan diputus.

      Bila ingin memakai alat tambahan, silakan membeli timer listrik di toko alat peralatan listrik. Harganya mulai puluhan ribu rupiah. Anda di kota mana? Kalau di Surabaya, saya berikan gratis. Barang bekas, tetapi masih bagus.

  10. Risto says:

    Pak Herry,

    Betul pak, selama proses charging ponsel saya padamkan total. Oh begitu, jadi ketika penuh arus listrik akan diputus. Waktu saya mau cabut casannya, lampu indikator ponsel warna hijau masih menyala, jadi saya berasumsi arus listrik masih berjalan.

    Terima kasih Pak Herry niat baiknya. 🙂 Kebetulan saya tinggal di kota Palembang, mungkin saya akan cari dulu disini alat tambahan (timer listrik). Kalau tidak merepotkan, boleh kirim foto timer lisriknya pak Herry ke email saya. Sebagai bahan referensi mencarinya 🙂

  11. SigitP says:

    Bener Koh Herry, hasil Foto Z3+ lebih kuat kontrasnya, memang hasilnya foto lebih cerah, tapi kurang nyaman secara natural. sedangkan G4 hasil fotonya lebih teduh, jadi sepintas agak terlihat “kusam” tapi lebih natural dilihat. 🙂

  12. Risto says:

    Pak Herry,

    Ohh..begitu ya pak, walaupun lampu indikator masih menyala, tetapi arus listriknya nol..Syukurlah kalo begitu, semoga baterainya tetap awet. 🙂

    Iya pak, via Google tak masalah, sudah saya liat pak penampakannya. Terima kasih Pak Herry atas jawaban dan pencerahannya. Selamat beraktifitas, sukses selalu.amin 🙂

  13. rusli says:

    Pak, kalau utk ponsel dibawah 2.5 jt, merk apa utk selfie terbaik … boleh minta rekomendasi merk apa saja ? Apakah ada merk ponsel yg autofocus kamera dpn nya ?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Rusli,

      Hmm… susah ini. Tak banyak pilihan karena terkendala anggaran. Silakan ambil Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi deh.

      Ponsel dengan kamera depan auto focus? HTC Eye sepertinya memenuhi kriteria tersebut. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  14. reymon says:

    oom herry nebeng tanya pertanyaan di atas. saya juga suka ngecas semalaman tapi posisi hp masih on bangun pagi baru nyabut. pas cabut si hp adem2 aja, asumsi saya ya listrik ga jalan. aman kah perilaku kek gini oom? gawainy redmi 2. makasih oom.

    • Herry SW says:

      Pak Reymon,

      Efeknya kurang bagus untuk ponsel. Karena ponsel siaga, berarti ada arus yang keluar dan masuk selama semalaman.

  15. Dimas Putera P says:

    Maaf, sekedar bantu informasi untuk Pak Risto di Palembang,
    Kalau berminat membeli online, Pak Risto bisa menemukan beberapa macam tokopedia.com dengan kata kunci “Timer Kontak”.
    link: https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=timer+kontak&sc=0

  16. tahta says:

    soal body sepertinya semua ponsel sony emng terlihat lebih enak dipandang dengan model kotak yg tegas
    untuk sektor kamera G4 sepertinya menang dibanding z3 , z3 menurut saya hanya bagus ketika di outdoor, berasa lebih cerah hasilnya tp terlihat sekali kalo warna aslinya tidak seperti itu
    G4 bagus disemua aspek kamera, apalagi dalam keadaan low light nya , hasilnya lebih natural dan enak dilihat
    dan yah walaupun sony punya kemampuan tahan air tapi kalo lebih milih antara LG – SONY , saya lebih milih LG dengan alasan yg paling kuatnya adalah aftersalesnya LG yang sepertinya lebih baik, drpd SONY yg di surat pembaca manapun saya sering lihat banyak yg ngeluh ttg pelayanannya yg lama dan sebagainnya

  17. eykin says:

    menurut kalangan profesional hasil kamera yg bgs adalah yg natural mendekati aslinya. tapi kalo menurut cewe sih kamera yg bagus itu yg bikin dirinya lebih cantik dari aslinya.
    jadi definisi hasil foto yg bagus itu emang berbeda-beda masing2 orang.. kalo saya sih jelas vote G4 sebagai pemenangnya.. hehehe..

  18. Indra says:

    Koh Herry,

    Maaf diluar topik, saya mau nanya tablet yang layak beli atau paling bagus dengan harga maks. 1 juta, dengan RAM 1Gb dan ROM 8GB, apa ya koh?

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Indra,

      Hmm… terus terang saya tidak berani merekomendasikan tablet apa pun. Pesan saya, jangan membeli tablet merek lokal meskipun spesifikasinya terlihat wah ya.

    • thanmustbay says:

      coba cek lenovo tab2 a7-10 wifi, kalau tidak salah harganya sekarang cuma 800 ribuan
      secara spesifikasi sudah memenuhi persyaratan anda, asal jangan dipakai foto2, karena cuma ada kamera depan dengan resolusi purba 0.3 MP hehehe

      • Herry SW says:

        Pak Thanmustbay,

        Apakah Anda sudah mencoba tablet tersebut? Saya tidak berani memberikan rekomendasi karena belum pernah mencobanya.

        • thanmustbay says:

          kebetulan sudah ko, minggu lalu saya beli untuk hadiah keponakan yang masih SD

          biasanya di rentang harga kurang dari sejuta, pilihannya cuma merk lokal atau ainol yang dipegang “you know who”

          ketika ada pilihan merk internasional dengan dukungan garansi resmi 1 tahun, tentu tidak saya sia2kan

          soal performa perpaduan quad core mediatek dengan Mali 400 sudah lebih dari cukup untuk menampilkan asphalt 8 dengan lancar, apalagi game2 kecil ala anak sd

          ram 1 gb dan internal memori yg sisa sekitar 5 gb cukup untuk menyimpan 1-2 game HD dan banyak game kecil

          cuma ada accelerometer, tanpa gyroscope dll, tapi ada gps dan bluetooth

          satu yang menurut saya agak kurang, yaitu walau mengaku pakai IPS panel, tapi viewing angle tidak sebagus redmi note saya, meski tidak seburuk TN panel
          mungkin terkait kualitas panel tersebut mengingat harga yang cuma “segitu”

  19. Andry says:

    Pak, sekalian di adu dengan s6 samsung. Thx.

  20. ikipyon says:

    Keduanya sama2 bagus, usul dong pak untuk review selanjutnya memfoto objek yang bergerak (misal foto kipas yg berputar, mobil yang bergerak, dll)

    • Herry SW says:

      Pak Ikipyon,

      Usul dipertimbangkan. Mungkin yang mobil saja ya. Sebab, kalau kipas, perputarannya kan terlalu cepat.

  21. Rere says:

    Pak Herry sudah pernah coba blaupunk sonido x1+? mungkin ada wejangan pak buat yang ngincer hape itu =)

  22. william says:

    haha keknya kebanyakan semua fokus di hasil jepretannya ya. termasuk saya sih, tp yang paling saya tunggu tunggu foto jenis makanan apa yang di foto kali ini.hehehe.
    kulinernya ajib ajib.
    pa herry, ada rencana untuk compare G4 – S6 – iphone 6+ ?

    • Herry SW says:

      Pak William,

      He… he… foto makanan seolah sudah menjadi ciri khas review saya ya. 🙂

      Tidak ada rencana. Lha saya belum pernah menguji pakai Galaxy S6 dan iPhone 6 Plus.

  23. andry says:

    Menurut saya bagus kamera G4. untuk rangka atap kaca di Food court atas kopitiam terlihat baik. untuk foto Karapan sapi, G4 kok terlihat kuning sekali sapinya ? apa aslinya memang begitu ya pak ?

    • Herry SW says:

      Pak Andry,

      Tentang foto karapan sapi, aslinya tidak sekuning itu. Kondisi sebenarnya sedikit lebih gelap.

  24. Arif says:

    Oot om,oh ya udh lma om herry koq gk prnh siaran di radio sih,krna sy kangen dgn siaran om yg pas wktu jelaskn dgn nada cepat kyk orng ngerap. 🙂 tapi enk di denger koq.mksih

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Lha radio tempat saya siaran kan sudah almarhum, Pak. Radio itu berubah nama maupun segmen pendengar.

  25. Arditya Affandi says:

    Halo Om Herry..
    ketika saya baca comment2 di atas, om sempat menawarkan secara gratis timer listrik, nah apakah tawaran itu masih berlaku? Saya domisili surabaya juga

    • Herry SW says:

      Pak Arditya Affandi,

      Anda perlu? Tawaran itu masih berlaku. Namun, karena beberapa jam lagi saya harus ke luar kota, kita baru bisa bertemu pada Rabu, 19 Agustus 2015 siang. Silakan tinggalkan nomor HP Anda di sini atau DM Twitter @herrysw.

  26. Arditya Affandi says:

    Lebih tepatnya saya ingin melihatnya dulu secara langsung om hehehe ini nomor hp saya 0812***

  27. Arditya Affandi says:

    Sdh saya sms balik td om, maaf td gak bisa angkat tlp dr om herry

  28. Yudi says:

    Pak herry . Selammat sore. Di web lain. Milik tabloid ponsel,sering mengulas review2 ponsel juga. Tapi semenjak saya tau web bapak. Saya tidak pernah membaca review tabloid ponsel yg lain. Saya selaalu nunggu review bapak sebagian hiburan di waktu senggaang. Yg jadi pertanyaan di web tabloid ponsel itu kan byk iklan nya. Di tempat bapak kok gak ada iklan nya? Terus bapak dapat pemasukkan dr mana pak itu membeli bahan yg mau diview ppak? Tulisan bapak sangat membantu saya dan banyak pembaca yg lain. Kalau menurut saya bapak ambil temen seimaan dng bapak yg sortir tulisan nya itu pak.jadi semakin banyak review bapak. Sekadar saran aja pak. Semoga bapak berkenan

    • Herry SW says:

      Pak Yudi,

      Pemasukan saya dari honor tulisan yang dimuat di media cetak dan kalau diundang menjadi pembicara talkshow. Kadang saya juga dapat ponsel gratisan. Nah, setelah dicoba, ponsel itu dijual.

      Terima kasih atas sarannya.

  29. Rudi says:

    Pak Herry,
    Saya lagi nyari ponsel dengan kriteria
    – Dual SIM aktif, dan keduanya bisa aktif di 4G LTE
    – 2 slot SIM tsb bisa koneksi internet di 4G LTE (bergantian, tidak bersamaan)
    – RAM min 3GB, dan ROM min 32GB
    – Baterai bisa tahan lama, let say min 2.500 mAh kayaknya yah?
    – Sim tool kit, untuk keperluan mobile banking, bisa dipakai pada SIM1 dan SIM2
    – Software/firmware versi Intl, update nya gampang, maklum ngga bisa oprek 🙂
    Pengalaman pernah dapat hape BM, software nya masih pakai bahasa Mandarin, susah updatenya 🙂
    Menurut pendapat pak Herry, ponsel apa yah dengan kriteria di atas?
    Thanks yah pak.

    • Herry SW says:

      Pak Rudi,

      Dengan kriteria seperti itu, yang cocok sih LG G4.

      • Rudi says:

        Thanks pak Herry atas masukannya.
        Akhirnya setelah beberapa pertimbangan dan sabar menunggu, diputuskan utk beli Xperia Z5 saat ada preorder.
        So far happy pakai Z5, secara performance dan daya tahan batt nya.
        Thanks atas review pak Herry dan juga masukannya 🙂

  30. Agus Tri says:

    Pak Herry,,, selamat sore…
    Saya mau tanya, saat ini saya menggunakan iphone 5s & BB Q20. Belakangan ini saya merasa agak repot membawa 2 HP. Sehingga saya berencana untuk menggantinya dengan LG G4 dikarenakan dual SIM.
    Menurut Pak Herry apakah LG G4 merupakan pilihan yang tepat? Terutama sebagai pengganti iphone yang menurut saya kekuranganya hanya di daya tahan baterai & memory kecil (punya saya 16GB)
    Yang saya butuhkan Smartphone untuk Sosial Media, email & music yang berkualitas. Dan tidak ada Lag yang mengganggu.
    Karena kebanyakan teman saya menggunakan Galaxy series sering terjadi lag bahkan Hang.
    Terima kasih,,,

    • Herry SW says:

      Pak Agus Tri,

      Kalau pertanyaannya G4 sebagai pengganti iPhone 5S, saya tak tahu jawabannya. Sebab, saya belum pernah menguji pakai iPhone tersebut.

      Bila Anda mencari ponsel untuk media sosial, email, musik, dan tidak ada lag mengganggu, LG G4 seharusnya memenuhi syarat.

      • Agus Tri says:

        Terima kasih Pak Herry,
        Kebetulan kemarin saya sempat mencoba LG G4 di salah satu toko yg sudah terinstall berbagai macam aplikasi. Setelah saya coba ternyata untuk aplikasi Path sangat tidak smooth (bahkan kalah dengan Sony/Samsung kelas mid-end)

        • Herry SW says:

          Pak Agus Tri,

          Dibuat Path lemot ya? Kebetulan saya bukan pengguna Path. Namun, rasanya agak aneh kalau cuma dipakai Path G4 sudah nggak smooth. Apakah mungkin saat itu ada beberapa aplikasi yang jalan bersamaan ya, Pak.

  31. Irawan Agus says:

    menyambung dari Pak Agus tri, sy bc salah satu review juga, G4 mengalami lag saat beberapa aplikasi jalan bersamaan, kalau tidak salah aplikasi medsos juga.

    • Herry SW says:

      Pak Irawan Agus,

      Terima kasih atas informasinya. Yang dijalankan apa saja ya, Pak? Saya medsos biasanya cuma pakai Twitter dan masih lancar jaya. Adik saya kini pakai Facebook juga lancar.

  32. Evan says:

    Selamat siang koh. Jika LG G4 duel dengan Samsung Galaxy Note 4, dari seluruh spesifikasi dan fiturnya yang kekinian (update firmware terakhir), lebih gahar mana koh? Terima kasih

  33. Hafid says:

    Menurut sy , xperia Z3+ tetap menjadi pilihan saya , karna dgn segudang fitur yg mempuni membuat sy betah bertahan lama2 dgn nya. bagi yg suka dgn entertainment, Z3+ pilihan terbaik. Fitur yg menjadi andalan sy di Z3+ adalah Hi-Res Audio dan di sandingkan dgn headphone MDR 1A yg support juga dgn Hi-Res nya, sudah pasti mengeluarkan suara musik sebening kristal, sangat cocok buat penggemar Audiophile.

  34. ekotenan says:

    wah kalau saya suruh milih tanpa beli alias di kasih Koh.. milih sony z3+..
    jelas dari desain lebih cocok saja Koh,kotak ndak melengkung

  35. Fattimah says:

    Saya sudah pakai G4
    Kameranya bagus
    Tapi batrainya boros
    Kadang kadang handphonenya panas juga..

    Niat pengen ganti Z5 atau iphone 6 ..
    Lebih recomend mana ko
    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu Fattimah,

      Apakah Anda menggunakan 4G LTE XL? Mengacu kepada pengalaman pribadi, ponsel cenderung menjadi panas saat dipadukan dengan 4G LTE XL.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah coba iPhone 6.

  36. Fattimah says:

    Iya ko saya pakai 4G LTE XL.. Yatuhan panasnya ..

    Setelah tak ganti operator panasnya sudah turun

    Apakah karna faktor android lollipop ya ko ..batrainya boros
    Soalnya temenku pakai G3 stylus dulu sebelum upgrade ke lollipop pas dia pakek kitkat lebih irit batrai ketimbang setelah upgrade lollipop
    Apakah lollipop membuat batrai boros
    Apakah itu cuma kebetulan atau emang lollipop bikin daya cepat habis

    ..
    Kapan G4nya dapet update.an marsmellow ..

    Berubah fikiran untuk ganti handphone
    Sudah jatuh cinta sama LG ..
    Suka fitur ketuk ketuknya

    • Herry SW says:

      Bu Fattimah,

      Nah… setelah tidak memakai 4G LTE XL terasa lebih adem ya. Penyebabnya bukan Lollipop-nya, melainkan 4G LTE XL yang belum optimal.

      Coba tanyakan ke teman Anda, dulu usai update dari KitKat ke Lollipop, apakah dia sudah melakukan factory reset? Lollipop biasanya (tidak selalu ya) justru lebih hemat baterai.

      Update G4 ke Marshmallow sepertinya tinggal menanti giliran nih. Pengguna G4 di 1-2 negara sudah mulai memperoleh notifikasi.

  37. Yoseph Waluyo says:

    Pak Herry saya belum pernah pakai HH yg seenak LG G4 sampai sy deg degan menunggu ajal krn adanya bootloop, dimulai dr pny istri sy, saudara sy dan bbrp hr yg lalu yg ditakutkan terjadi. Setelah dibawa ke service ternyata sedunia product ini cacat utk seri dan keluaran pertama tama, dan hrs menunggu bbrp hr di service. Herannya kok dr pihak LG tidak mau merecall atau ganti baru saja drpd nunggu satu satu produknya bergelimpangan yg bisa merusak brand imagenya sendiri. Skrg sy agak was was juga beli merek ini krn actionnya kurang joss dr pihak LG meskipun merupakan salah satu flagship nya.
    Kalau anda jadi LG Indonesia apa yg akan anda perbuat untuk masalah defect product case ini ? Trims

    • Herry SW says:

      Pak Yoseph Waluyo,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Kalau saya justru berharap G4 segera mati dan suku cadang tidak tersedia dalam 14 hari. Sehingga, saya dapat ganti unit baru. 🙂 Serius nih.

      Soal mengapa tidak pakai kebijakan recall, saya tidak dalam kapasitas menjawabnya. Dalam pantauan saya, sejauh ini respons pusat perbaikan resmi LG dalam melayani konsumen yang G4-nya mati atau bootloop sih baik-baik saja. Mereka langsung menawarkan ganti mainboard.

      Kalau suku cadang tersedia, proses penggantian bisa ditunggu karena akan tuntas dalam waktu kurang dari setengah jam. Bila suku cadang kosong, konsumen diminta menunggu selama maksimal dua minggu. Setelah melewati periode itu, ponsel akan diganti unit baru.

  38. Dane says:

    Sayangnya penggantian mainboard LG G4 dibarengi dengan penggantian IMEI. IMEI yang berbeda dari awal beli berpengaruh cukup banyak terhadap harga jual kembali 🙁
    Ditambah dengan adanya kasus bootloop ini, cukup besar mengurangi reputasi LG G4 pada konsumen dan calon pembeli

    • Herry SW says:

      Pak Dane,

      Benar, IMEI akan berubah. Namun, pusat perbaikan resmi LG akan menerbitkan surat keterangan resmi kok.

  39. Aufar says:

    Pak, maaf OOT, Review Samsung Galaxy S5 nggak ada ya? Saya mau minta saran dr om, lebih rekomendasi mana galaxy S5 atau LG G3? Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Aufar,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tidak ada. Sebab, saya baru mencoba Galaxy S5 berbulan-bulan setelah ponsel itu dipasarkan resmi di sini. Hmm… kalau saya sih mending ke LG G4 sekalian deh.

  40. Abdullah says:

    Forum yg bagus koh,di blog lain bilang kelebihan dan kelemahan hape A,B,C,pdhl dia belum pegang sama sekali wk wk wk…cuma liat spec dari situs luar,btw sayapenggemar hape LG,tidak over price dan bandel.OOT nih ,kalo hape2 ZTE menurut pengetahuan koh HSW gimana,sc nya bagus kah?Thx.

    • Herry SW says:

      Pak Abdullah,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Saya sudah lama tidak mencoba aneka ponsel ZTE keluaran terbaru. Jadi, soal keandalan tak saya ketahui. Kalau service center, terakhir sih saya pantau lumayan. Lumayan mengerikan. 🙂

  41. dhan says:

    Tambahan ya tentang fisik backcase LG kulit coklat yang elegan… Kalau itu jadi pertimbangan memilh LG, sebaiknya batalkan saja. Teman beli LG dan ternyata “kulit”nya mengelupas dalam jangka waktu yg tdk terlalu lama.. Dimulai dari sudu sudut yang menghitam hingga khirnya pinggir pinggir mengelupas.. Jelek banget!
    Andai saja beneran dari kulit yg tipis, biarpun agak berat tapi keren.. sayangnya yang ini bukan kulit…

    • Herry SW says:

      Pak Dhan,

      Sisi belakang G4 beneran dari kulit kok. Agar lebih awet, pengguna sebaiknya menambahkan penggunaan jelly case transparan.

  42. Bambang hermanto says:

    Kenapa ya xperia z3+ fotonya kog kelihatan kecil ya pak sdgkan lg g4 lebih besar?? Trims

  43. Bambang hermanto says:

    Itu kelebihan ato kekurangan menurut pak heri kamera dg wide yg lebih besar

    • Herry SW says:

      Pak Bambang Hermanto,

      Buat yang sering memotret pemandangan atau interior, bakal menjadi kelebihan. Namun, buat yang sering memotret dala jarak dekat (bunga, anting-anting, dll) bisa dianggap sebagai kekurangan.

  44. Oday says:

    Yaaa semua sesuai kebutuhan masing masing, saya sih butuh nya di laut atau kolam Renang. Jdi yaaa sony

  45. Hery Batozai says:

    hallo Pak Herry,
    jujur saya sangat tertarik dgn segudang fitur yang tersemat di G4. dan saya berencana ingin beli G4 nih…tp masih ragu soal kendala bootlop’nya. apakah seri G4 tsb msh beredar di pasaran Pak? atau sdh di ganti dgn seri G4 yang bebas bootlop di thn 2016 Pak?

    • Herry SW says:

      Pak Hery Batozai,

      G4 masih tersedia di pasar. Serial number-nya sudah bukan lagi yang diketahui sering mengalami bootloop.

  46. Hery Batozai says:

    terimakasih Pak herry utk infonya.

    Dan satu pertanyaan lagi, utk G4 edisi saat ini kira-kira price’nya berapa ya Pak?

    • Herry SW says:

      Pak Hery Batozai,

      Harga ritel resmi saat ini masih Rp 6,499 juta.

      Kalau Anda rajin memantau promo di berbagai marketplace dan toko online, Anda berpeluang mendapatkan harga lebih murah. Misalnya, kemarin (4 April 2016) Blibli menjual G4 Rp 4,699 juta saja.

  47. Nia says:

    Pak Herry
    Mau nanya saran dong kira2 antara sony xperia M5, LG G4 atau iphone 5S itu lebih bagus mana untuk hasil kualitas gambar kameranya terutama pada saat minim cahaya yg ga banyak noise hasil jepretannya?
    Atau pak Herry ada saran lain? Soalnya sy bngung bagus yg mana pak. Thank you pak

    • Herry SW says:

      Bu Nia,

      Saya belum pernah menguji pakai Xperia M5 dan iPhone 5S. Jadi, tak tahu kualitas kameranya. Kalau G4 sih bagus.

  48. Cucung says:

    Menurut Pak Herry pilih Xperia Z3+ atau Samsung S6? Tolong kasih alasannya juga ya Pak..Tks

  49. Arya wisesa says:

    kalo menurut pak herry Xperia z3+ sama lg g4 unggul mana?alasannya apa?

    • Herry SW says:

      Pak Arya Wisesa,

      LG G4. Hasil jepretan kameranya lebih bagus. Hal lain, ada fungsi remote control untuk mengendalikan AC dan perangkat elektronik lain.

  50. Kathleen says:

    Pak, apakah experia z3 plus sudah bisa pakai sim card 4G LTE smartfren?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Kathleen,

      Xperia Z3+ lho, bukan Experia Z3 Plus.

      Tak tahu. Saya belum pernah coba memadukannya dengan Smartfren.

  51. Ray says:

    Malam Pak Herry,
    Untuk Hal Performa lebih Unggul LG G4 apa Xperia z3.?
    #anak muda doyan nge-game

  52. ray says:

    Apa cma saya kalau low light Kamera G4 bnyak Noise nya.?

    • Herry SW says:

      Pak Ray,

      Saat low light, noise pasti lebih kelihatan. Namun, menurut saya, masih dalam batas-batas yang bisa ditoleransi.

  53. Nobody says:

    Maaf pak mau nanya,,anda sales LG??

  54. Matius says:

    Malam pak Herry,
    LG G4 rentan bootloop,adakah cara mengatasinya?

    • Herry SW says:

      Pak Matius,

      Yang rentan bootloop adalah G4 keluaran awal. Solusinya, ganti mesin gratis di pusat perbaikan resmi LG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *