By

Mencicipi 4G LTE Smartfren di Surabaya-Probolinggo-Malang

Berinternet via layanan 4G LTE di kota-kota besar bukanlah hal aneh. Lumrah. Sebaliknya, bisa mencicipi 4G LTE di kota kecil memberikan kenikmatan tersendiri. Penulis alias HSW telah membuktikannya. Misalnya, ketika Juli tahun lalu HSW berada di Salatiga, sebuah kota kecil di antara Solo dan Semarang. Tanpa dinyana sinyal 4G LTE Smartfren sudah muncul di sana. Di saat bersamaan, sinyal 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, apalagi Tri, belum tertangkap ponsel.

Minggu lalu, selama empat hari tiga malam (21-24/3) HSW diajak menjajal layanan 4G LTE Smartfren di jalur darat Surabaya-Probolinggo-Malang-Surabaya. Tertarik dengan undangan itu, HSW menganulir rencana kunjungan ke Jakarta. “Rasanya lebih seru mencoba 4G LTE di kota-kota kecil deh,” gumam HSW dalam hati.

Probolinggo-17

Rute perjalanan pertama dari Surabaya menuju Probolinggo dengan melewati Pasuruan. Tim Smartfren melakukan pengukuran jaringan dengan perangkat yang komprehensif. Laptop, GPS, dan aneka perangkat lain telah mereka siapkan. Perangkat itu dipadukan dengan TEMS dan Nemo, dua aplikasi yang rutin dipakai para operator seluler di berbagai negara.

Selama perjalanan, HSW dan peserta lain uji jaringan juga melakukan percobaan secara mandiri. Tentu saja tak sekompleks yang dilakukan tim jaringan Smartfren. HSW hanya menggunakan Smartfren Andromax R2 plus aplikasi nPerf yang diunduh dari Play Store.

Kalau Anda pernah mengenal aplikasi Speedtest buatan Ookla, pengujian ala nPerf lebih komplet. nPerf bukan hanya mengukur kecepatan unduh dan unggah. Ia juga menguji keandalan koneksi internet saat dipakai browsing dan menonton video streaming.

Hasil pengujian yang dilakukan tim jaringan Smartfren relatif bagus. Pada jalur Surabaya-Pasuruan-Probolinggo, akses data 4G LTE hanya tergolong buruk di 14,5 persen lokasi. Sisanya, 47,4 persen termasuk kategori cukup bagus dan 38,07 persen bagus.

Percobaan menelepon via VoLTE dilakukan pula selama perjalanan Surabaya-Pasuruan-Probolinggo selama hampir empat jam itu. Setiap 30 detik dilakukan panggilan telepon keluar. Setelah terhubung, panggilan tersebut dibiarkan tersambung selama sepuluh detik, baru kemudian diputuskan. Begitu seterusnya. Hasilnya, kualitas audio di 86,07 persen panggilan tergolong bagus.

VoLTE? Iya. Mudahnya, VoLTE adalah layanan telepon dan video call yang memanfaatkan layanan data 4G LTE. Jalur VoLTE dibedakan dengan jalur data sehingga selama pengguna bertelepon, misalnya, aktivitas mengunduh file video tidak terhenti.

Dibandingkan layanan telepon konvensional, minimal ada dua perbedaan utama yang langsung dapat dirasakan pengguna. Pertama, di VoLTE proses panggilan terhitung sejak pengguna menekan tombol panggil sampai terdengar nada sambung lebih cepat. Kedua, suara yang dihasilkan lebih jernih.

Kalau VoLTE digunakan untuk ber-video call, wajah lawan bicara akan tampil di layar ponsel. Kualitas sinyal, lokasi lawan bicara, dan pergerakan lawan bicara turut mempengaruhi bagus tidaknya gambar yang tersaji.

Probolinggo-7

Rute uji jaringan berikutnya, dari Probolinggo menuju Malang melewati Pasuruan dan Purwosari. Dengan alasan ingin melewati jalur yang lebih pelosok, perjalanan sengaja dilakukan tanpa melalui Gempol yang merupakan jalur utama.

Hasil uji jaringan lagi-lagi relatif bagus. Layanan data 4G LTE hanya lemah di 3,8 persen jalur yang dilewati. Sisanya, 69,29 persen cukup bagus dan 26,92 persen bagus. Kalau dijumlah tidak tepat seratus persen karena ada unsur pembulatan. Sementara itu, kualitas suara saat dipakai ber-VoLTE mencapai 93,71 persen bagus.

“Saat ini layanan 4G LTE Smartfren telah menjangkau 58 persen kecamatan di Jatim. Total ada lebih dari 1.300 BTS. Di seluruh Indonesia, sampai awal 2016 layanan 4G LTE Smartfren sudah tersebar di 85 kota,” kata Derrick Surya, Head of Brand & Marketing Communications PT Smartfren Telecom.

Bagaimana hasil pengujian versi HSW? Inilah screen capture-nya.

HSW menginap di BeeJay Bakau Resort Probolinggo. Lokasinya dikelilingi pohon bakau dan menghadap ke laut.

Probolinggo-3

Di lokasi itu layanan 4G LTE Smartfren aktif di frekuensi 850 MHz.

Probolinggo-1

Probolinggo-2

Bangun tidur, iseng melakukan pengukuran lagi.

Probolinggo-4

Sekadar intermezzo. Indahnya matahari pagi yang dijepret memakai Andromax R2.

Satu foto berikut di-crop dan di-resize. Tak ada olah digital lain.

Probolinggo-5

Sedangkan satu foto di bawah ini hanya diperkecil ukurannya. Tanpa crop maupun olah digital lain.

Probolinggo-6

Hasil pengukuran di Jalan Raya Sambisirah, Pasuruan.

Probolinggo-9

Probolinggo-10

Probolinggo-12

Probolinggo-11

Sedangkan ini salah satu hasil pengukuran yang dilakukan di Malang.

Probolinggo-13

Probolinggo-14

Probolinggo-15

Probolinggo-16

 

90 Responses to Mencicipi 4G LTE Smartfren di Surabaya-Probolinggo-Malang

  1. bagas says:

    Wah kapan ya om 4G mampir ke lampung selatan.. Hehe

  2. Soleh says:

    Selama perjalanan apakah pak Herry mencoba juga 4G LTE Telkomsel sebagai pembanding?

    • Herry SW says:

      Pak Soleh,

      Karena kuota internet nomor Indosat saya masih banyak, selama perjalanan saya memakai nomor Indosat yang diselipkan ke ponsel Wiko Ridge 4G Fever.

  3. Shofyan says:

    Bagus tuh. aku baru beli perdana xl 4g tpi jaringannya cuma 3g 3 biji . Xl 4g lte payah. indosat & TELKOMSEL jaringan 4g nya udah full dimana2, nah ini cuma 2 km dr kota bantul aja 3g nya cuma 2/3, biji terus 4gnya kapan? padahal indosat udah full 4g. sangat disayangkan, yg diiklankan gk sebagus realita.

  4. shinosuke nohara says:

    wah,smartfren kembali menarik untuk dilirik nih

    selain gawai yang dijual smartfren, adakah gawai lain yg sudah mendukung jaringan 4G LTE, juga mendukung VoLTE pak Herry?

    • Herry SW says:

      Pak Shinosuke Nohara,

      Ada beragam ponsel merek Hisense, Samsung, Lenovo, dll yang mendukung 4G LTE dan bisa dipakai VoLTE. Masalahnya, update firmware untuk mengaktifkan VoLTE-nya sampai sekarang belum diluncurkan. Kalau sudah meluncur dan di-update, siap dipakai ber-VoLTE deh.

  5. Yudi kurniawan s says:

    Malem pak. Enak ya pak jalan2 ada yg sponsor in pak.
    Pak kalau pake pureshot apakah tidak bisa menikmati volte nya smartfren pak?

  6. Daru Kartiko N says:

    Lebih seru lagi, kalau bisa menggunakan 4G LTE ditempat dimana semua operator lain bahkan sinyal 3G pun hampir tidak ada, hanya sesekali sinyal 3G Telkomsel muncul.
    Itu yang terjadi dirumah saya Koh, sebuah kecamatan kecil di daerah Kabupaten Ngawi, hal yang “terpaksa” membuat saya membeli Andromax M2S. 😀

    • Herry SW says:

      Pak Daru Kartiko N,

      Wah… iya. Seru banget kalau kondisinya kayak gitu. Seolah jadi konglomerat internet cepat ya. 🙂

    • fahrurroziarozal says:

      Sore Mas danu,mw tanya pengalaman pake mifi smartfren dingawi bagaimana?
      Kalo boleh tw ngawinya dimana?
      Saya desa klampisan kec.geneng
      Operator seperti telkomsel,indosat,xl,susah sekali internet walau cuma edge.
      Minta infonya soalnya saya mw beli
      081330091625

  7. Aa says:

    Menurut bapak, operator mana yang terbaik di indonesia dengan kestabilan & luasnya jaringan dan speed browsingnya?
    Terima kasiah ?

  8. putra says:

    Wah, bagus pak sinyalnya. Btw, bapak tahu gak kira kira kapan Tri meluncurkan 4G komersial di Surabaya ?

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Acara peluncuran 4G LTE Tri secara komersial hari ini dilakukan di Jakarta. Surabaya belum termasuk dalam daftar kota yang dikunjungi 4G LTE Tri. Entah kapan gilirannya.

  9. trayan tranggana says:

    cakep dah operator ini,,sinyal emang tanpa tedheng aling2..hehehehe

  10. Eko says:

    Coba uji di klaten Koh, sy traktir ayam goreng trancam bu mayar,hhee
    …dan bagus juga jaringan 4G nya, tapi untuk indosat kurang stabil

  11. aulia says:

    om klo hp lokal ada yg mndukung jaringan 4g smartfren gak y ?
    skalian mau mnt rekom hp 4g lokal yg bagus

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Aulia,

      Waduh… jangan beli merek lokal dulu deh. Kalau ingin mencoba 4G LTE Smartfren dan cari yang harganya murah, mending beli Andromax.

  12. Agung Gedhe says:

    Siang Om Herry
    Bisa minta rekomendasi android yg dimensinya tidak terlalu besar. Layar sekitar 4 inch an. Tp dengan kemampuan yg bagus. Lancar buat sekedar telpon dan sms, browsing, email, BBM, WA. Syukur sudah LTE. Terus mau nanya lagi om. Apakah smartfren 4G LTE sudah bisa dinikmati di Kudus. Apakah smartfren E2 recommended untuk dipinang.Terima kasih atas jawabannya.

    • Herry SW says:

      Pak Agung Gedhe,

      Kalau ukuran layar maksimal 4 inci, tak ada lagi yang kemampuannya untuk ukuran saat ini tergolong bagus.

      Kalau ukuran layar empat koma sekian inci, ada Sony Xperia Z3 Compact yang enak banget. Sebenarnya sudah ada penerusnya, yaitu Xperia Z5 Compact. Namun, saya belum pernah mencoba Xperia Z5 Compact.

      Saya tak hafal 4G LTE Smartfren sudah menjangkau Kudus atau belum. Silakan hubungi call center Smartfren di 088 1122 3344.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Andromax E2.

  13. Edi Swarso says:

    Di kampung saya juga sudah ada 4G smartfren ini, apalagi mash bisa aktfkan paket Unlimited 75rb di Hisense Pureshot mantap banget.
    Dan yang pake smartfren belum banyak.
    Padahal lokasi kampung saya disekitar gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang sedang erupsi, tapi sinyal 4G smartfren oke banget.

    Pak Herry minta tolong mana tau bapak punya kenalan petinggi Hosense sampaikan agar segera mengeluarkan updatean buat Pureshot biar bisa menggunakan VOLTE.
    Terimakasih pak.

  14. Rido says:

    Pak Herry di malang SF pake frequency 2300 atau 850?

  15. Soleh says:

    Kalau Samartfren 4G LTE dibanding 4G LTE-nya Indosat Ooredoo yang pak Herry pakai selama perjalanan bagaimana pak?

    • Herry SW says:

      Pak Soleh,

      Lebih bagus 4G LTE Smartfren. Punya Indosat sinyal 4G LTE-nya berkali-kali hilang total.

  16. arif says:

    Pak HSW, setelah dari Pasuruan dan Purwosari, apakah rombongan meneruskan sampai ke Malang? sekiranya iya, apa diketahui juga hasil pengujian jaringan smartfren di kawasan Sumberporong, Lawang hingga Singosari? mengingat daerah2 tersebut menurut penuturan teman saya di sana belum ter-cover LTE Smartfren

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Iya. Dari Pasuruan ke Purwosari lalu ke Malang. Hasil pengujian di area itu terangkum dalam hasil pengujian Probolinggo-Malang.

      Sumberporong itu di mana ya? Di dekat Hotel Niagara (itu termasuk Lawang kan?) saya dapat sinyal 4G LTE Smartfren kok.

  17. Eko says:

    Wah terkenal manteb dan cukup terjangkau koh , parkir luas ,orang luar kota bnyk yg mampir situ koh Hery, hehe sip pokoknya

  18. Eko says:

    Ya koh Hery ada yg akan saya tanyakan, saya kan baru coba LTE nya indosat yg lain belum, di indosat itu kuota lte dan 3G nya kan di pisah sehingga ndak bisa otomatis jadi satu,jadi pa memang di operator lain misal telkomsel, xl, tri, itu juga di pisah gitu ya Koh ndak dijadikan satu biar nanti jaringan yg milih otomatis, seperti 2Gdan3G itu ?
    Masalahnya kalau terpisah nanti waktu di daerah yg blm ada 4G nya ,jadi ndak bisa digunakan internet walau data 4G nya masih bnyk sedang 3G habis, jadinya repot juga,
    Makasih Koh Hery,

  19. Hengky Fanggian says:

    Koh Herry, kenapa sikh Gadget banyak yg belum diupdate agar dapat VoLTE padahal teknologi 4G di negara asal gadget tsb khan terbilang bukan baru. Secara teknis Smarfren yg sudah pakai VoLTE sesungguhnya khan dapat menghilangkan 2G CDMAnya, begitupun gadget GSM yg sudah bisa pakai 4G otomatis dapat menghilangkan 2G GSMnya. Mungkin di Indonesia kita masih butuh 2G baik yg tipe CDMA maupun GSM karena sinyal 3G saja belum merata apalagi yg 4G. Namun di negara maju asal gadget tsb sesungguhnya 2G sudah mutlak dapat digusur / ditiadakan karena terlalu hyper jadul & gak ada fungsinya lagi, benarkah demikian Koh ?

    • Herry SW says:

      Pak Hengky Fanggian,

      Belum banyak operator yang menawarkan layanan VoLTE. Di Indonesia malahan baru satu operator. Itu yang menjadi penyebab.

      Smartfren menghilangkan 2G CDMA? Operator GSM menghilangkan 2G GSM? Wah, nggak semudah itu. Bisa terjadi komplain besar-besaran kalau hal itu dilakukan sekarang. Sebab, populasi pengguna 2G, baik CDMA maupun GSM, di Indonesia masih sangat besar lho.

  20. Mr Vallen says:

    Boleh sedikit cerita. Saya kemaren jalan-jalan d Pasuruan mau beli HP yg udah 4g. Pas d salah satu konter saya maunya nyari Samsung J5. Harga 2,5 jutaan. Menurut temen temen udah 4g. Lah waktu d konter disaranin pake Neo 7 yg ada promo dari 2,4 jadi 2,1. Saya tanya ke sales-nya apa udah 4g? Dia jawab ralatif. Saya tanya balik, maksudnya relatif? Tergantung jaringan, kartu dan wilayah jawab si sales. Setelah bandingin Dengan J5. Tergiur Neo 7 yg kuat layar (diketuk2) n buatan Amerika katanya. Akhirnya jadi beli neo 7. Setelah dipake seminggu jaringan 4g gak bisa (Surabaya). Saya tanya d fanspage Oppo d fb ternyata masih 3g. Nah ini yg bener yg mana? Jadi bingung. Mohon pencerahannya Mr HSW…

  21. Ade says:

    Koh, apakah ada rencana review Wiko Ridge 4G Fever? Kalau iya apakah masih tunggu antrian atau posting berikutnya. Saya tertarik sekali sama gawai tersebut

  22. yoobee says:

    bung HSW

    maaf 007
    mana yang lebih baik:
    vivo X3S / xiaomi Redmi 3 / atau LG G2?
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Yoobee,

      Maaf 007? #bingung

      Redmi 3 saya belum pernah coba. Kalau X3S atau G2, saya pilih G2.

  23. liat2aja says:

    Mau menyampaikan juga bahwa daerah kota Jambi di prov Jambi juga sudah 4G. Tapi tidak dipromosikan jor-joran oleh Smartfren. Mungkin ibarat hotel baru soft opening belum grand opening. Saya pakai MiFi yg M2Y sejak Desember 2015 lumayan juga. Walaupun di beberapa tempat blank, dan beberapa tempat termasuk rumah saya hanya 1-2 Mbps saat Speedtest tapi layanan cukup stabil menurut saya, apalagi dibandingkan jaman EvDO dulu.

    Pak ada beberapa pertanyaan:

    1. Kalau tidak salah baca di twitter pak HSW ada pembahasan mengenai VoLTE lewat layanan MiFi ya pak? Atau saya baca di tempat lain. Bagaimana cara kerjanya ya kira-kira, apa melalui app Android mereka misalnya? Dan dengan sistem paket Connex Evo apa Smartfren rela kasih kita free telepon dalam artian potong kuota bukan potong rupiah.
    2. Kapan ya masuk nano SIM Smartfren? Kapok pakai SIM Card potongan pak…
    3. Frek 850 nantinya masih boleh digunakan Smartfren atau tidak ya pak? Kabarnya akhir tahun ini harus dikembalikan ke pemerintah frekuensinya (maaf tidak ada referensinya, waktu itu baca online). Jadi yg ditutup layanan EvDO nya atau seluruh frek 850 ya? Jadi nanti Smartfren hanya pakai frek 2300?

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      1. VoLTE lewat Mi-Fi? Saya tak pernah membahas hal itu. Yang pernah saya singgung adalah ber-VoLTE memakai ponsel yang seharusnya mendukung VoLTE, tetapi firmware yang mendukung VoLTE belum tersedia. Solusinya, unduh aplikasi Smart VoLTE dari Play Store. Detail caranya saya tak tahu karena belum pernah coba.

      2. Belum tahu nih, Pak. Saya juga menantikannya. Konon dalam waktu dekat sih.

      3. Masih boleh. Yang dilarang itu kan penggunaan nomor FWA CDMA yang diawali kode area. Misalnya, 021 dan 031. Nomor seperti itu harus dimatikan paling lambat pada 14 Desember tahun ini.

  24. Bambang hermanto says:

    Kapan nih pak riview Samsung galaxy s7

  25. aldy says:

    Pak herry mau tanya adakah aplikasi utk mengecek coverage 4G di daerah kita tinggal ?

    • Herry SW says:

      Pak Aldy,

      Kalau Anda masuk ke Play Store dan mengetikkan kata kunci “network id” atau “network location”, bakal muncul aneka pilihan aplikasi. Namun, saya tak tahu manakah yang paling akurat.

  26. yoobee says:

    bung HSW

    007 maksudNya 0ut 0f 7opic

    trima kasih

  27. Anna says:

    pak Herry, bedanya jaringan 2G, 3G, HSPDA apa? di lingkungan rumah saya kalo menggunakan telkomsel sering tidak bisa/putus2 (seringnya keluar rumah dulu), padahal tempat saya dekat dengan pemancar, sudah beberapa kali saya tanyakan ke operator dan belum memuaskan jawabannya, kira2 ada pengaruh sama tipe hape tidak? Suwun.

    • Herry SW says:

      Bu Anna,

      2G, 3G, dan HSDPA itu menunjukkan tahapan evolusi telekomunikasi seluler. HSDPA boleh dianggap sebagian bagian dari 3G, boleh pula dikategorikan terpisah sebagai 3,5G.

      Semakin besar angkanya, layanan internet yang dapat dinikmati pengguna secara teori akan semakin cepat.

      Terkait kasus Anda, kalau Anda sedang bepergian jauh dari rumah, bagaimana performa layanan Telkomsel? Kalau lancar, berarti ponsel Anda sebenarnya baik-baik saja. Yang bermasalah adalah jaringan Telkomsel di sekitar rumah Anda. Dekat pemancar tidak menjadi jaminan pasti bagus.

  28. Adrian says:

    Pak Herry,

    Jika saya ada 2 kartu XL yg sudah support 4G LTE (misal kartu A dan B), tetapi anehnya kartu A kecepatannya jauh lebih kencang dibanding kartu B dan pengetesan dilakukan di smartphone 4G yg sama dengan cara bergantian menggunakan slot SIM 1 dan 2 untuk celular data.

    Bahkan perbedaannya sangat ekstrem, sampai terasa seperti jika kartu B dikenakan bandwidth limiter oleh operator XL.

    Sebagai informasi, kartu A adalah nomor utama saya, sedangkan kartu B adalah nomor cadangan yg baru saya beli.
    Selain itu, paket data 4G LTE yg saya gunakan masih berupa bonus dari XL setelah melakukan pergantian kartu dari 3G ke 4G LTE.
    Smartphone yg saya gunakan sdh support 4G LTE.

    Pertanyaan saya, apakah benar operator selular bisa melakukan hal semacam itu?
    Saya kok curiga memang sengaja dibatasi untuk bonus paket data di kartu ke-2, karena bukan kartu utama.
    Ataukah memang pengaruh dari slot SIM 1 dan SIM 2 dimana hanya salah satu slot SIM saja yg bisa kecepatan tinggi?

    Mohon pencerahannya, Pak Herry.
    Terima kasih.

    – Adrian –

    • Herry SW says:

      Pak Adrian,

      Kartu A dan B apakah berlangganan paket data yang sama? Perbedaan paket kadang menentukan hasil akhir lho.

      Kalau Anda curiga karena perbedaan posisi SIM1 dan SIM2, coba deh lakukan eksperimen sederhana. Pindahkan kartu di selot SIM1 ke selot SIM2. Demikian sebaliknya.

  29. Adrian says:

    Pak Herry,

    Ya keduanya menggunakan paket data yang sama dan berupa bonus dari XL karena melakukan penggantian kartu ke USIM card yg mendukung layanan 4G.

    Sudah saya coba tukar slot tetap saja sama hasilnya, kartu B lebih lambat dari kartu A.

    Terima kasih atas tanggapannya, Pak Herry.

  30. Adi says:

    Pak Herry, kmaren yg dicoba LTE smartfren yg di frek berapa ?
    Kalau yg 850 mereka harusnya sudah geser (masih dlm 1 band),
    tapi mereka ngulur2 waktu, kasian telkomsel yg harusnya berhak pake frek-nya.
    ref: http://inet.detik.com/read/2016/03/23/154657/3171639/328/smartfren-harus-segera-geser-frekuensi-di-800-mhz

  31. Omexs says:

    Pak heri,

    Izin share

    Saya pakai samsung j5 dan sudah bisa tlpn dan sms via aplikasi smart volte yang ada di play store.

    Jika aplikasi ini ingin berjalan, settingan di pengaturan voice call harus di set ke sim smartfren, dan jika ingin melakukan pangilan menggunakan nomor yang satunya itu selalu di arahkan menggunakan aplikasi ini, intinya jika menggunakan aplikasi ini maka nomor yang bukan smartfrennya tidak bisa melakukan panggilan ke luar namun bisa nerima tlpn dan sms di kedua nomor tersebut.

    • Herry SW says:

      Pak Omexs,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Usai menginstalasikan Smart VoLTE, aplikasi dialer (aplikasi untuk telepon) di ponsel Anda mestinya akan ada dua. Satu khusus untuk menelepon memakai Smart VoLTE, satu lagi aplikasi dialer bawaan ponsel yang bisa dipakai untuk menelepon memakai nomor lain.

  32. Ramdan Aji says:

    Pak herry, bagaimana caranya kita mengetahui frekuensi 4g Smartfren di suatu tempat/wilayah? Adakah info dari Smartfren tentang frekuensi 4g yang digunakan di setiap kota?

    • Herry SW says:

      Pak Ramdan Aji,

      Lakukan pencarian jaringan 4G LTE secara manual, kemudian lihatlah kode jaringan yang muncul.

      510 28 berarti pakai frekuensi 850.
      510 09 berarti pakai frekuensi 2300.

      • Ramdan Aji says:

        Nah pak, saya kan udah coba search network manual pakai modem bolt zte MF90 unlock hadiah dari pak Herry dulu. Hasilnya muncul kedua kode jaringan tersebut. Padahal setau saya MF90 ini nggak bisa nangkep frekuensi 850.

        • Herry SW says:

          Pak Ramdan Aji,

          Saya pernah memberikan hadiah MF90 ya? Lupa…. 🙂

          Iya, setahu saya, MF90 tidak mendukung frekuensi 850. Kalau ternyata bisa menangkap 510 28, terus terang saya juga bingung.

  33. Ferry Setiawansyah says:

    pak HSW
    oot yah. gini bang apakah untuk jaringan smartfren yang untuk modem 4G LTE apa sudah beredar di pasaran? saya ingin gunakan untuk PC saya . apakah jaringannya stabil untuk pc? dan paket apa yang bisa anda sarankan untuk saya dan berapa harga modem dan paketnya setiap bulan?
    terima kasih ??

    • Herry SW says:

      Pak Ferry Setiawansyah,

      Sampai saat ini Smartfren belum menawarkan modem USB yang mendukung 4G LTE. Bila Anda berencana mencicipi 4G LTE Smartfren memakai PC, saran saya, belilah Wi-Fi dongle untuk ditancapkan ke PC dan satu unit mifi Andromax. Harga modemnya Rp 299 ribu. Untuk tahap awal, lakukan pengisian pulsa Rp 100 ribu dengan masa aktif satu bulan. Anda akan mendapatkan kuota 24 jam sebanyak 12 GB dan kuota malam 7 GB.

  34. Ferry Setiawansyah says:

    Oh iya satu hal lagi saya posisi di surabaya tepatnya di bronggalan

  35. Bally says:

    Pak Herry, sy Pakek lenovo s6000 idea tab, jaringannya ada tulisan GSM 850, apakah bisa Pakek smartfren jg pak? Trims

  36. tyan says:

    Salam pak.. ingin bertanya lagi, untuk saat ini sepertinya bapak masih rutin menggunakan 4g smartfren ya?
    Boleh tau tipe smartphone atau barangkali mifi yang digunakan oleh bapak? Saya tertarik sepertinya layanan smartfren sudah sangat baik sekarang.

  37. Andini says:

    Pak Herry SW,

    Wah review ini sangat informatif.
    Saya akan ke Malang-Sby awal Mei besok.
    Makasi banyak.

    Lalu, mana yang lebih baik internet 4G nya? (Antara nomer 1 dan 2 di bawah ini):
    1. Pake andromax C (yang sudah ada) + mifi andromax
    2. Pake andromax R2

    Karena sejak 2013 saya pake smartfren andromax C, sinyal evdo-nya kurang baik/stabil di beberapa tpt Jakarta, Bandung, Purworejo, dan Jogja.

    Ditunggu infonya.
    Makasi.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Andini,

      Mestinya kecepatan sama saja. Toh ujung-ujungnya nyambung ke 4G LTE.

      Bila harus memilih, saya cenderung menyarankan Anda memakai Andromax R2. Selain lebih praktis, ponsel itu lebih nyaman dan gegas daripada Andromax C.

  38. Ahmed Tsar says:

    Salam Kenal Pak Herry

    saya kenal Pak Herry baru banget kemarin ketika kasus ZUK mencuat

    saya sering ditanya Pak, kalau Smartphone 4G LTE yang mendukung 4G LTE, diluar ponsel2 Andromax dan Bundling kartu Smartfren, apakah bisa menggunakan kartu 4G LTE Andromax? saya pernah menjawabnnya bisa,asal frekuensi 4G antara ponsel dan kartu Smartfren sama, apakah benar begitu? contoh ZAP 6… Mohon pencerahannya

    • Herry SW says:

      Pak Ahmed Tsar,

      Salam kenal juga. Kasus Zuk belum berakhir nih, Pak. Minggu lalu ada pengguna Zuk di Surabaya yang ditolak saat akan melakukan klaim garansi. Padahal, dia datang ke alamat yang tercantum di kartu garansi.

      Terkait ponsel 4G LTE dan layanan 4G LTE Smartfren, normalnya jawaban Anda sudah benar. Namun, dalam sebagian kecil kasus yang sampai sekarang tak saya ketahui penyebab pastinya, ternyata hal itu tidak benar. Misalnya, di Lenovo A2010 yang spesifikasi 4G LTE-nya cocok dengan Smartfren. Saya sudah mencoba di tiga unit A2010 yang berbeda. Sinyal 4G LTE Smartfren berhasil terdeteksi, tetapi ponsel selalu gagal masuk ke jaringan 4G LTE Smartfren.

  39. lwinda says:

    saya beli mi-fi skitar 1 bulan yg lalu, ketika sya pakai d rumah sayaa jaringan 4g nya bagus tp kmudian ktika saya mau pkai lagi kok tiba2 jaringannya gak ada pak, kmudian sya coba pkek mi-fi nya d luar rumah, lha sinyal nya ada lagi pak..mohon pencerahannya pak..saya tinggal di desa tongas kab.probolinggo

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Lwinda,

      Ada dua kemungkinan:
      1. Usai dilakukan rekonfigurasi jaringan sehingga sinyal 4G di rumah Anda saat ini tak sekuat dulu lagi. Akibatnya, di dalam rumah tak dapat sinyal, sedangkan di luar rumah bisa dapat sinyal.

      2. Di rumah Anda atau sekitar rumah Anda ada bangunan baru, terutama bangunan bertingkat. Hal itu bisa menghalangi sinyal. Kalau poin kedua ini tidak ada, berarti pemicunya poin pertama.

  40. Arik says:

    Mohon informasi pak HSW. Paket internet smartfren yang paling cepat apa ya

  41. Nuril says:

    Sy kebetulan pke andromax E2 yg notabene jaringan 4G LTE,tp knp lemot sekali ya? Untuk download aplikasi bbm yg cm 25mb butuh waktu 2jam baru kelar. Buka youtube hanya loading muter2, game online jg loading. Sy tdk tau knp. Padahal sy di surabaya belakang royal plaza. Jd sy lbih suka pke hp lama andromax C3, meskipun bkn 4G tp download,internetan,game online, youtube pun lancar jaya. No loading2

  42. Anas says:

    gan…tanya: utk daerah SOLO gimana? jaringan 4G LTE SMARTFREN lancar pa tidak ? terimakasih…

  43. ALL says:

    gan…tanya sinyal 4G SMARTFREEN di daerah solo lancar?

  44. Farid says:

    Pak saya mw tnya. Sya kan beli hp andromax A 4glte diproboloiggo. Knpa kok gk bisa jaringannya diprobolinggo kabupaten. Terutama di desa wringinananom kec kuripan kab probolinggo.mohon infonya pak trimksih

    • Herry SW says:

      Pak Farid,

      Saya tak tahu kondisi di Probolinggo secara spesifik per desa atau kecamatan. Andromax A hanya mendukung 4G LTE. Ia tidak kompatibel dengan jaringan CDMA. Pertanyaannya sekarang, di lokasi Anda apakah sudah ada jaringan 4G LTE Smartfren?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *