By

Merek Terkenal Bukan Jaminan

Penantian panjang pengidam ponsel dual on GSM-CDMA bermerek global seolah berakhir ketika Samsung SCH-W139 mulai memasuki pasar Indonesia. Namun, setelah menguji pakainya, menurut penulis, ponsel itu berpotensi gagal memuaskan dahaga. Sisi minus ponsel itu lebih dominan daripada sisi positifnya.

Kali pertama melihat bentuk nyata ponsel itu, penulis spontan terpana. Tampilan fisiknya lebih cenderung ala ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Meski tidak persis sama, W139 mengingatkan penulis dengan, misalnya, Maxtron MG-298 dan HT Mobile A25.

Umpama penulis belum pernah melihat W139 dan tulisan Samsung di sisi muka ditutup, lalu penulis diminta menebak mereknya, pasti penulis takkan menyebutkan Samsung. Penulis amat mungkin bakal mengucapkan kata Nexian, Nexcom, Nexgen, HT Mobile, CSL, Extreme, DGtel, atau sederet ponsel merek lokal lain.

Layar W139 memanfaatkan LCD TFT dua inci beresolusi 128 x 160 piksel. Tampilan layar terlihat kurang halus. Keypad ponsel yang diproduksi di Tiongkok itu secara umum pantas disebut empuk dan nyaman. Bahkan, bagi pengguna berjari tangan besar seperti penulis.

Sayang, desain tombol navigasi lima arah W139 kurang optimal. Ketika hendak mengarahkan kursor ke kiri-kanan atau atas-bawah, berkali-kali jari penulis terpeleset dan dianggap memberikan instruksi enter. Tombol right soft key yang berada ujung kanan atas juga terlalu sensitif. Sangat sering terjadi, penulis yang berniat menekan satu kali saja dianggap telah memencet tombol itu dua kali.

Ada satu hal unik yang penulis alami. Ketika kartu RUIM Mobile-8 (sekarang Smartfren) penulis selipkan ke W139, ponsel itu mengenalinya sebagai Komselindo. Padahal, Komselindo telah bertahun-tahun tidak eksis. Operator seluler berbasis AMPS lalu CDMA itu telah diakusisi Mobile-8 pada Februari 2003.

Di sisi kanan bodi W139, terdapat konektor charger sekaligus handsfree berkabel. Entah mengapa, Samsung masih membenamkan konektor proprietary. Padahal, kini para produsen ponsel, termasuk Samsung, biasanya cenderung mengadopsi konektor charger yang lebih universal. Misalnya, berwujud micro USB dan mini USB.

Pemakaian konektor proprietary di W139 sungguh pantas disayangkan. Sebab, pengguna bakal kesulitan bertukar charger maupun aksesori lain dengan aneka gadget yang mereka miliki.

Tanpa kamera dan tak dapat dipakai untuk ber-mobile banking karena tidak mendukung SIM tool kit merupakan sisi minus lain W139. Untuk nada SMS, hanya tersedia empat pilihan nada. Pengguna mustahil menambahkan nada baru.

Ponsel berdimensi fisik 114,9 x 47,8 x 14,1 mm dan berat 86,7 gram itu dibekali bluetooth. Namun, koneksi “gigi biru” itu hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer data. Pengguna dijamin gagal kala hendak memadukannya dengan handsfree bluetooth. Keterbatasan bluetooth seperti itu sebelumnya pernah penulis jumpai pada Nokia 7650 yang beredar sembilan tahun silam.

Buku telepon seribu nama multiple entry, penyaring panggilan telepon dan SMS masuk, fake call, serta perekam suara merupakan sebagian spesifikasi lain W139. Ada pula fitur untuk mengingatkan pengguna dengan jadwal beribadah.

Memori internal yang dapat dioptimalkan pengguna berkapasitas 7,41 MB. Kurang besar? Selipkan kartu microSD berdaya tampung sampai 4 GB ke slot yang tersedia. Sedikit sisi menarik ponsel itu, pengguna bisa merekam siaran radio FM yang sedang didengarkan.

Kemarin gerai-gerai ponsel menawarkan W139 di rentang harga Rp 600 ribu hingga Rp 625 ribu. Paket penjualan termasuk charger dan handsfree berkabel. Andaikan harus memilih, ketimbang membeli W139, penulis lebih cenderung membawa pulang satu unit HT Mobile GC30 yang dijual Rp 440 ribu atau CSL Blueberry i8200 yang dibanderol Rp 499 ribu. Selain lebih murah dan justru lebih andal, dua ponsel itu lebih fleksibel. Bisa difungsikan sebagai ponsel dual on GSM-GSM maupun GSM-CDMA, bergantung kartu yang diselipkan.

Betapa pun, dengan segala kekurangannya, W139 patut mendapatkan apresiasi. Minimal ia pantas menjadi “duta edukasi” untuk menyadarkan pencinta ponsel bahwa merek terkenal tak selalu menjadi jaminan layak beli.

101 Responses to Merek Terkenal Bukan Jaminan

  1. liat2aja says:

    wah mengecewakan ya ternyata? Kemarin padahal sempat mantep mau beli, tapi chargernya yg bukan microUSB bikin malas juga.

    Ga ada browsernya ya? Java gimana?

    Bung HSW biasa ngebahas tarif operator ga, ternyata diam2 esia dan flexi naikin tarifnya, semakin mendekati tarif GSM. Kalau jadi begini kira2 masih perlu pake CDMA ga?

  2. Herry SW says:

    >wah mengecewakan ya ternyata? Kemarin padahal sempat mantep >mau beli, tapi chargernya yg bukan microUSB bikin malas juga.

    Benar.

    > Ga ada browsernya ya? Java gimana?

    Yup. Ada logo kayak browser, tetapi di dalamnya kosong.

    >Bung HSW biasa ngebahas tarif operator ga, ternyata diam2 esia >dan flexi naikin tarifnya, semakin mendekati tarif GSM. Kalau jadi >begini kira2 masih perlu pake CDMA ga?

    Sekarang saya jarang membahas komparasi tarif operator, Pak. Sebab, butuh waktu lama dan ketelitian tinggi, namun cepat basi karena operator rajin mengeluarkan promo baru. Tarif naik kan sudah lumayan lama, Pak.

  3. pemakai hape w139 says:

    Samsung duos yg gsm-gsm lebih murah tp malahan lebih bagus kalo menurut saya. Switch mode dari gsm 1 ke gsm 2, lebih simple dibanding cdma ke gsm di w139 ini. Dan ada fitur m-banking di samsung duos gsm-gsm. Saya setuju sekali dengan pendapat pak Herry SW :)

  4. Herry SW says:

    C3322 ya, Pak? Yup, itu lebih bagus. Ada beberapa bug atau sisi minus sih. Namun, tidak separah W139.

  5. pemakai hape w139 says:

    Samsung Duos E1182 pak… Yg paling murah dari samsung :)

  6. Herry SW says:

    Oh, E1182. Menurut saya, ponsel itu juga kurang menarik. Masih lebih bagus LG A190 yang harga jualnya justru lebih murah daripada E1182.

    Btw, kalau kita bicara kesepadanan antara harga dan fitur, saya setuju dengan Bapak. Yakni, masih mending E1182 daripada W139. :)

  7. yopie says:

    pak Herry SW, apakah anda sudah mencoba HT GC30?
    apa kelebihan & kekurangan dari hape tersebut?
    bagaimana dengan kenyamanan keypad & ketahanan baterai?
    kan biasanya kalo hape cdma boros baterai.

    lalu kalau dual gsm, mending samsung c3322 atau nokia x1-01?
    terima kasih :D

  8. Herry SW says:

    Saya sudah mencoba HT Mobile GC30. Review-nya akan muncul minggu depan. Secara umum oke, Pak. Keypad relatif empuk. Daya tahan baterai 1,5 hari hingga 2 hari, bergantung perilaku pemakaian. Baterainya bisa pakai BL-5C Nokia.

    GC30 merupakan ponsel hybrid. Ia bisa menjadi ponsel dual on GSM-GSM, bisa pula dual on GSM-CDMA, bergantung kartu yang diselipkan.

    Samsung C3322 atau Nokia X1-01? Kalau saya sih lebih memilih C3322. Keypad lebih nyaman. Trus, kontak bisa di-sync dengan Outlook, walaupun setelah 2-3 kali update data biasanya bakal error.

  9. liat2aja says:

    tanya lagi walaupun kira2 tau jawabannya: W139 tampilan smsnya sudah tampilan chat/threaded/conversation belum? Ada ga GSM-CDMA dual on yg tampilan smsnya sudah threaded bung HSW?

  10. Herry SW says:

    Maaf, Pak. Saya biasanya tidak memperhatikan tentang thread SMS atau bukan saat menguji pakai ponsel. Saya juga kurang memperhatikan ragam bahasa yang tersedia di suatu ponsel.

  11. Duwan says:

    Maaf pak herry,mau tanya.ponsel lokal dual on GSM-CDMA 500 ribuan yang menurut bapak recommended kira2 apa ya pak?saya bingung mau beli karena banyak variannya.saya juga ragu karena diberitahu teman saya kalau ponsel dual on cepat rusak.

  12. Herry SW says:

    Ada dua kandidat utama, Pak.

    * HT Mobile GC30. Harga baru Rp 440 ribu.
    * CSL Blueberry i8200. Harga baru Rp 490 ribu.

    Keduanya candybar ya, Pak. Kalau ingin qwerty, silakan melirik HT Mobile G76. Ponsel qwerty triple on GSM-GSM-CDMA itu barusan turun harga menjadi Rp 370 ribu saja.

  13. Duwan says:

    Iya pak,saya memang lebih suka candybar. Kalau CSL Blueberry i8200 baterainya kan bisa diganti baterai nokia BL-5C. Kalau HT Mobile GC30 bisa tidak?kira2 baterai type berapa pak?maaf pak banyak tanya biar tidak menyesal karena besok rencana ke WTC Surabaya.

  14. Herry SW says:

    Bisa pakai BL-5C juga, Pak Duwan. Keypad GC30 juga sedikit lebih empuk daripada i8200.

  15. Duwan says:

    Terima Kasih banyak pak atas bantuan informasinya.

  16. david says:

    pak Herry, mau nanya dual on cdma+gsm yg kameranya agak bagusan apa ya (1.3 / 2mp). GC30 tu kameranya masih VGA ya?

  17. Herry SW says:

    Dual on GSM-CDMA yang kameranya bagus? Hmm… tidak ada, Pak.

    Benar, kamera GC30 beresolusi VGA.

  18. david says:

    oke pak herry…terima kasih atas infonya…

  19. liat2aja says:

    pernah diuji ga sama bung HSW, kalau HT-Mobile GC30, Samsung W139 maupun hp2 dual on GSM-CDMA lainnya kalo cuma dipasang salah satu kartu bisa nyala ga? Misal hanya CDMAnya saja yang diisi kartu, GSM kosong, bisa aktif tidak seperti biasa?

    Kalau bisa lumayan juga, slot GSMnya jadi cadangan aja misal kita pake GSM Android yg boros batterai, saat batterai Androidnya habis tinggal pindahin kartunya ke dual on. Tapi saat kartu GSMnya masih di Androidnya, hp dual onnya cukup dipake CDMAnya saja…

  20. Herry SW says:

    Ada yang bisa, ada yang tidak, Pak. Tinggal dilihat di menunya.

  21. liat2aja says:

    jadi diantara Samsung W139, HT Mobile GC30 sama CSL Blueberry i8200 mana yg bisa 1 on CDMA saja? Terus HT Mobile sama CSLnya pake charger microUSB belum? Kapan reviewnya nongol nih?

  22. Herry SW says:

    GC30 pasti bisa. Kebetulan beberapa hari lalu barusan coba. Yang W139 dan i8200 tak ingat. Mau cek juga tak bisa karena ponsel sudah saya jual/kembalikan.

    GC30 dan i8200 menggunakan konektor charger mini USB.

    Review kan sudah nongol.

  23. vivieth says:

    mas Herry, bisa kasih review SPC jazzy hybrid? keliatannya mirip HT GC30 dan CSL 18200. Menurut mas diantara ketiganya mana yg lebih baik secara keseluruhan?

  24. Herry SW says:

    Bu Vivieth, saya belum pernah mencoba SPC Jazzy Hybrid. Karena itu belum bisa berkomentar.

    Kalau GC30 versus i8200, masing-masing ada plus minusnya. GC30 unggul di kapasitas buku telepon yang lebih besar, lampu senter yang dilengkapi tombol khusus di kanan bodi, dan keypad yang lebih empuk.

    Sedangkan i8200 unggul di ketersediaan fitur pengubah suara dan bisa berinternet via nomor CDMA.

  25. david says:

    pak herry, maaf agak out of topic…numpang tanya apa sdh pernah review / coba hp smartfren wide? tq.

  26. Herry SW says:

    Saya sudah pernah mencoba dan menulis review Smartfren Wide, Pak. Kesimpulan akhirnya, layak banget dibeli. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/2011/07/beda-kutub-sesama-hot-item/

  27. Mz Alvin says:

    mw tanya Pak Herry, dr review anda yg lebih bagus ke HT GC30 yah, btw kl saya perlu back up kontak ke PC bisa ndak tuh? kira² yg recommended apa yah?

  28. Herry SW says:

    GC30 dan i8200 sebenarnya sama-sama bagus. Lebih ke masalah selera sih. Saya condong ke GC30 karena keypad-nya lebih empuk.

    Backup kontak ke PC? Lebih baik saya jawab tidak bisa. Kalau pun bisa, pasti agak ruwet dan harus trial & error.

    Belum ada ponsel GSM-CDMA yang bisa backup ke PC dan berstatus saya rekomendasikan.

  29. Mz Alvin says:

    samsung cdma gsm bisa backup kontak ke pc ndak? trauma neh beberapa kali hp ilang, no contact konsumen n distributor ikut ilang…

  30. Herry SW says:

    Yang tipe berapa Pak Alvin? Kalau W139, paket penjualannya tidak termasuk PC Suite dan kabel data. Jadi, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

    Yang pernah saya coba dan konfirm bisa adalah W619. Sayang, ponsel itu sudah lama diskontinyu. Kinerjanya jauh lebih bagus daripada W139.

    Daripada membeli W139, saya pribadi lebih baik memakai ponsel merek lokal buatan China deh.

  31. Mz Alvin says:

    gini neh critanya Pak Herry, saia butuh hp yg gsm cdma, tapi juga membutuhkan bisa backup no contact ke PC, jd seumpama ada trobel di hp ato hilang (semoga tidak :) ) saia masih punya back up di PC, kira² ada advice nya?

  32. Herry SW says:

    Kalau nggak harus dual on GSM-CDMA, bagaimana kalau melirik peranti Android atau BlackBerry CDMA? Kontak bisa di-backup.

  33. orang bimbang beli hp says:

    pak HSW untuk samsung w139 bisa mp3 tidak? ringtone dan smsnya? trims

  34. Herry SW says:

    Pak Orang Bimbang Beli HP (namanya kok unik sih?),

    Untuk nada dering telepon, W139 bisa memakai file MP3. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna tak dapat menambahkan nada baru. Hanya tersedia empat nada bawaan.

  35. orang bimbang beli hp says:

    pak… daya tahan batre untuk w139 berapa lama pak? sering terjadi hang tidak pak hp-nya???

  36. Herry SW says:

    Bergantung perilaku bertelepon dan kartu yang diselipkan, Pak. Sekitar dua hari deh. Jarang hang sih.

  37. orang bimbang beli hp says:

    kualitas signal hp-nya bagus pak???

  38. Herry SW says:

    Biasa saja sih, Pak. Bagi saya, W139 bukan ponsel yang layak dibeli.

  39. Mr.Yan says:

    Mr.Herry SW,harga terup-date HT GC30 berapa y?

  40. Herry SW says:

    Masih tetap di kisaran Rp 440 ribu, Pak. Termurah yang saya jumpai Rp 430 ribu.

  41. Mr.Yan says:

    Ok.trims,maaf tanya lagi y.Mr.Herry SW,menurut bapak lebih bagusan mana Cross CB99t dengan HT GC30.ini dari segi kualitas lo pak?????????????????????

  42. Herry SW says:

    Saya belum pernah coba CB99t. Kalau dari kualitas secara umum, saya agak “ngeri” dengan Cross, Pak. Apalagi, untuk tipe-tipe ponsel keluaran terkini.

  43. Mr.Yan says:

    jadi lebih bagusan HT GC30 ketimbang Croos CB99t?gmna pak…..?mohon penerangannya pak!

  44. Herry SW says:

    Seperti sudah saya sebutkan, karena belum pernah coba CB99t, saya tak berani berkomentar terlalu dalam. Sedangkan HT GC30 sudah pernah saya coba. Menurut saya, ponsel itu boleh dibeli.

  45. Mr.Yan says:

    ok pak,trims atas saran dan penjelasannya!

  46. liat2aja says:

    sebenarnya W139 system kartu utama kartu kedua bukan? ga dijelaskan di reviewnya. Maksud saya kondisi biasa kita mau telp/sms mesti switch kartu seperti dual on gsmnya samsung atau lgsg bisa pilih GSM/CDMA saat pencet tombol call?

  47. Herry SW says:

    Maksudnya harus tekan tombol di samping bodi dulu atau bisa langsung dan di layar muncul pilihan begitu ya, Pak? Maaf, saya lupa detailnya. W139-nya sudah saya jual, tak lama setelah tuntas review.

    Saran saya, W139 dilupakan saja, Pak. Barang nggak menarik tuh. Yang asyik sebenarnya W319. Sayang, tidak masuk resmi ke sini.

  48. Mr.Yan says:

    Bung Herry SW,kemarin aq ke PLAZA marina mau beli HT GC30, setelah saya beli keluar dari counter HT ternyata fitur permainan javanya error.kemudian aq kembali kecounter.sales HT X ternyata berkata” ini karena memory mas ngk cukup”,padahal memory tampungx masih besar diatas 1 MB.aq menyarankan klo tukar dg HT GC30 yg lainx,sales counterx pun ngk mau dan berdalih “ini waktux pulang mas, besok aja dibawa kesini klo masih ngk bisa .aq upgrade”aq pun ngk mau krn rmh q jauh.akhirx counyerx pun membatalkan transaksi jual beli.kaeesokan harix aq ganti pergi ke WTC ,setelah sampai diCounter HT aq coba fitur javax ternyata bisa(normal bisa dioperasikan).Yang aq tanyakan APA FITUR JAVA DI HT GC30 mudah error(rusak)?????????????????

  49. Herry SW says:

    Pak Yan, ponsel sekarang itu kan sudah laksana komputer. Seharusnya di-restore factory settings sudah beres. Umpama masih tidak bisa, mungkin perlu di-flash ulang. Jadi, menurut saya, itu kebetulan saja sih.

  50. Mr.Yan says:

    ooo gitu,trims pencerahanx bung!

  51. Rei says:

    Bung HSW,saya rencana maw beli GSM-CDMA nih..
    bisa minta saran ngga,yang kira-kira worth untuk dibeli yang mana ya?harapan saya sih,yang baterainya paling tahan lama..

  52. Herry SW says:

    HT Mobile GC30 layak dipertimbangkan, Pak. Sabtu lalu saya baru beli (lagi) di harga Rp 430 ribu. Fitur SMS untuk nomor CDMA lebih baik dianggap tidak berfungsi ya. Sebab, ada masalah kompatibilitas dengan kartu RUIM keluaran terkini.

  53. Rei says:

    untuk daya tahan baterainya gimana,bung?

  54. Herry SW says:

    Daya tahan baterai GC30 sama dengan rata-rata ponsel. Antara satu hari dan dua hari, bergantung perilaku pemakaian.

  55. Sumardi says:

    Pak Hery, kalo HT Mobile G76 recomended untuk dibeli ga? Pilih G76 atau GC30. Baterai G76 kompatibel dengan Nokia tidak? Terima kasih

  56. Herry SW says:

    G76 layak beli, apalagi harga barunya sekarang sudah Rp 365 ribu.

    G76 atau GC30? Bergantung kebutuhan. G76 itu qwerty triple on GSM-GSM-CDMA, sedangkan GC30 candy bar dengan dua slot kartu. Si GC30 bisa jadi GSM-GSM, bisa pula GSM-CDMA.

    Baterai G76 sama dengan Nokia, tetapi saya lupa tipe berapa.

  57. mBOJO says:

    Sekedar info saya baru beli W139 kira2 sebulan yg lalu namun persoalan timbul setelah 2 minggu pemakaian yaitu keypad tdk berfungsi dengan baik bahkan 1 tombol sudah tdk berfungsi lagi. Perhatian buat yg lain klo mau beli.

  58. Herry SW says:

    Wah… untuk sekelas Samsung, W139 ternyata memang benar-benar tidak layak beli ya.

    Btw, sudah coba dibawa ke pusat perbaikan resmi Samsung?

  59. xXx says:

    Pak HSW,beli ponsel HT GC30 nya dimana??
    ada rekomendasi tempat yg bagus gak layanannya?
    thanks.

  60. Herry SW says:

    Bapak di kota mana? Coba cari di pusat penjualan ponsel saja. Seharusnya tersedia.

    Kalau Bapak di Surabaya, bisa cari di showroom HT Mobile di WTC lantai 2.

  61. reyza says:

    pa, untuk ht gc30 apa ada crash jika ada panggilan dari gsm dan cdma secara bersamaan? apa ada kekurangan lain nya pa dari hp ini? minat beli nih tapi takut kecewa..

  62. Herry SW says:

    Pak Reyza, ponsel nggak akan crash atau hang sih.

    Kekurangan ponsel itu sudah terpapar di atas. Yakni, fungsi SMS di CDMA-nya sejak awal dianggap nggak berfungsi dulu saja. Kalau ternyata lancar jaya kala dipadukan dengan kartu yang Bapak miliki, anggaplah itu jadi bonus.

  63. gelys178 says:

    YTH Pak Herry,
    mengenai HT GC30 ini, saya sempat browsing liat review2 mengenai HP ini, katanya GC30 ini kerika menggunakan sim esia tidak bisa untuk mengecek pulsa ya apa benar.
    Dari artikel Pak Herry diatas mengenai fasilitas sms di non-aktifkan saja untuk CDMA apa artinya kita tidak bisa ber SMS ria dengan CDMA tsb? mohon pencerahannya

  64. Herry SW says:

    Pak Gelys178,

    Cek pulsanya pakai perintah *…# ya, Pak? Saya malahan baru tahu ini. Berarti, fungsi USSD/UMB di GC30 kemungkinan tidak berjalan sempurna.

    Soal SMS untuk nomor CDMA, maksud saya, sejak awal lebih baik dianggap tidak bisa SMS dulu. Kalau ternyata bisa, anggaplah itu jadi bonus. Mengapa demikian? Sebab, GC30 (juga CSL BlueBerry i8200) tampaknya tidak kompatibel dengan kartu RUIM CDMA batch/periode tertentu. Kebanyakan sih di kartu-kartu keluaran cukup baru.

  65. Sheen says:

    Mau tanya Pak, kalo di HP Samsung Duos Gale W139 tdk ada menu M-Banking nya ya? Kalo HP Dual On CDMA – GSM yang bs menu M-Banking baiknya mengambil merk dan type apa ya? (kalo ada yg merk Samsung / LG). Trims..

  66. Herry SW says:

    Pak/Bu Sheen,

    Benar, W139 tidak ada menu STK untuk mobile banking.

    Ponsel dual on GSM-CDMA apa yang bisa mobile banking? Kalau merek global, saat ini belum ada lagi yang beredar resmi di sini.

    Sedangkan untuk merek lokal, saya merekomendasikan:
    * CSL Blueberry i8200. Barang sudah diskontinyu sehingga cari barang dalam kondisi 100 persen baru cukup sulit. Harga baru sekitar sebulan lalu sudah naik, menembus Rp 525 ribu hingga Rp 550 ribu.

    * HT Mobile GC30. Harga baru sekitar Rp 430 ribu. Satu hal yang perlu diketahui, saat ini di internal HT Mobile sedang ada masalah. Mereka sekarang sedang melakukan konsolidasi internal. Kejelasan nasib mereka kira-kira baru ketahuan pertengahan Februari 2012.

    Hal lain yang perlu diketahui, untuk dua ponsel di atas, lebih baik fungsi SMS untuk nomor CDMA dianggap tidak berfungsi. Mengapa? Sebab, keduanya mengalami masalah kompatibilitas kala dipadukan dengan kartu RUIM batch tertentu, terutama keluaran baru. Kalau ternyata lancar jaya
    saat dipadukan dengan kartu RUIM CDMA Bapak, anggaplah itu sebagai bonus.

  67. gelys178 says:

    Hallo Pak Herry,

    Saya lagi nih.

    Saya sudah browsing cari2 ke berbagai toko HP, dari di Point Square Lb.Bulus, ITC Kuningan sampe ke Pamulang Square, type HT GC30 tidak ada yg jual, type yg lainnya ada.
    Untuk CSL Blueberry i8200 saya sempat dapatkan di toko HP, dari warna Gold, Putih ataupun Titanium.
    Karna waktu itu saya maunya beli HT GC30 saya tidak ambil Blueberry i8200, karna lelah mencari akhirnya saya ambil deh Samsung DUOS W139. Dari hasil review saya yg sudah pake langsung, untuk penampilan memang stylist banget, ada fasilitas blok nomor yg kita tidak sukai sama halnya dgn yg di i8200 & GC 30.
    Ada beberapa hal yg di W139 yg dapat saya simpulkan
    PLUSnya:
    1. Stylist, penampilan menarik
    2. Batery awet walau GSM-CDMA ON

    MINUS:
    1. SMS –> Jalannya per karakter tidak secepat HP kebanyakan, agak lambat larinya
    2. Pergantian dari CDMA ke GSM atau sebaliknya tidak otomatis ganti, contoh dari CDMA kita ganti ke GSM, tapi pas nelpon masih saja CDMA yg aktif,sehingga terpaksa CDMAnya di setting DEAKTIF dahulu
    3. Volume terdengar sangat kecil oleh lawan bicara, sehingga setiap telpon saya harus menempelkan mulut saya ke lubang suara (Mungkin saya dpt barang yg jelek, tp saya beli di Sentra Ponsel lho…)

    Demikian Pak Herry masukan dari saya

  68. Herry SW says:

    Maaf baru sempat respons lagi. Wah, pengalaman Anda berbeda dengan kebanyakan rekan dan saya pribadi. Selama ini, mencari GC30 jauh lebih mudah daripada menemukan i8200.

    Terima kasih atas sharing cerita tentang W139.

  69. taufiq says:

    pak herry, saya cari di web anda belum ada review ttg samsung w619, tapi di salah satu reply anda, anda nampak merekomendasi ponsel tersebut. apakah anda pernah menggunakan w619?bagaimana kinerjanya, saya lagi incar w619,kebetulan ada yang menawarkan. mohon penjelasannya pak, terima kasih..

  70. Herry SW says:

    Pak Taufiq, ketika W619 beredar, sepertinya saya belum membuat blog ini deh.

    Ya, saya pernah memakai W619. Menurut saya, ia merupakan ponsel dual on GSM-CDMA terbarik Samsung yang belum tergantikan. Kinerjanya layak diacungi jempol.

  71. taufiq says:

    wah terima kasih banyak pak quick reply nya. jadi rekomended ya pak, saya ambil aja tawarannya..sekali lagi pak terima kasih.

  72. Herry SW says:

    Sama-sama, Pak. Btw, harga yang ditawarkan berapa? Mulus dan komplet?

  73. taufiq says:

    saya ditawarkan di kisaran 600rb pak, komplit, tapi chrome nya udah ga mulus. selebihnya mulus,

  74. Herry SW says:

    Asalkan komplet dan normal, biar pun chrome sudah tidak mulus, dengan harga segitu tetap layak disikat tuh. :)

  75. rofas says:

    Wah gak okenya banyak yah
    Thanks reviewnya om HSW

  76. Herry SW says:

    Sama-sama, Bos Rofas.

  77. HANDY says:

    Pak Herry trims sekali buat infonya, sangat membantu sekali kami2.
    Saya mau tanya hp cdma mumer yang sudah pernah dicoba bisa kerja dengan hansfree bt tipe dan merk apa yang direkomendasikn ?
    trims,

    salam

  78. Herry SW says:

    Pak Handy,

    Maaf baru merespons lagi. Posting Bapak terselip.

    Ponsel CDMA termurah yang ber-bluetooth, unlock, termurah, beredar resmi di sini, dan masih ada barunya cuma Galaxy Y CDMA. Sebenarnya nggak bagus sih. Tapi, tak ada pilihan lain.

  79. haris says:

    Salam kenal bapak herry

    Mohon info saya sebenarnya sering menggunakan smart phone akan tetapi sekarang rupanya tidak terlalu dibutuhkan untuk keseharian saya

    Saya ingin membeli ponsel dual gsm bukan merk lokal akan tetapi harga terjangkau, compatible syncronize outlook, m-bangking, ada kamera , ada ada koneksi internetnya dan thread view sms. dan pastinya yang bukan touch screen saya kurang suka :)

    Mohon info yang murah dan recomended apa ya

    1. Sempat liat asha 305 punya kakak sering hank, mau beli seri dibawahnya baca review di internet juga tidak memuaskan

    2. ingin samsung c3322 tapi belum thread view sms

    3. samsung chat wifi 322 belum pernahliat reviewnya

    sharing infonya ya pak. terima kasih

  80. Herry SW says:

    Pak Haris,

    1. Saya belum pernah menguji pakai Asha 305. Sekadar menyentuh pun belum. Tipe di bawahnya maksudnya Nokia Asha 200? Jangan deh. Ponsel itu lemot.

    2. Samsung C3322 secara umum lumayan. Meski, ada kelemahan yang buat saya terasa mengganggu. Yaitu, setelah di-sync 3-4 kali dengan Microsoft Outlook pasti bakal error.

    3. Samsung Chat yang pernah saya coba C3222. Saya memang belum pernah mencoba yang versi Wi-Fi.

    Koneksi internet yang dibutuhkan bukan 3G kan? Kalau GPRS/EDGE sudah cukup, saya merekomendasikan LG C375. Ia adalah ponsel qwerty dual on GSM-GSM yang memenuhi seluruh kriteria Bapak. Ia juga dilengkapi dengan penyaring SMS masuk, baik berdasarkan nomor ponsel maupun kata kunci. Harga sekitar Rp 550 ribu.

    Masalahnya, jarang ada toko yang punya stok LG C375. Terakhir saya melihat ada toko yang punya stok ponsel itu pada Juli lalu.

  81. indra says:

    pak, skrg HT GC30 kira2 msh ada d toko?

  82. Herry SW says:

    Pak Indra,

    Kini HT Mobile GC30 sudah sangat sulit ditemukan. Mereknya pun kan sudah almarhum.

  83. Dandy says:

    Salam,,,Pak mau tanya HP Flip/Lipat dari merk samsung ada yang dual on GSM gak?

  84. Herry SW says:

    Pak Dandy,

    Tak ada, Pak. Yang saat ini beredar di pasar bentuknya candybar atau full touch screen.

  85. nur basuki says:

    Pak Herry, saya pemakai Samsung SCH-W139, sebelumnya lancar2 saja, tiba-tiba semalam errror dengan munculin data blabla di monitornya penuh, saya coba semu log telp dan sms hilang, kemudian saya master reset, ternyata setelah saya nyalain dan kartu dipasang tidak terdeteksi semua, ada yang bisa bantu dan kasih solusi ?

    Salam

  86. Herry SW says:

    Pak Nur Basuki,

    Coba reset lagi, lalu matikan dan lepaskan baterai sekitar sepuluh menit. Berikutnya, pasangkan baterai lagi dan nyalakan ponsel. Kalau masih belum berfungsi normal, berarti mesti mampir ke pusat perbaikan resmi ponsel Samsung.

  87. halimah says:

    Makaish infonya, salam kenal

  88. popo says:

    mao tanya pak,slaen hp blueberry i8200,hp apa lagi yg mempunyai fitur pengubah suara?terima kasih

  89. Herry SW says:

    Pak Popo,

    Saya mesti bongkar-bongkar catatan. Beberapa ponsel merek lokal memiliki fitur pengubah suara kok. Saya carikan dulu ya.

  90. Herry SW says:

    Pak Popo, ini ketemu beberapa: Venera Aktiv 705, Elzio Neo-W1F1, Cross CB96T, dan Elzio Mini 007 I Spy U.

  91. ochi says:

    Pak Herry, mo tanya kalo kita beli HP dari luar indo kira2 lebih banyak supportnya apa ngga untuk provider” kartu di indo.
    dan kenapa ya kok kl type” ponsel flip di luar indo lebih banyak variasi. dan ada lcd display di bagian luarnya. terima kasih

  92. Herry SW says:

    Pak/Bu Ochi,

    Untuk ponsel GSM, asalkan tidak di-lock alias dikunci, mayoritas akan bisa dipakai di sini. Sedangkan untuk ponsel CDMA, “prosesi”-nya lebih panjang. Tak jarang harus dilakukan penyesuaian teknis yang membutuhkan bantuan pihak lain.

    Ponsel flip? Maksudnya ponsel folder, lipat, alias clamshell ya, Pak? Jarang ada yang beredar di sini karena secara umum konsumen di Indonesia kurang menggemari ponsel lipat. Karena itu, produsen atau distributor nggak terlalu berani mengedarkannya ke sini.

  93. dinks says:

    Kalo SAMSUNG SCH-W619 gimana, sy masih pake sampe sekarang.
    Satu yang saya kecewa, sms nya terbatas 160 karakter, jadi ga bebas mo nulis apa..

  94. Herry SW says:

    Pak Dinks,

    W619 itu yang sliding dan berlayar sentuh kan? Menurut saya, itu salah satu dual on GSM-CDMA terbaik deh.

  95. reza says:

    pak herry, mau tanya donk,…
    hp samsung SCH-W139 error,di layar nya tertulis card disable,..trus pas saya mau master reset ternyata minta new password itu maksud nya apa yak??sementara saya gak pernah pake password di hp ini…..
    terimakasih sebelumya…

  96. Herry SW says:

    Pak Reza,

    Ya berarti silakan membuat password baru dulu, Pak. Bapak yang menentukan angkanya.

  97. sari says:

    apabila terdapat masalah ” disable card ” itu tandanya W139 minta reset ulang, ga usah bingung, cari ‘setting’ masuk ke ‘reset’ kemudian tekan yang ‘master reset’ resikonya adalah semua data akan kembali nol atau hilang tapi ponsel masih bisa di gunakan seperti ponsel baru pada umumnya, jadi saran saya back up contact data anda ke sim card supaya atau di tulis di buku karena samsung w139 kadang menampilkan ‘disable card”

  98. sari says:

    just info: apabila terdapat masalah ” disable card ” itu tandanya W139 minta reset ulang, ga usah bingung, cari ‘setting’ masuk ke ‘reset’ kemudian tekan yang ‘master reset’ resikonya adalah semua data akan kembali nol atau hilang tapi ponsel masih bisa di gunakan seperti ponsel baru pada umumnya, jadi saran saya back up contact data anda ke sim card supaya atau di tulis di buku karena samsung w139 kadang menampilkan ‘disable card”

  99. Herry SW says:

    Bu Sari, terima kasih atas sharing-nya.

  100. Edwin says:

    Pak Herry

    Hp android dual sim Gsm + Cdma, Gsm nya bisa sinyal 3G, jadi untuk buat brwosing, chat menggunakan sim Gsm nya. Yang recomended apa ya pak?

    Terima kasih

  101. Herry SW says:

    Pak Edwin,

    Jawabannya belum ada, Pak. Ponsel Android dual on GSM-CDMA biasanya menomorsatukan layanan CDMA-nya. Jadi, kalau pun bisa berinternet memakai nomor GSM, hanya bisa GPRS/EDGE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>