Ada kabar gembira buat rekan yang hobi memelihara nomor prabayar Telkomsel nih. Sekarang nomor yang hangus bisa dihidupkan kembali.

Informasi ini saya ketahui secara tidak sengaja. Ceritanya, tadi pagi saya menyelipkan Kartu As ke ponsel. Saat ponsel saya nyalakan, muncul keterangan bahwa “registration failed“. Kartu SIM itu lantas saya coba pindahkan ke ponsel lain. Tidak muncul keterangan “registration failed“, tetapi muncul notifikasi “SIM salah”.

Halah… ya sama saja tho. :(

Saya lantas bergegas melihat “catatan kehidupan”. Karena memelihara banyak nomor berakhiran 9900 dari beragam operator, saya memang memiliki catatan khusus. Isinya, daftar masa aktif dan masa tenggang masing-masing nomor.

Waks! Ternyata masa tenggang Kartu As itu telah berakhir pada 18 Maret 2011 alias tiga hari silam. Saya lupa mengisi ulang pulsa.

Ya, sudah deh. Kartu SIM yang telah penuh goresan akibat keluar masuk ponsel itu siap-siap dibuang. Nomor prabayar Telkomsel yang hangus kan tidak bisa dihidupkan kembali dengan status tetap sebagai prabayar.

Untunglah, sebelum dibuang, ada rekan yang menginformasikan kalau kini nomor prabayar Telkomsel yang hangus bisa diaktifkan kembali. Penasaran dengan hal itu, saya mencari informasi lebih lanjut ke pihak berwenang. Hasilnya, A1! Konfirm. Nomor prabayar Telkomsel yang hangus dapat dihidupkan lagi dan tetap berstatus prabayar. Namun, sisa pulsa tak dapat dikembalikan.

Persyaratannya sederhana. Pertama, pengurusan harus dilakukan paling lambat 30 hari sejak nomor dinyatakan hangus. Jadi, kalau nomor simPATI Anda hangus pada 11.1.11 alias 11 Januari 2011, namun Anda baru mengurusnya sekarang, dijamin tak bisa. Sementara itu, bila Kartu As Anda tewas pada 3 Maret 2011, Anda masih berpeluang mengaktifkannya lagi.

Kedua, pengurusan wajib dilakukan oleh orang yang namanya teregistrasi di sistem Telkomsel. Katakanlah nomor yang hangus 1234 dan dalam proses registrasi prabayar tercatat atas nama Obelix bin Sumanto. Maka, Obelix bin Sumanto harus mengurusnya sendiri.

Obelix wajib datang ke GraPARI atau Gerai HALO terdekat dengan membawa kartu SIM yang hangus, KTP asli, dan satu lembar fotokopi KTP. Petugas yang melayani akan membantu proses aktivasi kembali.

Proses aktivasi membutuhkan waktu 7 x 24 jam. Gratis. Kartu SIM lama tak perlu diganti dengan yang baru.

Berminat mencoba?