By

Nomor Telkomsel Hangus Bisa Hidup Lagi

Ada kabar gembira buat rekan yang hobi memelihara nomor prabayar Telkomsel nih. Sekarang nomor yang hangus bisa dihidupkan kembali.

Informasi ini saya ketahui secara tidak sengaja. Ceritanya, tadi pagi saya menyelipkan Kartu As ke ponsel. Saat ponsel saya nyalakan, muncul keterangan bahwa “registration failed“. Kartu SIM itu lantas saya coba pindahkan ke ponsel lain. Tidak muncul keterangan “registration failed“, tetapi muncul notifikasi “SIM salah”.

Halah… ya sama saja tho. :(

Saya lantas bergegas melihat “catatan kehidupan”. Karena memelihara banyak nomor berakhiran 9900 dari beragam operator, saya memang memiliki catatan khusus. Isinya, daftar masa aktif dan masa tenggang masing-masing nomor.

Waks! Ternyata masa tenggang Kartu As itu telah berakhir pada 18 Maret 2011 alias tiga hari silam. Saya lupa mengisi ulang pulsa.

Ya, sudah deh. Kartu SIM yang telah penuh goresan akibat keluar masuk ponsel itu siap-siap dibuang. Nomor prabayar Telkomsel yang hangus kan tidak bisa dihidupkan kembali dengan status tetap sebagai prabayar.

Untunglah, sebelum dibuang, ada rekan yang menginformasikan kalau kini nomor prabayar Telkomsel yang hangus bisa diaktifkan kembali. Penasaran dengan hal itu, saya mencari informasi lebih lanjut ke pihak berwenang. Hasilnya, A1! Konfirm. Nomor prabayar Telkomsel yang hangus dapat dihidupkan lagi dan tetap berstatus prabayar. Namun, sisa pulsa tak dapat dikembalikan.

Persyaratannya sederhana. Pertama, pengurusan harus dilakukan paling lambat 30 hari sejak nomor dinyatakan hangus. Jadi, kalau nomor simPATI Anda hangus pada 11.1.11 alias 11 Januari 2011, namun Anda baru mengurusnya sekarang, dijamin tak bisa. Sementara itu, bila Kartu As Anda tewas pada 3 Maret 2011, Anda masih berpeluang mengaktifkannya lagi.

Kedua, pengurusan wajib dilakukan oleh orang yang namanya teregistrasi di sistem Telkomsel. Katakanlah nomor yang hangus 1234 dan dalam proses registrasi prabayar tercatat atas nama Obelix bin Sumanto. Maka, Obelix bin Sumanto harus mengurusnya sendiri.

Obelix wajib datang ke GraPARI atau Gerai HALO terdekat dengan membawa kartu SIM yang hangus, KTP asli, dan satu lembar fotokopi KTP. Petugas yang melayani akan membantu proses aktivasi kembali.

Proses aktivasi membutuhkan waktu 7 x 24 jam. Gratis. Kartu SIM lama tak perlu diganti dengan yang baru.

Berminat mencoba?

242 Responses to Nomor Telkomsel Hangus Bisa Hidup Lagi

  1. Wulan says:

    Thanks infonya, simpatiku jg hangus 2,5 jam yg lalu…mudah2an bs diaktifin lg….
    :-(

  2. Herry SW says:

    Segera diurus, Bu Wulan. Jangan sampai lebih dari 30 hari.

  3. Herry SW says:

    Terima kasih atas sharing-nya, Pak.

  4. BadutGelap says:

    Sayang nya sekarang sudah tidak bisa . . .
    saya punya simpati baru hangus belum 1 minggu, kalau mau aktifin lagi harus migrasi ke kartu halo . . .

  5. Herry SW says:

    Oh ya? Besok saya coba konfirmasikan kepada pihak terkait. Boleh tolong diinfokan nomor simPATI-nya area mana, kemudian sudah coba ke graPARI yang berada di jalan apa?

  6. BadutGelap says:

    No simPATI area surabaya…
    dah di coba di graPARI jalan pemuda sama gerai HALO di Plaza Marina…

    via komfirmasi via email juga bilang ga bisa… berikut balasannya –>
    Terima kasih telah menghubungi layanan email Telkomsel cs@telkomsel.co.id. Sehubungan dengan pertanyaan Bapak/Ibu mengenai reaktivasi kartu simPATI nomor 081330SEIKO1, kami informasikan batas pengisian ulang kartu tanggal 07 September 2011 pukul 04:10:14. Dan kartu telah hangus serta tidak dapat diaktivasi kembali sebagai kartu simPATI prabayar.

    Untuk menggunakan nomor yag sama Bapak/Ibu bisa melakukan pengajuan migrasi menjadi kartu dengan sistim pasca bayar dalam hal ini kartuHALO. Migrasi bisa dilakukan pada kartu simPATI existing 0812/0813. Pengajuan berlangganan kartuHALO bisa mengunjungi GraPARI atau Gerai HALO terdekat dengan membawa identitas KTP dan mengisi formulir pengajuan berlangganan. Ketentuan untuk pengajuan proses migrasi maksimal adalah 2 bulan setelah kartu tersebut terblokir/hangus.

    kata CS graPARI pemuda masa aktif habis tanggal 7 September masa tenggang sampai 7 Oktober. brarti kalau mau migrasi harus sebelum 7 Desember atau 2 bulan setelah masa tenggang.

  7. BadutGelap says:

    Pak, kalau merujuk ke email balasan di atas, hangusnya sudah lebih dari 30 hari. Berarti, ya memang tidak bisa. Maksimal 30 hari saja seperti yang saya tuliskan pada naskah di bagian teratas halaman ini.

  8. BadutGelap says:

    waktu itu saya ke graPARI sekitar 1 minggu setelah masa tenggang habis..
    saat itu masih bisa buat terima telp bahkan masih dapat sms promo.
    kalo cek pulsa *888# tulisanya “maaf transaksi tidak dapat dilakukan saat ini. silahkan ulangi beberapa saat lagi

  9. Herry SW says:

    Kalau baru seminggu seharusnya bisa. Mungkin petugas yang melayani nggak paham. Lain waktu, andaikan terjadi hal serupa, minta dipertemukan dengan supervisor-nya, Pak.

  10. BadutGelap says:

    ok.. siiip..
    thanks master astas infonya..
    walopun nyesal karena nomor lumayan cantik & aduhai pulsanya skarang dah ikhlas.. mau migrasi halo juga masih mikir2..

    oiya master review nokia 101 vs X1-01 yang dual sim donk..

  11. Herry SW says:

    Nokia X1-01 pernah saya review di http://ponselmu.com/2011/09/tiga-dual-on-hadir-beriringan/

    Kalau 101 review-nya keluar Rabu/Kamis minggu depan.

    Bocoran aja: kalau hobi dengerin musik, ambil X1-01. Namun, bila cuma perlu bertelepon dan ber-SMS di ponsel dual on, 101 lebih menarik untuk dilirik. Keypad 101 lebih enak daripada X1-01.

  12. BadutGelap says:

    Siiip . . .
    di tunggu reviewnya . . .

  13. rose says:

    mas, ini kartu simpati kakak saya hangus hari rabu lalu (16 Mei 2012) saya baru ngeh hari jumat. saya tlp ke call center mesti migrasi. tp saya bingung, datanya kan kakak saya punya. kakak saya lagi di luar negeri. nomornya nomor bandung klo ga salah. 081214xxxx. gimana ya mas. saya nangis2 karena lupa isi pulsa. padahal kakal saya udah pesan jangan sampai lupa. supaya sekembalinya dari luar negerri masih bisa dipake. kira2 bisa ga ya mas.. ada yang bisa saya hubungi? anjuran cs saya ke wisma slipi. tolongin mas, saya tinggal di grogoo jak bar. sejak jumat tak henti hentinya saya menyesal karena kelalaian ini.. nangis terus. masa urus satu kartu aja ga bisa. tolong dong mas… makasi ya mas..

  14. Herry SW says:

    Bu Rose,

    Pengurusan biasanya harus dilakukan oleh pemilik nomor. Karena nomor itu di sistem Telkomsel tercatat atas nama kakak Anda, berarti kakak Anda yang mesti mengurusnya.

    Alternatif lain, Anda mungkin bisa melakukan pengurusan dengan berbekal surat kuasa bermeterai dari kakak Anda. Nah, yang jadi masalah, kakak Anda sedang di luar negeri. Kapan tiba? Batas pengurusan biasanya 30 hari sejak nomor hangus.

  15. Tika says:

    saya sudah telepon ke caroline kenapa harus imigrasi ke halo ya?
    tolong infonya mas
    apa belum semua grapari yang bisa melakukan pengaktifan tanpa imigrasi?

  16. Herry SW says:

    Bu Tika, seharusnya aturan berlaku seragam.

    Sejak nomor prabayar hangus sampai kontak Caroline jaraknya berapa hari? Nomor prabayar yang hangus Kartu As atau simPATI?

  17. Irhan says:

    Herry SW
    Oh ya? Besok saya coba konfirmasikan kepada pihak terkait. Boleh tolong diinfokan nomor simPATI-nya area mana, kemudian sudah coba ke graPARI yang berada di jalan apa? MOHON INFONYA UNTUK DAERAH BANDUNG GRAPARI MANA YA YANG BISA NGEAKTIFIN KARTU HANGUS??
    TKS

  18. m.iskak says:

    itu kan untuk krtu telkomsel.
    kalau untuk krtu xl gimana…….?
    q pnya krtu xl msa tenggang spai tgl 18.
    tpi tgl 8/9
    dah gak bisa di pakai.
    di masukin ke hp un register.

  19. Herry SW says:

    Pak Irhan, ini ceritanya Bapak mau coba membantu Bu Tika ya?

    Pak M. Iskak, sekarang kan masih bulan Juni? Lha itu kok sudah tanggal 8 September? Kalau sampai dihanguskan sebelum waktunya, langsung saja datang ke XL Center.

  20. Nisa says:

    Hem saya punya keluahan ni, kemarin saya tlf CS menanyakan tentang no saya masa tenggangnya sampai kapan, dan operator tersebut menjawab bahwa ‘kartu anda baru memasuki masa tenggang, dapat di isi ulang sampai 30 hr berikutnya(kedepan) untuk dapat menggunakan nya kembali, nah tadi pukul 20:39 saya melakukan pengisian pulsa, tetapi gagal setelah saya cek, ternyata kartu saya hangus dengan sendirinya. Yang saya tanyakan, bisakah kartu saya di aktifkan kembali dengan no yang sama? Tolong bantu saya,

  21. Nisa says:

    Oh ya menambahkan no saya simpati hoki area jakarta

  22. Herry SW says:

    Mbak Nisa,

    Kalau membaca cerita Anda, nomor simPATI Anda baru satu hari hangus ya. Berarti, masih bisa diaktifkan lagi. Silakan segera ke graPARI alias kantor layanan Telkomsel terdekat.

    Persyaratannya bisa dibaca di bagian atas tulisan ini. Lebih baik lagi kalau Anda juga membawa sampul kartu perdana simPATI tersebut.

  23. Nisa says:

    Berhubung no saya sudah sekitar 6th yg lalu sampul itu hilang, dan saya sekarang posisi brada di solo bukan di jakarta lagi, kira2 bisa ga ia diproses di solo saja? ?

  24. Herry SW says:

    Mbak Nisa,

    Untuk Telkomsel, saya kebetulan belum pernah mencoba lintas wilayah seperti itu. Tak ada salahnya tetap dicoba dulu. Mestinya sistem Telkomsel sudah online dan terintegrasi.

  25. Nisa says:

    Saya pada tanggal 12 Juli 2012 telah mencoba ke gra pari telkomsel di daerah cilandak depan trakindo, kata petugas cs graparinya disana saya tidak bisa melakukan pembaruan kartu dengan no yang sama kecuali harus bermigrasi ke pascabayar kartu hallo, , hems lantas saya harus bagaimana? ? Tolong saya dibantu,

  26. Herry SW says:

    Mbak Nisa,

    12 Juli itu berarti berapa lama terhitung sejak nomor Anda hangus? Kalau masih kurang dari 30 hari, mestinya bisa diaktifkan lagi sebagai prabayar. Coba minta dipertemukan dengan supervisor atau manajernya.

  27. Nisa says:

    5 hari pasca no saya dinyatakan hangus

  28. Herry SW says:

    Mbak Nisa,

    Ok, saya coba teruskan masalah ini ke pihak terkait deh.

    Mohon informasi:
    1. Nama lengkap Anda
    2. Nomor simPATI yang hangus
    3. Tanggal nomor itu dinyatakan hangus
    4. Nama yang teregistrasi untuk nomor simPATI yang hangus
    5. Nomor HP lain yang bisa dihubungi
    6. Kota domisili saat ini

  29. Maria says:

    Teman sy baru hbs masa aktifnya kmrn (27/07/12). Lalu td siang (28/07/12) sy bantuu hubungi ke call centre 188 mereka bilang kalau mau dipertahankan nmrnya memang hrs mutasi ke simpatiHALO. Spt nya ini kebijakan baru

  30. Herry SW says:

    Bu Maria,

    Saya jadi ikut penasaran. Besok saya coba konfirmasikan kepada pihak-pihak terkait untuk memastikan apakah ada kebijakan baru di Telkomsel.

  31. Mariza Putri says:

    Mas..
    bs bantu untuk kartu AS tidak?kartu nya baru 5 hari no signal krna telat isi ulang,
    tapi nomornya kartu AS, saya sudah pernah cb ke Grapari, CS nya blg Nomor tsb sama sekali ga bisa untuk diambil kembali, gmna yaah?saya msh mau pakai nomor tsb..

  32. Herry SW says:

    Mbak Mariza,

    Saya coba konfirmasi kepada pihak terkait dulu ya. Saya juga penasaran apakah kini ada perubahan kebijakan. Sebab, beberapa rekan yang posting di atas Mbak juga kesulitan mengaktifkan kembali nomor prabayarnya yang hangus.

  33. yudha says:

    mas… hari ini aku kena musibah.. mobil ku ilang n gps yang ad di mobil menggunakan kartu simpati (081298651658) n kebetulan aku cek ternyata gak bsa terkoneksi kemungkinan sim card nya hangus (tdi sempet nyoba isi elektrik n gak bisa jg). sya lupa kpan terakhir isi… apa bisa dngan sim card yg terpasang di gps mobil yg hilang tapi kartu kembali di aktifkan? mhon pencerahannya mas.
    trima kasih

  34. Herry SW says:

    Pak Yudha,

    Kalau hangusnya kurang dari 30 hari, mestinya masih bisa dihidupkan kembali.

    Barusan saya cek, aturan Telkomsel terkait nomor prabayar hangus masih sama. Sebelum 30 hari masih dapat diaktifkan kembali asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

  35. Indra says:

    Pak Herry, kalau boleh tahu, bapak dulu mengurus kartunya yang hangus di GraPARI Telkomsel yang mana ya?
    Mungkin bapak bisa membantu, posisi saya di Surabaya.

    Terima Kasih.

  36. Herry SW says:

    Pak Indra,

    Di pojokan Jl Kayun – Jl Pemuda (seberang Monkasel).

  37. Jeasy says:

    Pak Herry, bisa bantu saya?
    Saya juga kartunya hangus, tapi udah ke GRAPARI di Manado mereka blg hanya bisa dignti / migrasi ke kartu HALO..

    bgmn??
    bisa email ke saya spaya lebi jelas? jzz_cichan@gmail.com

  38. Herry SW says:

    Bu Jeasy,

    Maaf, saya bukan karyawan Telkomsel. Dengan demikian, saya tidak bisa turun tangan langsung. Saya juga tidak bisa mengecek status nomor simPATI milik Ibu.

    Silakan mencermati paparan saya di atas. Bila memenuhi seluruh persyaratan di atas, silakan coba ke graPARI lagi. Bila petugas yang melayani menyatakan tetap tak bisa diaktifkan lagi, mintalah dipertemukan dengan minimal supervisor-nya. Kalau dianggap perlu, tunjukkan link blog ini untuk membuktikan ada yang sudah berhasil. Sampai saat ini belum ada perubahan kebijakan.

  39. Khas Indonesia says:

    Ini orang udah pada ditolongin, dikasi tahu informasi berguna dengan baik-baik.. Kok ya pada ngelunjak.. Nyuruh-nyuruh lagi. #khasIndonesia #emangyangnulisbabulo

  40. Herry SW says:

    Pak Khas Indonesia,

    He… he… santai saja, Pak. Saya paham betapa rekan yang nomornya hangus itu sangat ingin nomornya kembali aktif. Karena itu mereka berusaha mencari pertolongan tanpa bermaksud ngelunjak.

  41. karim says:

    jadi solusinya bagaimana? simpati hangus apa harus langsung datang ke grapari dan bertemu dengan siapa n wilayah bsd

  42. Herry SW says:

    Pak Karim,

    Kalau statusnya memenuhi seluruh persyaratan yang saya paparkan di atas, langsung saja ke graPARI. Ikuti prosedur standar dulu.

    Bila petugas yang melayani menyatakan tak bisa diaktifkan lagi, baru deh minta dipertemukan dengan supervisor atau manajernya.

  43. yudi says:

    temen saya punya kartu simpati yang baru kemarin hangus lalu hari ini ke grapari telkomsel yogyakarta dari bagian CS layanan cepat menjawab bahwa tidak bisa diaktifkan kembali kecuali migrasi ke HALO …

    apa ada solusi jitu lain pak Herry SW?

  44. yudi says:

    hangusnya tgl 24 Sept 2012 ke Grapari nya tgl 25 Sept 2012 (tambahan info)

  45. Herry SW says:

    Pak Yudi,

    Kalau tidak keberatan, boleh tolong informasikan dua hal berikut ini:
    * Nomor simPATI yang hangus
    * Nomor lain yang bisa dihubungi

  46. Mutia says:

    gan,nope saya baru aja hangus hari ini,parahnya kartu saya itu infonya diisi sama org counter tempet saya beli kartu perdana itu(maklum masih di bawah umur:D) padahal tu kartu udah jd milik saya sjak kls 5,skarang udah kelas 8,bisa gk diaktifin lg?

  47. Mutia says:

    eh salah nomornya dpet wktu kls 6/7,daerah padang,nomornya 082171457131,bs diaktifin gk?

  48. Herry SW says:

    Mbak Mutia,

    Berarti intinya nomor yang Anda gunakan itu terdaftar atas nama orang lain ya? Berarti, maaf, Anda tidak bisa menghidupkannya kembali. Untuk mengaktifkan nomor itu lagi, yang bisa mengurus adalah orang yang namanya terdaftar di sistem Telkomsel.

    Sedikit informasi, ketika nomor itu masih aktif, Anda sebenarnya bisa melakukan balik nama. Jadi, nama Anda yang terdaftar di sistem Telkomsel.

  49. anjani says:

    mf mas ganggu, kartu as saya lupa sudah lama tidak saya cek ,pas mau d isi pulsa, uda gk bsa. cara untuk mengetahui kartu saya udah berapa lama hangusnya gimana ya?

  50. Herry SW says:

    Pak/Bu Anjani,

    SIlakan menelepon ke call center Telkomsel atau datang langsung ke graPARI.

  51. Octovian says:

    saya barusan beli kartu perdana simpati dengan masa berlaku 30 sept 2012, namun hingga 1 okt 2012 belim saya aktivasikan. Apakah kondisi seperti itu kartu masih dapat diaktifkan?

  52. Herry SW says:

    Pak Octovian,

    Seharusnya tak bisa diaktifkan lagi. Sebab, ini kan nomor baru alias kartu perdana.

    Kalau mau untung-untungan, langsung coba aktifkan dan registrasikan. Bila berhasil, segera isikan pulsa secukupnya. Misalnya, Rp 10 ribu.

  53. Jody says:

    Pak Herry SW,

    Pagi, pak. Saya pernah mempunyai nomor simpati, sekarang telah mati dan hilang. Apakah saya bisa menggunakannya lagi? Terima kasih.

  54. Herry SW says:

    Pak Jody,

    Sudah berapa lama nomor simPATI itu hangus? Apakah registrasi nomor prabayar tersebut atas nama Bapak?

    Kalau sudah lebih dari satu bulan, maksimal ia hanya bisa diaktifkan sebagai nomor pascabayar (kartuHalo).

  55. arien says:

    hmmm….simcard simpatiq hangus 2hari yg lalu…bts masa tggang tgl 30 oct 12, nah tgl 31 oct sy baru bs ke grapari dgn harap2 cemas coz sy lupa masa tggangx tgl 30 ato 31. kbetulan simcard tdk tpasang skitar 2mggu coz PIN keblokir n hrus mnta nomer PUK…kata CS simcardq gak bs d aktifin lg dgn cara apapun…(nyesel bget q)…apa bner bgitu ea? ato emg CS nya gak mudeng…mhon bantuanx maz…makaci

  56. Maaf Mamah.. says:

    Saya pegang kartu simPATI milik almarhumah Ibu saya, no nya hangus tanggal 29 Okt 2012.. Saya nyesel banget lupa ngisi pulsa kartu tersebut, soalnya kartunya gak saya pakai. Saya coba telp Call Center, katanya gak bisa diaktifkan lagi. Kecuali migrasi ke kartuHALLO.. dengan cara menghubungi graPARI terdekat, dengan membawa Kartu Identitas Asli Almarhumah Ibu saya.. :( mungkin nantinya akan ada proses balik nama, proses survey, dan lain2,, entahlah saya juga belum tau.. yang pasti saya nyesel banget ga bisa pegang amanat Bapak saya yang menitipkan kartu tersebut..
    sory curhat :)
    semoga ada keajaiban Tuhan..

  57. Herry SW says:

    Bu Arien dan Bu Maaf Mamah, jawabannya saya gabung ya.

    Pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut ini dulu:
    * Kartu tersebut terdaftar atas nama Anda.
    * Bila kotak perdana masih ada, hal itu lebih baik. Bila tak ada, tidak apa-apa juga sih.
    * Masa hangus belum lebih dari 30 hari. –> kalau membaca deskripsi di atas, saya yakin ini terpenuhi.

    Setelah persyaratan terpenuhi, kunjungi GraPARI terdekat dan ungkapkan niat Anda untuk mengaktifkan kembali nomor prabayar yang hangus. Bila petugas menyatakan tak bisa, mintalah dipertemukan dengan supervisor. Seharusnya Anda akan bisa mengaktifkan kembali nomor yang hangus, tetap sebagai nomor prabayar.

    Selamat mencoba.

  58. h moch mas'ud says:

    Pak gimana caranya kartu simpati q hilang dan udah hangus apa masih bisa di aktivkan lagi. Lalu bagai mana caranya? Minta bantuannya sebab itu nomer kesayangan

  59. Herry SW says:

    Pak H. Moch Mas’ud,

    Sudah berapa lamakah nomor simPATI itu hangus? Kalau kurang dari 30 hari, masih ada peluang diaktifkan ulang. Detail prosedurnya silakan membaca paparan di atas.

    Namun, merujuk pada pengalaman orang lain di thread ini, meskipun seluruh prosedur terpenuhi, keberhasilannya tetap tidak terjamin 100 persen.

  60. maghfur says:

    sedih bgt aku,kartu as ku yg pling ku sayangi tdk mungkin bisa kmbali lagi di dunia ini….

    udah 2bulan yg lalu dia mati gara2 lupa gak ku isi pulsa…
    maafin aku “kartu as”
    aku akan slalu mengingatmu.. :'(
    (0853 29 0853 61) in memory.

  61. Bacazone.com says:

    Siang mas, mau tanya. Saya ada kartu as masi segel. Lupa aktivasi. Tertera tanggal 31 desember di kartunya. Ini semalam lupa aktivasi. Apa nomer saya hangus? Skr kirim sms, cek *888#, ga bisa. Blm terdaftar katanya. Telp 888 juga ga bisa. Telp 188 ga bisa, mesin yg jawab “masa berlaku kartu anda 30 hr lg”
    Hrs gimana ya? Aktivasi ke 4444 ga bs, aktivasi via operator ga bs telp 188. Via telkomsel menu ga bs juga. Tolong ya mas, thanks.

  62. Herry SW says:

    Pak Bacazone,

    Kalau lupa diaktivasi, nomor itu otomatis hangus. Terpaksa harus direlakan.

  63. WRD says:

    Pak Herry, no simPATI saya hangus. gara2nya waktu tanggal hangus 01/01/13 saya sudah top up pulsa, tapi gak masuk, saya coba lagi kedua kali tapi tetep juga gak masuk, bahkan sampai lewat jam 12 malam. Keesokan paginya saya mendapati konfirmasi kalau nomor simPATI saya gagal diisi pulsa, padahal disaat yg bersamaan no simPATI saya yg lain berhasil untuk diisi pulsa. ya otomatis no simPATI saya yg pertama jadi mati.

    saya memutuskan ke graPARI jalan pemuda sore tadi tgl 03/01/13.
    tapi ditolak oleh CSnya dan hanya bisa ‘diselamatkan’ di kartu HALO. terus terang saya sangat SHOCK mendengarnya. alasan mereka no simPATI saya sudah pernah sekali direaktivasi sehingga kalau mau direaktivasi kemablai ya mau gak mau pake HALO.sekalipun saya sudah bawa lengkap box perdananya kesana.

    mohon saran ya pak Herry, mengingat nomor tersebut sangat saya suka.

    Terima Kasih

  64. WRD says:

    tambahan :

    yg bikin saya kesal, adalah jawaban dari CS Telkomsel yang terkesan ogah2an mejelaskan kenapa kartu saya gagal di TOP UP pada tanggal 01/01/13 itu, dan malah berkata “Ya intinya sekarang toh kejadiannya sudah terjadi kan pak, kenyataannya sudah telat…”

    sungguh saya sangat sakit hati dengan jawaban tersebut…

  65. Herry SW says:

    Pak WRD,

    Turut sedih atas kejadian yang dialami. Saya tak mengetahui kebijakan Telkomsel atas nomor simPATI yang hangus, padahal sebelumnya sudah pernah hangus, lalu diaktifkan kembali.

    Btw, dulu berhasil mengaktifkan kembali nomor simPATI yang hangus di mana, Pak? Mungkin bisa di-share karena sebagian besar pemantau thread ini gagal mengaktifkannya lagi.

  66. WRD says:

    di tempat yang sama pak di graPARI jalan pemuda. Terakhir saya berhasil mengaktifkan sekitar bulan Juli 2012.
    semenjak Oktober 2012 saya datang kesana lagi (untuk reaktivasi kartu simpATI lain yang mati) ternyata ada kebikajan baru sudah gak bisa lagi jika diatas 30 hari. kalo dibawah itu mau gak mau harus migrasi ke kartu HALO.
    Jelas saya gak mau karena harus selamanya pakai kartu HALO.

    sebagai perbandingan operator lain (XL) membebaskan pelangggannya untuk reaktifasi kartu berkali-kali asal tak lebih dari 60 hari (saya mengalami sendiri). kalaupun lebih dari 60 hari, maka dimigrasikan ke pasca bayar untuk kontrak minimal setahun baru bisa balik ke prabayar lagi.

    dan perlu dicatat, pada bulan JULI 2012 itu saya sebenarnya sudah mengajukan reaktifasi sejak bulan Desember 2011, awalnya dijanjikan cukup sebulan langsung kartu bisa aktif kembali, nyatanya setelah bertemu beberapa CS pas saya ngantri disana, dijawab dengan alasan yang berbeda-beda yang ujung2nya suruh nge-HOLD dulu, diadem2ademin gitu pak tanpa bisa ngasih kepastian kapan nomor bisa aktif kembali.
    walhasil pertemuan di bulan JULI 2012 itu merupakan ‘klimaks’ nya, saya komplain dengan kata-kata keras saking kesalnya, baru deh sehari setelahnya saya dapat sms yg mengabarkan nomor saya bisa digunakan kembali.
    (saya masih menyimpan invoice merahnya kalau memang ingin tau)

    Jujur saya amat kecewa dengan kulitas after service dari operator yang katanya nomor satu di negeri ini

  67. Herry SW says:

    Pak WRD,

    Terima kasih atas sharing-nya.

    Saat saya coba mengaktifkan ulang Kartu As pada Maret 2011 (bukan 2012), petugas telah menyatakan bahwa batas aktivasi ulang adalah 30 hari sejak nomor hangus. Kalau lebih dari itu, maksimal hanya bisa dihidupkan kembali sebagai kartuHalo. Jadi, mestinya itu bukan kebijakan baru.

    Terkait XL, saya kurang tahu kebijakan terkini. Aturan yang saya ketahui pada awal 2011 (bukan 2012):
    * Aktivasi ulang dilakukan maksimal 60 hari sejak nomor hangus.
    * Dalam setahun, aktivasi ulang prabayar hanya bisa dilakukan sekali. Misalnya, nomor saya hangus pada Januari 2011. Kalau pada Desember 2011 nomor itu hangus lagi, maka saya tak bisa mengaktifkannya kembali menjadi nomor prabayar. Pilihannya, merelakan nomor itu hangus atau migrasi ke pascabayar.

    Soal bisa migrasi dari pascabayar ke prabayar, sejak 2009 atau 2010, aturan XL lebih ketat dan sedikit kurang transparan. Nomor yang dikategorikan cantik tak bisa dimigrasikan dari pascabayar ke prabayar. Saya sempat mengalaminya sendiri.

  68. WRD says:

    ya at least minimal di XL sedikit ada keleluasaan lah pak.. kan masih ada waktu 60 hari, 1 bulan lebih panjang ketimbang simPATI.

    dan yg perlu digaris bawahi, yang sekarang berlaku di graPARI, simpATI mati kurang 30 hari hanya bisa ‘diselamatkan’ dengan berubah wujud jadi kartu HALO. lebih dari itu nomor kesayangan kita tinggal kenangan.

    ato mungkin pak Herry punya rekan yg bisa mengkonfirmasi kebenaran kebijakan ini, sehingga kita semua pembaca situs ponselmu.com ini dapat informasi yang akurat.

    sungguh saya akan sangat bahagia kalo informasi yg saya dapatkan diatas adalah salah

  69. WRD says:

    eitss.. lupa nambahin, kalo di XL kita lebih dari 60 hari, trus terpaksa harus migrasi ke pasca bayar, itupun kontraknya minim setahun baru deh bisa kembali pake prabayar dengan nomor sama.

    kalo di simPATi sekarang ini kan intinya nomer sudah gak mungkin di reaktivasi jadi prabayar lagi (sekalipun kita lapor ke graPARI kurang dari 30 hari), jadi ya ‘terpaksa’ musti harus migrasi ke HALO dan musti SELAMANYA

  70. Herry SW says:

    Pak WRD,

    Untuk Telkomsel, saya coba cari informasi lebih rinci lagi.

    Untuk XL, setelah kontrak jadi pascabayar minimal setahun, bila nomornya kebetulan termasuk nomor cantik, bisakah jadi prabayar lagi?

  71. Fanuel fredo says:

    pak, masa aktif kartu saya habis nih, kartu saya simpati,,, habisnya kurang lebih 10 hari yang lalu,,, syarat2 yg diatas sudah terepenuhi,,,, saya pelajar & tdk punya ktp,,,, saya boleh minta tolong pak? di daerah saya sumatera utara (kaban jahe) tdk terdapat grapari setelah saya cek di internet maupun call center,,,bapak bisa bantu saya aktifkan kembali gk? ini nomor saya 082164067650

  72. Herry SW says:

    Pak Fanuel Fredo,

    Pengurusan harus dilakukan oleh orang yang namanya terdaftar di sistem Telkomsel. Umpama akan diurus oleh orang lain, harus disertakan surat kuasa.

    Nah, nomor Bapak yang hangus itu teregistrasi atas nama siapa? Umpama atas nama Bapak dan kebetulan belum punya KTP, bisa pakai kartu pelajar.

    Maaf, saya bukan karyawan Telkomsel sehingga tidak bisa membantu terlalu dalam.

  73. Fanuel fredo says:

    atas nama saya sndiri pak XD,,,, saya hnaya punya kartu pelajar

  74. Herry SW says:

    Pak Fanuel Fredo,

    Ok, berarti persyaratan mestinya sudah terpenuhi. Kalau Bapak tidak bisa mengurus sendiri di sana, coba minta tolong orang lain yang dibekali surat kuasa bermeterai.

  75. WRD says:

    bisa pak, XL setelah ‘diselamatkan’ ke pasca-bayar selama minimum setahun, akan bisa dimigrasi kembali ke prabayar, tentu dgn nomor yg sama.
    saya dengar dari CS nya sendiri

  76. WRD says:

    to pak Fredo, coba cek lokasi graPARI disini :
    http://www.telkomsel.com/customer-service/lokasi-layanan

    atau bisa juga kontak dulu ke Customer Service Telkomsel :
    Email : cs@telkomsel.co.id
    Website : http://www.telkomsel.com
    Customer selfcare : https://my.telkomsel.com
    Umb Dial: *111# & *116# OK
    Call center: 133 (KartuHALO : gratis) dan 155 (simPATI&KartuAS:gratis),188 (simPATI&KartuAS: Rp 300/panggilan)

  77. Herry SW says:

    Pak WRD,

    Bagus deh. Sebab, dulu nomor saya berakhiran AABB (contoh: 5588, 3300) sudah dianggap nomor cantik sehingga tak bisa migrasi ke prabayar.

  78. adul says:

    help me,,,kartu as kesayangan saya telat isi ulang mungkin sudah 1 mingguan apakah bia di reaktivasi kembali…

  79. Herry SW says:

    Pak Adul,

    Satu minggu masih ada peluang. Silakan baca paparan di atas untuk mengetahui prosedurnya. Namun, merujuk pada pengalaman banyak rekan di atas, meskipun persyaratan lengkap, belum tentu berhasil.

  80. ayomi says:

    mas,kata pihak grapari,hrs bawa staterpacknya…pdhl,itu kan belinya udah lma bgt..trus waktu dicek data,kok katanya datanya acak…tdk sesuai ktp…pdhl ngisinya dl lengkap bgt…bingung juga..

  81. Herry SW says:

    Bu Ayomi,

    Pengalaman pribadi saya sih tanpa bungkus kartu perdana masih bisa. Tetapi, identitas yang tercatat di sistem memang sama dengan kartu identitas.

    Maaf, saya tak bisa membantu banyak.

  82. Yusuf Bajoel says:

    saya skrng berada di Taiwan dan blm bisa pulang dlm wktu dekat, no simpati tidak bisa di check pulsa nya, sudah berkali kali dicoba tp ttep ga bisa, bagai mana cara mengetahui simpati ku msih aktif atau tidak, dengan kendalah saya berada di luar negri…

  83. Herry SW says:

    Pak Yusuf Bajoel,

    Coba ditanyakan via customer care online Telkomsel saja, Pak. Ini tautannya: https://my.telkomsel.com/GTConnect/index.jsp

    Alternatif lain kirimkan email ke cs@telkomsel.co.id

  84. haniv says:

    nomor ax gx bisa lagi ni 085260897944..
    kata customer service gax ada cara lain

  85. haniv says:

    tolongin dong gan, dah 7 tahun ak pakek tu nomor,

  86. adul says:

    makasih agan Herry SW atas bantuannya…..

  87. ica says:

    kartu as saya hangus tanggal 4 februari kemarin, dan tanggal tanggal 9, saya datangi grapari dikota saya. Katanya kalo kartu sudah hangus itu seperti orang sudah mati, jadi tidak dapat dihidupkan lagi. Jadi bagaimana ini, saya ingin reaktivasi kartu saya lagi, karena sudah lama memakai kartu ini.
    Selain itu kartu yang bisa di migrasi itu hanya kartu simpati, as tidak bisa..
    tolong bantuannya ya,, terimakasih

  88. Herry SW says:

    Pak Haniv dan Bu Ica,

    Sesuai komentar saya di atas, paparan yang saya bagikan tak selalu berhasil. Jadi, ada unsur keberuntungan yang harus disertakan.

  89. Vth says:

    Pak herry,saya mau nanya nih. Klo misal kartu sim simpati saya sudah hilang dan kemgknan sudak tidak aktif sekitar 4bulan,apa sudah tidak bisa diaktifkan kembali? Walaupun berubah jadi prabayar tidak masalah. Terima kasih pak.

  90. Herry SW says:

    Pak/Bu Vth,

    Kalau diaktifkan kembali sebagai nomor prabayar, mustahil bisa. Namun, kalau Bapak bersedia berlangganan kartuHalo, masih ada peluang untuk menghidupkannya lagi. Silakan datang ke graPARI terdekat dengan membawa bukti-bukti yang menunjukkan bila Bapak adalah pemilik lama nomor yang hilang itu.

  91. moh asror says:

    kak,lw kartus as gw hangus dh lbh ri 2 bulan,itu msh bsa di aktifin g kak . . .
    Coz mau ganti yg baru,sayang bngt ma nmrnya. . . .
    Tlng ya kak kasih tau caranya . . .

  92. Herry SW says:

    Pak Moh Asror,

    Masih ada peluang diaktifkan lagi, tetapi harus sebagai nomor pascabayar alias kartuHalo.

    Dengan membawa bukti pendukung bahwa Anda pemilik nomor tersebut, silakan datang ke graPARI terdekat. Bila dianggap memenuhi syarat dan nomor itu belum terpakai orang lain, Anda bisa mengajukan permohonan aplikasi kartuHalo.

  93. as3 says:

    bagaimana jika yang hangus itu kartu halo-nya? apakah bisa diaktifkan kembali dengan nomor yang sama?

  94. Herry SW says:

    Pak AS3,

    Bisa, dengan catatan:
    * Seluruh tagihan atas nomor tersebut telah dilunasi.
    * Nomor tersebut belum terlanjur diaktifkan lagi atas nama orang lain.

    Silakan langsung ke GraPARI terdekat.

  95. Aan says:

    Bapak Herry SW, saya mau menayakan, kartu Simpati saya yang mati kira2 2 buln lalu. masih bisa g untuk diaktfin lg? terimakasih atas penjelasannya,,

  96. Herry SW says:

    Pak/Bu Aan,

    Seharusnya masih ada peluang untuk diaktifkan lagi. Tapi, pasti sebagai nomor pascabayar (kartuHalo). Silakan datang ke GraPARI terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atas nomor tersebut.

  97. Ranto says:

    Saya mau tanya pak, apakah kartu simpati yg sudah 1 thn hangus msh bs d aktifkan lg dgn migrasi ke karuhalo tp dgn no yg sama..
    Apa saja persyaratan migrasi nya?

  98. Herry SW says:

    Pak Ranto,

    Bila nomor tersebut belum dipakai orang lain, masih ada peluang dihidupkan sebagai kartuHalo. Silakan datang ke GraPARI terdekat dengan membawa bukti penunjang untuk menunjukkan kalau Anda pernah memiliki nomor tersebut.

  99. faith says:

    hallo..salam kenal..saya saat ini baru di luar Indonesia.beberapa saat Hp telkomsel yg saya bawa tidak saya aktifkan.hari ini saya cek, hangus nomornya..gimana ngurusnya ya? scr saya disini,bisa diwakilkan dengan pemberian surat kuasakah?
    Mohon infonya..
    Makasih banyak sebelumnya

  100. Herry SW says:

    Pak Faith,

    Ikuti prosedur dan persyaratan yang saya paparkan di atas, ditambah dengan:

    * Surat kuasa bermeterai yang intinya menjelaskan bahwa Bapak memberikan kuasa kepada si A untuk mengurus aktivasi kembali nomor Bapak. Karena Bapak di luar negeri, saya agak bingung gimana nih mesti mengirimkan surat kuasanya. Sebab, surat kuasanya harus asli.

    * Fotokopi kartu identitas Bapak (KTP atau SIM). Kalau ada aslinya lebih baik lagi.

    * Kartu identitas asli dan fotokopi milik orang yang diberi kuasa.

  101. Herry SW says:

    Pak Faith,

    Oh ya, dalam pengurusan ini ada unsur untung-untungan ya, Pak. Merujuk pada pengalaman beberapa rekan di atas, meskipun seluruh syarat terpenuhi, belum tentu berhasil.

  102. diana says:

    td saya transfer pulsa di no simpati saya tapi ketika saya mau sms tdak bsa trnyata sya cek pulsa tertulis masa aktif habis. Pulsa yg saya kirim 100 ribu tp dsna jga trtulis btas pngisian pulsa 08/04/2013 sdngkan sya mngisi plsa tnggal 28/03/2013. Mohon bntuannya sya cma ingin plsa sya kmbali itu saja.

  103. Herry SW says:

    Bu Diana,

    1. Turut prihatin atas kejadian yang dialami.

    2. Lain kali bila posting di blog ini tolong penulisannya jangan disingkat-singkat ya. Bingung bacanya. Lagipula, ini kan bukan SMS. :)

    3. Maaf, saya tidak bisa membantu karena saya bukan karyawan Telkomsel. Silakan hubungi call center atau datang langsung ke kantor layanan Telkomsel. Cerita kronologisnya dengan rinci. Seharusnya mereka bisa memberikan solusi.

  104. Ari says:

    .kalo kartu facebook juga bisa ?
    .apa biaya penggunaanya masih tetep

  105. Herry SW says:

    Pak Ari,

    Asalkan memenuhi persyaratan di atas plus sedang beruntung, tetap ada peluang bisa.

    Biaya penggunaan apa nih? *bingung*

  106. Chafita says:

    permisi, kartu simpati saya sudah tidak aktif lagi,karena pada tanggal 16 maret 2013 hp saya dirazia sekolah,otomatis kartu saya masih ada di dalam hp saya,lalu akhirnya pada hari ini tanggal 05 april 2013 hp saya dikembalikan. apakah kartu simpati saya bisa diaktifkan kembali??:(

  107. Herry SW says:

    Mbak Chafita,

    Berarti, hangusnya belum sampai sebulan kan. Mestinya masih ada peluang.

    Silakan mengumpulkan persyaratan yang dipaparkan di bagian atas halaman ini, lalu bergegaslah ke GraPARI terdekat.

    Ingat, meskipun persyaratan komplet, tetap ada unsur keberuntungan yang berperanan.

  108. Baraa says:

    kartu saya udah angus 2 bulan yang lalu?? gimana ada saran gak untuk mengaktifkannya kembali,,, gimana kalo kartu saya yang paskabayar saya ubah jadi pra bayar?? apakah bisa no. saya terselamatkan? mohon pencerahannya!!!

  109. yuni says:

    kartu simpati saya barusan angussss.. :'(
    dulu yang daftarin tukang counternya pula..
    haruuh berarti g bisa d aktifkan lagi ya?
    masih ada cara lain kah?

  110. Herry SW says:

    Bu Yuni,

    Berarti, waktu itu registrasinya menggunakan data si penjual? Kalau iya, hmm… nomor Anda tampaknya harus direlakan hangus.

    Kalau masih mau mencoba peruntungan, dengan catatan mesti migrasi ke kartuHALO, silakan datang ke GraPARI terdekat dengan membawa bukti-bukti yang menunjukkan kalau nomor itu milik Anda. Misalnya, bawalah kotak kartu perdana, kartu SIM, dan bekas voucher yang diisikan. Tapi, terus terang saya nggak yakin akan berhasil.

  111. Gama says:

    Sekarang (5/6/2013) masih berlaku ga ya, oom? Baru kemaren simpati saya hangus gosong

  112. Herry SW says:

    Pak Gama,

    Mestinya masih berlaku. Namun, seperti yang berkali-kali saya sebutkan di thread ini, tetap diperlukan unsur keberuntungan.

  113. Lucy says:

    Saya juga nih Pak.. baru hangus gosong per awal bulan kemaren. Saya juga gak tau pasti kapan tanggalnya :D
    tapi kalau misalnya sampai bisa diurus di grapari terdekat,apakah pulsa yang di dalamnya bisa ikut dikembalikan lagi ke kartunya?

  114. Gama says:

    makasi info-nya oom HSW
    konfirm sama orang telkomsel masih bisa
    cuma tetep harus ke grapari
    sementara pending sampai sabtu lusa
    body lagi kurang fit

    nanti saya follow-up lagi

    @lucy – nomer balik aja udah bagus,
    ini malah nagih pulsa balik juga – ga akan terjadi deh

  115. Herry SW says:

    Bu Lucy,

    Sisa pulsa tetap hangus. Takkan bisa dikembalikan.

  116. Herry SW says:

    Pak Gama,

    Kelak bagaimana hasilnya tolong di-update ke sini ya. Terima kasih.

  117. JAMALUDIN says:

    kartu Simpati saya tgl. 8 juni 2013 hangus, tapi sampai sekarang masih bisa terima telpon, cuma untuk ke telp keluar n isi pulsa tidak bisa, tadi siang saya ke grapari telkomsel gatot subroto katanya tidak bisa aktif lagi karena data diserver sudah tidak ada,
    apakah perlu saya ke grapari lainnya?
    mohon sarannya pak

  118. Herry SW says:

    Pak Jamaludin,

    Iya, sebaiknya begitu. Bila petugas yang kali pertama melayani bilang tak bisa diaktifkan lagi, coba minta dipertemukan dengan supervisor atau manajernya.

    Untuk mengaktifkan kembali nomor prabayar Telkomsel yang hangus, biarpun persyaratan sudah terpenuhi, terus terang tetap diperlukan unsur keberuntungan.

  119. Gama says:

    Maaf baru update
    baru siang tadi (15/06/2013) ke grapari central park
    waktu masuk ditanya petugas keperluan apa,
    saya ceritakan masalahnya, langsung dikasi nomer antrian
    berarti secara prosedur memang bisa

    alhasil nomer saya sekarang sudah aktif lagi
    sekian update-nya mudah2an bermanfaat

  120. Herry SW says:

    Pak Gama,

    Terima kasih atas sharing-nya, Pak. Ini sekaligus membuktikan bahwa nomor prabayar Telkomsel yang hangus konfirm masih bisa diaktifkan lagi. Tetapi, memang diperlukan keberuntungan sih.

  121. Bowo says:

    Pak, no simpati saya batas isi ulang kmrn (06/08/2013) baru inget hari ini (07/08/2013) apa masih bisa diaktifkan, saya tinggal di kota Medan. Oh ya, satu lagi no simpati yg masa aktifnya spt diatas milik alm. org tua saya, apakah bisa diaktifkan juga? terima kasih.

  122. Herry SW says:

    Pak Bowo,

    Kalau nomor simPATI yang hangus itu terdaftar atas nama almarhum orang tua Anda, maaf, tampaknya Anda harus merelakannya.

    Sementara itu, kalau terdaftar atas nama Anda sendiri, masih ada peluang mengaktifkannya, meski tetap dibutuhkan unsur keberuntungan. Silakan membaca persyaratannya di bagian atas halaman ini, kemudian kunjungi graPARI Telkomsel di kota Anda.

  123. rissa says:

    Dear Pak Herry.

    Aku ikut nimbrung. Brhubung banyak yg nanya, aku mau tanya soal oerlakuan untuk kartu as. Kan telkomsel juga Pak. Sudah tidak aktifnya memang agak lama , lebih dari setahun. Kira2 gimana ya pak statusnya? Klo bisa diaktifkan lagi saya mau bgt. No nya 0852 1005 7005. Trims

  124. Herry SW says:

    Bu Rissa,

    Nomor itu tampaknya harus direlakan. Tak bisa dihidupkan lagi.

  125. bowo says:

    simpati punyaku mati sejak 6 bulan yang lalu. berarti udah tamat ya.?

  126. bowo says:

    simpati punyaku mati sejak 6 bulan yang lalu. berarti udah tamat ya..?

  127. WRD | @WRD47 says:

    Bantu menjawab,

    Simpati lewat dari 30 Hari tidak akan bisa direaktifasi sebagai simpati lagi (Prabayar), harus direaktifasi sebagai kartu HALO (pasca bayar)

    apabila matinya sudah melewati 3 bulan, maka sudah tidak bisa diapa-apakan lagi, alias benar-benar hangus alias almarhum

  128. Herry SW says:

    Pak Bowo,

    Iya, Pak. Sudah tamat.

  129. vivi says:

    hi,
    aku nomer simpati ku telat 1 hari isi pulsa lalu aku tlp cust service katanya tak bisa diaktifkan lagi, harus migrasi ke kartu halo. mungkinga sih kalo skrg aku migrasi ke halo, lalu nanti kapan2 aku migrasi ke simpati lagi?

  130. Herry SW says:

    Bu Vivi,

    Migrasi dari simPATI ke kartuHalo bersifat perjalanan satu kali jalan. Setelah jadi kartuHalo, Anda tidak bisa mengubahnya menjadi simPATI lagi.

  131. Sulfi says:

    Pak Herry mnta solusinya..
    Krtu Simpti sya tgl 6 agustus kmrin sdh Exp..Sya sdh tlpon callCenter nya..Di sruh ke grapari aja untk Re Aktivasikn kartu tapi pas k grapari CSnya ngotot blg gk bisa..
    Jdi bgaimna,pa yg hrus sya lkuin.. ?

  132. Herry SW says:

    Pak Sulfi,

    Silakan langsung ke graPARI dengan membawa persyaratan yang sudah saya paparkan di bagian atas halaman ini. Namun, tetap diperlukan unsur keberuntungan ya. Kalau petugas yang kali pertama melayani di graPARI menyatakan permohonan tak bisa diproses, coba minta dipertemukan dengan supervisor atau manajer.

  133. Jenny says:

    Dear all,

    saya perlu bantuannya pak Herry,

    ini ada kartu Simpati pny papa, 08136160****, karena kemarin handphone rusak karena jatuh dan kartu SIM nya lupa dikeluarkan(berhubung ada 2 hp) , jd saya tidak tau kapan persis masa tenggangnya (dari bln Juni’13 tidak aktif tapi waktu itu masih masa aktif). Kemarin pas saya masukkan di hp lain, dia muncul kata kata ” REGISTRATION CARD REJECTED “.

    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Bisakah kita mengetahui kapan masa tenggangnya?
    2. Kalau misalnya masa tenggangnya uda habis, apakah masih bisa direaktivasi kembali (tanpa mutasi ke kartu Halo)? (karena nomor ini penting buat papa).
    3. Apa apa saja persyaratannya kalau bisa?

    Terima Kasih banyak ya, mohon berkenan membalas email saya.

  134. Herry SW says:

    Bu Jenny,

    1. Karena sekarang sudah terlanjur hangus, pengecekan batas masa tenggang hanya bisa dilakukan oleh customer service Telkomsel.

    2. Bila hangusnya belum lebih dari 30 hari, masih ada peluang diaktifkan kembali. Syarat-syaratnya ada di bagian atas halaman ini. Namun, tetap diperlukan unsur keberuntungan ya. Yang melakukan pengurusan adalah orang yang namanya diregistrasikan untuk nomor simPATI itu.

    3. Silakan membaca bagian atas halaman ini.

    Btw, nomor simPATI yang awalnya Anda tuliskan lengkap saya sensor sebagian.

  135. wira says:

    bapak hery sw yg terhormat,
    pak saya punya permasalahan yg sama..

    sy pengguna kartu AS, sy tdk tau pastiny kpn kartu sy hbs masa tenggang, krn sy tidak pernah dikasih pemberitahuan dgn telkomsel kapan masa tenggang sy habis, atau ‘segera isi ualng pulsa’.

    setelah sy telefon CS 188, ternyata kartu saya habis masa tenggang sejak tgl 3-8-2013 dn saat sy menelpon 14-8-2013.. katanya kartu sy tdk akan bs aktif lagi dn hanya menunggu kartu itu rusak. saat ini masih ada sinyal dn bisa nerima telefon.

    pak saya sedihhhhhhhhh…. krn sy tergiur dgn operator lain hingga nomor AS saya lupa diisi.. kiranya ada solusi pak.. apakah kartu sy masih bisa di aktivasi? mngkn diluar kartu halo dn dalam kartu halo….

  136. wira says:

    sebagai tambahan pak, ini nomor atas nama saya sendiri….
    pak saya menulis ini diiringi sm air mata saya pakk….

    saya seddihhhhhh… :'(

  137. Herry SW says:

    Pak Wira,

    Berarti, hangusnya sudah lebih dari satu bulan ya.

    Kalau diaktifkan sebagai nomor prabayar lagi pasti tidak bisa. Peluangnya hanya dihidupkan kembali sebagai nomor pascabayar alias kartuHalo. Silakan berkunjung ke kantor layanan Telkomsel terdekat dengan membawa kartu SIM yang hangus, KTP, dan kartu keluarga. Makin cepat makin baik.

  138. nurdin says:

    gan no as ane 1minggu yg lalu udh gk bisa di pake tapi anehnya masih bisa mnerima sms n tlp dr org lain,. bwt solusi bnerin kmbalinya gmna tuh gan?

  139. Herry SW says:

    Pak Nurdin,

    Maaf, lain kali mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan”. Penulisan kalimat tolong juga jangan disingkat-singkat.

    Kalau membaca paparan Anda, nomor Kartu As Anda tampaknya sudah hangus, namun belum dihapus dari sistem. Silakan segera mengajukan permohonan reaktivasi. Detail caranya ada di bagian atas halaman ini.

  140. sandy says:

    kartu simpati saya tenggang sampai 9-8-2013 saya lupa isi ulang,tapi masih bisa terima telpon

    kemudian saya coba reaktivasi tgl 6-9-2013 ktnya tunggu 1minggu tapi sampe saat ini keteranganya kartu tidak valid padahal kata telkomselnya reaktivasi sudah sukses.udah coba ganti kartunya jg tetap sama..malah suruh migrasi
    Jadi waktu itu buat apa dong reaktivasi pke materai .

    mohon solusinya

  141. Herry SW says:

    Pak Sandy,

    Saran saya, terpaksa sedikit pakai cara “pemaksaan”. Silakan datang ke GraPARI Telkomsel terdekat dan mintalah petugas di sana membantu sampai tuntas. Asumsinya kan reaktivasi sudah sukses. Biasanya usai reaktivasi, dalam jangka waktu tertentu Anda harus melakukan pengisian ulang pulsa. Kalau tidak segera mengisi, reaktivasi bisa seperti “beku” lagi.

  142. enes says:

    apakah reaktivasi untuk kartu as masih bisa di grapari karena blum lama ini (akhir september ’13) hangus. sekarang (2 okt ’13) pengen reaktivasi. makasih…

  143. Herry SW says:

    Bu/Pak Enes,

    Ya, seharusnya masih bisa. Persyaratan lengkap ada di bagian atas halaman ini. Betapa pun, tetap diperlukan unsur keberuntungan ya.

  144. irwan says:

    pak kalo simcard telkmsel hangus,kebetulan yang terdekat hanya ada graparikios…apakah sama dg grapari?

  145. khairul anwar says:

    nmr as saya hilang brpa skrg biaya untuk aktifkan kembali,,,trims

  146. Herry SW says:

    Pak Irwan,

    Saya belum pernah mencoba sendiri di GraPARI Kios. Kemungkinan bisa. Silakan mencobanya.

  147. RATNA SUMINAR says:

    pak, tolong saya dooong ..
    saya lupa, ga isi ulang pulsa ampe” no saya hangus masa tenggang,x .. tp saya juga lupa kapan habis masa tenggang.x

    apa masih bisa di aktifkan kembali ?

  148. Herry SW says:

    Bu Ratna Suminar,

    Silakan mampir ke GraPARI terdekat dengan sekalian membawa syarat-syarat yang dipaparkan di bagian atas halaman ini. Petugas di sana bisa mengecek kapan nomor Anda hangus. Kalau masih kurang dari 30 hari, Anda bisa langsung meminta aktivasi kembali.

  149. yeni says:

    6 hari yg lalu sy sudah mencoba untuk reaktivasi kartu saya yang habis masa aktifnya pada tanggal 11 oktober 2013, tanggal 16 oktober sy browsing dan membaca tulisan di blog ini… akhirnya siang itu jg dengan harap-harap cemas berangkat ke grapari dan.membawa selembar ftcopy ktp.. dan.. hasilnya cs nya mengtakan kemugkinan besar bisa apabila tidak melewati batas masa tenggang, tapi ini jg baru kemungkinan ya bu.. kata org cs nya.. cs tsbt berpesan agar.saya mengecek pulsa setiap 2 hari sekali, untuk memastikan.kartu.saya sdh bisa aktif.dan dipakai untuk.bertransaksi.. sambungna lagi… bila lewat satu bulan blm bisa aktif.jg maka wassalam saja bu…

  150. yeni says:

    untuk membuktikan waktuny 7 x 24 jam.. sy harus tunggu sd besok ya.. krn yg jelas cs grapari tidak menyebutkan pastinya kpn akan aktif kmbali, hanya disuruh sering2 cek pulsa saja 2 hari sekali apbila transaksi berhasil berati sdh aktif.., dan saya dengan harap2 cemas menanti jawaban dr setiap transaksi cek pulsa tsb… smpai saat ini blm berhasil, mohon testimonynya buat yg sdh berhasil apakah memamg 7 x 24 jam… ?

  151. Herry SW says:

    Bu Yeni,

    Semoga berhasil. Saya lupa dulu membutuhkan waktu berapa hari. Kira-kira memang sekitar seminggu.

    Btw, setelah berhasil diaktifkan kembali, sisa pulsa sebelumnya hangus.

  152. trie says:

    bagaimana cara menghidupkan lagi no ponsel yang diblokir tanpa datang ke gerai grapari
    ktp bisa di scaner trus kirim kalo ada pembayaran kan bisa lewat anjungan tunai mandiri.

  153. Herry SW says:

    Pak/Bu Trie,

    Untuk aktivasi ulang, konsumen harus datang ke GraPARI. Tidak bisa dengan kirim email, faks, atau sejenisnya.

  154. yusi says:

    Pa, kemaren tgl 26 okt 2013 ada sms dr telkomsel masa aktif habis (lupa isi pulsa) buat bu yeni gimana aktivasinya berhasil setelah 7 hari? Saya belum k grafari berhubung hari ini minggu…

  155. yusi says:

    Tgl 26 okt 2013 kartu simpati saya habis masa aktifnya ada sms dr telkomsel karena lupa isi pulsa. Blm k grafari karena skrg hari minggu.kalo baca dr bu yeni mdh2an bisa d aktivasi lagi. Bu yeni gimana skrg dah aktif lg nomornya?

  156. vivi says:

    Pa herry, saya ingin mengurus simcard saya yg sudah habis masa tenggangnya di grapari bandung jalan banda? apakah untuk mengurusnya lg akan dipersulit? Soalnya kemaren simpati saya abis batas waktu isi ulang. Dan hari ini saya ingin mengaktifkannya lg. Terima kasih pa.

  157. Herry SW says:

    Bu Vivi,

    Persyaratan lengkap silakan membaca bagian atas halaman ini. Tentu unsur keberuntungan tetap diperlukan.

  158. EDRI META says:

    pak saya mau tanya kartu saya telat isi pulsa dari tanggal 22 oktober 2013
    dulu kartu saya udah pernah reaktifasi.
    sekarang kartunya mati lagi kohon bantuannya pak bagaimana caranya? kata grapari gak bisa lagi? gimana solusinya buat saya pak
    trimakasih.

  159. Herry SW says:

    Pak/Bu Edri Meta,

    Kalau sudah pernah direaktivasi, sepertinya memang tak bisa diaktifkan lagi. Harus ada jarak sekian tahun dulu.

  160. f0rlan says:

    menurut saya telkomsel operator yang paling ribet di dunia ini, kalau operator xl bisa berkali kali di reaktivasi, gak harus nunggu 1 minggu, didetik itu di reaktivasi di detik itu aktiv, operator telkomsel sekali se umur hidup mereaktivasi kartu, memang ribet

  161. Firda says:

    Mohon Bantuannya Bapak,
    kartu simpati saya habis masa tenggang baru satu hari kemarin,
    bgmna cara ngaktifin lagi ya? bisa gk ya
    trims

  162. Herry SW says:

    Bu Firda,

    Syarat dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan sudah dipaparkan lengkap di bagian atas halaman ini. Mengacu pada pengalaman rekan lain, diperlukan unsur keberuntungan selama proses pengurusan.

  163. Iin says:

    Mas Herry,

    Kartu as saya sudah habis masa tenggangnya sejak 19 nov 2013, saya lupa isi pulsa karna dari cs as tidak ada pemberitahuan masa tenggang. saya sudah ke gra pari di central park dan gra pari yg di tugu tani, cs nya bilang sudah tidak bisa diaktifkan kembali. mohon bantuannya ya mas Herry karna itu nomor kantor dan semua customer luar kota sudah tau nomor ini. makasih

  164. Herry SW says:

    Bu Lin,

    Seperti yang dapat Anda baca di thread ini, diperlukan unsur keberuntungan. Saat petugas di GraPARI menyatakan nomor Anda tak bisa diaktifkan lagi, cobalah meminta dipertemukan dengan supervisor atau manajernya.

  165. Iin says:

    Ok Mas Herry mksh infonya ya. barusan saya ke grapari Gandaria City juga bilangnya begitu. Apakah ada kasus seperti saya bisa aktif kembali nomor yg sama?

  166. Herry SW says:

    Bu Iin,

    Seharusnya bisa, asalkan tuntas diurus paling lambat 30 hari setelah hangus. Namun, seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, faktor keberuntungan tetap diperlukan. Sebab, biarpun memenuhi seluruh persyaratan, ketika sedang tidak beruntung, proses aktivasi kembali akan ditolak.

  167. agus says:

    kalo kartu Halo sudah tidak aktif lebih dari 1 tahun apa bisa diaktifkan, kalao bisa caranya bagaimana ?

  168. Herry SW says:

    Pak Agus,

    Bisa, asalkan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    1. Tidak ada tunggakan pembayaran di nomor tersebut.
    2. Nomor lama itu belum terlanjur diambil orang lain.
    3. Kalau persyaratan nomor 1 dan 2 terpenuhi, proses aktivasi ulang bakal semakin mudah kalau Anda dapat menunjukkan bukti bila nomor tersebut pernah Anda miliki.

  169. burhan nico says:

    Bang ,minta alamat fb nya donk . Mau tanya tanya nih

  170. Herry SW says:

    Pak Burhan Nico,

    Maaf, saya tidak melayani tanya jawab via FB. Pertanyaan silakan diajukan di blog ini atau Twitter @herrysw.

  171. Elvi says:

    Pak,kartu as sy hangus,tp sy tdk tw kpn ms tenggangx krn wakt itu anak sy buang modem,dan krt itu ada dlm modemx..wkt kunci thn sy temukan kmbl modemx cm kartux sdh hangus.tp msh bs trm tlp dan sms.bgmn agar bs aktif kmbl,krn no.itu sdh 9thn pak..msksih sblmx atas bantuanx pak.

  172. Herry SW says:

    Bu Elvi,

    Mohon lain waktu Anda mengetikkan kata demi kata dengan komplet. Jangan disingkat-singkat. Ini bukan SMS lho.

    Karena Anda tak tahu sejak kapan nomor itu hangus, lebih baik Anda langsung datang ke GraPARI Telkomsel. Petugas di sana bisa membantu melakukan pengecekan. Bila masih kurang dari 30 hari, Anda bisa mengajukan permohonan reaktivasi.

  173. Elvi says:

    Maaf pak,soal kata katanya yang d singkat..
    Kemarin siang sy k grepari katax cuma nomor hilang yg bs d aktifkan kalau nomor hangus tidak bisa.trus,saya tlp CS TELKOMSEL katax nomor saya tidak bs di aktifkan kembali,karena kartu as.mohon solusinya pak,karena sayang skl kl nomor itu hangus.

  174. Raspaty says:

    masa tenggang tgl 5 des 2013 krna lupa isi pulsa tgl 6 des 13 saat ini masih bisa buat terima telp bahkan masih dapat sms promo.
    kalo cek pulsa *888# tulisanya “maaf transaksi tidak dapat dilakukan saat ini. silahkan ulangi beberapa saat lagi” (Copas dr mas badutgelap;)
    yg jadi pertanyaan apakah mengaktifkan lagi kartu yg telah hangus di Gerai Telkomsel itu bayar ato tdk, kalo bayar brp?

  175. Herry SW says:

    Bu Elvi,

    Apakah kemarin petugas Telkomsel sempat memberitahukan nomor Anda sudah hangus berapa hari?

    Asalkan tak lebih dari 30 hari, seharusnya bisa diaktifkan lagi kok. Nomor saya yang dulu hangus dan sukses dihidupkan lagi kebetulan juga Kartu As.

  176. Herry SW says:

    Pak/Bu Raspaty,

    Berarti, nomor Anda sudah hangus lebih dari 30 hari. Tak bisa diaktifkan kembali sebagai prabayar.

    Aktivasi ulang gratis.

  177. dikan says:

    nih pulsa rp 0 ,,,masa aktif hangus,,di hp tertulis hanya panggilan darurat,,,,
    udah lama da gk di isi ulang,,gimana tah ,,bisa di aktifin kembali gk,,,??

  178. Herry SW says:

    Pak/Bu Dikan,

    Kalau melihat kondisinya, kemungkinan sudah hangus lebih dari 30 hari ya. Berarti, tak bisa diaktifkan kembali sebagai nomor prabayar.

  179. anton christanto says:

    No saya 081393391999 tdk bisa diisi pulsa, saya telp cs telkomsel katanya data2 di komputer dah tdk ada (mangkel). Tlg saya dibantu kpn masa aktif n masa tenggang kartu saya. Klu kartu saya bisa aktif kembali gimana carannya. Nb : kartu saya msh bisa utk nerima telp….

  180. Herry SW says:

    Pak Anton Christanto,

    Yang bisa mengecek masa aktif dan masa tenggang adalah pemilik nomor dan customer service Telkomsel. Saya tak bisa melakukannya. Bila nomor itu telah hangus dalam kurun waktu kurang dari 30 hari, Anda masih berpeluang mengaktifkannya kembali. Persyaratannya silakan dibaca di bagian atas halaman ini. Seperti yang telah saya sebutkan berkali-kali, tetap ada unsur keberuntungan yang berperan.

  181. N4ND4 MARBI says:

    Grapari telkomsel mohon untuk mengaktifkan no sy yg hilang;

  182. Herry SW says:

    Bu Nanda Marbi,

    Kalau Anda hanya mengajukan permintaan di blog ini, nomor Anda pasti tak bisa aktif lagi. Silakan datang langsung ke graPARI terdekat.

  183. oleh solihin says:

    nomor as saya tidak bisa di apapa pendaftarannya gagal
    gimana caranya mengaktifkan kembalinya?

  184. Herry SW says:

    Pak Oleh Solihin,

    Sudah hangus berapa lama? Kalau kurang dari 30 hari, silakan segera ke kantor layanan Telkomsel terdekat.

  185. Monita Suciati Kurniawan says:

    Pak, saya punya masalah nih.. Nomor oma saya masa tenggang nya uda habis kemarin tanggal 21 Maret 2014 , saya baru tau hari ini tanggal 22 Maret 2014 , kira” kartu masih bisa di aktifkan tidak yaa? Terimakasih :) mohon bantuannya yaa pak saya mohon

  186. Herry SW says:

    Bu Monita Sucita Kurniawan,

    Silakan segera ke kantor layanan Telkomsel terdekat dengan membawa aneka persyaratan yang sudah saya sebutkan di bagian teratas halaman ini.

  187. @KangYudhie says:

    Percuma ke Grapari, saya sudah membuktikan sendiri, grapari hanya kasih janji janji saja. Bener banget komen komen diatas. Tiap 2 hari sekali suruh cek pulsa di *888# selama 1 bulan. Setelah itu hasilnya NOL. Hanya bikin hati geregetan dan was was aja tiap cek. Padahal kartu hangus baru 1 hari. Malah terkesan seenak perutnya sendiri. CS hanya bilang :” ?iyaa pak, sudah saya bantu reaktifasi, silahkan ditunggu satu bulan yaa.. Tapi saya gak janji lho yaa apa masih bisa aktif kembali apa tidak nomor bapak”

    Yang aneh, saya tidak dimintai FC KTP / identitas lain, trus juga tidak pakai dikasih lembaran formulir aplilkasi reaktifasi apalagi materai. Tidak sama sekali.., katanya sekarang sudah online pakai I-Pad. Aneh banget menurut saya.

    Ini terjadi si grapari telkomsel gresik jl. Usman sadar.

  188. Herry SW says:

    Pak KangYudhie,

    Hmmm… prosesnya kok lama banget. Seharusnya maksimal satu minggu.

    Btw, ada yang aneh dalam kasus ini:
    * Petugas meminta Bapak cek pulsa setiap dua hari. Kalau nomor berhasil diaktivasi ulang, sisa pulsa takkan kembali.
    * Seharusnya CS meminta bukti identitas diri sesuai nama yang terdaftar di sistem.

    Kalau soal tak ada lembaran kertas, ya… sekarang memang begitu. Bila ada yang perlu ditandatangani oleh konsumen, konsumen disodori iPad dan diminta menyapukan jarinya ke layar.

  189. @KangYudhie says:

    Mulai awal kita datang sepertinya CS sudah tidak memberikan Harapan. Mungkin Maksudnya cek pulsa itu kita disuruh tekan *888# untuk pastikan menu itu sudah berfungsi atau tidak. Tapi heran juga kenapa harus sampai 1 bulan ? Ntar kalau tiba tiba kartu kita bener bener sdh mati karena terlalu lama nunggu satu bulan dan terlambat reaktifasi gimana?? Apa CS tanggung jawab???

    Saya juga sempat tanya, kok kita tidak disuruh tanda tangan apapun?? Klo emang harus gesek di Ipad pun saya juga nggak ada permintaan seperti itu dari CS, malah terkesan acuh dan sepertinya tidak ada upaya ingin membantu customer dalam masalah ini.

    Kalo grapari terus terusan pelayanannya jelek seperti ini, saya yakin user tidak akan lagi ber SIMPATI kepada Provider ini.

    Saya terus terang lebih salut pada XL yang sangat bagus pelayanannya. Terima Kasih.

  190. Charles Kaliem says:

    Sebelum mengetahui website ini, tanggal 17 Maret 2014 saya ke graPARI Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, untuk proses reaktivasi kartu As saya yang telah hangus pada tgl 10 Maret 2014. Tidak melalui manajemen atau supervisor, biasa-biasa di customer service graPARI Telkomsel.

    Selanjutnya, baru mengetahui website ini, saya mulai was was, belum tahu apakah kartu As saya berhasil dihidupkan atau tidak.

    Sampai tanggal 26 Maret kartu As saya sudah berhasil dipulihkan. Berarti sudah 9 hari prosesnya.

    Soalnya nomor kartu As saya cantik, yaitu: 0823-23-abcdef.

    Syukurlah …

    Terima kasih.

  191. Herry SW says:

    Pak Charles Kaliem,

    Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman. Syukurlah karena akhirnya berhasil diaktifkan lagi dalam wkatu sembilan hari.

  192. Sriyono says:

    terimaksih sebelum nya buat saudara2 dsni yg ber bagi pengalaman.
    saya sendiri mengalami. tgl 11April2014 ke grapari setempat dan Alhamdulillah tgl 15 April 2014 Simpati saya sdh aktip kembali .

  193. Herry SW says:

    Pak/Bu Sriyono,

    Wow… tampaknya Anda memecahkan rekor aktivasi ulang tercepat nih. Saya turut senang dengan pengalaman menggembirakan yang Anda alami.

    Btw, kalau boleh tahu, Anda berada di kota mana?

  194. Ary says:

    Kalau nomor prabayar hangus, berapa lama nomor ini dikeluarin untuk dijual kembali oleh pihak Telkomsel ? Sudah setahun nomor saya hangus dan saya coba call nggak nyambung. Dulu waktu telat 3 bulan sempat ke Grapari tapi katanya nomor sudah dikembalikan ke Telkomsel padahal bawa bukti Sim card dan KTP tapi cs nya nggak bisa bantu. Saya mau ambil kembali nomornya.

  195. Herry SW says:

    Pak Ary,

    Tidak bisa dipastikan berapa lama. Dugaan saya paling cepat enam bulan.

    Kalau Anda tak keberatan memakai nomor pascabayar dan sangat ingin mendapatkan nomor itu kembali, coba minta diaktifkan kembali sebagai nomor kartuHalo, Pak.

  196. Ary says:

    Pak Herry, sebenarnya saat itu saya sudah bersedia untuk pascabayar/kartuHalo, karena sudah 14 tahun nomor ini saya pakai, tapi jawabannya simple saja, nomor sudah dikembalikan ke Telkomsel. Saat itu saya kecewa dan berpikir, memangnya Grapari bukan milik Telkomsel atau perusahaan swasta yang dihire jadi pelayan Telkomsel ? Saya berpikir Telkomsel benar2 tidak berpihak kepada pelanggannya yang setia memakai servicenya bertahun2. Mungkin Telkomsel lupa bahwa hidup Telkomsel bisa berlangsung karena ada pelanggannya.

  197. firmando says:

    Kmrn 24/04/2014 nyalain hp isi plsa tp gak bs msk,cek plsa jd tdk bs,tp sms/tlp msk msh bs,sinyal jg msh ada,dan br nyadar klo kartu simpati saya hangus krn hp mati pas ke luar kota dan lp isi pulsa. saya melakukan panggilan trakhir tgl 20/03/2014, brarti scara logika pd tgl itu kartu msh aktif krn msh bs d pake tlp. Klo d tambah masa tenggang 30hr brart kartu simpati saya hangus blm lebih dr 1mggu.
    Dan hari ini 25/04/2014 saya dtg ke grapari malang, hasilnya cs bilang akan d bantu pihak backoffice,saya d mintai fotocopy ktp, dan disuruh nunggu/sering cek pulsa slma 7x24jam.klo dlm wktu tsb kartu bs dgunakan brarti sdh pulih tp klo td ya trpaksa hrs d relakan,pdhl itu no sdh d pake slama 14thn lebih.yaaaahh skr ya lg nunggu harap2 cemas gt..smoga aja bs aktif kmbali.
    Nanti perkembangannya akan saya share d sini.

  198. Herry SW says:

    Pak Ary,

    Saya juga ikut bingung. Kok alasannya sudah dikembalikan ke Telkomsel ya? Lha GraPARI kan kantor layanan Telkomsel.

  199. Herry SW says:

    Pak Firmando,

    Semoga happy ending ya.

  200. Ary says:

    Iya pak Herry, itu jawaban dari CS nya. Saya tanya sampai 2x, apa maksudnya dikembalikan ke Telkomsel. Jawabnya ya gitu2 aja, kalau sudah dikembalikan tidak bisa diambil lagi. Saya masih punya bukti simcard nya sampai sekarang sampai ketemu blog ini. Siapa tau para pimpinan Telkomsel mendengar keluhan pelanggan dan melakukan pemutihan ketimbang mengharapkan Grapari, selama nomor saya belum dijual kembali.

  201. ricky says:

    Misi yah.sya mau nanya kenapa kartu saya sudah di buat.. lalu setelah di pasang di hp tak ada konek jaringan….

  202. Herry SW says:

    Pak Ricky,

    Mungkin proses reaktivasi nomor Anda belum seratus persen tuntas. Silakan ke GraPARI terdekat untuk melakukan konfirmasi dan pengecekan.

  203. firmando says:

    Mau share perkembangan..
    Sdh sminggu sejak laporan k grapari malang,, dan stiap hari saya cek pls tetep tdk bs. Hari ini saya cek pls jg tdk bs tp pemberitahuannya lain,klo tdk salah your card not registerd,plase register,bla bla bla…. Kurang lbh nya kyk gt. Ya lgsg kcewa sih,,tp tdk putus asa, saya coba smua paket via *363# tetap tdk bs, akhirnya saya sms DAFTAR n kirim ke 4444, tdk lm sdh dpt balesan, klo simcard anda sdh pernah d registrasi atas nama “saya sendiri” n bla bla.. Kluar dr situ saya coba cek plsa dan berhasil,, plsa hilang cm d sisain 3rb masa aktif smpe tgl 01/06/2014, saya coba lakukan panggilan dan berhasil..
    Trimakasih smuanya,, trimakasih grapari malang,telkomsel, rekan2 d forum ini, dan juga HERRY SW..

  204. Herry SW says:

    Pak Firmando,

    Saya turut senang karena akhirnya happy ending. Selamat menikmati nomor Telkomsel Anda kembali.

  205. firmando says:

    Iya pak herry sw,, bener2 bertrimakasih sm anda n adanya forum ini sangat membantu…
    Skali lg terima kasih

  206. Herry SW says:

    Pak Firmando,

    Sama-sama.

  207. HENGKI says:

    apakah saya bisa reaktivasi halo 0811623367 atas nama orang lain yang telah lama hangus? mengingat nomor tersebut adalah nomor kesukaan saya karena nomornya mirip nomor indosat saya..0816623367

  208. Herry SW says:

    Pak Hengki,

    Mengaktivasi nomor milik orang lain biasanya tidak bisa. Namun, kalau hangusnya sudah lama dan telah melewati masa karantina, khusus untuk kartuHalo terbuka peluang bisa. Silakan datang ke GraPARI terdekat untuk memastikannya.

  209. i made wirata says:

    kartu prabayar sy dah hangus br 5 hr,,pd hal masa aktifnya masih,,yakin gak bs diaktifkan kembali ?. kalo bs kira2 brp lama ?.

  210. Herry SW says:

    Pak I Made Wirata,

    Kok bisa hangus, padahal masa aktifnya masih ada, Pak? Saran saya, segera kunjungi GraPARI terdekat.

  211. afiyaal says:

    Saya terlambat 1 hari mengisi kartu simpati saya karena kelupaan, saat tidak sadar kalau sudah hangus dan diisikan pulsa. Kebetulan, saya di area surabaya, dan GraPARI terdekat berada di jl. raya darmo. Apakah saya dapat melakukan aktivasi disana? Atau harus ke jl. pemuda? Dan bagaimana keadaan pulsa yang tadinya saya isikan?

  212. Herry SW says:

    Pak/Bu Afiyaal,

    Tidak harus ke Jl Pemuda. Ke GraPARI yang di Jl Raya Darmo (seberang Taman Bungkul) juga bisa. Sisa pulsa otomatis hangus.

  213. Hengki says:

    terima kasih pak herry informasi nya..

  214. @KangYudhie says:

    Kartu saya sampai saat ini blm aktif, trnyata CS grapari gresik bener-bener “mbujuk’i” saya.. Katanya bantu reaktifasi kartu sy (pd saat itu terlambat isi ulang cuma beberapa jam saja / hari pertama) , tapi sy gak prnh dimintai data diri.. (KTP, formulir aplikasi, tanda tangan, tanda terima, dll) alasan karena saat ini reaktifasi udah online pakai ipad. Udah sy tunggu krng lbh 2 bulan tapi sampai saat ini blm aktif juga.

    Apa emang cs diajarin bohongin pelanggan ??

  215. Herry SW says:

    Pak @KangYudhie,

    Sudah coba mampir ke GraPARI lagi?

    Saya tak tahu prosedur di GraPARI Gresik seperti apa. Kalau di Surabaya, memang sudah tidak ada formulir kertas lagi. CS langsung melakukan input di iPad.

  216. Sari says:

    Selamat malam pak,
    Kartu CUG Simpati saya baru diaktifkan lagi tadi sore, saat saya cek ternyata kartu tersebut sudah habis masa tenggangnya pada pada 27 Mei 2014 (2 hari lalu).
    Namun saat saya coba untuk melakukan panggilan keluar ternyata masih bisa.
    Malam ini saya coba isi pulsa untuk nomor tersebut tapi selalu gagal. Namun untuk menerima pesan dan panggilan masih bisa. Saya penasaran dan coba melakukan panggilan keluar, ternyata sudah tidak bisa.
    Kemudian saya telpon CS telkomsel, setelah saya jelaskan kemudian csnya bilang bahwa sudah ada kebijakan per 23 Mei 2014 kemaren bahwa kartu yg melewati masa tenggang tidak bisa di reaktivasi sampai batas yang tidak ditentukan. Dicoba ke Grapari pun tidak bisa katanya.
    Lantas apa yg hrs saya lakukan pak? apakah benar sudah ada kebijakan seperti itu? Atau saya cb saja ke grapari terdekat?
    trims

  217. Herry SW says:

    Bu Sari,

    Saya malahan baru tahu kalau per 23 Mei 2014 ada kebijakan nomor hangus tak bisa diaktifkan kembali.

    Saran saya, sebaiknya Anda tetap ke GraPARI terdekat untuk mencoba peruntungan sekaligus menanyakan benar tidaknya ada kebijakan baru per 23 Mei 2014.

  218. dalfi says:

    gan 2 hari yang lalu no as saya tak bisa digunakan lagi tapi msh bisa dihubungi orang lain…dan kmaren no saya sudah non aktif total…jadi saya udah nanya ke grei hallo katanya kartu saya udah expired dan gak bisa diaktifkan lagi….padahal kan baru dua hari….gmna tu gan???

  219. Herry SW says:

    Pak Dalfi,

    Kalau membaca thread ini, beberapa hari lalu ada pembaca yang memberikan update. Merujuk pada informasi yang didapatkannya dari petugas Telkomsel, efektif mulai 23 Mei 2014 nomor prabayar yang hangus tak bisa diaktifkan lagi.

  220. @KangYudhie says:

    Barusan ke grapari telkomsel gresik, karena nuruti saran dari cs terdahulu disuruh nunggu 1 bulan untuk proses reaktivasi ternyata malah sekarang sinyal ilang.. Dan udah dinyatakan data hilang atau N/A . Bahkan katanya didaftarkan kartu halo pun tidak bisa dengan nomor yang sama.. Apa memang begitu????

    Gimana tanggung jawabnya??

  221. Herry SW says:

    Pak @KangYudhie,

    Saya tak tahu kebijakan yang saat ini berlaku seperti apa. Di atas ada cerita dari seorang konsumen. Ia mendapatkan informasi per 23 Mei 2014 nomor prabayar Telkomsel yang hangus tak bisa diaktifkan lagi.

  222. @KangYudhie says:

    Ini nomerku ?åªng hangus : 081233311222
    Berbahagialah ?åªng nanti mendapatkan bekas nomer sy, coz kt CS nanti dijual kembali.

  223. ary says:

    Tolooooooooooooooooonnnnggggggg..
    Saya lupa kpn masa tenggang simpati saya habis.. Jd tadi ?e Grapari Bandar Lampung.. Ktnya.. Nmr saya memang sdh tdk bisa digunakan lg.
    Nangis tp msh berharap.. Nmr msh bisa diaktifin lg!
    Gimana caranya ?????ªª pak?

  224. ary says:

    Tolooooooooooooooooonnnnggggggg..
    Saya lupa kpn masa tenggang simpati saya habis.. Jd tadi ?e Grapari Bandar Lampung.. Ktnya.. Nmr saya memang sdh tdk bisa digunakan lg.
    Nangis tp msh berharap.. Nmr msh bisa diaktifin lg!
    Gimana caranya ?????ªª pak?

  225. Herry SW says:

    Pak Ary,

    Merujuk informasi dari seorang pembaca thread ini (Anda dapat mencarinya di atas), efektif mulai 23 Mei 2014 nomor yang hangus tak dapat diaktifkan lagi.

  226. Arief says:

    Pagi..

    Maaf sebelumnya, perbedaan antara prabayar & pascabayar apa ya.
    Makasih

  227. Herry SW says:

    Pak Arief,

    * Prabayar
    Pengisian pulsa menggunakan voucher isi ulang. Bayar dulu, baru dipakai.

    * Pascabayar
    Pakai dulu, baru bayar. Seperti telepon rumah gitu deh. Jadi, tak perlu isi ulang pulsa segala.

  228. windiasti says:

    judulnya nomer sy dimatikan sndr ama telkomsel nya
    sharing aja yaa..nasib kartu simpati sy sdh wassalam…sedih rasanya
    awalnya sblm masa aktif 29 april 2014 habis sy isi ulang lwt mkios gagal, lwt 888 ada keterangan “untuk sementara tidak dapat melakukan pengisian ulang, silakan hub 116″, karena keterangannya “untuk sementara” brati ada harapan nantinya bisa…akhrnya sy coba terus tp tetep gt keterangannya
    telp no 116 tidak pernah bs dihubungi, setelah itu sy hub cs tsel via email..krn mo telp pake kartu simpati jg nda mungkin..krn itu no satu2nya sy
    lwt cs di email disarankan isi ulang pake vocer fisik, tp tetap nda bisa…
    smpe lewat masa aktifnya, akhrnya ke grapari ?(masih masa tenggang) , diwakilkan suami sy, krn kerjaan nda bs ditinggal…digantilah SIMCard asli sy dgn kartu dari sna…sy ngga ngerti brp lama kartu baru bs aktif digunakan
    setelah dipasang di hp rupanya invalid sim,setelah ditunggu sim g bs digunakan/invalid terus, akhrnya kembali ke grapari…tp g diganti, infonya kita diminta tunggu telp dari grapari…tp tidak ditelp2..sampai g terasa masa tenggang bablas
    yg ketiga kalinya dateng ke grapari..ternyata masa tenggang sdh lewat, tgl 3 juni klo tidak salah…dan cs blg klo kartu sdh nda bisa diproses, tidak bisa diaktifkan kembali..ada sistem eror ato berkas entah bagaimana, ato data yg eror …banyak alasannya..akhrnya pulang dengan tangan kosong, baru sadar kartu asli tidak dikembalikan ke kami
    lwt cs di email sy tnya apa bs reaktivasi no yg hangus? dijawab “bisa reaktivasi setelah 30 hari dari masa tenggang habis , sbg informasi kami belum dapat melayani proses reaktivasi sampai waktu yg belum ditentukan”
    herannya knp masih jg kasih harapan “bisa tapi ternyata tidak bisa”, “sementara tidak bisa tnyt selamanya nda bs”, bahasanya ribet yg artinya tetaplah tidak bisa (kalo nda bisa ya dijawab saja tidak bisa bukan belum bisa atau sementara)..harapan sia2…
    dari tidak bisa diisi pulsa trus hangus dan tidak ada solusinya…dan intinya g bisa reaktivasi setelah nomer hangus…

  229. Herry SW says:

    Bu Windiasti,

    Saya turut prihatin atas kejadian yang Anda alami.

  230. dwi says:

    Sedih n kecewa banget. Ceritanya 2 hari yang lalu, 7 juli 2014 ku mau mengisi pulsa tp selalu gagal setelah saya cek ternyata sdh lewat masa isi ulang yaitu tgl 6 juli 2014. Dari info beberapa teman dan saya juga info disini kartu tersebut msh bisa direaktivasi sebelum 30 hari dari masa tenggang.Lalu hari ini 8 juli 2014 saya ke GRAPARI kota Rembang dg harapan no simpati tsb bisa direaktivasi. Dari keterangan CS menyatakan bhw no tsb sdh hangus dn tdk bisa direaktivasi. Kmudian saya mncoba nasehat Mas Herry utk dipertemukan dg supervisornya. Trnyata jwbn supervisor itu sama yaitu no simpati saya tlh hangus dan tdk bs direaktivasi pdhl baru lewat 2 hari dr masa tenggang. Saat itu saya msh mncoba berargumen dn mengatkn bhw dr info tmn dan dr baca2 di internet no saya msh bisa diaktifkn kmbali. Supervisor tersebut,bernama Eky mngatakan bhw per juni 2014 program trsebut sdh tdk ada ato dihapus. Benarkah keterangan supervisor tersebut?

  231. Herry SW says:

    Bu Dwi,

    Di thread ini sempat ada yang memberikan update. Efektif mulai tanggal tertentu (kalau saya tak salah ingat 23 Mei 2014), nomor prabayar Telkomsel yang hangus tidak dapat diaktifkan lagi.

  232. Didik says:

    Sebelumnya saya ucapkan salut sama p’ Herry yg dg sabar menjawab pertanyaan seputar kartu hangus, saya punya pengalaman kartu simpati saya hangus dapat diaktifkan kembali tp kemarin no istri saya hangus cs grapari bilang utk sekarang tidak bisa diaktifkan lagi spt kejadian koment sebelumnya hanya saja cs grapari bilang sejak april 2014 beda dg koment sebelumnya, manakah yg benar, saya di semarang, untuk grapari di citraland, trim’s.

  233. Herry SW says:

    Pak Didik,

    Terima kasih atas sharing-nya. Jadi, intinya nomor prabayar yang hangus kini memang tak bisa diaktifkan lagi ya.

  234. harry says:

    sekarang sudah tidak bisa reaktifasi kartu simpati kalau sdh melewati masa tenggang. Sy sudah ke grapari, tlpon 188, ke grapari pusat dan bertanya ke cs telkomsel. hasilnya memang kalo sudah hangus tidak bisa direaktifasi kembali.

  235. Herry SW says:

    Pak Harry,

    Benar, nomor simPATI yang hangus sekarang tidak bisa diaktifkan lagi sebagai nomor prabayar. Di thread ini ada rekan yang menginformasikannya. Beberapa bulan kemudian, saat ke GraPARI saya coba tanyakan dan memang benar.

  236. ivy says:

    Gimana cara mengetahui masa hangus?

  237. Herry SW says:

    Bu Ivy,

    Coba tekan *888#.

  238. yunita says:

    No kartu saya hangus.saya coba tanyakan ke grapari,bisa tapi hrs imigrasi ke kartu hallo..bisa di terangkan maksudnya

  239. Herry SW says:

    Bu Yunita,

    Maksudnya begini, nomor Anda sebelumnya kan prabayar (simPATI). Nomor itu kini hangus. Kalau masih ingin memakai nomor tersebut, Anda diminta melakukan migrasi ke nomor pascabayar (kartuHalo). Nomornya tidak berubah, tetapi jenis kartunya berubah.

  240. fajri Mj says:

    Hari kamis tgl 11 Des 2014 jam 14.50 wib kmren saya baru saja mendatangi kantor-grapari telkomsel yg ada d daerah Batam tempat saya tinggal, bermaksud ada penjelasan mengenai kartu Simpati yg saya gunakan tdk bisa digunakan lagi, sdangkan menerima tlpon / sms masih bisa.saya benar2 lupa utk melakukan isi ulang. Seingat saya pertengahan bulan lalu saya masih melakukan panggilan kluar menggunakan nomor ini.
    Namun, jawaban CS trsebut singakat saja; No yg saya laporkan tsb tdk ada lagi dan tdk terbaca lagi di sistem. Apakah benar setiap nomor yg dikeluarkan oleh pihak Telkomsel tdk ada rekapannya sama sekali? Apakah benar2 lgsung dihapuskan secara otomatis. shingga utk menanyakan kpan sbenarnya trakhir masa tenggang krtu saya slama ini saja tidak bisa. Saya menanyakan berulang ulang utk alternatif lain demi nomor saya bisa aktif kembali. Tetapi jwaban cs nya ttap sama, “Kami tdk memiliki data atas no yg saya gunakan ini, kami tidak bisa membantu”.
    Saya merasa tdk puas dg pelayanan tsb pak..
    Mohon solusinya

  241. Herry SW says:

    Pak Fajri MJ,

    Saya menduga kronologisnya begini:
    * Bulan lalu nomor simPATI Anda sebenarnya sudah hangus, tetapi belum dihapus dari sistem. Karena itu, masih bisa menerima telepon maupun SMS. Pada tahap ini, customer service masih bisa melihat status nomor Anda. Bila tetap ingin memakai nomor itu, Anda bisa melakukan migrasi ke kartuHalo.

    * Saat ini nomor Anda sudah dihapus dari sistem. Karena itu, petugas sudah tidak bisa melihatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>