By

Pilih Lenovo Vibe P1 Turbo atau Asus Zenfone Max?

Lenovo Vibe P1 Turbo dan Asus Zenfone Max sama-sama dibekali baterai tanam 5.000 mAh. Tak sedikit konsumen yang langsung mengadu dua ponsel itu. Penulis alias HSW juga sangat sering menerima pertanyaan, “Lebih bagus yang mana?”

Hmmm… dilihat dari harga jualnya yang terpaut jauh—Rp 3,999 juta versus Rp 2,599 juta—dua ponsel itu sebenarnya kurang tepat dibandingkan. Namun, untuk memenuhi permintaan pembaca setia blog Ponselmu, HSW memutuskan tetap menyusun komparasi singkat. Ada beberapa poin sederhana yang dijadikan pembanding.

Daya tahan baterai. Biarpun menggunakan baterai tanam berkapasitas sama, daya tahan nyata baterai masing-masing ponsel berbeda. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, baik dari unsur perangkat keras (hardware) maupun peranti lunak (software). Di tangan HSW, rekor terlama baterai Vibe P1 Turbo mencapai 37 jam, sedangkan Zenfone Max menembus 48 jam.

Pengisian ulang baterai. Vibe P1 Turbo telah mendukung pengisian cepat yang oleh Lenovo dinamakan Rocket Charge. Baterai tanam 5.000 mAh ponsel itu tuntas diisi ulang dalam waktu kurang dari dua jam. Biasanya sekitar 1 jam 40 menit. Kadang sedikit lebih cepat, kadang lebih lama.

Sementara itu, Zenfone Max belum mendukung fast charging. Untuk mengisi ulang baterai sampai penuh, pengguna harus menanti selama minimal 4,5 jam dan maksimal 5 jam. Selama proses pengisian, ponsel dalam kondisi padam total.

Tampilan layar. Sepasang ponsel itu sama-sama dibekali layar IPS 5,5 inci. Layar Vibe P1 Turbo beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel dan memanfaatkan Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan layar Zenfone Max “hanya” beresolusi HD 1.280 x 720 piksel, tetapi sudah mengadopsi Corning Gorilla Glass 4. Walaupun perbedaannya tak terlalu signifikan, harus diakui bila tampilan layar Vibe P1 Turbo lebih sedap dipandang mata.

Kenyamanan fisik. Vibe P1 Turbo berdimensi fisik 152,9 x 75,6 x 9,9 milimeter dan berat 187 gram, sedangkan Zenfone Max berukuran 156 x 77,5 x 10,55 milimeter dan berat 202 gram. Ketika dimasukkan ke saku celana, Vibe P1 Turbo terasa lebih nyaman dikantongi. Sebaliknya, saat digenggam tanpa mengenakan casing tambahan, Zenfone Max terasa lebih enak dan tidak licin.

Kinerja kamera. Hasil jepretan Vibe P1 Turbo tidak seprima Zenfone Max. Foto-foto yang dihasilkan Vibe P1 Turbo tidak tergolong jelek sih. Masih sangat pantas disebut lumayan. Namun, bila diadu dengan Zenfone Max, ia kalah bersaing.

Tingkat kegegasan. Manakah yang lebih tidak lemot? Untuk poin ini, tak dapat disangkal Vibe P1 Turbo jauh lebih gegas daripada Zenfone Max. Di atas kertas, spesifikasi teknis Vibe P1 Turbo memang lebih tinggi dibandingkan Zenfone Max. Harga ritel resmi Vibe P1 Turbo pun Rp 1,4 juta lebih mahal ketimbang Zenfone Max. Jadi, wajar kalau Vibe P1 Turbo lebih gegas, bukan?

176 Responses to Pilih Lenovo Vibe P1 Turbo atau Asus Zenfone Max?

  1. Fakhriza Januardi says:

    Saya sudah pakai HP ini sebagai HP utama saya menggantikan G4 karena saya tertarik dengan daya tahan baterainya yang pas buat saya…HP ini enak dipakai, tidak ada keluhan panas saat dgunakan dan HP tidak pernah Lag saat dipakai..

    • Herry SW says:

      Pak Fakhriza Januardi,

      Yang Anda gunakan Vibe P1 Turbo atau Zenfone Max?

      • Fakhriza Januardi says:

        oh ya saya lupa cantumkan..saya pakai lenovo vibe P1 turbo

        • Herry SW says:

          Pak Fakhriza Januardi,

          Terima kasih atas konfirmasinya.

          • nina says:

            klo menurut pendapat pribadi dan hasil uji coba pak HSW nih mending lenovo vibe P1 turbo apa Lg G4 dual? knp pak?

          • Herry SW says:

            Bu Nina,

            Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

            Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, ambil Vibe P1 Turbo. Kalau mengutamakan kamera, ambil G4. Mengapa? Ya karena lebih bagus.

  2. why says:

    Apakah keduanya bisa baca USB koh Herry

  3. AriefW says:

    Beberapa hari lalu saya menemukan Lenovo P1 Turbo unit demo di Garuda Teknik WTC Sby, kok layarnya saat nyala seperti kusam kekuningan gitu ya koh Herry? Saya yakin bukan karena HP demo unit kemudian kotor, tapi itu di dalam layar pas nyala, ngga bisa bagus kontrasnya .

    • Herry SW says:

      Pak AriefW,

      Bisa jadi demo unit itu pengaturan layarnya sudah diutak-atik. Namanya demo unit kan banyak ditowel-towel orang. Nah, tak sedikit orang yang iseng mengubah-ubah.

  4. arif says:

    kapasitas baterai lebih besar, yang berarti waktu pengoperasian lebih lama, ditambah dengan fitur unggulan pixelmaster adalah sedikit faktor yang membuat saya memutuskan memilih Zenfone Max ini. Perkara gegas, lemot, tidak bisa game populer, tidak terlalu menyita perhatian saya mengingat ponsel akan digunakan hanya untuk mailing dan social networking, serta messaging, juga browsing

  5. Defi Firmansyah says:

    Kalau saya lebih pilih Lenovo Vibe P1 Turbo.
    Daya tahan 37 jam (versi koh HSW) masih tergolong lebih dari cukup. Selebihnya dari sisi performa & desain Vibe P1 Turbo selalu lebih unggul.

    Oiya koh, apakah daya tahan segitu dipakai untuk bermain game?

  6. ignatius tanoto says:

    Maaf, ini pendapat pribadi sy saja, jika faktor harga yg terpaut s/d 1,4 juta kita perhitungkan Asus Zenfone Max, jelas menang telak.
    Tapi kalau harganya sama, baru deh galau… he he he

    • Herry SW says:

      Pak Ignatius Tanoto,

      Umpama harga beda Rp 500 ribu (Vibe P1 Turbo lebih mahal), saya lebih memilih Vibe P1 Turbo. Namun, kalau selisih harganya jauh seperti saat ini, galau deh jadinya.

  7. Toko Rahmat says:

    Maaf pertanyaannya agak menyimpang.

    Harga online terbaru Alcatel Flash 2 saat ini 1,5 juta (Lazada/Bukalapak/Tokopedia), apakah ada ponsel lain yang lebih baik dibanding Alcatel Flash 2 jika dana saya maksimal 1,5 juta?
    Sebab setelah membaca review HSW, ponsel Alcatel Flash 2 cukup layak untuk dibeli saat harganya masih 1,999 juta, apalagi sekarang harganya sudah turun hampir 500 ribu. Apakah ada catatan khusus dari HSW tentang Alcatel Flash 2 yang belum ditulis di Blog, setelah ponsel ini beredar beberapa waktu? Mungkin cerita dari pemakai ponsel ini, terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Toko Rahmat,

      Flash 2 tidak cukup layak untuk dibeli lho. Yang buat saya mengganggu adalah layar sentuhnya yang kurang nyaman. Kalau Anda tak keberatan dengan satu poin itu, silakan beli.

      • Toko Rahmat says:

        Soalnya ketika saya baca reviewnya, minusnya hanya pada optimalisasi firmware saja, hehe.

        Jika tidak meminang Flash 2, saya bingung untuk harga 1,5 juta apakah ada ponsel yang lebih menarik segi kamera dan keleluasaan RAM untuk multitasking, syukur-syukur dilengkapi baterai yang lumayan besar seperti Flash 2.

        • Herry SW says:

          Pak Toko Rahmat,

          Soal layar lupa saya sebutkan ya? Hmm… perasaan sudah saya cerita. Berarti, otak dan jari tidak sinkron. 🙂

          Nah… itu dia. Kalau anggaran Rp 1,5 juta, ya belum ada yang lain.

  8. aldy says:

    Kamera bagus dan baterai tahan lama fast charging gaming mantap ada gak ya koh herry dengan rentang harga 5jtaan kebawah…

    • Herry SW says:

      Pak Aldy,

      Hmm… nggak ada deh. Harus memilih mau kamera bagus atau baterai tahan lama.

      • hari says:

        Nah, zenfone max ini udah keduanya kan ya pak herry, kamera bagus plus batere tahan lama. 🙂

        • Herry SW says:

          Pak Hari,

          Penanya kan memiliki kriteria tambahan: fast charging. Poin itu tidak dipenuhi Zenfone Max.

          • hari says:

            Sebenarnya ini kembali ke subjektivitas masing-masing ya pak. Jika faktor kegegasan disingkirkan (karena toh ini masalah firmware & bagi pengguna spt saya yg sangat jarang bermain game berat ini juga bukan masalah besar) maka hanya 1 aspek yg patut dipikirkan matang-matang, yaitu apakah fast charging senilai dgn perbedaan harga yg mencapai 1,3jt? Kalo sekedar 600rb bisalah dijawab sederhana.

            Ngomong-ngomong pak, dengan rentang harga tidak jauh, mana yg lebih bagus antara Infinix Zero 3 dengan Lenovo Vine K4 Note?

            Terimakasih sebelumnya.

          • Herry SW says:

            Pak Hari,

            Benar. Kalau beda Rp 500 ribu atau Rp 600 ribu, jawabannya lebih mudah.

            Ehmm… maksud Anda Vibe K4 Note ya? Tidak ada Kine Vibe 4 Note. Kalau benar Vibe K4 Note, bila dibandingkan dengan Zero 3:
            * Kamera lebih bagus Zero 3.
            * Layar lebih enak Vibe K4 Note.
            * Daya tahan baterai relatif mirip.
            * Vibe K4 Note dibekali sensor sidik jari.

    • Himawan Anindyo Prabowo says:

      Coba OPPO R7s dipertimbangkan.
      Saya sudah 5 bulan pake R7s so far so good. Camera oke, VOOC Rapid Charging terbukti optimal, dan baterai lumayan tahan lama dengan pemakaian ala saya yang dikit2 buka socmed dan aktif WhatsApp. Semoga membantu.

  9. Wida says:

    Koh Herry, saat koh menggunakan p1 turbo apakah saat buka kontak loadingnya lama? Karena beberapa user mengalaminya.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Wida,

      Saya tidak mengalaminya di dua unit Vibe P1 Turbo yang pernah saya gunakan.

    • rolan says:

      saya ngerasain. Lama banget buka kontak baik itu WA atau yang kontak telp biasa. Harus direstart itupun terkadang msh muter2 aja prosesnya.

  10. Tony says:

    pak Herry SW ,apakah kurang gegasnya Asus Zenfone Max itu cukup mengganggu dalam pemakaian sehari hari atau masih dalam batas wajar terima kasih pak.

  11. Dhimas says:

    Ko Herry,

    Maaf Out Of Topic ko,

    Redmi 2 saya mati total, dan garansiin di konter pembelian hp, dri tgl. 10 smp skrg koq blm ada kabar kepastianya yah ko 🙁 emg biasanya brp lama sih jadinya?

    Blh minta contact nya service center xiaomi Semarang gk ko? Bwt memastikan hp sdh dikirim ke sc apa msh di tangan konter…

    Terimakasih Ko Herry 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Dhimas,

      Garansi resmi atau bukan?

      Ini alamat service center Semarang. Saya lihat ternyata ditangani TAM. Jadi, ya jangan berharap banyak deh.

      TAM Semarang Badak Raya – Multibrand
      Jl. Badak Raya No. 47-D,E,F Kel. Pandean Lamper, Kec. Gayamsari, Semarang
      Senin – Jumat: 09:00 – 17:00, Sabtu: 09:00 – 16:00

    • Fariez says:

      Saya pernah servis layar redmi 1s lazada, pas garansi resmi mau hbs di SC Sby, baru selesai sekitar 1 bln. Tapi 4bln kemudian bermasalah lagi; kalo dulu ada blindspot di digitizer, sekarang layarnya sering terdistorsi. Servis di SCA Mlg Plaza (punya teman), kemungkinan IC grafis atau layar lagi.

  12. Wibowo says:

    1. Maaf Pa Herry, saya sudah beli zenfone max dengan harga 2.380.000 di tokopedia, dengan garansi Tam dan made in Indonesia, yang jadi pertanyaan apakah ada perbedaan harga atau komponen lain antara buatan indonesia dengan made in negara lain seperti, China, dll.

    2. saya ingin mencoba pakai zenflash, tapi saya tidak tahu beli dimana, mungkin kalau pak Herry bisa membantu …? Tks

  13. shinosuke nohara says:

    untung saya nekat meminang redmi note 3 snapdragon 3 gb ram, yang dari spek di atas kertas cuma kalah di kapasitas baterai dan teknologi pelindung layar

    vibe p1 turbo serasa mi4i dimekarkan layarnya dan diberi gimmick fingerprint

  14. Jarwadi MJ says:

    konon teknologi fast charging saat ini masih mahal, implikasinya ponsel dengan fitur fast charging harganya mahal mala

    • Herry SW says:

      Pak Jarwadi MJ,

      Sepertinya tidak mutlak. Ponsel Infinix harga Rp 1,5 jutaan pun sudah ada yang fast charging.

  15. hergi kevin says:

    Koh Herry..mau tanya..
    Tolong tes GPS dari Vibe P1 Turbo sama Zenfone Max..mana yg akurat..mana juga yg lock lokasi lebih cepat..
    Trus suhu body lebih adem mana?klo d pake browsing via 3G..bkn wifi..
    Trims koh..
    Aku masih galau koh..antara P1 Turbo atau Zen max..

    • Herry SW says:

      Pak Hergi Kevin,

      Sama saja.

      Untuk browsing, saya malahan terbiasa pakai 4G di dua ponsel itu. Tidak panas kok.

  16. aming says:

    Pak,

    Oot ya, belakangan ini kan semua hp 4G harus memenuhi TKDN 20 persen th 2016 dan 30 persen tahun depan.
    Saya lihat hp2 4G terutama Samsung, mencantumkan made in Indonesia.
    Yang saya mau tanya, kalau TKDN 20 persen, berarti 80 persen imported kan, pak? Walaupun mungkin dirakit di Indonesia juga, tidak jelas dirakit bagaimana, apakah benar perakitan, atau cuma pasang lcd baterai (krn motherboard, lcd, baterai, saya yakin masih import) atau jangan2 cuma packing dus buku kartu garansi dan accessories tapi bagaimanapun tetap saja cuma 20 persen.
    Kalau lokal cuma 20 persen, memang bisa memakai label made in Indonesia?
    Saya pikir, dalam pikiran awam saya, kalau made in berarti dibuat di, jd harusnya ya minimal 50 persen benar2 lokal, baru bisa ditulis made in Indonesia.
    Bagaimana pendapat pak Herry?

    • Herry SW says:

      Pak Aming,

      Ya, yang sekian persen (dengan persentase lebih besar) itu masih diimpor.

      Saya tak tahu apakah ada aturan mengenai penggunaan label “made in Indonesia”. Mestinya “dirakit di Indonesia” ya, Pak.

  17. Likhin says:

    Pak Heri, mudah-mudahan mau memperbanyak artikel komparasinya, kan bisa lebih enak dalam meladeni pertanyaan para pembaca. Anggaran untuk meminang LG G5 sudah siap pak? Denger-denger sebentar lagi mau dirilis di Indonesia.

    • Herry SW says:

      Pak Likhin,

      Anggaran untuk meminang LG G5 sudah hampir siap, tetapi saya malahan dibuat kecewa oleh LG Electronics Indonesia. Yang akan dijual duluan di sini malahan LG G5 SE, bukan LG G5.

      • you says:

        LG G5 SE? bedanya sama G5 biasa apa ya?
        jangan bilang kalo G5 SE yg dimaksud adalah LG V10

        • Herry SW says:

          Pak You,

          Beda di spesifikasi prosesor dan kapasitas RAM. Hasil akhirnya, kalau G5 adalah ponsel flagship, G5 SE cuma ponsel kelas menengah agak atas.

          Bukan. G5 SE berbeda dengan V10.

  18. budhy says:

    koh HSW buat dong video review kayak phonearena 😀

  19. Kevin says:

    Ada rencana review Lenovo Vibe K4 Note? Kalau ada ditunggu ya.

  20. Tri Firmansyah says:

    Bung Herry,sharing pengalaman di servis center Acer di Ruko Darmo Square (GOZCO) B7 Jl. Raya Darmo No. 54-56 Surabaya.
    Hp Acer Z500 saya jatuh (garansi spare part sudah habis, tinggal garansi jasa servis), lalu setelah jatuh, saya cek masih bisa di pakai secara normal. Setelah batere habis,saya coba cas,ternyata socket micro sd nya rusak, colokan tidak bisa masuk sempurna dan tidak bisa ngecas. Lalu ke servis center, hp di tinggal. Besoknya ada sms masuk 2 kali supaya menghubungi nomer call center Acer 1500155 untuk konfirmasi penawaran biaya servis. Dulu untuk konfirmasi biaya servis,Acer selalu yang menghubungi konsumen, sekarang konsumen yang harus menghubungi Call center untuk konfirmasi. Setelah konfirmasi, katanya konektor memang rusak dan konektor jadi satu dengan motherboard sehingga harus di ganti juga motherboardnya dan biayanya kena Rp.1.350.500, lalu servis langsung saya cancel karena biayanya hampir sama beli baru. Lalu selang 1/2 jam langsung saya ke servis center untuk ambil hp yang saya cancel. Setelah sampai di servis center,nunggu dulu sekitar 1/2 jam sampai barang siap. Petugas juga kurang ramah. Sambil menunggu,petugas mengurusi seseorang di samping saya sepertinya relasi Acer yang mau mengambil produk yang di servis. Ada 14 tas berisi produk yang di servis sambil bercanda dan mencocokan berkas pelanggan dengan produk yang di servis satu satu. Lalu petugas mengambil hp saya dari dalam ,dan siap di serahkan,tapi setelah mau di serahkan,petugas ngomel-ngomel kepada teknisinya karena hp saya belum sempurna di pasang,mor baut nya belum terpasang semua,lalu hp di bawa masuk lagi kedalam,lalu setelah kurang lebih 10-15 menit baru hp siap saya bawa pulang. Begitu bung Herry,pengalaman saya tadi ke servis center Acer di Jl Darmo Surabaya.

    • Herry SW says:

      Pak Tri Firmansyah,

      Terima kasih atas testimoninya.

      Btw, Anda menyebutkan socket microSD-nya rusak dan tidak bisa nge-charge. Bukankah dua hal itu seharusnya tidak berhubungan?

      • Tri Firmansyah says:

        Maaf bung Herry,lagi lagi salah ketik. Yang betul soket micro USB, jadi colokan chargernya nggak bisa masuk sempurna,seperti terganjal,jadi nggak bisa di cas. Trim’s

  21. Dhimas says:

    Ko Herry,

    Iya ko pny saya resmi garansi TAM, Koq cmn alamatnya aja ko? Nomor hpnya gk punya?

    • Herry SW says:

      Pak Dhimas,

      Saya tak punya nomor HP-nya.

      Btw, berurusan dengan pusat perbaikan resmi mana pun, jangan mengandalkan komunikasi via telepon.

  22. Aa says:

    Emang kalo soal kamera lenovo bisa dibilang jelek di banding rival-rivalnya misal asus & xiaomitapi soal spek emang menawarkan spek menggiurkan hehe
    #pengalaman#pribadi

  23. Likhin says:

    Kalau yang keluar duluan LG G5 SE, semoga pak Herry masih mau menunggu yang LG G5. Biar gak kecewa pak yang mau baca review-nya.

  24. Adit says:

    Batre besar tapi ga fast charging itu luar biasa menyebalkan bagi gw.
    Sempat tergoda oleh max, tapi tanpa FC jadi ilfil.
    Dengan P1 turbo gw ga akan mengalami masalah dg proses charging. Misal:

    1. Bangun subuh jam 4.30 utk sholat subuh lihat batre limit bisa di cas dulu, jam 6 pagi sudah full batre dan berangkat ke kantor dengan tenang. Ga perlu overcharge hape semalaman.

    2. Apabila baterai tembus 30an jam pemakaian setelah di charge subuh seperti nomer 1 diatas, maka itu terjadi setelah pulamg kantor jam 3 sore gw bisa charge batre dulu di rumah dari jam 4 sore sampe jam 5.40 sore. Habis maghrib berangkat jalan2 lagi, dan akan merasa tenang bahwa batre ga akan dicas laginutk 30 jam kedepa.

    3. Saat lagi di perjalanan batre lowbat dan ada kesempatan istirahat makan siang di suatu rumah makan, maka proses charge 30 menit di rumah makan tersebut akan membuat hape dijamin terisi cukup banyak utk survive sampai malam.

    Hal2 diatas ini ga akan terjadi kalau pake zenfone max, hape akan sering dicabut tanpa kondisi batre full, satu2nya kesempatan utk menunggu batre ini full hanya jika di charge menjelang tidur. Kecuali emang ga banyak kegiatan, dan biasanya emang pembeli batre besar adalah orang yg sibuk.

    Tentu bukan berarti zenfone max jelek, cuma bagi orang sibuk yang nyari batre besar, tanpa FC akan membuat dia kehilangan banyak waktu. Bahkan dengan spek yang sama persis, gw akan rela menambah 1,5jt demi dapatkan fitur FC.

  25. gondo says:

    Mau nanya Ko Herry: kalau beli Hp Xiaomi dengan garansi selain TAM bagaimana menurut Ko Herry? Apakah aman?

    • Herry SW says:

      Pak Gondo,

      Garansi resmi atau tidak? Kalau garansi resmi mestinya aman, bahkan bukan mustahil lebih bagus daripada yang garansinya ditangani TAM.

  26. Charles says:

    Pa Herry, kapasitas baterai asus zenfone max memang besar, tapi baterainya non removable, kalau menurut Pa Herry lebih baik membeli asus zenfone 2 laser ze550kl yang baterainya removable atau asus zenfone max, karena menurut sebagian pemakai handphone, smartphone yang baterainya non removable kalau baterainya sudah rusak/drop tidak bisa diganti lagi. terimakasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Charles,

      Itu sih tergantung selera Anda.

      Baterai tanam (non-removable) yang rusak bisa diganti kok. Bedanya dengan baterai lepasan, untuk mengganti baterai tanam, Anda memerlukan bantuan teknisi. Paling aman sih lakukan penggantian di pusat perbaikan resmi ponsel.

  27. Faiz says:

    Pak minta masukan dong pak.
    Mw beli hp baru nih, budget 2.5jt.
    Speknya kamera 13/5mp, RAM 2GB/up, int 16GB/up, batere tahan lama, layar udah pake proteksi dan speaker oke pak.
    Kira2 mana yg bisa pak HSW beri masukan. Plis pak. Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Faiz,

      Dengan kriteria seperti itu, silakan melirik Zenfone Max.

      • Faiz says:

        tidak suka pake asus pak.
        ada recommend hp lain gak?

        • Herry SW says:

          Pak Faiz,

          Kalau begitu, Infinix Zero 3. RAM 3 GB, baterai tidak terlalu tahan lama, dan Anda perlu menambah anggaran Rp 99 ribu. Kameranya bagus. Lebih bagus daripada Zenfone Max.

  28. Alexander Okke says:

    Pak Herry SW,
    bagaimana bila perbandingannya antara Infinix Note 2 dengan Asus Zenfone Max? Untuk penilaian secara keseluruhan mana yang lebih tinggi tingkat value for money untuk pemakaian standard harian? Oya, kira-kira kapan bapak akan mereview Infinix Hot 3? Intinya sih saya mencari smartphone berbaterai besar (>= 3000mah) dengan value for money tertinggi dibawah 2,5 juta. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Alexander Okke,

      Dengan memasukkan unsur harga, menurut saya, Note 2 lebih value for money. Kelemahan utama Note 2 dibandingkan Zenfone Max adalah kinerja kamera.

      Hot 3 akan saya review pada tanggal 20-an Mei.

  29. Aa says:

    Review selanjutnya mau smartphone apa pak?
    Saran saya lenovo k4note, oppo yang kelas menengah atau iphone se

  30. you says:

    lenovo A6010 kira-2 recommended gak koh?

  31. Donny andrean says:

    Dear ko HSW
    Kalo zenfone max dibandingin lenovo k4 note berani mana ya ko? Range harga selisih ga terlalu jauh jd menurut sy cukup bisa dibandingkan

    • Herry SW says:

      Pak Donny Andrean,

      Dalam hal daya tahan baterai, Zenfone Max unggul jauh banget melawan Vibe K4 Note. Sedangkan dalam hal kegegasan, Vibe K4 Note-lah yang mengalahkan Zenfone Max.

      Jadi, silakan membeli berdasarkan kebutuhan Anda.

  32. triyono says:

    semoga Vibe K4 Note yg direview,
    Pak pilih mana ya redmi 3 atau Samsung J5
    lg cari hp pengganti redmi 2 yg hilang kemaren
    thx u

    • Herry SW says:

      Pak Triyono,

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai Redmi 3. Galaxy J5 sih kurang menarik.

  33. alang says:

    Ada rencana reviw leaggo shark1 yg baterai nya 6000 mah nggk ko?

    • Herry SW says:

      Pak Alang,

      Maksudnya Leagoo Shark 1 ya? Baterainya berkapasitas 6.300 mAh, bukan 6.000 mAh. Belum ada rencana review karena pnosel itu belum beredar resmi di sini.

  34. jamil says:

    Pak HSW
    maaf mau tanya HP android harga 700 rb-an yg layak dibeli kira2 apa ya?

    • Herry SW says:

      Pak Jamil,

      Terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi. Harga segitu biasanya kinerja ponselnya bikin emosi.

  35. Rio says:

    Pak Herry,
    saya rencana mau ganti hp tetapi saya mencari kinerja yang gegas, dan kinerja kamera yang mumpuni dengan kisaran harga di bawah 3,5 jt. Ada beberapa yg saya lirik diantaranya lenovo k4 note, pureshoot, ato Mi 4i. Mungkin pak Herry bisa memberikan masukan ato kalau ada selain yg sy sebutkan td bs ditambahkan merk lain. Trims sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Rio,

      Di antara tiga pilihan itu, silakan melirik Pureshot Rp 1,999 juta. Kalau mau tipe lain, Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta merupakan pilihan yang lebih bagus.

  36. verdi says:

    Pak herry,mau tanya, sy pny lenovo a328 yg tiba2 mati gk mau idup, yg garansinya resminya trio barusan habis 3bln lalu,sy coba bw ke tam, dia gk mau nangani grnsi yg sdh habis. Nah mau tanya SC nya trio yang di semarang dimana ya sekarang? Atau SC resmi yg mau nangani hp ex garansi resmi, Dulu jamannya nokia ttp nangani produk2 yg mengalami masalah walau garansinya habis dgn ketentuan biaya tertentu, trima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Verdi,

      Yang di Global Teleshop, sederetan dengan Hotel Novotel (saya lupa nama jalannya), apakah sudah tutup?

      Coba ke Jl Jend Sudirman 256, Semarang, deh.

  37. Wibowo says:

    Pak Herry, menurut anda pribadi pada saat mau membeli hp, fitur atau kelebihan apa yang anda lihat atau pilih pertama kali sebagai ponsel low – mid range selain harga dan service centernya….? Tks

    • Herry SW says:

      Pak Wibowo,

      Kalau saya sih kesetaraan antara harga dan fitur. Trus, yang penting bergaransi resmi dulu. Kualitas layanan service center diurus belakangan.

  38. krisna bagaskara says:

    Pak Herry,jika sementara kapasitas batere diabaikan,recomended mana antara Zenfone Max atau Huawei P8 Lite.
    terima kasih atas jawabannya.

  39. Asfi says:

    Pak Hsw, kalau budget dibawah 2jt hape yg Best value for money apa ya pak? Apakah xiaomi Redmi note prime 2 (panjang amat namanya) atau zenfone 2 series? Diutamakan yg kamera bagus dan lte, baterai bisa seharian gpp :), mohon masukan nya pak, terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Asfi,

      Redmi Note 2 Prime belum ada yang bergaransi resmi. Jangan beli deh.

      Dengan anggaran segitu, saya merekomendasikan Hisense Pureshot Rp 1,999 juta. Kalau pemakaian Anda tidak terlalu tinggi, baterai masih mungkin bisa bertahan seharian.

  40. Krisna Bagaskara says:

    Kang Herry,jika P1 and zenfone max dibandingkan dengan huawei P8 lite pilih mana ya.thx u

  41. Krisna Bagaskara says:

    Kapan nich kira2 direview P8 litenya?thx u

  42. fauzi says:

    Pak hery sw..saya mw tanya ni, (pemula). kalo meizu m2 dibandingkan dengan redmi 2 dan zenfone 2 kira2 menurut bpk recomended mana? Budget 2 jt..untuk harian, game menengah dan ketahanan baterai.

    • Herry SW says:

      Pak Fauzi,

      Kalau kebutuhan Anda seperti itu, Infinix Note 2 Rp 1,899 juta lebih tepat dilirik.

      Pesan saya, jangan beli Zenfone 2 ya.

  43. fauzi says:

    Emang knp dengan zenfone 2 pak HSW?

    • Herry SW says:

      Pak Fauzi,

      Kamera kurang bagus. Ponsel juga agak mudah panas, meskipun tidak separah seri sebelumnya.

  44. Dimas Jak says:

    Untuk spesifikasi kurang dan lebih seperti infinox note 2 ,tetapi dengan layar yg lebih kecil apa ya pak Herry? Klo untuk hisense pureshot, apakah ada batere dobel power??

    • Herry SW says:

      Pak Dimas Jak,

      Hmm… belum ada deh. Yang agak mendekati Lenovo P1m, tapi saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      Belum ada baterai double power untuk Pureshot.

  45. nina says:

    mengomentari jawaban anda<
    Bu Nina,

    Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

    Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, ambil Vibe P1 Turbo. Kalau mengutamakan kamera, ambil G4. Mengapa? Ya karena lebih bagus.

    klo yg kamera bagus battre oke apa nih pak contohnya, ada refrensi, harga kira2 br spt itu

    • Herry SW says:

      Bu Nina,

      Silakan melirik Sony Xperia Z5 Dual.

      • nina says:

        sy sempet beli yg z5 premium, tapi akhirnya sy jual. krn kameranya g bagus, kurang bagus pas ditempat kkurang cahaya, kamera depannya juga kurang bagus, serius, itu klo aku bandingin ama yg LG G4, terus gampang anget klo buat foto2, dan keluar peringatannya. cuma berumur 1 minggu. apalagi denger2 service center-nya g bagus. aku jual ke temen yg pecinta sony, jd untung hrga g jatuh2 amat.
        kayaknya pengen meminang LG G4 tapi apakah tepat pilihanku, heheheh

  46. Viel says:

    Pak mau nanya nih kalo dari sekian tipe asus zenfone yang terbaru ini ( max , laser ze500kl , ze550kl ) kalau dari pihak bapak , bapak bakal ambil yang mana ya dan kenapa? Terus menurut bapak kalau memang ada hp lagi yang lebih oke lagi daripada asus ini untuk dibeli dengan kualitas &price yg tergolong murah ,mungkin boleh minta rekomendasinya , terimakasih ^^

  47. sony febriant says:

    Pak Herry ada rencana review Lenovo vibe P1M gak? Apa benar smartphone tersebut memiliki fitur fast charging ?

  48. Habib says:

    Ko herry saya mau minta pendapan anda jika memilih antara lenovo a6000plus,a7000plus,dan xiaomi redmi 2.kalo lenovo troublenya kata orang kameranya jika diamati secara profesional kameranya biasa,tetapi kalo saya milih xiaomi katanya hpnya cepat panas hpnya..? Sebaiknya pilih yg mana ko?

  49. Gardenia says:

    Pak herry saya mau tanya kalo lenovo vibe p1 turbo sm asus zenfone 2 4GB bagusan yg mana dan alasannya kenapa ?
    terimakasih pak

  50. Habib says:

    Tapi klok saya milih redmi 2 apa komentar anda?
    Apakah xiaomi redmi 2 mudah panas?

    • Herry SW says:

      Pak Habib,

      Ya boleh-boleh saja sih. Ponsel itu tidak mudah panas. Namun, Redmi 2 cuma dibekali RAM 1 GB. Untuk ukuran saat ini lebih baik cari yang RAM minimal 2 GB deh.

  51. Gardenia says:

    pak herry saya mau tanya lenovo vibe p1 turbo dan asus zenfone 2 4gb lebih bagus mana dan alasanya pak. terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Gardenia,

      Hmm… tadi saya sudah menjawab pertanyaan yang sama deh. Kirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja.

  52. Habib says:

    Kalok pemakaian buat chat, browsing, sama beberapa game ringan apakah redmi 2 apakah cukup menurut ko herry ?

    • Herry SW says:

      Pak Habib,

      Tergantung chat-nya pakai apa saja? Kalau cuma WhatsApp sih cukup. Namun, kalau ternyata pakai BBM, WhatsApp, Line, dan WeChat, ya kurang deh.

  53. Habib says:

    Saya kemarin pergi ke toko erafone katanya produk xiaomi redmi 2 udah gak beredar lagi koh.. Padahal saya ingin kan ponsel itu..

  54. Habib says:

    Kalok redmi nete 3 apakah koh harry pernah mencoba? Bagaimana kesannya koh?

  55. Habib says:

    Maaf *note

  56. Habib says:

    Kalok redmi note 3 apakah koh herry pernah mencoba? Bagaimana kesannya koh?
    Maaf salah ketik hehehe…

  57. Riad says:

    Permisi pak HSW saya mau rekomendasi bapak nih, saya punya budget 2, 5 jt an tapi ingin baterai tahan lama, 4g, dan tahan buat game, soal kamera tidak terlalu dipersoalkan, kalo ada mungkin sudah ada gorilla glass dan fast charging,,,

  58. Andrew Rooroh says:

    Pak Herry;

    saat ini saya pegang Xiaomi Redmi Note 3G, tertarik sekali dengan Asus Zenfone Max karena daya tahan baterai nya yang bisa 2 hari karena pekerjaan sering jauh dari colokan listrik. dan bila dibandingkan dengan Lenovo P1 Turbo untuk ketahanan baterai nya masih lebih kuat Asus Zenfone Max

    namun saya masih ragu-ragu di tingkat kegegasannya. mohon info mengenai tingkat kegegasannya yang kurang, apakah sudah masuk taraf mengganggu atau masih bisa ditoleransi? apabila performanya dibandingkan dengan hp yang saya gunakan saat ini apakah sama?

    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Andrew Rooroh,

      Masih bisa ditoleransi. Ya, mirip-mirip deh.

      • Andrew Rooroh says:

        Pak Herry SW

        Terima kasih Pak. 1 lagi. kmrn waktu mau beli Asus Zenfone Max, udah muncul juga Xiaomi Redmi Note 3. jadi galau untuk milih di antara 2 hp itu… tp ternyata Xiaomi Redmi Note 3 itu belum 4G ya Pak. tp tidak menjadi pertimbangan saya juga karena saya sering keluar kota ke tempat yang belum ada sinyal 4G namun dari sisi spesifikasinya jauh sekali antara kedua hp tersebut.

        kalau dibandingkan kedua hp diatas, pertimbangannya ketahan baterai, tingkat kegegasannya dan kamera, yang terbaik mana ya pak?

        thanks

        • Herry SW says:

          Pak Andrew Rooroh,

          Xiaomi belum memenuhi aturan TKDN yang berlaku di Indonesia. Karena itu, fitur 4G LTE di Redmi Note 3 sengaja dimatikan. Padahal, hardware ponsel itu sebenarnya sudah mendukung layanan 4G LTE.

          Saya belum menguji pakai Redmi Note 3. Jadi, saya belum tahu lebih bagus yang mana.

          • Andrew Rooroh says:

            Pak Herry.

            Akhirnya saya memutuskan untuk ambil keduanya.
            1. asus zenfone max untuk istri saya. Review nya sama dengan review pak herry. Sangat kuat baterainya dan camera bagus. Performa lag tidak menjadi masalah dan tidak dalam tingkat mengganggu. 4G telkomsel berjalan dengan baik. Layar cukup tajam.

            2. Xiaomi redmi note 3. Saya beli dari erafone resmi. Review baik. Tidak ada kendala. Layar tajam. performa gegas. 4G tidak tersedia karena terkendala TKDN seperti penjelasan pak herry. Tidak masalah buat saya karena di daerah kerja tidak ada 4G. Di tes bermain game aspalt 8, real racing, modern combat 5 tidak ada lag. Ponsel terasa panas saat bermain game cukup lama dan saat di charge. Finger print sangat lancar. Untuk ketahanan baterai sangat bagus. Dengan pols pemakaian saya, bsterai bisa bertahan hingga dari jam 06.00 pagi hingga jam 24.00 malam. Sisa baterai 20 persen. Ketahanan baterai berkurang saat digunakan bermain game atau di tempat yg sinyal kurang baik. Sejauh ini saya cukup puas dengan kedua ponsel ini.

            Rentang harga kedua ponsel juga tidak begitu jauh.

            Sekian sharing dari saya pak herry.

            Terima kasih

          • Herry SW says:

            Pak Andrew Rooroh,

            Terima kasih atas sharing-nya.

            1. Ok.

            2. Wah, daya tahan baterainya oke juga ya.

  59. Luqman surabaya says:

    Apa zenfone max worth to buy buat pemakaian max 2thn k depan ?? Lalu apakah sensor gps ny akurat? Karena saya pasti instal navitel buat offline gps. Karena saya bukan tipe yng suka gonta ganti hp, rata2 baru 2thn baru ganti hp. Tertarik sama zenfone max karena daya tahan baterei nya. Untuk ketiadaan fast charging tidak jadi masalah. Untuk performa gak masalah, karena pernah pake hp dngn chip 410 juga.

    • Herry SW says:

      Pak Luqman Surabaya,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai plus kamera yang bagus, layak sih.

      GPS-nya baik-baik saja. Saya tak pernah coba Navitel.

  60. Renaldi says:

    saya suka banget sama produk-produk Asus…

  61. Raditya says:

    Pak Herry,
    Izin bertanya nih pak, kira2 nanti kalau lenovo vibe p2 beredar di Indo mau mereview pak?
    Denger2 lenovo sedang membuat lenovo vibe p2 dengan AMOLED screen dan lebih tipis dari lenovo p1 turbo.

    Lalu apakah masih worth membeli lenovo vibe p1 turbo? atau menantikan penerusnya pak? (lenovo vibe p2)

    • Herry SW says:

      Pak Raditya,

      Lah… barang yang statusnya masih rumor kok sudah ditanyakan.

      Ya mana tahu. Alasannya, pertama, Vibe P2 masih berstatus rumor. Kedua, ponsel itu belum dijual. Ketiga, saya belum mencobanya. Apa tidak lebih baik sekalian menantikan Vibe P5? Pasti lebih canggih tuh.

  62. ari says:

    Lenovo p1 turbo dibanding hisense pureshot
    Lebih bagus mana
    1.kualitas kameranya
    2.peformanya lebih gegas mana
    3.dan build qualtynya lebih bgus mna

  63. Derry says:

    pak herry izin tanya

    saya berniat membeli asus zenfone 2 laser
    tapi jadi ragu…
    soalnya banyak yg bilang asus brand abal2 dan produk zenfone gampang sekali rusak
    yg saya tanyakan
    1. apa benar asus tu brand abal2
    2. apa benar produk zenfone tuh gampang sekali rusak??
    3. banyak yg bilang zenfone tuh banyak keluhan… apa benar bgtu pak?

    {sekian… saya tunggu jwbn nya

    • Herry SW says:

      Pak Derry,

      Yang ngomong siapa nih? Penjual ponsel Oppo, Lava, Huawei, atau Coolpad? 🙂

      1. Tidak benar. Asus adalah merek global asal Taiwan.

      2. Tidak benar.

      3. Benar, tetapi dulu, zaman Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone 6, dan Zenfone 2. Mulai generasi Zenfone 2 Laser telah membaik signifikan.

  64. Derry says:

    pak herry
    kalo zenfone Go series tuh generasi Zenfone 2 laser bukan
    terus bagaimana… apa zenfone go series juga banyak keluhan??
    trimakasih aku nantikan jawaban pak herry

  65. PASHA says:

    pak herry,
    apa ponsel asus sekarang masih seburuk generasi pertama.. sperti zenfone 4,5,6?
    apa ponsel asus keluaran 2016 masih banyak trouble seperti yg dulu??
    sekian trimakasih

  66. Raja says:

    Pak Herry terhormat saya pemilik p1 turbo. Saya ingin menanyakan 1 hal yg menurut saya sangat mengganggu. Jadi begini saya kan suka memindahkan memory aplikasi dari internal ke micro sd. Saya juga suka pakai android launcher bukan yang vibe ui karena bisa memilih shortcut aplikasi yang kita suka saja ke homescreen. Nah yang jadi masalah shortcut aplikasi yang memorynya saya atur ke micro sd kenapa setiap hp tersebut saya restart selalu hilang ya? Jadi saya selalu bersusah payah untuk menambahkan kembali shortcut2 aplikasi tersebut ke homescreen setelah merestart hp itu.. Tolong bantuannya ya.. Terima kasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Raja,

      Maaf, tak tahu. Kebetulan saya memang membiasakan diri menginstalasikan aplikasi tambahan ke memori internal. Jadi, saya belum pernah mengalami hal yang Anda sebutkan.

  67. Raja says:

    Satu lagi ko.. Kamera P1 Turbo sayang banget ya ga ada fitur on off suara shutternya / jepretannya.. Yang aku tau caranya ya mesti ubah profile jadi silent atau getar klo nda gitu ya mesti install aplikasi kamera pihak 3.. 🙁

  68. Ferdi says:

    Maaf klo keluar dari topik, saya bingung milih antara samsung j7 prime dan lenovo turbo ini. Mungkin anda bisa bantu saya kasih saran? Disamping itu saya juga lagi menunggu motorola
    Moto m ( keluaran lenovo juga) tapi blum tau rilisnya kapan di indonesia. Specnya juga bikin ngiler. Terima kasih ya koh.

    • Herry SW says:

      Pak Ferdi,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy J7 Prime. Samsung selain seri S dan Note sih biasanya kurang bagus.

  69. Andi says:

    Sekedar share Pak Herry, sy pengguna Vibe K4 Note. Tertarik beli krn dapat kacamata VR, yg ternyata malah nggak pernah sy pakai. Krn tidak ada fast charging, sy charge dari malam 24.00. Kalau hp mati, pagi jam 7 sudah full. Kalo hp nyala, seringkali belum full. Baterai cepat habis. Siang jam 14.00 harus charge lagi. Ini sekarang mau beli P1 Turbo, mumpung harganya sudah nggak semahal dulu.

    • Herry SW says:

      Pak Andi,

      Kalau ponsel di-charge dalam kondisi padam, sejak pukul 24.00 baru penuh pukul 07.00? Berarti total tujuh jam? Kondisi itu tidak normal lho. Anda menggunakan charger bawaan atau charger lain?

      • Andi says:

        Awal pertama kali beli, charge 4 jam sudah penuh kalo mati, 5 jam kalo nyala. Saya charge dengan charger P780 lama sy, kadang ganti dgn charge K4 Note. Bentuknya sih sama, cuma spesifikasi ampere di charge nya nggak kebaca krn sudah pudar. Cuma akhir2 ini tambah lama, yah menurut sy krn baterenya. Waktunya ganti hp hehehe

  70. Pamor says:

    Pagi Om Herry,
    Salam keren dr saya di Semarang. Hahaha…
    Pertama saya sampaikan salam dr rekan jurnalis Om, dr harian W*w*san. Namanya Mbak Rita. 🙂
    Saya sempat bahas HP merujuk dr hasil review Om Herry ke dia. Dia bilang ada satu jurnalis yg kritis bidang HP2an, namanya Ko Herry. Jahhhh… malah dia tau sumber saya mreview HP, dan ternyata teman sesama Jurnalis serta dia ingat kalau Om Herry hafal tempat makan enak. >_< wkwkwk…

    Btw Om, kembali ke laptop: saya ada bingung mau beli Smartphone antara Zenfone 3 Max ZC553KL yg RAM 3/ ROM 32GB laser autofocus, atau Lenovo P1 Turbo. Sama2 sdh fast charging dg baterai besar juga.

    Mungkin ada pertimbangan lain yg Om Herry tau. Dan yg terpenting smg Om Herry sdh prnh nyoba ZC553KL walau blm ditulis di ponselmu.com. Trm ksh banyak Om sblmnya. 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Pamor,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Senin-Selasa lalu saya berada di Semarang lho. 🙂

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 3 Max yang ZC553KL. Yang pernah saya coba Zenfone 3 Max ZC520TL. Dugaan saya (sebatas dugaan ya), kamera ZC553KL lebih bagus daripada Vibe P1 Turbo. Namun, dalam hal kegegasan, Vibe P1 Turbo masih lebih unggul.

  71. Fitri Anggraeni says:

    Selamat siang koh HSW
    Mau tanya soal lenovo vibe P1 Turbo. Dengan berat yang mencapai 200 gr itu menyulitkan dalam genggaman pengguna atau tidak?

  72. Fitri Anggraeni says:

    Selamat siang pak HSW
    Untuk ukuran, lenovo vibe p1 Turbo kan 200grm. Kira kira masih nyaman di genggam atau di gunakan?

    • Herry SW says:

      Bu Fitri Anggraeni,

      Tadi pagi saya yakin sudah menjawab pertanyaan yang sama dari Anda. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *