Ponsel Baru kok Bermasalah?

Anda usai membeli ponsel baru di sebuah toko ponsel. Saat memakainya, Anda merasa ponsel itu tidak normal. Bete? Wajar. Siapa sih yang tidak jengkel bila ponsel yang masih berbau kardus ternyata sudah bermasalah.

Sebelum mengajukan komplain, tak ada salahnya Anda mengecek ulang dulu. Siapa tahu ponsel baru Anda itu sebenarnya baik-baik saja. Malu dong kalau terlanjur menyemprot penjual, padahal Anda yang sebenarnya kurang cermat. Inilah beberapa hal yang sepele, tetapi berpotensi membuat pemilik ponsel baru salah sangka.

Baru sehari, layar sudah tergores. Anda membeli ponsel keluaran terbaru yang harganya mencapai jutaan rupiah. Penjual menyatakan layar ponsel itu telah menggunakan Corning Gorilla Glass yang antigores. Eh, tak sampai 24 jam, di permukaan layar ponsel terlihat ada goresan.

Jangan langsung naik pitam saat mengalami hal itu. Perhatikan baik-baik layar ponsel Anda. Ketika baru dikeluarkan dari kardus, layar sebagian ponsel dilapisi lembaran plastik tipis. Lembaran plastik itu ada yang mudah sekali dideteksi. Anda pasti mengenalinya dan mungkin langsung ingin melepaskannya.

Sebaliknya, ada pula lembaran plastik pelapis layar yang pemotongan dan pemasangannya sangat presisi. Tampilannya sama dengan pelindung layar alias screen protector yang biasa dijual Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu. Kalau tidak dicermati, Anda takkan menyadari keberadaannya. Nah, lembaran plastik di ponsel baru itu yang mungkin tak sengaja tergores. Anda tinggal melepaskannya. Beres deh.

Satu informasi tambahan, sebaiknya Anda tidak menganggap layar dengan Corning Gorilla Glass mustahil tergores. Hal yang lebih tepat, permukaan layar itu lebih sulit tergores dibandingkan permukaan layar biasa.

Hasil jepretan kamera buram, bahkan kebiru-biruan. Karena dibekali kamera belakang 20 megapiksel dan kamera depan lima megapiksel, Anda berharap akan leluasa menghasilkan foto yang tajam. Ketika foto yang dihasilkan ternyata buram, rasa kecewa pun membuncah. Darah naik ke ubun-ubun, siap melabrak penjual ponsel.

Eits… tahan dulu emosi Anda! Hasil jepretan kamera mana yang Anda anggap jelek? Kalau kamera belakang, perhatikan area di sekitar kamera. Jangan-jangan Anda belum melepaskan plastik yang melapisi lensa kamera. Bila plastik yang masih terpasang itu tidak bening, ketajaman foto yang dihasilkan pasti takkan maksimal. Apalagi, bila plastik pelapis tersebut itu berwarna biru semitransparan seperti yang menempel di kamera beberapa tipe ponsel.

Sementara itu, kalau yang dinilai buruk adalah hasil jepretan kamera depan, Anda perlu memperhatikan satu hal. Apakah ada lapisan plastik yang menutupi kamera depan? Lapisan plastik di sini bisa bermakna plastik bawaan pelapis layar maupun pelindung layar (screen protector) tambahan yang Anda pasangkan.

Hasil foto tetap terlihat buram? Usaplah permukaan kamera menggunakan lap yang halus. Seandainya masih buram dan Anda yakin kamera itu cacat, silakan segera meluncur ke toko tempat Anda membeli ponsel tersebut.

Tampilan layar tidak tajam dan cenderung gelap. Pemilik ponsel biasanya mengidamkan tampilan layar yang tajam, halus, dan cemerlang. Karena ketidaktahuan konsumen, mereka biasanya mengiyakan saat penjual menawarkan pelindung layar jenis antiminyak, antiglare, atau antispy. Pemakaian pelindung layar jenis tersebut akan mengurangi intensitas cahaya yang ditangkap mata. Tampilan layar menjadi terlihat lebih gelap daripada seharusnya.

Kalau Anda mengalami hal itu, tak perlu bingung. Solusinya mudah kok. Lepaskan pelindung layar yang terpasang. Bila tetap ingin menambahkan pelindung layar, pilihlah pelindung layar yang bening alias clear.

59 thoughts on “Ponsel Baru kok Bermasalah?

  1. Wah gitu ya, untuk tempered glass apa kualitasnya hampir sama dengan gorilla glass / dragontail ? Kalo di pasangin tempered glass apa layarnya jadi kurang responsif?

    1. Pak Sena,

      Kalau tempered glass-nya yang bagus sih tampilan layar tetap akan cemerlang. Layar tetap responsif dan licin. Kalau pakai tempered glass yang murah meriah, bakal terasa ada penurunan responsivitas. Yang paling terasa sih biasanya layar menjadi lebih kasat. Tidak licin.

  2. Hahaha saya jadi ingat G4 yang saya kasih anak saya di singapura Pak. Sampai saat ini masalah wifi di apartemen yang saya tanyakan waktu itu belum terpecahkan. G4 tersebut dipakai di sekolah, hotel dll gak bermasalah dengan wifi. Awalnya gak bisa terhubung wifi sama sekali. Tau tau kemudian tiba2 bisa konek tapi cuma bisa buat BBM , sedangkan line , wa , apalagi YouTube gak bisa Pak. Mau protes ke pemilik apartemen ya gak mungkin karena Ipad laptop anak saya gak masalah tuh. Cuma ya bete khan Pak wong sehari hari dia pasti lebih banyak pegang HP. Namanya saja mahasiswa Pak kalau pakai kuota beli ya sayang uanglah Pak. Jadi nyesel saya , maunya kasih dia hadiah ulang tahun malah bikin susah dia sekarang, padahal G3 nya sudah telanjur saya bawa pulang dan jual . Barangkali ada pihak LG baca di blog Pak Herry dan bisa kasih saya solusi nih Pak hehehe.

    1. Pak Sofy,

      Kasus yang dulu itu masih belum beres tho. Kalau mau coba, minta tolong pihak apartemen untuk me-reset router Wi-Fi-nya satu kali saja. Bila tetap tidak menyembuhkan masalah, terus terang saya juga bingung.

  3. Tambahan saja Pak Herry, ada baiknya saat sudah memutuskan akan membeli ponsel baru, kita minta pihak penjual untuk bersama-sama mengecek kondisi fisik barang yang dibeli dan dicoba kan semua fungsi dan fitur barang tersebut, daripada sudah terlanjur dibawa pulang dan tau ada masalah dengan barang tersebut di luar area toko. Saya saat ini lagi penasaran sekali dengan Infinix Zero 3 yang sudah Pak Herry review, tapi di Lazada barang nya masih kosong terus, mungkin ada info pak kapan kira-kira akan tersedia lagi barang nya, dan apa ada kemungkinan saya bisa membeli unit infinix zero 3 bekas Pak Herry, daripada nunggu Lazada kelamaan… Sukses Terus untuk Pak Herry dan blog Ponselmu.com..

    1. Pak Charles,

      Iya, kalau kondisi memungkinkan memang lebih baik dibuka dan dicek di tempat.

      Belum tahu nih kapan Zero 3 akan tersedia lagi. Punya saya sudah dibeli oleh teman yang kesulitan mendapatkannya di luaran, baik offline maupun online.

      Terima kasih atas doanya.

  4. Pak Herry, maap nih oot, apa Pak Herry punya tips cara membedakan SD card palsu dengan yg asli? Adakah aplikasi android atau PC untuk test keaslian?

    Tmen saya punya sd card sandisk 16 GB, saya liat di komputer pun kapasitasnya 16gGB. Tapi kalo saya copykan file 11 GB tidak bisa. Padahal masih kosong.

    1. Jika alasannya tidak bisa copy file 11GB, kemungkinan itu karena format SD nya FAT32. Coba untuk diformat menjadi FAT saja jika mau dipasang ke media portable, jika digunakan untuk PC bisa pakai NTFS tetapi SD tidak akan terdeteksi di media portabel seperti ponsel.

      Btw, harga memory jenis NAND (MicroSD / Flashdisk / SSD) sekarang memang murah kok Pak Herry. Saya kulakan MicroSD Sandisk UHS1 Class 10 16GB di harga 45ribu, flashdisk Sandisk 16GB 40ribu, semua barang asli resmi dari Astrindo / Datascrip.

      Untuk produk NAND palsu yang banyak beredar merk Sandisk, Samsung, Toshiba, Kingston, Transcend, jadi hati2 dengan merk tersebut, untuk merk lain saya belum menemukan palsunya di pasaran.

      1. Pak Daru Kartiko Novianto,

        Ah iya, Anda benar. Tadi saya nggak terpikir sampai ke FAT32 dan NTFS.

        Kalau microSD 64 GB berapa, Pak? Kadang saya lihat di Lazada cuma Rp 60 ribuan sehingga saya mencurigainya. USB flash disk 64 GB juga banyak yang RP 60 ribuan.

        1. MicroSD 64GB class 10 harganya minimal 150 ribu pak, dibawah itu kemungkinan palsu atau kalaupun asli ya bukan produk resmi / tidak ada garansinya, biasanya toko impor sendiri dari Cina. Yang banyak merk Samsung dan Sandisk, tapi harganya cuma 10-20ribu dbawah harga produk resmi, kalau ekstrim sampai 60ribu dijamin palsu, hehe.

          Saran dari saya buat semua pembaca, kalau beli microSD online beli merk yang belum ada palsunya dan pasti resmi, merk Adata / Team itu dijamin asli dan garansi resmi replace lifetime. Kalau beli offline, beli yang ada segel distributornya buat garansi replace dan jaminan keaslian.

          1. kalo merk vgen gimana ya? soalnya mereka juga menawarkan garansi lifetime dan dijual dengan harga masih masuk akal

            ane pake vgen sejak punya HP pertama yg support kartu memori, nokia 6600

          2. Pak You,

            V-Gen memang laris karena murah. Namun, terus terang saya kurang yakin dengan daya tahannya. Baru dipakai beberapa bulan mendadak tak bisa digunakan lagi.

  5. bung HSW

    Maaf 007′
    masih adakah produk LG G2 yang masih baru?
    jika ada di wilayah kota Tegal jawa tengah ,
    di mana saya bisa mendapatkannya?
    ~terima kasih~

    1. Pak Yoobee,

      Ini friendly reminder terakhir ya. Bila kelak Anda masih menggunakan “007” sebagai pengganti “OOT”, pertanyaan Anda akan saya abaikan.

      Masih ada di gerai Erafone. Nah, masalahnya saya tak tahu di Tegal ada Erafone atau tidak.

  6. Jika lensa kamera sudah bersih, tapi hasil foto selfie tetep jelek, janganlah terburu2 menyalahkan gadget anda karena jangan2 wajah anda yang memang ……. :p

  7. Pak Herry, mau minta saran smartphone apa yang bagus buat game, ram besar, tidak mudah panas, awet , layar besar.

  8. Om HSW, Saya berencana mengganti ponsel cadangan / feature phone.
    Kriteria yg sy inginkan: dual simcard or more, long life batt, candy bar/simple.
    Thanks

  9. Tambahan pak Herry,
    saya pernah membeli baterai aftermarket dan lupa/tidak saya lepas plastik yang menutupi kutub2 positif/negatif yang saking tipisnya sampai samar sekali. Dan mungkin bisa saja kasus tersebut terjadi pada setiap pembelian gawai baru yang biasanya baterainya belum terpasang.

  10. Sudah direset Pak. Tapi tidak menyelesaikan masalah . Anak saya juga gak bisa apa apa karena masalah hanya pada G4 itu saja. Anak lain juga gak punya masalah. Di sana internet sudah 5G Pak.

  11. Tetapi untuk urusan kamera anak saya puas Pak Herry. Kemungkinan nanti kalau dia pulang saya coba bawa ke servis senter LG saja, karena waktu saya menanyakan ke servis senter LG by phone tidak mendapat jawaban yang pas sepertinya.
    Terima kasih banyak Pak untuk tanggapan yang cepat. Sukses selalu untuk Pak Herry.

  12. Bung HERRY

    kakak saya baru pulang dari arab saudi membawa pulang samsung galaxy J5 baru, yang diBeliNya dari sana cuma dengan 1 juta rupiah saja,
    padahal kalau diSiniKan harus diTebus dengan mahar 2,599 juta.

    mengapa harga smartphone disini jauh lebih mahal (hingga mencapai harga 2X lipat lebih)?
    ~terima kasih~

    1. Pak ??? (ehmm.. siapakah nama Anda?),

      Saya tak terlalu hafal kuliner Jogja. Beberapa yang saya tahu dan gemari:
      * Sate Ayam Podomoro di Jl Mataram.
      * Gudeg Yu Djum. Ada beberapa cabang. Yang paling mudah dijangkau cabang Jl Dagen (dekat Malioboro).
      * Bakso Bethesda di samping Rumah Sakit Bethesda.
      * Gudeg Sagan di Jl Prof Dr Herman Yohanes (dekat Mal Galeria).
      * Beli gorengan di Alun-Alun Utara Kraton. Yang paling saya suka dan sulit saya temukan di Surabaya adalah gelek (seperti onde-onde, tetapi lebih besar dan tanpa isi).
      * Ayam Goreng Mbah Cemplung. Mudahnya ini ayam goreng rasa ndeso. Lokasinya di Bantul. Jauh dari pusat kota Jogja dan harganya tidak murah. Untuk ukuran Surabaya pun tergolong mahal.

  13. Pak herry,
    Kalau dibandingkan antara LG g pro 2, infinix zero 3 atau xiaomi mi4i pak herry lebih merekomendasikan yang mana? Atau adakah hp lain yg dibawah 3 juta dgn spek yg mirip2 dgn ketiga hp tsb yg pak herry rekomendasikan? LG g pro 2 memang sudah lama keluar tapi sekarang hrgnya sudah sekitar 3 juta, kira-kira masih ok ga ya speknya utk saat ini

    1. Pak Ferdy,

      Saya memilih Zero 3.

      G Pro 2 memang barang bagus kok. Namun, buat saya, ada dua hal yang mengurangi daya tarik. Pertama, ukuran fisik terlalu besar. Kedua, bukan dual SIM.

  14. Sedikit komen utk pak yoobee
    Tahun 2012 saya ke arab,disana memang hp nya murah2, saya pun tertarik utk beli,tapi ketika coba barang nya ternyata itu tdk ori atau mungkin istilahnya supercopy, dan penjualnya pun akhirnya mengakui kl itu bukan brg ori
    Jadi mungkin hrs di cek lg ke ori annya

  15. Balasan komen buat pak Ferdy
    saya yakin kok samsung galaxy J5 yg di bawa pulang itu 100persen orisinil.
    terlihat dari jernih cerahNya layar yang menggunakan Amoled.
    lalu dari baterainya yg bisa dilepas berkapasitas 2600mah buatan samsung.
    cuma made in vietnam, mungkin samsung mendirikan perusahaan di sana.

  16. Om Herry yg baik.. Seberapa pentingkah update system hrs kita lakukan? saya pemakai xiaomi redmi note 3g yang dr baru smp skr blm pernah melakukan pembaruan system, soalnya ada temen yg bilang klo system yg baru gak kompatibel sma hardwarenya nanti malah bikin hp kita lemot, mohon pencerahannya yang Om, makasih sblmnya Om Herry..

    1. Pak Wahyu Widi,

      Update firmware biasanya menyembuhkan bug di versi lama dan memberikan aneka penyempurnaan lain.

  17. Dear Pak Herry,

    Mohon maaf, sy wong ndeso gak tau caranya pembaharuan sistem atau update firmware. Bagaimana caranya sy bisa mendapatkan atau melakukan update firmware tsb? Buat Pureshot sy. Kalo sudi tolong dijelaskan secara detail ya Pak khususnya untuk HP pureshot. Tks a lot.

    1. Pak Vicky,

      Sialkan langsung masuk ke menu update firmware di ponsel Anda, lalu ikuti petunjuk di layar ponsel.

    1. Pak Buds,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Yang paling sederhana, saat Anda bertelepon dan mendekatkan ponsel ke telinga, layar ponsel tidak bisa otomatis padam.

  18. Halo om Herry, Untuk hp saya rasanya mudah sekali lag dari baru beli, apalagi saat mengakses browser bawaan, kalau lag ngga ada pertolomgan selain restart dgn menekan 2 tombol. Oh ya, misc itu apa ya? Bisakah di hapus ?
    Hp saya asus zenfone 2 laser ze550kl. Terimakasih.

    1. Bu Nisrina,

      Hmm… ZE550KL seharusnya tidak nge-lag saat mengakses browser bawaan. Apakah Anda sudah menginstalasikan aneka aplikasi tambahan? Kalau iya, apa saja?

      Restart dengan menekan dua tombol? Maksudnya gimana ya?

      Misc itu kalau ditekan akan menunjukkan folder-folder data. Yang tidak diperlukan boleh dihapus.

      1. Restart dengan 2 tombol maksudnya dengan menekan tombol power dan tombol volume – 🙂
        .
        Berhubung browser bawaan sering lag, browser yg sering saya pakai sekarang UC browser.
        .
        Aneka aplikasi tambahan kebanyakan kamus berbagai bahasa dan aplikasi editing fotografi seperti vsco, picsart, snapseed, kamera fv-5 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *