By

Review Asus Zenfone 2 Laser: Titik Balik Status Kelayakan Beli

Berawal dari ingin mencoba lampu kilat, ujung-ujungnya justru menguji pakai dan mengetikkan review ponsel lebih dulu. Itulah yang penulis alias HSW alami kala berminat mencicipi Zenflash. Lampu kilat eksternal yang ditawarkan Asus itu kebetulan tidak kompatibel dengan ponsel merek lain. Ia hanya dapat dipadukan dengan ponsel Asus tipe tertentu.

Singkat cerita, HSW memadukan Zenflash dengan Asus Zenfone 2 Laser. Saat itu di pasar baru tersedia dua varian Zenfone 2 Laser berkode tipe sama: ZE500KG. Keduanya dibekali layar lima inci dan RAM 2 GB. Bedanya, satu varian mempunyai ROM 8 GB, satu lagi ROM 16 GB. Varian kedualah yang penulis uji pakai.

Zenfone 2 Laser-1

Karena masih turunan dari Zenfone 2 yang tahun lalu telah penulis kupas di blog Ponselmu.com, desain umum Zenfone 2 Laser menyerupai ponsel itu. Di sisi kiri dan kanan ponsel sama sekali tidak terdapat tombol. Tombol volume diletakkan di bagian belakang ponsel.

Sementara itu, tombol power dan konektor handsfree berkabel diposisikan di atas. Konektor micro USB untuk menghubungkan charger berada di sisi bawah ponsel. Kalau penutup belakang Zenfone 2 Laser dicopot, bakal terlihat dua selot kartu micro SIM dan satu selot kartu microSD. Ada pula baterai berkapasitas 2.070 mAh yang mudah dilepas pasang.

Zenfone 2 Laser-3

Kamera utama ponsel sanggup menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sesuai namanya, Zenfone 2 Laser, kamera tersebut dibekali fokus otomatis laser (laser autofocus). Teknologi yang kali pertama diimplementasikan di LG G3 pada 2014 itu memungkinkan proses fokus yang lebih cepat dan akurat.

Selain dibekali lampu kilat ganda, kamera belakang Zenfone 2 Laser memiliki beragam pilihan mode. Di antaranya, manual, HDR, beautification, low light, dan depth of field. Pada mode manual pengguna leluasa mengubah aneka parameter pemotretan. Kecepatan rana alias shutter speed, misalnya, bisa diatur antara 1/2 detik dan 1/1000 detik. ISO alias ASA juga dapat diubah di rentang 50 hingga 800.

Zenfone 2 Laser-32

Zenfone 2 Laser-35

Ketika memotret di lokasi yang kurang terang, pengguna dapat memilih mode low light. Foto yang dihasilkan akan terlihat lebih terang daripada bila memakai mode otomatis/normal. Ingin memotret boneka atau segelas es kopyor? Supaya objek itu terlihat lebih menonjol, aktifkan mode depth of field. Latar belakang objek akan tampak kabur nan artistik. Bahasa kerennya, bokeh.

Mengacu kepada serangkaian uji coba, HSW merasa puas dengan kinerja kamera utama Zenfone 2 Laser. Fokus otomatis lasernya benar-benar terasa lebih cepat daripada fokus otomatis konvensional. Kondisi itu paling terasa ketika kamera ponsel sengaja diajak berpindah membidik dari satu objek ke objek lain.

Seberapa cepat? HSW tidak memiliki alat ukur yang sangat presisi. Sekadar gambaran, sekilas kecepatan pemfokusan Zenfone 2 Laser setara dengan LG G3. Namun, masih belum bisa menandingi fokus otomatis laser di LG G4. Asal tahu, sepasang ponsel LG itu tergolong ponsel kelas atas alias flagship. G3 hadir dua tahun silam, sedangkan G4 keluaran tahun lalu.

Sementara itu, Zenfone 2 Laser diposisikan sebagai ponsel kelas menengah. Seiring bergulirnya waktu, teknologi fokus otomatis laser tentu telah mengalami perkembangan. Karena itu, tak perlu heran kalau kecepatan fokus otomatis laser Zenfone 2 Laser relatif imbang dengan G3.

Zenfone 2 Laser-2

Menurut HSW, hasil jepretan Zenfone 2 Laser pantas dikategorikan bagus di kelasnya. Bahkan, diadu dengan kamera 13 megapiksel Zenfone 2 (ZE551ML) varian RAM 4 GB dan ROM 32 GB pun, foto yang dihasilkannya masih lebih bagus. Padahal, resolusi kamera Zenfone 2 Laser yang HSW gunakan lebih rendah. Harga jual Zenfone 2 Laser yang berdimensi fisik 143,7 x 71,5 x 3,5 milimeter dan berat 145 gram itu juga lebih murah.

Dengan memanfaatkan mode manual, HSW sukses mengabadikan tetesan minuman berwarna merah. Pancaran air yang menyembur dari selang juga sukses dijepret oleh Zenfone 2 Laser. Kiat memotretnya sederhana. Carilah tempat yang terang dan aturlah kecepatan rana di posisi tertinggi, yaitu 1/1000 detik.

Aktivitas tersebut dapat dilakukan secara mandiri seperti yang HSW lakukan. Namun, bila kondisi memungkinkan, sebaiknya pengguna dibantu orang lain yang bertugas meneteskan minuman atau menyemprotkan air. Dengan begitu, pengguna bisa lebih berkonsentrasi memotret.

Beralih ke kamera depan. Kamera tanpa fokus otomatis dan lampu kilat itu sanggup menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera ponsel Android 5.0.2 Lollipop tersebut mampu memproduksi klip video full HD 1080p.

Pengguna Zenfone 2 Laser yang ingin melakukan swafoto (selfie) dan terlihat lebih imut, biasanya wanita nih…, boleh menjajal mode beautification. HSW juga sempat mencicipi mode tersebut. Hasilnya, permak wajah yang dilakukan tidak se-lebay Zenfone 2. Inilah buktinya.

Zenfone 2 Laser-38

Zenfone 2 Laser-37

Spesifikasi lain Zenfone 2 Laser, antara lain, prosesor 64-bit empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Ketika ponsel kali pertama dinyalakan, sisa memori internal mencapai 10,16 GB.

Bentang layar ponsel itu lima inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel. Karena telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 4, permukaan layar relatif lebih tahan terhadap goresan dan benturan. Untuk menyalakan maupun memadamkan layar, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali.

Zenfone 2 Laser mendukung USB On-the-Go (USB OTG), radio FM, dan layanan internet berbasis HSPA+ dengan kecepatan unduh hingga 42 Mbps. Ponsel itu juga dilengkapi kids mode, perekam percakapan telepon, dan penyaring panggilan telepon maupun SMS masuk. Dengan kids mode, pengguna bisa menentukan aplikasi apa saja yang boleh dimainkan oleh anaknya. Durasi pemakaian ponsel dapat pula dibatasi.

Zenfone 2 Laser-33

Zenfone 2 Laser-34

Dua nomor GSM, semuanya memakai kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan di Zenfone 2 Laser. Pengguna bebas memilih nomor mana yang akan dipakai untuk berinternet. Boleh nomor di selot SIM1, boleh pula nomor di selot SIM2. Nomor yang dipilih selanjutnya leluasa berpindah-pindah dari jaringan 2G ke 3G atau sebaliknya.

Kalau dirangkum, selama menguji pakai Zenfone 2 Laser, HSW merasakan ponsel itu relatif gegas kala dipakai menjalankan beragam aktivitas. Performa kameranya juga layak mendapatkan acungan jempol. Meskipun terlihat sepele, ketersediaan fitur ketuk-ketuk layar untuk menyalakan dan memadamkan layar sangat berguna.

Ya, Zenfone 2 Laser memang tidak lepas dari sisi minus. Tombol navigasi di bawah layar tidak dilengkapi lampu. Ponsel tersebut juga mengandung banyak bloatware. Namun, menurut HSW, dua poin negatif itu bersifat minor. Soal tombol navigasi yang tanpa cahaya latar, pengguna cukup beradaptasi tak lebih dari sehari. Sedangkan terkait aplikasi bawaan yang bejibun sehingga pantas disebut bloatware, mayoritas dapat dihapus alias di-uninstall kok.

Kesimpulan akhir versi HSW, Zenfone 2 Laser menjadi titik balik status kelayakan beli ponsel Asus. Untuk kali pertama sejak 2014, HSW mempersilakan calon konsumen membeli ponsel Asus. Zenfone 2 Laser pantas dipinang.

Ketika HSW mengetikkan ulasan ini, di pasar sedang beredar tiga varian Zenfone 2 Laser. Pertama, layar 5 inci, RAM 2 GB, ROM 8 GB, kamera utama 8 megapiksel, belum mendukung 4G LTE, dan baterai 2.070 mAh. Harga pasarannya Rp 1,75 juta sampai Rp 1,8 juta. Kedua, layar 5 inci, RAM 2 GB, ROM 16 GB, kamera utama 8 megapiksel, belum mendukung 4G LTE, dan baterai 2.070 mAh. Varian inilah yang HSW gunakan dalam uji pakai. Rentang harga jualnya Rp 1,85 juta sampai Rp 1,9 juta.

Ketiga, layar 5 inci, RAM 2 GB, ROM 16 GB, kamera utama 13 megapiksel, siap dipakai menikmati layanan 4G LTE, dan baterai 2.400 mAh. Toko-toko ponsel seringkali membanderolnya Rp 2,05 juta sampai Rp 2,1 juta. Dengan memperhatikan selisih harga jual dan spesifikasi, HSW merekomendasikan Anda membeli varian ketiga.

Kelak seharusnya ada Zenfone 2 Laser varian keempat, kelima, dan keenam yang didistribusikan resmi ke Indonesia. Apa saja? Keempat, layar 5,5 inci, ROM 16 GB, kamera utama 13 megapiksel, belum mendukung 4G LTE, dan baterai 3.000 mAh.

Kelima, layar 5,5 inci, RAM 2 GB, ROM 16 GB, kamera utama 13 megapiksel, 4G LTE, dan baterai 3.000 mAh. Terakhir alias keenam, layar enam inci, RAM 3 GB, ROM 32 GB, kamera utama 13 megapiksel, 4G LTE, dan baterai 3.000 mAh.

***

Contoh foto yang dihasilkan Zenfone 2 Laser.

Zenfone 2 Laser-4

Nama panjang depot ini cukup unik. Bar mangan wareg. Maksudnya, setelah makan akan kenyang. Harga dan cita rasa makanan belum HSW ketahui. Sebab, saat melewati depot itu, HSW terlanjur menikmati semangkuk bakso, sepiring nasi goreng jawa, dan segelas es kopyor di depot lain.

Zenfone 2 Laser-5

Zenfone 2 Laser-6

Zenfone 2 Laser-7

Zenfone 2 Laser-8

Zenfone 2 Laser-9

Zenfone 2 Laser-10

Zenfone 2 Laser-11

Zenfone 2 Laser-12

Zenfone 2 Laser-13

Zenfone 2 Laser-14

Memotret serangga dari jarak dekat. Agar Anda bisa memperkirakan ukurannya, HSW letakkan sekeping uang logam pecahan Rp 100.

Zenfone 2 Laser-15

Kalau di-crop, seperti ini penampakan si serangga.

Zenfone 2 Laser-16

Kini mencoba mode depth of field.Β 

Agar Anda dapat membandingkannya, HSW mulai dengan memotret mainan ini memakai mode otomatis. Perhatikan tingkat kekaburan deretan kardus ponsel di latar belakang.

Zenfone 2 Laser-17

Sekarang mode depth of field dalam posisi aktif. Deretan kardus ponsel di latar belakang terlihat lebih kabur daripada sebelumnya.

Zenfone 2 Laser-18

Satu contoh lain hasil jepretan mode depth of field. Proses mengaburkan latar belakang objek lewat olah digital otomatis kadang tidak sempurna. Cermatilah mangkuk biru dan putih di dekat sendok yang “lupa” dibuat blur.

Zenfone 2 Laser-19

Saatnya menjajal mode low light. Kalau mode itu tidak diaktifkan, hasil pemotretan seperti ini.

Zenfone 2 Laser-20

Ketika mode low light diaktifkan, hasil foto akan terlihat lebih terang. Kelemahannya, bila objek bergerak sedikit saja, objek itu bakal tampak kabur. Sebab, kecepatan rana alias shutter speed mode low light cenderung rendah.

Zenfone 2 Laser-21

Mode manual memungkinkan pengguna Zenfone 2 Laser melakukan beragam eksperimen. Salah satunya, memotret tetesan air. Untuk melakukan hal itu, HSW sengaja memesan segelas Fanta merah di sebuah restoran cepat saji.

Tetesan minuman sukses diabadikan. Foto terlihat kurang cemerlang. Titik fokusnya pun kurang tepat. Mengapa? Sebab, HSW harus membagi konsentrasi. Tangan kiri meneteskan minuman, sedangkan tangan kanan memegang ponsel. Idealnya ada orang lain yang membantu meneteskan minuman.

Zenfone 2 Laser-22

Masih memotret tetesan minuman. Kali ini hasil fotonya lebih fokus.

Zenfone 2 Laser-23

Korban keisengan HSW. Tisu dan baki basah oleh minuman. πŸ™‚

Zenfone 2 Laser-24

Masih bermain-main dengan mode manual. Kali ini memotret air yang disemprotkan via selang.

Zenfone 2 Laser-25

Bila di-crop, inilah hasilnya.

Zenfone 2 Laser-26

Masih mau melihat contoh foto lagi? Foto berikut ini dijepret memakai mode otomatis. Lampu kilat padam. Perhatikan bayangan tubuh HSW.

Zenfone 2 Laser-27

Tetap memakai mode otomatis, tetapi lampu kilat diaktifkan. Bayangan tubuh HSW tidak sehitam sebelumnya. Demikian pula kaki patung.

Zenfone 2 Laser-28

Satu foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Zenfone 2 Laser-29

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Zenfone 2 Laser-30

Zenfone 2 Laser-31

Zenfone 2 Laser-39

559 Responses to Review Asus Zenfone 2 Laser: Titik Balik Status Kelayakan Beli

  1. AL says:

    Cie cie… Pak HSW sudah berdamai dengan ponsel asus ? iya Pak kalau mau beli yang varian ke-3 yang sudah 4G LTE kode serinya apa ya Pak? Tks

    • Herry SW says:

      Pak AL,

      Lha barangnya bagus. Dari empat poin yang biasanya saya caci maki, sebanyak 2,5 poin di antaranya juga sudah membaik.

      Kode tipenya ZE500KL.

  2. Wandy says:

    Sayangnya Prosesor nya memakai prosesor lama yaa om. harus nya bisa pakai Prosesor Snapdragon 415 seperti Hisense Pureshot.

  3. Eko says:

    Cuma varian ke tiga yg menarik ..kayaknya masih penasaran nunggu reviewnya koh Hery sw yang zenfone max 5000 mah aja koh…kameranya mungkin juga sebagus ini atau malah lebih ..saya tunggu review zenfone max nya koh.

  4. dico Sugandhiko says:

    Akhirnyaa.. review yg saya tunggu2 datang… meskipun agak lama dan telat (karena saya akhirnya memutuskan beli hp ini dan sudah 1 bulan pakai) hehehe..

    Secara keseluruhan saya sepakat sama reviewnya Pak Herry. Pengalaman sebulan memakai ASUS Zenfone 2 laser 16gb ini emang top, terlebih dengan performa kameranya yg punya beragam fitur unik persis seperti yg diulas Pak Herry. Tapi ada 1 yg ingin Saya tanyakan ke Pak Herry, kalo baterai 2070mah tsb diganti dengan baterai dg ‘mah’ yg lebih besar kira2 bagaimana Pak? Apakah aman utk HPnya? Saya berpikir demikian karena baterai 2070mah masih sangat kurang dan cepet habis khususnya kalo dipakai buat multitasking.

    Terimakasih.. salam!

  5. radi says:

    Apakah layak disejajarkan dengan xiaomi redmi 2 prime & hisense pureshot om?? Untuk kelas ponsel harga dibawah 2 juta.

  6. dico sugandhiko says:

    Akhirnyaa.. review yg saya tunggu2 datang… meskipun agak lama dan telat (karena saya akhirnya memutuskan beli hp ini dan sudah 1 bulan pakai) hehehe..

    Secara keseluruhan saya sepakat sama reviewnya Pak Herry. Pengalaman sebulan memakai ASUS Zenfone 2 laser 16gb ini emang top, terlebih dengan performa kameranya yg punya beragam fitur unik persis seperti yg diulas Pak Herry. Tapi ada 1 yg ingin Saya tanyakan ke Pak Herry, kalo baterai 2070mah tsb diganti dengan baterai dg ‘mah’ yg lebih besar kira2 bagaimana Pak? Apakah aman utk HPnya? Saya berpikir demikian karena baterai 2070mah masih sangat kurang dan cepet habis khususnya kalo dipakai buat multitasking.

    Terimakasih.. salam!

  7. Rosin Putra says:

    Penamaan ponsel Asus terkadang bikin bingung hehe. Ngomong-ngomong, kenapa diberi judul titik balik layak beli , pak ? Apaka tipe sebelumnya gak layak beli ?

  8. rusli winata says:

    kalau hp zenfone laser ini sdg alcatel flash 2 bagaimana perbandingannya pak ?

    • Herry SW says:

      Pak Rusli Winata,

      Daya tahan baterai lebih bagus Flash 2. Selain satu faktor itu, mending beli Zenfone 2 Laser.

  9. Sandi says:

    Bagaimana dengan peforma baterainya pak Herry? Sanggup full 1 harian gak pak?

    • Herry SW says:

      Pak Sandi,

      Dengan perilaku pemakaian ala saya nggak cukup seharian. Rentang daya tahan baterainya 10-12 jam.

  10. kuatwj says:

    Nampaknya menarik ini, kalau dibandingkan dengan hisense pureshot bagaimana om? lebih layak dipinang yang mana?

    • Herry SW says:

      Pak Kuatwj,

      Kalau Anda perlu pengaturan kamera manual dan fitur USB OTG, Zenfone 2 Laser lebih cocok. Kalau selain dua hal itu, Pureshot yang lebih pantas dipinang.

  11. yuda says:

    bagaimana kameranya menurut om herry? setara dengan mi4i dan hisense kah?

    jujur ga terlalu suka dengan asus karena mereka memakai penamaan yang sama untuk beberapa tipe yang berbeda, hanya berbeda kode… sehingga bisa menjebak orang awam dan celah pedagang untuk bermain….

    • Herry SW says:

      Pak Yuda,

      Hisense apa nih? Hisense Pureshot? Mi 4i unggul di kamera depan, Pureshot unggul di mode otomatis, sedangkan Zenfone 2 Laser di kecepatan fokus. Skor akhir sih relatif imbang.

      He… he… satu tipe, tetapi variannya ada banyak ya.

  12. kusairi says:

    Selamat sore Pak Heri
    Luar biasa ulasannya pak, mengenai zenfone 2 laser. Saya juga memakai zenfone, yaitu tipe zenfone 4s. Kebetulan saya pas membaca reviewq dari pak heri, sekalian saya mau bertanya kalau hasil tangkapan kamera zenfone 2 laser ini di print hasil akan pecah tidak ya?
    Kemudian minta sarannya ni pak, saya ada budget 2 juta untuk hape yang bisa untuk diajak di poto apaya, soalnya zenfon saya kameranya sudah blur mungkin karena kesringan main poto dengan mode depth.

  13. Santoso says:

    Maaf pertanyaan di luar topik, om HSW,

    Kapan mereview BlackBerry Priv?
    Soalnya penasaran, krn ada yg menyebutkan bagus dll serta harga nya yg masih tinggi ( apa krn hukum pasar ya? )

    Thanks

  14. Rafie Mohammad says:

    Wah,akhirnya muncul juga review zen 2 laser,stlh dulu pak HSW gak merekomendasikan asus gara2 kagol sm barang dan distribusi zenfone 4 ? tp emang enak sih zen 2 laser,saya juga pake yg versi 8 gb ? saya ada bbrp pertanyaan pak…
    1.ada saran buat mengoptimalkan hp ini pak?bloatware udah saya uninstall dan saya nonaktifkan,baru diisi bbm,line,whatsapp,dan bbrp game kelas medium,kok RAMnya tinggal sisa 750 mb-1 gb,padahal yg saya setting autostart cuma 3 socmed itu…apakah sisa internal mempengaruhi?soalnya saya blm pasang micro sd…
    2.kenapa pak HSW skrg mau kembali mereview asus? ?
    Sekedar sharing penggunaan,Overall buat hp 1,7 jutaan bagus,meskipun performa rata2 tp cukupan,drpd performa tinggi tp aftersales bobrok ? udah ngalamin dpt unit defect,saya bawa ke SC (beli online,tukar unit ribet,mending ke SC ? ),estimasi penyelesaian 2-3 minggu ternyata 10 hari selesai ? buat yg mau beli hp dg budget kurang dr 2 juta,overall bagus,aftersales dan update firmware terjamin,zen 2 laser ini cukup recommended ?

    • Herry SW says:

      Pak Rafie Mohammad,

      Tidak hanya Zenfone 4 lho. Zenfone 2 pun saya nilai kurang layak beli. Apalagi, saat itu ada banyak faktor lain dari Asus yang membuat saya semakin mantap merekomendasikan jangan beli.

      1. Dengan pemakaian seperti itu, sangat wajar kalau sisa RAM 750 MB hingga 1 GB. Saya malahan memperkirakan sisa RAM-nya lebih kecil lagi lho. Sebab, Line dan BBM itu dikenal rakus RAM.

      2. Sejak dulu saya kan memang mau me-review Asus. Namun, saya belum merekomendasikannya untuk dibeli. Yang saya tak mau me-review itu ponsel Oppo. Saya baru bersedia me-review Oppo lagi kalau cara berjualannya sudah jujur.

      Wah, tumben layanan pusat perbaikan resmi ponsel Asus bagus. Apa sudah membaik ya. Selama ini tergolong mengerikan lho.

      • Rafie Mohammad says:

        Saya juga kurang suka zenfone 2 (biasa),entah kenapa…
        1.ternyata stlh saya restart lagi,sisa RAMnya kembali lebih dr 1 gb,ternyata butuh refresh saja…asus manajemen RAMnya terhitung baik sih kl menurut saya ._.
        2.hehehe,asus memang udah mulai membaik skrg πŸ˜€ wah iya pak,oppo itu harganya setara LG dan samsung,tp kualitasnya setara asus dan xiaomi (ato malah di bawahnya?),dan saya juga miris membaca artikel pak HSW soal cara jualan oppo itu…namanya juga kekuatan brand dan promosi,meskipun kayaknya “setengah berbohong” pd konsumen…
        Memang dulu separah apa pak?kl pengalaman saya dan temen saya memang cukup bagus,sayang pelayanan utk menerima servis lama,sekitar 3 jam (padahal utk pengambilan hny 30 mnt),mungkin karena frontlinernya hanya 3 orang (2 penerima servis,1 bagian pengambilan)

        • Herry SW says:

          Pak Rafie Mohammad,

          1. Oh ok.

          2. Nah itu dia. Jujur dalam berjualan itu hal yang sangat penting. Poin tersebut dilupakan Oppo.

          Dulu pusat perbaikan resmi separah apa? Antrean panjang, pelayanan lama, dll. Di kota tertentu, ada pusat perbaikan resmi yang malahan menetapkan kuota. Misalnya, sehari maksimal 50 orang. Kalau Anda orang ke-51, biarpun masih jam operasional, bakal ditolak deh.

  15. Retno says:

    Sayang ya kapasitas baterainya kecil. Berapa jam bertahan dengan pemakaian ala Pak Herry?

  16. dico sugandhiko says:

    Belum tau juga sih ada yg jual baterainya atau nggak, barangkali bisa pakai baterai dari seri ZE500KL, eh sama ga ya?

  17. Yudhoyono says:

    Servis center asus levelnya dimana dibanding merek china & taiwan lain?

    Kebetulan adik bulan kemarin beli zenfone 2 laser varian persis seperti punya koh HSW, kondisi firmware sudah update OTA versi terakhir….
    Yang paling aneh dari kamera, hasilnya kalau dizoom jadi efek lukisan cat minyak (kecuali kalau super resolution diaktifkan karena pikselnya tambah)
    Sebabnya apa ya? Apa sensor toshibanya? (kalah populer dibanding chip kamera sony, samsung, panasonic atau omnivision)

    Kinerja batre apa kelupaan direview….

    Soal sisi positif nambahin 2
    – casing ga licin, mirip karet
    – oleophobic coating kaca gorila depan bermanfaat banget

    • Herry SW says:

      Pak Yudhoyono,

      Kalau dibandingkan pusat perbaikan resmi Acer masih kalah mantap.

      Kamera di-zoom dan hasilnya kayak lukisan cat minyak? Menurut saya, hal itu tergolong wajar. Zoom di mayoritas kamera ponsel, termasuk Zenfone 2 Laser, memakai digital zoom. Penggunaan zoom akan menurunkan kualitas hasil jepretan. Lain halnya bila zoom-nya berupa optical zoom.

      Daya tahan baterai 10-12 jam. Sengaja tidak saya cantumkan untuk memancing pertanyaan. Ternyata, langsung ada beberapa orang yang menanyakannya. πŸ™‚

  18. Yudhoyono says:

    Bukan zoom itu maksudnya, tapi dikopi ke tablet apa pc & dilihat zoom 100% atau lebih, jadi inget cross saya jaman android awal dulu… efek cat minyak, kameranya cross ga murni 8mp, tapi 5 mp interpolated (hp keluaran tahun 2013 kalo ga salah)

    • Herry SW says:

      Pak Yudhoyono,

      Oh, maksudnya di-zoom begitu tho. Foto yang di-zoom apakah dijepret pada kondisi kurang cahaya? Kalau cukup cahaya, mestinya tidak begitu. Contoh nyatanya adalah foto serangga yang saya crop pada naskah di atas.

  19. arief says:

    wih asik nih reviewnya koh πŸ˜€
    kalo di versus dengan j5 bagusan mana koh? saya akui kalo dr harga j5 ini lumayan berbeda karena punya merk samsung, kata orang harga merk samsung itu 700rb hehe .. ya lawanya zenfone laser 4g tentunya

    • Herry SW says:

      Pak Arief,

      Zenfone 2 Laser yang saya coba kebetulan versi non-4G LTE. Dengan asumsi kinerja umum sama dengan Zenfone 2 Laser non-4G dan ditambah kemampuan 4G LTE, kalau saya lebih memilih Zenfone 2 Laser varian 4G LTE daripada Galaxy J5.

  20. kusairi says:

    Selamat malam Pak Herry
    Maaf tadi sore saya salah menulis nama Pak Herry takutnya salah orang, kebetulan saya menulisnya memakai hape, jadi agak sulit mengetiknya.
    O iya maksimal ukuran 4R, saya niatkan untuk diprint di kertas poto untuk jaga-jaga kalo saya melamar kerja dari pada saya harus pergi ke tempat foto.
    Iya terima kasih linknya Pak. Saya terus terang agak asing ya Pak dengan Hape hisense pureshot tersebut. Belum pernah dengar sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Kusairi,

      He… he… kemarin Anda menuliskan Heri. Jadi, masih dianggap sama dengan Herry. Seandainya Anda menuliskan Hari atau Harry, bakal salah orang deh. πŸ™‚

      Ukuran 4R mestinya masih bagus.

      Hisense sebenarnya merek lama. Namun, ia barusan masuk lagi ke open market handset di Indonesia.

  21. chandra l says:

    Bagaimana dengan kualitas sektor musik Pak? baik pada speaker internal maupun saat pakai headset? oiya apakah pembelian disertai headset? kalo iya bagaimana kualitasnya?

    • Herry SW says:

      Pak Chandra I,

      Saya sesekali memutar musik via speaker internal ponsel. Suaranya cukup baik kok.

      Saya tak pernah menggunakan headset saat memakai Zenfone 2 Laser. Di paket penjualan apakah disertakan headset? Hmm…. sebentar. Saya cek kardusnya dulu ya. Hasilnya, tak ada headset-nya.

  22. aldy says:

    Wah” setelah sekian lama baca review pak herry akhirnya merekomendasikan device dr asus jg jd makin pnsrn neh sama zenfone tp saya sudah bosan pak dengan asus device saya asus zenfone 5 dan infinix hot note pgn device lain di harga kurg dr 2 jtaan tp pnya kamera yg lbh bagus dr zenfone 5 dan lbh irit jg klo lbh irit dr infinix hot note gk mgkn… apakah ada rekomendasi pak herry… kebutuhan kamera depan belakang jernih… oya satu lg pak herry pak herry bilang kalo zenflash tidak kompatibel dengan semua hp asus serie zenfone lalu yg kompatibel dg serie zenfone yg mana donk padahal saya minat utk tandem zenfone 5 saya… makasih jika pak herry berkenan menjawab…

  23. Aruna says:

    Wah akhirnya ada review Asus juga Ko.
    Saya sudah pake juga tapi yg versi ZE500KL. Menurut saya hape ini recomended untuk harga 2.1, kebetulan saya beli seharga itu.
    Sebelumnya saya juga anti dengan asus krn berbagai macam testimoni yg kurang baik mengenai prosesor intel yg dipakai di seri-seri sebelumnya.
    Sedikit koreksi untuk Asus Zenfone 2 laser akan ada juga varian ke 7, yaitu ZE551KL. Hanya beda di bagian resolusi layar dengan ZE550KL, yaitu sudah mendukung full hd.
    Saya rasa Asus harus mereformasi penamaan dari seri-seri ponselnya agar tidak membingungkan konsumen.
    Apakah tidak ada keinginan mereview seri Zenfone Selfie?
    Thx.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Aruna,

      Berarti, pakai yang varian 4G LTE ya. Bagus?

      Varian ketujuh itu konfirm akan beredar resmi di sini?

      Iya, kebiasaan Asus menamakan ponselnya perlu direformasi. πŸ™‚

      Tak ada keinginan.

  24. Han says:

    Kalo boleh tau apakah asus zenfone 2 laser yg P Herry review ini mudah panas? Maaf oot apakah P Herry kelak akan meriview Xiaomi Redmi Note 2 atau Xiaomi Redmi Note 3? Trims sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Han,

      Tidak pernah terasa panas satu kali pun.

      Kalau dua ponsel Xiaomi itu beredar resmi, saya akan me-review-nya.

  25. eko says:

    malem pak hsw
    dibandingkan lg magna, batreinya awet mana pak?
    dan juga kameranya bagus mana dg magna pak?
    terimakasih..

  26. Adi says:

    koh herry,
    klo utk kualitas hasil camera di antara redmi2 prime, hisense pureshot n zenfone laser ni, klo diurut dr yg plg bgs gmn koh?

    tks

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      Dengan asumsi sama-sama mode otomatis, terbaik Pureshot, lalu Zenfone 2 Laser, dan ditutup dengan Redmi 2 Prime.

  27. Ignatius Tanoto says:

    Daya tahan batere sangat penting pak…he…he…he
    Oiya, untuk daya tahan baterenya mohon diurutkan dari yang terbaik untuk ponsel2 berikut ini :
    (?) Samsung Galaxy Note 5
    (?) Xiaomi Mi 4i
    (?) Asus Zenfone 2 Laser
    (?) Acer Liquid Jade

    Terima kasih

  28. saeful says:

    Kualitas audionya bagaimana om HSW? dengan atau tanpa earphone, karena saya sering mendengarkan musik lewat hands-free, fitur itu yg jadi salah satu pertimbangan saya untuk meminang gawai.
    Mungkin ada saran cara untuk mengoptimalkan kualitas audio sebuah gawai? Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Saeful,

      Tanpa earphone cukup bagus. Dengan earphone tak tahu. Saya tidak mencobanya. Di paket penjualan juga tak disertakan earphone atau handsfree berkabel.

      Tak ada saran khusus.

  29. saeful says:

    Rekomendasi gawai dgn audio paling nendang Om? πŸ™‚

  30. mamed says:

    sayang bgt ga ada sensor gyro nya.
    ini layarnya tft apa ips ya om??
    klo penggunaan satu tangan masih nyaman kah?
    minat yg 500KL

  31. gm says:

    request review zenfone max pak kalo udah beredar di indonesia

  32. amaris says:

    Pak Herry, kalo asus zenfone Laser 2 varian yg ini diadu dengan Infinix Hot Note yang pertama, menang mana ya pak?
    Sebenarnya asus yg ini ok, tapi kok batre nya pelit ya….?

    • Herry SW says:

      Pak Amaris,

      Dalam hal apa nih? Kamera menang Zenfone 2 Laser (bukan Zenfone Laser 2), sedangkan baterai menang Hot Note.

      • amaris says:

        Wah cepet banget balesnya. Terima kasih jawabannya Pak Herry. Kalau dari tingkat kegegasan bagaimana Pak?

        • Herry SW says:

          Pak Amaris,

          Iya, kebetulan kemarin pertanyaan Anda masuk saat saya sedang membalas antrean pertanyaan.

          Tingkat kegegasan sih relatif imbang. Saya merasa Zenfone 2 Laser sedikit lebih smooth.

  33. arief says:

    wah lebih baik merekomendasikan ponsel ini dari pada galaxy j5, dan orang yang masih awam dunia ponselpun bisa di rujuk karena Asus itu udah punya nama diindonesia..
    tapi koh layarnya cukup tajam dengan 720×1280?
    iseng denger ponakan sama temanya ngobrol, ponsel jawa ternyata mahal ya? temenya bilang enak aja ini ponsel amrik coy makanya agak mahal (tahukan kan koh ponsel amrik nama jawa?? hehe)

    • Herry SW says:

      Pak Arief,

      Bentang layar 5 inci dengan resolusi segitu masih enak banget dilihat kok.

      Ha… ha… Oppo si ponsel pendusta ya. πŸ™‚

  34. Arik says:

    Pak HSW
    Kalau dibawah terik matahari bagaimana layarnya pak? Apakah masih jelas terlihat gambarnya,terimakasih

  35. Paijo says:

    Fiuuuhhh.. akhirnya oom herry “runtuh” juga “digempur” produk asus.. hehehe..

    Saya yg dulu pernah minta saran sama oom, ttg ponsel layak beli di angka 3 jutaan, dg “mengabaikan” saran dr oom (yg waktu itu menyarankan ponsel pureshot+), dg pertimbangan satu dan lain hal, akhirnya meminang zenfone selfie pada akhir tahun kemarin itu… dan ponsel tersebut so far so good, cukup worth it. dan kekhawatiran karena produk asus “dicibir” oom her, tidak terbukti selama pakai itu ponsel.

    ternyata sekarang oom her “akur” dg merk asus… cukup lega mendengarnya… hehehe…

    teruslah mereview ponsel secara objektif dan komprehensif oom!

    • Herry SW says:

      Pak Paijo,

      Ha… ha… iya. Lha Zenfone 2 Laser-nya bagus. Kalau kelak ada produk yang jelek lagi, ya bakal saya habisin lagi. πŸ™‚

  36. Hafif Fitra AS says:

    Om herry sw, kalau zenfone 2 laser dibanding xiaomi mi 4i secara overall koh herry milih apa?
    Kebutuhan mahasiswa, aplikasi nggak berat”, paling line bbm whatsapp telegram…
    Kalau sempat sama alasannya om, hehe…
    Mau beli hisense pureshot tp takut aftersalesnya om, di lamongan pasti susah jual…
    Terima kasih om…

    • Herry SW says:

      Pak Hafif Fitra AS,

      Bergantung Anda lebih condong ke mana. Kamera lebih bagus Mi 4i. Kegegasan lebih bagus Zenfone 2 Laser. Andai harus memilih satu saja, saya condong ke Zenfone 2 Laser.

  37. eko says:

    tanya lg pak.
    laser yg LTE emang udah beredar resmi di konter2 hp pak?
    nyarinya susah bgt saya
    posisi majenang, jateng

    • Herry SW says:

      Pak Eko,

      Yang LTE sudah beredar kok. Di Surabaya, nyaris semua toko yang menjual Zenfone 2 Laser non-LTE juga telah memiliki stok Zenfone 2 Laser LTE.

  38. Hafif Fitra AS says:

    Oiya om, berarti hasil foto di atas memakai zenflash om? Kalau tidak memakai apa tetap sebagus itu?

    • Herry SW says:

      Pak Hafif Fitra AS,

      Semua foto yang saya tampilkan di atas tidak ada satu pun yang dijepret dengan bantuan Zenflash. Ulasan tentang Zenflash akan saya buat terpisah.

      Kalau sebelum foto saya tak memberikan keterangan soal lampu kilat, berarti pemotretan tanpa lampu kilat. Mayoritas foto saya jepret tanpa lampu kilat kok.

  39. Widi Humaira says:

    Om, Infinix Note 2 X600 gak jadi direview, atau masih waiting list?

  40. dico sugandhiko says:

    Pak Herry, mau nanya lagi dong…
    Ini saya buka playstore, di tab ‘terpasang’ selain ada aplikasi2 dan game yg (sengaja) saya unduh ternyata ada aplikasi2 lain bawaan dari ASUS seperti ‘ASUS Backup, ASUS Calling Screen, ASUS Email, ASUS Gallery, ASUS Keyboard, dan masih banyak lagi.
    Nah, aplikasi2 bawaan itu perlu diperbarui atau tidak ya Pak? dan kira2 kalo Saya perbarui semua apakah akan menghabiskan memory internal/RAM zenfone 2 laser itu sendiri?
    Terimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Mayoritas aplikasi bawaan bisa dihapus. Yang tidak Anda perlukan silakan dihapus.

      Aplikasi yang tersisa selanjutnya silakan diperbarui. Pasti akan mengonsumsi memori internal, tetapi tidak banyak kok.

  41. Kim says:

    Kak,aku skrg pakai mi4i aku beli dari bulan juli 2015. Waktu awal2 beli baterai bisa bertahan seharian
    Skrg full jam 11 pagi , jam 8 malam uda tinggal 10-20% saja. Apa aplikasi2 bloatware bisa dihapus & apa saja ? Agar memperingan kinerja ponsel

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Aplikasi bloatware? Seingat saya, Mi 4i tidak dibekali bloatware lho. Apakah Mi 4i Anda tanpa garansi resmi?

  42. solehoptikcokro says:

    Pak Herry hasil foto yang menggunakan lampu flash eksternal yang mana contohnya? Cukup menerangi tidak bila objeknya cukup jauh misal jarak objek 5-10 meter?

    • Herry SW says:

      Pak Solehoptikcokro,

      Contoh foto yang memakai bantuan Zenflash akan saya unggah di tulisan terpisah. Jarak 5-10 meter tak bisa deh. Jarak paling ideal sekitar 2,5 meter. Dalam kondisi tertentu, empat meter masih memungkinkan.

  43. aldy says:

    terima kasih pak herry sebelumnya sudah menjawab pertanyaan saya maksud saya kameran lebih bagus dr zenfone 5 dan baterai lebih irit pak herry dg budget max 2 jt kira” ada rekomendasi gawai yg cocok

  44. Adnin says:

    Kualitas layar gimana? Dipakai outdoor apa masih banyak refleksi yg buat susah dilihat kayak zenfone yg sebelumnya pak?

  45. Hafif Fitra AS says:

    Maaf om nge komen lagi…
    Kalau diurutin, gimana om…
    Samsung galaxy note 2, samsung galaxy note 3 neo, xiaomi mi4i, asus zenfone 2 laser yang ze500kl?
    Makasih om herry, maaf triple post…???

    • Herry SW says:

      Pak Hafif Fitra AS,

      Diurutkan berdasarkan apa ya?

      Tipe-tipe ponsel yang Anda sebutkan sebenarnya berbeda kelas lho. Generasi atau tahun keluarannya juga ada yang berbeda jauh banget.

  46. wahid says:

    Oot om Herry, ponsel dg baterai awet dan kamera bagus paling murah dikisaran harga berapa?

  47. Budi says:

    Pak Herry,
    Di antara gawai yg bapak review, pernahkah membandingkan UI (User Interface) nya?
    Antara Zen UI, MIUI, TouchWiz UI, dll. Lebih nyaman/asik yg mana Pak?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Budi,

      Secara khusus saya tak pernah membandingkannya. Yang kelihatan menonjol sebenarnya TouchWiz. Menonjol karena tampilan antarmuka itu relatif rakus RAM dan kurang smooth.

      MIUI dan Zen UI sih enak. Khusus MIUI, saya belum pernah merasakan MIUI 7.

  48. Danar says:

    Berarti tggl infinix note 2 ya pak herry…sya penasaran yg itu drpda zf max

  49. Intan says:

    Pak herry saya mau nanya saya mau beli hp untuk multitasking dan selfie range harganya 2,5-3,3 menurut bapak apakah hp yg bagus buat saya? Sebelumnya saya mau beli oppo karena liat blog bapak saya jadi ragu

    • Herry SW says:

      Bu Intan,

      Yang sudah pernah saya coba, di kisaran harga itu Anda boleh melirik Hisense Pureshot atau Xiaomi Mi 4i.

      Di pasaran sebenarnya juga ada Asus Zenfone Selfie dan Lenovo Vibe S1 yang jelas-jelas membidik penggemar selfie. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  50. Siemans says:

    Pak Herry,

    Mohon pendapatnya bila membandingkan Zenfone 2 Laser dengan Hisense Pureshot dengan pertimbangan sisi daya tahan battery, kamera, gegas, finishing product dan service after sales nya karena kalau tidak salah 2 gawai tersebut dipasarkan dengan harga yang hampir sama.

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Siemans,

      Daya tahan baterai relatif imbang.

      Kamera mode otomatis lebih bagus Pureshot. Kalau mode manual, jelas menang Zenfone 2 Laser.

      Tingkat kegegasan imbang.

      Finishing product Zenfone 2 Laser unggul tipis.

      Layanan pusat perbaikan resmi Hisense masih misterius, sedangkan Asus sudah diketahui kurang bagus. Umpama harus “berjudi”, saya lebih condong memilih berurusan dengan pusat perbaikan resmi Hisense.

  51. budz says:

    Pak ada led notifkah??

    Request performa gps dong pak hehe

    mksih

    • Herry SW says:

      Pak Budz,

      Ada. Namun, saya LED itu bermanfaat saat proses charging. Kalau ponsel sedang siaga dan ada pesan WhatsApp baru yang masuk, lampu itu tidak menyala.

      Seperti biasa, kalau performa GPS tidak saya singgung, berarti performanya biasa-biasa saja. Maksudnya, standar sama dengan ponsel-ponsel lain. Saya baru membahas performa GPS secara khusus kalau ditemukan kondisi yang ekstrem buruk atau baik.

  52. satya says:

    Ikut nambahin Pak Herry…
    Meskipun baterainya lumayan kecil 2070 mah (menurut saya), tapi nge-charge nya cepet. Jadi lumayan teratasi untuk masalah baterai.

  53. abdil says:

    koh herry zenfone max udh beredar blum ya? jdi pnasaran hehehe. klo blum beredar kpn ya kira2 koh herry?. thanks

    • Herry SW says:

      Pak Abdil,

      Zenfone Max belum beredar resmi di sini. Jadwal edarnya kuartal pertama 2016. Berarti, paling lambat Maret.

  54. doni turnip says:

    Pak Herry, gmna kalau zenfone 2 laser dibandingkan dgn zenfone selfie? Secara keseluruhan lbh layak mana ya Pak?

  55. hartono says:

    Sing Koh Herry,
    Minta info aja jika tahu, bgmn dengan harga jual Asus 2nd dipasaran apakah cukup kuat atau terjun bebas?
    kira-kira varian ketiga Asus ini dengan kapasitas baterai 2400 apakah bakal ada selisih masa aktif yang signifikan dengan varian yang menggunakan baterai yang 2070mAH?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Hartono,

      Secara umum harga jual ponsel Asus bekas masih lumayan. Tidak terjun bebas seperti ponsel Oppo, Huawei, dan Coolpad.

      Kalau ponsel varian ketiga itu Anda masukkan ke jaringan 4G LTE, kemampuan siaganya takkan lebih lama. Maksimal sama, bahkan mungkin lebih boros.

      Namun, kalau ponsel varian ketiga itu Anda masukkan ke jaringan 2G atau 3G, masa aktifnya saya duga akan bertambah beberapa jam.

  56. Hafiz says:

    Selamat siang Pak Herry.

    Kalau dibandingkan dari kinerja / hasil jepretan kamera baik mode otomastis & manual lebih recomended Asus Zenfone 2 Laser atau Xiaomi Mi4i ?

    Terima kasih

  57. amin says:

    Koh HSW yg makin top, dari sekian keluarga Zenfone 2 dah menggunakan ram mulai 2 giga dan ga kalah penting memory internal dari yang 8 , 16 bahkan 32 Gb, disamping itu masih menyediakan slot tambahan buat micro SD , yg mau saya tanyakan bila direview ada yang eksternal memory maximum 32 Gb ,bila saya pasang dengan micro SD kapasitas 16 Gb efek di hape dengan RAM 2 Gb,pengaruh baca sistemnya jadi berat ngga ?maksudnya jadi lemot ngga ? Thank’s atas jawabannya , HSW makin joss

  58. kim says:

    garansi resmi kak . apa bisa diklaim kalau lemat 6 bulan ?

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Bisa. Kan masa garansi resmi berlaku selama setahun. Minimal petugas di pusat perbaikan resmi bisa membantu melakukan pengecekan.

  59. tom says:

    pak herry kalau di suruh memilih mending xiaomy redmi 2 prime ,atau zenfone 2 laser trus alasannya apa pak thanks.

  60. Danar says:

    Mksd saya berarti urutan terbit reviewny stlah in adlh infinix note 2…reviewer lain sih ngasih nilai pstif,gmna menurut pak herry?

  61. Andri says:

    Pak Herry, mungkin pertanyaan saya sedikit out of topic, ponsel apakah yg harus saya beli jika saya butuh smartphone yang sudah LTE, ram 2gb, rom 16gb, dan baterai setidaknya bisa seharian penuh (mungkin kurang lebih 3000 mAh ya pak?), serta budget saya hanya sekitar 1,5 jeti? trims pak Herry πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Andri,

      Dengan kriteria seperti itu, jawabannya tidak ada. Anggaran perlu ditambah menjadi minimal Rp 1,899 juta. Di harga tersebut, ada Infinix Note 2 yang boleh dilirik.

  62. eko says:

    malem pak hsw
    ada laporan dari temen jauh bhw produk zenfone2 laser yg dia beli agak geripis di sisi kirinya.
    kemudian ditukar, masih geripis, ditukar lagi, masih tetap geripis, akhirnya dia bolak balik 5x baru dpt yg “relatif” mulus.
    jujur baru kali ini saya dengar ada hp (internasional/lokal) yg built qualitynya separah itu.
    saya kurang tau pasti geripis tsb seperti apa, tapi kmungkinan besar seperti pinggiran keju setelah di gerogotin tikus.
    klo unit yg bapak pegang bagaimana? halus atau geripis?
    terimakasih pak atas waktunya

  63. Tuxlin says:

    Saya malah kurang tertarik sama Zen 2 laser, menanti kehadiran Zenfone Max… Kok belum kelihatan ya pak πŸ˜€

  64. Intana says:

    Pak ada minatkah untuk review asus zenfone selfie??

  65. Cariss says:

    Om kalo saya amati hasil jepretan kamera belakang koq masih lebih tajam detailnya milik LG G2 mini yg 8MP yah?
    apa mata saya yg kurang teliti, hehehe…..
    terima kasih sebelumnya om πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Cariss,

      Benar. Kalau detail-detail-an hasil foto, G2 Mini masih lebih bagus. Sayang spesifikasi lain G2 Mini sudah uzur.

  66. RivaL_IM says:

    pak Herry SW, apakah asus zenfone 2 Laser ZE550KL sudah beredar di indonesia ini? apakah itu garansi resmi?

    • Herry SW says:

      Pak Rival IM,

      Zenfone 2 Laser (ZEK550KL) belum beredar resmi di sini. Yang sudah beredar varian lain dengan bentang layar 5 inci.

  67. Anya says:

    Pak Herry, di antara Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dan Hisense Pureshot lebih lancar yang mana buat main game HD?

    • Herry SW says:

      Pak Anya,

      Maaf, saya tidak mengetahui jawabannya karena:
      1. Yang saya coba ZE500KG, bukan ZE500KL.
      2. Saya bukan penggemar game.

  68. Djunaedi says:

    Kalo baca review pak hery kelihatannya hp asusu laser lumaya ok nih. Bulan lalu teman saya beli asus selfie dari komentar teman saya hp nya bagus. Seri Asus yg belakangan ada peningkatan. Belakangan Asus semakin agresif di pasar smartphone kalo lihat harga2 asus keliatannya mereka mau head to head dengan lenovo.
    Btw depot BMW di mana ya? Apa sama dengan BMW di mulyosari?
    .
    Thx pak herry

    • Herry SW says:

      Pak Djunaedi,

      Asusu atau Asus nih? πŸ™‚

      Iya, secara tidak terang-terangan mereka terlihat berupaya menyasar segmen Lenovo.

      Nah, mumpung ada yang tahu soal depot BMW Mulyosari, saya numpang tanya. Depot itu pindah ke mana ya? Kalau dari Bundaran ITS, dulu posisinya kan di kiri jalan. Di dekat kedai yang jual jagung bakar dan Ayam Goreng Jakarta. Setelah sempat mem-blacklist depot itu selama sekitar 1,5 tahun, suatu saat saya ingin nostalgia. Eh… BMW-nya sudah menghilang.

      Depot BMW yang saya foto itu berada di Pasar Atom. Saya tak tahu depot itu memiliki hubungan dengan depot BMW Mulyosari atau tidak. Sepintas sih bentuk logonya berbeda.

      • Djunaedi says:

        Kalo yg di mulyosari pindah dekat kampus widya kartika. Kalo bmw mulyosari itu menu makasar gak tau yg di pasar atom.

        • Herry SW says:

          Pak Djunaedi,

          Berarti, dari tempat BMW lama maju lagi ke arah Kenjeran ya?

          • Djunaedi says:

            Yup, seindah saya pas belokan tempat depot nya. Tp itu sdh di atas 2 thn. Karena saya tinggal di daerah barat jadi tidak pernah cari makan di daerah timur. Pak herry kan tau makin lama di sby macet nya cukup parah.

          • Herry SW says:

            Pak Djunaedi,

            Ok. Terima kasih atas informasinya.

  69. Putra says:

    Om Herry, mau tanya lagi hehe. Kan di PlayStore bisa download Zen UI, apakah Zen UI tersebut memakan banyak baterai jika diaplikasikan ke hp selain Asus ?

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Soal memakan baterainya saya tidak memperhatikan. Saya pernah coba unduh dan instalasikan Zen UI ke Sony Xperia Z5 Dual. Hasilnya, saya merasa launcher itu kurang smooth. Beda sekali dengan saat dijalankan di ponsel Asus. Tak sampai setengah jam, Zen UI itu saya hapus.

      • Putra says:

        Betul pak, saya coba juga kurang smooth jika dibanding dengan pemakaian di hp Asus. Terima kasih atas jawabannya, pak πŸ™‚

  70. you says:

    mantaaaap pak hsw udh akur sama asus.. two thumbs up buat pak hsw yg udh nyemprotin pihak asus…

    bapak saya kebetulan minggu kmrn beli zenfone go yg pake procie mediatek dan ane belum sempet nyoba soalnya di-pattern hp nya itu.. cuma share aja tidak bermaksud apa-2, tp review nya koq gak ada ya disini?

  71. colisdjoyo says:

    halo pak herry,

    saya kan sekarang pake hp xiaomi mi4i, misalkan saya pindah kelain hari ke zenfone 2 laser worthed gk pak? kalo pindah ke infinite note 2 gimana?

  72. uqil says:

    Om herry , saya nunggu nunggu review note2 aja, jadi minggu ini keluar kah ?
    Kalo habis direview saya boleh antri ” lungsurannya” kah ?

  73. uqil says:

    Maksud saya review infinix note 2.

  74. Arcelo says:

    Pak herry,

    Dari asus yg direview diatas versi 3 itu sama lenovo A7000 bagusan mana pak..

    Soalnya saya punya budget 2.1 jt pak, bagus hp ap atau pilihan yg saya ajukan pak..

    Apa nama tokonya apa yg harganya sekian pak..

    • Herry SW says:

      Pak Arcelo,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba A7000.

      Dengan anggaran Rp 2,1 juta, berarti silakan membeli Zenfone 2 Laser LTE (pada tulisan di atas saya sebut sebagai varian ketiga).

      Nama toko? Kalau Anda di Surabaya, silakan mencarinya di G Shop WTC lantai 1 atau Sentra WTC lantai 2. Kalau di kota lain, saya tak tahu.

  75. eko says:

    tanya lagi pak hehe..
    klo kameranya zf2 laser dibandingkan dg lg g4 stylus bagaimana pak?..

    fyi disini hrg g4s sudah 2.4 pak, dan g3s sdh 1.9
    pilih mana ya pak dari 3 itu?..

  76. Chely sutio says:

    Ko Herry, saya mau tanya bukankah di iklan Hisense Pureshot tertulis galeri Smartfren merupakan service centernya juga? Atau galeri Smartfren hanya cuma collect point lalu baru dikirim ke kantor Hisense di JKT? Saya lupa tanya ke Galery Smartfren sini saat membeli Hisense Pureshot+ yg dipakai anak saya hr itu. Nanti kalo ada ke sana lagi akan saya coba tanyakan juga saat beli Hisense Pureshot+ yg kedua.
    Dulu saya salah tulis “Hisense Pure Shot” yg kemudian ko Herry ingatin seharusnya ” Hisense Pureshot”,ya…benar saya yg silap ketiknya setelah lihat tulisan yg tercantum di kotaknya.

    • Herry SW says:

      Pak Chely Sutio,

      Kalau masalahnya ringan banget, Galeri Smartfren mungkin bisa melakukan eksekusi. Namun, kalau masalahnya berada tergolong tingkat menengah atau berat, ponsel akan diserahkan ke pusat perbaikan resmi di kota yang sama (bila ada) atau dikirimkan ke Jakarta.

  77. Harry says:

    Mau bantu kasih info penanya hp dengan sound (internal speaker) terbaik.

    HTC M8 dengan Boom sound, front speaker yg crisp dan renyah mengeluarkan sound secara natural. Didukung layar full HD dan OS sudah marshmallow yg memungkinkan memory card di format sebagai internal storage.

  78. Giri Rochmadi says:

    Om HSW, Sudah hampir setahun saya menggunakan Asus zenfone 2 varian ke 3 seperti yang pernah direviu Om HSW, rencana pengen ganti Asus model yang lain. Pilihan nya, ASUS Zenfone2 Laser ZE550KG (2G/16G) atau Zenfone 2 Selfie, menurut Om HSW mana yang lebih layak untuk di beli? Tks

    • Herry SW says:

      Pak Giri Rochmadi,

      Zenfone 2 Selfie saya belum uji pakai. Saran saya, beli Zenfone 2 Laser, tetapi yang varian 4G LTE.

  79. colisdjoyo says:

    Pak Herry,

    saya membandingkan kamera sih Pak antara zenfone 2 laser dan xiaomi mi4i…
    juga beberapa aplikasi di mi4i akhir2 ini sering force closed, yang paling sering ya seperti facebook, google maps, uber partner, path, whatsapp
    saya mau coba apakah aplikasi2 tersebut sering force closed juga di zenfone 2 laser

  80. eko says:

    hehe.. maaf pak..

    LG G3 Stylus
    LG G4 Stylus
    LG G2 Mini
    LG Magna
    Zenfone 2 Laser

    Tolong dibikin peringkat kamera terbaik smp terburuk pak?
    Budgat 2 juta pas dan lebih prefer Samsung, LG, dan Asus.

    • Herry SW says:

      Pak Eko,

      Dua besarnya LG G2 Mini dan Asus Zenfone 2 Laser. Kalau Anda mengutamakan detail foto, berarti G2 Mini yang jadi peringkat 1. Sebaliknya, kalau Anda mengutamakan kecepatan focusing dan ketersediaan mode manual, berarti Zenfone 2 Laser yang jadi juara.

      Peringkat ketiga dan seterusnya berturut-turut LG G4 Stylus, Magna, dan G3 Stylus.

  81. Daffa Afrial says:

    Pak herry, zen lasernya klo di pake cepet panas gak ? Klo dibuat game panas gak?..

    • Herry SW says:

      Pak Daffa Afrial,

      Adem-adem saja kok. Wah, saya bukan penggemar game. Kalau pun main game paling sepuluh menitan saja.

  82. Bayu setyawan says:

    Pak Herry, sekarang sudah ada asus zenfone laser ZE500KL yang spek nya lebih menarik dari pada sebelumnya contohnya sudah LTE, kamera belakang 13mp, udah garansi resmi TAM dan harganya 2,1 jutaan….apa ko herry berniat mereview nya? Tolong direview ya πŸ˜‰

    • Herry SW says:

      Pak Bayu Setyawan,

      Ketika saya mengunggah review Zenfone 2 Laser, varian ketiga itu sudah beredar di pasar kok. Saya tidak berencana me-review-nya lagi. Spesifikasi dasarnya kan sama dengan varian yang saya coba. Beda sedikit-sedikit saja.

  83. Amir says:

    koh herry mw tanya kisaran harga zenfone 2 laser yg ze500kl berapa ya ko?. kebetulan saya juga di surabaya dan kalau di bandingkan dengan xiaomi redmi 2 atau lenovo A6000 plus dalam hal multitasking dan kemampuan prosesornya lebih recomended yang mana koh..

    • Herry SW says:

      Pak Amir,

      Harga ritel resminya Rp 2.099.000.

      Saya belum pernah menguji pakai ZE500KL. Yang saya coba ZE500KG. Mending Zenfone 2 Laser daripada Redmi 2. Kalau A6000 Plus, saya belum pernah coba.

  84. HenRy says:

    Wah, reviewnya baru keluar ya ko Harry…saya sudah pakai hp ini dari bulan september 2015 , yg varian ze500kg 16Gb dan sangat nyaman dalam hal multitasking, game hd dgn kamera..
    Cuma ada sayangnya juga ko, suara speakernya berasa gak kuat dan dukungan lte nya belum ada..

  85. ujib says:

    ko herry..
    apakah radionya bisa di rekam?

  86. Ado says:

    Pak HSW,
    Apa sudah pernah compare dengan Lenovo A6010 yang made in indonesia? Secara spesifikasi hampir sama..
    Apa zenfone ini cepat panas?

  87. Febri says:

    Pak Herry

    Pagi pak, Apa kabar pak herry
    saya mau konsultasi nih….
    temen saya punya budget 2,4 dia sih pengen layar yg lumayan gedhe laaaaah dari 4′ kalau speak sih ya yg lumayan dan 4G LTE kalu ada, yang terpenting sih kamera depan 5mp selain samsung tentunya heheh
    mohon saranya pak herry makasih

    • Herry SW says:

      Pak Febri,

      Nambah sedikit menjadi Rp 2,499 juta bisa kan? Kalau bisa, silakan beli Hisense Pureshot+.

      Bila tak bisa menambah anggaran, belilah Hisense Pureshot (tanpa plus) dengan harga Rp 1,999 juta.

  88. Febri says:

    Pak Herry

    test

  89. Febri says:

    Pak Herry

    Terima Kasih Pak Herry
    Kalau Hisense pastinya temenku gak akan mau Pak soalnya masih asing heehe
    Kalau 3 Produk Asus zen 2 Laser, Xiaomi Mi4i/ Redmi Note 3, Lenovo P70
    Pilih yang mana Pak Herry?

    • Herry SW says:

      Pak Febri,

      Tidak ada ponsel Asus bernama Zen 2 Laser. Redmi Note 3 pasti saya coret dulu karena belum ada yang bergaransi resmi.

      Kalau pilihannya P70, Mi 4i, dan (andaikata nih) Zenfone 2 Laser, saya memilih yang terakhir. Namun, beli yang varian 4G LTE ya.

  90. Febri says:

    Pak Herry

    Soalnya di blibli lagi ada diskon Pak jadi pengen aku rekom ke temen hehhe

  91. Vito says:

    Wah selesai jg akhr nya baca review dan komen2 postnya…
    Cukup kaget jg awalnya ko herry sdh damai dgn asus… He3…
    Ko herry, mau nanya nih.. Klo dari yg saya baca di atas zenfone 2 laser (varian3)vs hisense pureshot, overall masih rekomen yg hisense ya? Betul begitu? Cmiiw

    Oot, kmrn klo ga salah saya liat ko herry di duck king CW, mau nyapa tp ddknya d dlm sy sungkan mau masuk,he3… Saya cm blg ke tmn saya, itu ko herry review gadgetnya TOp karena obyektif dan apa adanya. Saya secara pribadi berterima kasih dan sangat terbantu skali dgn adanya blog ini. TOP…
    Dan utk BMW mulyosari masih ada kok koh, tmpt nya bnr di belokan jalan mau ke kampus Widya Kartika.

    Thx…
    Sukses terus untuk ponselmu.com

    • Herry SW says:

      Pak Vito,

      Ya. Untuk hasil jepretan kamera, saya lebih condong ke Pureshot. Namun, kalau kecepatan pemfokusan, Zenfone 2 Laser lebih unggul.

      Benar. Dua hari lalu saya makan di Duck King CW. Sengaja pilih di dalam karena di luar smoking area.

      Terima kasih atas apresiasinya. Terima kasih pula atas informasinya soal BMW.

  92. Eddo Anthony says:

    Pak Herry salam kenal, saya setuju dengan ulasan bapak pada zen 2 laser. Saya beberapa bulan lalu memberanikan diri memboyong ze500kl, garansi distributor, kamera blk 13mp. Memang hasilnya bagus. Menurut mata awam saya hasilnya mengalahkan kakaknya zen 2 standar. Saya juga kagum sama kualitas kamera depannya, buat lowlight menurut saya sangat mantap. Namun memang masih kalah saat cahaya terang dgn Mi4.
    Ulasan yg bagus pak.

  93. Bayu setyawan says:

    Kalau dalam hal kamera bagusan mana antara lenovo p70 dan asus zenfone laser ze500kg ini ko?

  94. kepikimut says:

    Pak HSW, saya mo nanya soal kapasitas battery zenfone2 lazer
    di website asus store saat ini ada 3 jenis: ZE500KG, ZE550KG dan ZE500KL.
    itu kapasitas masing2 batterynya berapa ya pak?
    saya browsing2 malah jadi bingung sendiri. pengennya cari yang 3000mah

    makasih sebelumnya

  95. tris says:

    Pak herry

    Bagaimana tips atau ciri hp asus yg bergaransi resmi?

    Terima kasih

  96. Ria says:

    Pak Herry,

    mau nanya asus zenfone 2 ze500kl dengan wiko ridge fab 4g bagus mana ya pak?

    Terimakasih?

    • Herry SW says:

      Bu Ria,

      ZE500KL itu kode tipenya Zenfone 2 Laser. Jadi, yang Anda tanyakan sebenarnya Zenfone 2 atau Zenfone 2 Laser? Kalau Zenfone 2, silakan langsung dicoret deh.

      Kalau Zenfone 2 Laser versus Wiko Ridge Fab 4G, dengan memperhatikan kesepadanan antara harga dan fitur, saya lebih menyarankan Anda membeli Zenfone 2 Laser yang 4G LTE.

  97. Dita says:

    Pak Herry,

    Ikut komen lagi.. hehe

    Saya pengguna Zenfone 2 Laser sejak akhir Desember lalu. Awalnya sih saya ga ekspektasi banyak dengan Asus harga 2 jutaan ini.

    Tapi ternyata… ga nyesel! Kameranya bagus banget. Jadi sering selfie #eh

    Kekurangan yang saya rasakan cuma ini, kadang2 kalau lagi ngetik chat di whatsapp tiba2 dia keluar window dgn sangat cepat dan kalau diklik lagi langsung membuka menu lain yang ada di homescreen. Itu kenapa ya pak? karena touch menunya kepencet apa gimana ya –”

    Overall sih saya ga nyesel memensiunkan oppo neo 3 saya yang tidak berautofocus untuk meminang zenfone 2 laser ini :D:D:D semoga awet dan tahan lama haha

    • Herry SW says:

      Bu Dita,

      Saya tak pernah mengalami hal yang Anda ceritakan. Untuk sementara, kecurigaan saya hanya satu: mungkinkah sisi dalam telapak tangan Anda tak sengaja menekan tombol di bawah layar saat sedang chatting?

      • Dita says:

        Hi Pak Herry,

        Makasih atas balasannya. Setelah diingat2, mungkin dugaan bapak ada benarnya juga. Kalau kayak gitu, berarti memang sensitivitas tombolnya yang tinggi atau jari saya yang besar ya? hehehe. Atau malah cara mengetiknya?

        Memang sih dari spasi di keyboard sampai ke tombol di bawah layar itu jaraknya dekat sekali :O

        • Herry SW says:

          Bu Dita,

          Saya lebih condong ke cara mengetik. Saya perhatikan kadang ada pengguna yang saat mengetik “ekor” ibu jarinya menempel di bodi ponsel. Idealnya “ekor” ibu jari itu dibiarkan melayang di udara.

  98. Brian says:

    Pak Herry,,,

    konsul donk pak.
    mendingan mana pak, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ato Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL. beda harganya lumayan jauh. beda speknya cma dikit.
    btw apakah saat ini kedua tipe tersebut udah beredar d indonesia.?

    Terima Kasih Pak Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Brian,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba dua varian itu.

      Saat ini belum beredar. Kalau tidak molor, minggu depan mestinya mulai masuk pasar.

  99. hari says:

    Pak Herry, saya penasaran; apakah laser disini dapat digunakan sebagai pengontrol perangkat elektronik (remote), baik tanpa/dengan aplikasi pihak ketiga? Terimakasih.

  100. Bernardus Leonardo says:

    Siang Ko Herry, mau minta pendapat nih… Secara keseluruhan, untuk pembelian saat ini kira kira lebih baik beli Hisense Pureshot+ atau Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL? Kalau boleh tau apa alasannya? Terima kasih…

    • Herry SW says:

      Pak Bernardus Leonardo,

      Zenfone 2 Laser unggul di kecepatan focusing kamera dan USB On-the-Go. Kalau Anda memerlukan dua fitur itu, silakan ambil Zenfone 2 laser. Kalau tak perlu, lebih bijak melirik Hisense Pureshot+ atau Pureshot (tanpa plus) saja.

  101. Tri Setyo Wijanarko says:

    Pak Herry, saya tertarik beli Asus Padfone S+ with Station PF500KL. Kira-kira HP yang convertible dengan tablet seperti ini layak dibeli nggak sih pak? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Tri Setyo Wijanarko,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Padfone S+.

  102. Febri says:

    Pak Herry

    Maaf sbelumnya kata katanya gak lengkap heheh
    makasih pak herry atas nasehatnya..
    nunggu Zenfone laser seri ze550kl pak heryy

  103. Febri says:

    Pak Herry

    Sore Pak herry LG G5 udah muncul nih dan unik pak herry gak dapat undangan kah heheh

  104. Afat Mafatichul Fuadi says:

    Pak Herry saya minta pendapat nih..
    Saya jatuh hati sama Zenfone 2 Laser 4GTE, Samsung J5, Xiaomi Mi4i dan Xiaomi Redmi Note 2.
    Untuk pemakaian mungkin hanya sosial media, saya tidak terlalu suka game dan tidak terlalu fanatik dengan 4G sbnarnya. Tapi saya cari yang kamera oke dan batre bisa diandalkan untuk kuliah dari pagi sampai petang.
    Anggaran dibawah 2,7 pak. Mohon rekomendasinya terimakasih?

    • Herry SW says:

      Pak Afat Mafatichul Fuadi,

      Dengan kriteria seperti itu, saya condong ke Asus Zenfone 2 Laser varian LTE.

      • Afat says:

        Wah terimakasih pak. Ada teman yg menyarankan redmi note 2. Apa masih lebih “nendang” zenfone laser?

      • Afat says:

        oh maaf tambahan pak. Kuartal pertama 2016 rumornya redmi3 juga hadir secara resmi. kalau memang jadi hadir, diantara pilihan redmi note 2, redmi 3 dan Zenfone 2 laser, pak HSW tetap lbh prefer Zondone2 laser atau malah pindah ke Redmi3?

  105. Afat says:

    Pak, minta pendapat nih.
    Saya tertarik dengan Xiaomi Redmi note 2 dan Zenfone 2 Laser 4G LTE.
    Paling kebutuhanya hanya sosmed aja sih pak dan saya kurang suka gaming tapi butuh yg batrai hemat biar bisa diandalkan dibawa kuliah dari pagi sampai petang.
    Untuk kamera, batrai, daya tahan body (baik goresan maupun benturan) dengan budget dibawah 2,3 lebih prefer kemana ya pak?
    terimakasih

  106. dico sugandhiko says:

    Halo Pak Herry, izin komen lagi ya dimari..

    Pak, Saya mau nanya, kenapa setiap kali Saya mau menginstal game dengan ukuran besar (pernah game dari ukuran 70mb sampai hampir 200mb) selalu tidak bisa ya Pak? Pernah Saya kira download hampir selesai karena tulisannya ‘sedang memasang’, eh tapi trus kembali dari awal lagi proses unduhannya. Lalu unduhannya itu tetap Saya biarkan sampai selesai, ternyata sampai tengah2 unduhannya gagal yg berkode ‘905’. Setelah itu Saya ok, hp nya malah trus nge-restart sendiri.

    Iseng Saya googling apa itu kode kesalahan ‘905’, sudah saya coba smua tips nya, dari clear cache google playstore dan google play games tetap ga bisa, bahkan saya clear data juga, HP Saya restart dan hasilnya nihil sama saja.

    Kira2 itu kenapa ya Pak? Kenapa juga setelah gagal unduh game, Hp nya nge-restart sendiri, dan kira2 solusinya bagaimana spy Saya bisa mengunduh game2 tsb.?

    *notes:
    HP Saya Zenfone 2 Laser 16gb, memorinya masih sisa buanyak.
    Contoh game yg gagal diunduh: SimCity, Real Racing 3, Poke Pet.

    Terimakasih atas bantuannya Pak Herry, jaya selalu !

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Boleh tahu dulu sisa memori internal (bukan internal) mencapai berapa GB? Sebab, definisi banyak antarpengguna kadang berbeda.

      Solusi paling tuntas, seandainya berbagai jurus gagal diterapkan, adalah melakukan factory reset.

  107. Mahesa says:

    Pak Herry,

    Ini adalah review yang lengkap dan bagus, i like it πŸ™‚

    Saya ingin bertanya, secara umum, apakah microsd class 4 16gb memadai untuk merekam full hd 1080p?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Mahesa,

      Kebetulan saya tak pernah merekam video dalam jangka waktu lama. Mungkin agak mengkhawatirkan deh.

  108. dico sugandhiko says:

    Sisa ROM nya ada 5 giga lebih dikit, kalo RAM nya masih terpakai 54% atau sekitar 850mb sisanya.

    Ya tadinya kepikiran mau Saya factory reset Pak, tp ntar deh lagi males nyetting2nya lagi. hehe..

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Hmm… berarti seharusnya tak ada masalah.

      Kalau mau langsung tuntas, coba hajar dengan factory reset deh.

  109. deni says:

    pak hery kameranya sama alcatel flash 2 di berbagai kondisi bagus mana kira kira ma asus zenfone laser

  110. Adrian Soetanto says:

    Pak Herry, ini saya Adrian, saya lanjutkan pertanyaan saya di thread ini saja, karena sepertinya lebih cocok di sini.

    Kalau dilihat kualitas kameranya, di antara LG G3, Asus Zenfone 2 Laser, Lenovo Vibe Shot dan Xiaomi Mi 4i, urutannya dari yang terbaik yang mana ya?

    Apakah ada smartphone Lenovo lain yang kameranya setara atau mendekati Vibe Shot tetapi harganya lebih murah?

    Terima kasih untuk sarannya.

    • Herry SW says:

      Pak Adrian Soetanto,

      Dalam hal kecepatan pemfokusan, G3 dan Zenfone 2 Laser mengungguli ponsel lain. Kalau hasil fotonya, menurut saya, urutannya sebagai berikut: G3, Vibe Shot, Mi 4i, dan Zenfone 2 Laser.

      Hmm… belum ada ponsel Lenovo yang seperti itu deh.

  111. Novianto says:

    Halo pak herry
    setelah berkali kali saya baca review tentang asus laser ini, akhirnya saya tertarik buat ganti mega5.8 saya dengan zenfone laser ze500kl yg sudah support 4g..
    Tepatnya rabu malam kemaren, di semarang saya tebus 1,995 jt garansi datascrip..
    Secara keseluruhan memang nyaman ponsel ini, lebih nyaman digenggam, dan nyoba fitur 4G yg lumayan baru buat saya,hehe. untuk batre memang lebih awet daripada zenfone5 keluaran 2014 yg dulu pernah saya punya..
    Kamera 13mp cukup gegas, tapi hasil foto digaleri kalo di zoom agak ngeblur.. apakah itu wajar?
    soalnya kalo di samsung mega5.8 hasil foto di galeri di zoom masih jelas..

    sekali lagi terima kasih buat reviewnya pak herry..

    • Herry SW says:

      Pak Novianto,

      Wah, harga yang Anda dapatkan tergolong murah tuh.

      Kalau di-zoom-nya dalam persentase cukup tinggi, wajar deh kalau ngeblur. Coba Anda memotret di luar ruangan dalam kondisi terang. Trus, hasil fotonya silakan di-zoom. Asalkan nge-zoom-nya tidak sampai ratusan persen, mestinya masih oke kok.

  112. dico sugandhiko says:

    Izin tanya ke Pak Novianto ya Koh, beli Asus ZE500KL nya di Semarang di toko mana ya Pak Novianto? Kok murah? Kebetulan Saya juga dari Semarang, thx.

  113. Adrian Soetanto says:

    Pak Herry, nanya lagi ya… boleh disebutkan 3 s/d 4 pilihan ponsel yang kameranya sudah dilengkapi dengan fitur OIS (optical image stabilizer) mulai dari harga termurah sampai dengan maksimal Rp 5 juta (kalau bisa bukan ponsel bekas)?

    Apakah benar dengan adanya fitur OIS dapat meningkatkan kualitas hasil jepretan kamera di ponsel (tanpa memperhatikan kecepatan autofocus)?

    Terima kasih atas penjelasannya.

    • Herry SW says:

      Pak Adrian Soetanto,

      Hmmm… ada OIS, harga maksimal Rp 5 juta, dan bukan ponsel bekas. Paling-paling LG G Pro 2, LG G2, dan Lenovo Vibe Shot ya.

  114. Afat says:

    Pak HSW izin komen lagi, zenfone2 laser ze500kl dibandingkan dengan zenfone 2 dan zenfone sebelumnya, apakah sama sama mudah panas?
    trimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Afat,

      Kalau dalam hal panas, yang paling mudah panas itu Zenfone generasi pertama (Zenfone 4). Zenfone 2 Laser sudah tidak sepanas sebelumnya. Sedangkan Zenfone 2 Laser lebih tidak panas lagi.

  115. Novianto says:

    pak herry sw
    terimakasih pak, sudah saya coba diluar, setelah saya update kamera hasilnya sudah gak pecah pak,

    pak dico
    untuk pembelian di semarang saya di sms shop matahari lantai 2, samping eksklator turun, tapi di sms shop sriwijaya harganya juga 1995 selisih 2 hari saya beli..

    untuk zenfone laser ini, tidak kerasa panas dibanding Zenfone 5 dulu

  116. Leo says:

    Pak Herry, saya lihat di tokopedia, bukalapak Dan olx sudah ada yang jual Zenfone Max dengan harga 2399k. Sudah saatnya ada atau belum nih ya Pak, atau garansi distributor?

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Jadwal edar Zenfone Max bergaransi resmi memang bulan ini. Namun, sampai kemarin, setahu saya belum muncul.

      Melihat harga yang Anda sebutkan, saya yakin itu bukan bergaransi resmi.

  117. Rizki says:

    Menurut Pak Herry dilihat dari performanya secara keseluruhan lebih baik pilih mana diantara Xiaomi redmi 2 prime, Infinix Note 2 atau asus zenfone 2 laser?

  118. Leo says:

    Salam pak Herry,

    saya baca di Twitter, di Belitung bapak pakai Zenfone 2 Laser ZE500KL? Mau Tanya, apakah ZE500KL bisa LTE only, menggunakan kartu Smartfren Dan ada giroskopnya?

    Terima kasih
    Salam,

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Tidak ada pilihan menu LTE only.

      Tak tahu. Saya tak pernah coba memadukannya dengan Smartfren.

      Barusan saya cari file screen capture-nya nggak ketemu. Seingat saya, tidak ada giroskop.

  119. Rizki says:

    Dear Pak Herry,

    Buat saya yang penting enak untuk multi tasking, tidak remot dan layanan purna jualnya paling baik menurut Bapak apa ya?
    Rekomendasi diluar dari ketiga itu juga boleh Pak

    • Herry SW says:

      Pak Rizki,

      Layanan purna jual saya terjemahkan sebagai layanan pusat perbaikan resmi. Yang terbaik sih LG.

      Berarti, pilihannya LG G4. Namun, Anda tentu harus melipatgandakan anggaran.

  120. Ghufron says:

    Pak, saya minat asus Zenfone 2 Laser ZE 500 KL kira2 kameranya bagus apa nggak,, sama dia cepat panas kah tidak?? bagaimana jika dibandingkan dg hp slate 6 voice tab 2 yang harganya hampir sama?? mohon pencerahannya

  121. fuat cepat says:

    malam pak Herry SW,
    saya beli asus ze500kl hari kamis 10/03 kmrn, lalu sy cazs 3jam sampai full 100%. gawai belum diisi kartu sim, kartu memori, dan didiamkan saja dalam kondisi menyala standby sampai td sore. Lah…..sekarang mau sy nyalakan kok gbisa ya? sudah dicazs dn menyalakan powezs bberapa kali sampai getar. layar ditap juga bergetar. mohon tanggapan’e pak..

  122. mujahidin says:

    Pak yang mau tanya ini
    1. Apakah saat membuka app di zen 2 laser ada jeda baru aplikasinya terbuka karena sy sudah lihat video reviewnya dia bilang agak lama baru aplikasinya terbuka

    2. Kalau dipake main games apkah panas? Soalnya sy selalu ditakutin penjual kalau mau beli asus ktanya (cepat dan sangat panaaas)” it yg membuat sy sedih” dan langsung menyarankan oppo f1 .tp sy tidak beli

    3. Kalau mmng tdk panas apakah krn bukan meakai prosesor intel?

    It saja yang sy tanya… thnks

  123. mujahidin says:

    Pak hsw yg sy mau tanyakan …
    1. Apakah saat membuka app di zen 2 laser ada jeda baru aplikasinya terbuka karena sy sudah lihat video reviewnya dia bilang agak lama baru aplikasinya terbuka

    2. Kalau dipake main games apkah panas? Soalnya sy selalu ditakutin penjual kalau mau beli asus ktanya (cepat dan sangat panaaas)” it yg membuat sy sedih” dan langsung menyarankan oppo f1 .tp sy tidak beli

    3. Kalau mmng tdk panas apakah krn bukan meakai prosesor intel?

    It saja yang sy tanya… thnks ” srry double krn tdi salah

  124. mujahidin says:

    Mksih ,prtanyaan sy cpat di jwb????

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Pertanyaan apa? Biasakan tidak menuliskan karakter ???? karena itu bermakna Anda marah-marah, berteriak, atau memerintah.

  125. mujahidin says:

    Srry misalnya tdk ad tanda tanyanya

  126. mujahidin says:

    Sblumnya saya mau minta maaf krn ad ksalahan dari pengetikan. krn sebenarnya tanda tanya itu adalah emoticon (tanda jempol ke atas)dari keyboard tapi di translate dgn tanda tanya , jadi saya sangat minta maaf karena kesalahan penerjemah emoticon dari keyboardnya (samsung j2)

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Oh ok. Terima kasih atas klarifikasinya, Pak.

  127. hasan sidik says:

    Kalo harus memilih, zenfone 2 laser ze500kl dan pureshoot lebih bandel mana ya ,dari segi keawetanya pa?

    • Herry SW says:

      Pak Hasan Sidik,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Pureshot atau Pureshoot nih?

      Wah, kalau soal keawetan, saya belum bisa menjawabnya. Mesti mencari seseorang yang sudah menggunakan dua ponsel itu selama masing-masing minimal setahun deh. Namun, ya nggak bisa sekarang. Lha masa edar ponsel tersebut belum sampai setahun.

      • hasan sidik says:

        Oh iya pa, pureshot maksud saya, maaf.
        Kalo secara keseluruhan, bapak lebih merekomendasikan yang mana,Pureshot apa Zenfone 2 laser ZE500KL?

        • Herry SW says:

          Pak Hasan Sidik,

          Kalau Anda lebih mengutamakan hasil foto akhir, ambil Pureshot.
          Kalau Anda lebih mengutamakan kecepatan focusing camera, ambil Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  128. Mujahidin says:

    Sebelumnya sy minta maaf krn tanda tanya itu sebenarnya adalah emoticon (jempol ke atas ) dan sy tidak bermaksud untuk menuliskan karakter tersebut (?) . Sy tidak tahu bahwa emotocon itu ternyata diterjemahkan dengan tanda tanya . Jadi untuk itu sy minta maaf krn adanya kesalahfahaman ini…… krn sbenarnya sy ingin memuji krn balasannya cepat..***

    Sukses slalu

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Terima kasih atas klarifikasinya.

  129. yupi says:

    mau tAnya
    kapan asus zenfone laser ze601kl yg layarnya 6 inci dijual di indonesia

    • Herry SW says:

      Pak Yupi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Sejak Senin lalu saya cuti berkeliling ke pusat penjualan ponsel karena sedang di luar kota. Belum ada ya? Mestinya minggu ini mulai didistribusikan sih.

  130. yusuf says:

    siang pak Herry, saya numpang tanya.
    smartphone yg punya shutter speed manual, sperti Zen 2 laser di harga 2jt-an menurut pak Herry ada atau tidak.
    kalau Xperia ZR ada atau tidak shutter speed manual seperti zen 2 laser. terima kasih

  131. hendra says:

    Mas herry sy mau tanya nih. Saya ada budget 2jt+, klo hp yg paling recomended merek dan type apa yah. ada rencana bli ze500kl, lg magna or j2. kira” kualitasnya bagus manakah? trims mas herry

  132. Septian says:

    Kalau asus zenfone 2 laser ze500kl dibandingkan dengan xiaomi redmi 2 prime secara keseluruhan worth mana pak HSW?

  133. mujahidin says:

    Pak knp zenfone 2 laser sy (ze 550kg) kalau buka google chrome, harus tunggu beberapa detik baru terbuka(lag)

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Selalu begitu? Seharusnya hanya satu kali, saat pertama dijalankan. Setelah itu lancar.

  134. Septian says:

    Pak Herry SW dari semua aspek mending asus zenfone 2 laser ze500kl atau xiaomi redmi 2 prime?

    Terimakasih

  135. mujahidin says:

    Selalu seperti itu pak, apalagi kalau buka youtube mungkin ada jeda sekitar 3-4 deti baru apknya terbuka
    Terima kasih

  136. Muhammad Rizky Utama says:

    Mau nanya mending Zenfone 2 laser ze500kl apa redmi note 2 ?

    • Herry SW says:

      Pak Muhammad Rizky Utama,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Redmi Note 2. Redmi Note 2 yang saat ini beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi.

      Zenfone 2 Laser ZE500KL layak beli.

  137. Ghufron says:

    Pak, boleh minta saran saya mau beli asus zenfone 2 laser yang ZE 550 KL kira2 itu bagus gak,, n dia cepat panas atau nggak ?? mending mana ya sama LG magna ?? tapi LG RAM n ROM lebih kecil n blm 4G
    makasiihh

    • Herry SW says:

      Pak Ghufron,

      Saya belum pernah mencoba ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KL. Hasilnya, bagus dan layak beli. Tidak cepat panas.

      LG Magna untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik. Lupakan deh.

  138. mujahidin says:

    Kmp di factory reset pak? “Masalahnya sy tdk tahu cara factory reset hp sy nnti klau coba2 smrtfone sy tkut eror” hehehehe…ambil aman

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Lha itu kan langkah yang paling praktis dan langsung sapu bersih.

      Untuk melakukan factory reset, silakan masuk ke settings, lalu backup and reset.

  139. mujahidin says:

    Bisa dijelaskan lebih detil lagi pak? Krn klau sy lihat di google harus matikan dlu lalu tekan tombol volume up nd dwn trus lalala setelah it langsung muncul layar hitam putih dan di factory reset
    Kalau cara bapak bgimana?

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Masuk ke settings, backup & reset, lalu scroll layar ke bawah. Paling bawah ada factory data reset kan? Pilih itu.

  140. Tia says:

    Siang Pak Herry,
    Kalau boleh minta saran, antara hp Asus Zenfone 2 Laser, Xiaomy Redmi 3, dengan Hisense Pureshoot lebih bagus yang mana? Dari segala segi. Tolong yah Pak diberikan penjelasan rinci masing-masing hp. Saya masih bingung. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Bu Tia,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomy Redmi 3. Kalau yang dimaksud Xiaomi Redmi 3, saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Hisense Pureshooot? Hmm… yang dimaksud Hisense Pureshot ya?

      Ok, saya coba bandingkan Pureshot dengan Asus Zenfone 2 Laser varian LTE (ZE500KL). Pureshot unggul di kelengkapan kompatibilitas LTE dan hasil foto. Sedangkan Zenfone 2 Laser untuk di kecepatan pemfokusan kamera dan tersedianya fitur ketuk-ketuk jari untuk menyalakan maupun memadamkan layar.

  141. mujahidin says:

    Terima kasih pak, tapi ap yg terjadi jika hp di factory reset?

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Data akan hilang dan ponsel kembali ke kondisi awal, seperti saat Anda kali pertama mengeluarkannya dari kardus.

  142. Yohan says:

    pak kalau dibandingkan Pureshot 5″ daya tahan baterainya mana yang lebih baik?

    sekedar saran pak, untuk kedepannya bagaimana kalau di sebutkan persentase baterai ketika di gunakan..
    misal:
    a.10 menit gaming baterai berkurang sekian persen
    b.10 menit browsing baterai berkurang sekian persen
    dst.. maaf pak sekedar saran saja. terimakasih

  143. Dina says:

    Koh herry… sy ingin tny apakah zenfone 2 laser ZE500KL 16gb ini utk batere bs dilepas ato tdk bs dilepas ? Trs bagusan mana zenfone 2 laser ZE500KL ini dgn xiomi redmi 2 prime ? Apakah zenfone 2 laser ini ada 2 jenis LTE dan tdk mendukung LTE. ? Xie2

    • Herry SW says:

      Bu Dina,

      Terus terang saya lupa pastinya. Seingat saya, baterainya bisa dilepas.

      Tidak ada ponsel bermerek Xiomi. Apakah yang Anda maksud Xiaomi? Kalau iya, mending ambil ZE500KL deh.

      Ya, ada varian LTE dan non-LTE.

  144. dico sugandhiko says:

    Bantu jawab pertanyaan Ibu Dina ya Koh..

    untuk baterai ZE500KL removable battery alias bisa dicopot. Dengan kapasitas 2400mah dan bentuk sama persis dg seri ZE500KG 2070mah dan belum 4G LTE, baterai bisa ditukar-tukar alias kompatibel satu sama lain. Saya pernah nyoba. Tinggal nunggu zenfone max aja nih yg punya baterai 5000mah, masih penasaran sama review nya Koh Herry, hehe… trims.. ?

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Terima kasih atas bantuannya menjawab.

      Review Zenfone Max? Sabar dulu ya. πŸ™‚

  145. Tia says:

    Maaf yah Pak saya bawel. Sbnrnya sya gk prnah kpkiran bwt bli prduk sjenis smartfren lg. Tpi sjak brdskusi dg bpak, sya jd bimbang. Haha krena dlu pke andromax cuma kepake blum genap sbulan. Dan akhrnya diservis tetap aja kumat lg. Jd nmbah koleksi hp deh d rmah. Pas bpa nyaranin pureshot, sya bca review bpa ttg hp itu, sya jd ngebet bgt. Eh sya cri” d kota sya gak ada. Mau psan online takut mkan’y sya nnya” prbandingan hp yg ada d sni. Trnyta msh bgusan pureshot. Kalau dg andromax R2 gmana pak? Stok R2 kbtlan ada d galeri kota sya. Prbandingan dn plus minus’y apa? Sya udah bca review R2 jga msh bngung. Hehe. Pureshot gampang panas dan ngehang gtu gk pak? Hp yg dlu mah iya. Trus sinyal antara sim 1 dan 2 suka ilang bergantian. Makasih pak.

    • Herry SW says:

      Bu Tia,

      Silakan ketikkan ulang dulu pertanyaan Anda dengan kata demi kata yang dituliskan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

  146. thariq says:

    Rencana mau beli nihh πŸ™‚

  147. mujahidin says:

    Pak herry sy mau nanya LAGI, (hehehe)bedanya prosesor quad core dgn octacore dari segi experience ap pak? Dan juga ap pengaruh clock speed

    Terima kasih .

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Tergantung kelasnya sih. Intinya sih, jangan selalu menganggap octa core pasti lebih bagus daripada quad core. Dalam pemakaian sehari-hari kondisinya tidak selalu begitu.

  148. mujahidin says:

    Kelas ap pak?

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Misalnya, ada prosesor octa core kelas bawah dan prosesor quad core kelas atas. Nah, yang quad core kelas atas itu kinerjanya amat mungkin lebih unggul daripada yang octa core kelas bawah.

      Prosesor Qualcomm, contohnya, ada Snapdragon 410, 615, dan 810. Yang kelasnya paling tinggi adalah 810.

  149. Dina says:

    @ koh herry : maaf sy ketik penulisan, bener xiaomi…
    @ pak dico : thank you buat infonya… tp sy baca review dr koh herry bknnya utk tipe zenfone 2 laser ZE500KL ini sdh LTE…? ( Mohon koh herry bs menjlskan lg utk info-nya )

    • Herry SW says:

      Bu Dina,

      ZE500KL sudah LTE kok. Kalau yang belum LTE itu ZE500KG.

      Perhatikan dua huruf terakhir deh. KL = LTE, sedangkan KG = belum LTE.

  150. Tia says:

    Oya Pak, maaf. Intinya sih saya udah sangat ingin membeli pureshot tapi stok di kota saya tidak tersedia dan saya tidak berani membeli online. Setelah diskusi kita sebelumnya, stok yang tersedia di sini yang belum saya tanyakan adalah andromax R2. Manakah yang lebih unggul antara pureshot dengan R2? Baik dari segi ram, kamera, baterai, anti gores bawaan, dll. Selain itu, apakah kedua hp tsb mudah panas dan ngehang? Kalau ternyata diskusi akhir ini masih unggul pureshot, saya akan tetap mencari hp itu. Saya selektif sekali dalam memilih hp yang sangat cocok untuk saya. Hehe terima kasih, pak.

    • Herry SW says:

      Bu Tia,

      Di kota Anda apakah ada Galeri Smartfren? Kalau ada, coba inden di sana.

      Andromax R2 itu ibarat Pureshot yang ganti wajah dan LTE-nya dikunci cuma bisa dipadukan dengan Smartfren. Performa sama-sama bagus. Namun, bila harus memilih, saya lebih condong ke Pureshot karena dapat dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE aneka operator. Tidak terbatas LTE Smartfren.

      Tidak mudah panas. Selama saya memakai Pureshot dan Andromax R2, ponsel itu tak pernah hang.

  151. Tia says:

    Saya tinggal di Cilegon. Galeri ada di Serang. Jadi beda kota. Kemarin sudah ke sana tapi kosong. Wah, saya sudah lega. Makin mantap nih insya Allah. Saya mau pesan di galeri deh. Terima kasih sekali yah Pak. Sangat membantu.

  152. mujahidin says:

    Pak herry sy izin tanya….

    Apkh zenfone 2 laser ze500kl sudah tdk didistribusikan? Krn waktu sy mau beli yg ze500kl (sesuai saran pak herry), kata salesnya stok lg tdk ad sy beli di erafone mks , padahal erafone it kan adik dari erajaya alias distributor resminya asus dan merk2 lainnya. Knp malah stok habis? Jdi sy beli yg ze 550 kg .

    2. Apkh cara ini work untuk unlock 4g asus yg 3g alias(kg)
    http://www.asus.com/zentalk/id/forum.php?mod=viewthread&tid=70116

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      1. ZE500KL masih tersedia di pasar kok. Kalau di Erafone tidak ada, ya kebetulan saja stok mereka sedang kosong.

      2. Tak tahu. Logikanya sih tidak bisa karena ada perbedaan hardware.

  153. ari andi says:

    pak herry saya mw tnya nih…
    sya sekrang bimbang ni soalnya waktu saya pergi ke mall buat tnya” hp asus zenfone 2 laser 500KL..mereka bilang lebih baik saya membeli oppo neo7 ..alasanya sih fiturnya lebih bgus dri si asus ini pak…
    ane bingung ni pak..mhon pencerahannya pak saya musti pilih yang mana ni pak soalnya harganya sama sih…sama-sama 2,1jt pak…trims

  154. Yunike says:

    permisi pak, saya mau tanya
    1. apakah zenfone 2 laser ini baterai nya lebih awet daripada zenfone 5?
    karna dari komentar yg saya baca diatas zenfone 2 laser ini tidak cpt panas seperti zenfone 5.

    2. apakah minusnya xiaomi hanya karna garansi distributor? wlaupun gransi distributor bknnya ttp bs diperbaiki?
    saya ingin membeli hp zenfone 2 laser tapi melihat baterai nya yg hanya 2070 mah , jd tertarik dengan xiaomi redmi note 2 wlaupun tdk ada garansi resmi.
    mohon pencerahannya hhe, thanks

    • Herry SW says:

      Bu Yunike,

      1. Ya, lebih awet.

      2. Risiko membeli ponsel bergaransi distributor tidak resmi bukan hanya itu. Masih ada yang lain. Apa saja?
      * Mendapatkan produk replika.
      * Spesifikasi hardware tak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.
      * Firmware yang digunakan tidak optimal.
      * Jaminan terhadap garansi sangat lemah.

  155. ari andi says:

    oke trims pak…
    tpi setelah sya baca di kolom komentar pak herry di atas..katnya hp Infinix Note 2. juga bgus…
    kira2 lebih bagusan mana antara Infinix Note 2 dengan asus zenfone 2 500KL …
    kan anda sudah pernah memakai kedua jenisnya kan..jadi menurut anda lebih bagusan mana…
    ok sekali lagi trima kasih ya pak herry..

    • Herry SW says:

      Pak Ari Andi,

      Kuncinya sederhana. Apakah Anda memerlukan ponsel dengan kamera bagus? Kalau iya, silakan ambil Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Kalau kamera dengan performa lumayan dianggap sudah memadai, silakan beli Infinix Note 2.

  156. Ghufron says:

    Selamat sore pak hsw
    pak mohon saran, saat ini sy tertarik untuk beli lg g4 stylus kebthan sy dkamera untk skripsi dan sosmed biasa, dr kualitas kamera mending mana ya, dg harga sm sktar 2 jtaan, dan secara kualitas katax lebih bgus lg drpd asus, cm lg lemah d ram sm internal, dan blm 4G dan menang krn ada stylus
    Lebih baik mana ko hary ?
    Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Ghufron,

      LG G4 Stylus untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik. Stylus-nya kurang enak lho.

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, saran saya, belilah Asus Zenfone Max Rp 2,599 juta. Kalau ingin yang lebih murah, silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

      • Ghufron says:

        ohh gitu yaa pak.. tapi asus udah nggak sering eror dan panas kan ya,, sy punya zenfone 5 itu sering eror dan panas,, kalau asus zenfone max cepat panas gak om

        • Herry SW says:

          Pak Ghufron,

          Sejak Zenfone 2 Laser, ponsel Asus sudah mendingan. Karena itu, saya mulai berani merekomendasikan merek Asus. Tinggal service center-nya nih yang masih perlu diperbaiki.

          Zenfone Max tidak mudah panas.

      • Ghufron says:

        btw stylusnya kurang enak gimana ya pak Herry ?? hhehe

  157. Ghufron says:

    Oke ko hsw makash sarannya,
    memang benar service center asus perlu dperbaiki, pengalaman pd zenfone 5 tmn sy jg gt gk pernah jatuh dll tiba2 mati total di bw ke service center suruh ganti lcd n hargax mahal,
    sy tertarik hisense tapi di malang kok gak ada ya? Pgn cb yg selain yg ada malah lg g4 stylus
    kalau tingkat keunggulan kamera mohon diberi peringkat ko antara
    1. Asus zenfone 2 laser ze550kl
    2. Lg g4 stylus
    3. Hisense pure shot
    makash.

    • Herry SW says:

      Pak Ghufron,

      Yang Anda maksud tidak ada itu ponsel Pureshot-nya atau service center Hisense?

      Saya yakin Pureshot tersedia di Malang. Minggu lalu saya kebetulan usai bepergian ke Malang. Saat melewati salah satu jalan, entah jalan apa, ada billboard Hisense Pureshot yang gede banget di tengah jalan. Logikanya, kalau Pureshot tidak beredar di sana, mengapa Hisense iseng memasang billboard.

      Silakan coba mencari Pureshot di service center Hisense di Jl Coklat 15, Malang.

      Urutan dimulai dari yang kameranya terbaik: Pureshot, Zenfone 2 Laser (yang pernah saya coba ZE500KG dan ZE500KL), dan G4 Stylus.

  158. Ghufron says:

    okee bapak,, hisense itu apa sama kayak produknya smartfren bapak ??
    okee mungkin saya mau coba asus saja hhehe,, ko hsw pernah coba g4 stylus dan mereviewnya kah ?? kamera menang di hisense,, tetapi kalau kualitasnya mohon diurutkan lagi ko,, dai hisense, asus zenfone 2 laser dan lg G4 stylus ..

    terimakasih infonya nanti saya akan coba ke cari di service center bapak,,,

  159. Ghufron says:

    okee pak,, kemarin saya cari asus zenfone laser di salah satu toko ponsel lagi kosong,, saya malah di tawarin huawei kira2 lebih enak mana ko hsw huawei apa lg g4 stylus yaa..

    • Herry SW says:

      Pak Ghufron,

      Jadi penasaran nih. Di toko ponsel mana? Stok Zenfone 2 Laser, setahu saya, malahan sedang banjir.

      Ponsel Huawei tipe apa?

      G4 Stylus untuk ukuran saat ini sudah tidak layak beli.

  160. mujahidin says:

    Pak herry sw sy mau tanya

    Bersumber dari situs ini,https://jalantikus.com/gadgets/hp-android-asus-update-marshmallow/
    Memang zenfone 2 laser masuk upgrade , tapi kok seri hape sy (ze550kg) tdk ada dalam daftar? Apakah asus hanya membuat seri itu dan mendiskriminasikan dengan seri zenfone 2 laser lainnya seolah olah seri ze 550kg adalah seri “anak haram’ yang tidak diperdulikan. Atau asus hanya memberikan upgrade untuk seri2 yg “laku” . Sy mau komentar di zentalk “krn informasi update marshmallow itu asalnya dri zentalk” tetapi tidak bisa,nahhh akhirnya sy tanya ke pak hsw.

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Setahu saya, update Marshmallow untuk Zenfone 2 Laser akan tersedia untuk kode tipe:
      * ZE500KG
      * ZE500KL
      * ZE550KL
      * ZE600KL
      * ZE601KL

      Jadi, ponsel Anda termasuk dalam daftar.

  161. Dina says:

    Sy mau tny lg koh, kira2 utk pembeli handphone yg bs dipercy dan hrg jg miring di toko apa ya klu di wtc ato delta ? krn sy cari tipe Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL koq gak ada, (mksdnya tipe KL).

    Xie2

    • Herry SW says:

      Bu Dina,

      Coba ke Garuda Teknik di WTC lantai 1, G Shop lantai 1, dan Sentra lantai 2.

      Kalau di Marina, boleh coba ke Insight Technology dan Cititech. Keduanya di lantai 2.

  162. mujahidin says:

    Pak , didaftar itu tidak ada yang tertuliskan seri “ZE550KG” yang hanya ada “ZE550″KL”” saya copas
    ZE500KG
    * ZE500KL
    * ZE550KL
    * ZE600KL
    * ZE601KL. Yg mana ada tulisan “ZE550(KG)” ?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      Saya tidak merujuk kepada tautan di Jalantikus, melainkan mengacu kepada daftar yang dikeluarkan Asus. Ups… ternyata punya Anda ZE550KG ya. Iya, tipe itu tidak termasuk. Satu-satunya ekor KG yang dapat adalah ZE500KG.

      Btw, dulu Anda membeli ZE550KG itu di mana? Apakah bergaransi resmi?

  163. hendra says:

    Mas herry sy agak kecewa dgn bloatware z2 laser yg sangat2 memakan ram. Browsing jd lambat dan sllu saja harus di boost setiap beberapa menit, padahal sy tidak mendownload game/aplikasi berat. Kadang sy berfikir ingin ganti saja dgn merk lain. Dulu sy pakai sony e3 ram 1gb tidak pernah lemot klo hnya untuk browsing. Mohon pencerahannya. Trims mas herry

  164. Ghufron says:

    toko 3 putra bapak, huawei honor berapa gitu pak,, kalu gaksalah harganya 1,999 jt… saat ini saya kok jadi tertarik ke acer liquid X1 itu gimana ya pakk menurut bapak ???

    • Herry SW says:

      Pak Ghufron,

      Kalau Rp 1,999 juta kemungkinan Huawei Y6 LTE. Namun, itu bukan termasuk seri Honor. Hmm… atau sedang ada promo Honor 4x ya. Entahlah.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Liquid X1.

  165. mujahidin says:

    Pak herry sw. Saya membeli di erafone megastore makassar (berarti garansi resmi) dan ada logo “tam”

    Pertanyaan sy mengapa asus mendeskriminasi seri ze550kg. #what_your_problem_ASUS!! (hehehe).Itu yang membuat sy sangat bingung ??????.Apakah jika ingin memberikan upgrade kpd smartfone sy membutuhkan ribuan ilmuan handal setara dengan bill gates dan kawan kawan dan memerlukan dana sehingga membuat asus bangkrut?. @$%&&^$#^&&^%. Ataukah upgrade itu perdampak pada kondisi sosial ekonomi dan kemiliteran dunia (hehehe). Intinya sy KECEWA jika benar2 hanya seri ZE550KG yg tdk dapat upgrade. Sy bukannya terlalu terobsesi dengan si “marsmallow” tapi itu namanya tdk adil dan bentuk ketidakbecusan asus. Terus terang sy memilih asus krn upgradenya yg tidak pelit, tapi ……

    Terima kasih “mohon maaf commentnya agak berlebih lebihan (hehehe)”

  166. mujahidin says:

    Pak Hsw
    Sy mendapatkan informasi dari http://www.techtimes.com/articles/107636/20151117/asus-android-6-0-marshmallow-for-zenfone-2-smartphone-in-the-pipeline-heres-when-to-expect-the-update.htm
    Silahkan pak hsw baca

    Eeeh tunggu….. comment sblumnya dibalas ya!
    Terima kasih

  167. Dihas says:

    Mas herry sy mau tanya,. Saya ada budget 2jt, antara hp Xiaomi resmi 3 dengan asus Zenfone 2 laser ze500 KL itu paling recomended mana ya? Saya bingung,, setelah saya baca riview di sini saya benar2 tertarik dg asus laser, tapi saya waktu mau beli HP kata penjualnya bagusan Xiaomi redmi 3 dari segi manapun, saya bingung milih laser apa redmi 3, harganya juga sama, bingung..hehe..
    Menurut pendapat mas Herry bagusan mana ya?
    #TolongDiJawab

    • Herry SW says:

      Pak Dihas,

      Karena Redmi 3 pasti tanpa garansi resmi, menurut saya, mending jangan dibeli deh.

  168. safitri says:

    Pak Herry,
    saya jadi tertarik beli asus zenfone 2 laser 500kl. pertanyaannya, apakah smartphone tersebut masih banyak beredar di toko offline ? soalnya aku takut kalo di kota ku nggak ada/habis. itu udah garansi resmi kan, pak?

    • Herry SW says:

      Bu Safitri,

      Masih banyak beredar.

      Ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tidak. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

  169. Rendis says:

    Mas herry mau tanya, led notifikasi nya itu ada berapa warna nya? Apa aja?

    • Herry SW says:

      Pak Rendis,

      Terus terang saya tak memperhatikannya. Saya pribadi saat ini tidak terlalu peduli dengan ketersediaan notifikasi LED. Sebab, praktiknya saya memang sering bersentuhan dengan ponsel.

  170. Dihas says:

    Mas herry izin tanya.. :d
    Saya baru beli asus zenfone 2 laser ze550kl, itu hasil foto nya kok blur, tidak bagus.. apa karena yg layarnya 5,5 inch jd beda dg yg 5 inch… dan juga tidak seperti kamera hp lainnya, misalnya oppo neo 7 kalau foto kan autofokusnya bisa mendeteksi wajah..lhaa kamera zenfone laser ini kok gak gitu ya, kok cuma autofokus ditengah terus,bulat.. (kamera belakang)..apa emang begitu?
    Mohon pencerahannya

    • Herry SW says:

      Pak Dihas,

      Hmm… kok aneh. Saya belum pernah menguji pakai ZE550KL. Namun, performa kameranya mestinya sama dengan ZE500KL yan gberlayar lima inci deh.

      Saya lupa ada face detection atau tidak.

  171. edwin says:

    Pak ZE500KL apa fast charging? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Saya tak pernah coba memadukan ZE500KL dengan fast charger. Jadi, jawaban saya: tidak tahu.

  172. Septian says:

    Pak HSW kamera belakang asus ze500kl ini dulu dipakai mode auto relatif cepat pengambilan dan pengolahannya,sedangkan mode hdr butuh waktu untuk mengolah foto (berarti normal).
    Entah kenapa sekarang seperti terbalik,hdr pengolahan fotonya cepat sedangkan auto lama(meski begitu hasil hdr tetap lebih bagus dari auto) adakah solusinya pak?

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Septian,

      Lho kok aneh. Coba di-reset dulu deh. Kameranya saja yang di-reset. Tak perlu semua. Reset-nya langsung dari dalam menu kamera.

  173. Septian says:

    Ohya satu lagi pak,waktu autofokus diarahkan seperti ada suara baut jatuh(terjadi setiap mengarahkan autofokus,bukan satu dua kali),itu kenapa ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Septian,

      Kayak suara cret… cret… gitu kan? Memang begitu kok. Itu tanda kalau proses pemfokusan otomatis berlangsung.

  174. Septian says:

    Cara meresetnya bagaimana pak?

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Septian,

      Saya tak hafal menunya. Intinya, masuk ke kamera seolah akan memotret. Berikutnya, masuk ke settings dan carilah pilihan untuk reset.

  175. Septian says:

    Terimakasih banyak pak HSW

  176. Faudzi Adam says:

    Malam koh, saya mau nanya, melihat ulasan diatas tentang “Ketika ponsel kali pertama dinyalakan, sisa memori internal mencapai 10,16 GB.” dari yang asalnya 16GB. nah, punya saya dengan tipe sama namun dengan ROM 8GB tersisa hanya 3,99 GB. Apakah faktor dari aplikasi bawaan atau ada yang lain koh? saya masih awam soal gadget soalnya he…he

    lalu, lihat review diatas juga tentang uninstall aplikasi bawaan, apakah aman (tidak mengganggu kinerja ponsel)?

    terimakasih koh

    • Herry SW says:

      Pak Faudzi Adam,

      Faktor dari aplikasi bawaan dan sistem operasi. Keduanya kan mengonsumsi memori internal.

      Asalkan memang ada pilihan menu uninstall, berarti aplikasi bawaan itu aman dihapus.

  177. doni says:

    pak herry, mw bertanya..kamera belakang asus laser saya tidak jernih..tapi kamera depannya jauh lebih jernih..bagaimana pengaturannya ya pak? terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Doni,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Tak ada pengaturan khusus sih. Apakah di kamera belakang tak ada plastik atau benda lain yang menutupi lensa kamera? Hal lain, masuklah ke menu kamera, kemudian lakukan reset.

  178. Suya says:

    Hp saya asus zenfone 2 laser ze550kl, itu hp saya sudah 2 kali restart sendiri waktu di pakai.. tiba tiba restart mendadak gitu, itu karena apa ya? Apakah bisa di perbaiki,.
    Padahal ini hp masih baru, baru 3 minggu, dan saya sejauh ini sudah upgrade firmware 2 kali
    #MohonSolusinya

    • Herry SW says:

      Pak Suya,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Pemicunya beragam. Bisa karena masalah di hardware, bisa pula software. Coba lakukan restore factory setting, kemudian gunakan Zenfone 2 Laser itu tanpa menginstalasikan aplikasi tambahan dulu. Bila normal, berarti ada aplikasi tambahan yang mungkin kurang cocok dengan ponsel Anda.

      Cara mencarinya, instalasikan aplikasi tambahan sedikit demi sedikit. Hari ini 2-3 aplikasi dulu. Gunakan selama beberapa hari. Kalau lancar, instalasikan 2-3 aplikasi tambahan lagi. Begitu seterusnya sampai pada titik tertentu ponsel mulai restart sendiri lagi. Nah… ketahuan deh kira-kira penyebabnya aplikasi yang mana.

  179. Erick says:

    Haloo Pak Herry SW… Sy mau nanya + minta saran ni.. Saya punya 2 pilihan hp yaitu Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL (4G, 5.5 inchi) dan Oppo Neo 7..
    Saya cari tau tentang masalah asus kebanyakan seperti cepat PANAS dan panas.. sering mati juga saat panas banget.. saya jadi agak ragu untuk membeli hp ini..
    Sblumnya saya memakai oppo Find 5 mini ( intrnal 4GB), saya pakai sekitar 1 tahun 4 bulan’an, dan bootloop lah terjadi di oppo tsb. Dan kata Service Center nya hrus ganti PCB nya 800rb..
    Mengingat itu, saya pun sedikit trauma menggunakan oppo lagi. Jadi, saya bingung mau membeli hp apa lagi saat ini.

    Mohon infonya Pak Herry SW.. Dan kalo bisa, mohon sarannya..
    Sebagai plengkap, Dana saya 2,2jt..
    Terima Kasih.

    • Herry SW says:

      maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Ponsel Oppo silakan langsung dicoret dulu.

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 Laser varian ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KG dan ZE500KL. Karena anggaran Anda Rp 2,2 juta, pasti nggak cukup untuk membeli ZE550KL baru deh. Bagaimana kalau Anda membeli ZE500KL saja?

      Ponsel Asus seri Zenfone 2 Laser sudah tidak cepat panas lagi kok. Beda dengan generasi sebelumnya.

  180. Agus M says:

    Pak Herry SW mau tanya nih, hp asus zenfone dengan hp xiaomi bagusan mana after salesnya? Keduanya bandelan mana?

    • Herry SW says:

      Pak Agus M,

      Layanan pusat perbaikan resmi lebih bagus Xiaomi.

      Lebih bandel mana? Lha Asus Zenfone-nya yang tipe apa dan Xiaomi-nya tipe apa?

      • Agus M says:

        P Herry, maksudku antara asus zenfone 2 laser ze550kl dengan xiaomi redmi 2 prime bandelan mana ketika terjatuh?, kalo nokia sih sdh q akui sering jatuh tp gk cpt rusak.

        • Herry SW says:

          Pak Agus M,

          Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KG dan ZE500KL. Itu pun tak pernah saya jatuhkan.

  181. bella says:

    Pak, kirakira lebih worth beli samsung galaxy j3 atau Asus Zenfone 2 Laser
    ZE500KL, ya?

    • Herry SW says:

      Bu Bella,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J3. Kalau melihat harga dan kebiasaan Samsung, mestinya mending beli ZE500KL.

  182. bella says:

    Pak, kirakira lebih worth beli samsung galaxy j3 atau Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL, ya?

    • Herry SW says:

      Bu Bella,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja ya. Jangan dobel-dobel.

  183. clowor says:

    Om herry… Bagusan mana ya antara hp zenfone laser ze500kl vs galaxy j5 vs hissense pureshot dari segi camera,browsing,kebandelan,dan batreinya.

    Maksasih…

    • Herry SW says:

      Pak Clowor,

      Galaxy J5 silakan dicoret dulu.

      Anda lebih mementingkan kecepatan focusing kamera atau hasil fotonya? Kalau kecepatan focusing, ambillah ZE500KL. Kalau hasil fotonya, Pureshot lebih cocok.

  184. clowor says:

    Klo dari segi lelang kembali harganya masih ciiaammiiikk mana om,, antara ze500kl vs purrshot..

  185. clowor says:

    Nanya lgi nih om..
    Klo di lihat dri hasil fto yg sdh om unggah antara ze500kl dg pureshot,,
    Dri penglihatan mata saya,, hasil akhir ftonya kok lebih tajam ze500kl dr pada pureshot ya om..
    Sedangkan om bilang hsl kamera lbh unggul pureshot dri pada ze500kl klo mode otomatis.
    Atau mungkin waktu motret pake pureshot cahaya di sekitar tidak lebih terang pas om motret pake ze500kl..??

    Mohon rujukany om,,, jdi bimbang ni hati waktu melototin hasil jepretan om antara ze500kl dg hasil jepretan pureshot yg om unggah.

    Sebelumny terima kasih lgi atas jawabanya.

    • Herry SW says:

      Pak Clowor,

      Dengan kondisi pemotretan yang sama dan sama-sama di mode otomatis, hasil jepretan Pureshot sedikit lebih bagus. Detailnya juga lebih oke. Namun, untuk kecepatan pemfokusan, harus diakui ZE500KL unggul lumayan signifikan.

  186. clowor says:

    Di kisaran harga segitu,, mnurut om herry lebih memilih mana antara pureshot(tanpa +) vs zenfone 2 laser vs apple (harga di bawah 2jt).
    Di lihat dari segi ,kebandelan,kegegasan?kecepatan browsing,kamera,.?

  187. windy says:

    Ya ampun Pak HSW,

    berlebihan sekali mode beautification di Asus Zenfone 2, Pak HSW kayak pake blush on gtu di wajah.

  188. bUdhi says:

    Pak HSW bade tangglet,
    Mending beli zenfone 2 laser ze 500kl, atau xiaomi redmi 3/3pro. Bila dilihat dari after sales, ketersediaan sparepart dan service center.
    Matur suwun

    • Herry SW says:

      Pak Budhi,

      Jawaban saya, tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Redmi 3 dan Redmi 3 Pro. Satu hal yang perlu diketahui, dua ponsel itu pasti tanpa garansi resmi. Kalau akan nekat membelinya, sejak awal anggaplah tanpa garansi sama sekali deh.

  189. Leo says:

    Salam pak Herry, bagaimana kabarnya?

    Hari ini saya menemani teman saya beli HP Android (dia bimbang pilih Pureshot atau Zenfone Laser). Ketika kami berkeliling di ITC Roxy Jakarta kami menemukan ZE550KL hitam garansi resmi TAM dan langsung saya suruh dia beli karena harganya 2,1 dan bisa ditawar jadi 2 juta.

    1. Nah pak Herry, worth it kan harga segitu? Saya ingat harga resminya ZE550KL itu 2,4 (sesuai postingan bapak tentang Zenfestival) sehingga saya sedikit bingung kok bisa dijual hanya 2 juta, apa penjualnya tak rugi ya pak?

    2. Setelah kami coba, tidak ada opsi 4G Only ya pak, hanya 2G/3G/4G. Pak Herry ada saran aplikasi yang bisa memaksakan 4G only?

    Terima kasih pak Herry semoga sehat selalu

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      1. Ya, sangat layak beli. Feeling saya sih penjual salah harga. Seharusnya itu harga buat ZE550KG, bukan ZE550KL.

      2. Masukkan kartu SIM yang akan di-4G-kan di selot SIM1. Lalu masuk ke menu telepon, tekan *#*#4636#*#*, pilih phone information, scroll ke bawah sampai menemukan set preferred network type, kemudian pilih LTE only.

      • Leo says:

        Terima kasih pak Herry,

        Untuk *#*#4636#*#* apakah berlaku di semua device? Saya uji di Tab S 8,4 dan J2 tidak bisa, muncul tulisan invalid

        Salam,

  190. satriana didiek says:

    Pak Herry yang baik..menurut anda, Pilih mana antara Asus ZenFone 2 Laser ?(ZE550KL) dengan alcatel flash plus 2? Kalau hasil kameranya bagus yang mana ya? Saya baru bingung pilih yang mana…terima kasih sebelumnya.

  191. Rozi says:

    Pak HSW, tolong bantu sy memilih HP antara asus zenfone 2 laser ze500kl vs samsung galaxy j5 (2016). Mengingat pemahaman saya yg masih o’ot, bahwa asus merek “cina”, cepet rusak (banyak masalah/pengguna yg dikecewakan) dan samsung merek ternama serta barang awet/tahan untuk jangka panjang (tidak cepet rusak).

    Kalo Pak HSW jadi saya (walau itu gak mungkin), Pak HSW akan milih asus zenfone 2 laser ze500kl atau samsung galaxy j5 (2016)

    Apakah asus zenfone 2 laser ze500kl cepat panas?

    • Herry SW says:

      Pak Rozi,

      Sudah sangat jelas nih. Pilih ZE500KL dong. Tidak cepat panas kok. Hangat pun jarang.

  192. Bimz says:

    Pak Herry, perbedaan ZE500KG dan ZE500KL selain dari kamera dan baterai apalagi ya?
    kemudian cara membedakan secara jelas garansi resmi dan garansi distributor bagaimana?
    Logo TAM pada dus hp itu termasuk garansi resmi atau distributor?

  193. niasuri says:

    Pak herry bagusan zenfone 2 laser ze500kl ini apa mi4i ya…? soal kualitas foto dan kameranya.

    Klo saya jual.mi4i sy dan menggantinya dgn ze500kl ini bgmn..?
    Rugi gk ya pak hery..?
    Prioritas sy kamera depan dan belakang.

    • Herry SW says:

      Bu Niasuri,

      Kalau Anda mengutamakan kameranya, lebih baik bertahan dengan Mi 4i dulu. Anda takkan menemukan perbaikan signifikan dengan kamera ZE500KL.

      Kelebihan ZE500KL dibandingkan Mi 4i, ponsel itu tidak terasa nge-lag dan bodi panas.

  194. Jolio AP says:

    koh kalau soal kamera sama baterai meizu m2 jote vs asus zenfone laser menang mana?

    • Herry SW says:

      Pak Jolio AP,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai M2 Note secara mendalam. Cuma pernah towel-towel sebentar.

  195. Jolio AP says:

    #Meizu m2 note maksud saya

  196. edwin says:

    Pak asus ze500KL Vs Xiaomi Redmi Note garansi resmi tanpa melihat 4G, Harga ze500Kl 1.9xx.xxx dan Redmi Note 1.6xx.xxx pak herry lebih meminang yang mana? ciri – ciri Asus ze500kl garansi resmi apa pak? terima kasih pak herry

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Saya sih pilih ZE500KL.

      Perhatikan saja nama importer. Kalau pemain resmi seperti Erajaya dan Metrodata, berarti garansi resmi.

  197. dico sugandhiko says:

    Pak Herry..

    1. Kira2 apa yg menyebabkan kapasitas RAM berkurang terus menerus? Zenfone 2 laser saya prasaan sudah saya hapus banyak apps yg ga kepake, tp sisa RAM nya masih disitu2 aja. Bagaimana ya Pak kira2 caranya biar RAM nya plong an banyak.?

    2. Baru2 ini ada notifikasi pembaruan dari Lollipop ke Mashmallow. Ga pake lama langsung saya update. Ternyata setelah selesai install mashmallow smua aplikasi yg ada di hp ga bisa disimpan di microsd ya? Bisanya disimpan di memory internal. Kok begitu ya Pak? tau gitu gausah saya update aja biar aman aplikasi mana aja yg mau saya simpan di microsd..

    3. Pak, kalo semisal hp saya hardreset (reset total), slain menghapus smua data, apakah hp (zenfone 2 laser) juga akan menghilangkan / mengembalikan smua versi update software yg udah diunduh? Misal, kembali jadi lollipop lagi.

    terimakasih jawabannya πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      1. Operasional ponsel akan membuat RAM berkurang. Sekadar menyalakan ponsel pun sudah mengonsumsi RAM. Anda browsing akan mengurangi RAM. Anda buka email akan mengurangi RAM lagi. Intinya sebenarnya sederhana: tak usah bingung RAM berkurang, selama ponsel masih terasa gegas.

      2. Ya mungkin karena perubahan pengaturan standar OS-nya. Saya sih memang terbiasa mengistalasikan aplikasi tambahan di memori internal agar kinerjanya lebih optimal.

      3. Data hilang. Update firmware tidak hilang. Ponsel Anda takkan jadi Lollipop lagi.

  198. David says:

    Pak Herry, saya minat dgn ze550KL, tapi layarnya 5,5 dgn ppi 267, apakah tampilan layarnya halus dan jernih dgn ppi 267 ? Trims

    • Herry SW says:

      Pak David,

      Saya sih tak peduli dengan PPI. Tampilan layar ZE550KL masih enak dipandang mata.

  199. rafly says:

    selamat malam pak herry

    mau nanya hp yang harganya dibawah 3 juta berkamera 13 mp,baterai berkapasitas minimal 4000 mah dan mempunyai sensor gyro apa ya?

    makasih

    • Herry SW says:

      Pak Rafly,

      Hmmm… beberapa hari lalu saya sudah menjawab pertanyaan yang sama deh. Entah itu pengirimnya Anda atau bukan.

      Silakan mencari Vibe P1 Turbo bekas dengan kondisi batangan.

  200. Gita Maharani says:

    Pak, mau tanya dong utk asus zenfone 2 laser ZE500KG ini harga dipasaran skrg brp ya? Kira2 harganya sdh turun/blm? Dan kira2 utk hp second (bekas)nya brp yaa? Makasih pak.

    • Herry SW says:

      Bu Gita Maharani,

      Sudah turun. Yang RAM 2 GB dan ROM 8 GB Rp 1,549 juta. Sedangkan yang RAM 2 GB dan ROM 16 GB Rp 1,599 juta.

      Harga bekas silakan dipotong masing-masing Rp 350 ribu sampai Rp 450 ribu.

  201. dika says:

    Pak herry. Maksudnya USB on the Go itu apa ya?

  202. sasino says:

    Maksudnya reset kamera itu apa ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Sasino,

      Dari dalam menu kamera, lakukan reset. Jadi, pengaturannya kembali ke kondisi standar pabrikan.

  203. Aldyan says:

    Service center asus dan lenovo bagusan mana, Pak?
    Kalau misalkan di service kira-kira butuh berapa lama ya?

  204. dico sugandhiko says:

    komen lagi ah…

    Pak, denger2 zenfone 3 sudah launching ya di Indonesia? Dapat undangannya lagi gak Pak? Ngga ada rencana mau review disini Pak? Sedikit baca2 di mbah google, spek buat zenfone 3 tambah warrbiasya… he he. .

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Zenfone 3 belum diluncurkan di Indonesia kok. Jadwal peluncurannya pun belum diumumkan.

  205. tito says:

    Pak herry sendiri sudah memakai asus zenfone 2laser ZE500KG sudah brp lama ya? Dah sudah pernah rusak blm ya?

    • Herry SW says:

      Pak Tito,

      Sudah lama saya berpisah dengan ZE500KG. Total pemakaian tak sampai sebulan. Tak pernah rusak.

  206. imran says:

    ;Zenfonen laser apa ngk cepat minta keterangnnya

  207. imran says:

    Apakah asus zenfone laser ini cepat panas atau ngk pas main game

    • Herry SW says:

      Pak Imran,

      Saya bukan penggemar game. Selama beberapa kali main game ala kadarnya, ponsel tidak terasa panas.

  208. Budi.S says:

    Apa kabar pak Herry..

    Saya punya Zenfone 2 Laser ZE500KL.

    1. Pakai app. WhatsApp. Saat kirim gambar. aplikasinya selalu nge -hang.
    Akhirnya saya close dulu. terus buka lagi.
    Bisa begitu kenapa ya?
    dan cara mengatasinya bagaimana?

    2. Di sisi kamera. ketika pakai untuk capture foto atau video, kadang2 suka error. tampilan kameranya di layar jd abu2. jd enggak bisa ambil gambar.
    saya buka di galeri kameranya juga sama.
    semua hasil fotonya abu2. jd enggak kelihatan.
    Ketika saya restart. jd bener lg.
    Bisa begitu Itu kenapa ya?
    dan cara mengatasinya bagaimana?

    terima kasih….

    • Herry SW says:

      Pak Budi S,

      1. Saya tak pernah mengalami hal itu. Jadi, tak tahu penyebabnya dan cara mengatasinya. Boleh tahu selain WhatsApp pada saat bersamaan Anda menjalankan aplikasi apa lagi?

      2. Lagi-lagi saya tak pernah mengalami hal yang Anda sebutkan.

      Tolong informasikan hal-hal berikut ini dulu deh:
      * Aplikasi apa saja yang rutin Anda jalankan secara bersamaan?
      * Apakah Anda menggunakan launcher bukan bawaan ponsel?

  209. imran says:

    3maksih infonya bro…xiomi note 3 pro bagaimn menurut anda soalnya says cari hp

  210. imran says:

    Yg saya lihat di toko xiomi note 3 pro batrainya li-po 4000 mah

  211. imran says:

    Yg saya lihat di toko xiomi note 3 pro batrainya li-po 4000 mah.keluaran February 2016

    • Herry SW says:

      Pak Imran,

      Berarti, saya ketinggalan informasi nih. Yang saya tahu ponsel merek Xiaomi, bukan Xiomi.

  212. Johan says:

    pak Herry, mohon rekomendasi hp dgn kamera yg bgs dan layar 5 inch sampai 5.5 inch. Harga max 3.5jt.

    Makasih sebelumnya.

  213. Johan says:

    dibandingkan Hisense pureshot plus dan asus zenfone laser, ttp lbh bgs infinix zero 3 kamera nya pak?

    Makasih banyak atas masukannya pak.

  214. Putri says:

    Pak, mau tanya. Bagaimana dgn zenfone 2 laser ze500kl? Apakah sama dgn yg diatas? Tolong pilih kan antara laser ze500kl, wiko ridge fab 4g atau oppo neo7. Yg gak pakai lemot pak. Terimakasih

  215. imran says:

    Maksudnya xiaomi hehehe salah tulis. di daerah kaltim

  216. imran says:

    Bagus ngk xiomi note 3 pro

  217. Cella says:

    Koh, ZE500KL itu apanya koh? di situs online kenapa angka itu jarang disebut? seringnya hanya asus zenfone 2 laser saja ._.? adakah asus zenfone dengan kode barang lain yang sudah beredar dengan selain ZE500KL?

    Koh setelah membaca komen tentang perbandingan ponsel ini dengan redmi2 prime atau mi4i, boleh taukah alasannya koh? Kenapa ponsel yang zenfone 2 laser ini lebih worth dibanding redmi 2 prime, dari sisi apa?

    Dengan mi4i, apa yang membuat kamera zenfone 2 laser kalah dengan kualitas yang disodorkan mi4i? ketajaman? presisi warna?

    Saya pengguna redmi 2 yang sebentar lagi melepas ponsel kesayangan karena alasan ram, kini sedang berburu ponsel dengan minimal RAM 2 Gb, fitur kamera sangat penting tapi bukan tipikal yang terlalu rinci, asal layak pajang karena punya hobi update travel blog.

    Dengan pertimbangan utama kegegasan dan fitur kamera, zenfone 2 laser sudah layak beli kah koh? Atau mending tambah dana untuk mendapatkan mi4i? infinix zero 3? Atau ada ponsel lain yang direkomendasikan (bawah 3 juta)?

    • Herry SW says:

      Bu Cella,

      ZE500KL itu kode tipenya.

      Jadi, Asus itu punya kebiasaan menawarkan suatu tipe ponsel dengan banyak varian. Dalam hal ini, namanya memang sama: Asus Zenfone 2 Laser. Namun, ponsel tersebut memiliki banyak varian. Di antaranya:
      * ZE500KG –> layar 5 inci
      * ZE500KL —> sama dengan ZE500KL, tetapi sudah mendukung 4G LTE.
      * ZE550KL
      * ZE601KL
      * dll
      Jadi, saat beli kita harus teliti deh.

      ** Zenfone 2 Laser (saya pakai patokan ZE500KL) versus Redmi 2 Prime.
      Saat ini saya lebih condong ke Zenfone 2 Laser. Alasannya, kamera lebih bagus dan ada fitur ketuk-ketuk layar.

      ** Zenfone 2 Laser versus Mi 4i.
      Kamera Mi 4i sebenarnya lebih mantap daripada Zenfone 2 Laser. Lebih tajam, lebih bokeh.

      Masalahnya, seiring hadirnya aneka update, Mi 4i justru lebih sering nge-lag dan panas. Konsumsi baterai pun boros.

      Kalau Anda mau menambah anggaran, Zenfone 2 Laser sudah sangat memadai. Namun, kalau Anda bersedia menambah anggaran, lebih baik meminang satu unit Zero 3.

      • Cella says:

        Woaah terimakasih sekali atas pandangannya koh.
        Satu pertanyaan lagi ya koh tentang ini, hehe. Sudah saya sercing dengan lebih teliti ternyata memang ada keterangan kodenya di descripsi.

        Berkaca dari ponsel xiaomi, apakah zenfone 2 laser ini juga memiliki jalur distributor resmi dan ‘garansi distributor’ yang aneh2? Jika iya yang resminya zenfone 2 ini dari distributor apa koh? hanya TAM kah? Atau semua zenfone 2 laser pasti resmi dan bergaransi.

        Teman saya pernah punya cerita tidak mengenakkan karena membeli xiaomi redmi 2 prime garansi distributor, ternyata frekuensi 4Gnya berbeda dengan yang versi garansi resmi dari TAM. Yang mengecewakan bahasa yang digunakan untuk menjual ponsel seperti aman dan menjanjikan “Xiaomi redmi 2 prime garansi resmi 1 tahun ****”

        **** : nama distributor selain TAM
        sehingga untuk orang awam yang kurang tahu dikiranya sama-sama resmi.

        • Herry SW says:

          Bu Cella,

          Ya. Ada distributor resmi, ada pula garansi distributor yang sebenarnya bukan mitra resmi.

          Yang resmi ada TAM/Erajaya, Metrodata, dan Datascrip. Setelah ini rencananya nambah satu lagi. Zenfone 2 Laser yang tersedia di pasar belum tentu bergaransi resmi.

          Ya begitulah kondisi pasar. Pembeli harus cermat karena ada penjual yang tergolong nakal. Mereka memakai bahasa “kreatif” yang menjebak.

  218. wiwin sugiarti says:

    pak hery lebih rekomendasi mana yaa zenfone laser ZE500 KL vs xiaomi redmi 3
    bingung mw ganti hp ,
    mw ambil xiaomi cm service centernya ga ada
    garansi masih distributor

  219. Putri says:

    Thanks pak herry

  220. Aditsyah Fahraldi says:

    permisi pak Herry SW,saya mau bertanya kalo dengan budget 2,1 juta mana yg lebih worth it di beli antara Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL vs Oppo neo 7 ??..soalnya tadi saya mau beli HP Asus ZE500KL,kata orang counter HP Asus jangan di beli soalnya panas dan gampang nge lag..lebih bagus Oppo Neo 7..terus saya tetap mau Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL,tapi orang counternya maksa-maksa bilang jauh lebih bagus Oppo Neo 7..menurut pak Herry SW mana yang pantas di beli pak ?
    Terima Kasih Pak…

    • Herry SW says:

      Pak Aditsyah Fahraldi,

      Silakan beli ZE500KL. Ponsel itu tidak mudah panas dan nge-lag kok.

      Oppo sih buang ke laut saja. πŸ™‚

  221. wiwin sugiarti says:

    jadi pak hery lebih enak beli barang elektronik yang garansi resmi ya

  222. Aditsyah Fahraldi says:

    oh gitu ya pak,untung saya gak jadi beli..sempat tertarik sih pak,soalnya kata orang counter kamera 8mp oppo lebih bagus ketimbang kamera 13mp asus..terus ram 1gb oppo lebih cepat ketimbang ram 2 gb asus..dan koneksi 4g oppo lebih kencang ketimbang 4g asus..terima kasih ya pak atas rekomendasinya..

    • Herry SW says:

      Pak Aditsyah Fahraldi,

      Hal itu tak mengagetkan saya sih. Pemilik toko lebih suka jualan ponsel Oppo karena keuntungan yang didapatkan dari penjualan per unit jauh lebih besar daripada menjual ponsel Asus.

  223. dico sugandhiko says:

    Happy weekend Pak Herry..

    Mau nanya lagi nih, mau minta pendapat Pak Herry, kira2 handphone yg spesifikasinya lebih bagus / diatasnya ASUS ZENFONE 2 LASER ZE500KL apa ya Pak? Dengan budget max 2 juta dan 3 juta dan yg pasti after sales nya bagus. Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Kalau cari yang layanan purna jualnya bagus, berarti untuk sementara hanya LG, Samsung (belakangan ini kualitas layanannya menurun), dan Acer. Di rentang harga segitu ada LG K10 yang sepertinya menarik. Namun, saya belum pernah mengujipakainya sendiri.

  224. Aditsyah Fahraldi says:

    wah inovatif banget yah trik marketingnya hahahaha..di tengah gempuran banyak smartphone-smartphone yang bermunculan,Oppo pakai cara seperti itu..pantas aja saya lihat dimana-mana ada spanduk oppo, papan nama counter tulisannya oppo, banyak spg oppo,,,

    tapi sepertinya tidak etis trik marketing seperti oppo ini..pantas aja penjualan Samsung turun drastis, sedangkan penjualan oppo makin laris manis bak kacang goreng..

    harusnya hal yang seperti ini harus di buat petisi tetus dibagikan di google,biar orang baca terus tahu alasan oppo naik daun..pasti namanya juga bakal tenggelam..

    • Herry SW says:

      Pak Aditsyah Fahraldi,

      Ha… ha… iya.

      Penjualan Samsung di Indonesia masih tumbuh kok. Demikian pula Oppo. Yang mereka gerogoti adalah pangsa pasar merek lain.

      Saya pribadi rutin menyarankan orang lain jangan membeli ponsel Oppo. Andai Oppo keluar dari Indonesia, wah… saya senang banget deh.

  225. wiwin sugiarti says:

    pak hery
    saya cb pke asus ya ZE500KL , cuma masih kurang puas dengan baterainya paadahl baterainya itu lumayan besar 2400 tetapi boros sekali dan cepet panas sempat kepikiran buat ganti ke xiaomi yang garansi resmi , namun setelah saya liaht disini ada service xiaomi yang unicom itu service nokia dulu cuma masih bimbang

    • Herry SW says:

      Bu Wiwin Sugiarti,

      Pemakaian Anda apakah sangat tinggi sehingga baterai 2.400 mAh di ZE500KL terasa kurang?

      Cepat panas? Ehmm… jadi penasaran nih. Boleh tahu Anda menggunakan ponsel itu untuk apa saja? Selama saya memakai ZE500KL, ponsel itu tidak sampai panas.

      Lho, mengapa Unicom? Lebih bagus Unicom daripada TAM dan Comtech yang dulu mengelola service center Xiaomi tho.

  226. Aditsyah Fahraldi says:

    hehehe berarti pepatah “ada harga ada kualitas” gak selamanya benar ya pak,terkadang yang mahal belum tentu juga berkualitas hehehe…

  227. Wiwin sugiarti says:

    Pak hery saya pke Zenfone 2 laser ze500kl cm.pada saat kamera depan dinyalakan itu ada bayang2nya
    bayang2nya itu seperti tv hitam putih blereng2 gt
    terus saya komplain ke penjual minta diretur
    Mw dicek dl info mereka karena saya beli di toko online
    namun saya khawatir pada saat diretur apakah nanti hpnya diganti apa cm diservis aja
    penjual mau mengecek bag gudangnya
    mohon info

    • Herry SW says:

      Bu Wiwin Sugiarti,

      Ok. Kebijakan retur biasanya hanya berlaku 1 x 24 jam. Karena Anda beli online dan ada proses kirim mengirim, batas waktu itu pasti akan terlewati. Jadi, kuncinya di sini adalah seberapa berani si penjual berkorban. Saya bilang berkorban karena penjual mungkin harus menderita kerugian.

  228. Ay says:

    Met mlm Ko herry, mau numpang tanya ko..
    tgl 26/07 kemarin saya beli asus 2 laser rp 2,15jt. di erafone plaza marina. Waktu itu saya cari zenfone 2 laser ze500kl, tp kata yg jual sdh tdk ada, yg ada zenfone 2 laser ze550ml, karena gak ada pilihan saya bli aja, tapi waktu smp di rumah saya cek dus nya kok tertulis ze550kl,lte,d,msm8916(1,2gh),2g, 16gb,android ID, 5.5 ” 5m/13m, n/a
    1. Hp diproduksi oleh pt. Sat nusapersada tbk & di pruduksi untuk pt. Teletama artha mandiri
    Menurut ko herry itu garansi resmi apa tdk ya….
    2. Waktu saya tes kamera nya, pake mode hdr kok hasil nya malah blur ya….
    3. Unt foto detail motif kecil biar bagus pake mode apa ya… ( contoh nya foto motif pada kelopak bunga anggrek)
    Thx ko..

    • Herry SW says:

      Bu Ay,

      ZE550ML atau ZE550KL nih? Kalau ZE550ML, itu Zenfone 2, bukan Zenfone 2 Laser. Bencana deh bila dapat Zenfone 2.

      Namun, kalau Anda ternyata dapat ZE550KL, ah… saya lega. Berarti Anda beneran dapat Zenfone 2 Laser.

      1. Ok. Itu garansi resmi.

      2. Saat memotret pakai mode HDR, pastikan tangan tak bergerak selama 1-2 detik sejak tombol penjepret Anda tekan.

      3. Boleh pakai mode “auto”, boleh pula pakai mode “depth of field”.

  229. tri says:

    Dear pak herry, saya punya budget maks 2 juta, rencana mau beli zenfone 2 laser atau xiaomi redmi 3, menurut pak herry lebih pilih mana ya? Atau ada rekomendasi hp lainnya ? Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Tri,

      Silakan membeli Zenfone 2 Laser saja. Jangan Redmi 3 karena belum ada yang bergaransi resmi.

  230. Zulfa says:

    Koh ini harga wajar apa mencurigakan ya koh? kok kayakny murah banget?
    Pernah punya pengalaman dg situs blanja.com gak koh?
    http://item.blanja.com/item/jual-beli-asus-zenfone-laser-4g-ze550kl-2gb-16gb-14659551

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Zulfa,

      He.. he.. iya, harganya terlalu murah. Namun, kalau melihat nama penjualnya, itu pemain kelas kakap.

      Saya pernah bertransaksi di Blanja.com. Salah satu tempat belanja yang mengesalkan sih. Kalau ada masalahnya, proses komplainnya lumayan ribet. Transaksi juga bisa dibatalkan sepihak kalau kita dicurigai sebagai pedagang.

  231. lery says:

    Dear Pak Herry,bagaimana solusi jika Asus zenfone 2 laser nya sering ngelag, klu di factory reset,data apa aja yg bakal hilang? Dan solusinya sebaiknya bagaimana, thanks Pak Herry untuk jawabannya

    • Herry SW says:

      Pak Lery,

      Saran saya, coba di-factory reset dulu. Trus, instalasikan aplikasi tambahan satu demi satu untuk menelusuri aplikasi mana yang membuat ponsel Anda nge-lag.

      Usai di-factory reset, seluruh data yang tersimpan di memori internal ponsel akan hilang.

  232. Uyul says:

    Pak ,klo zenfone laser ze500KL sekarang ni da yang jual dengan harga 1875000(harga barang baru), termasuk standar g harganya untuk skrg ini?soalnya ditawari teman dg harga segitu…

    • Herry SW says:

      Pak Uyul,

      Harga standar. Harga ritel resmi ZE500KL saat ini Rp 1.899.000. Toko-toko milik perorangan seringkali mematok lebih rendah.

  233. tito says:

    Pak kalau hp asus zenfone ZE500KL ada nama PT. Datascrip, apakah itu bergaransi resmi?

  234. budi says:

    met siang ko herry,
    saya mau nanya, saya pake asus zenfone laser ze550kl, baru lebih 2minggu eh mode panosphere pada camera jalan sendiri, menurut saya itu gyro nya, saya garansikan lewat counter nya kata nya diterima tdk nya garansi tergantung center, dan waktu nya sampai 40 hari, pertanyaanya
    1. apa diterima garansi hp saya melihat tidak ada kesalahan pengguna
    2. apa waktu paling cepat klo garansi ke asus center 40 hari
    .maaf terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Budi,

      1. Kalau membaca kronologisnya, seharusnya bisa diklaimkan garansi. Mengapa Anda tidak membawanya sendiri saja ke pusat perbaikan resmi Asus?

      2. Ya jelas terlalu lama itu.

  235. Mas bad says:

    Koh, sebagai seorang lelaki (alah bahasanya), pendapat koh HSW memakai ponsel lebih dari 5 inch selama ini gimana koh? (5,5 inch misal atau di atas itu?) Apakah cukup mengganggu mobiltas? susah di bawa?

    Sy pengen meminang salah satu dari ze500kl atau ze550kl, tapi ukuran ze550kl membuat sy agak ragu.
    Sekalian dgn selisih harga segitu (kalo tdk salah perbedaan hny dari ada/tdk gyro sensor + beda ketahanan baterai) worth it nggak koh ze550kl untuk dipinang ketimbang ze500kl-ny?

    • Herry SW says:

      Pak Mas Bad,

      Layar 5,5 inci sih masih enak dibawa dan dikantongi kok. Kalau layar 6 inci, buat saya masih enak digenggam, tetapi sudah tak nyaman dikantongi.

      Saya belum pernah menguji pakai ZE550KL. Namun, dengan perbedaan harga hanya Rp 100 ribu dibandingkan ZE500KL, kalau saya sih berani ambil ZE550KL.

  236. budi says:

    1. karena di kota saya jombang tidak ada service center asus, karena itu garansi nya lewat counter nya
    2. kata counter nya estimasi garansi ke asus center 40 hari kerja

  237. Aryo says:

    Pak sya pke yg 500 kl, sisa internalnya tgl 10an gb smentra ramnya tgl 900an mb, buat os sendiri hampir 600 mb, biar ramnya msh sisa bnyk gmna ya pak? Trus aplikasi bloatware apa sja yg bisa dihpus tanpa mempengaruhi kinerja hpnya, mksh sblumnya pak

    • Herry SW says:

      Pak Aryo,

      Nggak usah diutak-atik deh. RAM segitu masih wajar dan oke kok.

      Silakan lihat saja dari menu settings lalu apps. Kalau ada tombol uninstall, berarti aman Anda hapus.

  238. Aryo says:

    Oke makasih pak πŸ™‚

  239. PECEL LELE says:

    mas herry

    dana saya cuma 1.1 jutaan
    dan saya belikan hape ASUS Zenfone Go Varian/versi ZB452KG yg cpunya snapdragon
    dan kamera 8mp

    pertanyaan saya

    1. apa pilihan saya sudah tepat… karena sebelom jadi beli asus zen go ini…. saya melirik lenovo a2120

    2. asus itu merk lokal apa global??… jika di banding sama advan…evercoss dll lebih bandel/tangghh mana??

    • Herry SW says:

      Pak Pecel Lele,

      1. Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Zenfone Go.

      2. Asus termasuk merek global. Asus lebih bagus daripada Advan dan Evercoss.

  240. Putri says:

    Kebetulan lagi kepengen beli asus tipe ze550kl, tapi saat ini kosong dan disarankan oleh pelayannya untuk membeli varian terbaru ze601kl dengan layar 6in.

    Saya tau Ko Herry belum pernah mereviewnya. Hanya dengan perbedaan layarnya aja, apa worth it gak Ko untuk membeli varian (yang menurut saya) ke 6 ini..

    Kebetulan di kota saya yang ze550kl stok kosong semua, apa di Surabaya Ko Herry masih sering lihat?

    • Herry SW says:

      Bu Putri,

      Saran saya sih mending turun ke yang lima inci daripada naik ke enam inci. Alasannya, ponsel dengan layar enam inci itu kurang nyaman dikantongi lho. Buat pengguna wanita, dimensi fisiknya amat mungkin juga akan terasa terlalu besar untuk digenggam.

      Anda di kota mana? Di Surabaya masih agak mudah ditemukan sih.

  241. Putri says:

    Kalau boleh tau, di Surabaya di dearah mana ya Ko? Marina atau WTC? Saya di Madiun..

    Makasih..

  242. Arief says:

    Selamat pagi koh Herry,

    Mumpung lagi ngomongin zenfone laser,
    saya ada rencana beli zenfone laser 6 inci (ZE601KL), koh Herry pernah coba seri ini? kalau pernah bagaimana kinerjanya koh?

    Apa koh Herry ada rekomendasi smartphone layar besar (minimum 6 inci) selain zenfone ini? Budget 2.5 juta, mentok2 di 3 juta lebih sedikit

    Saya sempat kepikiran LG Stylus 2 walaupun bukan 6 inci, tapi sayang tidak support USB OTG

    Atau saya ambil Lenovo Phab Plus saja koh? Layakkah diambil untuk pemakaian harian?

    Terima kasih sebelumnya koh,
    Sukses selalu

    • Herry SW says:

      Pak Arief,

      Saya belum pernah coba Zenfone 2 Laser yang enam inci. Yang pernah saya coba yang lima inci. Kalau diperhatikan, spesifikasi yang enam inci sedikit lebih tinggi. Firmware dan lain-lainnya mirip. Jadi, kalau yang lima inci memuaskan, mestinya demikian pula yang enam inci.

      Hmm… daripada Phab Plus, kalau saya kok lebih condong ke Zenfone 2 Laser ya.

  243. Arief says:

    Wah mantap koh Herry cepet balesnya,
    Iya sih, saya juga lebih condong ke situ,

    Ngomong-ngomong waktu acara peluncuran Zenfone 3, Zenfone Go 6.9 memang belum ada unit fisiknya ya koh?

  244. Arief says:

    Betul koh ZB690KG, wah, ada ya?
    Sempet towal towel koh? Padahal kalo udah 4G, saya tungguin deh tu zenfone go-nya
    Bener ya tu zenfone bakal dibanderol 1.5 jutaan aja?

  245. Arief says:

    Nah itu dia, sayangnya belum 4G
    Pertanyaan terakhir nih koh Herry, setelah kemarin review Flash Plus 2, apakah ponsel itu layak beli? Terutama dengan keluaran suara musiknya
    Saya berminat dengan yang versi ram 3GB, tapi sebenarnya hanya karena dia pakai embel2 chipset audio hi-fi

    • Herry SW says:

      Pak Arief,

      Flash Plus 2 lumayan oke sih. Soal audio, saya kok merasa biasa-biasa saja ya. Tidak istimewa.

  246. Arief says:

    Wah, saya baca beberapa review situs luar tentang chipnya, katanya cuma nambah loudness & clarity, berarti memang tidak istimewa ya
    Ok deh koh, berarti ga usah kalo begitu,
    Terima kasih koh diskusinya, kapan2 mungkin saya ikut nimbrung lagi

  247. jutawan says:

    speaknya mirip redmi 2 prime
    1.apakah kinerjanya lebih gegas dari redmi 2 prime
    2.refleksi itu apa om dan apakah kualitas layarnya zenfone laser tidak sebaik redmi 2 prime
    3.kamera sama sama 8mp
    apakah kualitas kameranya sama

    • Herry SW says:

      Pak Jutawan,

      1. Relatif imbang sih.

      2. Refleksi apa ya? #bingung Layar baik-baik saja sih.

      3. Kamera Zenfone 2 Laser ZE500KG unggul tipis.

      Btw, setelah ini saya cuti sampai 28 Oktober 2016. Jadi, mohon maklum kalau pertanyaan berikutnya dari Anda akan terlambat direspons.

  248. Nurdin says:

    Hallo pak apa kabar?
    Untuk si laser 2 ini, untuk mengisi batrai dari 0-100% butuh waktu berapa lama ya?
    Dan jika saya ganti dengan batrai double power apakah aman? Lalu, durasi waktu isi daya apakah akan 2x lipat?

    Terimakasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Nurdin,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tidak saya perhatikan perlu waktu berapa lama.

      Asalkan baterai double power-nya bukan yang berkualitas abal-abal, mestinya aman. Ya, seharusnya akan dua kali lipat lebih lama.

  249. jutawan says:

    zenfone laser z550kl harganya sekarang berapa om
    1.apakah kualitas kameranya sebagus mi4i
    2.apakah peformanya lebih gegas dari mi4i
    3.apakah bisa di upgrade ke nougat/marshmalow

    • Herry SW says:

      Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Rp 1,999 juta.

      1. Lebih bagus kamera Mi 4i.
      2. Ya, lebih gegas.
      3. Bisa update ke Marshmallow.

  250. hilda says:

    salam pak herry.
    saya mau tanya, zenfone 2 laser ini bila dibandingkan dengan redmi 3 prime, lebih bagus mana ya?
    dari segi build quality, kemampuan multitasking, UI, kamera, dan aftersalesnya?
    banyak rekan yg menjagokan redmi 3 prime sbg gawai ‘worth the price’ tapi saya masih ragu.

    terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Bu Hilda,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Built quality: imbang. Kalau tetap harus ada pemenangnya, Redmi 3 Prime unggul tipissss…
      Multitasking: Redmi 3 Prime.
      UI: ini sih masalah selera.
      Kamera: Zenfone 2 Laser menang cukup telak.
      Layanan purna jual: Redmi 3 Prime.

  251. Tio3300 says:

    Pak HSW, saya ada minat beli hp ini tapi yg seri ZE500KL tapi masih ada beberapa pertanyaan tolong dibantu.
    1. Seri ZE500KL punya ROM 8/16GB? di bbrp blog ada yg tulis 8 ada yg 16
    2. Apakah baterai tanam atau bisa dilepas?
    3. Kalo baterai tanam itu bagus atau tidak dibandingkan baterai lepaspasang?
    Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Tio3300,

      1. Kalau ZE500KL ROM-nya 16 GB. Yang ada pilihan ROM 8 dan 16 GB itu ZE500KG.

      2. Baterai lepasan.

      3. Sama saja sih.

  252. Tio3300 says:

    Terimakasih atas jawabannya Pak HSW. Seharusnya asus mengubah penamaan serinya sehingga pembeli tidak kebingungan. Kalo disuruh pilih Asus Zenfone 2 ZEE500KL apa Samsung J2 2016?

  253. Nardi Nardi says:

    Koh HSW. Zenfon 2 laser ze 500 kl sama j2 bgs yg mana.pingin yang ze 500kl

  254. Tio says:

    Pak HSW, saya mau beli hp tapi masih bingung mau yg mana. Ada uang 1,8 mau hp yg performa sama kameranya bagus. Bisa dibantu hp aja yg harga segitu?

  255. andi says:

    Koh HSW ,kenapa android marsmallow pada asus ze500kl lebih hangat dari sebelumnya yaitu android lolipop ?

  256. junaedi says:

    om hery,,smg pertanyaan saya belum ada yg bertanya ya he3..zenfone 3 max dan zenfone 2 laser,,yg mana yg rekomen?trims ya..

  257. Hisyam says:

    Pak Herry, tolong pencerahannya. Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dan Zenfone ZE550KL dari segi apa aja bedanya? kalo yang ZE500KL berapa harganya?

    • Herry SW says:

      Pak Hisyam,

      Beda ukuran layar (5 inci vs 5,5 inci) dan kapasitas baterai (2.400 mAh vs 3.000 mAh).

      Rp 1,899 juta.

  258. Hisyam says:

    Pak Herry, tolong pencerahannya. Asus Zenfone ZE500KL dan ZE550KL dari segi apa aja bedanya? kalo ZE500KL berapa harganya?

    • Herry SW says:

      Pak Hisyam,

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan. Tadi sudah saya jawab kok.

  259. Ardi says:

    Koh herry, kalo redmi 2 saya ganti ke zenfone 2 laser upgrade apa downgrade ya, terutama kamera buat video ?

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Kalau kamera buat foto pasti upgrade. Kalau video, saya tidak terlalu mengeksplorasinya.

  260. did says:

    Pagi Ko Herry SW
    mohon pencerahan, mana yang lebih bagus secara quality antara asus zenfone selfie zd 551kl dengan asus zenfone 2 laser 6.0 ze601kl
    terima kasih banyak ko

  261. dico sugandhiko says:

    Pak Herry, di pasaran, khususnya yg saya tau dari toko online, ada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL Lite 4g LTE, itu sama atau beda ya Pak kok ada ‘Lite’ nya? dan harganya jg lebih murah 100ribuan sih utk yg Lite itu

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Jadi begini, sejak bulan tertentu (saya lupa tepatnya kapan), ada perubahan spesifikasi ZE500KL yang beredar resmi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kecepatan prosesornya bukan 1,2 GHz, melainkan 1 GHz. Kadang untuk membedakan sisa stok, varian kedua itu oleh penjual diberi embel-embel Lite.

  262. Diana says:

    Saya mohon pencerahan nya..
    Saya baru beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL, kondisi belum saya install apa2, belum saya masukkan sim card,
    Tapi saya coba dulu merekam video, tetapi gak sampai 5 menit hp sudah panas. Dan batere juga lumayan terkuras..
    Apakah itu wajar?
    Atas jawaban nya ko Herry, saya ucapkan terima kasih

    • Herry SW says:

      Bu Diana,

      Kondisi tanpa kartu SIM, baru dipakai lima menit sudah panas? Nggak normal sih.

      Soal baterai, baterai yang masih benar-benar baru biasanya belum dalam kondisi optimal. Kemampuan sebenarnya baterai baru ketahuan setelah 3-4 kali di-charge.

  263. adi says:

    Halo Koh. tolong tanya:
    1. apakah zenfone 2 laser ini bisa pakai kartu smartfren?
    2. dibanding hisense pureshot+ seharga 1,4 juta, baiknya beli yang mana?
    3. Di mana beli zenfone 2 laser ini? saya cari di situs online belum dapet2
    terima kasih koh

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      1. Bisa.

      2. Kalau harga tak masalah, mending Zenfone 2 Laser.

      3. Di Bukalapak dan Tokopedia ada banyak banget kok.

  264. Dico Sugandhiko says:

    Pak Herry..
    hp saya zenfone 2 laser, saat ini memori internal hampir penuh dan beberapa notifikasi dr aplikasi udah ga muncul otomatis lagi alias mulai ga normal. Pengennya mau saya factory reset aja skalian karna pemakaian udah lebih dr 1 tahun juga. Agar data2 di internal ga hilang kira2 pake aplikasi apa ya pak yg recommended dari pengalaman Pak Herry ?

    Saya mau membackup note2 Saya di aplikasi supernote coz byk banget yg mau di backup, utk aplikasi2 besar dll udah sy backup di memori eksternal Saya. Mohon sedikit pencerahannya, tq ^^

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Kalau niatnya di-factory reset, data penting silakan disimpan di laptop/PC dulu saja. Setelah itu ponsel baru di-factory reset.

      Saya tidak pernah memakai aplikasi Supernote sehingga tak tahu pilihan backup-nya apa saja. Coba Anda cek deh.

  265. Liza says:

    Saya ingin bertanya sedikit yaitu apabila zenfone 2 laser ini memakai powerbank baterai akan tetap bertahan atau malah MAH nya akan semakin rendah?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Bu Liza,

      Tergantung beberapa hal:
      * Selama di-charge memakai power bank ponsel Anda biarkan menganggur atau tetap dipakai?
      * Power bank yang dipakai memiliki output berapa Ampere?

  266. Did says:

    Malam Ko Herry SW

    mohon info, saya kebetulan mengamati 2 zenfone pada bagian box,
    box 1 tertulis diimpor PT Erajaya Swasembada TBK ( alamat di Jakarta ) dengan tulisan dibagian bawah : negara pembuat China
    box 2 tertulis diproduksi oleh PT Sat Nusapersada Tbk ( alamat di Batam – Kepulauan Riau ) untuk PT Synnex Metrodata Indonesia ( alamat di Jakarta ) dengan tulisan dibagian bawah :negara pembuat Indonesia
    menurut ko Herry mana yang asli ato palsu
    terima kasih banyak …

  267. Aditya says:

    Yang kedua
    Pak ko hp zenfone 2 paser milik saya bisa gak pakai vr kacamata hp

    • Herry SW says:

      Pak Aditya,

      Zenfone 2 Laser (bukan Zenfone 2 Paser) tidak dibekali sensor giroskop. Jadi, ya wajar tak bisa VR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *