Review Asus Zenfone 3 Max ZC520TL: Lebih Gegas dan Ringan, Tetap Tahan Lama

Pada Maret-April tahun ini penulis alias HSW menguji pakai Asus Zenfone Max. Secara umum ponsel itu lumayan memuaskan. Selain mendukung layanan 4G LTE, ia dibekali kamera yang prima dan baterai yang tahan lama. Sayang, bobotnya relatif berat dan berkali-kali tersendat saat dioperasikan.

Kenangan indah saat menggunakan Zenfone Max membuat HSW penasaran dengan kinerja penerusnya, Asus Zenfone 3 Max ZC520TL. Apalagi, pertanyaan mengenai status kelayakan beli ponsel itu sangat sering HSW terima. Kuantitasnya tidak dihitung secara detail. Namun, pasti telah mencapai ratusan kali.

Zenfone 3 Max hadir dengan bodi logam dan baterai tanam 4.130 mAh. Di sisi atas terdapat konektor audio 3,5 milimeter untuk menancapkan handsfree berkabel. Tombol volume dan tombol power diletakkan di sisi kanan, sedangkan konektor micro USB di bagian bawah ponsel.

Selot kartu SIM diletakkan di sisi kiri ponsel. Untuk mengeluarkannya, pengguna harus menusukkan SIM ejector, ujung klip kertas, atau peniti dulu. Selot kartu pertama siap menampung kartu micro SIM. Sementara itu, untuk selot kartu kedua pengguna wajib memilih ingin meletakkan kartu nano SIM atau microSD saja.

Seandainya pengguna memutuskan memasangkan kartu nano SIM di selot kartu kedua, si Zenfone 3 Max akan berfungsi sebagai ponsel dual SIM. Dua nomor dapat siaga bersamaan. Nomor mana pun yang digunakan untuk berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Satu nomor lainnya otomatis terkunci di jaringan 2G.

Lewat serangkaian percobaan, Zenfone 3 Max diketahui kompatibel dengan layanan LTE Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo. Ponsel itu juga terbukti bisa dipakai untuk menikmati layanan LTE Smartfren. Ketika dipadukan dengan nomor Smartfren, Zenfone 3 Max selalu masuk ke jaringan LTE di frekuensi 850 MHz. Ia tak pernah sukses diarahkan ke LTE 2300 MHz.

Ponsel bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow itu dibekali layar IPS 5,2 inci. Resolusinya HD 1.280 x 720 piksel. Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, tersedia empat alternatif cara untuk menyalakan layar. Pertama, cara yang paling konvensional nih, menekan tombol power.

Kedua, mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Cara serupa dapat diterapkan saat pengguna ingin memadamkan layar. Ketiga, menyapukan jari dari bagian bawah ponsel ke tengah layar.

Masih ada alternatif keempat yang paling HSW sukai karena sangat praktis. Yaitu, menyentuhkan jari pada pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang ponsel. Selain mengaktifkan layar, satu langkah itu akan sekaligus membuka pengunci layar. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Tepat di atas pemindai sidik jari ponsel, pengguna bakal menjumpai kamera utama Zenfone 3 Max. Kamera yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat itu sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 13 megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia siap memproduksi klip video full HD 1080p. Tidak tersedia mode profesional alias mode manual.

Kamera depan Zenfone 3 Max tidak memiliki fitur fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video VGA. Saat melakukan swafoto alias selfie, ada cara mudah untuk memerintahkan kamera menjepret. Mau tahu caranya? Ketika kamera sudah siap menjepret, sentuhkan jari ke pemindai sidik jari. Jepret!

Spesifikasi lain Zenfone 3 Max yang HSW uji pakai, antara lain, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6737M 1,25 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB. Saat ponsel baru diaktifkan untuk kali pertama, sisa memori internal mencapai 9,61 GB. Tersedia lampu notifikasi yang setia memberitahu pengguna bila ada pesan baru masuk.

Kalau dirangkum, menurut HSW, Zenfone 3 Max tergolong gegas. Biarpun dipakai menjalankan beragam aplikasi sekaligus, ponsel itu tak pernah bengong, apalagi hang. Tampilan layarnya enak pula dipandang mata.

Meski seharian penuh aktif digunakan, ponsel itu tak pernah kehabisan daya. Bahkan, Zenfone 3 Max malahan siap menyalurkan daya ke ponsel lain. Ya, ponsel yang mendukung USB On-the-Go (USB OTG) tersebut dapat difungsikan sebagai power bank.

Seperti biasa, di balik sederet kelebihan, tersembul beberapa hal yang mengurangi daya pikat ponsel itu. Setidaknya ada empat sisi minus yang HSW temukan selama menguji pakai Zenfone 3 Max. Apa saja?

Kinerja kamera ponsel tersebut tidak terlalu memuaskan. Foto yang dihasilkan seringkali terlihat kurang tajam. Pemindai sidik jari di sisi belakang Zenfone 3 Max sesekali tidak merespons sentuhan jari, terutama bila jari pengguna terlalu kering.

Selama rentang waktu tertentu, menu SIM Toolkit ponsel itu juga sempat menghilang. Permasalahan tersebut baru sembuh ketika Zenfone 3 Max mendapatkan pembaruan firmware ke versi 13.0.1.33.

Terakhir, walaupun sudah diatur supaya selalu berdering kala ada panggilan telepon masuk, kadang Zenfone 3 Max membandel. Ketika ada panggilan masuk ponsel hanya bergetar. Sama sekali tak berdering. Ponsel tetap membisu saat HSW coba memainkan nada dering via menu settings dan sound & vibration. Kondisi di atas terjadi dengan sangat acak. Tak pernah bisa dipastikan kapan ponsel bakal kumat. Jika ponsel sedang membandel, me-restart ponsel menjadi satu-satunya solusi agar ponsel mau berdering lagi.

Tertarik meminang Zenfone 3 Max? Sebelum membeli, ketahuilah kalau ada tiga varian yang beredar resmi di Indonesia. Pertama, ZC520TL dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB seperti yang HSW uji pakai. Harga jual ecerannya dipatok Rp 2.099.000. Kedua, ZC520TL dengan RAM 2 GB dan ROM 32 GB yang dijual Rp 2.299.000. Selain kapasitas memori internal, spesifikasi dua ponsel itu persis sama.

Varian ketiga berkode tipe ZC553KL. Varian ini dijadwalkan tersedia di pasar mulai akhir Desember 2016 atau awal Januari 2017. Spesifikasinya sangat berbeda dengan varian pertama dan kedua.

ZC553KL dibekali layar IPS 5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Prosesornya bukan MediaTek, melainkan Qualcomm Snapdragon 430. RAM 3 GB, ROM 32 GB, kamera utama 16 megapiksel dengan fokus otomatis laser, dan baterai 4.100 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Harga jualnya direncanakan Rp 2,899 juta.

Lebih baik membeli Zenfone 3 Max ZC520TL atau Zenfone Max ZC550KL? Jawabannya, bergantung kebutuhan dan skala prioritas Anda. Zenfone 3 Max lebih kecil dan ringan. Ponsel itu berdimensi fisik 149,5 x 73,7 x 8,55 milimeter dan berat 148 gram. Bandingkan dengan Zenfone Max yang berukuran 156 x 77,5 x 10,55 milimeter dan 202 gram.

Ditunjang layar yang lebih kecil (5,2 inci versus 5,5 inci), Zenfone 3 Max juga lebih nyaman digenggam maupun dikantongi. Namun, tidak seperti Zenfone Max yang memanfaatkan Corning Gorilla Glass 4, Zenfone 3 Max tampaknya tidak mengadopsi kaca yang sama. Indikatornya, Asus tak pernah menyinggung soal Gorilla Glass di spesifikasi detail ponsel itu.

Terkait kegegasan, Zenfone 3 Max menang mutlak atas Zenfone Max. Kondisi bertolak belakang berlaku untuk performa kamera. Kali ini giliran Zenfone Max yang unggul. Foto yang dihasilkan Zenfone Max terlihat lebih tajam. Proses pemfokusan pun secara umum lebih cepat dan tepat.

Menyoal daya tahan baterai, lagi-lagi Zenfone Max yang menjadi pemenang. Daya tahan terlama yang pernah diukir Zenfone Max saat diuji pakai HSW menembus 48 jam. Sedangkan Zenfone 3 Max “hanya” 32 jam. Kalau pemakaian lebih aktif, daya tahan baterai itu otomatis akan lebih singkat.

***

Contoh foto yang dihasilkan Zenfone 3 Max.

Satu foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

366 comments

  1. Ageng

    Asus Zenfone 3 Max ini dengan Motorola E3 Power mending mana om?? Dengan asumsi, hanya untuk sosmed dan browsing…

  2. Adhe

    Wah berarti kameranya kalah nih Pak dengan zwnfone 2 laser? Terus kalau bapak masih ingat, bagaimana bila dibandingkan dengan redmi 3 prime dari segi kegegasan dan kameranya? Apakah sudah layak beli. Terima kasih, Pak

    • Herry SW

      Pak Adhe,

      Benar. Hasil jepretan Zenfone 3 Max tak sebagus Zenfone 2 Laser.

      Kegegasan dan kamera lebih unggul Redmi 3 Prime. Namun, fitur 4G LTE di ponsel itu normalnya tidak aktif lho.

      Secara umum sih Zenfone 3 Max masih layak beli.

  3. Boby Halim

    Koh HSW
    Ada rencana review hp Meizu yang baru dirilis di Indonesia ga Koh?
    Sukses selalu blog nya Koh.. Kalau bisa frekuensinya dipercepat ya.. πŸ™‚

    • Herry SW

      Pak Boby Halim,

      Yang barusan diluncurkan di Indonesia: ingin review, tapi kan barangnya belum beredar.

      Kalau yang sudah beredar di pasar atas nama Bintang Cemerlang, saya tak ingin me-review. Terus terang saya agak meragukan aspek legalnya.

      Soal frekuensi dipercepat, kalau saya sedang tidak supersibuk dan Anda rajin meminjamkan ponsel kepada saya, kemungkinan besar hal itu bisa diwujudkan. πŸ™‚

  4. Winata

    Pak herry, saya mau bertanya :
    1. Apakah ada rencana Review asus zenfone 3 laser? Kalau ada kapan diposting?
    2. Dibandingkan xiaomi redmi 3 prime, baterai nya lebih tahan lama mana mengingat sama ukiran baterai nya?
    3. Apakah ada rencana Review lg x power yg juga bersegmen baterai jumbo?

    Terima kasih

    • Herry SW

      Pak Winata,

      1. Belum ada rencana.

      2. Redmi 3 Prime. Baterai Redmi 3 Prime rekornya menembus 36 jam (satu nomor masuk ke jaringan 4G LTE, satu lagi 2G).

      3. X Power konfirm takkan saya review.

  5. budi

    akhirnya yang ditunggu keluar juga, sayang minus di kamera. Ada rencana review zenfone 3 laser pak?
    sukses & sehat selalu buat pak herry

  6. Tria Desiyanti

    Om Herry, saya ada beberapa pertanyaan:
    1. Abaikan ukuran layar, mending tunggu yang pakai Snapdragon atau yang Om review? Terakhir pakai Mediatek HP Lenovo S860 aduh GPS parah amat ga bisa diandalkan.
    2. Support fast charging ga? 4000 mAh kalo ga fast charging bisa 3 jam lebih isi. Pengalaman pakai Xiaomi Redmi 3S tapi garansi distributor

    • Herry SW

      Bu Tria Desiyanti,

      1. Saya sih lebih condong menunggu yang Snapdragon. Andai belum terlanjur beli ZC520TL, saya pasti akan menantikan kehadiran ZC553KL.

      2. Input-nya bisa lebih dari 1A sih. Namun, ya nggak cepat-cepat banget.

    • Herry SW

      Pak Hergiyan Kevin,

      Tidak saya perhatikan dengan detail. Kalau tidak di-charge, pada hari kedua ponsel itu akan kehabisan daya pada siang hari. Jadi, saya lebih senang men-charge ponsel itu setiap malam. Menjelang tidur ponsel saya hubungkan dengan charger, bangun pagi sudah penuh.

  7. Dil

    Hallo oom Herry, pertanyaan saya datang lagi nih hehehe.. So menurut om Herry kesimpulannya apakah Asus Zenfone 3 Max ZC520TL ini cukup layak dibeli untuk sebuah smartphone dg batrai berkapasitas raksasa + fingerprint sensor + kemampuan kamera yg biasa saja? Jika dibandingkan dengan Zenfone laser (tanpa melihat beda harga) gimana oom?

    Satu lagi oom, isu soal produk Asus yang katanya suka cepat panas itu bener atau ga ya? Soalnya kalo pemakaian aktif bgt n multi task sih masuk akal.. tapi kalo misal pemakaian normal apa tetap mudah panas? Seumur-umur saya belum pernah nyoba produk Asus hehehe..

    Thanks oom

    • Herry SW

      Pak Dil,

      Kuncinya begini. Apakah Anda memerlukan ponsel dengan baterai yang tahan lama? Kalau iya, Zenfone 3 Max berarti layak beli. Kalau di tangan Anda baterai Zenfone 2 Laser bisa bertahan seharian penuh, lebih baik Anda bertahan dengan ponsel itu dulu.

      Ponsel Asus cepat panas? Benar, tapi itu dulu. Sekarang kondisinya sudah berubah.

  8. uqil

    Om herry , seberapa jauhkah selisih kualitas hasil jepretan zenfone max dibanding zenfone 3 max ?
    Masih layakkah berpindah hati dari zenfone max ke zenfone 3 max ?

    Oot om , itu ancer2nya es kacang ijo itu sebelah mana ya ? Apanya bakso jagalan ? πŸ™‚

    • Herry SW

      Pak Uqil,

      Anggaplah hasil jepretan kamera Zenfone Max dapat nilai 8. Zenfone 3 Max cuma dapat nilai 6.

      Tergantung alasan Anda pindah apa dulu nih.

      Lokasi penjual es kacang hijaunya kira-kira di sini
      https://goo.gl/maps/4gqHasMr6f42

      Btw, penjual tersebut sangat unik. Kalau sedang ingin libur, dia bisa berbulan-bulan tidak menggelar lapak.

  9. ariz

    Review yang sangat ditunggu saya nih Om, setiap hari buka ponselmu.com akhirnya muncul review baru, terimakasih Om HSW. OOT nih Om HSW, entah ini kabar buruk atau biasa saja (hehe.. paling tidak ini kabar buruk buat saya), mulai 12 Desember 2016 http://store.asus.com/id/ ..tutup. Mohon rekomendasi alternatif tempat belanja produk asus original (harga wajar) selain tempat tersebut di atas, terutama untuk gadget asus (termasuk smartwatch). Terimakasih sekali lagi Om HSW.. salut untuk ponselmu.com..

    • Herry SW

      Pak Ariz,

      Nah… itu dia. Saya juga kaget saat kemarin malam mengakses situs tersebut dan ternyata ada pengumuman penutupan. Padahal, harga yang tercantum di sana biasanya saya jadikan salah satu acuan harga ritel resmi.

      Saya belum ada rekomendasi tempat lain.

  10. Edwin

    Sore Pak Herry…. Saya slalu mengikuti artikel2 yg ada di Ponselmu.com dan kebiasaan Pak Herry adalah slalu mencantumkan bbrp contoh hasil foto terkait dgn ponsel yg sedang Pak Her uji coba. Tidak sedikit dari hasil2 foto tersebut yg terlihat bagus.
    Mengapa Pak Her tdk membuat 1 akun Instagram kemudian mengunggah foto2 yg hasilnya bagus td Pak? Mungkin bisa disertai dgn caption yg menyebutkan kamera ponsel apa yg sedang digunakan pd saat itu… Itung2 ikut treb kekinian anak muda skrg Pak hahaha
    Hanya saran dan harapan sih Pak hehe…
    Makasih Pak Her… Sukses selalu!!

    • Herry SW

      Pak Edwin,

      Terima kasih atas usulannya. Saya punya akun Instagram sih. Asal buat saja. Namun, saya tak pernah aktif di sana. Nama akunnya pun saya sudah lupa. πŸ™‚

      • Edwin

        Wah sayang sekali Pak… Kalo Bapak tdk sibuk, mgkn bisa bikin 1 akun baru lagi utk unggah foto2 dr HP uji coba Pak… Diunggah tanpa filter gitu hehe…

          • Edwin

            Hahaha iya Pak, saya tau akan hal itu, makanya saya bilang bnyk foto2 Pak Herry yg terlihat bagus (pdhl foto2 tsb diunggah apa adanya saja).
            Cm mungkin kalo diunggah di Instagram, sapa tau ketika ada org yg mau lihat hasil foto dr suatu ponsel tertentu, kan bs lgsg search kode tagar disertai nama ponselnya gitu hehe…

          • Edwin

            Benar Pak, diberi tagar spt misalnya #HSW #ASUS #zenfone3, spt di Twitter gitu deh Pak hehe…
            Ngmg2 Pak, Flash Plus 2 apakah masih menarik utk saat ini? Kemudian di Sby, Service Centernya dmn ya Pak?

  11. Tomy SP

    Pak Herry,
    Lebih unggul mana pak dengan Lenovo Vibe P1 Turbo secara keseluruhan? Saya baca review P1 Turbo kameranya juga tidak terlalu bagus, bagaimana perbandingan kameranya?

  12. akhmad

    Kalau dibanding p9 lite kameranya mending mana ko herry? Saya mau membeli p9 lite second tp masih ragu kualitas kameranya… Mohon masukannya koq budget 3jt

    • Herry SW

      Pak Trayan,

      Tombol navigasi ZC520TL menyata dengan layar (on screen button). Jadi, ya akan selalu menyala bersamaan dengan layar.

  13. gigih

    Hasil kamera mending mana sm p9 lite pak herry? Pengen beli p9 lite second masih bingung pak, budget 3 jt ada masukan mgkin pak?

    • Herry SW

      Pak Gigih,

      Tadi sudah saya jawab deh. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  14. Ade yg baik hatinya :)

    sore mas Herry.
    mau tanya, untuk processor lebih manstab mediatek atau snapdragon? apakah ada perbedaan?
    oya mas Herry, ada rencana untuk review Infinix Note 3 Pro X601? dan apa sudah tersedia resmi di indonesia? Terima Kasih.

    • Herry SW

      Pak Ade yang baik hatinya,

      Itu kayak membandingkan Toyota dengan Daihatsu deh. Dulu Qualcomm Snapdragon jauh lebih bagus. Kini keduanya sudah relatif setara.

      Belum tahu. Lha barangnya belum mulai dijual di sini. Sudah konfirm akan beredar resmi, tetapi belum tersedia di pasar.

  15. Adi

    Saya sudah beli Pak Herry, tapi di layar kok ada garis tipis hijau vertikal … kenapa ya ? Memang pernah sekali jatuh karena body licin … apa karena hal itu ?

    • Herry SW

      Pak Adi,

      Penyebabnya sepertinya sudah terjawab: pernah jatuh. Ponsel jatuh tidak selalu merusak layar. Namun, dalam kondisi tertentu, kejadian itu bisa menjadi pemicu.

  16. Tuxlin

    Koh Herry, kebetulan saya juga lagi review ini… Saat switch ke kamera depan kok ngga ada tombol buat rekam video yah?

    • Herry SW

      Pak Tuxlin,

      Saya yakin Anda berada di mode beautification. Solusinya, tekan ikon kotak di bagian bawah layar, kemudian pilih auto.

  17. aditya

    pak herry

    mau nanya dong..Dengan budget max 1,7jt kira kira hp apa yg rekomended ya pak? Samsung j2 prime seharga 1,7jt tapi kata temen saya harga segitu terlalu overprice..menurut Om Herry dengan budget segitu menyarankan apa ya? klo bisa minimal layar 5inch

    terima kasih dan sukses selalu

    • Herry SW

      Pak Aditya,

      Beli Samsung harga Rp 1,7 juta? Wah… dijamin ponselnya bikin emosi deh.

      Dengan anggaran maksimal Rp 1,7 juta, lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot. Kalau anggaran bisa ditambah sekitar Rp 150 ribu, belilah Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  18. Gama

    Ayo pak Herry….
    Saya menunggu review Asus Zenfone 3 Laser nih…
    Soalna agak tertarik dg HP tsb,pas sy lihat review di situs laen…tapi akan lebih mantep klo pak Herry yg mereview…

      • Hidayah

        Kalo pak Herry mau review zenfone 3 laser, saya bersedia nih pak pinjamkan zenfone 3 laser punya saya hehe..baru seminggu saya beli

        • Herry SW

          Pak Hidayah,

          Wah… menarik nih tawarannya. Anda berada di kota mana dan ponsel itu boleh saya pinjam berapa lama?

  19. Ricky

    Review nya mantab om..:)
    minta saran dong om, 3 ponsel yg paling layak beli di kisaran harga 3,5-4juta menurut om Herry apa yah?
    Sangat dinantikan balasannya..makasih om πŸ™‚

  20. Andhy

    Apa benar koh pendapat bahwa produk lenovo yang bagus biasanya diawali dgn seri P atau S?mohon pencerahannya om

    • Herry SW

      Pak Andhy,

      Ya, biasanya seri P paling mantap. Namun, karena ada perubahan cara pemberian nama, kondisi itu tak bisa jadi patokan lagi. Misalnya, sekarang ada ponsel Lenovo yang diberi nama Vibe Shot.

  21. Fernando

    Selamat malam Pak herry

    MAAF OOT pak. Saya hanya ingin bertanya , dari sekian banyak smartphone yang bapak review di 2016 yang paling berkesan buat bapak apa yah ?

  22. sunar

    Pak herry
    Zenfone go ZB500KL itu
    kira” hasil kamera sama
    kegegasan seperti
    zenfone 2 laser ZE 500KL
    apa tidak ya di harga
    hampir sama

    Bila di bandingkan
    dengan pureshot sama
    ZB 500 KL pak herry lebih
    merekomendasikan yang
    mana

  23. Afif

    Ini smartphone inceran saya, Pak. Terimakasih sudah di review. Btw, selain zenfone 3 max, opsi smartphone inceran saya lenovo vibe k5 plus. Menurut Pak Herry bagusan yg mana? K2nya punya spek dan harga yg ga jauh beda. Rencananya mau dipake buat 2-3 tahun ke depan.

    Dan satu lg Pak, apakah menurut Pak Herry fitur VR di vibe k5 plus cukup penting? Atau cuman sebagai pemanis doang? Lalu bagaimana dgn fitur fingerprint sensor pada zenfone 3 max? Apakah cukup perlu? Mengingat kata Pak Herry di atas kadang tidak merespon dengan cukup baik.

    Dengan segala kelebihan dan kekurangan masing2 smartphone di atas, mohon jawaban lebih bagus yy mana. Dan jika ada smartphone lain dgn harga 2jt + sedikit yg cukup layak menurut Anda, silahkan rekomendasikan. Terima kasih.

    • Herry SW

      Pak Afif,

      Vibe K5 Plus tidak jelek. Namun, secara keseluruhan saya lebih memilih Zenfone 3 Max.

      Karena saya bukan penggemar VR, buat saya itu tidak terlalu penting. Kalau ada diterima, kalau tak ada takkan saya cari. πŸ™‚

      Buat saya, sensor sidik jari justru lebih diperlukan daripada VR.

      Dengan harga maksimal sedikit di atas Rp 2 juta, ya Zenfone 3 Max.

  24. gigih

    Sekali lagi pak, p9 lite atau lenovo vibe shot pak herry untuk kamera? Maaf terlalu banyak tanya pak karena saya kalau beli hp biasanya masa pakainya lama.

  25. Leo

    Pak Herry, oot ya.

    Kalau ada yang bertanya ke saya hp apa yang terbaik dengan syarat:
    – rentang harga 2 juta kebawah
    – memperhatikan value for money
    Faktor lain diabaikan
    Saya jawab Pureshot tepatkah? Atau ada hp lain?

    Terjma kasih, salam

  26. Dil

    Satu lagi nih oom herry, saya ingin tau pendapat oom soal kualitas prosesor mediatek. Apakah sangat beda pengaruh kinerjanya jika dibandingkan dengan prosesor lain? Soalnya saya pernah beberapa kali ngeliat postingan orang lain (di media lain) yang kesannya meremehkan keberadaan mediatek di sebuah smartphone.

    • Herry SW

      Pak Dil,

      MediaTek sekarang sudah bagus kok. Memang masih banyak yang memiliki pandangan negatif gara-gara dulu MediaTek sering dipakai di ponsel merek lokal yang kualitasnya kurang bagus.

  27. Doni

    Om Herry, mau tanya nggih,
    Dari semua ponsel yang mengandalkan “power” yang pernah direview oleh Om Herry, mohon diurutkan mulai dari yang paling “value for money”, dengan kriteria sebagai berikut :
    a. Daya tahan baterai
    b. Kamera
    c. Kegegasan
    Terima kasih sebelumnya, Om. Salam.. ?

    • Herry SW

      Pak Doni,

      Kalau “semua” yang pernah saya review, saya bingung deh. Selain sebagian mungkin sudah lupa, ada perbedaan generasi di antara mereka.

      Jadi, saya jawab yang mengandalkan “power” dan “value for money” pada rentang waktu sekitar setahun terakhir ya. Urutannya: Asus Zenfone 3 Max, Moto E3 Power, Xiaomi Redmi 3 Prime, dan Asus Zenfone Max.

  28. SUCIPTO

    Saya juga pemakai Zenfone 3 Max. Tertariknya sama Zenfone 3, tapi beli ini karena ingin coba Asus. Kesan pertama waktu unboxing wow kualitas material baik.

    Di luar review bung HSW saya mau menambahkan:
    1. Untuk layar saya ada problem “oversensitive” (maaf tidak tahu istilahnya) jadi ketika kita scroll saat browsing ke atas maupun ke bawah, layar bergerak sangat cepat padahal hanya scroll pelan.
    2. Untuk Smartfren saya sudah coba di SIM1 dan SIM2 problem sinyal hilang. Tapi saya tidak tahu apakah sama dgn di S6 Edge saya yaitu sinyal Smartfren blank tapi bisa dipakai untuk browsing bahkan telpon dgn program Smart VoLTE seperti biasa.

    Kalau untuk saya pribadi, harga segitu (saya dapat Rp. 1.899.000 tipe yg 2/16) produk ini recommended sekali.

    • Herry SW

      Pak Sucipto,

      1. Saya tidak mengalami hal ini. Sudah coba menanyakannya ke pusat perbaikan resmi Asus?

      2. Coba pasangkan lagi di SIM1, kemudian dikunci LTE only. Jurus itu ampuh banget di ponsel saya.

      Wah, dapat di harga miring tuh.

  29. Lia

    Pak, kalo dilihat dari segi harga, RAM, baterai, kegegasan, dan kameranya. Dari semua yang pernah direview sama Pak Herry, lebih layak beli yang mana?hehe
    dengan rentang harga antara 1,7 jt – 2,5 jt.

  30. yoobeeβ„’

    Uwaaah…
    di StarBuck ada sayur sop sama tempe goreng!
    macam di warteg saja.
    StarBuck yang menyediakan menu itu lokasinya ada di mana Bung HSW?

    • Herry SW

      Pak Alvin,

      Ya, lumayan.

      Belum tahu. Malahan ada kemungkinan batal. P9 konfirm batal.

      Campur, Pak. Yang dijepret di Tunjungan Plaza hanya tiga foto.

  31. nufanda

    Selamat malam pak, saya masih bingung mau beli zenmax,zen3max atau tetap memakai xiaomi saya. Saya kalau beli smartphone lebih milih ke kamera pak, bila dibandingkan dengan zenmax,zen3max dan xiaomi dgm harga 2jt an kameranya lebih bagus mana pak? Terimakasih

  32. delavega

    Om, kira-kira masih layak kah membeli Mi Pad generasi pertama?
    Atau ada rekomendasi lain Om??

    Terima kasih..

  33. Ignatius

    Pak Herry,
    Hasil jepretan kamera Asus Zenfone 3 Max ZC520TL vs Moto E3 Power lebih bagus mana?

    Terima kasih

  34. Razqa

    Pak Herry, jika zenfone 3 max dibandingkan dengan Redmi 3 prime, lebih bagus mana?

    Dan dari sekian banyak gawai yg sudah di review pak Herry, apakah ada smartphone tetap yg dipakai sehari-hari? Jika iya, apa smartphonenya? Trims.

  35. Fajar

    Pak Herry,
    mau tanya, dibanding dengan Xiaomi Redmi Note 3 gimana ? apakah Xiaomi Redmi Note 3 udah ada garansi resminya ?
    Terima kasih atas infonya

    • Herry SW

      Pak Fajar,

      Mending ambil Zenfone 3 Max deh. Terasa gegas, lebih nyaman digenggam, dan yang paling penting fitur 4G LTE-nya siap pakai.

      Redmi Note 3 bergaransi resmi sudah lama tersedia di pasar.

    • Herry SW

      Bu Hilda,

      Tidak bisa disimpulkan begitu. Dengan spesifikasi persis sama pun, saya masih yakin Samsung lebih lemot. Tampilan antarmuka Samsung dikenal rakus RAM. Apalagi, dalam kasus ini, Zenfone 3 Max secara umum memiliki spesifikasi lebih tinggi.

    • Herry SW

      Pak Tanpo Jeneng,

      Kadang bisa begitu. Terjadi secara acak dan penyebab pastinya belum ketahuan. Solusi sementara, lakukan clear cache dan clear data browser.

  36. Zahran Rominus

    Pak saya ada duit 2,4 juta. kebetulan liat di lazada ada promo Samsung galaxy alpha Rp 2,3 jutaan. tapi disisi lain ada Lenovo A7000 plus dan asus Zenfone 3 max ini. Jadi bingung mau beli yang mana enaknya?

    • Herry SW

      Pak Zahran Rominus,

      Galaxy Alpha keluaran lama dan hanya single SIM lho. A7000 Plus alias A7000SE saya tak pernah coba. Zenfone 3 Max memang ada beberapa sisi minus. Seandainya harus memilih, saya lebih condong ke Zenfone 3 Max.

  37. ilham

    Pak herry apa ada rencana review galaxy V2? sy lihat di etalase toko2 ponsel sudah mulai byk dipajang dgn hrg 900rban, sekilas mirip j1 mini tp kata penjaga konternya ada lampu flash tp tanpa 4G apa betul?

  38. Farry

    Pak HSW,
    Bagaimana jika ponsel ini dibandingkan dengan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dari sisi kegegasan dan kamera? Lebih bagus manakah?
    Trims pak

  39. Arya

    Pak Herry,

    Sepintas saya baca artikel Pak Herry mengenai Infinix Hot 4 Pro, di atas kertas sekilas prosesor yg digunakan mirip-mirip sedikit yaitu :
    1. Asus Zenfone 3 Max prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6737M 1,25 GHz
    2. Infinix Hot 4 Pro (belum beredar) prosesor quad core MediaTek MT6737 1,3 GHz

    Dari sisi kamera sama-sama 13 megapiksel, tapi baterai zenfone 3 max lebih besar sedikit (4130 mAh) dibanding Hot 4 Pro (4000 mAh).
    Tapi kembali seperti nasihat Pak Herry spesifikasi di atas kertas belum tentu menentukan bagus tidaknya, harus di coba dipakai terlebih dahulu.
    Mudah-mudahan Infinix Hot 4 Pro termasuk HP yang di review Pak Herry jadi dapat dibandingkan dengan zenfone 3 max.

    Terima kasih.

  40. Hendra

    malam pak HSW,

    dulu pak HSW prnh memposting kelebihan zenfone 3 yg tdk bisa diiklankan ( 2 nomor di 3G / 1 di 4G, 1 di 3G )

    apakah fitur itu hanya ada di zenfone 3 yg harganya 3.999.000 ke atas atau di zenfone 3 max dan laser jg ada pak?

    karena diatas bapak menyinggung kalau 1 nomor d 4G sedangkan 1nya terkunci di 2G

    • Herry SW

      Pak Hendra,

      Di Zenfone 3 Max pasti tidak ada. Sudah saya cek.

      Di Zenfone 3 Laser saya tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  41. Boby Halim

    Koh HSW
    Apakah Koh Herry bakal hadir dalam launching Zero 4 hari Minggu besok ?
    Saya berharap dapat melihat ulasan exclusive dari Koh Herry.

      • Boby Halim

        Koh HSW
        Saya membaca di salah satu berita, acaranya di Jakarta. Tempat lokasi pastinya saya tidak tahu. Saya juga belum menjadi seorang Bapak πŸ™‚

        • Herry SW

          Pak Boby Halim,

          Oh ok. Saya sebenarnya sudah mengetahui lokasi dan waktu acaranya kok. πŸ™‚

          He… he… saya memang biasa menggunakan kata sapaan Pak atau Bu, tanpa memandang usia.

  42. seto

    Pak. Hsw
    Dikategorikan apa foto zenfone 3 max?

    Apakah pureshot juara1 mnrut hsw di bwh 2juta?

    Apakah benar cina ada “palugada” apa yang lu mau gua ada dlm menjual hp?

  43. Jefry

    Koh herry, sy mau tanya apakah scara garis besar hp alcatel, asus dan lenovo entry level lyak dibeli? Sy melihat asus pling intense mnjual gadgetx jdi di toko2 gampang di jumpai.. Saya kemarin membeli redmi 2 dgan budget 1,4 juta karena pureshot tidak ada hampir di semua toko offline di daerah saya di kalimantan dan saya lihat yang mendekati budget saya hanya zenfone go, lenovo vibe c, 2010 , alcatel pixie, dan sjumlah hp lumia. Apakah hp2 murah diatas disarankan karena merknya global..sya sdh sering blanja online untuk garment tpi via online untuk hp rasax was2. Trimakasih koh

    • Herry SW

      Pak Jefry,

      Mesti lihat tipe per tipe sih. Saya belum pernah mencoba Zenfone Go, Vibe C, dan Pixie. Lumia sih langsung dicoret dulu saja.

  44. heri

    pak HSW, menurut bapak merk ponsel yang mana yang memiliki kamera terbaik dari semua merk yang sudah pernah bapak coba tanpa pandang harga?

  45. Swedho

    Pak Herry, apakah aplikasi bawaan khas asus (yang tidak bisa diuninstall tanpa root-ing) di Zenfone 3 max ini masih banyak?
    terimakasih banyak πŸ™‚

  46. Bhanu

    Pak maaf oot. Ada rencana untuk review lenovo zuk z2 gak? Pgn beli tapi agak curiga karena jeroan dewa tapi harga murah…
    Makasih

  47. asep

    Maaf koh herry
    kta’y serpis senter lg sma smsung bagus ya, sya sllu mmbaca post nya koh herry tpi d rentang harga 2,5 ke bwah spertinya koh gk recommened ya sma smsung, mhon recommenednya om untuk lg,,, sya mh ap aj yg penting koh yg recommnya. Maaf oot koh

    • Herry SW

      Pak Asep,

      Silakan mengetikkan ulang pertanyaan Anda dengan kata demi kata dituliskan lengkap dulu. Jangan disingkat-singkat. Pusing saya membacanya.

  48. Heri

    Pak maaf oot, mau tanya rekomendasi 3 hp terbaik untuk rentang harga 2-3 juta os android terbaru. selain merk oppo. terima kasih

  49. asep

    Heee maaf koh
    Yaaa katanya servis centernya LG dan smsung paling bagus, mksudnya mnta masukan buat harga 2,5jt ke bwah koh dari 2 hp itu??? Gk ada kriteria pasti, yang penting koh herry bilang beli yaaa saya pasti beli

    • Herry SW

      Pak Asep,

      He… he… jangan berharap ada ponsel Samsung yang bagus dengan harga kurang dari Rp 2,5 juta deh.

      Untuk LG, di pasaran sebenarnya ada LG K10. Namun, saya tak berani merekomendasikannya karena belum pernah mencoba ponsel itu.

  50. jutawan

    diharga 2jt sulit ea om
    nyari alternatif zenfone 3 max
    peformanya lebih bagus dari snapdragon 410 ea om
    dan hasil kameranya seburuk lenovo p1 turbo ea om

    • Herry SW

      Pak Jutawan,

      Maksudnya gimana ya? Kok ea… ea… terus itu maksudnya apa? Silakan ketikkan ulang pertanyaan Anda dengan kalimat yang jelas.

  51. jaiko

    tombol back, home dan menu memakan layar sisi bawah ya om? bukan soft touch?

    berarti resolusi layar 1280×720 + soft touch atau seperti tablet low end misalnya, aslinya 1024×768, didiskon tinggal 1024×600?

  52. jutawan

    Pak HSW,
    Dibandingkan Pureshot plus dengan memperhatikan seluruh faktor secara umum, jika harus memilih, Pak HSW cenderung pilih yang mana?
    Terima kasih.

  53. wulan

    Pak Herry, mau tanya,
    1. Untuk budget 3jutaan, saya ingin handphone yang gegas,r lebih baik beli smartphone Asus atau Samsung ya?. Sebetulnya saya tertarik dengan Asus Zenfone 3 Max setelah membaca review Pak Herry, tapi kekurangannya kalau ada telepon kadang ga bunyi ya?, saya jadi ragu.
    2. Kalau saya tambah budget untuk beli iphone 5s, menurut Bapak rekomended tidak?
    Terima kasih.

    • Herry SW

      Bu Wulan,

      1. Ya Asus dong. Samsung harga Rp 3 jutaan itu masih jelek. Dengan anggaran Rp 3 jutaan, silakan beli Asus Zenfone 3 ZE520KL. Kalau mau merek lain, ada Lenovo Vibe P1 Turbo.

      2. Tak tahu karena belum pernah pakai iPhone 5s.

  54. jutawan

    diharga yang sama ponsel apa yg lebih bagus
    dari zenfone 3 max
    dibanding lenovo p1 turbo peformanya lebih bagus mna
    dan hasil kameranya lebih bagus mana
    dibanding lenovo p1 turbo
    dan terakhir klo bisa dibuat review perbandingan
    zenfone 3 max vs lenovo p1 turbo
    mana yg lebih worth.thx

    • Herry SW

      Pak Jutawan,

      * Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, kalau Jutawan bukan nama asli Anda, harap diganti sesuai nama asli atau nama panggilan asli.

      * Anda sebenarnya mau beli ponsel apa dan kapan akan membelinya? Saya perhatikan sudah lama Anda rutin mengajukan pertanyaan, tetapi sepertinya tak kunjung membeli ponsel pengganti.

      * Secara umum lebih bagus Vibe P1 Turbo. Btw, harga baru Vibe P1 Turbo berbeda sekitar Rp 1 juta dengan Zenfone 3 Max. Jadi, mestinya kurang tepat diadu.

  55. Arya

    Slm koh Herry,mhn dibantu: dg dana 2 jt sy dpt ponsel apa ya? Keperluan : kamera oke, layar jernih utk nonton video offline, min ram 2gb, bikin video ga patah2, baterai awet.
    Suksme koh Herry.

    • Herry SW

      Pak Arya,

      Dengan anggaran segitu dan kriteria seperti itu, jawabannya tidak ada satu pun ponsel yang memenuhi syarat.

    • Herry SW

      Pak Abis,

      Saya sih pilih MIUI. Sama-sama tak ada yang sempurna sih, tetapi saya lihat Flyme OS lebih sering ada bug.

  56. jutawan

    ea om zenfone 3 max lawan ea lenovo p1 turbo ea om herry, buat perbandingan bagusan ea om yang kayak dulu ea om herry. trima kasih sebelumnya.

  57. Luke Skywalker

    Mo tanya Pak HSW , maaf kalo OOT.
    1. Dengan budget 2,5 -3 juta, saya mo beli HP utk istri. Dia mo yg bagus utk selfie, sudah 4G, dual SIM, ga lemot & kapasitas memory cukup besar. Kira2 apa HP yg cocok ya Pak? Saya sempat pikir Asus Zenfone Selfie atau Lenovo Vibe S1. Atau Pak Herry ada saran lain?
    2. Untuk MiFi 4G saya rencana mo beli Huawei E5577 yg bundling dgn paket internet XL. Apa internet 4G dari XL cukup bagus ya Pak dibanding operator lain? Saya tinggal di daerah Waru, Sidoarjo.

    Terimakasih.

    • Herry SW

      Pak Luke Skywalker,

      1. Saya sih terpikir Infinix Zero 3. Gimana kalau anggaran ditambah menjadi Rp 3,7 juta dan belikan Zenfone 3? Istri Anda bakal puas banget.

      2. Di Surabaya sih sedang lebih baik daripada Telkomsel dan Indosat. Kondisi di Waru saya tak tahu.

    • Herry SW

      Pak You,

      Bukan cari motor baru kok. Ceritanya, saya sedang servis motor. Bosan menunggu, iseng lihat-lihat sepeda motor yang dipajang deh.

  58. seto

    Pak hsw

    Pak hsw berencana mereview apa?

    Pak hsw pureshot plus 2 masih ada di galeri smartfren surabaya? Mnrut pengalaman

  59. gunawan

    peforma zenfone 3 max apakah lebih bagus dari lenovo p1 turbo
    dan hasil kamera dan daya tahan batrenya lebih
    bagus mana dibanding lenovo p1 turbo

  60. dico sugandhiko

    Pak Herry yg baik hati,

    Saya mau mengajukan pertanyaan lagi yg mungkin dulu pernah sy tanyakan..

    Kali ini utk menjawab pertanyaan kakak sy yg lg nyari HP

    Kira2 dg budget 1 – 1.5 juta (spek secara umum) rekomendasi Pak Herry dapet HP apa ya Pak?

    Kalo HISENSE PURESHOT gimana Pak? Harga sekarang berapa ya Pak? dan Pak Herry pernah ngereview ponsel tsb secara khusus di ponselmu.com ga Pak? Jujur, saya baru ‘ngeh’ dan melirik ponsel tsb baru2 ini dari komen2 diatas dan kata temen2 Saya..

    Untuk sementara itu dulu pertanyaan Saya, terimakasih Pak, salam πŸ™‚

    • Herry SW

      Pak Dico Sugandhiko,

      Saat ini sih paling Infinix Hot 3 yang LTE. Sebab, Pureshot sudah tidak tersedia di pasar lagi.

      Pureshot layak beli sih. Dengan harga Rp 1,299 juta, ponsel itu menarik banget. Masalahnya, stok di mana-mana sudah ludes. Jadi, lupakan ponsel tersebut deh.

      • Roni

        Wah di tunggu pak reviewnya, kmrn smpt galau antara hisense pureshot, samsung j2 prime dan lenovo A6600+, keputusan jadinya malah di luar ketiganya jd pureshot+. Pureshot+ mang oke pak tp ttp masih penasaran dg review A6600+ dr pak heri. Terima kasih

  61. Ryan

    Selamat pagi Pak HSW,

    Pak, saya berminat dengan Zenfone 3 Max ini tapi masih belum yakin 100%.
    Untuk range 2 jutaan, lebih baik Zenfone 3 Max, Zenfone 2 Laser, Zenfone Max atau mungkin dari merk lain dengan pertimbangan kamera, kegegasan, dan tidak ketinggalan jaman untuk 1-2 tahun kedepan. Mohon pencerahannya, Pak.

    Terima kasih.

    • Herry SW

      Pak Ryan,

      Karena poin pertama yang Anda pertimbangkan ternyata kamera, berarti Zenfone 3 Max silakan dicoret. Dengan kriteria seperti yang Anda sebutkan, saya lebih condong ke Zenfone 2 Laser. Pastikan beli yang varian LTE. Sebaiknya ambil yang memiliki kode tipe ZE550KL.

  62. gunawan

    kekurangan lenovo p1 turbo apa om
    selain hasil kamerany yang buruk
    klo dibanding infinix note2 lebih baik mana

  63. Purwodadi

    Pak, minta pendapat

    Smartphone yang paling anda rekomendasikan dengan harga kisaran 1,6 Juta apa?

    Makasih sebelumnya.

  64. Arya

    Pak Herry,

    Mohon maaf saya bertanya kembali, jika dibandingkan kegegasan, kamera dan baterai antara Infinix Note 2 dan Zenfone 3 Max menurut Pak Herry mana yang lebih unggul ?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW

      Pak Arya,

      Tiga poin itu cenderung imbang sih. Hal yang perlu diperhatikan:
      * Note 2 dimensi fisiknya bongsor. Zenfone 3 Max lebih nyaman digenggam maupun dikantongi.
      * Note 2 proses charging-nya cepat. Kalau Zenfone 3 Max standar. Tidak cepat.

  65. Bowo

    Siang Pak Herry,

    Pak saya minta rekomendasi smartphone bekas/ baru harga maksimal 2juta untuk menggantikan LG G2 saya yang minta ganti LCD dan terkena Flickr .
    Di olx sih ada yang menawarkan Pureshot, Mi4i, Zenfone 2 laser, dan banyak varian Xiaomi yang dikisaran harga tersebut Pak…
    (jika harga bekas dan baru selisih jauh, saya cari yang bekas sih pak…hehe)
    Menurut Pak Herry manakah yang paling Bapak rekomendasikan? Atau saran smartphone lain, Pak
    Kebutuhan dengan urutan : Gegas (Multitask), game, gps, 4G

    Terima kasih, Pak.

    • Herry SW

      Pak Bowo,

      Dengan kriteria seperti itu, mending beli Infinix Note 2 baru atau nambah Rp 100 ribu untuk meminang satu unit Asus Zenfone 3 Max baru.

  66. Bowo

    Pak Herry,

    Setelah membandingkan ke dua review ponsel tersebut oleh Pak Herry sepertinya saya rela menambah budget untuk Zenfone 3 max, karena layar yang 5,2 inc seperti G2 memang lebih nyaman di genggam…hehehe

    Terima kasih Pak Herry atas bantuannya.

  67. seto

    Pak hsw

    Tolong, Jangan lupa kasih saya link foto review lenovo a6600 plus dengan gambar asli tak diperkecil ukurannya, gak dikompres? Saya tunggu

    • Herry SW

      Bu Caca,

      Lenovo Vibe 5 Plus? Apakah yang dimaksud Lenovo Vibe K5 Plus?

      Dalam hal kegegasan, Vibe K5 Plus lebih unggul. Terkait daya tahan baterai dan kamera, Zenfone Max lebih bagus.

  68. Soby

    Pak Herry SW,

    Maaf pak, kalau tidak sesuai judul. Mau nanya ,menurut pak Herry, ponsel yang sudah 4G dengan rentang harga 1 juta sampai 1,2 jutaan, ponsel apa yang terbaik? Lenovo 2010 kah atau ada yang lebih baik. Mohon saran dari pak Herry
    Terima kasih.

  69. kk bakti

    Pak herry,
    Mohon diurutkan kameranya yg paling bagus antara asus zenfone 3 max, flash plus 2, infinix hot s.

  70. Shandy

    Permisi koh, mau nanya..
    Dalam segi performa, dan kamera…
    Lebih baik mana…
    Asus Zenfone 3 Max, Xiaomi Redmi 3S, atau Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL??
    Mohon pencerahannya…

    • Herry SW

      Pak Shandy,

      Redmi 3S saya tak tahu karena belum pernah coba.

      Kegegasan dan daya tahan baterai lebih bagus Zenfone 3 Max. Sedangkan kinerja kamera lebih unggul ZE500KL.

  71. Sofy

    Selamat Natal jika Pak Herry turut merayakannya .
    Pak Herry, dengan harga maksimum 5 juta smartphone apa yang paling recomended ? Prioritas untuk game dan kamera, 4G, dual sim, ada slot memory card.
    Terimakasih banyak Pak. Makin sukses untuk Ponselmu.

  72. Yeni

    Pak Herry,
    Dengan harga kisaran Rp 2.2 juta saingannya kan Xiaomi Redmi 3 Prime, overal lebih bagus mana, Pak? Soalnya dari spesifikasi Zenfone 3 Max kalah jauh, tanpa melihat 4G Redmi 3 Prime yang di lock.
    1. Kegegasan
    2. Kamera
    3. Baterai

  73. Nur

    Permisi koh, mau nanya..
    Rekomendasi ponsel android dengan budget kurang lebih 2 jt apa ya? untuk pemakaian sehari-hari lebih ke sosmed, kamera dan keawetan baterai juga. Tapi yang paling penting dengan budget segitu adakah rekomendasi ponsel yang sekiranya bisa bertahan 2-3 th pemakaian, soalnya tipe yang jarang ganti ponsel jadi pengennya sekali beli bisa bertahan beberapa tahun. Sempet ngincer samsung j5 2016, katanya merek itu bagus tapi setelah liat2 spesifikasi ponsel2 yg lain jadi ragu ternyata dengan harga dibawahnya ada spek yg lebih tinggi. Tapi jadi bingung juga, baiknya beli ponsel apa yang bisa diajak bersama beberapa tahun, soalnya masih awam banget pengennya ponsel yg awet.he sebelumnya pake hp s40 dipakai hampir 3th ini msh nyaman bgt tapi karna sebentar lg whatsapp udh gk support di s40 jd harus mulai beralih. Mohon pencerahannya ya koh, maaf terlalu panjang dan berbelit.he

    • Herry SW

      Pak Nur,

      Karena Anda menyebutkan Galaxy J5 2016, berarti anggaran Anda saya asumsikan sampai sekitar Rp 2,8 juta. Anda boleh melirik Asus Zenfone Max. Harga barunya sekitar Rp 2,2 juta.

  74. Titi

    Pak Herry minta pendapat donk..
    Bingung nih antara Lenovo P1 Turbo dan Asus Zenfone 3 type ZE 552 KL dr harga selisih 1jt.
    Keperluan gegas, irit baterai, service center tidak mengecewakan.
    Oya kalau baterai tanam dengan pemakaian normal kira2 bisa bertahan brp taun?
    Apakah masih bnyk toko yg menjual P1 Turbo? (lokasi sby)
    Thx sblmnya

    • Herry SW

      Bu/Pak Titi,

      Selisihnya lebih dari Rp 1 juta lho. Harga pasar Vibe P1 Turbo saat ini Rp 3,1 juta, sedangkan ZE552KL Rp 4,6 juta sampai Rp 4,7 juta. Beda sekitar Rp 1,5 juta deh.

      Dengan kriteria seperti itu, saya lebih condong ke Vibe P1 Turbo.

      Angka moderatnya bisa bertahan di-charge 500 kali. Nah, tergantung seberang sering Anda melakukan pengisian ulang baterai.

      Banyak. Mau beli satu lusin pun gampang. πŸ™‚

      • Titi

        Trims masukannya Pak Herry
        Nanya lagi donk. Mungkinkah virus komputer masuk ke HP via OTG ? (download file via laptop/pc, trus open file nya di hp via OTG)
        Thx lagi,

  75. Razqa

    Pak Herry, disebutkan di atas jika penggunaan baterainya bisa seharian. Detailnya berapa jam, pak? Dan digunakan utk penggunaan apa saja?

    • Herry SW

      Pak/Bu Razqa,

      Seharian berarti setidaknya mulai pukul 06.00 sampai pukul 22.00. Berkali-kali tembus lebih dari 24 jam.

      Untuk apa saja?
      * Telepon.
      * WhatsApp.
      * Dua email aktif. Trafik 700-an email per hari.
      * Twitter.
      * Browsing.
      * Facebook.
      * Aplikasi transportasi online.

  76. Sofy

    Menyambung pertanyaan saya , mohon info Pak Herry, smartphone maksimal 5 juta paling rekomended, prioritas untuk game, kamera, 4G, dual sim, ada slot memori, dengan sensor sidik jari.( maaf Pak kemarin tidak tanya tentang sensor sidik jarinya ).
    Terimakasih banyak , Pak.

  77. Razqa

    Saya pengguna zenfone 3 max jg Pak. Dari pukul 12 siang full 100% sampai pukul 17 sore tersisa 35%. Penggunaan full browsing tanpa jeda dgn jaringan 4g. Apakah normal, Pak? Mengingat batrenya 4100 mah, dan review disana-sini yg bilang tahan seharian lbih, saya cukup khawatir dgn kondisi hp saya. Padahal beli baru.

    • Herry SW

      Pak Razqa,

      Sejak beli dalam kondisi baru, baterai ponsel itu sudah di-charge berapa kali?

      Anda menuliskan full browsing tanpa jeda. Dengan asumsi seperti itu dan penggunaan non-stop selama lima jam, hitung-hitungan kasarnya masih mendekati normal sih.

  78. Razqa

    Sudah sekitar 5-6x di charge sejak baru beli, pas 1 minggu yg lalu.

    Maklum, Pak, saya baru kali ini megang hp dgn baterai 4000mah. Jadi asumsi saya sebelum beli, hp ini bisa bertahan 1 hari lebih dgn berbagai macam aktivitas.

    • Herry SW

      Pak Razqa,

      Kalau sudah di-charge 5-6 kali mestinya sudah mencapai kemampuan optimal.

      Untuk pemakaian yang relatif normal (tidak sangat berat), baterai 4.000 mAh biasanya bisa bertahan satu hari atau lebih. Namun, kalau mengacu kepada deskripsi Anda, pemakaiannya tergolong lumayan berat lho.

  79. Hadi

    pak, ini hanya perkiraan saya saja sih.. tapi sepertinya untuk urusan ketahanan baterai masih kalah ya pak dengan redmi 3 prime, anggap saja bila keduanya sama2 memanfaatkan jaringan wifi untuk akses internet. Apa benar begitu pak kalau menurut pengalaman bapak?

    • Herry SW

      Pak Hadi,

      Saya tak pernah menggunakan koneksi 100% Wi-Fi. Dugaan saya sama dengan Anda, baterai Redmi 3 Prime lebih awet.

  80. Razqa

    Trimakasih jawabannya, Pak. Sejauh ini aman saja sih, cuma ingin memastikan kemampuan baterai saja. Sisanya memuaskan.

  81. kk bakti

    Pak Herry,
    Cara mengunci supaya hanya berada dijaringan 4g bagaimana pak? Saya pakai yg di setting, cellular network lalu saya pilih prefer 4g, tapi tetep tidak bisa mengunci, kadangkala pindah sendiri ke jaringan 3g..

    • Herry SW

      Pak Kk Bakti,

      Masuk ke menu telepon, tekan *#*#4636#*#*, pilih phone information, dan di preferred network type pilih LTE only.

  82. ari yulianto

    “Kedua, mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Cara serupa dapat diterapkan saat pengguna ingin memadamkan layar.”

    koq saya tidak berhasil ya pak? apakah harus ada setelan lain terlebih dulu baru bisa menggunakan fitur ini?

  83. wulan

    pak herry, saya wulan, mauminta saran, asus zen go zb500kl itu menurut pak Herry bagaimana ya? oh iya sudah suport otg blm ya? saya baca review di web kok kebanyakan kurang bagus reviewnya.. bingung mau beli hp apa jadinya.

  84. Radyya

    Ko herry, dengan dana max 2jt, kira-kira hp apa yg bagus jika mengutamakan kamera, batre besar dan layar 5inch kalau bisa.. hp seken juga ga masalah yg penting jangan lebih dr 2jt ..

  85. Rendra

    Dear pak herry
    apakah handphone asus zenfone max 3 ini mendukung sim toolkit di sim 2 nya.. pengalaman menggunakan asus zenfone 2 kecewa hp performa istimewa tapi STK di sim 2 tidak ada..

  86. eko yulian

    pak herry saya baru beli asus 3 max di kota tegal dg harga 1,97 jt. di dusnya ada tulisan pt.era jaya. apakan yg saya beli asus dg garansi resmi pak ?

  87. eko yulian

    iya pak benar. ternyata emang kameranya jelek seperti di review bapak. apalagi diruangan yg minim cahaya. ou iya pak asus 3 max ada autofokusnya ga sih ?

  88. Ruben Manikoe

    Salam Pak Herry, sory OOT..
    Mau tanya, apakah Pak Herry pernah review HP yang tidak bergaransi resmi?
    Kalau pernah, merk dan tipe apa?
    Kalau tidak pernah, apa alasannya?
    Thx Pak πŸ™‚

    • Herry SW

      Pak Ruben Manikoe,

      Pernah. Dalam setahun terakhir, ada dua ponsel tanpa garansi resmi yang saya review.

      1. Leagoo Elite 5. Alasannya, itu saya jadikan semacam perkenalan dulu karena ponsel merek Leagoo pada 2016 akan masuk resmi ke Indonesia. Eh… ternyata Leagoo mengalami sejumlah kendala. Merek ponsel itu jadinya baru meramaikan pasar Indonesia pada tahun ini.

      2. Xiaomi Mi MIX. Alasannya, saya termasuk sekelompok kecil pengguna pertama Mi MIX di dunia. Bahkan, ketika di negara asalnya belum dijual bebas.

      Kalau tidak ada kasus-kasus khusus seperti itu, saya memang tidak bersedia me-review ponsel tanpa garansi resmi.

      • Ruben Manikoe

        Pak Herry,

        Apakah tidak menggunakan ponsel yang tidak bergaransi resmi itu merupakan prinsip pribadi Pak Herry, dan mempersilahkan kepada pembaca untuk menggunakannya dengan catatan risiko ditanggung sendiri,
        Atau memang Pak Herry sangat berharap para pembaca tidak menggunakan ponsel tanpa garansi resmi sama sekali?

        Satu lagi, saya pernah membaca cerita Pak Herry tentang pengalaman kurang mengenakkan dari teman Pak Herry akibat menggunakan ponsel Xiaomi yang tidak bergaransi resmi (kalau tidak salah selot sim card patah dan sulit mencari gantinya), apakah Pak Herry secara pribadi pernah mengalami hal serupa dengan ponsel yang tidak bergaransi resmi?

        O iya, Pak Herry mengatakan kalau tidak bersedia memberikan review untuk ponsel yang tidak bergaransi resmi, namun apakah Pak Herry pernah menggunakannya untuk keperluan pribadi tanpa memberikan review?
        Jika pernah, ponsel merk dan tipe apa Pak?

        Terima kasih Pak Herry πŸ™‚

        • Herry SW

          Pak Ruben Manikoe,

          Demi kenyamanan dan keamanan mereka, saya berharap para pembaca tidak membeli ponsel tanpa garansi resmi. Tidak membeli lho ya. Kalau dapat hadiah dan mau dipakai, ya silakan saja. πŸ™‚

          Seingat saya tidak pernah. Sebab, saya memang nyaris tak pernah membeli ponsel tanpa garansi resmi.

          Dalam setahun terakhir, dua ponsel tanpa garansi resmi yang saya pakai kebetulan saya review karena alasan khusus. Yang satu karena merek itu segera masuk resmi ke sini. Satu lagi karena saya termasuk sekelompok pengguna pertama di dunia (di dunia ya, bukan di Indonesia saja).

    • Herry SW

      Bu Echa,

      Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Seandainya saya harus memilih buta salah satu saja, buat di-review dan dipakai, saya condong ke ZC553KL. Alasannya sederhana. Selain seri S dan Note, saya kurang percaya dengan keandalan ponsel Samsung.

  89. Tri

    Ko herry, rekomendasikan hp utk saya dengan harga yg ga mahal2 banget.. kalau bisa 2jtaan.. lebih utamain kamera sm batre besar dan fast charging.. kira2 hp apa ko ya ? Zenfone 3 max ini tp sy masih ragu2 …

    • Herry SW

      Pak Tri,

      Baterai besar dan fast charging ada Infinix Note 3 Pro Rp 2,599 juta. Namun, saya belum pernah coba.

      Zenfone 3 Max tidak mendukung fast charging.

  90. Renaldi

    saya pernah pakai asus zenfone 2 laser pak,dan sekarang saya pakai asus zenfone 3 max..tapi kalo menurut saya kameranya malah lebih bagus asus zenfone 3 max pak ?? hasilnya lebih realistis gak kayak Asus zenfone 2 laser..

    awalnya sih agak lelet respons layar asus zenfone 3 max ketika saya pencet-pencet..tapi setelah saya aktifkan mode pengembang benar-benar cepat banget responnya pak ?? RAM 2 Gb serasa kayak RAM 4Gb hehehe main game berat benar-benar enak banget responnya no lag ?? sekarang saya gak malu lagi pak pakai Asus karena desainnya kayak iphone 6 hehehe itu kata orang sih ??

    ini kisah saya pak bukan maksud pamer atau promosi hehehe ??

  91. wulan

    pak hery mau tanya, asus ze500kl saat ini masih dijual tidak ya? saya mencari dijogja kok susah,, kira2 harga berapa ya sekarang? misal tidak ada rekomendasi hp yang lainnya apa? terima kasih

    • Herry SW

      Bu Wulan,

      Masih dijual. Harga saat ini sekitar Rp 1,725 juta.

      Kalau gagal menemukan ZE500KL, silakan melirik Zenfone 2 Laser ZE550KL.

      • Ruben

        Pak Herry, kalo infinix note 3 pro sudah mulai dipasarkan atau belum yah? Kalau sudah, hanya online saja atau dijual offline juga yah?
        Thx..

        • Herry SW

          Pak Ruben,

          Sudah tersedia offline di Bandung dan Surabaya dengan harga Rp 2,599 juta. Belum tersedia online.

          • Ruben

            Jabodetabek belum mulai jual yah pak? Atau Pak Herry belum dapat info daerah Jabodetabek Pak?

          • Herry SW

            Pak Ruben,

            Benar sekali. Itu unit bergaransi resmi. Untuk membantu rekan di luar Bandung dan Surabaya yang kesulitan mendapatkan Note 3, minggu lalu saya membuka tawaran titip beli via Twitter @herrysw. Harga yang perlu dibayarkan sesuai harga nyata + ongkos kirim. Tak ada biaya tambahan. Tawaran titip beli itu kini sudah berakhir.

          • Ruben

            Baiklah pak Herry, thanks infonya yah.. Nanti saya cari teman yang bisa dititipi di Bandung atau Surabaya (bolehlah naik dengan percuma… :-D)
            O iya pak, boleh minta spesifik nama toko yang menjual infinix note 3 pro di Bandung dan Surabaya pak?

          • Herry SW

            Pak Ruben,

            Siang ini saya kebetulan akan berada dekat di toko penjual Infinix Note 3. Mau titip? Silakan telp atau WhatsApp ke 0881 169 5561.

          • Ruben

            Thanks untuk tawaran titipnya yah Pak Herry πŸ™‚
            Tapi sepertinya saya ada rencana mau ke Bandung nih pak dalam waktu dekat ini hehe.. Jadi saya akan beli sendiri aja pak kalo jadi.. Ada rekomendasi nama toko yang jual infinix note 3 pro di Bandung pak? Kalau ada alamat boleh juga tuh pak hehe.. Kalau ngga ada alamat, tolong info nama toko dan daerah mana tokonya aja pak.. Thank you so much πŸ™‚

          • Herry SW

            Pak Ruben,

            Ok, Pak. Maaf, saya tidak mengetahui nama toko di Bandung yang punya stok Note 3 Pro.

          • Ruben

            O iya pak Herry, mau tanya dua lagi.. Infinix note 3 pro yang harga Rp 2.599.000,- itu yang ROM 16 atau 32 GB yah pak?
            Lalu, Infinix Note 3 pro itu slot micro SDnya hybrid atau ada slot sendiri yah?

  92. fero

    Ko herry, saya mau beli hp di bawah 2jt yg seken aja. Yang penting batre gede dan fast charging. Apakah dengan harga 1,7jt worth it kalau saya beli LG X Power? Bila di bandingkan dengan Moto e Power lebih bagus mana pak kameranya? Seberapa parah kamera LG X power pak katanya jelek ?

    • Herry SW

      Pak Fero,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba X Power. Moto E Power? Hmmm… tak ponsel bernama tersebut.

      Dengan kriteria yang Anda sebutkan, beli Infinix Note 2 saja deh. Bisa dapat unit baru tuh. Baterai gede dan fast charging pula.

  93. The Stig

    Koh request hisense pureshot+ 2 dong..
    btw sayang ya dengan harga segitu belum dilengkapi gyroscope sensor,gak bisa pake VR dong hehehe…

  94. hilmi

    Antara zenfone max, zenfone 2 laser, dan zenfone 3 max. Mana yg lebih baik kinerja nya dari seluruh aspek?

    • Herry SW

      Pak Budi M,

      Benar. Itu sudah lama kok. Sebelum peluncuran Zenfone 3 dan aneka variannya. Takkan masuk resmi ke sini.

      Mending itu atau ZC553KL? Tak tahu. Lha belum pernah uji pakai.

  95. Tiar

    Koh herry, saya penasaran banget sama infinix note 3 kira2 kalau ngecas nya berapa jam ya dr kondisi batre terendah sampai full? Dan perbedaan infinix note 2 ke infinix note 3 kira-kira dari segi ketahanan batre serta kamera apakah berbeda jauh? Dan saya lihat di bukalap*k ada seller yg jual infinix note 3 dengan harga 2,4jt apakah memang skr harganya segitu koh? Saya butuh jawabannya karena ingin membeli dalam waktu dekat. Terima kasih.

    • Herry SW

      Pak Tiar,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah uji pakai.

      Harga ritel resminya Rp 2,599 juta. Yang jual Rp 2,4 juta itu barang baru atau bekas?

  96. Tiar

    2,4jt itu baru pak. Dan ada beberapa seller yg jual dng harga sgitu. Kapan ko herry mau mereview infinix note 3 ?

  97. safira

    Pak herry saya masih bingung antara memilih xiaomi redmi note 3 atau asus zenfone 3 max. tolong rekomendasinya, atau selain dari kedua smartphone tsb smartphone apa yg layak beli untuk kisaran 2jt. tolong disertai alasannya hehe.. terimakasih sebelumnya.

    • Herry SW

      Bu Safira,

      Di antara dua pilihan itu, saya lebih merekomendasikan Zenfone 3 Max. Alasannya, Redmi Note 3 bergaransi resmi belum bisa 4G LTE.

      Alternatif lain dengan harga jual maksimal Rp 2 juta: Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Rp 1,999 juta.

    • Herry SW

      Pak Rey,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Belum diputuskan nih.

  98. safira

    Maaf pak HSW, mau bertanya lagi kalo tanpa melihat 4G LTE, asus zenfone 3 max vs xiaomi redmi note 3 mana yg lebih pas untuk di beli?
    terimakasih

    • Herry SW

      Bu Safira,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Redmi Note 3 bergaransi resmi.

  99. Nia

    Pak Herry, saya mau tanya kalo Asus Zenfone 3 max dengan LG K10 bagus mana ya ? Saya liat di kardus Asus Zenfone 3 max itu garansi distributor dari erajaya. Kalau LG apakah service centernya bagus ? Terimakasih

    • Herry SW

      Bu Nia,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai K10.

      Layanan pusat perbaikan resmi LG bagus. Saat ini boleh dibilang yang terbaik dibandingkan pusat perbaikan resmi ponsel lain.

  100. Adi Siswadi

    Pak Herry,

    Secara umum HP Asus Zenfone 3 Max ZC520 TL ini kalau dibandingkan dengan saudaranya ZE520KL kelebihan dan kekurangannya di mana? Mengingat harganya beda lumayan banyak.

    Terima kasih.

    • Herry SW

      Pak Adi Siswadi,

      ZC520TL unggul di daya tahan baterai. Selain satu hal itu, dia kalah telak melawan ZE520KL.

  101. Nia

    saya berminat dg asus zenfone 3 max, tapi saya agak ragu karena kata pelayan conternya kalo asus itu kurang bagus. malah kata nya ada yg bilang baru beli sebulan sudah mati total. menurut Pak Herry gimana?

    • Herry SW

      Bu Nia,

      Setelah bilang gitu, penjaga toko menawarkan ponsel Oppo, Huawei, atau Vivo? πŸ™‚

      Silakan tetap beli Zenfone 3 Max.

  102. miya

    pak herry…
    ada yang bilang asus zenfone 3 max belum dilengkapi pelindung layar??jadi kalau jatuh …lansung rusak lcd nya ya??

  103. mia

    Pak Herry…kekurangan dari asus zenfone 3 max ini belum dilengkapi pelindung layar ya pak??menurut bapak mana yang bagus asus zenfone 3 max dengan zte blade A711 dari perfoma nya??oya pak,service centre zte dipadang udah ada belum pak?
    maakasih sebelumya pak herry

    • Herry SW

      Bu Mia,

      Paket penjualan Zenfone 3 Max belum termasuk pelindung layar tambahan. Kalau yang Anda maksud Gorilla Glass, sepertinya memang tanpa Gorilla Glass. Meskipun demikian, pasti ada perlindungan tertentu yang telah diterapkan.

      Tak tahu. Belum pernah coba ponsel ZTE itu. Service center ZTE misterius nih.

  104. Herry SW

    Bu Itha,

    Selfie moto miring, tapi jadinya berdiri? Masak sih. Di dekat saya kebetulan ada Zenfone 3 Max. Barusan saya coba berswafoto dengan posisi miring. Hasilnya tetap miring kok.

  105. afid

    koh herry
    saya dulu nyari ponsel 2 jutaan yg kameranya lumayan bagus dan itu saya dapet di ze550kl, tapi seiring berjalannya waktu ternyata fitur audio lebih sering saya gunakan dibanding kamera,
    pertanyaan saya, dgn rentang harga segitu atau dibawah 3jt ponsel apa yg audio nya lebih bagus dari ze550kl dg kualitas kamera minimal 3/4 dari ze550kl ?
    baterai masuk hitungan,

  106. Rizki ndaru

    pak herry, salam kenal dari sidoarjo

    saya baru sja memboyong IHS pro, kalo dibanding zenfone 3max ini, huawei GR3,dan redmi 3s /redmi 4 prime di rentang harga 2 jutaan .. dari segi performa, kamera, dan quality . bagaimana pendapat bapak..? apakah saya salah pilih..?
    terima kasih …

  107. ufit

    pak herry, mau tanya. dilihat dari segala spec yg lebih rekomended dibeli asus zenfone 3 max zc520tl, zenfone 2 max atau zenfone 2 laser ze601kl ya? terimakasih

    • Herry SW

      Pak Ufit,

      Tak ada ponsel bernama Zenfone 2 Max.

      Daya tahan baterai lebih unggul ZC520TL, sedangkan kamera lebih bagus ZE601KL.

  108. Askari

    Mau nanya koh, aksesoris tambahan yg bagus untuk Asus Zenfone 3 Max ZC520TL ini apa aja yaa? Sy berniat tambahkan tempered glass & case, tp masih bingung yg tipe apa, terimakasih koh.

    • Herry SW

      Pak Askari,

      Aksesori tambahan yang biasanya saya beli tidak neko-neko:
      * Jelly case.
      * Screen protector biasa (bening), bukan tempered glass.

  109. Askari

    Oh iya koh, maaf, Asus Zenfone 3 Max ZC520TL sy sudah mendapat pemberitahuan untuk pembaharuan sistem asus yg 13.1.1.33 tp belum sy update, kata temen kl di update malah ntar ada potensi virus dan aplikasi selalu terupdate otomatis, mohon pencerahannya koh, terimakasih.

  110. Johan

    Pak Herry SW
    tolong kasih saran, lebih baik pilih asus zenfone 3 laser ZC551KL ram 4gb, tapi baterai 3000an mah, atau asus zenfone 3 max ZC553KL ram 3gb tapi baterai 4000an mah, harga kedua nya kan mirip di 3 jutaan, atau ada rekomendasi lain, di harga sekitar 3 jutaan

    saya perlu ram dan baterai tahan lama, seandai nya asus ada ram 4gb, baterai minimal 4000an mah, harga dekat atau sekitar 3 jutaan, ya tidak bingung πŸ™‚

    Terima Kasih Pak Herry

    • Herry SW

      Pak Johan,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai dua varian tersebut.

      Di harga Rp 3 jutaan sih saya merekomendasikan Asus Zenfone 3 ZE520KL. Namun, baterainya memang tak sesuai dengan kriteria Anda. RAM-nya juga “hanya” 3 GB.

  111. alfa

    Koh maaf oot mau tanya untuk hp budjet 3jt tapi pingin ram minimal 3 gb dan kamera kinclong apa ya ? Tapi dengan mempertimbangkan layanan purna jual nya juga. Terima kasih sebelumnya

    • Herry SW

      Pak Alfa,

      Waduh… permintaannya banyak banget. Coba cari Huawei P9 Lite di toko online deh. Kalau cari di toko offline, anggarannya pasti kurang karena harga ritel resminya Rp 3,299 juta.

    • Herry SW

      Bu Shela,

      Anda mengutamakan kamera bagus atau kegegasan? Kalau kamera bagus, ZC550KL. Kalau kegegasan, ZC520TL.

  112. Nathan

    Pagi pak herry mau tanya kalo zenfone 3 max 2/32gb dibandingkan dengan lenovo vibe k 5 plus ram 3/16 secara kinerja dan kamera overvall menurut bapak lebih unggul mana?tks

    • Herry SW

      Pak Nathan,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 3 Max varian 2/32. Yang pernah saya coba varian 2/16. Menurut saya, kinerjanya secara umum lebih bagus daripada Vibe K5 Plus varian 3/16.

  113. Ago Chandra Permana

    Koh saya mau tanya kan di asus zenfone 3 max itu ada 2 pilihan cara ngecas bagaimana merubahnya ?

  114. shela

    Bagusan asus zc520tl atau asus zc550kl dilihat dari segi spesifikasinya semuanya ….
    Jadi bagusan mana pakk ???

  115. karina

    Selamat siang Pak Herry,

    tolong tanya, untuk HP di range harga 1,5-2 juta, mana yang bagus? Yang penting tidak lemot dan tidak mudah hang. HP ini untuk mama saya.

    Terima Kasih sebelumnya.

    • Herry SW

      Bu Karina,

      Silakan membeli Asus Zenfone 2 Laser. Boleh yang ZE500KL (layar 5 inci) atau ZE550KL (layar 5,5 inci).

        • Herry SW

          Bu Karina,

          Zenfone 2 Laser ada berbagai varian. Cek saja kode tipenya. Kalau berakhiran KL, misalnya ZE500KL, itu sudah mendukung 4G LTE. Sebaliknya, bila berakhiran KG, misalnya ZE500KG, ia belum mendukung 4G LTE.

  116. sheilla

    Bagusan OPPO A37 atau ASUS ZC520TL
    tolong kasih pilihan yaaa ….
    dilihat dari spesifikasi semuanya

  117. sheilla

    Pakk saya bingung mau pilih asus yg mana ……
    Menurut bapak bagusan ASUS ZC520TL atau ASUS SELFIE ZD551KL dilihat dari spesifikasi semuanya pakkk …..
    Satu lagi pakk kamera yg bagus yg mana ya pakk dari hp 2 ini ,, sebenarnya sihh kamera ga terlalu maksain yg penting dalamnya bagus dan detail semuanya maksimalll

    • Herry SW

      Bu Sheilla,

      Karena saya belum pernah menguji pakai Zenfone Selfie, maaf, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

  118. sarii

    Pakk kalo asus itu dia sering meng-upgrade perangkat lunak nya gaaa ???
    Kalo samsung kan sering meng-upgrde misal lolipop jadi marhsmallow

  119. sela p

    Pakk bagusan ASUS ZC520TL atau ASUS ZC550KL dilihat dari spesifikasinya semuanyaaa ,,,, kalo kameranya bagusan mana pakk terus corning gorilla glass sama bahan metal itu penting tdk yaa pakk ???
    setahu saya ASUS ZC520TL dia tdk corning gorilla glass nyaa dan kalo ASUS ZC550KL ada tapi ASUS ZC550KL berbahan plastik sedangkan ASUS ZC520TL berbahan metal ,,,, jadi menurut pakk HSW dari yg saya tunjukan menurut bapakk mana yg paling recomended bgttΒ 
    karena saya bingung pakk mau beli yg mana antara 2 itu

    • Herry SW

      Bu Sela P,

      ZC550KL. ZC550KL juga.

      Penting tidaknya itu bergantung kebutuhan pengguna. Untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap kaca layar, Anda tinggal memasangkan screen protector tambahan.

      Kalau Anda mengutamakan kamera dan tidak keberatan dengan ukuran ZC550KL, mending itu deh.

  120. sela p

    Oh iya pakk satu lagii ASUS itu dia seringg UPGRADE ga sihh pakk kan kalo SAMSUNG dia seringg UPGRADE misal dari LOLIPOP ke MARHSMALLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *