By

Review Asus Zenfone Max: Tiada Alasan Baterai Habis Lagi

Beragam ponsel terbaru diperkenalkan dalam Asus Zenfestival 2015 Jakarta, November tahun lalu. Saat itu ada satu ponsel yang sukses membuat penulis alias HSW penasaran. Bukan Zenfone 2 Deluxe Special Edition yang harganya paling mahal, melainkan Zenfone Max yang dibanderol tak sampai setengahnya.

HSW baru saja tuntas menguji pakai Zenfone Max yang dijual Rp 2.599.000 tersebut. Hasilnya, kini bila ada yang meminta rekomendasi ponsel berkamera bagus, baterai tahan lama, dan anggaran kurang dari Rp 3 juta, HSW sudah memiliki jawaban. Zenfone Max!

Zenfone Max-1

Max di nama lengkap ponsel itu tampaknya merujuk kepada baterai ponsel yang berkapasitas jumbo. Zenfone Max dibekali baterai tanam 5.000 mAh. Selama HSW menguji pakai ponsel tersebut, rekor terlama waktu siaga menembus 48 jam. Ya, dua hari dua malam alias 2 x 24 jam. Selama rentang waktu tersebut, ponsel bukan cuma dibiarkan menyala. Aktivitas email, telepon, chatting, dan browsing rutin dilakukan.

Ketika intensitas pemakaian sedang tinggi atau HSW berada di daerah yang penerimaan sinyal aneka operator diketahui kurang bagus, daya tahan baterai akan menurun. Sangat wajar. Namun, biarpun lebih singkat, baterai Zenfone Max setidaknya masih sanggup bertahan 1,5 hari.

Menurut HSW, di tangan pengguna dengan perilaku pemakaian supertinggi pun, baterai Zenfone Max minimal mampu mendampingi mereka sejak pagi hingga larut malam. Jadi, tiada lagi alasan tidak bisa berkomunikasi karena kehabisan daya baterai.

Bagaimana bila daya Zenfone Max masih banyak, tetapi ponsel lain yang dibawa pengguna tewas akibat kehabisan daya? Tenang. Zenfone Max siap difungsikan sebagai power bank. Dengan menggunakan adapter USB OTG dan kabel charging, daya dari ponsel itu bakal mengalir ke ponsel lain yang kehabisan daya.

Zenfone Max-2

Dua kartu micro SIM dan satu kartu microSD dapat diselipkan ke Zenfone Max. Di antara dua nomor yang siaga, pengguna bebas memilih nomor mana yang akan digunakan berinternet. Nomor pilihan itu, tidak peduli berada di selot kartu pertama atau kedua, leluasa masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.

Mengacu kepada percobaan yang HSW lakukan, Zenfone Max sukses dipadukan dengan 4G LTE Telkomsel, Indosat, dan Smartfren. Bila dicermati dari aspek teknis, Zenfone Max setidaknya kompatibel dengan 4G LTE 850 dan 1800 MHz. Itu sekaligus bermakna ia siap pula dipakai mencicipi 4G LTE XL dan Tri.

Zenfone Max-34

Zenfone Max-35

Kamera utama Zenfone Max dilengkapi fokus otomatis laser (laser autofocus) dan lampu kilat ganda dual tone. Kamera itu beresolusi 13 megapiksel dan memiliki berbagai pilihan mode. Di antaranya, manual, HDR, beautification, super resolution, low light, night, depth of field, selfie, dan miniature.

Pada mode kamera manual, pengguna lebih bebas mengatur parameter pemotretan. Misalnya, pemfokusan, kecepatan rana (shutter speed), ISO, kompensasi pencahayaan, dan white balance. Rentang kecepatan rana mulai 1/1000 detik sampai 1/2 detik, sedangkan pengaturan ISO mulai 50 hingga 800.

Zenfone Max-33

Sementara itu, kamera di sisi muka Zenfone Max tidak dilengkapi fokus otomatis maupun lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi sampai lima megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera belakang maupun kamera depan ponsel sama-sama sanggup memproduksi klip video beresolusi full HD 1080p.

Secara umum, dibandingkan rata-rata kamera ponsel berharga jual Rp 2 jutaan, kinerja kamera Zenfone Max layak dikategorikan bagus. Proses pemfokusan dapat dilakukan dengan cepat dan relatif akurat. Foto yang dihasilkan juga tergolong prima. Sisi minusnya, kamera ponsel itu sering kedodoran bila diajak memotret objek yang bergerak. Potensi ketinggalan momen terbuka lebar.

Sebagian pengguna yang senang berswafoto alias selfie secara natural mungkin terganggu dengan kamera depan yang awalnya selalu mengaktifkan mode beautification. HSW pun sempat merasakan hal serupa. Solusinya sederhana. Masuklah ke pilihan mode, tekan dan tahan kotak bertuliskan auto, lalu geserlah ke ujung kiri atas layar. Sejak saat itu, mode default kamera depan bakal berubah ke mode otomatis. Bukan lagi beautification yang seringkali membuat tampilan wajah tak sesuai dengan aslinya.

Spesifikasi lain Zenfone Max, antara lain, prosesor 64-bit empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, USB OTG, radio FM, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB. Saat ponsel bersistem operasi Android 5.0.2 Lollipop itu baru dinyalakan, memori internal masih mempunyai ruang kosong 10,25 GB.

Zenfone Max dibekali layar IPS 5,5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Karena memanfaatkan Corning Gorilla Glass 4, permukaan layar ponsel itu relatif lebih tahan terhadap goresan dan benturan. Untuk menyalakan layar, pengguna tinggal mengetuk permukaan layar sebanyak dua kali. Lakukan hal serupa saat ingin memadamkan layar.

Berbeda dengan ponsel Asus seri Zenfone 2, tombol volume Zenfone Max bukan diletakkan di belakang, melainkan di sisi kanan. Masih soal tampilan fisik, ada satu hal yang membuat Zenfone Max terlihat lebih elegan. Back cover atau casing belakang ponsel itu bertekstur kulit. Asus menyebutnya embossed leather. Ada yang berwarna hitam, ada pula yang putih.

Zenfone Max-3

Dengan baterai jumbo, sebagian peminat mungkin akan bertanya, “Apakah Zenfone Max tebal dan berat?” Tidak tebal sih. Ketebalan ponsel itu 10,55 milimeter. Berarti, justru lebih tipis daripada Zenfone 2, Zenfone 2 Laser, dan Zenfone Selfie yang sama-sama berlayar 5,5 inci.

Kalau soal berat, harus diakui Zenfone Max cukup berat. Bobotnya yang 202 gram tak bisa dibilang ringan untuk sebuah ponsel. Poin tersebut menjadi salah satu pengurang daya tarik Zenfone Max. Faktor lain, dalam pemakaian sehari-hari ponsel itu tidak selalu gegas. Berkali-kali ia terasa tersendat atau nge-lag saat dioperasikan.

Belum mendukung fast charging bagi sebagian orang juga bakal dianggap sebagai sisi minus. Untuk mengisi ulang baterai Zenfone Max sampai penuh diperlukan waktu 4,5 jam sampai lima jam. Buat HSW, kondisi itu sebenarnya masih bisa dimaklumi. Umpama khawatir ponsel kehabisan daya sebelum tengah malam, toh ada solusi mudah. Setiap menjelang tidur malam hubungkan saja Zenfone Max dengan charger. Keesokan paginya ponsel kembali siap pakai dengan daya baterai dalam kondisi penuh. Gampang, bukan?

***

Confoh foto yang dihasilkan Zenfone Max.

Supaya ukuran file tidak terlalu besar, sebelum diunggah setiap foto menjalani proses resize dan kompresi file 80 persen. Pemotretan dilakukan tanpa lampu kilat dan tidak mengalami cropping maupun olah digital lain, kecuali disebutkan berbeda.

Zenfone Max-4

Zenfone Max-5

Zenfone Max-6

Es itu dingin, sedangkan wedang minimal hangat. Biasanya panas. Bagaimana dengan yang satu ini?

Zenfone Max-7

Zenfone Max-8

Objek yang sama dijepret memakai mode depth of field. Perhatikan latar belakangnya. Terlihat lebih kabur dibandingkan foto di atas, bukan?

Zenfone Max-9

Zenfone Max-10

Zenfone Max-11

Perhatikan kotak merah. Apakah tulisan yang tercantum?

Zenfone Max-12

Mari kita cropping….

Zenfone Max-13

Zenfone Max-14

Zenfone Max-15

Zenfone Max-16

Ada yang masih menyimpan kartu telepon untuk telepon umum ini?

Zenfone Max-17

Zenfone Max-18

Zenfone Max-19

Zenfone Max-20

Zenfone Max-21

Zenfone Max-22

Zenfone Max-23

Bukalapak si perebut cinta? 🙂

Zenfone Max-24

Angkringan Kopi Joss Lek Man yang legendaris di dekat Stasiun Tugu Jogja. Dijepret memakai mode otomatis.

Zenfone Max-25

Objek yang sama dijepret menggunakan mode low light.

Zenfone Max-26

Saatnya menjajal lampu kilat. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Zenfone Max-27

Kini lampu kilat diaktifkan.

Zenfone Max-28

Empat foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

Mode otomatis.

Zenfone Max-29

Mode beautification. Seperti usai menjalani operasi plastik ya.

Zenfone Max-30

Dijepret pada pukul 14.01. Langit mendung gelap.

Zenfone Max-31

Di lokasi yang sama pada pukul 17.41.

Zenfone Max-32

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Zenfone Max-36

Zenfone Max-37

Zenfone Max-38

461 Responses to Review Asus Zenfone Max: Tiada Alasan Baterai Habis Lagi

  1. Iwan Joni says:

    Ko Herry,

    1. Kalau diadu dengan Lenovo P1 Turbo, bagaimana perbandingan ketahanan baterai (sama-sama memiliki baterai 5000 mAh) dan kualitas hasil foto kameranya.?

    2. Jika diadu dengan Mi 4i unggul mana hasil fotonya?

    Kalau saya lihat dari hasil foto yg ko Herry lampirkan, kalau diadu dengan Lenovo Vibe Shot sudah kelihatan Zenfone Max ini kalah telak jadi tidak akan saya tanyakan lagi ke ko Herry, hehehhe..

    • Herry SW says:

      Pak Iwan Joni,

      1. Baterai lebih tahan lama Zenfone Max. Kamera lebih bagus Zenfone Max. Namun, Zenfone Max berkali-kali mengalami lag. Hal serupa tak saya temukan di Vibe P1 Turbo.

      2. Ya menang Mi 4i. Namun, perlu diingat, Mi 4i dari waktu ke waktu diketahui mengalami problem di stabilitas ponsel. Hal itu justru terjadi setelah ponsel mengalami beberapa update.

      Ha.. ha.. kalau diadu dengan kamera Vibe Shot sih Zenfone Max jelas bertekuk lutut.

      • Iwan Joni says:

        Sayang sekali ya Ko Herry, selalu ada kelemahan dibalik keunggulan suatu ponsel. Mi 4i hasil fotonya saya akui bagus banget utk ukuran ponsel seharga 2,5 jutaan. Desain tipis dan ergonomis, tapi panasnya itu ga nahan saya. Dipake buat browsing dg google chrome panasnya cepet banget naik. Kalo sudah panas, scrolling halaman web saja tersendat2..

        Seandainya batere awet dan kamera ok nya zenfone max dikolaborasikan dg kestabilan Lenovo P1 Turbo, keren banget tuh ponsel dg catatan harganya tidak melewati 4 jt.

        • Herry SW says:

          Pak Iwan Joni,

          Baterai seawet Zenfone Max, kegegasan seperti Vibe P1 Turbo, kamera setara Mi 4i, dan harga kurang dari Rp 4 juta. Wah, ponsel idaman banget tuh.

  2. Syah says:

    Pak,
    Bs dijelaskan kendala ngelagnya seperti apa/untuk pemakaian yg bgmn?
    Bloatware/pre intstalled apps nya di hp ini apa msh bnyk seperti layaknya hp asus?
    Terakhir, adakah info hp android 3 sim card yg akan beredar resmi? Saat ini sy pakai acer e700

    Terimaksih pak hsw

    • Herry SW says:

      Pak Syah,

      Misalnya, saya usai memotret, lalu melihat email, dan kembali akan memotret. Terasa ada lag sepersekian detik.

      Masih banyak, tetapi mayoritas bisa dihapus. Segelintir yang tak dapat dihapus bisa di-disable.

      Belum ada ponsel Android triple SIM lagi yang bakal beredar resmi di sini nih.

  3. Yudia Pratidinawan says:

    Pagi Om Herry….
    Secara garis besar, lebih bagus Lenovo P70 atau Zenfone Max ini.
    Service centernya lebih bagus mana pelayanannya.
    Terus sdh ada kabar Acer X2 kapan dijual ya, soalnya E700 punyaku mati, mesti ganti mesin, benerin di service centre kena 1,5jt. Mksh

    • Herry SW says:

      Pak Yudia Pratidinawan,

      Secara umum lebih bagus Zenfone Max.

      Dalam hal service center, Lenovo saat ini lebih bagus daripada Asus.

      Acer Liquid X2 konfirm batal masuk ke Indonesia.

  4. Sena says:

    Hasil benchmarknya tinggian andromax es sekitar 26.600 , wkwk
    Btw, casing belakangnya kyk gitu di pakai lama2 apa nyaman? Ga kerasa panas gitu..

    • Herry SW says:

      Pak Sena,

      He… he… saya sih tidak peduli dengan skor benchmark. 🙂

      Menurut saya, justru lebih nyaman back cover seperti ini daripada polosan seperti Zenfone 2. Tidak panas kok.

  5. Tri Firmansyah says:

    Bung Herry,saya tertarik dengan kaos yang bertulislan HSW ASLI. Bagaimana kalau Bung Herry Membuat Kaos khusus untuk para penggemar setia PONSELMU.COM atau fans Bung Herry. Pasti banyak yang akan beli. Trim’s Bung.

  6. Victor says:

    Menurut ko Herry, apa beda harga 1 juta dari Zenfone Max ke P1 Turbo cukup layak ?

    Terima kasih atas sarannya

    • Herry SW says:

      Pak Victor,

      Selisih harga pasar Zenfone Max dengan Vibe P1 Turbo bukankah sekitar Rp 1,3 juta?

      Anggaplah bedanya Rp 1 juta seperti yang Anda sebutkan, menurut saya, Vibe P1 Turbo-nya tetap terasa terlalu mahal. Andai Vibe P1 Turbo dijual Rp 3,2 jutaan, lebih asyik lagi kalau tepat Rp 3 juta, nah… itu baru menarik.

  7. eko says:

    daya tahan batre setara dengan infinix note 2 ,ya mas Hery SW,
    wah dijogjakarta ya Koh, tau kesitu saya mau main di jogja juga,

  8. Rommy Lauw says:

    Sayang sekali nge Lag ya Pak HSW.
    Asus nya setelah diujicoba ndk dijual Pak? 🙂

  9. kuatwj says:

    hmmm, sayangnya ngecasnya super lama walau bisa diakali sih ya.

    terus masih terasa lagging membuat ragu. Asus punya teman keluhannya juga masalah lagging. Apakah asus ndak bisa memberikan solusi atas masalah lagging itu ya.

    • Herry SW says:

      Pak Kuatwj,

      Soal lag, di Zenfone 2 Laser saya praktis tak mengalami hal itu. Padahal, prosesor yang dipakai sama dengan Zenfone Max. Jadi, bukan mustahil hal itu kelak bisa diatasi dengan update firmware.

  10. Putra says:

    Setelah saya lihat riviewnya di youtube kyk nya kuat nih hp..
    tp sayang,mungkin yg bikin ngelag dr sisi masih quadcore…
    Cip set yg sama di gunakan samsung j5..
    Jadi ragu mau beli ni hp…
    Masih bingung Antara xiaomi redmi note 3 pro,nunggu huawei honor 5x masuk indo atau zenfone max ini ya pak HSw?mungkin saranya pak?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Saya pribadi menduga update firmware dapat menyembuhkan atau minimal mengurangi masalah lag di Zenfone Max. Zenfone 2 Laser yang memakai prosesor sama tidak lag kok.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel lain yang Anda sebutkan.

  11. ChandraGTE says:

    Pak Herry,
    Kalo dipadukan sama smartfren bisa buat call juga pak? bagaimana perbandingannya dengan hisense pureshot. mana yg lebih unggul dari sisi kenyamanan pakai ? Camera dan batere sih kayanya hisense kalah yah pak.

    Sama minta saran oot, handphone android dual sim dibawah 3 juta yg ber nfc dan layak pakai kira2 apa yah pak? pengennya baru, tapi second juga kaga apa, dan layar max 5.5″ buat pengganti LG G2 yang masih saya pakai sekarang 😀
    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak ChandraGTE,

      Smartfren-nya cuma untuk internetan. Kenyamanan pakai, dengan mengabaikan daya tahan baterai, lebih unggul Hisense Pureshot.

      Wah… NFC-nya ini yang bikin bingung. Belum ada ide.

      • ChandraGTE says:

        Wah makasih pak Herry. Jadi kalo buat smartfren yg bisa call blm ada yg gantiin hisense dong yah.

        • Herry SW says:

          Pak ChandraGTE,

          Ya, untuk voice call native dan non-Andromax, sampai saat ini yang paling siap ya Hisense Pureshot dan Pureshot+.

  12. Dimas Putera P. says:

    Pak Herry, untuk hp di kelompok yang “menjual” daya tahan baterai super (tanpa memperdulikan harga), menurut bapak lebih nyaman menggunakan Zenfone Max, Infinix Note 2, P1 Turbo, atau apa? Alasannya mhn disertakan ya pak.
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Dimas Putera P.,

      Kinerja kamera diperhatikan atau tidak? Kalau tak diperhatikan, saya menjagokan Vibe P1 Turbo. Layarnya paling nyaman. Performanya juga paling gegas.

  13. hari says:

    akhirnya yg ditunggu tiba juga..

    Setelah saya perhatikan review zenfone max ini, dibandingkan dengan review vibe p1 turbo yg lalu, kesimpulannya sederhana : zenfone max menang telak. Menurut saya lo. 🙂

    Akhir kata segitu dulu pak herry. Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Hari,

      Zenfone Max unggul di kamera dan daya tahan nyata baterai. Namun, dibandingkan Vibe P1 Turbo, Zenfone Max kalah di tingkat kegegasan.

  14. gondo says:

    Ko Herry, pilh mana antara asus zenfone max dengan infinix note2 x600? Atau ada yang lebih baik dengan harga yang setara?

    • Herry SW says:

      Pak Gondo,

      Performa kamera diperhatikan atau tidak? Kalau diperhatikan, saya memilih Zenfone Max.

      Kalau kamera diabaikan dan unsur harga diperhitungkan, saya memilih Infinix Note 2.

  15. Dafi says:

    Waaah Hotel Dafam ya Pak. Pernah sekali nginep di sana.
    Pak HSW ada rencana mereview new comer, si Infinix Hot 3?

  16. yatss says:

    Kalo secara keseluruhan koh hery lebih milih asus zenfone max atau infinix note 2? Harganya lumayan jauh.. Hehe

    • Herry SW says:

      Pak Yatss,

      Kamera dan harga dipertimbangkan nggak?

      Kalau ngejar kamera bagus, ya Zenfone Max.

      Kalau kamera diabaikan dan harga lebih diperhitungkan, pilihannya ya Note 2.

  17. Tatang says:

    Pak Herry,

    Kalo di bandingkan dng infinix gmn..?
    Yg Note2/Hot3/Zero3…
    Dimana infinix pakai prosessor mediatek dan kapasitas baterai yg hampir mirip..

    Trimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Tatang,

      Hmm… kalau dibandingkan dengan Hot 3 dan Zero 3 kurang tepat deh. Yang lebih cocok diadu dengan Note 2. Pilih mana? Kuncinya begini:
      * Kalau mengutamakan kamera, silakan ambil Zenfone Max.
      * Kalau kamera diabaikan dan lebih memedulikan harga, ya berarti silakan membeli Note 2.

  18. Ivan says:

    Wah kalo ada HSW “Asli”, perlu ditanyakan lebih lanjut nih.. Apakah Pak Herry pernah mendapati HSW Palsu atau HSW Kw1/HSW Kw2/HSW Kw3… wkwkwkwkwk. Btw, kopi joss lek man manteppee puollll…

    • Herry SW says:

      Pak Ivan,

      Ya, pernah ada HSW palsu. Dia berjualan laptop dan kamera digital. Salah satu calon korbannya adalah rekan dari teman saya. Untunglah teman saya tahu, curiga, dan langsung konfirmasi kepada saya. Jadi, rekannya tak sampai tertipu.

      Soal Kopi Joss Lek Man, saya cuma numpang lewat. Tidak sampai mampir menikmati karena tak ada kursi. Kalau lesehan, saya merasa kurang nyaman.

  19. dico sugandhiko says:

    Akhirnyaa rilis juga nih reviewnya si Max ini…
    terimakasih, he he 🙂

    Koh, dari review nya koh Herry diatas, boleh kah Saya tanya bedanya/plus-minus nya dengan zenfone 2 laser 500KL menurut Koh Herry?

    Jujur habis baca reviewnya koh Herry ini kok Saya jadi kurang ‘wow’ lagi ya sama si-Max ini? Khususnya kalo dibandingin sama seri ZE500KL masih lebih ‘wow’an 500KL. Menurutku, cuma beda di baterai dan model luar/casing nya aja, itu pun Saya masih suka model/casing nya Zenfone 2 laser.. lebih stylist & elegan aja, beda dr yg lain, hehe..

    eh iya, baterainya Zenfone max unremovable ya koh? Maap banyak nanya 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Lha… Anda sudah pintar mengambil kesimpulan gitu lho. Zenfone Max ibarat ZE500KL dengan layar dan baterai lebih besar. Kalau Anda merasa baterai ZE500KL sudah memadai, tak perlu hijrah ke Zenfone Max.

      Ya, Zenfone Max menggunakan baterai tanam.

  20. zikri says:

    Pak herry,
    Jika dibandingkan dengan infinix zero 3 bagus mana ? Mengingat harganya gak jauh beda.

    • Herry SW says:

      Pak Zikri,

      Dalam hal apa? Kamera lebih unggul Zero 3. Sedangkan daya tahan baterai Zenfone Max jelas menang mutlak.

  21. jaka says:

    Pak Herry
    Saya sebelumnya hanya pakai andromex 7 dari smart dan BB, sampai hari ini belum pernah jajal pakai android “lain, apakah Zenfone Max cukup mudah pemakaiannya bagi pemula? Apakah ga cepet panas seperti asus tipe lain? Dan banding Xiaomi dengan harga sekelas lebih rekom mana?

    • Herry SW says:

      Pak Jaka,

      Cukup mudah. Jauh lebih adem daripada Zenfone 2 dan generasi sebelumnya.

      Di harga setara ada Xiaomi Mi 4i. Kamera lebih bagus Mi 4i. Namun, Zenfone Max unggul di daya tahan baterai dan bodi yang tidak mudah terasa hangat, apalagi panas.

  22. Ruslan says:

    Pak Herry.
    Apakah LTE Smartfren-nya bisa dipakai langsung di Zenfone Max atau harus melakukan ‘ritual’ alias trik-trik tertentu dulu baru bisa dinikmati LTE Smartfren-nya?

    • Herry SW says:

      Pak Ruslan,

      Tak ada ritual yang terlalu banyak sih. Tinggal pasangkan kartu Smartfren, lakukan pencarian jaringan secara manual, lalu arahkan ke jaringan Smartfren (510 28). Berikutnya, buatlah profil APN Smartfren4g. Selesai deh.

  23. Wisnu says:

    Hi Pak Herry,

    Maaf OOT, kapan hari saya pernah baca komentar soal modem yang Pak Herry pakai, cuma saya lupa di artikel yang mana, boleh minta rekomendasi Modem/Router Wifi yang support 4G Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, & Bolt ?

    Trims Pak

    • Herry SW says:

      Pak Wisnu,

      Satu modem atau router Wi-Fi yang mendukung semua operator itu harganya mahal banget. Jadi, mending beli dua modem.

      Belilah Huawei E8278 untuk dipadukan dengan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri.
      Belilah Huawei E3276 untuk dipadukan dengan 4G LTE Smartfren dan Bolt.

      • Wisnu says:

        Trims Pak Herry masukannya,

        Kemarin saya mencari Huawei E8278 mulai dari online sampai offline, susah banget dapetnya, apa bapak punya rekomendasi penjual yang masih punya stok?

  24. Iwan Joni says:

    Ponsel dengan baterai jumbo 5000 mAh akan bertambah satu lagi nih, Acer Liquid Zest Plus. Baru saja diluncurkan di New York (barusan baca di detik). Semoga kelak kalau masuk ke sini bakal jadi target review Ko Herry selanjutnya, hehehe…

    • Herry SW says:

      Pak Iwan Joni,

      Barusan saya langsung meluncur ke Detik. Kalau melihat harga dasarnya segitu, lalu ditambah ini-itu, bisa-bisa harga jualnya di sini nggak menarik lagi lho.

      • Iwan Joni says:

        Ya betul sekali Ko Herry, kalau harganya melampaui 4 juta sudah tidak menarik lagi. Apalagi brand Acer di Indonesia sejauh yg saya tau masih kalah populer dengan Asus dan Lenovo. Saya pernah pakai Acer E700 yang triple simcard itu, cuma bertahan 3 bulan saja. Liat GUI nya itu loh bener2 ga demen deh, ga enak banget liatnya.

  25. Kevin says:

    Wah jadi bingung nih milihnya, kalau Xiaomi Redmi Note 3 Pro unggul telak di spesifikasinya diatas kertas (kecuali mungkin kamera) tapi sekali rusak ya lembiru. Kalau Zenfone Max mungkin masih bisa diusahakan diservis dulu.

  26. susi says:

    ko herry panas ga tu kl dipake internetan cukup lama?soalnya asus kebanyakan berita kl sering panas nya

  27. irwan says:

    Pak Herry,

    Kalau dibandingkan dengan Hisense Pureshot Plus bagusan mana ya?

    • Herry SW says:

      Pak Irwan,

      Dalam hal apa nih? Hasil jepretan dalam mode otomatis lebih bagus Pureshot+, kecepatan fokus lebih bagus Zenfone Max, sedangkan daya tahan baterai pasti menang Zenfone Max.

  28. Ivan says:

    Wah, perlu dibuat Artikel Khusus mengenai HSW Palsu nih pak Herry. Mengambil kalimat yang pernah pak Herry tulis “Ketika suatu NAMA orang mulai dicatut namanya, bahkan dipalsukan, berarti eksistensi, kualitas, dan popularitas NAMA itu telah diakui. hehehe
    Mengenai kopi joss, justru menurut saya pribadi lebih enak dinikmati sambil lesehan, efek “joss” nya jadi tambah nampoolll…hehehe

  29. wieda says:

    koh Herry, build quality antara Lenovo dan Asus lebih baik mana.? trims..

  30. Budi says:

    Pak Herry,

    Kalau di adu dengan redmi 2 prime bagaimana pak?

  31. andri says:

    Pak HSW

    Mampir di jogja city mall ya hehehe
    Agak diluar topik nih pak, ada rencana untuk review lg g5, galaxy s7, atau s7 edge pak?

    Makasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Andri,

      G5 iya. Saya sedang cuci gudang untuk menyambut G5.

      S7 dan S7 edge? Kalau ada yang mengirimkan pinjaman, saya akan review. Kalau tidak, ya takkan saya review.

  32. Rio says:

    Kalo disuruh milih ko herry pribadi milih asus max or lenovo p1turbo dan berikan alasan knp ko herry lbh memilih salah satunya

    • Herry SW says:

      Pak Rio,

      Wah… pilihan sulit nih. Masing-masing ada nilai minus yang buat saya agak fatal.

      Dengan harga jual seperti saat ini, saya memilih Zenfone Max. Namun, kalau perbedaan harga jual dua ponsel itu tidak lebih dari Rp 500 ribu, saya memilih Vibe P1 Turbo.

  33. Andra says:

    jika dibandingkan dengan infinix zero 3, prefer mana koh kalo dilihat dari semua aspeknya alias overall?

    • Herry SW says:

      Pak Andra,

      Tergantung titik berat Anda apa dulu. Kalau baterai, ya jelas Zenfone Max. Kalau non-baterai, Zero 3 lebih menarik.

  34. Daniel says:

    Sore pak Herry,

    Asus max ini bisa di kombinasi dengan kartu 4G telkomsel atau indosat?
    Terima kasih.
    Daniel

  35. Rahen Ganesa says:

    Pak Herry minta saran ya, kalau Sony Xperia M4 sama Xperia Z Ultra secara keseluruhan Pak Herry recommended mana?

  36. Nazriel says:

    Mode beauty greget banget pak herry ? seketika berubah jadi cewek tomboy hehehe maaf ya pak soalnya lucu lihat fotonya. ?
    Klo head to head dengan infinix note 2 dan lenovo vibe P1 Turbo tanpa melihat harga. secara keseluruhan dari desain, layar, performa, audio, kamera, baterai. menurut pak herry yg sudah memakai lebih baik yang mana yg menjadi juara 1,2,3

  37. Andrian says:

    Ko Herry.

    Ko mau nanya mengenai performa dibandingkan zero 3 lebih unggul mana? Karena diatas Ko Herry baru membandingkan kamera dan daya tahan baterai.

    Apakah layak membeli max karena menunggu zero 3 masuk masih tidak tahu kapan.

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Andrian,

      Zenfone Max unggul mutlak di daya tahan baterai. Lain-lainnya menang Zero 3.

      Kalau Anda tidak keberatan dengan ponsel yang kadang terasa tersendat, silakan ambil Zenfone Max.

  38. Bambang says:

    Pak hery harga hisense pure shot sekarang berapa ya

    Trus klo dibandingkan zenfone laser hasil kamera bagus mana ya dg hisense pureshot

    Satu lgi klo beli di galeri smartfrend apakah bisa gimana dg garansinya
    Trims pak hery

    • Herry SW says:

      Pak Bambang,

      Rp 1,999 juta.

      Mode otomatis lebih bagus Pureshot, mode manual lebih bagus Zenfone 2 Laser.

      Pureshot bisa dibeli di Galeri Smartfren. Barang dalam kondisi baru dan bergaransi resmi setahun.

  39. yoobee™ says:

    Bung HERRY

    Bila zenfone max tanpa senseor gyro,
    bisa-bisa pada mundur teratur ya bung?

    apakah sampah bloatware di zenfone max banyak bung?
    dan apakah bisa di hapus?
    ~terima kasuh~

    • Herry SW says:

      Pak Yoobee,

      Itu sih tergantung kebutuhan.

      Banyak bloatware, tetapi nyaris semua bisa dihapus. Jadi, tak menjadi masalah deh.

  40. Djunaedi says:

    Baca ulasan pak herry memang lengkap. Selain memperoleh informasi soal gadget dalam tiap ulasan ada foto kuliner nya jadibisa tau info kuliner jg. Pak herry apa ada rencana review S7?Menurut saya tipe Samsung yg layak pakai seri S dan note.

    • Herry SW says:

      Pak Djunaedi,

      Terima kasih atas apresiasinya. Saya setuju. Samsung yang menarik cuma seri S dan Note.

      Belum ada rencana me-review S7 karena saya lebih mengalokasikan sumber daya ke LG G5.

  41. yoga says:

    klo zenfon 2 laser 500kl daya tahan baterai brp jam om? harga di surabaya berapa?

  42. Yopie says:

    Pak Herry,

    Di atas ditulis Zenfone Max memiliki sisi minus “kamera ponsel itu sering kedodoran bila diajak memotret objek yang bergerak. Potensi ketinggalan momen terbuka lebar”.
    Berarti dalam mode auto, shutter speed nya termasuk lambat ?
    Apakah jika dalam mode manual, shutter speed nya dibikin 1/1000 bisa tidak kedodoran lagi buat memotret objek bergerak ?

    Jika dibandingkan dengan zenfone 2 laser lebih cepat mana ? Atau sama ?

    Saya pengguna redmi note 3g, berdasarkan pengalaman saya, jika dibandingkan dengan redmi 2, shutter speed nya lebih cepat redmi 2.
    Apakah pak Herry masih ingat jika dibandingkan dengan redmi note 3g dan redmi 2, shutter speed zenfone 2 laser dan zenfone max urutannya seperti apa ?

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Yopie,

      Kecepatan rananya sih cepat. Namun, jeda antara tombol shutter ditekan sampai kamera menjepret, nah… itu yang agak lama. Eh.. jadi istilahnya apa ya? Shutter lag?

      Saya merasa Zenfone 2 Laser lebih cepat.

      Terus terang saya sudah lupa kecepatan jepretan Redmi Note 3G dan Redmi 2 seperti apa.

  43. dudi says:

    Ko Herry, sy mau minta saran nya kira2 buat Smartphone Lenovo Vibe K4 Note boleh dilirik,dimiliki ga ya??

  44. prasetyo says:

    Pak herry mau tanya, ada rencana g untuk review oppo r7 lite?

    • Herry SW says:

      Pak Prasetyo,

      Tak ada rencana. Selama cara berjualan ponsel Oppo masih belum jujur, saya takkan me-review ponsel Oppo.

  45. Slamet says:

    Pak Herry, saya terlanjur beli infinix note 2, setelah membaca review dari bapak..tapi bener ga nyesel koq beli infinix, sejauh ini diisi banyak game termasuk yang lumayan besar seperti asphalt 8 dkk belum pernah lag, pindah antar aplikasi pun lancar, cuma melihat hasil kamera belakang zenfone max, sepertinya sama dengan infinix note 2 atau mungkin beda tipis..benar tidak pak?? tapi kamera depan menang zenfone max..minusnya lagi charge baterai bisa sampe 4 jam lebih sedangkan infinix note 2 cuma 1 jam lebih sedikit itu yang membuat saya memilih infinix note 2…terima kasih review bapak, saya mengalami sendiri puasnya membeli infinix he..he iklan

    • Herry SW says:

      Pak Slamet,

      Kinerja kamera Zenfone Max berbeda cukup signifikan dibandingkan Note 2, apalagi kamera depannya.

      Benar. Soal proses charging, Note 2 jauh lebih cepat daripada Zenfone Max.

  46. budhy says:

    Pak HSW.. rekomendasi HP dengan budget 2 juta
    thanks 🙂

  47. Novy says:

    salam dari Jogja, Pak Herry. sehat selalu ^_^

  48. felix says:

    Pagi ko herry,
    Ko herry ada rencana review redmi 3?
    Batterynya juga cukup besar dan dengan SoC yang lebih baik dari zenfone max, siapa tau bisa jadi alternatif zenfone max

  49. Leo says:

    Pak Herry,
    Mau tanya sedikit menyimpang tapi berhubungan.
    Sekarang sedang jamannya HP berbaterai besar tapi tipis ya Pak Herry?
    Tapi sejak setahun lalu saya liat merek Tiongkok yang tidak beredar Resmi di sini (tapi populer di negara seperti USA) seperti Elephone, Oukitel Dsb kok bisa mereka sudah pakai baterai 8000-10000 mah sejak setahun lalu ya? Kira2 Pak Herry tahu kenapa?
    Salam,

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Ya itu kan suka-sukanya produsen ponsel, Pak. Secara teknologi sih membenamkan baterai 10.000 mAh ke ponsel memang sudah memungkinkan. Namun, ponsel jadi terasa berat.

  50. Wandy says:

    Saya mau berbagi pengalaman koh HSW
    Saya menggunakan Xiaomi Redmi 3, Yaa Garansi Distributor, yg sudah saya Flashing ke ROM China Stabil.

    Dengan Pemakaian Intensif.. BBM, LINE, Telegram & Email (pakai aplikasi mymail), browsing & Download serta sesekali bermain game Asphalt 6. Baterai 4100mAh Redmi 3 mampu bertahan Standbye Rata-rata 38-44 Jam & Screen ON Time Rata-rata 10-14jam.

    Lalu saudara saya beli Zenfone Max ini.. dari Multitasking & Kecepatan kalah dgn Redmi 3. Apa lagi ketika bermain game sering lag, mungkin karena Prosesor Quallcomm Snapdragon 410, yg juga di pakai di Redmi 2 & Redmi 2 Prime.

    Menurut saya yg jd daya tarik Asus Zenfone Max Hanya lah Baterai Jumbo(padahal Redmi 3 gak kalah Jumbo & Awet) & Kamera Laser Auto Fokus nya..
    Harusnya diangka 2,6jutaan prosesor nya Quallcomm Snapdragon 415 atau 616 sih..

    Maaf kalau kepanjangan yaa koh.. makasih.

  51. Eko Wibisono Lukito says:

    Ada rencana review OnePlus X pak herry?

  52. Ady says:

    Dear Pak Herry,

    Saya Ady mahasiswa yang ingin meminang hp dengan budget tidak lebih dari 3t. Kebutuhan memakai hp sering di sosmed, photo untuk tugas atau pribadi, performa yang cukup atau bagus dalam bermain game seperti CoC atau PVZ dan performa hp dalam multi tasking. Saya berminat di asus zenfone 2 laser ze500kl atau ze550kl, zenfone max zc 550 kl, dan hisense pureshoot atau pureshoot+. Hp mana yang lebih direkomendasikan?

    Serta ingin menanyakan kelebihan dan kekurangan hp yang berbaterai tanam dibandingkan baterai lepas? Saya masih bingung memikirkan tentang ini, dikarenakan minat dengan zenfone max tapi ragu dengan sistem baterai tanamnya untuk pemakaian yang ingin awet beberapa tahun kedepan.

    Lalu rekomendasi tempat membeli hp asus atus hisense di daerah bekasi atau bogor?Maaf apabila merepotkan. Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Ady,

      Saya tak pernah memainkan game CoC dan PVZ (yang kedua ini saya malahan tak tahu singkatan game apa). Jadi, saya tidak memiliki gambaran memadai soal gaming.

      Kalau mengacu kepada paparan Anda, berarti kriteria ponsel yang dicari adalah andal multitasking, kamera bagus, dan baterai tahan lama (karena sering sosmed). Jawabannya, di antara deretan ponsel yang Anda sebutkan, tak ada satu pun yang memenuhi syarat. Minimal ada satu poin yang gagal dipenuhi.

      ZE500KL dan Pureshot (bukan Pureshoot) boleh dilirik kalau Anda bersedia mengabaikan faktor baterai tahan lama.

      Zenfone Max boleh dilirik kalau Anda bersedia mengabaikan andal multitasking.

      Kelebihan baterai tanam dibandingkan baterai lepasan:
      * Pasti dapat baterai orisinal.
      * Dimensi fisik ponsel biasanya bisa dibuat lebih tipis.

      Kekurangan baterai tanam dibandingkan baterai lepasan:
      * Kalau ingin ganti baterai mesti ke service center.
      * Tak bisa membawa baterai cadangan.

      Tempat yang spesifik di Bekasi atau Bogor saya tak tahu. Silakan mencarinya di pusat penjualan ponsel deh. Khusus Hisense, bisa pula beli di Galeri Smartfren.

  53. Kevin says:

    Pak Herry bisa gak buat penjelasan kenapa sekarang semakin banyak smartphone yang memakai batrei non-removeable? Padahal kalau batereinya bermasalah kan nanti repot penggunanya harus ke SC-nya?

    • Herry SW says:

      Pak Kevin,

      Sebab, ada tuntutan kapasitas baterai ponsel semakin besar, tetapi ketebalan ponsel justru semakin tipis. Nah… salah satu jurus yang bisa dilakukan adalah menggunakan baterai tanam.

  54. Ghufron says:

    pak hsw,, mending mana beli asus zenfone selfie sama zen max ini ?? kebutuhan lebih ke kamera sihh ?? kan kalau spek sepertinya lebih tinggi selfie ??

    • Herry SW says:

      Pak Ghufron,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Zenfone Selfie. Saya tak berminat me-review ponsel itu karena keunggulan utamanya di kamera depan. Padahal, saya nggak hobi berswafoto.

  55. wisnu says:

    Pak hsw,
    Mau tanya dliluar topik, rekomendasi ponsel android dual sim apa yg suport 4g lte smartfren di frek 850 dan 2300 ya? Tentu nya selain andromax series dan pureshot. Tks

    • Herry SW says:

      Pak Wisnu,

      Kalau harus support LTE 850 dan 2300, belum ada rekomendasi lain selain Hisense Pureshot deh.

      • hari says:

        Lho, bukannya Samsung J5 yg pak herry tes bbrp waktu yg lalu support 850 dan 2300 pak?

        • Herry SW says:

          Pak Hari,

          Benar. Namun, kinerja Galaxy J5 jauh di bawah Hisense Pureshot. Jadi, saya tidak merekomendasikan pembelian Galaxy J5. Sudah lebih mahal, eh… lebih jelek lagi.

  56. budhy says:

    kalo lenovo a7000 gmna mnurut bapak??

  57. Alan says:

    Selamat sore, Pak Herry. Maaf off topic, ada rekomendasi toko online untuk ponsel garansi resmi? Terima kasih.

  58. Alan says:

    Sekalian nambah komen, menurutku, sayang, Asus tidak memberikan baterai besar ini ke Zenfone lainnya soalnya Zenfone Max ini, selain baterai besar, speknya sangat kurang menarik dibanding Zenfone lainnya, tambah sedikit ke 3 juta bisa dapat 32GB internal dan 3GB RAM.

  59. Arjo K. Bardijan says:

    Koh Herry,
    Jdi minat gnti k Zenfone Max nich, liat kpasitas battery nya yg sangar bnget, ada wrna apa sja yg beredar d Indonesuia… n mhn info Zenfone 2 ZE551ML klu d jual kira2 d kirsaran brpa pntas nya y.. tks

    • Herry SW says:

      Pak Arjo K. Bardijan,

      Ada warna hitam dan putih. Yang hitam sudah mudah ditemukan, sedangkan yang putih masih sulit.

      ZE551ML-nya yang varian apa dulu? Kan ada macam-macam tuh.

  60. yoga says:

    secara keseluruhan pilih infinix note 2 apa zenfone 2 laser 500kl ya om?

    • Herry SW says:

      Pak Yoga,

      Bergantung Anda mengutamakan faktor apa.
      * Daya tahan baterai: Note 2.
      * Kamera: Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  61. thoriq says:

    pagi pak HSW.. mau tanya pak hsw pakek aplikasi speed test apa itu

  62. andrian says:

    Koh Herry,

    Saya rencana mau minang Zenfone Max, hanya saja masih bingung kok Asus hanya memberikan charge 1A. Kalau saya charge dengan charger HP lain yang 2A, apa bakal ada perbaikan dari sisi charging time nya?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Andrian,

      Sepintas kalau saya perhatikan, Zenfone Max hanya bisa menerima input sekitar 1A. Jadi, kalau pun Anda menggunakan charger 2A, arus yang masuk takkan menembus 2A. Percuma.

  63. Joko says:

    Pak mungkin bisa diadu head to head antara redmi 3 vs zenfone max 3.. Penasaran ni pak hehe

    • Herry SW says:

      Pak Joko,

      Sebelum beredar yang bergaransi resmi, saya takkan me-review Redmi 3.

      Zenfone Max 3? Rasanya ponsel itu belum diproduksi oleh Asus deh.

  64. Hengk Fanggian says:

    Dulu saya demen baca Review dari media cetak & online. Sekarang jadi males banget, ini semua gara2 saya nemu blog Koh Herry. Review mereka sangat mekanis: test antutu, bandingin spesifikasi, test ketahanan baterai dengan setel videol di loop agar mereka bisa beraktifitas lainnya. Hampir2 tak ada user experience. Makanya pengalaman ngeLag di Asus Zenfone Max tak nongol di review P***a, hanya tertulis performa standar, serasa baca iklan terselubung aja, sisi negatipnya gak berani dikeluarin sampai tuntas. Yg tertulis cuma 1. Layar tidak Full HD 2. Baterai nonRemoveable 3. Performance Hardware Standar. Lha kalau gitu, semua orang khan tahu kalau itu bukan full HD dengan baca spesifikasi doang. Nothing more. Mereka itu sehari bisa selesaikan review beberapa gadget sekaligus … alias kejar tayang.

    Maaf OOT, Lenovo vibe P1m saya colok handsfree bawaan saat beli agar dapat dengerin radio fm. Eeh saat saya copot colokan handsfree ternyata mic di Hp jadi gak fungsi shg terpaksa harus terus colokin tuh handsfree. Sekarang sikh entah kenapa jadi sembuh, namun saya jadi trauma colokin lagi tuh handsfree. Apakah Handsfree murahan dapat menimbulkan kejadian kayak gitu ? Atau semua handsfree memang punya potensi kayak gitu ? Jadi kepingin handsfree bluetooh … ehh emangnya handsfree bluetooh bisa berfungsi sebagai antenna fm radio ? Gimana solusinya koh ? Adakah smartfone yg tak perlu antenna external, alias sudah built in ? Tq

    • Herry SW says:

      Pak Hengk Fanggian,

      Kebetulan saya pernah bekerja di perusahaan media cetak. Memang ada target yang harus dipenuhi oleh setiap jurnalis. Misalnya, sehari minimal membuat sekian tulisan. Target harian untuk media online lebih gila lagi. Bila target itu beberapa kali gagal dipenuhi, bukan mustahil mereka akan dimutasi bahkan di-PHK.

      Soal P1m dan handsfree, tampaknya ada komponen di bagian dalam konektor audio di ponsel yang sempat tersangkut. Jadi, ponsel menganggap masih ada handsfree yang terpasang. Padahal, handsfree berkabel itu sebenarnya sudah Anda lepaskan. Biasanya hal itu terjadi secara kebetulan, bukan masalah handsfree murahan atau mahal.

      Handsfree bluetooth tak bisa difungsikan sebagai antena radio FM.

      Beberapa ponsel Android Lenovo keluaran lama ada yang dilengkapi built-in antena radio FM. Namun, ponsel itu sudah lama diskontinyu. Spesifikasi ponselnya pun untuk ukuran saat ini sudah ketinggalan zaman.

  65. thoriq says:

    kalau diadu ama alcatel flash 2 gimana om…

  66. thoriq says:

    minta saran ko hery… hedset blutoot yg cocok ama alcatel flash 2 dikisaran harga 200 an. utamakan bsa dengerin lagu apa ya om

    • Herry SW says:

      Pak Thoriq,

      Silakan mencari Jabra BT2046. Harga baru sekitar Rp 250 ribu. Pastikan membeli yang orisinal dan bergaransi resmi ya. Asal tahu, BT2046 ada yang palsu.

  67. aldy says:

    Pak herry saya mau share pengalaman saya menggunakan hp yg berbaterai tanam ya sepertinya ada yg menanyakan diatas ttg kelebihan dan kekurangannya… dan saya pnya 2 HP satu asu zenfone 5 dan satunya infinix hot note ya 22nya baterai tanam… utk asus zenfone 5 saya pembelian september 2014 dan genap bulan ini berati sudah 1 tahun 7 bulan hampir 2 tahun lalu bagaimana kondisi baterainya msh seperti dulu dalam artian tidak berubah secara fisik (hamil atau rusak dll ) mah utuh padahal penggunaan bisa dikatakan over charge sambil tidur kurang lebih 6 jam dipake maen game online sampe di charge menyebabkan kondisi baterai dan hp panas… tp ketahanan fisik baterainya msh bagus… memang ada penurunan sedikit di kemampuan baterai nya yg sdkt boros dibanding wkt beli… begitu jg dg hot note bedanya kalo hot note tidak pernah saya tinggal tidur chargenya karena cepat hanya butuh wkt kurang lbh 1 jam sudah penuh baterainya… namun sampe skrg jg ketahanan baterianya msh bagus fisiknya jg masih bagus… jd menurut saya baterai tanah memiliki kelebihan di ketahanan fisiknya yg kuat karena saya lihat tmn” saya yg pakai samsung baterai lepas itu mudah sekali kembung baterainya dengan penggunaan seperti saya… kemungkinan mgkn saya sdg dpt produk yg bagus tp mnrt saya vendor sudah melakukan riset yg matang utk pemasangan suatu komponen di produknya agar ttp baik selama penggunaan…

    • Herry SW says:

      Pak Aldy,

      Terima kasih atas sharing-nya. Btw, merek ponsel Anda “Asus” atau “Asu” nih? He… he… he….

  68. aming says:

    Pak Herry,
    Mau nanya apakah Samsung S7 menurut bapak layak beli? Saya tau pak Herry belum mereview, tp kalau saya ingin tahu pendapat bapak selaku expert di bidang ponsel.
    Trus, bila dibanding Samsung Note 5, mana yang lebih layak beli? Mengingat harga sama, sekitar hampir 9juta, di erafone.
    Thank you.

  69. anjas says:

    Ko herry sudah ada bocoran garansi resmi xiaomi mi5? Makasih ko..

  70. Agin says:

    Koh Herry,
    Adakah rencana untuk review Xiaomi Mi5?
    Terima kasih.

  71. Yusup says:

    Sori kalo out of topic. Cmn mo request aja, kl bs review Lenovo K4 Note N K5 Note. Terima kasih

  72. johan says:

    Salam kenal Pak hsw, mau tanya berat zenfone max ini. Apa menggangu? Takut nanti membuat tangan pegal2 pak, hahaha….

    Di tunggu jawaban ya pak. Thnx

  73. wahid says:

    Kira-kira penyebab lemotnya apa ya om?
    Parah gak?

    • Herry SW says:

      Pak Wahid,

      Saya menduga hanya masalah optimasi firmware. Alasannya, Zenfone 2 Laser yang spesifikasi hardware-nya mirip ternyata tidak lag.

  74. Lukman says:

    Pak Herry,
    Minta rekomendasi HP harga max 2juta dong. Merk global, China / Taiwan tidak masalah. Nilai utama adalah Kamera belakang maupun depan (yg utama belakang), kemudian tidak lag untuk multitasking, dan kalau bisa saya diberi 3 pilihan. Terima kasih sebelumnya,

    • Herry SW says:

      Pak Lukman,

      Silakan melirik (saya urutkan berdasarkan harga):
      1. Xiaomi Redmi 2 Prime bergaransi resmi Rp 1,849 juta.
      2. Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.
      3. Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Yang ini Anda harus menambah anggaran Rp 99 ribu.

  75. Alexander Okke says:

    Salam Pak Herry SW,

    Saya berencana mencari smartphone pengganti Mito Fantasy A50 saya yang minim fitur dan terasa agak ketinggalan jaman. Saya mencari smartphone dengan kriteria:

    1. Baterai besar dan awet, tidak harus ada fast charging. Sebagai catatan Mito saya baterainya 2000mah dan kuat sekitar 24 jam bahkan lebih untuk pemakaian ala saya sekarang (2 sim 3G+2G tanpa dimatikan kalau malam, alarm pagi, 2 akun email, sosmed dasar = facebook+whatsapp+line+bbm, browsing opera mini, dan musik penggunaan ringan-sedang, tanpa pakai game, kamera, video, path, instagram, dll) jadi saya ingin smartphone baru ini bisa tahan lebih dari 2x lipat (diatas 48 jam) dengan pemakaian yg sama.

    2. Kamera belakang yang lumayan baik, tidak perlu istimewa yang penting autofocus (tak harus laser) + flash. Mode manual, iso, dll boleh dianggap bonus saja. Kamera depan cukup saja, tidak perlu bagus yang penting masih layak diupload di sosmed (tidak seperti mito saya yg cuma VGA kamera depannya).

    3. Processor, RAM & ROM yang lega dan performa harus gegas untuk multitasking + game2 mainstream. User Interface yg ringan dan sisa ram yg besar sangat diharapkan.

    4. Beberapa kriteria lain-lain: Dual sim murni (bukan hybrid); Ada perlindungan layar (gorilla glass / dragontrail); Layar minimal 5 inch; Garansi resmi (layanan purna jual tidak harus istimewa); harga maksimal 2 juta.

    Saya mengamati dan menimbang beberapa smartphone yaitu: INFINIX NOTE 2 (ini mendekati yg saya mau cuma agak ragu di sektor kamera); INFINIX HOT 3 (harga lebih murah 300rb dari infinix note 2 dan berdasarkan spek, performa bersaing dengan infinix note 2, kameranya lebih baik dari infinix note 2, tapi baterainya jelas kalah); ASUS ZENFONE MAX & ASUS ZENFONE 2 LASER ZE550KL (harganya masih agak tinggi); LENOVO VIBE P1M (entah kenapa saya agak ragu sama yg satu ini).

    Dari paparan diatas dan beberapa smartphone yg saya sebutkan, kira2 smartphone apa yang paling anda sarankan? Mungkin beberapa belum / tidak anda review tapi mungkin berdasarkan sharing orang2 sekitar bisa jd masukan jg. Mudah2an saya bisa cepat membaca review anda ttg INFINIX HOT 3 supaya bisa membandingkan dengan INFINIX NOTE 2. Maaf bila kepanjangan. Terima kasih atas respon dan jawaban bapak. Salam.

    • Herry SW says:

      Pak Alexander Okke,

      Merujuk kepada kriteria yang Anda sebutkan, jawabannya belum ada satu ponsel pun yang dapat memenuhi persyaratan Anda. Dengan kriteria seperti itu, Anda perlu menyiapkan anggaran minimal Rp 8 jutaan.

  76. Rahen Ganesa says:

    Pak Herry bisa rekomendasi hp jarang lag, buat gaming oke dikisaran harga dibawah 3jt?

  77. Andhika says:

    selamat siang pak herry.

    maaf agak menyimpang pertanyaannya dari topik, saya minggu2 ini rencana mau ganti hp, tapi galau tdnya mau ambil xiaomi mi4 lte tpi blm bergaransi resmi, yang mau saya tanyakan ada recomended dari pak herri untuk hp harga skitar Rp 2,5jtan?

    2. Pak herry, untuk Hp merk Vivo apa tidak ada rencana untuk mereview? krna sepertinya hp vivo banyak sekali yang jual tapi kurang tau juga soal garansinya?

    Salam Kenal

    Andhika – Bogor

  78. Andrian says:

    Koh Herry,
    sorry saya ada yang kelupaan tanyanya, kalau saya baca dari beberapa review di internet ada yang bilang zenfone max ini lemot waktu writing file di SDCard (bahkan class 10) setelah mengambil foto.
    Apa yang Koh Herry coba juga seperti itu atau bagaimana?
    Trims

    • Herry SW says:

      Pak Andrian,

      Disimpan di memori internal pun agak lambat kok. Agak lambat ya, bukan lambat banget. Makanya, di review saya singgung soal kinerja tersendat.

  79. Lukman says:

    Xiaomi Redmi 2 Prime sudah menjadi barang langka, apalagi yg resmi. kalau antara zenfone 2 laser dan hisense pureshot, fiturnya komplit mana pak? dan hasil kamera belakangnya lebih bagus mana y?

    • Herry SW says:

      Pak Lukman,

      Redmi 2 Prime garansi resmi masih lumayan mudah ditemukan kok. Carilah di gerai Erafone.

      Fitur sih relatif setara. Kamera pada mode auto lebih bagus Pureshot.

  80. anjas says:

    Malam ko herry. … maaf saya mau tanya nih kok untuk lenovo vibe x3 harga Rp 5,6juta termasuk masih mahalkah kok??
    Terima kasih

  81. eko says:

    Asus zenfone max vs lg g4 stylus dari segi performa dan kualitas kamera bagus mana pak Herry?
    Rencana utk hp baru istri.
    Terimakasih

  82. Wildy says:

    Dear Pak Herry,

    Maaf menyimpang sedikit Pak, karena postingan diatas Pak Herry menyinggung soal merk Infinix Zero 3, kira-kira di WTC Sby apa ada 2 toko yang jual Zero 3 Pak? Untuk perbandingan saja? Saya minggu lalu sempat cari tapi di Marina dan tidak ada yang jual.
    Terima kasih Pak

    • Herry SW says:

      Pak Wildy,

      Kemarin maghrib di G Shop WTC lantai 1 ruang (kalau tak salah) 125 ada stok. Namun, saya tak tanya harganya.

  83. denys says:

    Pak Herry

    Ada rencana buat review lenovo P1m?
    Karena menurut saya P1m ini kalah pamor ama P1 Turbo
    Trims

  84. anjas says:

    Untuk vibe x3 saya lihat di JD.id kok herry maka dari itu saya minta tolong rekomendasi nya ..trimakasih kok herry. .

    • Herry SW says:

      Pak Anjas,

      Hati-hati lho membeli ponsel di JD.id. Banyak ponsel tanpa garansi resmi yang dijual di sana.

  85. Hendra says:

    dear ko Herry,
    sori ko mungkin ini diluar topik. saya pingin cari hape layar besar atau tablet dgn ketentuan sbb :
    – kalo hape minimal layar 5,5 inch resolusi full HD
    – kalo tablet 8 inch resolusi sebesar mungkin
    – rom 16gb ram 2gb
    – batere tahan lama
    – kalo tablet wifi aja juga boleh, tdk terlalu butuh koneksi seluler. tapi kalo tabletnya bisa dua2nya ya kebetulan
    – dana mentok 2,5 juta
    – gegas, gak nge lag kalo dipake
    – tujuan utama buat main game biasa spt COC, bukan game berat 3D

    makasih ko

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Hmm… yang paling mendekati sih Lenovo A7000 Special Edition. Masalahnya, saya tak tahu bagus atau tidak karena belum pernah mencoba ponsel itu.

  86. anjas says:

    Terima kasih atas masukannya kok… biar saya jadi hati2

  87. anjas says:

    Terima kasih atas masukannya kok… biar saya jadi hati2… maaf ni kok herry jaringan saya lemot hujan melulu

  88. Hendra says:

    dimana itu carinya ko? harganya?

  89. billyjeanfiles says:

    Pak Herry,
    sekadar sharing saja,, saya membeli salah satu produk zenfone yang bergaransi tidak resmi di surabaya dengan harga miring,, tentu saja saya tergiur dan membelinya. Dipakai baik2 saja selama 1 tahun, sampai ada notifikasi update ke versi lollipop yang gagal terus jika saya apply,, sial nya saya,, saya push update secara paksa lewat pc,, tetap tidak mau,, saya pikir karena produk saya tidak resmi,, saya push update lagi dengan firmware china (sebelumnya memakai firmware ww atau global),, eh ternyata bricked,, setelah saya telusuri,, ternyata zenfone yang tidak resmi memakai firmware taiwan!!! (jadi ada 3 firmware!), saya push update lagi dengan fw taiwan, ternyata hard bricked,, karena konflik dengan 2 firmware sebelumnya. Sebuah pelajaran yang sangat mahal.

  90. Arjo K. Bardijan says:

    O iya Zenfone 2, ZE551ML, RAM 4Gb, Storage 32Gb, wrna hitam.. klu d jual kira2 d kirsaran brpa pntas nya y.. spy ngk trlalu bnyak utk meminang Zenfone Max nya.. tks

    • Herry SW says:

      Pak Arjo K. Bardijan,

      Dengan asumsi mulus, komplet, berfungsi normal, dan masih bergaransi resmi, kira-kira Rp 2,3 juta.

  91. Jarwadi MJ says:

    harganya hampir sama dengan zenfone selfie ya, tapi kalau dilihat dari foto2 nya bagus juga zenfone max

  92. Hendra says:

    dear ko herry,

    ok ko makasih jawabannya. kalo zenfone max ini apakah lag parah kalo dipake ko? soalnya saya termasuk yg kurang sabar kalo pake hape yg lelet. saya tanya karena harganya gak beda jauh sama budget saya.

    dan kalo sama zenfone selfie mana yg lebih nyendat2 ko?
    makasih

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Tidak sampai parah banget sih.

      Saya kebetulan tidak tertarik mencoba Zenfone Selfie. Jadi, tak tahu kinerja ponsel itu.

  93. Ikha Mulya says:

    Tadinya sudah mantap untuk bli infinix zero 3 awal bulan besok .. Tapi setelah baca review pak herry tentang zenfone max saya jadi galau battery.y tahan dan hasil jpretannya pun terbilang bagus .. Sayang sekali untuk masalah lag.y .. Apakah lag trsbut juga terjadi di infinix zero 3 pak ?? Bila kekuatan kamera dan battery masing” dikesampingkan .. Adakah pertimbangan lain yg bisa mengkuhkan saya k satu pilihan saja . mohon bntuannya pak ..

    • Herry SW says:

      Bu Ikha Mulya,

      Zero 3 tidak lag.

      Kuncinya begini. Kalau Anda mengutamakan kamera, pilihlah Zero 3. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, pilihlah Zenfone Max.

  94. Tara says:

    Sore Bang Herry,

    kalo boleh minta pendapatnya , mending pilih Lenovo Vibe K4 note atau Oneplus X atau MI4i, lagi bingung nih mau gnti Hp. Tks

    • Herry SW says:

      Bu/Pak Tara,

      Mi 4i silakan dicoret.

      Vibe K4 Note secara umum cukup menarik. Boleh dibeli deh. Sedangkan OnePlus X saya belum pernah coba. Satu kekurangan OnePlus yang buat saya terasa fatal, standarnya ponsel itu hanya mendukung layanan internet 3G. Belum bisa 4G.

      • Tara says:

        Vibe K4 Note cuman agak terlalu besar ya pak herry ukurannya,
        untuk OnePlus X sendiri saya baca2 di forum sebelah dia emank sengaja mendukung layanan internetnya hanya sampai 3G karena terbentur TKDN di indonesia, tapi untuk 4Gnya klo tidak salah masih bisa di akalin ktnya.

        saya mau tanya untuk masalah harganya untuk OnePlus X masuk akal nggk di kisaran 3,4jtan..? sama untuk SCnya gimana ya pak??
        maaf banyak nanyaa.. 🙂

        • Herry SW says:

          Pak/Bu Tara,

          Iya, harus dioprek dulu supaya 4G-nya bisa aktif.

          Kalau dianggap sebagai ponsel 3G, OnePlus X jelas terlalu mahal. Kalau diasumsikan sebagai ponsel 4G LTE, baru lebih masuk akal.

          Kualitas layanan pusat perbaikan resminya masih misterius.

  95. Rama says:

    Malam koh herry…. Saya mau nanya
    Tablet Merk HP Slate 7 beats spesial edition yang koh herry pernah review harganya dh lumyan nurun koh jadi 1.45 jt
    menurut koh herry masih layak gk itu tabletnya?
    makasih koh herry 😀

  96. Budiman Harun says:

    Btw Om HSW, saya masih simpan banyak loh koleksi kartu telepon umum. Hahahaha

  97. anton says:

    Pak herry

    Minta saran dong, zenfone 2 ze550ml vs zenfone max
    Bagus mana ya, batre sama kamera disampingkan,
    Gegas Yang mana , soalnya harga tidak jauh beda, CPU beda.

    • Herry SW says:

      Pak Anton,

      Wah, saya belum pernah coba Zenfone 2 varian ZE550ML, Pak. Jadi, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda deh.

  98. Erwin Priyatna says:

    Wah berbanding terbalik ya Om Herry performa baterainya dengan Asus Selfie, padahal 3000 mah. Ada triknya Om biar bisa irit? Kondisinya ini mengganggu sekali.

    • Herry SW says:

      Pak Erwin Priyatna,

      Ya bukan berbanding terbalik deh. Zenfone Max dibekali baterai 5.000 mAh, sedangkan Zenfone Selfie 3.000 mAh. Jadi, wajar dong kalau baterai Zenfone Selfie lebih cepat habis.

      Beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai:
      * Tingkat pencahayaan layar jangan terlalu tinggi. Durasi menyala diubah menjadi maksimal 30 detik.
      * Matikan bluetooth dan Wi-Fi saat tidak diperlukan.

  99. Idris says:

    Pak Herry…

    Bagaimana dengan kinerja GPS-nya ?….sepertinya belum dibahas pak herry.. tks

    • Herry SW says:

      Pak Idris,

      Sesuai kebiasaan saya, bila tidak saya sebutkan khusus, berarti kinerja GPS-nya baik-baik saja.

  100. Ade says:

    Koh, untuk hasil kamera dibanding Wiko Fever lebih bagus mana? Dengan selisih harga pasaran saat ini menurut anda lebih worth mana antara zenfone max dan wiko fever?

    • Herry SW says:

      Pak Ade,

      Kamera imbang sih.

      Kalau tak perlu baterai ekstralama ala Zenfone Max, Wiko Ridge 4G Fever boleh dilirik.

  101. Arya says:

    Pak Herry

    Boleh minta pendapatnya yaitu komparasi antara zenfone max dengan lenovo p70, dengan mengesampingkan ukuran layar diantara kedua smartphone tersebut diatas layak dibeli yang mana ya pak ?
    makasih

  102. eko says:

    Pak hsw yth
    Asus zenfone max vs samsung galaxy j5 diadu kwalitas kamera dan performanya menang mana pak?
    Secara, 2 hp tsb berada di rentang harga yg nyaris sama, zenfone max 2.450.000 & galaxy j5 2.550.000 (lokasi jateng)
    Terimakasih sebelumnya

  103. alvi says:

    Saya tertarik dengan review ko Herry tentang Hisense Pureshot, stelah saya lihat saya bru sadar kalo Hisense itu Smartfren, sangat di sayang di daerah saya tidak tercover jaringan smartfren. Saya minta saran ko, smartphone di bawah 2,5 juta. Prioritas nya kamera dan kegegasan (batrai tidak dipertimbangkan), dan yang penting GSM bukan CDMA ko, karena CDMA tidak masuk wilayah saya. Satu lagi apa beda Snapdragon dan Mediatek pada performa ponsel ko. Terima kasih ko

    • Herry SW says:

      Bu/Pak Alvi,

      Nah… ini contoh salah kaprah yang masih sering saya temukan di pasar.

      Jadi begini, Hisense memang salah satu pemasok utama ponsel untuk Smartfren. Spesifik ke Hisense Pureshot dan Pureshot+, keduanya adalah ponsel yang termasuk dalam open market handset. Biarpun paket penjualannya dibundel dengan kartu perdana Smartfren, Anda boleh sama sekali tidak memasangkan kartu Smartfren di ponsel itu. Misalnya, SIM1 Anda isi dengan nomor Telkomsel, sedangkan SIM2 nomor XL.

      Begitu… Sudah jelas kan sekarang? Jadi, silakan melanjutkan rencana membeli Pureshot.

      Snapdragon dan MediaTek itu sama-sama prosesor (ehmm… sebenarnya SoC), tetapi dibuat oleh dua perusahaan yang berbeda. Tak perlu merisaukan perbedaannya.

  104. alvi says:

    Ko Herry, maaf nih ko, pertanyaan saaya yg tadi sdh terjawab saat saya baca review ko Herry tentang Hisense Pureshot+. Saya kira kedudukan simcard nya sama seperti Smartfren C2 punya adik saya.. Terimakasih ko Herry..

    • Herry SW says:

      Bu Alvi,

      He… he… tadi rasanya saya terlanjur menjawab pertanyaan Anda. 🙂

      Semoga sudah jelas ya.

  105. Hanif says:

    Yth. Pak HSW
    Menurut pak HSW amankah kalau aplikasi2 bawaan asus dihapus dr ponsel asus?. Karena menurut saya salah satu yg bikin ga nyaman pakai asus adalah terlalu banyak aplikasi bawaannya yg ckp menguras RAM dan kinerja ponsel jd lemot. Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Hanif,

      Asalkan ada menu uninstall-nya, silakan dihapus. Tak masalah kok. Saya sudah membuktikannya sendiri.

  106. Bambang jeger says:

    Pak HSW,

    Selama ini kan sering review2 gadget terutama smartphone.
    yang saya tanyakan smartphone yang selama ini menemani pak HSW dalam
    beraktifitas apa ya? sory OOT

    • Herry SW says:

      Pak Bambang Jeger,

      Ponsel merek apa pun yang sedang dalam proses review otomatis menjadi ponsel yang menjadi teman saya dalam beraktivitas sehari-hari. Jadi, ya ganti-ganti terus deh.

  107. Wibowo says:

    1. Pak Herry, apakah aplikasi wajib yg perlu di install di hp android versi HSW sendiri ….?

    2. Kira2 menurut bapak bagaimana harga jual hp bekas asus misal setelah dipakai 1 tahun utk type zenfone terbaru atau lama…?

    Tq

    • Herry SW says:

      Pak Wibowo,

      1. Yang wajib versi saya cuma tiga aplikasi:
      * Swiftkey Keyboard untuk menggantikan keyboard bawaan.
      * Internet Speed Meter untuk mengetahui kecepatan internet yang dipakai.
      * Screen Off and Lock untuk memadamkan dan mengunci layar tanpa menekan tombol power.

      2. Ya pasti turun, Pak. Kalau saat ini beli dalam kondisi baru, setahun lagi harga bekasnya kira-kira turun 40 persen dibandingkan harga baru. Misalnya, tepat setahun lalu Anda membeli Zenfone 2 RAM 4 GB dan ROM 32 GB dengan harga Rp 4 juta. Kini harga pasaran bekasnya Rp 2,4 juta.

  108. Rico says:

    Pak herry jika dicompare hisense pureshot plus dan asus zenfone max kalau pak herry harus memilih salah satu mana yang dipilih pak herry yang sesuai dengan karakter dan pekerjaan serta aktifitas sehari-hari pak herry? Dan alasan nya apa? Atau jika diluar kedua type hp tersebut brand apa yan akan bapak pilih yang sesuai utk aktifitas sehari-hari dan pekerjaan pak herry. (Budget max 2.5jt). Thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Rico,

      Kalau saya memilih turun ke Pureshot (tanpa plus). Alasannya, lebih nyaman dikantongi, hasil jepretan kamera lebih bagus, dan kompatibilitas LTE lebih komplet. Harga resmi juga lebih murah Rp 600 ribu. Baterai Pureshot di tangan saya masih cukup untuk pemakaian mulai pagi sampai petang.

  109. verdy says:

    lumayan kalo segitu mah, nyari Hp prefer ke batre besar dari pada nyari camera doang.

  110. dico sugandhiko says:

    Haloo Koh Herry.. maaf oot kali ini mau nanya atau minta saran dari koh Herry.
    Kira2 handphone yg punya RAM 3giga recommend apa ya Koh? Rencana saya mau beli buat aktifitas sehari-hari, kuat multitasking, dan yg pasti baterainya awet. Untuk rentang harga dibawah 3juta ada ga ya ?

    terimakasih ?

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Kalau baterai harus tahan lama, tak ada yang di bawah Rp 3 juta. Anda harus menambah anggaran untuk membeli Lenovo Vibe P1 Turbo.

      Kalau baterai tak harus tahan lama, silakan melirik Infinix Zero 3.

  111. Leo says:

    Pak Herry,

    Waktu saya pegang Meizu M2 rasanya bobotnya agak berat (seperti pegang batu).
    Kalau dibandingkan Zenfone Max ini, bagaimana perpandangan beratnya? Mana lebih berat Dan kira berapa % lebih beratnya?

    Terima kasih
    Salam,

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya tidak memperhatikan perbedaan beratnya. Satu hal yang pasti, Zenfone Max jauh lebih berat. Kalau Anda merasa memegang M2 seperti memegang batu, mungkin Anda akan menganggap menggenggam Zenfone Max seperti membawa setrika besi.

  112. Ferry says:

    Pak Herry,
    Tolong tanya Zenfone Max disini: https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Max-ZC550KL/specifications/ kok tertulis Dual Micro SIM card, SIM1 Support4G, SIM2 Support2G/3G (Call only)
    Kan berarti Sim 2 tidak bisa untuk 4G? apa betul?
    Tolong tanya juga untuk kemampuan GPS antara Zenfone Max dan Pureshot mana yang lebih unggul?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Ferry,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Selot SIM2 konfirm bisa 4G kok. Sudah saya buktikan sendiri. Kalau SIM2 masuk ke jaringan 4G, maka nomor di SIM1 otomatis hanya berada di jaringan 2G.

      GPS sih sama-sama oke.

  113. Robbie says:

    Hi pa Herry, mungkin saya Lupa baca,, utk zEnfone max, 4G compatible utk provider apa saja….? Tq

  114. keke says:

    selamat sore om herry
    asus zenfone max sama samsung galaxy j5 lebih bagus yang mana ya om?

  115. Agung says:

    Pak Herry, saya googling ada zenfone max (2016) baru yg 32gb RAM 3gb dgn spek yg lebih unggul dari zenfone max terdahulu. Tapi ternyata baru rilis di India. menurut pak Herry kira2 kapan ya bisa masuk indo pak?

    thanks

  116. keke says:

    haha saya dipanggil “pak keke”
    saya cewek om herry, masih bocah juga, umur 16 th
    tapi sayangnya asus zenfone max masih ad kekurangn seperti nge-lag, tapi lagnya apa benar bisa diatasi dengan firmware, jika bisa tktnya firmware cuma bisa sementara saja mengatasi lag

    oh iya
    ada hp lain nggak om, yg ramnya pas buat gaming, kecuali hp cina, dan harganya dibawah 3 juta

    • Herry SW says:

      Ups… maaf, Mbak Keke.

      Tak tahu pasti. Saya sudah berpisah dengan Zenfone Max nih.

      Hmm… Infinix Zero 3? Itu merek Hongkong, bukan Tiongkok. 🙂

  117. gemamoch says:

    menurut bapak lebih baik android dg baterai 5000 mah tanpa quick charging, atau android dg baterai 3000 mah tp mendukung quick charging?

    • Herry SW says:

      Pak Gemamoch,

      Saya memilih yang 5.000 mAh tanpa quick charging. Baterai berkapasitas segitu cukup untuk beraktivitas seharian penuh. Jadi, tiap malam menjelang tidur tinggal di-charge deh. Keesokan paginya sudah penuh.

  118. keke says:

    maaf om herry tanya lagi
    kalau samsung j7 bagus nggak om?

  119. Dzaky says:

    Pak Herry,
    Kalo ponsel android untuk gaming 2 jutaan apa yah?
    Tolong rekomendasinya..

    • Herry SW says:

      Pak Dzaky,

      Saya bukan penggemar main game. Karena itu, bila pertanyaan Anda spesifik untuk gaming, saya mungkin tak bisa memberikan jawaban yang menukik. Coba pertimbangkan Infinix Zero 3 dan Lenovo Vibe K4 Note.

  120. idedeas says:

    Ulasan yg mantap. Saya menggunakan Zenfone max. Mohon di tambahkan earphone yg cocok dengan zenfone max. Earphone yg saya berfungsi di zenfone 5 tidak berfungsi di zenfone max saya.

  121. idedeas says:

    Saya menggunakan Zenfone Max dengan Android M. Lag masih terasa ketika saya gunakan sambil install aplikasi di playstore. Sekali lagi review yg mantap.

  122. Robbie says:

    Hi pa Herry, menurut bapak hp apa yang paling jelek dan bagus dari pembelian / review periode januari sampe juni 16 ini, beserta alasannya…? Tq

  123. Rachma says:

    Pak Herry, minta sarannya dong. Baca komen-komen di atas dengan budget 2jutaan Pak Herry menyarankan untuk “melirik” Hisense Pureshot. Apakah kalau sekarang masih menyarankan hal yg sama, Pak ?
    Ada rencana review Xiaomi Redmi Note 3 yg baru aja dirilis resmi gak, Pak ?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Bu Rachma,

      Dua jutaannya maksimal berapa nih? Sebab, Rp 2,999 juta pun masih termasuk dua jutaan lho.

      Kalau maksimal Rp 2 juta, saya masih tetap merekomendasikan Hisense Pureshot.

      Ya, saya akan me-review Redmi Note 3 bergaransi resmi.

  124. Robby says:

    Pa Hsw,, mau nanya kira2 peluncuran asus zenfone 3 kapan akan dirilis di indonesia… Tq

  125. Tara says:

    Zenfone max lemot bgt,,tp sudah kadung kebeli. Buat ngegame aja nge lag,,,bentar2 tidak respon,,harus di ulang ulang.

  126. Rizal says:

    Pa HSW kira2 ada info kah kapan peluncuran zenfon max (2016) yang sudah upgrade pkai snapdragob 615?? Sepertinya p1 turbo bisa lewat ni di sektor kegegasannya, prosesor sama tp 720p di zenfone.

  127. Luqman says:

    Zenfone max apa layak beli untuk pemakaian sekitar 2thn an, karena saya bukan tipe suka gonta ganti hp. Lalu sensor GPS nya bagaimana? Akurat atau tidak, karena saya sering pake buat navitel off line gps.

    • Herry SW says:

      Pak Luqman,

      Saya yakin beberapa hari lalu sudah menjawab pertanyaan yang sama. Namun, entah pengirimnya Pak Luqman atau bukan.

      Masih.

      Akurat kok. Oh, saya tak pernah memakai Navitel.

  128. Jazuli says:

    Ko
    Bagus an zenfone laser ze550kl ato si Max?
    Makasi

  129. Adit says:

    Pak Herry, apa perbedaan Asus Zenfone Max ZC550KL dengan Asus Zenfone Max ZC550KL(2016)?

    • Herry SW says:

      Pak Adit,

      Spesifikasi yang edisi 2016 lebih tinggi.
      * Kelas prosesor yang digunakan lebih tinggi.
      * Kapasitas memori internal lebih besar (16 GB vs 32 GB).
      * Kapasitas RAM ada yang lebih besar (2 GB vs 2 GB atau 3 GB).

  130. Adit says:

    Pak Herry, apakah Asus Zenfone 3 sudah beredar di Indonesia?

  131. yyoyoss says:

    ak, lebih memilih mana ?
    Zenfone max 2016 (32gb ram 2gb)
    Atau redmi note 3 pro yg batrenya 4100 ?
    Kalau untuk pemakaian social media dan foto gimana ya pak..

    Wala upun redmi note 3 pro punya fast charging, tapi bukannya itu bisa mengurangi umur batre pak ?

    Dan kalau saya main game, trus multaking ke yg lain, balik ke game itu parah ga lagnya pak ?

    Btw reviewnya lengkap hahahah makasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Yyoyoss,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Zenfone Max 2016.

      Ya itu kan pilihan. Kalau Anda tak mau memanfaatkan fast charging-nya kan boleh-boleh saja.

      Di Redmi Note 3 sih lancar.

  132. yudi says:

    Koh HSW, apakah lollipop di Zenfone Max bisa diupgrade ke Marshmallow? Kalau bisa, apa efeknya, apakah malah bikin lemot, biasa aja, ato malah tambah lancar? Satu lagi, apakah upgrade itu bisa mengatasi lag nya? Maaf kalo kepanjangan, trims

    • Herry SW says:

      Pak Yudi,

      Tak tahu. Silakan langsung dicek dari menu update software di ponsel saja. Kalau ada notifikasinya, berarti bisa di-update.

      Tak tahu. Lha saya kan belum pernah merasakan Zenfone Max dengan OS Marshmallow.

  133. Bintang says:

    Pa HSW, utk zenfone max saat ini dibandingkan dengan redmi note 3 resmi, masih layak beli yg mana? dan kelebihan atau kekurangan dr masing2 produk tsb…?, tks

    • Herry SW says:

      Pak Bintang,

      Bergantung Anda lebih mengutamakan faktor mana.

      Redmi Note 3 unggul di kenyamanan digenggam dan dikantongi. Ia juga menang dalam hal kegegasan.

      Sedangkan Zenfone Max unggul di kinerja kamera dan fitur 4G LTE.

  134. Ruslan says:

    Saya pengguna Zenfone max.
    Saya ingin sedikit memberikan testimoni kepada calon pengguna zenfone max yang penasaran tentang update marshmallow di zenfone max. Semoga bisa membantu memberikan gambaran.

    Zenfone Max bisa di upgrade ke Marshmallow, saya sudah install updatenya. Kesannya sesudah diupdate biasa saja, nothing special. Saking tidak spesialnya, saya menyarankan kepada seluruh pengguna Zenfone Max yang masih Lollipop untuk tidak mengupdate ke Marshmallow, tetaplah pakai Lollipop karena memang TIDAK PERLU diupdate, kecuali jika anda ingin mendapatkan perasaan kekinian.

    Begini, sebelum saya pindah ke Marshmallow, dua selot SIM saya bisa dengan leluasa berpindah-pindah ke jaringan 2G, 3G, dan 4G tak peduli selot manapun itu. Setelah pindah ke Marsmallow, hanya 1 selot yang bisa masuk jaringan 3G maupun 4G, selot satunya lagi terpaksa stuck di jaringan 2G. Sangat amat mengganggu & menyebalkan.

    Saya sungguh menyesal pindah ke Marsmallow, alih alih merasa kekinian, saya malah merasa kuota internet saya terbuang percuma untuk mengunduh berkas update yang ukurannya mencapai lebih dari 1GB itu, sedangkan efek dan peforma setelah diupdate tidak berpengaruh sama sekali, malah agak lambat sepersekian detik ketika mengakses menu.

    Sekian testimoni saya.

  135. ilham hamdani says:

    Pak HSW. untuk mastiin redmi note 3 garansi resmi ciri2 nya adakah? Yg aman beli d gerai apa?

    • Herry SW says:

      Pak Ilham Hamdani,

      Saya berikan jurus paling mudah saja ya. Belilah di Erafone. Di sana pasti baru, asli, dan bergaransi resmi.

  136. ari says:

    Klo di banding zenfone laser k550l
    Lebih bagus mna peforma dan kameranya
    Trus hasil kameranya
    Dibanding oppo f1 dan mi4i lebih bagus mana

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Tidak ada ponsel bernama Zenfone Laser K550L.

      Oppo sih buat saya buang ke laut saja. 🙂

      Kamera lebih bagus Mi 4i, sedangkan daya tahan baterai lebih unggul Zenfone Max.

  137. Lulu says:

    Pak hery knp kamera belakang saya selalu ngehank ya?

    • Herry SW says:

      Bu Lulu,

      Jadi, kalau kamera belakang dijalankan ponsel langsung hang? Bawalah ke pusat perbaikan resmi Asus deh.

  138. ari says:

    Apa karna harga oppo terlalu mahal
    Atau kualitasnya tidak sebagus harganya
    Mksud saya ZenFone 2 Laser (ZE550KL)
    Lebih bagus mana dibanding zenfone max
    Kamera dan peformanya

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Tolong ketikkan ulang dulu komentar Anda. Gunakan tanda baca yang jelas. Sebab, saya bingung manakah yang bersifat pernyataan, mana pula yang pertanyaan. Merek dan tipe ponsel harap disebutkan lengkap.

  139. ari says:

    Kata om hery oppo tidak layak
    Alasanya karna apa
    Kn om hery belum pernah review ponsel merk oppo

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Pertanyaan Anda ini sudah saya jawab di bawah pertanyaan Anda sebelumnya. Tolong pertanyaan yang sama jangan Anda ulang-ulang terus ya!

      Saya belum pernah review ponsel Oppo? Kata siapa tuh. Coba cek arsip di blog ini.

  140. ari says:

    Hasil kameranya lebih bagus mana dibanding ZenFone 2 Laser (ZE550KL)
    Dan secara keseluruhan lebih bagus mana

  141. ari says:

    Hasil kameranya lebih bagus mana
    ZenFone 2 Laser (ZE550KL)
    Secara keseluruhan lebih bagus mana
    Antara zenfone max sama ZenFone 2 Laser (ZE550KL)

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Ini peringatan terakhir ya. Kalau masih diteruskan, pertanyaan Anda akan saya abaikan.

      Harap diperhatikan:
      * Gunakan tanda baca yang jelas saat mengajukan pertanyaan. Biar tidak rancu antara pernyataan dan pertanyaan.

      * Pertanyaan yang sama jangan diulang-ulang terus.

      Cek jawaban saya untuk pertanyaan serupa di bawah pertanyaan yang sudah Anda kirimkan.

  142. ari says:

    Hasil kamera lebih bagus mana
    Dibanding ZenFone 2 Laser (ZE550KL)
    Dan secara keseluruhan lebih bagus mana

  143. ahmad taqim says:

    bos q pakai zenfone max.sinyal full 4g tp kok ngadat pa itu mslh pa memang udah dari sononya.trus kalo dari sananya yg perlu di up apnya.mohon pencerahanya.mksh bos herry

  144. Adit says:

    Pak Herry, apakah Asus Zenfone Max bisa dipadukan dengan 4G Bolt?

  145. ari says:

    Oppo tidak layak karna apa om

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Pertanyaan Anda ini sudah saya jawab lho. Jangan diulang-ulang terus. Total setidaknya Anda telah empat kali menanyakannya.

  146. indra says:

    Hallo Bro HSW,

    lama ngga ikutin gadget, cuma kulineran aja nhi
    skrg lg pengin ganti hp, tapi amaze harga gadget skrg murah2 bgt ya

    saya bukan gamer, suka sesekali foto belakang (non selfie), batre gede min 3000mah cukup
    yang ingin saya tanyakan:
    – zenfone max ini apakah mudah soft reset ya?

    trus kedua:
    – dengan harga online saat ini zenfone max terpaut 150rb dengan zenfone 2 laser 5,5inch ZE 550KL, worthed yang mana ya?
    – dari pilihan poin diatas, dibanding lenovo vibe k4 / k5 plus yg 3gb mending mana ya

    thank you sebelumnya ya

    • Herry SW says:

      Pak Indra,

      Maksudnya Anda ingin melakukan soft reset terhadap Zenfone Max? Gampang banget kok.

      Karena ada kebutuhan baterai besar, ya mending ambil Zenfone Max.

      Vibe K5 Plus silakan dicoret dulu karena kapasitas baterai kurang dari 3.000 mAh. Kalau mengutamakan daya tahan baterai, silakan ambil Zenfone Max. Kalau menomorsatukan kegegasan ponsel, Vibe K4 Note lebih tepat dipilih.

  147. indra says:

    Terimakasih PaknHerry,
    Akhirnya order zMax krn pas ada promo di salahnsatu web top yg baru dibeli alibaba, 1,99jt
    Rasanya hrg sgt dgn review mantab Pak Hsw cucok bgt brooo

    Terima kasih ya

  148. Obie says:

    Halo, Om Herry
    Saya sudah memakai zenfone max ini selama 6 bulan dgn seri 2/16,, tapi hp zenfone max sekarang sudah ada seri 2/32 plus dengan harga yg terjangkau dr awal peluncuran….
    Yang menjadi pertanyaan,
    1. Mnrt Om varian 16 dan 32 gb apakah berpengaruh dgn kegegasan hpnya ?
    2. Kira2 sisa memory internal minimal di hp itu berapa persen wajib tersisa dr memory awal agar tidak menggangu kinerjanya?
    Info review subyektif :
    Klo mnrt saya memang hp zenfone max ini agak tersendat tetapi tidak parah dan bisa dimaafkan krn sudah terbayar dengan baterai yg super awet +/- 2 hari baru di charger dgn level baterai 10-15% pemakaian normal, plus kamera yg mnrt penilaian pribadi sudah cukup bagus dan juga dapat update OS dari Asus skrng di Marshamallow,, berbeda dgn merk hp lain yg pelit untuk mendapatkan update OS utk type hp yang sudah lama keluarnya…. Tq

    • Herry SW says:

      Pak Obie,

      1. Kalau spesifikasi lain sama, mestinya praktis tak berpengaruh.

      2. Sebenarnya tak ada patokan khusus. Sisakan sekitar sepuluh persen gitu deh.

  149. Dewi says:

    Pak Herry ,

    maaf saya mau tanya ,
    kalau disuruh milih antara Zenfone max dengan Zenfone Laser 2 ZE550KL , pilih yang mana ?
    dengan catatan tidak memeprhitungkan harga dan baterai , hanya fitur dan pemakaian nya saja .

    Terimakasih

  150. putra says:

    selamat pagi pak herry. sy & teman semalam membeli ponsel zenmax varian 32gb di garuda teknik WTC lantai dasar.sebelum membeli kami sempat melihat demo pondel zenmax di garuda teknik di lt.1 & teman sy tertarik.setelah sempat berkeliling akhirnya memutuskan transaksi di Garura Teknik lt dasar.setelah dibuka & melakukan pengecekan teryata lcd ponsel tidak seterang (menguning apabila di set background putih) yang ada pada ponsel demo.setelah kami tanyakan ke pegawainya mereka bilang hal itu normal apabila dibandingkan dg ponsel demo.setelah dibantu melakukan settingan ternyata hasil tetap sama & pegawai mengatakan hal itu normal jika dibandingkan dengan ponsel yang diapakai demo.setelah melakukan transaksi kami yang merasa belum puas akhirnya menuju ke toko garuda teknik lt.1 untuk mencocokkan setingan layar dg ponsel yang dipakai untuk demo & hasilnya tetap sama (agak menguning). kami pun sempat menanyakan ke pegawai yg berada di toko tsb & sama2 mencocokan dan pengecekkan dan ternyata mereka mengamini kondisi lcd kami seperti itu dan hal itu adalah normal karena setiap lcd meski 1 type itu berbeda2..dan ini membuat sy heran & berdebat yang pada akhirnya mereka menyarankan kami ke SC asus … apakah hal itu wajar pak dg kondisi lcd tg dialami pada ponsel teman sy? oh ya foto yang menampilkan perbandingan nya sudah sy kirim ke twitter bapak semalam. terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      1. Tidak ada ponsel bernama Zenmax. Entah ponsel apa yang sebenarnya Anda beli. Namun, hal itu tak mempengaruhi jawaban saya kok. Jawaban saya di bawah ini akan bersifat universal.

      2. Saya belum mencermati tumpukan pertanyaan di Twitter.

      3. Satu hal yang perlu Anda ketahui, meskipun tipe ponselnya persis sama, tampilan layar suatu ponsel tidak bisa selalu persis sama. Beda batch produksi mungkin akan berbeda sedikit. Beda pemasok komponen juga berpotensi membuat hasil akhir berbeda sedikit. Namun, taraf perbedaannya sejak awal pasti sudah diantisipasi oleh produsen. Asalkan tidak melebihi ambang batas tertentu yang ditetapkan, hal itu masih dapat ditoleransi.

      4. Singkatnya, hal yang Anda alami normal terjadi pada penjualan produk elektronika.

  151. hendry says:

    Ko herry saya ingin bertanya, kenapa zenfone max saya, saat hp mulai panas dan saya charger sambil bermain game online langsung ngeleg game nya? Tpi pas saya lepas carger nya leg nya langsung hilang ? Apakah zenfone max tidak bisa bermain game online sambil charger ?

    • Herry SW says:

      Pak Hendry,

      Ponsel sebaiknya tidak di-charge sambil digunakan.

      Saya menduga saat charger Anda pasangkan, mekanisme perlindungan ponsel bekerja. Ponsel mengurangi kecepatan kerja untuk mencegah terjadinya overheat dan puncaknya baterai berpotensi meledak.

  152. putra says:

    Maaf, zenmax itu maksudnya asus zenfone max varian 32GB pak..update terbaru ternyata ponsel yang dipakai teman saya sudah kelihatan terang kembali setelah 2hari penggunaan…oh jadi penjelasannya seperti itu ya.. Mungkin layar ponsel teman sy yg dibeli tersebut mengalami adaptasi .. Terima kasih pak herry 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Oh ok. Saya sebenarnya sudah tahu sih. Namun, pura-pura tidak tahu karena idealnya kita jangan asal menyingkat nama. 🙂

      Ok sip.

  153. yahya says:

    pak HSW, saya baru memiliki hp ini 1 bulan yg lalu, tdk ada keluhan yg mayor, kecuali kurang gegasnya hp ini, bahkan dibanding dgn zenfone 5 generasi pertama.
    dikarenakan hp ini cukup berat, saya memutuskan membeli handsfree bluetooth dan mendapatkan merk MI tipe L1000, yang saya hakul yakin 99% barang palsu tapi harganya murah banget, hanya 110rb. pada saat membeli hf tsb, hanya dicoba utk muter youtube dan suara cukup bersih dan jelas. kira2 2 jam setelah transaksi, saya menerima panggilan masuk dan ternyata suara dari telepon tdk sebesar waktu memutar youtube. volume full tetap tdk jelas.
    pertanyaan saya:
    1. apakah pak HSW jg mencoba hp ini menggunakan hf bluetooth? dan bagaimana hasilnya?
    2. apakah ada hf bluetooth yg cukup handal tapi harga berkisar 200-300rb?

    terima kasih utk responnya

    • Herry SW says:

      Pak Yahya,

      Begitulah risiko membeli headset bluetooth palsu. Ada yang sejak awal suaranya sudah nggak karun, ada pula yang sempat bagus tapi cepat rusak.

      1. Tidak.

      2. Silakan cari merek Jabra, Sony, atau Nokia.

  154. Prams says:

    Pak hsw,

    Mau tanya asus zenfone max ada 2 versi ya?. Octa core 1,5 ghz dan quad core 1,2 ghz . Semuanya garansi resmi atau yang octa core masih non resmi ya?

    • Herry SW says:

      Pak Prams,

      Zenfone Max pakai prosesor quad core. Kalau octa core, berarti itu Zenfone Max 2016. Ponsel tersebut tidak beredar resmi di sini.

  155. Dede says:

    Pak hsw, mau tanya sy dapet zenfone max 2nd, apa memang charger bawaannya outputnya 1mAh?
    Sy sempat lihat punya teman sy zenfone c charger bawaannya outputnya 1,35mAh.
    Sy pikir zenfone max ini dpt charger 2mAh,
    Atau sy kena tipu yg jual ya? Hhe.
    Trims pak

  156. Febi says:

    Pak Herry,

    Kalau asus zenfone max dibandingkan dengan asus zenfone 2 laser ze550kl dari hasil kamera ny bagusan mana ya pak?

    Kalau dibandingkan antara asus zenfone 2 laser, asus zenfone max dan flash plus 2, hasil kamera flash plus 2 kalah jauh ya pak dengan asus zenfone max dan asus zenfone 2 laaer ze550kl?

    Terima kasih pak atas penjelasan nya ?

  157. Dede says:

    Terimakasih pak yahya dan pak hsw. 🙂

  158. Ayu Nirmala says:

    # Halo Pa Herry, saya ada sedikit pertanyaan :
    1. Zenfone max dengan Vibe P1 Turbo utk jaringan 4G lebih komplet yang mana (850/1800/2300) ?
    2. Utk Casing belakang menurut bapak lebih prefer/ selera kemana dilihat dr ke-elegant nya ?
    3. Dari segi ukuran, pilih kartu utk micro (zenfone max) atau Nano Sim (vibe p1 turbo) agar lebih mudah dlm hal gonta2 kartu paket internetan… Tks

    • Herry SW says:

      Bu Ayu Nirmala,

      1. Saya tak ingat detailnya. Kalau tidak salah, Zenfone Max mendukung 4G LTE di 850 dan 1800, tetapi tidak mendukung 2300. Sedangkan Vibe P1 Turbo kompatibel dengan 4G LTE di 1800 dan 2300, tetapi tak mendukung 850.

      2. Zenfone Max.

      3. Sama saja deh.

    • yahya says:

      pak HSW ikut respon ya. bu Ayu setahu saya, utk telkomsel dan indosat, kartu perdana internetnya sdh ada 3 potongan, mini, mikro dan nano. tinggal ambil potongan yg dibutuhkan. utk lbh jelasnya bs ke konter kartu perdana utk melihat fisiknya. utk xl dan 3 sy krg tahu krn sdh lama tdk beli perdananya.

      • Herry SW says:

        Pak Yahya,

        Silakan.

        XL dan Indosat ada tiga ukuran. Tri kurang tahu. Telkomsel bulan lalu saya beli cuma dua ukuran: mini SIM dan micro SIM.

  159. Ika yarindo says:

    Hi Pa Herry, sama mau membandingkan zenfone max dengan vibe p1 turbo dari segi berikut mana yg lebih baik, antara lain :
    1. Hasil foto indoor dan outdoor.
    2. Fitur kamera otomatis dan manual yang lebih kompleks
    3. Personalisasi / costumized untuk edit icon, scroll, font dan theme

    Demikin dan terimakasih,, Tks

  160. kayan hutagalung says:

    Om mau nanya,zenfone max yang baru di beli itu bagaimana cara cas yg benar,casnya dalam kodisi hidup atau mati terus berapa lama waktunya om..,makasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Kayan Hutagalung,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Sebaiknya di-charge saat ponsel dalam kondisi padam total. Tak ada patokan waktu. Kalau sudah penuh ya silakan dicabut.

  161. Gilang Bagus says:

    untuk kualitas kameranya bagus mana om
    dibanding redmi 2 prime
    dan apakah semua ponsel yg menggunakan
    snapdragon 410
    peformanya kurang memuaskan

    • Herry SW says:

      Pak Gilang Bagus,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Lebih bagus kamera Zenfone Max.

      Tidak. Prosesor sama belum tentu hasil akhirnya sama.

  162. jutawan says:

    hasil kameranya apakah sebaik mi4i
    dan peformanya bagus mna dibanding mi4i

    • Herry SW says:

      Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Kamera lebih bagus Mi 4i.

      Performa umum, dengan mencermati plus minus masing-masing ponsel, jatuhnya relatif imbang.

  163. Sahin A says:

    Pak herry saya baru beli asus zenfone max tapi gak resmi kata penjualnya.. la itu kok baterai nya kok tidak seperti kata pak hery bisa bertahan seharian penuh.. punya saya baterai nya hnya bisa bertahan sekitar 5-6 jam aktivitas chatting youtube..
    apakah saya tertipu atau ini zenfone max palsu??

    • Herry SW says:

      Pak Sahin A,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Ponsel itu masih baru kan? Kemampuan baterai ponsel baru biasanya baru optimal setelah 3-4 kali diisi ulang.

  164. jutawan says:

    klo hasil kamera zenfone max dibanding redmi 2
    mana lebih bagus om
    apakah zenfone max lebih gegas dari redmi 2

    • Herry SW says:

      Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Lebih bagus kamera Zenfone Max.

      Relatif imbang deh.

  165. Fitri says:

    Pak Herry, antara zenfone max dengan zenfone 3 max lebih bagus yang mana ya? Dan apakah zenfone 3 max jg mendukung jaringan Smartfren? Makasih pak.

  166. Mr. Oby says:

    Hi Pa Herry setelah seminggu break, akhirnya muncul lagi,,
    Sedikit ada pertanyaan ttg Quick charging :
    1. Apakah hp yg tidak support quick charging jika menggunakan charger dan kabel Quick charge akan berpengaruh terhadap proses lamanya charger hp itu sendiri menjadi cepat atau sama aja ?, jika tidak/iya kenapa alasannya
    2. Hp support quick charging, tapi pd saat charger memakai charger normal sprt output 1a apakah sama waktu penuhnya dgn hp yg tidak support jika ukuran baterai sama2 ==> 3.000mah
    3. Charger quick charging itu apa output pasti 2A, atau ada output 1,5 A juga bisa juga dikatakan quick charging,,
    4. Jika ingin hp Quick charging apakah kepala charger bisa digabung kabel yg biasa atau harus kabel quick charging juga jika ingin hasil maksimal…. Tks

    • Herry SW says:

      Pak Mr Oby,

      1. Sama saja dengan memakai charger biasa. Tidak lebih cepat, tidak pula lebih lambat.

      2. Ya, seolah memakai charger biasa.

      3. Quick Charger biasanya beroperasi di tiga tingkat voltase. Jadi, cara termudah melihat itu, bukan dari sisi output.

      4. Harus kabel yang mendukung quick charging. Kalau Anda menggunakan kepala charger yang mendukung quick charging, tetapi kabelnya yang biasa, hasil akhirnya yang proses isi ulang akan seperti memakai charger biasa.

  167. Kisaj says:

    Hi Pa Herry, kenapa setiap review hp bapak selalu menyebutkan harga jual resmi retail, tidak memberikan harga beli asli hp itu sendiri jika lebih murah atau lebih mahal dr harga retail toko,, karena bapak tidak selalu beli hp di satu tempat kan misal eraphone, okeshop… Tks

    • Herry SW says:

      Pak Kisaj,

      Saya menggunakan harga ritel resmi karena itu yang dijadikan patokan. Harga ritel resmi adalah ambang batas tertinggi, baik di toko-toko milik perorangan maupun gerai berjaringan nasional. Kalau sampai ada penjual yang mematok harga lebih tinggi, ya mending ditinggalkan. Cari penjual lain.

  168. Gilang bagus says:

    Om hsw,
    Om, saya baru beberapa hari lalu membeli asus zenfone max, tapi kenapa baterainya terhitung boros tadi pagi kondisi baterai full sekarang masih 50 persen padahal saya lihat review di blog blog dan youtube bisa tahan sampai larut malam.. mohon penjelasan atau solusinya
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Gilang Bagus,

      Coba perhatikan beberapa hal ini:
      1. Ponsel baru dibeli kan? Sudah di-charge berapa kali? Kemampuan baterai baru biasanya baru optimal setelah di-charge 3-4 kali.

      2. Bagaimana kondisi sinyal operator di daerah Anda? Kalau kembang kempis, hal itu membuat konsumsi baterai lebih boros.

      3. Bagaimana perilaku pemakaian Anda? Kalau sangat aktif, ya bisa lebih boros.

  169. Lolot says:

    Hi Om Herry, saya mau nanya jika beli hp baru, aksesoris apa yg pasti bpk beli, misal : screenguard/Tempered glass, silicon/softcase, hardcase, dan ada merk tertentukah seperti nillkin, kingkong glass, ume/uma ? Tks

    • Herry SW says:

      Pak Lolot,

      Aksesori pertama yang saya beli, bahkan sebelum memegang ponselnya, adalah jelly case. Tak ada merek khusus yang saya beli. Pokoknya cari jelly case termurah yang tersedia di pasar.

      Aksesori berikutnya, pelindung layar alias screen protector. Saya beli yang bening biasa. Bukan tempered glass.

      Kalau setelah saya uji pakai ponsel itu terlihat menarik dan saya berencana memakainya lebih lama, barulah saya melakukan “upgrade” aksesori. Saya membeli jelly case yang lebih bagus. Biasanya saya mencari merek Nillkin. Sedangkan tempered glass-nya saya mencari merek Tyrex.

  170. Lolot says:

    Pa HSW hp saya zenfone max pemakaian 6 bulan ini fine2 aja, tapi baru2 ini sadar kok tempat colokan usb terlalu menjorok kedalam tapi masih bisa dicharging,, kira2 kenapa bisa begitu ya dan apa masuk dalam garansi produk ?,, Tq
    Btw backdoor/tutup casing baterai saya ganti dengan imitasi plastik warna, apakah nanti berpengaruh dengan kekuatan sinyal hpnya ? Tks

    • Herry SW says:

      Pak Lolot,

      Lebih menjorok daripada sebelumnya? Kalau iya, mungkin suatu hari Anda menekan terlalu keras. Coba klaim garansi saja. Mestinya masih bisa diklaimkan.

      Cuma tutup belakang kan? Seharusnya tidak berpengaruh terhadap penerimaan sinyal.

  171. dico sugandhiko says:

    Pak Herry maksud dari ponsel 4G yg mendukung di 850, 1800, 2300 apa sih Pak? Bedanya dimana?
    HP saya blum 4G tp rencana pengen ganti yg 4G kira2 ada rekomend apa ya Pak? Budget maks.2juta, terimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Beda di frekuensinya. Biar lebih gampang begini deh:
      * 850: berarti seharusnya bisa dipakai untuk menikmati 4G LTE Smartfren.
      * 1800: 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, dan Tri.
      * 2300: Smartfren dan Bolt.

      Kalau cari kamera bagus: Asus Zenfone 2 Laser.
      Kalau cari baterai tahan lama: Infinix Note 2.

  172. Loha says:

    Hi pa Herry, menurut pandangam bapak UI dari Asus, Xiaomi, Infinix, Lenovo.apa aja yang dari paling ringan ke berat atau yg sedikit makan memory ke banyak makan memory HP,, mohon diurutkan ? Tks

    • Herry SW says:

      Pak Loha,

      He… he… nggak perlu sampai dicermati sedalam itu deh. Perbedaannya terhadap konsumsi memori tidak sangat signifikan kok.

  173. Sahin A says:

    Itu pak hery hp zenfone max saya itu boros dan kapasitas baterai nya saya cek di aplikasi aplikasi misal battery saver itu capacity max cuma 2000mah, Kok tidak 5000mah ya? Saya sudah cek di aplikasi aplikasi lain juga itu cuma 2000mah.. apa zenfone max saya ini palsu atau ini yang produksi gagal atau gimana pak hery??..
    soalnya baterai nya tergolong boros.. seperti hp berukuran baterai 2000an mah emang..dan pak hery kondisi sinyal di daerah daya juga baik/full sinyal
    Ini Hp baru padahal, saya cukup kecewa dengan daya tahan baterai nya..
    Tolong jawabanya pak hery..

    • Herry SW says:

      Pak Sahin A,

      Informasi yang ditampilkan pihak ketiga tidak selalu cocok lho.

      Apakah Anda beli Zenfone Max itu dalam kondisi baru dan bergaransi resmi?

      Baterai Anda bilang boros, seperti ponsel dengan baterai 2.000-an mAh. Memangnya bisa bertahan berapa jam?

  174. Sahin A says:

    Saya beli tidak resmi pak herry..
    Baterai bertahan kurang lebih max 5 jam, pemakaian wajar.. dan presentase baterainya itu cepat kurang nya pak herry.. misal dari 100% langsung meloncat ke 95% pas berkurangnya itu..
    Kira” masalah nya apa ya pak herry..? Apakah ada cara ngecek keaslian hp atau baterai?
    #KurangPuasDgBateraiNya

    • Herry SW says:

      Pak Sahin A,

      Oh ternyata tanpa garansi resmi tho. Menyerah deh kalau begitu saya. Tak ada hal lebih dalam yang bisa saya lakukan.

  175. Loha says:

    Hi Om Herry, saya mau menanyakan beberapa hal, yaitu:
    1. Urutan Hp yang akan direview apa saja (1,2,3)
    2. Apakah fungsi Fitur NFC dan sensor gyroscope itu ?, dan apakah penting/tidak ke-2 fitur tsb dimiliki oleh gawai saat ini mnrt bapak ?
    3. Ada bocoran kira2 hp terbaru infinix dan andromax yang akan keluar di akhir dan awal tahun nanti ?

    Terimakasih atas waktu dan perhatiannya, salam hangat dan sukses….

    • Herry SW says:

      Pak Loha,

      1. Samsung Z2 dan Moto E3 Power.

      2. NFC untuk transfer dan komunikasi data nirkabel. Misalnya, membayar belanjaan di minimarket. Sedangkan giroskop itu, contohnya, untuk virtual reality. Penting tidaknya bergantung kebutuhan Anda.

      3. Tidak ada bocoran. Sekadar clue, salah satu yang akan diluncurkan berlayar besar.

  176. Denny says:

    Pak herry untuk zenfone max 2016 yang snapdragon 615 apa sudah ada di pasaran indonesia?

  177. fitri vitasari says:

    Pak Herry jaringan Smartfren pada zenfone max saya terdeteksi, tp kenapa sinyal internetnya tidak ada ya? Mohon bantuannya pak, trimakasih.

    • Herry SW says:

      Bu Fitri Vitasari,

      Pastikan Anda sudah memasukkan parameter APN dengan benar. Kalau belum benar, takkan bisa dipakai berinternet.

  178. Loha says:

    Pa, saya mau beli headset merk plantronic dan PB merk Delcell,, apakah menurut bapak pilihan yang bagus dengan budget kurang dr 300 rb atau ada pilihan yg lain utk hp zenfone max saya,, Tq

    • Herry SW says:

      Pak Loha yang memiliki email droby***@gmail.com,

      Siapakah nama Anda sebenarnya? Apakah alamat email Anda sebenarnya? Saya tak menuntut identitas yang diketikkan di sini harus sesuai dengan KTP atau akte kelahiran. Namun, tolong yang konsisten. Ada empat nama dengan alamat email sama nih.

      Plantronics dengan harga kurang dari Rp 300 ribu biasanya kurang nendang. Untuk power bank Delcell, dengan anggaran kurang dari Rp 300 ribu, silakan melanjutkan rencana.

  179. Lolot says:

    Om, kapan review infinix hot S,, ud keburu ngebet pengen nyoba dgn budget 1,7 jt, takut ga layak beli ternyata setelah om review nanti,, jadi bersabar nabung dulu buat nambah ke hp asus zenfone max 2/32 aja nanti ah. Tks

  180. Kisaj says:

    Pade Hsw, saya mau nanya kelebihan masing2 diantara 3 hp berikut :
    A. Zenfone max
    B. Infinix Hot 3
    C. Flash Plus 2

    Hal tersebut sebagai rekomendasi utk memilih hp baru, Tengkyu

    • Herry SW says:

      Pak Kisaj,

      A. Kamera bagus, baterai tahan lama.
      B. Saya asumsikan Hot 3 X553. Untuk harga maksimal Rp 1,5 juta, saat ini ia menjadi pilihan terbaik. Kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja tergolong tinggi.
      C. Hmm… dibekali sensor sidik jari.

  181. SUSA says:

    Hello Herry, ada kemungkinan mereview zenfone max 3 kedepannya ? Terimakasih.

  182. SUSA says:

    Tambahan HSW, menurut anda flash dual tone dengan flash double biasa aja, apakah berpengaruh kepada hasil foto/ lebih baik mana,, Thanks

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Susa,

      Menurut saya, lampu kilat di mayoritas ponsel itu sebenarnya tidak banyak membantu. Hasil foto juga menjadi kurang natural. Mending memotret tanpa lampu kilat deh. Jadi, saya tak peduli mau dual tone atau lampu kilat ganda.

  183. MaLam says:

    Apa kabar Pa Hsw, saya mau nanya kira2 jadwal review hp baru itu tiap hari apa dan berapa minggu sekali jika posisi bapak tidak ada halangan seperti pergi ke luarkota atau yang lainnya ?,, Trimakasih

  184. dico sugandhiko says:

    Pak Herry mau nanya lagi,
    Amankah beli HP/gadget via online seperti Lazada atau Elevenia? dan pernahkah Pak Herry membeli HP via online? Kira2 ada kah pengalaman (kemungkinan) terburuk dari beli gadget via online?

    Saya berniat sih beli hp via online, tp masih agak ragu

    terimakasi atas sharingnya

    • Herry SW says:

      Pak Dico Sugandhiko,

      Saya cukup sering membeli ponsel secara online.

      Lazada termasuk dalam daftar hitam versi saya. Kalau tidak bisa memilih metode pembayaran COD (bayar di tempat), lebih baik saya tidak bertransaksi di sana.

      Elevenia masih lebih baik daripada Lazada. Namun, harus cermat membaca dan mencari tahu mengenai reputasi penjual.

      Pengalaman terburuk yang pernah saya alami:
      * Beli ponsel baru dan dibilang bergaransi resmi, ternyata tidak bergaransi resmi. Barang baru saya terima 19 hari sejak pelunasan.
      * Beli ponsel baru dan saat datang benar-benar baru. Namun, kardusnya penyok parah.

      Kemungkinan terburuk lain yang untungnya belum pernah saya alami, beli ponsel baru (dan tentu saja diasumsikan asli), eh… ternyata yang datang ponsel palsu.

  185. MaLam says:

    Halo Pa HSW, menurut pribadi bapak dr pilihan berikut mana yg dipilih :
    a. Hp layar 5 inch, or 5,2 inchi, or 5,5 inchi
    b. Baterai 3000 mah, or 4100 mah, or 5.000 mah
    c. Body metal, or casing Kulit, or plastik
    d. Sensor finger print, or fitur knock (ketuk-ketuk)

    Terimakasih,,

    • Herry SW says:

      Pak MaLam,

      Sekali lagi saya ingatkan, tuliskan nama dengan konsisten. Jangan terus berganti nama.

      a. Lima inci.
      b. 5.000 mAh.
      c. Logam.
      d. Sensor sidik jari.

  186. heru says:

    Selamat siang,,,

    Mohon bantuan sarannya,pak..kebutuhan saya untuk “partner” saya dalam berbisnis online.
    Kebutuhan saya:
    1. Harus 4 G dan Resmi
    2. Kamera Bagus (Untuk Foto Produk Online Shop)
    3. Baterai Kuat/Tahan Lama
    4. Merk Asus
    5. Multitasking ga lag (buka browser,Line dan WA)
    6. Maks. 2,5 Juta

    Bukan untuk gaming…Setelah saya baca-baca review pilihan ada di ZENFONE MAX dan ZENFONE 2 LASER.

    Nah, dari kedua ponsel tersebut mana yang bapak rekomendasikan untuk kebutuhan saya.??? Atau ada opsi lain..

    Terima Kasih atas responnya.

    • Herry SW says:

      Pak Heru,

      Tak ada ponsel yang sanggup memenuhi semua kriteria di atas.

      Zenfone Max tidak memenuhi poin nomor 5. Kriteria lain terpenuhi.
      Zenfone 2 Laser tidak memenuhi poin nomor 3. Kriteria lain terpenuhi.

      Nah, tinggal dipertimbangkan deh lebih perlu baterai tahan lama atau lancar multitasking.

  187. MaLam says:

    Ada lagi om Herry,
    e. IPS HD + gorilla glass 4 ato Full HD + dragon glass.
    f. Quick charge/baterai boros atau normal charge/baterai awet.
    g. Dual sim slot / dual sim hybrid (micro/Nano sim)

    • Herry SW says:

      Pak MaLam,

      e. Dragon Glass? Baru dengar nih.
      f. Mending normal charge tapi baterai tahan lama. Jadi, nge-charge-nya tiap malam menjelang tidur saja.
      g. Dual SIM dengan selot microSD terpisah.

  188. Robbie says:

    Hi Pa Herry SW, hp saya sekarang zenfone max,,
    kira2 menurut bapak, apakah layak jika pindah ke vibe p1 turbo,
    saya lebih mengutamakan awet baterai, kegegasan, fingerprint dan kira harganya sekarang di angka berapa ? Tks

  189. Robbie says:

    Halo Pa Herry, zenfone max itu ada yang list silver dan gold ya,,
    Dan adakah fungsi lain bezel bagian paling bawah layar sprt metal itu (selain estetika),
    Setelah update 13.8.26.50-20160920 hp saya lebih boros daya darisebelumnya walaupun bertahan 1 hari full, dan juga kecepatan kamera dalam mengambil foto ada jeda agak lama 2-3 detik, apakah itu normal ? Tq

    • Herry SW says:

      Pak Robbie,

      Saya kurang memperhatikan warna bezel-nya. Tak ada fungsi lain.

      Tak tahu. Saya sudah lama berpisah dengan Zenfone Max sehingga tidak mengetahui kinerja firmware terbaru.

  190. Robbie says:

    Maaf Pa Herry, OOT bukan OTT,,
    # Apakah benar hp Lenovo seri vibe lebih baik dari seri A….
    # Mengapa saran dr bapak setiap kali update OS di hp harus menganjurkan factory reset dan apa perbedaan dgn tidak melakukan hal tsb, karena klo factory reset berarti harus install ulang semua aplikasi tambahan lagi bukan…
    # apakah benar anggapan klo lg menelpon jangan memegang bagian body atas belakang hp karena akan menganggu sinyal hp itu sendiri… Tq

    • Herry SW says:

      Pak Robbie,

      * Saat ini sudah tidak bisa dijadikan patokan karena seri Vibe pun ada yang berkode tipe A.
      * Factory reset hanya saya anjurkan untuk update OS yang bersifat major, bukan minor. Dengan factory reset, firmware baru itu akan lebih optimal “diterima” ponsel.
      * Secara umum benar.

  191. krisna says:

    Ko herry mau tanya, saya baru sebulan pake zenfone max ini, awal awal emang batre tahan lama, tapi udah beberapa hari ini sekitar 2 minggu kurang ko batrenya saya rasa jadi cepat banget habis sampe saya bisa cas 2x sehari, pertama saat batre 100% saya pake tanpa henti game browsing sampe youtube selama kurang lebih 1 jam lebih paling cuma ngurangin 2% tapi skrg malah trun drastis malah bisa sampe 10-13% nguranginnya..
    Apa ketahanan batrenya berkurang? Padahal setiap cas saya matiin hpnya gak pernah saya pake…
    Mohon solusinya ko?
    Trus kira kira klo batre nya di ganti brapa?
    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Krisna,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Kalau baru sebulan, mestinya kemampuan baterai masih normal. Coba Anda cek apakah ada aplikasi yang dicurigai banyak mengonsumsi baterai. Langkah termudah sih lakukan factory reset dulu. Bila tanpa aplikasi tambahan ternyata daya tahan baterai kembali normal, berarti sumber masalah bukan di baterai Anda.

  192. Djaya says:

    Apakah pak Herry sudah mencoba juga Asus Zenfone 3 Max yang baru diluncurkan belum lama ini? Apabila sudah, bagaimana perbandingannya dengan Zenfone Max ini?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Djaya,

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 3 Max.

      • Roby W says:

        Pa Herry, idem pertanyaan untuk yang sama, apakah sekarang sudah ada gambaran umum antara zenfone max 2/16 dengan zenfone 3 max yang terbaru…?

        • Herry SW says:

          Pak Roby W,

          Sudah. Kuncinya begini:
          * Mengutamakan kegegasan dan kenyamanan digenggam: Zenfone 3 Max.
          * Mengutamakan performa kamera: Zenfone Max.

  193. Didy says:

    Sore Pak Herry SW …
    saya minta petunjuk mana yang dirasa bagus dengan budget sekitar 2,4 jt antara asus zenfone max zc550kl , asus zenfone 3 max zc520tl & asus zenfone 2 … saya agak bingung, beberapa kali saya baca buku asus product guide … jujur saya tertarik dengan yang berbaterai besar 5000
    3 hp diatas harganya 2,1 – 2,6 belum termasuk discount … satu lagi bila dibandingkan dengan asus zenfone 2 laser ( harga 2,8 ) apakah yang ini sudah pasti bagus kah ?
    mohon pencerahan ya Pak, saya jujur agak gaptek … dengan budget 2,4 – 2,5 saya minta rekomen merek yang bagus an
    kalo bole saya minta no telp pak Heery + minta ijin bole menelpon jika diperkenankan

    Warm Regards
    Didy

    • Herry SW says:

      Pak Didy,

      Maaf, nomor HP Anda saya hapus. Sebaiknya tidak sembarangan menuliskan nomor HP di tempat publik. Khawatirnya ada yang bermaksud kurang baik.

      Saya belum pernah uji pakai Zenfone 3 Max. Zenfone 2 silakan dicoret. Berarti, tersisa Zenfone Max deh. Silakan beli itu.

      Hmm… berarti Zenfone 2 Laser yang berlayar 6 inci ya. Saya belum pernah coba. Yang pernah saya uji pakai Zenfone 2 Laser dengan layar 5 inci. Itu layak beli.

      Maaf, saya tidak melayani konsultasi via telepon.

  194. Roby W says:

    Pa Herry, hp saya zenfone max 2/16 kira2 klo mau dijual dengan kondisi maSih garansi, lengkap, mulus, dan banyak aksesoris tambahan kira2 dilepas dengan harga berapa ? Dan jika klo mau beli hp vibe p1 turbo second dengan harga 2.5 jt dengn kondisi lengkap dan masih garansi juga mahal atau tidak ? TQ

  195. Roby W says:

    Hi Om HSW,
    1. Mengapa setiap review hp tidak pernah menyebutkan isi awal dalam box dan jika berkenan juga memfotonya ?
    2. Apakah bisa jika ingin hp kita minta direview oleh Om Herry, lalu dikirimkan ke Sby dan ongkir baliknya bagaimana ?
    Tks

    • Herry SW says:

      Pak Roby W,

      1. Karena alasan tertentu, kadang saya sengaja mencari ponsel batangan.

      2. Pada intinya bisa, tetapi sebelumnya harus berdiskusi dulu. Mulai dari tipe ponsel yang akan dikirimkan, skema pinjam pakai, dll. Ongkos kirim balik dari Surabaya menjadi tanggungan saya.

  196. aves says:

    Pak saya minat dengan asus zenfone 3 max.. tapi masih sulit cari yang ram nya 3gb pak.. sbnar nya ada gak yah?? Tks

  197. Roni says:

    Om HSW, apakah ada rencana kaleidoskop hp2 yg pernah direview selama 1 tahun. Misalnya hp terbaik-buruk, hp terberat-ringan, hp terkecil-besar….
    Hehehehe Tq

  198. Yahya says:

    Pak Herry, saya mau sharing mengenai pengalaman dgn Asus SC.
    Zenfone max saya tipe 2/32 pembelian bln 8/2016 terjadi error di gps. lockingnya susah. awalnya saya pikir pengaruh dlm mobil, ternyata di setting di high accuracy tetap suka lompat2. saya cari2 info di forum zentalk, ternyata memang cacat hardware.
    Tgl 19/12/16 saya bawa ke SC Asus di Balikpapan, dan langsung divonis ganti mainboard dgn waktu tunggu max 5 hari kerja. Ternyata tgl 21/12 siang saya diinfo mainboard sdh ready, dan lgsg saya bawa unitnya kembali ke SC. Tgl 22/12 jam 11 siang unit sdh kembali pulih dan gps berfungsi dgn baik (diuji menggunakan aplikasi GPS test dan google maps+waze di mobil dalam keadaan berjalan), walaupun hanya disetting GPS only.
    Jadi dalam hal ini “horror” SC Asus yg tdk sebaik merk lain ternyata sdh berkurang.

    Utk referensi atau cross check testimony ini:
    https://www.asus.com/id/support/Repair-Status-Inquiry/?country=Indonesia

    No ID Perbaikan: IDBK6C0207

    • Herry SW says:

      Pak Yahya,

      Wow… kabar gembira tentang service center Asus nih. Terima kasih atas kesediaannya berbagi informasi, Pak.

  199. adi titi says:

    halo koh Herry, kamera zenfone 2 laser 4g dengan zenfone max sama2 pakai laser. lalu apa yang membedana (bagus mana?). dengan harga zenfone 2 laser 4g 1,8jt dan zenfone max 2,1jt, berani mana? terima kasih koh

    • Herry SW says:

      Pak Adi Titi,

      Sama-sama bagus. Lha pada intinya sama kok.

      Pembedanya, Zenfone Max dibekali baterai berkapasitas jumbo dan layar lebih besar. Kalau Anda memerlukan ponsel dengan baterai besar, silakan membeli Zenfone Max. Kalau tak perlu, ya beli Zenfone 2 Laser yang 4G saja.

  200. Loha says:

    Malam, Pa Herry,,
    1. Apakah zenfone max tersebut merupakan HP yang paling berat dr semua type hp yang pernah bapak uji setahun belakangan ini,, jika tidak apa yg paling besar lagi bobotnya…
    3. Jika Kinerja kamera cepat dlm fokus dan mengambil gambar apakah berbanding lurus dengan Hasil fotonya yang bagus juga nantinya atau bagaimana,, tq

  201. Robbie says:

    Pa, kira2 baterai vibe p1 turbo dan zenfone max apakah sama2 jenis Li-po bukan Li-ion kah ?, dan kenapa untuk baterai tanam selalu lithium polymer dan yang removable liion (mohon koreksi jika salah)

    kemudian apakah hp dengan body logam lebih baik daripada yang plastik,.misal dari segi peredam panas lebih baik mana dan jika tidak sengaja terjatuh apakah body logam lebih kuat dengan yg body yg biasanya (plastik) jika perbandingan zenfone max dan vibe p1 turbo,, mohon pengalaman secara pribadi/subyektif aja koh dijawabnya…..

    • Herry SW says:

      Pak Robbie,

      Saya tidak ingat dan tidak memperhatikan jenis sel baterainya. Benarkah baterai tanam pasti lithium polymer? Saya tidak memperhatikannya. Lithium polymer biasanya lebih ringan dan dibuat lebih tipis.

      Nggak juga deh. Tergantung desain keseluruhan.

  202. Avent says:

    Misi mas, utk pengisian baterai selama 4 sampai 5 jam itu bergantung pada kepala/adapter chargernya tidak? Seandainya charger bawaan terjadi kerusakan dan kita membeli kepala/adapter charger lain yg berbeda besar ampere nya dengan charger bawaan, bisa memerlukan waktu berapa lama utk pengisian baterai? Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Avent,

      Asumsinya memakai kepala charger bawaan.

      Saya sempat coba pakai charger yang bisa mengeluarkan output 2,1A. Hasilnya, proses pengisian baterai tetap perlu waktu sama sehingga dapat disimpulkan kalau ponsel memang tak bisa menerima input besar.

  203. Lolot says:

    Siang Pa Herry, saya ingin menayakan beberapa hal ;
    – hp dikatakan tergolong flagship dilihat dari mananya, apakah kameranya/ spesifikasi hardware / casing body premium,,
    – best value for.money, dan best performance, juga poor gawai utk setahun belakang…. TQ

    • Herry SW says:

      Pak Lolot,

      * Biasanya dilihat dari spesifikasi. Yang spesifikasi tinggi atau tertinggi dikategorikan sebagai sebagai flagship. Karena strategi antarmerek berbeda, bukan mustahil flagship merek A kalau dimasukkan ke merek B hanya tergolong kelas menengah atas.

      * Pertengahan Januari 2017 akan saya buatkan daftarnya. Tunggu ya. Saya harus mencermatinya dulu. Kalau gawai terburuk sih mudah banget ditentukan. Menang mutlak banget deh dia. Siapa? Samsung Z2.

  204. Avent says:

    Pak HSW, boleh tolong dibuatkan daftar tentang sisi plus dan minus nya apa saja? Dan lebih mendingan mana dibanding dengan zenfone 3 max zc520tl? Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Avent,

      Silakan baca lagi tulisan di atas dan buat sendiri daftar plus minusnya.

      Kalau Anda ingin baterai lama, tetapi bodi ramping dan tak terlalu berat, ambil Zenfone 3 Max. Kalau ingin baterai lama dan kamera bagus, ambil Zenfone Max.

  205. Arieve says:

    Pak HSW
    Apa ada aplikasi rekomandasi fast charger untuk zenfone max ZC550KL. saya baru beli ZC550KL tiap charge hape lama banget bisa sampai 6 jam. hingga swaktu pengisian baterai mulai akan tidur smp bangun blm full. adakah solusi untuk mempercepat proses pengisian baterai

    • Herry SW says:

      Pak Arieve,

      Tak ada rekomendasi. Sepertinya ponsel itu memang tak mendukung fast charging.

      Biasanya sekitar lima jam. Anda tidur berapa lama kok sejak tidur sampai bangun masih belum penuh?

      Tak ada solusi.

  206. helmi says:

    Kalau di bandingkan dengan flash plus 2 secara keseluruhan (tanpa memikirkan baterai tahan lama) anda pilih yg mana?

  207. Robbie says:

    Pa, saya ingin menayakan beberapa hal, yaitu ;
    1. Kenapa jarang sekali tapi pernah sinyal sim card dan sd card kadang hilang sendiri tiba2 dan beberapa saat bisa balik lagi dengan restart …
    2. Mengapa pernah bebrapa kali setelah hp di restart tiba2 masuk ke Safe Mode,maksudnya apakah mode itu dan mengapa bisa masuk ke mode tsb?, truz saya shutdown kembali dan normal sih…. Tks atas waktu dan informasinya,,

    • Herry SW says:

      Pak Robbie,

      1. Mungkin ada aplikasi yang crash, firmware bermasalah, atau hardware ada yang tidak normal.

      2. Saat ponsel sedang proses restart, bisa jadi tanpa sadar Anda menekan kombinasi tombol tertentu yang mengarahkan ponsel ke safe mode.

  208. sari says:

    Pak..heri..mau tanya. Sekrg kan sulit cari zenfone max..yg masih banyak asus pegasus .sy pilih ram 3 gb. Menurut pak heri bagus mana asus pegasus max dgn zenfone max? Klo sdh pernah pakai apakah asus pegasus max ini mudah panas,? Trims

    • Herry SW says:

      Bu Sari,

      Zenfone Max masih banyak kok. Anda di kota mana tho?

      Pegasus itu berarti Zenfone 3 Max. Tingkat kegegasan lebih bagus Zenfone 3 Max. Sedangkan kamera dan daya tahan baterai lebih bagus Zenfone Max.

      Zenfone 3 Max tidak mudah panas.

      Btw, unit yang Anda beli bergaransi resmi kan? Saya agak khawatir Anda membeli barang tanpa garansi resmi.

  209. nick says:

    saya beli zenfone max bulan nov 2016. saya suka sama batere nya yang 5000 mah,cocok buat saya yang suka main game Get Rich yang sinyal harus stabil (4G/H+. H suka DC). ada sedikit tips nih biar kalo mau pake zenfone max pagi hari bisa full. sisakan batere hp minimal 30% agar bisa di charger selama +/- 3 – 4 jam dan mode pesawat. problem di zenfone max adalah kadang foto suka rusak (gambar foto robek di silang),google map bawaan suka FC (kalo udah di upgrade tidak mudah FC). itu aja sih

  210. Dico says:

    Haloo Pak Herry..

    Izin tanya2 lagi, mohon responnya

    Saya barusan keliling2 konter, rencana mau beli hp baru dg budget 2.2 juta. Nah pertanyaannya..

    1. Kalo saya ganti HISENSE PURESHOTS PLUS 1.7 juta, sementara saat ini gawai saya ASUS ZENFONE 2 LASER ZE500KL itu menurut Pak herry jadi upgrade atau malah downgrade pak?

    2. Menurut Bapak, lebih cenderung pilih ASUS ZENFONE MAX atau ZENFONE 3 MAX ?

    3. Setelah sy keliling2 konter (saya domisili di Semarang), rata2 SPG/SPB nawarinnya hp OPPO tipe A37 dg harga 2 juta dg berbagai bonus2nya. Apakah bagus hp tsb Pak mengingat utk harganya masuk dikantong saya?

    4. Jujur, saya cuma punya pilihan 3 hp itu saja utk saat ini, yakni HISENSE PURESHOTS PLUS, ASUS ZENFONE 3 MAX atau MAX (tok), dan OPPO A37. Adakah saran merk lain yg menurut Pak Herry bagus selain yg diatas? (Yg aftersales nya bagus, dan yg bukan merk china lokalan)

    Sebagai tambahan informasi, iseng2 saya tanya, utk ZENFONE 2 LASER ZE500KL udah ga ada di pasaran Semarang alias discontinue, adanya seri yg 6 inch.

    Mohon tanggapannya ya Pak, panjang lebar jg gapapa, hehe.. terimakasih Pak Herry. Salam

    • Herry SW says:

      Pak Dico,

      1. Downgrade sih.

      2. Kuncinya Anda lebih perlu kamera bagus (Zenfone Max) atau kegegasan dan kenyamanan ponsel dikantongi (Zenfone 3 Max).

      3. Ha… ha… nggak kaget deh. Jangan beli Oppo deh.

      4. Anggaran Anda berapa nih?

      ZE500KL sebenarnya belum diskontinyu. Mungkin stoknya saja yang kebetulan kosong.

  211. Dico says:

    haha siap Pak, sy jg sudah baca2 ulasan & komentar seputar ponsel Oppo di blog Pak Herry, bener deh rata2 konter yg saya tanya pada nawarin Oppo, hehe..

    Anggaran sama 2.2 jeti Pak, bagus kalo kurang, atau ada lebih2 dikit jg gpp deh asal menurut Pak Herry layak beli, juga buat pertimbangan saya saja ada banyak opsi

    Yang pasti patokan spek nya diatas ASUS ZENFONE 2 LASER ZE500KL aja Pak, suwuun 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Dico,

      Kalau Rp 2,2 juta ya pilihannya Asus Zenfone 3 Max (utamakan kegegasan dan kenyamanan dikantongi) atau Zenfone Max (utamakan kamera). Keduanya sama-sama dibekali baterai gede.

  212. Robbie says:

    Hi pa Hsw, saya mau tanya, bulan lalu saya beli mifi m3z paket connex evo, kemudian kartu smartfren tsb saya pindah ke hp zenfone max tetapi hasilnya silang (x) tidak ada sinyal
    Pertanyaan kami adalah apakah ada setting khusus agar kartu itu bisa dipakai internet di hp juga, btw jenis kartunya warna merah klo tidak salah,, tq

    • Herry SW says:

      Pak Robbie,

      Kartu bawaan mifi Andromax hanya bisa digunakan di mifi tersebut. Kalau dipindahkan ke mifi, modem, atau ponsel lain, pasti takkan dapat sinyal.

  213. erwan says:

    Pak HWS, saya mau tanya. Klo pertama kali beli zmax, bagus nya di cas langsung apa di pake dulu sampe habis ? mohon saran nya pak, xie”.

  214. Yans says:

    Permisi om Herry, mau tanya nih kalo asus zenfone max ini dibandingin sama oppo a37 dari segi kamera, baterai, ketahanan kira-kira lebih bagus yg mana ya? Mending saya beli yg mana? Hehe terimakasih om ;))

  215. Tatik says:

    Pak Herry, asus zenfone max ini ramnya kan cuma 2 gb apa tdk lola? Pengalaman pak Herry install apk apa saja? Kalo sy install medsos (line, wa, bbm, ig, path, snapchat) dan beberapa apk pendukung serta game apa mungkin asus zenfone max sy nanti jadi lola? Makasih tanggapannya

    • Herry SW says:

      Bu Tatik,

      Waks… kalau pemakaian Anda seperti itu, minimal Anda harus mencari ponsel dengan RAM 3 GB yang tergolong kelas menengah atas. Zenfone Max tidak cocok. Setidaknya Anda membeli Asus Zenfone 3 ZE520KL deh.

  216. Tatik says:

    Kalo begitu dengan ram 2gb kira-kira sy bisa install apk apa saja ya pak?

  217. Yans says:

    Om mau tanya lagi dong hehehe kalo kmrn kan katanya oppo langsung coret, nah kalo bandingin asus zenfone max ini sama xiaomi 4 prime kira-kira mending mana ya om? Dan apa alasannya? Terimakasih banyak om sudah mau menanggapi lahi hehehe 🙂

  218. Yans says:

    Maaf om, maksud saya yaitu xiaomi redmi 4 prime dengan asus zenfone max, kira-kira bagus mana ya om? Hehe

  219. Sunar says:

    Pak herry
    Setelah saya selalu baca review bapak,kemaren
    Saya sudah beli zenfone max 2/32 seharga 1.880 kamera bagus,baterai jg awet dan ckp lancar buat browsing dan buka” sosmed.mau tanya lg pak hp 1 jt kebawah yang bagus dan sudah 4G apa ya pak selain andromax.terimakasih

  220. Muhammas sion putra says:

    Hai om herry , ini asus zenfone max 2/32gb seperti kalau lagi membuka bbm, whatsapp atau medsos yg lain ketika mau ngetik keyboard kenapa lalu keluar sendir dan langsung kembali ke layar utama
    Mohon saran nya om

    • Herry SW says:

      Pak Muhammas Sion Putra,

      Keyboard memang akan otomatis keluar. Namun, seharusnya tidak kembali ke layar utama.

      Sulit menentukan masalahnya kalau tidak langsung memegang ponselnya. Alternatif solusi yang bisa saya berikan hanya dua:
      * Mampir ke pusat perbaikan resmi dan minta tolong dicek.
      * Lakukan factory reset.

  221. Lolot says:

    Pa Hsw, minta tolong bahasa mudahnya/ penjelasan utk istilah :
    1. laser autofocus, phase detection autofocus (PDAF), dan continuous autofocus pada kamera hp dan lebih baik yg mana ?
    2. Fungsi kamera- Geo tagging utk apa ?
    3. Fungsi spekaer Active noise cancellation with dedicated mic ?
    4. GPS di hp, antara A-GPS, GLONASS, BDS, apakah fungsinya beda ?, Tks

    • Herry SW says:

      Pak Lolot,

      1. Hmmm… itu intinya menjelaskan cara kerja fokus otomatis di kamera ponsel. Terus terang saya tidak paham detailnya. Pakar fotografi yang lebih paham. Mana yang lebih baik? Bergantung optimalisasi di setiap ponsel.

      2. Menambahkan koordinat lokasi di suatu foto. Misalnya, Anda sedang liburan ke luar kota dan memotret banyak objek. Sepuluh tahun kemudian, Anda membuka-buka lagi foto lama itu. Wah, ada gedung yang cantik banget. Namun, Anda lupa gedung itu berada di mana.

      Bila saat memotret gedung tersebut Anda mengaktifkan geo tagging, Anda bisa mengklik ikon tertentu yang kemudian akan membuka Google Maps dan menunjukkan kepada Anda di lokasi mana foto itu dijepret.

      3. Intinya itu mengurangi noise. Jadi, suara yang terdengar akan lebih jelas.

      4. Intinya sama, berfungsi menunjukkan koordinat atau lokasi.

  222. Vicky says:

    Pak Herry, perbedaan signifikan apa sih dari android yg diperbaharui (apa keunggulan utama) dari edisi Lolipop ke edisi Marshmallow ke edisi Nougat?

    Makasih ya Pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *