Review Delcell IP50: Penyamaran Terbongkar Kala Tombol Ditekan

Menjelang atau saat Lebaran, sebagian orang biasanya membagikan hadiah kepada orang-orang terdekatnya. Bila orang-orang terdekat Anda kebetulan termasuk penggemar acang alias gadget, tak ada salahnya Anda mengejutkan mereka dengan memberikan “iPhone 5”. Harganya tak sampai jutaan rupiah. Cukup Rp 355 ribu.

Ya, peranti itu mesti dituliskan dengan dua tanda petik. Sebab, ia sebenarnya adalah power bank yang menyerupai Apple iPhone 5. Nama lengkapnya Delcell IP50. Saat diletakkan berdampingan dengan iPhone 5 beneran yang layarnya sedang padam, ia bagaikan saudara kembar. Ukuran, letak, dan bentuk tombol di sekeliling bodi juga bak cermin dibelah.

IP50-2

Perbedaan di antara keduanya terlihat di sisi belakang IP50 dan iPhone 5. Satu bertuliskan IP50 dan Delcell, satu lagi iPhone. Awalnya ada stiker garansi yang menutupi gambar apel di IP50. Penulis sengaja melepaskannya.

IP50-4

Abaikan stiker kertas di iPhone 5 putih yang terlihat di foto. Ponsel tersebut penulis pinjam dari sebuah toko penjual ponsel bekas. Nah, stiker itu berisi informasi untuk karyawan toko dan calon konsumen.

Penyamaran IP50 terbongkar tuntas kala satu-satunya tombol di bawah layar ditekan. “Layar” power bank itu tetap padam karena ia sebenarnya memang tidak dibekali layar. Hanya ada empat lampu berwarna biru sebagai indikator baterai. Sementara itu, layar iPhone 5 asli spontan akan menyala saat tombol home dipencet.

IP50-3

IP50 berdimensi fisik 124,7 x 60 x 8,5 mm dan berat 120 gram. Baterai lithium polymer berkapasitas 4.000 mAh dibenamkan ke dalam bodinya. Saat dipakai untuk mengisi ulang acang, IP50 mampu mengalirkan arus sebesar maksimal satu Ampere. Kala baterai acang tujuan terisi penuh, normalnya IP50 akan otomatis berhenti bekerja. Namun, dalam uji pakai yang penulis lakukan, sesekali IP50 sudah beristirahat meskipun proses charging belum tuntas.

IP50-6

Berbeda dengan mayoritas power bank yang beredar di pasar, sebuah konektor micro USB berfungsi sebagai konektor input sekaligus output IP50. Tidak ada port USB di sekeliling tubuh peranti itu.

IP50-5

Kondisi tersebut bermakna dua hal. Pertama, untuk mengisi ulang baterai acang lain, pengguna wajib memakai kabel micro USB to micro USB bawaan IP50. Perbedaan konektor membuat pengguna mustahil memanfaatkan kabel bawaan ponsel maupun power bank lain. Kedua, IP50 hanya pantas dilirik oleh pengguna acang dengan konektor charger micro USB.

IP50-1

Kian tertarik membeli IP50 untuk hadiah Lebaran? Bila iya, penulis memberikan satu saran tambahan. Belilah case tambahan untuk iPhone 5. Entah jelly case, hardcase, atau leather case. Aksesori itu dapat terpasang sempurna di IP50. Penulis telah membuktikannya.

IP50-7

Kepada penerima hadiah, serahkan IP50 yang telah dipadukan dengan case dulu. Setelah mereka sadar kalau yang didapatkan bukan iPhone 5 asli, barulah Anda memberikan kardus IP50 dan kelengkapannya.

14 thoughts on “Review Delcell IP50: Penyamaran Terbongkar Kala Tombol Ditekan

  1. Pak Yusuf,

    Kalau WTC, coba cari di Garuda Teknik lantai 1. Kalau Marina, coba cari di Marlindo atau Phone Shop. Saya tak tahu pasti siapa yang sedang punya stok.

    Alternatif lain, langsung ke kantor cabang Delcell saja di Jl Biliton 1 (sebelah Rumah Cantik Citra). Mestinya mereka punya stok.

  2. Saya menggunakan bazel 11000, kadang2 juga mengalami pengisian yang terhenti di tengah jalan.
    Apakah itu kira2 masalah power bank atau kabel yang digunakan pak?

    1. Pak Yodi,

      Saya lupa Bazel 11000 bisa berhenti otomatis kala baterai ponsel tujuan sudah penuh atau tidak. Ponsel yang dipakai apa? Kabel yang dipakai apa pula?

  3. Pak HSW, saya pernah mencari toko Delcell di Biliton no 1 tapi tidak ketemu. Setelah kosmetik Citra itu toko jual sepeda, banyak sepeda yg dipajang. Jadi ragu apakah itu tokonya?

    1. Cak Hananto,

      Ya, memang di toko yang dari luar jelas-jelas terlihat sebagai toko sepeda itu. Gerai tersebut dipakai bersama oleh Delta Cycle dan Delta Gadget. Yang satu jualan sepeda, yang satu lagi jualan power bank dan aneka aksesori ponsel. Etalase yang memajang aksesori acang kurang terlihat dari luar.

  4. Pak Herry,
    Jadi Delcell ini tidak mungkin dipakai untuk mengisi ulang batere iPhone ya ? tidak disertai kabel dari micro usb ke iphone ? saya pengguna iphone 4s..

    terimakasih pak… 🙂

    1. Bu Rita,

      Ya, dengan paket penjualan bawaan, IP50 takkan bisa dipakai mengisi ulang baterai iPhone 4s.

      Kalau Anda kebetulan memiliki adapter tambahan, boleh deh dicoba. Tapi, saya tak menjamin sukses. Jadi urutannya begini:
      * Kabel bawaan memiliki dua konektor micro USB.
      * Tancapkan satu konektor ke IP50. Satu konektor micro USB lain sambungkan ke adapter “micro USB to iPhone connector”. Itu kalau Anda kebetulan mempunyainya.
      * Setelah dipasangin adapter, tancapkan ke iPhone Anda.

  5. Pak Herry SW, power bank dengan merk terpecaya dan ga terlalu mahal apa ya ? atau menurut pak Herry power bank yg harga 300an paling layak di beli apa ya.? Terima kasih.

    1. Pak Anton,

      Kalau 2.000 mAh memadai, ada Sony CP-ELS yang tersedia dalam berbagai warna. Harga barunya maksimal Rp 249 ribu. Warna merahnya menarik.

      Kalau mau kapasitas lebih besar, 4.000 mAh, boleh melirik Delcell P40. Harga baru Rp 299 ribu.

      Kalau mau yang unik dan bukan abal-abal, ada Delcell IP50 yang bentuknya kayak iPhone 5. Harga baru Rp 355 ribu.

      Oh ya, ada pula Nokia DC-16 yang berkapasitas 2.200 mAh. Harga baru sekitar Rp 275 ribu. Warna birunya keren.

  6. Oh iya pak Herry SW, power bank yg bagus harga 300an dan di kasih connector micro usb dan connector nokia yg kecil yg 2 mm. Terima kasih lagi.

    1. Pak Anton,

      Kalau micro USB sih sekarang sudah menjadi paket penjualan standar. Sedangkan konektor Nokia dua milimeter alias bundar kecil belum tentu disertakan. Coba cari Delcell P6000. Paket penjualannya termasuk aneka konektor, termasuk untuk Nokia. Harga baru saat ini mungkin Rp 399 ribu. Review ada di http://ponselmu.com/bentuk-sama-kapasitas-berbeda/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *