Review Delcell P78: Bodi Aluminium, Senter Ekstraterang

Pemakaian bahan aluminium dapat membuat tampilan fisik sebuah gawai, acang, alias gadget terlihat lebih mewah. Delcell belum lama ini menghadirkan P78, power bank berbodi aluminium yang dijual Rp 328 ribu.

P78 dibekali baterai berkapasitas 7.800 mAh. Bila dibongkar, di dalam tubuh peranti itu akan ditemukan tiga sel baterai Samsung dan rangkaian pengaman. Sebuah port USB siap mengalirkan arus sebesar maksimal satu ampere. Untuk memulai pengisian ulang baterai ponsel, pengguna harus menekan tombol di bodi power bank. Ketika baterai gawai tujuan telah terisi penuh, proses charging otomatis berhenti.

P78-1

Sebuah lampu senter ekstraterang tersedia di P78. Intensitas cahayanya jauh lebih tinggi dibandingkan mayoritas lampu senter di power bank dan ponsel yang sekarang beredar. Yang mampu menandingi lampu senter P78 tampaknya cuma lampu senter kepunyaan power bank Bazel P7000.

Di bagian atas P78 terdapat sebuah lampu yang dapat bercahaya aneka warna. Lampu itu bertugas menunjukkan sisa daya. Bila saat tombol ditekan lampu menyala hijau, berarti daya power bank masih tersisa banyak. Seiring berkurangnya daya, warna lampu akan berubah menjadi biru, kuning, lalu merah.

Lampu merah bermakna daya baterai internal P78 hampir habis dan perlu segera diisi ulang. Hubungkan power bank berukuran 57,2 x 21 x 91 mm dan berat 120 gram itu dengan charger berkonektor micro USB. Arus maksimal yang sanggup diterima P78 sebesar satu ampere.

Paket penjualan P78 menyertakan sebuah kabel multikonektor. Tersedia konektor mini USB, micro USB, bundar kecil alias dua milimeter Nokia, lightning Apple, dan 30 pin Apple. Pembeli berhak menikmati garansi produk selama setahun.

P78-2

Dalam pantauan penulis, P78 merupakan power bank berbodi aluminium kedua yang ditawarkan Delcell. Tahun lalu, mereka memperkenalkan Delcell P40. Power bank dengan tebal hanya sembilan milimeter alias tak sampai satu sentimeter itu memanfaatkan baterai lithium polymer 4.000 mAh.

Untuk mengetahui sisa daya di P40, pengguna cukup mengusapkan jari ke touch display. Semakin banyak lampu biru yang menyala, berarti semakin banyak daya yang tersisa. Sampai saat ini P40 masih tersedia di pasar. Harga jual ecerannya Rp 299 ribu.

24 thoughts on “Review Delcell P78: Bodi Aluminium, Senter Ekstraterang

    1. Pak Erfan,

      Ya, secara fisik mirip banget dengan Bazel 7000. Namun, praktiknya, bukan sekadar berganti merek. Perbedaan di antara dua merek itu:
      * Beda kapasitas. P78 dibekali baterai berkapasitas lebih besar.
      * Beda sel baterai. Kualitas sel baterai yang dipakai di P78 lebih bagus. Pakai sel baterai Samsung 18650.
      * Beda komponen. Kata teman yang hobi membongkar power bank, di dalam P78 ada beragam rangkaian pengaman.

  1. Pak herry saw, mau tanya mohon dijelaskan mengenai penggunaan dellcell p78 untuk pengecasan HP sampai berapa kali

  2. saya memakai droid razr m baterai 2000mah ma lenovo p770 3500mah, bisa direkomendasikan power bank apa yang cocok?kalau power bank romoss bagaimana pak herr?
    terima kasih banyak atas respon dan tanggapannya.

    1. Pak Samesull,

      Total baterai ponsel yang sehari-hari Anda gunakan berarti 2.000 + 3.500 = 5.500 mAh. Delcell P78 mestinya tak mampu mengisi baterai keduanya sampai penuh. Satu ponsel bisa terisi penuh, satu lagi hampir penuh.

      Kok bisa begitu? Bukankah P78 berkapasitas 7.800 mAh? Silakan membaca tulisan ini untuk mendapatkan gambaran umum http://ponselmu.com/hitung-kemampuan-portable-charger/

      Untuk Anda, saya menyarankan mencari power bank berkapasitas sekitar 10.000 mAh.

      Saya belum pernah mencoba power bank Romoss.

  3. Terima kasih banyak pak Herry SW ata sharing yang bermanfaat ini yang sangat bermanfaat sekali. Kalau bisa minta no hpnya untuk sharing sesuatu yang baru tentang gadget di lain waktu.

    Salam kenal dari saya,

    samesull

    1. Pak Samesull,

      Sama-sama, Pak. Terkait permintaan nomor telepon, maaf, saya tak bisa memenuhinya.

  4. bisa dibeli di toko mana ya powerbank ini pak Herry? Bila dibandingkan dengan Yoobao bagus mana?
    Kalau boleh tau berapa rata2 umur pakai pwerbank berkualitas bagus ya pak Herry,apakah bisa sampai 3-4 tahun?

    1. Pak Bondan,

      Paling mudah beli online via http://www.delcell.com.

      Asalkan Yoobao-nya yang orisinal, sama-sama menarik dan layak beli sih.

      Rata-rata kemampuan power bank akan menurun signifikan setelah di-charge 500 kali. Nah, tinggal dihitung berapa hari sekali Anda mengisi ulang power bank itu.

  5. Pak Herry di tautan web tersebut stock-nya tidak ada sedangkan toko yg di jalan biliton itu saya lihat kok kelihatannya tutup ya
    Adakah alternatif toko laennya,kalau bisa yg ada display barangnya sehingga saya bisa melihatnya secara langsung
    Terima kasih atas masukannya

    1. Pak Bondan,

      Jumlah stok di Delcell.com tidak real time. Jadi, meskipun tertulis stok kosong, realitanya bisa sebaliknya. Langsung saja coba kontak alamat email atau nomor telepon yang tertera di sana.

      Yang di Biliton memang sudah tutup. Selanjutnya Delcell lebih konsentrasi jualan online.

      Hmm… mau lihat barang nyatanya dulu ya. Coba cek di Garuda Teknik – WTC Surabaya atau Phone Shop – Plasa Marina.

  6. Pak Herry saya mau tanya lagi,butuh waktu berapa jam ya untuk proses charging P78 ini sampai benar2 full?
    Terima kasih

    1. Pak Bondan,

      Terus terang saya sudah lupa, dulu waktu mencobanya perlu waktu berapa lama sampai penuh. Perhitungan kasar saya sekitar sembilan jam.

  7. Pak Herry (akhirnya) saya membeli P78 ini di delcell.com, kebetulan lagi ada cuci gudang jadi harganya cuman tinggal 200ribu aja
    Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan
    1. Bagaimana tanda proses charging powerbank berjalan, apakah benar berkelip-kelip?
    2. Ini baru saya pakai pertama tapi dari pihak delcell kok baterainya berwarna merah ya, setau saya apabila membeli gadget baru baterainya seharusnya tidak benar2 habis, apakah wajar?
    3. Kabel multi konektor untuk disambung ke gadget saya (LG) saya tidak bisa melakukan proses charging, padahal konektor Nokia nya berjalan normal alias bisa. Apakah hal tersebut bisa diklaim? Sebagai gantinya saya menggunakan kabel bawaan LG saya, apakah tidak masalah?

    1. Pak Bondan,

      1. Saya sudah lupa bagaimana indikatornya ketika power bank sedang di-charge.

      2. Merah kan bukan berarti benar-benar habis. Merah bermakna daya baterai lemah. Hal itu wajar deh.

      3. Ok. Berarti konektor micro USB tak berfungsi ya? Tak ada salahnya coba melakukan klaim. Menggunakan kabel bawaan ponsel LG boleh-boleh saja kok. Boleh tahu Anda di kota mana?

  8. Saya sama dengan Pak Herry di kota kita yang terkenal dengan panasnya, Surabaya. Terima kasih atas jawabannya pak

  9. Saya tidak melakukan klaim Pak Herry, habis di waktu juga. Lagipula menurut rekomendasi Pak Herry memakai kabel bawaan LG juga tidak masalah, ya sudah 😀

    1. Pak Bondan,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Oh ok. Anda di Surabaya kan? Kalau memang masih membutuhkan, di lemari saya sepertinya masih punya kabel charging Delcell. Saya bersedia menghibahkannya. Kita bisa bertemu di foodcourt WTC Surabaya pada siang hari. Silakan kabari mau ketemuan pada 3 Juni atau 4 Juni 2015.

  10. Maaf baru merespon Pak Herry. Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya, tapi untuk saat ini kabel masih belum butuh banget saya. Mungkin nanti di lain kesempatan kalau saya butuh bisa mengabari Pak Herry 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *