By

Review Delcell Quad Charger: Satu Charger, Empat Colokan

Meskipun sedang membawa 3-4 ponsel, saat bepergian penulis cukup membekali diri dengan satu charger dan beberapa buah kabel micro USB. Proses charging baterai ponsel tak perlu bergiliran alias satu per satu. Kalau mau, semua dapat diisi ulang secara bersamaan.

Kok bisa? Sebab, charger yang penulis gunakan mempunyai port atau lubang/colokan USB lebih dari satu. Contohnya, Delcell Quad Charger. Charger itu memiliki empat colokan USB. Ia juga dibekali lampu indikator untuk mempermudah pengguna mengenali colokan USB mana yang sedang bekerja.

Delcell Quad-1

Dua di antara empat colokan USB di Quad Charger masing-masing mampu melewatkan arus hingga satu Ampere (1A). Sedangkan dua sisanya memiliki output maksimal sampai 2A per colokan. Bila semua colokan USB itu dipakai untuk mengisi ulang baterai ponsel atau tablet, total output terbesar yang dapat dihasilkan Quad Charger sebesar 4,1A.

Bila dicermati, di sisi muka Quad Charger terdapat tulisan 1, 2, 3, dan 4 yang dibingkai dengan gambar ponsel dan tablet. Tulisan itu bukan sekadar hiasan. Kala Quad Charger sedang melakukan proses charging, bakal ada lampu merah yang menyala. Kalau lampu itu menyala di angka 1, berarti colokan USB pertama sedang bekerja. Sedangkan kalau lampu merah menyala di angka 2, berarti colokan USB kedua sedang bekerja. Begitu seterusnya.

Ritme nyala lampu merah itu sebenarnya juga memberikan informasi tambahan. Lampu merah yang berkedip perlahan bermakna colokan USB itu sedang melewatkan arus minimal 200 mA dan maksimal 1.000 mA. Bila lampu merah konstan menyala, berarti arus yang lewat antara 1.100 mAh hingga 2.000 mA.

Delcell Quad-2

Selama proses uji pakai, penulis telah menggunakan Quad Charger untuk mengisi ulang belasan tipe ponsel, beberapa power bank, dan satu tablet. Mereknya beragam. Kalau diurutkan berdasarkan abjad, meliputi Acer, BlackBerry, LG, Nokia, Samsung, Smartfren Andromax, Sony, dan Xiaomi. Ditilik dari harga jual, mulai dari ponsel berharga jual Rp 300 ribuan sampai lebih dari Rp 7 juta.

Hasilnya, Quad Charger selalu berhasil mengisi ulang gawai alias gadget yang dihubungkan dengannya. Bila dipantau menggunakan peranti khusus, arus yang dikeluarkan charger multicolokan itu juga sesuai dengan spesifikasi.

Saat ini Quad Charger dijual Rp 247.500. Ia pantas dimiliki oleh siapa pun yang sehari-hari rutin memakai beberapa ponsel dan tablet. Tak perlu lagi berebut colokan listrik di rumah, kantor, atau tempat publik. Berkat Quad Charger yang kinerjanya terbukti bukan abal-abal itu, cukup satu colokan listrik untuk mengisi ulang sampai empat gawai.

25 Responses to Review Delcell Quad Charger: Satu Charger, Empat Colokan

  1. Priyo says:

    rekomendasi tempat belinya di mana pak Herry? pazia kadang ga ada lho klo yg d jakarta, klo bisa toko yang ada jaringannya supaya mudah klaim klo produknya bermasalah

  2. Doni F says:

    Mohon maaf pak Herry, mungkin bisa memberikan informasi, kapan kita menggunakan colokan yg 1A dan kapan yg 2A.. Apakah semuanya bisa digunakan utk semua gadget, ato sebenarnya punya tujuan tersendiri? (misal, yg 2A hanya utk tablet). Terima kasih sebelumnya atas info yg diberikan, soalnya saya tertarik untuk membelinya, pak..

    • Herry SW says:

      Pak Doni F.,

      Colokan yang 1A pantas dipadukan dengan ponsel.
      Colokan yang 2A layak dipasangkan dengan tablet.

      Bagaimana kalau yang akan di-charge kebetulan ada 3-4 buah dan seluruhnya ponsel? Silakan memakai colokan 2A. Charger otomatis akan mengatur besaran arus yang keluar.

  3. hartono says:

    pak herry, beli colokan begini kalo di sby dimana ya pak? mhn info. thanks

    • Herry SW says:

      Pak Hartono,

      Silakan coba berburu di WTC atau Plasa Marina. Sebelumnya tersedia pula di Jl Biliton 1, tetapi gerai itu mulai kemarin siang telah tutup.

  4. liat2aja says:

    Bung HSW dalam paketnya hanya kepala charger saja atau include kabel data juga? Ketemu di web harga 200 ribu trusted seller juga karena saya pernah beli sama seller tsb. Saya mau beli, pakainya untuk saat keluar kota saja

  5. Herry SW says:

    Sekadar info,

    Bagi rekan di Surabaya yang kebingungan mencari Delcell Quad Charger, bisa coba mampir ke sini:

    Phone Shop
    Plasa Marina lantai 2 no H 215

    Barusan dapat kabar kalau toko tersebut punya stok.

  6. @halloarie says:

    Lho toko delta di biliton wes tutup ya, padahal sebelum ramadhan beli batrei delcell buat bb dsana.
    itu Pindah toko atau tutup seterusnya toko delta?

    • Herry SW says:

      Pak @halloarie,

      Iya. Beberapa hari menjelang Lebaran (kalau tak salah mulai 26 Juli 2014) tutup untuk selamanya. Mereka selanjutnya akan berkonsentrasi melakukan penjualan secara online via Delcell.com.

  7. Siem Iswanto says:

    Rp.485.000,- no nego di tempat yang direferensikan di atas. Just info.

  8. Doni F says:

    Baik terima kasih pencerahan nya pak.. Tapi, harganya kok jadi melambung gitu ya?! Apa gara2 reviu dari pak Herry ini?! Haha..

    • Herry SW says:

      Pak Doni F.,

      Kalau tidak terburu-buru, minggu depan pesan lewat Delcell.com saja. Biar dapat harga resmi. Minggu ini masih tutup karena libur Lebaran.

  9. liat2aja says:

    Sudah dapat jawaban dari seller langganan saya, harga Rp 200.000 yg tertera di webnya tidak termasuk kabel data. Saya baca review di web bung mantugaul padahal include 1 kabel data dalam paketnya

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      Kabel micro USB yang disertakan, setahu saya, hanya berlaku selama masa promosi. Saya tak tahu promosi tersebut masih berlaku atau tidak.

  10. yoppi y.m says:

    Review nya sangat membantu banget om, dan alhasil sekarang saya pake 2 , satu di kantor satu di rumah jadi udah g ribet bawa-bawa adaptor charger lagi…

  11. budiwijaya says:

    Pak, ini review untuk produk ini [1] ya?
    Dari foto kok sepertinya berbeda ya?

    –budiwijaya

    [1]http://www.delcell.com/shop/index.php?page=shop.product_details&product_id=419&category_id=32&flypage=flypage.tpl&option=com_virtuemart&Itemid=71

  12. Erwin says:

    Malam pak Herry
    Beberapa hari yg lalu saya membeli charger LVSUN yg 4 colokan,1A dan 2A masing2 2 colokan. Tapi klo saya ukur outputnya dengan Charger Doctor,voltase mah sekitar 5,2v,tapi kok arusnya tidak sesuai ya,hanya menunjukkan 0,48a disemua colokan. Apa produk yg saya beli palsu?atau memang begitu adanya?terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Erwin,

      Boleh tahu charger LVSUN itu Anda gunakan untuk mengisi ulang ponsel apa saja? Sebab, output nyata charger juga dipengaruhi oleh ponsel yang di-charge. Anggaplah charger Anda sebenarnya mampu melewatkan output 2A, tetapi ponsel yang di-charge hanya sanggup “makan” 1A, maka output nyata akan disesuaikan menjadi 1A.

  13. Erwin says:

    Pak Herry,
    Saya gunakan untuk ngecas HP Huawei Honor 3C dimana output charger asli keluaran 1A,casan aslinya saya cek dengan charger doctor outputnya 0,98A. Juga saya gunakan untuk ngecas Asus Fonepad 8,casan asli outputnya 1,35A,saat sy cek charger aslinya dengan charger doctor,hasilnya 1,1A. Apa LVSUN saya bermasalah pak?Terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Pak Erwin,

      Ok, charger Anda patut dicurigai tidak normal. Kalau masih mau mencoba, gunakan beberapa kabel charging yang berbeda. Ukurlah satu per satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *