Review Infinix Note 2: Tak Perlu Lagi Membawa Mifi Terpisah

Seandainya ada pemilihan merek ponsel pendatang baru terbaik 2015, penulis alias HSW dengan yakin akan menyebutkan nama Infinix. Sebab, sejak resmi hadir di Indonesia pada 9 Juni tahun lalu, merek itu konsisten menawarkan produk yang menarik. Infinix juga terlihat serius membenahi berbagai lini. Salah satunya, pusat perbaikan resmi.

Infinix Note 2, ponsel keempat Infinix yang dipasarkan di sini, lagi-lagi sukses memuaskan HSW. Baterainya tahan lama. Kalau pun kehabisan daya, proses pengisian ulangnya cepat. Jadilah Note 2 di tangan HSW memiliki fungsi ganda, sebagai ponsel sekaligus mifi atau mobile wireless router.

Infinix X600-1

Dimensi fisik Note 2 tergolong bongsor, 159,5 x 82,5 x 9,3 mm dan 194 gram. Maklum, bentang layarnya saja 5,98 inci. Layar IPS beresolusi HD 1.280 x 720 piksel tersebut memakai Dragontrail Glass yang relatif lebih tahan terhadap goresan. Kapasitas baterai yang ditanamkan ke ponsel itu juga besar, yakni 4.040 mAh.

Di sisi atas ponsel terdapat konektor handsfree berkabel, sedangkan di bawah tersedia konektor micro USB. Tombol volume dan power diletakkan di samping kanan ponsel. Sementara itu, bagian kiri ponsel dibiarkan polos tanpa tombol.

Kalau diperhatikan, permukaan belakang ponsel itu bermotif garis-garis tipis. Mudahnya bayangkan permukaan lantai yang baru saja disemen. Semen yang belum kering itu kemudian disikat. Bakal timbul garis-garis, bukan? Kira-kira seperti itu deh.

Bila pengguna membuka penutup belakang ponsel, spontan akan terlihat dua selot kartu micro SIM dan satu selot kartu microSD. Dua nomor dapat siaga bersamaan di Note 2. Pengguna bebas memilih ingin berinternet memakai nomor yang diselipkan di selot kartu pertama atau kedua. Nomor mana pun yang dipilih bisa mengakses jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Langsung dari menu ponsel, pengguna leluasa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 4G LTE (4G only), 3G, atau 2G.

Infinix X600-26

Note 2 dibekali kamera ganda. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu memproduksi foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Spesifikasi kamera depannya lebih rendah. Kamera itu hanya sanggup menghasilkan foto dua megapiksel dan klip video VGA.

Prosesor 64-bit delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Note 2. Saat ponsel baru dipakai, sisa memori internal mencapai 9,55 GB. Selot memori eksternal ponsel tersebut siap dipadukan dengan kartu microSD berkapasitas hingga 32 GB.

Ponsel bersistem operasi Android 5.1 Lollipop itu juga dilengkapi radio FM yang siarannya dapat direkam. Bisakah Note 2 dioperasikan hanya dengan satu tangan? Bisa! Pengguna tinggal mengaktifkan mode one-hand. Caranya, sapukan jari dari tombol home ke arah kiri atau kanan. Ukuran tampilan layar spontan mengecil sehingga lebih mudah dijangkau menggunakan satu tangan.

Infinix X600-2

Tiada gading yang tak retak. Sampai detik ini belum ada satu pun ponsel yang benar-benar sempurna. Entah mana yang lebih dominan, masing-masing ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal serupa berlaku untuk Note 2. Apa saja? Kita mulai dari sisi buruknya dulu ya.

Pertama, kinerja kameranya kurang mantap. Pada hari-hari pertama menguji pakai ponsel itu, HSW menilai proses fokus otomatis Note 2 kurang cepat dan akurat. Seiring bergulirnya waktu, ponsel tersebut beberapa kali memperoleh update firmware. Alhasil proses pemfokusan menjadi lebih cepat dan akurat dibandingkan sebelumnya.

Walaupun demikian, foto yang dihasilkan Note 2 tetap belum layak diacungi jempol. Kala kamera belakang ponsel diajak mengabadikan objek di lokasi berpencahayaan sangat memadai, foto yang dihasilkan memang relatif bagus. Namun, begitu ditantang memotret di lokasi berpencahayaan pas-pasan, apalagi cenderung gelap, foto yang diproduksi kurang mengesankan.

Catatan ekstra patut disematkan terhadap kamera depan. Performa kamera yang lazim dipakai untuk swafoto alias selfie itu pantas dikategorikan buruk. Di lokasi dengan pencahayaan bagus pun, foto yang dihasilkan terlihat kurang tajam.

Masih ada tiga kekurangan lain yang bersifat sangat subjektif. HSW sih cenderung tidak mempersalahkannya. Yaitu, kedua, tampilan antarmuka aplikasi Gmail kurang mantap. Penyajiannya berbeda dengan mayoritas ponsel Android yang beredar di pasar.

Di Note 2 semua subjek email, tidak peduli email itu sudah dibuka atau belum, memiliki ketebalan huruf sama. Satu-satunya cara untuk mengidentifikasi email yang belum dibuka adalah memperhatikan warna penunjuk waktu yang sejajar dengan nama pengirim email. Biru bermakna email itu belum dibuka, sedangkan hitam berarti email tersebut telah dibuka.

Ketiga, dimensi fisik Note 2 terbilang besar dan lumayan berat. Bakal kurang nyaman buat pengguna yang sehari-hari mengenakan celana jeans. Sebab, ponsel akan terasa mengganjal. Kalau pengguna memakai celana bahan atau celana santai yang cenderung longgar, ketidaknyamanan itu akan lebih minimal.

Keempat, (ini sebenarnya hanya berlaku untuk pengguna “bermata elang”) tampilan layar Note 2 terasa kurang tajam. Wajar sih. Lha ponsel berlayar 5,98 inci itu cuma beresolusi HD 1.280 x 720 piksel, bukan full HD atau yang lebih tinggi. Namun, untuk pemakaian sehari-hari, sajian layar Note 2 sebenarnya masih enak dipandang.

Infinix X600-3

Seandainya sampai di sini Anda langsung memvonis Note 2 tidak layak beli, bersabarlah dulu sebentar. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Pasalnya, beberapa poin minus itu sukses ditebus dengan manis oleh ponsel tersebut. Ada beragam hal menarik yang patut diketahui.

Satu, Note 2 dibekali fitur ketuk-ketuk layar. Untuk menyalakan maupun memadamkan layar, pengguna cukup mengetukkan jari di permukaan layar sebanyak dua kali. Praktis. Frekuensi menekan tombol power menjadi sangat rendah.

Ya, HSW mengetahui kalau fitur ketuk-ketuk layar telah semakin sering ditemukan di ponsel pintar. Namun, di mayoritas ponsel, ketukan dua kali itu sebatas untuk mengaktifkan layar. Populasi ponsel yang memungkinkan pengguna memadamkan layar dengan dua kali ketukan jari masih sedikit.

Dua, baterai berkapasitas besar dan terbukti tahan lama. Seperti telah disinggung di bagian awal ulasan ini, Note 2 dibekali baterai tanam 4.040 mAh. Dalam pemakaian sehari-hari, baterai berkapasitas besar itu terbukti tahan lama.

Dengan perilaku pemakaian ponsel ala penulis, sekali diisi ulang baterai itu sanggup bertahan 1,5 hari. Kalau dikonversi ke jam, durasinya rata-rata 32 jam. Selama rentang waktu tersebut, dua akun email dengan trafik total sekitar 800 email per hari selalu terkoneksi di jaringan 4G LTE. Aktivitas browsing memantau berita terbaru, WhatsApp, Twitter, telepon, dan SMS juga rutin dilakukan. Sesekali HSW memotret, menggunakan layanan pesan antar makanan, dan mengakses Google Maps.

Karena untuk perilaku pemakaian standar HSW daya tahan baterai Note 2 sanggup lebih dari sehari, HSW kemudian memberikan beban kerja tambahan. Ponsel itu juga difungsikan sebagai mifi alias mobile wireless router. Koneksi data 4G LTE di Note 2 dibagikan ke laptop dan kadang-kadang satu ponsel lain.

Dengan beban kerja seperti itu, daya tahan baterai Note 2 otomatis menurun. Baterainya tak lagi mampu bertahan lebih dari 24 jam. Walaupun demikian, tetap saja ia tidak sampai merepotkan HSW. Sebab, peringatan baterai lemah paling cepat baru muncul pukul 19.00. Ketika peringatan tersebut muncul, lalu fitur mifi atau hotspot dipadamkan, ponsel masih sanggup siaga hingga larut malam.

Bagaimana bila aktivitas pemakaian suatu hari supertinggi sehingga Note 2 dikhawatirkan kehabisan daya pada siang atau sore hari? Jawabannya ada di poin nomor tiga. Note 2 dibekali kemampuan fast charging. Asalkan dipadukan dengan kepala charger dan kabel charger bawaan, ponsel dengan baterai monster itu dapat diisi ulang dengan cepat.

Infinix X600-27

HSW telah melakukan serangkaian pengamatan selama proses charging berlangsung. Anggaplah proses pengisian ulang dimulai ketika daya baterai Note 2 tersisa satu persen. Ya, satu persen. Dalam satu jam, daya baterai bertambah menjadi minimal 80 persen dan maksimal 97 persen.

Lokasi dan waktu pengisian, dalam pantauan HSW, turut menentukan cepat tidaknya proses isi ulang baterai. Ketika charger bawaan Note 2 ditancapkan di hotel bertarif kamar Rp 900 ribuan per malam, misalnya, proses pengisian ulang terpantau lebih cepat daripada di rumah HSW. Amat mungkin hal itu terjadi karena rangkaian listrik dan tegangan listrik di hotel lebih optimal daripada di rumah.

Sama-sama di-charge di rumah HSW pun, berbeda waktu bisa berbeda hasil. Proses charging yang dimulai sekitar pukul 20.00 biasanya akan lebih lambat daripada bila dilakukan mulai pukul 09.00. Anda yang memahami ilmu kelistrikan mungkin dapat menjelaskan terjadinya perbedaan itu secara mendalam.

Berapa jam mengisi ulang baterai Note 2 dari kondisi satu persen sampai seratus persen? Paling lama satu jam 40 menit. Tetap tergolong cepat mengingat baterai ponsel itu berkapasitas 4.040 mAh, bukan?

Empat, Note 2 mendukung USB On-The-Go (USB OTG) dan dapat difungsikan sebagai power bank. Ia siap menyuntikkan tenaga kepada ponsel lain yang mengalami lemah syahwat eh… lemah daya. Dengan memanfaatkan adapter USB OTG plus kabel micro USB, daya dari baterai Note 2 akan berpindah ke baterai ponsel lain yang terkoneksi.

Lima, kompatibel dengan layanan data 4G LTE semua operator di Indonesia. Note 2 siap dipadukan dengan kartu 4G LTE Telkomsel, Indosat, dan XL. Pengguna yang tinggal di kota-kota tertentu mestinya mulai akhir Maret 2016 juga dapat menggunakan ponsel itu untuk mencicipi layanan 4G LTE Tri.

Asyiknya, Note 2 bisa pula dipasangkan dengan layanan 4G LTE Smartfren. Dalam pantauan penulis, ada dua varian Note 2 yang beredar di Indonesia. Varian A1 mendukung 4G LTE Smartfren di frekuensi 2300 MHz, sedangkan varian B1 cocok dengan 4G LTE Smartfren di frekuensi 850 MHz.

Infinix X600-29

Infinix X600-30

Perbedaan dua varian itu tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kardus ponsel. Anda juga mustahil mengenalinya dari tampilan fisik ponsel. Untuk mengidentifikasinya, nyalakan Note 2, masuk ke menu settings, lalu gulirkan layar ke bawah sampai menjumpai menu about phone. Selanjutnya, tekan about phone dan sapukan jari sampai menemukan baris build number. Di bawah tulisan build number ada sederet huruf dan angka. Di tengahnya pasti ada tulisan A1 atau B1 yang diapit tanda hubung.

Infinix X600-28

Enam, harga jual resminya Rp 1,899 juta saja. Menurut HSW, harga itu sangat sebanding dengan spesifikasi dan kinerja yang diperoleh pembeli. Selama menguji pakai Note 2, ponsel relatif terasa gegas saat dioperasikan. Antilemot, antipanas, dan antimacet. Selama membawa Note 2, HSW tak perlu lagi membawa peranti mifi terpisah.

HSW sadar sebagian di antara Anda yang membaca ulasan ini masih ragu dengan merek Infinix. Anda mungkin berharap ada ponsel dengan spesifikasi sama, tetapi bermerek Samsung. Umpama impian itu terwujud, tetapi wajib merogoh kocek minimal Rp 4 juta, Anda lebih memilih yang mana? Ayo, saatnya move on!

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Note 2.

Infinix X600-4

Adakah yang janggal dengan tangga di bawah ini?

Infinix X600-5

Infinix X600-6

Infinix X600-7

Infinix X600-8

Infinix X600-9

Infinix X600-10

Infinix X600-11

Infinix X600-12

Infinix X600-13

Infinix X600-14

Infinix X600-15

Infinix X600-16

Nama baratnya terlihat keren ya. Nama singkatnya: fuyunghai. 🙂

Infinix X600-17

Infinix X600-18

Infinix X600-19

Infinix X600-20

Dua foto berikut dijepret memakai kamera depan.

Infinix X600-21

Infinix X600-22

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Infinix X600-23

Infinix X600-24

Infinix X600-25

329 thoughts on “Review Infinix Note 2: Tak Perlu Lagi Membawa Mifi Terpisah

  1. Ttg cara screenshot via tombol vol bwah n pwr, rsa nya agk sulit.. ada cra lain, tarik 3jari dr ats k bwh, nnti trlihat ada menu screenshot.. ini pun krang effisien d lkukan.
    Selain hal itu, cara mngilangkn autotext atw auto suggession text, agk aneh d hp ini.. trima ksih

    1. Pak Aryo K. Bardijan,

      1. Screen capture dengan kombinasi tombol itu merupakan cara paling standar di beragam ponsel Android. Saya merasa cara itu lebih praktis daripada harus menyeret layar, baru kemudian menekan ikon screenshot.

      2. Soal autotext, agak aneh bagaimana? Apakah akhirnya sudah berhasil Anda nonaktifkan?

      1. Pak Herry,
        saya ada info sedikit tentang screen capture cara tsb (vol bawah + power) tidak bisa saya lakukan di Nexus 5 saya setelah update ke marshmallow, entah karena update marshmallow atau memang handset saya ada kelainan. Setelah saya cari2 ada cara lain dengan cara tekan tombol home agak lama (fitur google now on tap), kemudian share ke aplikasi foto.

    2. Pak Arjo,
      coba 3 jari dari bawah ke atas… langsung screenshot – setidaknya itu yang saya lakukan dengan note 2
      🙂

  2. kalau menurut saya om Herry, ada 1 kelemahan lagi yang belum dituliskan (ini bersifat subyektif sih), yaitu masalah sensor. Infinix Hot 2 ini minus 2 sensor yang saya butuhkan :
    1. Sensor Magnetic -> untuk kompas saat menggunakan Maps dalam bepergian
    2. Sensor Gyroscope -> untuk main game VR atau melihat video 360 derajat

    review nya mantap om Herry, selalu obyektif. Sukses selalu…

  3. Pak HSW, untuk storage apakah bisa disetting default write ke sdcard? sehingga data-data seperti game yang besar tersimpan di sdcard.

    1. Pak Firman,

      Ada pilihan “default write disk” ke kartu microSD. Namun, kalau diperhatikan, file-file utama aplikasi tetap akan tersimpan di memori internal.

  4. Sayang banget kamera depan cuma 2 Mpix,lha ponsel yg seharga dan sekelas itu rata rata kamera depan sudah 5 Mpix,seperti redmi note 2,meizu m2,Alcatel

    1. Pak Joko,

      Kamera memang bukan menjadi nilai jual utama Note 2. Dibandingkan ponsel-ponsel yang Anda sebutkan, Note 2 terutama unggul di daya tahan baterai dan kecepatan proses charging.

  5. Selama uji pakai sudah mendapatkan update firmware berapa kali pak? Saya sudah 3 kali update. Menurut saya hasil jepretan kamera belakang dalam kondisi minim cahaya sebenarnya cukup terang hasilnya dibanding Lenovo A7000 plus yg sama-sama 13 Mp.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Saya tak ingat total mendapatkan update tiga kali atau empat kali. Update yang terakhir ukurannya sekitar 200 MB.

      A7000 Plus? Kalau yang dimaksud A7000 Special Edition, saya belum pernah mencobanya.

  6. Hasil foto selfi kamera depan tergolong bagus untuk ukuran 2 Mp dan hampir sama dengan yg berukuran 5 Mp, betul gak pak?

  7. wah manteb ya Koh Hery SW… saya kira minusnya cuma kamera depan yang kurang yahud kaya xiaomi redmi.. dan body bongsor. layar belum full hd.. tapi tetep saya jajal ni ponsel kelihatannya cocok ni Koh
    en tangganya ada apa Koh.. kayaknya norm

  8. aku penah nyobain infinixhot note, entah mengapa deretan handphone infinix kok selalu pelit sensor…harga hampir 2 juta, gyroscope dan orientation aja gak ada…..biar lebih murah kali ya ko…

  9. Btw, berapa lama waktu yang dibutuhkan Pak HSW mereview satu ponsel ? Soalnya, foto yang dihasilkan sangat banyak dan berbeda-beda tempatnya

    1. Pak Rosin Putra,

      Tidak ada patokan baku. Biasanya 1-2 minggu. Khusus fitur kamera, kadang saya sudah membawa suatu ponsel yang sebenarnya belum saatnya di-review. Saya memakainya untuk jepret-jepret dulu.

  10. Yth Pak Herry,

    Akhirnya keluar juga reviewnya. Terimakasih Pak.

    Mau tanya beberapa hal:
    1. Harga resmi Rp 1,899 juta tapi hanya di Lazada.
    Apakah rekomended Pak, membeli di Lazada? Sebab membeli di TokPed atau BuLap harganya bisa beda puluhan ribu rupiah. Atau adakah toko fisiknya? Apakah Note 2 yg dijual oleh Lazada memiliki mutu yg sama dgn yg dijual di tempat lain?

    2. Semisal mendapatkan Varian A1 berarti saya harus mengganti Smartfren saya yg di frekuensi 850 MHz, ya Pak?
    Mohon dibantu, saya tidak mengerti?

    3. Pak Herry, note 2 nya warna grey ya, Pak?
    Kayanya yg gold lebih mewah ya, Pak?
    Sayang kosong dimana-mana.

    Tks banyak Pak.

    1. Pak Vicky,

      1. Ya. Sebab, sampai saat ini, penjualan resmi Infinix hanya online dan dilakukan di Lazada. Saya sih sebenarnya cenderung menyarankan jangan berbelanja di Lazada. Masalahnya, kalau Anda ingin dapat harga resmi, ya mau tak mau belanja di sana. Biar lebih aman dan tidak mengesalkan, pilihlah metode pembayaran “COD” alias “bayar di tempat”. Mutu? Ya sama saja tho.

      2. Kartu 4G LTE Smartfren Anda tak perlu diganti. Langsung pasangkan saja ke Note 2, tidak peduli varian A1 atau B1.

      3. Ya, grey. Tak tahu. Belum pernah lihat yang warna gold.

      1. Pak HSW, kalo dpt varian B1, bisa pake kartu 4G yg frekuensi 2300 MHz nggak? Dan, varian A1 bisa pake kartu 4G yg frekuensi 850MHz nggak?

        1. Pak Dotcys,

          Tak usah bingung dengan kartunya. Asalkan Anda sudah memiliki kartu 4G LTE Smartfren, kartu itu bisa dipadukan dengan Note 2 varian A1 maupun B1 kok.

  11. Kalau secara keseluruhan Pak Herry pilih mana Hisense Pureshot+ dibanding infinix note 2? Makasih sebelumnya , Pak.

    1. Pak Sofy,

      Ya bergantung kebutuhannya apa dulu. Kalau kamera dan ingin menggunakan layanan full service Smartfren, berarti Pureshot+. Kalau daya tahan baterai, jawabannya tentu saja Note 2.

  12. Kalau boleh saya tambahkan satu poin minus:
    Atribut sensornya yang minim, persis model Hot 2 & Hot Note.

    Bagi yang suka bernavigasi di Google Maps atau sekedar cari arah kiblat, ketiadaan orientation sensor pasti sangat disayangkan.

  13. saya ngakak pak yg bagian “lemah syahwat”.. hahaha

    orang indonesia ternyata masih samsung minded juga ya walau banyak hp lain yg harganya setara tapi spek mumpuni, termasuk saya walaupun udh pindah ke LG.
    Opini saya samsung kan sering menyerang calon konsumen lewat TVC, medsos, sama media cetak. beda sama ponsel lain yg udh punya nama kaya LG padahal sama-2 dari negeri super junior. terakhir kali ponsel LG muncul di TVC itu waktu ada iklan G3 stylus yg ada joe taslim itu loh.. selain itu, promosi berhadiah nya LG tak segencar samsung, soalnya promonya cuma ditampilin di medsos, gak ada di media cetak, yg terakhir itu pas promo akhir tahun klo beli G4, G4 stylus, atau magna dapet… (lupa saya, ingetnya cuma beli magna dapet jellycase ori *bukan promosi, wong udh lewat koq*)

    sekian opini dari saya

  14. Itu yang di belakang beneran namanya monkey changer pak Herry? 😀
    Saya sih masih nunggu redmi note 3 masuk secara resmi ke indonesia baru ganti HH.

  15. bung HSW
    Ada satu lagi kelebihan infinix note 2 yang bung HSW lupa catat.
    yakni: ada kata-kata peyemangat ala Mario Teguh & kalimatnya berbeda-beda setiap hari.
    trima kasih

  16. Pak Herry jika infinix note 2 ini dicompare dengan alcatel flash 2 secara keseluruhan lebih unggul mana pak? secara keseluruhan yang saya maksud mencakup seluruh aspek gaming, camera, harga, baterai,hingga layanan aftersale nya pak. Soalnya saya sedikit menyayangkan kamera yang mendapat nilai buruk dr HH ini
    Terima kasih

    1. Pak Yoga,

      Kalau Anda menanyakan soal gaming kepada saya, jawaban saya mungkin tak bisa jadi patokan. Sebab, saya bukan penggemar game.

      Kamera lebih bagus Flash 2, baterai lebih unggul Note 2, sedangkan harga lebih mantap Note 2. Layanan purna jual sama-sama masih misterius.

      Soal kamera, yang saya beri predikat buruk adalah kamera depan Note 2. Kalau kamera belakangnya sih sebatas cukup. Tidak sampai buruk.

  17. Malam Pak Herry HSW.
    Maaf keluar dari topik, saya mau tanya apakah Xiaomi Minote Pro masih layak beli. Mengingat harganya sudah turun ke level 5 jutaan atau ada rekomendasi lainnya.

    Makasih sebelumnya pak.

  18. Pak Herry, ukuran hp ini cocok sama kriteria HH yang saya cari. Cuma masalah kamera itu yg bikin saya ragu2.. Dan sepertinya fitur kameranya kurang lengkap. Tidak ada fitur yg bisa mengaburkan background (saya lupa nama fiturnya dan di hp mana) seperti foto mainan hasil jepretan pak Herry (foo Andy toy story). Sama ketersediaan HP ini di gerai-gerai HP bagaimana pak? Termasuk langka atau mudah didapatkan? Terimakasih

    1. Bu Rossy,

      Asalkan pemotretan dilakukan di lokasi dengan pencahayaan memadai, hasil foto tergolong relatif bagus kok.

      Oh, untuk mengaburkan latar belakang, sebenarnya tidak diperlukan fitur khusus. Yang penting objek yang difoto berukuran relatif kecil. Jarak antara kamera dan objek harus dekat, sedangkan jarak antara objek dengan latar belakang idealnya lumayan jauh.

      Resminya Infinix Note 2 hanya dijual online di Lazada. Namun, toko-toko di pusat penjualan ponsel ada yang menawarkan ponsel itu. Tentu saja harganya lebih mahal daripada Lazada. Sebab, mereka sebenarnya juga kulakan dari Lazada.

      1. O begitu. Terimakasih banyak.penjelasannya, Pak. Jadi HH ini sementara saya masukkan kategori layak beli versi Pak HSW. Ga lama lagi pasti Pak Herry mereview Phab Plus hehe (kalau ga salah itung siy) Saya masih penasaran 😀

  19. Pak herry tulis “kalo spesifikasi sama dgn Samsung harga minimal 4 juta”. Kalau lihat kebiasaan Samsung dgn spesifikasi spt note 2 bisa 5 jt pak. Kadang saya bingung ada org yg fanatik ama Samsung. Semua tipe Samsung dianggap layak antara harga dan spesifikasi. Menurut saya dari Samsung hanya seri note dan galaxy S yg sesuai harga dan spesifikasi

    1. Pak Djunaedi,

      Setuju. Samsung yang menarik hanya seri S dan Note. Itu pun makin lama harganya makin tak tahu aturan.

      1. Tp yg perlu dipelajari oleh brand2 lain dari Samsung yaitu soal service centre. Samsung menyediakan service centre bkn hanya di 1 tempat. Di sby saja setau saya ada di wtc dan supermall. Itu cukup membantu para pelanggan. Kalo brand lain mungkin 1 kota 1 service center

        1. Pak Djunaedi,

          Kalau penjualan merek lain sudah sebesar Samsung, mungkin mereka bisa membuka lebih dari satu service center di satu kota. Investasi service center itu kan tidak murah.

  20. Yang pak Herry rasakan bedanya setelah update firmware berkalai-kali apa ya? Saya sendiri merasakan sama saja dengan sebelum di update.

  21. Koh Herry. Maaf oot. Untuk penggunaan 4G LTE smartfren apakah ada perbedaan signifikan dalam hal kecepatan real download/upload pada frekuensi 2300MHz dibanding 850MHz? Karena diatas kertas frekuensi 2300MHz jauh lebih cepat daripada 850MHz. Karena hh saya hanya support 850MHz. Kalo perbedaannya lumayan dan terasa s
    aya berencana ganti hh saya dengan hh yg support jaringan 2300MHz. Terimakasih koh atas infonya

    1. Pak Yatss,

      Ya. Kecepatan LTE 2300 Smartfren biasanya sekitar dua kali lipat LTE 850 Smartfren. Apakah Anda memakai Note 2 varian B1?

  22. Yang saya ragukan sampai saat ini belum ada standarisasi quick carger, saat kepala charger rusak atau kabelnya. waktu yg diperlukan battry untuk penuh pasti berkali lipat.

  23. Layarnya itu loh pak :”v udah hampir kayak Tablet, saya lebih prefer beli Tablet yg 7″ langsung.
    Pak mengingat isu masuknya Xiaomi Redmi 3, pak Herry lebih excited mana ketika mendengar isu Redmi 3 dan Infinix Note 2 (waktu pak Herry baru mendengar, dan belum melakukan uji coba)?
    Redmi 3 menggoda juga dengan batereinya yg 4100 mAh ya
    Btw seperti biasa pak Herry makanannya menggiurkan ya :”v apalagi Fuyunghainya. Itu di hotel mana pak kalau boleh tahu?

  24. Saya menggunakan mi4i, cuma bisa support smartfren lte 850Mhz 🙁
    Menurut koh Herry praktek secara realnya apa benar LTE smartfren 2300MHz lebih cepat dari smartfren LTE 850Mhz?
    Kalo ya saya jadi mempertimbangkan untuk meminang infinix note2 A1.

    1. Pak Yatss,

      Ya. Dalam pemakaian nyata, LTE 2300 Smartfren dua kali lipat lebih cepat daripada LTE 850 Smartfren.

  25. bung HSW
    Apakah infinix hot note yang saat ini saya pakai layak di ganti dengan infinix note 2 atau harus saya tahan dulu?
    trima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Apakah Anda perlu 4G LTE? Kalau perlu, silakan ganti. Kalau tidak perlu, bertahan dengan Hot Note dulu saja.

  26. Pak herry, yg yg dimaksud ” untuk yg bermata elang ” itu maksudnya gmn ? Apa memang ketajaman layarnya masih kalah dgn yg infinix hot note ?
    Kalo boleh dpt ” lungsurannya ” , tlg saya di email yg pak . . . . 🙂

    1. Pak Uqil,

      Kan ada pengguna yang “matanya” rewel banget saat melihat layar. Begitu melihat layar, mereka langsung berkomentar, “Wah ini terlalu bluish, saturasinya kurang begini, pixelate, dll.” Ya, ketajaman layarnya kalah tipis dengan Hot Note. Nggak signifikan kok.

      Btw, silakan cek email Anda.

  27. Pak Herry maaf oot. Kalau di lazada, ada tulisan “sold by exclusive gain inc” itu artinya penjual resmi ya? Saya perhatikan tidak semua produk di lazada bertuliskan “exclusive gain inc”, ada yg bertulisan Indokom juga. Jadi yg resmi yg bertulisan apa ya Pak?

    1. Bu Sarah,

      Exclusive Gain itu nama penjual. Kalau yang Anda maksud ponsel Infinix, itu garansi resmi.

      Indokom itu pemain ponsel besar di Jakarta. Dia sudah lama eksis. Barang yang dijual biasanya bergaransi resmi. Bertransaksi dengan Indokom biasanya lebih enak dan cepat daripada Exclusive Gain.

  28. Saya pengguna infinix hotnote 2 … kemarin tiba tiba hp saya hang dan mati tidak bisa dinyalakan lagi … kira kira kenapa ya ? Setvice centre infinixdi sby dimana ya ?

    1. Pak Harry,

      Tidak ada ponsel bernama Infinix Hot Note 2. Jadi, yang Anda pakai sebenarnya Hot Note, Hot 2, atau Note 2?

      Pusat perbaikan resmi Infinix ada di Mastech blok F11 (Giant A Yani alias Maspion Square), Jl A Yani, Surabaya.

  29. bung HSW
    Memang asik mengulas smartphone baterai ukuran jumbo yang tahan lama.
    setelah ini mohon review juga asus zenfone max & Lenovo vibe p1m.
    trima kasih.

    1. Pak Yoobee,

      Kalau Zenfone Max kelak beredar resmi, saya akan mengulasnya. Vibe P1m tidak ada dalam daftar rencana review.

    1. Pak Chen,

      Kalau Anda mau beli offline dan berharap dapat harga resmi Rp 1,899 juta, rasanya mustahil deh. Di Twitter @herrysw sih saya sedang menawarkan satu unit Infinix Note 2 dengan harga resmi.

    2. Pak hery selamat sore.
      Waduh tak tunggu review nya.
      Baru saya membeli nya
      Saya pengguna acer liquid e 700.
      Tapi tombol power nya kayak nya cacad produksi. Dari awal sudah susah utk mati in dan hidup in hp nya

      1. Pak Yudi,

        Wah, mestinya sejak awal langsung komplain soal tombol power itu, Pak. Saya pernah memakai dua unit E700 yang berbeda. Sampai pensiun pada dua minggu lalu, tombol power baik-baik saja.

  30. Sempet tertarik upgrade dr hot note ke note 2 tp lagi” setelah melihat kelengkapan sensornya jd mengurungkan diri bagi saya sensor magnetic compass cukup penting karena saya cukup kesulitan di hot note tidak ada sensor magnetic utk zenfone 5 saya ada… kalo saja sensor yg vital utk saya ini ada sya berencana switch zenfone saya dg note 2.. puas bgt pke infinix hot note yg membuat kesan baik saya terhadap infinix sampe skrg makanya msh menunggu” ponsel dr infinix yg batre besar kamera bagus fast charge sensor lengkap minim ada magnetic compass

  31. Pak herry lupa ngereview audionya nih 🙁 kalo sama performa dan audio bagus mana dengan alcatel flash 2 dan xiaomi redmi note 2? Denger2 flash 2 juga hemat baterai ya? Kalau dibandingin dengan infinix note 2 selisih baterainya beda berapa jam?

    Terus nih pak, kan 4G di note 2 dukung frekuensi 850 MHz. Artinya dukung smartfren kan ya. Nah, smartfren 4G nya main di 850 dan 2.300 MHz tuh. Bedanya 850 dan 2.300 MHz itu apa sih pak? Apakah kalau 2.300 MHz itu jaringannya lebih luas dan koneksinya lebih cepat dibandingkan 850 MHz gitu? Makasih pak

    Maaf nih banyak nanya ? soalnya mau ganti hp. Udah gak betah make galaxy ace 3 yang sekarang. Buka bbm whatsapp fb sama instagram ngelag mulu 🙁

    1. Bu Retno,

      Audio sih imbang kalau diadu dengan Flash 2. Redmi Note 2 saya belum pernah coba karena yang beredar di pasar tanpa garansi resmi.

      Soal baterai, Note 2 lebih awet dibandingkan Flash 2. Beda sekitar delapan jam.

      Intinya begini, asalkan Anda sudah menggunakan kartu 4G LTE Smartfren, tak perlu bingung dengan frekuensi 850 atau 2300. Kalau ponsel yang Anda gunakan hanya berjalan di 850, kartu itu bisa dipakai kok. Demikian pula bila ponsel Anda ternyata cuma berfungsi di 2300.

      Area layanan 850 lebih luas daripada 2300. Namun, kecepatan dan kapasitas di 2300 lebih tinggi daripada 850.

  32. salam bung HSW
    aku cuma mau shareing saja.
    apa yang dialami pak harry w terjadi pada hot note saya tadi malam.
    selagi nonton video singkat via app mx tiba-tiba layar mati tapi suara masih jalan.
    sampai video habis ga mau nyala juga.
    mau reset hape tapi ga ada tombolnya.
    saya coba tekan volume & power on/off bersamaan ga bisa juga.
    saya sempat panik sampai keluar keringat dingin.
    akhirnya pasrah & biarkan hot note saya begitu saja.
    eeeh…ternyata ga lama kemudian mau nyala sendiri seperti baru di aktifkan.
    “aaahh…legaa…rasanya.
    mudah-mudahan ga terjadi lagi & bisa pakai terus.. terus ..& terus.
    trima kasih.

    1. Pak Yoobee,

      Terima kasih atas sharing-nya. Sampai saat ini belum diketahui Pak Harry memakai ponsel apa. Sebab, dia menuliskan Infinix Hot Note 2. Padahal, tidak ada ponsel bernama tersebut. Entah yang dimaksudnya Hot Note, Hot 2, atau Note 2.

  33. maaf koh herry mau tanya tp diluar topik, menurut pandangan bapak smartphone htc tu bagaimana? plus minusnya, trims

    1. Pak/Bu Isla,

      Built quality ponsel HTC biasanya bagus. Kinerja ada yang bagus, ada yang tidak. Satu hal yang pasti, layanan pusat perbaikan resminya buruk. Harga jual bekasnya juga terjun bebas.

  34. Wah pak herry ke bali, ayo silahkan mampir pak ke gubuk saya 🙂
    Pak saya mau tanya tentang perbandingan hp ini infinix note dengan lumia 640XL, mana menurut pak herry lebih bagus?

    1. Pak Ikipyon,

      He… he… itu hasil jepretan saat saya ke Bali pada pertengahan Desember tahun lalu.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Lumia 640 XL.

  35. Pak gimana caranya dptin infinix note 2 yg support bolt di 2300? Saya nanya ke seller, mreka bilang cuman ada satu macem yg masuk indo.

    1. Pak Adi,

      Ya harus coba beli, dibuka, dinyalakan, lalu dicek. Sekitar 99 persen penjual tidak paham soal varian A1 dan B1 deh.

  36. koh herry mau nanya neh
    maaf melenceng dari topik neh
    ane punya lenovo vibe x jatuh casing longgar sedikit doang
    ane dateng ke pusat perbaikan resmi di trio jakarta pusat tepatnya di jalan kebon sirih
    ternyata cuma ganti casing belakang kena 550 mahal sekali koh
    dan sekarang lagi ditawarrin barter handphone sama teman yg punya galaxy s4 menurut koh herry mending ditukar s4 apa tetap pake vibe x

    1. Pak Rizki Kurniawan,

      Barter dalam kasus ini cuma tukar guling tanpa tambah dana kan? Asalkan Galaxy S4-nya masih bagus, boleh banget tuh.

  37. Halo pak hery. Met pagi. Mungkin ini agak meyimpang. Bapak tau acer liquid x2 kapan ya launching nya? Jika launcing apa bapak berencana mereview nya pak?

    1. Pak Yudi,

      Belum tahu. Sejak tahun lalu Liquid X2 telah dijadwalkan masuk ke sini. Namun, masih ada kendala di perizinan. Ya, kalau meluncur resmi, saya akan me-review-nya.

  38. Pak,ada beberapa hal yang ingin ditanyakan seputar hp infinix:
    1. karena saya tinggal di kota jember,kalau saya membeli hp infinix dan ingin mengklaim garansi karena suatu kerusakan misalnya baterai tiba2 drop,kira2 kalau saya kirim ke alamat service center di surabaya apa aman ya Pak? khawatir hp hilang atau ada oknum service center yg bermain,mengambil hp saya dan mengatakan hp tidak sampai,dll…
    2. bagaimana menurut bpk tentang kualitas hp infinix hot note dan note 2 saat mendengar musik baik di speaker internal maupun pada headset? apakah suaranya keras dan bagus…?
    Terimakasih atas responnya…

    1. Pak Chandra L,

      1. Saya tak tahu apakah pusat perbaikan Infinix melayani perbaikan dengan sistem kirim seperti itu. Kalau ternyata melayani, menurut saya, mending Anda sekaligus mengirimkannya ke Jakarta.

      2. Speaker internal baik-baik saja. Standar ala mayoritas ponsel deh. Kalau headset saya tidak coba.

    1. Pak Andri,

      Bisa ya, bisa tidak. Ada banyak faktor yang menentukan, mulai dari jaringan yang dipakai, optimasi firmware, dan aneka hal lain yang berhubungan dengan spesifikasi ponsel.

  39. Halo pak HSW,
    saya mencari smartphone dengan kualitas kamera yang bagus (depan dan belakang), baterai awet seharian dgn pemakaian medsos biasa saja, dan bentang layar 5.5″ . kisaran harga sekitar 2-2.5 jt. saya ingin rekomendasi merk Xiaomi, Lenovo, Asus, atau LG. terimakasih pak maaf saya bertanya.

    1. Bu Nelah,

      Tidak ada ponsel yang memenuhi semua kriteria Anda. Kalau ingin yang seperti itu, rasanya Anda harus mengeluarkan dana minimal Rp 4,5 juta.

      Kalau dipaksakan, yang agak mendekati sebenarnya Xiaomi Redmi 2 Prime. Masalahnya, Redmi 2 Prime bergaransi resmi di mana-mana sudah kosong.

  40. Pak HSW, mau tanya perbedaan OS Lollipop dan Marsmallow apa ya? Infinix X510 sy udh dpt updatenya, tp sy blm menemukan perbedaannya selain tampilan menu aplikasi yg di geser naik turun, mirip OS Froyo malah…

    1. Pak Joko,

      Saya belum tahu karena belum pernah mencoba Marshmallow. Dengar-dengar di Marshmallow kartu microSD bisa dianggap sebagai memori internal.

  41. selamat malam koh menuju dini hari
    hot 2 itu batrenya menggiurkan dan bentuknya kegedean bikin saya takut kalau pake celana kolor 🙁
    koh kalo boleh tanya vendor ponsel apa yang koh herry suka dan menarik untuk ditunggu??
    ada rencana untuk review gawai samsung lagi? soalnya sulit sekali mencari review samsung dan oppo?
    tidak ada rencana untuk review powerbank lagi ??

    1. Pak Arief,

      Hot 2 atau Note 2?

      Saya tak memiliki merek favorit sih.

      Review gawai Samsung? Dalam waktu dekat belum ada rencana lagi.

      Power bank sebenarnya ada beberapa yang bisa di-review. Namun, terus terang saya meletakkannya di prioritas terakhir. Power bank baru di-review kalau saya sedang sangat luang dan tak ada ponsel yang sedang diuji pakai.

    1. Pak Ardhana,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy A7. Kalau Galaxy A8 pernah towel-towel. Saya kok merasa Galaxy S5 masih lebih menarik daripada Galaxy A8 ya.

  42. pak Herry,
    akhirnya review infinix yang ini keluar juga,sudah saya nanti2.makasih pak
    jadi benar ya pak ada dropdown toggle khusus untuk screenshot?
    oia sekalian nanya,itu tempat tidur yang ada tulisan you love me,ada dimana ya?lucu..

    1. Bu Putri,

      Benar, ada dropdown untuk screen capture. Namun, menurut saya, masih lebih praktis menekan tombol power + volume ke bawah sih.

      Oh, itu foto tempat tidur di sebuah hotel di Bali.

  43. ohya pak, ini apa emang dari asalnya ngga dikasih headset? soalnya di kotak isinya cuman hp, batok charger, sama kabel charger aja pak …

  44. Pak Herry Yth,

    Sebelum membeli Infinix Note 2 ini, mohon masukannya lagi ya Pak.

    1. Apakah layar Infinix Note 2 ini masih nyaman dilihat mata dibawah sinar matahari terik di siang hari? Saya pekerja salesman yg sering berada di lapangan Pak/ di siang bolong yang sedang panas-panasnya. Mau beli HP dengan layar besar karena suka layar besar dan baterai awet karena butuh baterai awet untuk faktor pekerjaan.

    Kiranya Pak Herry dapat membantu, sebelum saya mengeluarkan uang senilai +/- Rp 2 juta tsb.

    2. Kalau sering bertelepon disarankan menggunakan handfree atau bluetooth ya Pak? Supaya terhindar dari bahaya buruk radiasi. Pak, handfree atau bluetooth apa yg harganya terjangkau namun masih nyaman digunakan (kalau bisa yg berukuran mini)? Harganya berapa ya Pak? Kalaupun harga tidak bisa murah-murah banget, tdk apa Pak. Mohon sarannya handfree atau bluetooth brand apa itu?

    Terima kasih.

    1. Pak Vicky,

      1. Masih cukup nyaman. Anda tinggal mengatur tingkat pencahayaan layar.

      2. Kalau ingin terhindar dari bahaya buruk radiasi, ya jangan pakai ponsel sekalian, Pak. Ketika Anda memutuskan menggunakan ponsel, berarti Anda sadar kalau pasti ada pengaruh radiasi. Tinggal bagaimana Anda meminimalkan pengaruh radiasi itu dalam pemakaian sehari-hari. Misalnya, jangan berlebihan saat bertelepon.

      Bila ingin lebih praktis, silakan membeli headset bluetooth. Carilah merek Nokia, Sony, atau Jabra yang orisinal dengan harga Rp 300 ribuan. Itu sudah lumayan kok. Tipenya bebas.

  45. Mantap pak herry reviewnya, ane pengguna Note 2 juga
    Kemaren ngetest fast charging pake kabel hot note yg udah bengkok ujungnya terasa berat, mungkin faktor bengkok listriknya jadi ga mengalir sempurna
    dan kalo ngomongin soal kamera sih, ini ga bakal ada habisnya. Semua device punya kelemahan dan kelebihan (kalo mau perfect sih belinya jangan 2jutaan haha), coba bandingin sama smartphone tahun 2013 yang price range 2jt specnya kaya gimana
    Karena bagi ane ini smartphone udah lebih dari cukup dari segala spec + pros n cons nya, kamera ga terlalu penting sih (yang penting pas dipoto hasilnya jelas, ga blur2)
    – kekurangan tambahan: ga dapet headset, di hot note dapet haha

    1. Pak Andi Arisanto,

      Benar banget. Terlepas dari kamera yang kurang mantap, dengan harga Rp 1,899 juta sih Note 2 sudah layak beli banget.

  46. 1 – 2 minggu ini sptnya stok Infinix Note 2 di Lazada selalu habis. Apa memang pasokan di pasaran terhambat atau stok yang ada sudah diborong trader & dijual offline dengan harga lebih tinggi? Mungkin pak HSW ada info?

  47. Yth Pak Herry,

    Share aja nih Pak, saya masih belum beli Infinix Note 2, karena stock kosong di TokPed, Lazada, dll. Ada yg jual tapi harganya jadi Rp 2.1 jt keatas malah. Masih tunggu yg sekiranya Rp 1.950 jt lah kalau mau paling mahal mah.

    Kayanya karena direview Pak HSW bahwa produk ini recommended nih, makanya jadi kosong di pasaran. Hahahaha..

    Pak, apakah akan me-rieview Lenovo Vibe P1 Turbo dan Redmi Note 3?

    Satu hal lagi, minta tolong Pak HSW review juga secara terpisah dalam sebuah tulisan baru, mengapa produsen HP sekarang banyak yg sudah menghilangkan slot memory card dan menggunakan sim card nano? Padahal micro aja deh, gak usah kecil-kecil amat semacam nano.

    Thanks ya Pak.

    1. Pak Vicky,

      Rp 2,1 juta murah tuh. Di Surabaya paling rendah Rp 2,15 juta. Ada toko yang menjual Rp 2,5 juta dan laku lho.

      He… he… kalau Anda berharap beli di luar Lazada Rp 1,95 juta, rasanya Anda takkan berhasil mendapatkannya.

      Soal Vibe P1 Turbo dan Redmi Note 3, enaknya di-review nggak ya? 🙂

      Ehmm… langsung saya jawab di sini saja. Alasan tepatnya saya tak tahu. Menurut saya, salah satu faktornya adalah menghemat tempat di ponsel. Ponsel dituntut semakin canggih dengan bodi yang tidak terlalu berat atau tebal. Jadi, produsen harus pintar-pintar memanfaatkan tempat deh.

  48. Pak Herry,bolehkah saya meminta saran masukan anda untuk memilih infinix hot note dengan xiaomi redmi 2 prime berdasarkan pada poin-poin yang biasa saya gunakan berikut ini:
    desain telepon,sms (dan juga menelepon),mendengarkan musik,lihat film,internetan,bbm-an,email,kamera.
    Kira2 pilihan terbaik jatuh pada infinix hot note atau redmi 2 prime..?
    Terima kasih buat attensinya.

    1. Pak Chandra,

      Lihat filmnya dari YouTube? Kalau iya, ambil Redmi 2 Prime yang sudah mendukung layanan 4G LTE saja deh.

  49. siang koh Herry,,
    setelah pakai beberapa lama,, hp ini kok sering hilang sinyal internetnya ya,, baik wifi maupun seluler nya,, harus restart dulu baru bisa connect lagi,, apa koh Herry mengalami juga ?? atau kebetulan saya yg dapat cacat produk ,, tks ya koh

  50. Koh maaf nih keluar topik, mau tanya xiaomi redmi note 3G kan WCDMA kira2 suport kartu smartfren gak ya koh? Terimakasih

  51. Bisa minta masukannya Pak,pilih mana antara infinix hot note dan redmi 2 prime dilihat dari poin2: desain hp/build quality,kualitas audio/musik,software & hardware…?
    Makasih Pak..

  52. ko Herry,
    mau nanya untuk koneksi di infinix note 2 ini,
    bisakah memasang kartu 4g lte di sim2?
    karena saya coba tidak bisa dan hanya mentok di 2g only
    mohon pencerahannya pak
    terimakasih

    1. Pak Yatss,

      Bisa. Kalau Anda ingin nomor di SIM2 masuk ke jaringan 4G LTE, pastikan nomor itu dipilih sebagai nomor yang digunakan untuk berinternet dulu.

  53. Sore Pak Herry,

    Saya ingin menanyakan mengenai infinix note 2 ini, kebetulan saya sedang mencari smartphone yg bisa saya jadikan mifi dan pastinya dual sim terus bisa dipakai juga untuk di negara tetangga.

    nah apakah infinix note 2 ini bisa disandingkan dengan 4g nya bolt Pak terus kl digunakan sebagai mifi apakah bis di lock di 1 sim card saja and berapa lama ya pak Max penggunaan batt nya jika untuk mifi

    1. Pak Arpa,

      Karena saya di Surabaya dan di sini tak ada Bolt, saya tak pernah coba memadukan Infinix Note 2 dengan Bolt.

      Dalam pantauan saya, ada dua varian Note 2 yang beredar di Indonesia. Varian A1 mendukung 4G LTE Smartfren di frekuensi 2300 MHz, sedangkan varian B1 cocok dengan 4G LTE Smartfren di frekuensi 850 MHz.Perbedaan dua varian itu tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kardus ponsel. Anda juga mustahil mengenalinya dari tampilan fisik ponsel. Untuk mengidentifikasinya, nyalakan Note 2, masuk ke menu settings, lalu gulirkan layar ke bawah sampai menjumpai menu about phone. Selanjutnya, tekan about phone dan sapukan jari sampai menemukan baris build number. Di bawah tulisan build number ada sederet huruf dan angka. Di tengahnya pasti ada tulisan A1 atau B1 yang diapit tanda hubung.

      Apa hubungannya dengan Bolt. Bolt beroperasi di frekuensi 2300. Jadi, ada kemungkinan Infinix Note 2 varian A1 dapat dipadukan dengan Bolt.

      Ya, bisa di-lock di SIM1 saja. Maksimal baterai tahan berapa lama? Kalau hanya dipakai untuk mifi, saya tak pernah menghitungnya. Bila ponsel saya fungsikan untuk mifi, telepon, SMS, dan aneka aktivitas, baterai Note 2 mampu bertahan sejak saya bangun tidur sampai tidur lagi kok.

  54. jika Pak Herry dikasih 2 pilihan ini,mana yang akan bapa pilih..
    1.Xiaomi Redmi 2 Prime
    2.infinix hot note X551
    dan sebutkan alasan nya,terima kasih

  55. ko Hery…maaf oot..dierafone msh menjual xiaomi redmi note 3g, padahal kalau gak salah hp itu diluncurkan thn 2014, kira2 msh layak beli gak ya…jika dibanding lg magna recomend mana? trm ksh..

    1. Pak Dani,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Xiaomi Redmi 2 Rp 1,499 juta.

  56. Malem koh,,,ini ponsel infinix saya yg kedua setelah kemarin jg sempat menjajal hot note x551. Ada yg mau saya tanyakan tentang hot note 2 x600 ini,saya agak kesulitan menemukan cara untuk melakukan panggilan video pd hot note 2 ini,tdk seperti pd generasi sebelumnya (x551),untuk smartphone infinix yg satu ini apa memang tdk dilengkapi fasilitas panggilan video atau memang saya blm ketemu ya koh,mohon bantuannya… Thanks b 4 n good luck koh

    1. Pak Ikhsan,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Terus terang saya tidak memperhatikan ketersediaan menu video call. Kalau di dalam menu phone tidak tersedia, kemungkinan ponsel itu memang tidak mendukung layanan video call via layanan seluler.

    1. Pak Anto,

      Saya tidak mengetahui reputasi toko tersebut. Dari hasil iseng masuk ke sana, beberapa menit lalu, harga penawaran untuk beberapa tipe ponsel baru lebih rendah daripada harga kulakan toko.

  57. sudah adakah distributor resminya? bagaimana layanan purna jualnya? kok saya belum nemu website resminya? dan di situs2 jual beli rata2 harga jualnya sudah Rp 2 jutaan

    1. Pak Bescorpio,

      Infinix Note 2 kan memang beredar resmi di sini. Sejauh ini saya belum pernah menemukan Note 2 tanpa garansi resmi.

      Sampai saat ini, jalur distribusi resmi Infinix hanya via Lazada. Harga resminya baru saja naik dari Rp 1,899 juta menjadi Rp 1,999 juta. Harga pasaran online non-Lazada dan offline tentu lebih mahal.

  58. di Lazada sudah out of stocks :), berarti harus cari di toko langsung mudah2an garansi resmi, satu lagi pak bagaimana lock GPS nya? fitur Gmaps sering saya pakai nih

    1. Pak Bescorpio,

      Di Lazada masih ada stok kok. Barusan saya cek. Beberapa hari lalu saya juga usai membeli satu unit di sana.

      GPS-nya baik-baik saja sih.

    1. Pak Anto,

      Menggunakan “energi” dari panel layar sentuh. Jarak antara dua ponsel tidak boleh lebih dari satu sentimeter. Ya, satu sentimeter. Kecepatan transfer tergolong lambat.

  59. Yth, Pak HSW

    Saya mau tanya, saya pemakai baru Infinix note 2.. Baru 5 hari ini HH saya pegang, yang jadi pertanyaan, sejak saya mulai mengoperasikan HH ini, system nya udah minta update sebanyak 4x, ini yang terakhir ukuran 201an MB.. Apakah aman kalo saya terus terusan nurutin kemauan dia buat update system terus?

    Terus yang kedua, di sini kan banyak aplikasi bawaan yang bagi saya engga penting / engga pernah saya pakai. Apakah aman meng-uninstall semua aplikasi yang engga penting menurut saya.. Dan menurut Bapak aplikasi apa yang TIDAK boleh di-uninstall di sini..

    Terimakasih Pak HSW..
    ~ Camellia

    1. Bu Camellia Topaz,

      Tak masalah. Silakan di-update saja.

      Cara termudah mengidentifikasinya begini: kalau ada pilihan tombol “uninstall”, berarti aplikasi bawaan itu boleh dihapus. Silakan menghapusnya. Saya juga terbiasa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan kok.

  60. Koh mau tanya lebih irit yang mana nih konsumsi baterai antara infinix hot note x551 dgn infinix hot note 2 (x600) ?
    Pemakayan wajar, sy dilema ditambah xiaomi redmi 3 batre nya dah 4000 juga,

    1. Pak Andre,

      Hot Note lebih irit. Lha maksimal cuma 3G. Menurut saya, mengacu kepada perkembangan layanan seluler terkini di tanah air, mending ambil Note 2 (bukan Hot Note 2 lho) deh. Baterainya tetap cukup buat seharian penuh kok.

  61. Sekedar sharing pak, saya barusan update Marshmallow via tcard pada Infinix Note 2, ada beberapa yg berubah, terutama yg berkesan itu kameranya sekarang ada mode professional dan efek nya ditambah pak, pokoe joss. Silahkan kalau pak Herry masih memiliki Note 2 monggo di upgrade Marshmallow 😀

    1. Pak Arya DP,

      Oh ok. Jadi, download update-nya bukan langsung dari ponsel ya, Pak?

      Terima kasih atas informasinya.

  62. Oh iya pak dan juga problem gmail yg bapak sebutkan, sekarang bentuk gmailnya yg belum dibaca bold pak hehe

  63. Iya pak Herry, entah kenapa saat saya ingin update Marshmallow (750 mb) via OTA, cache tidak cukup? Lalu proses downloadnya sangat lama dan akhirnya connection fail? Padahal saya sambungkan ke wifi untuk nonton Youtube, browsing, dll bisa pak. Kenapa bisa seperti itu ya?

    1. Pak Arya DP,

      Saya tak tahu pasti kondisi detail saat Anda coba mengunduh file updater itu. Mungkin sisa memori internal terlalu kecil, koneksi internet kurang stabil, atau server tempat mengunduh file updater kebetulan sedang kurang lancar.

  64. Pagi, Pak HSW..

    Saya tanya lagi ya..
    Hari ini HH saya (Infinix Note 2) minta update system yang kesekian kalinya, kali ini ukurannya 715,11MB.. Mengingat ukuran filenya cukup besar, saya gunakan jaringan WI-Fi.

    Proses download sukses dilakukan, namun ketika proses installing, HH saya tetiba ngelag.. Robot andro yang biasanya digambarkan sedang bekerja melakukan penginstallan sampai HH reboot, kini baru beberapa menit robot tersebut terlihat terkapar seperti mati dan ada simbol peringatan berwarna merah. Saya diamkan beberapa saat tapi tidak ada perubahan, akhirnya saya matikan paksa dengan menekan tombol power. HH reboot dan ada notification bahwa proses update failed.

    Kini HH saya lemotnya minta ampun bila membuka salah satu aplikasi, apa yang harus saya lakukan ya?

    Terimakasih..

    1. Bu Camellia Topaz,

      Kalau mau, lakukan tahapan ini:
      * Factory reset.
      * Update yang 715,11 MB itu.
      * Factory reset lagi.
      * Silakan atur ulang dan gunakan ponsel seperti biasa.

  65. Errr.. Berarti bila saya melakukan factory reset, update system yang sudah saya lakukan selama beberapa kali apakah akan sia-sia, Pak? Apakah bila saya melakukan factory reset, system yang minta di-update tidak kembali ke awal? (kalo tidak salah hanya berukuran 70an MB..

    1. Bu Camellia Topaz,

      Factory reset tidak menghapus update system yang telah Anda lakukan.

      Yang terhapus adalah aplikasi tambahan dan data lain (SMS, foto, dll) yang disimpan di memori internal.

  66. Wah, trimakasi pak HSW reviewnya. Kebetulan saya juga mau cari HP dgn harga terjangkau dan kualitas mumpuni. Dan kebetulan juga spec yg saya cari dan utamakan itu adalah daya tahan baterai dan sistemnya (tahan lama dan ga lemot), cocok sekali dengan yg saya cari.
    Mau tanya pak HSW, selain Infinix Note 2 ini, apakah ada rekomendasi tipe HP lain yg sebanding? kira2 dgn harga yg mirip-mirip. Untuk membandingkan saja.
    Terimakasih 🙂

    1. Pak Yacobus Ekakrismi Nugraha,

      Kalau yang harga mirip-mirip sih saya masih merekomendasikan Infinix Note 2.

      Kalau anggaran bisa ditambah sampai sekitar Rp 3,9 juta, silakan melirik Lenovo Vibe P1 Turbo. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dan lebih tahan lama daripada Note 2.

  67. Sebagai pemakai email aktif awalnya sangat kecewa dengan tampilannya, susah membedakan antara “read” dan “unread” walaupun sudah dijelaskan oleh Pak HSW. Tetapi berdasarkan praktek akhirnya bisa, hehehe. Tampilan waktu warna biru berarti belum, sedangkan hitam berarti sudah

  68. Kalau antara Infinix note 2 dengan Xiaomi Redmi Note 2, Pak HSW akan memilih yang mana? Melihat harganya tidak jauh beda dengan spec yg mirip2. Atau dgn harga sekitar segitu (plus minus 2 jutaan), adakah rekomendasi HP lain? Thx 🙂

  69. Pak saya baru saja membeli note 2 juga tapi baru sehari pakai eh chargernya lgsg rusak, pdhl waktu membeli di toko hpnya bisa tapi pas saya coba di rumah tidak bisa dan besokannya waktu saya kembali ke toko hpnya, penjualnya tidak ingin bertanggung jawab samasekali pdhl benar benar belum saya apa apa kan… Dan saya mencoba mencari charger orinya di lazada sedang sold out. Saya harus gmn pak biar bisa kembali fast charging lagi? Terimakasih sebelumnya, salam kenal

    1. Bu Aini,

      Lakukan klaim garansi saja tho. Charger bawaan Infinix digaransi selama enam bulan kok. Silakan membawa kabel dan kepala charger Anda ke pusat perbaikan resmi terdekat.

  70. Om herry, kalo gak salah ingat, pernah nulis kalo pake kartu xl lebih boros di baterai ya . . . ?

    Itu kalo dipakai untuk internet ato pemakaian tanpa internet ? Note2 saya ini pakai kartu xl untuk komunikasi dan im3 utk sambungan internet. Subuh tadi 100% dan sekarang pk 14.26 baterai tinggal 39%. Sesekali tadi saya pakai main game gunship strike dan memutar video dari youtube. Selama itu internet lewat wifi dan sambungan data im3 saya matikan. Menurut om herry bagaimana ?

    1. Pak Uqil,

      Benar. Itu kalau masuk ke jaringan 4G LTE dan dipakai berinternet.

      Yang Anda alami masih wajar deh. Lha Anda main game dan memutar video dari YouTube. Biarpun pakai Wi-Fi, aktivitas nonton video streaming itu kan lumayan menguras baterai.

  71. Pak Herry,

    Ini adalah review yang bagus karena jelas dan lengkap, i like it 🙂

    Saya punya pertanyaan:

    1. Infinix produsen dari mana? Nigeria?
    2. Apa perbedaan cached RAM dan free RAM di device memory?

    Terima kasih.

    1. Pak Mahesa,

      Terima kasih atas pujiannya.

      1. Infinix adalah merek Hongkong. Ponsel Infinix diproduksi di Tiongkok.

      2. Cached RAM? Silakan melihat screen capture kondisi awal RAM Note 2. Yang baris kedua itu jumlah RAM terpakai, sedangkan baris ketiga jumlah RAM tersisa.

    1. Pak Donny,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Maksudnya ukuran file game-nya besar ya? Kalau gamenya besar dan berat, konsumsi baterai tentu akan lebih boros.

  72. Selamat siang, Pak Herry. Makasih bgt buat ulasan’y. Sngat membantu.
    Yang ingin saya tanyakan, manakah yang lebih unggul antara vivo y21 dengan xiaomi redmi 2 prime? Kenapa vivo y28 jarang ada di counter” yah? Apakah slain kedua merk tsb, ada merk lain yg bsa direkomendasikan dg budget 1,5-2 juta. Saya sbnrnya snang dg lenovo. Saya orang yg sangat ceroboh. Mudah sekali menjatuhkan hp dan terkena air. Lenovo A859 saya brtahan hmpr 2 tahun pdahal sudah sangat sring jatuh dri tmpat yg ckup tnggi, ke aspal, dan terkena air. Yah walaupun pernah msuk bengkel skali dgn pelayanan buruk. Sya juga jualan online. Jd kalau ada hp yg tdk panas, baterai awet, kamera blakang ok utk fto dagangan, ram min 2, bsa aktf 2 bbm. Lbih dkit dri 2 juta jga gpp deh asal than bnting jga. Hehe. Mau coret slah satu jga gpp djelasin aja.
    Makasih bgt yah pak.

    1. Bu Tia,

      1. Tak tahu. Saya belum pernah coba Y21.

      2. Saya kurang memperhatikan ketersediaan stok Y28 pada beberapa bulan terakhir. Mungkin barang sudah diskontinyu? Sebab, seingat saya, Y28 keluaran lumayan lama.

      3. Kalau mau memenuhi semua kriteria yang Anda sebutkan, rasanya Anda harus menyediakan anggaran tiga kali lipat.

      Di rentang harga sampai Rp 2 juta, ada Hisense Pureshot yang memenuhi syarat dari sisi kamera dan RAM 2 GB.

  73. Hisense pureshot HS-L671, Pak?
    Mau tanya lagi pak. Antara vivo y21/y31/y35, infinix note 2/zero 3, dan hisense yg paling bgus apa pak?

    1. Bu Tia,

      Kode angkanya saya tak hafal. Nama dagangnya benar Hisense Pureshot.

      Tiga tipe Vivo yang Anda sebutkan belum pernah saya coba. Note 2 bagus, tetapi kameranya kurang mantap. Zero 3 baru hari ini mulai saya gunakan.

      Jadi, yang sementara bisa saya bandingkan baru Pureshot vs Note 2. Cara memilihnya mudah. Mengutamakan kamera? Ambil Pureshot. Mengutamakan baterai? Ambil Note 2.

  74. Tapi saya bingung beli note 2 dmana. Di sni gak ada outlet resmi untuk infinix. Saya emang suka spek note 2 ditambah warnanya gold. Tapi kyanya bkal susah bwt komplain dn spare part’y yah pak.

    1. Bu Tia,

      Di sini itu maksudnya di mana ya? Infinix memang belum memiliki showroom khusus. Namun, di berbagai kota besar sudah ada toko ponsel yang menjual Infinix. Alternatif lain, belilah secara online.

  75. Malam Pak Herry, saya mau tanya kalau garansi resmi infinix itu apa ya? kan kalau ASUS atau Lenovo ada TAM,DataScript atau metrodata…??? 😀

    1. Pak Rafli,

      Ya garansi resmi Infinix. Nama distributornya Bintang Cemerlang. Setelah ini bakal ada satu distributor resmi lagi. Inisialnya CB.

      1. Pak Herry, akhirnya.. Setelah berbulan-bulan galau memilih hp, akhirnya saya jadi beli Lenovo Phab Plus garansi TAM secara offline di gerai hp langganan saya. Ini sangat kejutan namun seperti yang saya inginkan (beli offline). Penjualnya seketika mengontak saya ketika hp tersebut ditawarkan oleh distributor. Maklumlah, saya sdh menyebar info mencari hp ini ke beberapa gerai hp di Malang. Barang terbatas hanya 5 unit hrga 3,2 jt warna champagne gold. Sejauh ini Ini semua baik” saja. Battere awet seharian penuh dengan pemakaian lumayan tinggi. Ini saya ketik pakai lenovo baru. Terimakasih pak Herry atas bantuannya memandu saya dalam memilih hp. Sukses ponselmu.com

        1. Bu Rossy,

          Oh ok. Sip deh.

          Btw, saya kemarin baru pulang dari Malang. Saya menginap satu malam di sana.

          1. Wah.. Sayang sy engga tau pak Herry disini. Coba tau pasti saya ajakin makan “oriental crab omelette with sour and sweet sauce” atau yg bapak sebut Fu Yung Hai di sebuah review di ponselmu. Hahaa…

  76. Selamat Sore Pak Herry SW.

    Saya pake Infinix Note 2 X600. Dan telah update ke Android 6.0.

    Yang ingin saya tanyakan, setiap membuka aplikasi BBM selalu gak mau terbuka. Selalu muncul notifikasi Unfortunately, BBM Has Stopped.
    Saya telah uninstal dan instal lagi, tap keterangan tetap sama.

    Penyebabnya apa ya Pa Herry?

    Terima Kasih

    1. Pak Erwyn,

      Terus terang saya tak tahu karena saya tidak menggunakan BBM. Dulu saat masih memakai Android 5.1 Lollipop, masalah serupa apakah tidak terjadi?

      Oh ya, usai melakukan update ke Android 6.0 Marshmallow, apakah Anda sudah melakukan factory reset? Hal itu idealnya dilakukan setelah ponsel menjalani major update.

  77. met malam pak Herry SW,

    Mao tanya aja nih…apakah Infinix Note 2 X600 Support Kartu Bolt?

    Terima Kasih

    1. Pak Santoso,

      Sehari-hari saya di Surabaya dan di sini tak ada layanan Bolt. Jadi, saya belum pernah coba memadukan Note 2 dengan Bolt.

      Di atas kertas, kalau Anda memiliki Note 2 varian A1 (baca penjelasan saya pada naskah di atas), seharusnya bisa dipadukan dengan Bolt.

  78. Halo om..
    Saya pengguna baru IN2, yg mau saya tanyakan, bisa gak sih mengedit menu di home, seperti meng-hide kan logo2 aplikasi yg jarang dibuka…?

    trims.

  79. Malam Pak HSW

    Infinix note 2 kan fast charging krna output smpe 4A. otomatis panas saat ngecharging. kalo saat ngecharging kita mainin hp nya (kebiasaan gamer) apakah ngaruh chargeran nya rusak pak? krna pasti suhu nya makin panas.

    mungkin yg dimaksud Pak/bu prima itu IN2 (Infinix Note 2) pak

    1. Pak Rifqi,

      Saya lebih curiga dalam jangka panjang baterainya akan “hamil” karena sering kepanasan. Namun, saya tak berani memastikannya. Saya terbiasa mengisi ulang ponsel dalam kondisi padam.

      Saya sebenarnya bisa menebak kalau IN2 adalah Infinix Note 2. Namun, saya ingin membiasakan pengirim pertanyaan menuliskan nama ponsel dengan benar. Jangan disingkat semau gue.

    1. Pak Ageng,

      Ditinjau dari faktor apa dulu nih? Kamera lebih bagus Zenfone Max. Daya tahan baterai lebih lama Zenfone Max. Sedangkan tingkat kegegasan lebih unggul Infinix Note 2. Harga juga lebih murah Note 2.

  80. Siang Pak Herry,
    Mo tanya gimana caranya pada IN 2 Marshmallow ,memory internal bisa di back up dengan memory external ??
    Karena pada Lollipop bisa sebagian aplikasi dipindah ke external

      1. IN 2 (infinix note 2) yg saya maksud, pak herry.
        bagaimana caranya agar aplikasi yg didownload dpt dipindahkan ke sd card

        1. Pak Yok Endra K,

          Oh ok. Biasakan menuliskan tipe ponsel dengan benar. Jangan disingkat-singkat semau gue ya.

          Saya tak pernah mencoba memindahkan aplikasi tambahan ke kartu memori karena saya berprinsip aplikasi akan lebih optimal bisa diinstalasikan di memori internal. Silakan coba masuk ke settings, apps, lalu pilih aplikasi yang ingin dipindah. Kalau ada tombol pilihan “move to SD card”, berarti aplikasi itu bisa dipindahkan. Silakan tekan tombol yang tersedia.

  81. Kalau operator 4G LTE BOLT bisa digunakan tidak di Inifinix Note 2 X600 ini ? Mohon sharing informasinya, trims.

    1. Pak Manus,

      Saya belum pernah mencobanya karena di Surabaya tidak ada layanan Bolt.

      Di atas kertas, asalkan Note 2-nya yang varian A1, seharusnya bisa.

  82. apakah hp ini bisa pakai stylus???
    hehehe
    mengingat saya tertarik karena ini ponsel note dan saya bisa edit kerjaan secara langsung.
    sepertinya tdk ada stylusnya di hp ini?

    1. Bu Lidya Puspitasari,

      Bisa. Anda tinggal membeli sytlus kapasitif. Namun, biasanya takkan nyaman lho. Lebih enak menggunakan ujung jari.

      Benar. Di paket penjualan Note 2 memang tak disertakan stylus.

  83. Dear Bp.HSW

    Hari ini ganti kartu smartfren lama ke smartfren 4G LTE dan di pasang ke infinix note 2/X600, tapi internetnya tidak bisa, bahkan telpon pun tidak bisa, dan menerima telpon juga tidak bisa.

    Customer service smartfren bilang bahwa smartfren nya sedang cari jaringan dan menceritakan bahwa ada customer yang kejadiannya sama seperti saya, tapi esok harinya sudah bisa

    Need your help Pak HSW

    Thank you

    1. Pak Andi Putra,

      Kartu Smartfren 4G LTE bila dipasangkan ke Infinix Note 2 memang standarnya cuma bisa dipakai berinternet. Saran saya, lebih baik Anda ke Galeri Smartfren lagi. Minta tolong CS untuk langsung cek di sistem, pergantian kartu Anda sudah berhasil atau belum. Kalau sudah berhasil, minta tolong di-setting-kan sekalian sampai beres.

  84. Dear Bp.Herry SW,

    Oh begitu.. smartfren 4G tidak bisa dipakai untuk telpon di infinix note 2
    Sayang sekali smartfren tidak bisa telpon di infinix note 2 ya

    Kemarin CS smartfren bilang sudah selesai setting, dan memang saya sempat lihat smartfren dengan logo “4G” di layar infinix note 2, namun setelahnya menghilang hingga saat ini

    Kemarin CS nya cuma cerita orang yg pakai xiaomi juga mengalami kejadian yang sama

    Saya saat ini bingung mau penjualnya yang beralamatkan di ITC cempaka mas atau ke CS smartfren lagi?

    Thank you,
    Andi Putra

    1. Pak Andi Putra,

      Default atau pengaturan standarnya tidak bisa. Namun, bila Anda memang sangat ingin bertelepon memakai Smartfren di Note 2, silakan mengunduh dan menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE yang tersedia di Play Store. Sebelumnya Anda perlu mampir ke Galeri Smartfren dulu untuk meminta aktivasi fitur VoLTE.

      Saran saya, ke Galeri Smartfren lagi dulu saja. Minta tolong dicek, sekaligus minta aktivasi VoLTE.

  85. Mau tanya pak, kenapa ya infinix note 2 saya tidak ada pemberitahuan pembaruan atau tidah bisa di perbarui?
    Mohon jawabannya pak

      1. Belum pernah root sama sekali
        Dan saya juga belum pernah update atau mendapat pemberitahuan untuk update, kalo kayak gitu kenapa ya?

        1. Pak Thetus,

          Ok. Kalau belum pernah di-root, berarti aman. Coba cek dari menu software update secara manual deh. Note 2-nya Anda baru beli?

  86. Pak, saya baru seminggu ini pake infinix note 2. Dapat pembaruan sistemnya cuma 1 kali aja. Itu wajar aja kan ya?

    Aplikasi launcher bawaan ada 3, apus, cm launcher, dan x ui… Bagus mana ya buat dipake jadi default launcher? Soalnya rencananya launcher yang ga kepake bakal saya uninstall aja.

  87. Ko Herry mau Nanya: bagaimana tampilan layar infinix ini di bawah sinar matahari? Apakah masih jelas? Dan bagaimana kualitas suara speaker kalau buat telepon? Apakah jernih dan jelas?

    1. Pak Gondo,

      Masih cukup jelas, asalkan tingkat pencahayaan diatur tinggi.

      Suara speaker saat bertelepon keras dan jelas.

  88. Pak mau nya, kok IN2 saya setelah update ke marshmallow screen on time Cuma sampe 6jam-an padahal dulu pas lolipop bisa sampe 8jam-an

  89. Pak Andi Putra,

    Default atau pengaturan standarnya tidak bisa. Namun, bila Anda memang sangat ingin bertelepon memakai Smartfren di Note 2, silakan mengunduh dan menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE yang tersedia di Play Store. Sebelumnya Anda perlu mampir ke Galeri Smartfren dulu untuk meminta aktivasi fitur VoLTE.

    Saran saya, ke Galeri Smartfren lagi dulu saja. Minta tolong dicek, sekaligus minta aktivasi VoLTE.

    Mantap Pak Herry SW, saya sangat terbantu sekali, sukses Pak Herry SW

  90. pak mau tanya..saya pengguna infinix note 2 sudah sat bulan ini..sejauh ini sangat puas dgn hp nya..tapi saya masih di lolypop belom berani update ke marshmallow kaena kabarnya banyak yg mengatakan kalo marsmallownya banyak bug..apa benar demikian pak?

    1. Pak Rifki,

      Maaf, saya tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Note 2 yang sudah menggunakan Android 6 Marshmallow.

  91. Minta tolong bagi yang tau sy baru pakai infinix note 2 tp tombol volume samping gak berfungsi,,mungkin ada pengaturan nya atau bgaimana ,help me

    1. Pak Denny Dhimonk,

      Tak ada pengaturan khusus terkait tombol volume. Tombol itu langsung berfungsi tanpa perlu pengaturan apa pun. Kalau di ponsel Anda tombol tersebut tidak berfungsi, berarti Anda perlu membawanya ke pusat perbaikan resmi Infinix.

  92. Dear .
    Pak infinix note 2 apakah bisa di charge dengan wireless charging. SEMISAL bisa merk wireless charging nya apa yg recomended?
    Thx

    1. Pak Kukuh,

      Saya tak pernah coba memadukan Note 2 dengan wireless charger. Kemungkinan tak bisa deh.

  93. Pak HSW,

    Saat ini saya berencana mengganti HP baru dengan budget dibawah 2 juta. HP selama ini hanya saya gunakan untuk browsing internet, chatting di Line dan Whatsapp, serta aplikasi seperti Waze, Gojek, Uber, Grab dan juga foto-foto, SMS dan telpon.

    Untuk kriteria diatas dan dengan layar HP yang minimal 5 inci, apakah Pak HSW dapat menyarankan beberapa HP karena saya bingung memilihnya. Saya melihat di lazada ada dijual Infinix X553 HOT 3 4G LTE seharga 1,6 juta dan Infinix Note 2 X600 4G LTE seharga 1,9 juta. Bagaimana menurut Bapak? Saya sangat awam soal spek HP, hanya tau memakainya saja.

    Saat ini saya masih menggunakan iphone 3gs yang sebenarnya masih bagus tapi sayangnya hanya bisa diupdate ke ios6 sehingga tidak bisa mendownload aplikasi baru lagi.

    Terima kasih, Pak.

    1. Pak Windy,

      Karena anggaran Anda masih cukup, sebaiknya jangan ambil Hot 3. Pilih yang lebih tinggi lagi. Note 2 tidak jelek. Namun, karena Anda juga akan memakai ponsel itu untuk memotret, sebaiknya memilih ponsel lain. Sebab, hasil jepretan kamera Note 2 kurang bagus.

      Saya menyarankan Anda membeli Xiaomi Redmi 2 Prime atau Hisense Pureshot. Review dua ponsel itu dapat Anda baca di blog ini.

  94. Saya tadi sudah post comment tapi entah kenapa jadi hilang. Saya ulang lagi.

    Pak HSW, terimakasih banyak atas balasannya. Saya akan membaca review dari Bapak mengenai dua hp yang dimaksud.

    Tadi siang ketika membaca kompas online, saya malah menemukan berita berjudul ‘Xiaomi Indonesia Tawarkan Redmi Note 3 Pro Gratis’. Acara uji coba bagi para penggemar bertajuk “Explorers Program”. Xiaomi menawarkan Redmi Note 3 Pro secara gratis. 10 fans Xiaomi asal Indonesia yang beruntung akan mendapat kesempatan menjajal dan membuat Review mengenai Redmi Note 3 Pro di blog atau kanal YouTube pribadi peserta. Para fans terpilih diberikan kewajiban menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam waktu 10 hari.

    Apa itu berarti bahwa Redmi Note 3 Pro akan segera masuk resmi ke Indonesia ya, Pak? Oh ya, bagaimana kalau Bapak HSW ikutan saja Pak acaranya, kan lumayan bisa dapat HP gratis hehehe…

    1. Pak Windy,

      Lho kok aneh bisa hilang sendiri.

      Bisa ya, bisa tidak. Saya mengetahui kegiatan tersebut. Namun, saya sengaja tak mengikutinya karena pada rentang waktu tersebut sedang harus sering ke luar kota. Takkan sempat menyelesaikan tugas yang diberikan deh.

  95. Ko Herry mau tanya dengan rentang harga yang hampir sama, mending beli Infinix Note 2 atau Xiaomi Redmi Note 3?

    Terima kasih

    1. Pak Jun,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Redmi Note 3 karena belum ada yang bergaransi resmi.

  96. Kemaren note 2 saya sempet tombol volumenya tidak bisa sama sekali meskipun pke headset skalipun tetapi klo buat liat video lewat mxplayer bisa (coz mxplayer tombol volumenya bisa d atur dari layarnya). Saya awalnya berpikir klo yg rusak tombol pencetannya tapi kok pke headset yg ada tombol volumenya jg gak bisa. Apakah sofware penampil volumenya yg bermsalah???Mohon sarannnya????he2

    1. Pak Gorie,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Silakan bawa ke pusat perbaikan resmi Infinix untuk dicek.

  97. Pak saya mau tanya. Infinix note 2 saya kok tiba-tiba tdk bisa di cas cepat ya? Padahal kemarin-kemarinya bisa, itu kenapa ya pak?. Gambar petirnya hanya satu saja waktu pengecasan. Jadi ngecas lbh lama

    1. Pak Altruista,

      Bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Infinix untuk dicari permasalahannya di ponsel, kabel charger, atau kepala charger.

  98. Setelah mmbaca review dr koh Herry dan mlihat anggaran…akhirnya mmutuskan untuk beli nih ponsel…lagi nungguin barang dateng…semoga sesuai harapan…

    Trims koh Herry atas info yg brmanfaat dri blog ini..sukses selalu

  99. Ko Herry,

    Saya telah membeli Infinix Note 2. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Bagaimana cara hilangkan auto text nya
    2. Setiap kali habis matikan hp nya, pas nyalakan kembali aplikasi BBM dan LINE otomatis Disable dan harus di instal ulang. Gimana cara setting-an nya

    Terima kasih.

    1. Pak Jun,

      1. Silakan utak-atik di menu language and input.

      2. Nah… yang ini saya tak tahu. Kebetulan saya bukan pengguna BBM dan Line.

    1. Pak Acipl,

      Ini maksudnya Infinix Note 2 kan? Mestinya masih ada, tetapi saya tak tahu tepatnya di toko apa. Harga jual di Roxy pasti lebih mahal daripada harga resmi di Lazada.

  100. ko, klo koko diberi pilihan, pilih xiaomi redmi note 2 prime atau infinix note 2 lte (x600)?

    lagi galau pilih antar 2 hp ini..help ya ko

    trims
    ini freddy

    1. Pak Freddy,

      Pertanyaan yang sama jangan dikirimkan lebih dari satu kali ya. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  101. Pak Herry,

    Setelah Infinix Note 2 upgrade ke Marshmallow saya cek menggunakan Sensor Box utk Sensor Gyro nya aktif.. Dan sy cek dgn EZE VR jg Compatible…Apkah HP ini bisa digunakan utk VR…?

    1. Pak Kenzie,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencicipi Note 2 dengan OS Marshmallow.

      Kalau kini ada sensor giroskopnya, berarti itu pakai software yang biasanya takkan seoptimal hardware.

  102. Gan..minta tolong pencerahan nya ..,kok tombol volume up + down hp infinix hot note 2 saya tidak bisa di gunakan yaa.. tolong di balas yang tau ttg aplikasi ini. Terima kasih.

  103. Pak Herry, saya galau mau membeli gawai antara Infinix Note 2, Asus Zenfone Max, Xiaomi Redmi Note 3. Menurut bapak saya lebih baik membeli yang mana?

    1. Pak Adit,

      Anda mengutamakan fitur apa dulu nih. Ponsel-ponsel itu saya komentar satu per satu untuk mempermudah Anda mengambil keputusan ya.

      * Note 2: gegas, baterai tahan lama, tapi kamera kurang bagus.
      * Zenfone Max: baterai tahan lama, kamera bagus, tapi kadang terasa nge-lag alias tersendat.
      * Redmi Note 3: baterai relatif tahan lama, kamera cukup bagus, gegas, tapi belum 4G LTE.

  104. Pak Herry, antara Infinix Hot Note dengan Infinix Note 2 lebih baik yang mana? Kedua gawai tersebut memiliki baterai besar dan sama2 berfitur fast charging.

  105. Kang herry, kayak e review kang herry patut dijadikan sumber untuj menentukan hp yg dibeli.

    Kang mau tanya antara infinix note 2 dengan lenovo a7000 plus / special ed. (Meskipun kang herry lum pegang a700se mingkin bs melihat dr speknya dan varian lenovo sblmnya) lebih bagus mana jika dilihat dari kegegasan (istilah kang herry kan ini) dan baterai (batrei dinomor2kan)? Atau ada saran lain dg budget max 2,5jt?

    Mengingat saya juga senang ngegame namun cepat bosan dg game, terkadang maen cuma di awal install stlh itu hanya sebatas game terpasang diponsel. Aplikasi yg saya instal yaitu bbm, coc, clash royale, summonersky

    1. Pak Northarc,

      Seperti yang sudah Anda ketahui, saya belum pernah menguji pakai A7000 SE. Dugaan saya nih, kegegasan relatif imbang, sedangkan baterai lebih awet Note 2.

      Anggaran Rp 2,5 juta untuk ponsel dengan kriteria seperti apa nih? Oh, Anda rutin BBM dan CoC ya. Berarti, perlu baterai jumbo. Rasanya Note 2 menjadi pilihan terbaik deh.

  106. Pak herry, setelah make infinix note 2 ini, kemampuan menangkap sinyal untuk berinternet koq tidak sebagus LG G2 mini ya? Perasaan saya aja, atau memang kemampuan menangkap sinyalnya kurang ya.
    Infinix yg dipake suami bisa tangkap sinyal 4G indosat, infinix note 2 saya cuma 3G dan ga lancar, padahal di tempat yang sama.

    1. Bu Desika,

      Mungkin perasaan Anda. Selama memakai ponsel itu, penangkapan sinyalnya baik-baik saja kok.

      Suami Anda memakai ponsel Infinix tipe apa? Kartu yang Anda dan suami gunakan apakah sama-sama Indosat 4G LTE?

  107. Hallo Koh Herry..suka sekali baca reviewnya, jelas dan sangat membantu.. Oia om saya baru sj menggunakan infinix note 2, tp saya bingung gmn cara transfer file menggunakan USB OTG. Waktu itu sdh coba tp kok tdk ada pilihan copy/paste. Mohon bantuannya ya Koh. Tks

    1. Bu Rina,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Untuk copy paste, masuklah dari menu file manager, bukan dari settings lalu storage.

      Cara operasional file manager sangat sederhana. Tekan dan pilih file yang ingin di-copy, bukalah folder tujuan, kemudian pilih paste.

  108. Suami saya pakai infinix zero 1. Kartu indosatnya sama sih.
    Pak, ternyata service center di samarinda sudah tidak kerja sama sejak setahun lalu katanya. Padahal, infinix note 2 saya tiba-tiba hilang suaranya. Sudah saya reset, tetap aja begitu. Masih ada garansi resmi, kemaren beli di lazada. ?

    1. Bu Desika,

      Ok. Berarti, intinya kondisi sama, tetapi hasil akhirnya (dalam hal penangkapan sinyal) berbeda ya. Kalau begitu, coba periksakan ke pusat perbaikan resmi Infinix deh.

      Barusan saya cek daftar terbaru, di Samarinda memang tidak ada pusat perbaikan resmi Infinix. Dulu apakah ada? Bila tetap ingin diservis, berarti Anda perlu mengirimkan ponselnya ke Jakarta.

  109. Pak herry mau tanya nih,
    Saya dah pakai infinix note2 x600 dah 3bulan,selama ini kondisinya baik2 saja, kinerja yang diharapkan juga sesuai dengan kenyataannya,games 3D kategory berat ok kenceng,Kekuatan batre ok banget.intinya perbandingan kinerja dengan harga kasih nilai 90 Top markotop deh….hanya saja pada sektor kamera khususnya kamera video pada saat pengambilan gambar yang objeknya selalu bergerak fokusnya sering berubah2 ya,ini terjadi dari awal pemakaian.Update firmware sudah yg terbaru dan gak ada pengaruh sama sekali.apakah memang begitu dari sananya? Apakah ada cara lain untuk memperbaikinya Terimakasih banyak Pak Herry sebelumnya

    1. Pak An An,

      Saat Anda melakukan perekaman video dan objek bergerak, wajar kalau ponsel berusaha melakukan pemfokusan ulang. Yang membedakan, ada ponsel yang fokus ulangnya cepat, ada pula yang lambat.

  110. hola pak Herry sw, mhon pencerahannya nih, baru tadi pagi infinix note 2 saya mendapat motif upgrade ke android m alias android 6.0 via ota, setelah selesai download ada keterangan ‘unzip error, kesalahan paket ,periksa pembaruan lalu download lagi’ saya download ulang smpe tiga kali dn ternyata masih kayak gt, jd solusinya gmana mnrut pak Herry sw, terimakasih

    1. Pak Dimas,

      Sisa memori internal Anda apakah tinggal sedikit? Kalau iya, coba hapus/pindahkan sebagian data dulu.

  111. Pak hery saya mau tanya saya baru 2 hari beli infinix Note 2 jaringan internet nya kok sering berubah ubah kadang h+ dan kadang 3g,tu gmana ya?

  112. halo om herry..
    om kasi saran om,,, utk hp harga 3jutaan kira2 yg bagus tipe apa ya om?
    yg bagus di kamera dan baterai yg fast charging om

    trimzzzzz

  113. pak hery…
    kalau mau nge cek A1 atau B1 pada hp infinix note 2 saya,, itu harus pasang kartu smartfren dulu ga pak?

    sy msh blm tau nih, hp saya tipe A1 atau B1 nya?

    tlg info ny yacch
    trims before

    1. Pak Arjun,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Tak perlu memasangkan kartu Smartfren dulu. Langsung lihat dari menu ponsel saja.

  114. apa bisa di rubah,, kalau hp saya tipe A1, mau dirubah ke B1?

    kalau di flash ulang bisa dirubah ga?

    “ini saya dapat dari blog teman”

    Berikut adalah bahan – bahan yang diperlukan untuk melakukan proses Flashing pada Infinix Smartphone…

    1. PC atau Laptop (diutamakan dengan Windows 7)
    2. ROM yang sesuai dengan Infinix Smartphone yang digunakan
    3. Aplikasi Infinix Flashtool
    4. Kabel Data
    5. Infinix Smartphone
    6. MTK Driver (Jika Diperlukan)

    Download :
    Stock Rom X600-H532-A1-11042015
    Stock Rom X600-H533-A1-11042015
    Stock Rom X600-H533-B1-L-20151125 (1.N.0.5)
    Infinix Flash Tool for windows v1.0
    MTK Driver

    Setelah bahan – bahan diatas terkumpul silahkan melakukan langkah – langkah berikutnya…

    1. Silahkan extract aplikasi Infinix Flashtool dan ROM yang sudah kalian download sebelumnya…

    2. Setelah itu buka aplikasi Infinix Flashtool tersebut.

  115. Saya beli note 2 Rp.1.150.000 gold.
    Lumayan oke kok.
    Tapi hp sya suka ngleg.
    Ngbleng tiba2.
    Kamrin ngbleng tidak dpat d oprasikan
    Sya kira touchscreen sya rusk trnyata tidak.

    Buat semuanya saya ckup puas dg fitur2 yg di berikan note 2.

    1. Bu Dhiennha,

      Mumpung masih garansi, segera diperiksakan ke service center resmi saja. Tiba-tiba nge-blank bukan hal normal.

    1. Bu Dhiennha,

      Oh Anda beli dalam kondisi baru tho. Karena tadi tertulis Rp 1.150.000, saya menyangka Anda membeli Note 2 bekas dan beruntung dapat harga murah sekali.

  116. Thanks for your information. It’s very helpful. I just succesfull used smartfren on my infinix note to. You just need to set the APN, then whoila 4G on your hand!

  117. om,selain lenovo vibe shot yg harga 3jt ,yg om sarankan buat sy yg bagus dr segi kamera &bterai apa om?

    garansi resminya infinix note 2 ap ya om?

    makasi

    .

    1. Pak ND,

      Ehmm… anggaran berapa ya? Kalau maksimal Rp 3 juta dan cari kamera + baterai oke, ya Asus Zenfone Max.

      Ya bergaransi resmi Infinix. Distributornya bernama Bintang Cemerlang.

  118. Ini punya saya masih baru 2 minggu, tapi barusan hpnya ngbleng tiba2, spontan saya kaget dan mencet tombol power dan ngerestar sendiri tapi hidup lagi, apa itu normal? Mohon sarannya trimakasih

    1. Pak M Rudy,

      Kejadian pertama dalam dua minggu kan? Tak masalah. Ponsel pintar masa kini ibarat komputer mungil. Sama dengan PC atau laptop, kalau sedang mabuk ya tinggal di-restart.

  119. Bagaimana caranya kunci nomor hp orang lain agar tidak dapat menghubungi kita seperti hp merk lain, hp sy infinix note 2. Terimakasih admin

    1. Pak Yerid,

      Maksudnya Anda ingin memblokir nomor tertentu supaya nomor itu tak bisa menghubungi Anda ya? Saya lupa di Note 2 tersedia fitur penyaring panggilan atau tidak. Coba Anda cari dulu deh.

      Kalau tak ada, silakan menginstalasikan aplikasi tambahan dari Play Store. Cari saja yang cocok dengan menggunakan kata kunci “call filter” atau “call blocker”.

  120. Kalo infinix yg bagus di kamera dan bagus di operasional nya seri apa ya pak…. dan jika di bandingkan keluaran infinix dengan xiaomi lebih bagus mana dari segi operasionalnya….. apa infinix juga sering sering terkendala di software????

    1. Pak Anjas,

      Infinix Zero 3.

      Secara umum boleh dibilang berimbang. Bedanya, tahun lalu Xiaomi sempat mengalami kendala dalam pemenuhan aturan TKDN. Sehingga, ada dua tipe ponsel yang seharusnya bisa 4G harus dimasukkan dan dijual sebagai ponsel 3G. Fitur 4G-nya disunat.

      Infinix terkendala software? Tidak tuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *