Review Lenovo Phab Plus: Bukan Ponsel, Bukan Tablet

Gawai atau gadget bernama lengkap Lenovo Phab Plus ini bukan diposisikan sebagai ponsel maupun tablet. Lalu apa dong? Lenovo lebih suka menyebutnya sebagai phablet. Sasarannya adalah orang-orang yang galau sebaiknya membeli ponsel berlayar besar atau tablet.

Iming-iming yang diberikan Phab Plus bukan ala kadarnya. Bodi elegan, tata suara Dolby Atmos, dual SIM, dan mendukung layanan 4G LTE. Penulis alias HSW sukses memadukannya dengan layanan 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren.

Phab Plus-1

Tampilan fisik Phab Plus terlihat elegan dan mewah. Kala melihat gawai berbodi logam itu dari samping atau belakang, sebagian orang mungkin merasa menyaksikan versi raksasa iPhone keluaran terbaru. Sah-sah saja sih. Penilaian mereka baru pantas diragukan kalau menganggap Phab Plus menyerupai Nokia Communicator.

Konektor earphone atau handsfree berkabel tersedia di sisi atas Phab Plus. Di sisi kiri, terdapat satu selot kartu yang saat dikeluarkan baru ketahuan bila berisi dua baki. Satu untuk kartu micro SIM, satu lagi untuk kartu nano SIM atau kartu microSD.

Di samping kanan Phab Plus, pengguna akan menjumpai tombol volume dan power. Sedangkan di bagian bawah gawai berdimensi fisik 186,6 x 96,6 x 7,6 milimeter dan berat 220 gram itu tersedia konektor micro USB.

Beralih ke permukaan belakang. Di deretan atas terdapat kamera berlampu kilat ganda dan speaker. Sekitar 4,5 sentimeter di bawahnya tercetak merek Lenovo yang telah mengadopsi logo terbaru. Bukan lagi lenovo, melainkan Lenovo.

Phab Plus-3

Phab Plus dibekali layar IPS 6,8 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Belum bisa disebut tablet karena tablet biasanya memiliki bentang layar minimal tujuh inci. Namun, kalau dikategorikan sebagai ponsel, Phab Plus terlalu besar.

Hmm… bagaimana kalau disebut sebagai pontab? Singkatan dari ponsel tablet. Terdengar aneh ya. Jadi, lebih baik kita memposisikan Phab Plus sebagai tablet semimungil yang dapat digenggam dengan satu tangan.

Iya, satu tangan. Foto di bagian atas tulisan ini menjadi bukti nyata. Tangan kiri HSW mencengkeram Phab Plus. Sedangkan tangan kanan memegang kamera yang digunakan untuk memotret.

Foto, ikon, dan tulisan dapat disajikan dengan tajam sekaligus cemerlang di layar Phab Plus. Saat gawai siaga, tetapi layar padam, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali di layar untuk membangunkannya. Spontan layar akan menyala.

Mengantisipasi keinginan pengguna mengoperasikan Phab Plus dengan satu tangan, Lenovo telah menyiapkan fitur screen shrink dan one hand keyboard. Screen shrink merupakan fitur untuk memperkecil tampilan layar. Kalau ingin memakainya, pengguna tinggal menyapukan jari membentuk huruf C atau C terbalik di layar. Tampilan layar Phab Plus langsung menciut bak ponsel berlayar sentuh lima inci. Terlalu kecil? Bisa diperbesar dua kali menjadi setara layar 5,5 inci atau 5,7 inci.

Phab Plus-29 Phab Plus-30 Phab Plus-31 Phab Plus-32

Kalau screen shrink memperkecil keseluruhan tampilan layar, one hand keyboard cuma mengurangi ukuran papan ketik. Tampilan keseluruhan layar tetap besar. Fitur one hand keyboard patut dicoba ketika pengguna ingin melakukan panggilan telepon keluar.

Posisi screen shrink maupun one hand keyboard dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Miringkan Phab Plus ke kanan untuk menggeser tampilan ke sisi kanan layar. Kalau pengguna hendak mengoperasikan Phab Plus memakai tangan kiri saja, berarti pengguna tinggal memiringkannya ke kiri. Praktis.

Phab Plus-4

Phab Plus-33 Phab Plus-34 Phab Plus-35

Gawai bersistem operasi Android 5.0.2 Lollipop itu mempunyai dua kamera. Kamera di sisi muka mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera di bagian belakang Phab Plus dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Tidak tersedia pilihan pengaturan manual yang komplet. Namun, pengguna masih diperkenankan mengubah ISO, white balance, dan kompensasi pencahayaan (exposure compensation) secara manual. Ada pula aneka mode siap pakai yang layak dicoba pengguna. Yaitu, action shot, smart capture, night mode, HDR, dan panorama.

HSW merekomendasikan pengguna menjajal dua mode pertama. Action shot akan mengabadikan pergerakan suatu objek, lalu otomatis merangkainya menjadi sebuah foto kronologis yang unik. Seperti ini contohnya.

Phab Plus-17

Sedangkan smart capture pantas dieksplorasi kala pengguna ingin memotret materi presentasi yang tersaji di layar, kartu nama, brosur, dan dokumen lain. Biarpun pemotretan dilakukan miring, objek utama yang dijepret dapat disimpan dalam posisi tegak lurus dan rata. Seolah pengguna usai memindai atau memfotokopi layar presentasi, papan tulis, kartu nama, atau brosur.

Phab Plus-18 Phab Plus-19 Phab Plus-20

Ketika suatu hari ingin menikmati hiburan, pengguna berpeluang memperoleh kepuasan ekstra. Suara yang diperdengarkan Phab Plus tergolong di atas rata-rata tablet Android berharga jual sampai Rp 5 jutaan. Tata suara Dolby Atmos yang diadopsi gawai itu tampaknya memberikan sumbangsih signifikan. Keandalan tata suara tersebut bakal lebih terasa kalau pengguna memasangkan earphone.

Phab Plus memanfaatkan prosesor 64-bit delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 yang terdiri atas empat inti 1,5 GHz dan empat inti 1,1 GHz. Spesifikasi lainnya, Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM, RAM 2 GB, ROM 32 GB, dan USB On-The-Go (USB OTG). Saat gawai belum diutak-atik, sisa memori internal mencapai 24,56 GB.

Sumber daya gawai berasal dari baterai tanam berkapasitas 3.500 mAh. Karena intensitas HSW dalam memakai Phab Plus tidak setinggi ponsel, sekali diisi ulang baterai gawai tersebut biasanya dapat bertahan dua hari. Pada malam hari gawai dinonaktifkan.

Terkait konektivitas seluler, pengguna Phab Plus memiliki dua pilihan. Pertama, menggunakannya sebagai tablet mungil dual SIM tanpa memori eksternal. Dua nomor dapat siaga bersamaan. Satu memakai kartu micro SIM, satu lagi nano SIM. Salah satu nomor di antaranya, tidak harus yang terpasang di selot pertama, leluasa menjelajahi jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE 900/1800 milik Telkomsel, Indosat, dan XL.

Asyiknya, Phab Plus dapat pula dipadukan dengan layanan 4G LTE Smartfren di frekuensi 2300 MHz. HSW sukses berinternet dengan lancar. Aktivitas telepon dan SMS via Smartfren tentu saja mustahil dilakukan. Sebab, Phab Plus tidak kompatibel dengan layanan CDMA 2000-1x.

Phab Plus-28

Di atas kertas, Phab Plus mestinya juga bisa dipasangkan dengan layanan Bolt. HSW belum mencobanya karena sehari-hari tinggal di Surabaya yang belum termasuk dalam area layanan Bolt.

Kedua, buat pengguna yang lebih mementingkan ketersediaan memori eksternal daripada dual SIM, Phab Plus siap difungsikan sebagai gawai single SIM dengan selot microSD. Pasangkan saja sekeping kartu micro SIM dan kartu microSD. Satu-satunya nomor yang siaga dapat berkelana di jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.

Phab Plus-2

Bila dirangkum, layar tajam, suara mantap, bodi elegan, dan kinerja yang gegas menjadi sederet kelebihan Phab Plus. Demikian pula dengan kemampuan dual SIM, USB OTG, dan kompatibilitasnya dengan layanan 4G LTE.

Performa kameranya hanya tergolong cukup bagus. Tidak pantas diberikan acungan satu jempol tegak, tetapi juga tak layak disodori acungan satu jempol terbalik. Andaikan mengikuti ujian di sekolah yang skala penilaiannya 1-100, kamera Phab Plus memperoleh nilai 65.

Ketersediaan notifikasi LED yang realitanya tidak berguna, menurut HSW, menjadi sisi minus Phab Plus. Lenovo meletakkan lampu mungil notifikasi itu di earpiece (speaker di bagian atas gawai). Di bagian earpiece itu terdapat sederet lubang. Nah, posisi lampu diletakkan di dua lubang paling kiri. Cahaya yang dipancarkan sangat redup sehingga praktis tak terlihat. Anda yang sekarang sedang memakai Phab Plus boleh membuktikannya sendiri.

Phab Plus sekarang dijual dengan harga ritel resmi Rp 3,499 juta. Ia tersedia dalam tiga pilihan warna: gold, titanium silver, dan gunmetal grey. Seseorang yang sedang mencari tablet mungil berkemampuan prima pantas sekali meminang satu unit Phab Plus. Sebaliknya, pemburu ponsel baru seyogianya mengabaikan gawai tersebut. Kecuali, calon pengguna itu sehari-hari mengenakan busana berkantong superbesar atau terbiasa memasukkan ponsel ke dalam tas.

***

Foto-foto berikut ini dijepret memakai Phab Plus.

Phab Plus-5

Phab Plus-6

Phab Plus-7

Phab Plus-8

Phab Plus-9

Phab Plus-10

Phab Plus-11

Phab Plus-12

Phab Plus-13

Phab Plus-14

Phab Plus-15

Phab Plus-16

Kini mencoba lampu kilat Phab Plus. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Phab Plus-21

Sekarang lampu kilat diaktifkan.

Phab Plus-22

Satu foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan.

Phab Plus-24

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Phab Plus-25

Phab Plus-26

Phab Plus-27

148 thoughts on “Review Lenovo Phab Plus: Bukan Ponsel, Bukan Tablet

  1. Satu minus buat saya handset yg uda di pake lama ada gejala lag software dibilang terlalu banyak juga gak kadang layar gak gt sensitif

    KO herry pake ada gak ko?

  2. Saya sudah pakai 2 minggu ini, Koh. Menurut saya lumayanlah. Sudah tahu kekurangannya pasti di kamera. Spek lainnya sangat sesuai, apalagi belinya pakai cash back 100% Dr Bl**** Cuma chargingnya lama banget. Biarpun charger bawaan 1,5A (sama persis dgn charger A7000SE) bisa jam2an baru penuh, arus yg masuk kalau dimonitor menggunakan battery widget selalu dibawah 1000mah, 900mah pun jarang. Jadi karena saya pakainya untuk game, malah powerbank harus nancep terus. Dan Phab Plus ini dipakai BBM kurang gegas. Ada sedikit transisi di layar yg kelihatan sewaktu switch aplikasi lain ke BBM. Kalau sudah didalam game no problem. Sebagai pendamping smartphone utama, Phab Plus ini layak beli

    1. Pak Victor,

      Wah, jadi dapatnya di harga yang miring banget ya?

      Penasaran dengan posting Anda, saya langsung coba men-charge Phab Plus dan mengukur arus masuknya. Lumayan lho, dapat 1.390 mA alias 1,39A. Ini fotonya http://postimg.org/image/qeopzsjp5/

      Soal BBM, saya memang tidak memakai aplikasi itu.

  3. koh Hery tablet androit itu sama saja handphone androit yg diperbesar aja ya Koh? .. ndak ada perbedaannya dgn hp androit. beda sama tablet window dan ipad yg mengarah pada operasi system pc nya.. ya Koh
    kon antutu di bawah tablet chuwi sy yg pake intel. ya. Koh.. hhee. sambil nunggu review redmi 3 ni Koh.

    1. Pak Eko,

      Menurut saya, skor Antutu tidak bisa dijadikan patokan nyaman tidaknya suatu gawai digunakan. Skor tinggi belum tentu enak dipakai, sebaliknya skor rendah belum tentu jelek.

    1. Pak Bedjo,

      Nah… itu masalahnya. Saya belum pernah mengeksplorasi satu per satu menu di sana. Biasanya saya pesan mie spesial.

  4. Pak HSW, untuk fitur smart capture, menurut anda apakah penggunaannya memang mudah dan praktis?

    Apakah pak HSW sudah pernah menemukan fitur ini di smartphone lain yang harganya di bawah Phab Plus ini?

    Kalo memang praktis dan mudah digunakan, akan sangat membantu di bidang pekerjaan saya..hehe…

    1. Pak Gembel,

      Dibandingkan cara konvensional (memotret dengan mode otomatis, lalu diolah lagi melalui minimal dua tahapan langkah), smart capture jelas lebih mudah dan praktis.

      Ada. Silakan mencari ponsel Acer yang dilengkapi fitur Snap Note.

  5. Apa unit saya yang bermasalah ya. Saya mau beli kabel USB 2.0 yg ada LCD display penunjuk arus tapi buat apa, beda kalo ko Herry kan butuh. Sebenarnya nggak sampai berjam2 gimana gitu sih nge charge nya, wong powerbank nancep dr baterai 30% sampai ke 100% (sebelum trickle charging ya) itu kalau tanpa dipakai paling 1 jam sudah tercapai. Tapi perasaan ngelihat arus masuk cuma sekian (berdasar software) kok kayak gimana gitu. Memang lebih akurat pakai sensor hardware sih. Yah dinikmati aja.

    1. Pak Victor,

      Saya tak berani memastikannya. Mungkinkah aplikasi yang ANda gunakan ternyata tidak akurat? Anda memakai battery widget keluaran siapa ya? Tolong sebutkan tautan lengkapnya dari Play Store.

  6. Maaf Pak Herry OOT nih, Xiaomi Mi 4i apakah masih worth untuk setahun ke depan? masih bingung mau ambil Mi 4i atau nunggu Redmi Note 3/pro resmi nih Pak, oh iya untuk kamera nya apakah Mi 4i punya fitur seperti depth of field-nya Asus Zenfone 2 Laser? apa Mi 4i juga punya fitur seperti KnockOn-nya LG?
    mohon dijawab ya Pak, makasih sebelum nya.

    1. Pak Lukman,

      Jangankan setahun mendatang, saat ini pun Mi 4i sudah terasa kurang menarik kok.

      Tidak ada menu depth of field. Namun, kalau Anda ingin menghasilkan foto yang latar belakangnya kabur, kamera Mi 4i memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu. Syaratnya, jarak antara ponsel dan kamera harus dekat, sedangkan jarak antara ponsel dan latar belakang harus jauh.

      Saat saya menguji pakai Mi 4i, belum ada fitur ala KnockOn LG. Konon saat muncul update firmware versi tertentu (saya lupa versi tepatnya), fitur itu tersedia.

  7. Brand Lenovo itu bagi saya.. seperti cinta lama yang sulit di lepaskan, tapi ragu untuk diulang.

    Android pertama saya P700i. Speaker rusak, ganti P780. P780 sekarang masih digunakan, semua fungsi masih baik. Hanya sudah ngga mencukupi kebutuhan. Launch keyboard swiftkey aja nunggu 5 detik atau lebih. Buka instagram ketika ada program berjalan di back ground, kadang-kadang menutup sendiri. Baterai 4000 mah nya rata-rata dapat bertahan 24. Ya. jam 8 pagi dibawa kerja dengan 100%, dipake sampai malam, pulang, ketiduran dan lupa charge, dan jam 8 atau jam 9 pagi berikutnya baru charge.

    Overall, lenovo itu menurut saya menawarkan ponsel yang pas, terutama seri P. Pas sesuai kebutuhan essensial saya. Baterai mantab, body kuat, layar responsive, kamera acceptable Harga pantas. Karena itu, pengen banget punya Vibe Shot. Apalagi yang barusan launch pre-order Vibe P1 Turbo.

    Ragu untuk diulang karena: isu tentang service center yang jaaauuuuh dari bagus.

    Mungkin ada update atau pengalaman Pak HSW ttg service center Lenovo?

    1. Pak SB,

      Beberapa testimoni yang masuk menunjukkan kalau layanan pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo di Surabaya telah membaik. Memang belum bisa mengungguli LG, Samsung, dan Acer. Namun, bila dibandingkan kondisi sebelumnya yang bikin emosi, wah… bedanya sudah signifikan.

      Kondisi terkini pusat perbaikan resmi Lenovo di luar Surabaya belum saya ketahui.

  8. Om HSW, saya sudah ubek ubek mall terdekat di daerah saya yaitu di Cibubur dan Kramat jati, ternyata HTC one m7 (saya cari yg baru) yg direkomendasikan oleh Om sudah tidak ada stok. Dengan Dolby atmosnya, Lenovo phab plus sepadankah atau mungkin lebih baik dari HTC one m7 dalam hal audio? Thx

    1. Pak Saeful,

      Lah… kalau mencari HTC One M7 baru ya ibarat mencari jarum di tumpukan jerami deh. Suara One M7 masih lebih enak. Namun, harga ponsel itu kan lebih mahal daripada Phab Plus.

  9. Makasih sudah review Lenovo Phab plus Ko. Menurut Ko Herry recomended kah harganya dengan segala kemampuannya untuk penyuka gawai besar (anak saya suka main game di handphone soalnya dan saya kasihan sama matanya kalau pakai gawai kecil ).
    Makasih sekali lagi. Semoga Ponselmu makin sukses.

    1. Pak Sofy,

      Kalau memang sedang cari tablet, Phab Plus layak dibeli. Memang sih ukurannya tidak sebesar layar tablet. Namun, karena cuma beda 0,2 inci, saya memasukkan Phab Plus ke kategori tablet.

  10. Saya direkomen HTC one m7 seken sama penjual Om, dgn kondisi hp tidak selengkap bawaan dgn harga 2.5jt. Masih layak harga segitu Om?

  11. mantep juga desainnya pak, tapi sayang masih mahal, notif LED gak terang banget, sama kartu sim hybrid

    bloatware nya banyak gak pak?

  12. maksud saya pak herry, fitur tap to wake, yang ketuk layar dalam kondisi terkunci sebanyak 2 kali,device langsung nyala itu lohh

    1. Pak Syahrullah,

      Oh, double tap to wake. Masuk ke settings, klik tab di kanan atas, lalu masuk ke pilihan paling atas, Pak.

      Kalau P70 Anda telah di-update menggunakan firmware terbaru, fitur itu memang lenyap.

    1. Pak Rizky,

      Kalau didengarkan tanpa earphone, saya merasa suatu yang keluarkan HP Slate 7 Beats Special Edition lebih bagus. Namun, bila pakai earphone, Phab Plus lebih mantap.

  13. Oh gitu ya Pak, tapi kalo pemakaian hanya sekadar sosmed (Twitter aja), chatting, selfie, sedikit game HD, kira-kira masih enak ga ya Mi 4i nya? thanks before

  14. Ma’af pak Herry ada foto yang bpk unggah dikomentar diatas, itu alat penunjuk arus dan tegangan ya pak? Atau ada nama lainx mungkin pak? krn sy berminat utk membeli, sepertix praktis tuh pak!

  15. Pak Herry,

    Maaf OOT. Apakah akan me-review Lenovo Vibe P1 Turbo.
    Dengan baterenya yg 5000 mAh tampaknya sangat menarik.

    Terima kasih

  16. Ko Herry,nanya nih itu phab plus UInya udah beda ya sama yg lenovo yg lama. Udah ada app drawernya juga. Apakah itu versi vibe UI yg baru? Apa semua tampilan lenovo bakal jadi gitu ya Ko?

    1. Pak Ivan,

      Kalau di tablet sepertinya memang masih ada apps drawer-nya. Sedangkan di ponsel sudah tanpa apps drawer.

      1. Waduh kirain UI gitu bakal diterapkan di semua produk Lenovo Ko. Soalnya UI yg begitu lebih enteng daripada UI yg dipermak habis ala VIBE UI. Dlu saya pernah pake VIBE Z dan baru startup aja RAM yg kepake udh hampir 1GB Ko, rakus bgt makan RAMnya hehe

  17. bung HSW

    sayang sekali bentuk tablet lenovo harus kembali ke ‘zaman batu’ seperti tablet pada umumnya.
    padahal dulu bentuk tablet lenovo punya ciri khas sendiri seperti lenovo yoga.
    terlihat futuristik gitu loh!
    trima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Lini tablet Lenovo kan ada macam-macam. Kalau Anda suka bentuk seri Yoga, ya berarti carilah tablet yang termasuk dalam seri Yoga.

  18. pak Herry SW, mohon info toko di WTC ato Marina yang jual Phab Plus garansi resmi?
    karena saya dapet info kalo di Indonesia Phab Plus hanya dijual resmi via bl*bl*.com

    trus, Service Center Lenovo mobile di Surabaya dimana ya, pak?

    Thanks, pak

    1. Pak Rizzal,

      Untuk penjualan offline, saya tak mengetahui siapa yang punya stok di WTC dan Marina. Belum pernah lihat ada toko yang memajang sih. Beli lewat Blibli saja lho.

      Pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo ada di Jl Kusumabangsa 92D dan Mastech F11 – Jl Ahmad Yani. Saran saya, lebih baik ke Kusumabangsa.

  19. Pak Herri.

    Saya pakai Lenovo Phab Plus, kenapa di bagian bawah Contact saya semuanya ada menu “Recent” dan isinya adalah sebagian dari pesan keluar saya. Saya sudah cari di setting dan feature tapi masih gak ketemu solusinya untuk menghilangkan menu “Recent” tersebut.

    Terima kasih banyak atas petunjuknya.

    Andy.

    1. Pak Satya Andy,

      Recent itu menunjukkan catatan aktivitas Anda dengan kontak. Jadi, kalau ingin melihat histori justru lebih mudah. Saya tak mengetahui cara menghilangkannya.

  20. bung HSW

    Lenovo aneh juga ya?
    banyak produk smartphone-nya di tandem- kan dengan baterai 4000mah.
    tapi kenapa produk tablet phab plus ini cuma di pasangi barerai 3500mah.
    trima kasih

  21. pak HSW saya lg binggung ini. mau beli redmi 2prime, asus zen laser atau mlah len0vo a6000 .
    menurut abang lbh rek0m yg mana?

    1. pAk tio,

      reDMi 2 prime sEbenarnya LaYak Beli. MasalahNya, yang beRgaranSi rEsmi di mAna-mANa SUDAh kosonG.

      Saya bELum pernah mengEtahUi aDA poNSel BerNama lEngKap aSUS zeN LaseR.

      lenOVo A6000 Saya belum pernaH cOBA.

  22. Bung HSW,

    Apakah ada fitur call recorder bulit in seperti asus atau xiaomi? Saya sangat membutuhkan fitur ini dalam menunjang pekerjaan saya.

    Atau bila tidak ada, kira-kira maukah Bung HSW mencoba untuk install dari playstore dan mengetesnya untuk saya?
    Karena ada beberapa merk HP yang sudah saya pakai ternyata setelah saya install dari playstore hasil rekamannya “kacau”.

    Terima kasih banyak
    🙂

    1. Pak Albert,

      Penjualan dilakukan online di Blibli.com. Saya sudah coba kontak beberapa pemilik toko di WTC, mereka tidak memiliki stok dan lagi-lagi mengarahkan bertransaksi di Blibli.

  23. Wah sayang kameranya standar… Rata2 smartphone lenovo yg saya coba, kameranya nggak istimewa… Tapi saya belum pernah sih nyoba ponsel lenovo yg harga di atas 3 jt 🙂

  24. Pak Herry,
    Di paragraf pertama itu yang galau termasuk saya nih.. hehe.. makjleb banget deh hahaha..
    Terimakasih sudah menepati janji menulis review Lenovo Phab Plus. Pertanyaan saya
    1. Apakah harga sebanding dengan performanya?
    2. Untuk membeli phablet ini apa harus di situs blibli atau sudah bisa dibeli secara offline? masalahnya saya tidak terlalu suka beli online
    3. Apakah rekomendasi terbaru dari Pak Herry mengenai kriteria HP yang saya butuhkan (layar besar min 5.5, octacore, fullHD, memory 2GB, camera 8 Mpx)
    4. Pak Herry beli Lenovo Phab Plus nya dimana, setelah selesai direview apakah dijual?
    Terimakasih banyak, salam sukses

    1. Bu Rossy,

      1. Ya, sebanding.
      2 + 4. Penjualan sementara ini baru bisa ditemukan di Blibli. Jadi, silakan berburu di sana ya.
      3. Hmmm… paling ya Huawei Ascend Mate7.

      1. Huawei ascend mate 7 sudah saya cari di toko” tapi mereka pada ga punya. Kalaupun ada pasti harga 6-7jt, jauh melebihi budget saya. Sementara sy menunggu ponsel besar lain yg akan muncul, denger” trend 2016 adalah layar diatas 5,5 inch. Terimakasih banyak pak Herry atas jawabannya.

        1. Bu Rossy,

          Harga Ascend Mate7 memang Rp 6 jutaan. Di pertanyaan sebelumnya Anda tidak menyebutkan anggaran sehingga saya mengasumsikan tidak ada batasan harga.

          1. Eehehe iya maaf lupa.. Budget saya 3jt mentoknya 3,5jt maksimal. Adakah rekomendasi dr Pak Herry? Kriterianya sebagai berikut (sdh diurutkan sesuai kebutuhan saya)
            – layar diatas 5.5 full HD
            – kamera butuh yang bagus buat motret produk
            – octa core dengan RAM 2 atau 3 GB
            Moga-moga tidak terlalu neko2 pak hehe…
            Terimakasih banyak. GBU

          2. Sekedar mencoba membantu,utk kriteria tsb selain hisense pireshot+ ada juga zenfone selfie,namun sepertinya koh HSW blm berani merekomendasikannya krn blm diuji sendiri…tp kalo menurut review2 yg ada,overall cukup bagus 😀

    1. Pak Hendra Martono N.

      Sejauh ini saya lihat penjualan dilakukan di Blibli.com. Saya sudah coba kontak beberapa pemilik toko di Surabaya, mereka tak punya stok dan lagi-lagi mengarahkan ke Blibli.

    1. Pak Hafif Fitra AS,

      Asus memang sudah merilis informasi kalau Zenfone Max akan dijual resmi di sini. Namun, barangnya sendiri belum tersedia di pasar.

  25. Sekedar info bagi yang berminat beli Phab Plus, diluar Blibli banyak kok. Saya sempat browsing di Tokopedia dan Bukalapak, mereka buka harga dibawah bandrol Blibli malahan.

    1. Pak Victor,

      Iya, di dua tempat itu juga ada. Saya curiga penjual di Tokopedia dan Bukalapak sebenarnya “kulakan” dari Blibli dengan harga promo. Dulu saat sedang promo, Phab Plus di Blibli bisa dipinang dengan Rp 2,999 juta saja.

  26. Kenapa ga pakai snapdragon 801 aja y,walau jadul tp masi nendang ketimbang 615 yg hot!kalau di phab plus ga hot mungkin cpunya di turunin ghz nya.

    1. Pak Hendra,

      Pertanyaan Anda seharusnya ditujukan ke desainer ponsel Lenovo.

      Vibe Shot pakai Snapdragon 615 juga nggak panas kok.

  27. Untuk yg beli di Bukalapak & Toko pedia, bagaimana misalnya saat dibuka ternyata segel kardus sudah tidak utuh, alias sudah pernah dibuka. Apakah bisa diretur, gimana cara membuktikan bahwa yg membuka tsb bukan pembeli akhir (end user), kecuali tentunya saat barang datang, kurir disuruh saksikan bersama dan di recam video untuk kemudian dibuatkan catatan di kertas pengiriman atau ditolak sama sekali (kalau kurir membolehkan dicek dulu sebelum tanda tangan penerimaan). Pokoknya kok ribet yaa kalau bukan beli dari tangan pertama yg asli. Gimana menurut koh Herry

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Kalau mau, setiap kali berbelanja silakan merekam seluruh proses membuka kardus. Itu kalau Anda mau repot ya.

      2. Meminta kurir menyaksikan proses buka kardus? Praktik di lapangan tidak mudah. Kurir setiap hari dijatah harus mengirimkan xx paket. Kalau sampai tidak memenuhi target, mereka akan mendapatkan sanksi atau minimal tidak mendapatkan honor tertentu. Dengan Anda menahan kurir untuk menyaksikan proses buka kardus, waktu mereka akan terhilang belasan menit dan itu menyusahkan mereka.

      3. Intinya begini, lakukan pembelian di tempat yang Anda percaya. Konsekuensinya mungkin Anda harus membayar lebih banyak/mahal, tetapi hati tenteram. Kalau Anda ragu-ragu, ya nggak usah belanja. Selesai deh.

  28. Pak herry saya mau minta saran. Saya butuh handphone untuk online shop. Kebutuhan hanya sekedar bbm, line dan kadang instagram. Menurut pak herry ponsel apakah yang layak krn budget yg saya anggarkan max hanya 1 juta. Lalu apakah lebih baik beli blackberry bekas saja krn memang kebutuhan vital hanya bbm. Sedangkan line dan instagram bisa menggunakan hp yang sudah saya miliki skrng. Terima kasih sebelumnya ?

    1. Bu Uhty Maesyaroh,

      Ok, berarti ponsel yang akan dibeli dengan anggaran maksimal Rp 1 juta itu khusus buat ber-BBM ya? Kalau begitu, silakan beli ponsel BlackBerry saja. Carilah BlackBerry yang eks-garansi resmi dan belum pernah diservis.

  29. Siang om herry,
    Saya akhirnya ganti pake lenovo p70, tp sesudah saya upgrade ke lollipop 5.1 ko banyak fitur yg ilang ya, terus batre nya boros ngg kaya dulu, klo misalkan saya downgrade lg ke service centre ny bs ngg ya?

    1. Pak Imam,

      Ketika P70 saya pensiun, sistem operasinya kebetulan masih KitKat. Jadi, saya belum pernah mencicipi P70 Lollipop. Keluhan yang Anda sebutkan banyak saya terima dari pengguna P70 dengan OS Lollipop. Saya tak yakin pusat perbaikan resmi Lenovo mau membantu tindakan downgrade OS. Namun, tidak ada salahnya Anda coba mampir ke sana.

  30. Kasus beli iPhone dapat sabun itu kok ternyata kurirnya ikut menyaksikan yaa, bahkan teman2 sipembeli juga kumpul disitu pula, sambil ketawa-tawa divideo semuanya gitu. Saya kalau peroleh sabun rasanya tak mungkin bisa ketawa. Hebat banget itu, dulunya saya pikir itu cuma banyolan eeeh ternyata sungguhan katanya. Bingung deeeh

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Itu hanyalah kebetulan yang tergolong langka. Boleh dicoba sendiri deh. Saat Anda terima barang dari jasa ekspedisi, cobalah meminta kurir menunggu dan menyaksikan Anda melakukan perekaman video unboxing.

  31. Pak Herry,

    Beberapa hari lalu saya beli Xiaomi Mi 4i di Erafone, di box nya tertulis masih menggunakan MIUI 6, tapi kok ketika saya melihat di menu about phone-nya sudah mengadopsi MIUI 7 ya? apa mungkin sudah otomatis di-update kah?

  32. Oke terima kasih Pak atas jawabannya, mau nanya lagi nih Pak Herry, apakah Mi 4i bisa menggunakan kartu 4G LTE Smartfren? maaf Pak banyak nanya, hehe

    1. Pak Lukman,

      Standarnya tak bisa. Namun, sebagian pengguna berhasil memakai LTE Smartfren di Mi 4i dengan cara berikut:
      1. Pasangkan kartu Smartfren di selot kartu pertama.
      2. Aturlah ponsel agar memilih SIM1 sebagai sumber akses data.
      3. Ubah pengaturan locale dari Indonesia ke Hongkong. Saya lupa pengaturan locale itu ada di menu apa.
      4. Buat profile APN baru untuk Smartfren.
      5. Masuk ke menu telepon, lalu tekan *#*#4636#*#*. Pilih phone information, set preferred network type, lalu pilih LTE only.

    1. Pak Ahmeed,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Xperia Z Ultra. Yang pasti Xperia Z Ultra belum dual SIM.

  33. Pak herry mau nanya nih. Kalau snapdragon 615 sama snapdragon 616 seberapa beda sih kecepatannya? Saya awal rencana mau beli phab plus tapi pas liat oppo f1 rilis udah jadi godaan ini. Bimbang saya pak hehe

  34. Pak herry, jadi pengen beli phab plus gara2 layarnya nih. Saya suka layar jumbo. Terakhir make xperia z ultra sama zenfone 6 jadi udah kebiasaan make layar gede hahaha. Ngomong2 apakah phab plus respon sentuh layarnya bakal kurang kalau dipakai screenguard layaknya a2010 pak? Apakah ini bisa dimasukkan 4g nya smartfren pak?

    Oya ada lagi. Adik saya baru beli redmi 2 sesuai saran bapak di comment kebanyakan. Overall sih lumayan. Baterai lumayan kamera bagus musik juga mantap. Cuman kok kalau rekam video full hd suka gampang panas dan terjadi lag? Jadinya videonya masih merekam tapi layarnya semacam ngefreeze gitu. Terus miui di xiaomi ini boros ram ya pak. 1GB cuma bisa dipakai 200-300an MB. Cara mengatasi biar RAM hemat gimana pak? Apa harus install semacam 360 security gitu? Makasih pak. Maaf kepanjangan

    1. Pak Ahmad Afwan,

      Belum tahu. Sebab, saat memakai Phab Plus, layarnya saya biarkan telanjang.

      Sudah saya sebutkan di naskah lho. 🙂 Bisa dipadukan dengan 4G LTE Smartfren di frekuensi 2300 MHz.

      Apakah adik Anda memasangkan kartu microSD ke Redmi 2? Kalau iya, coba kartu microSD itu dilepas dulu. Hasil rekaman video diarahkan ke memori internal. Bagaimana hasilnya?

      Itu bukan berarti RAM-nya bisa dipakai 200-300 MB, melainkan sisa RAM-nya segitu. Sudah bagus deh. Nggak perlu pusing-pusing lagi. Tak usah install aplikasi yang Anda sebutkan.

  35. Oya pak kelupaan. Apa di paket penjualan phab plus sudah disertai screen guard dan case bening seperti halnya ponsel lenovo kebanyakan?

  36. pak Herry SW, kalo Mi Pad bapak nobatkan sebagai tablet Wi-Fi only terbaik 2015. apakah gelar tablet terbaik dengan dukungan sim card akan bapak berikan untuk Phab Plus?
    Thanks, pak

  37. Review yang ok. Tapi melihat size nya, kok terasa besar banget yah. Kebetulan Saya sedang mencari smartphone yang ok. Dengan layar maks 5 inch dan ada slot memory card. Apakah koh herry bisa bantu beri rekomendasi? Budget maksimal 4 juta.
    Terima kasih

  38. Siang pak Herry,
    Saya berencana membeli ponsel kedua. Selama ini saya pemakai samsung. Kalau beli samsung lg kok kayaknya overpriced. Selain saya sudah punya samsung tadi, saya hanya butuh yang standar2 saja, seperti email, medsos, browser, dan sedikit download applikasi seperti polaris. Mau beli samsung yg keluaran lama kok ya sudah tidak ada yg baru. Saya membutuhkan ponsel dg spesifikasi di atas , memori lega untuk foto + yang bisa dikatakan awet karena saya tipe yg tdk suka gonta ganti hp lalu repot pindah data sana sini. Lalu jg tdk mudah error kalau dibuat multitasking biar tidak emosi. Hehehe.. Baca dan tanya sana sini , keluar merk asus zenfone, lenovo, oppo, dan samsung lagi karena saya buta dg merk2 diatas. Bagaimana menurut pak Herry? Jg tentang mmc sebaiknya yg mana untuk melengkapi bila ada slot mmc. Saya jg terbuka dg merk lain. Terima kasih banyak

    1. Bu Nath,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saran saya, silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta. Review ada di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

      Untuk kartu microSD, saya tidak memiliki rekomendasi khusus. Kalau kapasitas memori bawaan masih memadai, menurut saya, tak perlu membeli kartu microSD dulu.

    1. Pak JeeYoung,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya belum pernah melihat yang gold. Kalau gunmetal grey vs titanium silver, menurut saya, yang silver lebih keren.

  39. Selamat malam,
    Saya Rico pengguna Phab Plus,

    Mau bertanya atau mnta bantuan Pak, bisakah kasih tutorial step by step setting smartfren4g untuk lenovo phab plus?
    Soalnya daerah saya baru smartfren4g bru ada (palembang pinggir)
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Rico,

      1. Pastikan dulu 4G LTE Smartfren di daerah Anda beroperasi di frekuensi 850 atau 2300. Kalau di 850, berarti Anda tak bisa menikmatinya via Phab Plus. Kalau 2300, Anda baru dapat mencicipinya lewat Phab Plus.

      Bagaimana cara untuk mengetahui 4G LTE Smartfren beroperasi di frekuensi berapa? Ada dua alternatif cara. Pertama, tanyakan ke call center Smartfren. Kedua, lakukan pencarian jaringan secara manual di ponsel. Kalau yang muncul hanya kode jaringan 510 28, berarti Smartfren menggunakan frekuensi 850. Kalau 510 09, berarti Smartfren memakai frekuensi 2300.

      2. Kalau 4G LTE Smartfren beroperasi di frekuensi 2300, pasangkan kartu Smartfren ke selot SIM1 di Phab Plus. Berikutnya lakukan pencarian jaringan secara manual dan arahkan ke 510 09. Saya tak bisa memandu superdetail langkah demi langkah karena tak hafal dengan menu Phab Plus.

  40. Pak Herry, jika mengabaikan masalah ukuran layar, mana yang dipilih antara Phab Plus dan Vibe P1 turbo? Terutama untuk performa, kamera, suara, dan GPSnya. Saya beli 1 phab plus untuk anak saya main game, koq keluhan dia bilang panas, ya?? Apa karena Snapdragon 615nya, ya? Tapi Pak Herry bilang untuk Vibe P1 turbo yang juga pake Snapdragon 615 ternyata ga panas?

    1. Pak Yusup,

      Kalau ukuran layar diabaikan, Phab Plus lebih menarik.

      Phab Plus mestinya tidak sampai panas. Apakah Anda menggunakan kartu 4G LTE XL?

      1. Anak saya cuman menggunakan untuk offline saja. Tidak dipasang SIM Card apapun. Hanya untuk main game saja. Apakah kemungkinan karena update firmwarenya, ya? Kan saat beli baru, setelah dinyalakan, saat check for update sudah disediakan updatenya.

          1. Begitu awal belli memang sudah disampaikan bahwa update sudah tersedia. Update juga sudah saya lakukan sejak sekitar bulan januari. Namun saya justru merasa masalah timbul setelah melakukan update.

  41. Jgn update yg 5.1.1 bikin sim card susah detect plg 4g bolt smartfren hilang hanya Telkomsel yg bisa aneh
    Mo down grade susah cr rom nya skrg jd wifi doeang karena biasanya pake bolt
    Hancur firmware nya… Uda lama uda email ke lenovo no respons

    1. Waduh, padahal sdh terlanjur update. Sy jg rasa jd terasa agak berat, lbh lemot utk download. Sama2 update aplikasi, pake A7000 Plus sdh kelar, yg phab plus blm. Padahal aplikasi yg sama N pake sumber wifi yg sama

  42. Ko.. mau nanya.. hp android yg recommended dgn harga maks 3,5 jt apa ko ?? Untuk gaming. Game casual yang g yerlalu berat.. dan browsing social media dengan kamera yg lumayan.. ada usul ga ko ?

  43. Ko..mohon saran, tablet 7-10 inch buat anak, cm buat nonton video, youtube n game, ga perlu ada slot simcard, yg bagus apa ya? Budgetny paling banter 1 jt, hehe.. maklum buat anak kecil doank

  44. salam kenal Pak HSW dari Bandung…..belum lama ini saya beli Lenovo Phab Plus dgn harapan kedua no hp yg saya miliki (Indosat dan Smartfren 4G LTE) bisa dipakai bersamaan. Rencana awal saya, no Smartfren akan saya pakai sebagai mobile data apalagi di daerah rumah saya memang hanya sinyal data Smartfren yg paling mumpuni. Namun ternyata setelah saya pasang di Phab Plus tidak tertangkap sinyal Smartfren sama sekali, termasuk wkt saya bawa ke Gallery Smartfren yg notabene letaknya di pusat kota..jd sinyalnya pasti lbh terjamin dibandingkan dareah rmh saya. Saya cek semua settingan sudah betul, tapi anehnya koq settingan di unit saya tidak ada tampilan (atau memang ngga ktm) spt di unit test Bpk dimana kita bs melihat kode jaringan Smartfren dan pilihan network type di unit saya tidak ada yg “LTE only” spt Bpk, namun “LTE/WCDMA/GSM only”. Sementara settingan APN saya lihat ada Smartfren 4G, biarpun sinyalnya ngga ada sama sekali. Saya pernah coba reboot setelah setting, dan sempat sinyalnya muncul..tp cuman sebentar. Mohon bantuannya.

    1. Pak Adrian,

      Pastikan kartu Smartfren yang diselipkan telah mendukung 4G LTE. Pasangkan kartu itu di selot SIM1. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan:
      1. Masuk ke menu telepon, kemudian tekan *#*#4636#*#*.
      2. Pilih phone information1, set preferred network type, lalu pilih LTE only.
      3. Tunggu sebentar. Sinyal LTE Smartfren seharusnya akan muncul. Seandainya masih belum muncul, lakukan pencarian jaringan secara manual.

  45. Terima kasih atas tips nya. Saya udah coba step2 tsb (termasuk dgn cara manual search network) tapi sinyalnya masih ga muncul juga.. Dan satu hal lagi yg aneh di menu °Sim Management” skg cuman ada opsi utk aktivasi mobile data hanya SIM 2 (dlm hal ini Indosat) dan Off. Sim 1 tidak ada. Kemudian saya coba aktivasi via fitur “mobile data” yg ada di halaman atas…..di sini anehnya muncul opsi SIM 1, SIM 2 (Indosat), dan Off. Sinyal tetap aja tidak muncul.
    Saya coba cek Sim card Smartfren ke HP lain (S Galaxy Tab A with S Pen) dan ternyata jalan juga. Dan settingan pun ga perlu ubah ke LTE only, tp tetap di LTE/WCDMA/GSM only. Di sini tulisan 4G muncul meskipun bar sinyal kosong atau lemah. Hasil youtube pun lancar. Sementara slot SIM1 Lenovo Phab Plus saya coba dgn SIM Tellomsel….semuanya lancar, termasuk opsi di SIM Management jg lengkap ada SIM1, SIM2 dan Off. Mohon bantuannya.

    1. Pak Adrian,

      Hmmm… tampaknya perlu dilakukan pemeriksaan yang mendalam nih. Begini saja deh, apakah Anda di Surabaya? Kalau iya, kita atur jadwal pertemuan.

      1. Pak HSW,

        Saya di Bandung. Kl Bpk ga keberatan, boleh saya tau no Hp atau Whatsapp nya, biar saya contact Bpk? Atau ini no WA/ Hp saya juga 0813***. Thanks ya.

  46. Pak HSW, mohon infonya tablet atau ponsel berlayar besar (min 6″) dengan anggaran maks 2 juta yang bisa direkomendasikan apa ya? Trima kasih

  47. ” Dua nomor dapat siaga bersamaan. Satu memakai kartu micro SIM, satu lagi nano SIM. Salah satu nomor di antaranya, tidak harus yang terpasang di selot pertama, leluasa menjelajahi jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE 900/1800 milik Telkomsel, Indosat, dan XL ”

    Yth. Pak Herry, untuk Phab Plus ini berarti SIM 1 dan SIM 2 bisa di pakai di jaringan 4G LTE?, soalnya saya mau beli tapi ragu, karena Rencana saya SIM 1 buat kartu utama (mobile banking) dan internet 4G pakai di SIM 2, terima kasih sebelumnya pak.

    1. Pak Suwarno,

      Benar. Namun, harus bergantian ya. Tidak bisa dua nomor berada di jaringan 4G LTE secara bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *