By

Review Lenovo Vibe K4 Note: Menonton Bioskop di Meja Kerja

Seorang pembaca blog Ponselmu.com mengaku tertarik membeli Lenovo Vibe K4 Note. Namun, ia masih meragukan keandalan fitur note di ponsel itu. Penulis alias HSW langsung menduga kalau pembaca tersebut mempersepsikan Vibe K4 Note sama dengan ponsel Samsung seri Galaxy Note yang dibekali S-Pen.

Makna akhiran note di Vibe K4 Note berbeda dengan kata serupa di Samsung. Walaupun demikian, bukan berarti fitur-fitur Vibe K4 Note tidak menarik. Ponsel berharga jual tak sampai setengah dari Samsung Galaxy Note 5 keluaran tahun lalu itu layak dipelototi. Dibekali fitur Theater Max, pengguna Vibe K4 Note bisa merasakan sensasi menonton bioskop tanpa beranjak dari meja kerja.

K4 Note-1

Lenovo mengklaim TheaterMax akan memberikan pengalaman sinematik layar lebar via ponsel. Hal itu dapat terwujud karena Vibe K4 Note telah mengadopsi teknologi virtual reality (VR). Sebuah kacamata ANTVR disertakan dalam paket penjualan ponsel. Pengguna tinggal menyelipkan ponsel ke kacamata tersebut untuk menikmati asyiknya menonton konten VR.

K4 Note-5

K4 Note-6

K4 Note-7

Berbeda dengan Samsung Gear VR, ANTVR ala Lenovo bersahabat dengan pemakai kacamata. HSW yang sehari-hari mengenakan kacamata minus tujuh tak perlu bingung lagi. Sebab, tanpa perlu melepaskan kacamata, ANTVR tetap bisa terpasang sempurna di wajah HSW.

K4 Note-9

Ada satu hal mengasyikkan lagi. Konten yang belum mendukung VR pun bisa disulap menjadi siap VR oleh Vibe K4 Note. Caranya sangat sederhana. Cukup dengan mengakses menu bawaan ponsel.

Misalnya, pengguna ingin menonton suatu klip video non-VR. Putarlah dulu video tersebut. Berikutnya, tekan dan tahan tombol power sampai muncul aneka pilihan. Pilihlah VR Mode On. Tampilan video spontan berubah menjadi dua layar mungil. Jepitkan ponsel ke kacamata ANTVR, kemudian pasangkan kacamata itu ke kepala. Selamat menonton dengan sensasi yang berbeda deh.

K4 Note-32

K4 Note-8

K4 Note-33

Selama video berjalan, suara akan keluar lewat dua speaker yang berada di sisi muka ponsel. Untuk mendapatkan sensasi suara yang lebih maksimal, pengguna disarankan mengenakan earphone atau handsfree berkabel. Keunggulan teknologi tata suara Dolby Atmos yang dibenamkan ke Vibe K4 Note pasti bakal lebih terasa.

Masih dengan memanfaatkan perpaduan antara Vibe K4 Note dan kacamata ANTVR, pengguna bisa pula memainkan game VR. Pada Maret lalu Lenovo bekerja sama dengan Dicoding Indonesia menggelar Lenovo Virtual Reality Challenge. Karya tiga pemenang acara itu kini siap diunduh dari Play Store. Ada Crazy Ojek 3D VR, Terkunci: VR Game, dan Virtual Stellarity: VR Edugame. Untuk mencari konten VR lain, HSW menyarankan pengguna juga mengunduh aplikasi Cardboard buatan Google.

Vibe K4 Note hadir dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar dengan Corning Gorilla Glass 3 itu responsif terhadap sentuhan jari. Huruf dan gambar dapat disajikan dengan optimal.

Sepasang kamera tersedia di ponsel berdimensi fisik 153,6 x 76,5 x 9,2 milimeter dan berat 158 gram tersebut. Kamera di sisi belakang dibekali fokus otomatis serta lampu kilat ganda. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tidak tersedia pilihan mode yang beragam maupun mode pengaturan manual yang komplet. Parameter yang bisa diubah manual oleh pengguna hanya white balance dan ISO.

K4 Note-2

Spesifikasi kamera depan Vibe K4 Note lebih sederhana. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia mampu memproduksi klip video full HD 1080p. Secara umum, performa dua kamera itu berada di kategori cukup bagus.

Prosesor 64-bit delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, dan USB OTG merupakan sebagian spesifikasi lain Vibe K4 Note. Memori ponsel itu terdiri atas RAM 3 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, sisa memori internal mencapai 9,04 GB.

Dua nomor yang seluruhnya memakai kartu micro SIM dapat siaga bersamaan. Selot kartu SIM-nya menggunakan model jepit, model favorit HSW yang sudah semakin jarang diterapkan produsen ponsel. HSW menyukai model selot kartu seperti itu karena potongan kartu dengan ukuran lebih kecil pun dapat dipasangkan. Tak perlu bingung mencari adapter lagi. Asalkan posisi peletakan kartu tepat, kartu itu pasti dapat dibaca dengan baik oleh ponsel.

K4 Note-3

K4 Note-4

Pengguna Vibe K4 Note bebas menentukan ingin berinternet memakai nomor pertama atau kedua. Nomor mana pun yang dipilih leluasa masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Nomor itu bisa dikunci di jaringan 2G atau 3G saja. Namun, tidak tersedia pilihan 4G saja di menu bawaan ponsel.

Ponsel bersistem operasi Android 5.1 Lollipop itu kompatibel dengan 4G LTE di frekuensi 850, 900, 1800, maupun 2300 MHz. Dengan kata lain, ia siap dipadukan dengan semua operator 4G LTE di Indonesia. Mau Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren, atau Bolt, semuanya bisa. Selama menguji pakai ponsel itu, HSW telah memadukannya dengan 4G LTE Telkomsel, Indosat, dan Smartfren. Lancar!

Sumber daya ponsel berasal dari baterai tanam berkapasitas 3.300 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang baterai Vibe K4 Note biasanya bertahan maksimal 13 jam. Selama rentang waktu tersebut, dua nomor selalu siaga. Satu di antaranya berada di jaringan 4G LTE. Ponsel digunakan untuk bertelepon, menerima ratusan email, WhatsApp, browsing, memotret, dan sesekali memantau Facebook serta Twitter.

Tuntas membicarakan fitur-fitur kekinian di Vibe K4 Note, kini saatnya mengupas hal-hal sepele. Untuk aktivitas yang sederhana pun, ponsel itu sebenarnya terbukti mampu memberikan kenyamanan ekstra kepada pengguna. Penulis alias HSW memiliki beberapa contoh nyata yang didapatkan selama menguji pakai ponsel tersebut.

Anggaplah ponsel sedang dalam kondisi siaga. Layar padam dan ponsel terkunci. Untuk menyalakan layar sekaligus membuka ponsel, HSW tinggal menempelkan ujung jari ke sensor sidik jari di sisi belakang Vibe K4 Note. Dengan cepat ponsel mengenali sidik jari HSW, mengaktifkan layar, sekaligus membuka pengunci layar. Tak usah lagi menekan tombol power atau mengusap layar.

Saat masuk ke aneka aplikasi kemudian ingin mundur satu langkah, HSW tak harus menekan tombol back di bawah layar. Cukup sentuh atau tap sensor sidik jari satu kali. Sedangkan kalau ingin langsung kembali ke home screen, sentuh dan tahan sensor sidik jari tersebut.

Usai mengoperasikan ponsel, lalu ingin memadamkan layar plus mengunci ponsel, HSW tidak perlu memencet tombol power. Cukup balikkan ponsel sampai layar menghadap ke bawah. Layar Vibe K4 Note bakal spontan padam dan terkunci. Praktis.

Bila karena sesuatu hal pengguna enggan memanfaatkan sensor sidik jari, tersedia alternatif lain yang tak kalah praktis. Ketuklah layar dua kali untuk menyalakannya, kemudian sapukan jari untuk membuka pengunci layar. Ketika ingin memadamkan layar, balikkan ponsel. Selesai.

Saat HSW mengetikkan ulasan ini, harga ritel resmi Vibe K4 Note dipatok Rp 2,899 juta dan sudah termasuk kacamata ANTVR. Harga pasar seringkali lebih rendah. Dengan memperhatikan spesifikasi, kinerja, dan harga jual, HSW menilai secara umum Vibe K4 Note pantas dibeli. Sensasi VR-nya memang belum dahsyat. Namun, ponsel itu setidaknya sudah sanggup menghadirkan kesan menonton bioskop tanpa beranjak dari tempat duduk. HSW juga tak menemukan kekurangan fatal di ponsel tersebut.

***

Contoh foto yang dihasilkan Vibe K4 Note.

K4 Note-10

K4 Note-11

Perhatikan area yang ditandai dengan kotak merah.

K4 Note-12

Kalau diperbesar, inilah penampakannya.

K4 Note-13

K4 Note-14

K4 Note-15

K4 Note-16

K4 Note-17

K4 Note-18

K4 Note-19

K4 Note-20

K4 Note-21

K4 Note-22

K4 Note-23

K4 Note-24

K4 Note-25

Saatnya mencoba lampu kilat. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

K4 Note-26

Kini lampu kilat diaktifkan.

K4 Note-27

Satu foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

K4 Note-28

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

K4 Note-29

K4 Note-30

K4 Note-31

366 Responses to Review Lenovo Vibe K4 Note: Menonton Bioskop di Meja Kerja

  1. bennylie says:

    Senangnya akhirnya Pak Herry review K4 Note, saya sudah mengincar gadget tsb hehe. BTW penempatan hp di VR nya bagian samping tidak tertutup seperti cardboard ya? Itu tidak kelihatan oleh mata pak sampingnya yang bolong tsb? Trims Pak Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Bennylie,

      Benar. Sampingnya tidak tertutup. Saat pengguna mengenakan kacamata ANTVR, bagian yang bolong itu tidak terlihat kok. Namun, kalau ada yang iseng menyorotkan senter dari samping, ya cahaya senter itu akan mengganggu.

  2. radi says:

    Mungkin satu satunya kekurangan lenovo ini, (bagi sebagian orang), kapasitas baterainya kurang besar.. Betul om??

    • Herry SW says:

      Pak Radi,

      Boleh dibilang begitu. Masalahnya, konsumen kan juga gampang-gampang susah. Kalau ntar diberi baterai 5.000 mAh, trus ngomel kok berat, kok tebal, dll. ๐Ÿ™‚

  3. Sena says:

    Saya agak ngeh baca judulnya Pak Herry, “Review Lenovo Vibe K4 Note: Menonton Bioskop (tempat untuk menonton pertunjukan film dengan menggunakan layar lebar) di Meja Kerja”, wkwk

    Kalo mata minus pake VR, apa jelas pak gambarnya di layar VR? Ga burem gitu? Saya juga minus R5 slinder 0.75+L5.5 slinder 0.5 , dan penasaran juga sih…

    Btw, Chipset nya lawas itu, malah bagusan snapdragon 410 yang masih quad core dari segi performa(non baterai). Menurut sy itu sedikit overprice ๐Ÿ˜€

    • Herry SW says:

      Pak Sena,

      He… he… saat mengetikkan judul itu, saya sebenarnya sudah sadar kalau secara tata bahasa kurang tepat. Mestinya “Menonton Film Layar Lebar Seperti di Bioskop di Meja Kerja” ya. Namun, jadinya terlalu panjang. Akhirnya saya singkat menjadi seperti sekarang deh. Disesuaikan dengan percakapan lisan saat seseorang ingin menonton film di bioskop. Biasanya orang akan berkata, “Nonton bioskop, yuk!” bukan “Nonton film di bioskop, yuk!”.

      Saya sehari-hari mengenakan kacamata minus tujuh. Khusus mata kiri ada silinder 0,5 atau 0,75 (saya lupa tepatnya). Saat memakai Vibe K4 Note dan kacamata ANTVR sama sekali tak ada masalah. Sebab, saya tak perlu melepaskan kacamata.

      Hal berbeda terjadi kala saya mencoba Samsung Gear VR. Saya harus melepaskan kacamata minus. Akibatnya, tampilan VR menjadi buram deh.

  4. Tiawan says:

    Mantap koh Herry ulasannya.
    Kemaren udah mau beli HP ini, tapi karena koh Herry janji mau ngulas K4 note, jadi urung beli, nunggu ulasannya keluar duluan.
    Btw, ini masuk kelas A ya di Lenovo? Mudah2an kualitas sebagus di kelas S atau P Lenovo.

  5. bayu says:

    kayaknya bagus ya koh herry, worth it nggak nih ? hasil kamera lebih bagus mana dengan hisense pureshot ?
    desainnya sudah tidak kaku lagi seperti lenovo a7000 ya koh, lebih manis ๐Ÿ˜€

    • Herry SW says:

      Pak Bayu,

      Kalau ingin coba VR dan perlu sensor sidik jari, Vibe K4 Note boleh dilirik. Hasil kamera masih lebih bagus Pureshot.

      Iya, desainnya sudah lebih cantik.

  6. Leo says:

    Foto makanan yang Pertama apa pak Herry…? Telor dasar tambah mayones? Saya jadi ngiler…

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Oh, itu Roti Assalam Telur Keju.

      Btw, 4-6 Mei lalu saya usai dari Bali, Pak. Diundang oleh Huawei menghadiri acara konferensi di Nusa Dua. Namun, nggak sempat pergi-pergi. Niat mencoba Nasi Babi Guling Pak Dobiell pun gagal terwujud.

      • Leo says:

        Citarasanya gmn Pak? Enakkah?

        Wah Ga cerita-cerita pak, kalau tahu Dan bapak ada waktu kosong saya ajak makan hehe

        Oh yang Itu saya sudah pernah coba, lama Pak ngantrinya, sejaman padahal saya makan disana. Kalau mau makan disitu, harus siap lama loh

        Pernah coba Gosha Kitchen Patisserie di Renon Pak? Itu enak juga, saya ketagihan Parmigiananya sekarang.

  7. bayu says:

    mau nanya lagi koh ๐Ÿ˜€ dibanding infinix zero 3 dari segala sisi, Lebih unggul infinix Zero 3 atau Lenovo K4 Note ?

  8. Richard says:

    Wah,lengkap sudah ulasannya,kini saatnya berburu,pertanyaan untuk Pak Herry,bila saya membenamkan memori micro sebesar 64 GB apakah tdk lemot,untuk menonton film melalui OTG,apa jg tidak hang,terimakasih,sumber yg sangat akurat & terpecaya,Bravo Pak Herry

    • Herry SW says:

      Pak Richard,

      Wah, saya tidak mencoba dua skenario tersebut.

      Saya masih optimis ponsel berjalan lancar kala dipadukan dengan microSD 64 GB. Kalau menonton film via OTG, saya agak curiga tidak se-smooth kalau file film itu sudah dikopikan ke microSD.

  9. Han says:

    Tolong tanya P Herry apakah lenovo vibe k4 note sudah mendukung fast charge? Dan kalau belum kira2 membutuhkan waktu berapa lama untuk mengisi baterai lenovo vibe k4 note sampai penuh? Trims

  10. Sofy says:

    Pak Herry, bolehkah saya minta tolong rekomendasikan smartphone dengan harga di kisaran harga Lenovo Vibe K4 note ini, dibanding Infinix hot 3 dan lain lainnya. Pak Herry lebih rekomendasikan yang mana saja. Juara 1,2, 3 nya Pak. Makasih banyak Pak.

    • Herry SW says:

      Pak Sofy,

      Kalau di kisaran harga Vibe K4 Note, saya pasti takkan merekomendasikan Hot 3. Yang akan saya rekomendasikan adalah Zero 3.

      Jadi begini:
      * Kalau mengutamakan daya tahan baterai: Asus Zenfone Max.
      * Kalau mengutamakan kamera: Infinix Zero 3.
      * Kalau mencari yang secara umum cukup bagus, punya sensor sidik jari, dan ingin mencicipi VR: Lenovo Vibe K4 Note.

  11. triyono says:

    Terima kasih Pak Herry reviewnya mantab banget, jadi tambah yakin untuk membeli gawai ini. dengan harga 3jt pesaing Vibe K4 Note apa saja Pak?

  12. Dede says:

    Om, kalau dibandingkan dengan zenfone max (tanpa menyertakan perbandingan baterai), lebih nyaman pakai mana, zenfone max atau vibe K4 note ini?
    lalu, hasil kameranya lebih bagus mana dibandingkan dengan zenfone max?
    terimakasih ๐Ÿ˜€

    • Herry SW says:

      Pak Dede,

      Lebih nyaman pakai Vibe K4 Note.

      Hasil jepretan kamera lebih terang Vibe K4 Note. Namun, dalam hal detail gambar, Zenfone Max lebih unggul.

  13. Andy says:

    Kelengkapan dan fitur menarik dengan harga terjangkau tapi IMHO saya masih agak kecewa dikit pengalaman dengan VibeUI dibanding MIUI karena VibeUI kurang enteng dan terkadang setiap update nya malah bikin boros baterai.

  14. Gugi says:

    Wah cukup bagus ya. Kalau dibandingkan dengan hisense pureshot plus bagaimana ko Herry? Sepertinya si K4 Note punya nilai lebih ya?

    • Herry SW says:

      Pak Gugi,

      Diadu dengan Pureshot Plus dalam hal apa nih? Kalau kamera, masih lebih bagus Pureshot Plus. Kalau fitur lain-lain, menang Vibe K4 Note.

      • Gugi says:

        Ko Herry,

        Iya kamera dikesampingkan saja. Dilihat dari jepretan K4 Note di review, sudah cukup buat saya. Yang lainnya memang lebih unggul K4 Note ya..

        Mau nanya lagi. Kalau buat ko Herry, perbedaan chipset Qualcomm dan Mediatek apa yang paling dirasakan. Apakah kalau di Qualcomm lebih bagus koneksinya? (Lebih gampang konek/dapat sinya, stabil, dll).

        • Herry SW says:

          Pak Gugi,

          Kalau bertahun-tahun lalu, ponsel dengan chipset MediaTek GPS-nya sering lama dalam mengunci lokasi. Kini hal serupa sudah tidak terjadi lagi. Jadi, mau pakai Qualcomm atau MediaTek, buat saya sih sama saja.

  15. Bernardus Leonardo says:

    Jadi di range harga segitu, seberapa layakkah untuk dibeli?

    Hasil kameranya bagaimana menurut Ko Herry Vibe K4 Note ini? Kalo menurut saya sih dynamic rangenya masih kurang, terlihat masih ada beberapa area under expose…

    Btw, saya penasaran sekali… Itu smartwatch merek apa ya? Hanya kelihatan aplikasi ‘Android Wear’.

    • Herry SW says:

      Pak Bernardus Leonardo,

      Cukup layak sih.

      Cukup bagus. Hasil fotonya terang, tetapi kalau diperhatikan sebenarnya tidak superdetail.

      Oh, itu Moto 360 2nd Gen.

  16. feri alfredo says:

    salam buat penulis, mau tanya dari segi value lebih pilih mana lenovo k4 note sm infinix zero 3?
    sudah dicoba belum jika buat nonton film durasi hampir 2 jam dengan fitur VR boros baterai apa nggak?
    itu kameranya bagus kayaknya, apartement deket marina kelihatan kinclong di siang hari. ๐Ÿ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Feri Alfredo,

      Tergantung titik berat Anda di fitur apa dulu. Kalau kamera, lebih bagus Zero 3. Fitur lain-lain lebih komplet Vibe K4 Note.

      Wah, nggak pernah coba menonton film dengan durasi hampir dua jam, Pak. Saya paling lama memakai kacamata ANTVR-nya selama 30 menit. Setelah itu pasti istirahat dulu.

      Kameranya cukup bagus.

  17. Iwan Joni says:

    Hasil fotonya lumayan juga nih, not bad lah utk ponsel seharga kurang dari 3 juta, ada fitur finger print dapet VR pula… Nice

  18. Ade says:

    Hasil kamera dibanding Wiko Ridge Fever 4G bagaimana koh? Lebih layak beli yang mana mengingat harga yang hampir sama?

  19. Ignatius Tanoto says:

    Pak Herry,
    Untuk hasil jepretan kamera, bagusan mana antara Lenovo Vibe K4 Note dengan Asus Zenfone Max ?

    Terima kasih

  20. Danar says:

    Kamera kelihatanny mengungguli pureshot y pak?

  21. hengkyfanggian says:

    Kalau buat nonton film bioskop yg sekitar 1,5 s/d 2 jam apakah nyaman atau pusing koh Herry ?

    • Herry SW says:

      Pak Hengkyfanggian,

      Kebetulan saya tak pernah memakai kacamata ANTVR dengan durasi selama itu. Durasi terlama saya setengah jam saja.

  22. hamdan says:

    menarik sekali sepertinya hp ini untuk pemakaian setahun kedepan ya pak, free ramnya itu yang mengalihkan dari produk xiaomi. Dan entah kenapa saya lebih mengapresiasi feel dari pada antutu.

    sepertinya harus nambah anggaran nih hehe

    • Herry SW says:

      Pak Hamdan,

      Sama deh. Saya tidak peduli dengan skor Antutu. Screen capture Antutu tetap saya sertakan di review semata-mata untuk memenuhi permintaan pembaca.

  23. jem says:

    pak herry
    saya mau bertanya.. apakah lenovo k4 note ini layak dibeli ?
    jika saya butuh hp dengan memori internal 16gb, memori eksternal, ram min 2gb, kamera depan dan belakang yang bagus, baterai cukup awet, tidak main games, tapi buka file office sampai ukuran 4mb (word, excel, pdf )
    atau adakah rekomendasi lain ?
    terima kasih pak herry

    semoga blog bapak semakin berkembang

    • Herry SW says:

      Pak Jem,

      Dikaitkan dengan kriteria Anda:
      * Memori internal 16 GB —> cocok.
      * Memori eksternal —-> cocok
      * RAM minimal 2 GB —-> cocok. Ponsel itu dibekali RAM 3 GB.
      * Kamera depan dan belakang bagus —> hanya tergolong cukup bagus, bukan bagus.
      * Baterai cukup awet —-> ehm… awet versi Anda itu bertahan berapa jam?
      * Buka file Office 4 MB —-> masih oke.

      Alternatif lain adalah Infinix Zero 3. Ini review-nya http://ponselmu.com/review-infinix-zero-3-serasa-ponsel-global-empat-jutaan/

  24. Andre says:

    Pak herry, tolong di test misal slot sim mana aja dipasang kartu LTE 1800 misal indosat, telkomsel atau xl, lalu slot sim satunya lg pasang kartu LTE 850/2300 kartu smartfren. Apakah pindah2 data connection antar slot koneksi internet berjalan lancar, apakah data connection tdk ada yg disable

    • Herry SW says:

      Pak Andre,

      Lancar. Kebetulan saat uji pakai saya memasangkan Smartfren di selot pertama dan Telkomsel di selot kedua.

      Kalau saya berintenet via LTE Smartfren, nomor Telkomsel tetap dapat sinyal dan bisa dipakai telepon. Sebaliknya, kalau saya berinternet via LTE Telkomsel, nomor Smartfren takkan dapat sinyal. Hal itu normal sih. Sebab, Vibe K4 Note kan tidak mendukung CDMA dan EvDO.

  25. awal says:

    Review yg keren..saya selalu suka…selalu baca
    Pertanyaan
    1. Apakah terasa cepat panas?
    2. Butuh waktu berapa lama untuk cas batere sampe penuh?
    3. Akurasi GPSnya sejauh mana?
    4. Lebih menarik mana dibanding LG Stylo 2?
    5. Menurut feeling om Hery lebih baik performa chipset Mediatek dengan RAM 3 GB atau Quallcom dengan RAM2 GB

    • Herry SW says:

      Pak Awal,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      1. Tidak.

      2. Lebih dari 2 jam, tetapi kurang dari 3 jam.

      3. Baik-baik saja.

      4. Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Stylo 2.

      5. Hmm… nggak bisa diputuskan dengan tebak-tebakan kayak gini deh. Harus dicoba dulu ponselnya. Sebab, spesifikasi lain dan optimasi firmware turut menentukan.

  26. Andre says:

    Pak herry,
    Menyambung yg diatas, coba biarkan data connection diarahkan ke telkomsel sampai bbrp lama, apakah data connection nya tetap on terus, icon kecil lambang 3G/H+/4G tetap ada, krn penah ada orang kasih liat lenovo vibe data conection nya nanti off dng konfigurasi diatas, vibe type apa ga sempet tanya

  27. Mochamad dody says:

    Pak herry,
    Saya lihat kok blog bapak ini tidak ada iklan? Seperti google adsense gitu

  28. Haris says:

    Om Herry, kadang pada game atau youtube (dgn VR) tidak pas setelannya dgn ATR VR-nya K4 Note (pandangan jadi dobel). Bagaimana mengatasinya?
    1. Apakah ada aplikasi agar bisa sesuai?
    2. Musti pake google cardboard?

    • Herry SW says:

      Pak Haris,

      1. Saya pernah mengalami hal serupa. Solusinya sederhana. Ponsel yang sedang terpasang di ANTVR (bukan ATR VR) saya geser sedikit. Entah ke kiri atau kanan.

      2. Tak perlu. Lha kan Anda sudah punya ANTVR.

  29. Anton Chris Arsen says:

    Ko Herry,

    Sekedar sharing aja. Tepat sebulan memakai Infinix Zero 3, kesan dan pesan saya: SANGAT PUAS!

    Buat yg masih galau mudah2an bisa tercerahkan. Ha ha ha..

  30. Nazriel says:

    Hasil kameranya 11 12 dengan Lenovo Vibe P1 Turbo ya pak? Sayang sekali proci ya sedikit jadul klo saja sama dengan Vibe P1 Turbo sepertinya menarik nih? Tapi overall ok nih HP fitur multimedianya komplit.

    • Herry SW says:

      Pak Nazriel,

      Saya merasa hasil jepretan Vibe K4 Note sedikit lebih bagus dibandingkan Vibe P1 Turbo.

  31. Dani says:

    Mau tanya pak
    1.sebelum pake vr ant ini bapak sudah berapa kali nyoba vr lain selain samsung gear (karena gear kan cuma compatible dengan ponsel galaxy high end)

    2.kalau sudah pernah nyoba vr lain apa bedanya dengan vr ant ini?

    saya nyari vr ant ini tapi belum ada yang jual kalau diluar negeri lihat review di YouTube, vr ant ini dijual juga terpisah

    • Herry SW says:

      Pak Dani,

      1. Jadi, sejauh ini saya baru mencoba tiga peranti VR: Gear VR, kacamata VR asal Tiongkok (lupa mereknya apa), dan ANTVR ini.

      2. ANTVR memungkinkan saya tetap mengenakan kacamata minus. Sedangkan dua peranti VR lainnya mengharuskan saya melepaskan kacamata. Sehingga, tampilan yang tersaji tak bisa saya lihat dengan jelas. Lha mata saya minus tujuh.

      Beli ANTVR dari pengguna Vibe K4 Note saja lho, Pak. Beberapa teman saya yang memakai Vibe K4 Note memutuskan menjual ANTVR-nya dalam kondisi baru dengan harga Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu. Laku terjual kok.

  32. Kim says:

    Ko Herry,redmi 3 diulas dong yg garansi distributor . yg garansi resmi entah kapan keluarnya

  33. Dennis says:

    Pak Herry, toko online mana ya yang menjual Vibe K4 Note bergaransi resmi ini? Makasih…

  34. donny says:

    Malam koh..
    Sebenarnya hape lenovo cukuo berkualitas dengan harga terjangkau,sayangnya service center nya itu yang bikin ngeri…kayaknya barangnya pun gampang rusak ya koh?td saya mampir dua kali hari ini ke sc lenovo solo untuk menanyakan kabar hape saya yang saya garansikan,dan sc selalu penuh,dan hanya ada satu orang yang melayani.ada juga yang sudah dua bulan servis belum juga jadi sampai sampai notanya hilang wkwkwk….moga ini menjadi perhatian serius pihak lenovo sehingga brand image perusahaan dan produknya tidak menjadi hancur di kemudian hari.thx

  35. yoga says:

    om rekomendasi hp dengan garansi bagus,selain samsung.ram 2g,dual sim,hrga di bawah 3.5 jt apa om….

    • Herry SW says:

      Pak Yoga,

      Garansi bagus berarti LG dan Acer. Hmmm… dengan kriteria seperti itu berarti pilihannya hanya LG G3.

  36. Alan says:

    Info saja, sepertinya Xiaomi jadi memasukkan Redmi Note 3 Pro (versi snapdragon) dan Mi 5 bulan ini.

    http://en.miui.com/thread-278267-1-1.html
    http://en.miui.com/thread-277597-1-1.html

    • Herry SW says:

      Pak Alan,

      Wah… mantap. Semoga segera terealisasi. Sudah kangen mencoba ponsel Xiaomi nih.

  37. Defi Firmansyah says:

    Oom Herry,

    Denger-denger Lenovo Vibe K4 Note ini selain antarmuka Lenovo, bisa pilih antarmuka stock Android. Oom Herry sudah coba?
    Saya penasaran apakah antarmuka stock Android itu turut kompatibel dengan mode VR, atau sebaliknya.

  38. Adi says:

    Ko herry mau nanya nih selain vibe k4 note, hp merk apa yg sudah mengadopsi jaringan 4G di kedua slotnya max 2,5 jt. Tq

  39. Krisna Bagaskara says:

    Kalo Dari sisi service center pilih mana kang Herry,Asus or lenovo.terima kasih

  40. wildan says:

    pagi koh, untuk jual beli spt kapan hari yg diadakan koh herry di ubaya.com kira2 ada lagi kapan?

    • Herry SW says:

      Pak Wildan,

      Tak ada jadwal pasti. Kalau pas senggang dan ada gawai yang mau dijual, ya langsung saya posting. Btw, ponsel yang terakhir saya iklankan di sana masih ada kok.

  41. Hengky Fanggian says:

    Koh Herry, Saya pernah baca, kalau smartphone & tablet windows dapat dipasangi mouse, bahkan keyboard phisik, baik lewat kabel OTG atau Bluetooth. Apakah untuk android juga dapat seperti itu, kalau dapat, apakah klik kiri/kanan mousenya berfungsi sempurna, begitu juga dg keyboardnya ?

  42. Michael says:

    Pagi ko… sedikit oot nih ko
    Boleh rekomendasi gawai yang bisa dipakai smartfren 4g yg paling murah apa ya ko?? Di luar merk smartfren ya ko… thank u

  43. Hengky Fanggian says:

    Mohon kejelasan atas tulisan koh Hery spt yg sy kutip dari atas : โ€Sebaliknya, kalau saya berinternet via LTE Telkomsel, nomor Smartfren takkan dapat sinyal. Hal itu normal sih. Sebab, Vibe K4 Note kan tidak mendukung CDMA dan EvDOโ€.

    Bukankah bila sudah ada smartfren di satu slot maka slot yg lain hanya dapat sinyal 2G atau maximal Edge. Itulah kejelekan semua kartu CDMA yg membuat saya menghindarinya, karena spt nya โ€œegoisโ€. Begitu dia masuk yg lain harus ngalah turun tahta, bukan hanya turun ke 3G tapi lebih drastis lagi hanya bisa 2G. Mohon kejelasannya, TQ

    • Herry SW says:

      Pak Hengky Fanggian,

      Kalau saya memutuskan berinternet via LTE Telkomsel, nomor Smartfren kan dinonaktifkan. Jadi, saya bisa dapat sinyal 4G LTE Telkomsel, sedangkan Smartfrennya padam.

  44. xiomay says:

    Koh, apakah untuk format movie VR khusus seperti 3D atau biasa seperti mp4/mkv ?

  45. Edwin says:

    Pak Herry, cuma mau berbagi info soal Samsung Gear VR, ke ka menggunakan alat tsb memang hrs melepas kacamata, akan tetap pada bagian atas alat tsb trdpt semacam scroll yg berfungsi utk mengatur fokus gambar Pak…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Waktu itu saya dibantu oleh pemandu stan Samsung sudah memutar-mutar tombol itu. Hasilnya, tetap kabur. Mungkin karena minus mata saya terlalu tinggi ya.

  46. Daniel says:

    Pak,, nanya moto 360 gen2 ny ditebus dgn harga brp?? Layak beli ga pak??

    • Herry SW says:

      Pak Daniel,

      Varian seperti yang saya coba itu harganya Rp 4,999 juta. Layak beli atau tidak? Tunggu review saya ya.

  47. bayu says:

    Koh herry, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan Xiaomi Mi5 kan mau masuk resmi ,koh Herry mau review yang mana koh ?

  48. yoga says:

    sesuai pertanyaan saya diatas,LG g3 apa dual sim om,hrga brp..kalau LG g pro 2 gimana…

  49. Kevin says:

    Maaf OOT, tapi kalau misalnya di kota kita tidak tersedia SC suatu HP, berarti harus dikirim ke luar kota yang ada ya pak? itu berarti kita kirim dengan biaya sendiri? Dan gimana prosedurnya dari dikirim sampai diterima balik?

    • Herry SW says:

      Pak Kevin,

      Bila di kota Anda tidak tersedia service center ponsel yang Anda gunakan, prosedur mengajukan klaim garansi resmi ada tiga.

      1. Bila di kota Anda terdapat collection point (CP), Anda dapat menyerahkannya ke sana. Petugas CP kemudian akan mengirimkannya ke service center yang disarankan. Biasanya CP tidak langsung mengirimkan ponsel yang diterima dari konsumen. Mereka melakukan pengiriman berdasarkan kuota atau periode tertentu. Misalnya, mereka baru mengirimkan ponsel yang rusak ke service center setelah terkumpul minimal lima unit. Bisa pula mereka mengirimkannya per minggu atau per dua minggu, tidak peduli ada berapa unit ponsel yang terkumpul.

      Setelah ponsel diperbaiki oleh service center, semua ponsel akan dikirimkan kembali ke CP. Konsumen datang ke CP untuk mengambil ponsel yang sudah selesai diperbaiki.

      Terkait ongkos kirim, hal itu bergantung kebijakan masing-masing produsen ponsel. Ada yang ditanggung oleh CP sehingga konsumen tak perlu membayar ongkos kirim, ada pula yang mengenakan ongkos kirim.

      2. Konsumen langsung berhubungan dengan service center. Karena toh sama-sama harus mengirimkannya, saya cenderung menyarankan Anda mengirimkannya ke service center pusat di Jakarta. Sebelum mengirimkan, sebaiknya Anda menelepon service center pusat itu dan tanyakan prosedur detailnya. Kebijakan dan prosedur antar-service center belum tentu sama.

      Anda biasanya harus membayar biaya pengiriman dari kota Anda ke Jakarta dan sebaliknya. Untuk ongkos kirim dari Jakarta ke kota Anda, Anda akan diminta mentransfer biayanya ke rekening yang disebutkan oleh petugas service center.

      3. Bila Anda kebetulan membeli di penjual yang bersedia direpotkan oleh pelanggannya, serahkan ponsel Anda ke penjual. Penjual yang akan menguruskan proses klaim garansi, entah dengan cara yang saya paparkan di poin 1 maupun 2. Soal ongkos kirim, hal itu bergantung kebijaksanaan penjual. Normalnya sih Anda diminta menanggung ongkos kirim.

  50. Dennis says:

    Oke Pak Herry, makasih atas infonya.

  51. ilham says:

    Ko kalo ANTVRnya dipakai buat hp lain bisa gk?apa khusus lenovo saja

    • Herry SW says:

      Pak Ilham,

      Bisa dipadukan dengan ponsel non-Lenovo, asalkan ukuran bodi ponselnya sesuai dengan lekukan di tubuh ANTVR.

  52. yoobeeโ„ข says:

    Bung HERRY

    Apakah K4 note dapat memainkan semua game VR di play srore misalnya ‘Titan Of Space’ dengan lancar Bung?

    apakah acer liquid jade Z500 punya sensor gyro untuk main game VR Bung?

    ~terima kasih~

  53. Agung Kurniawan says:

    Salam om Herry SW,
    Sy sblmnya udh pake lenovo, p780, p70, a6000, a7000+ dari type2 itu yg menurut sy minus lenovo ada di sound speaker yg kurang keras, bahkan a7000+ yg udh pake dolby pun sy rasa terlalu kecil outputnya (perbandingan dg redmi note 3 mtk), pertanyaan sy:
    1) apakah di k4 note ini sama, suara kecil?
    2) yg msh sy pegang sekarang p70 & istri pake a7000+, dg prosesor & speedclock yg tdk jauh berbeda, menurut om hery, ada perbedaan signifikan tdk antara kedua type tsb & k4 note?

    • Herry SW says:

      Pak Agung Kurniawan,

      1. Karena saya belum pernah mencoba A6000 dan A7000 SE (Anda sebut A7000+), saya tak mengetahui seberapa keras suara dua ponsel itu. Kalau dibandingkan P780 dan P70, suara di Vibe K4 Note lebih lantang.

      2. A7000 SE saya tak pernah coba. Kalau diadu dengan P70, Vibe K4 Note terasa lebih gegas. Layarnya juga lebih bagus.

  54. Mpret says:

    lenovo vibe k4 note harganya berapa pak? service center lenovo disurabaya dimana?
    btw saya barusan lihat review lenovo vibe k5 harganya sekitar 1,6 – 1,8an mungkin. spek nya lumayan memuaskan meskipun belum pernah coba tapi boleh lah dilirik, tetapi ketika saya cari lenovo vibe k5 di plaza marina masih belum ada, bahkan ada yang beberapa yang ga tau ponsel seri itu. apa lenovo vibe k5 tidak dijual di indonesia pak?

    • Herry SW says:

      Pak Mpret,

      Harga ritel resmi Rp 2.899.000.

      Ada di dua lokasi:
      1. Mastech F11, Jl A Yani.
      2. Kusuma Bangsa 92D. Saya lebih merekomendasikan yang ini.

      Vibe K5 memang tidak beredar resmi di Indonesia. Yang akan beredar di sini Vibe K5 Plus.

  55. Nicholas says:

    Ko Herry, ada 2 pertanyaan nih :
    1. Lebih memilih Mi 4i atau K4 Note?
    2. HP dengan budget 3-4jt yang secara overall bagus apa?
    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Nicholas,

      1. Kamera lebih bagus Mi 4i. Lain-lainnya lebih oke K4 Note.

      2. Di rentang harga segitu cuma ada Lenovo Vibe P1 Turbo.

  56. Chandra says:

    Mantap pak herry, btw kalau lg k8 udah rilis mau me-review nya nggak?

  57. Edwin says:

    Ohh bs jadi demikian Pak… Krn mata kanan saya minus 4 dgn silinder 1,25, masi bisa fokus jelas Pak dgn pengaturan di VR tsb….

  58. hari says:

    Pak herry,

    Bagaimana kinerja vibe k4 note ini secara umum, jika keunggulan vr nya dikesampingkan, dibandingkan dgn zero 3, jika keunggulan kameranya dikesampingkan?

    Satu lagi pak, saya masih bingung soal vr ini. Apakah fitur ini memang hanya bisa digunakan untuk menikmati konten vr, sementara konten non vr tdk bisa? Bagaimana dgn pengaturan konten yg memerlukan sentuhan langsung di layar, apakah jari mesti dimasukkan via sela headsetnya?

    Terimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak Hari,

      Baik-baik saja sih.

      Mau dipakai menikmati konten non-VR sih bisa-bisa saja. Namun, ya mending pakai mata telanjang dong. Untuk konten yang perlu sentuhan langsung di layar, ada yang terpaksa harus menyelipkan jari di sela kacamata ANTVR (tapi nggak nyaman deh), ada pula yang bisa dikendalikan memakai gamepad bluetooth.

  59. Wisnu says:

    Pak henry, kl secara keseluruhan lenovo vibe k4 note dibandingkan andromax R2, lebih bagus yg mana? Mohon pencerahannya pak…

  60. mpret says:

    sore pak, kira2 harga lenovo vibe k4 note brp ya? trs lenovo service center di surabaya dmn ya?
    btw saya juga baca review lenovo vibe k5 dgn harga 1,6an itu hape udah punya spek yang lumayan berkualitas. tp ketika sy mau mencari hp lenovo vibe k5 di plaza marina kok ga ada ya? bahkan mbak2 spg nya ga tau.
    apa lenovo vibe k5 ga dijual di indonesia ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Mpret,

      Hmmm… saya yakin kemarin sudah menjawab pertanyaan Anda deh. Anda mengirimkannya dua kali ya? ๐Ÿ™‚

  61. Teja says:

    Pak Herry SW apakah ada ritual kusus pengisian daya untuk gawai baru, atau kalu baterai nya sudah 100% bisa langsung di cabut dari charger ny? Dibanding dengan Wiko Ridge 4G Fever, Lenovo Vibe P1 Turbo, Infinix Zero 3, Asus Zenfone Max, kualitas layar Lenovo Vibe K4 Note gimana pak?
    Trimakasih Pak Herry SW

    • Herry SW says:

      Pak Teja,

      Cara saya sederhana saja. Silakan dipakai dulu sampai low batt. Kemudian, dalam kondisi padam total, isilah baterai ponsel sampai penuh. Begitu penuh silakan dicabut. Gunakan ponsel sampai low batt lagi. Charge lagi sampai penuh, dst. Ulangi langkah itu sebanyak 3-4 kali.

      Menurut saya, yang terbaik layar Ridge 4G Fever.

  62. Edwin says:

    Pak Herry, saya baca di atas, Bapak menyebutkan bhw K5 Plus akan dirilis di Indo. Apakah kode “K5” brarti lbh bgs dr “K4”??
    Lalu utk K4 Note ini apakah cepat terasa Panas Pak?
    Yg terakir Pak, saat ini saya menggunakan Redmi 2 Prime, dibandingkan dgn K4 Note, mana yg lbh gegas Pak?
    Terima kasih Pak…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      K5 berarti lebih baru daripada K4 memang iya. Kalau lebih bagus, saya belum tahu. Lha belum pernah coba.

      Vibe K4 Note tidak cepat panas.

      Lebih gegas Vibe K4 Note daripada Redmi 2 Prime.

  63. Gerry says:

    Minggu kemaren kakak saya baru aja beli hp ini. Menurut saya cukup menarik fitur theater max yang disodorkan. Setelah saya coba menonton menggunakan kacamata VR yang disediakan dalam bundle penjualan (antvr), memang terasa seperti menonton di bioskop. Tapi setelah saya coba kacamata VR nya untuk virtual reality ternyata kacamatanya tidak compatible dengan aplikasi google cardboard dan beberapa aplikasi virtual reality yg saya download dari play store. Dan jeleknya ANTVR tidak menyediakan QR code settingan untuk google cardboard sebagaimana kacamata2 vr umumnya. Saya harus ngubek2 internet dulu untuk mencari QR code settingan google cardboard yang pas. Jadi kalo menurut saya memang bundle kacamata VR ini lebih dihususkan untuk digunakan menonton video agar seperti di bioskop, tapi kurang compatible untuk virtual reality.

  64. Wisnu says:

    Maaf pak herry sw, kl kemarin salah ketik namanya ya… He… He… He… Trs kira2 apa jawaban pak herry ttg yg sy tanya kemarin??

    • Herry SW says:

      Pak Wisnu,

      He… he… he….

      Kamera lebih bagus Andromax R2. Lain-lainnya lebih bagus Vibe K4 Note.

  65. sheila says:

    penggunaan sidik jari apakah lebih boros penggunaan baterai atau tidak dibanding tdk menggunakannya koh?

  66. daniel says:

    sore pak Herry,
    Lebih baik pilih Lenovo vibe k4 atau infinix zero 3 ?
    Apabila melihat dari spesifikasi dan dukungan terhadap 4G LTE.
    terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Daniel,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Kalau Anda ingin menjajal VR, silakan ambil Vibe K4 Note. Kalau Anda lebih mengutamakan kinerja kamera, Zero 3 lebih tepat dilirik.

  67. Kharis says:

    Pak Herry, widget jam plus cuaca di Lenovo Vibe K4 Note itu namanya apa ya? Mau saya aplikasikan di Lenovo Vibe P1m kalau bisa

    • Herry SW says:

      Pak Kharis,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Wah, saya tidak memperhatikan namanya.

  68. anie says:

    Siang ko herry, minta rekomendasinya antara Lenovo Vibe K4 Note & Infinix Zero 3, dengan kebutuhan pengambilan gambar/ foto dan membuka bbrp toko e-commerce. Kalau liat dr spec kamera Infinix Zero 3 lbh unggul krn mempunyai kamera 20 MP. Apa tdk salah jika sy membeli Infinix Zero 3 dgn kebutuhan di atas ko? Thank’s before

    • Herry SW says:

      Bu Anie,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Dengan memperhatikan kriteria Anda, Infinix Zero 3 tampaknya lebih tepat daripada Lenovo Vibe K4 Note.

  69. Michel says:

    Pak Herry, saya sangat tertarik dengan Lenovo Vibe K4 Note ini & berniat segera membeli. Namun ada hal yg masih mengganjal.

    1. Sebelumnya saya pakai ponsel merek lain & ada kendala di koneksi internet & notifikasi email/instant messaging. Jadi, sering sekali jika ada email/pesan Whatsapp masuk, di HP saya tidak langsung muncul notifikasinya (pending). Kadang hanya hitungan menit, pernah sampai 1 jam lebih. Padahal sudah dicoba mengubah setting dll tidak berpengaruh. Nah, di Lenovo K4 Note ini apakah ada masalah serupa?

    2. Terkait pertanyaan nomor 1, apakah koneksi internetnya lancar? Karena di ponsel saya merek lain ketika dipakai browsing/email/streaming seringkali lama terhubung (seperti bengong). Padahal, di saat yg sama & menggunakan operator yg sama, saya coba bandingkan dengan ponsel teman saya merek lain lancar2 saja.

    Setelah saya cek & ricek, saya berkesimpulan ada masalah entah di software atau hardware bawaan ponsel, karena yg mengalaminya ternyata cukup banyak.

    Itu saja Pak, untuk memastikan tidak salah beli ponsel lagi. Mohon jawabannya. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Michel,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      1. Tak ada masalah seperti itu.

      2. Lancar. Namun, bergantung operator yang Anda gunakan juga ya.

  70. Saleh says:

    Selamat malam pak Herry SW

    To the poin saja:
    Rekomendasi dari pak Herry SW antar lenovo K4 Note dan Lenovo P1 Turbo mana yang terbaik dari segi kerja dan hiburan? Mohon sedikit alasan dari gaget rekomendasi tsb. Terima kasih

    Sukses selalu pak Herry SW

    • Herry SW says:

      Pak Saleh,

      Kinerja keseluruhan sih saya memilih Vibe P1 Turbo. Kalau untuk hiburan, dalam hal ini spesifik ke virtual reality, silakan melirik Vibe K4 Note.

  71. Edwin says:

    Siang Pak Herry… Kalo Lenovo K4 Note ini dibandingkan dgn Infinix Zero 3, mending mana Pak? Mengingat ukuran layar dan harganya sama….

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Bergantung prioritas Anda apa. Kalau kamera, ya Zero 3. Kalau sensor sidik jari dan VR, ya berarti Vibe K4 Note.

  72. Liana says:

    Koh herry. Sy baru beli vibe k4 note seminggu yg lalu. Pemakaian sy cm whatsapp dan line. Tdk maen game dan tdk nonton. Dengr lagu kadang 1 lagu Tp pemakaian batrenya sungguh boros. Kl koh herry bil 13 jam ternyata waktu sy pke cm 4 jam. 13jam sy pke kl battery saver d aktifkan. Normalkah? Terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu Liana,

      Seberapa kuat sinyal di lokasi Anda? Biarpun Anda aktif WhatsApp dan Line, kalau hanya bertahan empat jam sih tidak normal.

  73. Liana says:

    Selain signal aph lg koh? Apakah tdk normalnya masuk dlm kategori ada yg hrs d perbaiki?

    • Herry SW says:

      Bu Liana,

      Dugaan utama sementara sinyal sih. Yang salah bukan ponselnya, tetapi jaringan operator.

  74. Yudha says:

    Pak Herry,
    Fitur autofokus kamera pada Lenovo Vibe K4 Note ini apakah cukup cepat agar menghasilkan gambar yang mayoritas tidak akan blur?
    Terimakasih.

  75. Doni Turnip says:

    Pak Herry,
    K4 note ini sdh mendukung usb otg kah?

  76. Ronald NNR says:

    Selamat Malam, Om Herry

    Sebelum saya melanjutkan ke pertanyaan saya, saya sering membuka ponselmu.com ini untuk membaca berita tentang ponsel dan teknologinya. saya terbantu dengan Om Herry yang senantiasa mereview ponsel dan teknologi secara update.
    lanjut ke pertanyaan :
    Saya pengguna Hape yang 80% kegiatan saya dilapangan/outdoor mulai jam 6 – jam 18, membaca email, bbm, whatsapp dan mem-foto hasil pekerjaan lapangan dan dikirimkan melalui email, bbm dan whatsapp. serta sesekali memainkan games pada saat penat di outdoor. Dari hal tersebut saya mohon hemat Om Herry memberikan advice kepada saya untuk memilih hape apa yang musti saya beli dikisaran harga 2,7 juta – 4 juta.

    terima kasih, dan selalu sukses buat Om Herry

  77. Adam says:

    Koh Herry,
    lebih bagus mana antara Lenovo vibe k4 note / xiaomi redmi note 3 pro?
    mengingat garansi lenovo adalah resmi, dan xiaomi garansi distributor

  78. Zulay says:

    Om, selama menggunakannya, cepet panas ga?

  79. hartono says:

    Pak Herry,
    Apakah pihak Lenovo berencana memasukkan moto G4 yang sudah launching di india dan kabarnya kameranya bahkan mengalahkan kamera Iphone?
    Terimakasih

  80. Roni says:

    Malam ko Herry, saya sudah pakai Lenovo k4 note dan saya coba pakai SIM-card Smartfren…tapi tidak bisa keluar signalnya ya ? Jadi tidak bisa dipakai untuk internet…kalau pake operator GSM lancar. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Roni,

      Pastikan beberapa hal berikut ini:
      1. Kartu Smartfren yang dipasangkan harus kartu 4G LTE.
      2. Sebaiknya pasangkan kartu itu di selot SIM1.
      3. Pengaturan jaringan harus 4G only.
      4. Anda harus berada di area layanan 4G LTE Smartfren.

      Kalau semua syarat itu terpenuhi, seharusnya Anda sukses mendapatkan sinyal Smartfren di Vibe K4 Note.

  81. Roni Rianto says:

    Maaf Ko Herry kali mungkin pertanyaan saya masuk 2 kali…saya sudah pakai Lenovo K4 Note dan saya coba pake Smartfren, tapi di signal Smartfren nya tidak bisa terdetect atau keluar, saya coba di beberapa lokasi hasilnya juga tetap tidak bisa…apa ada caranya ya Ko Herry.
    Apakah Lenovo vibe shot juga support Smartfren ?
    Terima kasih Ko Herry

    • Herry SW says:

      Pak Roni Rianto,

      *** Smartfren + Vibe K4 Note
      Silakan baca jawaban saya di atas. Pertanyaan yang sama lain kali cukup dikirimkan sekali.

      *** Smartfren + Vibe Shot
      Di atas kertas bisa, tetapi saya belum pernah membuktikannya sendiri. Sebab, dulu saat menguji pakai Vibe Shot, saya sedang tidak memiliki kartu 4G LTE Smartfren.

  82. Mr.Aa says:

    Screen on time nya berapa jam om kira-kira??

    • Herry SW says:

      Pak Mr Aa,

      Saya tidak memperhatikan dan tidak peduli dengan screen on time. Sebab, itu tak bisa dijadikan patokan daya tahan baterai. Untuk pemakaian harian saya, dalam sehari biasanya screen on time saya saat memakai ponsel sekitar tiga jam.

  83. Mr.Aa says:

    User experience menurut om enak k4note, zenfone 2, zenfone selfie ?

  84. Arie Jp says:

    Selamat malam Pak Herry SW,

    Apa kabarnya Pak, semoga sehat selalu ya Pak.

    Perkenankan saya ikut bertanya disini.

    mengutip kalimat “Cukup
    balikkan ponsel sampai layar
    menghadap ke bawah. Layar Vibe K4
    Note bakal spontan padam dan
    terkunci.”

    yang ingin ditanya apakah kalau nonton film pakai VR headset dan kita telentang layarnya jadi mati juga Pak? bagaimana kalau nonton tanpa VR sambil telentang apakah layarnya mati juga?

    terima kasih sebelumnya untuk pencerahan dari Pak Herry.

    salam,
    Arie Jp

    • Herry SW says:

      Pak Arie Jp,

      Wah… iya, saya malahan nggak terpikir sampai sejauh itu.

      Saat menggunakan Vibe K4 Note + VR kebetulan saya tak pernah sambil tidur terlentang. Biasanya saya duduk di kursi dengan tangan bersandar di meja atau malahan berdiri. Maksimal saya duduk dengan kepala menengadah membentuk sudut sekitar 45 derajat. Jadi, terus terang saya tak mengetahui jawaban pertanyaan Anda ini.

  85. Kartono says:

    Pak Herry, saya pengguna K4 note, beli sekitar sebulan lalu, apabila dipake buat nelpon cpt hangat, u/ bermain game yg ringan jg berasa hangat, apakah ini normal? Overall sih cukup puas dgn gawai ini, thanks

    • Herry SW says:

      Pak Kartono,

      Kondisi sinyal operator yang Anda gunakan gimana? Kalau tidak terlalu kuat dan stabil, hangat masih wajar sih.

  86. Bennydiharjo says:

    Ko. Apakah lenovo k4 note. Udah fast charging??berapa jam ngecharge.kalo saya ngecharge pake chargernya lenovo p70 yang 2 ampere.bisa ngerusak k4 note gak???
    Oh ya.koko udah pernah ngereviex sony smartwatch 3 gak??menurut koko worthed gak??
    Thx ko

    • Herry SW says:

      Pak Bennydiharjo,

      Tak tahu sudah fast charging atau belum. Charger bawaan sih bukan fast charger.

      Sekitar dua jam.

      Tidak merusak.

      Belum pernah. Tak tahu. Lha belum pernah coba.

  87. Kartono says:

    Sinyal selalu full pak, tp begitu dipakai kira2 15-20 menit maen game berasa hangat, apalagi kalo stlh maen game ada telepon masuk telinga sampe berasa panas, pdhl saya jg pake Sony Xperia M2 dual buat streaming ntn bola ga hangat sama sekali

    • Herry SW says:

      Pak Kartono,

      Oh, kalau hangat setelah 15-20 menit main game sih, menurut saya, masih normal. Yang nggak normal kalau telinga sampai panas.

  88. kristiandi says:

    Koh Herry, nanya seputar GPS lenovo K4 Note ini seberpa cepat lock nya? misal ditempat terbuka dan didalam ruangan atau saat kita dimobil.
    terimakasih

  89. Bennydiharjo says:

    Dear ko kalo saya ngecharge lenovo k4 note dngan charger lenovo p70 yang 2.ampere APA tidak merusak Honda yah

  90. Ays Anggraini says:

    Koh mau tanya ni, lenovo yang paling bagus kameranya apa ya? soalnya saya cari yang kameranya bagus, dan juga nggak lemot,
    sebenernya pengen beli mi 5, tp kata koh herry belum garansi resmi saya jadi mengurungkan niat untuk membelinya
    Terimakasih koh

  91. kristiandi says:

    Tambahan lagi koh, apakah GPSnya layak buat navigasi kalo touring? ntah itu motoran atau mobil. Trus menurut koh Herry sendiri rekomendari beli gawai ini di surabaya dmn ya?
    terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Krstiandi,

      GPS-nya baik-baik saja sih. Jadi, mau dipakai touring ya bisa-bisa saja.

      Cari di WTC dan Marina tho.

  92. ayu says:

    pak herry, apakah lenovo vibe k4 note ini cukup untuk kebutuhan bersosial media dan fotografi untuk olshop ?
    kemudian ponsel dari harga 3-3.5 jt yg overall bagus apa pak ?
    terimakasih ๐Ÿ™‚

    • Herry SW says:

      Bu Ayu,

      Sudah lumayan memadai.

      Namun, karena Anda memiliki kebutuhan foto-foto buat online shop, saran saya, mending beli Infinix Zero 3. Kameranya lebih bagus. Alternatif lain, yang baterainya lebih tahan lama tetapi kinerja kameranya di bawah Zero 3, Asus Zenfone Max. Dua ponsel itu harga resminya sama-sama Rp 2,599 juta.

      Di rentang harga Rp 3 juta sampai Rp 3,5 juta malahan agak kosong nih. Mesti naik atau turun.

  93. Reza RN says:

    Permisi Koh Herry, mau tanya, karena saya tertarik dengan pengalaman menggunakan VR, saya akan mencoba mencari ini di pasar. Saat ini harga di toko offline dan online masing2 berapa ya koh?
    Lalu, sesuai cerita koh Herry diatas, untuk memutar video selama 30 menit dgn memakai VR, terasa pusing gak koh? Untuk baterainya drastis berkurang atau tidak?
    Terimakasih koh HSW, ditunggu sarannya ๐Ÿ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Reza RN,

      Harga ritel resmi Rp 2,899 juta. Harga pasar sedikit di bawah itu.

      Pusing? Tidak sih. Baterai tidak berkurang drastis.

  94. Ardi says:

    Pak Herry, saya baru saja membeli K4 Note Jumat lalu (26-Mei-2016). Sebelumnya saya menggunakan Lenovo P780. Saya bukan pengguna yang luar biasa, yg penting basic function + WA/BBM lancar dan batre tahan lama.

    Incaran saya awalnya Xiaomi Redmi Note 3 Pro (yg pake Snapdragon itu loh), tapi karena lihat di GSMArena hasil fotonya kok bagusan K4, saya pilih K4 lagipula harganya lebih murah dan dengan adanya fitur fast charging batre 3000 mAh saya pikir sudah cukup.

    Namun ternyata ada masalah mendasar yang cukup mengganggu. K4 Note saya ini kok cepat panas ya. Saya gunakan menelpon, hanya 6 menit sudah terasa sangat panas di kuping jika dibandingkan P780. Begitu pula kalau digunakan untuk melihat YouTube. Yang lebih aneh lagi, digunakan untuk WhatsApp saja hpnya terasa hangat dalam genggaman.

    Saya tanya ke orang Lenovo, disarankan untuk mengupgrade firmware. Hal ini masih saya lakukan sekarang. Menurut orang tersebut ada kemungkinan sinyal yang buruk menyebabkan hp cepat panas karena terus mencari sinyal. Memang di area rumah saya, sinyal semua provider tidak ada yang bagus. Sinyal 3G saja susah dapetnya, apalagi 4G. Tapi kalo berinternet di rumah saya menggunakan wi-fi, harusnya K4 Note tidak menjadi panas karena mencari sinyal kan?

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      Untuk sementara, tersangka utamanya masih sinyal operator.

      Ketika Anda berinternet menggunakan koneksi Wi-Fi, nomor GSM di ponsel itu Anda biarkan siaga atau dimatikan? Kalau tetap siaga, ponsel tetap akan berusaha mendapatkan sinyal. Memang tidak seintensif kalau Anda berinternet via 3G/4G. Namun, tetap akan membuat ponsel bekerja lebih keras.

      Saran saya, masuklah ke menu pengaturan jaringan. Ubahlah mode jaringannya dari auto (2G, 3G, dan 4G) menjadi 3G/2G saja.

  95. Ardi says:

    Saya biarkan siaga sih Pak Herry. Nah, agak OOT nih, solusi kalo sinyal di sekitar rumah tinggal jelek itu gimana ya Pak? Kalau gak salah dulu ada yang jual penguat sinyal begitu. Kalo masang penguat itu, tetangga ikut untung gak ya? (Haha, ga mau rugi).

    Akhirnya ini selesai saya update ke Marshmallow, dan perubahannya sangat signifikan sih. Saya gunakan untuk YouTube, memang masih menghangat terutama di bagian sensor fingerprint tapi tidak sepanas saat masih pake Lollipop. Saya gunakan untuk stress test Antutu juga masih terasa hangat-hangat suam kuku lah ini, tidak sepanas sebelumnya. Saya gunakan untuk telpon juga dari kondisi agak hangat malah cenderung turun suhunya setelah dipake 5-10 menit. Tapi kalau dibandingkan P780 saya sih ya jauh, P780 adem terus, yang panas kupingnya karena radiasi + ditempelin device sementara kalo K4 ini panas dari device-nya.

    Kalo hasil camera K4 Note ini dibandingkan P1 Turbo bagaimana menurut Pak Herry? Salah satu faktor yang membuat saya mengambil K4Note ini awalnya karena di GSM Arena ya hasil kameranya di low light lebih bagus dari Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang MediaTek.

    Kamera bagus + batre besar + harga murah kayaknya pilihannya emang cuman Zenfone Max ya saat ini, Pak Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      1. Pemasangan penguat sinyal itu ilegal lho. Tetangga bukan mustahil justru rugi karena penerimaan sinyalnya jadi terganggu.

      2. Thanks infonya soal Vibe K4 Note setelah di-update ke Marshmallow.

      3. Hasil jepretan kamera Vibe K4 Note unggul tipis (tak terasa kalau tidak dilihat dengan cermat) dibandingkan Vive P1 Turbo.

      4. Ya. Kalau kriterianya seperti itu, ya jawabannya Zenfone Max.

  96. Adi says:

    ko herry,menyambung pertanyaan saya dua minggu yg lalu. selain lenovo vibe k4 note dan hisense pureshot ada lagi smartphone yg mengadopsi 4G di ke 2 slot kartunya. soalnya saya masih belum yakin dengan produk hisense. Tq

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      Banyak, Pak. Misalnya, ponsel Infinix. Silakan baca review saya satu per satu deh. Kalau ada keterangan yang intinya seperti di bawah ini, berarti ponsel itu mengadopsi 4G LTE di kedua selot kartunya. Tentu saja dua nomor tak bisa siaga di jaringan 4G LTE secara bersamaan ya. Harus bergantian.

      ——–
      Dua nomor dapat siaga bersamaan di . Pengguna bebas memilih akan berinternet menggunakan nomor di selot kartu SIM pertama atau kedua. Nomor yang aktif dipakai berinternet itu leluasa berkelana di jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.
      ———

  97. Ardi says:

    Maaf mau nambahin, ini dicharging sambil hidup aja handsetnya jadi anget… Saya tes maen game Plant vs Zombie 2, baru 5 menit sudah anget, ujung2nya di sensor fingerprintnya panas banget. Kalo lantas ada telpon masuk gak nyaman banget ini, panasnya hampir sama seperti kalo ke tukang cukur dicukur pake mesin tapi langsung kesentuh besinya, gak dikasih plastikannya. Padahal network 4G-nya sudah saya matikan, hanya nyala GSM saja.

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      Kalau di-charge sambil nyala ya wajar kalau hangat.

      Sampai saat ini “tersangka utama” yang saya duga masih sama: jaringan di lokasi Anda memakai ponsel itu tergolong lemah atau tidak stabil. Kalau masih galau, mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo deh.

  98. idur says:

    Pak Herry, saya mau minta rekomendasi untuk hp lenovo p1m. apakah ponsel tersebut layak dibeli?

  99. Anggraini says:

    Koh mau tanyak ni, hp yg bagus kameranya apa ya? Budget 5 juta

  100. ketrin says:

    Om herry kok pertanyaan saya ga pernah di jawab ya ๐Ÿ™

    Saya punya budget 3 juta saya pengen beli hp
    *yg baterainya awet dan ga cepat panas kalo di pakai game
    *dual sim bisa internetan,
    *ada slot memori card
    *usb otg,
    *kamera cukup bagus
    *ram min 2gb

    Tolong kasih referensu yg bagus om .. trimakasig

    • Herry SW says:

      Bu Ketrin,

      Termasuk yang sekarang, saya sudah tiga kali menjawab pertanyaan Anda. Silakan cek jawaban saya di tempat Anda mengetikkan pertanyaan itu.

      Tolong diperhatikan, pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang-ulang.

  101. Ardi says:

    Pak Herry,

    Hari Sabtu ini, tanggal 04-Juni-2016 saya ke servis centernya Lenovo yang di Kusuma Bangsa, Mitra Care ya. Dalam perjalanan, saya coba liat youtube, sejak di depan hotel Sahid mengarah ke Kusuma Bangsa. Sekitar 7,5 menit lah YouTube-nya jalan, handset sudah panas. Begitu masuk, karena masih kosong, langsung dapet tempat duduk tanpa mengambil nomor antrian. Dipegang oleh petugasnya di situ, langsung divonis ganti mesin. Wkwkwk

    Ternyata saya apes, beli dapet produk cacat karena saya kurang teliti waktu membeli, tidak mencoba dulu semua fitur yang ada. Begitu terlihat nyala semua, fitur2 penting bisa dipake langsung bungkus. Jadi sekedar berbagi saja sih ini, kalo beli sebaiknya dicoba dulu semuanya dengan durasi yang cukup lama, biar aman aja, karena toko biasanya mau mengganti unit baru kalo masih 1×24 jam. Sementara saya memang awalnya tidak langsung saya gunakan karena kartu saya belum bisa 4G. Beli Jumat, hari Senin baru ke Grapari dan baru Senin malam saya bisa coba gunakan untuk ini itu. Kamis balik ke toko yang jualan, dikiranya saya yang sensitif ama panas nyatanya handsetnya emang rusak dari sononya… wkwkwk.

    Terima kasih atas respon-responnya Pak Herry, tapi omong-omong di blog Anda ini kok gak pernah review flagship kenapa ya? Atau saya yang kelewatan? Secara saya kan baru nemu blog ini baru-baru aja.

      • Ardi says:

        Ditinggal Pak Herry,

        Makan waktu 3 mingguan katanya, wkwkwkwk. Tapi saya sudah berketetapan hati mau jual saja deh, rugi juga ga papa. Gantinya masih ngincer Redmi Note 3 Pro (nunggu yang resmi) biar bisa dibandingin ama Lenovo P1 Turbo. Kalo harga resmi masih murah Note 3 Pro ya maaf kalau saya pindah ke lain hati. Dulu masih jaman pake Win 6 saya pakai HTC, tapi sejak ada Android pindahnya ke Lenovo. Tapi Lenovo sekarang kok beranjak mahal, jadi ya cari yang lebih murah deh kalo nggak Galaxy S sekalin ya, wkwkwkwk.

        • Herry SW says:

          Pak Ardi,

          Tolong saya kelak di-update akhirnya selesai dalam berapa lama ya.

          • Ardi says:

            Siap Pak Herry! Selamat berhari Minggu.

          • Ardi says:

            Pak Herry,

            Hari ini, 22 Juni 2016 saya telpon ke Mitra Care Kusuma Bangsa untuk menanyakan apakah penggantian mesin Lenovo Vibe K4 Note saya sudah selesai, karena Sabtu nanti sudah tepat 3 minggu sesuai yang dijanjikan. Menurut mbak yang menerima telepon saya, pihak Mitra Care sudah mencoba menelepon ke nomor yang saya berikan tapi tidak ada jawaban, telepon sudah selesai diperbaiki. Dugaan saya tanggal 15 mereka sudah menelepon saya, karena itu terakhir kali saya menerima telepon dari nomor yang tidak tercantum di phone book saya. Yang saya sayangkan ya setelah gagal itu mereka tidak mencoba lagi mengontak saya dengan cara SMS atau mencoba lagi keesokan harinya.
            Saya ambil tadi sore, sekarang masih dalam proses dicoba2 lagi semua-nya. Harus update ulang ke Marshmallow. Nanti saya update lagi hasil coba-cobanya.

          • Herry SW says:

            Pak Ardi,

            Terima kasih atas informasinya.

  102. Wisnu says:

    Pak Herry, kl Lenovo K4 note dibandingkan dengan asus zenfone selfie bagus mana ya??

  103. Cepot says:

    Sore koh, itu di review Lenovo K4 note diatas kan ada keterangan “Saat masuk ke aneka aplikasi kemudian ingin mundur satu langkah, HSW tak harus menekan tombol back di bawah layar. Cukup sentuh atau tap sensor sidik jari satu kali. Sedangkan kalau ingin langsung kembali ke home screen, sentuh dan tahan sensor sidik jari tersebut.
    Usai mengoperasikan ponsel, lalu ingin memadamkan layar plus mengunci ponsel, HSW tidak perlu memencet tombol power. Cukup balikkan ponsel sampai layar menghadap ke bawah. Layar Vibe K4 Note bakal spontan padam dan terkunci. Praktis”.
    Tapi setelah saya coba di Lenovo K4 note saya ko tidak bisa ya. apa pengaturan khusunya dulu koh.
    mohon keterangannya, terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Cepot,

      Benar. Ada pengaturan yang harus dilakukan dulu. Saya sudah berpisah dengan Vibe K4 Note sehingga tak bisa mengecek menu detailnya. Cobalah mencarinya di dalam menu yang berhubungan dengan fingerprint.

      Di dalam menu itu, ada pilihan kalau Anda menyentuh sensor sidik jari dalam waktu agak lama, ponsel akan diinstruksikan melakukan hal apa. Sedangkan kalau sensor sidik jari disentuh singkat, ponsel akan diminta bereaksi apa.

  104. Hendra says:

    Pak Herry,
    Saya sebelumnya pakai Samsung Galaxy S3. Pengalaman pakai S3 saya sangat puas.
    Karna sekarang jamannya 4G, saya mau pindah ke Lenovo Vibe K4 Note ini.
    Mohon infonya, apakah user experince yang saya rasakan nanti akan turun atau tidak ?
    Saya ingin tahu dari sisi camera, GPS lock, ngetik pesan & suhu body smartphone.
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Kalau sebelumnya Anda memakai Galaxy S3, saat beralih ke Vibe K4 Note akan merasakan peningkatan untuk poin-poin yang Anda sebutkan.

  105. yogos says:

    malam pak Herry, mau tanya pak info user Lenovo ini cepat panas pak handphonenya, mohon info pak apakaha benar atau berbeda dengan type lenovo lainny ayg cepat panas pak. trims pak

    • Herry SW says:

      Pak Yogos,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi saat memakai Vibe K4 Note, pendapat itu tidak benar. Vibe K4 Note tidak mudah panas kok.

      Tidak semua ponsel Lenovo cepat panas. Contoh yang cepat panas, Lenovo K900.

  106. ibnu says:

    Pagi koh, berarti vibe k4 ini support semua jaringan lte di indonesia ya? HH selain vibe k4 yang support all operator apa ya koh selain sams*ng dan pur*shot terutama band lte 5 dan 40? Makasih koh.

    • Herry SW says:

      Pak Ibnu,

      Kalau mendukung band 5 sekaligus 40, selain seri Andromax dan Pureshot, tak banyak sih. Saya tak hafal satu per satu.

      Yang sering itu mendukung band 5 saja atau band 40 saja.

  107. Adrian says:

    Selamat pagi,

    Selain ponsel ini, apa ada ponsel lain yang dalam paket pembeliannya juga disertakan kacamata VR?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Adrian,

      Ada. Yaitu, Galaxy S7 Edge saat masa pre-order.

      • Ardi says:

        Gak ada rencana review S7 Edge Pak Herry? Menurut Pak Herry layak beli gak S7 Edge?

        Sebenernya mau nanya pas kmaren liat Pak Herry di WTC Surabaya, tapi sungkan jadi nanya di sini aja deh… wkwkwk.

        • Herry SW says:

          Pak Ardi,

          Tidak. Ngeri dengan harganya. Tak tahu layak beli atau tidak. Lha belum pernah uji pakai.

  108. Cepot says:

    Siang Pak Herry…
    sebelumnya makasih buat jawaban yang kemarin pak, ternyata memang ada pengaturan khususnya di menu fingerprintnya.
    tapi mau tanya satu lagi pak. untuk perangkat VR Vibe K4 Note ini. apa bisa semua jenis video di tonton menggunakan VR atau hanya yang yang berformat 3D saja pak?

    • Herry SW says:

      Pak Cepot,

      Ok. Berarti, soal fingerprint sudah beres ya.

      Video reguler tetap bisa ditonton pakai kacamata VR kok. Jangan lupa aktifkan dulu mode VR di ponsel.

  109. Rafly Fajar says:

    Pak Herry kapan nih review Hp xiaomi note 3? Hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Rafly Fajar,

      Belum ada rencana review Xiaomi Note 3 karena, setahu saya, Xiaomi belum mengeluarkan ponsel bernama Note 3.

  110. Cepot says:

    yupss fingerprint beres pak. berfungsi dengan baik. hehe
    makasih pak Herry.

  111. Rafly Fajar says:

    Maksudnya xiaomi redmi note 3 Pak

    • Herry SW says:

      Pak Rafly Fajar,

      Oh ok. Biasakan menuliskan tipe ponsel sesuai nama asli dari produsen ya, Pak.

  112. Agus says:

    Om mau tanya kl smartphone dengan merek tertulis di depan atau dimuka biasanya diatas layar, itu katanya lebih bagus dibanding smartphone yg mereknya hanya tertulis dibelakang, apa benar? Kl lenovo vibe k4 ini mereknya di belakang ya tidak seperti jenis lenovo yg lain, diatas layarnya tertulis merek lenovo?

    • Herry SW says:

      Pak Agus,

      Pendapat itu sangat tidak benar.

      Ya, tulisan Lenovo ada di sisi belakang Vibe K4 Note.

  113. Yusup says:

    Pak Herry, 2 pertanyaan:
    1. jika tdk memperhitungkan masalah VR, antara K4 Note dgn Vibe P1 Turbo, mana yg dipilih? Alasannya apa?
    2. Jika memperhitungkan antara harga yg dibayarkan dgn apa yg didapat, mana yg lbh worthed antara K4 Note dgn Vibe P1 Turbo? Kembali tnp memandang adanya VR.

  114. Yusup says:

    Pertanyaam tambahan:
    1. Ni sekarang sepertinya Lenovo Vibe Shot sdh turun harga smp 3.999.000. Mau pilih mn antara Vibe Shot, Vibe P1 Turbo ato K4 Note? Knp alasannya?
    2. Dr ketiganya, mn yg plg gegas?

    • Herry SW says:

      Pak Yusup,

      1. Kuncinya sederhana. Kalau mengutamakan kamera, pilih Vibe Shot. Kalau mengutamakan daya tahan baterai, pilih Vibe P1 Turbo.

      2. Vibe Shot dan Vibe P1 Turbo relatif imbang.

  115. maris says:

    Pak Herry, setelah saya baca review bapak, menurut bapak lebih bagus mana berdasarkan performa keseluruhan dan spek rata-rata dibandingkan dengan harganya:
    – Lenovo Vibe K4 Note atau Lenovo K5 Plus
    – Lenovo Vibe P1 Turbo atau Lenovo Vibe Shot

    Karna saya lihat harganya hampir sama untuk tiap dua rival di atas

    • Herry SW says:

      Bu Maris,

      1. Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba K5 Plus.
      2. Bergantung Anda mengutamakan faktor apa. Vibe P1 Turbo kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai atau Vibe Shot kalau Anda mengutamakan kinerja kamera.

  116. colis says:

    Pak herry,
    Saya masih galau antara lenovo vibe k4 note dan asus zenmax, bagus yg mana ya pak? Atau mungkin ada input lain smartphone dibawah 3 juta yg batre oke, kamera ok dan gk ngelag?

    • Herry SW says:

      Pak Colis,

      Asus Zenmax? Tak ada ponsel Asus bernama itu.

      Harga Rp 3 juta, baterai oke, kamera oke, dan tidak ngelag? Yang paling mendekati sih Asus Zenfone Max.

  117. Raditya Nirmala says:

    pak Herry,

    1. apabila saya punya k4 note ini yang belum ada fitur fast charging tapi ingin memiliki atau membeli charging yang fast charging apa tidak akan apa apa untuk ke ponsel tersebut ?

    saya bingung memilih antara Redmi Note 3 Pro yang belum resmi dengan k4 note yang sudah resmi tapi kalau dilihat dari spek saya pilih Redmi Note 3 Pro

    minta pendapat nya ya pak ? terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Raditya Nirmala,

      1. Intinya begini, asalkan Anda yakin ponsel Anda sudah mendukung fast charging, Anda boleh menggunakan fast charger merek lain. Tidak harus memakai charger bawaan.

      2. Redmi Note 3 Pro itu maksudnya Redmi Note 3 yang pakai prosesor Snapdragon kan? Sudah ada yang resmi kok. Saya belum tahu bagus tidaknya karena belum menguji pakai ponsel itu.

  118. freddi says:

    Om hsw, mau nanya perbandingan dengan xiaomi mi4i dengan lenovo k4 note ini secara keseluruhan lebih bagus mana om? Saya bingung mau ambil yang mana nih om,,,
    trima kasih sebelumnya

  119. Raditya Nirmala says:

    pak Herry,

    maksud bpk redmi note 3 yang kamera 16/5MP sudah ada yang resmi di indonesia ?

  120. gemamoch says:

    kalo menonton virtual reality di layar dg resolusi 1440p vs 1080p vs 720p apa perbedaannya signifikan?

  121. Hilman Mulya Nugraha says:

    Pak HSW,

    saya tertarik dengan Vibe K4 ini terutama karena VR, tapi melihat komentar kameranya tidak lebih bagus dari Pureshot, saya jadi urung, harga juga jadi pertimbangan

    Maklum saya dan istri pake pureshot (saya pureshot plus) jadi agak susah lepas

    Cuman kemarin-kemarin Smartfren hadirkan bundle dengan Vibe K5 Plus

    saya jadi tergoda juga,

    kira-kira layak beli ga yah itu Vibe K5 Plus

  122. Chandra says:

    Om Herry, apakah bisa pindahkan aplikasi yang di download dr Google Play K4 Note ke SD Card yang terpasang? Mengingat internalnya hanya 16 GB. Termasuk foto dan beberapa screen capture dari chating. Thx

    • Herry SW says:

      Pak Chandra,

      Tak tahu. Saya tidak memperhatikannya. Saya terbiasa menginstalasikan aplikasi di memori internal.

  123. Sonny says:

    Pak HSW,

    Numpang tanya,
    1. Antara Lenovo K4 dengan Lenovo P1 Turbo, mana yang cepet panas saat digunakan (menggunakan operator yg sama)?
    2. Apakah kedua seri tsb diatas support HML (untuk bisa melihat di TV LCD/LED?
    3. Joystick wireless merk apa yg kompatible dengan kedua seri tsb diatas?

    Terimakasih atas jawabannya

    • Herry SW says:

      Pak Sonny,

      1. Vibe K4 Note.

      2. Ini maksudnya dikoneksikan memakai kabel HDMI ya? Dua ponsel itu sama-sama tidak memiliki konektor HDMI.

      3. Tak tahu. Saya tak pernah mencobanya.

  124. Diar Raga Nata says:

    Pak herry

    Dari reviewnya menggiurkan banget,tapi untuk aftersales nya bagaimana ya?

    • Herry SW says:

      Pak Diar Raga Nata,

      Layanan pusat perbaikan resmi Lenovo saat ini sudah lebih baik daripada sebelumnya.

  125. Sonny says:

    Pak HSW,

    Akhirnya saya memilih P1 Turbo dengan pertimbangan yang ada. Hari ini dan beberapa hari mendatang ada demo VR Lenovo K4 di Plaza Marina (depan erafone), lumayan dapat gimmick dari lenovo bagi pengunjung yang mau mencoba VR.

  126. Naufal says:

    Selamat pagi
    Mau tanya pak,
    1.apakah wajar jika vibe k4 note hangat padahal hanya digunakan untuk foto sekitar 10 menit, dengan kondisi hp ada dalam airplane mode?
    2. Untuk daya tahan baterai di awal pembelian apakah masih cepat habis pak? Hp saya digunakan untuk line dan browsing, itupun jarang, hanya bertahan sekitar 10 jam, dan itu menggunakan wifi dengan kondisi internet dari sim tidak diaktifkan, dan terkadang walaupun dalam keadaan airplane mode, baterai bisa berkurang 10% dalam durasi 1.5 jam.. Apakah ada ketentuan berapa jam pengecasan di awal pak?
    3. Apakah aplikasi bukan bawaan hp bisa dipindahkan ke memori eksternal di hp ini? Kalau bisa gimana caranya ya pak? Saya masih belum nemu nemu caranya

    Terimakasih

    • Naufal says:

      Tambahan dari pertanyaan sebelumnya pak
      1. Baru coba dipake lagi hanya untuk line dan browsing tapi hp selalu hangat apalagi di bagian layarnya dan baterainya berkurang 5% tiap setengah jam, segit wajar ga pak? Kondisinya memakai wifi, koneksi data sim dimatikan, sudah mengaktifkan penghemat baterai, kecerahan layar minimum

    • Herry SW says:

      Pak Naufal,

      1. Kalau memotretnya banyak dan beruntun, masih wajar.

      2. Kinerja baterai ponsel biasanya baru optimal setelah di-charge 3-4 kali. Saya tak tahu seberapa boros Line karena tidak memakainya. Yang saya tahu, aplikasi itu tergolong berat. Kalau dalam mode airplane mode (berarti Line, Wi-Fi, dan segala koneksi lain padam) baterai berkurang 10% dalam 1,5 jam, rasanya tidak wajar.

      Untuk charging awal, tak ada ketentuan berapa jam. Yang penting charge-lah ponsel dalam kondisi padam sampai indikator baterai penuh. Setelah itu, silakan dicabut.

      3. Saya tak memperhatikan dan tak memedulikannya. Agar kinerjanya lebih optimal, saya selalu membiasakan diri menginstalasikan aplikasi tambahan di memori internal.

  127. raffasya says:

    nice review, mau tanya neh om..
    fitur cast screen nya ada gk?
    terima kasih.

  128. Michael Irfan says:

    selamat sore koh,saya mau tanya cara penggunaan antvr pada lenovo vibe k4 note itu bagaimana yaa?contoh=kalau sedang bermain game menggunakan antvr apakah kita harus memencet tombol di handphone untuk menggerakkan game tersebut atau dengan menggerakkan tubuh saja sudah langsung bisa bermain game?

    Terima kasih koh

    • Herry SW says:

      Pak Michael Irfan,

      Tergantung game-nya. Kalau game balap mobil, misalnya, pengguna cukup menggerakkan kepala untuk mengendalikan mobil.

      Untuk game yang mengharuskan pengguna menekan tombol, tentu akan sangat tidak nyaman bila pengguna diminta menekan tombol di ponsel. Solusinya, pengguna wajib menggunakan gamepad eksternal yang dikoneksikan ke ponsel via bluetooth.

  129. wisnu says:

    Kenapa Coneksi ke wifi selalu putus terus stelah masukan password wifi

    • Herry SW says:

      Pak Wisnu,

      Hanya terjadi saat akan terkoneksi ke satu hotspot atau sudah pindah-pindah tempat dan hasilnya selalu begitu?

  130. Bang Bill says:

    Tengah malam Pa Jerry SW…

    Dan sekali lagi review anda membuat saya makin penasaran dan gundah gulana tapi happy ending..hehehe, salut utk bapak!!
    Curhat yah Pak

    Awal cerita ingin pensiunkan iphone 4 16gb, beli waktu msh bujang dan sekarang dah berkeluarga, hampir 5tahun setia menemani walo 2tahun trakir jadi gawai kedua dan posisi digantikan sony xperia t2 ultra karna masalah speks-nya walo User experince-nya msh terbaik menurut saya.

    Sekarang mau minang HP dgn sensasi Full HD, dual simcard, range 2500k – 3500k dan ga bisa diselingkuhin sampai 3-4 tahun kedepan
    Liat iinfinix zero 3 trus baca review dr bpk dan udah dimasukin keranjang di lazada. Nah gara2 baca judul review yg bpk berikan utk Lenovo vibe k4 note…eh malah lebih suka sama si k4 note ini…all around user lebih ke entertaiment sih, feature lebih komplit, bisa nikmatin feature sidik jari trus ada VR plus dolby atmos-nya..walo semuanya dgn kualitas “wajar”.

    Memperdalam review ke gsm arena malah dpt tambahan adanya Wolfson audio codec, DAC didalam peralatan tempur yg biasa dipake komunitas audio antusias. Nge-tag “The Audio is clear but quiet”…yup kalo pake speaker HP tp menurut saya sensasi audio nya bakal kluar kalo pake speaker aktif ato headphone.
    Trus nge-tag “…getting a lot of bang for their buck” makin ingin meminang si vibe k4 note.
    Mudah-mudahan minggu depan dah bisa ijab kabul dan ga dapet produk yg bermasalah…amin

    Sekian dan semakin sukses selalu Pak

  131. Bang Bill says:

    Mohon maaf atas kesalahan penulisan nama bapak…maksud saya Herry SW kok malah jadi Jerry SW

    • Herry SW says:

      Pak Bang Bill,

      Siap. Kalau saya tidak membaca ralat ini, tadi komentar Anda takkan saya respons. Ha… ha… ha….

  132. raditya nirmala says:

    kapan nih review xiaomi redmi note 3 pro ? mau tau perbandingan nya dengan k4 note

  133. Tobah says:

    Pak Herry
    Kalau Lenovo vibe K5 plus bagus tidak…?
    Katanya juga bonus VR kalau beli..?
    Mengingat banyak komentar buruk tentang lenovo jadi takut membeli

  134. Michael Nanda says:

    Sore Koh Herry,
    Saya mau tanya, kalau Lenovo Vibe K4 Note dibanding LG K10 lebih worthed yang mana?
    Penggunannya untuk WA, Line, BBM, streaming, dan aplikasi berita online saja (sama sekali tidak dipakai untuk game).
    Karena lihat di WTC harga hampir” mirip cuma beda Lenovo Vibe K4 Note dapat ANTVR, RAM 3GB..
    Sedangkan LG K10 dapat FlipCover bawaan LG (entah Lenovo ada Flipcover yang serupa LG atau tidak).
    Apakah perbedaan RAM yang selisih 1GB (LG K10 cuma 2GB) berpengaruh banyak untuk kinerja sebuah android?
    Terima Kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Michael Nanda,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai K10.

      Paket penjualan Vibe K4 Note tidak termasuk flip cover.

      RAM 1 GB pasti berpengaruh. Seberapa besar? Bergantung manajemen firmware masing-masing pabrikan dan perilaku pemakaian.

      • Michael Nanda says:

        Terima Kasih Koh Herry untuk penjelasannya.
        Tapi saya ada pertanyaan lagi..
        1. Apa Koh Herry akan ada rencana untuk membuat review LG K10? Kalau test unitnya yang pasti saya ndak punya, karena saya juga masih ragu untuk meminang K10 atau Vibe K4 Note. Hehehe..
        2. Apakah untuk Firmware LG termasuk seperti Firmware dari pabrikan lain yang terkadang banyak menjejalkan bloatware dalam sistem operasinya?
        Terima Kasih.

        • Herry SW says:

          Pak Michael Nanda,

          1. Ingin sih, tetapi belum tahu kapan. Lha saya nggak pegang unitnya.

          2. Firmware bawaan LG termasuk minim bloatware.

  135. Rizal says:

    Review yang menarik koh herry.

    Kalau boleh tanya, apakah ada gadget dibawah 3 juta yang sudah bisa vr dan kameranya bagus selain Lenovo k4 note?

    • Herry SW says:

      Pak Rizal,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba VR memakai peranti dengan kriteria yang Anda sebutkan. Cek saja ketersediaan sensornya. Kalau ada sensor giroskop, mestinya bisa buat VR.

      • Rizal says:

        Terima Kasih Koh Herry.

        Apa boleh saya meminta saran? Lebih baik Lenovo Lemon 3 atau Lenovo K5 ? Karena dari segi body, keduanya hampir sama

  136. Hisyam Arieff HS says:

    Pak mau nanya nih ,, kan Lenovo Vibe K4 Note Support Smartfren , Itu cuma datanya aja / Bisa Telepon + SMS ?

    • Herry SW says:

      Pak Hisyam Arieff HS,

      Data saja.

      Kalau ingin telepon pakai Smartfren via Vibe K4 Note, berarti Anda perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dari Play Store. Berikutnya, mampir ke Galeri Smartfren untuk meminta aktivasi fitur VoLTE. Risiko melakukan hal ini, bukan mustahil Anda malahan jadi sama sekali tak bisa menggunakan nomor Smartfren di Vibe K4 Note.

      • Hisyam Arieff HS says:

        Ok Mantap pak pencerahannya ,

        Ada 1 Lagi nih pertanyaannya : Kalau di SIM 1 Pake Smartfren hanya Data saja , Dan di SIM 2 Pake Kartu GSM Data tidak digunakan hanyauntuk Telepon + SMS , aman2 saja tidak pak ?

        Terimakasih sebelumnya

  137. Rizky says:

    Permisi pak herry maaf bertanya oot dari hp ini

    1 : Di hp infinix zero 3 jika 1 kartu sim dipakai untuk Data internet, apakah kartu sim 1 nya bisa dipakai untuk telfon/sms?

    2 : pernahkah bapak mencoba memakai infinix zero 3 untuk waktu non stop? Bisa bertahan berapa jam?

    3 : apakah jika digunakan secara terus menerus suhu hp nya sampai panas atau hanya hangat saja?

    Terima Kasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Rizky,

      1. Bisa.

      2. Tak pernah berhenti diutak-atik sampai kehabisan baterai gitu ya? Jawabannya, tidak pernah.

      3. Karena poin 2 tak pernah saya lakukan, saya tak bisa menjawab pertanyaan ini.

  138. Adi says:

    Pak Herry,
    Apa ada rencana mereview lenovo vibe k5 plus? Sepertinya menarik, apalagi kemarin baru diluncurkan yang versi ram 3gb.
    Terimakasih

  139. Febriya says:

    Permisi Pak Herry,
    Review bapak soal kamera lenovo k4 note ini positif ya. Saya beli smartphone ini minggu lalu, saya uji kameranya dan saya kecewa berat. Kamera utamanya di kondisi cukup cahaya skalipun trkadang masih muncul noise dgn jumlah yang mngganggu mata. Kondisi low light lebih parah. Adanya flash tidak banyak membantu hehehehe. Akhirnya saya jual. Dan saya ganti dengan alcatel one touch flash 2. Menurut bapak keputusan saya tepat gak ya? Hehehe

    • Herry SW says:

      Bu Febriya,

      Flash 2 atau Flash Plus 2? Kalau Flash 2, salah langkah deh. Kalau Flash Plus 2, saya belum tahu karena ponsel itu baru akan saya coba mulai minggu depan.

  140. Valiant Puspo N. says:

    Maaf sedikit OOT Pak Herry,

    Kalau Lenovo Vibe K4 Note dengan Asus Zenfone 3 Max itu bagusan yang mana? (Secara keseluruhan)
    Oh iya, Asus Zenfone 3 Max itu udh beredar resmi di Indonesia blm?

    Terima Kasih Pak…

    • Herry SW says:

      Pak Valiant Puspo N.,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Zenfone 3 Max. Ponsel itu belum beredar di sini.

  141. Dika says:

    Selamat pagi..Pak Herry..
    Di lenovo K4 note punya saya pas buat streaming youtube dan buat game sebentar kok layar bagian atasnya cepat panas ya pak, tp layar bagian bawahnya baik2 sj, cuma dibagian atasnya..
    Itu knapa ya Pak..apa ini normal atau punya Bapak jg gitu ?
    Terima Kasih..

  142. Dika says:

    Sekitar 10-15 mnit Pak..
    Tp cuma bagian atas layar sj, yg bagian bawah fine2 sj..

  143. Dadjie says:

    malam koh herry,,, saya pengguna setia lenovo. rencana mau beli k4 note ini. dari pertanyaan” diatas,, banyak yang mengeluh soal cepat panasnya lenovo jenis ini. sebelumnya,,yang saya tau handphone yg cepat panas itu merek asus. apakah saya perlu khawatir akan hal ini?

    soal kamera yang banyak noise,,,saya ragu. sebab di lenovo a6000+ yg notabene berkamera 8mp saja,,noise masih dalam taraf “bisa diterima”. kalau grainy,,,wajar. rata2 hasil foto handphone ada graini di bagian background. terimakasih koh. sukses terus.

    • Herry SW says:

      Pak Dadjie,

      Menurut saya sih Vibe K4 Note tidak mudah panas. Namun, perilaku pemakaian dan kondisi jaringan di lokas pemakaian memang berpengaruh ya.

      Soal hasil kamera, silakan melihat contoh foto yang saya unggah di atas. Kalau Anda nilai masih oke, ya silakan ambil ponsel itu deh.

  144. farki says:

    pak, saya ada niat beli lenovo K4. cuman saya baca review infinix Hot s. kok tertarik.yang paling
    utama adalah: Resolusi layar, karena saya menyukai film.
    RAM 3. Berjaringan 4G. Penggunaan batrai minimal dari jam 13 jam.
    tlp dan berinternet ( sering tapi tidak lama), bergaransi resmi
    Untuk Infinix hot s memang belum lunch tapi. kalau Bagus nunggu juga OKlah.
    Trimakasih

  145. keke says:

    nih smartphone bisa dapat jatah update versi android terbaru terus om?

    oh ya, tau aplikasi yg bisa ngerubah suara saat telfon nggak om? ngrubah suara maksudnya gini. suara cewek bisa berbah jadi suara cowok dan sebaliknya

    kalaupun om tau tuh fitur ada di hp apa, menurutku kebanyakan di hp cina

    oh ya satu lagi, menurut om herry, bagus mana lenovo vibe k4 note sama samsung j5 2016. meskipun om belum coba yg samsung (mungkin).
    trimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Keke,

      Saya tak berani memastikan soal update firmware.

      Hmm… tak pernah cari. Dulu sih fitur menjadi fitur bawaan aneka ponsel Tiongkok dan merek lokal buatan Tiongkok. Namun, zaman masih feature phone ya, bukan smartphone.

      Tak tahu. Kalau tetap dipaksa menebak, Samsung seri J sih jangan berharap bagus. ๐Ÿ™‚

  146. Apollonius Kokoh says:

    Loh mau tanya ..kok tempat saya upgrade marshmellow jadi boros tak…solusi nya gmn

    • Herry SW says:

      Pak Apollonius Kokoh,

      Anda usai melakukan update dari Lollipop ke Marshmallow? Kalau iya, lakukan factory reset dulu satu kali.

  147. Apollonius Kokoh says:

    Koh mau tanya ..kok tempat saya upgrade marshmellow ,batre jadi boros yak…solusi nya gmn

    • Herry SW says:

      Pak Apollonius Kokoh,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan berulang-ulang seperti kali ini. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  148. Dadjie says:

    akirnya meminang lenovo k4 note juga. setelah dicoba,,

    KAMERA : cukup bagus menurut saya. noise sih maklum. lagian untuk gawai fitur komplit harga miring,,ya seginilah. mau serba super,,ada harga ada kualitas.

    KEGEGASAN : sama. cukup bagus. ga berat kok.

    SUHU : Ga segampang itu panasnya kok. malahan saya make kartu murah. sinyal ga stabil. hangat iya.

    BATRAI : lumayan tahan.

    overall puas lah makenya dengan harga yg segitu. fitur komplit. thx koh herry ulasanya.

  149. Natalia says:

    Pak , saya baru beli vibe k4 note , saya juga pengguna , smartfren , tpi saya bngung , signal smartfren nya suka tanda silang , kalo pas preferred network nya di ganti ke wcdma/gsm , trus nnt bru d blkin ke lte/wcdma/gsm , signal nya baru balik , tpi cma sebentar , trus ntar signal nya siang lg, itu apa ada kslahan setting yah pak ?

    • Herry SW says:

      Bu Natalia,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Kalau pengaturan jaringan Anda ubah ke WCDMA/GSM, ya pasti nomor Smartfren-nya takkan bisa dapat sinyal.

      Pasangkan nomor Smartfren di selot kartu SIM1, kemudian ubahlah pengaturan jaringan ke LTE only.

  150. Udik wijanarko says:

    Selamat sore koh herry, kenapa lenovo k4 note saya sering hang/ ga respon ya, mungkin ada pengaturan atau cara biar ga hang. Mohon pencerahannya. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Udik Wijanarko,

      Saya tak pernah mengalami hal itu saat memakai Vibe K4 Note.

      Apakah Anda menginstalasikan banyak aplikasi? Mungkinkah ada aplikasi yang tidak cocok dengan ponsel Anda?

  151. Akbar Boby says:

    Pak, apakah vibe K4 note ini sudah pakai vitur bisa disambungkan ke tv dengan kabel HDMI? Thc N4

  152. Agung says:

    mohon pencerahannya…
    fitur secure zone saya on-kan, pada saat lenovo K4 saya aktifkan keluar tulisan Switching to Open Zone dan membutuhkan waktu yang sangat lama sampai saat ini msh belum normal.
    pada saat hal ini terjadi saya tidak bisa mengakses fitur2 yang lain….
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Agung,

      Selama proses switching ponsel memang tak bisa dipakai. Proses peralihan tidak sangat cepat, tetapi seharusnya juga tidak terlalu lama.

      Kalau sudah melewati batas wajar (bermenit-menit belum selesai), coba mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo untuk dicek.

  153. Jason says:

    di salah satu respon bapak bilang vibe k4 note lebih unggul dari redmi 3 prime dalam hal apa selain siap lte??

  154. Jason says:

    Jadi lebih prefer ke Vibe K4 Note ya pak dari pada redmi 3 prime??namun apa layak beli dengan beda harga 400rb??Dana 3 jt (untuk saya sendiri)
    Terima kasih atas jawabannya

  155. Dimas Putera P says:

    Pak Herry,
    Bagaimana kualitas suara/speaker hp ini, jika dibanding dgn HTC One M7/M8 atau iPhone? Mungkin bpk pernah mencoba.
    Trima ksh.

  156. Wulan says:

    Koh,

    Kalau secara keseluruhan (tapi terutama kameranya) hehehe..
    mending mana lenovo vibe k4 ata experia M5 dual?

    Belum ada review mengenai xperia m5 dual ya koh?

    • Herry SW says:

      Bu Wulan,

      Tak tahu. Sebab:
      * Setahu saya tak ada ponsel bernama Experia M5 Dual.
      * Kalau yang Anda maksud ternyata Xperia M5 Dual, saya belu pernah mencoba ponsel itu.

  157. arion says:

    Hp kelas 2jutaan yang terbaik Untuk game APA ya koh

    • Herry SW says:

      Pak Arion,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Karena saya bukan gamer atau penggemar game, maaf, saya tak berani menjawab pertanyaan Anda. Khawatirnya harapan Anda berbeda jauh dengan saya.

  158. Rian says:

    Pak herry, untuk budget 1,5 jt an kira2 dapet ponsel yang layarnya tidak terlalu besar (max 5 inchi) merek apa ya? Mohon rekomendasinya

  159. susy says:

    Siang ko Herry,

    Saya berencana membeli gadget dengan budget dibawah 3jt, lebih mengutamakan ponsel multitasking, baterai awet, 4G, office. Kira-kira apa ya rekomendasi buat saya?

    Terimakasih. Sukses selalu.

    • Herry SW says:

      Bu Susy,

      Anggaran bisa ditambah jadi Rp 3,299 juta nggak? Kalau bisa, silakan beli Lenovo Vibe P1 Turbo.

      Kalau anggaran tak bisa ditambah, hmm… paling-paling beli Asus Zenfone 3 Max deh. Namun, kinerjanya di bawah Vibe P1 Turbo ya.

  160. Maman says:

    Koh soal NFC seberapa bagus performanya. Susah cari smartphone yang fiturnya lengkap termasuk NFC tapi harganya murah…

    • Herry SW says:

      Pak Maman,

      Saya sebatas mencoba NFC-nya jalan atau tidak. Setelah diketahui berfungsi, ya sudah. Tidak saya eksplorasi lebih mendalam.

  161. Susy says:

    siang ko Herry,

    Saya cocok dengan spesifikasi lenove vibe k4 note ini, tapi setelah membaca komentar me vs lenovo, saya jadi ragu, apa benar service centernya kurang bagus pelayanannya? Bagaimana dengan quality controlnya? Saya ingin handphone yang awet, tidak cepat rusak karna saya bukan type yang senang bergonta-ganti gadget. Terima kasih sebelumnya atas masukaanya.

    • Herry SW says:

      Bu Susy,

      Kualitas layanan pusat perbaikan resmi Lenovo saat ini sudah jauh lebih bagus daripada beberapa tahun silam. Pengendalian kualitas secara umum juga oke kok.

  162. Erwan says:

    Salam Hormat Pak Herry, Mohon informasi dan petunjuk tentang masalah saya baru beli Lenovo Vibe K4 Note ini
    1. bagaimana cara mensetting smartfren di lenovo vibe k4 note ini karena smartfren saya tidak bisa digunakan (di hp terdeteksi smartfren tapi sinyalnya silang) kartu smartfren saya adalah bawaan Andromax Qi sudah 4G yang biasa saya pakai sampai seminggu yg lalu karena HP jatuh dan mati. Mohon kalau ada link yang bisa membantu atau bapak sendiri bisa berkenan menjawab disini. saya domisili Banyuwangi jadi tidak ada galeri smartfren disini
    2.dan dengan posisi Sim Card 1 Smartfren dan Simcard 2 Indosat kenapa yg indosat tidak bisa digunakan data nya padahal sudah saya switch ke sim 2 datanya.
    Terima Kasih Sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Erwan,

      1. Pasangkan kartu Smartfren di selot SIM1, pilih nomor itu untuk berinternet, dan kuncilah di jaringan 4G LTE. Kalau tak mengetahui cara mengunci di jaringan 4G LTE, masuklah ke menu telepon, kemudian tekan *#*#4636#*#*. Berikutnya pilih “phone information”, geser layar ke bawah sampai menemukan “set preferred network type”, tekan tulisan di bawahnya, dan pilihlah “LTE only”.

      2. Ya memang begitu, Pak. Kalau Anda memasangkan kartu Smartfren dan Indosat, yang bisa dipakai untuk berinternet adalah nomor Smartfren. Lain halnya kalau Anda memasangkan, misalnya, Telkomsel dan Indosat. Anda lebih bebas memilih ingin berinternet memakai nomor yang mana.

  163. Erwan says:

    Pak Herry yang terhormat,
    Terima kasih atas responnya masalah Vibe K4 Note saya yang kemarin :
    1. saya tanyakan ke chat OL smartfren katanya banyuwangi belum kecover 4G keseluruhan (aneh padahal andromax Qi saya sudah mendetek 4G) jadi mungkin itu alasannya.
    2. ada lagi yang mau saya tanyakan apakah pada saat mengetes Lenovo vibe k4 note ini bapak sempat mencoba jack earphone nya ? karena dalam paket tidak ada earphone jadi saya pakai earphone sembarangan dan hasilnya ada tulisan “perangkat tidak mendukung” saya sudah mencoba berbagai macam earphone jack 3’5″ mm bahkan dihubungkan ke speaker dengan jack 3’5″ mm jg seperti itu suara tidak keluar. apakah kira2 ada solusinya pak.
    Terima kasih banyak atas responnya sekali lagi

    • Herry SW says:

      Pak Erwan,

      Saya sempat mencoba memasangkan earphone, tetapi hanya untuk mendengarkan siaran radio. Tidak ada notifikasi “perangkat tidak mendukung”.

      Coba tancapkan handsfree berkabel (bukan cuma earphone) bawaan ponsel lain, Pak.

  164. erwa says:

    Pak herry yang baik hati terima kasih selalu merespon pertanyaan saya benar pak saya pakai handsfree istri dari samsung dan oppo keluar suaranya pilih2 handsfree nih k4 note :(.
    Saat ini saya berada d surabaya dan dengan pengaturan yang diajarkan pak herry sebelumnya smartfren saya dapat sinyal full bar tapi tetap tidak bisa konek internet / data sama sekali padahal muncul gulisan 4g dan panah naik turun di pojokan sinyal saya cb pi g test dari menu*#*#4636#*#* hasilnya failed. Apakah ada yang perlu di setting lagi ? Apa kalau d bawa k galeri smartfren kira2 mau membantu masalah ini . Mengingat hp beli tidak bundling smartfren. Terima kasih banyak atas responya

    • Herry SW says:

      Pak Erwa,

      Oh ok.

      Kalau ternyata sinyal 4G sudah muncul, tetapi belum berhasil konek internet, coba bikin profil APN baru. Data yang perlu dimasukkan:
      * APN: smartfren4G
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

      Kalau masih gagal, silakan mampir ke Galeri Smartfren deh. Petugas di sana bersedia membantu kok.

  165. yosa says:

    pagi Ko Herry,
    bila dipasang kartu smartfren (sim1) dan telkomsel (sim2), apakah nomor smartfren bisa digunakan untuk telpon seperti biasa?

  166. Ai says:

    Pagi ko herry…
    1. Kalau mau nonton movie non-vr yang file subtitlenya terpisah itu gimana? Apakah saat diatur jadi vr subtitlenya mengikuti bentuk vr yang terbagi dua atau tidak?
    2. Apakah hpnya cukup gegas untuk multitasking? Saya cukup sering menggunakan office(word,excel, dan pdf) untuk keperluan blog
    3. Jika dalam ruangan yg kurang pencahayaan apakah foto kamera depannya tidak bagus?

    • Herry SW says:

      Bu Ai,

      1. Tak tahu. Kebetulan belum pernah menonton film dengan subtitle saat memakai Vibe K4 Note.

      2. Cukup gegas.

      3. Benar.

  167. Melisa says:

    Ko Herry, Gak semua game di google play bisa di mainkan dengan VR ya? saya coba beberapa game, pas diaplikasikan dengan VR kok gambar nya jd berbayang gitu.. padahal hp nya sudah mode VR.. gimana ya solusinya? terimakasih

  168. Fariz says:

    Ko Herry saya renca ingin membeli K4 Note ini, namun sebelumnya saya coba bergabung di grup K4 Note di Facebook banyak keluhan hasil foto kekuningan sehingga banyak yang melakukan kalibrasi. Apakah seperti itu hasil foto dengan flash nya?

    Kemudian pertanyaan kedua sampai dengan terakhir kali penggunaan apakah terjadi kendala pada gawai ini?
    Terimkasih koh

    • Herry SW says:

      Pak Fariz,

      Kebetulan saya jarang pakai lampu kilat saat memotret menggunakan ponsel. Barusan saya coba lihat, iya kalau pakai lampu kilat agak kekuningan.

      Tidak.

  169. sandi says:

    Ko Herry, balutan case k4 note ini bahannya metal atau plastik? lebih kuat mana dibandingkan dengan k5 plus?
    thanks ko

    • Herry SW says:

      Pak Sandi,

      Sisi belakangnya seingat saya bukan logam. Lebih kayak polikarbonat. Wah, nggak pernah saya uji kekuatan bodinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *