By

Review Lenovo Vibe K5 Plus: Dua Titik Nila di Sebelanga Susu

Akhirnya ada ponsel merek global dengan RAM 3 GB yang harga jual perdananya tidak lebih dari Rp 2,5 juta. Ponsel Android dual SIM itu mendukung layanan 4G LTE di frekuensi 850, 900, 1800, dan 2300 MHz. Dengan kata lain, ia siap dipakai menikmati layanan 4G LTE semua operator di Indonesia.

Ponsel tersebut juga dibekali fitur native VoLTE yang di Indonesia baru dikomersialisasikan oleh Smartfren. Manfaat nyata buat pengguna, mereka dapat bertelepon via nomor Smartfren tanpa perlu menginstalasikan aplikasi tambahan. Ponsel apa? Lenovo Vibe K5 Plus.

K5 Plus-1

Asal tahu, saat ini terdapat tiga ponsel Lenovo bernama mirip yang beredar resmi di Indonesia. Pertama, Vibe K5 Plus. Karena dibekali RAM 3 GB, sebutlah ia sebagai Vibe K5 Plus – RAM 3 GB. Ponsel itu memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 616 MSM8939 yang terdiri atas empat inti 1,5 GHz dan empat inti 1,2 GHz.

Vibe K5 Plus – RAM 3 GB hadir dengan layar IPS lima inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Dipadukan dengan aksesori tambahan, pengguna bisa menikmati sensasi virtual reality (VR). Harga ritel resminya Rp 2,499 juta.

Varian kedua juga bernama Vibe K5 Plus. Lebih tepatnya, Vibe K5 Plus – RAM 2 GB. Sebab, kapasitas RAM yang dibenamkan ke ponsel itu “hanya” 2 GB. Spesifikasi lainnya persis sama dengan Vibe K5 Plus – RAM 3 GB. Harga jualnya Rp 2,249 juta.

Ketiga alias terakhir, Vibe K5. Selaras dengan harganya yang paling murah, Rp 1,999 juta, spesifikasi ponsel ini paling renda. Ia memanfaatkan prosesor delapan inti Qualcomm Snapdragon 415 MSM8929 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 1,5 GHz dan empat inti 1,2 GHz.

Walaupun sama-sama lima inci, resolusi layar Vibe K5 lebih rendah ketimbang Vibe K5 Plus. Bukan full HD, melainkan HD 1.280 x 720 piksel saja. Ponsel dengan RAM 2 GB itu juga tidak mendukung fitur VR.

Ponsel varian manakah yang penulis alias HSW uji pakai? Hanya dengan membaca paragraf pertama ulasan ini, Anda pasti bisa langsung menebaknya. Ya, HSW menguji pakai Vibe K5 Plus – RAM 3 GB.

Penampakan fisik Vibe K5 Plus tergolong elegan dan kukuh. Bodi belakangnya terbuat dari alumunium. Sama sekali tidak terkesan murahan. Kualitas pengerjaan (build quality) bodi ponsel berdimensi 142 x 71 x 8,2 milimeter dan berat 142 gram itu sangat layak disebut prima.

K5 Plus-2

Konektor audio 3,5 milimeter dan micro USB terdapat di bagian atas ponsel. Sedangkan tombol volume dan power diletakkan di sisi kanan. Bila penutup bodi belakang Vibe K5 Plus dibuka, bakal terlihat dua selot kartu micro SIM, satu selot microSD, dan baterai berkapasitas 2.750 mAh yang mudah dilepas pasang.

Dua nomor dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas memilih hendak berinternet lewat nomor yang diselipkan di selot kartu SIM pertama atau kedua. Salah satunya, bergantung pengaturan yang dilakukan pengguna, leluasa berkelana di jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Khusus kala dipadukan dengan nomor Smartfren dan layanan VoLTE aktif, di bagian atas layar bakal muncul tulisan HD.

K5 Plus-20

Kamera utama Vibe K5 Plus dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera depan ponsel siap memproduksi foto lima megapiksel dan klip video HD 720p. Tidak ada fitur fokus otomatis maupun lampu kilat di kamera depan.

Ponsel bersistem operasi Android 5.1.1 Lollipop itu mendukung USB On-The-Go (USB OTG) dan Dolby Atmos. Wi-Fi, bluetooth, GPS, kompas, radio FM yang siarannya bisa direkam, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Vibe K5 Plus.

Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal mencapai 10,52 GB. Untuk memperbesar kapasitas penyimpanan file multimedia, pengguna tinggal memasangkan kartu microSD. Karena ponsel itu tidak menganut sistem hybrid, pemakaian kartu memori takkan menyunat selot kartu SIM.

Bagaimana kinerja umum Vibe K5 Plus? Enak digenggam dan selalu terasa gegas saat dioperasikan. Kompatibilitasnya terhadap layanan 4G LTE semua operator menjadi nilai jual utama ponsel itu.

Fitur Dolby Atmos yang tersedia di Vibe K5 Plus terasa faedahnya saat pengguna memainkan film atau memutar musik. Biarpun diperdengarkan via speaker, bukan earphone atau handsfree berkabel, suara yang keluar pantas diberi pujian.

Saat dipadukan dengan 4G LTE Telkomsel atau Smartfren, di tangan HSW baterai Vibe K5 Plus mampu bertahan sekitar 12 jam. Daya tahan baterai berkurang menjadi maksimal sepuluh jam bila HSW memanfaatkan 4G LTE XL.

Beralih ke kamera. Untuk menghasilkan foto yang bagus via Vibe K5 Plus, objek pemotretan idealnya tak bergerak. Tingkat pencahayaan di lokasi pemotretan juga harus sangat memadai. Sebab, sedikit saja kekurangan cahaya, kualitas foto yang dihasilkan ponsel itu bakal merosot signifikan.

Selain kamera, ada satu hal lain yang mengurangi kepuasan HSW. Bagian atas layar ponsel tersebut kurang peka. Hal itu amat terasa saat pengguna menyapukan jari dari bagian atas layar ke bawah untuk membuka baris notifikasi. Layar sering tidak merespons. Untuk memperbesar tingkat keberhasilan, pengguna sebaiknya memberikan sedikit tekanan kala mengusapkan jari di bagian atas layar ponsel.

Kesimpulan akhirnya, kamera yang tidak istimewa dan bagian atas layar yang kurang peka ibarat dua titik nila di sebelanga susu segar. Biarlah peribahasa mengatakan karena nila setitik rusak susu sebelanga. Buat HSW, kali ini sebelanga susu takkan dirusak oleh dua titik nila. Sederet hal menarik di Vibe K5 Plus tidak menjadi hancur berderai gara-gara dua poin sisi minus.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan kamera Vibe K5 Plus.

K5 Plus-3

K5 Plus-4

K5 Plus-5

K5 Plus-6

K5 Plus-7

K5 Plus-8

K5 Plus-9

K5 Plus-10

K5 Plus-11

K5 Plus-12

K5 Plus-13

K5 Plus-14

K5 Plus-15

K5 Plus-16

K5 Plus-17

K5 Plus-18

Satu foto berikut ini dijepret memakai kamera depan.

K5 Plus-19

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

K5 Plus-21

K5 Plus-22

K5 Plus-23

285 Responses to Review Lenovo Vibe K5 Plus: Dua Titik Nila di Sebelanga Susu

  1. Victor says:

    Waw ke Solo juga akhirnya ko Herry ?
    Foto pertama pasti di Warung Selat Mbak Lies. Sampai Pasar Gede, Ndoro Donker, komplit wis ke Solonya
    Dalam rangka apa tuh ?

  2. Dadjie says:

    siang koh Herry,,nanya koh,,perbedaan paling mencolok antara lenovo vibe k5 plus dibanding k4 note selain bahan body apa ya koh? Makasi koh

  3. Welly says:

    Apakah nantinya bs upgrade ke OS Android 7 alias Nougat?

  4. anton says:

    Dear pak Herry,
    Mohon rekomendasi untuk ponsel yang bisa digunakan smartfren LTE, baterainya awet, dengan penggunaan terbanyak sosial media saja. Harga jual maksimal 1,5 juta. Selain generasi Andrromax pak.

  5. al says:

    Pak HSW waktu dipakai menonton film atau game via VR terasa nyamankah? Ada NFC gak Pak? Slot micro sd maksimal cuma 32GB yg lain udah pada 128GB terasa kurang ya Pak?

    • Herry SW says:

      Pak Al,

      Kebetulan saya tak memiliki kacamata VR sehingga tidak mencoba kemampuan VR-nya.

      Tidak ada NFC.

      Buat saya sih 32 GB sudah memadai. Lha kartu microSD 16 GB pun masih sisa kok. Kebetulan saya bukan kolektor film.

  6. Dhani says:

    Om HSW, di ponsel ini ada fitur double tap to wake? Kalo dibanding redmi 3 prime resmi mending mana? Harga segitu cukup ok ya? Lg cari ponsel 5 inch yg nyaman dan batere awet tp tidak terlalu mahal. Sekarang rata2 ponsel yg ok ukuran 5,5 inch. Susah masuk kantong jeans.

    • Herry SW says:

      Pak Dhani,

      Tidak ada double tap to wake up.

      Tak tahu. Belum pernah uji pakai Redmi 3 Prime.

      Ya, dengan harga Rp 2,499 juta, Vibe K5 Plus – RAM 3 GB layak dibeli.

  7. Rama says:

    Di bandingkan dengan K4 note unggul mana Om??

  8. Ayu Putri says:

    Wow, kamera depannya boleh juga ya pak. Kalau kamera K5+ disandingkan dengan Flash Plus 2 bagusan mana ya?

    • Herry SW says:

      Bu Ayu Putri,

      Kameranya secara umum kurang bagus lho. Supaya hasil fotonya bagus, pencahayaan di lokasi pemotretan harus benar-benar prima.

      Kinerja kamera relatif imbang dengan Flash Plus 2.

      • Ayu Putri says:

        Oooh gitu pak. Kalau kamera relatif imbang berarti sama aja dong pak hasilnya

        Kalau overall bapak pilih mana antara K5+ dengan Flash Plus 2? Dari kamera, performa sampai ketahanan baterai

        • Herry SW says:

          Bu Ayu Putri,

          Ya.

          Kamera sih imbang. Ketahanan baterai lebih awet Flash Plus 2. Masalahnya, GPS ponsel itu kurang andal, padahal saya lumayan rutin mengandalkan GPS saat berada di luar kota. Jadi, saya memilih Vibe K5 Plus deh.

  9. Yudhi says:

    Masih Lollipop ya pak?
    Nantinya dapat jatah Marshmallow atau Nougat gak ya?
    Thanks ?

  10. eko puji says:

    kalo dibandingkan dgn lenovo k4 note lbh bagus mana pak?? dri segi kamera dan performa.karna dri segi harga hanya selisih sedikiylt.

  11. Fauzi says:

    Klo dibandingkan dengan Vibe K5 Note gimana pak?
    Dari segi harga juga tidak berbeda jauh

  12. Erik says:

    Antara Lenovo Vibe K5 Plus RAM 3 GB dengan Lenovo Vibe K4 Note bila dinilai secara keseluruhan, meliputi baik performa, fitur maupun kompatibilitas LTE, mana yang lebih direkomendasikan oleh Pak Herry?

    • Herry SW says:

      Pak Erik,

      Kompatibilitas LTE sih jelas menang Vibe K5 Plus. Sedangkan K4 Note unggul di fitur ketuk-ketuk layar dan sensor sidik jari.

      • Erik says:

        Saya sudah baca review Pak Herry untuk Lenovo Vibe K4 Note, disitu dikatakan bahwa K4 mampu bekerja di frekuensi LTE 850, 900, 1800 dan 2300 MHz. Jadi dalam segi apa K5 ini lebih unggul secara kompatibilitas? Maaf Pak Herry, saya masih bingung. Terima kasih untuk responsnya.

        • Herry SW says:

          Pak Erik,

          Vibe K4 Note saat dipadukan dengan Smartfren kadang pilih-pilih kartu. Kartu berwarna hitam lancar, sedangkan kartu berwarna merah kadang macet. Pengguna juga harus melakukan penguncian jaringan 4G LTE secara manual. Hal lain, ponsel itu belum mendukung native VoLTE sehingga pengguna harus menginstalasikan aplikasi tambahan Smart VoLTE saat akan bertelepon via Smartfren.

          Sementara itu, Vibe K5 Plus tidak pilih-pilih kartu. Kartu hitam maupun merah sama-sama lancar. Pengguna juga tak perlu melakukan penguncian 4G LTE only secara manual maupun menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE.

  13. diki says:

    Pak Herry,

    Kalau begitu tidak ada nila tentang suhu yang berlebihan ya?

    Oh iya, Judulnya kreatif 🙂

    Salam,
    diki

    • Herry SW says:

      Pak Diki,

      Ya. Bodi ponsel tidak panas kok. Kecuali, Anda pakai 4G LTE XL ya. Suhu ponsel lebih hangat daripada biasanya, tetapi itu pun tak sampai panas banget.

      • Tanto says:

        Kalo googling dengan keywords “K5 plus heat issued”, banyak yg complain soal panasnya di luar Indonesia….tp kalo make keywords “K5 plus masalah panas”, ga ada yg keluar:-P. Apakah edisi buat di Indo memang beda?

        • Herry SW says:

          Pak Tanto,

          Soal beda atau tidaknya, saya tak tahu. Yang pasti, Vibe K5 Plus bergaransi resmi dirakit di Indonesia, bukan di luar negeri.

  14. Tuxlin says:

    kameranya bisa dikatakan pas-pasan ya… Btw keren juga fotonya pas salto si depan laptop 😀

  15. dohny says:

    Kinerja secara umum lebih bagus mana dibanding K4 Note ?

    • Herry SW says:

      Pak Dohny,

      Kinerja umum sih berimbang.

      Vibe K5 Plus unggul di kompatibilitas 4G LTE, terutama saat dipadukan dengan Smartfren.
      Vibe K4 Note unggul di ketersediaan sensor sidik jari dan fitur ketuk-ketuk layar.

  16. Agung says:

    Selamat siang Pak Herry.
    Maaf saya mau nanya tp diluar tema.
    Dulu saya pakai xiaomi redmi 1S. Khusus aplikasi BBM, kadang saya harus buka dulu aplikasi tersebut baru bbm pada masuk. BBM tertutup sendiri setelah beberapa saat. Begitu terus. Setahun yang lalu saya ganti dengan Samsung Grand 2 Duos, dapat jatah handphone dari kantor. Saya sebenernya bukan penggemar Samsung. Saya berencana ganti handphone. Saya berniat membeli Xiaomi atau Lenovo. Tapi saya kuatir hal tersebut terulang. Apa ada pengaturan tersendiri Pak? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Agung,

      Untuk Xiaomi, kejadian seperti zaman dulu semakin jarang terjadi. Dulu pun sebenarnya ada solusinya kok. Aplikasi BBM-nya digembok dulu biar tidak tertutup.

  17. Lukmam says:

    Pak kalau di urutkan kualitas foto, jaringan, konektifitas, kinerja antara lenovo vibe k5+, asus zenfone max, hisense pureshot +. Pilih mana. Mau ganti hp, mohon masukannya.

    • Herry SW says:

      Pak Lukmam,

      Peringkat satu Pureshot Plus, lalu Vibe K5 Plus, baru Zenfone Max. Yang menjadi masalah, dengan harga yang tidak kunjung dikoreksi, untuk ukuran saat ini Pureshot Plus terasa mahal.

  18. kk Bakti says:

    pak herry,
    * secara keseluruhan bagus mana pak dibanding vibe k4 note?

    • Herry SW says:

      Pak Kk Bakti,

      Saya lebih suka Vibe K4 Note. Ketersediaan sensor sidik jari dan fitur ketuk-ketuk layar sangat bermanfaat. Namun, Vibe K5 Plus harus diakui lebih nyaman dikantongi.

  19. rere restie says:

    iya ko bnr 2 titik nila itu, tp kl bwt saya yg paling bermasalah dikamera’a,, kl pencahayaan bagus memang hasil kamera memuaskan tp kl malam gelap, flash pun ta membatu hasil kamera’a, yg saya mau tanya, salahkah kl saya melepas vibe k5 plus dan mengganti’a dgn asus zenfone selfie? lbh bgs mana ko diantara kedua ponsel tsb? makasih

    • Herry SW says:

      Bu Rere Restie,

      Ternyata penilaian Anda kompak dengan saya ya. 🙂

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Zenfone Selfie.

  20. asa says:

    Lenovo Vibe K5 Plus versus Infinix Zero 3 secara kamera;baterai; n gegas ?

  21. Bank says:

    Lagi liburan jogja jateng om?

  22. Reno says:

    Dari Solo ya pak ?

  23. Amaris says:

    Wah Pak Herry lagi main ke solo ya? Sepertinya itu nyicip selat Mbak Lies, ke tawangmangu, hutan pinus dan markobar ya? Harusnya cobain juga sate mbok galak di daerah sumber…

    Masalah kamera apakah seburuk itu y? Kalo diadu dengan Infinix Zero 3 bagaimana? Terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Pak Amaris,

      Ke Solo-nya pertengahan Agustus kok.

      Ya, ke Mbak Lies, hutan pinus di dekat kebun buah, dan Markobar. Saya tidak ke Tawangmangu, melainkan ke Ndoro Donker yang memang ke arah sana.

      Wah, malahan baru dengar soal Sate Mbok Galak nih.

      Kalau kameranya diadu dengan Zero 3, ya jelas kalah telak.

  24. Boby says:

    Setelah ini review ap lagi ya Koh?
    Btw, terima kasih ide saya di review sebelumnya di approve.
    Satu lagi, kenapa setiap yang terakhir comment dan belum dijawab, emailnya terlihat oleh siapapun dikotak conment? Silahkan Koh Herry coba di gawai ya..
    Terima kasih dan sukses selalu buat Koh Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Boby,

      Rencananya mau mengulas merek baru: Kata.

      Ehmm… usulan Anda yang mana ya?

      Soal email terlihat oleh siapa pun di kotak komentar, barusan saya coba tidak terlihat tuh. Sejak kapan hal itu terjadi?

      • Boby says:

        Ada rencana mengulas hp advan yang digadang2 hp lokal terbaik yang kualitas kameranya setara iphone?
        Ide saya yang tentang sinyal handphone Koh Herry, coba Koh Herry lihat lagi di review sebelum ini(Wiko).
        Untuk masalah email terlihat, sangat sering,untuk membalas ini pun terlihat email orang lain.. Atau mungkin karena saya pakai Opera mini ya??

        • Herry SW says:

          Pak Boby,

          Kalau ada yang mengirimkannya kepada saya, ponsel Advan itu akan saya review. Namun, kalau harus beli sendiri, nggak deh. Dijual setengah harga pun belum tentu ada yang mau beli. 🙂

          Oh ok.

          Entah ada hubungannya dengan Opera Mini atau tidak.

          • Erik says:

            Betul Pak Herry, saya juga mengalami hal yang serupa dengan Pak Bony walaupun tak sama persis. Sebelumnya saya sudah mengirim pertanyaan, dan setelah klik post comment tidak ada keterangan bahwa komentar saya sedang dimoderasi, malah yang tampil adalah daftar komentar yang sedang menunggu moderasi termasuk email pengirim komentar, dimana pertanyaan saya tidak tercantum. Bahkan saya sampai bertanya dua kali, tapi untung diedit oleh Pak Herry.
            Saya rasa tidak ada hubungannya dengan browser, saya sendiri saat ini menggunakan Chrome.
            Ini Pak saya coba, saya komentar dengan nama saya tapi maaf mencantumkan email komentar sebelum saya sebagai bukti.
            Maaf komentar saya panjang.

          • Herry SW says:

            Pak Erik,

            Lho… daftar komentar yang menunggu moderasi juga muncul? Waduh kok bisa ya. #bingung

            Kasus tampilnya email lain itu terjadi sejak kapan, Pak?

          • Erik says:

            Ups, maaf typo, maksud saya Pak Boby.

          • Erik says:

            Kalau saya sejak posting pertanyaan pertama saya hari ini, sekitar pukul 11.00 kalau tidak salah dan masih terus terjadi sampai saat ini, Pak Herry.

          • Herry SW says:

            Pak Erik,

            Sudah coba clear cache data browser? Bagaimana hasilnya?

          • Erik says:

            Masih Pak Herry, komentar dan alamat email Pak Bram (pb*****@*****.com) di bawah masih tampak walaupun sudah clear cache.

          • Herry SW says:

            Pak Erik,

            Barusan theme blog saya ganti untuk sementara waktu. Coba lakukan clear cache lagi. Masalah yang sama apakah masih muncul? Asli saya jadi penasaran nih.

          • Erik says:

            Sudah tidak tampak lagi, Pak Herry. Saya tidak tahu apakah hal ini karena penggantian theme blog atau karena saat ini sedang tidak ada komentar yang menunggu moderasi. Semoga masalah sudah terpecahkan.
            Sukses selalu, Pak Herry.

          • Herry SW says:

            Pak Erik,

            Terima kasih atas update-nya.

  25. andreas ramadhan says:

    Selamat siang pak Herry..
    Akhirnya keluar juga reviewnya..
    Apa benar dapat bonus vr glasses + controller pak?

    • Herry SW says:

      Pak Andreas Ramadhan,

      Ya, paket penjualan ada yang termasuk dua item itu. Ada pula penjual yang mematok harga lebih rendah, tetapi tidak menyertakan dua aksesori tersebut. Mereka menjualnya terpisah.

  26. Bukan pengguna OPPO says:

    Di banding k4 note tingkat kegegasan sama kameranya gimana pak…

    • Herry SW says:

      Pak Bukan Pengguna Oppo (walah… cantumkan nama asli dong),

      Kegegasan relatif imbang. Soal kamera, saya merasa kamera Vibe K4 Note sedikit lebih baik.

  27. Baghus says:

    Pak Herry, maaf menyimpang, Asus Zenfone Max kan memang kurang gegas, tapi ketika os diupdate ke Marshmallow atau bahkan Nougat apakah akan menjadi lebih gegas pak? Terima kasih

  28. Dimas says:

    Koh Herry SW, nila kedua yang layar bagian atas kurang peka terasa mengganggu banget gak? Apa selalu kejadian setiap kali atau kadang-kadang aja Koh? Saya suka banget baca review dari Koh Herry SW, selalu saya tunggu 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Dimas,

      Kalau cara Anda menyapukan jari sama seperti kala Anda melakukannya di ponsel lain, maka aktivitas Anda menarik baris notifikasi akan sering sekali gagal.

      Jadi, khusus di Vibe K5 Plus, lakukan jurus yang agak berbeda. Berikan sedikit tekanan. Alternatif lain, tetapi menyapukan jari dengan ringan, tetapi titik awal sapuannya harus lebih atas. Dengan melakukan hal itu, tingkat keberhasilan bakal jauh lebih tinggi. Nyaris selalu berhasil.

  29. Andri says:

    Pak, maaf kalau oot. Diharga kisaran 3.5 juta pas dan kamera menjadi sektor utama yang diperhatikan, apakah lenovo vibe shot masih layak untuk dibeli? Yang kameranya setara atau (kalau ada) lebih baik dari vibe shot diharga 3.5 juta hp apa ya pak herry? Trims

    • Herry SW says:

      Pak Andri,

      Ya, masih layak beli. Di rentang harga segitu sih Vibe Shot masih pilihan terbaik. Alternatif lain, cari LG G4 bekas.

      • Andri says:

        Kalau Lenovo vibe shot disandingkan dengan samsung galaxy note 4 bekas gimana ya pak? Oh ya, kan bapak kemarin pergi ke acara launching zenfone 3 tuh, apa bapak dapat zen3 gratis seperti launching zen2 tahun lalu?

  30. Oki says:

    k5+ support ga untuk kartu smartfren di kedua simcardnya, maksudnya yg satu buat telp ygvsatu buat data

  31. Bram says:

    saya sudah beli pak herry dengan harga 2,2jt tapi yg ram 2gb tanpa bonus vr overvall cukup memuaskan

  32. komea miehet says:

    maap koh… kenapa komentar aye di artikel wiko gak nongol ye…??? apa ada hal-hal yang gak berkenan di hati koh herry, so komentar aye gak ditampilin…??? kalo iye, mungkin akan lebih baik kalo koh herry menyebutkan apa aja aturan-aturan untuk menuliskan komentar di blog koh herry. tapi sebelum ada penjelasan dari koh herry, aye berusaha untuk berbaik sangka. di artikel ini, aye mo bertanya lagi.

    maap oot… dari hasil browsing, banyak yang bilang kalo redmi note 3 ntu hasil jepretan kameranya kurang bagus. nah karna aye termasuk orang yang awam banget kalo soal yang begonoan, aye mo nanya nih sama koh herry. beberapa hari yang lalu, aye nyoba motret-motret make aplikasi kamera pihak ketiga (alias BUKAN aplikasi kamera bawaan redmi note 3. aye berharap banget, koh herry bersedia meluangkan waktu untuk mengecek photonya, apa ada perbedaan hasilnya…??? sekedar info: photonya gak ada yang diedit sama sekali en maap ukuran filenya terbilang besar karna aye make ukuran 4k. oie ni die linknya:

    http://www.mediafire.com/download/v299v2fi4sct8cr/IMG_20160831_102323.jpg

    • Herry SW says:

      Pak Komea Miehet,

      Saya tak ingat satu per satu komentar yang masuk. Namun, saya sangat yakin, dalam lima hari terakhir hanya ada dua kelompok komentar yang saya hapus:
      1. Isi pertanyaan atau komentarnya sama, tetapi dikirimkan lebih dari satu kali.
      2. Numpang beriklan. Ini ada beberapa. Mulai jual iPad, ponsel, dll.

      Karena penasaran, barusan saya coba melakukan pencarian dengan kata kunci “komea miehet”. Hasilnya, tidak ada tuh. Hanya ada komentar ini saja.

      Foto Anda barusan saya lihat. Wow… bagus. Itu pakai aplikasi apa? Pengaturan apa saja yang Anda lakukan, baik sebelum maupun setelah memotret?

  33. komea miehet says:

    ^_^ sebelumnya aye ucapin terima kasih karna koh herry dah bersedia ngeluangin waktu buat ngecek photonya. oie apa ntu artinya memang ada perbedaannya ye…??? aye make aplikasi kamera oppo yang dah dimodif, GAK perlu diroot buat nginstallnya. sebenernya kalo soal pengaturan motret-motret aye asal-asal aja, maklum seperti yang aye bilang sebelumnya, aye ntu termasuk orang yang awam banget kalo soal motret-motret. seinget aye, untuk motret photonya, aye make plugin HDpicture, ISO 100, ukuran 4k, trus aye pilih pilihan 50 mega pixel.

    ^_^ sekali lagi aye ucapin terima kasih. semoga Tuhan yang sebenernya Tuhan, membalas kebaikan koh herry karna dah bersedia ngeluangin waktu buat ngecek photonya

    • Herry SW says:

      Pak Komea Miehet,

      Iya, ada perbedaan hasil. Terima kasih atas penjelasannya. Sekarang sudah jelas deh. Berarti, aplikasi itu melakukan pengolahan software sehingga hasil fotonya lebih maknyus.

  34. Jason says:

    Pak KATA bknny merek lama??

    • Herry SW says:

      Pak Jason,

      Beberapa tahun lalu Kata sempat muncul sebentar di Jakarta. Namun, kemudian menghilang.

      Kini Kata hadir lagi dengan manajemen yang benar-benar baru.

  35. Tjandra says:

    Dear ko herry

    Mohon tanya, utk k5 plus ini apakah harus diisi dgn smartfen?

    Kalau hp di harga 2.5jtan itu apakah ada saran yg lbh rekomended drpd k5 plus, tp jgn asus (bad experience sm asus)? Fitur lbh ke camera dan baterei dgn penggunaan utk social media dan chat saja.

    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Tjandra,

      Vibe K5 Plus tidak harus dipadukan dengan nomor Smartfren. Sama sekali tidak diisi Smartfren pun bisa kok.

      Hmm… berarti cari yang kamera bagus dan baterai awet ya? Ada Asus Zenfone Max. Namun, ponsel itu tidak segegas Vibe K5 Plus dan ternyata Anda tak mau Asus ya.

  36. Ren says:

    Ko Herry,
    Ditunggu ulasan Redmi 3 Prime nya ya..
    Hehe..

  37. Dohny says:

    Maaf pak Hery, OOT, bisa direkomendasikan online shop part HP dalam negeri yg jual baterai tanam lenovo vibeshot, saya sudah coba googling tapi belum ketemu..masa garansi sdh habis dan saya di Kalteng yang ga ada SC Lenovo.. terima kasih

  38. Ignatius Tanoto says:

    Pak Herry,

    1) Vibe K5 Plus vs Zenfone Max, harganya sama, pilih mana?
    2) Ndoro Donker apakah semacam resort/ villa yang disewakan untuk umum?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Ignatius Tanoto,

      1. Kalau Anda mengutamakan kegegasan dan kompatibilitas LTE, ambil Vibe K5 Plus. Kalau Anda menomorsatukan kamera dan daya tahan baterai, ambil Zenfone Max.

      2. Ndoro Donker itu kafe/restoran di area kebun teh. Tidak ada vilanya.

  39. Tepy says:

    @Pak Komea Miehet
    aplikasi kamera yang dipakai namanya apa ya??Downloadnya dimana?Bisa minta link downloadnya?

  40. Jason says:

    Pak herry klo di lihat dari bentuk dan spesifikasinya mirip dengan Lenovo Lemon 3 yg muncul di internet ya??Atau memang ponsel yg sama dengan perubahan nama??

    Lalu emg ad rumah terbalik di Solo pak??terima kasih

  41. Aldyan says:

    Pak, rata-rata mereview handphone berapa lama?

    • Herry SW says:

      Pak Aldyan,

      Tergantung seberapa tinggi spesifikasi ponselnya.

      Dengan asumsi saya tidak sedang ke luar kota atau sibuk urusan lain, rata-rata perlu waktu satu minggu.

  42. pembaca utama says:

    Peforma Lenovo K5 Plus sama Flash Plus 2 lebih bagus mana pak?

    • Herry SW says:

      Pak Pembaca Utama,

      Plus minus sih. GPS lebih oke Vibe K5 Plus, sedangkan daya tahan baterai lebih unggul Flash Plus 2. Faktor-faktor lain relatif imbang.

  43. liat2aja says:

    Pak usul untuk review hp dual SIM ditunjukkan halaman dialer dan smsnya, contoh seperti LG G4 saya metoda mengganti kartu Master dan Slave sangat merepotkan. Harusnya ada pilihan sim 1 dan 2 saat dial/send sms, always ask atau set master dan slave. Sementara untuk LG G4 saya pakai aplikasi “True Phone Dialer” dari Hamster Beat (bukan promosi, free with ad) ternyata bisa untuk telepon ada pilihan dial dgn SIM 1/2 maupun di set contact tertentu pasti dial dengan kartu tertentu

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      Terima kasih atas usulannya. Namun, maaf, kemungkinan takkan saya realisasikan. Sebab, hal itu akan membuat lampiran screen capture terlalu banyak.

      Soal metode mengganti kartu, kalau saya justru lebih menyukai ala ponsel LG G4. Buat saya malahan terasa lebih praktis.

      • liat2aja says:

        Baik tidak apa-apa pak, hanya sekadar usul saja.

        Ya, buat saya metoda master/slave seperti LG G4 sangat mengganggu. Kebetulan saya pakai dua sim pada hp tsb: Kartu Halo yg merupakan nomor utama saya dan saya bagikan ke umum dan nomor XL yg merupakan nomor kedua saya biasanya untuk menghubungi keluarga dan nomor-nomor selain Tsel. Sering kejadian saya kelupaan mengganti kartu utama ke Kartu Halo sehingga ketika menelpon penerima telepon kebingungan.

        Sementara dengan aplikasi yg saya sebut cukup baik (baru pakai sekitar seminggu) saat menelpon saya bisa memilih nomor yg mau dipakai. Untuk sms saya selalu arahkan pakai Kartu Halo saya. Uniknya dengan dialer tersebut, biarpun saya terakhir memakai kartu XL untuk telepon, nomor utama SMS tidak berubah kecuali saya ubah dari menu bawaan LG

  44. rizka says:

    kira2 yg mengalami layar kurang sensitif itu semua atau hanya sebagian aja pak ? pernah coba compare dgn k5 plus yg lain ?

    mau nanya juga soal zenfone 2 laser ze500kl kok sekarang ada unit dgn embel2 lite ya pak ? prosesornya disunat jadi 1 ghz . tapi harganya 1,7 jtaan
    tapi saya cek di web asus gak ada penjelasan 🙁

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Rizka,

      Kebetulan ada satu teman yang juga memakai Vibe K5 Plus. Kondisinya sama dengan yang saya gunakan. Bagian atas layar kurang sensitif saat saya menyapukan jari untuk memunculkan baris notifikasi.

      Soal ZE500KL, yang prosesor 1,2 GHz telah diskontinyu. Jadi, sekarang yang beredar prosesor 1 GHz. Namanya tidak berubah, tetap Zenfone 2 Laser. Kode tipenya pun tetap ZE500KL. Namun, untuk membedakan dengan stok lama, kadang pemilik toko memberikan embel-embel “New” atau “Lite”.

      Di situs Asus tercantum kok. Silakan coba masuk ke https://www.asus.com/Phone/ZenFone-2-Laser-ZE500KL/specifications/ kemudian cermati bagian CPU. Ada dua macam kan.

  45. samuel sappa says:

    mau tanya pak
    soal support semua semua operator di bandingkan dengan pureshot apakah sama ?
    kemudian jika saya menggunakan smartfren volte jika saya tidak mendapatkan sinyal 4g smartfren apakah no sf bisa di hubungi

    • Herry SW says:

      Pak Samuel Sappa,

      4G LTE-nya sama.

      Bedanya, Pureshot juga mendukung CDMA, sedangkan Vibe K5 Plus tidak.

      Soal Smartfren VoLTE, saya tak pernah mengalami kondisi dengan skenario seperti itu.

  46. Dimas says:

    Pak Herry,

    Minta saranya Pak

    1. Pak Saya sdg mencari ponsel dgn fitur 4G LTE di hrg dibawah 1 juta, kira2 ponsel apa yah yg plg recomended menurut Pak Herry?

    2. Dan apa yg menarik dr ponsel pilihan Bpk tsb (kecuali fitur 4G LTEnya) dgn ponsel 4G LTE di hrg dibawah 1 juta yg lain?

    3. Dan kekuranganya jg jgn lupa disebutkan yah Pak.

    Saya tdk memiliki kriteria khusus dlm hal ini, pasalnya dgn budget segitu mau ngarepin ponsel yg kyk gmn sih? Yg penting dgn budget itu Saya bs mendapatkan ponsel berbekal 4G LTE dan plg unggul dr yg lain di kelasnya

    Dan sblmnya jg Saya minta maaf krn komentar yg Saya lontarkan sangat melenceng dr topik diatas

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Dimas,

      1. Andromax E2+. Harga Rp 999 ribu.

      2. RAM-nya 2 GB. Ponsel 4G LTE lain di kisaran harga sama cuma dibekali RAM 1 GB.

      3. 4G LTE-nya hanya bisa dipadukan dengan Smartfren.

  47. Dhimas says:

    Pak Herry,

    Minta saranya Pak

    1. Pak Saya sdg mencari ponsel dgn fitur 4G LTE di hrg dibawah 1 juta, kira2 ponsel apa yah yg plg recomended menurut Pak Herry?

    2. Dan apa yg menarik dr ponsel pilihan Bpk tsb (kecuali fitur 4G LTEnya) dgn ponsel 4G LTE di hrg dibawah 1 juta yg lain?

    3. Dan kekuranganya jg jgn lupa disebutkan yah Pak.

    Saya tdk memiliki kriteria khusus dlm hal ini, pasalnya dgn budget segitu mau ngarepin ponsel yg kyk gmn sih? Yg penting dgn budget itu Saya bs mendapatkan ponsel berbekal 4G LTE dan plg unggul dr yg lain di kelasnya

    Dan sblmnya jg Saya minta maaf krn komentar yg Saya lontarkan sangat melenceng dr topik diatas

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Dhimas,

      Pertanyaan yang sama lain kali tolong dikirimkan satu kali saja ya. Silakan cek jawaban saya di atas.

  48. Rizkimuzaka says:

    Ko, hp seneng yang harganya 3,5jt, yang bagus apa Ko herry?

  49. Rizkimuzaka says:

    Yang second maksutnya ko herry?

  50. Iwan says:

    Pak Herry,

    Lenovo Vibe K5 Plus ini bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro (garansi resmi) lebih gegas mana?
    Dan secara keseluruhan P. Herry lebih merekomendasikan yang mana diantara mereka?

    Thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Iwan,

      Relatif imbang. Vibe K5 Plus unggul tipis.

      Vibe K5 Plus. Sebab, nggak usah bingung cari cara unlock 4G-nya.

  51. Archiee says:

    Wah fitur tap nya gak ada yah, padahal lagi nyari upgrade dari Lenovo a7000 nih.

  52. Putri says:

    Ko, untuk hal kamera, lebih andal mana antara xiaomi note 3 pro atau lenovo k5+ ?

  53. nur aini says:

    Pak HSW..sy mau nanya,tlong di bantu kasih saran donk?..mau beli hp android kondisi second/baru dg Dana Max 2,8jt.tips nya hp apa ya??dg spesifikasi antra lain:body premium(mewah),layar jernih+sensor sdik jari fingerprint,batrei gk boros,kamera sip diutamakan kmera dpn nya bagus,koneksi jaringan/wifi super cepat,dan CPU gak mudah panas?? Sorry banyak tanya pak??

    • Herry SW says:

      Bu Nur Aini,

      Dengan kriteria sebanyak itu, nggak ada deh yang bisa dibawa pulang dengan anggaran Rp 2,8 juta. Minimal Anda harus menyediakan dana mendekati Rp 7 juta.

  54. Indra says:

    Pak Herry.. Maaf oot pak, butuh saran nih mau beli hp android kondisi baru dgn dana 5juta. menginginkan hp dgn spesifikasi 5 inchi an (tapi jangan 5.5 inchi karna terlalu besar) yg menggunakan chipset snapdragon , Ram 3gb , kamera bagus , ada fingerprint dan fast charging. Kira2 ada rekomendasi tidak pak?

    Terima kasih pak Herry.

  55. MbahTarno says:

    Koh herry,untuk hasil jepretan kamera dan kegegasannya kalo dibandingkan dengan xiaomi redmi note 3 pro gimana koh? Kalo untuk kompatibilitas redmi note 3 kan udah kalah,secara di lock 4G nya

    • Herry SW says:

      Pak MbahTarno,

      Kamera: Vibe K5 Plus lebih unggul.
      Kegegasan: relatif imbang. Kalau dicermati banget, Vibe K5 Plus unggul tipis.

      Btw, yang saya coba Vibe K5 Plus dengan RAM 3 GB ya. Varian lain mungkin beda hasil.

  56. Indra says:

    Pak Herry, Maaf oot.. butuh saran nih saya mau beli hp android kondisi baru dengan dana 5 juta. Spesifikasinya: Layar jernih 5 inchi an ( tapi jgn 5.5 inchi karna terlalu besar ) chipsetnya menggunakan snapdragon , Ram 3 Gb , kamera bagus , Ada fingerprint dan fast charging. kira kira rekomendasi Pak herry apa?
    Terimakasih.

  57. Putri says:

    Maksud saya xiaomi redmi note 3 pro sama lenovo k5+ untuk masalah kamera bagus mana..??

  58. Qashmal says:

    Dear pak Herry SW
    Sebelumnya maaf Oot pak
    1 setengah tahun yang lalu atas rekomendasi pak herry sw, saya membeli lg g2, dan memang saya sangat puas dengan performanya. Namun kali ini saya berminat menggantinya, salah satu plhan adalah infinix zero 3, pertanyaanya
    1. Kemampuan infinix zero 3 dalam mengunci lokasi di GPS bagaimana pak?termasuk cepat? Selain itu mungkin bila bpk masih ingat, bila dibandingkan dengan lg g2 bagaiamana?
    2 kameranya dibandingkan dengan lg g2 lebih bagusan mana ya pak?
    3. Atau pak herry punya rekomendasi lain di rentang 3 sampai 4 jutaan pak ? Jujur vibe shot terasa kurang bagi saya pak, terutama di keluaran speakernya.
    Harga Lg g3 ( Ram 3 Gb) saya dengar sudah menyentuh 3 jutaan ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Qashmal,

      1. Mengunci lokasinya sih cepat. Lebih cepat daripada G2. Namun, saat saya menguji pakai Zero 3, ada bug yang telah saya ceritakan di naskah review. Berikut saya copy paste-kan:

      —–
      Kedua, GPS Zero 3 kurang andal dipakai bernavigasi. Lokasi yang telah terkunci kadangkala mendadak lepas. Pergerakan kendaraan bermotor juga sering terlambat diperbarui. Jedanya 1-2 detik atau sekitar 40 meter. Walaupun hanya terlihat sedikit, tetapi praktiknya sangat merepotkan saat pengguna mengandalkan ponsel untuk mengarah ke lokasi tertentu yang kurang dikenali. Instruksi belok kanan di persimpangan, contohnya, baru muncul setelah pengguna melewati persimpangan yang dimaksud.

      Sebaliknya, bila pengguna diam di satu titik lalu ingin mengetahui lokasinya saat itu, GPS Zero 3 masih sangat layak diandalkan. Penguncian lokasi tergolong cepat dan akurat. Pengguna cuma perlu menunggu beberapa detik.

      Ketiga alias terakhir, entah mengapa, Zero 3 selalu gagal memesan transportasi via aplikasi Uber. Setiap kali HSW memesan Uber, beberapa detik setelah proses requesting, selalu muncul notifikasi There was an error processing your request. If this continues, please reach out to support@uber.com.

      Tidak akurnya Zero 3 dengan aplikasi Uber hanya terjadi pada proses pemesanan. Kalau HSW memesan Uber via ponsel lain dulu, Zero 3 selanjutnya lancar dipakai memantau pergerakan mobil yang menjemput, perjalanan ke lokasi tujuan, hingga memberikan penilaian kepada pengemudi Uber.
      —-

      Soal penguncian lepas, saya tak tahu sekarang sudah sembuh atau belum. Sebab, saya sudah berpisah dengan Zero 3. Kalau terkait gagal pesan Uber, sejak ada pembaruan firmware, masalah itu sudah hilang total.

      2. Lebih bagus kamera Zero 3.

      3. Di rentang segitu saya cuma punya rekomendasi Vibe Shot nih. Kalau kameranya hanya tergolong lumayan apakah mau? Kalau mau, ada Lenovo Vibe P1 Turbo.

      Iya, G3 dengan RAM 3 GB sudah menyentuh Rp 3,x juta. Namun, G3 sudah nggak menarik lho.

  59. rizafa says:

    Koh.. Xiaomi Redmi 3 prime bakalan direview kah? Oya utk ponsel2 outdoor yg tahan banting batre besar sdh ada review blm? Kmdian merk powerbank yang recommended apa ya koh? Hrga kisaran berapa?
    Hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Rizafa,

      Iya. Masih antre dulu.

      Belum ada. Lha belum ada merek global yang beredar lagi.

      Anggaran Anda buat power bank berapa dulu nih?

      • rizafa says:

        Maksimal harga 400an ribu koh utk anggaran power bank nya.. Ada tidak koh?

        • Herry SW says:

          Pak Rizafa,

          Oh, kalau anggaran Anda segitu, longgar deh. Anda bisa melirik power bank merek (saya urutkan abjad) Asus, Aukey, Energizer, MiLi, Xiaomi, dan Yoobao. Kalau mau merek lokal, ada Delcell yang boleh dibeli.

  60. jaiko says:

    om Herry, apakah ponsel ini masih tetap “bengal” seperti lenovo terdahulu, yaitu default penyimpanan untuk aplikasi dll bisa dipindah manual ke microSD?
    mengingat kapasitas 16 gb yang terbilang sangat pas2an untuk kondisi sekarang…

    • Herry SW says:

      Pak Jaiko,

      Terus terang saya tidak memperhatikan. Saya terbiasa menginstalasikan aplikasi tambahan di memori internal.

  61. Anna says:

    Pak Herry, software apa yg bisa digunakan di hp yg seperti gps di mobil? Dan kalau yang membawa hp itu bergerak, kita juga bisa melihat pergerakannya.

  62. Valiant Puspo N. says:

    Pak Herry,

    Ada niatan buat review Xiaomi Redmi 3 Prime gk? =D

  63. Dhimas says:

    Pak Herry,

    Saya tampaknya koq krg suka yah dgn ponsel yg menggunakan CDMA sbg layanan operatornya, Alasanya tdk lain adl sinyal yg blm merata di tkp Saya dan jelas tdk bisa menggunakan kartu GSM krn ponsel itu CDMA, It’s ok lah klo di tkp Saya sdh ada 4G LTE Smartfren, Lah klo yg tersedia cuma 3G? Atau parahnya lagi cuma ada 2G? Gimana donk?

    Kasih pilihan lain lah Pak Herry, Walaupun pesaingnya cma dibekali RAM 1GB pun no problem bwt Saya asalkan bs menikmati 4G LTE semua operator (GSM) dan tentunya paling unggul speknya di kasta ponsel 4G LTE kelas 1 juta kebawah (RAM 1GB)

    Dan Saya mohon maaf apabila di komentar Saya yg pertama, Saya mengirim komentar yg sama persis dgn komentar sblmya, Hal itu dikarenakan komentar yg sdh Saya send pertama tdk muncul di blog Bpk, Karena itu Saya memposting ulang komentar Saya, Yg (saya kira) tdk terkirim ke kolom komentar, Mohon atas pengertianya Pak Herry, Klo Saya blh saran, Klo ada komentar double dan isinya sama persis hapus saja salah satunya Pak, Krn kemungkinan besar hal itu disebabkan olh ketidak sengajaan para pembaca setia blog Ponselmu.com

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Dhimas,

      1. Di mana dulu ada CDMA Smartfren, seharusnya saat ini sudah ada 4G LTE Smartfren. Jadi, mestinya tak perlu risau lagi.

      2. Kalau tetap memaksakan pilihan lain, ya Lenovo A2010. Namun, menurut saya, kinerja umumnya tidak sebagus Andromax E2+.

      3. Ok sip. Double post kadang-kadang sengaja saya loloskan disertai “peringatan” dengan tujuan sekaligus mengingatkan pembaca lain. Saya setuju dengan Anda. Kemungkinan besar hal itu terjadi karena tidak sengaja.

      Namun, ada juga lho pengirim pertanyaan yang tidak sabaran. Pertanyaannya belum dijawab dalam sepuluh menit, eh… langsung kirim ulang lagi. Begitu seterusnya. Jadi, saat saya mengeceknya, wow… ada banyak banget pertanyaan sama dari orang yang sama. 🙂

  64. Ryan says:

    Mantap ini salah 1 review yang saya tunggu Pak Herry.

    Kalau boleh request perbandingannya dengan redmi 3 prime yg sudah dijual resmi di erafone itu dong pak? Lihat harga dan spesifikasinya kan rival banget tu.

    Oh ya saya sempet bertemu dengan Pak Herry di hotel

    • Herry SW says:

      Pak Ryan,

      Masalahnya, saya belum pernah uji pakai Redmi 3 Prime.

      Ehmm… yang ketemu di hotel mana ya? Maaf, saya lupa.

  65. Ari says:

    Halo koh, maaf mau tanya OOT postingan ini.

    Saya mencari Lumia yang sudah 4G LTE. Saya harapannya bisa dapat dirange harga 1-2 jutaan. Apakah ada rekomendasi? Mungkin yang paling murah/best buy.

    Terima kasih.

  66. Cahyo says:

    Pak, ada rekomendasi ponsel 4G di bawah Rp 1 juta tidak? Terima kasih.

  67. Umar subhi says:

    Pak herry.
    Maaf OOT. Dikisaran harga relatif tidak jauh berbeda. Apakah ada yang sebanding dengan hisense pureshot ?
    Kira kira hp apa saja ?
    Terima kasih banyak.

  68. Iwan says:

    Pak Herry,

    Berdasarkan pengalaman Pak Herry dalam menggunakan Android, peningkatan RAM dari 2GB ke 3GB apakah berpengaruh signifikan thd kegegasan HP tsb?

  69. ari says:

    Harganya lebih murah dari ponsel tiongkok lainya..jadi ragu sama kualitasnya
    Terutama kamera dan build qualitynya
    Wajar kalo gak masuk 5 besar ponsel dunia

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Konsumen Indonesia memang unik. Kalau harganya tinggi dibilang kemahalan, kalau harganya relatif terjangkau dibilang khawatir dengan kualitasnya.

  70. Ryan says:

    Di neo hotel yogyakarta pak. Waktu Pak Herry sedang sarapan. Hehe. Ternyata kalau bertemu langsung Pak Herry orangnya ramah.

    Belum ada rencana untuk review redmi 3 prime pak?

  71. Andre says:

    Koh, vibe k5 plus vs xiaomi note 3 resmi bagus yg mana ya dri segi kamera dan kegagasannya?? Xiaomi note 3 bisa 4G semartfren kan koh?? Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Andre,

      Xiaomi belum pernah mengeluarkan ponsel dengan tipe Note 3. Jadi, jawabannya otomatis lebih bagus Vibe K5 Plus deh.

  72. Nuraini says:

    Pak Herry untuk komentar bapak,dari Hp android infinix zero 3, lenovo vibe k4 note,asus zenfone max,asus zenfone 2 laser,flash plus 2,xiomi red mi note 3 pro.Hisense pure shot? Untuk keunggulan kinerja lebih dapat mana?? Urutkn ya? Trim’s…

    • Herry SW says:

      Bu Nuraini,

      Maaf baru balas karena saya barusan pulang dari luar kota.

      Tidak ada ponsel bermerek Xiomi. Jadi, saya coret duluan ya.

      Kalau diurutkan mulai yang terbaik dan tanpa memedulikan harga jual: Infinix Zero 3, Hisense Pureshot, Asus Zenfone 2 Laser, Lenovo Vibe K4 Note, Flash Plus 2, dan Asus Zenfone Max.

  73. kk bakti says:

    Pak herry,
    * Ada rencana review asus zenfone 3 sama LG V20 kalo masuk indonesia pak?

    * utk asus zenfone 2 laser varian baru yg prosessor nya beda itu gegas ga pak? Jangan-jangan performanya jadi menurun..

  74. Bagus says:

    Permisi pak. Saya mau tanya. Untuk kisaran harga +- 2,5 jt lebih baik mana performa antara mi4i, redmi note 3 pro, atau lenovo vibe k5 plus ?

    • Herry SW says:

      Pak Bagus,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Secara umum Lenovo Vibe K5 Plus dengan RAM 3 GB paling baik.

  75. fadli says:

    Pak herry, tolong dong review samsung galaxy a5 2016 ….hp nya sangat menggiurkan

  76. Ignatius Tanoto says:

    Pak Herry,
    Maaf OOT..
    1) Cuma mau komen : “koq sekarang Asus (Zenfone3) harganya kurang merakyat ya?”
    2) Mau tanya : apakah Pak Herry sudah pegang2 Asus Zenfone3 ZE520KL (5,2inch)? Kalau sudah, bagaimana kesan pertamanya?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Ignatius Tanoto,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      1. He… he… ini mestinya ditanyakan kepada petinggi Asus.

      2. Sudah. Bagus sih.

  77. Nining says:

    Dear Pak Herry,

    Secara keseluruhan, antara Andromax R2 dengan K5+ 3GB RAM, lebih baik yang mana?

    Terima kasih atas jawabannya.

    • Herry SW says:

      Bu Nining,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Kamera lebih bagus Andromax R2. Selain satu faktor itu, Vibe K5 Plus dengan RAM 3 GB menjadi pemenang.

  78. Sholahuddin says:

    Koh Herry, dengan rentang harga yang sama, pilih mana antara Vibe K5 plus dengan LG K10?

    • Herry SW says:

      Pak Sholahuddin,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai K10.

  79. topan says:

    Om aku mau cari hp baterai besar, tapi hpnya mudah dikantongi, dan juga 4g. Kira kira ada gak ya?

    • Herry SW says:

      Pak Topan,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Asus Zenfone Max. Cukup bongsor sih. Namun, masih lumayan enak dikantongi.

  80. Michael Gunawan says:

    Salam hormat Pak HSW, saya ingin bertanya sedikit : HP apa dengan budget sekitar 2,5 juta yang kamera nya bagus pak? Selain itu harus LTE dan Dual SIm

    Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih banyak

    • Herry SW says:

      Pak Michael Gunawan,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Ada Infinix Zero 3 yang dibanderol Rp 2,599 juta.

  81. ilham says:

    pak herry saya ada budget 1.2jtan bagusnya hp apa ya, pnginnya yg udah 4g layar 5inch. apa lenovo vibe c cukup bagus atau ada rekomendasi hp lain mnurut bpk trmksh

    • Herry SW says:

      Pak Ilham,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Dengan kriteria seperti itu, saya belum ada rekomendasi. Saya belum pernah mencoba Vibe C.

  82. kayra says:

    pak herry hp rekomended yg ga gede2 amat apa pak, ukuran dibawah 5inc harga 2jt an kamera bagus

  83. Yudi kurniawan s says:

    Halo pak hsw
    Sehat2 kan pak?
    Pak lenovo vibe k5 plus kok lebih murah dari pada lenovo vibe k4 ya di pasaran harga bekas nya.
    Tadi saya iseng 2 liat di situs jual beli barang bekas.
    Lenovo vibr k5 plus ram 3 harga 1,9 garansi panjang. Sedang kab lenovo vibe k4 hrg bekas nya 2,4.
    Memang lebih recomend yg vibe k4 ya. Di dlm daya tahan batrei dan kenyaman nan di pakai utk gps. Kalau foto2 saya kurang suka.
    Daya tahan batrei ke dua ponsel itu di banding pureshot gimana om?
    Gps nya juga gimana di banding purrshot?
    Garansi resmi nya lenovo gimana om?
    Makasi byk om

    • Herry SW says:

      Pak Yudi Kurniawan,

      Lha harga ritel resmi Vibe K5 Plus kan juga lebih murah daripada Vibe K4 Note. Jadi, wajar deh. Apalagi, sampai saat ini respons pasar terhadap Vibe K5 Plus saya pantau tidak seheboh seperti ketika Vibe K4 Note memasuki pasar.

      Saya lebih condong ke Vibe K4 Note. Daya tahan baterai dan kinerja GPS sih relatif berimbang. Namun, Vibe K4 Note dibekali sensor sidik jari dan fitur ketuk-ketuk layar yang buat saya sangat berguna.

      Dibandingkan Pureshot, daya tahan baterai relatif imbang. Demikian pula GPS-nya.

      Garansi resmi Lenovo sudah membaik dibandingkan dulu.

  84. you says:

    OOT nih
    Batere Samsung note 7 meledak maksudnya gmn ya? Cepet hamil (kembung) kah?

    • Herry SW says:

      Pak You,

      Bukan hamil/kembung, tetapi terbakar, Pak. Silakan cari beritanya via Google dengan kata kunci “note 7 meledak”. Banyak banget deh beritanya.

  85. topan says:

    Om kira kira nih hp layak gak untuk dibeli atau masih ada yang lebih bagus

  86. Lukman says:

    Pak Herry

    Maaf OOT, mau nanya nih, Xiaomi Mi Band 2 sudah resmi di Indo apa blm ya? Kira-kira yg di tokopedia itu ori ga ya pak?

  87. Harry says:

    Dengan harga 2.5jt ram 3gb internal 16gb . mending ambil Xiaomi mi note layar full HD 5.7inch ram 3internal 64 dengan harga sama

    http://www.phonearena.com/phones/compare/Lenovo-Vibe-K5-Plus,Xiaomi-Mi-Note/phones/9976,9097

  88. Reagan says:

    Hallo Pak Herry SW yg saya hormati,

    Kamera yg kurang memuaskan, apakah bisa disamakan dengan kamera Lenovo vibe P1 Turbo yg tanpa image stabilizer ?

    Layar yg tidak sensitif saya selalu alami di seri P1 Turbo, tetapi saya belakangan baru tahu kalau tempered glass murahan yg saya pakai penyebabnya karena banyak noda minyak menempel. Apakah ada kemungkinan sebabnya sama ?

    Terima Kasih pak Herry SW. Semoga kesehatan dan rezeki senantiasa berlimpah bagi anda dan keluarga.

    • Herry SW says:

      Pak Reagan,

      Hasil jepretan foto lebih bagus Vibe P1 Turbo.

      Benar, penggunaan tempered glass murahan bisa membuat layar tidak sensitif. Demikian pula pemakaian screen protector biasa yang terlalu tebal. Dalam kasus uji pakai Vibe K5 Plus yang saya lakukan, penyebabnya pasti bukan itu. Ketika layar dibiarkan telanjang pun bagian atas layar kurang sensitif kok.

      Amin. Terima kasih atas doanya.

  89. seto says:

    Pak hsw

    Apakah koment saya masuk di review lenovo k5 plus

  90. alfan says:

    pak harry, aplikasi apa saja yang boleh dihapus di lenovo k5 plus ini, yg tdk akan membuat hp error.. terimakasih

  91. topan says:

    Maaf OOT, kira kira hp oppo layak gak dibeli?

  92. Bara says:

    Pak Herry,

    Utk Lenovo K5 Plus ini apakah nomer smartfren dapat digunakan di sim 2 ? Dikarenakan saya ingin menggunakan sim 1 utk GSM
    Dan bila bisa digunakan di sim 2 apakah dapat digunakan utk menelpon / ditelpon via cdma ?

    Makasih sebelumnya pak Herry.

  93. bayuharfianto says:

    Pak herry,

    Lenovo K5 Plus (versi 2gb) vs Nexus 5 unggul mana ya pak ? mohon sarannya, terimakasih

  94. Eko says:

    Untuk after sales, lebih baik lenovo atau xiaomi om herry?

    Untuk range harga yg sama, apakah ada rekomendasi ponsel lain?

  95. henda says:

    siang pak HSW,

    pertanyaan klasik pak, after sale untuk lenovo bagaimana pak? apa seperti Sony, atau samsung? kalau di beri poin 1-10 , di poin brp?

    • Herry SW says:

      Pak Henda,

      Cukup bagus. Membaik signifikan dibandingkan beberapa tahun lalu.

      Lebih bagus dari Sony, tetapi belum sebagus Samsung, apalagi LG. Ehmm… dapat nilai 6 atau 7 gitu deh.

  96. Ferdy says:

    Kalau sama Andromax r2 bagus mana Om?

  97. evan says:

    pagi pak…tolong di bantu untuk pilihan saya ram 3gb dengan kualitas kamera, gps, baterai, ketahanan banting antara k5+ ram 3gb – vibe k4. dan apakah dual sim ke dua hp diatas bisa cdma4g + gsm 4g atau punya rekomendasi yang lain.
    terimakasih pak..harapan sehat bersama keluarga. amin

    • Herry SW says:

      Pak Evan,

      Karena ada unsur kamera, berarti mending Vibe K4 Note daripada Vibe K5 Plus – RAM 3 GB.

      Dua ponsel di atas tidak mendukung layanan CDMA. Kalau yang Anda maksud ternyata 4G LTE Smartfren, keduanya kompatibel dengan 4G LTE Smartfren. Vibe K5 Plus memiliki keunggulan di kemudahan pengaturan saat Anda padukan dengan 4G LTE Smartfren.

  98. Wira says:

    Saran nya pa badget 2.5 jt hp apa ya. Mau nya sih vibe k5 free VR soal nya design nya keren ?. Sama oppo a37 . klo oppo color os nya cantik ?

    • Herry SW says:

      Pak Wira,

      Saya belum pernah mencoba Vibe K5. Yang pernah saya coba Vibe K5 Plus – RAM 3 GB.

      Oppo? Ponsel itu mending dicoret deh. Jangan beli Oppo.

  99. Valen says:

    Ko herry mau nanya. Secara keseluruhan lebih baik k5 plus (3gb), k4 note, atau xiaomi mi 4i ya? Terimakasih

  100. Marcello says:

    Siang koh,

    Kalau dibandingkan dalam segi fitur dan kualitas, manakah yang lebih baik antara lenovo vibe k5 plus, xiaomi redmi 3 prime, atau meizu m2 note?
    Ditunggu jawabannya, Trims

  101. agung says:

    siang bos herry, mantap reviewnya. mungkin sedikit ditambahkan dengan review pemakaian aplikasi berat atau game utk menguji gyro nya, hehe..
    sekalian mau nanya, kalo dibandingain lenovo vibe k4 note, k5 plus dan p1 turbo, secara umum enakan mana ya, khususnya buat main game dan multitasking?

  102. Agung says:

    -Mantap bos review nya. Tp kalau bisa sekalian ditambahin untuk review pemakaina aplikasi berat dan games bos buat ngetes gyro nya,hehe..
    -Kalau buat multitasking dan main game, lebih bagus yg Vibe K4 Note, K5 Plus atau P1 Turbo bos?
    -Oya kenapa bos ga recommend sama Oppo,apa ponselnya jelek? Tks

  103. Agung says:

    Oya bos Herry,maaf kalo re-post soalnya dikirain ga tampil,hehe..
    Coba pakai game FIFA 15 Ultimate atau NFS dan video HD. Apa utk P1 turbo bisa menjalankan dengan smooth? Apa bisa menjalankan dgn enak kalo nonton video HD dengan Kacamata VR?

  104. Fina says:

    Sore Pak Herry,
    Minta pencerahannya, Pak. Kamera Lenovo Vibe K5 Plus jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi4i dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, diantara ketiga ponsel tersebut hasil fotonya lebih sip yang mana (bisa diurutkan dari yang paling bagus hasilnya) ? dan kalau dibandingkan dari segi perfoma/fitur/kualitas dari ketiga tersebut manakah yg lebih unggul (tolong diurutkan juga). Terima kasih atas tanggapannya Pak Herry 🙂

  105. Nadine says:

    Pak, saya pakai hp lenovo k5 plus ini hanya bertahan 2 hari setelah itu langsung saya jual. Secara fisik oke. Tapi saya kecewa berat dengan hasil kameranya dan batrenya lumayan boros..

    • Herry SW says:

      Bu Nadine,

      Seperti telah saya sebutkan di review, kameranya memang kurang bagus. Kalau baterai, tidak boros-boros banget deh.

  106. Rahmat.n says:

    Antara lenovo vibe k5 plus, lenovo livo dan samsung galaxy j5 (2015). Manakah yang paling menarik dan bapak rekomendasikan,(kalau bersedia dijelaskan dengan alasannya) dengan asumsi harga ketiga nya setara.
    Untuk saat ini adakah ponsel yang bapak rekomendasikan untuk harga dibawah 2,5 juta dengan pertimbangan utama dinilai dari desain, kualitas kamera dan sudah 4G.
    Terimakasih sebelumnya,

    • Herry SW says:

      Pak Rahmat.n,

      Kamera lebih bagus Livo. Selain kamera, Vibe K5 Plus lebih unggul. Galaxy J5 sih dicoret duluan saja.

      Kalau kamera menjadi hal yang turut dipertimbangkan, ya berarti Asus Zenfone 2 Laser atau Hisense Pureshot.

  107. FADIL says:

    Mas klo lenovo vibe k5 + cara lock 4G only nya gimana yah? Ketika saya tekan *#*#4636#*#* saya ubah GSM only menjadi 4G only tapi ngak bisa

    • Herry SW says:

      Pak Fadil,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Hmm… kondisi awalnya kok GSM only. Apakah Anda melakukan perintah di atas untuk SIM2? Yang bisa pakai jurus di atas hanya nomor yang aktif dipakai untuk berinternet. Di beberapa ponsel, cuma bisa dilakukan terhadap nomor di selot SIM1.

  108. Uli says:

    Hello Pak,
    Saya mau tanya beberapa kali saya pernah baca review mengenai handphone Lenovo ini katanya handphone nya kadang suka restart sendiri untuk sosmed, yang bapak rasa kan setelah pengunaan handphone nya apakah pernah mengalami hal yang sama juga pak ?

    Tolong rekomendasi handphone harga juga ya pak dibawah 2,5jt namun camera yang bagus, kapasitas batre cukup, bisa support 4g dan jika bisa RAM nya 2GB, Adakah pak ? saya harap brand yang bapak rekomendasikan bukan brand X****i karena susahnya cari produk itu dengan garansi resminya pak. Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Uli,

      Hmm… seingat saya, saya nggak pernah mengalami ponsel Lenovo restart sendiri saat dipakai menjalankan media sosial lho.

      Ok. Dengan kriteria seperti itu, yang paling sesuai dengan kriteria Anda adalah Asus Zenfone Max.

  109. gustina says:

    pak herry ..maaf saya mau tny..sebelumnya sy memakai anndromax R..tetapi sering mati dan saat dinyalakan hanya keluar logo.biasany di flash lgsung bs.tp kmren di flash berkali kali tdk bs..alhasil sy harus membeli hp lagi…yg sy mau tanyakan..untuk rekomendasi saya,,,antara andromax R2..pureshot..atau lenovo vibe k5 bagus mana..??
    dan apakah r2 atau pureshot sm sperti andromax R kualitas ny ..krn yg sy kawatirkan kejadian andromax R terulang..
    terima kasih pak sebelumnya…

    • Herry SW says:

      Bu Gustina,

      Saya belum pernah memakai Andromax R. Jadi, tak bisa membandingkannya dengan ponsel lain.

      Saya juga belum pernah mencoba Vibe K5. Yang pernah saya coba Vibe K5 Plus.

      Di antara dua pilihan tersisa, Andromax R2 atau Pureshot, saya menyarankan Anda membeli Pureshot. Alasannya, Anda bisa menikmati 4G LTE aneka operator dengan memakai ponsel itu. Kalau Andromax R2, Anda “dipaksa” setia dengan 4G LTE Smartfren.

  110. Nardi Nardi says:

    Koh HSW
    Di rentang harga yang sama vibe k5+ 2gb lebih bgs mana dengan hp asus.apa vibe k5+ baterainya bisa di bongkar pasang/removable.

    • Herry SW says:

      Pak Nardi Nardi,

      Saya belum pernah menguji pakai Vibe K5 Plus (bukan Vibe K5+) dengan RAM 2 GB. Yang pernah saya coba varian RAM 3 GB. Mau Anda bandingkan dengan ponsel Asus tipe apa?

      Ya, baterai Vibe K5 Plus bersifat removable. Bisa dilepas pasang.

  111. Nardi Nardi says:

    Koh Harry
    Hp xiaomi yg sudah 4g saat ini yang msh dijual dengan garansi resmi type xiaomi brp saja

    • Herry SW says:

      Pak Nardi Nardi,

      Kita nantikan jawaban dari Koh Harry ya. Saya tidak berani menjawab karena khawatir dia ngamuk.

  112. Monicha says:

    Pak, kalau dibandingkan dengan Asus Zenfone laser dalam hal kekuatan baterai, kegegasan, lebih baik yang mana? Jika bapak harus memilih satu.

  113. Defa says:

    Pak, kenapa ya setiap saya buka aplikasi, tak sampai 1 atau 2 menit tiba tiba keluar sendiri,padahal aplikasi sudah kompatibel dengan hp saya lenovo vibe k5 plus, ruang penyimpanan juga masih banyak , ram juga hanya terpakai sedikit. mengapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya ya? terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Defa,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Anda menuliskan “….padahal aplikasi sudah kompatibel dengan ponsel saya….” Bagaimana cara Anda memastikannya?

  114. agus says:

    Ikut nanya nih pak
    klh lenovo vibe k5 puls ram 2 gb dengan asus zenfone laser ze 500 kl dilihat dari kamera kegegasan bagusan mana?

    • Herry SW says:

      Pak Agus,

      Saya belum pernah menguji pakai Vibe K5 Plus – RAM 2 GB. Yang pernah saya coba varian RAM 3 GB.

      Dalam hal kegegasan, saya tak tahu. Sebab, seperti saya paparkan di atas, saya belum pernah uji pakai varian RAM 2 GB.

      Dalam hal kamera, spesifikasi kamera dua ponsel itu mestinya sama persis. Hasil jepretan kamera ZE500KL jauh lebih bagus.

  115. agus says:

    klh dibandingkan dengan lenovo a7000 plus pak? berdasarkan kamera dan kegesitan, k5 ram 3 gb dan asus tersebut

    • Herry SW says:

      Pak Agus,

      * Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      * Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai A7000 Plus alias A7000 SE.

      * Asus tersebut? Asus yang mana?

  116. Yogo says:

    Saat ini saya pake k5 plus. Ada sedikit kendala ketika saya buka youtube dan instagram. Saat nonton video di youtube, setiap 30-60 detik suka pause sensiri. Dan utk instagram, bila menggunakan instagram suka merefresh sendiri gitu. Semua itu kenapa ya? Apakah bisa dierbaiki?

    • Herry SW says:

      Pak Yogo,

      Untuk YouTube, dulu saya tak pernah mengalami hal itu. Coba lakukan eksperimen ini: sebelum mulai mengakses YouTube, tutup dulu aplikasi-aplikasi lain yang sedang berjalan.

      Untuk Instagram, kebetulan saya tidak memakai aplikasi itu.

  117. Yogo says:

    saya pengguna lenovo vibe k5 plus. Ketika buka instagram dan youube tidak maksimal. Setiap 30-60 detik suka merefresh sendiri. Tindakan merefresh sendiri juga terjadi ketika membuka galeri foto. Kemudian, ketika merekam video, setiap 30-60 detik suka berhenti sendiri. Itu kenapa ya? Apakah bisa diatasi?

    • Herry SW says:

      Pak Yogo,

      Pertanyaan senada tadi sudah saya jawab. Silakan membacanya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  118. agus says:

    ya pak,maaf sebelumnya

  119. WHOAMI!! says:

    Sebenernya apa bedanya ya Lenovo VibeK5+ yang berkapasitas RAM 2G dengan RAM3GB, apakah secara harga juga bedbeda ?
    Mohon pencerahannya ya 😀

    • Herry SW says:

      Pak Whoami,

      Lha itu kan sudah jelas: kapasitas RAM-nya berbeda.

      Ya, harganya tentu juga berbeda. Yang RAM 3 GB lebih mahal.

  120. arif says:

    saya pengguna lenovo vibe k5 plus. Ketika buka instagram dan youube tidak maksimal. Setiap 30-60 detik suka merefresh sendiri. Tindakan merefresh sendiri juga terjadi ketika membuka galeri foto. Kemudian, ketika merekam video, setiap 30-60 detik suka berhenti sendiri. Itu kenapa ya? Apakah bisa diatasi?

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Sebelum mengakses Instagram, YouTube, galeri foto, atau menjalankan kamera, coba tutup dulu aplikasi lain yang berjalan di latar belakang.

      Masalah yang sama masih muncul? Kalau iya, apakah Anda menginstalasikan aplikasi BBM? Entah gimana detail hubungannya, dalam beberapa kasus adanya aplikasi BBM yang siaga membuat pengguna mengalami masalah tersebut. Masalah hilang setelah BBM-nya dihapus.

  121. arif says:

    Sudah sudah saya delete bbmnya …masih tetap sepeti itu….

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Hmmm… yang nutup aplikasi juga sudah dilakukan? Kalau masalah yang sama masih muncul, saya tak ada ide solusi lagi deh.

  122. Muhamad Mufty says:

    Mas mau nanya, ko ponsel Vibe K5 saya kalau ada telepon masuk ko ngga ada notif buat ankat telepon yah(sentuhan untuk mengankat) , saya jadi bingung bagaimana cara saya untuk ankat telponnya, karena setiap ada telpon masuk hanya getar saja, tidak ada sentuhan untuk ankat telepon mas,, mohon jawabannya mass,,

    • Herry SW says:

      Pak Muhamad Mufty,

      Sejak kapan hal itu terjadi? Coba diingat-ingat sebelumnya Anda menginstalasikan aplikasi apa. Kadang itu bisa mempengaruhi. Kalau mau solusi cepat dan tuntas, lakukan factory reset deh.

  123. Hutami says:

    Pak Herry,
    antara lenovo vibe k5 plus, asus zenfone 3 max, dan lg x screen dari segi spesifikasi lebih unggul mana?

  124. tyo says:

    om herry apa hp vivo Y55 msh beredar resmi disini dan msh trsediya barangnya?
    harga skrng brapa?
    soalnya saya msh bingung hp xiaomi radmi 3 prame/,vivo Y55 yg saya pilh..

    • Herry SW says:

      Pak Tyo,

      Sepertinya masih. Minggu lalu saya sempat melihat tempelan posternya di toko ponsel. Saya tak ingat harganya.

  125. sunar says:

    Pak herry
    Di bandingkan asus zenfone 3 max hasil kamera dan kegegasan lebih baik yg mana

    • Herry SW says:

      Pak Sunar,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Kegegasan lebih bagus Vibe K5 Plus. Kamera lebih oke Zenfone 3 Max.

  126. hendra says:

    Saya pake k5 plus ini,justru saya merasa puas dg kameranya, tp tidak dg performa scr keseluruhannya, sering lag dan layar kurang responsif, jg batre boros, pdhl belum terinstal app medsos dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *