By

Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

Karena merek dan tipe ponsel yang beredar di Indonesia amat banyak, Anda harus pintar dan cermat saat hendak membeli ponsel. Salah pilih, wah bisa berabe. Benar, salah membeli ponsel memang tidak sepusing salah memilih istri atau suami. Tinggal jual, lalu beli lagi. Walaupun demikian, tetap menyesakkan dada, bukan?

Prinsip serupa berlaku untuk Lenovo Vibe P1 Turbo. Ponsel ini sedang gencar dipromosikan Lenovo Indonesia. Di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang, sebuah papan iklan memajang ponsel itu. Di daerah Wonokromo, Surabaya, ada pula papan iklan ponsel yang sama. Belum lagi materi promosi yang disebar di pusat-pusat penjualan ponsel. Pesan penulis alias HSW, hati-hati membeli Vibe P1 Turbo.

Vibe P1 Turbo-1

Mengapa harus hati-hati? Sebab, usai mencoba Vibe P1 Turbo, amat mungkin Anda akan menilai baterai ponsel pintar lain ternyata boros. Ketika indikator baterai Vibe P1 Turbo masih menunjukkan angka puluhan persen, eh… ponsel lain yang harganya lebih mahal justru sudah kehabisan daya.

Dalam beberapa kasus, bukan mustahil terjadi kondisi yang lebih ekstrem. Misalnya, baterai ponsel lain telah di-charge dua kali dan kehabisan daya lagi. Pada saat bersamaan, Vibe P1 Turbo sama sekali belum “berteriak” baterai lemah.

Asal tahu, Vibe P1 Turbo dibekali baterai tanam berkapasitas 5.000 mAh. Selama menguji pakai ponsel itu, HSW menyinkronkan dua akun email ke ponsel. Trafiknya sekitar 800 email per hari. WhatsApp rutin dibuka untuk mendiskusikan banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, pertemanan, sampai keluarga.

Sesekali HSW bertelepon, mengakses Facebook, Twitter, dan memantau aneka informasi terkini via browser Chrome. Bluetooth dibiarkan aktif dan terhubung dengan sebuah arloji pintar. Kala menemukan objek menarik atau sekadar ingin pamer makanan, kamera Vibe P1 Turbo bergegas dipakai memotret.

Dua nomor GSM siaga bersamaan. Nomor yang digunakan untuk berinternet, entah Telkomsel atau Indosat, nyaris selalu berada di jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya cuma masuk ke jaringan 2G.

Vibe P1 Turbo-2

Hasilnya, dengan perilaku pemakaian seperti di atas, baterai Vibe P1 Turbo selalu mampu bertahan lebih dari sehari semalam. Anggaplah ponsel mulai HSW aktifkan kemarin pukul 06.00 pagi. Biasanya ponsel baru perlu di-charge hari ini pukul 19.00. Total durasi pemakaian berarti menembus 37 jam. Saat HSW tidur malam, ponsel sengaja dibiarkan siaga dan terhubung dengan internet.

Ketika kuantitas pemakaian HSW kebetulan sedang tinggi atau kondisi sinyal operator kurang stabil, wajar bila durasi ketahanan baterai Vibe P1 Turbo menurun. Namun, tetap saja ponsel sanggup siaga lebih dari sehari kok. Entah 29 jam, 30 jam, atau 32 jam.

Sampai di sini mungkin tebersit satu pertanyaan. Baterai ponsel Android 5.1 Lollipop itu berkapasitas 5.000 mAh. Berarti, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang sampai penuh lama dong? Bisa 5-6 jam.

Realitanya tidak selama itu. Pasalnya, Vibe P1 Turbo mendukung pengisian cepat yang oleh Lenovo dinamakan Rocket Charge. Mengacu kepada uji pakai yang dilakukan HSW, proses pengisian ulang baterai dari 10% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit saja. Kadang sedikit lebih cepat, kadang lebih lambat. Proses pengisian ulang selalu memakai charger yang disertakan dalam paket penjualan Vibe P1 Turbo.

Sampai di sini, dua daya tarik Vibe P1 Turbo versi HSW telah dipaparkan. Pertama, baterainya tahan lama. Kedua, baterai berkapasitas besar itu dapat diisi ulang dengan cepat. Kurang dari dua jam.

Vibe P1 Turbo-3

Masih ada sederet kelebihan lain yang dapat dirasakan pengguna Vibe P1 Turbo. Ponsel dual SIM Android 5.1 Lollipop itu dilengkapi sensor sidik jari (fingerprint sensor). Posisinya di sisi muka, tepat di bawah layar dan menyatu dengan tombol home.

Ponsel dapat menyimpan maksimal dua sidik jari pengguna. Sidik jari tersebut selanjutnya berfungsi sebagai password. Ketika ingin membuka layar, pengguna cukup menyentuhkan jarinya ke tombol home. Layar spontan menyala sekaligus terbuka. Sentuhan ringan pun sudah dapat dikenali oleh sensor sidik jari. Pengguna tak perlu sampai menekan tombol home.

Satu tip dari HSW, saat melakukan perekaman sidik jari, letakkan jari dalam berbagai posisi. Misalnya, tegak lurus, miring sedikit ke kiri-kanan, dan melintang/mendatar. Manfaat nyata yang kelak dapat dirasakan, jari tidak harus disentuhkan pada satu posisi tetap. Beragam posisi jari, asalkan masih jari yang sama, bakal sukses mengaktifkan dan membuka layar. Praktis dan aman deh.

Berbincang soal konektivitas, Vibe P1 Turbo tergolong komplet. Ia dibekali Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan wireless display alias cast screen. Ponsel berdimensi fisik 75,6 x 9,9 x 152,9 milimeter dan berat 187 gram itu juga mendukung USB On-the-Go (USB OTG). Mau difungsikan sebagai power bank untuk mengisi ulang baterai ponsel lain pun bisa.

Spesifikasi lain Vibe P1 Turbo, di antaranya, prosesor 64-bit delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 yang terdiri atas empat inti 1,5 GHz dan empat inti 1,21 GHz. Ponsel itu dibekali layar IPS 5,5 inci yang telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3. Resolusinya full HD 1.920 x 1.080 piksel. Bodi belakang ponsel terbuat dari aluminium.

Vibe P1 Turbo-4

Memori ponsel terdiri atas RAM 3 GB, ROM 32 GB, dan selot microSD. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, kapasitas memori internal masih tersisa 24 GB. Selot memori eksternal Vibe P1 Turbo bersifat independen, bukan hybrid atau bergantian dengan kartu SIM. Dengan begitu, pengguna dapat menyelipkan dua kartu nano SIM dan satu keping kartu microSD secara bersamaan.

Kamera utama Vibe P1 Turbo dibekali fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera depan ponsel tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Menurut HSW, kamera menjadi titik lemah utama Vibe P1 Turbo. Kinerja kamera ponsel itu hanya pantas diberi predikat lumayan. Lumayan prima kala dipakai memotret di lokasi yang terang. Sebaliknya, lumayan hancur saat diajak mengabadikan objek di lokasi berpencahayaan pas-pasan. Tabu mengadu performa kamera Vibe P1 Turbo dengan Lenovo Vibe Shot. Pasti kalah telak.

Beberapa fitur lain yang tak ada salahnya dicoba pengguna meliputi ultra power saver, knock to light, micro screen, smart scene, dan secure zone. HSW akan menjelaskannya satu per satu.

Bayangkan suatu hari Anda lupa mengisi ulang baterai Vibe P1 Turbo. Sisa daya baterai tinggal 15 persen. Padahal, Anda sedang berada di jalan dan tidak ada power bank maupun colokan listrik. Buat Anda, ponsel padam karena kehabisan baterai merupakan bencana.

Solusinya, perpanjang masa siaga ponsel dengan mengaktifkan mode ultra power saver. Caranya mudah. Di sisi kiri Vibe P1 Turbo terdapat sebuah tombol geser. Geserlah tombol ke atas. Maka, ponsel pintar itu untuk sementara berubah fungsi menjadi feature phone tanpa kemampuan internet. Pengguna masih leluasa bertelepon dan ber-SMS. Sesampai di rumah atau kantor, kembalikan ponsel ke mode normal, kemudian lakukan pengisian ulang baterai.

Vibe P1 Turbo-26

Fitur knock to light alias double tap to wakeup pasti sudah tidak asing lagi. Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, pengguna cukup mengetukkan jari di layar sebanyak dua kali. Layar pun spontan menyala.

Micro screen memungkinkan pengguna memperkecil tampilan layar sehingga ponsel lebih nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Namun, entah mengapa, selama menguji pakai Vibe P1 Turbo fitur tersebut belum pernah berhasil HSW aktifkan.

Beralih ke smart scene. Dengan mengoptimalkan fitur ini, selama rentang waktu tertentu pengaturan ponsel otomatis berubah. Contoh nyata yang HSW lakukan, setiap hari pada pukul 22.00-06.00 ponsel akan silent. Ponsel hanya berbunyi bila dihubungi oleh nomor yang diberi tanda prioritas.

Pada rentang waktu yang sama, GPS selalu dipadamkan. Fitur night eye protection tak lupa diaktifkan. Sehingga, saat HSW terjaga dari tidur dan mengecek ponsel, cahaya yang dipancarkan layar tidak terlalu menyilaukan.

Masih ada satu fitur lagi, yaitu secure zone. Fitur itu bermanfaat bagi pengguna yang sering meminjamkan ponselnya kepada orang lain. Dengan secure zone Vibe P1 Turbo seolah memiliki dua kamar: kamar pribadi dan kamar umum. Data yang bersifat penting atau rahasia dapat disembunyikan. Peminjam ponsel takkan bisa melihatnya.

Saat HSW mengetikkan review ini di seberang stan Doner Kebab, Penyetan Cok, dan Kedai Si Mbok, harga ritel resmi Vibe P1 Turbo dipatok Rp 3,999 juta. Ponsel itu tersedia dalam tiga pilihan warna: emas (gold), abu-abu tua (dark grey), dan perak (silver). Paket penjualan sudah termasuk selembar pelindung layar dan hard case transparan.

Asalkan tidak mensyaratkan kamera bagus, menurut HSW, Vibe P1 Turbo sangat layak dibeli. Gawai cepat masuk lama keluar itu cocok dijadikan ponsel utama individu yang aktivitas berponselnya tinggi sekali. Cepat masuk lama keluar? Iya. Baterai Vibe P1 Turbo kan bisa diisi dengan cepat dan lama habis.

***

Contoh foto yang dihasilkan Vibe P1 Turbo.

Vibe P1 Turbo-5

Vibe P1 Turbo-6

Vibe P1 Turbo-7

Vibe P1 Turbo-8

Vibe P1 Turbo-9

Vibe P1 Turbo-10

Vibe P1 Turbo-11

Vibe P1 Turbo-12

Vibe P1 Turbo-13

Vibe P1 Turbo-14

Vibe P1 Turbo-15

Vibe P1 Turbo-16

Vibe P1 Turbo-17

Vibe P1 Turbo-18

Mencoba lampu kilat. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Vibe P1 Turbo-19

Kali ini lampu kilat diaktifkan.

Vibe P1 Turbo-20

Dua foto berikut ini dijepret memakai kamera depan.

Vibe P1 Turbo-21

Vibe P1 Turbo-22

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Vibe P1 Turbo-24

Vibe P1 Turbo-25

Vibe P1 Turbo-23

551 Responses to Review Lenovo Vibe P1 Turbo: Hati-Hati Membeli Ponsel Ini

  1. Priyo says:

    Arloji pintarnya pake apa pak? Apakah moto 360?

    • Herry SW says:

      Pak Priyo,

      Kalau Anda mencermati foto-foto yang tersaji bersama review Vibe P1 Turbo ini, merek dan tipe smartwatch yang sedang saya gunakan langsung ketahuan kok. πŸ™‚

      • Priyo says:

        Foto jamnnya cuma ada 1 pak, ga ada bocoran merk ato tipenya. Btw bisa googling pake foto di blog bapak? πŸ™‚

        • Herry SW says:

          Pak Priyo,

          Iya, foto jamnya hanya satu. Merek jamnya bisa dilihat di ikon aplikasi yang terlihat di layar ponsel.

          Biar nggak penasaran, itu Huawei Band B0, smartwatch cantik yang sebaiknya jangan dibeli.

          • Iwan Joni says:

            Loh kenapa jangan dibeli ko Herry? Ini seriusan atau candaan, seperti judul review P1 Turbo yg menipu hehehe

          • Herry SW says:

            Pak Iwan Joni,

            Ini sangat serius. Tunggu review saya deh.

      • Daniel says:

        Huawei yaa pak?? Harga berapa pak?

        • Herry SW says:

          Pak Daniel,

          Benar. Harga resmi Rp 999 ribu. Namun, banyak penjual yang menawarkannya di atas itu. Yang menjual Rp 1,299 juta pun ada.

    • Defi Firmansyah says:

      Huawei Wear, Pak Priyo.
      #BantuJawab

  2. JunSen says:

    Akhirnya nongol juga review lenovo vibe p1 turbo
    Saya mau tanya beberapa hal pak Herry:
    – Apakah bodi belakangnya persis seperti asus zenfone?
    – Untuk kameranya…berarti tidak termasuk jelek kan pak Herry?
    – Apakah ada keluhan over heat selama pak Herry menggunakan hp tersebut?
    Terima kasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak JunSen,

      * Beda. Lebih bagus bodi belakang Vibe P1 Turbo. Bahannya dari aluminium.
      * Tidak sampai level jelek sih. Untuk pemotretan di lokasi berpencahayaan memadai masih lumayan bagus.
      * Tidak.

  3. Bernardus Leonardo says:

    Ko Herry… Mau komentar soal Lenovo Vibe P1 Turbo ini… Judulnya itu loh, bikin jantung mau copot, hahaha…

    Hmmm… Padahal harganya lumayan banget ya, cuma tetep aja titik lemahnya ada. Cilakanya di kamera lagi… Mana prosesor masih generasi lama (setau saya yang baru itu Snapdragon 616) dan sidik jari pelit lagi (cuma 2). Kalau menurut saya sih overpriced… Mungkin alternatifnya ZTE Blade S7. Bagaimana menurut Ko Herry?

    • Herry SW says:

      Pak Bernardus Leonardo,

      Jangankan Vibe P1 Turbo yang dibanderol Rp 3,999 juta. Ponsel yang harganya dua kali lipat lebih mahal pun tetap ada kekurangannya kok.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Blade S7.

    • Yudhi says:

      bukannya P1 Turbo ini pake SD616 yak?
      di belakang box sih ditulisnya SD616, bukan 615.

      • Herry SW says:

        Pak Yudhi,

        Sepertinya yang di kardus itu salah cetak. Konfirm kalau Vibe P1 Turbo menggunakan 615 kok.

  4. yuda says:

    Hampir beli dengan harga 3,3 saat preorder dulu… Namun kayaknya ga nyesel batal beli ini setelah baca review om herry

    Kelengkapan nfc, usb otg, wifi dan Bluetooth bukan yg menarik hati melainkan fingerprint… Namun karena om herry bilang kameranya “lumayan” kayaknya belum bisa nyingkirin mi4i sebagai Android device ku

  5. Seventhio says:

    Reviewnya komplit banget, diulas satu persatu kelebihan dan kekurangan.. Kelebihannya batre gede banget, SD615, dan udah fingerprint sensor, pake metal pula.. Tapi antutu standar ya untuk hape 4juta.. Dari depan mirip samsung, belakang mirip HTC bener gak pak?? Hehe..

    • Herry SW says:

      Pak Seventhio,

      Jangan menganggap skor Antutu sebagai dewa. Ponsel dengan skor Antutu rendah belum tentu tak enak digunakan. Sebaliknya, ponsel berskor Antutu tinggi juga bukan jaminan nyaman dipakai.

      Ya. Mirip-mirip gitu ya.

  6. Ilham Arief says:

    Jika di bandingkan dgn infinix note 2. Ketahanan batery nya lbh memuaskan yg mana Pa?
    Kebetulan Pa Herry sudah mencoba infinix note 2 yg notabene sama sama memiliki kapasitas batery yg besar

    • Herry SW says:

      Pak Ilham Arief,

      Lebih memuaskan baterai Vibe P1 Turbo. Namun, harga jual dua ponsel itu kan beda jauh. Note 2 Rp 1,999 juta, sedangkan Vibe P1 Turbo Rp 3,999 juta.

  7. Angela says:

    Pak. Saya minta sarannya dong. Untuk hp yg sudah os Lolipop, 4G, Dual Sim, harga dibawa 3jt kira2 hp apa ya pak? Terimakasih sebelumnya pak

    • Herry SW says:

      Bu Angela,

      Saya yakin tadi telah menjawab pertanyaan serupa. Mungkin dari Anda juga ya? Silakan mengecek jawaban saya di tempat pertama Anda mengetikkan pertanyaan itu.

      Harap diperhatikan, lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

    • Iwan Joni says:

      Sepertinya Xiaomi Mi 4i cocok dengan kriteria ibu Angela ini, setuju tidak oo Herry?

  8. putra says:

    Ponsel ini pakai launcher apa ya pak ? kok sepertinya bukan Vibe UI

  9. Dani says:

    Pak Herry SW,

    Kalo liat hasil foto, tampak bagus2 saja koq..kecuali yg foto penggunaan lampu flash..
    kalo boleh tau, bagus atau kurang bagus camera, Pak Herry berpatokan pada standar yg bagaimana?

    Makasih, Pak Herry

  10. Bambang hermanto says:

    Judulnya lucu ..dan menipu
    Itu semua lokasinya di surabaya ta pak

  11. Seirx says:

    Skor antutunya terbilang rendah ya Pak….

    • Herry SW says:

      Pak Seirx,

      Jangan menjadikan skor Antutu sebagai patokan kinerja suatu ponsel. Tinggi rendahnya skor Antutu tidak menjadi jaminan nyaman tidaknya pemakaian suatu ponsel.

  12. Rianto says:

    Wah cocok dah review yang P1 Turbo dah muncul, tadi sempat mutar-mutar di Marina harganya sih 3,8an pak.
    Sekalian review kan Asus Zenfone Max dong pak Herry kalo ntar dah rilis. Lagi galau antara 2 HP itu demi mencari battery kuat & kamera cepat. Secara spek si Max ada laser focus tapi menurut beberapa reviewer katanya hasil kameranya ada yang bilang jelek. Apakah fokus kameranya cukup cepat ya pak ?
    Kemudian fitur knock to light itu apa maksudnya fitur yang persis seperti double tap milik LG ya ?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Rianto,

      Kalau Zenfone Max bergaransi resmi telah beredar, saya memang berencana me-review-nya.

      Tak tahu. Lha kan belum pernah coba Zenfone Max.

      Benar. Knock to light itu sama dengan double tap to wakeup.

      • Rianto says:

        Iya saya tahu pak Herry belum review kok. Hehehehe. Maksud saya kalo bisa tolong dibuatkan review perbandingkan gitu antara Zenfone Max & P1 Turbo kan kategori sama-sama battery gahar. Pingin tau worth yang mana gitu.
        Seperti dulu pak Herry kan pernah buat post perbandingan antara LG G3 ama Sony Xperia Z ato Z2 gitu kalo ga salah?
        Terima kasih.

        • Herry SW says:

          Pak Rianto,

          Iya, kelak setelah me-review Zenfone Max, saya buatkan deh.

          • Rianto says:

            Sip deh terima kasih pak.
            Btw menurut akun FB resmi Asus Indo, Zenfone Max diprediksi secara resmi minggu depan dah masuk pasar umum.

          • Herry SW says:

            Pak Rianto,

            Zenfone Max kemarin (Jumat, 18 Maret 2016) sudah mendarat di gudang distributor. Jadi, informasi di Facebook itu memang benar. Minggu depan seharusnya Zenfone Max mulai tersedia di pasar.

  13. boedhy says:

    gede bnget pak baterainya, gak takut berlama-lama kalo maen coc nih,,,
    Mau nanya pak kalo badget 1,5 smartphone apa yg jadi rekomen pak.. Makasih

  14. jaz says:

    Wah mantap review nya pak Herry..

    Itu screenshot terakhir jumlah ram idle ya? Padahal saya pernah baca di forum kelemahan hp ini free ram nya cuma 1.5GB berarti itu black campaign ya.

    Satu lagi sensor gyro nya sudah pernah dicoba apa saja pak? Yang saya baca gyro nya soft gyro jadi tidak seberapa baik utk keperluan VR.

    • Herry SW says:

      Pak Jaz,

      Ya, sisa RAM saat ponsel belum diutak-atik. Entah itu black campaign atau bukan, yang pasti realita yang saya temukan sisa RAM-nya jauh lebih besar daripada 1,5 GB.

      Saya belum pernah mencobanya untuk ber-VR.

  15. Slamet says:

    Pak Herry..jika dibandingkan dengan infinix note 2 kualitas fokus & hasil kamera lebih baik mana..terus menurut anda lebih baik beli lenovo p1 turbo atau infinix note 2..terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Slamet,

      Lebih baik Vibe P1 Turbo,

      Kalau anggaran tersedia, ya lebih baik melirik Vibe P1 Turbo.

  16. Drath says:

    Saya tadiny pgn ambil in hp pak,tpi bgitu liat hasil kamerany d counter jdi fikir2 lgi :)…mau tny soal hisense pure shot vs andromax r2 pak,kamera depanny mnurut bapak lebih bagus mana?dengan ataupun tanpa flash…bpak mgkin pnya saran untuk handphone dgn memory internal 32gb dg budget max 3jt?sya smpat ambil redmi note 2 prime,hasil kamera yg sprti cat air mmbuat saya harus melepasny utk adik saya…terima kasih pak Herry atas jawabanny πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Drath,

      Kinerja kamera Pureshot dan Andromax R2 sih boleh dibilang sama.

      Ponsel dengan ROM 32 GB dan harga maksimal Rp 3 juta? LG G2 yang 32 GB dapat tuh. Harga barunya terakhir sekitar Rp 2,6 juta.

  17. deko says:

    untuk harga nyaris 4jt tapi kamera cuma lumayan.?
    entah knp sejak trakir memakai lenovo s920 saya kurang sreg sm merk ini.. kameranya hanya maksimal di kondisi terang..

    saya tunggu Infinix 3 review bpk aj.. hehe..
    oy.,saya jg pakai smartwatch tapi yg cina punya pak.. yg bs nelfon dan ngomong di smartwatch lgsg..

    lumayan lah udh bs spt Power Ranger.. hehe

  18. shinosuke nohara says:

    pakai snapdragon 615 seperti mi4i ya?
    apakah punya isu panas lalu nge-lag seperti mi4i juga?

  19. Tyo says:

    Itu maksudnya sisa memory internal kali ya koh yg 24GB

  20. Leo says:

    Pak Herry,

    Gimana rasa markobar nya pak? Enakkah buat bapak? Saya belum sempat coba nih…
    Foto ketiga itu apa ya Pak? Sandwich? Kelihatannya menggiurkan…

    Salam,

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Markobar enak. Namun, sampai saat ini, saya menilai terang bulan paling enak masih Thien Thien Lay di Semarang.

      Saya lupa nama baku sandwich-nya. Intinya sih kalau diterjemahkan “menara sandwich”. Cita rasa kurang memuaskan.

  21. Yosep says:

    Pak, belum ada review huawei watch nya? Bagaimana kesan singkatnya? Apakah bisa dual pairing dg iOS? Dan harga berapa?

    • Herry SW says:

      Pak Yosep,

      Belum.

      Barang jelek nih. Jangan dibeli.

      Tak tahu. Saya tidak memiliki peranti iOS.

      Rp 999.000 hingga Rp 1.299.000.

  22. Giri Rochmadi says:

    “Nomor yang digunakan untuk berinternet, entah Telkomsel atau Indosat, nyaris selalu berada di jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya cuma masuk ke jaringan 2G.”
    Maksudnya slot sim card kedua cuma mentok di 2G atau gimana Om HSW?

    • Herry SW says:

      Pak Giri Rochmadi,

      Buken begitu. Skenario pemakaiannya begini:

      1. Dua nomor siaga. Akses data memakai SIM1. Maka, nomor di SIM1 bisa masuk ke 4G LTE, sedangkan SIM2 cuma 2G.
      2. Dua nomor siaga. Akses data memakai SIM2. Maka, nomor di SIM2 bisa masuk ke 4G LTE, sedangkan SIM1 hanya 2G.

  23. Bambang hermanto says:

    Pak hery maaf menyimpang dikit ..kenapa pak heri selalu bilang jgn beli ponsel oppo ??? Selain ttg sales dan promotor yg nawarin scr berlebihan..gimana produk oppo scr garis besarnya
    Trims

  24. Rian says:

    Review infinix zero 3 dong Pak

  25. Ivan says:

    Menurut Koh Herry, warna Lenovo P1 Turbo yang paling bagus apa?

  26. Agus Irwanto says:

    Pak Herry SW,

    Kalau dengan rentang harga sekitar 500rb dan dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing, lebih baik memilih yang mana antara Lenovo Vibe P1 Turbo dengan Lenovo Phab Plus ya pak?
    Terima kasih

  27. anton says:

    Dear pak Herry,

    Kue Bandung Thien Thien Lay dimana ya pak ? yang selama ini cocok di lidah saya, Kue Bandung Gang Baru di Gajah Mada.

  28. mahmud lovers says:

    pak kalau dibandingkan mi 4i, bagusan mana kamera, layar dan feel di tangan pak?? trims

    • Herry SW says:

      Pak Mahmud Lovers,

      Kamera dan layar lebih bagus Mi 4i. Namun, feel dan kinerja keseluruhan lebih oke Vibe P1 Turbo. Ponsel tidak terasa panas, responsnya pun selalu gegas.

  29. JunSen says:

    Thien thien lay memang enak untuk martabak manis nya, apalagi kue pukisnya, maklum saya udah 13 tahun kerja di semarang pak Herry
    Oh ya pak Herry, maksud pertanyaan saya tentang body belakang itu….apakah bentuk lengkungannya persis seperti asus zenfone?
    Kalau sama berarti ketebalannya sama persis kah dengan asus zenfone?
    Tengkyu pak Herry

    • Herry SW says:

      Pak JunSen,

      Saya malahan merasa pukisnya biasa-biasa saja. Kalau martabak goreng alias martabak telur, yang enak di mana ya?

      Oh lengkungan belakangnya. Iya, mirip Asus Zenfone 2 dan LG G3, tetapi tidak terlalu melengkung.

  30. Defi Firmansyah says:

    Koh Herry, biasanya untuk me-review sebuah smartphone perlu waktu berapa hari untuk uji pakainya?

  31. Eko Kurniawan says:

    Pak Herry,
    Lenovo P1 istri saya kok suka hilang shortcut yang ditaruh dalam folder ya? Misal ada folder Google di desktop, pada awalnya isinya shortcut untuk Play Store, Chrome, Google Maps, dll. Besoknya pas dilihat lagi shortcut Google Mapsnya ga ada di folder itu. Pak Herry ngalamin juga ga? Trus kira2 penyebabnya apa ya pak?
    Terima kasih.

  32. yoobee says:

    bung HSW

    Bung lagi banyak duit yaa…?
    padahal dengan cuma mengeluarkan uang setengah-nya saja
    bung bisa mendapatkan lenovo vibe p1m dengan kapasitas baterai sama besar-nya.
    apa sih yang bikin bung HSW kesem-sem dengan vibe P1 Turbo?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Yoobee,

      Perbedaan dua ponsel itu bukan hanya di kapasitas baterai lho. Silakan mencermati spesifikasi detailnya deh.

      Apa yang membuat saya kesengsem? Sudah saya jelaskan panjang lebar di naskah review.

  33. Daffa says:

    pak herry..

    menurut pak herry Coolpad sky e501 bagus ngga pak??

  34. Donny says:

    Pak Heri soal kamera Vibe P1 Turbo bagaimana jika dibandingkan dengan adik-adiknya. Kamera P780 dan kamera P70, kebetulan saya sudah pernah pakai P780 dan P70. Apakah P1 Turbo lebih baik dari keduanya? Terima Kasih

    • Herry SW says:

      Pak Donny,

      Saya sudah lupa hasil jepretan kamera P780 seperti apa. Kalau diadu dengan P70, khusus low light masih lebih bagus P70.

  35. Ria Angelida says:

    Saya pembaca baru blog, bapak. Saya terkesan dengan dengan review bapak thd pengalaman menggunakan smartphone, dan semua pertanyaan dijawab dengan tegas dan lugas. Kebetulan saya sudah pernah menggunakan Lenovo P90, tp saya kasih ke adik saya, lalu sekarang saya menggunakan lenovo P70, tp rencananya ibu saya mau menggunakan hp ini jadi saya mau ganti hp lg. Budget saya 3 juta, pak. Saya menunggu lenovo k80, tp sepertinya di Medan belum ada. Kalau Lenovo P1 Turbo, masih tinggi sekali harganya. Batre yang besar, kamera yg bagus, ram 2 atau 3 gb. Sejauh ini saya masih puas menggunakan lenovo, cuma saya mengalami perbedaan di kamera p90 dan p70, kamera p90 utk selfie jauh lebih bagus. Saran bapak utk hp dengan spek tersebut budget 3 jutaan apa ya pak? Saya ga keberatan ganti merk asal speknya kurang lebih memenuhi dr segi ram, batre, dan kamera. Terimakasih pak sblmnya. GB

    • Herry SW says:

      Bu Ria Angelida,

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda ketikkan. Lain kali tolong pertanyaan yang sama dikirimkan satu kali saja. Jangan berganda. Terima kasih.

  36. Muhammad says:

    Pak Herry SW,
    Mohon bantuannya, saya sedang mencari smarthphone dgn budget >5 jt, kamera udah OIS, layar oke, dan tidak lemot, serta untuk keperluan tugas kuliah.
    Terima Kasih Pak.

  37. Vicky says:

    Dear pak Herry,

    Kalo dipadanin sama smartfren, bisa buat tlp gak, Pak?

    LG G2 itu kelemahannya belum LTE dan blm dual sim card kan ya Pak?

    Tks Pak.

    • Herry SW says:

      Pak Vicky,

      Saya belum pernah coba memadukannya dengan Smartfren. Sebab, saya tidak memiliki kartu nano Smartfren. Seandainya bisa, nomor Smartfren hanya dapat digunakan untuk berinternet. Tak bisa dipakai telepon.

      G2 sudah 4G LTE. Benar, bukan dual SIM.

  38. Vicky says:

    Pak Herry mohon maaf ya kalo pertanyaan sy misalnya terposting dua kali. Karena loadingnya gak gerak gerak. Sy klik lagi post comment buttonnya.

    Tks

  39. saptori says:

    pak herry,
    Disetiap review apakah bisa ditampilakan screen on time (SOT) berapa lama. Khusus untuk lenovo p1 turbo berapakah screen on time ny ?
    terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Saptori,

      Maaf, tidak bisa. Screen on time (SOT) itu sifatnya sangat relatif. Tidak bisa dijadikan patokan umum.

      Contoh:
      * Ponsel tidak saya gunakan untuk berinternet. Saya hanya memakainya untuk sesekali melihat foto. Hasilnya, SOT pasti akan sangat tinggi.
      * Ponsel terus menerus saya fungsikan sebagai mifi atau tethering ke laptop. Hasilnya, SOT pasti sangat rendah.

      Sekadar gambaran umum, di ponsel Android apa pun, dalam sehari saya biasanya menyalakan layar sekitar tiga jam. Bisa kurang sedikit, bisa lebih sedikit.

  40. Galih Padmasana says:

    Pak herry, saya ingin membeli sebuah ponsel kedua, dengan persyaratan bodi yg tidak terlalu besar, cukup untuk sosial media ( tanpa game) lalu kamera dan baterai yg bisa diandalkan, serta desain yg cantik secara estetika. Mengacu pada pilihan diatas dengan rentang harga max 1,5 jta, apakah xperia m (1,3 jt) cukup worth it untuk dipinang, bila ada alternatif lain, ponsel apakah itu?

    • Herry SW says:

      Pak Galih Padmasana,

      Dengan anggaran maksimal Rp 1,5 juta, Anda tidak bisa mendapatkan ponsel dengan kamera dan baterai yang bisa diandalkan. Maksimal Anda memperoleh ponsel dengan baterai yang dapat diandalkan, tetapi kameranya hanya tergolong cukup bagus. Ponsel apakah itu? Carilah Lenovo P780. Itu ponsel lama, tetapi masih banyak toko yang memiliki stok.

      Xperia M? Jangan deh. Untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik.

  41. dhan says:

    waah makasii bngt om HSW udah mau ngeriview lenovo vibe p1 turbo ini., mantaaapp

    btw om udah beli redmi 3 yaa om., kira” masuk daftar riview ga om?

  42. jack joong says:

    btw lubang speakernya cuma satu ya? speakernya kenceng/ngebass gt gak? krn ga ditulis dijejalin dolby ya buat p1 turbo.. syg bgt

    • Herry SW says:

      Pak Jack Joong,

      Lubang ada dua, tetapi yang berbunyi hanya satu sisi.

      Cukup kencang. Namun, tidak terlalu nge-bass.

  43. Dimas Putera P says:

    Pak Herry,
    bagaimana jika hasil jepretan kameranya dibandingkan dengan pureshot/pureshot+? Apakah masih lebih bagus Vibe P1 Turbo ini?
    Terima kasih.

  44. Aditya Wicaksono says:

    Asik review p1 turbo udah nongol dimari πŸ˜€

    Sekarang hpku zenfone 2 nih pak. Kalau kamera p1 turbo sama zenfone 2 dibandingin bagusan mana pak herry?

    • Herry SW says:

      Pak Aditya Wicaksono,

      Di tempat terang lebih bagus hasil jepretan Vibe P1 Turbo. Di tempat gelap lebih bagus Zenfone 2.

  45. Betty Kurnia says:

    Mas herry tidak berencana mereview asus zenfone selfie?

  46. Daniel says:

    Kebetulan saya nunggu ini Smartphone, dan akhirnya jatuh ke Xiaomi note 3 yg harganya lebih murah 2,8jt,

    Setelah saya banding2in di Toko πŸ˜€ P1 Turbo & Xiaomi Note 3
    Keputusan saya ambil Xiaomi Note 3 bener2 ga nyesel, dari segi Kamera & kecepatan masih diatas P1 Turbo, mungkin batre masih menang P1 Turbo, tapi saya ngerasa udah lumayan, dari pagi full, malam baru ngecharge lagi, (game, browsing)

    Yah walau ngga resmi alias beli Distributor πŸ˜€ hehe..

    Makasih Pak HSW,

    • Herry SW says:

      Pak Daniel,

      Tidak ada ponsel bernama lengkap Xiaomi Note 3. Apakah yang Anda beli Xiaomi Redmi Note 3?

  47. tris says:

    Maat OOT pak herry,

    Klo powerbank merk Zola/Romoss, apakah kualitasnya bagus? Apakah juga real capacity?
    Klo dibandingin, antara merk zola/romoss,hippo dan vivan, urutannya bagaimana dari yang kualitasnya paling bagus?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Tris,

      Merek Romoss bagus. Ya, real capacity.

      Kalau merek Zola saya belum pernah coba. Urutannya dari yang paling saya rekomendasikan: Romoss, Hippo, lalu Vivan.

  48. roni says:

    Maaf Koh Herry OOT pertanyaannya…
    Itu Jam tangannya merk apa yg difoto?
    Trus terang bulannya keliatannya mantab, kalo boleh tau dimana yg jual terang bulannya itu??

  49. Andhika Hendrianto says:

    Pak HSW
    Oh ada Gyronya tho? ini sensor Gyro beneran hardware atau software?
    soalnya baca di GSM arena hanya : Fingerprint, accelerometer, proximity

    makasih ya pak HSW
    naksir banget sebenernya, tapi masih ragu ada gyronya apa ngga
    jadi ambil yang laen deh πŸ™

  50. Laptophia says:

    Rata2 smartphone Lenovo kameranya cuma “lumayan” ya pak… Setuju kah?

    Melihat komen yang ada di sini, ternyata masih banyak konsumen yang memuja skor antutu πŸ˜†

  51. Angela says:

    Saya lupa mengetik pertanyaan saya di post mana pak herry makanya saya mengulang pertanyaan saya disini. Maaf sebelumnya merepotkan pak herry

  52. michael says:

    Pak Herry SW,
    Dimana bisa mendapatkan LG G2 32GB dengan harga 2,6 ya? Lokasi saya kebetulan di surabaya sekarang.Sayangnya masih single sim. Klau dgn harga sama saat ini yang sepadan kira2 apa ya? Dual sim, kamera ok, baterai sedang tidak terlalu boros dan layar sedap dipandang. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Michael,

      Coba cek di Erafone Megastore Mal Galaxy. G2 yang 16 GB Rp 2,399 juta, sedangkan yang 32 GB Rp 2,599 juta.

      Yang harga setara nggak ada. Gimana kalau turun sedikit ke Hisense Pureshot yang harga barunya Rp 1,999 juta.

      • adrian2302 says:

        Sekedar bagi info Pak Herry. Harga G2 diatas sepertinya hanya berlaku untuk event cuci gudang erafone dg kondisi ex service/display tanpa garansi ya pak ?. Ini link nya dari twitter erafone goo.gl/b7oYKo
        Kemarin saya sempat nanya ke apollo masih dijual 4,2 jt untuk yg 32GB.

        • Herry SW says:

          Pak Adrian2302,

          Titik awalnya memang dari acara cuci gudang di Jakarta pada awal Maret 2016. Namun, program itu kemudian diteruskan ke gerai-gerai Erafone di seluruh Indonesia dan untuk barang dalam kondisi 100% baru plus bergaransi resmi.

          Harga yang berlaku:
          * G2 16 GB Rp 2.499.000
          * G2 32 GB Rp 2.699.000

          Kalau yang eks-service dan tanpa garansi dibanderol Rp 2.250.000.

          Silakan mencarinya di gerai Erafone. Kalau di toko-toko milik perorangan seperti Apollo, harganya pasti jauh lebih mahal.

  53. Daniel says:

    Reply,
    Hehehe.. padahal udah saya panjangin pake Brand Xiaomi Note 3, ternyata lagiΒ² salah hehehe…
    Makasudnya Xiaomi Redmi Note 3 πŸ˜€

  54. syahrullah herdiansyah says:

    ko herry,mau tanya powerbank
    yang recomended itu apa ya? asus zen power apa xiaomi powerbank (maaf saya lupa namanya) atau ada merk lain yang lebih bagus dari keduanya? terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Syahrullah Herdiansyah,

      Power bank Xiaomi dan Asus ZenPower sama-sama layak beli. Bagus kok. Hati-hati saat beli ya. Sebab, banyak barang palsu yang beredar.

      Mau yang lebih bagus? Silakan melirik merek MiLi, Sony, dan Energizer.

  55. Siswanto says:

    Maaf oot dikit, xiaomi power strip itu layak beli kah dengan harga rp 138000 via buka lapak mumpung free ongkir. Output untuk usb kan ada 3 ya?

    • Herry SW says:

      Pak Siswanto,

      Wuih… kok murah banget ya. Biasanya harga mendekati Rp 200 ribu.

      Layak beli. Saya sendiri sejak September tahun lalu rutin memakai produk tersebut. Keluhan saya cuma satu, lubang untuk memasukkan colokan non-USB (misalnya, charger laptop) sangat keras. Benar, ada tiga port USB.

  56. Ronald Chen says:

    Tambahan lagi kekurangannya yg sangat menganggu pak, bobot p1 turbo ini sangat berat bagi saya + licin dan tebal.. Tp ini sih subyektif ya,, dan konsekuensi baterai monsternya..
    Tidak nyaman digenggam dan di saku.
    Cukup pegal browsing berlama-lama(misal 1 jam)
    Akhirnya setelah pakai 1 minggu p1 turbo hasil pre order dilepas lumayan pak 3,7
    Awalnya sih buat minang LG G4, tp anggaran masih belum cukup.
    Akhirnya minang pureshot berkat rekomendasi koh HSW.
    Ternyata memang bagus pak. Sy sudah cukup puas sama kinerja keseluruhan hisense pureshot.,utamanya hasil kamera.
    Bobot pureshot kalo ditambah bobot powerbank merk lokal 9800mah= jadi mirip bobot p1 turbo pak.
    Trus bisa pakai True Unlimited 75k/bln smartfren lagi pak.
    Nfc, fingerprint sensor tidak sy butuhkan pak. Satu satunya hal yg sy rindukan dari p1 turbo setlah beralih ke pureshot, yaitu Turbo Charging nya itu koh.
    Seandainya pureshot ini bisa fast Charging juga, sy rela menambahkan budget utk membelinya.

    Terima kasih koh atas rekomendasinya memilih pureshot.

    • Herry SW says:

      Pak Ronald Chen,

      1. Oh, kalau bobot Vibe P1 Turbo, buat saya sih tak masalah. Benar, bodi memang agak licin. Tinggal dipadukan dengan case tambahan deh.

      2. Wuih… Vibe P1 Turbo bekas sukses dijual Rp 3,7 juta? Tinggi itu. Harga pasaran bekasnya saat ini Rp 3,4 juta sampai Rp 3,5 juta.

    • Vicky says:

      Tks Pak sudah direview Lenovo Vibe P1 turbo-nya.

      Benar kata Pak Ronald Chen, andaikan Pureshot awet baterai dan/ atau ada fitur fast charging-nya. #Pengenbangetinijadikenyataan

      Byw, gimana ya Pak ngusulin hal ini ke petinggi Hisense? πŸ™‚

      Tks Pak

      • Herry SW says:

        Pak Vicky,

        Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

        Secara teknis saya yakin Hisense bisa membuat ponsel seperti itu. Namun, harga pasti akan lebih mahal. Bisakah pasar menerimanya? Itu yang harus dihitung dengan cermat oleh Hisense.

  57. Nanang says:

    Malam, koh…
    Lagi galau nih pilih P1 Turbo atau Redmi Note 3 Pro?
    Yg sy incar, sesuai urutannya:
    1. Fingerprint
    2. Baterai kapasitas besar (atau kecil tp irit daya)
    3. 4G LTE
    4. ram / internal besar
    Btw layanan purna jual lenovo bagus nggak?

    NB: sialnya waktu tanya dua tipe itu di konter malah ditawari merk O*PO. Setelah baca2 penjelasan om Herry, pengen gue balik omongan tuh sales πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Nanang,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Redmi Note 3 Pro. Ponsel itu belum ada yang bergaransi resmi lho.

      NB: asal jangan salesnya yang dibalik ya. πŸ™‚

  58. Nanang says:

    Berarti kemungkinan (sangat) besar om Herry nggak bakal coba / review XRN3 Pro ya? Hehehe….
    Lha kl P1 Turbo recommended nggak (sesuai kriteria kebutuhan saya) untuk jangka waktu yg cukup lama? Soalnya saya bukan tipe suka ganti2 hp.

    • Herry SW says:

      Pak Nanang,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Wah, ada ponsel baru ya. Mereknya XRN3 Pro?

      Kecuali kamera, Vibe P1 Turbo menurut saya layak beli sih.

  59. hendra says:

    Hape lenovo sebenernya bagus2,hanya saja kamera di low light aelalu mengecewakan,ada vibe shot tp pakai snap 615 yg hot.btw ni hape bukannya pakai snap 616 ko?

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Vibe P1 Turbo pakai Snapdragon 615 kok.

  60. Fachri says:

    Pak herry hasil foto lenovo vibe p1 turbo nya bisa foto hasil yg belakang nya blur atau foto bokeh,klw di asus kaya pakai mode bidang kedalaman,jd objek nya fokur bngt blkng nya blur?

    • Herry SW says:

      Pak Fachri,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Oh, kalau dibandingkan dengan mode di Asus itu, hasil jepretan di Vibe P1 Turbo pasti kalah bokeh. Yang di Asus kan “dimasak” lagi pakai software, Pak.

  61. fat says:

    Pak Hery Ponselnya masih ada? bisa sy beli?

    • Herry SW says:

      Pak Fat,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Sayangnya Anda terlambat. πŸ™‚

  62. Charles says:

    Malem ko herry mau nanya apa signal telpon maupun data lenovo p1 turbo ada masalah?thx…

  63. Amunes says:

    Oh ini nih hp yg dibilang orang iseng yg dibandingin sama oukitel k10000 saya

    Ternyata batrenya 5000 mah. Malah Dibandingin sama yg 10000, untung saya ngabaikan orang itu πŸ™‚

    Selain batre ngga begitu unggul ya dr saingannya?

  64. dhani rist says:

    Review LG G Pro 2 dunk koh, katane tu hh speck manteb tapi pemasarannya kurang rame, makanya tidak begitu dikenal..

    • Herry SW says:

      Pak Dhani Rist,

      Saya tak bisa me-review G Pro 2 karena ponsel itu sudah lama banget beredar di pasar. G Pro 2 memang barang bagus kok. Namun, gara-gara mereknya LG, keberadaan ponsel tersebut jarang diketahui konsumen.

  65. Novie Y says:

    Om herry S.W ,maap out, utk aplikasi screen off vibe p1 turbo nya pake yg apa yaa di playstore?

  66. Novie Y says:

    Padahal sering ketemu di food court ciwo lho om Herry, kok jadi bu Novie Y?? Hikksss…. Makasih atas infonya om

  67. Anton says:

    pak Herry,

    Kala martabak telur, sudah pernah coba Malabar ?
    enak untuk ukuran lidah saya.

  68. synder p says:

    mohon maaf. saya jalan-jalan ke toko dan melihat lenovo p1 turbo dijual dengan harga 4,050an juta. apakah ini wajar? soalnya ketika ditawar pun sudah tidak bisa. jika dibandingkan dengan oppo f1, manakah yang lebih layak beli? terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Synder P.,

      Menurut saya, tidak wajar. Harga ritel resmi Vibe P1 Turbo Rp 3,999 juta. Kalau maksimal Rp 4 juta masih bisa dimaklumi. Kalau sampai di atas itu, tak wajar deh.

      Oppo F1? He… he… lupakan ponsel merek Oppo deh.

  69. you says:

    waduh judulnya agak menipu.. hampir aja kecele.. me-mositif-kan yg negatif (lupa nama majasnya apa)

    sekedar share, dua minggu lalu saya nemenin ibu sy cari hp baru di tempat biasa sy TT HP (plasa simpang 5 semarang) soalnya hp lama ibu sy, BB curve 9320 udh masuk masa pensiun stlh 3.5 tahun pake. Awalnya sih ingin nyari BB q10 atau q5 second, setelah keliling-2 cari HP, akhirnya nemu huawei honor 4c dan dapet harga 2.3jt. sebelum itu sempet ditawarin HP oppo sama penjualnya tp gk mau ibu saya. setelah sampe rumah, saya akhirnya nyoba HP tsb dan performanya wow banget utk sosmed

  70. Vicky says:

    Dear Pak Herry,

    Kalau saya mau beli Oukitel K10000 itu pasti tanpa garansi resmi ya Pak?

    Di tokopedia ada yg jual dengan garansi toko 1 minggu dan garansi resmi Oukitel 1 tahun. Apakah Pak Herry tahu atau pernah tahu dari kerabat Bapak pengurusan garansi untuk HP tanpa garansi resmi seperti ini? Saya tertarik karena ada smartphone yang punya kapasitas baterai sebesar ini.

    Terima kasih Pak.

  71. Vicky says:

    Terakhir Pak, cukup worthy-kah Oukitel K10000 ini dengan spek yg ditawarkan dan harga jualnya yg cukup mahal Rp 3,6 juta.

    Tks Pak πŸ™‚

  72. Anton says:

    Pak Herry,

    ah maaf, saya mereply pertanyaan bapak di atas, masih di kota Semarang, jl Gajah Mada, di samping terang bulan Gang Baru yang melegenda itu πŸ™‚

  73. Doni says:

    Pak Herry,
    Kenapa ya sampai sekarang saya blm ketemu Asus zenfone 2 laser seri 550KL yg resmi? Atau memang gk bakalan masuk resmi di indo kah?
    Trims Pak..

  74. Angela says:

    Saya mau bertanya pak. Apakah di hisense pureshot tdk memperikan apk memo? Makasih

  75. Haqqi says:

    Mau tanya ko . ram a7000+ 2gb . kepake sistem 1gb .idlenya cuma 800.an . . . itu p1 turbo sistemnya cuma 300.an , jdi pingin beli nih .

  76. Angela says:

    Setelah saya melihat lihat semua aplikasi yg tersedia di hisense pureshot mengapa saya tdk menemukan Memo didalamnya ya pak? Apakah memang tdk ada ya? Trs mau nanya juga hp ini tdk seperti hp LG ya yg bisa knock on? Lalu saya mau bertanya juga apakah aksesoris hisense ini sudah beredar di pasaran?

    • Herry SW says:

      Bu Angela,

      Kalau tak ada, Anda tinggal mengunduh dari Play Store tho. Gunakan kata kunci memopad atau notepad.

      Hisense Pureshot bisa kayak knock on-nya LG kok. Di ponsel itu namanya doubhe tap to wakeup. Silakan masuk ke menu settings, general settings, motions and gestures, motions, double tap to awake, lalu sentuh tombol geser atau geser tombol ke kanan sampai berwarna hijau.

  77. Vicky says:

    Pak Herry Yth,

    Mohon sarannya powerbank kualitas terbaik apa ya?

    Mohon ulasan yg gak apa-apa singkat aja (kalau panjang, Pak Herry takutnya sibuk) namun mudah dimengerti oleh awan seperti saya, apa efek (positif dan negatifnya) dari suatu powerbank ke HP?

    Apakah kalibrasi dapat menyembuhkan penyakit baterai yg sudah soak?

    Tks Pak

    • Herry SW says:

      Pak Vicky,

      Kalau harga tak masalah, silakan beli merek Energizer, MiLi, dan Sony.

      Positif: ya bisa mengisi ulang ponsel saat kehabisan daya, padahal Anda jauh dari colokan listrik.
      Negatif: kalau power bank yang dipakai berkualitas rendah, dalam jangka panjang baterai lebih cepat rusak. Bahkan, ponsel bukan mustahil ikut bermasalah.

      Tidak bisa. Kalau baterai sudah rusak ya silakan diganti.

  78. Vicky says:

    Pak Herry Yth,

    Satu lagi pertanyaan saya.

    Apakah sudah ada produsen yg bisa membuat smartphone dengan baterai yang kuat dan kamera yg baik?

    Apakah dua hal ini tidak bisa disandingkan dalam suatu smartphone? Sehingga salah satunya mesti rela berkorban? Baterai kuat kamera pas-pasan. Kamera bagus, baterainya lemah.

    Tks Pak

    • Herry SW says:

      Pak Vicky,

      Ada. Contohnya, Sony Xperia Z5 Dual.

      Bisa. Namun, perlu usaha lebih dan harga jual tak bisa ditekan sangat rendah.

  79. Angela says:

    Tapi itu hanya berfungsi bila menghidupkan layar saja pak. Tidak untuk mematikannya. Saya mau nanya pak, apakah led hp hisense ini tdk dpt digunakan? Jika bisa bagaimana cara menggunakannya pak?

    • Herry SW says:

      Bu Angela,

      Oh, Anda juga ingin ketuk-ketuk untuk memadamkan layar? Caranya tidak bisa sama dengan LG sih.

      Coba lakukan ini: masuk ke settings, general settings, buttons, pilih double tap action di bagian home button, kemudian pilih turn screen off.

      Selanjutnya, untuk memadamkan layar, Anda cukup mengetuk tombol home sebanyak dua kali.

      Soal LED, terus terang saya tidak memperhatikannya.

  80. Vicky says:

    Pak Herry pakai sony xperia z5 dual ya? Tks

  81. Vicky says:

    Coba kalo pureshot bisa ketuk layar 2 kaliya bisa jadi padam juga ya. Kan enak juga, gak usah menjangkau button home. Tks

  82. Vicky says:

    Coba kalo pureshot bisa ketuk layar 2 kali ya bisa jadi padam juga ya. Kan enak juga, gak usah menjangkau button home. Tks

  83. Vicky says:

    Maaf banget ke-post dua kali. Jgn marah ya pak. Tks

  84. Hengky Fanggian says:

    Koh Herry, Hp ini khan baterai tanam — andaikan ngeHang gimana cara restartnya, apakah ada lubang tusukan untuk restart dibodinya ? Tq

    • Herry SW says:

      Pak Hengky Fanggian,

      Kalau sampai hang, tinggal tekan tombol power selama belasan detik sampai ponsel padam.

  85. dede diana says:

    Pak Herry, saya mau beli HP antara Lenovo P1 Turbo atau Asus Zenfone Selfie ZD551KL 3/32 , pilih mana ya pak… ? Di Erafone harga selisih 1 juta.. Saya suka foto, musik, game ringan , sosmed, dan browsing… Butuh otg juga. Thanks sebelumnya ya Pak..

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Dede Diana,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Zenfone Selfie. Kalau Vibe P1 Turbo secara umum layak beli. Kameranya saja yang kurang bagus.

      Dengan kebutuhan Anda, menurut saya, Asus Zenfone Max yang dibanderol Rp 2,599 juta pun mestinya sudah memadai.

  86. Eko Kurniawan says:

    Kalo hp yang kamera dan batre bagus dah 4g di bawah 5jt apa ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Eko Kurniawan,

      Kalau yang benar-benar istimewa sih tak ada. Kalau yang paling mendekati ya Asus Zenfone Max. Harga barunya Rp 2,599 juta.

  87. Hari says:

    pak herry,

    ada rencana mereview Asus Zenfone Max?

    perbandingan kinerja kedua hp berbatere 5000mAH ini bagaimana ya pak?

    terimakasih..

  88. alfa says:

    HP ini tampaknya ada 2 hal yg hilang. Yg pertama, dia tampaknya tdk bisa grouping aplikasi ke dalam folder, kecuali di home screen. Dan kedua, biasanya android ada 3 tombol sederet di bawah, yg ini kurang tombol untuk opsi yg keliatannya dihilangkan. Apakah memang demikian?

    • Herry SW says:

      Pak Alfa,

      Soal grouping, saya tak memperhatikannya.

      Tombol opsi kayak gimana ya? Saat berada di home screen, tekan dan tahanlah bagian kosong di layar. Bukankah akan muncul aneka pilihan? Apakah itu yang Anda maksud?

  89. Doni Krisdiyanto says:

    Lahh pak..itu battery 5.000 mah..harga 3.9 y sngt2 wajarlah klo awet..ada harga ada brg tentunya..lumrah bukan.suatu hal yg mengagumkan lenovo vibe ini pak..

  90. alfa says:

    Bukan pak Herry SW, tombol ini kslau disentuh biasanya keluar semacam dropdown menu

    • Herry SW says:

      Pak Alfa,

      Oh yang itu. Saya yakin tetap ada bagian di layar yang bisa disentuh untuk menampilkan menu itu, tetapi saya tak ingat ada di mana.

      Kalau fungsi itu tidak ada, pasti saya sudah bingung saat menguji pakai ponsel tersebut.

  91. Ryo Saeba says:

    Pak HSW,

    saya termasuk yang preorder P1 Turbo ini. Pengalaman pribadi, kadang dari keadaan lock ke screen on, keyboard-nya lag berat. Tadinya saya pikir karena saya pakai microsd 64 GB, tapi nyatanya setelah saya copot pun tetap kadang terasa lag-nya. Lalu sejak dari awal punya, sudah 2 kali tidak responsif sampai akhirnya paksa dimatikan. Kondisi software sudah terbaru, dan seperti semua Android, kalau baru boot dari kondisi mati, bagian atas layar tidak respon, alias tidak bisa swipe down untuk menampilkan notifikasi misalnya. Harus didiamkan beberapa saat baru fungsi swipe down normal kembali.

    • Herry SW says:

      Pak Ryo Saeba,

      Terima kasih atas testimoninya.

      Bapak adalah orang ketiga atau keempat yang mengalami hal seperti itu dan melapor kepada saya. Terus terang saya tak berani memastikan penyebabnya ada di mana. Dua unit Vibe P1 Turbo yang saya gunakan (abu-abu dan emas) kebetulan tidak mengalami masalah itu. Demikian pula beberapa Vibe P1 Turbo yang dipakai teman saya.

  92. deto says:

    Pk herry yth,
    Maaf mau tanya pendapat?Hp apa yg ram,memory internal dan eksternalnya besar dan kameranya lumayan bagus,harga dibawah 5 jt….#trim’s

    • Herry SW says:

      Pak Deto,

      Silakan melirik Lenovo Vibe Shot. Boleh pula berburu promo LG G4. Kemarin di Blibli ponsel itu sempat dijual Rp 4,699 juta saja.

  93. Ryo Saeba says:

    Apa mungkin pengaruh app ya yang bikin keyboard lag? Salah satu app pertama yang saya pasang adalah Cerberus, apakah Pak HSW pasang juga atau tidak?

    • Herry SW says:

      Pak Ryo Saeba,

      Kemungkinan itu tidak bisa diabaikan. Saya tidak pernah menggunakan aplikasi Cerberus di Vibe P1 Turbo.

      Saat Vibe P1 Turbo Bapak masih dalam kondisi segar alias belum diperkaya dengan aplikasi tambahan, apakah ponsel sudah mulai terasa bermasalah?

  94. Alfa says:

    O ya, pak Herry, saat saya beli hp ini, oleh orangnya lenovo diwarning, jgn update system paling tidak sebelum 6 bulan, takutnya malah hpnya trouble sampai mati. Katanya di 2 seri lenovo lainnya, ada kasus demikian. Apa iya?

    • Herry SW says:

      Pak Alfa,

      Saya belum pernah mendengar kasus seperti itu. Saat memakai Vibe P1 Turbo, saya sempat melakukan update firmware dan baik-baik saja kok.

  95. Ryo Saeba says:

    Nah itu dia, ritual pertama punya Android baru pasti pasang Cerberus hehehe. Nanti deh kalau ada waktu dicoba di-uninstall dulu. BTW, saya baru tahu bagian belakangnya aluminum setelah baca review ini.

  96. alfa says:

    Kalau begitu saya update saja. Hehehe
    Thanks

  97. Slamet says:

    Koh Herry, maaf saya mau tanya, secara umum bagusan mana pelayanan purna jual antara Lenovo dengan Asus, antara produk Lenovo dengan Asus? Saya berminat dengan Asus selfie zd551KL, bagaimana menurut koh Herry? Kalau dibandingkan dengan Lenovo K4? Terima kasih sebelumnya

  98. ridwan says:

    Pak, saya punya vibe p1 turbo, baru 1 bulan mati total..ada yang mengalami?

    • Herry SW says:

      Pak Ridwan,

      Baru kali ini saya menerima laporan Vibe P1 Turbo mati total. Tiba-tiba mati atau sebelumnya ada gejala tertentu, Pak?

      Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  99. Jimmy says:

    Oh ya koh Herry, maaf mau nanya, Kemarin pakai Tempered glass merk apa ya di P1 ini? Apa ada lapisan oleophobic nya, sehingga terasa licin? Thx…

    • Herry SW says:

      Pak Jimmy,

      Tempered glass tanpa merek yang jelas. Lha harganya cuma Rp 30 ribu. Kualitasnya kurang bagus. Cenderung kesat dan mudah terangkat.

  100. Slamet says:

    Koh Herry terima kasih atas jawabannya, mengenai bagusan mana antara Asus selfie zd551KL dg lenovo K4 bagaimana? Kl koh Herry belum pernah pakai keduanya sehingga tidak bisa kasih saran, bagaimana dg prosesor qualcomm (dipakai asus) dg mediatek (yg dipakai K4)? Berdasarkan pengalaman koh Herry, prosesor mana yg lebih baik? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Slamet,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu.

      Tidak bijak menentukan bagus tidaknya suatu ponsel hanya dengan melihat spesifikasi di atas kertas.

  101. Kevin says:

    Pak mau tanya, kalau tidak melihat garansi, mana bagusan Xiaomi Redmi Note 3 atau Asus Zenfone Max?

    Atau mungkin ada saran lain, ponsel kisaran 2-2,5-an juta(lebih dikit gak apa2 asal jangan sampai 3juta)?Pinginnya sih yang awet, jadi bisa dipakai sampai rusak (moga-moga bisa > 2thn). Kamera standar aja, yang penting performa.

    Makasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Kevin,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Redmi Note 3.

      Ada Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta. Review sudah tersedia di blog ini.

      • Kevin says:

        Ya, tapi sayangnya kayaknya Infinix susah dicari di konter HP di daerah saya, dan saya juga agak males beli online.
        Kalau Asus Zenfone Max gimana? Kayaknya mirip Zenfone 2 Laser, tapi dengan baterei yang besar ya?

  102. Jimmy says:

    Thanks kho Herry atas jawabannya.. ?

  103. Achmad says:

    Pak, untuk konektivitas 4G nya selama makai phone ini gimana ya? kan di Indonesia masih belum support volte, apakah voice quality maupun perpindahan dari 3G ke 4G ada masalah, jika dibanding dengan yang lain?
    Terima Kasih pak atas berbagi pengetahuannta

  104. Yusup says:

    Mo nanya, Pak. Kalo di budget yang sama seperti P1 Turbo (antara 3,5-4 juta), pilihan terbaik jatuh ke yang mana? Dan apa alasannya?

  105. Yusup says:

    Satu pertanyaan lagi. Bila mengabaikan masalah ketahanan baterei, untuk keperluan aktivitas sehari-hari untuk chatting, browsing, cek email, sesekali motret dan sesekali main game yang tidak terlalu berat, mana yang lebih baik antara P1 Turbo dengan Lenovo A7000 Plus? Secara harga terpaut sekitar 1 juta. Alasan pemikirannya gmn?

  106. Yusup says:

    Kebutuhan saya untuk keperluan aktivitas sehari-hari untuk chatting, browsing, cek email, sesekali motret dan sesekali main game yang tidak terlalu berat, misal Plant Vs Zombie 2. Kalau bisa dapat yang kamera cukup mumpuni dengan kualitas suara yang lumayan. Ama GPSnya yang OK, karena sering buat penunjuk arah apa lagi kalau nyetir ke luar kota

    • Herry SW says:

      Pak Yusup,

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, carilah Lenovo Vibe Shot bekas deh. Alasannya ya karena mampu memenuhi kriteria Anda.

  107. Yusup says:

    hehe… gitu, ya, pak? Kalo misal kebutuhan utk fotonya tidak diprioritaskan, apakah ada alternatif lain?

    • Herry SW says:

      Pak Yusup,

      Kalau kebutuhan Anda seperti itu, berarti pilihannya Infinix Note 2 dan Lenovo Vibe P1 Turbo.

  108. Raha says:

    dear ko herry

    mohon tanya. kalau antara vibe P1 dan Vibe shot
    menurut ko Herry lebih worth mana ya?

    karena kalau saya liat sekilas itu plus minus antar 2 tipe itu pada di batterei dan kamera
    (apakah ada lagi yg saya miss)

    atau apakah ada saran untuk brand yg lain?

    thanks

    • Herry SW says:

      Pak Raha,

      Kuncinya bergantung Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai (Vibe P1 Turbo) atau kinerja kamera (Vibe Shot). Itu saja sih.

      Untuk merek lain, yang baterai tahan lama dan kamera tergolong bagus (lebih bagus daripada Vibe P1 Turbo), ada Asus Zenfone Max. Namun, tingkat kegegasan ponsel itu di bawah Vibe P1 Turbo ya.

  109. Raha says:

    dear ko herrry

    ok thanks atas infonya

    ini kebetulan saya diinfo kalau ASUS yg terbaru (termasuk max) sudah tidak pakai Intel lagi
    (saya anti intel untuk mobile phone hehehehe)

    kalau dgn ASUS Selfie apakah ko herry th mencobanya?

    thanks

    • Herry SW says:

      Pak Raha,

      Iya, Zenfone Max tidak menggunakan prosesor Intel.

      Karena saya nggak suka berswafoto, saya tidak tertarik menguji pakai Zenfone Selfie.

  110. Anugra01 says:

    Ko Herry

    Saya berminat membeli Lenovo Vibe P1 Turbo ini, tetapi saya baca2 di forum kaskus katanya update software terbaru membawa masalah di contact loading dan baterai boros, apakah Ko Herry confirm? Thx ya

    • Herry SW says:

      Pak Anugra01,

      Ya, saya konfirm tidak mengalami dua hal tersebut.

      • Anugra01 says:

        Dear Ko Herry

        Terima kasih until replynya yg sangat cepat, sekedar bertanya apakah Bapak sudah update me firmware / software terbaru? Thx before

        • Herry SW says:

          Pak Anugra01,

          Saya selalu memperbarui ke versi terbaru. Namun, kalau dalam seminggu terakhir ternyata ada yang baru lagi, saya tak sempat lagi mencicipinya.

          • Anugra01 says:

            Ko Herry

            Terima kasih banyak Ko, sukses selalu ya

          • Herry SW says:

            Pak Anugra01,

            Amin. Terima kasih. Sukses selalu juga untuk Anda.

          • Jimmy says:

            Sudah ada update ke Android 6.0.1.
            Dan sekarang sudah mendukung sensor Fingerprints sampai 5 jari, dan ada ketambahan feature gesture fingerprints, bisa tekan, sentuh dan geser kanan/ kiri

          • Herry SW says:

            Pak Jimmy,

            Terima kasih atas informasinya.

          • Anugra01 says:

            Dear Pak Jimmy

            Terima kasih until updatenya, setelah diupdate ke 6.01 bgmn Pak? Makin ciamik?

  111. Astri Hariasanti says:

    Bagus tentang review lenovo Vibe P1 Turbo.
    Saya ingin tanya, bagaimana cara mengatur/memindah aplikasi di kolom menu sesuai dengan urutan pengguna.
    Karena di Vibe P1 Turbo aplikasi diatur pilihannya menurut judul, peluncur dan waktu pemasangan.
    Mohon jawabanya…..
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Bu Astri Hariasanti,

      Maksudnya urutan aplikasi ingin diurutkan sesuai keinginan Anda ya? Kalau iya, tampilan launcher-nya silakan diganti menjadi Vibe UI dulu.

  112. Fatchur Rozi says:

    Bagus tentang review lenovo Vibe P1 Turbo.
    Saya ingin menanyakan apakah internal room penyimpanan 32gb itu termasuk untuk instal applikasi pak herry, saya agak trauma dengan lenovo k900 yg mana memory internal 32gb namun untuk applikasi ternyata hanya tersedia 2gb saja jadi agak kesulitan ketika instal aplikasi lain atau upgrade aplikasi….
    Terima kasih

  113. Ryo Saeba says:

    Pak Herry, barusan akhirnya uninstall Cerberus. Sepintas sih memang keyboard lag/touch lag penghilang, kalo saya gak komen lagi berarti memang penyebab utamanya si Cerberus.

  114. Fauzan says:

    Saya mau tanya pak…saya sudah berencana untuk ganti hp dan cari-cari hp dengan harga 4jt – 3jt an kebawah…setelah melihat review-review tentang Lenovo Vibe P1 Turbo saya sedikit tertarik walau agak berat…tapi sisi negatifnya ada di cameranya yg kurang bagus kan pak? Saya mungkin agak jarang memakai camera dan lebih sering game, browsing, dan buka sosmed yang kadang di waktu yang sama…hp saya sekarang Samsung Grand 2, dibandingkan P1 Turbo cameranya hasilnya lebih jelek kan ya? Apakah bapak punya saran hp yg cameranya lebih bagus dan speknya bisa sama/hampir sama dengan P1 Turbo? Atau P1 turbo pilihan yang terbaik?

    • Herry SW says:

      Pak Fauzan,

      Kalau Anda akan lebih banyak memotret di lokasi yang terang, kamera Vibe P1 Turbo masih tergolong lumayan bagus kok. Lain halnya bila Anda sering memotret di lokasi berpencahayaan kurang memadai.

      Oh, kalau diadu dengan Grand 2, ya masih lebih unggul Vibe P1 Turbo.

      Dengan membaca paparan Anda, seharusnya Vibe P1 Turbo saat ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

  115. Feri Yohanes says:

    Mas, saya mau tanya tentang hp oppo f1 plus, dia punya gyroscope dan nfc ga yah? Soalnya saya mau buat virtual reality.. mohon dibalas yah

    • Herry SW says:

      Pak Feri Yohanes,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba F1 Plus. Saran saya, jangan pernah berencana membeli ponsel Oppo deh.

  116. Kevin says:

    koh herry, pas charging panas berlebihan tidak ponselnya?

  117. dim says:

    koko mau tanya
    kalo lenovo p1 turbo sama sony z3 compact
    disaranin pilih yg mana
    atau lenovo p1 sama sony z3+
    thanks

  118. yayu lauma says:

    Pak herry kalo hp yang baterai cukup tangguh dan kamera bagus sekitar harga kurang dari 4jt.. bagusnya hp ap pak? Saya tertarik dengan vibe turbo tapi takut hasil kameranya kurang memuaskan..

    • Herry SW says:

      Bu Yayu Lauma,

      Kalau harus memenuhi dua kriteria itu, di kisaran harga kurang dari Rp 4 juta belum ada nih.

      Yang paling mendekati ya Vibe P1 Turbo dan Zenfone Max.

  119. Sarifin says:

    Saya baru beli p1 turbo. Pakai 1 bln. Tiba2 inetnya gak jalan. Pahadal signal telkomsel ada. Data access juga sdh pilih sim 1. Kotak sana kotak sini. Bawa telkomsel. Org telkomsel pun nyerah. Disuruh bawa ke lenovo. Saya factory defaultkan baru bisa jalan. Saya pun gak tau masalahnya dimana.

    • Herry SW says:

      Pak Sarifin,

      Kemungkinan ada pengaturan yang tanpa sengaja berubah. Detailnya tak bisa saya pastikan karena saya tidak memegang langsung ponsel Anda.

  120. ardy says:

    pak saya mau tanya…apakah p1 turbo di recomended untuk hp gamers…dan klo bisa di kasih info dong pak hp apa aja yg recomended untuk bermain games…

    • Herry SW says:

      Pak Ardy,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya bukan penggemar game. Jadi, kalau spesifik untuk bermain game, saya tidak bisa memberikan saran yang menukik. Untuk aktivitas bermain game secara umum, Vibe P1 Turbo mestinya boleh dilirik. Spesifikasinya cukup tinggi. Kapasitas baterainya juga besar.

  121. Monica says:

    Malam ko herry, sy baru membeli lenovo p1 turbo hari ini.
    Ketika sy mau charge perdana, baterai sisa 9%, hp dlm kondisi mati saat di charge. Sebelum dimatikan, hp sempat dipake sekitar stgh jam dan kondisi sedikit hangat.
    Saat di charge dr 9% hingga sekitar 60%, hp terasa sangat panas ko. Panasnya seperti baru internetan bbrp jam,
    Tp dr 60% sampai 100% hp sdh tdk terasa panas lg.

    Apa ko” mengalami hal serupa dan itu kira” apa ada kerusakan gak ya?

    • Herry SW says:

      Bu Monica,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Hangat mendekati panas-kah? Asalkan tidak sampai panas banget sehingga tak bisa digenggam tangan, hal itu masih bisa dikategorikan wajar. Sebab, Vibe P1 Turbo mendukung fast charging. Ketika daya baterai tinggi sedikit, proses isi ulang akan lebih ngebut sehingga bodi ponsel menjadi lebih hangat.

  122. ardyninja says:

    pak saya mau tanya…apakah ponsel ini bisa di bilang untuk ponsel gaming…krn saya tertarik dengan ketahanan baterainya dan performanya…

    • Herry SW says:

      Pak Ardyninja,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya bukan penggemar game. Jadi, kalau spesifik untuk bermain game, saya tidak bisa memberikan saran yang menukik. Untuk aktivitas bermain game secara umum, Vibe P1 Turbo mestinya boleh dilirik. Spesifikasinya cukup tinggi. Kapasitas baterainya juga besar.

  123. Cahyadi Rustanto says:

    Dear Pak Herry,

    Review bapak bagus sekali, sekarang saya sudah beli lenovo p1 turbo. Utk pemakaian pertama kali, apakah harus di charge sampai 100% dulu atau perlu smp bbrp jam walaupun sudah 100%?

    Thanks.

  124. yuli says:

    Pak mau tanya, lenovo p1 saya macet pada saat SMS,gimna caranya agar kembali normal,di auto restrat gak bisa..m9hon bantuannya

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Yuli,

      Macetnya gimana? Tidak bisa masuk ke menu SMS atau gagal terkirim? Coba di-reset (bukan restart) deh.

  125. Riri says:

    Pak..2 hari yang lalu ane baru beli hp ini pak..trus beli memori external nye 32 gb.. Kira2 kegedean apa kekecilan pa memori nya… ?apa pas pak segitu. Blas ya pak.. Makasih

    • Herry SW says:

      Bu Riri,

      Ya bergantung kebutuhan Anda. Ada yang merasa 32 GB terlalu besar, sebaliknya ada yang menganggap terlalu kecil. Buat saya sih sudah cukup banget.

  126. faris says:

    Intinya lenovo vibe p1turbo mudah panas gak?

  127. Rizal says:

    Mau tnya om,,Kenpa pas udh upgrade marshmellow hp Lenovo vibe p1 sya jadi susah buka galeri?

    • Herry SW says:

      Pak Rizal,

      Maaf, tak tahu. Saya tidak pernah mencoba Vibe P1.

      Sedikit saran dan dugaan: usai update ke Marshmallow, apakah Anda sudah melakukan factory reset? Kalau belum, coba lakukan hal itu.

  128. SUHERMANTO says:

    Pak mohon dishare cara aktifkan lagi fingerprint nya di P1 Turbo ini, gara2 udate ke Marshmellow jadi tidak ada pilihan open Screen lock by finger print.

    • Herry SW says:

      Pak Suhermanto,

      Saya belum pernah memakai Vibe P1 Turbo dengan OS Marshmallow. Jadi, saya tak tahu struktur menunya berubah menjadi bagaimana.

    • Cahyadi Rustanto says:

      Pak Suhermanto, coba dicari di Settings, lalu klik Security, disitu ada pilihan Fingerprint.

      Semoga membantu.

      • Herry SW says:

        Pak Cahyadi Rustanto,

        Anda sudah menggunakan Vibe P1 Turbo dengan OS Marshmallow ya? Baterainya lebih awet atau lebih boros dibandingkan saat masih Lollipop?

        Terima kasih.

        • Cahyadi Rustanto says:

          Yes Pak Herry, saya udah upgrade ke Android M, menurut saya blm terlalu keliatan lbh awet, pemakaian selama 15 jam 38 menit dari full, skrg baterai masih 58%, ga berasa ada perbedaan signifikan dr pertama waktu pakai lollipop. Btw Pak, tau aplikasi android yg bisa kasih peringatan suara kenceng kalau baterai udah full charged? Kyk waktu di jaman nokia dl kn ada tuh yg “charging complete”, hehe. Lumayan buat perpanjang umur baterai kyknya kalo aplikasi kyk gitu.

          • Herry SW says:

            Pak Cahyadi Rustanto,

            Terima kasih atas informasinya.

            Soal aplikasi, saya pernah menemukannya secara tak sengaja. Namun, karena sudah lama dan saya tidak memerlukannya, saya lupa judulnya.

          • Cahyadi Rustanto says:

            Ok Pak Herry, thank u, smoga blognya tetep mantap terus.

  129. david says:

    Saya baru beli hp lenovo vibe P1 turbo sekitar sebulan yg lalu trus kemaren waktu dicharge proses chargingnya titik jalan (indikator charge tidal ada progress) kemudian charger saya pahit Dan saya lakukan proses shuttdown. Kondisi batrai msh terisi sekitar 35% saat di shutdown. Kemudian setelah shutdown sama coba bulukan power on tapi hp tetap tidak bisa nyala lagi, ada yg pernah mengalami kasus ini? mohon infonya. Kl batrai tidak bs dicabut ya krna keburu dgn body, cmiiw. thx

    • Herry SW says:

      Pak David,

      “titik jalan” dan “charger saya pahit” itu maksudnya apa ya?

      Ok. Intinya ponsel tak mau menyala lagi kan? Coba tekan dan tahan tombol volume ke atas, volume ke bawah, dan tombol power secara bersamaan.

      Umpama masih bingung, silakan datang ke pusat perbaikan resmi Lenovo deh.

  130. Roberto Tjahjoputranto says:

    Ko Herry,
    Mohon bantuannya, dengan budget 4jt bisa dapet smartphone apa jika mencari spek:
    1. Processor tinggi
    2. Ram 3-4 GB
    3. Baterai tahan lama
    4. Tahan banting (saya sedikit slebor soalnya hehehe)
    5. Tidak lack & sering crash (penggunan 3 akun email, 4 akun socmed, 6-7 aplikasi tambahan, games)..saat ini seringnya crash/hang saat penggunaan aplikasi

    Apa pendapat Ko Herry mengenai Hisense Kingkong, Asus Zenfone 3, Lenovo Zuk dan Lenovo Vibe X3??

    Terima kasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Roberto Tjahjoputranto,

      Hmmm… yang paling mendekati kriteria sih Lenovo Vibe P1 Turbo.

      Tak ada pendapat. Lha saya belum pernah menguji pakai ponsel-ponsel yang Anda sebutkan.

  131. Kholiq Ws says:

    Ko Herry…
    Apa Lenovo Vibe P1 Turbo sudah support tuk screen mirror?
    Dengan budged sekitar Rp. 4 jt, android apa yg ko herry rekom tuk spek :
    a. RAM minim 3 GB
    b. Support konektivitas 4G LTE
    c. Bisa email, chating, browsing, sosmed, dan kamera depan minim 5 mp
    d. Bisa screen mirror
    Trims ya atas bantuannya…

    • Herry SW says:

      Pak Kholiq WS,

      Saya tidak terlalu memperhatikan. Mestinya sih bisa.

      Jawaban pertanyaan berikutnya, ya Vibe P1 Turbo.

  132. Marvin says:

    Pa Herry,

    Mau tanya kalau Vibe P1 Turbo, apakah slot untuk tambahan untuk memori (SD Card) terpisah atau hybrid dengan slot SIM 2 ?

    Lalu apakah pernah install apps di memori tambahan (SD Card) ? Soalnya HP Samsung Mega 5.8 saya tidak bisa install apps di SD card meskipun sudah pakai aplikasi APS2SD.

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Marvin,

      Selot microSD terpisah, bukan gantian dengan selot SIM2.

      Tak pernah. Saya masih berprinsip aplikasi tambahan diinstalasikan di memori internal supaya lebih optimal.

  133. Cahyadi Rustanto says:

    Pak Herry,

    Kalau Trusted Credentials di menu Settings >> Security >> Credential Storage, itu apa ya? Saya lihat di dlmnya kok ada byk sekali credentials di System yg saya ga tau fungsinya sm sekali, kalau di hp lenovo p1 turbo bapak punya, ada kayak gitu jg atau ga? Mohon infonya Pak.

    Terima kasih banyak.

    • Herry SW says:

      Pak Cahyadi Rustanto,

      Detail teknisnya saya juga tidak paham. Itu dipakai untuk menyimpan sertifikat yang terkait dengan akses VPN dan SSL.

      Saya tak memperhatikannya waktu memakai Vibe P1 Turbo.

  134. Indra says:

    maaf pak. kalo dibandingkan sama (lenovo) zuk z1, mending mana?
    apakah zuk benar-benar setara sama lenovo (zuk anak perusahan lenovo kalo hasil googling).
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Indra,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Zuk Z1.

      Satu hal yang perlu diketahui, layanan purna jual ponsel itu parah banget. Biarpun ngakunya bergaransi resmi, ketika ada masalah dan konsumen coba melakukan klaim garansi, konsumen dipingpong ke sana kemari.

  135. CHANDRA says:

    Pak Herry,

    kalo menurut bapak antara Lenovo K4 Note dgn P1 Turbo dengan melihat segala aspek namun mengabaikan dari segi battery mana yg lebih worth it tuk dibeli?
    Oh iya tuk P1 Turbo apakah support tuk VR & apakah sudah include dlm paket pembelian ? trima kasih sblmnya Pak Herry

    • Herry SW says:

      Pak Chandra,

      Kalau faktor daya tahan baterai diabaikan, ya mending ambil Vibe K4 Note.

      Saya belum pernah mencoba ber-VR pakai Vibe P1 Turbo. Paket penjualan tidak termasuk kacamata VR.

  136. Ivan Santoso says:

    Nice review Pak HSW.
    Sabtu kemarin sy baru beli P1 Turbo warna silver.
    Tp pas dipasang temper glass, hasilnya selalu tidak merekat sempuran di bagian kanan atas (dekat kamera depan), sudah 3x ganti temper glass hasilnya tetap sama….
    Apakah ada user P1 Turbo lain mengalami hal yg sama spt sy?
    Overall sih puas bgt sm stamina baterenya. sehari cm cas full 1x tiap jm 9 malam dan tahan seharian dgn full use chat, inet, game, email, telp dll

    • Herry SW says:

      Pak Ivan Santoso,

      Teman, kalau ada yang memiliki pengalaman memasangkan tempered glass di Vibe P1 Turbo, tolong bantu Pak Ivan ya.

      • Fredy Christianto says:

        Pak Herry dan Pak Ivan Santoso, saya jg mengalami masalah serupa soal tempered glass. Bagian kanan atas kurang melekat sempurna. “Solusi” yg saya lakukan dengan menambahkan sedikit lem glukol di bagian tsb.
        Sebagai tambahan, setelah upgrade ke marshmallow, external sd card boleh dikatakan jd memori internal tambahan dan aplikasi yg terinstal bisa dipindahkan ke sd card tsb. Tp yg menjadi kendala saat dipindah ke sd card, shortcut app tsb hilang saat direstart (bila kita pakai android launcher). Tp bila pakai vibeui launcher aplikasi yg terinstal di sd card tidak hilang saat restart.

  137. Naufal says:

    Pak Herry,

    1. Kalo menurut bapak, keunggulan lenovo vibe k4 note dibandingkan vibe p1 turbo selain VR apa ya?
    2. Pada review diatas, katanya sim 1 masuk ke 4G sedangkan sim 2 cuma di 2G, apakah untuk sim 2 hanya bisa masuk ke 2G? Atau memang pemakaian bapak yang sengaja hanya memasukkan sim 2 ke 2G?
    3. saya sudah coba liat harga vibe p1 turbo di beberapa toko, rata-rata jika dibandingkan dengan erafone, harga di toko lain relatif lebih murah sekitar 200-300 ribu, apakah harga yang lebih murah ini tetap menjamin kualitas hp nya?
    4. Minta sarannya pak, untuk pembelian vibe p1 turbo, saat masih berada di toko, sebaiknya apa saja yang harus dicek ya pak?

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Naufal,

      1. Lebih ringan. Sensor sidik jari yang ditempatkan di belakang, menurut saya, lebih nyaman daripada berada di depan.

      2. Di bagian mana saya menjelaskan hal itu? Saya menuliskannya begini lho: “Dua nomor GSM siaga bersamaan. Nomor yang digunakan untuk berinternet, entah Telkomsel atau Indosat, nyaris selalu berada di jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya cuma masuk ke jaringan 2G.”

      3. Ya. Erafone harus berjualan sesuai harga ritel resmi, sedangkan toko-toko biasa bebas menentukan harga jual.

      4. Yang penting masih segel. Itu tahap pertama. Berikutnya, Anda cek fungsi-fungsi dasarnya.

  138. benny says:

    pagi ko.
    ko cara setting di p1 turbo supaya tersambung hanya dengan yang di paired saja kayak dip70 gimana??jadi supayablutooth nya gak searching terus

    • Herry SW says:

      Pak Benny,

      Nggak ada setting khusus. Memang akan terhubung dengan peranti yang sudah di-pairing-kan saja.

  139. calvin says:

    Koh, lenovo vibe p1 turbo vs samsung galaxy a7 2016. Pilih yang mana? Fitur, dll… ( tidak mengutamakan ketahanan batrei ).
    Saya lihat display vibe p1 turbo untuk kecerahan layar kurang baik
    ( setinggan sudah maksimal )

  140. Bennydiharjo says:

    Ko…untuk aktifin quick charger di p1 turbo bagaimana??thx

  141. Bennydiharjo says:

    Ko.cara aktifin quick chargernya p1 turbo bagaimana??
    kalo posisi baterai 50% saya charge gak papa ya??kalo sering ngecharge bisa ngrusak hp nya gak??
    Tengkiu ko

    • Herry SW says:

      Pak Bennydiharjo,

      Tak ada yang perlu diaktivasi. Langsung tancap dan gunakan.

      Ponsel sudah Anda gunakan agak lama kan? Tak apa-apa. Frekuensi charging akan berkorelasi dengan usia baterai.

  142. Tonny Kesuma says:

    dear pak Herry,
    HP sy lenovo Turbo Vibe 1 tiba2 contacts dan call log nya tidak bisa dibuka…. kondisinya loading terus….
    Tolong apa bapak bisa memberikan saran dan solusi…?
    Thanks,

  143. hajar iliyun says:

    Dear pak herry
    Pak saya beli len0v0 vibe p1 turb0 baru 1 mg ini.tadi mlm batrai tingal 40% lalu saya matikan saya cas tp sekarang saya nyalakan malah ndak bisa.saya cas selama 5 jaman.sekarang mati t0tal.saya c0ba cas lagi malah panas ndk keluar indikat0rnya. cni saya harus gimana pak jadi bingung.makasih jawabanya pak herry.0h ya servise centre len0v0 di surabaya di mn ya pak?

  144. Sonny says:

    Pak Herry,

    Mau nanya, untuk garansi toko berapa lama biasanya? Pengen replace P1 Turbo saya, karena pagi ini si Turbo Matot alias Mati Total.
    Sedih dan kecewa tentunya, baru 3 hari di genggam eh minta pulang ke empunya hahahaha

  145. meidir says:

    Pak, gimn cr hubungan vibe p1 dgn tv, sy liat di YouTube ada yg mainin game trsmbung dgn tv.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Meidir,

      Televisi Anda apakah mendukung Miracast? Kalau iya, coba hubungkan ponsel dengan TV via Wi-Fi.

  146. Ani says:

    Pak hery..
    Mau tanya apa lenovo p1 turbo bisa teethering spy jadi wifi utk hp lain? Krn saya punya simcard dgn kuota besar.

    • Herry SW says:

      Bu Ani,

      Bisa. Masuklah ke menu settings, more, lalu tethering & portable hotspot. Lakukan pengaturan di sana.

  147. anna says:

    koh,gimana cara memindahkan data yg ada di lingkungan aman agar pindah ke lingkungan umum? mkasih

    • Herry SW says:

      Bu Anna,

      Lingkungan aman? Hmm.. mungkin secure zone ya. Saya tak bisa menjelaskan langkah demi langkahnya karena di samping saya tak ada Vibe P1 Turbo. Intinya, pilih file yang akan dipindah, trus mestinya ada pilihan untuk move atau copy.

  148. RagilZ says:

    Apakah LENOVO VIBE P1 TURBO ini bisa dipake vr??jawab

  149. juniar says:

    pak izin bertanya, saya bingung apakah lebih baik membeli xiaomi redmi 3 atau lenovo vibe turbo.apabila dilihat dr spek,ketahanan produk,dan harga jual kbali..terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Juniar,

      Saya belum pernah menguji pakai Redmi 3. Saya tak berminat mencobanya karena belum ada yang bergaransi resmi.

  150. Muli says:

    Halo pak..saya mau minta tolong donk..
    Saya py p1 turbo, tp ga bs nge-detect smartfren.
    Ke gerai smartfren uda di setting manual jg ga bisa..
    Ke sc lenovo malah dikasi jawaban hp kami tidak mendukung cdma ???
    Saya uda cb search mengubah apn utk smartfren..tp ttp tidak bisa
    Bisa tolong saya utk solusinya nga pak? Terima kasih banyak

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Muli,

      Saat memakai Vibe P1 Turbo, saya belum pernah coba memadukannya dengan Smartfren. Sebab, saya tak memiliki kartu nano Smartfren.

      Jadi, saya tak tahu ponsel itu sebenarnya bisa dipadukan dengan Smartfren atau tidak.

  151. Kartika Wulandari says:

    Halo koh herry,

    Apakah lenovo vibe p1 turbo ini sudah support dobly atmos seperti vibe k4 note?

  152. zodiak says:

    prtanyaan pertama : lenovo vibe p1 turbo ada LED NOTIFIKASI ga ? brp warna ?
    prtanyaan kedua : setelah membeli hp lenovo vibe p1 turbo lebih baik langsung di up ke marshmallow apa ga ?
    pertanyaan ketiga : up ke marshmallow lelet apa ga ?makan memory internal brp gb ?

    sekian mksh .

    • Herry SW says:

      Pak Zodiak,

      1. LED notifikasi tidak saya perhatikan. Toh praktiknya pengguna ponsel di Indonesia sering melihat dan mengecek ponselnya.

      2. Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Vibe P1 Turbo dengan OS Marshmallow.

      3. Tak tahu. Cek poin nomor 2.

    • Bayu says:

      Saya bantu jawab.

      1. Ada. Warna yang saya tahu baru merah, biru, kuning hijau.

      2 & 3. Update ke Marshmallow perlu sekitar 1,7 GB. Saat ini sedang mencari hotspot karena paket data menipis. Berdasarkan review, Update Android 6.0 pada Vibe P1 Turbo memberi peningkatan dari segi kecepatan, efisiensi baterai, dan performa gaming.

      Semoga bermanfaat

  153. jack says:

    Mau tanya apa lenovo vibe p1 turbo ada pelindung layar seperti lenovo k4 note ?

    • Herry SW says:

      Pak Jack,

      Apakah yang Anda maksud Corning Gorilla Glass? Kalau iya, jawabannya ada. Sudah saya sebutkan di naskah review lho.

      • jack says:

        Iya betul pak Herry, maksud saya begitu..
        Soalnya saya mau beli hp ini, di beberapa situs ada yang tidak menyertakan corning gorilla glass tsb,

  154. Bayu says:

    Pak Herry, nyuwun tanya. Apakah ponsel Vibe P1 Turbo dengan “garansi TAM” itu bukan garansi resmi?
    Di toko yang saya datangi seorang sales sempat “memperingatkan” saya untuk tidak beli ponsel Lenovo, karena 1) Garansi TAM bukan garansi resmi, dan 2) Service center Lenovo sering berpindah pindah tempat (Dia kemudian menyarankan untuk beli Oppo saja, saya langsung ingat comment pak Herry di halaman ini juga tentang ponsel Oppo dan strategi marketingnya).

    Terus terang saya kurang paham tentang hal satu ini. Matur nuwun atas penjelasannya.

    • Herry SW says:

      Pak Bayu,

      Membaca cerita Anda, saya cuma senyum-senyum deh. Ya begitulah sikap penjual/promotor yang gencar menawarkan Oppo. Segala cara dilakukan, bahkan dengan memberikan informasi yang tidak akurat.

      Ponsel Lenovo yang bergaransi resmi itu bergaransi Lenovo Indonesia. Distributornya ada beraneka perusahaan. Salah satunya, TAM. Karena ada stiker TAM di kardusnya, konsumen dan penjual seringkali menyebutnya sebagai garansi TAM. padahal, sebenarnya ya itu barang bergaransi resmi Lenovo Indonesia.

      He.. he.. jangan beli Oppo deh.

      • Bayu says:

        Terima kasih info dan wawasannya pak. Jujur sempat goyah juga waktu itu, tapi begitu dia sebut “nama itu”, langsung mantep lagi, hehehe. Untung saya sudah baca review ini sebelumnya.

        Kalo boleh sharing, secara umum puas memakai ponsel ini. Cuma ada 2 kekurangan ponsel ini menurut saya.
        Yang pertama, penerimaan sinyal kurang begitu baik. Jika saya bandingkan dengan Asus ZenFone 2 di lingkungan rumah saya yang memang susah sinyal, ponsel ini terkesan lebih malas bekerja keras menangkap sinyal. Mudah2an pada update Marshmallow bisa diperbaiki.
        Yg kedua pada segi desain, yaitu bezel samping yang dibuat membaur dengan layar sehingga memberi kesan bezel tipis dan layar besar (Istilah saya, pseudo-thin bezel). Lebar bezel sejatinya cukup masuk akal untuk ponsel berbaterai jumbo, tapi begitu layar dinyalakan dan ukuran aslinya terlihat, rasanya seperti di-PHP-in. Hehehe.

        Semoga bermanfaat.

        • Herry SW says:

          Pak Bayu,

          Terima kasih atas sharing-nya.

          Untuk penerimaan sinyal, kalau kebetulan Anda masih memegang Zenfone 2, coba bandingkan dengan cara lain. Jangan hanya melihat indikator alias bar sinyal. Masuklah ke menu about lalu carilah status sinyal di masing-masing nomor. Perhatikan kekuatan dBm-nya sama atau tidak.

          Soal yang kedua, ha… ha.. kayak di-PHP ya.

  155. Rheno Andhika says:

    Met malam Pak Herry, saya mau minta pendapat. Menurut pak herry, lebih baik mana Lenovo Vibe P1 Turbo ini atau Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL? Dr segi performa & spek nya. Krn saya ada rencana mau beralih ke Smartphone android, dan sedang cari alternatif dr hp samsung, krn harganya yg lumayan lbh mahal drpd lenovo/asus. Atau pak herry ada rekomendasi smartphone lain yg setara?
    Terima Kasih Pak Herry, sukses selalu ya pak.

    • Herry SW says:

      Pak Rheno Andhika,

      Saya belum pernah mencoba ZE601KL. Yang pernah saya coba ZE500KL. Kemungkinan besar sih kinerja umumnya sama.

      Kalau Anda menomorsatukan baterai, lebih baik membeli Vibe P1 Turbo. Namun, kalau Anda lebih mementingkan kamera, pilihlah ZE601KL.

      Benar. Dengan anggaran segitu, kalau Samsung sih dapatnya barang yang kurang bagus.

      • Rheno Andhika says:

        Saya kebetulan bukan org yg gemar berselfie dan foto” ria, jd sepertinya saya lbh memilih P1 Turbo. Tp ada 1 hal lg yg mengganjal di pikiran saya, saya baru memperhatikan screenshot mengenai sisa RAM p1 turbo, dan saya jg dpt informasi di web” lain yg mengatakan hal yg sama (bahkan smp 1.5 Gb) dan sebagian mereka menyatakan hal itu disebabkan krn “Vibe UI”.
        Jujur saya tidak mengerti maksudnya apa, tp kl dr yg saya perhatikan Vibe UI itu salah satu launcher yg dimiliki P1 turbo. Pertanyaan saya jika analisa saya benar, apa penurunan RAM yg lumayan itu bisa diatasi dengan menggunakan launcher lainnya?
        Terima Kasih Pak Herry

        • Herry SW says:

          Pak Rheno Andhika,

          Vibe UI itu nama tampilan antarmuka di ponsel Lenovo. Tak perlu ganti launcher deh. Pakai Vibe UI pun si Vibe P1 Turbo tetap terasa gegas kok.

          • Rheno Andhika says:

            Siap Pak Herry, mantab lah skrg Lenovo P1 Turbo. Makasih buat info”nya, sukses selalu ya pak

  156. Galih says:

    Good review ??

    Saya jg pake p1 turbo pak, tapi ada yg ingin saya tanyakan saya. Saya pake sim card kartu halo 4G ko ga suport ya 4G ny… ?? Itu faktor dr telkomsel ny apa settingan di hp ny?? Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Galih,

      Support kok. Nomor utama saya kebetulan kartuHalo.

      Silakan periksa beberapa poin ini:
      1. Apakah kartu yang Anda gunakan telah mendukung layanan 4G LTE? Kalau belum, silakan melakukan penggantian kartu di GraPARI Telkomsel dulu.
      2. Apakah Anda pasti sedang berada di area layanan 4G?
      3. Apakah pengaturan di ponsel pasti sudah tepat?

      Kalau tiga poin di atas sudah terpenuhi, tetapi Anda masih gagal memperoleh sinyal 4G LTE di Vibe P1 Turbo, kemungkinannya tinggal satu. Fitur 4G LTE kartuHalo Anda belum diaktifkan di sistem Telkomsel. Hubungi call center Telkomsel dan mintalah petugas mengecek status aktivasi 4G LTE nomor kartuHalo Anda.

  157. singgih says:

    Mau tanya,harga terbaru lenovo vibe p1 turbo berapa ya?

  158. Bennydiharjo says:

    Sore ko

    Ko. P1 turbo ku kondisi. Dari 100% sampai 10% .screen on time ku 7 jam..apakah hal tsb sangat lumrah.ato hp nya termasuk boros???

    • Herry SW says:

      Pak Bennydiharjo,

      Screen on time sebenarnya nggak bisa dijadikan patokan mutlak. Namun, kalau ditelaah secara umum, mencapai screen on time tujuh jam ya masih tergolong normal.

  159. ari says:

    Sayang zenfone max tidak berbodi metal
    Dan tidak dilengkapi fitur fast carging
    Dan masih ragu sama kualitas kameranya
    Apkah lebih baik pilih lenovo p1 turbo.zap 6 power atau zenfone max pak heri
    Dan kameranya lebih bagus mna
    Dan klo bisa lebih bagus dari kmera oppo

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Lha Anda mengutamakan kamera atau fast charging? Kalau kamera, ya Zenfone Max. Kalau fast charging, ya Vibe P1 Turbo.

      Jangan mudah tertipu dengan kamera Oppo. Kalau dilihat di layar ponsel Oppo, hasil jepretannya memang tampak bagus. Namun, begitu dipindahkan dan dilihat di layar PC/laptop, ternyata kurang bagus lho.

  160. alan says:

    Pak herry saya mau nanya nh,sya pnya bajet 5jt tpi sya pengen hp kamera dan jg baterai yg awet..
    Sbener ya kesemsem jg ma vibe p1 turbo,,tpi kamera ya kurang mumpuni klo mnurut saya.
    Mau pilih vibe shoot tpi baterai seperti ya boros…
    Oh ia klo dbandingkan dgn samsung s6 kamera ya bagus yg mana dgn vibe shoot?
    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Alan,

      Kalau pilihannya seperti itu, ya sudah jelas beli Galaxy S6 saja. Masalahnya, Rp 5 juta kan belum cukup buat membawa pulang satu unit Galaxy S6 baru.

  161. ardi says:

    selamat kenal pak, saya mau menanyakan apakah slot simcard di vibe p1 turbo udah support 4g semua atau hanya di sim 1 saja? thanks

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      Nomor yang Anda gunakan untuk berinternet, tak peduli SIM1 atau SIM2, dapat masuk ke jaringan 4G LTE.

  162. vandio says:

    dear pak herry,
    mengenai vibe p1 turbo,saya mencoba menggunakan kartu bolt 4g lte di setting manajemen sim ke baca bolt nya namun sinyal nya silang atau tidak ada sinyal,pertanyaan saya apakah p1 turbo support bolt 4g lte?,jika iya bagaimana caranya untuk mengaktifkan nya,mengingat hampir di semua seri lenovo support bolt 4g lte,mohon pencerahan nya pak her,terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Vandio,

      Saya tak pernah coba memadukan Vibe P1 Turbo dengan Bolt. Selain tidak memiliki kartu Bolt, saya sehari-hari berada di Surabaya yang tidak termasuk area layanan Bolt.

  163. doni says:

    Salam kenal pek Herry, review Bapak tentang P1 Turbo sangat menarik. yang ingin saya tanyakan, apakah P1 Turbo Punya Backlight, biar tombolnya kelihatan nyala kalau ditekan dalam kondisi gelap. dan kemudian apakah perangkat ini sudah garansi resmi di indonesia? dan untuk mengatasi kesan licin bagian belakang, apa yg bapak rekomendasikan untuk mengatasinya. terimakasih Pak.

    • Herry SW says:

      Pak Doni,

      Ya, ada backlight.

      Ya, bergaransi resmi. Sudah lama masuk resmi ke sini kok.

      Belikan jelly case saja, Pak.

  164. ATiq says:

    Ko Herry..ini saya baru beli Lenovo Vibe yg fast chargingitu..Kenapa mendadak mati ya hpnya…?? gimana cara benerinnya ?hiks hiks

  165. willian says:

    Niatnya sih pgn beli ni hp Leni p1 turbo
    Tapi gk jdi.coz udh lbh milih Xiaomi resmi note 3 pro yg Qualcomm Snapdragon jg.. karena saya emng dmen ngulik2 softwarenya hp.. jdinya mlih xioami redmi note 3 pro,yg bnyk custom Rom developer nya.hahahax..
    Mkasih

  166. Yoga says:

    Pak Herry,

    Masih worthed kah hp ini dibeli? hari ini saya lihat di blibli & bhinneka harganya sekitar 3,2 – 3,3 juta.

  167. yanuar says:

    Dear Pak Herry,

    Dengan ROM 32GB namun yang bisa dipakai 24GB. Dari 24GB tersebut apakah semuanya bisa dipakai untuk instal aplikasi? Ataukah ada pembatasan ruang (misal hanya 2GB saja) yg bisa dipakai untuk instal aplikasi? jika iya mengapa demikian?
    Mohon pencerahannya, terima kasih & salam sukses.

    • Herry SW says:

      Pak Yanuar,

      Mau dipakai untuk install aplikasi semua sih bisa. Namun, itu bukan langkah bijak. Ponsel kan juga perlu memori untuk menyimpan data email, foto, chatting, dll.

  168. Eri Tel says:

    Pak Herry.. Apa P1 turbo lebih baik dari Zenfone 2 Ze551ml ram 4gb?
    baik dari segi kamera, prosesor dll… mohon sedikit pencerahan.

    saya Punya budget 3,5 juta. Hp manakah yg baiknya saya beli d antara kedua hape tersebut? apa ada saran ut hp tipe lain?
    trimakasih.

  169. Eri Tel says:

    Trimakasih reviewnya Pak Herry
    tp dari skor antutu zenfone 2 lebih besar drpd lenovo P1 turbo.
    Apa ini mengartikan bahwa Zen 2 lebih baik dari P1 ?

  170. Adhitya Respati says:

    Om mo nanya P Power saya ada notify Tanda seru Dan notify Google play store gak bisa ilang, saya trail kebawah pun dia gak muncul.gmn ya cara ngilanginnya. Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Adhitya Respati,

      Boleh tolong di-screen capture dulu? Unggahlah screen capture itu ke postimg.org, lalu kopikan tautannya ke sini.

  171. Rheno says:

    Pak Herry, P1 turbo saya mau saya upgrade ke marsmallow, krn pas beli kmrn itu msh lollipop. Tapi saya pernah baca di bbrp artikel, banyak pengguna P1 Turbo yang telah upgrade ke marsmallow, kinerja P1 Turbo nya jd menurun, ada yang jd lambat dan yang parah durasi baterainya jd tidak selama sebelumnya. Apakah memang begitu Pak? Jika hal itu benar, lbh baik saya tetap biarkan OSnya di Lollipop saja. Terima kasih Pak Herry, sukses selalu ya…

    • Herry SW says:

      Pak Rheno,

      Ya, ada beberapa keluhan begitu. Kalau Anda merasa tak ada kendala, biarkan di Lollipop dulu deh.

      Amin. Terima kasih atas doanya.

  172. willian says:

    bedanya harganya lumayan juga nih,dengan asus zenfone 2 laser ze601kl 6 inc
    kira2 pilih yg mana ya pak? lenovo vibe p1 turbo ini, atau asus zenfone 2 laser ze601kl?

  173. Deky says:

    saya minat sama nih hape lenovo p1 turbo skr harga udh 3,099 jt, lg order warna gold free headset urbanears, thankyu ko Herry review lengkapnya
    note: semoga awet nih hape

  174. doni says:

    Salam sukses Pak Hery, saya mau tanya nih. apakah kamera pada lenovo vibe p1 turbo sudah kamera bersensor Sony. mkasih Pak hery.

  175. Deky says:

    toko online pak di BL nama pelapaknya tele137, udh cukup lama ane pantau pelapak ini sptnya bs dipercaya diliat dr hasil testimoni, browsing2 & sering nanya bolak balik ke pelapaknya sblm akhirnya memutuskan untuk beli via BL

  176. Roby Wibowo says:

    Pak Herry klo lenovo vibe p1 turbo dengan infinix zero 3 ; selain segi harga, kamera dan baterai lebih baik mana, dan alasannya, tks

    • Herry SW says:

      Pak Roby Wibowo,

      Lah… padahal pembeda utama dua ponsel itu sebenarnya di faktor kamera dan baterai. Kalau dua faktor itu plus harga diabaikan, hmmm… menang Vibe P1 Turbo deh. Ponsel itu dibekali sensor sidik jari.

  177. Deky says:

    Ko HSW cara hapus penyimpanan internal di lenovo P1 turbo gmn y?apa harus reset data pabrik?sblmnya di hape sony sy klo hapus penyimpanan internal ada pilihannya di setting jd bisa hapud semua data download foto/gambar2, video2, rekaman, dokumen2 yg kesimpen di memory internal hape sony tanpa harus mereset data pabrikan… krn klo terlalu banyak data di memori ROM bs ngaruh ke RAM nya juga kan. Mohon penjelasannya

    • Herry SW says:

      Pak Deky,

      Paling tuntas sih melakukan factory reset. Kalau tak mau, masuk saja via file manager, lalu hapuslah file-file yang tidak diperlukan lagi.

  178. Deky says:

    Ko HSW cara hapus penyimpanan internal di lenovo P1 turbo gmn y?apa harus reset data pabrik?sblmnya di hape sony sy klo hapus penyimpanan internal ada pilihannya di setting jd bisa hapud semua data download foto/gambar2, video2, rekaman, dokumen2 yg kesimpen di memory internal hape sony tanpa harus mereset data pabrikan… krn klo terlalu banyak data di memori ROM bs ngaruh ke RAM nya juga kan. Mohon penjelasannya

    • Herry SW says:

      Pak Deky,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan berulang.

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  179. Deky says:

    Ko HSW cara hapus memory internal di lenovo vibe p1 turbo gmn y?apa hrs reset data pabrik atau harus hapus satu per satu yg cukup memakan waktu klo dihapus satu per satu di swtiap aplikasi yg udh pernah dibuka?

    • Herry SW says:

      Pak Deky,

      Sekali lagi, tolong diperhatikan, pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Tidak usah berulang-ulang.

      Kalau saya tidak langsung menjawab, harap dimaklumi. Sebab, saya bukan layanan hotline 24 jam.

  180. Verly Arizal says:

    Saya ada rencana mau beli Lenovo P1 Turbo ini, mohon informasi kartu chip nya pakai micro atau nano? Saat ini saya pakai micro, ribet kalau harus ganti2 lagi

  181. yulianto says:

    pak mau nanya.p1 turbo untuk pemakaian normal cepet panas ga ya? thx.

  182. Verly Arizal says:

    Om Herry mohon informasi SIM card yang dipakai untuk Lenovo P1 Turbo ini Micro atau Nano? Terima kasih

  183. ferdy says:

    Malam pak, saya mo nanya soal problem lenovo p1 turbo pak, saya sudah pake hp ini sekitar 2 bulan, problem yg saya dapati, file2 yg saya donlod baik gambar, video, music ataupun yg saya poto tidak bertahan lama pak. Setelah 1 minggu selalu terhapus sendiri. Baik tersimpan di internal maupun eksternal. Saya tdk memasang app cleaner apapun…mohon sarannya ya pak..Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Ferdy,

      Lah… kok aneh. Apalagi, bisa hilang baik di memori internal maupun eksternal. Terus terang saya tak ada ide.

    • Fredy Christianto says:

      Saya pernah mengalami kejadian serupa, Pak. Waktu itu penyebabnya salah satu aplikasi antivirus. Setelah aplikasi itu di uninstall, normal lg. Coba cek aplikasi2 yg diinstall, Pak. Mungkin saja penyebabnya dari salah satu aplikasi.

  184. ferdy says:

    Terima kasih pak herry dan pak fredy
    Nah itu dia pak fredy, saya tidak menginstall app antivirus ataupun cleaner pak, yg saya baru install baru beberapa game pak dan bbm..
    Oiy cara ngeceknya gmn pak fredy?mksd saya untuk mengetahui klo app tersebut lah penyebabnya.
    Terima kasih sebelumnya dan happy weekend

    • Fredy Christianto says:

      Yang saya lakukan saat itu menonaktifkan autostart aplikasi yg dicurigai saat start up. Melalui tombol setting – – > power manager – – > background app management. Lalu saya pilih aplikasi yg tidak saya inginkan utk autostart. Selain problem teratasi, gawai jd lebih baik performanya.

  185. yulianto says:

    nanya lagi ya pak.itu procesornya sebenarnya snapdragon 615 atau 616 ya pak? kog di dosnya ktnya 616,tp di review spec banyak yg bilang 615. benar yg mana ya? makasih banget infonya.

  186. yulianto says:

    brati yg di dos salah ya pak? ok. makasih infonya.

  187. ayudeish says:

    Pak, mau tanya, antara lenovo P1 turbo dan lenovo K4 note mana yg lebih bagus dr segi performa, kamera dan multitasking?

    • Herry SW says:

      Bu Ayudeish,

      Dalam hal kamera, K4 Note unggul tipis. Lain-lainnya sih menang Vibe P1 Turbo. Secara umum saya lebih condong ke Vibe P1 Turbo.

  188. ayudeish says:

    Pak mau tanya antara lenovo p1 turbo ini dan lenovo k4 note mana yg lebih bagus dr segi performa, kamera dan multitasking?

    • Herry SW says:

      Bu Ayudeish,

      Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Kali ini terkirim tiga kali.

  189. Raja says:

    pertanyaan saya blum dibantu pak herry atau siapa pun yg mengerti. Tiap kali restart P1 Turbo selalu shortcut aplikasi banyak yang hilang jadi saya harus membuat shortcut aplikasi kembali yang hilang2 tersebut. Catatannya saya suka dan pakai android launcher ya bukan vibe ui launcher.

    • Herry SW says:

      Pak Raja,

      Yup, saya memang tak bisa jawab karena selama ini selalu membiasakan diri menginstalasikan aplikasi tambahan di memori internal. Launcher-nya pun pakai launcher bawaan ponsel.

    • Fredy Christianto says:

      Saya coba bantu jawab ya, Pak Raja. Soalnya jg pernah mengalami masalah yg sama. Shortcut yg hilang itu biasanya adalah aplikasi yg instalasinya di sd card. Solusinya kembalikan ke internal memori. Atau kalau tidak ingin memindah instalasi dari memori card, bisa memakai aplikasi launcher spt zenui launcher spt yg saya lakukan. Semoga bisa membantu, Pak.

  190. rizky ts says:

    Koh, mau tanya antara lenovo Vibe P1 turbo dibandingkan dengan Asus zenfone 2 laser ZE601KL dalam segi kecepatan procesor bagusan mana karena sama2 RAM 3GB

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Rizky TS,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ZE601KL.

  191. Sutrisno says:

    Hp Lenovo vibe p1 turbo saya ada masalah pak,klw telponan suara lawan bicara jelas terdengan,tapi suara saya dia g dengar.apa masalah nya pak???
    Dan di mana konter resmi Lenovo.klw d Jakarta Utara????
    Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Sutrisno,

      Silakan memeriksakannya di pusat perbaikan resmi Lenovo.

      Alamat pusat perbaikan resmi Lenovo (bukan counter resmi Lenovo) di Jakarta Utara bisa Anda lihat di dalam kartu garansi yang disertakan. Saya tak hafal.

  192. NOVI KUSUMA DEWI says:

    Pak Herry, lenovo ini tahan banting ga pak?mksd saya jika dipegang anak kecil yang hobinya suka menjatuhkan/ lempar barang. Tangguh mana dengan Oppo?

  193. yulistanto says:

    Pak henry ..ini lenovo p1 turbo saya led notifikasiy kok g nyala waktu ad bbm,inbox fb,atau sms..saya cr dipengaturan msh g ketemu setinganya..padahal bwat ngecas bs nyala normal..tp sya coba pasang apk led notifikasi jg gak bs nyala…tlg beri info cara aktifin led notifikasiy pak.trimakash

  194. Benny Darwin says:

    Pak herry, lenovo p1 vibe banding oppo f1s bapak lebih milih yg mana?

  195. Aswan Halil says:

    Pak Herry,saya br beli lenovo vibe p1 turbo ini 2 hr yg lalu di la*ada,,tp kok ga bisa nangkep jaringan 4G ya?padahal settingannya udah lte/wcdma/gsm,akhirnya cuma mentok di h+ aja,,mohon petunjuknya Pak Herry,,

    Terimakasih Pak sebelumnya,,

    • Herry SW says:

      Pak Aswan Halil,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Dengan asumsi pengaturan sudah benar, cek lagi tiga poin berikut:
      1. Pastikan kartu yang diselipkan sudah mendukung 4G LTE.
      2. Pastikan status layanan 4G LTE nomor Anda sudah aktif di sistem.
      3. Pastikan Anda berada di area layanan 4G LTE.

      Tiga poin di atas harus seluruhnya terpenuhi.

      • Aswan Halil says:

        Terima kasih jawabannya, Pak.
        Sebelumnya nomer saya itu saya pakai di iphone 5c Pak, dan juga sudah saya gunakan jaringan 4G di hp tersebut, berhubung nomernya sudah saya daftarkan untuk layanan 4G di telkomsel.
        Kira2 apalagi ya Pak sampai hp saya ini tidak dapat jaringan 4G tersebut?

        • Herry SW says:

          Pak Aswan Halil,

          Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

          Hmmm… coba ponsel Anda kunci di jaringan LTE only melalui menu *#*#4636#*#*. Bagaimana hasilnya, Pak?

          • Aswan Halil says:

            Terimakasih jawabannya Pak.
            Sekitar 2 hari yang lalu, tiba2 saya mendapatkan sinyal 4G di hp ini Pak, agak heran juga sih kenapa, mungkin masalah sinyal yang tidak stabil kali Pak ya?
            Tapi kalau saya lagi di tempat kerja, anehnya hape ini cuma bisa H+ sementara teman saya yang menggunakan Asus Zenfone 2 malah bisa 4G.
            Oh ya sudah saya coba kunci jaringan LTE tapi malah tidak dapat jaringan Pak.
            Terimakasih Pak.

          • Herry SW says:

            Pak Aswan Halil,

            Lah kok aneh. Kartu Anda dan teman Anda apakah berasal dari operator yang sama?

  196. mazaly says:

    bapak pernah coba samsung s4 i19505

    mohon masukan nya dong pak..
    saya di lema ni.. antara pilih samsung s4 atau vibe p1.

    dari segi sisi sensor fitur.. dan kompas… ada di samsung s4. dan baterei removable.. jika rusak.. mudah cari ganti nya

    tapi dari segi fingerprint…dan baterei jumbo… ada vibe p1…
    suka bnget ada fingerprint dan jumbo batrei
    dan tapi nya lagi…. saya takut jika suatu saat nnti batrei nya rusak… susah cari nya..(takut gak ada stock lagi).. untuk 5/10 tahun ke depan lgi.

    pgen nya ngangkat 1x untuk selama nya.. gak mau ganti fon2 lg.

    mohon masukan nya dong pak..

    • Herry SW says:

      Pak Mazaly,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Saya pernah mencoba Samsung Galaxy S4, tetapi tak ingat yang kode tipenya berapa. Intinya, Galaxy S4 yang bergaransi resmi deh.

      Secara umum, saya lebih memilih Vibe P1 Turbo. Namun, kalau kemudian Anda menambahkan kriteria “… untuk 5 atau 10 tahun mendatang”, ponsel apa pun yang kini Anda beli bakal terasa sudah ketinggalan zaman pada masa itu deh. Jadi, kalau Anda ingin membeli satu ponsel untuk selamanya, saya malahan tidak berani memberikan rekomendasi apa pun.

  197. Prasetyo says:

    pak, ram usage untuk system nya kecil sekali ya? beberapa merk smartphone yg saya amati, rata rata diatas 800mb

    • Herry SW says:

      Pak Prasetyo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Ya mungkin optimasi firmware-nya memang begitu.

  198. gema says:

    saya minat beli hp P1 turbo tp denger2 lenovo P2 sudah keluar, kira2 lenovo P2 bakal dijual di Indonesia ga ya? harganya dikisaran berapa?

    • Herry SW says:

      Pak Gema,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Ya, mestinya akan dijual resmi di sini. Namun, jadwalnya belum diketahui.

  199. Fauzi says:

    Malam Pak HSW semoga bapak sehat selalu. Pak HSW saya berencana membeli hp dengan kisaran harga 3jt an, menurut bapak secara keseluruhan hp terbaik di rentang harga itu apa ya pak?atau apabila pilihan saya ada diantara lenovo vibe p1 turbo dan LG G3, secara keseluruhan lebih baik yang mana ya pak disertai dengan alasannya. Terimakasih pak, saya tunggu jawabannya πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Fauzi,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, silakan ambil Vibe P1 Turbo. Kalau Anda menomorsatukan kamera, pilihlah Asus Zenfone 3 ZE520KL.

      LG G3 untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik untuk dibeli.

  200. Rizki says:

    Pak p1 turbo sy msh bru aja beli 2hr.jd bgaimana cara mengetahui kinerja fastcharging p1 turbo krn saat di cas muncul gambar 2 petir di indikator pengisian hanya sblm 40persen.di atas 40persen gambar petirnya tgl 1.apa fastchargingx hanya aktif di bwah 40persen aja ato gmn???
    Pertanyaan ke 2.apa memang layarnya it warna putihnya g bs terang bgt agak buram gelap dikit padahl udah di set ke full cahaya sy banding dg hp samsung.kata ptugas servis center soalx dbnding dg hp tipe lain katax juga p1 turbo emg segitu terangnya.apa benar.mhn jwbnx Pak trimakash,

    • Herry SW says:

      Pak Rizki,

      Proses pengisian ulang baterai akan ngebut saat sisa daya di baterai tinggal sedikit. Misalnya, tersisa 15 persen. Ketika daya baterai telah terisi lebih banyak, kecepatan pengisian akan menurun setahap demi setahap. Pengisian akan sangat lambat saat daya baterai sudah terisi sekitar 90 persen.

      Penjelasan di atas sekaligus menjawab pertanyaan Anda. Sudah jelas ya?

      Lanjut ke pertanyaan kedua. Layarnya memang tidak putih-tih agar tidak melelahkan mata.

  201. Derry says:

    Ko Herry….
    Konsul donk, sy pk P1 turbo ini, tapi saat pk secure zone, kok ga bisa buat tlp via bluetooth ya, walaupun device sudah connected, dan suara media bisa masuk. tapi ketika ada telpon masuk maupun keluar, suara tidak bisa masuk. Mohon pencerahanya…barangkali ada setting yang perlu diaktifasi….
    atooo..jangan2 memang ponsel ini dirancang demikian, artinya ketika saat berada di secure zone, benar2 secure…
    Danke…

    • Herry SW says:

      Pak Derry,

      Maaf, saya tidak bisa menjawabnya karena tak pernah coba memadukan Vibe P1 Turbo dengan headset bluetooth.

  202. Fauzi says:

    Terimakasih banyak pak HSW atas jawabannya, jadi bila saya simpulkan hp dengan harga 3jt sd 4jt bapa rekomendasikan lenovo vibe p1 turbo dan asus zenfone 3 ZE520KL? Atau ada yg lain lagi pak selain kedua itu? Soalnya budget saya untuk beli hp baru sd 4jt. Dan ingin mendapatkan hp dengn kualitas terbaik di range harga tersebut

    • Herry SW says:

      Pak Fauzi,

      Betul.

      Alternatif lain Huawei P9 Lite. Itu adalah pilihan kompromi. Di tengah-tengah. Baterai tidak sekuat Vibe P1 Turbo, kamera juga tidak semantap Zenfone 3.

  203. Fauzi says:

    Pak HSW menurut bapak layanan purna jual atau after sales yg terbaik antara hp Lenovo dan hp Asus, lebih baik yg mana?

  204. yulistanto says:

    rekomdasi yg mana pak dr segala spek..lenovo p1 turbo atau huawei gr5 trimksh

  205. yulistanto says:

    untuk asus zenfone selfi gmn pak ..dr segala spek vs p1 turbo

  206. yulistanto says:

    dari sektor prosesor dan kegagasan hp dlm game atau multitasking lbh kearah mana lenovo p1turbo atau zenfone selfi ..apkh zenfone selfi ini cpt panas sprti zenfone yg menggunakan intel prosesor ? dayatahan batry zenfone ini bs cukup untuk 1hr dr jm 06-jam22 ..? tlg penjelasanya pak.trimksh

  207. Indranata says:

    Pak Henry, baterai lenovo p1 turbo ini, sebenarnya Li-ion atau Li-po ya? review orang-orang di setiap website beda-beda, membuat saya bingung…
    Thx

  208. Roby W says:

    Om Herry, saya mau bertanya ttg isi box vibe p1 turbo, apakah ada bonus hardcase dan tempered glass nya ?, dan harga di online tokopedia sekarang di harga 2.950.000,-,, Tq

    • Herry SW says:

      Pak Roby,

      Ada hardcase transparan. Tidak ada tempered glass.

      • Roby W says:

        Tks om herry, utk infonya,,
        Btw review gawai selanjutnya merk dan type apa ?, dan untuk brand lenovo kira2 keluaran yang terbaru san akan datang type apa aja klo om mengetahuinya ?
        Best regards

  209. Eras says:

    Pagi pak Herry,
    Pak, apakah lenovo vibe p1 turbo ini ada fungsi input swipe? Saya menggunakan fungsi ini di samsung saya.

    • Herry SW says:

      Pak Eras,

      Seingat saya tidak ada. Namun, tak masalah. Kan tinggal install aplikasi dari Play Store. Saya merekomendasikan Swiftkey Keyboard.

  210. Rv says:

    Malam Pak Herry,

    Makasih infonya sangat bermanfaat. Apabila Bapak berkenan, saya punya beberapa pertanyaan Pak.
    1. Sebagaimana Bapak Gema tanyakan pada bulan November lalu, saya ingin tanyakan kembali apa Pak Herry sudah mempunyai informasi terkait harga & waktu launching P2 turbo saat ini?
    2. Kalau boleh tau Pak, berapa lama Bapak menggunakan P1 turbo? Apa saja kendala ringan maupun berat yang dialami selama pemakaian?
    3. Apa mungkin dalam jangka waktu 3 sampai 5 tahun baterai P1 turbo awet tanpa masalah? Bagaimana tipsnya agar baterai tidak bocor/bermasalah? Mengingat tipe baterai tanam, khawatir ketika masa garansi sudah lewat baru terdapat masalah atau kesulitan untuk mencari solusi di kemudian hari.

    Terimakasih atas waktu dan informasinya Pak HSW. Salam sukses ?

    • Herry SW says:

      Pak Rv,

      1. Belum.

      2. Nggak ingat tepatnya berapa lama. Kira-kira dua bulan. Kendala yang saya alami, saya merasa hasil jepretan kameranya kurang mantap.

      3. Hitung-hitungannya sih kalau selama itu kemampuan baterai ponsel apa pun, bukan cuma Vibe P1 Turbo, telah menurun. Dengan asumsi ponsel di-charge dua hari sekali, selama tiga tahun berarti baterai ponsel sudah di-charge 547 kali. Padahal, baterai ponsel biasanya perlu diremajakan setelah di-charge maksimal 500 kali. Itu angka maksimal ya. Dalam kondisi tertentu mungkin lebih cepat.

      • Rv says:

        3. Oh begitu ya Pak, menurut Bapak apakah lenovo menyediakan service aftersale apabila telah lewat masa garansi berkaitan peremajaan baterai? Berapa perkiraan estimasi biayanya ya Pak?

        Sebelumnya, terimakasih banyak ya Pak. Saya sedang membuat pertimbangan untuk mengganti Samsung Galaxy Note 3 Neo saya dengan P1 Turbo ini, hanya saja masih ada keraguan..

        Salam sukses.

        • Herry SW says:

          Pak Rv,

          Setelah masa garansi habis, Anda tetap bisa melakukan perbaikan dan penggantian suku cadang (termasuk baterai) di pusat perbaikan resmi Lenovo kok. Bedanya, kali ini berbayar. Berapakah biayanya? Saya tak mengetahuinya.

  211. hendra says:

    salam pak heri. pak dari coment2 diatas kataya bapak pernah pakai hh s4 nah kbtulan saya juga pakai s4 skrng dan brncana bli lenovo p1 turbo ini. ada bbrpa hal yg mau sya tanyakan kranya bapak brknan mnjawab
    1.kamera lenovo p1 turbo ini (kmra dpan blakang) d bandgkan sma s4 bagus mana?
    2.penggunaan fitur bawaan apakah mguras daya batre pada lenovo p turbo ini?
    3.stlah bpak mmakai bbrpa lma lenovo ini adakah pnurunan kualitasnya misal btre tmbh bros etc..
    4mf mgkn d luar topik sya berangan2 jkapn hh ini keltas kmraya low sya brkeinginan mbli action cam bpk tau gak action cam yg d beah 2 jt tp kmra bgus?
    itu dli yg mau sya tayakn sblmya trmksh bayak pak herry
    .

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      1. Masalahnya, saya sudah lupa kamera Galaxy S4 sebagus atau sejelek apa. Yang zaman dulu bagus untuk ukuran saat ini bisa tergolong biasa-biasa saja, bahkan jelek lho.

      2. Tidak.

      3. Karena harus sering berganti ponsel demi menghadirkan review terbaru, saya tak pernah lama dalam memakai suatu ponsel, Pak. Jadi, poin ketiga tak bisa saya jawab.

      4. Tak tahu. Saya tak pernah menggunakan action camera.

      Sedikit pesan, kalau lain waktu Anda mengirimkan pertanyaan atau komentar lagi ke blog, tolong kata demi kata diketikkan dengan lengkap ya. Jangan disingkat-singkat.

  212. redho says:

    Selamat malam pak herry..lenovo p1 turbo cocok gak buat gaming dengan kapasitas btrai jumbo nya..??saya orang nya suka gaming..makasih

    • Herry SW says:

      Pak Redho,

      Saya bukan penggemar game sehingga selera saya amat mungkin berbeda dengan Anda. Menurut saya sih Vibe P1 Turbo cocok buat nge-game.

  213. redho says:

    Di bandingkan dengan xiaomi redmi 3..bapak herry rekomendasikan yang mana..makasih sebelum nya..

  214. Andry says:

    Malam pak herry.sehat dan sukses selalu buat anda.
    Saya baru 3 hari pakai lenovo p1 turbo.karna tertarik dengan semua review anda.
    Dari segi tahan batrai masih menang p1m.walaupun 3900mah tapi lebih awet dari p1 turbo
    Pertanyaan saya
    1 saya cas hp nya panas di bawah 90%.apa itu normal.?
    2 jika sewaktu2 hp ini nge hang tombol apa yang harus saya tekan.?
    3 cara factory reset bagaimana.?

    • Herry SW says:

      Pak Andry,

      1. Panas atau hangat? Kalau hangat sih normal banget. Kalau panas, itu tidak normal.

      2. Ada kombinasi tombol tertentu yang harus dipencet. Saya sudah lupa. Coba baca lagi buku panduan pemakaiannya.

      3. Masuk ke menu settings, backup and reset, lalu pilih factory data reset.

  215. Andry says:

    Aplikasi penghemat baterai apa yang bapak rekomendasikan..??

    • Herry SW says:

      Pak Andry,

      Tidak ada yang saya rekomendasikan. Namanya smartphone ya silakan dipakai dengan optimal. Kalau pakai aplikasi penghemat baterai segala, jadinya dumb phone dong. πŸ™‚

  216. Yoga says:

    Pak Herry,

    Mau tanya, kalo mau mengunci jaringan hanya di 4g saja bagaimana caranya ya di Lenovo Vibe P1 Turbo ini?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Yoga,

      Masuk ke menu telepon, tekan *#*#4636#*#*, pilih phone information, dan di preferred network type pilih LTE only.

  217. Gebby says:

    Koh herry, saya mau tanya. Untuk hasil foto p1 turbo yang ada di ulasan ini kok jauh lebih bagus dari hasil foto p1 turbo saya ya? Apakah ada settingan khusus? Atau hp saya yang bermasalah. Hasil foto saya banyak bintik2nya koh. Dibandingkan dgn hasil foto P70 (hp saya yg dulu), jauh masih lebih bagus P70, terutama utk kamera depannya. Misal, ada foto disini yang lebih fokus kepada suatu objek dan sisanya agak blur, itu bagaimana caranya ya koh? Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Gebby,

      Sudah Anda coba dipakai memotret di lokasi yang terang benderang? Bagaimana hasilnya?

      Agar latar belakang kabar, caranya sederhana. Jarak antara kamera dan objek yang dijepret harus dekat, sedangkan jarak antara objek dan latar belakang harus jauh.

      • Gebby says:

        Iya sudah dicoba. Waktu beli, saya gak terlalu memerhatikan karena kondisi expo yang sangat ramai. Ternyata setelah saya coba kmrn untuk foto outdoor dgn pencahayaan terang, hasil kurang memuaskan, saya bandingkan di laptop dgn hasil foto P70 saya yg dulu, hasilnya lumayan jauh bedanya. Saat foto pun, walaupun sudah di fokuskan, ternyata tetap masih kurang clear fotonya, masih agak buram (untuk kamera blakang). Nah untuk kamera depan, malah lebih parah lagi hehe. Trus, kok kelihatan lebih dekat ya koh? Jd penuh muka saya aja satu layar, pdhl jarak ambil foto sudah lumayan jauh? Mohon infonya koh. Terima kasih banyak

        • Herry SW says:

          Pak/Bu Gebby,

          Oh ok. Karena saya tak mungkin mengecek langsung ponsel Anda, saran saya, mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo deh.

          • Gebby says:

            Oh gitu ya koh. Okelah. Kalo pas ke sby saya coba mampir ke service centernya. Soalnya kalo di jakarta, jauh banget tempatnya hehe. Makasih ya koh infonya

  218. Fazriyanto says:

    Saya punya Lenovo Vibe P1 turbo
    Saat saya mau aktifkan secure mode diminta masukan PIN, sudah saya masukan kode PIN yang biasa saya pakai, tpi kok gak bisa muncul tulisan PIN salah terus
    Itu kira2 knpa pak?

  219. IMA says:

    Pak, saya baru beli Lenovo Vibe P1 Turbo ini 4 hari lalu. Tapi kok baterainya cepat sekali habis ya, tidak seperti yang digembar-gemborkan.
    Pagi setelah bangun tidur HP saya hidupkan dengan kondisi baterai 100%, namun jam 7 malam baterai sudah mencapai angka 13%. Aktifitas HP tanpa BBM, WA jg tidak terlalu aktif.
    Email tidak ada yg terpasang, hanya pemakaian instagram dan path yang sering.
    Recent application sudah sering saya delete. Kira2 apa ya Pak yang membuat batrenya jadi tidak tahan lama ?

    Thanks.

    • Herry SW says:

      Bu IMA,

      Ada dua kemungkinan:
      * Kondisi baterai belum optimal. Biasanya baterai baru akan mencapai kemampuan optimal setelah di-charge 3-4 kali.
      * Instagram dan Path itu rakus daya lho. Kalau pemakaian Anda sangat sering, ya konsumsi baterai otomatis tinggi.

  220. sandi says:

    Pak bila dilihat secara overall, lebih baik beli lenovo P1 turbo atau Galaxy J7 Prime? thanks ko

    • Herry SW says:

      Pak Sandi,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy J7 Prime. Saya sih tidak mempercayai keandalan ponsel Samsung selain seri S dan Note.

  221. Rhaegar says:

    Saya juga bermasalah dengan batrai pak.
    Setelah charger 100%.saya cabut casan nya kenapa batrai langsung turun jadi 95.?
    Dulu waktu pertama makai mah gak ada masalah.
    Baru 2 hari ini tiap di charger sampai 100% lalu di cabut langsung turun drastis jadi 95 tanpa di apa2in.
    Dah saya reset tetap aja kayak gtu..
    Bisa bantu pak..??
    Makasih.

    • Herry SW says:

      Pak Rhaegar,

      Coba lakukan kalibrasi. Caranya:

      1. Gunakan ponsel sampai padam sendiri karena kehabisan daya.

      2. Nyalakan ponsel. Biarkan sampai padam sendiri lagi.

      3. Hubungkan ponsel dengan charger. Selama proses pengisian ulang, ponsel harus dalam kondisi padam. Cabut ketika baterai telah penuh.

      4. Nyalakan ponsel. Kalau indikator baterai belum menunjukkan angka 100%, hubungkan ponsel yang menyala itu dengan charger. Tunggu sampai indikator baterai menunjukkan angka 100%.

      5. Cabut charger, lalu restart-lah ponsel. Apakah indikator baterai kini tetap 100%? Kalau 100%, Anda boleh berlanjut ke poin nomor 7. Sebaliknya, bila indikator baterai tidak 100%, hubungkan ponsel yang sedang menyala dengan charger.

      6. Ulangi langkah nomor 5 sampai indikator baterai terlihat 100% saat ponsel baru di-restart.

      7. Gunakan ponsel seperti biasa sampai kehabisan daya dan padam sendiri.

      8. Saat ponsel dalam kondisi padam total, lakukan pengisian ulang tanpa henti sampai indikator baterai penuh.

      9. Selesai.

  222. Rhaegar says:

    Oke pak herry saia coba..
    Terima kasih banyak pak atas tutor n bantuan na..
    Sukses n sehat selalu pak..?

  223. ari says:

    kirain zenfone 3 max atau evercross y2 power
    yg jadi ponsel terbaik dengan batre besar

  224. Firza Y.M says:

    Pak herry saya sudah mempunyai HP ini… Menurut saya, performa HP ini kurang??? Knp yaa padahal ram dah 3gb prosesor jga tinggi?

  225. Harry setiawan says:

    Pak Herry,

    Rekomendasi charger untuk hp ini apa yah?
    Mohon di jawab

    Trims

  226. imam says:

    Pak herry
    Saya mau tanya saya ada keluhan tentang lenovo p1 turbo saya ko pengaturan kamera saya tadinya di pojok sebelah kiri sekarang malah ngga ada ya pak?padahal udh saya restar ulang pak,mohon jawabannya pak

    • Herry SW says:

      Pak Imam,

      Apakah belum lama ini Anda usai melakukan pembaruan firmware? Kalau iya, bisa jadi ada perubahan tampilan menu.

  227. nia says:

    spec dikertas dengan pemakaian langsung seringkali berbeda, apakah lenovo vibe P1/ vibe shot/ samsung J7 yang menurut pak herry performanya mengagumkan..?
    yang penting saat banyak aplikasi dibuka tidak nge lag.

    • Herry SW says:

      Bu Nia,

      Betul sekali. Spesifikasi di atas kertas yang terlihat menarik realitanya dalam pemakaian sehari-hari belum tentu bagus. Demikian sebaliknya.

      Kalau faktor kamera diperhatikan, saya pilih Vibe Shot. Kalau faktor kamera diabaikan, Vibe P1 Turbo lebih menggiurkan.

  228. erasmus says:

    Lapor pak Herry,

    Saya jadinya beli vibe turbo p1 ini akhir desember. Performa baterenya benar-benar hebat.
    akhir tahun saya pake waze untuk road trip sampe jawa timur, bisa tahan 5-6 jam nonstop. Padahal kalo pake waze biasanya nguras batere. Tapi hp ini tahan. Pas makan di restoran, dicolokin sekitar 40 menit, udah nambah sekitar 35%. Mantap banget.

    Dulu pake HP lama, jalan dari rumah masih 100%, dipake nelpon, browsing, wa, sms dll, jam 2-3 udah harus dicolokin ke power bank. HP ini pulang jam 7an juga masih sisa sekitar 30%.
    Ngecharge juga cepat. 1-1,5 jam udah penuh. Untuk batere, hp ini top deh!

    Terima kasih atas reviewnya. Berkat review pak Herry, saya benar-benar beli hp yang pas buat kebutuhan saya.

  229. Rahmad Aidil says:

    Berapa lama pengisian full dari 0% ke 100% untuk lenovo p1 Turbo
    Mohon Informasinya Thx ?

    • Herry SW says:

      Pak Rahmad Aidil,

      Saya sudah lupa tepatnya berapa lama. Namun, dibandingkan baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh, tergolong cepat kok.

  230. WEGIG SATYAWADA says:

    Sore Pak Harry, setelah menbaca postingan2 bapak saya cukup tertarik dengan review2 bapak, bisa dibilang MANTAB buat yg sedang galau cari hp yg cocok seperti saya saat ini.
    saya mau minta pendapat pak Herry nih,
    saya tertarik asus zenfone 3 ZE520KL tapi dana ga cukup
    akhirnya melirik ke:
    1. Samsung J7 prime
    2. asus zenfone 3 laser
    3. lenovo vibe p1 turbo ini
    kira2 lebih mumpuni mana ya pak?
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Wegig Satyawada,

      Yang benar Herry lho, bukan Harry. Untung di kalimat berikutnya tertulis Herry. Kalau masih tetap Harry, bakal saya jawab, “Kita nantikan jawaban dari Pak Harry ya.” πŸ™‚

      Ehmm… bagaimana kalau Huawei P9 Lite saja? Harga baru Rp 3,299 juta.

  231. Robbie says:

    Pa Herry, saya ada sedikit pertanyaan ttg hp vibevp1 turbo second,, jika hp tersebut pernah diganti mesin oleh SC Lenovo resmi dikarenakan rusak truz no. Imei baru klo dicek, terdaftar benar di situs resmi Lenovo dan garansi masih sept.17
    Kira2 kalau dibeli apakah masih layak atau tidak dengan alasan …? tks

  232. WEGIG SATYAWADA says:

    maaf sebelumnya jika salah nama, typo.hehe
    Pak Herry, akhirnya saya putuskan beli zenfone 3 ze520kl krn ada promo dan saya punya potongan voucher :))

    • Herry SW says:

      Pak Wegig Satyawada,

      Ok sip. Selamat menikmati Zenfone 3.

      • Wegig Satyawada says:

        Tapi barangnya lum sampe. Saya beli lewat blibli.com
        Sebenere agak ragu klo mengingat masalah cs asus.hehe.
        Klo menurut pak Herry pelayanan purna jual asus yg sekarang apakah masih kayak yg dlu?

        • Herry SW says:

          Pak Wegig Satyawada,

          Kalau mengacu kepada beberapa testimoni terbaru yang saya terima, sudah terlihat ada perbaikan sih. Namun, ya tetap jangan diadu dengan kualitas layanan di pusat perbaikan resmi LG. Masih kalah jauh.

  233. ian says:

    Pak Herry SW,

    Mohon penjelasan apakah PT Surya Citra Multimedia (SCM) merupakan distributor resmi hp Lenovo Vibe P1 Turbo?

    Apakah ada perbedaan kualitas jika barang yang sama (dalam hal ini Lenovo Vibe P1 Turbo) dipasarkan oleh 2 distributor resmi yang berbeda (misalnya distributor TAM dan SCM)?

    Mohon rekomendasi pilihan hp dengan budget 3 – 3,5 juta, dengan layar besar, kapasitas baterai besar dan awet, dual sim 4g dengan dedicated slot micro sd, performance oke, tanpa memperhatikan kualitas kamera selain Lenovo Vibe P1 Turbo.

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Ian,

      Ya, SCM dulu menjadi distributor resmi Vibe P1 Turbo.

      Sama saja. Kalau mengalami kerusakan, ponsel sama-sama bisa dibawa ke pusat perbaikan resmi Lenovo kok.

      hmm… saya tak memiliki rekomendasi di rentang harga itu. Kalau baterai boleh tidak terlalu besar dan menggunakan selot kartu SIM2 hybrid, Anda boleh melirik Huawei P9 Lite. Harganya Rp 3,299 juta.

  234. teguh says:

    Pak hery Kira kira Lenovo Vibe P1 Turbo cocok gak buat main game. Prosesor nya ada yg bilang kurang gahar

    • Herry SW says:

      Pak Teguh,

      Karena saya bukan gamer, padahal kriteria “cocok buat main game” buat gamer seringkali berbeda, saya tak berani memastikannya. Dulu saya menjajal ponsel itu, saya sempat bermain game dan baik-baik saja sih.

  235. ayu says:

    Pak herry
    Mau minta masukan
    Antara lenovo k4 note vs p1 turbo
    Lebih tahan banting mana ?
    soalnya anak saya suka spontan lempar hp
    Terus lebih layak beli yg mana kalo dari spek ?

  236. Susanto says:

    Pa Herry, kartu apa yg cocok untuk ponsel ini (p1 turbo)? Soalnya saya pke IM3 tapi buat internet tidak bisa, sinyal padahal penuh, terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Susanto,

      Beda lokasi bisa beda performa internet. Namun, secara umum koneksi internet Indosat memang jelek sih. Coba pakai Telkomsel.

  237. Patuan Sihombing says:

    Malam Pak Herry,

    Saya mau membeli hape budget 3 – 4 jt dengan spesifikasi RAM dan daya tahan batre yg top pak. Mohon rekomendasi nya pak?

  238. Robbie says:

    Hello Pa Herry SW, saya mau minta saran beli hp second hp vibe p1 turbo dengan pilihan sbb ;

    1. Harga 2 jt – garansi habis, ada bekas dent / lecet di body, box dll komplit
    2. Harga 2,15 jt – garansi masih 6 bulan lebih, tapi tanpa box (hilang) nota awal beli masih ada, lain2 nya komplit.
    3. Harga 2,25 jt – garansi 3 bulan lagi, komplit box dan bonus casing tambahan tapi pernah masuk SC resmi,,

    Jika berkenaan bapak pilih yg mana ? Tq

    • Herry SW says:

      Pak Robbie,

      Yang kedua.

      • Roby says:

        Makasih Pa Herry, sama jadi beli vibe p1 turbo dr hp sebelumnya zenfone max, memang lebih gegas tapi kualitas kameranya kok jauh dengan zenfone max ya pa,
        Mnrt Bapak apakah klo UI Asus ada aplikasi2 kamera bawaan dan itu berpengaruh besar terhadap hasil fotonya itu sendiri, atau ada aspek lainnya,, dan satu lagi zenUI mnrt saya jauh lebih bagus dari vibe UI karena bisa banyak costumized seperti font (size,colour), themes, icon, dan keyboard tanpa menginstall dr aplikasi luar, betul ga pa Hsw?
        Hal itulah yang menjadi pertanyaan saya,, Tks utk jawaban yg diberikan… SALAM

        • Herry SW says:

          Pak Roby,

          Kamera Vibe P1 Turbo memang lebih jelek dibandingkan kamera Zenfone Max. Saya sudah berkali-kali menyebutkannya.

          Seharusnya tidak. Hasil jepretan kamera lebih dipengaruhi oleh lensa, sensor, dan prosesor yang dipakai.

          Karena saya nggak hobi mengubah-ubah font dll, saya justru lebih suka dengan UI yang cenderung plain.

  239. Dozz says:

    Maaf mau tanya pak Herry,

    saya lihat gambar menu diatas kok ada icon “screen off” itu gimana munculinnya ya pak ?
    Apa itu untuk mempermudah menutup screen tanpa menekan tombol samping ?
    tampioqn iconya beda dg VIBEUI punya saya apa pake launcer lain ?

    terima kasih

  240. ferdi says:

    apa bener rocket cargernya bikin panas om
    dan KLO dibandingin sama Zenfone 3 max
    peforma dan kamera lebih bagus mana om

    • Herry SW says:

      Pak Ferdi,

      Nggak sampai panas. Hangat sih iya.

      Kegegasan lebih bagus Vibe P1 Turbo. Kamera relatif imbang.

  241. Lolot says:

    Pa HSW, mau nanya2 dikit beberapa pilihan, antara lain :
    1. Pilih RAM 2/32 Gb, atao 3/16, sebabnya ;
    2. Fingerprint depan atau belakang ;
    3. Fitur quick charging, double tap, atau fingerprint jika suruh pilih satu utk fungsi di hp, mengapa ? ;
    4. Camera 13mp/f2.0/LED, or 16MP/F2.2/ dual led, alasannya ? ;
    5. Layar Dragon trail glass, Corning Gorilla glass 3, Oleophobic coating, kenapa ?
    6. Baterai 2.500mah quick charger, or 5.000mah normal charger ;
    7. Prefer Sensor hp, NFC / Infared / Gyro utk di hp ?, alasaany

    Terimakasih….

    • Herry SW says:

      Pak Lolot,

      Memilih ponsel tidak bisa kayak matematika lho. Spesifikasi sama persis pun hasil akhirnya bisa berbeda. Sebab, optimasi firmware-nya (ehmm… mudahnya optimasi programnya gitu deh) belum tentu sama. Jadi, pertanyaan Anda yang terdiri atas tujuh poin itu sebenarnya tidak bisa ditentukan dengan mutlak.

      Bila saya tetap harus menjawabnya, saya akan menjawabnya berdasarkan selera atau kebutuhan saya. Ini dia:
      1. 2/32 agar memori internal lebih lega.

      2. Belakang. Lebih nyaman. Saat mengambil ponsel dari saku atau meja, jari telunjuk langsung ditempelkan ke sensor sidik jari.

      3. Fingerprint. Data privat saya lebih aman. Untuk membuka pengunci layar juga lebih praktis.

      4. 13MP/f2.0/LED. Sebab, bukaan lensanya lebih besar.

      5. Hmm… oleophobic coating tak bisa dibandingkan dengan Dragontrail Glass maupun Gorilla Glass. Beda jurusan. Saya lebih memilih Gorilla Glass daripada Dragontrail Glass. Sebab, biasanya lebih tahan gores.

      6. 5.000 mAh normal charger. Alasannya, 5.000 mAh mestinya cukup untuk seharian penuh. Jadi, ponsel cukup di-charge sampai penuh saat saya tidur malam.

      7. Inframerah. Alasannya, lebih saya butuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Ponsel difungsikan sebagai remote control.

  242. Hasan Asy'ari says:

    Kok score Benchmark lebih tinggi Lenovo P70 mas, padahal spesifikasi lebih tinggi hp yang ini

    • Herry SW says:

      Pak Hasan Asy’ari,

      Ya silakan tanyakan ke pengembang aplikasinya. Saya sekadar menjalankan. Buat saya, skor benchmark tidak bisa dijadikan patokan mutlak. Saya termasuk yang tidak peduli dengan hasil benchmark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *