By

Review Lenovo Vibe Shot: Ponsel Berwajah Kamera Saku

Peranti berdimensi fisik 142,7 x 70 x 7,6 milimeter dan berat 145 gram ini sebenarnya adalah ponsel Android dual SIM. Namun, penampakan sisi belakangnya laksana kamera saku digital. Kali pertama melihatnya dari jarak dekat, penulis langsung teringat dengan kamera mungil Sony Cyber-shot seri T.

Sesuai namanya, Lenovo Vibe Shot, kemampuan nge-shot alias memotret menjadi nilai jual utama ponsel itu. Setelah berhari-hari memakainya, penulis menilai kamera ponsel tersebut memang layak diacungi jempol. Rekomendasi versi penulis, Vibe Shot pantas dibeli oleh pengguna Xiaomi Mi 4i yang puas dan ingin naik kelas. Namun, anggarannya tak cukup untuk meminang LG G4.

Rev Vibe Shot-37

Rev Vibe Shot-38

Kalau diperhatikan, ada tiga hal di Vibe Shot yang berusaha ditonjolkan oleh Lenovo. Pertama, fokus otomatis inframerah yang diklaim dua kali lipat lebih cepat daripada fokus otomatis konvensional. Kedua, lampu kilat LED tiga warna yang memungkinkan kamera menghasilkan foto dengan warna kulit manusia lebih natural. Kata Lenovo, Vibe Shot adalah ponsel pertama di dunia yang dibekali lampu kilat tiga warna.

Terakhir, tersedianya mode auto dan pro, komplet dengan tombol fisik. Mode auto menyasar pengguna yang relatif awam dengan fotografi. Pengguna tak perlu dibingungkan dengan pengaturan manual. Tinggal arahkan kamera ke objek lalu jepret. Selesai.

Rev Vibe Shot-5

Rev Vibe Shot-6

Seandainya pengguna memerlukan panduan tambahan, mereka dapat mengaktifkan fitur smart composition. Di layar ponsel akan tersaji informasi yang membimbing pengguna dalam pemotretan. Misalnya, pengguna akan memotret makanan. Ponsel bakal memberitahu pengguna andaikata jarak pemotretan kurang dekat.

Rev Vibe Shot-33

Sementara itu, pengguna yang setidaknya mempunyai kemampuan dasar fotografi pantas mengeksplorasi mode pro. Pengguna leluasa mengatur white balance, pemfokusan, kecepatan rana, ISO/ASA, dan kompensasi pencahayaan. Ada pula pilihan panorama, art nightscape, artistic HDR, blur background, dan wide selfie.

Bila tekun bereksperimen memakai mode pro alias manual, pengguna berpeluang menghasilkan foto yang sedap dipandang mata. Penulis yang bukan ahli fotografi, misalnya, sempat iseng memotret pergerakan lampu kendaraan bermotor di depan sebuah gedung. Hasilnya, sebuah foto dengan garis-garis lampu berwarna-warni. Cukup cantik, meskipun belum maksimal. Sebab, penulis tidak memanfaatkan tripod dengan ketinggian lebih dari satu meter. Berhenti di tepi jalan di seberang gedung, penulis cuma mengandalkan tripod mungil. Penulis kemudian bersandar di sepeda motor sambil menahan napas. Cekrek!

Rev Vibe Shot-1

Kamera utama Vibe Shot dilengkapi fokus otomatis dan sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 16 megapiksel. Sedangkan kamera depannya mampu memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, masing-masing kamera itu bisa menghasilkan klip video full HD.

Vibe Shot dibekali layar IPS lima inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Tampilan layar tergolong prima, asalkan tidak berada di bawah sinar matahari yang sangat terik. Contohnya, di tepi pantai tepat pada tengah hari. Permukaan layar dan sisi belakang ponsel telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3. Sehingga, dua bagian tersebut relatif lebih sulit tergores.

Sebuah konektor audio 3,5 milimeter untuk menancapkan earphone atau handsfree berkabel terdapat di bagian atas ponsel. Konektor micro USB berada di bawah Vibe Shot. Sementara itu, di samping kiri ponsel, pengguna akan menjumpai selot kartu micro SIM dan microSD.

Tombol volume dan power terletak di kanan ponsel. Demikian pula tombol geser untuk mengubah mode kamera dari auto ke pro atau sebaliknya. Persis di samping tombol geser itu terdapat tombol penjepret (shutter button) kamera.

Rev Vibe Shot-2

Dua kartu micro SIM dapat ditampung dan disiagakan bersamaan di Vibe Shot. Nomor mana pun yang dipilih pengguna untuk berinternet otomatis bisa menjelajah ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE.

Mengacu kepada lembar spesifikasi yang dirilis Lenovo, ponsel itu kompatibel dengan LTE band 1 (2100 MHz), 3 (1800), 7 (2600), 8 (900), 20 (800), dan 40 (2300). Selama proses uji pakai, penulis sukses menikmati layanan 4G LTE Telkomsel dan XL via Vibe Shot.

Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 1,7 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 3 GB, ROM 32 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi teknis lain Vibe Shot. Saat ponsel Android 5.1 Lollipop itu kali pertama diaktifkan, sisa memori internal mencapai 24,5 GB.

Mendukung USB On-The-Go (USB OTG) dan bisa merekam percakapan telepon, baik manual maupun otomatis, merupakan kemudahan lain yang dapat dinikmati pengguan Vibe Shot. Ada pula fitur quick snap dan knock to light. Dengan quick snap, saat layar ponsel padam, pengguna cukup menekan tombol volume dua kali untuk “membangunkan” sekaligus memerintahkan ponsel memotret.

Sedangkan knock to light merupakan cara mudah untuk mengaktifkan layar tanpa menekan tombol power. Ketuklah layar dua kali memakai ujung jari. Agar jurus ini tetap manjur, pengguna disarankan tidak memasangkan pelindung layar berjenis tempered glass ke permukaan layar Vibe Shot.

Rev Vibe Shot-3

Ponsel itu menggunakan baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh. Di tangan penulis, baterai tersebut nyaris selalu bertahan di kisaran 12 jam, sebelum kemudian meminta diisi ulang. Sesekali baterai sanggup bertahan sampai 16 jam.

Saat penulis mengetikkan ulasan ini, harga ritel resmi Vibe Shot dipatok Rp 4.999.000. Harga nyata di pasar lebih murah. Pemilik toko ponsel acapkali menawarkannya Rp 4.550.000 sampai Rp 4.600.000. Paket penjualan sudah termasuk selembar pelindung layar dan sebuah back case transparan.

Rev Vibe Shot-4

Lebih bagus mana hasil kamera Vibe Shot kalau diadu dengan LG G4? Jawabannya, dua ponsel itu berbeda kelas sehingga tidak tepat dibandingkan. Harga ritel resmi keduanya berbeda Rp 3,5 juta. Bila tetap harus dijawab, kamera G4 lebih bagus.

Pemosisian yang lebih tepat, menurut penulis, Vibe Shot adalah ponsel naik kelas bagi mantan pengguna ponsel kelas menengah yang ketersediaan dananya belum bisa menjangkau ponsel flagship. Gambaran yang paling pas, ada seseorang yang selama ini telah puas dengan Xiaomi Mi 4i. Namun, dia sebetulnya mengidamkan ponsel bermemori eksternal dan bersuhu bodi lebih sejuk. Dalam kondisi seperti itu, Vibe Shot menjadi pilihan bijak.

***

Contoh hasil jepretan kamera Vibe Shot.

Rev Vibe Shot-7

Rev Vibe Shot-8

Rev Vibe Shot-9

Rev Vibe Shot-10

Rev Vibe Shot-11

Rev Vibe Shot-12

Rev Vibe Shot-13

Rev Vibe Shot-14

Rev Vibe Shot-15

Rev Vibe Shot-16

Rev Vibe Shot-17

Rev Vibe Shot-18

Rev Vibe Shot-19

Rev Vibe Shot-20

Rev Vibe Shot-21

Rev Vibe Shot-22

Rev Vibe Shot-23

Rev Vibe Shot-24

Rev Vibe Shot-25

Rev Vibe Shot-26

Rev Vibe Shot-27

Saatnya mencoba fitur artistic HDR.

Artistic HDR dalam posisi off.

Rev Vibe Shot-28

Kini artistic HDR di-on-kan.

Rev Vibe Shot-29

Dua foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

Rev Vibe Shot-31

Rev Vibe Shot-32

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Rev Vibe Shot-34

Rev Vibe Shot-35

Rev Vibe Shot-36

345 Responses to Review Lenovo Vibe Shot: Ponsel Berwajah Kamera Saku

  1. Priyo says:

    Keren banget hasil jepretannya, sesuai harganya yg middle high πŸ™
    Thanks sudah mereview pak πŸ™‚

  2. solehoptikcokro says:

    Wiih mantabb tapi harganya gak kuaat ?

  3. Robert says:

    Pak untuk vibe shot ini ada masalah dengan sim nya nga? Karena dulu saya punya lenovo vibe x2 masalah yg saya temukan adalah sim 1 sering eror tiba2 hang tidak bisa menerima atau memanggil telpon. Sudah hard reset tapi tetap masalah. Sampai harus ganti mesin.

    • Herry SW says:

      Pak Robert,

      Saya tak mengalami masalah tersebut. Sekadar informasi, saya sering berganti-ganti kartu SIM.

  4. Iwan Joni says:

    Saya pengguna Xiaomi Mi 4i dan memang harus diakui bahwa kemampuan kamera Mi 4i sangat bagus jika dibandingkan dengan sesama ponsel seharga. Bahkan dibandingkan dengan ponsel yang harganya di kisaran 4-5 juta pun masih berani saya katakan Mi 4i lebih unggul di sektor kameranya.

    Tapi satu problem utama Mi 4i, panas…. Meski sudah berganti rom berkali kali masih dihantui dengan problem panas tsb. Saat ini saya masih menggunakan Xiaomi Mi 4i dan bisa dikatakan sangat puas dengan kualitas hasik fotonya, terutama jika menggunakan mode manual nya.

    Saya juga pencinta ponsel Lenovo, terhitung sudah ada beberapa tipe ponsel Lenovo yang pernah saya gunakan, di antaranya adalah Lenovo P780, S860, dan P70 yang saat ini masih saya pakai bersama-sama dengan Mi 4i. Lenovo Vibe Shot ini akan menjadi target operasi saya selanjutnya, apalagi membaca review Pak Herry bahwa kemampuan kameranya dapat diandalkan dan lebih bagus dibandingkan Mi 4i.

  5. Amelia says:

    Wah akhirnya review yang kutunggu keluar jugaaaaa *-* makasih banget ya pak herry!

    Kalo soal performa main game hd gimana nih pak performanya? Semisal gta san andreas atau modern combat 5 gitu. Mau hijrah dari zenfone 2 16gb nih. Terus menurut bapak worth mana sih antara vibe shot sama oneplus one?

    Terus sekalian minta saran nih pak. Android maks 3 juta dengan internal 32gb dan ram paling gak 2gb ada gak ya?

    • Herry SW says:

      Bu Amelia,

      Kemarinnya saya memainkan Asphalt 7: Heat dan satu game motor balap (ehmm… mendadak lupa judulnya, SBK apa gitu deh) di Vibe Shot. Bisa berjalan dengan baik sih.

      Saya belum pernah menguji pakai OnePlus One. Jadi, tak bisa jawab.

      Kalau maksimal Rp 3 juta, rasanya kok belum ada ya.

    • shinosuke nohara says:

      kalau syaratnya cuma harga maksimal 3 juta dan mengesampingkan faktor lain seperti bukan garansi resmi, bukan merk global dll silakan melirik xiaomi redmi note 2 prime, cuma biasanya yang dijual adalah china version, jadi cuma support TDD LTE

      harga rata2 yang dijual online kisaran 2,7-2,9 juta

      • Amelia says:

        Nah kata kawan aku lenovo vibe x2 udah 3 juta pas harganya. Internal juga 32 gb. Bagus mana emangnya sama redmi note 2 prime?

        • Herry SW says:

          Bu Amelia,

          Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Redmi Note 2 Prime pasti bukan garansi resmi. Jangan beli deh.

  6. Sacti says:

    Dear, Pak Herry
    Terima kasih sudah mereview Lenovo Vibe Shot. Sepertinya bisa dijadikan salah satu referensi untuk upgrade LG Optimus G Pro saya.
    Untuk aftersales service center nya Lenovo masih bisa diandalkan seperti LG kah pak?
    Oiya, saya penasaran. Setiap ponsel android yang Pak Herry review, selalu ada notifikasi kecepatan data di status bar. Itu Pak Herry pakai aplikasi apa ya? Hehehehe, saya ingin coba juga.

    • Herry SW says:

      Pak Sacti,

      Layanan pusat perbaikan resmi Lenovo belum sebagus LG.

      Oh, itu pakai aplikasi Internet Speed Meter Lite yang bisa diunduh di Play Store.

  7. Victor says:

    Hehehe kok kelihatannya bagus ya. Sebelumnya saya pernah pakai 3 Lenovo : P780, K900, Vibe Z2 Pro. Bahkan Vibe Z2 Pro yg menitikberatkan pada kamera pun mengecewakan detailnya. Padahal harganya antara 6,6jt sampai 7jt di Bhinneka (satu2nya yg jual di Indonesia).
    Tapi selain itu semua fiturnya memuaskan.

    Jadi tergoda mencoba Vibe Shot lagi karena saya percaya ko Herry

    • Herry SW says:

      Pak Victor,

      Lho, Vibe Z2 Pro jelek tho? Saya belum pernah mencobanya. Waktu itu saya langsung lari terbirit-birit saat mengetahui harganya. πŸ™‚

  8. Haris says:

    Pak Herry,
    Selisih harga, jika dibanding LG G3 LTE 32gb,dengan segala aspek dan value for money,lebih memadai yang mana Pak?

    • Herry SW says:

      Pak Haris,

      G3-nya kalah dalam hal suhu bodi ponsel dan daya tahan baterai. Selain dua hal itu, G3 unggul.

  9. Haris says:

    Eh,nambahin Pak Herry
    …bagaimana kinerja dari flash LVS ini? Belum ada contoh fotonya…

    • Herry SW says:

      Pak Haris,

      Nah… itu dia. Contoh fotonya terhapus sebelum ditransfer. Bagus kok. Namun, saya tidak merasakan perbedaan signifikan terkait warna kulit.

  10. Raha says:

    dear ko herry

    review bagus banget… buat jadi ngiler beli hehehehe
    tp saya mau tanya,
    kira” antara lenovo VIbe ini dgn Sony xperia C5 dan sony xperia C4, lebih baik beli yg mana ya?

    saya cari kamera yg bagus (buat selfie juga) tp harga terjangkau, under 5 jtan.

    thanks

  11. hari says:

    Pak Hery, menurut bapak antara lenovo vibe shot dan xperia z1 bagus mana ?
    saya saat ini puas dengan xperia z1 tapi ketiadaan fitur long exposure membuat saya tertarik dengan lenovo vibe shot
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Hari,

      Dalam hal kamera ya? Lebih bagus Vibe Shot daripada Xperia Z1. Kinerja kamera Vibe Shot lebih mirip dengan Xperia Z2.

  12. rinto3w says:

    Jika dimisalkan kamera xiaomi mi4i nilainya 8 maka vibe shot nilainya berapa om?kebetulan saya pengguna mi4i juga

    • Herry SW says:

      Pak Rinto3w,

      Kalau angka tanpa desimal, sama-sama 8. Kalau boleh pakai koma-koma, ehmm… 8,2 atau 8,3 gitu deh. Yang paling membedakan keduanya, Vibe Shot terasa lebih gegas. Bodi ponsel juga cenderung lebih sejuk. Trus, Vibe Shot kan ada selot kartu microSD-nya. Kapasitas memori juga lebih gede.

  13. han says:

    Maaf oot P Herry, modem wifi LTE yg ada dlm foto diatas merk apa ya? Dan belinya dimana? Trims

    • Herry SW says:

      Pak Han,

      Modem USB + mifi LTE-nya bernama lengkap Huawei E8278. Anda tinggal cari di Google dengan kata kunci Huawei E8278. Pasti banyak iklan yang muncul dari para penjual online.

      Kalau mau penjual yang tepercaya dan pasti bukan tipu-tipu, silakan coba email ke arif_sutanto@yahoo.com.sg. Penjual ada di Jogja dan melayani pengiriman ke luar kota.

      Sedangkan power bank yang saya gunakan Delcell Compact. Kalau mau beli, tinggal masuk ke Delcell.com.

  14. radi says:

    Kalau boleh diadu, lenovo vibe shot vs vivo xshot vs asus zenfone 2 varian tertinggi. hasil fotonya mana yg terbaik om..?

    • Herry SW says:

      Pak Radi,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 varian tertinggi. Yang pernah saya coba adalah varian tertinggi kedua. Spesifikasi kamera varian tertinggi kedua dan varian tertinggi mestinya sama kok. Kalah deh kameranya bila diadu dengan Vibe Shot.

      Sekarang tinggal Lenovo Vibe Shot versus Vivo Xshot. Namanya kebetulan mirip ya. Bila spesifik ke kamera, saya lebih menjagokan Xshot.

  15. Haditiya says:

    Kalo dibanding LG G3 kameranya bagusan mana ya?

    • Herry SW says:

      Pak Haditiya,

      Secara umum relatif imbang. Namun, kalau diperhatikan benar-benar dalam berbagai kondisi pemotretan, G3 kalah tipis. Tidak terlalu signifikan. Jangan diadu dengan G4 ya. Sebab, G4 menang telak.

  16. Roni says:

    Dear ko Herry…untuk lenovo vibe shot, apakah bisa pake kartu smartfren yang 4G LTE, karenabsyvliat support frekuensi 2300…. Makasih Ko Herry, saya senang baca2 review ko Herry dan baru kali ini ikut comment…

    • Herry SW says:

      Pak Roni,

      Di atas kertas bisa. Namun, saya tak pernah membuktikannya sendiri karena tidak sedang memiliki kartu LTE Smartfren.

  17. Pakdhe Ery says:

    Thanks reviuw nya pak Herry, sangat saya tunggu utk membandingkan dengan Mi4i khususnya utk hasil fotonya. Kl utk hasil foto nilai dari pak Herry selisih nya tdk sampai satu bahkan hanya selisih nol koma tiga, sedangkan harganya selisih satu koma sekian juta, apakah pak Herry setuju kl saya bertahan dengan Mi4i? Terima kasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Pakdhe Ery,

      Kalau Anda tidak keberatan dengan bodi ponsel yang kadang menghangat, silakan bertahan dulu.

  18. Ipong says:

    Aku senang jalan2 k http://ponselmu.com baca reviewnya om Herry nambah wawasan dunia smartphone
    Tapi baru kali ini tinggalkan komentar..

    Jujur itu hsil jepretan keren banget ya om jadi kepengen meminang, namun apa daya aku memilih setia sama xiaomi mi4i karna biaya meminang sdikit mahal untuk aku heehee…

    Oya om, mao tanya lampu flash xiaomi mi4i vs lenovo vibe shot ditempat gelap lebih terang mana?
    maaf tulisannya banyak hehee…

    • Herry SW says:

      Pak Ipong,

      Terus terang saya sudah lupa lampu kilat Mi 4i seterang apa. Saat pemotretan, saya biasanya meminimalkan penggunaan lampu kilat. Sebab, warna foto yang dihasilkan biasanya akan menjadi kurang natural.

  19. leos says:

    Ko powerbank delcell pillow yg output 2a apakah aman dipakai ke hp dengan charger 0.7a?trims

  20. aldy says:

    Mantap reviewnya pak herry kalo saya liat pemotretan untuk kondisi malam jernih dan terang ya? apakah memang kemampuan kameranya dlm kondisi lowlight prima pak herry… menurut pak herry dengan harga yg ditawarkan lenovo skrg sudah cukup value kah vibe shot dengan segala kelebihan yang ada…

    • Herry SW says:

      Pak Aldy,

      Benar, untuk pemotretan low light, Vibe Shot termasuk bisa diandalkan.

      Spesifik ke Vibe Shot, harga dasarnya sebenarnya rasional: USD 349. Sayang, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sedang kurang bersahabat sehingga harganya kurang cantik. Seandainya harga perdana Rp 3,999 juta, pasti lebih greget.

  21. Danar says:

    Vibe shot vs z3 compact,dri segi kamera dan video,performa,daya tahan baterai dan kemampuan multitasking mnurut bpak lbih baik mana mengingat hrga yg tdak terlalu jauh…oh iya pak hery,pernah coba lumia 1520?sya galau antara z3 compact dg lumia…kebutuhan sya kamera,daya tahan baterai,internetan dan gaming…mhon dberi pencerahan jga utk smartphone maks 5jt selain yg sdah d sebutkan,dan knpa pak hery merekomendasikanny…sukses buat pak hery n ponselmu.com

  22. leo says:

    maaf koh, agak melenceng… saya sudah mencoba lg magna dan juga xiaomi redmi 2 yang mempunyai tingkat ke gegasan yang cukup baik,,, terus saya ingin mencoba menggunakan infinix, apakah produk* dari infinix mempunyai tingkat ke gegasan yang cukup baik juga ? sebelumnya trimakasih…..

  23. Danar says:

    Sya jga awalny pgn meminang vivo x shot,syang memoriny d partisi dan baterai yg krang besar mnurut sya…rekomndasi lain pak hery,merk tiongkokpun g mslah yg pnting garansi resmi…oh iy pak hery,ad rncana utk review alcatel flash 2 at lenovo a7000 aka k3 note?

    • Herry SW says:

      Pak Danar,

      Kalau gitu ya beli Vibe Shot saja lho. Anggaran Anda berarti setara dengan harga Xshot kan?

      Flash 2 belum ada rencana review.

      K3 Note berarti A7000 Special Edition. Tadi saya baru saja melakukan pemungutan suara. Saya meminta follower Twitter @herrysw memilih lebih ingin saya me-review Meizu M2 atau A7000 Special Edition. Hasilnya, M2 menang mutlak.

  24. yudi eko says:

    Om..kekurangan hape ini apa yah?

    Panas?..lag?..ato apa y om?

    Mungkin bisa diceritakan lebih detail

    • Herry SW says:

      Pak Yudi Eko,

      Minusnya nggak banyak dan sudah saya sebutkan lho. Yaitu, di bawah sinar matahari yang sangat terik, tampilan layar kurang prima = agak sulit dilihat.

      Panas? Tidak. Maksimal hangat wajar.

      Lag? Tidak deh.

  25. Haris says:

    Pak Herry,
    Walau belum direview,tapi Pak Herry kayaknya sudah merasakan Sony xperia m4 aqua. Bagaimana perbandingan kinerja dan kameranya antara 2 ponsel ini?

  26. Arya Putama says:

    Permisi om, saya mau tanya, samsung galaxy saya kena burn in, apakah itu bisa di klaim garansi? terus tempat service samsung yang enak daerah surabaya dimana ya?

  27. hari says:

    Maaf Pak Herry.
    jika menelisik masalah update apakah lenovo vibe shot juga mendapatkan dukungan update ke android berikutnya. Krn saya pengguna Xperia Z1 dan masalah baterai bisa bertahan berapa lama(xperia Z1 yang saya pakai bisa bertahan 1 setengah hari) ?saya tertarik dengan ponsel ini
    oh ya di bandingkan dengan purna jual sony, menurut bapak lebih bagus mana antara Lenovo dan Sony
    Terimakasih Pak Herry
    sukses untuk bapak

    • Herry SW says:

      Pak Hari,

      Soal update ke versi berikutnya, saya tak berani memastikan.

      Di tangan saya daya tahan baterai Vibe Shot 12-16 jam. Paling sering sih 12 jam. Saya lupa dulu baterai Xperia Z1 di tangan saya bisa bertahan berapa lama. Yang pasti, tak bisa seharian penuh.

      Kalau di tangan Anda baterai Xperia Z1 bisa sampai 1,5 hari, berarti Vibe Shot minimal sanggup bertahan satu hari. Itu angka minimal. Mungkin lebih lama.

      Layanan pusat perbaikan resmi dua merek itu sama-sama belum bagus. Namun, seminggu terakhir, saya dapat dua testimoni positif tentang pusat perbaikan resmi Lenovo. Satu di Surabaya, satu di Jogja/Magelang.

  28. hari says:

    Terima kasih sudah mereview vibe shot dgn cepat, pak herry. Saya tidak menyangka sudah keluar kemaren. πŸ™‚
    Tp saya heran dgn acuan harga yg pak herry nyatakan, darimana ya USD 349 itu? Kalau di googling, jadinya malah diatas Rp.5jt pak.. hehehe
    Sekali lagi terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Hari,

      USD 349 itu patokan dasarnya. Kalau prinsipal atau distributor mengimpor ponsel, kan pakai USD.

      Anda mungkin lalu bertanya. Kurs dolar sekarang Rp 14.800. Kalau dikalikan 349 kan hampir Rp 5,2 juta. Lha harga resmi Vibe Shot Rp 4,999 juta. Gimana dong? Kan nggak cocok?

      Jawabannya, waktu Vibe Shot dipesan dan dibayar, nilai tukar dolar kan belum setinggi sekarang.

  29. Budi says:

    Pak Herry,
    Maaf, keluar topik. Saya kemarin lihat di lazada ada yg masih jual ponsel keluaran 2013 kalau ga salah. Motorolla “moto x”, seharga 2 juta kurang sedikit. Pernahkah pak herry towel” gawai tersebut? Jika melihat harga + spesifikasi (walaupun dual core) layak belikah gawai tersebut.? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Budi,

      Tak pernah coba.

      Kalau saya sih mending tidak deh. Apalagi, jualannya via Lazada yang ngeri-ngeri sedap.

  30. fajar says:

    Saya stay tune di belakang ko herry sejak 3thn yg lalu …….. cm jd silent reader dan kadang jadi silent buyer artinya abis diam-diam baca review trus diam-diam beli ke toko. Lenovo masih jdi alternatif aman bagi saya kalo dah ga nemu merk laen yg sreg… tp kok rasanya selalu “nanggung” ya rasio harga terhadap kemampuan. Ya ga murah amat atau ya ga canggih amat. Ga ringkih amat dan ga kuat amat. Tapi selalu memuaskan hati sehingga ga ngerasa nyesel belinya. Cm si vibe shot ga sempat ngerasain karena dah keburu beli zenpon2 (yg ini saya beli ga liat review) T_T

  31. hendra says:

    Pak, fitonya yg ada cahaya lampu belakang kendaraan itu saya ambil ya pak. Bakal wall di laptop. Asli bagus pak πŸ™‚

  32. hendra says:

    Pa kenapa vibe shot ga panas?bukankah prosesornya sama dengan mi4i?snapdragon 615 kan panas banged

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Prosesor sama hasil akhirnya kan belum tentu sama. Desain, firmware, dll akan berpengaruh terhadap hasil akhir.

  33. Rifky says:

    Pak Herry,

    Kalau menurut pak Herry, secara keseluruhan..lenovo vibe shoot vs LG G3 unggul yang mana pak?

    • Herry SW says:

      Pak Rifky,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo Vibe Shoot, Pak. Kalau yang dimaksud Vibe Shot, G3 RAM 3GB masih lebih unggul.

  34. Aa says:

    Bagaimana harga jual kembali lenovo? Apakah jatuh jauh dari harga baru

    Bagaimana kualitas service center lenovo?
    Bagaimana kualitas garansi TAM?

    Di jawab ya Pak, Terima kasih ?

  35. Ipong says:

    Kalo meizu m2 note kameranya bgus aku liat review diblog sbelah…

    Oya om herry samsung note 5 kapan nih? Tggu ya

  36. yudi eko says:

    Om..OOT dkit

    Om pake tripod model gmana om kok kliatannya posisi handphone agak tinggi

    Apa di ganjal sesuatu atau di taruh di atas mobil ni om?

  37. Refmon says:

    Untuk lenovo Vibe shot saya, kok tidak Ada Security Dari lenovo nya ya? Tapi di lenovo lain , di beri aplikasi bawaan Dari lenovo nya.. (Pabrik) . Dan,, kenapa Untuk pengaturan System terlalu banyak menguras RAM? Apakah pengaruh OS LOLIPOP? . Mohon Saranya Dan Terima Kasih. posting an nya bermanfaat. thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Refmon,

      Yang Anda maksud security apa ya? Menu security biasanya ada di dalam menu settings.

      Oh, yang Anda maksud sepertinya aplikasi yang ikonnya berwarna biru ya? Kalau iya, tak masalah tidak tersedia aplikasi itu kok.

      Ponsel kan menjalankan sistem operasi. Itu memang mengonsumsi RAM. Konsumsi RAM Vibe Shot wajar-wajar saja kok.

  38. fariz says:

    cameraphone yg sangat mengoda diharga 4 jutaan an,belom pernah saya coba sih,tapi kayak nya nokia lumia 1020 masih lebih baik dikelas ini(nokia 1020 saat ini dijual dgn harga yg sama,bm singapore)

  39. Ipong says:

    Om nanya ni tpi bukan ttang ponsel..

    Mnta saran dengan anggaran Rp. 5.5juta untuk laptop merk dan tipe apa ya yg bangus?
    Kperluan office, browsing, editing foto&video, serta gaming…
    Dan juga baterai tahan lama

  40. Ipong says:

    Oh iya maaf jga nanya beda dri yg lain?
    Ngirain om tau…. Lela amat aku hehee

  41. fariz says:

    wah,kalo saat ini saya gak tau pasti pak herry,sebulan yg lalu teman saya beli 1020 disana,kalo dirupiahi sekitar 4,4 juta kata nya.
    pak herry berminat neh sm nokia 1020?

  42. yudi eko says:

    Om saya baca2 lg review G4

    Dg batre sama dg vibeshot 3000mAh

    Tnyata kurang lebih sama y om waktu pemakaianya?

    Scara detil..menurut om lebih awet mana batrenya om?

  43. yudi eko says:

    Oiya lupa..

    Lock signal nya bagus mana vibeshot vs G4 om?

    Lalu apakah kedua gawai tsb tdpt settingan u/ lock hanya LTE?

    Makasih bnyak

  44. Sofy says:

    Kalau Pak Herry pilih LG G4 atau vibe shot ini Pak?

    • Herry SW says:

      Pak Sofy,

      G4 dong. Namun, dua ponsel itu mestinya kurang tepat dibandingkan. Lha harga jualnya saja beda jauh banget.

  45. Nezzar says:

    Wah akhirnya muncul review Vibe Shot juga nih Pak Herry… Saya yang masih mencari pengganti E700 saya dulu hehe. Terima kasih pak, kayaknya Vibe Shot ini hasil reviewnya cukup positif, dan budget pun masih masuk kriteria.

    Btw, vibe shot ini kameranya kira2 setara hp ex-flagship apa ya pak? Sama Xperia Z1/Z3/Z3? LG G2/G3? Samsung Galaxy S5/Note3/Note4?

    Sekarang saya bingung nih mau ambil Vibe Shot atau G4 hehe… Harga G4 BNIB sekarang kisaran berapaan ya pak?

    Makasih banyak lho pak…

    • Nezzar says:

      Wah maaf typo pak. Maksudnya Xperia Z1/Z2/Z3.

      Due to budget constrain, kayaknya sih saya masih bingung antara Vibe Shot dan Xperia C5 Ultra Dual… LG G4 masih jauh di atas jangkauan hehe. Masih penasaran, seburuk apa sih service center Lenovo dan Sony ini? Karena mau gak mau (walaupun jangan sampai terjadi) kalo sampai berurusan sama SC ya mesti gimana ya hmmm… So far saya cuman pernah berurusan dengan SC Samsung dan Acer dan cukup puas dengan pelayanannya…

    • Herry SW says:

      Pak Nezzar,

      Pengganti E700 adalah Acer Liquid X2. Saya juga menantikannya.

      Kira-kira setara dengan Xperia Z2.

      Kalau harga tak masalah, ya mending G4. Harga masih tetap di Rp 8.249.000.

  46. wawan says:

    menurut psk HSW kamera lumia 1020 gmna??

  47. Sofy says:

    Makasih untuk infonya Pak. Sekedar info di Erafone lagi ada promo G4 di harga 7.499.000. Sedangkan samsung Galaxy S6 flat di harga 7.799.000. Jadi bingung lagi Pak miliknya hehehe. Mending pilih yang mana ya Pak? Makasih banyak Pak Herry

    • Herry SW says:

      Pak Sofy,

      Terima kasih atas informasinya.

      Iya, harga G4 leather maupun keramik kini turun harga menjadi Rp 7.499.000. Jadi, itu sebenarnya bukan harga promo Erafone, melainkan karena harga normalnya memang turun.

      Saya sih lebih memilih LG G4. Meskipun saya tidak anti dengan ponsel berbaterai tanam dan tanpa selot microSD, kalau ada dua hal itu rasanya lebih mantap. Apalagi, kamera G4 kan sudah teruji bagus.

  48. taufiq says:

    sya skarang pakak zenfone 2 yang RAM 2gb intèrnal 16, layak ganti ke lènovo vibe shot nggak? ama kualitas suara vibè shot gimana? baik pakai earphone atau ndak..makasih balasannya

    • Herry SW says:

      Pak Taufik,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 RAM 2 GB. Yang pernah saya coba Zenfone 2 RAM 4 GB. Layak banget beralih ke Vibe Shot.

      Kualitas suara standar dengan ponsel lain deh. Itu dengan asumsi pakai speaker ya. Saya tidak menggunakan earphone.

  49. yudi eko says:

    Om HSW

    Bagaimana perpindahan antar operator di vibeshot

    1. Apa punya tombol praktis u/ merubah jaringan mana yg utama?
    2. Lalu bagaimana layout tampilan TELP & SMS..apa 1 button “call & send” ato 2 button “call & send” ?

    NB : saya perhatikan G4 yang punya tombol praktis di home screen dg tampilan call & sms 1 button..sedang di samsung kalo gak salah 2 button pada call dan pada send

    Trimakasih om

  50. Sacti says:

    Dear, Pak Herry
    Saya ditawari teman saya yang akan menjual LG G3 2GB nya seharga 3,5 juta. Jika dibandingkan dengan Vibe Shot dari segi performa dan kameranya, lebih bijak saya ambil yang mana? G3 second atau Vibe Shot?

    • Herry SW says:

      Pak Sacti,

      Harga Rp 3,5 juta terlalu mahal untuk G3 bekas dengan RAM 2 GB. Barang yang supermulus saja beberapa waktu lalu saya jual Rp 3 juta kok.

      Kalau pilihannya G3 Rp 3,5 juta itu atau Vibe Shot, saya pilih Vibe Shot. Harga Vibe Shot bekas di bawah Rp 4 juta kok. Rentang harganya Rp 3,8 juta sampai Rp 3,975 juta.

  51. Aditya DS says:

    Pak Herry SW, benarkah kabar divisi smartphone Lenovo akan bubar dan diganti menjadi Motorola. Bagaimana nanti nasib servis centernya? Dan apa ciri2 Lenovo VibeShot bergaransi resmi? Saya tertarik produk ini Pak. Tks.

    • Herry SW says:

      Pak Aditya DS,

      Info dari mana tuh? Saya malahan baru dengar.

      Soal Vibe Shot, paling mudah lihat saja nama importirnya. Yang garansi resmi importirnya Lenovo bla.. bla… bla… Wisma Kota BNI bla… bla… Jakarta.

  52. Aditya DS says:

    Pak Herry SW, berarti yang saya dengar rumor ya pak. Pak di Lenovo VibeShot ada LED Notifikasinya nggak? Menurut pak Herry apa kekurangan paling signifikan dariVibeShot? Tks.

    • Herry SW says:

      Pak Aditya DS,

      Benar. Lenovo dan Motorola memang akan sinergi. Namun, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi kalau akan dibubarkan.

      Soal LED notifikasi, terus terang saya lupa. Saya tidak memedulikan hal itu karena saat memakai ponsel lebih mengandalkan notifikasi suara atau getaran.

      Buat saya, sisi minus Vibe Shot adalah baterainya tak bisa bertahan minimal 16 jam. Jadi, kalau sedang beraktivitas di luar dan baru pulang larut malam, mau tidak mau harus membawa power bank deh.

  53. Aries says:

    Katanya vibe shot gaada sensor gyroscope ya mas herry? Jadi gabisa main google cardboard dong πŸ™
    Mas herry punya saran gak android 5 juta kebawah yang kameranya mirip2 vibe shot dan punya sensor gyro? Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Aries,

      Kalau Anda membaca review di atas dengan cermat, pertanyaan Anda sudah terjawab kok. Anda tinggal melihatnya di screen capture Sensor Box for Android. Ya, tidak ada gyroscope sensor. Ya, seharusnya tak bisa bermain cardboard.

      Silakan melirik Xiaomi Mi 4i dan Hisense Pureshot+.

  54. andre says:

    Om Herry, saya minta pendapat Oom, Pilih yg mana:
    – Lenovo K3 Note
    – Samsung Galaxy J5
    – Xiaomi Mi 4i
    – Lenovo A7000 Special Edition
    – Lenovo A6000 Plus
    – Asus Zenfone 2 ZE550KL
    – DLL
    makasih oom

    • Herry SW says:

      Pak Andre,

      Yang pernah saya coba baru Galaxy J5 dan Mi 4i. Di antara dua pilhan itu, secara umum Mi 4i lebih menarik.

  55. andre says:

    Dari semua sektor, lebih recommend ke yg mana ?

  56. andre says:

    Maksud saya sektor kamera,baterai,layar,jaringan,dapur pacu dan harga tentunya.
    Kira-kira lah

  57. taufiq says:

    pak herry, lenovo vibe shot ada aplikasi mini movie or buat video dari foto kayak zenfone 2? ama zenfone 2 yg Ram 2 Gb, 16 GB, harga jual kembalinya berapa yah? rencna mau ganti vibe shot..thx a lot

    • Herry SW says:

      Pak Taufiq,

      * Soal mini movie, seingat saya tidak ada. Anda bisa mencari aplikasi yang dibutuhkan di Play Store.
      * Zenfone 2 dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB ada dua varian, ZE550ML dan ZE551ML. Dengan asumsi yang dimaksud adalah varian tertinggi, mulus, lengkap, dan bergaransi resmi, harga jual bekasnya sekitar Rp 2 juta. Kalau Anda menjualnya ke pedagang, harganya tentu lebih rendah.

  58. Jay says:

    Maaf pak OOT, saya rencana mau beli lenovo A7000, tapi mau tanya nih soal service center lenovo? kira-kira gimana pak? soalnya teman saya pake lenovo A319, baru seminggu pake tiba2 mati total, akhirnya dia bawa ke service center di roxy, katanya selesai 12 hari kerja. Nah, udah lebih dari 12 hari kerja ga dihubungi oleh pihak lenovo, akhirnya saya coba bantu telepon ke lenovo. Udah 3 kali telepon tapi ga dijawab2. saya jadi ragu mau beli lenovo nih pak, kira2 semua service center lenovo begitu ga ya pak? apa cuma di jakarta aja yang begitu?

    • Herry SW says:

      Pak Jay,

      * Kinerja pusat perbaikan resmi Lenovo belum bagus. Namun, sudah ada kecenderungan membaik.

      * Saat berhubungan dengan pusat perbaikan resmi ponsel merek apa pun, jangan mengandalkan kontak via telepon. Ketika petugas di sana sibuk melayani konsumen, telepon masuk akan diabaikan.

  59. Ukibayu says:

    Pak heri
    Maaf sebelumnya terlepas dari topik saya bingung nih mau beli hp lenovo vibe x2, lenovo p70 atau infinix zero 2 mohon pencerahannya pak, dan kalau bisa recomendasi dong hp untuk budget dibawah 3jt terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Ukibayu,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo Vibe X2. Tersisa dua ponsel, P70 dan Zero 2 LTE.

      Kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai, silakan ambil P70. Kalau Anda lebih menomorsatukan tingkat kegegasan, tampilan layar, dan kenyamanan digenggam, Zero 2 LTE lebih pantas dipilih.

  60. ivan says:

    ko herry,
    kalau di banding dengan hp sony yg tipe M lebih aik mana ko? M4 or M5? ataupun dengan beberapa tipe ponsel sony? karena aku sebenermya pingin hp sony xperia tapi karena harga yg terlalu mahal jadi kepikiran kok beli lenovo vibe shot aja,
    tapi menurut kko mending beli hp sony atau lenovo yah? untuk sektor kamera, batre, ketahanan hp, dan secara keseluruhan? mending nunda dl untuk bisa beli hp sony atau beli lenovo ini aja? secara keseluruhan tp lebih ke kameranya ko..

    mohon pencerahan nya ya ko, lagi galau nih, soalnya jjur lebih seneng sony sih, tar dari pada beli lenovo ga puas trs malah gonta ganti trs jatuh nya..
    thank you ko herry

    • Herry SW says:

      Pak Ivan,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M4 maupun Xperia M5. Jadi, belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

      Mending beli Sony atau Lenovo? Ya bergantung tipe sih.

  61. ivan says:

    kalo misalkan samsung type s dan sony type s mending mana ko?

    katakanlah sony z3 dengan samsung s6 dari sigi kamera batre performa dan sebagainya??

    • Herry SW says:

      Pak Ivan,

      Sony tipe S? Mungkin maksudnya tipe Z ya.

      Mesti dilihat tipe per tipe sih. Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu secara mendalam. Kalau soal daya tahan baterai, saya yakin Xperia Z3 lebih unggul.

  62. khozin says:

    enak mana om vibe shot dengan samsung note 4

  63. Michael says:

    Halo Pak Herry SW,

    Sebelumnya saya pernah mendengar dari teman-teman yang menggunakan Lenovo katanya seringkali problem masalah dari Lenovo adalah adanya partisi atau pembagian memori RAM. Sehingga membuat Smartphone-smartphone dari Lenovo ini tidak berjalan dengan maksimal. Apakah itu benar?

    Jika benar, Apakah hal ini juga terjadi di Lenovo Vibe Shot?

    • Herry SW says:

      Pak Michael,

      Partisi RAM? Selama mencoba belasan ponsel Lenovo, saya tak pernah mengalami masalah itu. Kalau partisi ROM, dulu memang sempat ada hal yang kurang asyik. Namun, semua ponsel Lenovo keluaran sekitar dua tahun terakhir sudah tidak mengalami hal serupa.

  64. yoda says:

    hasil foto lenovo vibe shot vs hisense pureshot+ lebih bagus mana ya om herry?

    • Herry SW says:

      Pak Yoda,

      Pada mode standar relatif imbang. Namun, untuk dieksplorasi lebih dalam, kamera Vibe Shot lebih mantap.

  65. ricky says:

    SC itu apa ko? Trus mau tanya antara lenovo vibe shot dgn oppo r7 bagusan mana ko?

  66. khozin says:

    pak..minta review buat samsung s6 edge

    • Herry SW says:

      Pak Khozin,

      Karena saya mencobanya dalam waktu sangat singkat, saya memang tidak me-review ponsel itu. Menurut saya, Samsung S6 Edge kurang menarik. Kalau Anda tertarik dengan layar lengkungnya, lebih baik ambil Galaxy Note Edge.

  67. ekotenan says:

    terus terang saya cinta mati sama desain vibe shot pak Hery SW.. tapi ada beberapa pertanyaan
    apakah vibe shot suara speker kenceng atau pelan
    apakah kedua sim card bisa koneksi di 4G
    krn akan sy jdkan ponsel kedua setelah p780..hhh

    • Herry SW says:

      Pak Ekotenan,

      Suara speaker biasa-biasa saja. Tidak kencang banget, juga tidak pelan.

      Pada satu waktu, hanya satu nomor yang bisa masuk ke 4G. Pengguna bebas memilih mau SIM1 atau SIM2 yang diarahkan ke 4G.

  68. ekotenan says:

    maturnuwun pak Hery SW.. berkat temen grup p780.non official saya bisa berkenalan dengan pak Hery.. baru kemarin dan saya recomdkan keteman temen yg doyan hp.. krn mereka sering tanya pd sy hp yg cocok.. dan harga yang pantas sehingga mereka bisa langsung akses kesini berarti jadi berkurang beban moral saya hehe maaf bercanda.. pokoknya masih Koh Hery SW
    …. waduh malah banjir Koh..

  69. Rendz Kodoy says:

    mau tanya ni om zenfone 2 ram 4 gb sama lenovo vibe shoot bagus beli yg mana..bingung ni om..mohon pencerahanya

  70. yudi eko says:

    Permisi om HSW

    U/ frekuensinya

    Apa bisa dipastikan bisa 4G 900 & 1800

    Soalnya saya baca di GSM arena kok gak ada 4G 900

    NB : masih ngarep 4G juga masih diselenggarakan di 900

    Makasih bnyak

    • Herry SW says:

      Pak Yudi,

      LTE-nya 900 dan 1800. Saat saya mencoba Vibe Shot, saya sukses memakai LTE Telkomsel yang saat itu aktif di 900.

  71. Otong Tjahjono says:

    Om HSW

    Apakah Vibe shot, kedua slotnya bisa on di 4G ?
    Atau salah satu harus 2G/3G ?

    • Herry SW says:

      Pak Otong Tjahjono,

      Sampai saat ini belum ada ponsel dual SIM yang pada saat bersamaan kedua nomor berada di jaringan 4G LTE. Salah satu di antaranya harus berada di jaringan 2G.

  72. Djuinda says:

    Pak, saya baru aja beli Vibe Shot punya teman saya udah pemakaian 2 bulan dengan harga 3,3jt . Kemahalan ngga kira2 ?

    Baru satu hari saya pake, batre nya lumayan boros pak, kalau internetan ga berhenti berhenti pakai wifi tahan 6-7 jam, apakah normal ?

    Terus bagaimana mengaktifkan fitur Knock to Light pak ? Saya ga mau sering-sering mencet tombol power buat nyalain layarnya.

    Terus kalau tanpa nota pembelian apakah bisa klaim garansi di SC Lenovo ?

    • Herry SW says:

      Pak Djuinda,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Harga Rp 3,3 juta tergolong murah. Harga pasaran bekas masih lebih dari Rp 3,5 juta.

      Kalau selama 6-7 jam itu Anda berinternet nonstop, hal itu masih tergolong wajar.

      Saya lupa fitur “double tap to wake up” alias “knock to light” itu tepatnya ada di mana. Coba Anda cari di:
      * Settings, lalu yang ada hubungannya dengan gesture, atau
      * settings, lalu display.

      Bisa. Kalau ditanya nota pembelian, bilang saja Anda dapat hadiah ulang tahun.

  73. Ivan says:

    Om HSW bagaimana ponsel ini dibandingkan dengan sony M5, redmi note 3, atau pureshot+? Dari sisi performa dan kamera om he3..

    • Herry SW says:

      Pak Ivan,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Vibe Shot versus Pureshot+ lebih bagus Vibe Shot. Namun, harganya kan beda jauh, Pak. Vibe Shot harga ritel resminya Rp 4,999 juta (harga pasar sekitar Rp 4,5 juta), sedangkan Pureshot+ harga ritel resminya Rp 2,499 juta.

      Saya belum pernah mencoba Xperia M5 dan Redmi Note 3.

  74. Aldi says:

    Koh Herry, sy mau tanya ni.

    Klau secara kenyamanan dan kamera xperia z2 dan vibe shot ini bagus mana ya?
    Koh Herry sndri scra pribadi lbih plih mna?

    • Herry SW says:

      Pak Aldi,

      Untuk ukuran saat ini, saya lebih memilih Lenovo Vibe Shot. Kecuali, Anda perlu ponsel yang siap diajak berhujan-hujan ya.

  75. Aldi says:

    Koh Herry, sy mau tanya ni.

    Klau secara kenyamanan dan kamera xperia z2 dan vibe shot ini bagus mana ya?
    Koh Herry sndri scra pribadi lbih plih mna?
    Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Aldi,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya. Kali ini terkirim dua kali lho. Jawaban sudah saya ketikkan di bawah pertanyaan pertama Anda.

  76. aldi says:

    Koh Herry, sy mau tanya.
    * Klau mslah knyamanan buat sehari” dan kamera antara xperia z2 vs lenovo vibe shot bagus mana?
    * Trus klau koh Herry pribadi lbih plih mana?
    Thanks koh

  77. aldi says:

    Maaf koh, jaringan telkomsel di manokwari lagi jelek banget.
    Makasih ya koh buat infonya, sukses trus.

  78. Wisnu says:

    Pak Herry SW,

    Jika performa antara kamera Vivo Xshot & Lenovo Vibe Shot dinilai dengan angka, Pak Herry akan kasi skor berapa untuk masing-masing hp?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Wisnu,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Hmm… kalau pakai angka-angka gitu saya paling nggak suka. Spesifik ke kameranya, Xshot saya nilai lebih nendang.

  79. Ricky says:

    Dibanding oppo r7s yg baru keluar, bagusan mana gan?

  80. Vincent says:

    Hi pak, nice review, vibe shot memang menawan secara desain. Kebetulan saya juga pakai xperia z3+ dual, dan sangat menyesal membelinya, over heat ga karuan dan belon ada tanda2 diperbaiki dari Sony. any comment untuk xperia z3+ dual ? lepas or keep it untuk sementara waktu

    Pengin beli Vibe shot, tapi masih ngeri dengan service center, karena dulu punya pengalaman buruk dengan P700 pas awal2 keluar lenovo di indo.
    Antara vibe shot dengan asus zen 2 varian tertinggi bagus mana ? but memang desain vibe shot sangat menggoda

    • Herry SW says:

      Pak Vincent,

      Wah, sampai sekarang belum ada perbaikan di Xperia Z3+ Dual ya? Dulu saya pernah memakai ponsel itu. Keluhan utama saya, kamera sering menutup otomatis karena menganggap ponsel sudah terlalu panas. Padahal, kalau diraba, permukaan ponsel belum terasa panas. Tahan atau lepas? Ini susah nih. Harga jual Xperia Z3+ Dual bekas sudah turun tajam. Bila ditahan akan semakin terjun bebas. Kalau tak keberatan melakukan cut loss sekarang, mending dijual deh.

      Pusat perbaikan resmi Lenovo kini sudah lumayan membaik. Kuncinya, bila ponsel rusak, bawalah ke pusat perbaikan resmi yang dikelola oleh ASTech, bukan Comtech. Saya sih lebih pilih Vibe Shot daripada Zenfone 2.

      • Vincent says:

        Thanks pak atas sarannya. Kayaknya saya ambil vibe shot or ada saran utk tunggu beberapa waktu lagi sambil tunggu new release karena saya jg ga terlalu urgent. Karena dengar2 lenovo, xiaomi akan release new model di indo.

        Apa xperia z3+ dual sudah tidak akan terselamatkan lagi ?

        Sekalian maun tanya, saya jg pakai LG G2 pakai sejak jan 14, masih kitkat, overall puas pakai hp ini dan masih mumpuni utk diadu dgn hp kelas menengah saat ini. Tapi akhir2 ini sering ilang sinyal terutama ketika hp ditaruh disaku atau dalam tas, perlu restart utk recover sinyalnya, ini kenapa ya.

        Thanks and salam sukses

        • Herry SW says:

          Pak Vincent,

          Ya siapa tahu kelak ada update firmware yang lebih sempurna untuk Xperia Z3+ Dual.

          Soal G2, coba diperiksakan ke pusat perbaikan resmi LG saja, Pak.

  81. eka wijaya says:

    Pak mau tanya
    Galaxy note 4 dengan vibe shot ini bagaimana yah
    1.dari segi baterai
    2.dari segi kamera dan hasil foto
    3.dari segi panas mesin hp nya
    4.dari segi daya tahan
    5.dan overall menang siapa pak dr angka persentase

    Tereima kasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Eka Wijaya,

      1. Baterai: lebih tahan lama Vibe Shot.
      2. Kamera: mode otomatis lebih bagus Galaxy Note 4. Mode manual Vibe Shot menang mutlak.
      3. Panas: imbang.
      4. Daya tahan: imbang
      5. Dengan memperhatikan harga jual, Vibe Shot yang jadi pemenang.

  82. Tre says:

    Saya sudah beberapa minggu pakai Vibeshot ini, masalah yang timbul adalah cepat panas pada saat menggunakan :
    Kamera, browsing serta membuka aplikasi2 lainnya.
    ada saran supaya tidak cepat panas pada saat menggunakan kameranya?
    saya bandingkan dengan Lenovo P70 sama2 menggunakan kamera atau bahkan game yang sama (asphalt 8), P70 relatif adem dibanding vibeshot ini yang kelewat panas.
    trims

    • Herry SW says:

      Bu/Pak Tre,

      Boleh dijelaskan seberapa tinggi frekuensi Anda memakai kamera dan browsing? Membuka aplikasi lain itu apa saja? Apakah Anda memakai kartu 4G LTE XL?

      Ya, dibandingkan P70, P70 memang lebih adem. Salah satu penyebabnya, jarak antara baterai tanam dan penutup baterai di P70 lebih renggang.

      • Tre says:

        Makasih replynya Pak Herry,
        Saya menggunakan untuk photo2 anak-anak kurleb 10 menit dan sudah terasa “panas”.
        Browsing cari-cari berita di google kurleb 20-30 menit, membuka aplikasi peta route66, nanti saya test kembali pastinya.
        operator menggunakan indosat sinyal full LTE (saya sudah coba pindah kan ke WCDMA prefered ataupun GSM prefered supaya tidak cepat habis baterei).
        kira-kira begitu..

        • Herry SW says:

          Pak/Bu Tre,

          Sepuluh menit mestinya belum panas. Saya pernah pakai sekitar setengah jam baru pada tahap hangat mendekati panas.

          Googling 20-30 menit plus navigasi lebih berpeluang panas.

          LTE Indosat mestinya relatif lebih adem daripada LTE XL.

  83. Iwan Joni says:

    Halo Pak Herry, saya baru beli Vibe Shot ini tadi malam untuk menggantikan Lenovo P70 yang saya jual. Pagi ini saya menemukan satu kendala yang belum ketemu solusinya nih, yaitu tidak bisa aktivasi aplikasi BCA Mobile. Saya menggunakan 2 simcard, XL untuk berinternet (sudah pakai kartu XL 4G) di slot sim 1, dan Telkomsel Halo khusus untuk bertelepon di simcard 2.

    Sebelumnya dengan Lenovo P70 dengan kondisi 2 simcard yg persis sama dan lokasi slot yg sama, semua berjalan baik-baik saja. Proses aktivasi BCA Mobile berjalan lancar. Saya juga menggunakan aplikasi Mandiri Mobile menggunakan simcard Telkomsel di slot kedua. Anehnya proses aktivasi Mandiri Mobile di SIM 2 ini justru sukses dan tdk ada kendala.

    Saya sudah coba trik dengan menonaktifkan simcard Telkomsel di slot 2, proses aktivasi tetap tidak bisa berhasil. Selalu berhenti saat aktivasi pertama kali (saat memasukkan 16 digit nomor kartu ATM). Aktivasi BCA Mobile ada 2 tahap, yg pertama aktivasi nomor kartu ATM, yang kedua aktivasi apps nya dengan mendownload verified BCA Mobile apps dari server BCA langsung. Saya gagal di tahap pertama.

    Mengingat aplikasi BCA Mobile ini sangat saya butuhkan, apakah Pak Herry ada solusinya supaya aktivasi di Lenovo Vibe Shot ini berhasil ? Terima kasih.

    Note : koneksi internet via wifi kantor yang saat ini berfungsi dengan baik

    • Herry SW says:

      Pak Iwan Joni,

      Sehari-hari saya memakai mobile banking BCA, tetapi tidak menggunakan BCA Mobile.

      Yang akan dihubungkan dengan BCA Mobile nomor XL ya? Sebelumnya P70 yang Anda gunakan masih bersistem operasi KitKat atau sudah Lollipop?

      Cobalah melakukan hal ini:
      * Pasangkan nomor yang akan dipakai BCA Mobile di selot SIM1.
      * Sampai aktivasi tuntas, gunakan akses internet dari SIM1 juga.

  84. RirinSekarini says:

    Koh mau tanya, sy tertarik sekali sama VibeShot ini, skrg sy pk Samsung Galaxy S4, utk sy S4 ini sudah cukup bagus
    Tp utk kamera sy lebih tertarik dgn VibeShot ini
    Kira2 pas gak ya kl sy ganti ke VibeShot ini? Ato lebih bagus Vibe Xshot?
    Sy lbh menekankan ke kamera dan performa layarnya koh (krn mnurut sy S4 ini layarnta sudah cukup bagus)

    • Herry SW says:

      Bu Ririn Sekarini,

      Dari Galaxy S4 Anda layak ganti ke Lenovo Vibe Shot.

      Kalau Vibe Xshot yang Anda maksud itu ponsel yang mana ya? *bingung*

  85. RirinSekarini says:

    Sorry koh, mksd sy Vibe X2,,
    Dibanding Vibe Shot dan Vibe X2 (mengesampingkan ukuran MP kamera) mana yg lebih bagus mana performanya?

    Tp setelah sy baca2 komen2, nampaknya Xiaomi Mi4i juga patut dipertimbangkan ya koh?
    Apa beda kelas dgn Lenovo seri Vibe?

    • Herry SW says:

      Bu Ririn Sekarini,

      Oh, kalau Vibe X2 saya belum pernah coba.

      Mi 4i juga oke sih. Namun, kalau harus memilih, saya lebih memilih Vibe Shot karena secara keseluruhan lebih mantap.

  86. wulan says:

    Mau tanya juga ni om, oppo r7s dengan lenovo vibe shot lebih bagus mana yah ? Minta advice nya. Trimakasih

  87. nur andy rifai says:

    pak mau tanya lenovo vibe stot ini udah di lengkapi lampu pemberitahuan led apa belum????

  88. Akb Sr says:

    Pak Herry SW
    Utk Vibe Shot apakah sdh dilengkapi dgn sensor compass?

  89. Eno says:

    saya tertarik sekali dengan Vibe Shot,apalagi membaca ulasan dari pak herry…
    yg saya ingin tanyakan : kelebihan dan kekurangan yg bapak temui dari Vibe shot secara garis besar apa saja pak??…terima kasih

  90. Eno says:

    terima kasih pak,..Untuk panas yang dihasilkan dari ponsel vibe shot menurut pak herry bagaimana??…bulan ini dah ngebet pengen beli ni hape πŸ˜€
    oh ya…pak herry punya grup di FB ??…biar para penggemar pak herry berkumpul disana and tanya jawab dengan pak herry lebih asyik lagi πŸ˜€

    • Herry SW says:

      Pak Eno,

      Hangat wajar sih.

      Saya tak punya grup di FB. Tanya jawab hanya via dua jalur: blog ini dan Twitter @herrysw. Pertanyaan yang dikirimkan via jalur lain akan diabaikan.

  91. Eno says:

    Terima kasih pak Herry…Semoga pak Herry sekeluarga sehat selalu

  92. Rolly says:

    Halo pak, saya baru membeli Lenovo vibe shot tgl 8 januari 16, saya sering memainkan path, instagram dan browsing dan saya merasakan panas yang berlebihan di pemakaian 10 mnt, apakah itu normal pak ? Dan penggunaan batrai agar lebih hemat bagaimana pak, saya sering charger sekitar jam 1 malam dan saya lepaskan jam 8 pagi, akan tetapi pemakaiannya baru 8 jam batrai sudah tgl 34% lagi. Apakah itu msh normal ?
    Sekian pak

    • Herry SW says:

      Pak Rolly,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Kalau panas berlebihan tidak normal. Kalau hangat masih wajar. Pemakaian 8 jam baterai tersisa 34 persen? Kalau memperhatikan perilaku pemakaian Anda (sering pakai Path, Instagram, dan browsing), hal itu tergolong sangat normal.

  93. yudi eko says:

    Maap om HSW

    Tanya kualitas kedekatan warna hasil jepretan dengan warna original objek..antara vibe shot & G4

    Trimakasih banyak

  94. RARA says:

    apabila ponsel lg g4 dibandingkan dengan z3 lebih bagus mana ko herry untuk kamera dan ketahanan baterainya? terima kasih

  95. kevin says:

    Lenovo vibe shot apa sudah fast charging ya ? Klo belum chargenya brp lama ya ? Screeo on timenya brp lama jika dibandingkan dengan g4 ketahanan baterainya lebih lama mana ya ? Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Kevin,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Paket penjualan Vibe Shot belum mendukung fast charging. Saya tidak memperhatikan durasi pengisian ulang. Sekitar tiga jam deh.

      Wah, saya tidak memperhatikan screen on time-nya. Terasa sedikit lebih awet daripada baterai G4 sih.

    • Iwan Joni says:

      Dear Pak Kevin,

      Vibe Shot sudah fast charging, kurang dari 2 jam sudah penuh 100%. Screen on time nya paling mentok 4 jam saja, rada boros memang..

  96. kevin says:

    Apakah lenovo vibe shot sdh ada led notifikasinya.?

    • Herry SW says:

      Pak Kevin,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Terus terang saya sudah lupa ada LED notifikasi atau tidak.

    • Iwan Joni says:

      Pak Kevin,

      Vibe Shot ada led tapi hanya untuk charging. Tidak berfungsi saat ada notifikasi. Mirip seperti ponsel Lenovo kebanyakan.

  97. Katon says:

    Jd bingung mau beli hape apa… Opppo f1 bagus gk koh?

    • Herry SW says:

      Pak Katon,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Buat saya sih sederhana saja. Oppo langsung dicoret. Jangan dibeli.

  98. Bambang hermanto says:

    Klo hasil kamera vibe shot vs xperia z5 hasilnya bagus mana? Ya pak

  99. Bambang hermanto says:

    Harga z5 dan g4 diatas 5 jt..klo dibandingkan dg kamera dslr seharga 3 jta hasilnya bagus mana ya??? Hehhe

    • Herry SW says:

      Pak Bambang Hermanto,

      Masalahnya, saya tak pernah memakai kamera DSLR nih. Btw, memangnya ada ya kamera DSLR harga Rp 3 juta?

  100. Pardo says:

    Pak kalo dibandingi sama LG G2 lebih bagus mana hasil kamera sama performanya , trus baterai nya lebih tahan lama yang mana ?

  101. Okky W says:

    maaf mau tanya,apa lenovo vibe shot aplikasinya bisa dipindahkan ke SD Card?

    • Herry SW says:

      Pak Okky W,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya tidak memperhatikannya. Biasakan menginstalasikan aplikasi di memori internal.

  102. Okky w says:

    Mau tanya, apa lenovo vibe shot bisa pindah aplikasi ke SD card?

    • Herry SW says:

      Pak Okky W,

      Silakan cek jawaban saya di atas. Biasakan mengirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

  103. Ratna says:

    Salam kenal ko, mau tanya, saya bingung memilih vibe shot atw vibe p1 turbo. Kira2 lebih merekomendasikan yang mana?
    Tanpa melihat harganya ya ko… Saya bingung dengan 2 pilihan itu dari lenovo. Ada kelebihan masing2. Terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Bu Ratna,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Patokannya sederhana. Kalau Anda mengutamakan kamera, silakan pilih Vibe Shot. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, berarti Vibe P1 Turbo yang lebih tepat dipilih.

  104. Ratna says:

    Oke… Makasih banyak…

  105. Septian says:

    Halo pak, mau tanya Smartphone rekomendasi pak herry di harga 4 jt mentok apa ya?

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Septian,

      Perlu dual SIM atau tidak? Anda lebih mengutamakan kamera bagus atau baterai tahan lama?

  106. Ratna says:

    Ko, ada yang mau saya tanya lagi nih. Vibe shotnya sdh saya beli. Suka banget. Sesuai keinginan dan puas banget.
    Yang mau saya tanya, ada antivirus, firewall, dll utk keamanannya. Saya search di google, katanya ada menu Security. Tapi koq gak ada ya…
    Menurut ko Herry perlu gak saya download pihak ke tiga utk antivirusnya. Lebih merekomendasikan apa ya ko?

  107. taufiq says:

    pak herry, maaf oot, kalau antara note 5 ama galaxy S6 pilih mana yah? alasannya sekalian yah..
    thx

    • Herry SW says:

      Pak Taufiq,

      Nggak memilih keduanya sih. Namun, bila tetap harus memilih, saya condong ke Note 5 dengan alasan sudah dual SIM.

      • taufiq says:

        maaf Ko herry kalau Samsung S7 itu dah dual sim yah? apakah kedua sim bisa dibuat paketan data 4G? kalau suruh milih mending note 5 atau samsung S7…makasih banyak responnya..

  108. Dhardhani Purwandito (Tito) says:

    Salam hormat Pak Herry,

    Apakah lenovo vibe shot sudah mendukung “virtual reality headshet” atau bisa di instal aplikasinya?

    Terimakasih..

  109. Yuliawan says:

    Malam Pak Herry
    Mau tanya kalau soal kamera bagus mana ya dengan infinix zero 3…Pak herry mau tanya Smartphone rekomendasi pak herry di harga 3 jt apa ya yang sudah menggunakan fitur OIS..Terima Kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Yuliawan,

      Kamera belakang lebih bagus Zero 3, kamera depan lebih bagus Vibe Shot.

      Hmm… LG G2.

  110. hari says:

    Pak herry, jika diperhatikan sejak rilis, harga vibe shot ini sepertinya mengalami stagnansi ya? Sudah lebih 6 bulan namun tidak juga turun signifikan.. menurut bapak alasannya kenapa; dan apakah saat ini vibe shot masih layak dipertimbangkan?
    Terimakasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Hari,

      Bisa jadi harga ritel resminya sengaja belum diturunkan karena belum ada produk baru di segmen yang sama. Kalau mengejar kamera bagus dan tampilan fisik cantik, Vibe Shot masih boleh dilirik.

  111. Rendy O. says:

    Selamat Siang Pak Herry. Saya ingin tanya, apakah lenovo vibe shot ini ada LED Notifikasinya?
    Lalu bila diadu dengan Oppo R7S, bagaimana menurut bapak?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Rendy O.,

      Terus terang saya lupa Vibe Shot dilengkapi notifikasi LED atau tidak. Saya pribadi tidak memedulikan satu hal itu karena toh sehari-hari memang sering mengakses ponsel.

      Oppo? Jangan beli ponsel Oppo deh.

      • Iwan Joni says:

        Vibe Shot ada Led tapi sayangnya tidak berfungsi sebagai notifikasi pesan masuk. Led nya hanya nyala (warna putih) saat ponsel sedang dicharge…

  112. lil says:

    Hai Pak, kenapa vibe shot saya tidak bisa muncul sinyal 4g ya? Saya pake xl dan network sudah diset lte

    • Herry SW says:

      Pak Lil,

      Apakah Anda sudah menggunakan kartu XL yang mendukung layanan 4G LTE? Apakah Anda sudah berlangganan paket data yang bisa dipakai di jaringan 4G LTE? Apakah Anda berada di lokasi yang pasti termasuk area layanan 4G LTE XL?

      Tiga syarat di atas harus terpenuhi semua dulu.

    • Iwan Joni says:

      Jangan-jangan kartu XL nya masih kartu lama yg belum support 4G?

  113. windy says:

    Pak HSW,

    saya berencana menemani kenalan saya ke PRJ untuk melihat HP. Kenalan saya HP nya hilang setelah dihipnotis sama orang Pak (pas pulang kursus jalan keluar di trotoar bahunya ditepuk orang eh nurut aja) jadi sekarang mau beli yang baru.

    Yang diutamakan adalah fitur kamera. HP biasa digunakan untuk social media kayak IG dan juga apps seperti WA, Line, Gojek, dll.

    Apa Pak HSW bisa membantu memberikan saran untuk HP dengan kamera yang bagus dengan harga dibawah 2 juta,rentang 2-2,5 juta dan rentang harga 2,5-3 juta?

    Thanks ya, Pak.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Windy,

      *** Harga kurang dari Rp 2 juta
      Hisense Pureshot.

      *** Harga Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta
      Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Kalau ingin yang layarnya lebih gede dan baterai lebih besar, ada Asus Zenfone Max.

      *** Harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta
      Infinix Zero 3.

  114. windy says:

    Terima kasih banyak, Pak atas sarannya.

  115. Hafiedz arsinda says:

    Slamat malam pak Herry.
    Saya Hafiz saya mau bertanya tentang Lenovo vibe shot saya yg saya, sebenarnya dari pertama beli saya sudah mengalami keanehan hp saya sering restart sendiri tp karna itu terjadi sehari sekali saya cuek ajah nah ahir”ini hp saya sering restart sendiri dan app yg sudah saya rapihkan menjadi berantakan lagi itu yg membuat saya kesal jd harus berkali”merapihkan app trs menerus dengan ada nya masukan dr bapak saya harap bisa membantu saya apa yg harus saya lakukan untuk masalah Lenovo vibe shot saya ini trimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Hafiedz Arsinda,

      Sering restart sendiri itu terjadi sebelum atau setelah Anda menginstalasikan aneka aplikasi tambahan?

      Kalau sebelum menginstalasikan aplikasi tambahan sudah sering restart, berarti ada yang tidak beres dengan Vibe Shot Anda. Silakan melakukan klaim garansi.

      Kalau restart-nya baru terjadi setelah Anda menginstalasikan aplikasi tambahan, ada peluang pemicunya aplikasi tambahan tertentu yang kurang cocok atau bentrok. Solusinya:
      1. Lakukan factory reset.
      2. Instalasikan 1-2 aplikasi tambahan dulu. Gunakan.
      3. Kalau ponsel masih normal, instalasikan lagi 1-2 aplikasi tambahan.
      4. Begitu seterusnya sampai pada titik tertentu ponsel mulai restart lagi. Nah, dengan mudah Anda bisa menebak aplikasi tambahan apa yang menjadi pemicu. Untuk selanjutnya, jangan instalasikan aplikasi itu lagi.

      • Hafiz Arsinda says:

        Iya pak itu ada app yang tidak cocok sama hp saya udah saya balikan kesetelan pabrik sekarang bagus pak udah gak restart ulang sendiri lagi.
        Terimakasih pak masukan nya.

        • Herry SW says:

          Pak Hafiz Arsinda,

          Ok. Sip.

          • Dee says:

            Aplikasi apa ya yg tidak cocok dgn vibe shot ini? Hp sy jg sering restart sendiri. Tlg dikasih tau ya.. Makasih.

          • Herry SW says:

            Bu Dee,

            Anda mesti menelusurinya sendiri. Caranya begini:
            1. Lakukan factory reset dulu.
            2. Instalasikan 1-2 aplikasi tambahan.
            3. Gunakan ponsel seperti biasa.
            4. Kalau sampai berjam-jam kemudian normal, instalasikan 1-2 aplikasi tambahan lagi.
            5. Gunakan ponsel seperti biasa.
            6. Begitu seterusnya sampai di titik tertentu ponsel mulai sering restart. Berarti, penyebabnya 1-2 aplikasi tambahan yang terakhir diinstalasikan itu.

  116. Ratna says:

    Ko, mau share nih. Hp saya vibe shot. Perlu di reboot gak ya ko? Kalo iya, kapan dan sebagusnya gmn menurut ko herry? Thanks

    • Herry SW says:

      Bu Ratna,

      Setiap kali Anda mematikan lalu menyalakan ponsel, itu kan sebenarnya sudah tergolong reboot.

  117. Rezky says:

    Asslkm pak.sy mau nanya.knpa hasil kmera blkng lenovo vibe shot sy,saat akn mengambl gambr jls skali gmbrnya,tetapi hsl jempretan kameranya kok agak redup/gelap.sy udh coba kmblikn pngaturn awl kamera,hslnya tetap sama.bhkn msh bgs hsl kameranya xiaomi yg cuma 13mg pxl.mksh info blknya

  118. Jefry says:

    Selamat pagi ko herry ,saat ini saya mendapatkan
    Penawaran menarik dari situs jual beli online luar (Alixxxxxxx) lenovo vibe shot seharga US $157 (free shipping) sdh saya masukan ke “keranjang” tinggal di bayar namun sebelum sya transaksi sya mau tnyakan terlebih dahulu ; dengan harga segitu layakah utk di beli? Mohon balasannya ko herry..thanks

    • Herry SW says:

      Pak Jefry,

      Saya pakai kurs 1 dolar AS diasumsikan Rp 14.000. Tanpa menghitung bea masuknya, harga segitu sih menarik. Entahlah kalau kemudian ditambahkan dengan bea masuk. Saya tak mengetahui cara detail menghitungnya.

  119. Jefry says:

    Setelah sya mengitungnya dengan bea masuk(PPN+PPH) maka saya dptkan total yg harus di byrkan sekitar Rp. 2,5 juta….apakah ini harga yg worthy?
    Dan apakah ko herry pernah mendengar,memakai atau mereview Hp Letv Le 1 Pro, kalau pernah bgaiman penilainnya? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Jefry,

      Kalau yakin segitu sih masih layak deh.

      Saya pernah dengar, tetapi belum pernah menyentuh, apalagi memakainya.

  120. Taufik Rachmat says:

    Pak Herry,maaf saya awam masalah ponsel,, tanpa memperhatikan harga dan kelasnya,baik mana antara lenovo vibe shot dengan Samsung galaxy note 4,dari segi performa,terutama untuk game berat?

    • Herry SW says:

      Pak Taufik Rachmat,

      Kebetulan saya bukan penggemar game dan jarang main game di ponsel. Jadi, maaf, saya tidak berani menjawab pertanyaan Anda.

      Kalau dalam konektivitas, Vibe Shot lebih bagus daripada Galaxy Note 4.

  121. Taufik Rachmat says:

    Kalau dilihat dari segi ketangguhan CPU dan processornya Pak?kira2 lebih baik mana?

    • Herry SW says:

      Pak Taufik Rachmat,

      Sebenarnya beda kelas sih. Yang Note 4 itu kan flagship. Masalahnya, ponsel tersebut tidak mendukung 4G LTE. Jadi, sudah terasa ketinggalan untuk ukuran saat ini. Ia juga bukan dual SIM. Kalau harus memilih, saya tetap memilih Vibe Shot.

  122. Edwin says:

    Malam Pak Herry, Vibe Shot ini belum mendukung fitur quick charging, jadi ketika melakukan pengisian daya, dari posisi Low-Batt sampe full kira2 brp lama Pak?
    Kemudian scr keseluruhan, lbh nyaman & aman mana Pak, Vibe Shot atau LG G4?
    (Saya agak trauma sama LG sih Pak, sblmnya saya pake G3, setaun lbh dikit tb2 HPnya error, restart sndr scr terus menerus. Apalagi G4 jg ada isu bootloop itu Pak).
    Makasih Pak Herry…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Seingat saya, Vibe Shot sudah mendukung Quick Charge 2.0. Namun, charger yang disertakan memang belum kompatibel dengan standar itu.

      Dengan menggunakan charger bawaan, proses pengisian daya sampai penuh membutuhkan waktu sekitar dua jam. Itu kalau tak salah ya. Saya sudah lupa tepatnya. Sehari-hari saya memang tidak terlalu memperhatikan durasi charging.

      Secara keseluruhan ya lebih enak LG G4. Namun, siap-siap bawa power bank atau baterai cadangan.

      G4 bootloop memang benar dan hal itu diakui LG. Hal itu terjadi pada G4 keluaran awal. Keluaran saat ini sudah aman.

  123. warung kopdar says:

    Lagi cari cari perbandingan harga sama oppo f1 , dari segi kamera , ketemu artikel ini, bisa buat pertimbangan

  124. Tito Dhardhani Purwandito says:

    Salam hormat Bpk Herry SW, semoga sehat dan dlm lindungan Tuhan..

    Saya menggunakan lenovo vibe shot, bagaimana cara mengatasi tombol kamera di body samping agar tidak sering tertekan sendiri yg berakibat sering memotret sendiri?

    Trimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak Tito Dhardhani Purwandito,

      Saya kebetulan tidak mengalami hal itu saat memakai Vibe Shot. Kalau Anda mengalami hal itu, saya menyarankan Anda membeli jelly case yang tidak terlalu tipis dan bagian tombol kameranya berlubang.

  125. Edwin says:

    Pagi Pak Herry…
    Saya mengutip kalimat Pak Herry di atas “Kalau mengejar kamera bagus dan tampilan fisik cantik, Vibe Shot masih boleh dilirik.”, saya beranggapan berarti kalo tdk mengejar kamera bgs dan tampilan fisik cantik, masi ada HP lain yg lbh baik ya Pak?
    Kalo yg sekelasnya, kira2 apa ya Pak?
    Terima kasih Pak…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Ya. Misalnya, kalau mengejar daya tahan baterai, ada Lenovo Vibe P1 Turbo yang lebih mantap.

      Di kisaran harga Vibe Shot sih ponsel itu berdiri sendirian.

  126. Edwin says:

    Pagi Pak Herry… Akhirnya td malam (14 Juli) saya beli nih Vibe Shot di Marina, dpt wrn putih (wrn lain sdh habis dan toko yg menjual jg tdk bnyk)
    Ada bbrp hal yg mau saya tnykan dan sampaikan nih Pak :
    1. Soal bloatware mmg tdk bs diuninstall dan disable ya Pak? Krn saya suda cb uninstall, nampakny bisa tp stlh HP direstart, muncul lg aplikasinya. Kemudian saya buka di App Info jg tdk ada opsi utk Disable ;
    2. Apa benar Pak kalo ponsel2 Lenovo cpt panas? Krn kmrn, wkt masi di toko, uda deal beli, buka kardus, cek2 HPnya, cm tes kamera, musik dan bbrp hal stndart lainnya, HP sudah hangat. Hingga saat inipun saya tdk pernah merasakan HP ini dlm kondisi dingin di tgn saya hahaha…
    O iya, sekedar informasi saja, Vibe Shot suda dpt upgrade Marshmallow Pak. Td malam stlh nyalain HP lgsg ada info update…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Lho, Vibe Shot warna putih sudah tersedia ya? Sebelum Vibe Shot beredar resmi di Indonesia, kebetulan saya sudah memegang langsung semua varian warna Vibe Shot. Menurut saya, yang paling bagus warna putih. Masalahnya, dulu di awal varian warna itu belum tersedia.

      1. Bloatware apa ya, Pak? Babe, Guvera, dll seingat saya bisa dihapus kok.

      2. Bergantung tipe. Vibe Shot termasuk yang tidak mudah panas. Kecuali, pemakaian Anda tinggi atau kondisi sinyal kurang optimal.

      Wah, sudah Marshmallow ya.

  127. Edwin says:

    Iya Pak Her, sudah ada yg wrn putih. Malah smua yg jual stoknya cm ada putih aja, yg hitam aja ga ada… Sampe saya kira yg putih itu stok sisa ga laku gt Pak hahaha
    Iya Pak, Bloatware spt Babe, Kompas, dll… Bisa diuninstall tp ketika HP direstart, muncul lagi aplikasinya Pak…
    Skrg OS sudah Marshmallow, tampilannya spt material design atau apa itu istilahnya…
    O iya Pak, saya mau tny soal pengaturan kamera scr manual. Utk menghasilkan efek cahaya lampu kendaraan spt foto bapak di atas, caranya gmn ya Pak? Saya lihat shutter speed max cuma 1 detik dan hasilnya tdk bs sebagus pny Pak Herry…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Restart atau reset nih? Kalau reset memang akan muncul lagi. Kalau restart, seharusnya tidak muncul lagi. Bila ternyata muncul lagi, mungkinkah itu bug di Vibe Shot dengan OS Marshmallow?

      Oh, untuk memotret lampu kendaraan, gunakan mode kamera yang paling bawah. Saya lupa judulnya. Light painting atau apa gitu deh.

  128. Edwin says:

    Restart Pak Herry… HP cukup dimatikan lalu dinyalakan kembali….
    Baik Pak, nnt malam saya coba kembali hehe… Makasib banyak utk responsnya Pak… Sukses selalu!

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Wah, kalau restart, seharusnya nggak kembali. Berarti bug deh.

      • Edwin says:

        Iya Pak Herry, semoga hanya bug. Saya tkt error Pak hehe…
        Saya jg mengalami pd fitur kamera, ketika selesai mengambil gbr lalu hendak melihat hasil fotonya, saya menekan ikon di kanan bawah utk msk ke Galeri foto, terkadang foto yg nampak bukan foto terakir melainkan foto yg sudah saya ambil bbrp saat yg lalu dan ketika digeser ke samping kanan/kiri, malah ngelag, freeze gt Pak…
        O iya Pak, apakah ketika Pak Herry menggunakan Vibe Shot ini, port chargernya terasa kurang “mencengkeram” colokan micro USBnya Pak? Krn ketika saya nge-charge, colokannya mudah sekali goyang shg batrei tdk terisi…

        • Herry SW says:

          Pak Edwin,

          Wah, kok bug-nya banyak ya. Vibe Shot Anda coba di-reset (bukan restart) dulu satu kali deh. Kita lihat dulu hasilnya bagaimana.

          Soal colokan micro USB, saya tidak mengalaminya.

  129. medii says:

    Selamat siang pak herry,pertama-tama saya senang sekali nemuin artikel ini krn sya pengguna vibe shot.. πŸ˜€ πŸ˜€
    permasalhan nya terjadi setelah update OS ke marshmallow masalah” yg sudah diceritakan om edwin jg sya rasakan,nah begitu jg pd lampu kilat kamera sya yg tdk berfungsi klo buat foto (pdhal buat senter malah aktif ke 3 nya) pd folder foto malah bikin folder baru (tdk lanjut difolder yg lama) jd dobel…
    minta solusinya pak klo saya reset factory apa data internal dan ekstenal sya ada yg hilang?apa akan berhasil?jika tdak bgmn?
    atau lebih baik sya downgrade ke lollipop lg ya?

    terima kasih πŸ˜€

    • Herry SW says:

      Bu Medii,

      Tindakan factory reset akan menghapus semua data di memori internal. Jadi, sebaiknya file multimedia Anda di-backup dulu. Boleh pula memindahkannya ke kartu microSD.

      Apa akan berhasil? Lha kan belum dicoba. Mana bisa tahu.

      Saran saya, coba di-factory reset dulu deh.

      • Edwin says:

        Pagi Pak Herry…. Saya cukup kuciwa dgn brg ini Pak hehehe…
        Kmrn pagi,ketika sayabgn tdr, saya cek HP ini tiba2 ada garis mendatar di dasar layar. Lgsg saya bawa ke SC di Kusuma Bangsa, ternyata kena LCDnya (pdhl HP br berusia 2 minggu) dan HP hrs ditinggal antara 2-3 minggu.
        Saya tny “Apakah tdk bisa saya pake HPnya, nnt ketika spare part LCD dtg br saya kembali lg membawa HPnya?”
        Dijawab “Tidak bisa Pak, prosedurnya hrs ninggal HP krn LCD yg rusak akan kami bongkar, kirim ke pusat dan dr pusat diberi penggantian LCD baru, dikirim lg kemari br kami service dan smuanya itu ada antrian.”
        Lgsg saya ke WTC, saya tawarkan utk dijual dan rata2 toko2 di sana menawar di bawah 3jt, bahkan 2,5jt saja. Pdhl belum berusia 1 bulan… Kapok Pak beli Lenovo hehehe

        • Herry SW says:

          Pak Edwin,

          Ini di Kusuma Bangsa 92 D kan? Pengalaman terakhir teman saya yang ganti LCD di sana (saya lupa tipe A6000 atau A7000), petugas menyatakan harus ditinggal 2-3 minggu. Realitanya baru tiga hari sudah ditelepon kalau penggantian LCD telah tuntas. Nggak mau dicoba dulu?

          Kalau Anda menawarkannya ke pedagang, ya wajar ditawar segitu. Harga Vibe Shot baru saat ini Rp 3,7 jutaan. Pedagang akan menjual Vibe Shot bekas kepada konsumen Rp 3 juta sampai Rp 3,2 juta. Jadi, ya kulakannya harus di bawah itu.

          • Edwin says:

            Wah saya ga liat nomornya Pak, yg di pimggir Bank Mandiri situ sih Pak, kalo dr arah Grand City posisinya stlh lampu merah…
            Hmm… Coba dulu aja ya Pak…. Kalo spt itu bolelah… Semoga mmg tdk perlu smp 2-3 minggu….

            Soal HP bekas, saya kira bolelah klo mrk tawar 3,2an gt Pak hahaha. Susah laku juga ya trnyt Vibe Shot itu. Saya masukkan OLX jg blm ada penawaran hehe

          • Herry SW says:

            Pak Edwin,

            Saya nggak hafal di mana posisi Bank Mandiri di Jl Kusumabangsa. Namun, kalau membaca ancar-ancar yang Anda sebutkan, sepertinya benar di Kusumabangsa 92 D.

            Ha… ha… ya nggak mungkin pedagang menawarnya Rp 3,2 juta. Trus mereka disuruh menjual ke end user di harga berapa.

  130. ikin says:

    selamat malam koh herry, saya mau menanyakan .. kenapa ketika saya sedang streaming atau nonton video secara online menggunakan hp lenovo vibe shot sering me-restart sendiri yaa??
    ditunggu penjelasannya .. trims ..

    • Herry SW says:

      Pak Ikin,

      Saya beberapa kali nonton video streaming YouTube via Vibe Shot dan baik-baik saja.

      Kalau ponsel Anda ternyata sering restart sendiri saat melakukan hal yang sama, kemungkinannya:
      * Durasi Anda menonton cukup lama. Ponsel menjadi panas dan akhirnya restart.
      * Kondisi jaringan kurang optimal sehingga ponsel cepat panas dan akhirnya restart.
      * Firmware yang dipakai tidak stabil. Saya menerima aneka keluhan dari pengguna Vibe Shot yang telah meng-update firmware ponselnya ke Marshmallow.

  131. Tian says:

    Salam Pak Herry,
    Terima kasih ulasannya. Kebetulan kemarin2 ke gerai Lenovo dan tertarik dg Vibe Shot ini. Saya cuma agak bingung memilih Vibe Shot atau Samsung A5. Terus terang belum pernah pakai Lenovo dan agak paranoid sama keluhan2 atau masalah yg muncul dengan hp baru. Selama pakai Samsung saya gak pernah ke CS karena ada sesuatu dengan hp sy. Tapi baca semua komentar di atas lumayan variatif juga ya masalah yang muncul sama Vibe Shot ini.
    Kebetulan sangat ingin beli hp sekarang atau besok. Mending pilih A5 atau Vibe Shot ya Pak?
    Terima kasih.

  132. Tian says:

    Wah, terima kasih jawabannya, Pak.
    Terus baca dari thread komentar sebelumnya, Bapak menyarankan untuk pilih yang Pearly White ya? Kebetulan bagus semua sih, cuma belum pernah lihat review yang pake sample nya pearly white, hehe.
    Thanks, Pak.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Tian,

      Vibe Shot warna putih masuk resmi ke sini paling akhir. Jadi, para tukang review tampaknya terlanjur menguji pakai Vibe Shot warna lain.

      Saya pribadi kebetulan pernah melihat dan memegang semua warna Vibe Shot sebelum ponsel itu beredar resmi di Indonesia.

  133. Didik says:

    met siang mas Herry

    apakah bisa tombol penjepret (shutter button) kamera vibe shot dinonaktifkan? sering kesentuh gak sengaja mas….makasih

  134. Didik says:

    met siang mas Herry

    tanya ya mas….apakah tombol penjepret (shutter button) kamera vibe shot bisa di nonaktifkan, soalnya sering tidak sengaja kepencet

    • Herry SW says:

      Pak Didik,

      Yang di samping ya? Seingat saya tak bisa dinonaktifkan. Cara menyiasatinya, pasangkan jelly case ke ponsel itu. Jadi, posisi tombol itu menjadi sejajar dengan permukaan jelly case.

  135. Didik says:

    ok makasih sarannya mas Herry

  136. Nafis says:

    Siang ko, mau tanya, kalo saya buka tautan di fb, pas mau back, ada peringatan kalo baterainya atau apanya gitu terkena virus. Di situ langsung di sarankan utk mendownload aplikasi antivirus. Yg ingin saya tanyakan bagaimana sebaiknya ko? Apakah di download ya aplikasi itu? Hp saya lenovo vibe shot. Sedikit sekali aplikasi yg ada d hp ini yg saya download. Krn saya penyayang barang. Takutnya nanti kena virus beneran. Gimana sarannya ko? Terima kasih sblmnya…

  137. Nafis says:

    Kalo saya browsing google, buka tautan dll. Pas di back lgsg keluar tulisan ” clicklink8.com menyatakan (brand)(model) terinfeksi oleh virus dan baterai telah rusak. Lanjutkan dengan petunjuk untuk memperbaiki ponsel. Jgn tutup jendela ini. Bla…bla…bla… Itu gmn ko, disarankan utk mendownload aplikasi penghapus virus. Apakah diikuti saran2 yg diberikannya? Terima kasih…

  138. Nafis says:

    Terima kasih ko infonya….

  139. ari says:

    Kamera 16mp nya cuma gimmik ya om
    Klo dibanding zenfone selfi dan galaxy j7 lebih bagus mana kameranya
    Kapan dong buat reveiw battle
    Klo bisa sih oppo a37 vs mi4i dan galaxy j5

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Kamera di Vibe Shot cuma gimmick? Ya bukan tho. Masak kamera bagus gitu dibilang gimmick. Ah… kejam sekali.

      Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu.

      Tak ada rencana membuat review battle secara khusus. Kalau Anda berharap saya me-review Oppo, rasanya Anda harus banyak berdoa dulu deh. Berdoa agar para promotor Oppo segera sadar dan lebih jujur dalam berjualan. Selama mereka masih bandel, saya takkan me-review ponsel Oppo.

  140. Haris Setiawan says:

    Selamat pagi Pak Herry, saya beberapa hari yang lalu sempat berdiskusi dengan Pak Herry via Twitter dan meminta rekomendasi handphone, akhirnya saya meminang Lenovo Vibe Shot. Impresi pertama saya memakai smartphone ini positif dan tak ada kendala, tetapi ada hal yang sedikit mengganjal, terkadang layarnya meredup sendiri, padahal brightness nya saya non aktifkan, apakah ini normal pak? Mohon bantuanya.
    Terimakasih dan sukses selalu pak.

    • Herry SW says:

      Pak Haris Setiawan,

      Lho, brightness-nya jangan dinonaktifkan, Pak. Kalau dinonaktifkan, ya wajar bila tampilan layarnya redup.

  141. Haris Setiawan says:

    Maksud saya ketika saya memakai tingkat brightness 20% sacara tiba2 layarnya bisa meredup sendiri ke 10% gitu pak, padahal saya tak memakai mode otomatis.

    • Herry SW says:

      Pak Haris Setiawan,

      Oh maksudnya begitu tho. Mungkinkah fitur battery saver di ponsel Anda aktif? Saya tak hafal lokasi menunya ada di mana.

  142. Haris Setiawan says:

    Saya rasa sih begitu pak, apa bisa jd dari komponen layarnya ya pak. Oh iya, saya kan kemarin sudah update ke versi Android 6.0 Marshmallow dan benar apa yg di katakan Pak Edwin di atas ketika saya hapus Bloatware kemudian saya restart, Bloatware nya muncul kembali pak. Adakah solusi untuk mengatasi hal tersebut ndak pak supaya Bloatware nya gak muncul-muncul lagi?

    • Herry SW says:

      Pak Haris Setiawan,

      Mestinya bukan dari sisi layar. Kalau battery saver di ponsel Anda tidak dalam kondisi aktif, yang berikutnya patut dicurigai adalah sensor cahaya. Periksakan ke pusat perbaikan resmi saja deh.

      Soal bloatware, saya tak tahu kondisi detailnya seperti apa. Belum pernah pakai Vibe Shot dengan OS Marshmallow nih.

    • Edwin says:

      Saya bantu jawab Pak, soal bloatware itu saya coba Factory Reset Pak dan untungnya stlh Factory Reset kejadian tsb tdk terulang lg. Jd ketika aplikasi bawaan diuninstall, kemudian HP direstart, aplikasi tsb tetap hilang, tidak muncul lagi Pak…

      • Herry SW says:

        Pak Edwin,

        Thanks infonya. Sip deh kalau tidak muncul lagi. Kalau sampai muncul lagi, ah… itu menjengkelkan.

  143. Haris Setiawan says:

    Pak Herry SW
    Oh begitu ya pak, baik terima kasih banyak atas bantuanya πŸ™‚

  144. Haris Setiawan says:

    Pak Edwin
    Terima kasih atas infonya πŸ™‚

  145. kevin says:

    Pak Herry, mau tanya nih. modem wifi yg di pasang sama powerbank delcell ntu merk dan tipenya apa?trims.

  146. Hafidz says:

    Pak Herry kalo misalnya lenovo vibe shot dibandingkan dengan xperia z3 kamera sama performanya bagusan mana ?

  147. ria says:

    ko herry mau nanya ne.. saya seorang jurnalis, penggunaan akses internet dan kamera (indoor & outdoor) pd hp sangat tinggi. saya sudah menggunakan samsung tp kalah pada batrai dan mudah panas. saat ini saya sedang melirik lenovo vibe p1 turbo, lenovo vibe shot, xiaomi redmi pro atau ada saran lain dari ko herry kira2 hp yg pas untuk saya… harga tidak menjadi masalah, tp klo ada yang ok dan murah, kenapa harus yang mahal πŸ™‚
    mohon saran dari suhu

    • Herry SW says:

      Bu Ria,

      Saya agak tahu kebutuhan jurnalis. Lenovo Vibe P1 Turbo menarik dibeli, tetapi kamera ponsel itu kurang bagus. Kalau Anda sehari-hari bekerja untuk media online, performa kameranya masih memadai. Namun, kalau Anda bekerja untuk media cetak, kinerja kameranya sedikit di bawah standar.

  148. Shinta says:

    Mlm pak saya mau tnya nich, led flash bagian blkg itu kan ada 3 wrna ya , saya stiap pkai selalu dpt cahayanya atw lampu kuning, knp ya apa setting tertentu utk atur chayanya.

    • Herry SW says:

      Bu Shinta,

      Anda tidak bisa memilih warna lampu. Ponsel akan melakukan kalkulasi berdasarkan algoritma tertentu.

  149. ria says:

    thanks atas saran koh..

  150. gigih says:

    saya hendak meminang ponsel kamera antara vibe shot atau huawei p9 lite,kira2 pilih mana ya pak? atau ada rekomendasi lain direntang harga 3,5-4jt rupiah?terima kasih pak

  151. umy pelu says:

    Pak Herry, rekomendasi terbaik, antara Lenovo vibe shot, huawei p9 lite, asus zenfone 3 atau Sony Xperia M5, xiaomi redmi pro, infinix zero 3, xiaomi mi 5 apa yah ? Diantara tipe2 itu ? sony xperia m5 bisa fokus manual nggak yah ?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Umy Pelu,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M5, Redmi Pro, dan Mi 5. Dua ponsel terakhir silakan langsung dicoret karena pasti tanpa garansi resmi.

      Di antara pilihan yang tersisa, saya merekomendasikan Anda membeli Asus Zenfone 3.

  152. dhany says:

    Pak sya pengen beli lenovo vibe shot, tapi apakah masih layakkah untuk dipinang akhir tahun ini mengingat pesaing2 lain udah memberikan fitur2 yg “lebih”, misal android udah MM dll…???

    atau klo ada saran, gawai lain dr lenovo atau lainnya yang sebanding kemampuannya dengan vibe shot dr segi kamera, memori, ram, dan tentunya fitur lbih lengkap dan androit terbaru…

    • Herry SW says:

      Pak Dhany,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Karena ada faktor kamera, untuk saat ini Lenovo Vibe Shot masih menjadi ponsel Lenovo dengan kamera terbaik yang beredar resmi di sini. Kalau mau merek lain, silakan melirik Asus Zenfone 3 dan Huawei P9 Lite.

  153. Dimas Putera P. says:

    Pak Herry, harga baru hp ini sekarang 3,3 jt. Apakah msh recommended dgn harga segitu?

    Kalau tanpa melihat harga, dibandingkan P9 Lite atau Zenfone 3 yg pernah bapak review, lebih baik pilih mana, dgn prioritas pd kamera, gegas, dan baterai awet?
    Trima ksh.

  154. Winata says:

    Pak herry
    Mau tanya. Dengan budget 3 jutaan, kamera dan baterai utk hape apa yg bisa dipilih?
    Kalau lenovo vibe shot dibandingkan asus zenfone 3 bagus mana? Saya berencana meminang asus zenfone 3 laser yg fokus ke kamera.
    Bagaimana menurit pak herry?
    Terima kasih ih banyak

    • Herry SW says:

      Pak Winata,

      Dengan kriteria seperti itu, saya lebih condong ke Asus Zenfone 3.

      Untuk Zenfone 3 Laser, saya tak bisa berkomentar karena belum pernah coba.

  155. Dimas Putera P. says:

    Maaf pak, melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya.
    Kalau hanya dilihat dr segi kualitas kamera, bagaimana urutan dr yg terbaik menurut bpk antara P9 Lite, Zenfone 3, dan Vibe Shot?

    • Herry SW says:

      Pak Dimas Putera P,

      Zenfone 3, lalu P9 Lite, dan ditutup dengan Vibe Shot.

    • Edwin says:

      Pak Dimas, saya mau kasi saran saja, kalo bisa jgn beli Vibe Shot deh, kameranya tdk sebagus yg diiklankan dan kualitasnya juga mnrt saya kurang bagus, entah saya kurang beruntung dapat unit yg payah atau mmg brgnya payah…. Pemakaian 2 minggu, muncul garis di LCD, bawa ke SC,kluar dr SC sensor proximitinya error, terpaksa hrs msk SC lg dan skrg sudah kluar dr SC tp nampaknya masih bermsalah dgn sensor proximitinya…

  156. Anis says:

    Salam kenal pak.
    Mohon sarannya, saya ingin membeli ponsel dengan harga di bawah 2,5 juta. Kebutuhan: minimal RAM 2 GB, baterai di atas 3000 mAh, dan kamera bagus. Terima kasih

  157. Rezki says:

    Om Herry,

    Lenovo Vibe Shot adik saya di LCD bagian bayahnya ada seperti garis2 gtu dan terkadang layar touchscreennya tidak respon, apakah yg seperti itu bisa claim garansi dan berbayar?

    • Herry SW says:

      Pak Rezki,

      Pernah terjatuh atau terbentur? Kalau pun pernah, asalkan tidak berbekas masih bisa coba diklaimkan garansi dan gratis. Tinggal beradu pintar memberikan argumen deh.

  158. Anton says:

    Dear pak Henry,

    Vibe shot saya baterai nya kok cepat abis ya klo dibuat baca berita dll, cuma gunain sekitar 20 menit aja..bterai saya uda terkuras 20?

  159. Joko says:

    Pak Herry. Mohon info, jk tab smsung GT p5100 slalu reset , katanya sdh kena ic nya. Apakah msih layak dan aman jk diganti ic nya tsb. Trims.

    • Herry SW says:

      Pak Joko,

      Asalkan penggantian dilakukan di pusat perbaikan resmi, mestinya aman. Soal layak atau tidak, bergantung biayanya dulu deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *