Review LG G4 Stylus: Penerus tapi Bukan Penerus G3 Stylus

Kala mengetahui penulis menguji pakai LG G4 Stylus, beberapa follower akun Twitter @herrysw langsung berkomentar. Intinya senada. “Akankah G4 Stylus bernasib sama dengan LG G3 Stylus?” tulis mereka.

Mereka tampaknya masih mengingat ulasan G3 Stylus yang penulis unggah ke blog Ponselmu.com pada November tahun lalu. Saat itu penulis menilai performa G3 Stylus melebihi prediksi semula. Bukan lebih baik, melainkan lebih buruk. Kesimpulan akhirnya, jangan membeli G3 Stylus.

G4 Stylus-1

Sebagai penerus G3 Stylus, G4 Stylus alias LG H540 dibekali layar IPS 5,7 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Tampilan layarnya cukup sedap dipandang mata. Layar itu juga relatif peka terhadap sentuhan. Di bagian bawah layar terdapat tombol sentuh alias home touch button yang susunan tombolnya bebas diatur pengguna. Bianda, misalnya, dapat meletakkan tombol back di ujung kiri, sedangkan Ridwan menempatkan tombol yang sama di ujung kanan.

Konektor micro USB dapat ditemukan di bagian bawah ponsel. Sedangkan di sisi atas ponsel, selain konektor audio 3,5 milimeter, terselip sebuah stylus. Bagi pengguna yang belum terbiasa memakai ponsel berlayar sentuh, stylus itu sangat membantu pengguna dalam mengetikkan rangkaian kalimat.

Sebaliknya, buat pengguna yang telah lancar mengoperasikan ponsel berlayar sentuh, keberadaan stylus malahan memperlambat pengetikan kalimat. Selama berhari-hari menguji pakai G4 Stylus, contohnya, penulis nyaris tak pernah memanfaatkan stylus itu. Lebih enak dan cepat membiarkan dua jempol menari-nari di atas layar sentuh. Stylus praktis hanya penulis gunakan saat perlu membuat coretan sederhana.

Janganlah mencari tombol power dan volume di sisi kiri dan kanan G4 Stylus. Sama dengan aneka tipe ponsel LG, tombol tersebut diletakkan di bagian belakang bodi. Penempatan semacam itu dimulai LG dua tahun lalu saat memperkenalkan G2. Awalnya penulis memandangnya janggal, tetapi setelah mencobanya sendiri, ternyata lebih nyaman dan ergonomis.

G4 Stylus-2

Ponsel berukuran 154,4 x 79,2 x 9,4 milimeter dan berat 163 gram itu mempunyai kamera ganda. Kamera utamanya beresolusi 13 megapiksel dan dilengkapi fokus otomatis maupun lampu kilat. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup menghasilkan klip video full HD 1080p.

Menu bawaan kamera sangat sederhana. Pilihan mode HDR pun tak tersedia. Meskipun demikian, kinerja kamera pantas dikategorikan cukup prima. Foto-foto yang dihasilkan relatif tajam, sesuai dengan warna aslinya, dan dalam kondisi tertentu sukses menyajikan efek bokeh.

Beralih ke kamera depan. Kamera itu dapat memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Walaupun tidak dibekali lampu kilat di sisi muka, pengguna yang hendak selfie di tempat gelap bisa memperoleh pencahayaan tambahan.

Caranya, tekanlah simbol lampu kilat di bagian atas layar. Preview wajah pengguna di layar ponsel spontan akan mengecil. Di sekelilingnya tersaji bingkai yang menyala terang. Fungsinya untuk memberikan bantuan pencahayaan.

G4 Stylus-21

Untuk meminimalkan guncangan ponsel saat selfie, pengguna pantas belajar memanfaatkan gesture shot. Mudah kok. Cukup arahkan telapak tangan ke kamera depan sampai muncul bingkai berwarna biru. Berikutnya, katupkan telapak tangan dengan cepat. Kamera akan langsung mulai menghitung 3… 2… 1… jepret.

Pilihan lain adalah mendayagunakan cheese shutter. Ucapkan kata cheese, smile, whisky, kimchi, atau LG dengan lantang. Kamera otomatis akan menjepret. Sedikit informasi tambahan, cheese shutter kurang cocok digunakan di lokasi yang gaduh.

G4 Stylus-23

Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6592 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi teknis lain G4 Stylus. Ketika ponsel masih segar, memori internal menyisakan ruang kosong 3,36 GB.

Dua kartu micro SIM dapat diselipkan dan siaga bersamaan. Satu nomor bisa masuk ke jaringan 2G dan 3G, sedangkan satu nomor lainnya terkunci di jaringan 2G. Pengguna leluasa memilih nomor di selot SIM1 atau SIM2 yang diizinkan mengakses jaringan 3G. Asalkan didukung oleh layanan operator GSM yang dipakai, pengguna G4 Stylus berpeluang menikmati kecepatan akses data sampai 21 Mbps.

Ponsel bersistem operasi Android 5.0.2 Lollipop itu menggunakan baterai 3.000 mAh yang dapat dilepas pasang. Dengan asumsi ponsel tak pernah dipadamkan dan selalu terkoneksi ke internet, di tangan penulis baterai G4 Stylus sanggup bertahan sehari semalam.

Fitur lain ponsel itu, antara lain, penghadang telepon dan SMS masuk dari nomor tertentu serta QuickMemo+. Ada pula radio FM yang siarannya dapat direkam. Sayang, fitur remote control televisi yang dulu tersedia di G3 Stylus dan G Pro Lite, keduanya “kakak kandung” G4 Stylus, kini dihapuskan.

G4 Stylus-3

Ingin mengirimkan SMS ucapan selamat ulang tahun nanti pukul 00.01? Bisa! Pengguna tak usah menunda tidur sampai tengah malam demi mengirimkan SMS tersebut. Manfaatkan saja fitur penjadwal pengiriman SMS. Ketikkan SMS sekarang, lalu aturlah agar SMS itu terkirim otomatis pada waktu yang ditentukan.

Untuk mempermudah pengguna memantau dua aplikasi sekaligus, tersedia fitur dual window. Dalam pemakaian sehari-hari, penulis paling merasakan kegunaan dual window saat menerima email atau SMS yang menyertakan tautan alias hyperlink. Penulis tinggal mengklik tautan itu. Halaman situs akan tersaji di layar, tanpa menutup jendela email atau SMS. Satu di atas, satu lagi di bawah.

G4 Stylus-22

Saat ini harga resmi G4 Stylus dipatok Rp 2.999.000. Harga yang ditawarkan di toko ponsel milik perorangan biasanya lebih murah sekitar Rp 100.000. Dengan harga segitu, kapasitas RAM yang hanya 1 GB lumayan patut disayangkan. Alangkah indahnya kalau ponsel itu dibekali RAM 2 GB.

Kalau berbicara kinerja, meskipun tidak supercepat, ponsel itu relatif gegas dan nyaman digunakan. Satu hal yang perlu diketahui calon pembeli, G4 Stylus bukanlah LG G4 yang diberi tambahan stylus. Spesifikasi keduanya sangat berbeda. G4 adalah ponsel flagship, high end, alias papan atas. Sedangkan G4 Stylus diposisikan sebagai ponsel kelas menengah. Harganya juga berbeda sangat jauh, Rp 7.499.000 versus Rp 2.999.000.

Kesimpulan versi penulis, dengan memperhatikan harga jual dan spesifikasi, G4 Stylus adalah penerus G3 Stylus dan G Pro Lite. Namun, kalau ditilik dari performa, G4 Stylus bukan penerus G3 Stylus yang sempat penulis beri gelar tidak layak beli. G4 Stylus jauh lebih gegas dan jarang tersendat.

Karena itu, boleh dong bila penulis memberikan judul yang agak membingungkan atas tulisan ini: Penerus tapi Bukan Penerus G3 Stylus. Anda memahami maksudnya, bukan?

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan G4 Stylus.

G4 Stylus-4

G4 Stylus-5

G4 Stylus-6

G4 Stylus-7

G4 Stylus-8

G4 Stylus-9

G4 Stylus-10

G4 Stylus-11

G4 Stylus-12

G4 Stylus-13

G4 Stylus-14

G4 Stylus-15

G4 Stylus-16

G4 Stylus-17

Mencoba lampu kilat kamera G4 Stylus.

Lampu kilat padam.

G4 Stylus-18

Lampu kilat menyala.

G4 Stylus-19

Menjajal kamera depan. Sengaja mencari lokasi dengan backlight kuat.

G4 Stylus-20

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

G4 Stylus-24

G4 Stylus-25

G4 Stylus-26

G4 Stylus-27

193 thoughts on “Review LG G4 Stylus: Penerus tapi Bukan Penerus G3 Stylus

  1. Sore Koh
    Saya boleh kasih penilaian versi saya ya
    Udah pake hape ini sekitar sebulan, dan penilaian saya :

    ( + ) Kamera terhitung bagus, dan cepat ( efek laser autofokus kah ?? )
    ( + ) Layar nya sejuk, enak dilihat.. dan besar 5.7 inch hehehe
    ( + ) Baterenya lumayan awet, ala pemakaian saya dengan banyak BBM, Path, Line, FB, WeChat, Email aktif 3 akun, dan sedikit COC kala senggang.. berkisar 8 – 9 Jam
    ( + ) Manajemen RAM bagus, ( Efek UI LG kah ? )

    ( – ) Memori Internal sisa 300MB, dah ga bisa install apa pun lagi
    ( – ) Fitur kamera minim
    ( – ) Stylus useless

    Overall : Puas… apalagi klo dia 4G dan Internal 16GB hehe ( ga perlu 2GB RAM sih klo saya )

    1. Pak Revaldo,

      * Ya, laser autofocus turut berperan.
      * Wow… untuk pemakaian seperti itu masih bisa tembus sembilan jam? Bagus deh.
      * Soal RAM, entah itu efek UI LG atau bukan.
      * Oh titik batasnya 300 MB ya.
      * Stylus-nya jangan dibandingkan S-Pen ala Samsung dong. Beda kelas, beda harga. He… he… he….

      Kalau ROM 16 GB dan bisa LTE, harganya bakal lebih tinggi deh. 🙂

  2. Tambah satu minus kali ya Koh, yakni Lama di charge nya, hehe

    * Pengen coba root sih, buat mindah aplikasi ke SD tapi……..
    * Iya saya tembus 8 Jam, pemakaian tanpa aplikasi penghemat baterai
    * Iya 300 MB, bahkan install Swiss Army yang cuma 7 MB aja ga bisa
    * Haha ga mengharap juga sih sama fitur stylusnya ( dah nyadar diri juga sama harganya )., tapi ya untuk build quality nya kebantu banget, bagus dan “shinny” bikin penasaran orang hahaha
    * Dan saya suka fitur ketuk ketuk layar untuk on/ off dan lock screen itu, juga gesture control untuk Selfie hehee

    * Doa terakhir, semoga awet 😀

    1. Pak Revaldo,

      Oh, soal charging, biasanya saya tancapkan ke charger menjelang tidur dan besok pagi sudah penuh.

      Iya, ketuk-ketuk layar di LG memang enak banget. Tadi saya malahan tidak menyebutkannya di naskah review. Lupa. 🙂

  3. Waaah tadinya nunggu review ttg stylus nya. Apakah berguna utk fungsi memo nya seperti halnya di Note. Paling tidak itu saja yang saya perlukan.tks

    1. Pak Edoi79,

      Stylus di G4 Stylus lebih mirip kayak stylus PDA zaman dulu. Jangan Anda bandingkan dengan S-Pen di seri Galaxy Note. Beda banget. S-Pen itu memadukan banyak hal, mulai hardware hingga software.

  4. kalo saya mah nunggu yang buat jeprat jepret yg di upload di twitter @herrySW ahh, kayaknya harga pas di kantong tuh hehee menurut pak herry gimana cocok gak rasa xiomay tiongkok?

    1. Pak Darum,

      Ha… ha… yang itu masih dalam proses uji pakai. Sejauh ini, menurut saya, secara umum layak beli sih.

  5. Kalau menurut pak herry lebih baik LG G4 stylus ini atau LG G2 ?
    Kalau untuk kamera depan dan belakang lebih bagus mana pak? Dan kenyamanan dipakai sehari2, karna saya rencana pakai untuk jangka waktu lama dan tidak ganti ganti hp lagi pak.. Terimakasih

    1. Pak Reza,

      Wah… beda kelas sih. Yang satu mantan flagship, yang satu kelas menengah.

      Kalau Anda berencana memakainya dalam jangka panjang, berarti dua ponsel itu sama-sama tidak memenuhi syarat. Sebab, sekitar satu tahun lagi sudah akan terasa usang.

  6. Siang Pak Herry
    Maaf oot. Saya aktif menjalankan aplikasi WA,Instagram,Twitter,browsing internet,kadang2 selfie. Minta rekomendasi Bapak HP yang sesuai dgn aktivitas saya tsb di atas,dengan budget maksimal 2 juta. Oiya baterainya awet juga ya Pak. Terimakasih sebelumnya.

    1. Bu Retno,

      Tidak pakai BBM kan?

      Ada dua pilihan:
      * Infinix Hot Note. Baterai awet, tetapi kamera tidak terlalu bagus.
      * Xiaomi Redmi 2 Prime. Baterai tidak seawet Hot Note, tetapi kamera lebih bagus.

  7. mengutip kata2 pak herry * Xiaomi Redmi 2 Prime. Baterai tidak seawet Hot Note, tetapi kamera lebih bagus”
    “lha mampu bertahan berapa jam pemakaian xiaomi redmi 2prime ala pak herry?

  8. Malem om herry…

    Mau nanya, menurut om herry tipe HP apa yang baterainya paling awet diantara HP HP yang pernah om herry review?
    Dilihat dari awetnya baterai, bukan dari besarnya baterai karena baterai besar menurut pengalaman saya belum tentu awet…
    (Tanpa melihat spec hp nya)

    1. Pak Pandu Suhilman,

      Benar. Kapasitas baterai terbesar belum tentu memiliki daya tahan paling lama.

      Kalau yang saat ini masih tersedia di pasar dalam kondisi baru dan bergaransi resmi, Nokia 105.

    1. Pak David W,

      Lebih bagus G4 Stylus. Bedanya dalam pemakaian sehari-hari sangat terasa, mulai dari kenyamanan layar sentuh, tampilan layar, tingkat kegegasan, sampai kinerja kamera.

  9. Ko Herry, saat ini harga Asus zenfone2 RÀM 4giga sudah turun jadi Rp. 3.5juta..dengan harga segitu apakah Hp ini sudah layak beli? Atau Ko Hery punya saran lain?

    1. Pak Gondo,

      Saya kok nggak tertarik Zenfone 2 ya. Rasanya kurang nendang gitu. Dengan dana segitu, saya lebih memilih membeli LG G2. Memang tipe lama, tetapi lebih nyaman dipakai.

  10. Maaf Pak tanya di luar konteks. Beberapa waktu yang lalu saya pernah tanya Pak Herry tentang smartphone pengganti samsung mega 6,3″ anak saya yang gemar Games, saya ingin belikan seukuran itu juga. Nah saya lagi lihat2 tentang Sony xperia C5 yang ukuran 6″ sepertinya bagus dan harga di bawah 5 juta. Cuma terus terang saya ragu dengan baterai non removable nya. Juga gak ada service center Sony di malang. Menurut Pak Herry layak belikah smartphone tersebut. Atau Pak Herry bisa beri pilihan lain, yang bisa mengatasi keraguan saya tersebut. Makasih banyak Pak atas bantuannya. Saya selalu menantikan artikel terbaru Ponselmu.com. Tambah sukses Pak Herry.

    1. Pak Sofy,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Xperia C5.

      Karena yang Anda cari ponsel berlayar minimal enam inci, untuk sementara usulan dari saya hanya Huawei Ascend Mate 7. Namun, harganya tergolong sangat tinggi untuk sebuah ponsel merek Huawei. Menurut saya, lebih baik Anda mengambil posisi wait and see dulu.

  11. Utk skrg Sya mnilai scra sdrhna brdsrkn Spek aja di antra 3 Vendor Smrtphne Bsar Samsul,Sony & LG, entah mgpa sya brpkir bhwa LG adlh Brand bsar yg pling Pelit soal SPEK pd produk di klas MidRange, Msalnya msih pke 8/1GB ROM&RAMRAM, Pdhal Samsul atw Sony sdh punya Galaxy J5/J7/A3 Xperia M4Aqua/C4//C5, dll.
    Krna OS Andro skrg ini biar gmnapun 1GB RAM utk Apps,Games& psti UI-nya gk bkalan Ckup, sma halnya dgn ROM yg cuma 8GB trsisa 3,…GB aja mskpun ad SlotSDCard,gk smua Apps bsa dpindahin spnuhnya krn brkas file trpisah antra OBB & Data-nya. HUHH… LG… Jgn pelit2 dong…!!

    1. Pak Jator,

      Haduh… saya bingung membaca tulisan Anda. Baru dua baris membacanya, kepala saya sudah pening dan memutuskan berhenti membaca. Lain kali biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      1. Pak Herry, saat ini (setelah 9 bulan), sudah ada gawai lain dengan stylus seperti Samsung Galaxy Tab A & S Pen, maupun penerus LG G4 stylus yaitu LG Stylus 2. yang pertama adalah tablet, sementara yang kedua adalah phablet.
        terlepas dari pernah tidaknya Pak Herry memegang keduanya, menurut Pak Herry, yang mana yang lebih ideal sebagai catatan digital?
        terimakasih.

        1. Pak Hari,

          Kalau harga tak masalah, silakan cari Samsung Galaxy Note 5 deh. Atau, tunggu kehadiran Galaxy Note 7 sekitar dua bulan lagi.

    1. Pak/Bu Zanuba,

      Zenfone 6 silakan dicoret. A7000 saya belum coba. Tersisa dua ponsel saja. G4 Stylus lebih bagus daripada Magna.

  12. maaf pak sebelumnya, kalo saya salah naruh pertanyaan ini.
    saya rencana mau beli hp baru kisaran 2 juta. kira2 rekomendasinya apa ya pak?
    makasih sebelumnya.

    1. Pak Dimas,

      Kisaran Rp 2 juta itu maksimal berapa ya? Sebab, Rp 2,999 juta pun masih termasuk kisaran Rp 2 juta. Saya asumsikan yang dekat-dekat Rp 2 juta ya. Silakan melirik Xiaomi Redmi 2 Prime.

  13. Saya pakai BBM juga Pak tapi ga seintensif Whatsapp, cuma buat back up aja. Terimakasih untuk rekomennya. Nanti saya browsing lagi review Bapak tentang kedua device tsb.

  14. Mlm Om Herry…diantara meizu m2 note, huawei P8 lite, LG G4 stylus dan lenovo A7000 manakah yang layak di beli…tolong dong di sebutkan kekurangan dan kelebihan masing2 karena saya bingung hp mana kh yg layak saya pinang ..terima kasih sebelumnya..
    Oya ketinggalan diantara hp tersebut keyamanan layarnya terdapat di hp mana…sekian Om

    1. Bu Anggraeni,

      Selamat malam, Saya belum pernah mencoba M2 Note, P8 Lite, dan A7000. Jadi, maaf, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

  15. Pak Herry,
    Menurut bapak lebih bagus Xiaomi Mi4i atau LG G4 Stylus? karena secara harga tidak jauh berbeda. kalau disuruh memilih, mana yang lebih bapak pilih dan kenapa? terimakasih

    1. Bu Rahma,

      Bergantung Anda lebih memprioritaskan apa.
      * LTE, kamera lebih bagus, dan kenyamanan digenggam: Mi 4i.
      * Daya tahan baterai, layar lebar, dan layanan purna jual: G4 Stylus. Kamera G4 Stylus tidak jelek. Namun, kalau diadu dengan kamera Mi 4i, harus diakui kalau dia kalah.

  16. met siang pak.
    klo dibandingkan dg LG Magna dari segi kamera bagus mana pak?
    kok dimata saya, Magna yg lebih murah hasil kameranya lebih bagus (saya lihat di review bpk herry dg Magna)
    atau mata saya tlah mnipu saya hehe

  17. wahh kalau di bandingkan dengan mi4c gimana nih pak, lagi liat” handphone dengan layar tidak terlalu besar dan kamera bagus buat cwe soalnya klo terlalu lebar gak enak digenggam katanya hehhhe
    sama tertarik dengan lenovo yg bapak review sebelumnya sihh heheh
    thx pak kira” klo ada recommend hp apa gtu pak.

    1. Bu Jessi,

      Ada tiga pilihan:
      * Lenovo P70 kalau utamakan baterai.
      * Xiaomi Mi 4i kalau utamakan kamera.
      * Wiko Ridge Fab 4G kalau ingin paduan keduanya. Baterai tidak seawet P70, sedangkan kameranya tidak sebagus Mi 4i. Jadi, berada di tengah-tengah deh.

  18. Permisi Pak, jika melihat kisaran harga kira-kira 3 juta dengan spek yang menarik serta untuk digunakan jangka panjang, HP apa yang bapak rekomendasikan ya Pak?

    1. Pak Anton,

      Ada satu hal yang perlu saya jelaskan dulu. Siklus hidup ponsel saat ini sudah semakin pendek. Setelah berusia sekitar dua tahun, suatu ponsel akan terasa ketinggalan zaman, meskipun ponsel itu sebenarnya masih berfungsi normal.

      Di kisaran harga tersebut silakan melirik Lenovo P70, Xiaomi Mi 4i, atau Wiko Ridge Fab 4G.

  19. Tolong tanya Pak Herry. Kalau smartphone service oke, Lte, layar lebar, dual sim ,kamera lumayan , maksimal 3,5 juta ,Pak Herry rekomendasikan apa ya? Makasih sebelumnya

    1. Pak Sofy,

      Saya saring berdasarkan kriteria pertama dulu ya. Yang pusat perbaikan resminya oke untuk sementara hanya tiga merek, yaitu LG, Samsung, dan Acer.

      Sekarang saya lanjutkan pencarian berdasarkan kriteria yang Anda sebutkan. Hmm… jawabannya tidak ada deh. Terkendala di anggaran.

  20. Permisi Pak Herry,
    g4 stylus kalau diadu dengan redmi 2 prime bagus mana?
    apa g4 stylus dengan harga yang hampir 3 juta an masih layak beli ?

    Terima kasih

    1. Pak Anton,

      Bergantung fitur yang Anda prioritaskan apa dulu. Kalau mencari ponsel berlayar lebar dan baterai tahan lama, G4 Stylus masih boleh dilirik.

  21. Om HSW maap

    Apa om HSW pernah make m7ds?

    Seandainya menghilangkan semua perbedaan spek dll..scara user experience..performance + ketahan batre G4 stylus vs m7d cakep mana?

    Makasih bnyak om

  22. Pak Herry,
    Saya niat mau beli hp tapi dananya cman 3 juta, pengennya yang layarnya gede, kamera oke,trus gak lemot, boleh minta rekomendasinya?
    Thanks.

    1. Bu Haana,

      Kalau kameranya harus bagus, tetapi Anda bersedia baterai agak boros, silakan melirik Xiaomi Mi 4i.

      Kalau kamera hanya tergolong lumayan, tetapi baterai relatif awet, silakan melirik Wiko Ridge Fab 4G dan Lenovo P70.

      Review semua ponsel yang saya sebutkan itu bisa dibaca di blog ini. Ketikkan saja nama lengkap ponsel di baris pencarian.

  23. Saya pernah menjajal G4 Stylus beberapa hari, dan autofokusnya tidak cepat, alias standar, selain itu manajemen RAM juga terbilang buruk, Main Minion Rush kalau gak sengaja kepencet tombol backnya , pas buka gamenya ngeload ulang, selain itu Layarnya tidak seperti Galaxy J5 saya, stylusnya juga gak penting penting amat kalau gak ada fitur khusus

    1. Pak Fariz Khristy,

      Fokus otomatisnya, menurut saya, tergolong cepat dibandingkan ponsel sekelas. Manajemen RAM biasa-biasa saja.

      Sepertinya Anda lebih cocok dengan karakter layar Super AMOLED.

      Setuju, buat saya stylus-nya relatif tak berguna.

  24. mantap pak herry reviewnya ,saya beli hp saya yang sekarang (P70) berkat review anda dan saya sangat puassss, lanjutkan!

  25. selamat siang Pak Herry,
    saya punya pertanyaan,
    apakah LG G4 Stylus ini mendukung fitur native video call (seperti hp Nokia dan Samsung)?
    terima kasih.

  26. Pak saya menemukan review di tempat lain yang bunyinya kurang lebih

    “Yakni semua log SMS dan panggilan baik masuk atau pun keluar pada smartphone ini tidak tersimpan, alias langsung menghilang beberapa saat setelah dibuka. Hal ini tentu menjadi perhatian serius, mengingat kita tidak bisa mengecek riwayat panggilan dan SMS.

    Selain itu hasil kamera di penyimpanan default pun juga mengalami kejadian hilang tiba-tiba beberapa saat setelah dibuka”

    Apakah bapak selama memakainya menjumpai hal yang serupa??

    Terimakasih

  27. Wah saya gak terima nih koh masa LG g3 stylus dibilang gak layak beli :p
    saya mulai ngefens sama LG android gara2 LG g3 stylus loh…
    Bahkan tadinya saya mau beli mi4 kalo udah bosen sama g3 stylus ini, tapi pas tau keluar g4 stylus sy malah pengen g4 stylus.
    Fitur2 nya itu loh keren. Termasuk kalo lg dicas dan udah 100% kayaknya ada semacam teknologi sehingga dia kayak automatically discharging gitu. Jadi kan aman buat batre. Apa cuma sugesti sy aja ya fitur itu? Hehehehe

    1. Bu/Pak Pemakai LG G3 Stylus (kok nggak menuliskan nama asli sih?),

      He… he… lha menurut saya G3 Stylus kurang sip.

      Soal charging berhenti otomatis kala daya sudah penuh, hal itu tak hanya tersedia di G3 Stylus kok. Ponsel masa kini biasanya sudah dibekali fitur itu.

  28. maaf oot,
    pak herry, LG G2 untuk saat ini masih layak utk di beli gk, jika dibandingkan dg ponsel keluaran terbaru saat ini untuk rentang harga di bawah 4 juta?

    1. Pak GM,

      Bergantung kriteria pencarian Anda seperti apa. Kalau Anda mencari ponsel yang nyaman dipakai, baterai cukup tahan lama, dan kameranya tergolong cukup bagus, G2 masih layak dilirik. Coba cek harga di Erafone.com dulu sebelum memutuskan bertransaksi. Harga G2 – 16 GB saat ini Rp 3.299.000.

    1. Pak Himawan Anindyo,

      Mudahnya gini saja sebenarnya, apakah Anda perlu LTE? Kalau iya, silakan ambil Galaxy J5. Kalau bersedia merek lain, beli Hisense Pureshot saja. Harga lebih murah daripada Galaxy J5, tetapi spesifikasi dan kinerjanya jauh lebih bagus. Mereknya memang kalah populer sih.

      Kalau tidak perlu LTE, silakan ambil G4 Stylus.

  29. Pak Herry, mohon maaf sebelumnya nih Pak. Di ulasan tempat lain, CPU untuk LG G4 Stylus itu Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Octa-core 1.4 GHz Adreno 306. Bisa dikonfirmasi Pak Herry, karena Saya berniat untuk membeli LG G4 Stylus tersebut.

    1 lagi Pak Herry, rekomen dari Bapak dari segi spek, kamera belakang bagus, dan layar 5″ dengan budget 3jt, HP apa yang bisa dipilih Pak ?

    Terima kasih banyak sebelumnya Pak Herry.

    1. Pak Windu Prasetiyo,

      Saya menduga yang Anda baca itu spesifikasi G4 Stylus single SIM. Yang beredar resmi di Indonesia versi dual SIM.

      Hisense Pureshot Rp 2.699.000. Ponsel itu sukses menggoyahkan kesetiaan saya terhadap Lenovo P70 dan Xiaomi Mi 4i.

  30. Kl lenovo p70 sma hisense pureshot or hisense pureshot+ lbh baik yg mn?
    Soalnya lg bingung mau beli yg mn ….
    Thanks y om herry

    1. Pak/Bu Echa,

      P70 unggul di daya tahan baterai dan kemampuan USB OTG. Kalau Anda kurang membutuhkan dua hal itu, menurut saya, membeli Pureshot atau Pureshot+ merupakan tindakan yang lebih bijak. Tinggal Anda lebih suka ponsel berlayar lima inci (Pureshot) atau 5,5 inci (Pureshot+).

  31. Pak Herry,

    dari segi kegegasan gawai, hasil kamera, dan daya tahan baterai (bukan gamer); antara redmi 2 prime, lg g4 stylus, mi4i dan pureshot (aja tanpa plus), mending yang mana menurut pilihan Bapak?
    tidak memandang LTE, baterai tanam/tidak, dll

    dan mohon info untuk pembelian hisense selain di website resminya, dimana bisa beli offline, terima kasih banyaak pak,
    salam sejahtera.

    1. Pak Radinal,

      Kalau spesifik ke daya tahan baterai, G4 Stylus yang jadi juara. Namun, untuk keseluruhan faktor yang Anda sebutkan, juaranya Pureshot.

      Pembelian Pureshot secara offline dapat dilakukan di:
      * Galeri Smartfren.
      * Pusat perbaikan resmi Hisense. Kalau belum berakhir, ada promo bonus jelly case senilai Rp 99 ribu dan perpanjangan masa garansi sehingga total garansi resmi menjadi 1,5 tahun.

  32. Salam Pak Herry,
    Saya mau tanya, LG G4 Stylus saat memotret jarak yang jauhnya sekitar 5-6 meter jika dizoom apakah gambarnya masih bagus (jelas)? Misalnya untuk memotret Slide PPt di proyektor/LCD. Apakah hasil potret masih menampilkan tulisan dengan jelas?

    Terima kasih

    1. Pak Sardi,

      Fungsi zoom di nyaris semua ponsel, termasuk G4 Stylus, adalah zoom digital. Kualitas hasil jepretan pasti menurun. Kalau ukuran tulisan di slide aslinya cukup besar, hasil jepretan yang di-zoom di G4 Stylus mestinya masih bisa dibaca.

  33. Salam Pak Herry,
    Terima Kasih atas jawabannya sebelumya.
    Begini, saya berencana untuk membeli HP pada tahun 2016 mendatang. Dengan kisaran budget Rp. 4.000.000 sampai < Rp. 5.000.000. Untuk HP-nya sendiri saya maunya, RAM minimal 1,5 GB, terus kamera belakangnya bagus (seperti sebelumnya, untuk memotret slide penting dari PPt Dosen), kadang-kadang Selfie, bukan pemain game berat di HP (palingan getrich), dan built quality-nya bagus, serta removeble battery (kalau bisa). Untuk sekarang saya taksir LG G3 (saya suka LG OS andro-nya update terus, sejauh ini), apakah masih layak beli untuk tahun 2016 nanti atau ada pertimbangan HP lain yang cocok untuk mahasiswa yg sering jepret2 slide, aktif media sosial, browsing dan mendengarkan musik? Kalau Sony C5 atau M4 Aqua? Atau Samsung?

    Saya sekarang pakai Samsung Galaxy Fame, sudah pernah jatuh 3 kali dengan ketinggian kurang dari satu meter tapi masih Fine2 aja. Saya terkadang melirik Mi4i, tapi masih ragu. Nanti takutnya bisa bagaimana-bagaimana -_- …. Misalnya, kaya kasus Lenovo teman atau Asus-nya yg jatuh dari ketinggian (kira2 dibawah 1 meter) layarnya pada retak2.. dan dikit2 pingsan. Terus ngebetulinnya harus nunggu 2 bulan.

    Maaf kepanjangan.
    Terima kasih.

    1. Pak Sardi,

      1. Karena pembelian akan dilakukan tahun depan, lebih baik Anda baru mengirimkan pertanyaan sekitar seminggu sebelum beli. Sebab, pergerakan ponsel lumayan cepat. Perubahan harga juga menentukan status kelayakan beli.

      2. Soal kerusakan ponsel akibat jatuh, kadang hal itu juga dipengaruhi posisi jatuhnya. Biarpun terjatuh dari ketinggian 30 sentimeter saja, tetapi mengenai bagian yang paling rawan rusak, ya ponsel bakal bermasalah. Sebaliknya, walaupun terjatuh dari ketinggian dua meter, tetapi mengenai bagian yang kukuh, ponsel tetap akan berfungsi normal.

  34. Om saya dah pake g4 stylus 1 bulanan..pengen coba asus zenfone 2 atau zenfone selfie, gmana om pendapat om tentang hp asus tersebut?

    1. Pak Fian,

      Zenfone 2 silakan dicoret. Zenfone Selfie saya belum coba.

      Bersama-sama saya menantikan kehadiran Zenfone Max saja yuk. Saya penasaran dengan baterai 5.000 mAh-nya.

      1. Kenapa zenfone 2 dicoret ya pak? Kekurangan nya apa ? Soalnya saya baca spek nya cukup mumpuni..mohon pencerahannya pak:D
        Zen max? Wah oke pak saya malah baru tahuu

          1. Kalo hp 5,7 inc baget 2-3 jt ada pilihan apa aja ga pak? Soalnya uda pke g4 stylus yg layar nya 5,7 trs ganti yg lebih kecil kayak kurang nyaman..hhe

          2. Pak Fian,

            Hmmm… sementara belum ada ide. Kalau naik ke layar 5,98 inci mau nggak? Jika mau, boleh melirik Infinix Note 2. Harganya malahan di bawah Rp 2 juta.

  35. Pak g4 stylus ini kalau vs lenovo p70 gmn yah?
    Saya tertarik ke2ya
    Kata mbak counter erafone lg g4stylus lumayan bagus dan awet batrenya
    Lenovo p70 2,7juta
    Lg g4 stylus 3juta Setelah diskon jadi 2.8
    Saya jadi binggung
    Kalau dr segi kamera bagaimana pak?saya kebuthan bbm,wa dan kamera dan batre yg lumayan kuat

    Makasih pak infonya

    1. Pak Eka Wijaya,

      Saya lebih memilih P70.

      Harga P70-nya terlalu tinggi. Harga pasar saat ini Rp 2,5 juta, bahkan lebih rendah.
      Harga G4 Stylus ya memang segitu. Jadi, itu bukan diskon.

      Dengan kebutuhan seperti yang Anda sebutkan, lebih baik beli Lenovo P70. Bila ingin yang lebih murah, silakan melirik Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.

  36. saya berencana mau menggantikan G2 mini mama saya, kira2 lebih baik ambil g4 stylus ini atau zenfone 2 (ze550ml) pak ? trims.

    1. Pak Aldo,

      Kalau saya tidak memilih keduanya. Mama lebih baik Anda belikan Xiaomi Redmi 2 Prime atau Hisense Pureshot.

  37. Memori internalnya yg 8gb itu kebaca semua kah pak? Soalnya ada hape yang tulisannya internal 8gb tapi kenyataannya kebacanya hanya 1 gb. Kalo untuk LG G4 stylus ini bagaimana?

    1. Pak Kevin,

      8 GB itu kan ketika memori internalnya masih kosong total. Belum ada sistem operasinya. Setelah diisi dengan sistem operasi dan aplikasi bawaan, sisa memori internal G4 Stylus sebesar 3,36 GB.

  38. Pagi om herry
    Saya skrg pake LG g4 stylus, memang d sayangkan mengenai kapasitas memori internal yg hanya 8 gb, dan ram nya yg cmn 1 gb, untuk itu saya pengen ganti ke yg internal sm ram nya lebih besar, beberapa org sudah ada yg menawarkan utk barter dgn lenovo A7000+,redmi note2 & lenovo p70, saya minta tolong om diantara 3 ponsel d atas saya harus pilih yg mana? Makasih om..

  39. Siang Pak Herry
    aku lagi bingung nich antara Hp Xiaomi Note 3 , LG 4 Stylus, Lenovo A7000 SE, samsung J5
    bagus mana kamera, kinerja untuk Medsos, browsing, Games, dan yang bisa menampung banyak data.
    Mohon kasih alasannya

    1. Bu Ochie,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomi Note 3 dan LG 4 Stylus. Silakan cek dulu tipe apakah yang sebenarnya Anda maksud.

      Lenovo A7000 SE saya belum pernah coba. Jadi, belum tahu. Kalau Galaxy J5, performanya tidak istimewa. Daripada membeli Galaxy J5, lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot yang saat ini harga barunya Rp 1,999 juta. Harga lebih murah, tetapi kinerja justru lebih bagus daripada Galaxy J5.

    1. Bu Imel,

      Tidak ada patokan khusus selama berapa jam. Silakan charge sampai penuh. Itu saja.

      Iya, ponsel harus dalam kondisi padam.

  40. saya pake lg g4 stylus sudah hampir sebulan. sy biasa pake maen game coc. tp belakangan ada upgrade coc tp kenapa lg saya dibilang divice nggak compatible ya… masa hp baru dengan os baru ga dukung coc. mohon sarannya

    1. Pak Warta,

      Saya tak pernah main CoC. Mungkin saja ada kriteria minimal CoC yang tak dapat dipenuhi oleh G4 Stylus.

  41. Om herry, mau nanya dong menurut om mendingan xiaomi redmi note 3 yang ram 2gb, apa LG G4 stylus ?
    secara keseluruhan buat medsos, selfie dan batrenya
    Makasih om sebelumnya 🙂

    1. Bu Nondhilla,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Redmi Note 3. Satu hal yang perlu diketahui, Redmi Note 3 yang saat ini beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi. Saya sih ngeri beli ponsel seperti itu.

      1. Om apa hanya xiaomi redmi note 3 yang tidak ada garansi, atau semua xiaomi redmi ? Rekomen dong om hape apa saja yang layak beli, yg layar dan ram besar ? Dengan harga 3juta kebawah ?
        Makasih om herry 🙂

          1. Terimakasi om herry, pertanyaan terakhir om hehe, antara LG G4 stylus dan samsung J5, lebih layak beli mana ? 🙂

          2. Bu Nondhilla,

            Ehmm… bagaimana kalau keduanya dicoret lalu Anda membeli Hisense Pureshot saja? Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta. Harga lebih murah, spesifikasi dan kinerja lebih bagus daripada dua ponsel itu.

  42. ah saya mau tanya, lebih baik beli G3 atau G4 stylus yah mas henry (bingung mau panggil apa)
    kalau beli G3 skg untuk pemakaian lama itu worth it gak sih mas? soalnya denger denger bakal keluar G5 juga

  43. saya beli LG G4 stylus baru 2 bulan,,dan tiba” layar ngeblank pdhal tidak pernah jatuh atopun kena air,,kira-kira penyebab layar ngeblank itu kenapa ya pak??agak kecewa sebenernya baru 2 bulan beli baru dan sudaah rusak 🙁
    pdhl sebelumnya saya pakai LG G3 stylus awet”saja…

    1. Bu Putri,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Kalau Anda tanya kenapa, ya saya tidak tahu. Sebab, saya tidak mengetahui kebiasaan Anda dalam berponsel. Misalnya, apakah Anda rutin menyelipkan ponsel ke saku belakang celana jeans?

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi ponsel LG deh.

  44. pak, itu cara menampilkan kecepatan internet di navigation bar gimana ya?
    yang muncul di screenshoot dual window itu loh pak

  45. apakah g4 stylus ini layak dibeli untuk pemakaian jangka panjang/bertahun tahun?
    boleh minta rekomendasi ponsel 2jutaan yg awet+kamera bagus

    1. Bu Ika,

      Tidak layak. Untuk ukuran saat ini pun spesifikasi G4 Stylus sudah mulai terasa ketinggalan.

      Silakan melirik Hisense Pureshot. Harga Rp 1,999 juta.

  46. Saya baru aja beli seken lg g4 stylus
    Menang layar tok besar
    Peforma biasa aja…
    Kamera lumayan lah..
    Agak nyesel sih..

  47. Review LG G Pro 2 dunk koh, katane tu hh speck manteb tapi pemasarannya kurang rame, makanya tidak begitu dikenal..

    1. Pak Dhani Rist,

      Saya tak bisa me-review G Pro 2 karena ponsel itu sudah lama banget beredar di pasar. G Pro 2 memang barang bagus kok. Namun, gara-gara mereknya LG, keberadaan ponsel tersebut jarang diketahui konsumen.

  48. cm mau bilang pak herry ini top markotop review nya, sy baca review hp nya dan sangat layak sy jadikan referensi dalam pembelian hp.. thanks atas info2nya pa herry ditunggu review selanjut nya

  49. Mau nanya om Herry
    Bagaimana perbandingan antara galaxy J5 dan lg G4 stylus dlm hal : daya tahan, mana lebih banyak masalah, kecepatan loading dan akses, instal apk, sisa ram / rom kondisi baru, kestabilan harga jual. ? Thanks

    1. Pak Rudy,

      Daya tahan, mana lebih banyak masalah, dan kecepatan loading: imbang deh. Kalau dicermati, di atas kertas kapasitas RAM Galaxy J5 memang lebih besar. Namun, dalam pemakaian nyata, hasil akhirnya imbang kok.

      Install APK (sekaligus menjawab sisa RAM dan ROM): lebih besar Galaxy J5.

      Kestabilan harga jual: harga jual bekas ya? Ya jelas menang Samsung.

  50. Koh saya sekarang make galaxy note 2,pemakaian udah mau 3 taunan, berhubung lcd nya kayak ada bayangan samar samar tipis banget(sepintas ga kelihatan,karena saya pake sehari hari jd terasa) ga ngaruh sih cuma keganggu aja. Rencana pengen LG G4 stylus. Menurut koh herry dari galnote 2 ke g4 stylus gmn, dipikiran saya sih mending pake hp yang lebih muda. Kesampingkan merk lain ya koh. Semoga di jawab koh herry

    1. Pak Anes,

      G4 Stylus untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik lho. Dengan asumsi anggaran Anda setara dengan G4 Stylus baru, lebih baik Anda melirik, misalnya, Hisense Pureshot, Pureshot+ (kalau ingin layar lebih besar), atau Infinix Zero 3.

      Itu rekomendasi saya tanpa melihat merek ya, Pak. Kalau melihat merek, saya pribadi lebih menyarankan LG daripada Samsung.

  51. Om Herry
    Saya Liat Komen Om di Atas
    Katanya LG G4 Stylus Ini udh gk.menarik lagi??
    gk menarik lagi karena apa om??

    .
    Kebutuhan cuman bbm,watsap,Sosmed Doank
    Apa Pas Om???
    Untuk ukuran Ram 1 gb

    Makasih Sebelum nya

    1. Pak Wahyu,

      Nggak menarik karena dengan harga saat ini (sekitar Rp 2,5 juta), spesifikasi G4 Stylus sudah terasa ketinggalan. Sudah ada banyak ponsel lain yang memiliki spesifikasi dan kinerja lebih bagus dengan harga jual sama, bahkan lebih murah.

      Terlalu mepet deh. Mending cari yang RAM 2 GB.

  52. Ko herry…gabut ni pgn ganti hp. Budget 3jt. Pengen layar besar. Ram up to 2gb. LTE. Sbnrny body pgn LG g4 stylus tp ram nya oelit cm 1gb. Blm LTE pula. Kebutuhan buat sosmed. Selfi dan yag utama buat remote jarak jauh team viewer. Rekomen hp aph,? Tx

    1. Bu Anna,

      Hmm… Infinix Zero 3 boleh dilirik tuh. Harga Rp 2,599 juta. Kalau layar segitu kurang besar, ada Lenovo Vibe K4 Note.

      Soal kompatibilitas dengan Team Viewer, maaf, saya tak tahu.

  53. Om Herry ,
    Sebenarnya LG G4 stylus H540 ada berapa versi sih ? Ada yg beda ram , internal memori, kamera belakang, prosesor dan gpu, serta dual/single sim cardnya. Mohon penjelasannya ? Thanks

    1. Pak Rudy,

      Total versinya saya tak tahu ada berapa macam. Yang pasti, ada yang dual SIM, ada yang single SIM. Ada yang mendukung 4G LTE, ada pula yang cuma 3G.

  54. Pak Herry, saya sdh beberapa hari ini krim tweet ke Bapak tp tdk pernah bpk balas. Saya mau tanya pak, apakah bapak ada rencana utk Review LG Stylus 2 dlm waktu dekat?
    Karena saya berencana ingin membeli gawai tsb namun rasanya kurang nyaman sblm membaca ulasan dari Bapak.
    Apabila nanti bapak sudah me-review gawai tsb mohon diulas tentang RAM nya yg hanya 1,5 GB apakah sudah cukup untuk pemakaian sehari-hari spt chatting berat dengan WA, Line, BBM, foto2, sosed, main game yg tidak terlalu berat (cut the rope, candy crush, dll). Serta apakah aplikasi2 spt game, instagram, path, line, WA bs dipindah ke micro SD pak?
    Tidak lupa review pula tentang kamera depan & belakangnya ya pak, dan juga semua kemampuan “rahasia” dr Gawai LG Stylus 2 tersebut pak..
    Terimakasih atas jawaban bapak & semoga bapak akan mereview LG Stylus 2 ya Pak. Krn gawai tsb memiliki kemampuan sylus yg katanya menyamai Note 5 samsung.
    Terimakasih Pak Herry.. smg tulisan sy tidak mengganggu mata Bapak dan maaaf krn kepanjangan.. hehe

    1. Bu Ayu,

      Kapankah Anda mengirimkan pertanyaan via Twitter? Pada 3-7 Mei 2016 saya praktis “cuti” merespons Twitter karena sedang sibuk banget plus harus menghadiri acara di luar kota. Tadi pagi, 8 Mei 2016, saya baru sempat membalas tumpukan pertanyaan di Twitter. Karena ada banyak banget pertanyaan, mungkin saja saya kebetulan terlewat merespons pertanyaan Anda. Maaf ya.

      Hingga detik ini saya belum berencana me-review Stylus 2.

  55. Iya pak tidak apa, saya tau pasti tweet yg Bapak balas sgt banyak ?
    Ngomong2 terimakasih utk balasannya pak..
    Saya harap kelak Bapak bs mereview LG Stylus 2 ya pak, krn jujur saja tulisan Bapak ketika sedang mereview gawai sgt adil menurut saya, tidak berlebihan & apa adanya. Hal itu sangat penting bagi kami pembaca pak.
    Karena jika saya bandingan, banyak sekali reviewer gadget yg terkesan “mengidolakan” gadget dari 1 merek saja sehingga gadget lain terkesan “jelek”..
    Terimakasih Pak Herry..
    Salam sejahteraa

  56. Siang om herry…
    Mau tanya klo untuk capture plus di lg 4 stylus gimana ya om yg untuk 1 halaman full bisa ke save seperti dokumen?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Prasetyo,

      * Hayo… pertanyaan Anda masuk dua kali. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

      * Saya sudah tidak memegang G4 Stylus (bukan 4 Stylus) sehingga tak bisa memandu langkah demi langkah. Intinya begini:
      1. Buka situs yang Anda inginkan memakai browser bawaan LG. Jangan pakai Chrome ya.
      2. Setelah halaman terbuka utuh, pilih menu (kalau tak salah ingat di kanan atas) dan pilih screen capture plus.

  57. Siang om hery…
    Mau tanya kalau untuk capture plus di lg 4 stylus yg bisa untuk 1 halaman seperti dokumen itu bagaimana caranya ya?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Prasetyo,

      * Hayo… pertanyaan Anda masuk dua kali. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

      * Saya sudah tidak memegang G4 Stylus (bukan 4 Stylus) sehingga tak bisa memandu langkah demi langkah. Intinya begini:
      1. Buka situs yang Anda inginkan memakai browser bawaan LG. Jangan pakai Chrome ya.
      2. Setelah halaman terbuka utuh, pilih menu (kalau tak salah ingat di kanan atas) dan pilih screen capture plus.

    1. Pak Ahmad,

      G4 Stylus belum mendukung layanan 4G LTE.

      Untuk ukuran saat ini, G4 Stylus sudah tidak menarik. Jangan dibeli.

  58. Ko kemarin saya beli LG G4, cuman ketika saya foto di keadaan gelap dan flash nyala, hp langsng mati?
    Dan juga jaringan nya selalu di huruf G , padahal saya memakai kartu telkomsel, padahal jaringan di daerah saya tergolong baik? Mohon pencerahan nya ko herry

    1. Pak Rizkimuzaka,

      Anda di kota mana? Paling mudah sih kembali ke toko dan minta tolong diperiksakan.

      Kalau mau diselesaikan secara mandiri:
      1. Ponsel silakan di-reset dulu satu kali.
      2. Yang Anda selipkan ke ponsel ada berapa kartu? Pastikan pengaturan kartu Telkomsel Anda benar diizinkan masuk ke jaringan 2G, 3G, dan 4G. Kalau pengaturannya GSM only, ya hanya bisa dapat GPRS/EDGE.

    1. Pak Rizkimuzaka,

      Ponsel apa pun kalau sering dipakai main game konsumsi baterainya memang akan lebih boros.

      Btw, G4-nya baru sehari Anda beli kan? Berarti, kinerja baterai belum optimal. Performa baterai akan mulai optimal setelah di-charge 3-4 kali. Hal lain yang perlu diketahui, G4 dengan OS Marshmallow memang cenderung boros dan mudah hangat.

  59. Maaf ko herry, belinya second di olx koh, ndak di toko ,
    Udah tak restart juga, tp masih sperti kemarin koh, minta di tuntun koh herry?

    1. Pak Rizkimuzaka,

      Oh beli seken tho. Hmm… jangan-jangan sejak dari pemilik awal memang sudah bermasalah.

      Untuk pengecekan idealnya saya pegang langsung barangnya. Ponsel itu masih bergaransi resmi kan? Kalau iya, mampir ke pusat perbaikan resmi LG saja deh.

  60. Waduh… Ya bisa jadi itu koh
    Pengene gitu koh, tp saya dari purwodadi
    Wah sayang nya garansi sudah gak ada koh
    Tp masih bisakah di perbaiki di servis center LG koh?

    1. Pak Riskimuzaka,

      Waduh… ternyata ponsel bekas tanpa garansi ya.

      Masih bisa diperbaiki di pusat perbaikan resmi LG, tetapi Anda akan dikenakan biaya.

  61. akhir 2016 ini kalau disuruh milih antara j5 vs galaxy note 2 lebih recomended mana jika dilihat dr kinerja, stamina dan view nya..?

  62. Pak Herry,

    Saat ini, ada yang jual LG G4 Stylus bekas dengan harga 1,250.
    Menurut Bapak, apakah masih menarik saat ini dengan harga segitu jika dibandingkan dengan Hisense Pureshot+ baru yang sekarang harganya 1,299, terutama kalau pertimbangan berdasarkan kegegasan dan hasil kamera?

    Mana yang lebih gegas dan mana yang lebih baik hasil kameranya Pak, antara LG G4 Stylus dengan Hisense Pureshot+?

    1. Pak Iskandaria,

      Yang harganya Rp 1,299 juta itu Pureshot lho, bukan Pureshot+. Mending ambil itu daripada G4 Stylus deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *