By

Review LG G4: Tak Perlu Lagi Kantongi Kamera Saku

Karena waktu itu baru mencicipi LG G4 versi purwarupa alias prototipe, penulis belum mau memberikan rekomendasi akhir. Menulis review-nya masih tak berani pula. Pasalnya, performa ponsel purwarupa tidak selalu bisa dijadikan patokan. Penulis sekadar berbagi pengalaman mencicipi ponsel itu di http://ponselmu.com/mencicipi-lg-g4-dual-sim/.

Bila pertanyaan serupa kini diajukan lagi, dengan tegas penulis bakal menjawab, “G4 layak beli.” Penulis berani menyatakan demikian karena telah menguji pakai G4 versi komersial dan bergaransi resmi. Singkatnya, sama dengan G4 yang dijual bebas di toko-toko ponsel di tanah air.

Rev G4-2

Tampilan fisik yang tidak pasaran, menurut penulis, menjadi sisi menarik pertama G4. Permukaan back cover ponsel itu dibuat dari kulit asli. Terlihat unik dan bukan murahan. Tersedia dua pilihan warna kulit yang bebas dipilih calon pembeli saat akan bertransaksi G4. Cokelat dan hitam. Kalau boleh mengusulkan, penulis merekomendasikan Anda memilih warna cokelat. Sebab, tekstur kulitnya terlihat lebih jelas daripada yang hitam. Dari kejauhan, ponsel cokelat juga lebih tidak pasaran daripada ponsel hitam, bukan?

Rev G4-3

Rev G4-4

Calon pembeli yang enggan memakai penutup baterai kulit, bisa memilih penutup baterai yang lebih konvensional. LG menyebutnya ceramic. Ada yang berwarna putih, emas, dan abu-abu metalik. Menurut penulis, varian warna putih paling menarik. Selain beraksen tiga dimensi, penutup baterai tersebut relatif antikotor. Kalau mau melakukan percobaan agak ekstrem, ambillah sebuah spidol. Coret-coretkan ke penutup baterai. Dengan mudah coretan itu bisa dibersihkan tanpa meninggalkan bekas. Keisengan serupa pantang dipraktikkan di penutup baterai warna lain.

Rev G4-5

Sisi menarik G4 berikutnya adalah kemampuan kamera. Dua ibu jari pantas diacungkan bersamaan. Kamera itu mampu melakukan pemfokusan dengan relatif cepat. Foto yang dihasilkan tergolong tajam. Tampilan warnanya juga tidak menipu.

Menipu bagaimana? Mungkin Anda pernah mengalami kejadian seperti ini: suatu foto tampak sangat bagus kala dilihat di ponsel. Tajam, cerah, dan cemerlang. Kalau memakai istilah pasaran yang tentu tak sesuai ilmu fotografi: warnanya keluar dan hidup.

Namun, ketika foto yang sama kemudian dilihat di layar laptop atau PC, kondisinya berubah. Foto yang sebelumnya terlihat apik dan berwarna cerah, kini tampak kusam. Foto yang sebelumnya terang, kini tersaji agak gelap. Dalam bahasa awam, hal tersebut terjadi karena saat dilihat di ponsel, kualitas foto “ditolong” bagusnya layar ponsel.

Penurunan drastis atas tampilan foto semacam itu tidak dialami penulis selama mencoba G4. Hasil jepretan G4 tetap memukau kala disajikan di layar komputer. Detail foto yang kurang terlihat di layar ponsel bakal tampak lebih jelas saat dipelototi di layar laptop atau PC, yang pasti berukuran lebih besar ketimbang layar ponsel.

Sekarang saatnya membicarakan spesifikasi teknis kamera G4. Kamera utama ponsel itu dibekali lensa dengan bukaan f/1,8. Ia juga dilengkapi fokus otomatis laser, dual LED flash, dan Optical Image Stabilization+ (OIS+) 2.0. LG mengklaim G4 adalah ponsel pintar pertama yang mengadopsi Color Spectrum Sensor (CSS).

Dengan CSS, kata LG, kamera ponsel akan lebih akurat dalam mengenali warna. White balance kamera pun lebih optimal. Merah dibaca sebagai merah, bukan oranye terang. Sedangkan putih bersih tetap ditangkap sebagai putih bersih, bukan kuning kusam.

Rev G4-1

Kamera di sisi belakang G4 itu mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 16 megapiksel dan klip video ultra HD 4K. Selain mode otomatis, tersedia mode manual. Pengguna bebas mengatur parameter pemotretan. ISO/ASA, misalnya, bisa diatur mulai 50 sampai 2.700. Sedangkan kecepatan rana alias shutter speed-nya paling cepat 1/6000 detik dan paling lama 30 detik.

Dengan spesifikasi kamera tersebut, ada banyak hal yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, memotret mainan mungil dengan latar belakang kabur. Sehingga, mainan itu terlihat menonjol. Aktivitas memotret di lokasi remang-remang pun bisa dilakukan dengan leluasa.

Ingin mengabadikan indahnya kerlap-kerlip lampu gedung perkantoran di kala malam? Hal itu bukan mustahil diwujudkan. Pengguna G4 tinggal mengutak-atik pengaturan di mode manual.

Penulis sempat pula melakukan eksperimen kecil. Suatu malam, lampu di rumah sengaja dipadamkan. Penulis lalu menggunakan lampu kilat Sony Xperia Z+ layaknya lampu senter. Ponsel itu lalu penulis gerakkan ke sana kemari. G4 bertugas merekam aktivitas tersebut. Hasilnya, “lukisan cahaya” dari lampu senter sukses diabadikan oleh G4.

Beralih ke kamera depan G4. Kamera itu mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD. Ketika ingin selfie, pengguna cukup membuka salah satu telapak tangannya dan mengarahkan ke kamera muka. Ketika di layar sudah muncul kotak berwarna biru, tutuplah telapak tangan. Kamera akan mulai menghitung mundur, kemudian menjepret. Satu foto telah dihasilkan.

Seandainya pengguna berencana melakukan selfie beberapa kali, ada jurus lain yang dinamakan gesture interval shot. Bedanya, pengguna harus membuka dan menutup tangan dengan cepat sebanyak dua kali. Tindakan itu akan membuat kamera G4 memotret empat kali. Saat jeda antarpemotretan selama dua detik, pengguna bisa bergegas mengatur ulang pose dulu.

Fitur lain G4 yang sebaiknya dicoba adalah Quick Remote. Fungsikan ponsel Android 5.1 Lollipop itu sebagai remote control televisi, set-top box, pemutar audio, AC, dan proyektor. Perangkat yang dapat dikendalikan tak harus bermerek LG. Kalau perangkat yang dimiliki pengguna kebetulan tidak tercantum di daftar, pengguna tinggal memilih universal remote. Berikutnya, dengan memanfaatkan remote control bawaan perangkat, pengguna mesti “melatih” Quick Remote G4 dulu.

Rev G4-28

Rev G4-29

Sama dengan aneka ponsel LG yang telah beredar di pasar, G4 dibekali fitur ketuk-ketuk layar. Ketukkan jari dua kali untuk menyalakan layar. Ketukkan jari dua kali lagi untuk memadamkan layar. Ada pula Knock Code, password untuk membuka pengunci layar yang dibuat berdasarkan kombinasi ketukan jari di layar.

G4 memanfaatkan layar IPS Quantum Display 5,5 inci beresolusi quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Sedangkan dapur pacunya memakai prosesor enam inti (hexa core) Qualcomm Snapdragon 808 MSM8992 yang terdiri atas dua inti berkecepatan 1,82 GHz dan empat inti 1,44 GHz. Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, dan radio FM merupakan spesifikasi lain ponsel itu.

Memori G4 meliputi RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Ruang penyimpanan ponsel digabungkan dalam satu partisi. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, ruang kosong yang tersedia mencapai 21,95 GB. Seandainya pengguna merasa kurang besar, ia tinggal menyelipkan kartu microSD ke selot yang tersedia.

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan. Keduanya menggunakan kartu micro SIM. Pada satu waktu, salah satu nomor hanya bisa berada di jaringan 2G. Sedangkan satu nomor lainnya leluasa berkelana ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan diarahkan ke 3G dan 4G LTE.

G4 mendukung 4G LTE di frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Dengan begitu, ia siap dipadukan dengan layanan LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan kelak Tri. Penulis berikan satu contoh nyata dalam pemakaian sehari-hari. Anggaplah penulis menyelipkan kartu 4G Telkomsel di SIM1 dan XL di SIM2. Nomor Telkomsel berada di jaringan LTE, sedangkan XL di jaringan 2G.

Lantaran aktif dipakai, kuota paket internet Telkomsel milik penulis tinggal sepuluh MB. Tak lama lagi habis. Penulis kemudian beralih menggunakan layanan internet XL. Masalahnya, berinternet via layanan GPRS/EDGE amat tidak nyaman. Untuk memanfaatkan layanan LTE XL, penulis tinggal mengubah pengaturan di meu ponsel. Penulis tak perlu memadamkan ponsel, membuka penutup baterai, lalu membongkar pasang kartu SIM.

Sumber daya G4 berasal dari baterai berkapasitas 3.000 mAh. Di tangan penulis, baterai itu biasanya sanggup bertahan 10-12 jam. Selama rentang waktu itu, dua nomor GSM selalu siaga. Satu di antaranya berada di jaringan LTE. Penulis memakainya untuk bertelepon, SMS, email, browsing, dan WhatsApp. Sesekali penulis juga mengakses Twitter dan Facebook.

Berbeda dengan ponsel high end keluaran terbaru merek global lain, misalnya Samsung dan Sony, G4 menggunakan baterai removable. Pemakaian baterai yang mudah dilepas pasang itu memberikan fleksibilitas ekstra kepada pengguna. Pengguna bebas memilih, lebih suka membawa baterai cadangan atau power bank.

Buat pengguna yang sangat peduli dengan negara pembuat ponsel, G4 bergaransi resmi LG Electronics Indonesia masih diproduksi di Korea. Ponsel itu tidak dibuat di Tiongkok. Bukan pula seperti Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia. Kalau Anda belum mengetahuinya, dua ponsel Samsung yang dijual lebih mahal daripada G4 itu diproduksi di Indonesia.

Pendeknya, G4 sukses memuaskan penulis. Ponsel berbobot 155 gram dengan tebal 6,3 milimeter di bagian tepi dan 9,8 milimeter di bagian tengah itu sungguh layak dipuji. Keandalan kameranya membuat penulis dan pengguna lain G4 mestinya tak perlu lagi mengantongi kamera saku digital.

Kemampuan kamera ponsel dengan panjang dan lebar bodi 148,9 x 76,1 milimeter itu kali pertama penulis uji coba saat menghadiri peluncuran Xiaomi Mi 4i di Jakarta. Penulis memotret dan melakukan live tweet di akun Twitter @herrysw via G4. Foto-foto pelengkap cerita peluncuran itu http://ponselmu.com/cerita-foto-peluncuran-xiaomi-mi-4i-di-indonesia/ seluruhnya dijepret memakai G4.

Berikutnya, saat penulis diundang menghadiri Lenovo Tech World 2015 di Beijing, Tiongkok, penulis nekat menggunakan G4 sebagai kamera utama. Penulis tidak lagi membawa kamera non-ponsel. Hasilnya dapat Anda cermati di http://ponselmu.com/tag/lenovotechworld/.

Bagi penulis, pengurang daya tarik G4 ada dua poin. Pertama, baterai bawaan ponsel itu tak bisa bertahan seharian penuh. Seperti yang telah penulis sebutkan di atas, baterai G4 biasanya perlu diisi ulang setelah dipakai 10-12 jam. Kedua, kala G4 padam total lalu dihubungkan dengan charger, tak lama kemudian ponsel pasti akan menyala lagi.

Untunglah dua poin itu bukan kekurangan fatal. Setidaknya penulis telah memiliki solusi. Untuk poin pertama, penulis sehari-hari membawa battery kit yang dijadikan bonus dalam penjualan G4. Battery kit itu terdiri atas baterai cadangan dan external battery charger. Ketika baterai pertama kehabisan daya, penulis tinggal melepaskan dan menggantikannya dengan baterai kedua. Sedang malas membawa baterai cadangan? Di ransel penulis tersedia minimal satu power bank.

Sedangkan untuk permasalahan kedua, jalan keluarnya juga sederhana. Hubungkan G4 dengan charger dulu sampai proses pengisian ulang dimulai, lalu ponsel dipadamkan. Beres.

Sekadar intermezzo, penulis sempat “melakukan kesalahan fatal” saat menguji pakai G4. Ceritanya, penulis meminjamkan ponsel itu kepada adik yang sehari-hari memakai LG G2 Mini sebagai ponsel utama. Dalam tiga hari, ia jatuh cinta berat kepada G4. Ketika Anda membaca naskah ini, G4 milik penulis sudah dibarter dengan G2 Mini miliknya. *tepok jidat*

Di satu sisi penulis sebenarnya senang juga sih. Sebab, adik tercinta akhirnya bersedia melepaskan G2 Mini yang masa garansi resminya sudah berakhir itu. Asal tahu, kadang-kadang adik penulis turut mencicipi ponsel yang sudah selesai penulis uji pakai. Namun, meskipun berkali-kali ditawari berganti ponsel, ia tetap menggelengkan kepala. “Emoh. Aku senang G2 Mini,” katanya.

Adik penulis sebenarnya sempat menyukai Sony Xperia Z3 Compact. Sayang, ponsel itu bukan dual SIM. Begitu menjajal G4, ia laksana berjumpa dengan ponsel idaman. Ia antusias menyerahkan G2 Mini-nya untuk ditukar guling dengan G4.

Berapakah harga jual G4? Kemarin malam (5/8), menjelang menonton Mission Impossible Rogue Nation, penulis singgah ke gerai Erafone dan Telesindo Shop. G4 dengan back cover kulit dibanderol Rp 7.499.000, sedangkan G4 ceramic Rp 7.199.000. Semua pembeli akan memperoleh bonus battery kit orisinal.

***

Inilah hasil jepretan kamera LG G4. Semua memakai mode otomatis, kecuali disebutkan berbeda.

Rev G4-6

Rev G4-7

Rev G4-8

Rev G4-9

Rev G4-10

Rev G4-11

Rev G4-12

Rev G4-13

Rev G4-14

Rev G4-15

Rev G4-16

Rev G4-17

Rev G4-18

Rev G4-19

Satu foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan.

Rev G4-27

Sekarang saatnya mencoba mode manual.

Penulis naik ke rooftop sebuah pusat perbelanjaan. Area itu belum dipakai. Gelap. Baru beberapa kali memotret, seorang satpam menghampiri. Keberadaan penulis rupanya terpantau CCTV. Meskipun rooftop itu bisa diakses langsung memakai lift, kalau akan ke sana ternyata harus mengurus izin dulu.

Rev G4-20

Rev G4-21

Air disemprotkan lewat selang. Currrr….

Rev G4-22

Bagian tengah di-crop. Seperti ini penampakannya. Butiran air sukses diabadikan.

Rev G4-23

Pada malam hari, lampu rumah sengaja dipadamkan. Ponsel Sony Xperia Z3+ difungsikan sebagai lampu senter.

Tangan bergerak ke sana kemari membentuk angka delapan. Ah, ternyata saat ponsel berada di sisi kanan tubuh, lampu tidak menghadap ke muka. Angka delapannya menjadi tidak utuh.

Rev G4-24

Hasil cropping foto di atas.

Rev G4-25

Dicoba sekali lagi.

Rev G4-26

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Rev G4-30

Rev G4-31

Rev G4-32

 

339 Responses to Review LG G4: Tak Perlu Lagi Kantongi Kamera Saku

  1. shandy says:

    Pak Herry, apakah LG G4 bisa untuk 4G Smartfren ? Karena di gsmarena.com secara spesifikasi mendukung 4G di 850Mhz dan 2300Mhz

  2. Michael Adrieza Darmawan says:

    wooow, hasil jepretannya mantab yah LG G4. tapi emang sudah sepatutnya makin banyak yang beranjak ke LG, jangan ke Samsung terus hehehehe…

    • Herry SW says:

      Pak Michael Adrieza Darmawan,

      Betul. Belilah kualitas, bukan merek. Seandainya G4 ini bermerek Samsung, wah… pasti laris manis.

  3. yuda says:

    dua hal om herry yang bikin aq ragu buat beli g4,…
    1. sempat test di erafone, tetep harus 2 tangan pake nya ….
    2. ga ada fingerprint sensor kayak sam es

    padahal review di luaran ajib bener nich HP… T_T
    eh om herry, hp ini ada NFC ga?

    • Herry SW says:

      Pak Yuda,

      1. Lha layarnya kan gede. Yang masih enak dipakai satu tangan biasanya maksimal lima inci deh.
      2. Fingerprint Samsung nggak enak lho. Punya Huawei malahan lebih oke.

      Ada NFC. Belum saya tuliskan ya? Saya tambahkan deh.

    • Herry SW says:

      Barusan saya cek, sudah saya tuliskan kalau dilengkapi NFC gitu lho. 🙂

      • Yuda says:

        Oh iya, ternyata terlewatkan… Karena sepertinya saya melompati kalimat spesifikasi…

        Mengenai g4 yg sekarang sudah pindah tangan, gmn nanti review vs z3+ nya om?

        Samsung malah ga enak ya om… Soalnya kemaren sempat bingung antara s6 atau g4,soalnya s6 udah mulai menyerah turun ke angka 7jutaan… Dan tentu saja g4 jg makin murah ^_^

        Thx review nya ya om herry

        • Herry SW says:

          Pak Yuda,

          Kan uji pakai perbandingan sudah selesai dilakukan. Tinggal disusun ulang.

          Melihat pergerakan terakhir, saya agak curiga akan ada promo lanjutan Galaxy S6 dengan penawaran yang lebih bagus. Dua kali promo yang dilakukan tampaknya kurang berhasil mendongkrak penjualan Galaxy S6.

  4. solehoptikcokro says:

    Waah harganya muantaab. Layarnya melengkung ya Pak? Modelnya mirip LG Magna.

    • Herry SW says:

      Pak Solehoptikcokro,

      Layar datar kok. Kalau melengkung, saat saya pasangin tempered glass takkan melekat sempurna.

  5. intan says:

    Pak herry. Review nya keren sekali. Tapi harganya mahal sekali TT. Hiks. Kalo android alcatel flash plus 16gb layak beli gk sih pak? Dibandingkan acer liquid jade or redmi note lebih baik mana? Terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu Intan,

      Jangan membeli Alcatel onetouch Flash Plus. Saya pernah mencoba dan hanya bertahan sehari. Penerimaan sinyalnya lemah. Layar sentuhnya juga nggak enak. Parah deh. Oh, ya mending Liquid Jade atau Redmi Note dibandingkan Flash Plus.

      • amunes says:

        Kok review saya beda ya pak? Saya pakai alcatel Signal oke2 aja, batre jg ngga separah bang herry, apalagi bodynya, genggamannya mantab. saya bandingin sama infinix hotnote jauh. Apa yg agan herry pake unit test?

        • Herry SW says:

          Pak Amunes,

          Harap tidak menggunakan kata sapaan “agan” di blog ini.

          Saya memakai unit yang dijual di Lazada kok. Penerimaan sinyal lemah. Soal baterai, saya tidak menyinggungnya di komentar di atas lho.

  6. eykin says:

    kalo dibanding hasil kamera z3 menang mana koh?

  7. roni says:

    hasil kameranya LG G4 luar biasa…. mantab!!!
    apalah daya saya sekarang cuma pake LG Magna, kameranya banyak noise, kalo desain sih ok, sekilas mirip LG G4 tapi mini…hehehehe
    btw, klo koh herry sekarang juga pegang Xperia Z3+ apakah bakal di review juga??

  8. Slamet says:

    Ponsel idaman….hasil jepretan yang di rooftop mantap Ko Herry…cuma kalo batterynya kaya lenovo P70, layakkah disebut Ponsel sempurna ??

    • Herry SW says:

      Pak Slamet,

      Tidak sempurna, tetapi layak disebut bagus dan layak beli. Kelebihan lainnya lebih banyak. Trus, baterai juga bisa dilepas dan dapat baterai cadangan. Kalau Lenovo kan baterai tanam.

      Hal lain, pusat perbaikan resmi LG jauh lebih bagus daripada Lenovo.

  9. Anton Chris Arsen says:

    Nah, ini baru kamera! Hasil oke banget.. Jadi pingin segera punya. Racun… racun.. racun…. 🙂

  10. Anton Chris Arsen says:

    Oh ya, Koh Herry.. kualitas speakernya bagaimana? Cukup keras dan merdu kah? 🙂

  11. wandy says:

    Jujur Diantara Semua Ponsel Kelas Atas Saya Sangat Menyukai LG G4 di Bandingkan Iphone, Samsung Maupun Sony.

    Harganya pun tidak semahal 3 merk yg saya sebut td. apa lagu ada Bonus Baterai Kit Resmi.. Sangat Layak beli deh.

  12. arhiefs says:

    Ko saya mau beli ponsel tp masih bingung pilih lenovo p70 atau xiaomi mi4i.tolong rekomendasinya ya ko berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.trima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Arhiefs,

      Cara memilihnya sederhana. Kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai, pilihlah P70. Sedangkan kalau Anda lebih mengutamakan kinerja kamera, ambillah Mi 4i.

  13. hendra says:

    Kenapa lg ga buat lg g4 5 inci aja y?5,5 inci ribet megangnnya,layarnya jg ga perlu quadhd.full hd jg cukup .yg pnting kualitas layar,bukan ppi aja.selebihnya top markotop.

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Ya, andai ada varian lain ponsel LG dengan layar full HD 5 inci plus spesifikasi lain sama dengan G4, tampaknya akan lebih asyik.

      • yuda says:

        Bener,coba 2 versi kek merk sebelah… 5 inch n versi extended dengan spek daleman sama… Untuk indonesia kayanya 5,5 masih tll besar…. Entah itu fakta atau opini pribadi…

        **toh ngetik di lumia 435 aja aq masih pake 2 tangan

        • Herry SW says:

          Pak Yuda,

          Kalau disuruh memilih, saya pribadi lebih memilih 5 inci daripada 5,5 inci. Namun, selera pasar menunjukkan kondisi berbeda. Layar 5,5 inci malahan sedang naik daun.

        • nina says:

          alasannya simple, g bikin mata jereng. hahahahha. kan lebih gede2 aja liatnya. apalagi jari sya jempol semua ukurannya

  14. Giffary says:

    Pal herry
    Saya ada beberapa pertanyaan nih pak. Setelah akhirnya saya keracunan dan berpindah ke G4

    1. Kenapa G4 kalau memutar video flv dengan size. Lebih besar dr 1 GB patah patah ya pak?
    2. Apakah aplikasi seperti google books, google movie, dan chrome tak bisa di uninstall?
    3. Kalau bisa d share tutorial penggunaan manual mode nya donh pak 😛

    Overall saya rasa G4 ini memuaskan. Apalagi dalam hal kamera. Belum ada lag yg mengganggu
    Terimakasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Giffary,

      1. Wah, saya tak pernah mencoba file dengan kriteria seperti itu. Saya paling sesekali iseng memutar video di YouTube secara live streaming.

      2. Tidak bisa dihapus, tetapi bisa di-disable.

      3. Ehmm… sebenarnya intinya coba-coba sampai nemu kombinasi yang cocok sih. Tinggal masuk ke mode manual, trus saya biasanya mengutak-atik ISO dan shutter speed. ISO saya letakkan di 50 dulu. Shutter speed kemudian saya ubah-ubah sambil melihat angka -2; -1; 0; +1; dan +2 di atas layar. Panahnya idealnya berada di 0 atau mendekati 0.

  15. Yuwono says:

    emang bagus seh kameranya, tapi ya itu harganya hehehehe, saya pernah lihat demo di sebuah toko ponsel. G4 dihadapkan ke dalam kotak dengan miniatur didalamnya, kondisinya kalau dari luar kelihatan gelap, begitu diintip pakai G4 jadi terang benderang..

  16. wandy says:

    Apa Layar LG G4 Pakai Pelindung Layar Spt Dragontail/Corning Gorilla Glass ??

    • Herry SW says:

      Pak Wandy,

      Di situs resminya, LG tak pernah menyatakan G4 memakai Gorilla Glass atau sejenisnya. Namun, beberapa pihak meyakini G4 menggunakan Gorilla Glass.

  17. trayan tranggana says:

    Only 1 word,,MONSTER!!!nunggu di level aman bli ni hp,,5jt gtu..hehehehe,,,nunggu infinix zero 2 dl,kmrn FS telat buja,,hix…ayo mas,tes bareng klo uda dpr infinixnya

    • Herry SW says:

      Pak Trayan Tranggana,

      Sudah beli Zero 2 ya? Yang warna merah apakah kemarin memang nggak dijual? Sepertinya yang merah lebih keren.

  18. jem says:

    Bener2 ini ponsel impian… Sayang harga mahal.. Masih bertahan dengan LG G Pro Lite.. Beli karena liat review disini..
    Sekalian mau tanya untuk ponsel harga maksimal 3 juta. Yang paling recommended apa ?
    Kemarin sempat tertarik dengan asus zenfone 2 varian 16gb yang intel z3560. Dan infinix zero 2 sepertinya juga menarik..
    Klo bisa internal 16gb + eksternal, ram 2gb, dan kamera mantap

    • Herry SW says:

      Pak Jem,

      Asus? He… he… jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus deh. Kalau power bank Asus, saya merekomendasikan Anda membelinya.

      Saya belum bisa berkomentar soal Zero 2. Lha belum pernah coba.

      Merujuk kepada kriteria Anda, sementara sih yang paling cocok ya Xiaomi Mi 4i.

  19. giffary says:

    Pak herry saya ada beberapa pertanyaan hehe
    1. kenapa ya pak G4 ini kalau putar video flv yang size nya lebih dari 1 gb dia patah-patah?
    2. boleh di share tips penggunaan manual mode nya dong pak seperti cara foto ligh trail dll 🙂
    3. apakah IR yang disamping kamera itu bisa menyala atau ga pak?
    makasih pak sebelum nya

    • Herry SW says:

      Pak Giffary,

      Hmm… Anda mengirimkan pertanyaan lebih dari satu kali ya. Tadi sudah saya respons lho. Oh, tapi ini ada pertanyaan yang berbeda.

      1. Sudah terjawab di pertanyaan sebelumnya.

      2. Yang light trail: masuk ke mode manual, lalu ubah shutter speed ke 8 atau 15 detik. Berikutnya, ubahlah ISO dengan memperhatikan indikator -2; -1; 0; +1; dan +2 di atas layar. Kalau panah sudah berada di 0 atau mendekati 0, hentikan mengubah ISO. Selamat menjepret.

      3. Tidak bisa. Jangan membayangkan itu seperti laser pointer ya.

  20. giffary says:

    aduh maaf pak saya ngirim komen dua kali. saya kira error ternyata masih waiting for moderation

  21. rudy says:

    Pak Herry,
    bisa tolong diconfirm utk dual simnya..Saat ini saya menggunakan HTC E8 Dual Sim. Tapi sim slot 2 hanya bisa utk 2G saja, jadi otomatis utk pakai data di slot 2 mengganggu untuk saya.
    Jadi bila slot 1 saya kosongkan (tidak saya pakai kartu apapun) dan saya hanya mengisi slot 2-nya saja, otomatis saya hanya dapat 2G saja.

    Sesuai dengan yg Pak Herry review diatas, pertanyaan saya adalah:
    1. slot 2 untuk G4 hanya terkunci di 2G saja? (terlepas slot 1 diisi kartu atau tidak diisi)
    2. Apakah ini artinya G4 sama dengan HTC E8? 3G dan 4G hanya di slot 1 saja? kalau lihat spefisikasi sepertinya Dual LTE…

    Saya minat sekali dengan G4, tetapi kalau betul slot 2 hanya bisa di 2G saja, mungkin saya pertimbangkan kembali.

    Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya Pak Herry..

    • Herry SW says:

      Pak Rudy,

      1. Bukan begitu. Biar lebih jelas, saya paparkan berbagai skenario ya.

      * SIM1 dan SIM2 diisi kartu SIM. SIM1 bebas berada di jaringan 2G, 3G, atau 4G. SIM2 hanya bisa berada di jaringan 2G.
      * SIM1 dan SIM2 diisi kartu SIM. Kondisinya dibalik. SIM2 bebas berada di jaringan 2G, 3G, atau 4G. SIM1 berarti hanya bisa masuk ke jaringan 2G.
      * Yang diisi hanya SIM1. Nomor di selot tersebut bebas berkelana ke jaringan 2G, 3G, atau 4G.
      * Yang diisi hanya SIM2. Nomor di selot tersebut bebas berkelana ke jaringan 2G, 3G, atau 4G.

      2. Beda. Detailnya sudah saya paparkan di atas.

  22. amunes says:

    Nanti ada rencana review meizu m2 note pak? Sepertinya bakal jd primadona pengganti redmi note yg susah didapat skrg 🙂

  23. Jeffry says:

    Hasil kamera depannya mantab, sayang objeknya yg kurang fotogenik… 😛
    Piss pak herry!! 😀

  24. enwui says:

    btw kalau yang dimaksud pak Herry dengan finger print samsung gak enak mungkin yang “harus di usap” model S5 dan Note4 yach.. jika demikian maka sudah tidak di S6 cukup di sentuh sepersekian detik sudah terbaca 🙂

  25. rudy says:

    Ok Pak Herry..Jelas sekali informasinya…Saya jadi paham sekarang…
    Thank you untuk informasinya.

  26. Santoso says:

    Om HSW, thanks review nya & mau nunggu review nya Z3+ juga buat perbandingan.
    Btw sekarang apa jaman nya selfie & foto2? Sehingga LG4 nya banyak fitur kamera nya?
    Cuma sayang nya susah cari accs buat LG di sini ya apalagi yg original.
    Lebih banyak accs buat Samsung

    • Herry SW says:

      Pak Santoso,

      Benar, sekarang selfie dan foto-foto pakai kamera ponsel kan sedang naik daun.

      Karena penjualan ponsel LG belum setinggi Samsung, ragam aksesori orisinal yang beredar di sini memang masih terbatas Biasanya hanya flip cover (Quick Circle orisinal). Khusus G4, ditambah dengan battery kit. Aksesori itu bisa dijumpai di LG Brand Shop.

  27. Djunaedi says:

    Pak herry, apa hasil skor antutu itu akurat. Kalo hasil tes S6 lewat antutu itu S6 skor nya 69000 kalo G4 47000. Kan lumayan beda jauh. Adalah itu mempengaruhi kinerja ponsel?

    Thx

    • Herry SW says:

      Pak Djunaedi,

      Kalau saya malahan tidak peduli dengan skor Antutu. Skor Antutu tinggi bukan jaminan ponsel enak dipakai. Demikian sebaliknya. Saya sekadar menampilkannya untuk memenuhi permintaan banyak pembaca blog ini.

  28. Evan says:

    Selamat malam koh Herry.
    Ada hal yang menjadi kekhawatiran saya membeli G4 adalah masalah touchscreen yang kurang responsif. Issue ini pertama kali diinfokan oleh teman saya. Lalu saya coba googling dan memang iya, banyak yang mengeluhkan touchscreen G4 yang nantinya berpengaruh terhadap kinerja knock code dan lainnya. Dari salah satu artikel yang saya baca, 60% pengguna G4 merasakan masalah touchscreen. Di youtube juga banyak video tentang touchscreen G4 yang kurang lihai ini.
    Pertanyaan saya, apa koh Herry mengalami hal serupa pas mereview G4 punya koh Herry?
    Jika seandainya saya mengalami masalah touchscreen ini, apa saya bisa menukar smartphone ini dengan yang baru kepada pihak LG, karna menurut saya dapat barang cacat?

    Terima kasih koh Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Evan,

      Sempat ada tiga pengguna G4 yang mengeluhkan soal layar sentuh. Keluhan detail mereka sama, yaitu:
      * Kalau ponsel dipegang dengan tangan, layar sentuh berfungsi normal.
      * Kalau ponsel diletakkan di kasur, layar sentuh bagian atas sering tidak merespons.
      * Layar sentuh bagian atas juga sering tidak merepons kalau ponsel “diganjal”. Misalnya, di atas meja ada kardus, kemudian ponsel diletakkan di atas kardus.

      Semua keluhan itu telah hilang tanpa bekas setelah G4 mendapatkan update firmware.

      Jadi, sudah tak ada masalah lagi deh.

      • Evan says:

        Wah.. Sudah ada update firmware nya ya koh. Dan masalah touchscreen ini sudah langsung terselesaikan hehe..

        Terima kasih infonya koh. Saya jadi tidak ragu lagi untuk beli G4.

        Untuk rumor akan ada varian G4 baru, kalau tidak salah namanya G4 Pro, apa benar tahun ini mau rilis koh?

  29. arief says:

    Ahk hasil kameranya luar biasa
    Setuju sekali quote Pa Herry, belilah kualitas bukan merk, sayang org Indonesia kebanyakan masih brand minded dengan iPhone dan Samsung.
    Sebetulnya ingin juga meminang G4 ini, hanya harga yg masih di angka 7jt masih agak ngos ngosan untuk saya yang hanya punya budget 5,5jt. Dengan 5,5jt lebih baik saya memilih menunggu bulan oktober Dan meminang OnePlus 2

    • Herry SW says:

      Pak Arief,

      Lebih baik menunggu harga G4 turun, Pak. 🙂

      Kemarin ada seorang teman yang dapat hadiah G4 dari kantor. Dia menjualnya Rp 6,3 juta saja. Sayang, saya kalah cepat tahu. Ketika saya tahu dan langsung menghubunginya, barang sudah laku.

  30. Diuz says:

    Selamat pagi pak Hery, kalo ada review samsung galaxy alpha, mohon tolong di share kan,,,terima kasih.

  31. Tresna says:

    lah bukannya ini phablet? ya wajar jadinya layarnya gede.
    oia koh herry, di setiap ponsel LG kan ada fitur one hand mode (ato apalah namanya) layar segede apapun juga bakal enak pake satu tangan kok pengoperasiannya.

    masi setia sama G2 mini nih, kalopun harus ganti dgn pertimbangan foto mending beli DSLR sekalian 😀

    • Herry SW says:

      Pak Tresna,

      Biarpun ada one hand mode, ponsel berlayar besar kalau dioperasikan dengan satu tangan tetap kurang enak lho.

      He.. he… ini saya juga sedang memakai G2 Mini yang sebelumnya digunakan adik.

  32. Adi says:

    Wah kebetulan ni pak Herry review LG G4, Kebetulan saya liat promo nexus 6 d erafone dan liat harganya yg hampir sama malahan lebih mahal nexus 6 klo tanpa cashbacknya, jd bingung saya utk milihnya
    klo d bandingin antara LG G4 dengan nexus 6, pak Herry recommend yg mana?

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      Saya belum pernah mencoba Nexus 6. Namun, terus terang saya kurang tertarik lagi dengan Nexus 6. Alasannya:
      * Harganya sungguh mengejutkan. Tinggi banget. Padahal, Nexus 6 kan tergolong ponsel lama.
      * Motorola telah dibeli Lenovo. Nah, Nexus 6 ternyata beredar di sini tanpa campur tangan Lenovo Indonesia. Saya khawatir layanan purna jualnya akan senasib dengan Moto G dan Moto E.
      * Single SIM. Saat ini dual SIM sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Saya malahan memimpikan ponsel Android triple SIM atau quad SIM.

  33. agung says:

    kalo layanan LG gimana Pak Herry, misal ada rusak, garansi, dan lain sebagainya. layanan aftersale nya udah oke belum ???

    thanks Pak

    • Herry SW says:

      Pak Agung,

      Dibandingkan pusat perbaikan resmi ponsel merek lain, layanan pusat perbaikan resmi LG saya nilai yang terbaik. Juara I.

      Juara II diduduki Samsung, sedangkan juara III Acer.

  34. Nita says:

    Pak herry,
    Saya berencana mau ganti hp saat ini saya pakai iphone 5 tapi karena ternyata baterai boros saya ingin ganti lg g3 tetapi karena skrng anak muda lebih banyak memakai iphone saya juga berniat ganti iphone 5s. Menurut bapak lebih baik saya ganti LG G3 2gb atau Iphone 5s. Untuk selanjutnya mau ganti LG G4nya waktu harga sedang turun
    Terimakasih pak

    • Herry SW says:

      Bu Nita,

      Ada beberapa hal yang perlu saya paparkan:

      1. Anda memilih ponsel berdasarkan kebutuhan atau tren nih? Kalau saya lebih berdasarkan kebutuhan pribadi. Umpama ponsel pilihan saya tidak banyak dipakai orang lain, justru lebih asyik kan. Jadi tidak pasaran.

      2. Saya belum pernah memakai iPhone 5S. Dengan demikian, saya tak mengetahui kinerjanya.

      3. Saran saya, lebih baik memilih G3 yang RAM 3 GB. Performa keseluruhannya berbeda signifikan dibandingkan yang RAM 2 GB lho. Alternatif lain, karena toh Anda sudah bersiap membeli G3 RAM 2 GB, lebih baik tambahkan sedikit anggaran untuk meminang G4 bekas.

      • Andri says:

        Dear Pak Herry… Saya coba bantu bu Nita untuk pengalaman memakai iphone 5s…

        Untuk bentuk, iphone 5s secara bentuk lebih terlihat mewah karena terbuat dari alimunium, namun lg g3 mudah dalam penggantian baterai dibanding iphone 5s yang menggunakan batu tanam

        Menurut saya baterai iphone lebih lama habisnya daripada baterai g3 saat standby, namun untuk penggunaan nonstop sedikit lebih lama lg g3, estimasinya 2 jam dan 2,5 jam untuk bermain game clash of clans… Untuk pengisian baterai, iphone 5s jauh lebih cepat daripada lg g3 ( sekitar 2 jam kurang untuk iphone 5 dan hampir 3 jam untuk g3 )

        Untuk performa, LG G3 lebih cepat daripada iphone 5s, namun iphone 5s lebih stabil dan lebih terasa ringan, karena iphone 5s lebih adem….

        Untuk hasil kamera, iphone 5s lebih baik reproduksi warnanya, namun lg g3 lebih tajam fotonya mungkin karena resolusinya lebih besar. Untukbpencahayaan kurang, iphone 5s terasa lbh natural warnanya, namun keduanya sama2 cukup terang….

        Untuk layarnya, dengan wallpaper yang sama, lg g3 lebih tajam karena resolusi 2k (tidak pixelated, maaf saya nggak tau bahasa indonesianya), dibanding iphone yang blm sampai hd, namun kontrasnya lebih baik layar iphone 5s… Ukuran layar iphone jg lebih kecil dibanding g3, jadi nyaman digunakan dengan 1 tangan. Untuk performa layar sentuh, saya acungkan dua jempol untuk iphone 5s, sangat responsif dan akurat digunakan oleh saya yang berjari jempol cukup besar. Untuk layar sentuh lg g3 cukup baik, tapi saya merasa iphone 5s jauh lbh baik.

        Untuk kamera depan, iphone 5s sedikit lebih baik dalam pencahayaan kurang, namun g3 lebih detail karena resolusi yang lebih besar..

        Yang paling membedakan menurut saya adalah IOS dan android… Ios sangat simpel, mudah digunakan, lebih ringan, dan terasa lebih stabil dibandingkan dgn android. Aplikasi IOS sangat jarang menutup secara tiba2 jika dibanding android, namun android menawarkan kebebasan dan kemudahan untuk transfer foto, video, dan lagi via bluetooth ke sesama android.

        Untuk jumlah aplikasi, App store apple lebih menarik dan jauh lebih bervariasi dibandingkan dengan playstore android…

        Semoga bisa membantu dalam memilih…

        • Herry SW says:

          Pak Andri,

          Terima kasih atas sharing-nya. Saya yakin akan bermanfaat buat Bu Nita.

          Btw, apakah saat itu Anda memakai LG G3 yang varian RAM 2 GB?

          • Andri says:

            Dear Pak Herry…

            Saya menggunakan LG G3 dengan ram 3gb selama seminggu karena hp ini saya belikan untuk orang tua saya…

            Menurut saya bagi yang hendak meminang LG G3, sebaiknya memang menanyakan kepada penjualnya, apakah varian yang akan dibeli merupakan G3 versi RAM 3GB, karena LG cukup banyak memasukkan program yang tidak terpakai, berjalan di belakang layar, dan tidak dapat dihapus. Jadi ekstra RAM 1GB sangat membantu hehehehe….

          • Herry SW says:

            Pak Andri,

            Oh ok. Baterai G3-nya kok boros ya. Padahal, yang RAM 3 GB mestinya tidak seboros itu.

  35. satrio says:

    bagus sangat jadi tambah galau milih hp nih
    pak herry klo g4 sama xperia z3+ lebih baik beli yg mana y?

  36. Danar says:

    Menurut bbrpa review yg saya baca d situs luar,hasil kamera g4 in katany terlalu vivid ya pak…lebih berwarna dri objek asliny,apa mnrut bapak bgtu?saya tertarik dgn alcatel flash plus dgn sensor kamera imx214 (dpke d OPO n vivo xshot) ttpi dgn bkaan f2.2…mnrut bapak,sbrpa pengaruhkah bukaan lensa thdp hasil foto mengingat komentar bapak thdp hasil foto vivo xshot (f1.8)kelihatan wah sekali…trima kash atas jawabanny pak

    • Herry SW says:

      Pak Danar,

      Menurut saya, hasil jepretan G4 cenderung mendekati kondisi asalnya.

      Alcatel onetouch Flash Plus? Jangan beli. Saya sudah coba dan sangat kecewa. Penerimaan sinyalnya cenderung lemah. Layar sentuhnya juga kurang mantap. Lha namanya ponsel, tetapi penerimaan sinyal lemah, hmm… ke laut saja deh. 🙂

      Besar kecilnya bukaan lensa hanya salah satu faktor yang menentukan hasil foto. Ada faktor lain yang perlu dicermati, mulai dari prosesor, lensa (kualitas lensa dll), dan sensor. Dengan asumsi faktor-faktor lain persis sama, hanya beda di bukaan lensa, lensa f/1,8 mempermudah Anda menghasilkan latar belakang yang kabur saat memotret dari jarak dekat. Lensa itu juga agak membantu Anda kala memotret di tempat yang relatif gelap. Sebab, cahaya yang masuk di lensa f/1,8 lebih banyak daripada lensa f/2,2.

  37. satrio says:

    pak herry g4 ini pakai 32 bit/64 bit pak? and kecepatan processor nya brp?

  38. leos says:

    Ko redmi 2 ram 2gb kemungkinan masuk indonesia ya?saya sudah pengen beli redmi 2 1gb tp tadi baca online tentang redmi 2 ram 2gb. Apakah mendingan nunggu yg ram 2 gb ya ko? Trims atas masukannya

    • Herry SW says:

      Pak Leos,

      Yang garansi resmi belum tahu. Yang tanpa garansi resmi sudah masuk dalam jumlah terbatas. Harga sekitar Rp 2,1 juta.

  39. sandi says:

    pak herry,

    boleh minta saran bbrp yg layak beli. kisaran 2-3jt.

  40. Alvo says:

    Dear pak herry,

    Menurut bapak, secara keseluruhan, apakah g4 layak untuk menggantikan nexus 5 saya atau sebaiknya saya bertahan dulu dengan nexus 5?

    Terima kasih jawabannya

  41. Budi says:

    Omm Herry,

    saya copas postingan di kaskus tentang step by step memperoleh sinyal LTE smartfren di LG G3. siapa tau Omm Herry berminat untuk coba di LG G4 sekaligus bisa ditambahkan ke reviewnya jika ternyata LG G4 juga bisa dapat sinyal LTE smartfren.

    jika tidak boleh copas posting dari kaskus, tolong comment saya ini diabaikan saya tidak perlu ditampilkan di ponselmu.com

    Langkah2 pake simcard Smartfren LTE di LG G3 D855
    Gan, ini ane coba kasih tau lagi cara2 pake simcard LTE smartfren di LG G3 ya (inget, walo banyak yang berhasil, tapi sekali lagi resiko ditanggung agan masing2):

    1./ Beli ato migrasikan nomer smartfren ke simcard LTE smartfren.

    2./ Sampai saat ini, hampir semua simcard yang smartfren jual belum support untuk LTE, oleh karena itu Smartfren menawarkan proses migrasi ke simcard LTE Smartfren (yang saat ini ane taunya baru dilayani di Galeri Smartfren Jalan Sabang). Setelah agan ke CS di Galeri tersebut & pilih nomer Smartfren yang tersedia untuk dimigrasi, pastikan agan melakukan langkah2 berikut:

    a/ Sebisanya pinjem hape smartfren (lebih baek lagi hape andromax4G) yang ada di situ untuk mengaktifkan jaringan CDMA 1X/EVDO, soalnya simcard untuk aktivasi awal sepertinya membutuhkan jaringan CDMA 1X/EVDO untuk proses aktivasinya.

    b/ Jika agan bisa pinjem hape Andromax4G yang ada di situ, akan jauh lebih baek lagi, karena setelah simcard melakukan proses aktivasi awal, dia akan langsung otomatis melakukan proses aktivasi jaringan 4G-LTE.

    c/ Hindari langsung melakukan aktivasi awal untuk simcard smartfren LTE ini pada hape2 di luar Andromax4G oleh karena bisa2 proses aktivasi LTEnya akan nyangkut karena menunggu proses aktivasi jaringan CDMA 1X/EVDO dulu (semoga hal ini bisa jadi pertimbangan bila nantinya Smartfren akan launching simcard LTE, supaya hape2 laen (non Andromax4G) bisa langsung aktivasi awal LTE tanpa melalui proses aktivasi jaringan CDMA 1X/EVDO dulu). Contoh Starter Pack Smartfren LTE (belum dijual bebas):
    Spoiler for Smartfren LTE

    Sumber dari twitter

    d/ Setelah sinyal 4G LTE nongol di layar hape Andromax4G, maka simcard LTE agan sudah aktif jaringan LTEnya dan bisa digunakan di hape laen (non Andromax4G)

    e/ Ane sarankan agan isi ulang & beli paket internet di situ, supaya bisa dipake internetnya saat nanti udah aktif di hape laen (ga usa banyak2, ane saja cukup paket yang 25 rebu (650 MB)). Kecuali nomer agan sebelumnya udah pascabayar ato udah ada pulsa ato udah ada paket internetnya, bisa langsung dipake.

    3./ Setelah itu masukkan sim card ke dalam LG G3 dan kemudian nyalakan, tunggu sampai semua loading proses selesai. Setelah selesai, hape akan nongol notifikasi emergency calls only & sinyal tidak ada, karena emang hape LG G3 belum support untuk deteksi jaringan 4G-LTE langsung selain dari 3 operator GSM (Telkomsel, Indosat,XL). Maka supaya hape LG G3 bisa deteksi jaringan LTE Smartfren, perlu dipaksa via engineering mode (yang akan dijelaskan selanjutnya)

    4./ Untuk mengakses menu Engineering Mode, lakukan buka Dialer (pura2nya mau nelpon), kemudian pencet: 3845#*855#. Nanti akan nongol “Hidden Menu” (ini yang namanya engineering mode).

    5./ Cari & pilih LTE-Only, lalu pilih Modem Setting, pilih RAT Selection, pilih LTE Only (jangan pilih menu lainnya, karena kita emang mau hape LG G3 ini deteksi jaringan LTE saja). Setelah itu akan muncul tulisan Success. Lalu pencet OK, tunggu beberapa saat, sampai logo 4G nongol. Jika sudah nongol logo 4G, berarti LG G3 agan berhasil untuk deteksi jaringan LTE Smartfren.

    6./ Setelah itu, tekan tombol back sampai kembali ke menu awal.

    7./ Setelah sinyal LTE nongol, lakukan setting APN smartfren (tx untuk agan2 yang udah sharing settingnya):
    – APN Name : Smartfren4G (bisa apa aja sih sebenernya)
    – APN : Smartfren4G
    – username : smartfren
    – password : smartfren

    8./ Lalu coba speedtest, coba download & install aplikasi Speedtest. Jika dapet hasil speedtest > 10-20 Mbps, berarti agan udah berhasil mengaktifkan jaringan LTE.

    9./ Oiya, jika suatu saat agan kudu restart hape ato pas ganti abis ganti ke simcard non smartfren LTE, setting no 4-7 bisa hilang lagi (back to default), jadi agan kudu ulangi lagi (no 4-7) jika mau pake lagi simcard smartfren LTE di hape LG G3 ini.

    10./ Agan udah melakukan langkah dari no 1-7, tapi sinyal smartfren 4G-LTE tidak nongol, jangan kecewa, bisa jadi sinyal LTE smartfren tidak terdeteksi (bisa karena letaknya jauh dari posisi BTS LTE Smartfren, ato emang area agan belum ada jaringan LTE Smartfren). Sabar saja, karena saat ini Smartfren masih melakukan pengembangan jaringan LTE, jadi yang aktif masih di beberapa tempat.

    Langkah2 di atas bisa juga dilakukan di hape laen (selain andromax4G) asal mendukung jaringan LTE Smartfren (FDD 800 MHz & TDD 2300 MHz).

    Silakan agan2 cek & ditunggu komen/koreksinya.. Tx sebelumnya..

  42. Nita says:

    Pak herry, minta pendapatnya saya ingin ganti gadget diantara samsung note 3 atau LG G3 terimakasih pak

  43. Kelvin says:

    Mending mana om hsw s6 / G4 mengingat harga yang cenderung sama..

    • Herry SW says:

      Pak Kelvin,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy S6. Saya baru pernah towel-towel ponsel itu. Kalau sekarang harus memilih, saya takkan membeli S6. Alasannya:

      1. S6 cuma single SIM. Zaman sekarang dual SIM menjadi kebutuhan saya. Saya malahan berharap segera muncul ponsel high end triple SIM atau quad SIM.

      2. S6 kurang nyaman dipegang. Serasa memegang ponsel plastik. Dibandingkan S6 Edge, menurut saya, S6 memang lebih nyaman digenggam. Namun, kalau S6 dibandingkan dengan G4, ya lebih enak G4.

      3. S6 memakai baterai tanam. Saya tidak antibaterai tanam. Namun, kalau ada yang menggunakan baterai removable, ya lebih enak pakai baterai removable. Lebih fleksibel.

      4. Layanan pusat perbaikan resmi Samsung tidak sebagus LG.

  44. Eric says:

    Bener racun ko herry n ngiler lihat hasil foto nya

  45. Albert wijaya says:

    Thx reviewnya,lagi nunggu promo g4 nih soalnya cuma dpt batterykit dan linedoll
    Apakah pak herry ada bocoran promo utk lg g4?
    Thx u

  46. lulut says:

    Semangat pagi koh,
    Saya pengen beli LG g3 Beat, menurut koh Herry di rekomendasikan nggak neh koh. Matur nuwun…

  47. Nazril says:

    Kok herry ada rencana review huawei honor 4C gak nih? kayaknya kamera lumayan bagus juga tuh..

  48. Danar says:

    Masih penasaran soal aperture pak herry…dgn sensor yg sama exmor rs imx214 mnurut bapak lbih bgus mana kualitas foto vivo xshot vs mi4i (abaikan ois d vivo)?rekomendasi hp dgn max 2jt dgn ram 2 dan internal 16 plus kamera yg ok pak selain keluarga acer yg prnah bpak review krena menurut saya SoCny sdah ktinggalan zaman yg bgus apa ya pak…sankyu atas atensiny dan d tggu review infinix zerony

    • Herry SW says:

      Pak Danar,

      Lebih bagus Xshot.

      Selain Acer ya? Hmm… tidak ada. Kalau dulu ada Redmi Note. Kalau kamera boleh biasa-biasa saja, ada Infinix Hot Note.

  49. aldo says:

    Alasan Bapak Herry tidak merekomendasikan Phone atau Tablet Asus apa yah? Thx.

    • Herry SW says:

      Pak Aldo,

      Saya sudah berkali-kali menjawabnya. Saya copy paste-kan ya.

      Mengapa tablet dan ponsel Asus sebaiknya dicoret?
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  50. Sarah says:

    Malam mas herry. Ada saran android harga maksimal 2.5 juta gak? Sektor utama itu speaker keras. Hp saya yg sekarang speakernya loyo bgt mas. Saya set alarm pagi2 gak kedengeran ditelinga saya. Sama batre yang mesti hemat. Paling gak seharian lah dengan screen on time yang cukup lama. Saya pengguna hp yang cukup aktif. Untuk kamera performa dll itu urusan belakangan sajalah, udah punya iPad buat ngegame. Saya ngelirik LG G3 Stylus sih sebenernya, itu cocok gak mas? Atau mas punya rekomendasi lain?

    • Herry SW says:

      Bu Sarah,

      Kalau kebutuhannya begitu, beli Infinix Hot Note yang harganya Rp 1,599 juta saja. Sudah cukup kok.

  51. Octavian Metta Wisnu says:

    Pak Herry,

    Berhubung sekarang bapak menggunakan G2 Mini (benar kan sampai sekarang?) saya mau bertanya.

    Bapak telah menguji pakai Xiaomi Mi 4i dan saya telah membaca reviewnya, nah saya tanya apakah worth jika dari G2 Mini beralih ke Mi 4i?

    Oh ya, saya pengguna G2 Mini juga.

    Kebutuhan saya adalah kamera sih, kamera punya Mi 4i bikin “Panas Dingin”. hehe
    Tapi nanti takutnya bakal kangen sama fitur uniknya G2 Mini kalau beralih ke Mi 4i (Terutama Infrarednya)

    Menurut bapak sendiri gimana jika diharuskan memilih antara G2 Mini dengan Mi 4i?

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Octavian Metta Wisnu,

      G2 Mini sedang saya simpan. Sekarang saya sedang menguji pakai Andromax Qi.

      Boleh dijelaskan lebih spesifik bagian mana dari kamera Mi 4i yang bikin Anda panas dingin? Kalau fitur manual dan HDR-nya, silakan ambil. Namun, kalau kamera dalam mode otomatis, G2 Mini masih berani diadu dengan Mi 4i.

      • Octavian Metta Wisnu says:

        Pak Herry,

        Yang bikin “panas dingin” adalah fitur mode manualnya (terutama exposure time dan manual focusnya)
        Dan bukaan kameranya mi 4i f/2.0 (Milik G2 Mini setahu saya f/2.4 kalau dicek via Camera FV-5)
        Saya berargumen kalau Mi 4i cocok buat fotografi android dengan harga segitu. Hehe

        Terima Kasih

  52. Chely Sutio says:

    salam,ko Herry. Saya mau minta pendapatnya kalau hasil foto camera & video recording LG G4 yg direview diatas dibandingkan dgn samsung galaxy K-Zoom,mana diantaranya lebih unggul/baik? saat ini utk mengabadikan moment tertentu,saya hanya mengandalkan foto dgn camera di hp samsung note 3 & Asus zenfone 5. terima kasih.

  53. Budi says:

    Omm Herry,

    comment-ku di atas yang tentang cara mendapatkan sinyal smartfren LTE di LG G3 apa bisa juga dilakukan di LG G4?
    Omm Herry berniat coba?

  54. STEFAN says:

    kalau kameranya dibanding sama kamera saku sony rx100 mark 2 bagaimana? apakah kamera saku saya ini benar2 sudah tidak perlu lagi dikantongi om?
    Saya jadi sedikit tertarik kalau benar hasil kameranya sudah setara dengan rx100. Terus kalau batre nya dibanding sama z3 compact lbh awet mana om?

    • Herry SW says:

      Pak Stefan,

      He… he… kamera sakunya yang kamera saku biasa, Pak. Istilah saya, kamera saku rakyat jelata gitu deh. Kalau diadu dengan RX100, ya tewas dengan sukses.

      Baterai Xperia Z3 Compact lebih awet.

  55. Dian says:

    Pak Herry saya mau beli hp budget 3-4 jtan, kira2 yg layak dibeli apa ya. Terimakasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Bu Dian,

      Rp 4 jutaannya sampai berapa? Sebab, Rp 4,999 juta pun masih termasuk Rp 4 jutaan lho.

      Kalau maksimal Rp 4 juta pas, sejauh ini Anda boleh mempertimbangkan membeli LG G2. Harga barunya Rp 3,499 juta (kapasitas 16 GB) dan Rp 3,999 juta (kapasitas 32 GB).

  56. Arvina says:

    Pa Herry, maaf agak melenceng, smartphone rekomendasi bapak di kisaran 3,5 – 4 juta apa ya?
    Sebelumnya saya tertarik dengan LG G2 32 GB, tapi sekarang ini sulit mencarinya, apalagi saya tinggal di daerah.
    Terima kasih atas waktunya.

    • Herry SW says:

      Bu Arvina,

      Di rentang harga segitu, menurut saya, pilihan Anda sebenarnya sudah tepat. Terkait pembelian, Anda bisa melakukan pembelian secara online.

  57. Albert wijaya says:

    Promonya maksudnya ada potongan harga lagi ga 🙂 pak herry
    Tadi liat iklan erafone di grand indonesia sdg ada cashback 300rb dan dpt bumpercase +batterykit jg cuma harus apply matrix superplan sepertinya
    Siapa tau pak herry ada bocoran tentang potongan harga utk lg g4 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Albert Wijaya,

      Oh ok. Saya belum tahu soal promo lain lagi sih.

      Iklan cash back Rp 300 ribu dll itu Anda baca di mana? Kalau Matrix Superplan, berarti harus kontrak.

  58. Ma Chan says:

    Mantap ternyata hasil kamera LG G4, sepertinya 11-12 jika dibanding dengan S6 ini, Pak Herry review dong MEIZU M2 NOTE.

  59. fandhye says:

    Ko herry,secara kamera,sebenarnya lbh bagus mana..kamera dari merk LG/xiaomi atau mgkn ada merk yg lbh wow lagi di sektor kamera??..

    • Herry SW says:

      Pak Fandhye,

      Ehmm… ini LG-nya yang tipe apa? Trus, Xiaomi yang tipe apa pula? Sebab, tak bisa digebyah uyah kalau kamera LG pasti lebih bagus daripada Xiaomi atau sebaliknya.

  60. yudi says:

    halo pak selamat siang
    saya mempunya ponsel dengan kecepattan internet hsdpa +
    seumpama saya ganti kartu data nya dengan kartu lte gimana?
    tidak merasakan kecepatan lte yg 100 mbs .cukup 10 mbs aja saya sudah cukup kok. kan kecepatan hsdpa + itu 20 mbs. sedang kan paket2 internet skr mentok cuman 1 mbs , kalau anda beruntung. makasi pas antas perhatian nya

    • Herry SW says:

      Pak Yudi,

      Tanpa ganti kartu pun, asalkan ditunjang oleh layanan operator yang dipakai, Anda sebenarnya sudah bisa menikmati layanan internet sampai belasan Mbps, bahkan 20 Mbps kok. Masalahnya, teori dan realita kadang tidak seirama. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

      Paket internet sekarang mentok cuma 1 Mbps? Yang ini saya yakin tidak benar.

  61. yudi says:

    halo pak hery sw selamat siang
    saya mempunya ponsel dengan kecepattan internet hsdpa +
    seumpama saya ganti kartu data nya dengan kartu lte gimana?
    tidak merasakan kecepatan lte yg 100 mbs .cukup 10 mbs aja saya sudah cukup kok. kan kecepatan hsdpa + itu 20 mbs. sedang kan paket2 internet skr mentok cuman 1 mbs , kalau anda beruntung. makasi pas antas perhatian nya

  62. Yudi says:

    Maaf pak kalau pertnyaan nya dobel. Tidak di sengaja pak. Itu tadi hp saya agak lag. Jadi saya kira tidak masuk pak. Permisi nanya lagi pak hery sw. Apa bisa ponsel dng koneksi internet hdspa + menggunakan kartu lte pak? Utk merasakkan kecepatan akses internet lbh baik pak. Maaf jika agak menyimpang

    • Herry SW says:

      Pak Yudi,

      Oh ok.

      Jawabannya, bisa. Namun, kalau alasannya untuk mendapatkan akses internet lebih baik, hal itu kurang tepat. Bila kartu LTE Anda pasangkan ke ponsel HSPA+, kecepatan yang diperoleh tetap sama dengan kartu 3G kala dipasangkan ke ponsel itu kok.

  63. Yudi says:

    Makasi pak. Saya sdh beli acer e 700 yg bapak pernah review. Review bapak persis yg saya rasakan. Review bapak benar2 membantu belanja ponseel yg sessuai dng uang kita keluar kan. Review lagi pak ponsel dng 3 kartu sim on.

  64. rere says:

    pak herry, untuk audio atau music nya lg g4 gmn pak? Udah pengen beli, tp kira2 dlm waktu dekat harga bs turun lg ga ya pak? Krn budgetnya sedikit mekso, kalo bentar lagi turun bs menangis semalam pak… Hehehhe

  65. jemy lorasponelsar says:

    pak,saya mau nanya,sensor kameranya LG G4 itu apa pak ? sony kah ? masa produknya sndiri kalah,padahal memakai sensornya sndiri,oiya pak,d dunia smartphone ini,sensor kamera yng paling sering dipake selain sony,samsung dan omnivision apa ya pak ? saya mau tau saja hehe

    • Herry SW says:

      Pak Jemy Lorasponelsar,

      Saya tidak mengetahui produsen sensor kamera G4. Sehari-hari saya tidak memperhatikan siapa produsen sensor kamera ponsel. Buat saya, yang penting adalah hasil akhirnya. Biarpun merek terkenal, tetapi hasilnya jelek atau harga ponselnya tidak rasional, ya tetap nggak menarik.

  66. Putri says:

    Pak saya lagi bingung memilih sony c4 atau xiaomi mi4i atau iphone5 ingin membandingkan spesifikasinya

    • Herry SW says:

      Bu Putri,

      Saya belum pernah menguji pakai Xperia C4 dan iPhone 5. Jadi, saya tak bisa membandingkannya.

      Kalau Mi 4i sudah pernah coba. Review-nya bisa Anda baca di blog ini.

  67. Rey says:

    Pak Herry, LG G4 ini kan sudah pake Gorilla Glass apa masih perlu dipasang Tempered Glass?
    Kemudian untuk pembelian LG G4 kan berhadiah Xtra baterai kitt, supaya hp dan baterai nya awet, sebaiknya baterai extra nya itu sering dipakai untuk gantian, atau disimpan dan baru digunakan saat baterai bawaan sudah rusak?
    Untuk charger sebaiknya lgs dari HP atau dari baterai kitt nya ya Pak?
    Terimakasih banyak ya Pak Herry….

    • Herry SW says:

      Pak Rey,

      Ponsel merek dan tipe apa pun, walaupun sudah memakai Gorilla Glass, sebaiknya tetap dilapisi dengan pelindung layar tambahan. Boleh screen protector biasa, boleh pula tempered glass.

      Mengapa? Sebab, Gorilla Glass itu bukan tahan gores, melainkan lebih sulit tergores. Kalau ponsel ber-Gorilla Glass milik Anda dibiarkan telanjang, lalu tanpa sengaja tergores, duh… sakitnya tuh di sini. Bila ponsel itu sebelumnya sudah dilapisi pelindung layar tambahan, ya tinggal beli pelindung layar baru.

      Sebaiknya bonus baterai itu dipakai bergantian.

      Soal nge-charge, bebas sih. Kalau saya lebih suka begini: baterai 1 dipakai sampai low batt. Baterai 1 dilepas, lalu baterai 2 dipasangkan. Baterai 1 di-charge memakai external battery charger sampai penuh.

      Ketika baterai 2 kehabisan daya, lepaskan baterai itu dan gantilah dengan baterai 1. Baterai 2 yang sekarang di-charge menggunakan external battery charger. Begitu seterusnya.

  68. Tuxlin says:

    Wah sensor IMX234 yang dipakai LG G4 memang jempolan… Jadi secara umum, kelemahannya cuma di baterainya saja ya pak… Jadi ngiler… Apa daya dana tak sampai hehehe 😀

    • Herry SW says:

      Pak Tuxlin,

      Ya, di daya tahan baterai yang tak cukup seharian. Untungnya pakai baterai removable dan saat beli sudah dapat bonus satu biji lagi.

  69. riri says:

    Selamat sore pak herry, mohon pencerahan.hehehe
    Ada promo pre order LG G4 stylus via online store, saya tertarik tapi saya bingung di lazada, elevenia, dan erafone koq spesifikasinya berbeda-beda, apakah memang ada beberapa tipe? Menurut bapak kalau bugdet saya 2, 5 sampai 3jt saya apakah ponsel yang terbaik ya? Penggunaan saya yang utama untuk kamera Selain itu hanya sosisal media. Terimakasih pak..

  70. michael says:

    Pak Herry, bila disuruh memilih lg g2 dengan mi 4i lebih pilih mana ya? Layar lebih sedap yang mana ya? Kamera dan kinerja keseluruhan? Terimakasih.

    • Herry SW says:

      Pak Michael,

      Kalau sering memakai ponsel di luar ruangan, layar Mi 4i lebih sedap. Dengan memperhatikan harga, saya pilih Mi 4i. Konsekuensinya harus membawa power bank ya. Kalau G2 kan relatif tak perlu power bank karena baterainya bisa tahan seharian.

  71. Nita says:

    Pak herry. Kalo bapak suruh memilih samaung galaxy note 3/ lg g3 ram3gb soalnya permasalahannya harga lg bisa turun drastis tapi untuk awet katanya bagus lg juga cuma samsung harganya stabil gmn ya pak pendapat bapak terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu Nita,

      Saya lebih memilih LG G3 RAM 3 GB. Namun, kalau tak keberatan dengan ponsel bekas, saya lebih menyarankan Anda menambah sedikit anggaran untuk membeli LG G4 bekas.

  72. Eko MP says:

    Koh, cara setting Light trail effect Di LG G4 gimana ya? Thanks.

    • Herry SW says:

      Pak Eko MP,

      * Gunakan tripod.
      * Aturlah kamera G4 ke mode manual. Kemudian, shutter speed diubah menjadi sekitar 15 detik.

  73. ihsan says:

    Selamat pagi Pak Herry.

    Nanya dong.. Apakah G4 ini punya 3 slot (2 untuk simcard, 1 untuk memory card)? Apa seperti itu?

    Atau cuma 2 slot, dmn salah satu slot bs gantian antara sim card dan memory card?

    Terima kasih

  74. Hanafi says:

    Pak herry, bagaimana menurut bapak. Saya berencana membeli iphone 6. Krn dlm pandangan saya, kamera hp berlogo apple kroak ini sangat superior sekali. Terutama dalam segi pewarnaannya. Tapi setalah saya membaca review LG G4 dr bapak, saya jadi bimbang. Saran bapak, lebih baik membeli iphone 6 atau LG G4? Atau lebih baik saya menunggu iphone 6S ya? Sebentar lagi kan akan segera release Iphone 6S tuh.

    FYI Skrg saya memakai Lenovo Vibe X2. Saya sgt kecewa krn Vibe X2 susah fokusnya kameranya. Dan pencahayaannya kurang bagus.

    Terimakasih pak. Ditunggu jawabannya 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Hanafi,

      Maaf, saya belum pernah menguji pakai iPhone 6. Jadi, saya tak mengetahui perbandingannya dengan G4.

  75. Hanafi says:

    Pak herry, bagaimana menurut bapak. Saya berencana membeli iphone 6. Krn dlm pandangan saya, kamera hp berlogo apple kroak ini sangat superior sekali. Terutama dalam segi pewarnaannya. Tapi setalah saya membaca review LG G4 dr bapak, saya jadi bimbang. Saran bapak, lebih baik membeli iphone 6 atau LG G4? Atau lebih baik saya menunggu iphone 6S ya? Sebentar lagi kan akan segera release Iphone 6S tuh.

    FYI Skrg saya memakai Lenovo Vibe X2. Saya sgt kecewa krn Vibe X2 susah fokusnya kameranya. Dan pencahayaannya kurang bagus.

    Terimakasih pak. Ditunggu jawabannya 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Hanafi,

      Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja ya. Kali ini masuk dobel lho. Pertanyaan pertama Anda sudah saya balas.

  76. pradityo says:

    Pak herry, saya pengguna g4, apakah g4 masih perlu dipasang pelindung layar/screen protector/TG, mengingat sudah memakai corning gorila glass 3

    • Herry SW says:

      Pak Pradityo,

      Tak peduli memakai Gorilla Glass, Dragontrail Glass, atau apa pun namanya, saya menyarankan Anda tetap memasangkan pelindung layar (screen protector). Boleh yang lembaran plastik biasa, boleh pula tempered glass.

      Alasannya sederhana. Gorilla Glass dkk itu bukan tidak bisa tergores, melainkan lebih sulit tergores. Kalau Anda tidak memasangkan pelindung layar, kemudian tanpa sengaja tergores, kan rasanya menyesal banget. Jadi, lebih baik pasangkan pelindung layar. Seandainya pelindung layar itu tergores, ya tinggal dicopot dan ganti baru.

  77. Jhony be good says:

    Saya minat nih.. G4 ini.. Tp kalp boleh minta pendapat pribadi bapak.. Mana yg lebih ok secara harga, kualitas dll..
    Apakah Lg G4, galaxy S6 atau oneplus Two ?

    • Herry SW says:

      Pak Jhony be good,

      Saya sama sekali belum pernah mencoba OnePlus Two.

      Di antara dua ponsel yang tersisa, saya memilih LG G4. Di Blibli.com hari ini sedang ada promo. G4 khusus warna gold dijual Rp 6,5 juta.

  78. Jano says:

    pak herry, Extra batrainya dapet utk tiap pembelian G4 kah pak ? Atau itu krn masa promo ? Lalu apakah yg tipe bpk uji ini yg make stylusnya ?

    • Herry SW says:

      Pak Jano,

      Sampai minggu lalu saya lihat paket penjualan di Erafone dll menyertakan bonus baterai.

      G4 kan tidak ada stylus-nya.

  79. Jano says:

    Wah ga ada stylusnya ya pak ? Soalnya kmrin liat video unboxing d youtube di paketannya ada stylus, atau seperti G3 mungkin ada 2 versi kali yah.

    Oh iya pak, utk pembeliannya sebaiknya beli yg garansi apa ya ? Apa utk G4 ini ada dstributr resmi yg d tnjuk oleh LG sprti asus zenfone dan iphone ?

    • Herry SW says:

      Pak Jano,

      Kalau G4 memang tanpa stylus. Yang ada stylus-nya itu G4 Stylus. Spesifikasi umum lebih rendah daripada G4.

      Yang penting beli garansi resmi LG Electronics Indonesia, Pak. Bisa dilihat di stiker yang melekat di samping kardus. Distributor resmi ponsel LG ada dua: TAM/Erajaya dan SUD/Telesindo. Bebas mau beli yang mana. Cari yang lebih murah saja. Ujung-ujungnya layanan purna jualnya sama kok, ditangani LG Electronics Indonesia, bukan oleh distributor.

  80. yudi eko says:

    Om G4 yg prototipe gak di lego om?

    Xixixi

  81. Jovan LC says:

    Pak Henry, saya ada pertanyaan mengenai SIM LG G4.

    1) Apakah smartfren bisa aktif pada LG G4? (Smarfren saat ini sudah 4G LTE pada frekuensi 2300 dan 850)

    2) Jika bisa, apakah bisa volte atau hanya mobile data?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Jovan LC,

      1. Secara teori bisa. Namun, praktiknya ada yang sukses, ada pula yang tidak.

      2. Hanya untuk internet.

  82. Adyridwan says:

    Review LG G3 855 dong pak

  83. Syaukani says:

    Hallo Pak Herry..
    Gimana caranya disable aplikasi bawaan G4 ( Bloat ware )…mohon dishare pak triknya.
    Tks

    • Herry SW says:

      Pak Syaukani,

      Intinya, masuk ke settings, apps, all, pilih aplikasi yang ingin di-disable, laku tekan tombol disable.

  84. kodri says:

    pak herry yg baik, trims infonya mengenai review LG G4, semua muanya menurut saya sudah oke dan catchcie banget, cuma satu kebutuhan saya yg blm ada di LG G4 yaitu stylus, walaupun ada LG G4 stylus namun specnya beda dengan LG G4, pertanyaannya bisa gak LG G4 yg 7jutaan pakai stylus tambahan? comparasi saya dengan sam ganot 5. kemudian nyaman gak dengan stylus tsb? kebutuhan saya tuk nulis rapat dadakan gak bawa note….(hari gini masih bawa notebook)

    • Herry SW says:

      Pak Kodri,

      Bisa pakai stylus, tetapi saya yakin takkan senyaman stylus di Galaxy Note 5. Sebab, stylus yang ada di Galaxy Note 5 itu mengombinasikan antara software dan hardware.

      Kalau sekadar untuk menulis, gunakan jari sebagai stylus saja, Pak. Nyaman juga kok. Lain halnya kalau sehari-hari Anda akan membuat, misalnya, sketsa.

  85. kodri says:

    tanya lagi pak di lazada ada produk LG G4 H818P Stylus…tapi penjelasan lengkap mengenai stylusnya tidak…apakah memang inc stylus nya? cepetan pak jawabnya…udah kebelet ni pengen beli…kodri lagi

  86. willy fredrick says:

    thx buat review nya koh Herry, akhir nya saya boyong G4 Leather ini koh Herry.. dan memang memuaskan bagi saya (7.8/10)
    hanya 3 kekurangan (tidak fatal) yang bisa saya utarakan.. ( mungkin ada tips dan solusinya ?)

    kekurangan g4 khusus leather, ga bisa dibuat maen di bidang datar..
    karena G4 cenderung goyang2 karena ada penebalan di 1 titik pd punggung hp (jahitannya)

    selain itu, baterainya cukup boros bila dibuat mainan game, browsing dgn mobile data serta suhu nya saya nilai cukup panas utk sekelas G4.. atau “panas” nya ini masih wajar untuk ponsel pintar saat kini ?

    mohon dikoreksi kalau ada yang keliru koh

    • Herry SW says:

      Pak Willy Fredrick,

      Soal tak bisa dibuat main di bidang datar, ini maksudnya ponsel Anda letakkan di bidang datar (meja dll) tanpa dipegang tangan ya? Kalau iya, benar hal itu memang terjadi di G4 leather maupun ceramic. Sebab, bodi belakang ponsel itu kan melengkung.

      Soal baterai boros, sejak penuh sampai low batt mencapai berapa jam? Kalau dipakai terus menerus buat bermain game dan browsing dengan internet aktif, hitung-hitungan kasar saya sekitar enam jam. Dengan pemakaian saya yang lebih banyak email dan chatting, baterai G4 bertahan selama setengah hari.

      Terkait suhu ponsel yang panas, kondisinya sudah panas atau baru hangat? Saat aktif dipakai atau sinyal kurang baik, suhu bodi ponsel memang akan menghangat. Namun, tidak sampai panas. Maksimal hangat mendekati panas.

  87. bagus says:

    Koh hsw mau nanya ni
    Lg pengen bli lg g3 or g4 ni
    Tapi setelah baca forum g4 ini banyak yg kena bootloop
    APa koh hsw pernah denger itu dan gmn mnurut koh hsw apa msh worthed utk beli g4 skrg?
    Thx koh

    • Herry SW says:

      Pak Bagus,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Ya, saya dengar, bahkan mengalaminya. Ponsel saya bawa ke pusat perbaikan resmi LG dan diganti dengan mainboard baru gres. Menurut saya, G4 masih layak beli.

      • Freddy says:

        Pak Herry,

        Bootloop ini krn update os kah? Saya ada rencana membeli G4. Ketika dibeli, apakah hrs minta ganti mother board baru dulu? Berapa lama penggantiannya dan hrsnya tdk usah bayar kan? Bgmn cara tahu LG G4 yg dibeli versi motherboardnya yg baru? Soalnya orang erafone pas ditanya ga tahu soal bootloop ini jd bingung deh saya kl mo beli gmn tkt lgsg bootloop n ga ada hp selama penggantian motherboardnya.

        • Herry SW says:

          Pak Freddy,

          Yang selama ini saya temui, bootloop terjadi bukan usai update OS. Tak ada gejala sama sekali. Tahu-tahu mati atau bootloop gitu deh.

          Lihat saja serial number-nya. Yang paling rawan adalah G4 dengan serial number berawalan 505. Mulai 511 sudah lebih aman.

          Kalau beli apakah harus minta ganti board dulu? Ya ndak bisa begitu. Kalau Anda beli baru, tinggal cek serial number-nya. Tercetak di sisi luar kardus kok. Kalau masih yang lama, ya jangan dibeli. Beres. Mau dibeli pun sebenarnya tak masalah sih. Selama masa garansi aman kok.

          Berapa lama penggantian board?
          * Kalau suku cadang tersedia, bisa ditunggu. Hanya sekitar 30 menit kok.
          * Kalau suku cadang tidak tersedia, konsumen diminta meninggalkan ponselnya selama maksimal dua minggu. Bila setelah dua minggu suku cadang masih belum datang, unit diganti baru.

          Ya, penggantiannya gratis.

          • Freddy says:

            Ok pak Herry, terima kasih infonya. Mnrt pak Herry hp lain yg recommended selain G4 apa? Semacam alternatif gt di kelas yg sama, punya kinerja secara keseluruhan memuaskan baik kamera n performanya yg bs dibandingkan dgn G4.

          • Herry SW says:

            Pak Freddy,

            Sony Xperia Z5 Dual. Namun, harganya lebih tinggi daripada G4.

  88. ardika says:

    pak hsw, mending beli g4 atau mi4c pak?

  89. Januar says:

    Ko HSW, kalau saya baca comment di atas disebutkan bahwa LG G4 memiliki 3 slot, 2 slot untuk sim card dan 1 slot untuk memory external. Kok punya saya hanya ada 2 slot ya? 1 slot hybrid (SIM/Micro SD) dan 1 slot Micro SIM. Saya beli di Erafone dg model number H818P.

    • Herry SW says:

      Pak Januar,

      Silakan dicermati lagi. Yang Anda sebut satu selot hybrid itu sebenarnya dua selot yang bertumpuk lho. Yang di bawah untuk kartu SIM, yang di atas microSD.

  90. Debora says:

    Pak Herry,

    Lebih baik LG G4 atau Samsung Galaxy A5 2016 ya? Terima kasih.

  91. Andre says:

    Koh Herry maaf mau tanya
    Ini mau beli LG G4 cuma di box ada stiker TAM dan di toko lain ada stiker SUD. Apakah semua itu masuk garansi resmi LG?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Andre,

      Sama-sama resmi. Yang membedakan hanya distributornya. Silakan beli yang lebih murah saja. Klaim garansinya di tempat yang sama kok.

  92. Sofy says:

    Pak Herry saya sudah beli LG G4 di blibli hari ini karena pas ada promo diskon 7%. Saya berencana memberikan ke anak saya yang tinggal di singapura . Setelah membaca review tentang bootloop di atas dan saya khan tidak bisa lihat serial number sebelum barang datang ya Pak. Bisa bapak kasih saran agar kelak tidak menjadi kendala kalau dibawa ke singapura kelak? Oh ya tanya sekali Pak. Kalau dipasang flipcover apakah bisa Pak karena saya beli yang Brown Leather.
    Terima kasih banyak untuk bantuannya Pak.

    • Herry SW says:

      Pak Sofy,

      Jadi, total kena harga berapa rupiah?

      Betul. Nomor serial number baru bisa dilihat di stiker kardus saat barang sudah tiba.

      Asalkan dapat yang serialnya bukan 505 hingga 510, mestinya lebih aman.

      Kalau Anda menggunakan flip cover orisinal LG, tutup belakang yang terbuat dari kulit itu harus dilepaskan. Sisi belakang flip cover orisinal akan menggantikan posisi penutup kulit.

  93. Sofy says:

    Saya dapat di harga 5.765.000 Pak khusus 4 maret saja dengan kode voucher. Cuma tidak ada penjelasan ada baterai kit atau tidak. Barang sudah di JNE. Semoga saja dapat yang aman ya Pak . Makasih petunjuknya Pak.

  94. Sofy says:

    Pak Herry mohon petunjuk ya. G4 sudah saya terima tetapi S/N : 601KPNYxxxxxxx, bukan 501-dst seperti yang Pak Herry beritahukan di atas. Bagaimana kira kira Pak, apakah aman dari bootloop ya Pak? Btw hari ini malah bisa diskon 10% dengan kartu kredit Danamon lho Pak. Makasih sebelumnya .

  95. luigi says:

    Siang Ko HSW.. saya baru aja dibeliin mama LG G4 tapi sn nya kepala 505, karena yang beliin mama dan beliau juga ga tau menau soal sn ini jadilah dia beli aja..
    jadi degdegan takut bootloop 🙁

    oiya ko, utk LG G4 apakah selalu dapat baterai extra? soale ini di dusnya ga dapet baterai kit atau baterai extra..

    Terimakasih kooo ^^

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Luigi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Dipakai habis-habisan saja sambil berharap segera bootlop. Biar dapat ganti yang tidak bermasalah lagi. Serius nih saran saya.

      Tidak selalu dapat battery kit. Itu bergantung promo yang sedang berlangsung.

  96. Giffary says:

    Pak Herry SW
    Sekedar berbagi.
    Saya pengguna LG G4 dengan SN 505 yg dibeli Agustus 2015 (saya lupa tanggal tepatnya).
    Sejauh ini Alhamdulillah saya belum (dan jangan sampai) mengalami kasus bootloop tersebut
    Was was memang ada tetapi menurut pengalaman user G4 lain yg mengalami bootloop penggantian motherboard terhitung cepat dan bahkan ada yg unit nya di replace dengan unit baru dengan SN diatas 505

    • Herry SW says:

      Pak Giffary,

      Kalau saya justru berharap semoga G4 itu segera mati. Biar bisa diganti dengan komponen baru yang tidak bermasalah.

      Untuk penggantian komponen, terakhir sudah ada yang dapat serial number 602. Sedangkan untuk pembelian G4 baru, sudah ada yang dapat serial number 603.

  97. Ivan saputra says:

    Ko, kalo lg G4 versus Huawei p8 bagus mana? Dari sektor kamera,kinerja dan ke awetan batrai nya?
    Rencana mau beli lg G4 ada beberapa bekas tapi saya rekom yg baru aja deh sekitar an 6jt tapi lebih aman dari pada bekas..

    • Herry SW says:

      Pak Ivan Saputra,

      Kamera dan kinerja keseluruhan lebih bagus G4. Daya tahan baterai lebih awet P8.

      Mending beli baru, Pak. Harga ritel resmi saat ini Rp 5,999 juta. Saran saya, rajin-rajin mengecek harga G4 di Blibli.com. Mereka saya pantau sedang sering menawarkan harga promo. Dari hari ke hari harganya naik turun. Harga terendah pernah menyentuh Rp 4,699 juta. Hari ini sih Rp 4,899 juta.

  98. Ivan saputra says:

    Thanks infonya ko 🙂
    Iya saya beli di ritel resmi saja ko,biar lebih aman nya promo di harga 5.999.000.
    lumayan lah buat pengganti dua hp saya yang rusak terkena air hujan dua hari yang lalu hehehe..

  99. alfian says:

    Pak Herry…untuk G4 dengan SN 602 atau 603 apakah sudah otomatis tertanam OS nya Marshmallow..? Bagaimana memastikannya ya Pak…? Terus apa bedanya antara yo sdh otomatis marshmallow dengan yang mash perlu update manual marshmallow? Apa benar mengurangi kapasitas RAM?

    • Herry SW says:

      Pak Alfian,

      Tak tahu. Kalau pun belum Marshmallow ya tinggal di-update sendiri tho.

      Bedanya yang satu sudah siap pakai di Marshmallow, yang satu lagi masih harus di-update manual. Itu saja sih. Update akan mengurangi kapasitas RAM? Tidak deh. Asumsinya, pemakaian RAM antara unit yang sejak awal sudah Marshallow (kalau benar ada yang seperti ini) dan yang usai di-update manual akan sama saja.

  100. andika pratama says:

    pak hsw…bagaimana ya cara mengetahui SN lg g4?

    • Herry SW says:

      Pak Andika Pratama,

      Paling mudah sih cek stiker yang melekat di bagian belakang bodi ponsel atau kardus.

  101. Selvi says:

    Pak HSW
    Sy baru beli LG G4… Dan saya gaptek karena baru punya HP canggih (menurut saya hehehe) setelah sekian lama.
    Yang mau saya tanyakan kenapa file mp4 tidak bisa diputar yah? Mohon petunjuk pak, terima kasih

    • Herry SW says:

      Bu Selvi,

      Semua file MP4 atau hanya file tertentu? Dulu saat memakai ponsel itu, seingat saya, saya berhasil memutar file MP4 kok.

      Coba install aplikasi MX Player deh.

  102. Selvi says:

    Mp4 pak..
    Oke pak… Sy coba ya. Terima kasih

  103. Zain says:

    pak herry

    kira” lg V10 kapan masuk indonesia ya…? kalau ada second 6 jt menurut pak herry layak beli kah?

    • Herry SW says:

      Pak Zain,

      V10 konfirm takkan beredar resmi di sini.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba ponsel itu.

  104. Rio says:

    Pak herry,
    Saya liat ada promo LG G4 32 GB dan 3 GB RAM di blibli seharga 4.799jt. Sy tertarik dgn kameranya ditambah lg dr review pak herry. Apakah dengan harga segitu dah layak dipinang pak? sy bener’ tertarik nih pak hehehe. Trimakasih

  105. Rio says:

    Pak herry,
    Trima kasih sarannya pak, kapan itu sy jg minta saran bbrp hp yg bagus ke pak herry trutama ttg kinerja nya yg gegas dan kamera mumpuni, tnyata sy menemukan promo di blibli & ssuai dgn review disini ga pake lama langsung sy beli pak..skr tinggal nunggu unitnya dtg. Kalau promo nya itu ga slalu dapat batere kit ya pak? jd bs jg promo berupa potongan harga ya..
    trims sarannya pak.

    • Herry SW says:

      Pak Rio,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Benar. Jenis promo itu bermacam-macam. Jadi, idealnya harus membaca detail isi penawarannya.

  106. HoHo says:

    ko Herry,
    mohon bantuan saran :
    1. saya berniat membeli LG G4 tapi setelah membaca ulasan tentang G4 yang banyak mengalami bootloop, apakah masalah bootloop bakal saya alami jika membeli LG G4 ?
    2. lebih baik membeli sony z3+ / LG G4 / samsung note 4?

    Mohon petunjuk koh, terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak HoHo,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      1. Anda akan membeli G4 baru dan bergaransi resmi kan? Untuk saat ini seharusnya sudah lebih aman.

      2. G4.

  107. Joe says:

    Pak herry, kalo beli lg g4 sekarang masih worth gak sih? Atau ada rekomen hp yg lain?
    Mending g4 atau note 4? Atau mending g4 atau s6?? Mohon dijawab ya terimakasih 🙂

  108. Andhika says:

    Dear Pak Herry
    Saya sudah menggunakan G4 sekitar 5 bulan n sangat puas dengan kinerjanya. Terimakasih untuk semua review Pak Herry.
    Oya Pak saya mau tanya, kenapa yaaa G4 saya kalau dikoneksi dengan kabel data tidak ter detect di Laptop saya? Saya pernah mencoba memindah file dr G4 ke laptop beberapa hari setelah saya baru beli HP tersebut dan tidak ada masalah. Waktu itu Saya menggunakan kabel data dari charger BB. Nah saya kemarin mencoba lagi mengkoneksi G4 ke laptop dan tidaK bisa terdeteksi. Saya coba menggunakan kabel dari bonus baterai kit dan tetap tidak bisa. Yang muncul hanya charging saja. Saya tanya teman sesama pengguna LG dan dia juga alami hal yg sama. Mohon sekali bantuan Pak Herry, karena di G4 saya sudah ada ribuan file tapi tidak mindah ke laptop saya. Terima kasih banyak Sebelumnya utk sharingnya

    • Herry SW says:

      Pak Andhika,

      Beberapa hari lalu saya baru memindahkan data dari G4 milik teman saya ke laptop saya. Baik-baik saja sih.

      Apakah Anda sudah coba menggunakan PC/laptop lain? Bagaimana hasilnya?

  109. Wisnu says:

    Pak Herry,

    Hp dg kamera depan setara/lebih baik dari LG G4 tapi punya baterai yg lebih awet ada rekomendasi pak?

  110. akhsan says:

    Pak HSW maaf mw tny..lampu led indikator g4 saya koq selalu menyala..kenapa ya pak?padahal tidak ada pesan/panggilan masuk..makasih

    • Herry SW says:

      Pak Akhsan,

      Apakah ponsel low battery atau sedang di-charge? Adakah notifikasi lain yang belum Anda buka? Misalnya, pembaruan software.

  111. akhsan says:

    Batterai msh banyak pak sekiatr 80%..saat standy/tdk dicas..tidak ada pembaharuan software…led meyala warna hijau..gak ada notif telp/pesan/sosmed masuk..bahkan saya hapus smua pesan di sosmed saya

    • Herry SW says:

      Pak Akhsan,

      Hmm… tidak normal nih. Ponsel sudah coba dimatikan lalu dinyalakan lagi, tetapi hasilnya masih sama? Berarti, perlu diajak jalan-jalan ke pusat perbaikan resmi LG deh.

  112. catur bp says:

    pak herry,
    saya mau nanya lg g4 bekas harga 3,6jt layak dibeli kah? mohon minta tips untuk membeli lg g4 bekas, apa aja yang perlu diperhatikan ..
    terima kasih …

    • Herry SW says:

      Pak Catur BP,

      Dilihat dari harga sih layak beli. Tinggal dicek lain-lainnya.

      1. Yang paling utama, perhatikan serial number dan status garansinya. Serial number bisa dilihat pada stiker di belakang bodi ponsel atau di kardus. Kalau serial number diawali angka 50 dan masa garansi sudah habis, sebaiknya jangan dibeli. Kalau serial number diawali 509, 510, 511, atau 512 dan garansi masih berlaku, Anda masih boleh membelinya.

      2. Periksalah kondisi fisik ponsel.

      3. Cobalah fitur-fitur dasar ponsel itu dan pastikan segalanya normal.

  113. Wahyu Utomo says:

    Mohon ijin bertanya. Pak Herry bagaimana dengan LG G4 Stylus LGH540? Apakah layak beli seperti LG G4 yg diulas di atas?

  114. Arya says:

    Pak Herry Saya Mau tanya :
    1.Harga one plus one dan tempat membelinya di surabaya
    2.Harga LG G3 Ram 3 GB/ROM32 GB dan tempat membelinya di kota surabaya
    Terimakasih
    Suises selalu buat Om HSW

    • Herry SW says:

      Pak Arya,

      1. Tak tahu. Dulu beberapa diler resmi Oppo menjualnya. Kini sudah tidak lagi.

      2. Sekitar Rp 4 juta. Silakan cari di WTC.

  115. Wahyu Utomo says:

    Terimakasih Pak Herry sudah berkenan menjawab. Pertanyaan selanjutnya, dengan kisaran harga segitu (2,5 – 3juta) kira-kira diantara LG G4 Stylus, Huawei P8 Lite, Hisense Pureshot Plus, Xiaomi Redmi Note 3 dan Xiaomi Mi4i, Pak Herry SW merekomendasikan yang mana? Atau Pak Herry punya rekomendasi lain?

    • Herry SW says:

      Pak Wahyu Utomo,

      G4 Stylus dan Mi 4i silakan dicoret dulu. P8 Lite belum pernah coba. Pureshot+ layak beli, tetapi saya lebih menyarankan Pureshot. Redmi Note 3 saya baru mencoba sepintas, belum sempat eksplorasi lebih dalam. Kesan pertama sih oke.

      Kalau boleh menyarankan tipe lain, beli Infinix Zero 3 saja, Pak. Harga Rp 2,599 juta. Review ada di blog ini.

  116. Wahyu Utomo says:

    Terimakasih yg sebesar-besarnya tuk Pak Herry SW. Rekomendasi dari Pak Herry ttg ponsel tepat dan pas. Sesuai rekomendasi dari Pak Herry SW, akhirnya saya meminang Hisense Pureshot (bundling dg Smartfren). Overall, sangat puas dg kisaran harga di level 2jutaan, hanya agak kurang nyaman dg kekuatan baterainya yang sangat lemah.
    Sebetulnya, sebelum meminang Hisense Pureshoot saya menggunakan Redmi Note 3 MTK (BM) namun segera saya jual mengingat harga jualnya yg turun drastis efek versi resminya sudah beredar. Di atas kertas dg hardware yg mumpuni seharusnya Redmi Note 3 MTK performarnya bisa lebih baik, tapi (mungkin) karena UI MIUI yg memakan memory cukup besar membuat beberapa aplikasi sering forced closed. Selain itu camera Redmi Note 3 tidak bisa dieksplorasi lebih jauh, tidak sanggup menggunakan Macro Focus, juga shutter speed, walaupun kualitas gambar yg dihasilkan sudah baik mengingat diafragma nya yang cukup lebar dibanding ponsel lain.
    Sekali lagi terima kasih Pak Herry SW. Ternyata ada manfaatnya juga saya ‘mengikuti’ review dari Pak Herry SW. Salam sukses tuk Pak Herry SW.

    • Herry SW says:

      Pak Wahyu Utomo,

      Boleh tahu Anda berada di kota mana? Baterai yang Anda bilang sangat lemah itu bisa bertahan berapa jam?

  117. Wahyu Utomo says:

    Saya si Bandar Lampung Pak Herry SW. pagj berangkat kerja baterai dalam kondisi full, tengah hari sudah 40%, padahal kondisi pemakaian wajar saja, sekedar tuk menerima panggilan telpon & sesekali mengecek sosmed

    • Herry SW says:

      Pak Wahyu Utomo,

      Berarti, kira-kira dalam enam jam baterai turun dari 100 persen menjadi 40 persen ya? Kalau pemakaian Anda cukup tinggi dan kondisi jaringan tidak terlalu optimal, hal itu masih bisa dikategorikan wajar sih.

  118. Rai Veronica says:

    Wah.. Saya jadi makin yakin mau beli G4. Thank u om

  119. Putra says:

    Pak,saya pengguna LG G2 selama 1,5 tahun. Overall puas dengan LG G2,tapi makin kesini daya tahan baterai semakin kurang(dulu bisa awet sampe 20 jam,pemakaian browsing/whatsapp/baca berita. Sekarang dipake 7-8 jam aja udah minta dicas) & LG G2 gampang panas.
    Apakah worth it kalo saya upgrade dari LG G2 ke LG G4?apakah daya tahan LG G4 sama baiknya dengan LG G2?
    Karena banyak yang bilang LG G4 boros sekali. Saya khawatir daya tahan baterainya jauh dibawah LG G2.
    Saya berencana hanya menggunakan 1 simcard saja agar tidak terlalu membuat batre hp semakin boros.

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Wajar kalau daya tahan baterai G2 Anda tidak sebagus dulu. Sebab, dengan usia pemakaian segitu, kemampuan baterai pasti akan menurun. Boleh tahu G2 Anda saat ini memakai OS Android versi berapa? Anda amat mungkin telah beberapa kali memperoleh update, bukan?

      Kinerja umum G4 jauh lebih bagus daripada G2. Namun, konsumsi baterainya memang lebih boros. Penggunaan satu kartu SIM saja di G4 takkan banyak membantu memperhemat baterai. Bedanya tidak signifikan. Jadi, menurut saya, alternatifnya begini:
      * Tetap upgrade ke G4 tetapi Anda harus rajin membawa power bank atau baterai cadangan.
      * Naik kelas ke LG G5 SE sekalian.

  120. putra says:

    1. G2 saya pake OS versi 4.4.2 Pak. saya tidak pernah root,jadi OS nya mentok di 4.4.2 hehehe.

    2. soal naik kelas ke LG G5 SE,ada beberapa hal yang membuat saya ragu :
    -G5 SE merupakan versi downgrade dari flagship LG yang sesungguhnya(LG G5). biasanya ponsel2 downgrade dari ponsel flagship kurang laku di pasaran(dari yang saya baca,LG G5 saja sudah kurang laku,apalagi yang G5 SE nya).
    -menurut banyak orang harga G5 SE overpriced.
    -meskipun review HSW mengenai G5 SE sangat baik,tapi saya takutnya performanya menjadi kurang bagus untuk pemakaian beberapa tahun ke depan.(saya pake hp minimal 1,5-2 tahun Pak,jadi butuh hp yang speknya masih cukup bagus dalam 2 tahun ke depan).
    -menurut saya,G5 unik(dan mahal) karena fitur modularnya sedangkan bagi saya,saya tidak membutuhkan aksesoris modular apapun karena harganya mahal2 hehe.

    3. jadi kalo saya mencari android dengan kamera dan daya tahan batre lebih baik dari LG G2,Pak Herry menyarankan apa ya?saya kepikiran dengan Galaxy S7,tapi mau tunggu harganya turun dulu. untuk sementara biar saya service/ganti saja batre LG G2 saya ini..hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Hmm.. Xperia Z5 Dual. Namun, harganya Rp 7 jutaan. 🙂

      Bagaimana kalau beli LG G4 + baterai cadangan? Total sekitar Rp 5,85 juta.

  121. faris says:

    maap,agak sedikit oot.kalo bisa saya saran kan untuk pak putra,
    kalo anda pengen up grade g2 anda ke merk yg laen selain g4,ada pilihan hp lain yg lebih memikat.
    jika anda anti mainstream,anda bisa coba xiomi mi5 versi 64gb ato 128gb(hp ini punya daya tahan batre yg saat baik)
    ato pun anda bisa meminang note 4 versi snapdragon.
    alternatip lain sony Z5 premium juga sangat pantas untuk dilirik.
    cmiiw.

    • Herry SW says:

      Pak Faris,

      Xiomi? Merek baru ya, Pak?

      Kalau Xiaomi Mi 5 saya pernah dengar. Itu tanpa garansi resmi sehingga sebaiknya jangan dibeli.

  122. fandi says:

    Sore Pak Herry SW,

    Wah, menarik sekali dan membantu reviewnya, kebetulan saya sedang mempertimbangkan beli lg g4. Tapi saat ini masih ada beberapa keraguan, brgkali pak Herry bisa kasih masukan.

    Saat ini saya pakai lenovo k900 (sdh 2 tahun lebih) dgn spek processor intel atom, ram 2gb, internal 16gb, kamera dpn/ blkg 2/13, single sim tanpa slot micro SD.
    Masalah hp saya saat ini baterainy boros (mgkn krn usia) dan tdk bs download aplikasi lg krn sisa ram nya sekitar 220an MB, pdhl saya sdh menggunakan aplikasi2 ringan seperti line lite dan lightning browser utk mengurangi konsumsi ram. Nah, saya butuh hp dgn spek yg lebih tinggi dr hp saya saat ini minimal internal 32gb, ram 3/4gb, dual sim support lte, kamera dpn/blkg 5/13, slot microSD, prosesor menengah ke atas dan baterai kuat minimal pagi sampai sore (utk kntor dan kerja luar kntor). Tambahan jg saya biasa menggunakan hp dlm jangka waktu lama (diatas 1,5 tahun).
    Budget sya 3 – 5 juta.

    Saya sdh sempat cek bbrp produk mulai infinix zero 3 (kamera bagus tp ktnya baterai boros), xiaomi mi5(walau dgn budget saya hnya dpt spek ram/internal 3/32 tanpa slot microSD, prosesor oke punya), samsung a5 2016 (ram/internal hanya 2/16, lainnya oke), vivo v3 max (sdh fingerprint sensor, funtouch os yg ringan mengurangi konsumsi ram dan snapdragon 652, mnrt artikel yg saya baca performanya sdh lbh baik dibanding snapdragon 808 yg dipakai g4).

    Pertanyaan saya:
    1. Dgn budget, kebutuhan dan pilihan yg saya miliki (zero 3, xiaomi mi5, samsung a5 2016, vivo v3 max) apa lg g4 masih logis untuk dibeli? Mengingat pilihan selain lg g4 sdh dilengkapi fitur gesture, fingerprint dsbnya.

    2. Bila lg g4 direkomendasikan apakah saya beli seken atau baru? Kalo seken ad yg menawarkan 4,2 jutaan sdh ganti sn 602, okekah mnrt pak herry? Kalo baru, brgkali pak Herry ada rekomendasi yg budget tdk terlalu jauh dr budget saya kalo hrs nambah. Kmrn saya cek ke erafone msh ditawarkan 6,4 juta. Selain itu, mah ad resiko saya mendapatkan barang dgn sn seri 50x ya pak?

    3. Saran dan rekomendasi produk lainnya dr pak Herry brgkali diluar dr pilihan saya.

    Minta tolong saran dan masukannya pak.
    Mohon maaf terlalu panjang.

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Fandi,

      1. Saya belum pernah menguji pakai Mi 5 dan V3 Max. Tanpa memperhatikan anggaran, awalnya saya akan merekomendasikan Xperia Z5 Dual. Namun, kalau melihat anggaran, ponsel itu pasti melebihi budget.

      Kalau Anda menilai baterai Zero 3 termasuk boros, berarti G4 tidak cocok untuk Anda. LG G5 SE lebih cocok. Namun, lagi-lagi akan terkendala dengan batasan anggaran deh.

      2. Berarti ini tak perlu dijawab ya. Kan G4 tidak cocok untuk Anda.

      3. Sony Xperia Z5 Dual sih. Namun, dengan harga Rp 7 jutaan, apakah masih mau? Kan melebihi anggaran Anda.

  123. Fandi says:

    Pak Herry,

    Terima kasih sarannya pak.
    Iya pak kalau Sony Xperia Z5 Dual perlu nabung lagi, hehehe.

    Oiya pak, saya tanya beberapa hal lagi ya.
    1. untuk baterai Infinix Zero 3 dan LG G4 lebih baik mana ketahanannya? kalau saya baca review LG G5 SE, G4 kurang lebih bertahan 8 jam.
    2. Kebutuhan saya untuk foto, browsing, email, chatting dan sesekali games, apakah LG G4 bisa bertahan minimal 10 jam? Dengan kebutuhan tersebut, ketahanan baterai Infinix Zero 3 lebih baik atau buruk dibanding LG G4?
    3. untuk Vivo, menurut pengalaman pak Herry bagaimana kualitas produk, ketahanan dan after sales nya pak?
    4. menurut Pak Herry, bagaimana dengan Oppo R7, Huawei P8, Lenovo Vibe Shot / Vibe S1,
    apakah cukup untuk kebutuhan saya?

    Terima kasih pak Herry untuk sarannya.

    • Herry SW says:

      Pak Fandi,

      1. Lebih lama baterai Zero 3.

      2. Bergantung perilaku pemakaian Anda dan kondisi sinyal juga sih. Baterai Zero 3 bertahan lebih lama daripada G4.

      3. Saya sempat mencoba beberapa tipe ponsel Vivo. Namun, tipe-tipe terbaru malahan belum coba lagi. Mengacu pada pengalaman terdahulu, baik-baik saja sih.

      4. Buat saya sih Oppo langsung coret. Huawei P8 dan Lenovo Vibe Shot cocok dengan kebutuhan Anda. Vibe S1 saya belum pernah coba.

  124. Johan says:

    Pak Herry, hari minggu kemarin saya beli LG G4 garansi resmi dengan s/n 512xxx. Dan setelahnya saya membaca di forum luar negeri s/n 512 pun masih ada yang terkena bootloop.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah pihak SC LG mengijinkan mengganti mesin tanpa terjadi bootloop terlebih dahulu?
    2. Apakah setelah garansi habis, dan apabila amit2 terjadi bootloop, penggantian mesin tetap gratis?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Johan,

      Lho, beli minggu lalu masih dapat serial number (SN) 512? Boleh tahu Anda berada di kota mana? Anda beli di gerai Erafone atau toko milik perorangan?

      1. Biasanya tidak.

      2. Dulu tetap gratis. Terakhir konon akan ada kebijakan baru, tetapi saya belum update dengan kondisi terkini.

  125. Cahyo says:

    ada yg jual LG G4 second.Keterangan Produk keluaran terbaru S/N 602xx, Apakah keluaran terbaru menggunakan S/N tersebut?

    • Herry SW says:

      Pak Cahyo,

      Ya. Bahkan ada yang lebih baru lagi deh.

      602 bermakna ponsel itu diproduksi pada Februari 2016.

  126. Cahyo says:

    Pak Herry
    apakah LG G4 masih bisa menjalankan game grafis tinggi dengan baik?

    • Herry SW says:

      Pak Cahyo,

      Kebetulan saya bukan penggemar game. Jadi, sebenarnya kurang pas kalau bertanya soal game kepada saya. Waktu pakai G4, game berukuran besar yang pernah saya mainkan di sana Real Racing 3, Asphalt 7: Heat, dan satu game tembak-tembakan (saya lupa judulnya). Berjalan lancar sih.

  127. Edwin says:

    Siang Pak Herry… Mau tny Pak, G4 ini apa tdk bs dikunci “LTE Only”??
    Atau krn sudah Marshmallow makanya tdk bs Pak?
    Makasih Pak…

    • Herry SW says:

      Pak Edwin,

      Di menu bawaannya tak ada pilihan LTE only.

      Kalau Anda tetap ingin menguncinya, lakukan langkah berikut:
      1. Pasangkan kartu SIM yang ingin dikunci LTE only di selot kartu SIM1.
      2. Masuk ke menu telepon, *#546368#*845#, pilih field test, modem settings, network mode, lalu SIM1 LTE only.

  128. jawir says:

    Maaf pak mau tanya kalo lg g4 versi singapura dengan SN 506 rawan bootloop gak pak

  129. Zakaria says:

    mau nanya pak , kenapa hasil kamera lg lg saya kalo di corp 100% warnanya jadi kaya cat air ya , padahal fto saat cahaya berlimpah , memang gitu apa kamera g4 saya bermasalah ,
    Kalo kamera bermasalah kira kira mengeluarkan biaya berapa kalo di bawa ke tempat servis lg

  130. Zakaria says:

    Ooh gitu ya , skedar curhat mode manual di kamera g4 emang keren banget , sangat membantu saat low light, desainya juga gx pasaran,,, ???
    Mkasih infonya pak?

  131. Zakaria says:

    Mau nanya lagi nih pak , kenapa lg g4 hasil foto nya kalo di edit , editanya gx bisa tersimpan pak ya , saya mencoba mengedit dari hp nya langsung , dan apa bisa mengolah foto raw dari hp nya langsung
    Terima kasih ,,

    • Herry SW says:

      Pak Zakaria,

      Saya pernah menyunting foto langsung di G4 (rotate dan cropping). Bisa disimpan di ponsel kok.

      Kalau mengolah foto RAW, kebetulan saya tak pernah melakukannya.

  132. Rizkimuzaka says:

    Hp second dengan harga kisaran 3,5jt, yang bagus dan layak beli, hp apa Ko herry?
    Mohon bantuannya ko herry

    • Herry SW says:

      Pak Rizkimuzaka,

      Aduh… pertanyaan yang sama kok Anda ulang-ulang terus sih. Cukup ketikkan satu kali ya. Jangan diulang-ulang di banyak tempat.

      LG G4.

  133. Bayu says:

    Pak, saya mau beli g4 tapi takut sama masalah bootloop.. Niatnya mau nyari yg sn 60x, tapi denger2 masih ada yg kena juga.. Kira2 ada alternatif lain selain lg.. Diutamain layar, kamera dan performa bagus.. Kalo bisa sih bisa awet nyampe 2 tahunan.. Bujetnya dibawah 6jt.. Lagi mikir galaxy note 4 sih.. Tolong dijawab n kasih sarannya ya pak.. Terimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak Bayu,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Galaxy Note 4 mending langsung dicoret deh. Untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik. Hmm… cari Sony Xperia Z5 Dual bekas deh.

  134. Azwan Trihadi says:

    Pak, itu light trail nya pakai mode manual ya? Settingannya gimana tuh pak?

    Saya berkeinginan untuk membeli lg g4 seken di batam yang saya temukan seharga 3.2 juta. Apakah dengan harga segitu layak beli pak herry? Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Azwan Trihadi,

      Ya, pakai mode manual. Shutter speed saya turunkan menjadi sekian detik. Saya lupa saat itu tepatnya berapa detik. Minimal 10 detik deh.

      Masih ada sisa garansi resminya nggak? Kalau masih, harga segitu layak banget dibeli.

  135. wayuha says:

    hi pak, saya mau nanya…
    saya berencana beli hp ini tp second ex korea di batam, masalahnya setelah baca komen2 di sini byk yg takut jika terjadi bootloop terutama s/n berawalan 5.
    Nah apa LG G4 ex korea bakal kena bootloop juga…
    sblm beli saya coba nanya ke penjualnya dan dia hanya kasih tau kalo s/n adlh 5xx.

    kira2 mnurut bpk gimana y? apa bakal kena bootloop jg?

    mengingat brg second dan jelas tanpa garansi resmi.

  136. Roby Wibowo says:

    Hi Om Herry, mau nanya utk Lg G4 vs Lenovo Vibe p1 turbo utk saat ini lebih menarik mana, dan apakah Lenovo tsb termasuk hp flagship, btw lengkap dgn kelebihan dan kelemahannya klo boleh. Tks

    • Herry SW says:

      Pak Roby Wibowo,

      Tergantung Anda lebih mengutamakan kamera atau daya tahan baterai. Kalau kamera, silakan beli G4. Kalau daya tahun baterai, ambillah Vibe P1 Turbo.

      Vibe P1 Turbo, menurut saya, bukan tergolong flagship. Review ponsel itu bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-lenovo-vibe-p1-turbo-hati-hati-membeli-ponsel-ini/

      • Edwin says:

        Selamat pagi, saya mau membantu memberi masukan kepada Pak Robby.
        Saya pernah mencoba sejenak P1 Turbo dan saya adalah pengguna G4 (Nomor seri 602xxx)
        P1 Turbo bukan termasuk ponsel Flagship dan kameranya sungguh mengecewakan, apalagi jika dibandingkan dgn G4 dan bodinya tll besar (tebal) serta berat, beda dgn G4 yg ramping.
        Hanya saja G4 juga bukan ponsel Flagship yg sempurna, ada bbrp kelemahan yg saya alami :
        1. Boros batrei, terutama jika sinyal labil. Sehari saya charge bisa 2-3x ;
        2. Suhu ponsel bisa mencapai 50 °C, menurut saya itu juga disebabkan krn sinyal yg labil ;
        3. LCD G4 saya mengalami Pink Tint, semacam noda berwarna pink di sekeliling layar ponsel. Tidak ada efek sih hny mengganggu pemandangan dan bisa diklaim garansi kok.
        Tp selain 3 hal itu saya lbh menjagokan LG, krn desain dan interface yg lbh sedap dipandang dan lbh mudah dioperasikan serta RAM & Memori yg lega.
        Terima kasih…

        • Herry SW says:

          Pak Edwin,

          Untuk poin nomor 1, terutama sejak di-update ke Marshmallow ya.

          • Edwin says:

            Wah… Saya tidak memperhatikan Pak, krn saya beli G4 ini br sebulan yg lalu, wkt beli, pulang, lgsg dpt update Marshmallow, tdk sempat merasakan Lollipop.
            Tapi Pak, mmg menurut saya LG boros, sblm ini saya menggunakan G3 juga boros Pak… Mungkin krn layarnya yg lebar, QHD dan saya sering menggunakan medsos…

          • Herry SW says:

            Pak Edwin,

            Oh ok.

            Ya, tersangkanya si layar QHD. Btw, dulu Anda memakai G3 yang RAM 2 GB atau 3 GB? Yang RAM 3 GB jauh lebih hemat baterai dibandingkan yang RAM 2 GB.

          • Edwin says:

            Saya pengguna G3 RAM 2Gb Pak, krn saya beli pas PO, dpt harga 6jt pas Hehe..
            Tp skrg saya suda tdk ambil pusing soal batre sih Pak, ada powerbank. Asal HPnya tidak trobel smp hrs bawa ke SC, saya tidak keberatan…

          • Herry SW says:

            Pak Edwin,

            Oh ok.

  137. Indra says:

    Mo tanya pak herry, kok di web blibli.com ada yang jual LG G4 H818P dengan Spesifikasi
    LG G4 H-818P Genuine Leather Cokelat Smartphone

    Chipset
    Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
    Slot Memori Eksternal
    Micro SD up to 128 GB
    Memori Internal
    32 GB
    Ukuran Layar
    5.5 Inch
    Sim Card
    Nano SIM
    Operating System
    Android 5.0 Lollipop
    Memory
    3 GB RAM
    Kapasitas Baterai
    4000mAh
    Kamera
    16MP & 8MP
    Brand
    LG

    Chipset, Sim Card, dan Batere nya kok beda dengan yang biasa di spek yg laen ya,
    apakah LG G4 sekarang yang terbaru memang seperti itu spek nya ya.

    • Herry SW says:

      Pak Indra,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Saya lebih curiga si penjual salah tulis spesifikasi.

  138. Joan says:

    Emng sih kamera LG bagus2 LG G3, G2 mini sama G pro Lite saya bagus2 kameranya

  139. damai says:

    Atas saran om hsw,akhirnya saya meminang G4 ini.yang ingin saya tanyakan lebih baik pakai lolipop atau marsmallow om hsw?secara kinerja keseluruhan aja,kira kira lebih recomend yang mana?terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Damai,

      Bertahan di Lollipop dulu saja.

      • Edwin says:

        Malam Pak Herry, kalo bole tau knp disarankan di Lollipop saja? Apa kekurangan Marshmallow?
        Makasih Pak Herry…

        • Herry SW says:

          Pak Edwin,

          Ponsel cenderung panas dan baterainya boros. Minggu lalu Marshmallow-nya dapat update lagi sih. Baterai jadi lebih awet, tetapi masih lebih boros daripada saat di Lollipop.

  140. Damai says:

    Untuk lolipop paling irit versi berapa om hsw?
    Sy pake v10f terasa boros sekali.

  141. Rezki says:

    Om Herry,

    Saya ingin bertanya pendapat bapak tentang perbandingan ponsel
    Asus Zenfone 3 ZE520KL Vs LG G4 , Zenfone 3 ZE520KL kan harganya kurang lebih skitar 4jt dan LG G4 kurang lebih sekitar 5jt an dan terdapat selisih harga kurang lebih skitar 1jt an diantara kedua ponsel tersebut

    1. apakah kualitas LG G4 sebanding dengan selisih harga tersebut, dan dari kualitas Zenfone 3 ZE520KL?
    2. apakah LG G4 didukung fast charging, katanya LG G4 didukung fast charging tertapi adaptor Quick Charging nya tidak disertakan dalam pembelian

    terima kasih om
    maaf kalau berbelit2

    • Herry SW says:

      Pak Rezki,

      1. Kalau ngejar kinerja kamera, menurut saya, pantas sih. Kemarin sore saya lihat harga G4 Rp 4,999 juta.

      2. Maksudnya Qualcomm Quick Charge ya? Karena tak punya charger yang memenuhi standar itu, saya tak bisa memastikannya.

  142. Hidayah says:

    Pak Harry, tips membeli hp bekas apa ya?terutama untuk hp LG G4 ini.
    Atau mungkin ada hp harga 3jutaan dengan spek hampir mirip seperti LG G4?

  143. Hidayah says:

    Hehe… Maaf pak Herry salah sebut nama. Apa pertanyaan saya bisa dijawab pak?

    • Herry SW says:

      Pak Hidayah,

      Tipnya sederhana.
      1. Carilah yang nomor seri mesinnya diawali dengan angka 6. Nomor seri mesin bisa dilihat di stiker yang melekat di bodi belakang. Carilah tulisan S/N ….

      2. Carilah yang masih bergaransi resmi minimal satu bulan.

      3. Lakukan pengecekan fisik dan cobalah fitur-fitur dasar ponsel itu.

      Harga Rp 3 jutaan dengan spesifikasi mirip LG G4? Ada Asus Zenfone 3 Rp 3,8 jutaan. Namun, kinerja kamera tidak sebagus LG G4.

  144. Rini says:

    Selamat malam Pak Herry,
    Saya suka banget dengan review bapak walaupun saya bukan penggemar gadget. Saya beli LG G2 Mini karena ulasan Bapak, dan puas sekali seperti adik Bapak di tulisan ini. Saya suka hasil foto G2 Mini walaupun kamera depannya kirang bagus untuk selfie. Rencananya saya mau ganti hp setelah 3 tahun pakai LG G2 Mini. Tp budget saya tidak sampai utk beli LG G4. Mohon masukan dr Bapak, kira2 ponsel apa yg kamera bagus dan kinerjanya ok utk harga 3-4 juta. Kalau dr LG adakah yg bapak rekomendasikan? Terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Bu Rini,

      Silakan melirik Asus Zenfone 3 ZE520KL.

      Di rentang harga segitu, tak ada ponsel LG yang saya rekomendasikan.

  145. Rezki says:

    Om Herry,

    LG G4 second dengan harga 3,2 tapi bukan yg kulit
    – Sudah ganti mesin menjadi S/N kepala 6
    – Sudah pernah ganti layar dan kalau tak salah garansi masih ada sampai 3 bulan kedepan
    cuma tidak ada battery kit nya.

    dan saya baca di komen sebelumnya :
    – Lakukan pengecekan fisik dan cobalah fitur-fitur dasar ponsel itu.

    jadi karna beda daerah dan saya tak bisa melakukannya, jika masih ada garansi resminya apakah untuk fitur-fitur dasar dari ponsel jika ada bermasalah masih bisa claim garansi?
    apakah layak beli?
    dan apakah transaksi via tokopedia atau bukalapak aman?

    Terima kasih ~
    *maaf pertanyaannya berbelit 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Rezki,

      Ganti layarnya di pusat perbaikan resmi kan?

      Ya, bisa klaim garansi.

      Menurut saya, harganya terlalu tinggi. Maksimal Rp 3 juta deh.

      Ya, secara umum aman.

  146. jae makmur says:

    @pak rezki, se7 dgn saran & tanggapan yg Om hery paparkan,
    @om herry,
    saya baru saja meminang g4 dualsim backcover full set gransi udah lewat 2bulan udah ganti MBoard ke seri kpala 6, harga 3,5jt ditokopedia bonus batterykit, cover 1 metalik/keramik & hard case 1,..worth it ngga om? soalnya dri awal keluar nih hp, jadi hp idaman,..tp harga masih selangit (harga second motor), ngga terlalu suka dgn hp yg sekarang2 yg unibody,..klo yg ini kan batrry low tinggal buka backcover ganti deh dgn battery cadangannya,..wlwpun gransi udah lewat tp service center Lg ada ditiap2 kota,..

    • Herry SW says:

      Pak Jae Makmur,

      Menurut saya, harga yang Anda dapatkan agak terlalu tinggi. Dengan harga segitu, mestinya Anda bisa dapat G4 yang masih dalam masa garansi resmi.

  147. jae makmur says:

    kemaren sempat minta review lg stylus 2 ke om herry, tp udah basi kata om herry kelamaan dipasaran,..sempat mau meminang si lg stylus 2, jd krna harga baru lgstylus 2 baru dgn harga second g4 dual sim sama dgn fitur yag bjauh berbeda jd say putuskan meminang g4 dual sim second,..

  148. jae makmur says:

    didaerah saya tepatnya dikota bitung sejaman dari kota manado sulawesi utara, susah nyari hp second Lg, khususnya G4 dual sim, (mungkin krna hp merek LG ngga terlalu diminati) makanya terpaksa saya seluncuran online utk nyari g4 dual sim,..byk sih yg lebih murah tp kondisinya difoto saja udah ngga like new, yg punya lapak yg jual g4 itu lebih terpercaya krna pemakaian pribadi like new, krna mungkin udah upgrade ke hp laen, g4’nya udah dipensiunkan pas slesai ganti MBoarnya ke sri 603 bahkan bukti penggantiannya di SC LG ada, kondisi mulus krna slalu dipakein case,,,harga jual aga tinggi dri yang laen krna kualitas barangnya juga istimewa (wlwpun udah lewat garansi),..over all sih ngga kecewa,,,
    oh iya kemaren juga hampir meminang G5se dual sim (4,8jt belum Ongkir) tapi garansi masih skitaran 9-10 bulan krna bru 2bln dipake,..cuma saya aga ngga yakin dgn g5 karna body fisiknya yg aga ringkih menurut saya ngga tau klo menurut Om herry,..apalg saya yg sering jatuhin hp tanpa sengaja,,,hehehe
    thanks buat Om Herry review G4’nya jd mutusin meminang nih g4 ini,..

    • Herry SW says:

      Pak Jae Makmur,

      Oh Anda di Bitung. Kalau begitu, kasusnya agak spesial deh. Dengan membaca paparan Anda, bisa dimaklumi kalau Anda rela meminang G4 dengan harga agak tinggi.

      Teman kuliah saya ada yang bekerja di Bitung. Saya tak tahu nama perusahaannya. Yang pasti teman saya mengurusi jasa pengiriman kontainer gitu deh.

      Soal G5 SE, fisiknya tidak ringkih sih. Namun, entah kalau berkali-kali terjatuh. Saya tak pernah mencoba menjatuhkannya. 🙂

  149. jae makmur says:

    om Herry belum pernah nyobain make hp Lg v10 ini sih sperti versi sempurnya dari g4, klo bisa riview om, soalnya jarang saya baca artikel yg ngereview V10 ini, cuma klo diyoutube lumayan byk yg review (yutuber luar negri) tp org indo ngga ada yg riview, apa krna kurang laku ya v10 ini di indonesia,…

    • Herry SW says:

      Pak Jae Makmur,

      LG V10 kan tidak beredar resmi di Indonesia. Jadi, ya nggak bisa dibilang kurang laku. Lha memang tidak beredar. Karena tidak beredar resmi itu pula saya tidak mencoba dan me-review-nya.

  150. Rezki says:

    Om Herry,

    jadi ceritanya saya lagi galau nih Om 😀
    niatnya sih kmaren2 saya ingin ngambil LG G4 Baru ketika dana sudah mencukupi, namun ketika saya cari2 LG G4 nya ternyata tidak tersedia lagi di daerah saya(Pekanbaru, riau), dan saya pikir2 lagi kayaknya saya agak berat juga berjudi dengan LG G4 yang baru karena takut bootlove, jadi saya coba cari yg second aja, tapi LG G4 yg second harga jualnya masih cukup mahal2, yg sudah tidak garansi masih 3jt an, dan yg masih bergaransi rata2 diatas 3,5jt an, namun tidak jarang sih ada yg jual murah bergaransi + fullset, tapi saya selalu kalah telat, dengan harga jual yg masih segitu tidak sengaja saya melirik ke LG G5 se yg second, dan saya liat harga pasaran LG G5 se yg 2nd rata2 5jt an, dan entah knapa terfikir oleh saya kayaknya lebih baik ngambil LG G5se yg second dari pada masih berjuang cari2 LG G4 yang baru, atau LG G4 Bekas yg mulus+fullset,

    – Menurut Om Herry harga LG G5se second yang sesuai itu yg brapaan yah, seperti misalnya jika LG G5se yang ada baterai kit dan tanpa batrai kit

    – apakah dengan harga LG G4 baru yg sekitar 5jt dan 3jt an untuk yg second, apakah layak melirik ke LG G5 se second, dan apakah fitur2 LG G5se lebih baik dari LG G4

    atau saya harus lebih bersabar lagi bertahan dengan galaxy s3 mini yg sudah hampir 4 tahun ini 😀

    monggo Om kalau ada saran2 lain yg perlu saya ketahui

    teima kasih, sekian curhat saya 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Rezki,

      Dengan battery kit maksimal Rp 5 juta. Kalau tanpa battery kit silakan dipangkas Rp 400 ribu.

      Kalau anggaran tak masalah, mending G5 SE deh. Perbedaan yang sangat terasa, daya tahan baterai lebih baik.

  151. Rezki says:

    Om Herry,

    kalau keluar imei pas diketik *#06# apakah dijamin keaslian hp nya?

    dan untuk LG G5 se yg keluar 2 nomor imei yah, soalnya saya coba ke hp samsung s3 mini lama saya cuma keluar 1 imei

    trus saya cek di http://www.website imei.info, LG G5 se saya info yg keluar ketika saya masukkan nomor imeinya hanya keluar beberapa sedikit info mengenai hp saja, tidak kayak hp samsung s3 mini saya yg kluar semua info hpnya

    terima kasih~

    • Herry SW says:

      Pak Rezki,

      Tidak. Ponsel palsu pun akan keluar nomor IMEI-nya.

      Informasi yang disajikan situs tersebut tak bisa dijadikan patokan.

  152. Don says:

    Koh mau tanya

    1. Untuk kamera lebih bagus LG G4 atau Huawei P9?
    2. Terus untuk harga seken LG G4 di kisaran berapa ya?
    3. Kok susah ya cari LG G4 yang new di erafone/toko online. Kebanyakan yang distri

    • Herry SW says:

      Pak Don,

      1. P9.

      2. Maksimal Rp 3,5 juta.

      3. Setahu saya, tidak ada G4 bergaransi distributor. Semua yang saya lihat di pasar bergaransi resmi. Ada yang didistribusikan oleh TAM, ada pula yang ditangani SUD.

  153. Riana says:

    Pak Herry mau tanya..,output carger lg g4 1,8 A ya pak? Umpama pakai carger merk lain yg 2 A bisa tidak? Dengan harapan lebih cepat penuh,atau malah ada dampak negatifnya..?

    • Herry SW says:

      Bu Riana,

      Saya sudah lupa output charger-nya berapa Ampere. Anggaplah benar 1,8A, Anda boleh menggunakan charger merek lain dengan output 2A kok. Mestinya takkan berdampak signifikan terhadap kecepatan charging.

  154. Fiqih says:

    pak herry saya mau nanya cara buat ligjt graffiti nya gmna toh pak?
    sblmnya maaf klo commentnya msuk 2 kali pa herry

    • Herry SW says:

      Pak Fiqih,

      Gambaran umumnya begini:
      1. Cari tempat yang gelap.
      2. Lakukan pemotretan dengan mode manual. Kecepatan rana sebaiknya tidak kurang dari 10 detik.

  155. Sutrimo says:

    Pak Herry,
    Saya mau beli LG G4 versi Docomo, apa beda dg versi lokal? LG G4 sdh ada update Marshmallow? Kualitas audio gmn kalo lawan LG G3 atau samsung S5/S6? Krn saya byk file audio hi-res dan pake headphone premium…..makasih

    • Herry SW says:

      Pak Sutrisno,

      Tak tahu. Yang pasti bukan garansi resmi.

      G4 garansi resmi sudah ada update ke Marshmallow.

      Hmm… asumsi pakai headphone ya? Tak tahu.

  156. Maphy says:

    Pak Herry,
    Ada rencana buat mereview MOTO G4 PLUS tidak ?
    Saya lg cari pencerahan ni pak, bingung mau beli LG G4 atau MOTO G4 PLUS.
    Terimakasih.

  157. jo says:

    menurut anda lg g4 sama htc m8 mending pilih yang mana koh, sama sama resmi tapi second

  158. Tony Setyadi says:

    Permisi Pak Herry SW
    Mau Tanya LG G4 harga 1,990 atau Samsung note 3 harga 1,390 keperluannya pengen buat G*jek atau Pak herry punya solusi yang lebih pas. Soalnya lihat di laku6 ada promo untuk LG G4 dan Samsung note 3

    • Herry SW says:

      Pak Tony Setyadi,

      Kalau untuk Go-Jek, idealnya cari yang GPS-nya bagus, 4G, dan baterai tahan lama. Dua ponsel itu tidak memenuhi syarat.

  159. Tony Setyadi says:

    Terima kasih Pak Herry SW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *