Review LG Magna: Layar Lengkung Tak Harus Mahal

Setiap kali mendengar ponsel berlayar lengkung, Anda mungkin akan membayangkan ponsel berharga jual tinggi. Entah Samsung Galaxy Round, Galaxy Note Edge, Galaxy S6 edge, atau Galaxy S6 edge+. Sebagian di antara Anda bisa jadi langsung teringat dengan LG G Flex dan G Flex2.

Padahal, ponsel berlayar lengkung sebenarnya ada pula yang dibanderol kurang dari Rp 2 juta. Misalnya, LG Magna yang harga ritelnya saat ini Rp 1.799.000. Lengkungan layarnya memang kalah ekstrem dibandingkan deretan ponsel lengkung yang dijual mahal. Betapa pun, tetap saja Magna berlayar lengkung. Bukan rata.

LG Magna-1

Cara termudah untuk mengamati layar lengkung Magna, letakkan ponsel itu di bidang datar dalam posisi terbalik. Posisikan mata sejajar dengan dasar ponsel. Terlihatnya suasana di belakang ponsel lewat celah tipis merupakan bukti kalau permukaan layar Magna melengkung.

Alternatif lain, peganglah ponsel secara mendatar. Bagian bodi yang dibekali konektor micro USB berada di kiri, sedangkan sisi bodi yang dilengkapi konektor audio 3,5 milimeter di kanan. Tataplah layar ponsel itu dengan cermat. Terlihat agak melengkung, bukan?

LG Magna-3

Magna hadir dengan layar IPS lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Sama dengan aneka ponsel LG yang kini tersedia di pasar, untuk menyalakan atau memadamkan layar, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali ke permukaan layar. Pengguna juga dapat mengaktifkan kombinasi ketukan layar sebagai password pembuka layar yang terkunci. LG menyebutnya sebagai Knock Code.

Kalau sekadar ingin melihat tanggal, jam, sinyal, atau kondisi baterai, pengguna Magna tak perlu mengetuk layar maupun menekan tombol power. Cukup sapukan jari ke bawah. Titik awal sapuan bisa dari mana saja. Boleh dari bagian atas layar ke tengah, boleh pula dari tengah layar ke bawah. Bagian atas layar akan menyala, seolah mempersilakan pengguna mengintip sepenggal informasi.

LG Magna-4

Sepasang kamera tersedia di ponsel Android 5.0.1 Lollipop itu. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal delapan megapiksel. Sementara itu, kamera di sisi muka ponsel dapat memproduksi foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, masing-masing kamera tersebut sanggup menghasilkan klip video full HD 1080p.

Buat pengguna yang gemar melakukan foto selfie, ada dua fitur yang patut dieksplorasi. Pertama, gesture shot. Saat selfie memakai kamera depan, pengguna bisa menyuruh ponsel memotret tanpa perlu menyentuh tombol apa pun. Pengguna cukup membuka telapak tangan dan mengarahkannya ke kamera. Ketika di layar telah muncul kotak biru, tutuplah telapak tangan. Kamera spontan akan mulai menghitung mundur 3… 2… 1… lalu menjepret.

Fitur kedua adalah front camera light. Kamera depan Magna tidak dibekali lampu kilat. Meskipun demikian, kala selfie di tempat yang kurang cahaya, pengguna bisa memperoleh tambahan pencahayaan. Caranya, saat kamera depan telah aktif, tekanlah ikon lampu kilat. Jendela pemotretan bakal mengecil dan memunculkan bingkai yang memancarkan cahaya tambahan untuk menerangi wajah pengguna.

LG Magna-5

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Magna. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan sejak dikeluarkan dari kardus, sisa memori internal mencapai 3,36 GB. Ponsel dengan baterai non-tanam berkapasitas 2.540 mAh itu juga dilengkapi selot kartu microSD dan radio FM.

Dua selot kartu SIM di Magna mensyaratkan kartu micro SIM. Kedua nomor yang diselipkan bisa siaga bersamaan. Salah satu di antaranya leluasa dipakai berinternet via layanan GPRS, EDGE, 3G, dan HSPA. Pengguna bebas menentukan nomor di selot kartu SIM mana yang diizinkan berkelana ke jaringan 3G. Satu nomor lainnya otomatis berkutat di jaringan 2G saja, sampai suatu saat pengguna mengubah pengaturan di menu ponsel.

Dengan memperhatikan harga jualnya, menurut penulis, Magna cukup menarik untuk dilirik. Ponsel itu nyaman digenggam dan cukup responsif. Layar sentuhnya juga peka terhadap sentuhan. Harus diakui, sesekali Magna terasa tersendat sepersekian detik. Namun, kondisi itu jarang terjadi. Secara umum ponsel tersebut masih pantas dibilang relatif gegas.

Pengurang daya tarik Magna ada dua. Foto-foto yang dihasilkan kamera ponsel itu kurang impresif. Bodi belakang atau back cover ponsel berdimensi fisik 139,8 x 69,9 x 10,15 milimeter dan 137 gram tersebut juga lumayan mudah tergores.

LG Magna-2

Lebih bagus mana dibandingkan LG G2 Mini, L90, dan G3 Beat? Karena Magna merupakan penerus tiga ponsel itu, wajar kalau ada calon pembeli yang mencoba membandingkannya. Penulis tak bisa berkomentar soal G3 Beat lantaran tak pernah menguji pakai ponsel tersebut.

Tersisa G2 Mini dan L90. Menurut penulis, G2 Mini mengungguli L90. Kalau G2 Mini diadu melawan Magna, Magna menang di keindahan tampilan fisik. Tingkat kegegasan ponsel juga unggul tipis.

Sebaliknya, G2 Mini mengalahkan Magna dalam hal kinerja kamera. Di mata penulis, warna yang disajikan layar G2 Mini lebih tajam dan “hidup” daripada layar Magna. Terakhir, G2 Mini dapat difungsikan sebagai remote control TV. Kemampuan serupa tak ditemukan di Magna.

***

Contoh foto yang dihasilkan LG Magna.

LG Magna-6

LG Magna-7

LG Magna-8

LG Magna-9

LG Magna-10

LG Magna-11

LG Magna-12

LG Magna-13

LG Magna-14

LG Magna-15

LG Magna-16

LG Magna-17

LG Magna-18

LG Magna-19

LG Magna-20

Tiga foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

LG Magna-21

LG Magna-22

LG Magna-23

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

LG Magna-24

LG Magna-25

LG Magna-26

321 thoughts on “Review LG Magna: Layar Lengkung Tak Harus Mahal

    1. Pak Welly,

      Kalau Anda memiliki anggaran kurang dari Rp 2 juta dan menginginkan ponsel merek global, LG Magna masih boleh dibeli.

      Namun, bila Anda tidak antipati dengan ponsel merek Tiongkok, Xiaomi Redmi 2 mestinya lebih menarik untuk dilirik.

  1. Kamera depan lumayan bagus ya om..

    Padahal resolusi layar magna lebih tinggi daripada g2 mini, tapi hasil foto nya malah kalah tajam dibanding g2 mini.

    kalo dibanding xiaomi redmi 2, keseluruhan lebih oke mana om? (tanpa melihat fitur 4G)

    1. Pak Radi,

      Iya, kamera depan Magna cukup bagus.

      Tidak ada hubungan antara resolusi layar dan ketajaman hasil jepretan kamera, Pak.

      Kalau tidak keberatan dengan ponsel merek Tiongkok, menurut saya, Redmi 2 lebih menarik.

  2. Sepertinnya pak Herry lupa menulis harga awal disaat baru diluncurkan sebaimana saya beli dgn harga 2.325.000 yang bikin saya kecewa berat harganya anjlok menjadi 1.799.000 tidak sampai satu bulan sejak saya beli.

  3. Pak Herry, saya mau usul. Bagaimana jika di setiap review disertakan test gaming-nya. Dicoba menjalankan game-game kelas berat, seperti Asphalt 8 misalnya. Karena dari situ kita bisa tahu kemampuan yang sebenarnya dari sebuah ponsel. Jika hanya menjalankan aplikasi sosmed atau aplikasi standar lain saya yakin semua ponsel keluaran terbaru bisa mengeksekusinya dengan gegas. Saya sering mendapati kasus sebuah ponsel yang “katanya” secara spesifikasi cukup mumpuni tapi ketika dicoba menjalankan game dengan grafis yang lumayan berat ternyata kewalahan. Atau contoh lain ponsel A & B punya spesifikasi yang mirip, tetapi ketika memainkan game yang sama di ponsel A bisa berjalan normal sedangkan di ponsel B tersendat-sendat. Terima kasih. Majau terus Ponselmu!

    1. Pak Michel,

      Terima kasih atas masukannya.

      Saya biasanya memakai Asphalt 7: Heat yang lisensinya pernah saya beli. Namun, tidak selalu mencobanya mengingat ukuran filenya tergolong besar (hampir 1,5 GB).

      Mengapa saya memilih Asphalt 7: Heat, bukan Asphalt 8? Ada dua alasan. Pertama, saya merasa Asphalt 7: Heat lebih berat. Ponsel yang bisa menjalankan Asphalt 8 dengan lancar belum tentu sukses memainkan Asphalt 7: Heat dengan smooth. Alasan kedua, kan saya sudah beli lisensinya.

      Kalau boleh minta usulan lagi, adakah game yang cukup berat, tetapi ukuran file installer-nya tidak terlalu besar? Ehm… maksimal 200 MB gitu deh.

  4. saya korban LG Magna, beli harga 2.3jt, dapat 3 hari ada promo jadi 1.8jt… di situ kadang saya merasa sedih
    saya pernah pake g2 mini dan g3 beat dan kakak saya pake lg bello, jadi mau curhat dikit nih :
    performa lbh gegas dari g2 mini (os.kitkat) dan g3 beat (os.lollipop),
    kamera belakang : lg g2 mini > lg g3 beat > lg bello > lg magna (hasilnya banyak noise,mengecewakan
    kamera depan : lg magna > lg g2 mini =lg g3 beat = lg bello
    ngecas sama-sama lama…. sekitar 3 jam dari 0%-100%
    fitur2 lebih lengkap lg g2 mini dan g3 beat

    1. Pak Roni,

      Wah, Anda teman senasib dengan Pak Solehoptikcokro.

      Hmmm… tampaknya Anda termasuk penggemar LG. Saya malahan belum pernah mencoba G3 Beat dan Bello. Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman.

    1. Pak Kevink,

      Betul. Itu acara peluncuran Hisense di Jakarta.

      Ehmm… Anda ingin saya me-review ponsel itu atau tidak? 🙂

        1. Pak Kevink,

          Layanan LTE Smartfren sudah memburuk lho. Menurut saya, sisi paling menarik dari Hisense Pureshot adalah kompatibilitasnya dengan layanan LTE seluruh operator LTE di Indonesia pada saat ini.

          1. Oia. Pak herry menurut bapak, lebih baik andromax ec atau es. Soalnya adik saya ulang tahun. Dia pingin hp android. Rencana nya mau buat kado. Hehe

          2. Pak Erwin Pratama,

            Spesifikasi dasar dua ponsel tersebut sebenarnya sama. Saya belum pernah mencoba Andromax Ec maupun Andromax Es. Namun, bila saya tetap dipaksa memilih secara buta, saya cenderung memilih Andromax Es. Alasannya, mengacu kepada pengalaman pribadi, ponsel buatan Hisense biasanya lebih bagus daripada buatan Haier.

    1. Pak Purwanto,

      He… he… itu ceritanya saya dapat hibah dari mama. Mama biasanya pakai Salonpas koyo. Buat variasi, kemarinnya mama beli Salonpas cair. Bayangan dia, Salonpas cair masih seperti dulu. Di ujungnya ada semacam karet. Eh, ternyata desain kemasan Salonpas cair sudah berubah. Tak ada lagi karet. Tak ada pula semacam roll on. Cairan Salonpas langsung keluar lewat ujung botol.

      Singkatnya, mama merasa tak cocok karena jadi sering kepanasan. Salonpas cair itu lalu dihibahkan kepada saya.

  5. Malam Koh Herry..minta pencerahan dong..Dana 2-3jt Pilihan Antara LG ama Xiomi..Kasih Rekomendasi Dong pilihan seri yg terbaik over all diantara 2 merek tersebut..Kamcia Koh..

    1. Pak Amrih,

      Kalau LG, di rentang harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta sebenarnya ada LG G4 Stylus. Namun, ponsel itu masih dalam antrean uji pakai. Jadi, saya belum tahu bagus atau tidak. Kalau mau ponsel bekas, LG G2 boleh dilirik. Harga pasarannya sekitar Rp 2,5 juta.

      Xiomi di harga Rp 2-3 juta? Wah, saya belum pernah mencoba ponsel Xiomi.

  6. Pak herry,
    Apakah menurut bapak LG magna layak beli dengan harga yang disebutkan di atas, adakah ponsel lain yang lebih bapak rekomendasikan dengan rentang harga yang sama.
    Bagaimana dengan ketahanan baterainya
    Terimakasih.

    1. Pak Rahmat N,

      Kalau Anda hanya mau memakai ponsel merek global, LG Magna masih boleh dilirik. Di kisaran harga yang relatif sama, sebenarnya ada dua ponsel merek global yang berpotensi menjadi pesaing:
      * Acer Liquid Jade. Kameranya bagus. Bodinya juga cantik. Namun, ponsel ini sudah diskontinyu.
      * Sony Xperia E4. Daripada ponsel ini, menurut saya, mending beli LG Magna.

      Daya tahan baterai cukup buat pagi sampai malam.

  7. overall oke om..sektor kamera dan bodi belakang saja yang agak kurang menurut saya..kamera masih tergolong standar dan cukup, hanya saja tidak ada manual setting untuk kameranya, tidak seperti redmi 2 di range harga yang tidak jauh beda, cukup puas dengan kinerjanya, hanya di pakai browsing, sosmed dan chat, semoga update software ada dan bisa memperbaiki sektor kamera

    1. Pak Eka Ananta,

      Soal kamera saya setuju.

      Soal bodi belakang, menurut Anda, kurang dari segi apa? Buat saya, desainnya sudah oke. Sisi minusnya, bodi belakang itu ternyata lumayan mudah tergores.

  8. Pak Herry SW,
    Apakah menurut bapak LG magna layak beli, adakah ponsel lain di rentang harga yang sama yang bapak rekomendasikan?
    Bagaimana dengan ketahanan baterainya,
    Terimakasih atas jawabanya,

    1. Pak Rahmat N.,

      Apakah Anda bersedia mencoba ponsel merek Tiongkok? Kalau mau, menurut saya, Redmi 2 lebih menarik. Namun, bila harus merek global, di rentang harga sampai Rp 1,8 juta, Magna masih menjadi pilihan terbaik.

      Baterainya bisa bertahan mulai pagi sampai menjelang tidur malam.

    1. Pak Delavega,

      Saya lebih memilih Redmi 2. Masalahnya, sampai saat ini kan masih ada yang ragu memakai ponsel merek Tiongkok. Nah, mereka patut disodori Magna. Selain bermerek global dan berdesain cantik, Magna dilengkapi fitur ketuk-ketuk layar yang sangat bermanfaat dalam operasional ponsel.

  9. Wah review yg saya tunggu akhirnya nongol juga. Sejak launch pertama pengen ngambil Magna, tapi ragu karena sebagian online store sempat nuliskan specnya sudah LTE, tapi kenyataannya ternyata versi yg masuk Indo tidak ada koneksi LTE.

    Hati2 pak di foto front camera light ada “adegan berbahaya” di shortcut ke Gallerrynya haha.

    Satu2nya yg menghalangi saya ngambil LG Magna adalah tidak adanya LTE, walaupun kelas Samsung dan LG rasanya harga segitu memang masih belum mau memberikan koneksi LTE. Jadi kalau dibandingkan dengan hp seperti Redmi 2 dan Lenovo A6000 rasanya LG Magna “kalah spec”.

    Belitung emang maknyus, apalagi saat saya pergi tahun lalu sekitar bulan Juni-Juli panasnya terik bgt, pulang2 pada sakit rombongan keluarga saya.

    Jadi putusannya jika ambil LG Magna untuk secondary phone cocok ga ya pak?

    1. Pak Liat2aja,

      Yang masuk ke sini memang varian dual SIM – 3G.

      Ha.. ha.. yang terlihat di shortcut ke Gallery itu foto siku tangan kanan saya waktu mencoba gesture shot.

      Iya, kalau diadu dengan Redmi 2, Magna memang terlihat kalah spek. Kalau A6000 saya tak bisa komentar karena belum pernah coba.

      Menurut pemandu lokal yang mendampingi saya, ke Belitung itu yang paling enak justru bulan Mei, Juni, dan Juli, Pak. Ombaknya kecil. Kalau Desember, ombaknya gede banget.

      Boleh. Silakan ambil Magna.

  10. Kalau secara keseluruhan di adu dengan Redmi 2 menang mana pak? (LTE nya di kesampingkan dulu)hehehehe, makasih pak

  11. Slh satu kelemahan LG ada pd penangkapan sinyal pak.. tmn saya yg di kota aja mengeluh.. pke LG gk dpt sinyal 3G.. tp pke hp lain, minimal dpt 1bar 3G.. itu PR lm yg hrs di selesaikan pihak LG menurut saya.. terima kasih

    1. Pak Eguhridho,

      Kebetulan saya agak sering memakai ponsel LG dan selama ini tak mengalami masalah dengan sinyal. Boleh tahu ponsel LG yang dipakai tipe apa?

    1. Pak Tuxlin,

      He… he… tampilan fisiknya memang menggoda.

      Magna tersedia dalam dua pilihan warna: abu-abu dan emas. Saran saya, pilih yang emas karena tampak lebih cantik. Warna emasnya tidak norak.

  12. Pak Herry SW,
    saya tidak masalah dengan ponsel merk tiongkok, saya juga sebenarnya tertarik dengan redmi 2. Tapi yang menahan saya untuk membeli redmi 2 bahwa dari beberapa review yang saya baca redmi 2 punya masalah di notifikasi bbm (notifikasi tidak masuk). Itu sangat penting bagi saya, karena berkaitan langsung dengan pekerjaan. Apakah itu benar pak tentang masalah di notifikasi bbm yang tidak masuk di redmi2?
    Kalau bersedia mohon di jelaskan sisi lebih menariknya redmi2 dibanding LG magna, tentu selain dukungan 4G lte dan harganya yang lebih murah?
    Maaf kalau terlalu panjang pak

    1. Pak Rahmat N,

      Soal notifikasi, bisa diakali dengan “mengunci” BBM supaya tidak “tertidur” saat layar ponsel padam.

      Nilai tambah Redmi 2 dibandingkan Magna (selain LTE dan harga lebih murah):
      * Kamera lebih bagus.

      Nilai tambah Magna dibandingkan Redmi 2:
      * Pusat perbaikan resmi LG masih lebih bagus daripada Xiaomi.
      * Ada fitur ketuk-ketuk layar yang sangat mempermudah operasional ponsel.

  13. masih penasaran mas herry, bagai mana jika lg magna diadu dengan redmi 2 dari semua sisi, seperti after seles, build quality, dan lain lain, mengingat harga tidak terpaut jauh,

    1. Pak Alfian,

      After sales di sini apakah maksudnya layanan pusat perbaikan resmi? Kalau iya, menang LG daripada Xiaomi.

      Built quality: imbang. Magna mendapatkan nilai plus karena desainnya lebih cantik.

      Lain-lain:
      * Redmi 2 unggul di layanan LTE dan kamera yang lebih bagus daripada Magna.
      * Magna unggul di fitur ketuk-ketuk layar.

  14. share aja oom her, kalo redmi 2 kelemahan utamanya GPS susah nge-lock foto dengan flash hasil akan kekuningan. kalo di magna gimana oom gps flashnya?

    1. Pak Reymon,

      Soal GPS, saya tak mengalami masalah waktu memakai Redmi 2.

      Kalau lampu kilat, iya… agak kuning. Saya baru menyadarinya belakangan karena jarang mengaktifkan lampu kilat.

      Di Magna sih secara umum baik-baik saja. GPS-nya tidak supercepat dalam nge-lock lokasi. Namun, masih dalam batas-batas yang bisa ditoleransi. Kurang dari satu menit sudah bisa ngunci.

  15. Pak hsw
    Saya ingin bertanya lagi
    Bagaimana perbandingan kamera belakang ataupun depan diantara beberapa ponsel ini
    1. Nokia lumia 730
    2. Huawei honor 4c
    3. Lg g2 mini
    4. Lg g3 mini
    5. Samsung galaxy j5

    Terima kasih untuk responnya
    Maap banyak bertanya bbrp hari ini pak

    1. Pak Jem,

      * Tidak ada ponsel LG G3 Mini. Galaxy J5 masih dalam proses uji pakai, sedangkan Honor 4C cuma sempat mencoba kamera belakangnya. Itu pun hanya sebentar.

      * Jadi, yang bisa saya komentari baru Lumia 730, G2 Mini, dan sedikit Honor 4C. Kamera depannya saya condong ke Lumia 730, sedangkan kamera belakangnya condong ke G2 Mini.

    1. Pak Anthony,

      Tidak, Pak. Saya sempat akan me-review-nya. Saya bahkan sudah membungkus satu unit ponsel itu. Baru saya gunakan sehari, saya putuskan langsung menjualnya dan tidak melanjutkan review. Sebab, saya sudah kecewa berat dengan performa Alcatel onetouch Flash Plus. Penerimaan sinyalnya lemah. Untuk sebuah ponsel, itu adalah kekurangan yang fatal banget.

      Sampai malam ini, Flash Plus merupakan ponsel paling mengecewakan yang pernah saya coba selama 2015.

    1. Pak Hendra,

      Bergantung pemakaian sih. Kalau Anda sehari-hari aktif memakai BBM dengan banyak grup, Line, Facebook, dan aneka media sosial lainnya secara simultan, RAM 1 GB akan kurang. Namun, kalau pemakaian Anda tak sampai seberat itu, RAM 1 GB masih oke kok.

  16. Saya udah 2 bulan pakai LG Magna dan cukup puas. Tapi sayangnya kalau dipakai internetan pakai wifi di kampus yg ada username dan passwordnya sering log out sendiri. padahal temen saya pakai merk sebelah tidak ada masalah dan internetnya lancar.

    1. Pak Bagus,

      Selama memakai Magna, saya sempat menyambungkan ponsel itu dengan akses Wi-Fi di dua hotel yang berbeda. Keduanya memakai password. Saya juga sesekali menghubungkannya ke mifi yang dilengkapi password. Hasilnya, koneksi lancar. Tak ada masalah.

  17. Selamat malam Pak Herry, saya ingin tanya untuk dealer resmi LG diSurabaya alamatnya dimana ya? untuk resolusi layarnya jika dibandingkan dengan LG G4stylus lebih baik mana Pak?
    Oh, iya pak Herry tadi saya sempat mendengarkan siaran pak Herry di 103.8FM Prima Radio surabaya, serasa nostalgia bisa mendengarkan suara bapak menggema diudara. apakah bapak akan muncul lagi di Prima Radio lagi?

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      Kalau di WTC, Anda bisa ke Garuda Teknik di lantai 1 dan 2, Peace Cell di lantai 3, dan LG Brand Shop di lantai 1.

      Resolusi layar LG Magna dan G4 Stylus sama-sama 1.280 x 720 piksel.

      Wah, tadi pas mendengarkan Prima Radio ya? Tadi waktu dihubungi oleh kru radio tersebut, saya malahan baru dengar nama Prima Radio. Oh, itu wawancara insidental kok, bukan program reguler.

      1. saya kira itu acara regular pak. semoga saja Prima Radio bisa mengajak bapak untuk buat program sejenis Bincang Selular seperti beberapa tahun yang lalu.
        apakah di LG Brand Shop disediakan unit demonya pak?

        1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

          Demo unit apa? LG Magna? Sampai minggu lalu yang dipajang hanya dummy, bukan live demo unit. Entah kalau sekarang.

          Kalau LG G4, ada live demo unit yang benar-benar bisa dioperasikan.

    1. Pak Fajar,

      Saya belum pernah coba A7000. Kalau Redmi Note pernah coba dan layak beli. Masalahnya, Redmi Note bergaransi resmi sudah tak ada di pasar. Pesan saya, jangan membeli Redmi Note tanpa garansi resmi.

  18. Redmi 2 Prime sepertinya jadi diluncurkan dengan harga sama dengan LG Magna. Jadi bingung pilih yg mana, LG lebih menarik tanpa LTE sedangkan Redmi 2 Prime sudah lebih tinggi specnya dengan kapasitas 2GB+16GB nya.

    Sambil nunggu Redmi 2 Prime mulai dijual resmi daaaah…

  19. Wah asik LG G4 Stylus nantinya bakal direview ya P Herry? Udah saya tunggu2 tuh hehehe.Maaf oot kalo hp merk Xiaomi yg bagus tipe apa ya? Trus kalo modem andromax M2P apakah bisa diisi kartu lain yg mendukung 4G? Trims

    1. Pak Han,

      * G4 Stylus masih antre.
      * Tipe tertinggi yang sudah beredar resmi di sini Xiaomi Mi 4i. Kalau bicara kesepadanan antara harga, fitur, dan kinerja, saat ini Redmi 2 yang terbaik.
      * Tidak bisa. Sementara jangan beli mifi LTE Smartfren dulu, Pak. Lha layanan LTE-nya sudah memburuk.

  20. Pagi ko herry punten sy mw tanya, sy kan pake xiaomi redmi 2, awal2 nya bagus gegas, setelah bbrp bulan kedepan tiba2 hp xiaomi sy suka lemot kadang suka macet ga merespon saat disentuh layar nya. Padahal setiap ada pembaharuan dari MIUI suka sy perbaharui… Barangkali ko herry tau punten hp nya harus diapakan ya??

    1. Bu Sinta,

      Untuk memastikan yang bermasalah layarnya atau bukan, coba lakukan factory reset dulu. Bila layar tetap sering macet, berarti yang “sakit” adalah hardware-nya. Silakan segera membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi.

        1. Pak Budi,

          Saya sedang dalam masa “uang ketat” nih. Kontrakan rumah saya segera habis dan harus membayar biaya perpanjangan. Jadi, harus berpikir panjang buat beli-beli.

  21. Pak, mau tanya ttg tablet/hp, yg rekomendid utk keperluan sosmed/online shop dan foto, apa ya?
    Barusan lihat di blibli ttg asus :
    Asus Zenfone 2 ZE551ML Hitam [32GB/4GB/Garansi Resmi]
    Rp 9,999,000
    Rp 3,997,000 61% OFF
    CICILAN 0%
    mnrt bpk worth it gk? Trims sblmny
    Mnrt boj

    1. Bu Nelly,

      Harga yang diinformasikan menjebak banget tuh.
      * Sejak kali pertama muncul sampai sekarang, harga awal Zenfone 2 tidak pernah menyentuh Rp 9.999.000.
      * Dibilang diskon 61 persen menjadi Rp 3.997.000 ya? Lha sekarang harga resminya sudah di bawah itu kok. Saya lupa saat ini Rp 3.599.000 atau Rp 3.699.000. Intinya, harga normal pun lebih murah daripada harga yang dibilang diskon 60 persen tersebut.

      Saya sendiri pernah menguji pakai varian Zenfone 2 tersebut. Menurut saya, ponsel itu tidak sebagus yang digembar-gemborkan. Mending jangan beli deh.

  22. Pak Herry, kalau boleh saya rekomendasikan game untuk dites. Coba kritika deh pak. Selain gamenya seru, file juga tidak terlalu tinggi (Di g2 mini saya 400an mb)

    Adik perempuan saya punya magna. Tapi kok menurut saya bagusan kamera belakang magna dari g2 mini ya? Hehe

    1. Pak Robert,

      Terima kasih atas usulannya soal Kritika. Ini sedang saya unduh.

      Menurut saya, kamera belakang G2 Mini justru lebih bagus daripada Magna.

  23. Pak, mau tanya ttg tablet/hp, yg rekomendid utk keperluan sosmed/online shop dan foto, apa ya?
    Barusan lihat di blibli ttg asus :
    Asus Zenfone 2 ZE551ML Hitam [32GB/4GB/Garansi Resmi]
    Rp 9,999,000
    Rp 3,997,000 61% OFF
    CICILAN 0%
    mnrt bpk worth it gk? Trims sblmny

    1. Bu Nelly,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja. Saya sudah menjawabnya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  24. HSW, dalam rentang harga max 3 juta, RAM 2 Gb, hp global apa ya recommended. Sebenarnya tertarik milik keluarga Acer mengingat service center nya yg memuaskan, tapi sayangnya belum LTE. Juga jangan Samsung atau Xiaomi. Thx

    1. Pak Ivan Nug,

      Hmm… awalnya saya mau merekomendasikan Xiaomi. Namun, ternyata nggak mau ya.

      Acer sebenarnya ada Liquid X1 yang harga barunya terakhir Rp 2,999 juta. Namun, saya belum pernah coba.

  25. Pak, kalau dibanding samsung galaxy grand prime bagus mana Pak ? Harga kedua HP tersebut masih masuk dalam range budget saya.

    1. Pak Darius,

      Dua HP yang dimaksud Galaxy Grand Prime dan apa ya?

      Kalau saya, daripada membeli Galaxy Grand Prime, lebih baik membeli Xiaomi Redmi 2. Harga Redmi 2 lebih murah, kinerja lebih bagus, dan sudah mendukung LTE.

  26. kapan review Sony Xperia E4g?
    sudah launching di Indonesia,dan di jual di matahari store
    ane lihat reviewnya kaget gan,ram 1 gb di antutu bisa nembus 32 rb an dan Soc lebih bagus drpada Snap 410

    1. Bu Phuput,

      Mesti lihat tipe per tipe sih. Tidak bisa dipukul rata. Secara umum, untuk kualitas produk, Acer dan Lenovo relatif imbang. Sedangkan dalam hal layanan pusat perbaikan resmi, Acer yang jadi juara. Asus? Mending coret deh.

    1. Pak Delavega,

      Tidak. Saya pernah towel-towel sebentar dan tidak nyaman dipegang. Kalau beli, nggak berani. Harganya setara sepeda motor baru.

  27. Kpd yth. Pak Herry, saya mau tanya LG Magna kalau dibanding Acer liquid Jade/Samsung galaxy grand prime lebih recommend yang mana? Saya mau belikan hp baru buat istri kebutuhan WA/BBM/SocMed tadinya mau sy belikan redmi 2 , tapi sy sbg pengguna redmi 1s kurang dgn interface miui wa/bbm notif suka lambat walau sdh dikunci, terima kasih.

    1. Pak Emir,

      Coretlah Galaxy Grand Prime. Dengan kebutuhan seperti itu, saya menyarankan Anda membeli Liquid Jade warna putih. Ya, yang putih. Sebab, terlihat lebih cantik dan seksi daripada yang hitam. Pengguna wanita mestinya akan menyukainya.

  28. Pak herry, ada rencana mau review lenovo vibe shot? Saya masih bingung mau ambil vibe shot atau oneplus one 64gb. Overall sih saya lebih mentingin kamera nya

  29. Pak herry, tolong dong rekomendasinya. Saya mau beli tablet dengan budget 1,5 juta. Kira kira yang worth dengan harga segitu apa ya pak? Kalau advan x7 bagus tidak menurut pak herry?

    1. Pak Ikipyon,

      Waduh, jangan sekali-sekali membeli tablet Advan deh. Kecuali, Anda ingin cepat beli tablet baru lagi. 🙂

      Dengan harga segitu, silakan mempertimbangkan Acer Iconia Tab 7 atau HP 7 Voice Tab. Review dua tablet itu ada di blog ini kok.

  30. Maaf kemarin saya tanya kurang jelas Pak. Maksud saya LG Magna dibandingkan Samsung Galaxy Grand Prime Pak. Bagusan mana ya ?

    Thanks Pak.

    1. Pak Darius,

      LG Magna. Namun, kalau Anda mencari yang kameranya lebih bagus, mending ambil Xiaomi Redmi 2. Lebih murah, kamera lebih bagus, dan sudah LTE.

  31. Selamat malam Pak Herry, stlh saya baca komen2 di atas, apa benar Redmi 2 Prime akan mulai dijual besok, 22 September Pak?
    Jika iya, penjualan akan dilakukan di mana atau di web apa Pak?
    Soalnya saya baru beli Redmi 2, belum sebulan Pak… Jd berasa miris… Hahaha…
    Saya suka bgt sih Redmi 2 ini, terutama dr segi fisiknya, pas di genggaman tgn, ketajaman layar dan kualitas kamera okelah, cuma memang dgn RAM yg hny 1Gb, HP ini bnr spt yg Pak Herry sebutkan di atas, tdk mampu utk banyak sosmed hehe…

    1. Pak Edwin,

      Benar. Redmi 2 Prime mulai dijual hari ini di mi.com/id. Namun, untuk bertransaksi harus memasukkan F-Code yang dikirimkan ke email Mi Fans terpilih.

      Penjualan tanpa F-Code mulai 28 September 2015 yang sayangnya dilakukan via Lazada yang layanannya saya nilai amburadul banget.

  32. Pak Herry, Apakah bapak tau kisaran harga Asus Zenfone Selfie ZD551KL?
    Asus Zenfone Selfie ZD551KL di banding LG G3 lebih bagus mana?
    bingung antara 2 handphone tersebut..
    mohon bantuannya, terimakasih

    1. Pak Bernard_ands,

      Maaf, saya tak tahu harga Zenfone Selfie. Saya juga tak tahu lebih bagus mana dibandingkan G3.

      Kalau boleh menyarankan, jangan beli tablet dan ponsel merek Asus deh. Ngeri.

  33. Kalau pilih g2mini atau magna menurut bapak lebih pilih yang mana? Kasih plus minusnya

    Coba review galaxy j5 pak, sepertinya bakal jadi smartphone yg di cari-cari kaum hawa

    1. Pak Aa,

      Saya lebih memilih G2 Mini daripada Magna dengan alasan:
      * Ada fitur remote control TV.
      * Hasil jepretan kamera, dalam hal ini kamera belakang, lebih bagus.

      Galaxy J5 memang akan saya review.

  34. Bung Herry, saya sedang mencari power bank Delcell. Untuk Delcell P40 apakah di pasaran masih ada. Kalau ada di mana membelinya. Kebetulan saya butuh powerbank yang senternya terang. Ada iklan di salah satu situs jual beli harga delcell 16000 mAH = 235.000. Apakah harga ini masuk akal atau tidak. Terima kasih Bung Hery.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Delcell P40 mestinya sudah diskontinyu.

      Delcell 16.000 mAh dengan harga Rp 235 ribu? Kalau sedang promo, harga itu masih masuk akal sih.

    2. Ko herry, saya minta ijin coba bantu pak tri ya.

      Pak tri, kl ga masalah belanja online, powerbank delcell bisa dibeli di web nya delcell.com
      Disitu jg Ada promo2 dan merk powerbank lain.

      Until tipe p40, disitu sepertinya msh Ada stock ga banyak.

  35. Ko Herry,
    Saya lihat di gbr ada ikut launching Hisense Pure shot di JKT & saya ingin minta bantuan informasi yg mungkin ko Herry tahu ataupun tdk. Apakah Hisense Pure shot tsb bisa memakai SIM card 4G GSM atau tdk? Saya lihat2 review di google,ada yg bilang bisa & ada yg blg tdk bisa. Anak saya yg selama ini memakai Andromax U ingin menganti hpnya dgn Hisanse pure shot,hanya saja hrgnya ia merasa agak mahal. Terim kasih atas penjelasan ko Herry nanti.

  36. Pak Herry,

    Saya salah satu pembaca baru di website bapak, saya punya pertanyaan yang “maaf” melenceng dari topik di atas.
    Saya saat ini lagi bingung karena saya ingin hijrah (ganti) dari hand phone samsung galaxy S4 saya, dengan budget yang menurut saya sedikit dengan kisaran 3-4 juta rupiah,
    Mohon bantuannya HP apa yg bapak prefer untuk kisaran harga itu.

    Terimakasih sebelumnya atas sarannya

    1. Pak Puji Apriliono,

      Saat ini belum ada ponsel baru yang benar-benar nendang di kisaran harga tersebut. Sebenarnya ada LG G2 yang layak beli, tetapi itu ponsel keluaran dua tahun lalu. Alternatif lain, LG G3 bekas dan Samsung Galaxy S5 bekas.

      Saran saya, kalau masih bisa bersabar, lebih baik bertahan dulu dengan Galaxy S4. Kalau sudah sangat ingin ganti, silakan melirik Xiaomi Mi 4i saja. Harga barunya Rp 2,799 juta.

  37. Apakah Pak Herry berniat membeli melalui mi.com? Atau mgkn Pak Herry sblmnya pernah belanja dr sana?
    Pengirimannya lama tdk Pak?

    1. Pak Edwin,

      Tranaksi via Mi.com/id baik-baik saja kok. Pengiriman biasanya dilakukan 1-2 hari sejak tanggal lunas. Nah, tanggal sampainya bergantung kota tujuan.

  38. Waah mau review J5 juga pak? Kapan mau direview nih? Hehe. Ditunggu banget loh review vibe shot nya. Masih galau antara vibe shot sama oneplus one nih

  39. Btw kelupaan nih pak. Berhubung oneplus one cuma tersedia online, bapak bisa rekomendasiin online shop selain lazada gak? Saya jadi takut mau beli2 di lazada gara” kasus sabun itu

    1. Bu Mira,

      Sebelum ada kasus sabun pun, saya sudah enggan berbelanja di Lazada kok. Terlalu banyak masalah.

      OnePlus One sudah dijual resmi secara offline. Penjualnya biasanya toko yang menjadi diler Oppo di kota-kota besar. Boleh tahu Anda di kota mana?

  40. maaf out the topic ya…..
    koh Herry,
    ulasan2 anda sangat tajam dan menarik bagi pengguna android awam seperti saya, sy perlu ponsel android yg kameranya bagus, whatsapp, bbm, enak buat browsing, berkirim e-mail, dan terkadang maen game dengan budget sedang 2-3 juta kira2 ponsel apa yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli ya?
    terima kasih

    1. Pak Arif,

      Dengan kriteria seperti itu, yang paling mendekati adalah Xiaomi Mi 4i. Satu hal yang perlu diketahui dari awal, daya tahan baterainya tak terlalu lama sehingga Anda perlu membawa charger/power bank. Bodi ponsel kadang juga terasa hangat.

  41. Maaf Pak Herry OOT nih…kalau kualitas HP Vivo secara umum bagaimana Pak? Apa sekelas samsung dll dr brand ternama atau bagaimanabagaimana? Trn ksh Pak Herry

    Nimbrung dikit Pak soal Smartfren Hisense Pure Shot. Kebetulan beberapa hari yg lalu saya ke gallery Smartfren utk service kesekian kalinya andromax V saya. Saya sempat ditawari CS nya Pure Shot dan dikotaknya memang tertulis bisa 4G GSM juga dan dibenarkan oleh CS nya juga. Tapi saya sendiri ga pernah coba juga sih 🙂

    1. Pak Rizal,

      Saya baru menguji pakai dua ponsel Vivo. Secara umum keduanya sama-sama oke sih.

      Sama. Saya juga belum pernah menguji pakai Pureshot. Btw, Andromax V Anda rusak apanya lagi?

  42. Pak Herry,

    Mohon maaf karena melenceng dari tulisan;
    Maksud bapak layanan 4G smartfren sudah memburuk bagaimana ya? Saya baru saja membelikan modemnya utk adik saya yg sebentar lagi akan mendaftar kerja secara online.. apa artinya ini sia-sia saja?

    Kemudian, maksud bapak asus itu jelek juga bagaimana ya? Saya sudah menggunakan asus padfone s selama 9 bulan, dan selama ini belum pernah mengecewakan.

    Terima kasih.

    1. Pak Hari,

      Yang saya maksud layanan 4G Smartfren sudah memburuk:
      * Kecepatan yang didapatkan lebih rendah daripada Juni-Juli lalu.
      * Stabilitas layanannya juga memburuk. Sekarang lumayan sering bengong. Terkoneksi, tetapi tak bisa untuk browsing, email, dll.

      Dibilang sia-sia sih tidak. Namun, kondisi terkini sudah tidak sebaik sebelumnya.

      Asus jelek itu bagaimana? Kalau suatu ketika Anda berurusan dengan pusat perbaikan resmi Asus, Anda akan mengetahui hal yang saya maksud. Distribusi dan kontrol harga terhadap ponsel Asus juga buruk. Diumumkan kalau harganya, sebut saja, Rp 3 juta, tetapi kenyataan di pasar semua toko menjual dengan harga lebih dari Rp 3 juta.

  43. Selamat siang pak herry. Saya berencana membelikan ponsel lenovo untuk saudara saya. Lenovo a 7000 . Menurut pak herry ponsel itu gimana? Garansi lenovo bagus ya? Sebagus ponsel garansi ponsel acer ya pak hery? Terimakasih banyak sebelum nya udah bapak bantu

    1. Pak Yudi,

      Saya belum pernah mencoba A7000. Jadi, tak tahu bagus atau tidak.

      Layanan garansi Lenovo kalah bagus dibandingkan Acer.

  44. Selamat Malam Pak Herry, Saya ada beberapa Pertanyaan n Mohon kiranya di jawab ya…!?
    1. Mau nanya nih kira2 LG MAGNA Cocok gak buat Saya yg Aktif di Jejaring Sosial (FB, BBM, WhatsAp & Line)…?
    2. Buat Saya yg Doyan dengerin Musik, kira2 gmn dgn Kualitas keluaran Suara dari Speaker LG MAGNA, lumayan Nendang atau gak…?
    3. Rekomendasi Hp yg lain selain LG MAGNA direntang Harga yg sama sesuai dgn 2 Kriteria yg Saya sebutkan tadi kira2 Hp apa ya Pak…?
    Di tunggu Jawaban dr Pak Herry, Terima Kasih Banyak sebelum dan sesudahnya…!
    Semoga Sukses/Sehat selalu 🙂 (y)

    1. Pak Wisnu Putra,

      1. Dengan kebutuhan seperti itu, carilah ponsel dengan RAM minimal 2 GB. LG Magna tidak cocok.

      2. Saya tak tahu seberapa tinggi standar Anda terhadap musik. Suara yang keluar dari speaker Magna biasa-biasa saja. Tidak superbagus. Sama dengan mayoritas ponsel di kelas Rp 1 jutaan deh.

      3. Beli Xiaomi Redmi 2 Prime saja deh. Harga barunya Rp 1,799 juta.

  45. Andromax V saya terkena Encyption Unsuccessful Pak. Sama seperti pengguna Andromax V lainnya. Dulu sempat rusak bootloop logo. Iseng iseng saya bawa ke gallery kemudian dikirim ke Jawa dan hasilnya mau menyala kembali bahkan oleh CS nya dianggap garansi dgn perbaikan penggantian layar. Seminggu pemakaian Max V saya kembali ke factory reset dgn sendirinya. Kejadian ini selalu berulang setiap 1 minggu jika hp dicharge dalam keadaan mati. Selama 3 bulan memakai tanpa pernah hp dimatikan akhrinya terkena EU tsb Pak. Dari CS smartfren Banjarmasin katanya software utk flash Max V sdh tidak ada lagi (mungkin krn dianggap hp jadul kali ya hehe) jd mesti kirim ke Jawa lagi dgn biaya yg tdk gratis lagi. Melihat pengalaman pengguna Max V yg terkena EU kebanyakan oleh pihal SC Smartfren disuruh ganti mesin jd saya urungkan perbaikan Max V saya. Sekarang coba pakai Vivo Y15 karena budget lagi minim hehe. Thanks Pak Herry 🙂

  46. Gak ada yg spek bagus pak di acer yg lte. Akhir nya saya ambil xiomi mi4i. Jadi melenceng dari budget semulah. Gak jadi ambil lenovo. Kalau xiomi gitu garansi in nya oke kan pak? Makasi info nya pak

    1. Pak Yudi,

      Xiomi Mi 4i? Wah, spesifikasinya seperti apa, Pak? Jadi penasaran. Yang selama ini saya kenal Xiaomi Mi 4i. 🙂

      Garansi Xiomi saya tak tahu. Kalau garansi Xiaomi, tergolong lumayan. Belum bisa dibilang bagus.

    1. Pak Hendrianto,

      Kalau saya sih harus mencoba langsung barangnya dulu. Sebab, kinerja nyata kadang tidak selaras dengan spesifikasi di atas kertas. Namum, jika dipaksa memilih, saya pilih yang kedua.

  47. Selamat Siang Pak Herry, Terima Kasih Banyak udah di jawab Pertanyaan dari Saya, oh iya apakah XIAOMI REDMI 2 PRIME dijual secara Offline jg krn Saya kan tinggal di luar Pulau Jawa ( Lebih tepatnya di SulSel Makassar) n Ragu2 Belanja Hp lewat Online !?
    Terima Kasih sebelum dan sesudahnya ya Pak Herry ( Maaf pertanyaannya kebanyakan ) 🙂

    1. Pak Wisnu Putra,

      Sampai saat ini, Redmi 2 Prime bergaransi resmi belum dijual offline. Saya yakin kelak akan tersedia secara offline juga.

  48. Sekali lagi Terima Kasih banyak atas semua Jawaban dari Pak Herry yg jelas sangat membantu Saya dalam memilih Ponsel yg Cocok untuk Saya !
    Sukses selalu buat Pak Herry n jg Blog ini ! 🙂

  49. pak saya mau nanya, menurut pak herry lebih bagus LG magna atau xiaomi redmi 2/redmi 2 prime? terutama untuk layar dan kamera. dan tidak mementingkan harga pak.

    1. Pak Reza Maulana,

      Redmi 2 Prime saya belum bisa berkomentar karena belum uji pakai.

      Dengan memperhatikan dua faktor itu, saya lebih condong ke Redmi 2.

  50. hallo pak HSW. pak saya mau tanya. menurut bapak lebih baik LG Magna atau asus zenfone 2 (spec terendah) atau samsung J5? tapi jangan dilihat dari koneksi 4G .

    oh iya trus apa benar LG magna tidak bisa 4G LTE? yang saya liat spec di internet kok ada ya pak. makasih pak maaf.

    1. Bu Nelah Roswati,

      Asus silakan dicoret dulu. Tanpa melihat harga dan koneksi 4G, Galaxy J5 lebih oke. Kalau kesepadanan harga juga dilihat, Magna lebih menarik daripada Galaxy J5.

      LG Magna yang beredar di sini versi dual SIM – 3G, bukan single SIM – LTE.

  51. Pak Herry saya tertarik sm LG Magna ini,”bekas” punya Pak Herry masih ada kah?
    Kebetulan saya mau menganti LG L70 saya,recommended tidak? Hehehe
    Saya mencoba masuk situs ubaya.com kok tidak bisa ya,apakah servernya sedang down?

    1. Pak Bondan,

      Sudah tak ada.

      Barusan saya coba masuk, Ubaya.com bisa dibuka kok. Namun, karena tak ada barang yang sedang dijual, situs itu kosong melompong.

  52. Lg magna bisa kirim email pake attach files ga ya? Btw bagusan mana antara lg magna, oppo neo 5 ama xiaomi redmi 2? Sebelumnya saya pake lenovo a536, tapi ga bisa attach files word/excel di email, padahal udah donwload es file exploree. Makasih sebelumnya 🙂

    1. Bu Aila,

      Attachment foto bisa. Kalau Word atau Excel, saya tidak pernah coba.

      Oppo sih coret dulu saja. Ngapain beli ponsel yang cara jualannya nggak jujur.

      Saya lebih cenderung ke Redmi 2 daripada Magna.

  53. Pagi pak herry, mau nanya lagi pak hehe. Di review bpk yg ini: Review LG L90 Dual dan LG G2 Mini: Ponsel
    Kembar Tidak Identik
    Ada keterangan seperti ini:
    ” Ini sepertinya kutu alias bug di firmware
    ponsel. Kalau ponsel menerima SMS saat sedang
    dipakai bertelepon, maka usai percakapan berakhir,
    ponsel akan mendadak lambat. Layar L90 maupun G2
    Mini menjadi tidak responsif. Solusinya, ponsel harus
    dipadamkan dulu sesaat, lalu diaktifkan lagi. Ingat,
    wajib benar-benar dipadamkan, bukan sekadar
    restart.”

    Itu terjadi di LG magna juga ga pak?
    Sekarang pilihan saya jatoh ke LG G2 mini vs LG Magna, cuma bug diatas menurut saya agak mengganggu ya kalo terjadi terus di G2 Mini, soalnya pekerjaan saya sbg marketing aktif sekali nerima telpon, & sering juga terjadi sms masuk saat lagi nelpon, kalo setiap itu terjadi mesti matiin hp terus ya repot juga hehehe..
    Trims

    1. Pak Juna,

      Tidak terjadi di Magna.

      Kalau di G2 Mini, saya kurang tahu kondisi terkini bagaimana. Seiring munculnya update firmware, bug itu bukan mustahil sudah diobati. 🙂

  54. Pak herry….sy pemakai LG g3 sylus..rencananya pengen ganti LG magna…kira2 Magna apakah lebih baik or lbih buruk dari G3 stylus?…ato ada rekomendasi selain magna ? (Pilihannya dari merek samsung,LG dan lenovo)..trimakasih..

    1. Bu/Pak Zanuba,

      Wah, kalau dari G3 Stylus hijrah ke Magna, nggak akan terasa meningkat signifikan. Cuma terasa lebih enak digenggam saja.

      Karena Anda menyebutkan Magna, saya asumsikan anggaran Anda sekitar Rp 1,8 juta. Samsung di kisaran segitu kurang sip. Kalau Lenovo A6000 Plus, tetapi saya belum pernah coba. Bagaimana kalau melirik Xiaomi Redmi 2 Prime saja? Biarpun merek Tiongkok, ponsel itu bagus kok.

  55. pak .. mana yang lebih baik? LG magna atau samsung galaxy Grand? karena saya liat spesifikasi nya lumayan sama walau banyak perbedaan.

    1. Bu Nelah Roswati,

      Lebih baik Magna daripada Galaxy Grand.

      Di rentang harga yang sama, ada Xiaomi Redmi 2 Prime yang lebih menarik daripada Magna.

    1. Bu Wenny,

      Kalau Anda mengutamakan kamera, saran saya, mending coret keduanya dan beralihlah ke Xiaomi Redmi 2 Prime.

  56. wah ada review nya nih, kebetulan saya trtarik beli magna ini, mo nanya nih pak, kbetulan kebutuhan sy di hp itu cuma bbm, whats app, line, email, sama browsing aja, kalo berkenan sy punya prtanyaan nih pak..

    1. lg magna ini gampang panas nggak pak kira2 dgn penggunaan sprti diatas ?

    2. kalo dibandingin mediatek di lg magna ini kalo
    dibandingin sama snapy 410 di J5 ato device lain kinerja ny gmana ya?, apa benar katany kalo mediatek itu lebih adem ya pak?,,

    3. battere nya tahan seharian nggak pak kira2 dengan pemakaian seperti diatas?,,,bapak sendiri screen on time ny di lg magna ini dapat berapa jam-an ya pak kalo boleh tau?

    4. dengar2 pesan dr line ato WA suka pending masuknya di lg magna ini?

    thx..

    1. Pak Joko,

      Dengan kebutuhan seperti itu, saya menyarankan Anda tidak membeli LG Magna maupun Samsung Galaxy J5. Carilah ponsel dengan RAM minimal 2 GB dan prosesor minimal quad core.

      Sekarang saya menjawab satu per satu pertanyaan Anda.

      1. Tidak panas. Namun, ponsel bakal keteteran. BBM dan Line itu lumayan rakus RAM. Belum lagi aplikasi lain. Karena itu, saya menyarankan Anda minimal mencari ponsel dengan RAM 2 GB.

      2. MediaTek saat ini sudah jauh lebih bagus daripada bertahun-tahun silam. Jadi, tak perlu ragu dengan ponsel berprosesor MediaTek lagi. Benar, MediaTek biasanya cenderung lebih adem dibandingkan Snapdragon, apalagi Intel.

      3. Saya rasa takkan bertahan seharian. Perilaku pemakaian saya tidak supertinggi. Kebiasaan saya dalam memakai aneka ponsel Android, screen on per hari sekitar tiga jam. Itu bukan berarti ponselnya hanya sanggup segitu, melainkan karena intensitas pemakaian saya yang segitu.

      4. Saya tidak memakai Line. Kalau WhatsApp, sehari-hari rutin pakai dan selama menggunakan Magna tidak mengalami pending kok.

  57. Selamat Siang Om Herry,
    saya ingin menanyakan perbandingan antara LG Magna ini dengan Samsung J5, mengenai harga memang terpaut cukup banyak, tapi jika kebiasaan saya hanya menggunakan wa, bbm dan browsing, lebih baik memilih LG Magna atau Samsung J5? Dan untuk layanan service center-nya bagimana?
    Terima kasih

    1. Bu Resya Putri,

      Kalau Anda rutin memakai WhatsApp, BBM, dan browsing, lebih baik Anda tidak memilih dua ponsel itu.

      Karena Anda menyebut Samsung Galaxy J5 yang harga barunya Rp 2,799 juta, saya asumsikan Anda memiliki dana sekitar Rp 2,8 juta. Beberapa alternatif yang lebih tepat untuk Anda:

      1. Xiaomi Redmi 2 Prime. Harga baru Rp 1,799 juta. Layanan pusat perbaikan resminya lumayan.

      2. Infinix Zero 2 LTE. Harga baru Rp 2,499 juta. Hal yang paling menonjol, RAM-nya 3 GB. Kualitas layanan pusat perbaikan resmi masih misterius.

      3. Hisense Pureshot. Harga baru Rp 2,699 juta. Kualitas nyata layanan pusat perbaikan resmi belum diketahui.

      Review ponsel-ponsel di atas dapat cari di blog ini.

      1. Bisa bangkrut lama2 merk2 ternama ini kena merk2 biasa dengan spek diatas jauh dari merk2 ternama dan harga murah

        Pak herry belum ada ponsel triple sim yang masuk indonesia ya pak?

        1. Pak Yudi,

          Sudah lama masuk kan yang triple SIM. Kalau Android, ada Acer Liquid E700. Kalau non-Android, ada aneka merek lokal. Dulu malahan ada yang sampai quad SIM (empat kartu).

  58. Oiya om Herry, tambah pertanyaan lagi, mending mana dengan Redmi 2 Prime dibandingkan dengan LG Magna dan Samsung J5, dilihat dari spesifikasi, kamera, daya tahan baterai, dan layanan perbaikannya?
    Terima kasih

    1. Pak Danang,

      Fitur itu memungkinkan teknisi LG mengecek ponsel kita dari jarak jauh. Setahu saya, layanan tersebut belum tersedia di sini.

  59. salam pak herry,
    saya mau tanya, Charger Asli di LG magna outputnya cuma 0,85 A, kira2 gmna ya klo pakai Output yg lbh besar???

    1. Pak Ichsan,

      Pakai yang 1A masih boleh. Kalau pakai yang 2A, rasanya percuma karena ponsel tak bisa menerima “suapan” sebesar itu.

  60. Selamat Pagi Pak Herry SW, gmn cara melakukan setting manual di perekam video LG MAGNA, krn begitu tombol perekam video disentuh, otomatis kamera langsung merekam tanpa memberikan kita kesempatan tuk melakukan setting lebih lanjut n hasil rekaman video kamera utamanya bukan Full HD tpi cuma sebatas HD aja !? Ditunggu jawabannya !

    1. Pak Wisnu Putra,

      Saya sudah tidak memakai Magna sehingga tidak bisa memberikan panduan detail langkah demi langkah. Intinya begini:

      1. Jalankan kamera. Di sudut kiri atas ada ikon roda bergerigi, bukan? Tekan itu, masuklah ke sana, dan carilah menu untuk mengubah resolusi video.

      2. Ketika tombol perekam video disentuh, proses perekaman memang langsung dimulai.

  61. Koh herry mau nanya maaf OOT , kalau Xiaomi Redmi Prime vs Evercoss Winner Y Ultra lebih overall mana ya?
    Kamsia

    1. Pak Jack Lin,

      Redmi Prime atau Redmi 2 Prime?

      Saya belum pernah mencoba Winner Y Ultra. Yang pernah saya coba Winner Y.

      Mengacu kepada pengalaman mencoba aneka ponsel merek Xiaomi dan Evercoss, mending beli Xiaomi dong.

    1. Pak Casidi,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Ada beberapa hal yang perlu dicermati:
      1. Operator apakah yang Anda gunakan dan bagaimana kondisi sinyalnya? Mengacu kepada pengalaman pribadi akhir-akhir ini di berbagai tipe ponsel, saat ponsel saya padukan dengan kartu XL, suhu ponsel relatif lebih hangat daripada kala ponsel yang sama diisi kartu Telkomsel dan Indosat.

      2. Aplikasi apa saja yang Anda jalankan? Aktivitas apa yang Anda lakukan? Semakin berat, hal itu membuat ponsel bekerja lebih keras. Ujung-ujungnya suhu ponsel meningkat.

  62. Pak, saya kebetulan search di google soal LG magna ini..
    Kok ada 2 tipe ya? (LG H502 dan LG H805) beda kedua tipe itu apa ya? Kok bisa sama2 LG magna?
    Dan saya tertarik sekali sama LG Magna ini.. apakah sekarang masih di kategori “layak beli”? Hehehe..
    Terimakasih sebelumnya 🙂

    1. Bu Mimi,

      Satu nama ponsel memang bisa memiliki beberapa variasi spesifikasi. Hal itu lazim terjadi untuk berbagai merek ponsel kok.

      Untuk Magna, ada yang dual SIM tanpa LTE. Ada pula yang mendukung LTE. Varian yang beredar resmi di Indonesia adalah dual SIM tanpa LTE.

      Untuk ukuran saat ini, Magna sudah kurang menarik. Xiaomi Redmi 2 Prime dan Hisense Pureshot terasa lebih menggiurkan.

    1. Pak Yoga,

      Menang LG Magna dong. Layar lebih besar, resolusi layar lebih tinggi, kapasitas memori lebih besar, dan resolusi kamera depan lebih besar. Oh ya, kapasitas baterai lebih besar pula.

    1. Pak Yoga,

      Kalau boleh menyarankan, coret keduanya dan beli Xiaomi Redmi 2 Prime atau Hisense Pureshot saja. Dua ponsel itu lebih mantap daripada Magna maupun Galaxy J5.

      Namun, bila saya tetap wajib memilih Magna atau Galaxy J5, saya lebih condong ke Galaxy J5.

  63. sya mo ganti hp neh (maaf rada bingung).. sebetulnya sy sgt tertarik dg LG magna, namun stelah membaca posting di atas jd ragu
    pertanyaanya :
    1. budget 1,8 jt, pilih mana LG magna atau Xiaomi redmi 2 (saya menyukai layar besar)?
    2. apa kelebihan dan kekurangan kedua merk diatas ?
    3. pak herry, recomended yang mana (sy agak awam) ?
    4. service centre xiaomi daerah cirebon, dmana y ?

    1. Pak Heru Cirebon,

      1. Kalau anggaran Anda Rp 1,8 juta, mending melirik Xiaomi Redmi 2 Prime sekalian. Kapasitas memorinya dua kali lipat lebih besar dibandingkan Redmi 2 biasa.

      2. LG termasuk merek global dan service center-nya bagus. Kalau Xiaomi merek Tiongkok yang sedang bersinar. Layanan pusat perbaikan resminya belum sebagus LG. Namun, dengan dana yang sama, Anda bisa mendapatkan ponsel Xiaomi dengan spesifikasi lebih tinggi daripada LG.

      3. Sudah saya jawab di poin 1 ya.

      4. Di Cirebon sepertinya belum ada pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  64. Ko hery, tdi diulasan menyebutkan “ketika dikeluarkan dari kardus, sisa memori internal mencapai 3,36 GB…” kenapa tinggal segitu ya ko? Pdhl rom nya 8GB, memang benar di Magna yg baru sya beli sya lihat penyimpanannya ada sistem data sebesar 4gb, apa iya sprt itu ?
    Lalu,apakah bisa putar musik tapi file musik ada di mmc? Soalnya pas saya pindah k internal musik dpt diplay, tp ktika di ekternal musik tdk dpt diplay,
    Terimakasih ko hery,

    1. Bu Annisa,

      Tersisa segitu karena sistem operasi dan aplikasi bawaan juga mengonsumsi memori.

      Bisa. Arahkan pemutar musik ke folder di memori eksternal.

  65. Caranya gimana buat arahin player musik k eksternal ? juga data selularnya ga aktif2 padahal uda paket data + aktif data tpi ket.nya jaringan nirkabel tlah dimatikan, itu gmn ko hery ?

    1. Bu Annisa,

      Kalau tidak sedang memegang ponselnya, saya agak bingung memberikan panduan nih.

      * Musik
      Intinya buka pemutar musik, lalu cari pengaturan, dan arahkan ke folder musik di memori eksternal.

      * Internet
      Cek di pengaturan jaringan. Pastikan APN sudah benar. Cermati pula nomor yang dipilih sudah diaktifkan sebagai sumber data seluler.

  66. Ko,untuk lg Magna sama Samsung grand prime Recomended yg mana? Saya punya Samsung Grand Prime Diajak barter ama Lg Magna Menurut Ko Heri klo jd sy mau gak di barter ama Lg Magna. Terima kasih

    1. Pak Dian Iswantoro,

      Skor akhirnya relatif imbang sih. Dengan asumsi sisa garansi resmi berimbang dan sama-sama mulus, boleh saja deh tukar guling. Biar Anda bisa mencoba ponse lain.

    1. Pak Daffa,

      Kalau objek yang dijepret ukurannya relatif kecil dan pemotretan dilakukan dalam jarak dekat, peluang mendapatkan bokeh masih terbuka lebar. Namun, bokehnya nggak terlalu bagus ya.

    1. Pak Daffa,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Kali ini masuk tiga kali lho. Yang dobel sudah saya hapus.

      Kalau Anda memantau twit saya hari ini di Twitter @herrysw, Anda akan tahu jawabannya. 🙂

    1. Pak Bagus,

      Dengan asumsi pengaturan jaringan otomatis, saat Anda berada di area yang sinyal 3G-nya kuat, nomor yang siaga akan otomatis masuk ke jaringan 3G.

    1. Pak Stefanus,

      Mi 4i dong. Kalau mencoba merek lain, beli Hisense Pureshot saja. Harga barunya Rp 1,999 juta. Lebih murah daripada Galaxy J5 dan Mi 4i, tetapi performa justru lebih bagus.

    1. Bu Pipit,

      Ini maksudnya Magna versus Redmi Note 2 ya? Maaf, saya tak tahu karena belum pernah mencoba Redmi Note 2. Redmi Note 2 yang saat ini beredar di Indonesia pasti tanpa garansi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

  67. sebagai penggemar bentuk desain saya awalnya sangat tertarik dengan LG Magna yang ditawarkan Erafone dengan harga yang terjangkau, tapi setelah baca artikel dan komen2nya jadi ragu untuk membelinya. kalau saya tanya handset apa yang cocok untuk menggantikan Xperia L saya pasti akan disarankan Xiaomi Redmi 2 Prime

  68. kira2 apa pak saran anda dengan range harga Rp 2-3 juta? Hisense Pureshot apakah harus pakai operator Smartfren? Saya sebenarnya cenderung ke Lenovo P70 atau Xiaomi Mi4i tapi masih belum bisa menentukan, sebagai pertimbangan saya pemakai email aktif, WA aktif dan browsing aktif, dan selama ini baterai cepat habis, panas dan terkadang reboot mendadak adalah masalah besar di Xperia L (RAM cuma 1 GB, Jelly Bean)

    1. Pak Bescorpio,

      Biarpun dibundel dengan kartu perdana Smartfren, Hisense Pureshot bebas dipadukan dengan nomor operator apa pun. Anda bisa memakainya untuk menikmati layanan LTE Telkomsel, XL, Indosat, maupun Smartfren.

      Mi 4i untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik.

      Oh, berarti Anda perlu ponsel dengan baterai besar ya. Kalau begitu, silakan membeli Infinix Note 2 saja deh. Ini review-nya http://ponselmu.com/review-infinix-note-2-tak-perlu-lagi-membawa-mifi-terpisah/

    1. Pak/Bu Daffa,

      Tak tahu. Kebetulan saya tak memakai BBM. Seingat saya, LED notifikasi hanya akan menyala saat ada panggilan telepon masuk, missed call, dan SMS.

  69. bingung nih pak pengen spek dewa harga pas di kantong saya. ..kira2 lbih topcer mana lenovo A6010 ataw Lg magna.

    thanks ?

    1. Pak Jaka Puntang,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba A6010.

      Karena Anda menyebut A6010, saya menduga anggaran Anda sekitar Rp 1,9 juta. Kalau begitu, beli Infinix Note 2 saja deh.

  70. Pak mau tanya ni tentang perbandingan.. Lg magna sama asus zenfone zc500tg mending yg mana.?? kalo dari sisi kamera dan kualitas ketahan baterai

  71. Pak Herry,

    saya mau beli hp yang lebih banyak aktivitas utk browsing, medsos : (fb, wa, bbm, telegram, line, instagram), kinerja cepat, tidak lelet, spek bagus, kamera yang biasa saja, baterai tahan lama, perangkat /mesin awet, tahan lama dan tidak mudah rusak karena saya bukan tipe gonta ganti hp, budget 2-3 jt.
    kalo bisa yg LG atau sonny, atau mungkin bapak ada alternalif lainnya kira2 apa ya?

    1. Pak Candra,

      Dengan anggaran maksimal Rp 3 juta, Anda belum bisa memperoleh ponsel LG atau Sony (bukan Sonny) yang sesuai deh. Yang paling mendekati adalah Infinix Note 2. Harga resminya Rp 1,999 juta.

  72. maaf pak herry sebelumnya , saya liat bapak lebih mempromosikan redmi 2 , sedangkan hp xioami ini merupkan merk yang berasal dari cina ? apakah redmi 2 ini tidak cepat rusak ? dari pengalaman saya hp merk cina ini rentang usia pemakaian hanya 1 tahun , lalu bagaimana dengan LG magna yang merupakan keluaran dari korea ? terima kasih pak sebelumnya

    1. Bu Chici,

      Ponsel Tiongkok itu ada bermacam-macam. Nah, Xiaomi ini termasuk salah satu yang bagus.

      Anda ngeri dengan embel-embel Tiongkok ya? LG Magna itu biarpun merek Korea, seingat saya, diproduksi di Tiongkok kok.

      Jadi, yang perlu dilihat bukan diproduksi di Tiongkok atau tidak, melainkan bagaimana reputasi pabrikan tersebut.

  73. ko mau tanya, andro yg enak n awet untuk aktivitas download, browsing, sosmed, kamera bagus, batre tahan. soalnya saya paling suka donlot film, kadang nonton hasil donlot di andro. budget kurang dr dua juta, apa rekomendasi anda ko? mohon pencerahannya. apakah redmi 2 prime sudah mumpuni? yg garansi resmi dijual dmna ya? maaf ko kalo kepanjangan

    1. Pak/Bu Wahidya Ryu,

      Dengan kriteria spesifikasi sebanyak itu dan dengan anggaran kurang dari Rp 2 juta, tidak ada satu pun ponsel Android yang memenuhi syarat.

  74. oh begitu, kalo begitu saran anda saja sebaiknya beli apa? saya pengen beli lg magna kira kira nyesel gak yaa spes mediatek dg harga segitu?

    1. Pak/Bu Wahida Ryu,

      Jangan beli Magna deh. Ponsel itu untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik.

      Dengan anggaran maksimal Rp 2 juta, silakan membeli:
      * Hisense Pureshot Rp 1,999 juta kalau Anda mengutamakan kamera
      * Infinix Note 2 Rp 1,949 juta kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai

  75. terimaksih ko sarannya. redmi 2 prime dan hisense pureshoot mending mana? hisense ini offline udah ada ya?

    1. Pak/Bu Wahida Ryu,

      Bebas mau di mana saja. Bisa di service center Hisense, Galeri Smartfren, atau toko ponsel biasa. Harga resminya memang Rp 1,999 juta kok.

    2. Om herry memang selalu menyaran kan yg terbaik utk pembaca nya. Dan tidak pernah salah. Review nya memang paling joss. Semenjak saya tau web ini. Apa yg saya cari pasti saya tunggu review nya. Skr lagi nunggu acer x2 . nyaman e700 saya. Tp pingin ganti aja. Biar kayak om herry ponsel nya selalu kekinian aja. Hahahaha
      Pureshot juga nyaman. Berkat om herry juga akhir nya minang ponsel ini.
      Om ponsel kalau sudah lama di pakai,android itu memang harus di kembalikan ke kondisi pabrik an ya om?kayak pertama biar nyaman kayak baru gt om.apa tidak ada cara selain itu om?
      Mohon petunjuk om herry

      1. Pak Yudi Kurniawan,

        Acer Liquid X2 konfirm batal masuk ke Indonesia.

        Lebih baik secara berkala lakukan factory reset. Itu cara paling jitu supaya ponsel kembali segar.

      2. Owh gara2 peraturan menteri itu ya om? Mangkan nya acer x2 gak jadi masuk indonesia ya?
        Padahal saya nunggu bgt lho om

  76. Hisense pureshot udah beredar di indonesia ya ko, saya search d google galery smartfren 2,7 juta sekitarnya

    1. Pak/Bu Wahida Ryu,

      Sudah lama banget. Ehmm… sekitar September atau Oktober tahun lalu deh. Harga sejak awal Desember 2015 sudah turun jadi Rp 1,999 juta kok. Kalau sampai dijual Rp 2,7 juta, ya jangan dibeli.

  77. Ternyata 1,9 juta itu harga promo akhir tahun kemarin ko. Saya periksa via google harga april sekitar 2,7 jt

  78. pa HSW, kira2 lebih baik pilih lg magna atau samsung j2 ya? sekalian pa sebutin kekuarangan kelebihannya

    1. Pak Maulana,

      Mending coret keduanya deh. Untuk ukuran saat itu, dua ponsel itu sudah tergolong lemot. Mending beli Xiaomi Redmi 2 Prime atau Hisense Pureshot.

  79. Selamat malam pak ?.
    Mau tanya ni,saya pakai LG magna.
    Kendala saya di Lg ini jaringan.ny susah,apalagi kalau browser jaringan.ny H .
    Bagaimana ya cara mengubah jaringan.ny ke H+.

    1. Bu Yenii Melinda,

      Kalau pas H+ apakah lancar? Kalau iya, berarti itu salah operatornya, bukan ponselnya.

  80. Pak Herry
    Apakah LG Magna Masih Layak Beli?
    budget ada 2 juta pas om
    ngelirik LG K10 harga 2,6
    Mending Nabung Dulu Apa Beli LG Magna om??

    1. Pak/Bu YUI,

      LG Magna sudah tidak layak beli.

      Mending nabung dulu deh.

      Alternatif lain, bila ingin beli ponsel sekarang dengan anggaran Rp 2 juta, silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  81. Ok Pak
    Maaf OOT Pak
    Saya Sekarang Pengguna samsung
    Ingin Pindah Ke Merek LG
    Apakah Kualitas Lg Sama Kayak Samsung?

    Liat Di Grup Banyak Yg Masalah
    Ganti Mesin?

    1. Pak YUI,

      Kalau versi saya, LG justru lebih bagus daripada Samsung.

      Yang ganti mesin itu LG G4. Langkah tersebut merupakan wujud tanggung jawab LG ketika mereka menemukan masalah di hardware G4.

  82. Oh Gitu ya pak .
    menurut Bapak Ukuran Smartphone Ideal , nyaman di genggam berapa Inch?

    #MaafBanyakTanya 😀

    1. Pak YUI,

      Karena tangan saya lumayan gede, sampai enam inci masih nyaman digenggam sih. Namun, untuk dikantongi, idealnya tidak lebih besar dari 5,5 inci.

  83. Mau nanya apa lg magna ini awet gak soal nya ada temen saya bilang lg kualitasnya gak bagus….gak awet
    Apa bener itu…soal nya saya mau nyobain ni hp ?????

    1. Pak Ok Jek,

      Magna baik-baik saja kok. Namun, untuk ukuran saat ini, Magna sudah tidak menarik. Spesifikasi sudah terasa ketinggalan zaman. Jadi, saran saya, lupakan Magna dan carilah ponsel tipe lain.

  84. Saya sebenarnya ingin membeli LG Magna karena desain bodi dan front cameranya. Tapi setelah mencari di empat toko ponsel di kota saya (Bojonegoro), tidak ada yang menjual LG Magna lagi. Menurut Bapak ini karena spesifikasi LG Magna yang kurang dilirik atau kalah saing dengan brand lain?

    Setelah membaca komentar-komentar di atas saya jadi tertarik membeli Xiaomi Redmi 2 Prime. Tapi sejujurnya saya masih agak khawatir dengan ke’tahanan’nya karena sebelumnya saya belum pernah memakai brand Tiongkok (benar Tiongkok, Pak?). Saya harus membeli ponsel dengan budget maksimal 1,8 juta setelah Sony Xperia M2 dual saya hilang. Saya agak trauma dengan pelayanan Sony Center Surabaya (yang dekat Hartono). Bagaimana dengan service center Xiaomi?
    Terima kasih, Pak. Saya tunggu jawabannya.

    1. Pak Bila,

      LG Magna sudah diskontinyu dan digantikan oleh LG K8. Karena itu, wajar bila Anda tak berhasil menemukannya lagi.

      Kalau pun Anda berhasil menemukan toko yang masih memiliki stok Magna, saya menyarankan Anda tidak membelinya. Sebab, untuk ukuran saat ini, Magna sudah tidak menarik.

      Ya. Xiaomi adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok. Ponsel buatan Tiongkok tidak selalu jelek lho. Xiaomi adalah contoh ponsel Tiongkok yang bagus.

      Layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi lebih bagus daripada pusat perbaikan resmi Sony yang berada di dekat Hartono itu.

  85. Perubahan rencana, Pak.
    Ternyata budget saya maksimal 1,6 juta. Saya jadi terpikir membeli Xiaomi Redmi 2. Bagaimana menurut Bapak? Kebutuhan utama saya adalah aplikasi Line dan saya penyuka fotografi (penyuka, jadi tidak harus kamera yang muluk-muluk). Saya sebenernya sudah mantap yang versi prime namun selisih 300 ribu sedang tidak ramah dengan kantong saya. Mohon pertimbangannya, Pak. Terima kasih.

    1. Pak Bila,

      Karena Anda akan rutin memakai Line, saya tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel Android dengan RAM hanya 1 GB. Carilah yang RAM-nya minimal 2 GB. Kalau memang tak bisa menambah anggaran, pertimbangkan membeli Infinix Hot 3.

  86. Pak, saya mau tanya… Awalnya saya tertarik denga LG Magna tp kemudian muncul LG K8. Menurut bapak, worth tidak beli LG K8 dengan harga yg ditawarkan? harga resminya sekitar 2jt kalau gak salah.
    Lalu untuk budget 2jt selain LG K8 tp bukan produk cina rekomendasi yg bagus apa ya pak?
    Terima Kasih

    1. Pak Cahya,

      LG Magna untuk ukuran saat ini sudah tidak layak beli.

      K8 harga ritel resminya Rp 1,999 juta. Saya pernah towel-towel, tetapi belum pernah uji pakai.

      Hmm… kalau bukan merek Tiongkok, belum ada deh.

  87. Sepertinya masih jarang yg pakai LG K8 ya pak? Masih belum banyak review nya. Nunggu review dari Pak herry hehe

    Kalau merek tiongkok yg bagus apa ya? Saya bingung karena banyaknya tipe yang mirip2 speknya

    1. Pak Cahya,

      Sepertinya begitu. Saya tidak berencana me-review K8 lho.

      Silakan melihat-lihat Xiaomi, Hisense, dan Infinix (yang ini sih merek Hongkong).

  88. Sepertinya masih jarang yg pakai LG K8 ya
    pak? Masih belum banyak review nya. Nunggu
    review dari Pak herry hehe

    Kalau merek tiongkok yg bagus apa ya? Saya
    bingung karena banyaknya tipe yang mirip2
    speknya

    1. Pak Cahya,

      Tadi saya sudah menjawab pertanyaan yang sama deh. Biasakan mengirimkan pertanyaan yang sama sebanyak satu kali saja. Jangan diulang-ulang.

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  89. Pak herry saya ingin bertanya kira-kira mana yang paling bagus dan lebih layak dibeli antara Lenovo Vibe K5 Plus, Asus Zenfone 2 ZE500KL atau LG K8? Terima kasih

    1. Bu Hanifah,

      Jawabannya, maaf saya belum tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Vibe K5 Plus dan K8. Kalau Zenfone 2 Laser ZE500KL saya pernah coba dan layak beli.

  90. Pak saya ingin bertanya, manakah yang lebih bagus untuk dibeli, Lenovo Vibe K5 Plus, Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL atau LG K8 ya? Terima kasih

    1. Bu Hanifah,

      Hmm… rasanya tadi saya sudah menjawab pertanyaan serupa. Entah itu dari Anda atau bukan.

      Saya belum pernah mencoba tiga ponsel yang Anda sebutkan. Yang pernah saya coba Zenfone 2 Laser ZE500KL. Hasilnya, layak beli.

        1. Bu Hanifah,

          Oh ok. Kalau ZE500KL saya pernah coba dan layak beli. Dugaan saya, kinerja umum ZE550KL sama bagusnya dengan ZE500KL.

  91. Pak bagusan mana xiomi redmi 3 dengan garansi distributor sama lg magna garansi resmi lg .soalnya saya bingung mw ganti hp .xiomi yg saya tau service centernya pke unicom yg dlnya partner nokia

    1. Bu Wiwin Sugiarti,

      Saya malahan belum pernah mengetahui ada ponsel merek Xiomi beredar di sini.

      Yang ditangani Unicom itu merek Xiaomi, bukan Xiaomi. Mereka hanya dapat melayani perbaikan ponsel Xiaomi bergaransi resmi. Kalau garansi distributor itu kan tidak resmi. Jadi, takkan dilayani.

      LG Magna untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik.

  92. om aku mau cari hp nih, yang layarnya 4.5 inch,jaringan 4g,os lollipop, baterai 2000 mah,dan kamera depan bukan vga, kira kira ada gak tuh om hpnya?

  93. Selain andromax ada yang lain gak om? soalnya aku gak yakin dengan merk lokal,karena kameranya jelek sekali, masak kamera 8mp (advan) dengan 3.15 mp sony aja kalah? Oh ya om kira kira andromax e2+ bisa dipakek simpati, tri, indosat atau xl? Satu lagi nih om kira kira lg leon ama k4 cocok gak?

    1. Pak Topan,

      Hmm… paling Lenovo A2010.

      Advan kan memang jelek.

      Bisa. Selot kartu pertama wajib diisi Smartfren, sedangkan selot kedua bebas Anda isi dengan Telkomsel, XL, Indosat, atau Tri.

      Tak tahu. Belum pernah coba dua ponsel itu.

  94. pagi pak,sy mau tanya apa seh keunggulan dari hesiense soal nya dr uraian di atas bapak sering menulis nya,tuhan memberkati

  95. pagi pak. ada yg ingin saya tanyakan mngenai lg magna. waktu itu saya coba daftar wifi.id, saat saya kirimkan pesannya selalu tidak terkirim (pesan gagal dan selalu memberitahukan untuk coba lagi kirim sms), saya ulangi brkali2 dan hasilnya tetap sama. lalu saya coba kirim sms ke no2 layanan lainnya, contoh ke no 7887, 505 dll, hasilnya sama pesan tidak bisa d kirim dan ada kterangan coba lagi, tp saat kartunya saya pindahkan ke hp lain, pesan2 yg saya kirim ke no2 trsebut sukses terkirim. hal ini d sebabkan krna apa ya pak? soalnya klo kirim sms ke no xl, indosat, tlkomsel dll bisa tp kirim sms k no2 layanan kartu tdk bisa. ditunggu jawabannya pak

    1. Pak/Bu May,

      Dugaan saya begini:
      1. Saat kali pertama akan mengirimkan SMS ke nomor yang pendek, misalnya 7887, di layar ponsel akan muncul pertanyaan yang meminta persetujuan pengguna. Saya menduga ketika itu tanpa sengaja Anda tidak menyetujuinya. Akibatnya, pada percobaan berikutnya pengiriman SMS ke nomor yang pendek menjadi selalu gagal.

      2. Solusinya gimana? Anda harus masuk ke menu yang menampilkan pertanyaan persetujuan itu, lalu memberikan persetujuan. Masalahnya, saya tak hafal di mana posisi menu tersebut. Saya harus memegang ponselnya dan mencarinya dulu.

  96. Maaf om hery,saya pendatang baru. Mau tanya ni om,LG nexus 4 vs LG magna mendingan mana y? Nexus 4 saya ada yg ngajak tuker guling sm magna. Mksh om sukses slalu

  97. ko Herry . saya mau tanya
    kalau lg magna sama xiomi mi4i lebih unggul yang mana ya? kalau jadi saya ko herry pilih yang mana untuk beli? belitrims

    1. Bu Yusi,

      Kalau saya jadi Anda, saya tidak membeli ponsel apa pun. Sebab, LG Magna untuk ukuran saat ini sudah tidak layak beli, sedangkan ponsel merek Xiomi belum tersedia di pasar. Yang ada di pasar merek Xiaomi.

      Apakah yang Anda maksud ternyata Xiaomi Mi 4i? Kalau iya, ya mending beli itu daripada Magna.

  98. ko Hery SW
    Malem ini saya penasaran dengan LG Magna ko herry kenapa bisa memperlihatkan kecepatan internet di status bar ??
    Soalnya setelah saya cari di setting gak ketemu, apa pakai app pihak ke 3 ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *