By

Review Meizu M2: Si Cantik yang Berkutu

Meizu M2 menjadi ponsel Meizu pertama yang penulis uji pakai. Kali pertama melihatnya, kemudian menggenggamnya, penulis langsung terkesima dengan ponsel itu. Cantik. Namun, setelah mulai mengaktifkan lalu mencobanya, penilaian penulis berangsur-angsur berubah.

Semakin lama memakainya, penulis semakin yakin untuk memberikan sebuah rekomendasi atas M2. Isi rekomendasinya: lebih baik Anda tidak membelinya. Sebab, si cantik itu ternyata berkutu. Bagi penulis, kutu alias bug yang melekat di ponsel tersebut sudah masuk ke taraf mengganggu.

Meizu M2-1

Mau bagusnya atau jeleknya dulu? Bagusnya dulu deh ya. Seperti sudah penulis singgung di atas, tampilan fisik M2 tergolong cantik. Sepintas ia tidak seperti ponsel berharga jual Rp 1,699 juta hingga Rp 1,799 juta. Penampakannya lebih terkesan sebagai ponsel berharga jual minimal Rp 2,5 juta. Beberapa orang mungkin akan menilainya mirip Samsung. Beberapa orang lain bakal menganggapnya menyerupai iPhone 5C, tetapi lebih lebar.

M2 dibekali layar IPS lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Sama dengan Xiaomi Redmi 2, permukaan layar tersebut memanfaatkan AGC Dragontrail Glass. Dengan demikian, permukaan layar relatif lebih tahan gores. Biarpun pengguna iseng menyapukan kunci, garpu, atau uang logam, layar M2 seharusnya akan tetap mulus. Meskipun demikian, sangat disarankan tidak iseng menggosok permukaan layar memakai abu vulkanik atau kertas amplas.

Di bawah layar terdapat sebuah tombol fisik yang oleh Meizu dinamakan tombol mBack. Tombol itu memiliki tiga fungsi. Bila disentuh satu kali, ponsel akan menerjemahkan aktivitas tersebut sebagai back. Kembali atau mundur satu langkah. Kalau ditekan, ponsel spontan kembali ke home screen. Sedangkan bila ditekan dan ditahan, layar ponsel bakal padam.

Meizu M2-4

Untuk menyalakan layar yang padam, pengguna bisa memanfaatkan cara konvensional. Yakni, memencet tombol mBack atau tombol power. Enggan menekan dua tombol fisik itu? Ada pilihan lain yang, menurut penulis, lebih nyaman.

Pertama, ketukkan jari dua kali ke layar. Intinya, sama dengan yang selama ini tersedia di nyaris semua tipe ponsel Android LG dan sebagian tipe merek lain. Layar akan menyala, tetapi masih terkunci. Pengguna harus menyapukan jari untuk membuka pengunci layar.

Kedua, ini yang lebih praktis karena sekali dayung dua pulau terlampaui. Sapukan jari dari bagian bawah ponsel ke tengah/atas layar. Tindakan itu akan membuat layar ponsel menyala sekaligus terbuka. Mirip dengan gerakan di gawai bersistem operasi BlackBerry 10? Iya, memang.

Masih terkait layar dan sentuh menyentuh, ada satu fitur lain yang layak dieksplorasi. Namanya, SmartTouch. Bila pengguna mengaktifkan fitur itu, di layar akan muncul lingkaran transparan yang siap mempercepat eksekusi perintah tertentu. Misalnya, pengguna cukup menyentuh lingkaran transparan sekali untuk memberikan perintah back. Lain waktu, bila ingin mengunci sekaligus memadamkan layar, pengguna tinggal menyentuh lingkaran transparan itu dua kali. Tap… tap….

Meizu M2-3

Ketika M2 baru mulai digunakan, pengguna takkan menjumpai aplikasi Gmail. Tak usah bingung. Masuk saja ke Play Store, kemudian unduh dan instalasikan Gmail secara manual. Beres dah!

Ponsel berdimensi fisik 140,1 x 68,9 x 8,7 milimeter dan berat 131 gram itu dibekali dua kamera. Kamera utamanya dilengkapi fokus otomatis, lampu kilat, dan mode pemotretan manual. Pengguna leluasa mengatur kecepatan rana (shutter speed), ISO, kompensasi pencahayaan (exposure compensation), dan pemfokusan. Kamera tersebut maksimal menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Meizu M2-21

Beralih ke kamera depan. Kamera tanpa fokus otomatis dan lampu kilat itu sanggup memproduksi foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia siap menyodorkan klip video full HD 1080p. Menurut penulis, secara umum performa kamera M2 layak dikategorikan bagus di kelasnya.

Apakah M2 dual SIM? Bisa ya, bisa tidak. Penentunya di konfigurasi pemasangan kartu. Bila dua kartu nano SIM dipadukan dengan M2, maka ia menjadi ponsel dual SIM yang tidak memiliki selot kartu microSD. Nomor mana pun yang dipakai untuk berinternet leluasa mengarungi jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Dihubungkan dengan kondisi Indonesia, M2 kompatibel dengan layanan LTE 1800 dan 2300 MHz.

Kombinasi kedua yang dapat dipilih, pengguna memasangkan satu kartu nano SIM saja. Jatah kartu nano SIM kedua digantikan kartu microSD. Kalau itu yang dipilih, jadilah M2 sebuah ponsel pintar single SIM yang dibekali selot memori eksternal.

Spesifikasi lain M2, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6735 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB. Saat ponsel masih segar, sisa memori internal mencapai 10,67 GB. Baterai tanam 2.500 mAh menjadi sumber daya ponsel bersistem operasi Flyme OS 4.5 berbasis Android 5.1 Lollipop itu. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai M2 maksimal bertahan 14 jam.

Meizu M2-2

Dalam pemakaian sehari-hari, penulis menilai M2 sangat pantas dibilang gegas. Ia tak pernah terasa lemot, apalagi sampai hang. Diajak memainkan game NFS Most Wanted yang pun lancar jaya. Layar sentuh ponsel itu juga enak dipandang mata dan responsif.

Nah, sekarang saatnya membicarakan sisi buruk M2. Pertama, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang ponsel itu relatif lama. Biasanya nyaris mendekati empat jam. Padahal, kapasitas baterai M2 “hanya” 2.500 mAh. Ponsel itu tampaknya tidak bisa menerima asupan arus listrik yang besar.

Kedua, menu SIM Tool Kit (STK) di M2 sering lenyap sendiri. Bagi pengguna yang rutin memanfaatkan layanan mobile banking via STK, kutu alias bug tersebut sangat mengganggu. Ponsel harus di-restart agar menu STK kembali muncul. Berarti, pengguna harus menanti selama bermenit-menit dulu.

Kutu berikutnya yang tak kalah menjengkelkan, indikator baterai akan kacau bila ponsel di-charge dalam kondisi padam total. Selama proses pengisian ulang, persentase daya memang terus bertambah sampai akhirnya mencapai 100%. Namun, ketika charger dicabut dan ponsel dinyalakan, ponsel menganggap sisa daya tinggal 1%. Ponsel akan memunculkan peringatan low battery.

Meizu M2-22

Dalam kondisi itu, pengguna mempunyai dua pilihan. Tetap memakai ponsel dengan konsekuensi secara berkala muncul peringatan baterai lemah atau mengulangi proses charging saat ponsel siaga. Kalau pengguna memilih alternatif pertama, M2 tetap sanggup menyala selama berjam-jam.

Sekarang yang keempat. Setelah dipakai beberapa lama, pengguna tak bisa menambahkan akun Gmail baru ke M2. Kadang hal itu sudah terjadi dalam hitungan jam, kadang mencapai hitungan hari.

Anggaplah hari ini penulis mulai memakai M2. Satu akun Gmail penulis masukkan ke ponsel itu. Keesokan harinya, penulis ingin menambahkan satu akun Gmail lain. Eh, tak bisa. Solusinya, ponsel harus di-reset ulang. Segala data dan pengaturan otomatis hilang. Penulis harus memulai pengaturan dari awal lagi.

***

Contoh hasil jepretan kamera Meizu M2.

Meizu M2-5

Meizu M2-6

Meizu M2-7

Meizu M2-8

Meizu M2-9

Meizu M2-10

Meizu M2-11

Meizu M2-12

Meizu M2-13

Meizu M2-14

Meizu M2-15

Meizu M2-16

Meizu M2-17

Saatnya menjajal lampu kilat M2. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Meizu M2-18

Kini lampu kilat diaktifkan.

Meizu M2-19

Satu foto berikut diabadikan menggunakan kamera depan.

Meizu M2-20

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Meizu M2-23

Meizu M2-24

Meizu M2-25

Meizu M2-26

242 Responses to Review Meizu M2: Si Cantik yang Berkutu

  1. Dwi irsyad says:

    Maaf oot pak herry, kapan nih xperia z5 direview ? Penasaran dengan flagshipnya lg (lg g4) yg menurut pak herry performa kameranya paling ciamik

  2. yuda says:

    waktu Meizu muncul dengan m2note berasa tuh hp kegedean (inget redmi note) pas denger bakal ada m2 versi lebih kecil dan sudah muncul malah kecele secara dengan selisih harga tipis spesifikasi HP malah jadi Jomplang…

    maaf jd curhat om…

    • agung says:

      jomplang gimana mas mksdnya? ini saya pakai redminote, mau ganti ke meizu m2, kira” bagusan yang mana mas?

  3. Adhitya says:

    Fiuh untung bug-nya sepertinya software base ya. Semoga bisa diatasi dengan update firmware (kalau nanti ada)

  4. @halloarie says:

    Om herry itu game NFS, bukan nfc.

    BTW ttg NFC, kl ga disebutin di review brarti ga ada NFC ya? USB on-the-go juga?

    • Herry SW says:

      Pak @halloarie,

      Lho, game-nya saya tulis NFC ya? Waks… setelah ini saya cek dan ralat deh.

      Benar. Kalau saya tidak menyebutkan NFC, berarti tak ada NFC. Soal USB OTG, adapter saya terselip nih. Jadi, tidak bisa ngetes.

  5. lekpujo says:

    Wah bug nya jengkelin banget ya koh,tetep ga nyaman buat saya..kameranya pun sepertinya biasa2 saja,ditempat gelap flashnya juga ga membantu..

    • Herry SW says:

      Pak Lekpujo,

      Ya, buat saya bug-nya mengganggu. Soal nge-charge lama sih masih oke. Toh saya terbiasa mengisi ulang baterai menjelang tidur.

      Benar. Lampu kilatnya kurang ngefek ya.

  6. lekpujo says:

    Di warung sebelah hasil kameranya ok punya koh..jernih,detil..dan juga flash kameranya terang bgt ga kaya punya koh herry..disana juga ga disebutkan adanya bug seperti ini..tp mmg hasil kameranya beda bgt,yg disana jelas bgt ga tau pake kamera apa πŸ˜€

  7. Joko says:

    untung pas flash deal gak jadi beli
    alasan :
    * gak suka tombol yg di bawah itu,dan tidak terbiasa dgn fungsi home,back dlm satu tombol
    * gak ada fitur radio (penting masih suka dengerin radio )

    apalagi di tambah banyak bug

  8. Daniel Santosa says:

    Ko Herry ayooo cepetan di review si Z5nya uda ga sabar nehhhhhh….

  9. anggraeni says:

    Terima kasih reviewnya Om…setelah meizu m2 hp apa yang akan di review ?
    Berarti meizu m2 harus di coret dari catatan saya:-)..semoga sony Xperia Aqua M4 dan sony Xperia C5 ada dlm daftar tunggu ya Om Herry heheheee

    • Herry SW says:

      Bu Anggraeni,

      Setelah Meizu M2, saya akan me-review Alcatel Flash 2.

      Sony Xperia M4 Aqua sudah saya depak dari daftar antrean review. Sedangkan Xperia C5 Ultra belum saya masukkan dalam daftar tunggu.

      • Daniel Santosa says:

        Kok di depak Pak? M4 Aquanya? Trus C4, M5 dan C5 wajib lo pak hahaha….saya pecinta Sony sampai akir hahaha

        • Herry SW says:

          Pak Daniel Santosa,

          Lha aneka tipe baru yang ekornya angka 5 sudah muncul. Jadi, M4 Aqua didepak deh.

          Entahlah saya akan me-review ponsel itu atau tidak. Yang pasti saya review Xperia Z5 Dual.

  10. farid says:

    padahal cukup keren nih hape di rentang harga segitu, mudah2an meizu cepat merespon bug dg update software kdpn. Klo di banding redmi 2 prime dari segi kamera, kegegasan, daya tahan baterai bagus mana pak?

  11. Kristianto says:

    Wah..td nya rencana beli hp ini..tp malah beli Alcatel flash 2..stlh baca review on herry jd bersyukur gak jd beli meizu..menurut om herry Alcatel flash 2 gimana? Ada rencana review Alcatel gak om?

    • Herry SW says:

      Pak Kristianto,

      Urutan review saya berikutnya memang Alcatel Flash 2. Satu sisi minus yang akan saya bahas, saat akan menelepon dan saya menekan tombol dial, ponsel kadang malahan kembali ke layar sebelumnya.

  12. Rio Dwika says:

    Pak Herry, saya ada pertanyaan mengenai kutu yang dimaksud tersebut menurut bapak apakah itu termasuk kutu dari Hardware atau Software Pak? Mengenai built quality dari casing dari Meizu M2 ini seperti apa pak? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Rio Dwika,

      Menurut saya, tiga kutu terakhir berhubungan dengan software. Jadi, ada peluang bisa disembuhkan dengan update firmware.

      Built quality-nya oke.

  13. Kevin Naufalizar says:

    Koh itu nama gamenya bukannya NFS Most Wanted ya? Bukan NFC ( Near Field Communication ) πŸ™‚

  14. ipong says:

    lbih baik meizu m2 apa redmi 2 prime om?

    btw. hasil foto no. 2 yg trakhir itu foto pakai lampu kilat tp kok kayak lilin ya om?

  15. wasis says:

    pak HSW…. review video slow motion nya dunk, trus di bandingkan yg lain nya ….

    • Herry SW says:

      Pak Wasis,

      He… he… video slow motion-nya hanya saya coba sepintas. Pagi ini Meizu M2 akan memulai perjalanan ke pemilik baru di Kediri.

  16. edi says:

    Wah reviewer lain cuma bisa muji tapi koh Herry bisa lebih jeli.. Mantaap

    • Herry SW says:

      Pak Edi,

      Terima kasih atas apresiasinya.

    • shinosuke nohara says:

      karena reviewer lain dapat unitnya mayoritas pinjaman/pemberian vendor, sehingga terkadang ada rasa sungkan atau enggan menulis sisi minus, atau bahkan berharap dengan cuma menulis sisi bagus, bakal sering diberi gawai baru πŸ˜€

      kalau om HSW mayoritas beli sendiri barang yang diuji, kalaupun dipinjami/diberi vendor, masih bisa menjaga netralitas

      • Herry SW says:

        Pak Shinosuke Nohara,

        Kalau ingin melihat contoh review yang saya dapat ponselnya gratisan, tetapi isi ulasannya menggetarkan jiwa, boleh mengintip review Asus Zenfone 2. πŸ™‚

        Praktiknya memang ada pabrikan yang inginnya cuma ditulis bagus. Begitu ada sedikit sisi minus, langsung deh si penulis masuk ke dalam “daftar hitam”. Ha… ha… ha…. Contoh pabrikan yang sangat terbuka dengan kritikan via review adalah Nokia di masa jayanya dulu dan Sony Ericsson (kini Sony).

  17. ryan says:

    skor antutunya lumayan tp knp kinerjanya amburadul??

    • Herry SW says:

      Pak Ryan,

      * Dalam merekomendasikan ponsel, saya biasanya tidak memedulikan skor Antutu. Skor tinggi belum tentu saya rekomendasikan untuk dibeli. Demikian sebaliknya.

      * Bug yang saya temukan di Meizu M2 seharusnya memang takkan terukur/terdeteksi via Antutu.

  18. hari says:

    slmt pagi pak HSW,
    kira2 bapak ada rencana mengulas sony xperia z5 atau xperia m5 ?
    berhubung pada cuplikan gambar diatas ada foto xperia z5?

    sukses untuk Pak HSW. Thx

  19. Ignatius Tanoto says:

    Hallo Pak Herry,
    Thanks for review Meizu M2.
    1) koq penampakan Meizu M2 punya Pak Herry agak beda yah dengan gambar2 Meizu M2 yg sy lihat di gsmarena ?
    2) for info saja… seperti itulah kira2 kualitas jepretan kamera Acer Liquid Jade punya sy. mirip2 dengan kualitas foto Meizu M2 yg Pak Herry posting di atas.
    3) mengenai indikator batere yg “aneh” itu.. apa itu bukan karena cacat produksi ?

    Sy tunggu untk review Alcatel Flash2 nya πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Ignatius Tanoto,

      1. Barusan saya coba masuk ke GSM Arena. Sama kok, Pak. Bedanya, yang di halaman depan GSM Arena itu M2 warna abu-abu, sedangkan punya saya warna putih.

      2. Hasil jepretan kamera depan atau belakang? Kalau kamera depan, Liquid Jade seharusnya lebih buruk. Sedangkan kamera belakangnya seharusnya lebih baik.

      3. Saya yakin bukan cacat produksi. Sebab, kalau dihitung, sudah ada belasan orang yang alami hal serupa.

  20. Firza faisal says:

    Om izin komen ya.

    Saya udah pakai m2note sekitar 2 bulanan dan untuk pengisian daya saya malah merasa m2note cepat om. Pengisian daya saya pakai charger dan kabel bawaan ya Om. Dari 10% – 100% gk sampai 2 jam. Mungkin kabel atau kepala chargernya bermasalah.

    Kalo soal bug sih saya sim tool kit saya ga pernah sadar sih soalnya ga pernah saya pakai.
    Soal nambah akun gmail saya juga ga ada masalah..
    Semuanya lancar aja. Dan ga perlu mesti sampai di reset.
    Overall hapenya bagus, kamera oke, layar jernih. Hehe..

    • Herry SW says:

      Pak Firza Faisal,

      Terima kasih atas informasinya. Btw, yang saya review M2 lho, bukan M2 Note. Konfirm masalah bukan di kabel atau kepala charger yang saya miliki. Beberapa teman mengalami masalah serupa kok.

      Soal nambah akun Gmail, nambahnya jangan langsung di awal pemakaian. Awal pemakaian atur satu akun dulu. Trus, keesokan harinya cuma nambah satu akun lagi.

  21. Chandra says:

    M2 ini gawai mantap, smooth, ndak lag, spesifikasi diatas rata-rata, kamera bagus, minim noise, diatas redmi2 prime lah, TAPI benar kata Pak Herry SW, firmware bawaan Meizu M2 (versi 4.5.3i) terdapat banyak bug, harus upgrade firmware ke versi 4.5.3.2a baru semua bug bisa hilang.

    Jadi untuk pengguna umum, yang tidak tahu tentang update, oprek2 dll pasti akan merepotkan dan pasti akan bilang: banyak trobel’nya gawai ini.

    Untuk yang paham android/bisa update/bisa oprek2, saya malah merekomendasikan Meizu M2 daripada Redmi 2 Prime, tapi untuk pengguna umum saya setuju sama Pak Herry SW, Memilih Redmi 2 Prime lebih bijak.

    • Herry SW says:

      Pak Chandra,

      Firmware baru-nya apakah sudah bisa di-update secara OTA? Hingga menjelang membungkus ponsel itu untuk dikirimkan kepada majikan baru, di M2 saya belum muncul update.

      Wah, asyik tuh kalau semua bug yang saya sebutkan telah lenyap di firmware terbaru.

  22. Firza faisal says:

    Lah iya ya.. Beda gadget.. Saya pakai m2note. Sori om saya kurang teliti bacanya.
    Untuk login dengan beberapa akun memang tidak langsung saya login semua. Pertama setup pakai akun gmail utama. Rentang sebulan kemudian saya tambah akun gmail baru tidak ada masalah. Mungkin karena memang beda device ya om.

    • Herry SW says:

      Pak Firza Faisal,

      Iya. Di M2 Note tidak ada bug akun Gmail itu. Di M2 pun tak semua pengguna mengalami bug tersebut. Namun, kalau bug indikator baterai 1 persen, sepertinya semua pengguna mengalaminya.

  23. Ignatius Tanoto says:

    Pak Herry,

    yg sy maksud hasil jepretan kamera belakang. kira2 ya seperti itulah hasil jepretan kamera Liquid Jade sy.

    wah, kalau memang bukan cacat produksi, apalagi ada belasan orang mengalami hal serupa, sy benar2 mundur teratur deh untuk beli Meizu M2 ini.

    Terima kasih sekali lagi untuk review Meizu M2 Pak Herry

  24. Aditya DS says:

    Maaf OOT pak, bagaimana cara sinkronisasi kontak telepon ke akun Gmail di Android Kitkat? Dan apa tandanya kalau kontak telepon sudah tersinkronisasi? Tks.

    • Herry SW says:

      Pak Aditya DS,

      Tak ada cara khusus sih. Ketika Anda menambahkan akun Gmail ke ponsel, kontak otomatis tersinkron.

      Apakah tanda kalau kontak telepon sudah tersinkron? Ya daftar kontak Anda muncul di ponsel.

  25. erik says:

    pak Herry,

    kyaknya yg masalah STK udah teratasi lewat update firmware terbaru..
    ada di forum sebelah. tapi gak tau lagi ya.. soalnya saya gak punya..
    penggennya Redmi Note 2, tapi dpt berita katanya pengajuan utk yg resminya ditolak..

    • Herry SW says:

      Pak Erik,

      Thanks infonya.

      Ha? Redmi Note 2 ditolak? Waduh… kemarin saya sudah memesan jelly case-nya buat persiapan. πŸ™‚

  26. lekpujo says:

    OOT dikit ya koh.. Bisa ga koh kalau saya beli hp di erafone/okeshop daerah surabaya,trs ngeklaim garansi di erafone/okeshop disemarang?karena domisili di semarang,

    • Herry SW says:

      Pak Lekpujo,

      Bisa. Namun, apakah tidak lebih baik langsung membawanya ke pusat perbaikan resmi ponsel yang Anda gunakan? Sebab, kalau klaim garansinya lewat Erafone atau Oke Shop, berarti kan mesti melewati dua tahap: Anda –> Erafone/Oke Shop –> pusat perbaikan resmi ponsel.

  27. tejo says:

    halo pak HSW..
    bener apa yg diblg pak herry, semuanya bener… sisi baik maupun buruknya tp overall saya suka pak (mski sdkit kcewa ngga bs nyoba 4G krn pake telkomsel ?).. sedikit tambahan aja, ada beberapa menu yg ngga bs diakses (chinese content)… menurut pak herry apa meizu m2 termasuk hp layak beli tanpa dibanding dg merk lain? performa melebihi harga atau sebaliknya?
    trims pak

    • Herry SW says:

      Pak Tejo,

      Kalau bug yang saya ceritakan itu sembuh, Meizu M2 layak beli. Sepadan banget deh harganya. Namun, kalau bug-bug itu masih ada, saya lebih memilih Redmi 2 Prime.

  28. bay says:

    Aplikasi bawaan Google nya apa benar hanya Play Store saja pak? saya baca di review yang lain begitu. Kalau memang benar, itu bagus sekali. Meminimalisir aplikasi Google yang tidak diperlukan.

    Btw ada pendapat mengenai smartphone Acer Liquid Z220 dan Lenovo Tab 2 A10 koh Herry? Layak beli kah?

    • Herry SW says:

      Pak Bay,

      Ada Play Store, Google Search, dan Google Settings. Tetap minimalis sih.

      Saya belum pernah mencoba Liquid Z220 dan Tab 2 A10. Jadi, saya belum bisa berkomentar.

  29. arief says:

    hallo koh, wah akhirnya review juga m2 nya.. dan sekitar 2hari sebelumnya ada review juga m2 di tuxlin.com cuman gak disebutin bug itu koh..
    oh ya koh maaf agak diluar topik, kalo semakin tinggi cpu smartphone, batre akan semakin boros ya?

    • Herry SW says:

      Pak Arief,

      Tingginya CPU menjadi salah satu faktor terhadap meningkatnya konsumsi baterai. Salah satu faktor saja lho ya, bukan satu-satunya faktor.

  30. jim says:

    Terima kasih atas review M2 yang akhirnya dirilis. Karena saya cukup kecewa dengan kualitas software Redmi 1s dan berharap banyak pada M2. Nyatanya custom Android ini punya banyak potensi masalah.

    Sejak MIUI 6, Xiaomi juga punya kesulitan dengan STK yang tidak stabil. Setelah pakai STK, launcher MIUI jadi corrupt layarnya. Tapi tidak sampai harus selalu restart. Ternyata Flyme lebih parah #hiks

    Andai saja M2 pakai AOSP mungkin tidak separah ini. Tapi pake AOSP tentu saja tidak bisa memanfaatkan tap dan button bawah.

    Dugaan saya, Redmi 2 Prime punya warisan problem mirip dengan Redmi 1s berupa lag di MIUI dan performa batre yang begitu2 saja.

  31. Ignatius Tanoto says:

    Pak Herry,

    Apakah dengan adanya problem2 semacam ini di Meizu M2 maka dapat disimpulkan bahwa semua gadget Meizu itu memang bermasalah ?

    Kalau boleh, sy request di-review juga untuk Meizu MX4 dan Meizu Pro5.
    Dengar2 sepintas daya tahan batere MX4 dan Pro5 bagus.

    Terima kasih Pak Herry

    • Herry SW says:

      Pak Ignatius Tanoto,

      Saya belum berani mengambil kesimpulan begitu. Lha M2 adalah Meizu pertama yang saya coba.

      Request diterima, tetapi tampaknya saya masukkan ke dalam prioritas terakhir.

  32. Rio Martin says:

    Yang Selfie itu Om HSW masa kini yah :))
    Mantap review nya ..
    Hasil fotonya saya sangat suka dengan ketajamannya
    #oops bukan yang selfie nya yah …

  33. hendra says:

    tolong sarannya gan, meizu, xiao mi, vivo, acer mana yang pelayanan servisnya paling baik?

    saya lagi cari android ram 2GB yang budget sekitar 1jtan, saran dari bp herry apa?

  34. Agung Ris says:

    Selamat sore Pak Herry
    Mau tanya tetapi diluar tema. Sebelumnya saya pengguna blackberry Q10. Saya berencana membeli blackberry passport. Yang saya tanyakan apakah blackberry passport bisa instal play store? Apakah bisa menjalankan aplikasi android seperti google translate misalnya. Terus terang saya lebih nyaman pakai produk blackberry dengan keypad fisik, dari pada memakai bb atau hp lain yg memakai virtual keyboard. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Agung Ris,

      Dulu saat saya mencoba Passport, Google Play Store belum bisa diinstalasikan. Kondisi terkini saya belum tahu.

      Kalau tujuan Anda adalah mencari produk BlackBerry dengan qwerty keypad fisik dan bisa menjalankan Android, lebih baik sekalian menanti kehadiran BlackBerry Priv yang memang bersistem operasi Android.

  35. raditya says:

    pak herry untuk budget dibawah 1,5 jt android apa yang paling direkomendasikan ? terimakasih

  36. hendra says:

    lanjutan pertanyaan saya diatas,
    dana sekitat 1jt-2,3jtan, kamera menurut saya tidak seberapa penting. karena saya butuh performa dan layanan after sales yg mencukupi.

    kira” apa yg paling cocok, mungkin ada referensi dr bp herry?

    barang” yang habis direview kalau boleh tau di apain y?

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Hmm… kalau layanan purna jual bagus, berarti pilihan lapis pertama LG, Samsung, dan Acer. LG dan Samsung belum ada yang benar-benar menggetarkan jiwa di kisaran harga itu. Kalau Acer, paling mencari Acer Liquid E3. Keluaran lama, tetapi barunya masih ada. Terakhir harga jual barunya maksimal Rp 1,6 juta.

      Kalau masuk ke layanan purna jual lapis kedua (tergolong lumayan, bukan bagus maupun buruk), saya sangat merekomendasikan Xiaomi Redmi 2 Prime.

      Barang yang habis di-review diapakan? Macam-macam. Kalau rajin memantau timeline Twitter @herrysw, Anda bakal tahu deh. πŸ™‚

  37. hendra says:

    mohon maaf saya tidak menggunakan twitter πŸ™‚

    kalau ada yang di jual biasanya di kisaran brp % harga asli

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Harga sih sesuka hati. Paling berbeda 20 persen dibandingkan harga baru. Kalau pas iseng, bisa saya lelang mulai Rp 100 ribu. Bisa pula dijual setengah harga baru.

  38. yohanes says:

    Ko … Saya pengguna meizu m2 note.. Beli di lazada. Dan thanks God.. Tidak ada masalah… So far so good. Saya pakai smartfren 4g , lancar jaya… Untung lah saya ngak ambil m2.
    Kutu 1 – 4 yg ko herry tulis diatas untung nya jg tidak saya temui di m2 note.
    Cuma saya sebalnya kalau pakai micro sd maka cuma bisa pakai 1 simcard aja. Itu aja sih…
    Sayang ko herry tidak review m2 note ya…

    • Herry SW says:

      Pak Yohanes,

      Kontak di akun Gmail apakah bisa tersinkron dengan baik? Beberapa pengguna M2 Note sempat mengeluh sulit sinkron.

      Ya, saya tidak me-review M2 Note.

  39. Chandragiri says:

    Saya pengguna Meizu m2 ko , iyaa saya sekali nyoba cas saat mati dan ketika 100% saya nyalakan jadi 1% tapi sebenarnya itu batre full ya ko .
    dilain itu saya puas akan meizu M2 ini kamera nya saya akuin jempol untuk harga segitu. menurut ko herry bagaimana after salesnya ?

    • Herry SW says:

      Pak Chandragiri,

      Ya, baterai penuh, tetapi ponsel salah mengenali.

      Kalau yang dimaksud dengan layanan purna jual adalah layanan pusat perbaikan resmi, menurut saya, jangan berharap banyak deh. Apalagi, di sini tak ada perwakilan Meizu yang rutin memantau layanan PT Bintang Cemerlang.

      Hal berbeda berlaku untuk Infinix. Meskipun mereka juga menggandeng PT Bintang Cemerlang, tetapi ada tim Infinix yang sehari-hari berkantor di Jakarta. Jadi, mereka bisa intensif memantau dan, bila dirasa perlu, menjewer si Bintang Cemerlang.

  40. yohanes says:

    Bisa ko.. Setelah update flyme
    Oh iya satu lagi suara speaker nya buat dengerin musik kurang bagus.

  41. Nurevian says:

    Saya user M2 ko , untuk batre saya mengalaminya apabila cas dalam kondisi hp padam hehe ,
    untuk kutu 2-4 saya belum menemukannya karna saya tidak terlalu menggunakannya .
    yang saya sukai dari M2 ini kamera nya ko bener bener jempol untuk harga segini , depan ataupun belakang saya suka sekali .
    untuk after sales meizu sendiri menurut ko herry seperti apa ?

  42. unik says:

    Om menurut om kameranya bagus mana sama xiaomi redmi 2 prime?

  43. hendra says:

    boleh ni pak herry bagi pin bb, saya jg org sby, hehhee

  44. hendra says:

    wa / line ad gk? biar gampang kalo mau cek ad barang hbs review baru gk πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      * Biasakan menuliskan kalimat dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.
      * Kan tinggal mengunduh dan menginstalasikan WhatsApp maupun Line dari Play Store.

  45. hendra says:

    maksud saya, bapak herry menggunakan whatsapp / line? saya cek di postingan, bapak mau jual xiaomi prime bekas review kan.

  46. hendra says:

    Boleh minta no whatsappnya? postingan di twitter tgl 14 nov, barang baru??

  47. wildan says:

    Om herry

    Emang garansi meizu m2 itu sengaja dilama lamain biar barang angus atau engga ada yg ngerjain
    Soalnya hh saya mau dua blan blom dapet kabar dari sana

    Tolong penjelasannya, makasih

  48. prius says:

    Kalo antara Hisense pureshoot/pureshoot+ dengan xiaomi redmi 2 prime/note prime… Over all pilih mana ya…. Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Prius,

      Pureshoot (o-nya dua) atau Pureshot (o-nya satu) nih? Kalau yang o-nya dua, saya tidak tahu. πŸ™‚

      Saya asumsikan Pureshot, Pureshot+, Redmi 2 Prime, dan Redmi Note Prime ya. Belum ada tipe ponsel Redmi Note Prime. Kalau Redmi Note 2 Prime, saya belum pernah coba.

      Tersisa Pureshot, Pureshot+, dan Redmi 2 Prime. Kalau anggaran terbatas, tetapi ingin mendapatkan ponsel yang bagus, silakan melirik Redmi 2 Prime. Kalau anggaran tak masalah, Anda bebas memilih Pureshot atau Pureshot+. Kuncinya sederhana, Anda lebih suka dengan layar 5 inci (Pureshot) atau 5,5 inci (Pureshot+).

  49. wildan says:

    Bisa dibilang gitu om herry

    Minta pendapat dong om, tentang xiaomi redmi note2 pro
    Menurut om herry gimana? Harga dan speknya

  50. diah says:

    pak herry kenapa meizu m2 note sy gak bisa upload video ke instagram ya??tp kl foto sih bisa….udah diutak atik sedemikian rupa,sampe ke tehnisi pun sama ga bisa.

    • Herry SW says:

      Bu Diah,

      Maaf, saya tak pernah memakai M2 Note. Kebetulan saya juga bukan pengguna Instagram. Mungkinkah ukuran file videonya terlalu besar?

  51. wildan says:

    Om herry, klo xiaomi note 3 gimana menurut om?
    Klo ada kabar barangnya masuk indonesia bagi2 ya om kabarnya πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Wildan,

      Wah, saya malahan baru tahu ada tipe Note 3. Yang saya tahu Redmi Note 3. Namun, saya tak bisa berkomentar karena belum pernah menyentuh barangnya.

  52. wildan says:

    Iya itu maksud saya om, redmi note3

  53. Leo says:

    Pak Herry, Meizu M2 support Smartfren 4Gkah? Takutnya sekalipun support 2300 gabs pake Smartfren 4G. Ada fitur LTE onlynya pak? Terima kasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Di atas kertas bisa. Namun, saya tak pernah membuktikannya sendiri karena M2 menggunakan kartu nano SIM, sedangkan saya tak memiliki nano SIM Smartfren.

      Saya lupa di menu bawaan ada pilihan 4G only atau tidak.

  54. indra saputra says:

    permisi om heri, saya lagi bingung ingin membeli android, yaitu antara asus zenfone 2, redmi 2 prime, dan meizu m2 note, kira2 mana yang sampean rekomendasikan?

    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Indra Saputra,

      Meizu M2 Note saya belum pernah coba.

      Di antara dua ponsel tersisa, saya lebih memilih Redmi 2 Prime.

  55. bayu says:

    Pak Herry,
    Meizu M2, kalau dipakai email terutama email kantor (microsoft exchange) ada kendala apa ga?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Bayu,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Jawabannya, maaf, saya tidak tahu. Sebab, saya tidak memakai MS Exchange. Kalau pakai email domain sendiri (saya memakai email berdomain hsw9900.com) non-Exchange lancar saja sih.

  56. Enes Panderman says:

    Ponsel ini pada mulanya tidak mbois, karena gagal upload video ke sosmed (instagram dan path), lalu kemudian batrei dr 20% ke 0% terjun bebas
    Namun pada tgl 29 des pihak Meizu telah mengeluarkan update ROM versi 4.5.4i yang sudah membetulkan semua kutu di atas
    Kelebihan ponsel ini menurut saya adalah : kemampuan membaca hard disk 1TB dengan bantuan power source (bisa power bank atau yang lain) sehingga Meizu m2 bisa banyak memory nya

    Sukses terus Suk HSW ?

    • Herry SW says:

      Pak Enes Panderman,

      Oh, sudah keluar update-nya ya? Pascaupdate aneka bug yang saya sebutkan di atas apakah sudah sembuh semua?

  57. ucie says:

    maf om mau tnya bgusan mna y infinix hot not atau meizu m2??

    • Herry SW says:

      Bu Ucie,

      Biasakan mengetikkan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      Mengacu kepada uji pakai yang saya lakukan, saya lebih memilih Hot Note. Sebab, M2 mengandung banyak bug yang lumayan mengganggu.

  58. ucie says:

    ya pak hery maaf kebiasaan nulis singkat jadi terbawa… dan terimakasih banyak atas infonya sangat membantu buat saya

  59. amar says:

    ko herry mau nanya nih hp android dg kamera mumpuni khususnya malam hari biasa sih nonton konser dimalam hari harganya 1-2 bsa sih nambah 100 atau 200 ribu apa yah

    • Herry SW says:

      Pak Amar,

      Hmm… dengan kebutuhan seperti itu, Anda perlu membeli ponsel flagship dengan anggaran 3-4 kali lipat anggaran saat ini. Namun, kalau mau agak dipaksakan, boleh deh melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  60. amar says:

    keluar anggaran saja koherry apa yah

  61. aslich says:

    Saya sudah update Flyme terbaru. Hasilnya :
    – App Center sudah tidak ada, jadi ga bisa ganti-ganti theme lagi.
    – Muncul masalah baru, jika kondisi stand by, ringtone tiba-tiba mati, volumenya jadi 0, harus dinaikkan secara manual. Beberapa waktu balik ke 0 lagi.

    Karena masalah tersebut, akhirnya saya jual saja Meizu M2 ini

    • Herry SW says:

      Pak Aslich,

      Wah, update terakhir ternyata masih mengandung kutu alias bug ya. Saya pikir sudah beres. Sebab, beberapa pengguna menyatakan aneka bug kini sudah sembuh.

  62. zea says:

    Saran Kalo ngecas m2 in I baik nya kondisi padam atau nyala ya pak ?
    Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Zea,

      Saat dulu saya memakai M2, proses charging harus dilakukan dalam kondisi menyala. Sebab, kalau ponsel dalam keadaan padam, indikator baterai akan ngaco. Kondisi terkini saya tak tahu.

  63. ari says:

    solusi untuk baterai indikator meizu m2. pakai sebentar hingga kira2 kapasitas baterai berkurang. matikan. charge ulang dlm keadaan mati sampai muncul tanda charge. pecet tombol home. setelah keluar simbol persen charge, nyalakan kembali.

  64. lita says:

    Mau tanya soal ngecasnya saya juga ngalamin hal yang sama dicas dimatiin sampe 100% pas dinyalain malah 1% , jadi untuk selanjutnya casnya dimatiin apa tetap dinyalain ? Thanks

    • Herry SW says:

      Bu Lita,

      Ponsel di-charge dalam kondisi menyala. Boleh dipindahkan ke airplane mode, asalkan ponsel tidak dipadamkan total.

  65. z says:

    Mas henry mau bertanya,, kok batre meizu M2 saya tiba tiba batrenya menjadi 1% padaha awalnya sudah di cas sampai keadaan 100%, kemudian dalam waktu 1-1,5 jam tanpa dimainkan hp nya (bwt internetan, nge games dsb) kok tiba-tiba jadi 1% ini rusak apa emg seperti itu? solusinya gimana ya mas?

  66. zainudin says:

    Selamat sore pak Herry,
    Mau nanya pak , sekarang meizu m2 harga nya turun jadi 1,5 apa masih layak beli pak dengan pertimbangan harga segitu sudah dapat kamera resolusi tinggi dan banyak gestur2 yg jarang ada di ponsel harga1,5,

    Sekalian nanya pak meizu m2 sudah ada LED notif sama support USB OTG belum pak?

    • Herry SW says:

      Pak Zainudin,

      Saya tak mengetahui kondisi terkini Meizu M2. Kalau acuannya saat dulu saya memakainya, Meizu M2 tidak layak beli karena memiliki banyak bug.

      Saya tak ingat ada LED notifikasi dan bisa USB OTG atau tidak.

  67. Kevin Adi Nugroho says:

    sedikit info,saya membeli M2 ini memang saat pertama kali charge emang gak mau full padahal sudah 3jam(udah ada fitur fast charging) tapi setelah update ke firmware versi terbaru semua yg disebut seperti banyak kutu sudah tidak ada,btw support otg kok

    • Herry SW says:

      Pak Kevin Adi Nugroho,

      Thanks infonya. Berarti, update firmware terbaru memang bermanfaat nyata ya.

  68. Putra says:

    Halo Pak Herry…sedikit mau kasih review setelah memakai Meizu M2 nih πŸ™‚ Saya beli trus update ke Flyme 4.5.4I masalah charging 1% tidak Saya temukan dan memang kendala gambar sim masih kadang hilang paling kalau mau muncul lagi Saya airplane mode dulu hehe…dan charging memang agak lama…trus masalah email Saya tidak ada kendala karena Saya memakai 3 gmail dan 2 yahoo…dan untuk Pak Zainudin Saya tambahkan untuk LED notif ada di Meizu M2…sedikit puas sih pakai M2 tapi kayaknya mau coba Andro R2 Pak…mungkin Pak Herry kalau mau melepaskan Andro R2nya bisa email Saya yaa Pak hehe…terima kasih banyak Pak Herry πŸ™‚

    • Herry SW says:

      Pak Putra,

      Oh ok. Thanks infonya. Berarti, update firmware terbaru yang sudah hadir untuk M2 terbukti bermanfaat ya.

      He… he… saya sudah berpisah dengan Andromax R2.

  69. edo says:

    Masih recomended ga ya beli meizu m2 ini mengingat harga sdh 1.4jt-an. Dengan upgrade yang sdh lbh baik seperti penjelasan pak Putra. Saya butuh Hh tdk lbh dr 5inch, 4G, 16gb, ram 2gb range harga 1-1.7jt-an.. meizu ini msh recomended?

    • Herry SW says:

      Pak Edo,

      Saya tak tahu kondisi nyata terkini. Kalau aneka bug yang pernah saya ceritakan benar-benar sudah hilang, M2 boleh dilirik.

  70. Rifqi says:

    Pak HSW

    Tolong dong review meizu note 2. makasih

  71. ardian says:

    pak heri mau tanya,p meizu sya tiba” kl lg main game/liat video (berhenti/pause) sendiri dan itu berlangsung beberapa kali setela d tekan *resume dia berhenti lagi

    apakah itu sebagian dr bug,trs solusinya gmn ya?

    • Herry SW says:

      Pak Ardian,

      Dulu saya tak pernah mengalami hal itu. Ya, bisa jadi itu bagian dari bug baru. Saya belum tahu solusinya.

  72. ibrahim says:

    koh. itu bug nya cara ngilanginnya gmn ya…
    baru beli 3 hari, tak cas sebelum tidur paginya tak nyalin trus
    notifikasi batre habis

    • Herry SW says:

      Pak Ibrahim,

      Saya sudah berpisah dengan M2. Info dari teman yang masih memakai ponsel itu, telah muncul update firmware yang menyembuhkan bug itu. Jadi, untuk Anda, silakan masuk ke menu software update di ponsel, kemudian lakukan pembaruan.

  73. Arif says:

    Sedikit sharing, sy pernah make meizu m2 ini bbrp bln yg lalu gak ada masalah2 spt yang disebutkan diatas tuh. Skrg sih sdh sy jual pengin jajal R2.

    • Herry SW says:

      Pak Arif,

      Kemungkinan saat Anda mencoba M2, ponsel itu telah mendapatkan update yang menyembuhkan aneka bug yang saya ceritakan.

  74. awangawe says:

    Salam om..
    Saya pake M2,, tpi bugnya sih ga krasa2 bgt om..
    Tpi masalahnya malah di layar…klo hp panas atau kena panas matahari kelamaan layarnya jadi ada garis2 merahnya…tpi klo di tempat gelap atau brightenessnya dikecilin jadi normal lagi…itu apanya yah? Kadang jengkel si…

    Garansiin aja apa yah om? Apa ada solusi lain?

    • Herry SW says:

      Pak Awangawe,

      Oh, kalau dulu saya tidak mengalami masalah di layar itu. Berarti, bugnya macam-macam dan tiap pengguna bisa berbeda ya.

      Saya tak berani memastikan itu bermasalah apanya. Klaim garansi saja deh, Pak.

  75. mazardha says:

    update firmware udah muncul om.setidaknya kata blog tetangga sebelah.hehehe…..kalo bisa review ulang om setelah diupdate.soalnya hasil kamera bagus bagus banget untuk sekelas ponsel.sekedar catatan hasil review blog tetangga dilakukan pada juni 2016.jadi lebih update.cuman kurang greget.best 4 u om

  76. Fadly Indrawijaya says:

    Kalau antara Meizu M2 Note dengan Andromax R2, menang mana kameranya koh?

  77. Yusup says:

    Pak Herry, g d rencana review Meizu MX4 Pro? Mmg barang sdh discontinued N yg skrg MX5, tp ni mumpung lg ada promo telkomsel poin, harga jadi 2.799.000 utk yg 32 GB. Padahal dl kan harga awal di atas 5jt.

    • Herry SW says:

      Pak Yusup,

      Sama sekali tidak ada rencana. Diberi gratis pun takkan saya review. Soal diskon, he… he… itu kan pintar-pintarnya pedagang. Sejak berbulan-bulan lalu memang sudah bisa dibeli dengan harga segitu kok.

  78. agung says:

    maaf om saya mau tanya, m2 ini apa sudah bisa dipake usb otg?

  79. aceng cahya says:

    Saya pakai meizu m2 note,, tpi kamera belakang kok buram kemerah-merahan gitu, kenapa yah? Apa hrs d setting lgi,, apa ada kerusakan bawaan.

  80. RETNO ROBIATUL ADAWIYAH says:

    assalamualaikum wr,wb salam sejahtera bagi kita semua.
    sebelumme ijin ya pak aku mau nanya nih,. kan hp ku baru MEIZU M2 lha kan udah dari sabtu kemarin belinya dan semingu ini,.
    yang jadi permasalahannya kenapa kalo nge cas itu kan pak mesti itu kalo udah 99% mau ke 100% kok lama ya?? itu gimana solusinya pak mbak mas buk? atau memmang MEIZU M2 begitu

  81. Prasetya says:

    Ini meizu m2 biasa kan koh, kalo meizu m2 note ada bug yang sama ga koh? Kalo flyme dan os androidnya udah diupgrade masi bug ga koh?
    Recomendasiin hp dong koh yang 1-2 jtan, mau ganti nih wkwkw ? good luck koh

    • Herry SW says:

      Pak Prasetya,

      Ya, M2 tanpa embel-embel apa pun. Terakhir katanya sudah ada update. Namun, saya tak bisa mencicipinya karena sudah lama berpisah dengan M2.

      Saya tak tahu di M2 Note gimana. Sebab, saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Di rentang harga itu, saya merekomendasikan Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  82. adi sutikno says:

    betul pak, untuk baterai saya isi semalaman dengan kondisi mati total, pas saya hidupkan masih 1 persen,,,

    • Herry SW says:

      Pak Adi Sutikno,

      Silakan coba update firmware, Pak. Beberapa pengguna M2 menginformasikan telah tersedia update firmware yang menyembuhkan “penyakit” itu.

  83. yatss says:

    ini kompatibel dengan dua frekuensi smartfren ya pak? yang 850 & 2300? terimakasih.

  84. demank says:

    sekedar saran, saya pengguna meizu m2.bagi yg mempunyai masalah diatas segera dapat mengupdate firmwareny ke versi yg terbaru.semua masalah diatas sudah teratasi.

  85. Nasrullah says:

    Numpang tanya gan kalo asus zenfone go ram 2gb, dengan xiaomi redmi 2 prime bagus yang mna ya gan ..

  86. kelik says:

    Gan mau tanya mengenai m2 ini bagaimana caranya untuk membuka beberapa tampilan yang sudah kita tutup dan kita mau buka lagi seperti beberapa android ada yang tombol tengah di hold ada juga yang di touch 2kali

  87. Awaluddin zeva says:

    Untuk masalah meizu m2 kalau kejadian.a seprti itu haru upgrade flyme yg version terbaru … Baru anda akan rasakan semua.a.

  88. gasong says:

    apakah lupa akun bisa upgred flame os 5 ?

  89. willy dana kusuma says:

    Yah udah keburu beli hp itu tinggal nunggu barang dateng. ??

  90. erick says:

    Pak Herry SW maaf nih pake halamannya buat nanya ke pengguna M2 lain..
    Teman2 pengguna M2 BIASANYA NGECAS BERAPA JAM?
    Kalo punya saya sekitar 4-5 jam full dari 10-100% dan itu saya rasa kelamaan, memang utk m2 tdk support flashcharg tapi utk uk. Batre 2.500mah dan cars output 5v 2A, saya rasa tdk selama itu.
    Sebagai info Saya pake Flyme 5.1.6.OG
    Terima kasih

  91. Cevin says:

    Pak, skrg dnger2 flyme udah update, bug nya masih ada?

    • Herry SW says:

      Pak Cevin,

      Ya, katanya begitu. Saya tak tahu kondisi terakhir bagaimana karena telah berpisah dengan M2.

  92. Cevin says:

    Maaf post lagi, ane penasaran nih kan meizu ud support 4g indo, kalo smartfren dan bolt bisa masuk gan?

  93. ahmad eko saputra says:

    mau tanya bru beli meizu m2 trus langsung ubdate Flymenya,, abis rebot cek FIRMWARE tapi ga selesai2 udh dua jam… mohon pencerahannya

    • Herry SW says:

      Pak Ahmad Eko Saputra,

      Sudah coba menekan tombol power selama belasan detik? Kalau tetap ngadat, mampir ke service center Meizu deh.

  94. ajie says:

    Selamat malam pak herry
    saya mau bertanya, apakah ada cara biar bisa mematikan suara jepretan kamera atau timer pada meizu m2?
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Ajie,

      Saya sudah berpisah dengan M2 sehingga tak bisa mengeceknya. Coba mode ponsel Anda ubah ke silent dulu. Siapa tahu berhasil.

  95. Yasir says:

    Untuk silent camera coba ke setting -sound and vibration-other sound-camera shutter.

  96. Mr.Awesome says:

    Gan meizu m2 cepet panas ya gan

  97. sentono says:

    salam sejahtera pak,
    saya pengguna meizu m2 baru beli nih.. tapi kenapa masuk playstore dan bikin akun google ditolak terus y? sinyal lemah atau gangguan begitu.. saya coba terus tetep gk bisa.. tapi kalo saya pakai opera bawaan buat internetan malah bisa.. ada yang aneh nih smartphone apa goblogphone??? atau mungkin harus pake sinyal 4G mungkin pak???

    • Herry SW says:

      Pak Sentono,

      Dulu saat menguji pakai M2, saya tak pernah mengalami hal itu. Silakan coba ulang menambahkan akun Google saat Anda berada di lokasi yang koneksinya internetnya cukup cepat dan stabil.

  98. fonda says:

    Itu flash nya harus manual gan bagus bgt jadinya

  99. panji satrio says:

    selamat pagi pak herry ..

    saya mau bertanya kenapa meizu m2 saya tidak bisa download di playstore .. disitu tidak tertera kode kesalahannaya . gimana ya pak solusinya

    • Herry SW says:

      Pak Panji Satrio,

      M2 Anda bergaransi resmi kan? Lakukan factory reset. Bila tetap gagal unduh aplikasi dari Play Store, kunjungi pusat perbaikan resmi Meizu.

  100. agung nugroho ilham says:

    Koh mau tanya, saya baru beli m2.. Tapi kenapa batrai nya boros bgt ya?
    Trs knp low buat upgread pembaharuan, misal wa minta di perbaharui. Trs loading ke play store nya lama bgt ya, smpai jam2an, itu knp Ya koh?? Trs kalau mau upgread flyme yg terbaru cara nya gmn ya?? ? Tlg bantuan nya

    • Herry SW says:

      Pak Agung Nugroho Ilham,

      Kemampuan baterai ponsel baru biasanya baru optimal setelah di-charge 3-4 kali.

      Nah… ini nggak normal. Mungkinkah koneksi internet Anda sangat lambat?

      Untuk upgrade OS, langsung saja melakukannya dari menu software update di ponsel.

  101. agung nugroho ilham says:

    Koneksi internet buat download musik bbm wa n lain nya baik pak cepat.. . Cm low buat download aplikasi lewat play store baru lama bgt, trs low buat memperbaharui jg lambat bgt.. . Tp kalau pkai wifi bisa, itu apa ya pak, smp jengkel saya.. . Tlg bantuan nya pak,

    • Herry SW says:

      Pak Agung Nugroho Ilham,

      Oh begitu tho. Hmm… aneh nih. Coba masuk ke settings, apps, Play Store, kemudian lakukan clear data dan clear cache deh.

  102. Lily says:

    Saya pakai Meizu M2 ini uda hampir sebulan. Saya juga setuju dengan tulisan koh henry soal minus meizu m2. Tpi utk yg pertama soal charge hape. Ponselnya memang tidak fast charging kan. Apalg dicas dlm kondisi mobile data aktif. Bisa lebih lama dri 4jam. Hiks. Minus yg kedua soal STK itu klo saya abis mode pesawat STK ilang dan gk muncul2 lg. Kadang saya hrus restart atau nunggu lama. Hufft. Utk minus yg ketiga soal indikator batre, wktu saya bli kan saya pakai sampe mati total dan bnr setelah di charge smpe 100% pas di on, dia cuma baca 1%. Aneh emang jengkelin bgt. Dan utk minus yg keempat soal acc gmail itu, disaya tdk kendala yah. Yg skrg diponsel ada 2 account gmail.

    Btw, ada yg mau saya tanyakan nih. Disitu koh henry blg kalo ponselnya bisa dilakukan ketuk dua kali utk menyalakan layar ponsel yg padam yah ? Kok di ponsel saya gk bisa deh ya ? Apa setingan khusus apa gmn ? Kalo di hape zenfone 2 dan infinix hot 3 yg saya tau kalo mau padamkan dan nyalakan layar ponsel memang bisa hny dgn diketuk 2x dilayar.

  103. hafid says:

    Pak numpang nanya dong, sy baru beli meizu m2 lalu saya cas dan full kemudian saya nyalakan indikatornya kok tiba2 langsung 1% ya pak kaya punya bapak. Ini harus di giminakan ya pak ? Makasih

    • Herry SW says:

      Pak Hafid,

      Coba lakukan update firmware dari menu software update. Firmware terbaru konon sudah tak mengandung masalah itu lagi.

  104. agung kusuma says:

    Saya baru beli meizu m2 kmren waktu di cek di toko tidak masalah .tapi setelah saya bawa pulang katanya btrenya penuh sya buat foto tiba tiba mati kenapa ya Pak Herry. Terus waktu saya ces dengan kondisi padam juga seperti itu indikator 100% saat di nyalain ehhh malah muncul batre low… jadi agak nyesel belinya

    • Herry SW says:

      Pak Agung Kusuma,

      Coba lakukan update firmware dulu langsung dari menu ponsel. Kalau tetap bermasalah, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  105. Bryan S.Nug says:

    Alhamdulillah selama pakai meizu m2 belum nemu bug-bug. Sebelum beli baca artikel ini dulu, setelah beli (sebelum dipakai) langsung update firmware. Alhasil oke oke aja, semua fitur berjalan lancar. Kalo ada yang bingung double tap to wake up ada di pengaturan, disana ada pengaturan gesture juga.

  106. ima says:

    terimakasih atas reveiw nya
    sangat bermanfaat
    untuk update firmware nya gimana ya cara nya?

  107. ima says:

    Baik Pak Herry

    terimakasih banyak atas infonya

  108. vandi says:

    Pak HSW,,bisa review meizu mx5?
    suka review dari pak HSW karena objektif sekali

  109. Tyan says:

    Pak ingin tanya, apakah bapak mengetahui kabar terkait masuknya hp meizu baru2 ini. Karena tanpa ada kehebohan apa2 tiba banyak sekali seller baik online maupun offline yg menjual smartphone meizu m3s dan meizu m3 note dan menyatakan barang tersebut bergaransi resmi meizu Indonesia. Bahkan beberapa menyatakan bahwa ponsel tersebut tidak lock untuk akses 4g LTE. Bagaimana mengenai kebenaran hal tersebut pak? Apakah benar telah masuk secara resmi, dan kalau betul lewat distributor yg mana? Barangkali bapak sedikit mengetahui terkait info tersebut. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Tyan,

      Ya, saya tahu, tetapi belum sempat survei ke pasar dan menggali informasi lebih dalam. Dugaan saya sih ada pihak tertentu yang mengimpor sekaligus memberikan garansi sendiri. Meizu-nya sendiri belum memiliki kantor perwakilan di sini.

  110. ilma nasukha says:

    selamat sore pak, pak kalo menurut bapak lebih baik mana meizu m3note apa samsung j5?terima kasih sebelumnya pak

  111. adi says:

    perkenalkan pk nma adi
    sy di jkt
    kbetulan sya pkai meizu m2
    ada kendala pk pda hp ini
    kendalnya selalu gagal download,
    sya sdah browsing dan sya coba tipsnya gitu2 lagi..bahkn sdah pernh di coba factory riset.tpi hsilnya msih.
    kira kira knpa ya pk.

    apkah dari settingan hpnya.atw dari mna ya??
    mhon tipsnya..
    dan terima ksihh

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      Silakan coba datang ke service center deh. Saya perhatikan Meizu sepertinya lumayan rutin ada bug dari sisi software.

  112. Nabila says:

    Selamat pagi Pak Herry,

    Pak saya mau request review meizu M3 note dong pak, terimakasih sebelumnya..

  113. hidayat says:

    nanya ya pak, met siang, pada meizu m2 ( bkn note ) sdh support otg?, kalau pada elevate y3 support otg?, segitu aja makasih.

  114. hidayat says:

    sekalian nanya, support otg itu berbentuk aplikasi installer, atau bawaan pabrik, atau tergantung besarnya mAh pada baterai ( misal : 2000mAh = support ), trimakasih.

  115. safrudin says:

    pak saya mau nanya,kenapa ada install.an google setelah versi flyme.nya saya upgrade ke versi 5,terus lama loadingnya?

    Minta solusinya pak.

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Safrudin,

      Tak tahu kondisi terkini karena saya sudah lama belum mencoba Flyme lagi. Saya memang sering mendengar keluhan soal itu sih.

  116. pras says:

    rencana sih saya mau beli Meizu M2 ini.. tapi setelah baca” saya jadi ragu buat beli.
    saya mau nanya pak??
    HP apa yang speknya(kamera) bagus terus harganya agak miring(1jt an)kayak Meizu ini??

    • Herry SW says:

      Pak Pras,

      Kalau masih bisa menemukan: Hisense Pureshot Rp 1,299 juta.
      Alternatif lain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Harganya Rp 1,7 jutaan.

  117. pras says:

    kalau sama Xiaomi redmi 3s gimana pak?
    speknya juga lumayan tuh

  118. pras says:

    apakah semua produk redmi 3 (3s.3x.3pro) belum bergaransi resmi semua pak?

    tapi katanya temen-temen sih: HP nya awet dan bagus kalau soal garansi sih gak jadi masalah. dan katanya lebih baik merk redmi dari pada merk lain(Asus.lenovo dll)
    saya jadi bingung pak mau beli HP apa?
    dananya kan cuma 1 jt an.pengennya dapet HP yang bagus tapi harganya pas disaku.
    ada yang menyarankan beli infinix hot 2 (1.2jt dg spek lumayan)
    mohon dikasih tips dan saran pak herry

    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Pras,

      Redmi 3 Prime sudah beredar resmi. Kalau Redmi 3 varian lain (seperti yang Anda sebutkan) belum beredar resmi.

      Ya terserah kalau Anda mau nekat beli ponsel tanpa garansi resmi. Namun, Anda harus siap menerima kemungkinan terburuk ya. Misalnya:
      * Barang palsu.
      * Aksesori tidak orisinal.
      * Firmware yang dipakai tidak stabil dan suka memunculkan iklan.
      * Kalau terjadi kerusakan klaim garansinya sulit banget.

      Dengan anggaran Rp 1 jutaan sih saya merekomendaskan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL Rp 1,7 jutaan.

      Hot 2 sudah lama diskontinyu.

  119. pras says:

    tapi pemakai Asus itu banyak yang mengeluh pak?
    karena baterainya cepet panas sehingga mengganggu penggunaan HP?

    apakah gak ada yang lain pak selain produk Asus?
    (yang mudah dibeli di konter” HP sekitar)

  120. Imran says:

    saya sudah setahun menggunakan meizu m2, awalnya memang pasti ada problem, seperti ulasan diatas soal jika sudah dicas batterynya kembali jadi 1%, solusinya pancing terlebih dahulu dengan charger lain (bukan charger meizu).

  121. pras says:

    tapi kalau Zenfone 2 gimana pak?
    apakah hampir sama dengan Zenfone 2 laser?(baterainya gak cepet panas)?

    terus kan Zenfone 2 laser itu punya banyak type?
    kenapa pak herry lebih menganjurkan yang ZE500KL

    • Herry SW says:

      Pak Pras,

      Zenfone 2 masih termasuk kelompok ponsel yang relatif mudah panas.

      Saya menyarankan ZE500KL karena anggaran Anda Rp 1 jutaan. Jadi, saya carikan yang paling murah dan sudah 4G LTE.

  122. naz says:

    Pak herry..
    Kenapa m2 saya kok kalo lagi main game online ataupun youtube suka hilang2 sndiri koneksi enternet nya.
    .

    • Herry SW says:

      Pak Naz,

      Seharusnya tak ada kaitan antara main game dan YouTube-an dengan sinyal hilang sendiri. Mungkinkah operator yang Anda gunakan performanya memang kurang bagus?

  123. pras says:

    pak herry
    saya sudah mencoba cari-cari Asus Zenfone 2 laser itu susah banget pak di daerah saya.
    kalau boleh minta tolong pak herry kasih 5 nama HP urut dari yang terbaik(di harga 1jt an)

    • Herry SW says:

      Pak Pras,

      Saya jadi penasaran nih. Anda di kota apa, Pak?

      1. Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.
      2. Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.
      3. Moto E3 Power.
      4. Hisense Pureshot+.
      5. Infinix Hot 3 X553.

  124. pras says:

    saya dari kota Kediri pak herry

    tolong dikasih menu HP yang mudah dijumpai di toko” aja pak.

    terus masak gak ada merk lain selain Asus.
    kayak Lenovo (a7000plus)

    • Herry SW says:

      Pak Pras,

      Ya Asus itu yang gampang dijumpai. Lebih mudah ditemukan daripada tiga merek lain yang sempat saya singgung.

      Lenovo A7000 Plus sudah diskontinyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *