Review Moto E3 Power: Bukan Hanya Unggulkan Baterai

Kehadiran Moto E3 Power secara resmi di Indonesia disambut dengan tagar #MotoisBack di dunia maya. Buat penulis alias HSW, tagar itu bukan hanya sebagai penanda hadirnya ponsel Moto (dulu Motorola) di Indonesia lagi. Moto is back juga bermakna kembalinya E3 Power milik HSW.

Maksudnya? Pada 8 November lalu, E3 Power yang sedang HSW uji pakai tertinggal di mobil suatu transportasi online. Dengan memakai ponsel berbeda, HSW menelepon sang pengemudi mobil. Setelah sekali tersambung, ada kecenderungan pengemudi enggan menerima panggilan masuk dari HSW lagi. Berbekal Android Device Manager plus bantuan teman di dunia maya, ponsel itu akhirnya kembali ke pelukan eh… genggaman HSW.

moto-e3-power-1

Hanya dengan memperhatikan nama lengkap dan kebiasaan Lenovo yang saat ini menjadi pemilik Motorola Mobility, kelebihan E3 Power mudah ditebak. Embel-embel “power” pasti berhubungan dengan baterai yang tahan lama.

E3 Power dibekali baterai berkapasitas 3.500 mAh yang mudah dilepas pasang. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai itu sanggup bertahan maksimal 38 jam. Kalau ponsel difungsikan pula sebagai hotspot–membagikan koneksi internet ke peranti lain–daya tahannya tentu lebih singkat. Namun, setidaknya masih mampu mendampingi pengguna mulai pagi sampai malam hari.

Keunggulan E3 Power tidak melulu di baterai. Ia ternyata juga tahan terhadap percikan air. Tidak sengaja menumpahkan segelas air minum ke ponsel itu? Tak usah risau. E3 Power masih sanggup bertahan. Sebab, ponsel tersebut dibekali lapisan nano penolak air (water-repellent nano-coating). Ehm… pantang iseng merendamnya di bak mandi atau kolam renang ya.

Siap dipadukan dengan semua operator 4G LTE di Indonesia, menurut HSW, menjadi nilai jual tambahan E3 Power. Ponsel berdimensi fisik 143,8 x 71,6 x 9,55 milimeter dan berat 153,5 gram itu kompatibel dengan 4G LTE di frekuensi 850, 900, 1800, dan 2300 MHz. Selama uji pakai, ponsel tersebut telah HSW gunakan untuk menikmati 4G LTE Telkomsel, XL, dan Smartfren.

moto-e3-power-2

Saatnya membicarakan sisi minus. Saat aktif digunakan, ponsel itu sesekali terasa lebih lambat daripada biasanya. Tidak sampai tersendat atau diam membisu sih. Namun, perbedaan kecepatan responsnya sangat kentara.

Ketika mengalami hal tersebut, solusinya gampang. HSW cukup menyentuh tombol menu, gulirkan (scroll) layar sampai ke bawah, kemudian menekan ikon tiga garis di bagian terbawah. Selesai. Ponsel bakal kembali gegas seperti sediakala.

Layar IPS lima inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan radio FM yang siarannya bisa direkam merupakan sebagian spesifikasi lain E3 Power. Speaker ponsel itu bukan berada di bagian belakang bodi, melainkan di sisi depan. Tepatnya, di bawah layar.

Pengguna yang sering kesal dengan banyaknya aplikasi bawaan ponsel Android akan tersenyum saat melihat E3 Power. Pasalnya, ponsel itu bebas bloatware. Hanya ada aplikasi dasar yang berhubungan dengan Google. Ya, menyerupai ponsel Android seri Nexus dan Android One.

E3 Power memanfaatkan prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6735P berkecepatan 1 GHz. Memorinya terdiri atas RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD yang tidak “saling bunuh” dengan selot kartu SIM2. Saat ponsel belum diutak-atik, memori internalnya menyisakan ruang kosong 11,62 GB.

Sepasang nomor, keduanya menggunakan micro SIM, dapat siaga bersamaan di ponsel Android 6.0 Marshmallow itu. Nomor di selot mana pun yang dipakai berinternet otomatis diperkenankan mengakses jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Perkecualian berlaku untuk Smartfren (dan mestinya Bolt yang belum tersedia di kota domisili HSW). Nomor Smartfren yang siaga sebaiknya dikunci LTE only lewat menu *#*#4636#*#*.

moto-e3-power-3

Dua kamera dibenamkan ke E3 Power. Kamera utama yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat itu siap memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Hanya delapan megapiksel? Pertanyaan semacam itu berpotensi dilontarkan calon pembeli yang memandang megapiksel adalah segalanya. Semakin besar megapikselnya dianggap semakin bagus. Padahal, realitanya tidak selalu demikian.

Megapiksel sekadar menunjukkan ukuran terbesar foto yang dapat diproduksi suatu kamera. Kualitas gambar yang dihasilkan lebih ditentukan oleh kualitas sensor, lensa, dan prosesor. Lebih baik memakai kamera beresolusi hanya delapan megapiksel, tetapi hasil fotonya cukup bagus seperti E3 Power, daripada kamera 13 megapiksel yang memproduksi foto ala kadarnya.

Sementara itu, kamera di sisi muka ponsel siap menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Kamera tersebut sebenarnya tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kendati demikian, saat berfoto di lokasi yang gelap, pengguna masih boleh mengharapkan pencahayaan tambahan. Caranya, aktifkan fitur fill light. Bagian tertentu layar akan memancarkan cahaya yang lebih terang daripada bagian lain.

Untuk mempermudah aktivitas swafoto alias selfie, pengguna E3 Power layak menjajal snap mode. Masuklah ke menu kamera, pilih snap mode, lalu tekan ikon hand sign. Arahkan jari yang membentuk huruf V ke kamera depan. Kamera akan mulai menghitung: 3… 2… 1… jepret. Pengguna tak perlu menekan tombol shutter lagi. Satu hal yang perlu diperhatikan, fitur hand sign idealnya digunakan di lokasi terang saja. Di lokasi berpencahaan kurang memadai, tingkat keberhasilan fitur tersebut akan merosot drastis.

Saat HSW mengetikkan ulasan ini, E3 Power yang mendukung USB On-the-Go (USB OTG) itu dijual Rp 1.899.000. Paket penjualannya termasuk selembar pelindung layar yang belum terpasang. Awalnya ponsel tersebut cuma dijual via Lazada. Mulai minggu depan ia didistribusikan pula ke saluran penjualan modern berjaringan nasional. Misalnya, Erafone, Oke Shop, dan Global Teleshop.

Pada tahap berikutnya, E3 Power akan tersedia di toko-toko ponsel milik perorangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Gerai yang selama ini rutin menjual ponsel Lenovo kelak seharusnya juga memiliki stok E3 Power.

Apakah Moto E3 Power layak dibeli? Kalau menyimak tulisan ini dari awal sampai akhir dengan baik, sekarang Anda pasti sudah bisa mengambil kesimpulan. HSW tak perlu mengetikkan kata-kata eksplisit “silakan beli!” lagi. Lebih baik energi HSW disimpan untuk menyambut kehadiran Moto Z. Eh, ponsel itu masuk resmi ke sini nggak ya….

***

Foto-foto berikut dijepret menggunakan kamera Moto E3 Power. Pemotretan tanpa lampu kilat. Selain resize dan kompresi file, tak ada olah digital lain yang dilakukan.

moto-e3-power-4

moto-e3-power-5

moto-e3-power-6

moto-e3-power-7

moto-e3-power-8

moto-e3-power-9

moto-e3-power-10

moto-e3-power-11

moto-e3-power-12

moto-e3-power-13

moto-e3-power-14

moto-e3-power-15

moto-e3-power-16

Satu foto berikut dihasilkan oleh kamera depan.

moto-e3-power-17

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

moto-e3-power-18

moto-e3-power-19

moto-e3-power-20

230 thoughts on “Review Moto E3 Power: Bukan Hanya Unggulkan Baterai

  1. Dibandingkan dengan xiaomi redmi note 3 pro bagusan mana Om Herry? Rencana cari pengganti xiaomi redmi note 2 yang ga tahan dengan batrenya

    1. Pak Dedhi,

      Di atas kertas spesifikasi Redmi Note 3 Pro lebih tinggi. Namun, kepuasan yang saya dapatkan saat memakai justru lebih tinggi E3 Power.

      Ketidakpuasan utama saya terhadap Redmi Note 3 Pro di kinerja kamera. Fitur 4G LTE-nya juga dinonaktifkan karena ponsel itu belum lulus TKDN.

    1. Pak Viki,

      Versus Pureshot: kalau daya tahan baterai diabaikan, Pureshot lebih menarik.

      Versus Hot S: saya baru bisa menjawabnya akhir minggu depan. Lha masih proses uji pakai.

  2. Dear Pak HSW,

    Pak sepengalaman Bapak saat pemakaian, lebih enak pakai Moto E3 Power ini atau Flash Plus 2 RAM 2GB?
    Kalau dari segi kamera lebih bagus yang mana?

    Terima kasih.

    1. Pak Kobay,

      E3 Power unggul di daya tahan baterai dan tahan percikan air. Selain faktor tersebut, ZE500KL lebih menarik.

  3. Mantap nih oom herry. Akhirnya E3 di review juga. Jujur saya terkesan dg hasil fotonya oom.. Bisa masuk ke dalam buy list nih hehe..

    Nah maaf ya oom kalo OOT, menurut oom herry kalo di tahun ini masih enak ga misal kita memakai windows phone seperti lumia? Karena dari beberapa sumber yg saya baca microsoft katanya menghentikan produksi lumia. Apakah nanti tidak akan spt blackberry yg sudah ditinggalkan sejumlah pengembang, yang membuat fans bb pun beralih lintas os.

    Soalnya saya tertarik juga dg lumia oom. Karena bukan open source tapi sepertinya cukup mendukung utk rutinitas saya. Oom herry any comment kah? Thanx before oom

    1. Pak Dil,

      Saya juga terkejut dengan hasil fotonya kok. Tak menduga bisa sebagus itu.

      Buat saya, Lumia saat ini sudah kurang greget. Tak ada daya tarik tertentu yang membuat saya berminat memilikinya.

    1. Pak/Bu Rosna,

      Kalau fans Moto sih belum deh. Namun, kehadiran Moto memang membuat saya sangat ingin bernostalgia.

      Ya, kayak zaman Motorola tempo dulu.

      1. bbrp kali liat koh herry d foodcourt wtc lt 2 tp sungkan mau nyapa heheheh…
        koh barusan liat d toko online ada yg jual alcatel pixi 4 (5) harga 8xx.xxx kardusnya garansi TAM, mau tanya alcatel yg msk indonesia kualitasnya gmn y ?

        1. Pak Yogi,

          Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

          He… he… he….

          Ada yang cukup bagus, ada yang tidak layak beli. Pixi 4 saya belum pernah coba.

  4. Selamat malam Pak Herry SW, nama saya iok. Salam kenal 🙂

    Akhirnya keluar juga ulasan Moto E3 Powernya. Kemarin Harbolnas di Lazada sempat kepikiran beli Moto E3 Power mumpung diskon.Tapi masih nunggu ulasan dari anda. Ulasannya udah keluar, tapi diskonnya juga udah selesai haha, dan sekarang saya masih galau mau beli apa.

    Menurut bapak, di antara: Moto E3 Power, Lenovo Vibe K5 (biasa), Xiaomi Redmi 3 Prime (resmi), dan Asus Zenfone 2 Laser 500KL mana yang paling layak beli dinilai dari segi kegegasan dan pelayanan garansi? Rencana digunakan untuk mengurus akun media sosial toko daring, tidak untuk bermain games. Jadi semua akun siaga bersamaan: surel, Line, WhatsApp, BBM, Instagram, Fanspage, Dropbox.

    Semisal anggarannya hanya 1.5 juta, apa bapak ada saran merek yang memadai?
    Lalu jika anggarannya 2 juta, merek apa yang anda sarankan?

    1. Pak Iok,

      Vibe K5 dicoret dulu karena saya belum pernah coba. Berikutnya, karena Anda memperhatikan layanan garansi, berarti ZE500KL dicoret juga.

      Tersisa dua ponsel. Layanan garansi berimbang. Sedangkan dalam hal kegegasan, Redmi 3 Prime mengungguli E3 Power.

      Waks… kalau kebutuhan Anda seperti itu, idealnya Anda mencari ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi. Namun, anggarannya ya tidak bisa Rp 1,5 juta atau Rp 2 juta. Minimal Anda perlu menyediakan dana sekitar Rp 3,25 juta. Belilah Lenovo Vibe P1 Turbo.

  5. Pak Herry,

    (1) Di gambar yang paling atas (foto ponsel dari sisi muka), ada ikon “Screen Off”. Itu asli bawaan dari ponselnya, atau dari aplikasi tambahan ya ?
    (2) Apakah ada rencana review Asus Zenfone 3 Max (ZC520TL) ?

    Terima kasih

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      1. Aplikasi tambahan. Silakan cari di Play Store dengan kata kunci “screen off”. Nama pengembangnya Katecca.

      2. Mungkin ya, mungkin tidak.

  6. Pak Herry,

    Jika dibandingkan kegegasannya, E3 power dengan infinix hot 3, lebih gegas yang mana ?
    Tentu untuk kamera dan baterai menang E3 power ya Pak ?
    Terima kasih.

  7. Dibandingkan dengan flash plus 2 dan infinix hot s, kalau diurut dari segala aspek bagusan mana? Kepinginnya beli flash plus 2 krn lg turun harga yg 3gb/32gb jd tinggal 2 jt. Mana yg lbh layak beli?

    1. Pak Eddy,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Hmm… pertanyaan ini baru bisa saya jawab pada akhir minggu ini.

  8. Koh Herry! soal kualitas layar.antara moto e3 power vs redmi 3 prime.yg mana yg lebih adem dan tdk bikin mata cepat lelah bila dipakai berlama2 ?
    soalnya saya sudah 2 thn ini pakai moto E yg seri pertama. saya merasa layarnya sangat sejuk di mata dan tdk bikin cpt lelah.apakah moto e3 power juga demikian? trims atas jawabannya.

    1. Pak Heriyanto,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Sama-sama enak di mata sih. Namun, kalau harus memilih, saya lebih memilih layar Redmi 3 Prime.

  9. Ini salah satu ponsel yang saya bimbang untuk membelinya, tapi akhirnya ga jadi dan memutuskan untuk membeli Asus Zenfone 3 Max. Semua kebutuhan saya sebenarnya terakomodir di ponsel motorola ini : batrai besar, desain simpel, harga terjangkau dan merknya antimainstream.

    Menurut saya, dibandingkan harganya, Moto E3 Power ini agak “overprice” ya Pak HSW?
    Mungkin kalo dijual 1,599 jt saja akan lebih menarik lagi.

    1. Pak Zaid,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Dengan memperhatikan spesifikasi, fitur, dan status sebagai merek global, menurut saya, harganya masih rasional sih.

  10. Bung HSW

    lha…ternyata ujung- ujungnya baterai juga jadi unggulanya.
    Fitur Tap two wake & sleep ada- tidak Bung?
    Kaos XL yang Bung kenakan di mana bung mendapakannya terus ada ukuran M atau S ?

    1. Pak Yoobee,

      Baterai menjadi salah satu keunggulan, tetapi bukan satu-satunya keunggulan. Sesuai judul tho.

      Tidak ada fitur ketuk-ketuk layar.

      Kaos saya dapatkan saat menghadiri acara XL bertahun-tahun lalu. Entah ada ukuran apa saja.

  11. Pak HSW, kalau dipakai main game HD, streaming video HD apa tidak ngelag?. Kalau untuk memutar musik, suaranya mantap apa tidak?.

    1. Pak Martin Styes,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Saya bukan penggemar game. Saya cuma pernah memainkan game Subway Surfers di ponsel itu. Lancar sih.

      Streaming juga baik-baik saja. Namun, saya hanya menonton streaming beberapa menit ya. Tidak sampai belasan atau puluhan menit.

      Suara tergolong bagus di kelasnya.

  12. Pak Herry,
    Dibandingkan dengan Zenfone Max, manakah yang lebih anda rekomendasikan? Saya biasa menggunakan smartphone untuk browsing dan membaca pdf.

    1. Pak Triyatno,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Zenfone Max.

  13. Beberapa waktu lalu Pak Herry sempat menyarankan saya membeli iPad daripada tablet berbasis Windows/Android jika keperluannya untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran laundry. Jika boleh saya tau, apa kelebihan iPad menurut pandangan Pak Herry kalau dibandingkan dengan Windows dan Android?

    1. Pak Rizki Akbariyan Prabowo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Lebih smooth, baterai secara umum awet, dan layarnya sedap dipandang mata.

    1. Pak Aldyan,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Ya.

  14. Menurut Om Herry dengan harga jual Rp 1.899.000 dan Spesifikasi Prosesor “hanya” empat inti (quad core) MediaTek MT6735P berkecepatan 1 GHz serta “hanya” ada 4 sensor, apakah Moto E3 Power tidak Overprice?

    1. Pak Andi Vai,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Tidak. Saya tidak hanya mendasarkan penilaian pada prosesor, melainkan memperhatikan pula kemampuan lain dan kinerja keseluruhan.

  15. Selamat siang Pak Herry SW

    Pak led notifikasi di moto e3 power saya tidak begitu merespon saat ada pemberitahuan baterai lemah dan pesan kira-kira kenapa ya?

    1. Pak Kusairi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      LED notifikasi tidak merespons? #bingung

      Lampu itu kan sekadar untuk penanda, bukan merespons aktivitas Anda. Btw, saya sendiri tak terlalu peduli dengan ketersediaan lampu notifikasi. Lha praktiknya ponsel rutin dicek kok.

  16. jadi, di rentang harga kurang dari 2 juta, ponsel ini paling direkomendasikan ya om? atau ada yang lebih dibanding ponsel ini?

    1. Pak Arga,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Ada aneka alternatif sih. Kalau mengutamakan kinerja kamera, Asus Zenfone 2 Laser dan Hisense Pureshot boleh dilirik. Kalau daya tahan baterai, selain E3 Power, ada Infinix Note 2.

  17. Karena menerapkan OS ‘murni’ Android tanpa custom UI dari Lenovo/Motorol dan bloatware, makanya ringan, om
    Mungkin tujuan nya ga rentan lag, sebab prosesornya cuma 1 Ghz, Mediatek pula.

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Ya, tahun depan akan masuk resmi.

      Soal G4 Plus, belum ada kabar.

  18. Pak Herry,

    Saya pengguna tunanetra. Ada dua pertanyaan ini.

    1. Apakah tersedia aplikasi Talkback? Ini dapat dilihat di Settings > Accessibility.
    2. Kualitas speakernya bagaimana Pak? Apakah cukup keras?

    Terima kasih.

    1. Pak Ramaditya Adikara,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      1. Ada.

      2. Ya, tergolong keras.

    1. Bu Heni Wardhani,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Fast charging dalam artian bisa menerima input hingga 2A? Iya.

  19. Halo pak herry,
    Dibandingkan LG G5 SE lebih memuaskan mana pak?
    Kira2 sudah bisa dibeli di plaza marina mulai kapan pak?
    Dan kualitas servis centre lenovo apakah bisa diandalkan?

    Terima kasih

    1. Pak Alvo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Yah… nggak setara dong kalau diadu dengan G5 SE.

      Mungkin akhir minggu ini atau awal minggu depan.

      Ya, layanan pusat perbaikan resmi Lenovo/Moto bisa dikategorikan cukup baik.

  20. Om HSW,
    Bagaimana jika dibandingkan dengan Lenovo Vibe K4 Note untuk hal kegegasan dan kamera? Lebih bagus mana?
    Untuk service center, apakah ditangani juga oleh Lenovo? Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Farry,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Kegegasan lebih unggul K4 Note. Kamera lebih bagus E3 Power.

      Ya. Mayoritas pusat perbaikan resmi Lenovo bisa menangani klaim garansi Moto. Kelak semua pusat perbaikan resmi Lenovo otomatis bisa melayani klaim garansi Moto.

    1. Pak Utomo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Sekitar 2 jam 10 menit. Kadang sedikit lebih lama.

  21. Mengomentari pertanyaan Pak Dedhi & jawaban Pak Herry sebelumnya.

    Saya kebetulan baru-baru ini menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 Pro versi 3/32 (pastinya bukan garansi resmi) & Moto E3 Power secara bersamaan.
    Sebelum memakai Moto E3P, saya sudah menggunakan Xiaomi RN3P selama 2 bulan. Sedangkan Moto E3P baru sy gunakan sekitar 2 minggu, lalu saya jual.
    Xiaomi RN3P sudah sedikit sy oprek sehingga bisa menggunakan jaringan 4G tanpa kendala. Untuk penggunaan sehari-hari sangat nyaman. Kerja berat seperti game HD sangat mumpuni. Baterainya juga lumayan awet. Jika dibandingkan dengan Moto E3P, sy lebih memilih Xiaomi RN3P, dengan syarat RN3P yang versi RAM 3GB bukan yg 2GB & fitur 4G-nya sudah diaktifkan (baca: diakalin). Hehe…

    Moto E3P sebenarnya nyaman untuk pemakaian sehari2, hanya saja punya beberapa kelemahan dibandingkan Xiaomi RN3P:
    1. Kinerja prosesingnya kalah jauh. Akan sangat terasa jika penggunaanya untuk gaming dengan grafis tinggi. Jika untuk penggunaan ringan tidak begitu terasa bedanya.
    2. Produksi suara via earphone maupun speaker tidak sebagus RN3P.
    3. Kualitas layar jelas kalah.
    4. Sensornya sangat minim, tidak ada gyro, kompas, fingerprint.

    Untuk hasil kamera, kondisi outdoor dengan cahaya melimpah menurut saya lebih bagus RN3P, warnanya lebih natural. Sedangan Moto E3P warnanya agak bluish & sering over exposed. Untuk kondisi indoor & minim cahaya menurut saya jelek dua2nya.

    Keunggulan Moto E3P dibandingan RN3P versi 3GB menurut saya:
    1. Garansi resmi. Pastinya lebih terjamin.
    2. Praktis, tinggal pakai tanpa perlu otak atik segala macam untuk menggunakan fitur 4G-nya.
    3. Punya slot microSD terpisah dari dua slot simcard-nya.
    4. Lebih nyaman digenggam karena bentuknya lebih kecil & tidak licin. RN3P sangat licin.
    5. Anti cipratan air.
    6. Tidak ada bloatware. Bersih seperti seri Nexus.

    1. Pak Deden,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Ada lampu notifikasi. Tidak ada ketuk-ketuk layar.

  22. Wah dari dulu pake motorola mudah-mudahan semua line up nya motorola keluar termasuk yang z. Tapi tentu tergantung lenovo ya….dulu sempet ngarep moto g, sementara ini pakai lg g4 dulu deh sampai puas….:-)

    1. Pak St3v4nt,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Moto Z konfirm akan beredar resmi di sini kok.

  23. Maaf ko ott, saya berencana beli Flash Plus 2 di lazada mumpung ada diskon 300rb, – dan semoga poin telkomsel jg bisa digunakan, jadi tambah lagi diskonnya 100rb – untuk yg versi 2gb/16gb.
    Rencananya saya gunakan untuk keperluan multimedia seperti mendengarkan musik, nonton film, streaming youtubu dan social media, jadi tidak mengganggu handphone utama untuk komunikasi.
    Yg saya tanyakan apakah Flash Plus 2 sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan saya tersebut? Saya suka krn layarnya 5.5″, atau ada rekomendasi lain di harga serupa? Sekitar 1.6jt. Trims.

    1. Bu Aruna,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Ya, cukup mumpuni.

  24. dibandingkan dengan Infinix Note 2 bagaimana koh ?
    btw apakah kameranya lebih bagus dari Hisense Pureshot/Asus Zenfone 2 Laser ?

    1. Pak Bayu,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Kalau perlu kemampuan charging cepat, ambil Note 2. Kalau tak perlu charging cepat, ingin nostalgia, dan perlu tahan percikan air, ambil E3 Power.

      Kamera Pureshot dan Zenfone 2 Laser masih lebih bagus.

    1. Pak Jaka,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba A6600 Plus. Saya sih nggak mau memberikan rekomendasi berdasarkan spesifikasi di atas kertas. Harus coba dulu.

    1. Pak Yudi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Kalau yang dimaksud adalah apakah bisa menerima input sampai 2A, jawabannya bisa.

  25. Jika tidak mementingkan battery, kamera, dan 4G (karena sudah terkoneksi wifi).
    Apakah tingkat kegegasan Lenovo Vibe P1 Turbo terpaut jauh dengan Redmi 3 Prime?
    untuk sosial media yang saya sebutkan tadi.

    1. Pak Iok,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Tidak jauh.

  26. Hallo pak Herry SW !

    bosan nih dengan smartphone. sesekali review feature phone nokia dong. terbaru : nokia 216

    1. Pak Reagan Huang,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Pinjam 216-nya dong. 🙂

    1. Pak Indra,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Belum bisa dipastikan.

    1. Pak Ahmad,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Kualitas layanan belum tahu. Mestinya sih sama dengan Lenovo ya. Lha wong pusat perbaikan resminya juga sama.

  27. Selamat siang koh,
    Maaf mau minta saran smartphone harga under 1.5jt yg kameranya lumayan dan lte 4g.

    Btw ini komen saya. Selalu suka sama reviewnya koh hsw. Tp masalahnya knp saya audah tdk pernah dpt email pemberitahuan ada post nya hsw. Pdhal dlu selalu dpt notifikasi.
    Thks

    1. Bu/Pak Nanian,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Hisense Pureshot Rp 1,299 juta.

      Keluhan yang sama saya terima dari beberapa orang. Sepertinya saat blog ini pindahan tempat hosting, ada database yang tidak termigrasi dengan sempurna. Saran saya, coba unsubscribe, lalu subscribe ulang.

  28. Pak Herry, itu moto e power kalau dipakai untuk motret struk (misal: nota atau bukti transfer atm) apakah menghasilkan gambar yg jelas? Terimakasih.

    1. Pak Teguh,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Apakah yang Anda maksud E3 Power? Kalau iya, jelas kok. Saya sudah melakukan hal tersebut.

  29. wah,benar sekali,om.megapiksel tidak menentukan hasil foto bagus.kadang iklan juga melakukan pembodohan pada orang awam dengan megapiksel ini.padahal sensor lebih menentukan.

  30. Benar pak, kamera dengan piksel tinggi tidak pengaruh kok, yg terpenting itu hasilnya memuaskan 🙂
    Saya pengguna Lenovo A859 kamera 8MP malah hasilnya lebih bagus, tidak kalah dengan yg kamera 13MP.

    Pak Herry, mau tanya maaf OOT..
    Di Twitter bapak kan ada post mengenai Penguat Sinyal yg di Koran Sindo itu,.
    Saya mau tanya pak penggunaan Penguat sinyal itu di bolehkan atau tidak yah pak?
    Sementara di daerah saya ini sulit sinyal untuk jaringan 3G only Telkomsel, sinyal yg didapat hanya H dan itupun 1 bar, malah disuruh CS nya menggunakan 2G/3G.
    Kalau memang boleh pakai penguat sinyal yg di gambar itu, saya ingin coba pakai penguat sinyal itu.

    1. Pak Bams,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Pemasangan penguat sinyal yang dilakukan secara mandiri (bukan oleh operator atau mitra resmi operator) tergolong ilegal. Melanggar hukum.

      Btw, penguat sinyal yang terlihat di gambar itu kinerjanya kurang bagus.

    1. Pak Eko,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tergantung alasan pindahnya karena apa dulu.

  31. pak herry,

    Moto koq gitu… miskin sensor .
    mestinya di harga segitu ada gyroscope & magnetometer, semisal meizu/xiaomi

    Motorola favorit saya sejak dulu.. tinggal 1 biji sampe skrg masih awett pake Motorola Defy..

    tapi dah gk respek ma motorola…semenjak motorola “menjual diri” ke Google hingga Lenovo…

    dah gak eksklusif lagi kesannya…

    1. Bu Dee,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Saya mulai dari yang termurah ya. Hisense Pureshot, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL, dan Infinix Zero 3.

    1. Bu Heni Wardhani,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Saya belum pernah mencoba Moto E3. Kalau yang dimaksud Moto E3 Power, ya, ponsel itu mendukung fast charging. Namun, tidak secepat Qualcomm Quick Charge 3.0 ya.

    1. Pak Mbloro,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tidak saya perhatikan. Sejak dulu sampai sekarang saya masih berprinsip aplikasi tambahan ya diinstalasikan ke memori internal. Biar lebih optimal.

  32. Kalo diperhatikan, ponsel ini kalo dilihat dari spesifikasi di atas kertasnya koq tampak kurang menarik yah pak HSW, dibandingkan spesifikasi gawai merk lain di kisaran harga yang ± sama.

    1. Pak Dhimas,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Kalau yang dilihat hanya prosesornya, memang terlihat biasa-biasa saja. Namun, setelah dipakai, terasa nyaman lho.

  33. Selamat Sore Koh Herry SW, maaf OOT :

    1. Menurut bapak, di antara: Moto E3 Power, Andromax R2 dan Flash Plus 2 yang paling layak beli dinilai dari segi kegegasan dan ketahanan baterai karena akun siaga bersamaan : Line, WhatsApp, BBM, Instagram dan Game (COC) ? Karena kl tidak salah semua sudah mendukung jaringan 4G.

    2. Apakah RAM berpengaruh juga, karena saya baca Flash Plus 2 sudah mengeluarkan yg RAM 3 GB ?

    Budget 2 jutaan, kira-kira menurut bapak proiritas yang mana ?

    Terima kasih

    1. Pak Nevhiel,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      1. Dengan kebutuhan seperti itu, tiga ponsel tersebut kurang cocok deh. Anda perlu mencari ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi. Minimal ambillah Lenovo Vibe P1 Turbo Rp 3,299 juta.

      2. Ya.

      Kalau Rp 2 jutaan, hmmm… kurang pas dengan kebutuhan Anda lho.

  34. Malam pak.

    Kalimat ini “Lebih baik memakai kamera beresolusi hanya delapan megapiksel, tetapi hasil fotonya cukup bagus seperti E3 Power, daripada kamera 13 megapiksel yang memproduksi foto ala kadarnya” terdengar seperti menyindir Xiaomi , apakah betul pak?

    #JustAsk

    1. Pak Hendra,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Lebih tepatnya menyindir aneka ponsel merek lokal.

    1. Bu Sadjirah,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Saya tidak berencana me-review Pureshot+ 2.

    1. Pak RDWN,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      LG Leon yang beredar resmi di sini seharusnya belum mendukung layanan 4G LTE. Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Untuk ukuran saat ini, spesifikasi ponsel itu sudah sangat tidak menarik.

    1. Pak Abdu,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Hisense Pureshot Rp 1,299 juta.

  35. Klo saya perhatikan sekilas spesifikasinya dan bentuk belakangnya mirip mirip ama Lenovo Vibe P1M yang saya pake pak Herry.
    OOT nih pak, klo hasil kamera Asus Zenfone 3 Max dengan baterai monster bagaimana pak? Memuaskan kah atau biasa sajah?
    Makasih pak Herry.

    1. Pak Erwin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 3 Max.

  36. Pak Herry, prosesornya ini MediaTek MT6735 prosesor lama ya Pak?
    Saya lihat spesifikasi Axioo Venge (tanpa X) prosesornya sama Persis, padahal ponsel tersebut sudah keluar setahunan pak

    Oh ya, bapak Herry Suka nonton kan? Nanti tanggal 7 Desember di Blitz Megaplex ada film animasi Jepang buatan Makoto Shinkai yang ratingnya sangat tinggi dan masuk nominasi Oscar, namanya Kimi No Nawa (Your Name). Coba ditonton Pak, saya penasaran komentar bapak hehe

    Terima kasih Pak, salam

    1. Pak Leo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Sekitar setahun.

      Cukup suka. Biasanya saya nonton film komedi atau sekadar numpang tidur. 🙂 Wah, kalau di Blitz, saya kurang suka dengan desain kursinya.

      1. Pak saya ada budget 4 sampai 5 jt.. Lebih dikit gpp kurang dikit juga gpp
        Saya mengingin kan ponsel yg tipis
        Fast charging atau dpt melakukan pengisian cepat.
        Layar dengan pixel per inch yg tinggi, saya hobi nonton youtube dan browsing, kalai game jarang
        Kalau camera sih pokok kwalitas gak malu2 in aja cukup pak.
        Bisa dapet update terbaru dari vendor hp tersebut ke os android selanjut nya
        Layar kalau bisa 5 inch aja biar pas di saku
        Kalau garansi saya kurang peduli pak, saya suka nyervis ponsel yg deket di sekitar rmh saya.
        Gak lemot buat hobi saya sekedar browsing,youtube,wa,bbm,line dan tlp

        Saya ada pilihan zuk z2,samsung a5 2016,zenfone3 yg layar nya 5 inch ram 4 gtlp

        Atau bapak ada saran yg lain pak

        1. Pak Yudi,

          Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

          Ambil Zenfone 3 saja deh.

    1. Pak Aditya Wahyu,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Ya, sampai sekarang Pureshot masih sering saya rekomendasikan.

      Tak ada niat menguji pakai Kingkong 2.

  37. Koh Herry, maaf OoT. Saya butuh alat perekam pribadi yg dapat menghasilkan suara jernih. Apakah Hp atau gadget yg terbaik untuk itu ? Apakah cukup gadgetnya saja yg bagus dengan aplikasi bawaan gratrisnya atau harus ditunjang oleh aplikasi yg terbaik ? Saya sementara ini pakai aplikasi Easy Voice yg free, ditawari iklanya untuk ganti yg pro karena dapat merekam secara stereo, apakah perlu stereo sikh untuk perekam, khan hanya melayani 1 mulut kecuali paduan suara. Makasih sebelumnya

    Eeh nama saya Hengky Fanggian bukan Rahmad. Kok langsung muncul nama sama email begituan sikh padahal saya lama tak buka blog koh Herry lho.

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Kalau sudah tahu namanya salah, ya silakan langsung diganti. Jangan dibiarkan salah.

      Ok, berarti intinya perekam suara ya. Fitur itu praktis tak saya perhatian. Jadi, maaf, saya tidak berani menjawab pertanyaan Anda.

  38. Hi Pak Herry,
    Ada rencana review Samsung J7 Prime tidak?
    Spesifikasi di atas kertas keren untuk handset merek Samsung dengan harga Rp 3 jutaan. RAM 3GB, internal 32 GB, kamera depan 8MP, kamera belakang 13MP, fingerprint & body metal.
    Terima kasih.

    1. Pak Cahya,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Sempat ingin review. Namun, ketika membaca harga Vivo V5, saya malahan penasaran mencoba ponsel tersebut.

      1. Kalau saya lihat spek di atas kertas, Vivo V5 ini ponsel yang didesain berdasarkan tren orang Indonesia banget. Kurang penting layar PPI gede, lebih penting RAM dan storage gede. Kamera depan yang “keterlaluan”, dan jaringan LTE yang “cuma” B1 B3 B5 B40.
        Padahal cuma mendukung 4 frekuensi LTE dimana itu cukup sedikit, tetapi B5 ikut termasuk didalamnya (dan tidak banyak negara di Asia yang memakai B5).

  39. Pak Herry YTH,
    Mohon diberikan opsi antara moto e3p, flash plus 2 dan zenfone 3 max yang lebih baik mana. Karena pekeejaan saya lebih banyak dilapangan tapi jauh dari listrik, jadi butuh ketahanan batere,sinyal dan gps.
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Joni,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Moto E3P? Wah, ada tipe baru lagi ya? Saya belum pernah tahu.

      Flash Plus 2 biasa-biasa saja. Zenfone 3 Max saya belum pernah coba.

      Bagaimana kalau melirik Lenovo Vibe P1 Turbo saja, Pak? Ponsel itu memenuhi kriteria Anda.

  40. Apakah Moto E3 Power milik pak HSW sudah di update ke Android Nougat? Kalo sudah gimana performanya dibanding versi sebelumnya. Saya lihat review di YouTube kalo E3 Power sudah dapat notifikasi update ke Nougat.

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Belum. Belum ada notifikasi update ke Nougat kok.

    1. Pak Adr,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Asalkan beredar resmi, saya akan me-review-nya.

  41. Pak hsw
    Pak tempat beli pureshot offline yang murah di lampung ?

    Pak kira2 umur andro yg dikardus (masih baru) di toko brp tahun ? Sebelum debuan atau karatan

    1. Pak Seto,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Cari di Galeri Smartfren saja deh.

      Sangat relatif, Pak. Bergantung kondisi penyimpanan dll.

  42. Menurut pak Herry kamera nya lebih bagus mana Moto E3 Power dengan Asus Zenfone Max?
    Bagaimana juga perbandingan akurasi dan kecepatan locking GPS nya antara Moto E3 Power dengan Asus Zenfone Max?
    Terima kasih

  43. Selamat sore Pak Herry, saya sempat tertarik dgn HP ini tp stlh liat prosesornya yg hny 1.0GHz, Mediatek serta bnyk skali sensor yg tdk disertakan dlm HP ini saya jd mundur teratur…
    Yg mau saya tnykan, apakah masi ada yg jual LG G2 Pak? Penggunaan paling hny utk chat dan komunikasi saja, tanpa main game.
    Kemudian saya baca komen Bapak soal ViVo V5, saya baca speknya mmg cukup menarik, kira2 pusat perbaikan dr Vivo gmn Pak? Dan mengingat marketing Vivo sana dgn Oppo (memberi “bonus” yg cukup besar kpd toko), berarti harga jual kembalinya juga alamat bakal turun drastis ya Pak?

    1. Pak Edwin,

      G2 masih ada yang jual. Silakan mencarinya di Erafone.

      Kalau bersedia beli dengan perorangan, coba kontak Pak Rizki di 0813 3031 8989. Dua hari lalu dia menjual G2 baru gres dengan memori internal 32 GB seharga Rp 2 juta. Saya tak tahu sudah laku atau belum.

      Kualitas pusat perbaikan resmi Vivo masih misterius. Ya, harga jual kembali akan turun drastis. Anggaplah berkurang setengahnya.

  44. Dari statement “Hanya dengan memperhatikan nama lengkap dan kebiasaan Lenovo yang saat ini menjadi pemilik Motorola Mobility, kelebihan E3 Power mudah ditebak. Embel-embel “power” pasti berhubungan dengan baterai yang tahan lama.” apakah berarti salah satu merk akan dihapus?

  45. Salam kenal pak herry saya mau minta pertimbangan bapak untuk membeli hp saya rencana membeli antara motorola e3 power, lenovo vibe k5 plus 3 gb, asus zenfone 3 max, asus zenfone laser ze 550 kl budget max 2,5 jt. Dengan pertimbangan
    1.4g smartfren karena cm ini yg ada d tempat saya.
    2.service center yg plg bagus mana ?
    3. Saya membutuhkan kamera dr hp tsb untuk mendukung kerjaan saya dalam dokumentasi
    Terima kasih atas responnya

    1. Pak Erwan,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 3 Max. Jadi, saya coret dulu ya.

      Anda cari yang service center-nya bagus. Berarti, Zenfone 2 Laser ZE550Kl juga dicoret.

      Tersisa dua ponsel: E3 Power dan Vibe K5 Plus – RAM 3 GB. Karena kinerja kamera diperhatikan, berarti Vibe K5 Plus dicoret.

      Kesimpulannya, silakan membeli E3 Power. Nomor Smartfren yang Anda pasangkan ke ponsel itu bisa digunakan untuk berinternet via jaringan 4G LTE.

  46. Ko Herry,

    ko saya minat hape ini, tapi setelah saya baca2 di forum lenovo, kok banyak sekali masalahnya ya? mereka2 yg mengeluhkan kebanyakan dari India. ada yg bilang kalo dicas panas lah, batrei cepat abis setelah update terakhir lah, lelet lah, dll.

    apa betul demikian?

    makasih

  47. Dari statement “Hanya dengan memperhatikan nama lengkap dan kebiasaan Lenovo yang saat ini menjadi pemilik Motorola Mobility, kelebihan E3 Power mudah ditebak.”, apakah berarti akan ada 1 merk yang dikorbankan?

  48. Ko Herry,
    makasih buat jawaban sebelume ko. skrg mau tanya lagi tapi agak diluar topik gpp ya? saya lagi cari hape murah baru buat telp, buka sosmed, ngecek game ringan di jalan (ngecek aja, kalo buat mainnya udah ada hape lain yg wifi doang), jarang browsing. layar segede2nya kalo bisa dan dana max 2 juta lah. merk cina boleh asal yg jelas kayak xiaomi, oppo, vivo. kalo lenovo kok banyak yg bilang lemot seiring waktu ya? kalo bisa sih merk korea.

    nah kapan hari liat ada LG G2 mini cuma 1.3 di sby. naksir disainnya dan murah tapi teknologi 2014, ram sama rom nya dikit bener, takut lemot juga seiring waktu karena kehabisan storage. menurut kk masih layak beli kah ini hape saat ini?

    makasih

    1. Pak Hendra,

      Silakan melirik Hisense Pureshot+ Rp 1,499 juta. Kalau sudah lama dipakai, ponsel merek apa pun akan terasa melambat deh. Perlu disegarkan dengan menghapus file yang tidak diperlukan dan, dalam kondisi tertentu, perlu di-reset.

      G2 Mini untuk ukuran sekarang sudah nggak menarik deh.

  49. Ko Herry,

    hisense pureshot plus belinya dimana ko? apa harus pake kartu smartfren dan beli di galeri smartfren? trus garansi resminya dimana di sby? maaf banyak tanya krn belom tau banyak tentang merk ini.

    makasih

    1. Pak Hendra,

      Kalau mau cari harga promo yang Rp 1,299 juta itu, paling mudah adalah membelinya di Galeri Smartfren. Setelah beli, ponsel itu tetap bisa dipakai optimal tanpa dipadukan dengan kartu Smartfren.

      Pusat perbaikan resmi Hisense di Surabaya berada di Ruko Karimunjawa, seberang RS Siloam (dulu RS Budi Mulia).

  50. wah maaf ko Herry, tadi abis tekan post comment kok nda masuk jadinya saya post lagi eh jadinya malah dobel 3. maaf sekali lagi

  51. Ko Herry,

    ko saya tanya2 soal hisense lagi boleh ya?
    1. kualitas layanan servisnya gmn ko? baik apa jelek?
    2. saya kemarin baca2 ternyata ada juga yg namanya hisense kingkong 2. apakah hape ini bagus ko?
    3. hisense pureshot+ itu saya lihat baterenya cuma 2500mah ya ko? dgn layar segede itu apa gak cepet habis baterenya? buat saya charge sehari sekali itu sudah bagus.
    4. apa ko Herry tahu kalo belinya di galeri smartfren bisa cicilan kartu kredit nda?
    5. merk hisense apa dukungan perbaruan softwarenya tetap baik ko buat hape2 keluaran lama-nya? saya kuatir kalo merk china begitu ngeluarin tipe baru, yg lama kagak diurus lagi softwarenya.

    makasih banyak buat waktunya

    1. Pak Hendra,

      1. Cukup bagus.

      2. Tak tahu. Belum pernah coba.

      3. Bergantung perilaku pemakaian. Kalau pemakaian tinggi, takkan bisa bertahan sehari penuh.

      4. Tak tahu.

      5. Kurang tahu.

  52. Dear Pak Herry,

    Saya mau minta saran dan pendapat Anda, hp android dg harga dibawah 1 juta yg paling recomend & worth to buy menurut Anda apa saja ya? Masalah spek saya gak mau banyak cing cong krn budget saya cuman ada 1 juta. Terima kasih Pak. Sukses selalu.

    Salam,
    Andrie

  53. Koh, apakah mulai bulan desember ini moto e3 power tersedia offline seperti erafone dkk?
    soalnya saya lihat di web erafone belum ada

    1. Pak Iwan,

      Standarnya hanya untuk berinternet.

      Kalau ingin ber-VoLTE, Anda harus menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dulu.

  54. Bagus sekali setiap ulasannya pak,lugas bahasanya. Saya kesulitan memilih hp under 3jt. Kriteria no 1 saya adalah nyaman ngetiknya dan batere cukup utk gantik BB passport. Mohon dibantu pak?soalnya menyongsong WA yg akan non aktif di BB.

    1. Pak Alex,

      Hmmm… berarti ponsel pintar dengan qwerty keypad ya. Belum ada pilihan deh. Sebenarnya ada BlackBerry Q20, tetapi kan berarti BB lagi.

  55. Pak Herry SW, bisa berikan gambaran seperti apa beban kerja yang anda gunakan untuk menguji kegegasan Moto E3 Power ini?

    Apakah bapak ada saran aplikasi yang bisa diunduh dengan fungsi semacam “Double Tap to Wake Up”? Sehingga dapat mengurangi penggunaan fisik tombol on-off screen

    Terima kasih

    1. Pak Iok,

      Perilaku pemakaian saya tidak terlalu ruwet. Ponsel aktif saya pakai untuk menerima 700-an email per hari, WhatsApp, Twitter, Facebook, browsing, telepon, dan memotret. Aplikasi-aplikasi itu dibiarkan tetap aktif di latar belakang.

      Tak ada saran. Aplikasi ketuk-ketuk layar yang bukan bawaan ponsel biasanya kurang manjur dan nyaman.

  56. Jika Moto E3 Power dibandingkan:
    1. Redmi 2 Prime
    2. Asus Zenfone 2 Laser 500KL
    gegas mana ya pak?

    Kalau fitur ketuk-ketuk layar dengan cara update kernel menurut bapak bagaimana, pernah coba?

    Aplikasi screen Off yang bapak pasang itu bekerja sempurna tanpa ‘kutu’?

    1. Pak Iok,

      Moto E3 Power.

      Tak tahu. Tak pernah coba.

      Saya rutin menginstalasikan aplikasi itu di ponsel yang tidak dibekali fitur ketuk-ketuk layar. Selama memadukannya dengan entah berapa puluh tipe ponsel (mungkin malahan lebih dari seratus tipe), aplikasi tersebut hanya tidak berfungsi normal di satu tipe ponsel. Ponsel apa? Terus terang saya lupa.

  57. Masih ingat hasil jepretan Redmi 2 Prime Pak? Jika kamera primer gawai garapan Xiaomi tersebut di compare dengan E3 Power bagaimanakah hasilnya? Mengingat dua smartphone itu kompak mengusung kamera utama berukuran 8MP, apakah hasilnya bisa sama?

    1. Pak Dhimas,

      Lupa-lupa ingat. Seingat saya, hasil fotonya lebih terang (brightness lebih tinggi) Redmi 2 Prime, tetapi penangkapan detail objeknya lebih bagus E3 Power.

  58. mau tanya, lebih rekomendasi mana lenovo vibe k4 note dengan moto e3 power?
    secara tipe proc lenovo vibe k4 note satu tingkat lebih besar dari moto e3 power

    1. Pak Feri Alfredo,

      E3 Power unggul di daya tahan baterai dan kamera. Selain dua faktor itu, Vibe K4 Note lebih menarik.

  59. Ko Herry saya mau minta pendapatnya nih… Antara Flash Plus 2 RAM 2GB dan Moto E3 Power, bagaimana penilaian Ko Herry jika melihat:

    Kelengkapan isi kotak?
    Desain?
    Kelengkapan Fitur?
    Display?
    Performa?
    Daya tahan baterai?
    Waktu charge baterai (Fitur Quick Charge)i?
    Kamera (cukup cahaya)?
    Kamera (kurang cahaya)?
    Keluaran suara?
    Penggunaan jangka panjang (termasuk software update)?
    Pengalaman penggunaan?

    Jujur saya sejauh ini cenderung memilih Moto E3 Power. Beberapa alasannya:

    1. Brand Motorolla (Lenovo) telah memenuhi TKDN, jadi 4G nya tidak perlu utak atik terlebih dahulu, sedangkan Flash Plus 2 setahu saya belum memenuhi TKDN dan 4G harus mengoprek terlebih dahulu
    2.Untuk penggunaan jangka panjang, sepertinya Motorolla ini akan lebih terjamin dibandingkan Flash Plus 2 (Alcatel). Saya takut jika suatu hari nanti smartphone bermasalah dan kesulitan mengurus perbaikannya (seperti Meizu M2 misalnya)
    3. Secara spesifikasi Flash Plus 2 lebih menggiurkan, tapi entah kenapa seperti ada kekhawatiran bahwa ponsel tidak begitu awet.
    4. Motorolla (Lenovo) sepertinya lebih berkomitmen di pasar Indonesia ketimbang Alcatel. Jadi sepertinya lebih aman memilih Moto E3 Power.

    Dan yang ini saya masih belum begitu yakin, apakah Motorolla Moto E3 Power ini akan bisa mengikuti perkembangan zaman selama 3 tahun? Bagaimana dengan Flash Plus RAM 3GB jika mengasumsikan berdasar Flash Plus 2 RAM 2GB (saya juga berminat akan ponsel itu)? Karena saya termasuk jarang berganti ponsel. Penggunaan saya untuk Sosial Media, E-Mail, Kuliah, dan WhatsApp kantor. Bagaimana menurut Ko Herry? Jika ada alternatif lain dengan budget maksimal 2.000.000 – 2.500.000, ponsel apakah ada ponsel lain yang akan Ko Herry rekomendasikan? Maaf atas panjangnya komentar ini dan terima kasih sebelumnya atas kesediaannya untuk menanggapi…

    Ps: Maaf kalo post terkirim 2 kali,internet saya sempat bermasalah sewaktu mau kirim komentar ini.

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Secara umum mending E3 Power.

      1. Moto lho, bukan Motorola atau Motorolla.

      2. Iya sih.

      3. Kalau saya merasa pengalaman pemakaiannya tidak sewow E3 Power yang di atas kertas memiliki spesifikasi lebih rendah.

      4. He.. he.. yang pasti service center dll lebih jelas ya.

      Untuk pemakaian selama tiga tahun, saya sih yakin E3 Power-nya masih mampu. Namun, spesifikasinya bakal terasa ketinggalan. Hal serupa berlaku untuk Flash Plus 2.

      Hmm… di rentang harga segitu, saat ini alternatif lain adalah Asus Zenfone 3 Max.

  60. antara ini atau infinix hot s yang lebih murah, lebih memilih mana pak Herry ?
    atau ada alternative lain ?
    saya ingin memakai gawai juga untuk kedepannya, yah 3 tahunan.

    1. Pak Fouad,

      Saya lebih pilih E3 Power.

      Dipakai tiga tahun sih tahan. Namun, spesifikasinya akan terasa ketinggalan deh.

  61. Pak, antara moto e3 power dan hisense pureshot plus lebih cenderung kemana bagusnya? Dari segi kamera apakah jauh lebih bagus pureshot plus ataukah sediki lebih bagus? Bingung. Mau beli hp yg kamera lumayan bagus dan batre awet soalnya syukur2 dapet fast charging.

    1. Pak Tri,

      Dari sisi apa dulu nih? Kamera lebih unggul Pureshot+, kalau daya tahan baterai jelas menang E3 Power.

  62. waduh hp yang menarik dan terbaik 2016 versi hsw di rentang harga 1-2 jutaan, tapi sayang sensornya banyak tidak ada ya pak

  63. Kooohhh…akhirnyaaa moto ada lageeee…saya maniak moto koh…hahaaaa.

    Koh ini termasuk rekomen “sangat” gak utk kebutuhan foto n 4g?! Di kisaran harga under 2,5jt. Atau ada yg lbh worth it koh?!

    Terima kasih banyak sebelumnya ya koh.

    1. Pak Tony,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Direkomendasikan, tetapi bukan sangat direkomendasikan. Dengan kriteria seperti itu, silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL.

    1. Pak Albert,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Di WTC ada kok.

  64. melihat harga per hari ini
    1. moto E3 = 1.899.000
    2. Asus Zenfone 3 Max ZC520TL – 2GB – 16GB = 1.969.000
    3. Asus Zenfone 3 Max ZC520TL – 2GB – 16GB = 1.599.000
    4. Hisense Pureshot Plus – HS-L695 – 16GB = 1.468.800
    yang paling gegas performa nya untuk browsing, download, nonton video, baca pdf… gawai yang mana kah..?

  65. Pak Herry,
    Saya bingung diantara 2 pilihan Moto e3 power / zenfone 2 laser ZE 500 KL,
    lalu pas saya cek di erafone kok ada yg mirip juga dengan zenfone go ZB 500 KL.
    klo saya lihat moto e3 power unggul di baterai tapi kalah di procesor.
    Mohon pencerahannya pilih yg mana ya pak?

    thanks

    1. Pak Andry,

      Yang Zenfone Go saya belum pernah coba.

      Kuncinya Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai (ZE500KL) atau performa kamera (ZE500KL). Itu yang dijadikan faktor penentu.

  66. Mlm pak herry, kalau di bandingkan dengan hisense kingkong 2 bagusan mana ya? Secara harga di lazada mirip, batre sama besar, sama2 tahan air. Mhn infonya. Mksh

  67. Malam pak herry, untuk type ponsel moto e 3 power ini apa tahan pak dipake hujan2 & tercelup air? Kira2 dlm paket penjualan ponsel ini apa ada headset dan kabel data otg? Trims 🙂

    1. Pak Putra,

      Hujan-hujan asalkan tidak superlebat: tahan.
      Tercelup air: tak tahan.

      Saya lupa dapat headset/earphone atau tidak. Kalau kabel OTG tak dapat.

    1. Pak Imawan,

      Jadi, maksudnya SIM1 berada di jaringan 4G, sedangkan SIM2 di jaringan 3G/HSPA? Kalau iya, jawabannya tidak bisa.

  68. Pak Herry,

    untuk ponsel moto E3 power ini,

    Untuk Smartfren apakah bisa dipasang di slot SIM2

    (mengingat m-BCA tidak didukung oleh smartfren) sehingga memerlukan di slot SIM1

    terima kasih sebelumnya

  69. untuk merekam suara atau video… apakah memmpengaruhi kulitas audionya.. karena posisi spekernya ada di depan

      1. kalo di banding dengan sony m4 aqua atau lg k10 lebih pilih mana om? untuk ketahanan di pakai di atas 2 tahun…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *