By

Review Samsung Galaxy Grand Duos: Pilihan Tepat untuk Lansia

Entah sekadar ingin mencicipi, latah, atau supaya terkesan tak ketinggalan zaman, penulis berkali-kali menjumpai lansia akan membeli peranti Android Samsung. Galaxy Note atau Galaxy Note II paling sering dicari oleh para om, tante, opa, dan oma. Sebagian lagi melirik tablet terbaru Samsung, apa pun tipenya.

Anda mungkin berpikir, “Ah, jangan-jangan mereka membeli ponsel atau tablet Android untuk dihadiahkan kepada anak cucunya.” Dalam kasus ini, kemungkinan tersebut boleh diabaikan. Sebab, kalau diperhatikan, saat disodori produk contoh yang bisa dioperasikan (live demo unit), mereka biasanya menanyakan ukuran huruf terbesar yang dapat disajikan.

Galaxy Grand-1

Meskipun tidak spesifik membidik lansia, menurut penulis, Samsung Galaxy Grand Duos alias GT-I9082 pantas dipertimbangkan lansia yang mencari ponsel berlayar sentuh. Ponsel itu hadir dengan layar sentuh TFT lima inci yang mampu menyajikan sampai 16 juta warna. Resolusinya tidak ekstratinggi, hanya 480 x 800 piksel. Namun, hal itu justru membuat tampilan layarnya ramah dengan mata lansia.

Pada pengaturan ukuran huruf normal pun, pesan SMS telah tersaji cukup besar di layar Grand. Kalau masih kurang besar, pengguna tinggal mengubahnya menjadi large. Tetap kurang besar? Ubahlah ke huge sehingga tampilan huruf meraksasa.

Galaxy Grand-2

Bagi pengguna dengan penglihatan yang masih prima, Grand juga boleh dipertimbangkan. Resolusi layar yang sedang-sedang saja itu tak sampai membuat tampilan layar Grand terlihat kasar. Percayalah, tetap nyaman dipandang kok.

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di Grand. Satu di antaranya dapat mengakses jaringan 3G, sedangkan satu nomor lainnya hanya bisa menikmati jaringan 2G. Pengguna leluasa menentukan nomor mana yang diizinkan masuk ke jaringan 3G. Asalkan didukung oleh layanan operator, pengguna bisa merasakan asyiknya layanan HSPA dengan kecepatan unduh sampai 21 Mbps.

Sepasang kamera dapat dijumpai di Grand yang berdimensi fisik 143,7 x 77,1 x 9,6 mm dan berat 162 gram. Kamera belakang dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera depan sanggup memproduksi foto dua megapiksel dan klip video beresolusi maksimal 720 x 480 piksel.

Galaxy Grand-3

Prosesor dual core Cortex A9 1,2 GHz, baterai 2.100 mAh, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Grand. Saat ponsel masih segar, tersedia 3,67 GB di antara 3,94 GB device memory yang leluasa dioptimalkan pengguna. Ada pula selot microSD, radio FM yang siarannya bisa direkam spontan, dan penyaring panggilan telepon maupun SMS.

Fitur bernama khas Samsung, di antaranya, multi window, smart stay, direct call, dan smart alert, tersedia di Grand. Dengan multi window, peranti Android 4.1 Jelly Bean itu bisa berbagi layar untuk menyajikan dua aplikasi sekaligus. Sedangkan dengan smart stay, layar Grand senantiasa menyala saat mata pengguna terdeteksi masih menatap ponsel.

Menurut penulis, permukaan penutup baterai yang licin dan tidak tersedianya pilihan untuk mengunci Grand selalu berada di jaringan 3G menjadi sisi minus utama ponsel itu. Resolusi layar yang 480 x 800 piksel di satu sisi bisa dianggap kekurangan. Namun, di sisi lain justru dapat dianggap sebagai poin plus. Bergantung dari sudut mana pengguna memandangnya. Secara umum, Grand merupakan ponsel Android dual on GSM-GSM yang menarik. Kinerjanya pantas mendapatkan acungan jempol.

Saat ini, harga jual ritel yang disarankan untuk Grand Rp 3,999 juta. Toko-toko ponsel seringkali menawarkannya di rentang harga Rp 3,82 juta sampai Rp 3,85 juta. Bila dicermati, patokan harga ritel resmi Grand itu menunjukkan betapa Samsung sangat percaya diri dengan kekuatan mereknya. Sebab, dengan memperhatikan fitur, spesifikasi, dan kinerja, harga ideal Grand mestinya tak lebih dari Rp 3,25 juta.

168 Responses to Review Samsung Galaxy Grand Duos: Pilihan Tepat untuk Lansia

  1. liat2aja says:

    Sebenarnya sempat tertarik sama Galaxy Grand ini, apalagi dah dual sim. Apadaya tergoda akhirnya Feb kemarin dah keburu ambil Galaxy Note II. Padahal kebutuhan tidak perlu sampai begitu, Galaxy SII saya masih mencukupi karena kebanyakan buat browsing dan camera saja.

    Galaxy Grand PPI nya rendah? Ini kan ‘gara2′ Apple mengklaim soal Retina Display menyebabkan user jadi sangat2 rewel mengenai angka PPI tsb, padahal kasat mata sulit melihat perbedaannya

    Harganya ketinggian? Samsung udah pede jaman skrg, seperti jaman Nokia yg selalu pasang harga lebih premium daripada kompetitor. Lagipula kalau Samsung pasang harga murah kompetitor ga bisa jualan dong… (saya bukan fans Samsung, kebetulan saja 3 hp terakhir Samsung Android semua)

  2. RahmadiGresik says:

    Pak Herry, Galaxy Grand duos ini apa bisa menggunakan s pen untuk membuka dan menulis pada menu s note ? Trimakasih

  3. Hendra says:

    Pak layar grand kan ppi nya ga gitu gede,buat melihat image foto bagus ga?karena saya pakai galaxy ace plus jujur masi kurang puas,karena sebelumnya saya memakai xperia play yg layarnya mnurut saya sangat bening.trus buat game nyaman ga?gimana kualitas grafiknya bila dibandingkan dengan gpu adreno 205?dan yg terakhir kalau di pakai single sim,baterenya kua brapa lama?dengan pemakaian browsing dan gaming yg vukip banyak,apakah hp ini cocok buat gamer seperti saya yg juga sangat hobi browsing?

  4. Herry SW says:

    Pak Liat2aja,

    He… he… retina display seolah jadi patokan “layar bagus” acang ya.

    Iya, Samsung saat ini sudah sangat percaya diri banget, seperti zaman Nokia dulu. Harga pasang tinggi, toko “ditekan”, dll.

  5. Herry SW says:

    Pak RahmadiGresik,

    Tidak ada S Pen dalam paket penjualan Galaxy Grand Duos.

    Bisakah memakai S Pen Galaxy Note? Belum pernah coba. Dugaan saya tidak bisa.

  6. Herry SW says:

    Pak Hendra,

    Buat kebanyakan pengguna, termasuk saya, masih tergolong bagus. Tapi, buat yang profesinya fotografer atau desainer, terasa kurang mantap.

    Saya cuma main game yang ringan-ringan saja. Misalnya, Hill Climb Racing dan Angry Birds. Nyaman-nyaman saja sih.

    Soal kualitas grafik secara teknis, saya kurang paham.

    Saya tak pernah memakainya hanya dengan satu kartu. Kalau dua kartu dan dipakai aktif, biasanya hanya bertahan sampai sore.

    Kalau perlu game yang gambarnya perlu sangat detail, mungkin kurang cocok ya, Pak. Mungkin lho ya. Saya bukan penghobi game.

  7. rudy says:

    Wah om review nya top. Menjabarkan sisi minus dan sisi plus. Tidak ada pernyataan negatif atau pun menyindir top deh. And kapan mau merevie p 770 lenovo ane sempet liat tuh barang dipajang di carefour bj junction surabaya. Harganya kalau nggak salah 1.999.000

  8. Herry SW says:

    Pak Rudy,

    Pada sekitar dua tahun terakhir, kayaknya ini ponsel Samsung kedua yang saya review positif. Sebelumnya, yang juga dapat nilai bagus Galaxy Note II. Sebab, dalam uji pakai memang terasa memuaskan.

    Pernyataan negatif ada lho. Coba cek dua paragraf terakhir.

    Ha? Lenovo P770 Rp 1,999 juta? Nggak salah lihat dengan P700i, Pak? Kalau yakin P770, besok saya samperin ke BG Junction.

  9. agus says:

    Mlm om herry

    Maaf om klo ada kesempatan tolong dong review lenovo s890,, denger2 soalnya bagus, udah dual core, trus udah jelly bean juga….
    Klo bisa mohon kabulin permohonan saya ya om,, soalnya klo beli samsung gak terkabul uangnya……hehehehehheeh
    Makasih ya om

  10. Herry SW says:

    Pak Agus,

    Kalau Bapak mengirimkan pinjaman S890 kepada saya, saya pasti akan me-review-nya. :)

    Terus terang saya lebih penasaran mencoba P770 daripada S890, Pak. Namun, ponsel itu tak kunjung muncul.

  11. liat2aja says:

    Sejak iPhone klaim mengenai “retina display” larinya produsen juga tanding2an mengeluarkan produk flagship dengan PPI setinggi mungkin. Sedangkan HP seperti Samsung Grand dan banyak Android lokal made in China resolusinya kecil dengan layar raksasa otomatis tampilan tidak mungkin sedetail hp lain dengan resolusi lebih tinggi.

    Kalau saya pribadi yakin resolusi dan PPI banyak yang hanya memberikan sugesti saja, bahwa semakin tinggi makin baik tampilannya. Padahal jenis2 layar juga menentukan, misal AMOLED, Super LCD, IPS dsb dsb juga menentukan tampilan layarnya baik atau tidak.

    Tapi dengan penyakit Android yang batterainya cepat habis, banyak user yang set displaynya dengan tingkat kecerahan paling rendah, otomatis tampilannya jadi jelek juga dong?

    Layar Samsung Grand sebaiknya mungkin vs Lenovo S880 ya? Hampir sama ukurannya hanya resolusi kecilan S880 karena kepotong “tombol” back dsbnya

  12. Herry SW says:

    Pak Liat2aja,

    Iya, kadang lebih ke marketing gimmick-nya para produsen.

  13. endok says:

    Galaxy grand duos bisa pake mouse nggak ya pak?
    Pernah baca review kl galaxy note sdh bisa..

  14. Herry SW says:

    Pak Endok,

    Maaf, saya tak pernah coba menghubungkan Galaxy Grand Duos dengan mouse.

  15. Chely Sutio says:

    pak Herry,pada Lenovo S880,SMS nya juga bisa diperbesar seperti Samsung Grand Duos ini. Tapi yah memang Samsung uda branded sih tapi harganya agak kemahalan kayak Nokia dulu.
    Dulu mau beli hp Nokia 6150 dgn layar warna 4096 aja mau 1 juta,akhirnya saya pilih Samsung C100 dgn warna & speksifikasi yg lebih bagus. Samsung sekarang sudah seperti zaman Nokia dulu. Kalo saya liat produk LG jg tdk kalah ama Samsung. Ini juga saya dgr dari teman yg pakai LG L7 dan LG L9 yg pernah saya pegang dan test waktu di Erafone Medan.

  16. Herry SW says:

    Pak Chely,

    Benar, Pak. Kalau tak salah ingat, cara memperbesar tampilan SMS di Lenovo S880 bisa pakai jurus dicubit-cubit. Semoga saya tak salah ingat.

    Nokia 6150 itu berlayar hitam putih lho, Pak. Mungkin yang Bapak maksud 6610.

    Iya, Samsung saat ini memang sudah seperti Nokia. Baik dalam hal penetapan harga, ragam produk, termasuk cara “menekan” diler.

    Setuju, Pak. Ponsel LG nggak kalah dengan Samsung. Saya pernah ngetwit yang inti isinya bilang begini: “Tak mudah meyakinkan orang kalau ponsel LG itu bagus. Tetapi, jauh lebih sulit lagi meyakinkan orang bahwa ada ponsel Samsung yang buruk.”

    Sayang, karena kalah nama, kalah promo, dan kalah distribusi, di pasar LG jadi kurang greget deh.

  17. Chely Sutio says:

    cara memperbesar teks SMS pd lenovo S880 dgn menekan tombol volumenya. Inipun baru saya sadari setelah pakai 1 bln.

    Benar,hrsnya nokia 6610,bukannya nokia 6150. Nokia 6150 hitam putih berantena sezamannya nokia 5110. Baik 6610 maupun 6150,keduanya pernah saya miliki.
    Salam utk pak Herry,semoga sehat selalu. Saya akan menunggu review anda berikutnya terutama Lenovo P770 & A660 yg kalau tak salah ingat GSM & CDMA. Saya ingin mengetahui perbandingan fiturnya dibanding Smartfren Andromax U.
    Terima kasih.

  18. Chely Sutio says:

    Maaf,barusan saya liat lenovo A660 itu dual sim GSM. Mungkin yg type A690 Lenovo yg dua sim GSM – CDMA?

  19. Chely Sutio says:

    wah…A690 Lenovo juga dual GSM rupanya. Barusan saya cek di internet. Apakah pak Herry tahu type apa Lenovo yg dual sim gsm & cdma?
    Terima kasih.

  20. Herry SW says:

    Pak Chely Sutio,

    Oh dengan menekan tombol volume ya. Lain kali cobalah dengan mencubit layar. Saya lupa-lupa ingat. Tapi, sepertinya dulu saya memakai cara itu yang saya ketahui secara tak sengaja.

    Lenovo P770 mestinya akan saya review. Masih menanti barang mudah ditemukan dulu.

    Lenovo A660 tidak di-review karena tidak beredar di sini. Benar, A660 dan A690 itu dual on GSM-GSM. Kalau yang dual on GSM-CDMA dan kemungkinan besar akan dipasarkan ke Indonesia adalah Lenovo A390.

  21. Ady says:

    Artikel yg sangat bagus. Saya masih galau ingin cari HP dual SIM card antara Samsung Galaxy Grand, Lenovo s880, dan Acer Liquid Gallant Duo.

    Samsung Glaxy Grand = Kemahalan, layar kegedean, tapi fitur melimpah.
    Lenovo S880 = Cukup murah, layar kegedean, fitur standar.
    Acer Liquid Gallant Duo = belum coba.

    Sekiranya pak Herry bersedia mereview Acer Liquid Gallant Duo dari berbagai segi, atau mungkin sudah pernah pegang mohon sharing pengalamannya. Hehe..
    Terima kasih.

  22. Herry SW says:

    Pak Ady,

    Saya belum pernah mencoba Acer Liquid Gallant Duo sehingga belum bisa me-review-nya.

    Kalau mencermati kriteria ponsel yang Bapak cari, Lenovo P700i atau Sony Xperia E Dual boleh dipertimbangkan.

    Ini tautan review-nya:
    http://ponselmu.com/lebih-murah-daripada-filipina/
    http://ponselmu.com/review-sony-xperia-e-dual-tampilkan-dua-sinyal-dong/

  23. pande says:

    saya pengguna samsung galaxy grand duos…

    mnurut saya smartphone ini bagus…
    resolusi kecil tidak mempengaruhi kinerja smartphone ini…

    dan 1 lagi yg menarik dari smartphone ini adalah unduh aplikasi dan game yg sebesar apapun anda tidak perlu menunggu lama…

    it’s very fast smartphone…

  24. Herry SW says:

    Pak Pande,

    Terima kasih atas sharing-nya.

  25. pande says:

    untuk pak herry

    saya mau ambil handphone 1 lagi…
    tapi pengen yang brand lain…

    menurut bapak lg optimus bagus apa tidak???

  26. Herry SW says:

    Pak Pande,

    LG Optimus apa nih? Kan tipenya banyak. Anggarannya berapa?

    Beberapa tipe Optimus yang saya coba tergolong menarik sih. Di antaranya, Optimus One, Optimus 2X, dan kini Optimus G.

  27. Davit C says:

    Smartphone merk lain seperti LG, Lenovo atau Acer dgn spesifikasi yang sebanding dengan galaxy grand kira2 apa ya?

  28. Herry SW says:

    Pak David C,

    Yang paling mendekati Lenovo S890. Harga ritel yang disarankan Rp 2,699 juta. Harga pasar Rp 2,56 juta sampai Rp 2,6 juta.

  29. dewi says:

    Pak mau tanya.. ini saya barusan pake galaxy grand.. untuk membedakan pesan masuk ke kartu 1 dengan kartu sim 2 gimana ya pak? Kok ga ada keterangannya.. trimakasih pak sebelumnya

  30. Herry SW says:

    Bu Dewi,

    Coba perhatikan sisi kanan SMS. Mestinya ada semacam ikon kartu SIM dengan angka 1 atau 2 di dalamnya. Nah, itu menunjukkan SMS-nya dikirimkan ke nomor pertama atau kedua.

  31. dewi says:

    Nah itu diaa.. tidak ada pak.. tp kalo untuk pesan keluarnya ada..

  32. Herry SW says:

    Bu Dewi,

    Lho kok aneh ya. Coba buka tautan ini http://s22.postimg.org/4xazzhrs1/SMS_Grand.jpg

    Perhatikan bagian yang saya tandai dengan lingkaran merah. Di Galaxy Grand Anda apakah tidak ada?

  33. dewi says:

    Tidak ada pak.. makanya saya juga bingung kalo da sms masuk, masuknya ke nomer yang mana. Bagaimana ya pak sebaiknya? Atau perlu d bawa ke service center? Ini saya baru pake blm ada seminggu

  34. Herry SW says:

    Bu Dewi,

    Yang terpasang dua kartu SIM kan? Hmm… kasus aneh banget nih.

    Coba lakukan factory data reset dulu. Bila tidak menuntaskan masalah, berarti Anda perlu membawanya ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  35. nidya says:

    Om mau tanya,samsung grand ini buat fasilitas video call nya bisa langsung menggunakan operator jaringan kan ? (Tanpa aplikasi tambahan misalnya skype) seperti video call pada tab 2. Kan lgsung tuh ada panggilan video nya ?
    Klo lawan bicara nokia bisa aja kan ya ?

  36. Herry SW says:

    Bu Nidya,

    Saya tak ingat pasti Galaxy Grand Duos dilengkapi fitur video call via jaringan 3G atau tidak. Sepertinya ada.

    Ya, video call via 3G dapat dilakukan antara dua ponsel berbeda merek. Yang penting, kedua ponsel mendukung fitur video call dan kedua ponsel berada di dalam jaringan 3G.

  37. Olivia says:

    Pak herry,

    Saya sedang mempertimbangkan mengganti blackberry ke android.
    Sesuai budget yang saya miliki, saya tertarik dengan galaxy grand, tetapi beberapa review yang saya baca malah membuat saya ragu dan bingung.

    Keinginan saya untuk henpon baru ini adalah batere yang tahan lama untuk online socmed up to 18 jam plus sesekali browsing dan buka youtube, hasil foto yang bagus dan jernih, layar yang responsif dan cukup sensitif untuk main game seperti temple run 2, fruit ninja dan candy crush, serta kemampuan untuk buka berbagai attachments email dengan cukup baik.

    Apakah menurut pak herry, sgg sudah cukup handal untuk support semua itu? Atau ada gadget lain seharga gadget sgg tapi dapat support lebih baik?

    Terima kasih, saya selalu suka baca ulasa pak herry dari zaman sma saat baca tabloid nyata mama :)

  38. Herry SW says:

    Bu Olivia,

    Dengan kriteria seperti itu, berarti Samsung Galaxy Grand Duos silakan langsung dicoret. Baterainya tidak tahan sampai 18 jam.

    Kalau dengan kriteria seperti itu, Lenovo P770 tampaknya yang paling mendekati.
    * Baterai bisa tahan 18 jam –> Ya.
    * Hasil foto yang bagus dan jernih –> nggak bagus-bagus amat sih. Di tempat yang terang cukup bagus. Kalau di tempat gelap kurang bagus.
    * Layar yang responsif dan cukup sensitif untuk main game seperti temple run 2, fruit ninja dan candy crush –> Fruit Ninja oke. Dua yang lain tak pernah coba.

    Harga ritel P770 Rp 2,499 juta. Masalahnya, sudah sekitar 1,5 bulan barang kosong. Kemungkinan minggu depan mulai masuk lagi.

  39. Amelia says:

    Met mlm om Heri, saya baru 2 mgu pegang grand duos ini. Sejauh ini ok semua…Skype,tango video call lancar Jaya..Games tempel run,fruit ninja juga running well. Yang saya mau tanya, kok jaringan operatornya 22nya nga bisa aktif bersamaan ya harus milih dulu sebelum nelpon ? Maksudnya kok nga semudah hape Chxxa hehehe..yang kalo mo telepon asik2 aja tinggal milih mo SIM 1/ SIM 2 ?
    Kalo bisa setting ky hape Chxxa Tgl dong om Heri ya..Tengku yaa om

  40. Herry SW says:

    Bu Amelia,

    Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di Galaxy Grand Duos kok. Pilihan mau nelepon pakai operator apa di Grand DUos sebenarnya sama saja dengan pilihan mau SIM1 atau SIM2 di ponsel merek lokal buatan China.

  41. Amelia says:

    iya om..maksutnya..di papan tombol sih emang siaga 22nya tapi di bar atas deket signal itu yg keluar cuma salah satu oprator aja jadi kalo mau telpon ambil dr kontak trus pencet call..maka mengikuti sim yg lagi nongol. Kalo operatornya sama ya gpp kalo beda khan pengen pdh sim hehee.. Nga bisa pencet pilihan sim1/2 yg ada di bwh papan tombol. Nah itu lho om maksutnya.. Kalo di hp2 cina/lokal ada pilihan khan mau sim1/2. Kalo bisa bantu kasih tau ya om her..makasih

  42. Olivia says:

    Pak Herry,

    thanks untuk balasan yang cepat. Sekarang saya sedang ‘diracuni’ untuk membeli Xperia SP yang kabarnya dibandrol seharga SGG juga, dengan spec yang lebih baik.
    (Bahkan di Youtube, Xperia SP dibandingkan dengan S3, meskipun untuk kamera dan screen tetep lebih baik S3)

    Tapi Xperia SP ini non replaceable battery, apakah hal ini dapat menjadi masalah? saya belum pernah menggunakan gadget non replaceable battery sebelumnya.

    Menurut Pak Herry pribadi, apakah Xperia SP ini recommendable?

    Thanks in advance.

  43. Herry SW says:

    Bu Amelia,

    Oh, maksudnya itu. Menu dual SIM di Samsung memang agak berbeda. Awalnya pengguna diminta memilih nomor default yang akan dipakai untuk bertelepon dan ber-SMS. Nomor default itu leluasa diganti dari menu yang bisa dilihat di http://s24.postimg.org/843kkktid/Duos.jpg.

  44. Herry SW says:

    Bu Olivia,

    Saya sama sekali belum pernah mencoba Xperia SP sehingga belum bisa memberikan review mengenai ponsel itu.

    Sisi minus non-removeable battery alias baterai yang ditanamkan, pengguna tak bisa menyiapkan baterai cadangan. Pengguna mau tak mau bergantung pada charger atau power bank. Kalau baterai bawaan itu suatu saat kemampuannya telah menurun, pengguna dapat melakukan penggantian di pusat perbaikan resmi merek ponsel tersebut. Tentu saja ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan.

  45. abdul hadi says:

    samsung grand apakah bisa pakai kartu simpati dan satunya lagi pakai kartu smart, tolong bantuannya terima kasih

  46. Herry SW says:

    Pak Abdul Hadi,

    Samsung Galaxy Grand Duos itu ponsel dual standby GSM-GSM. Jadi, nggak bisa pakai Smartfren. Kalau pakai simPATI sih bisa.

  47. Rio B says:

    Pak Herry, terima kasih! Reviewnya bermanfaat sekali & sangat netral.

    Saya sendiri sedang mencari review Galaxy Grand ttg kualitas layarnya. Kebanyakan review Grand umumnya hanya mengatakan “kurang tajam” tp tidak jelas seperti apa.

    Kebetulan beberapa hari yg saya melihat booth Lenovo dan ternyata produk2nya bagus. Stlh browsing2 akhirnya saya tertarik dengan P770, yg lg hot2nya dicari.

    Jadi galau deh saya..hehehe.. antara Grand & P770. Di satu sisi fitur Grand melimpah dgn ukuran layar yg (sedikit) kebesaran buat saya (tp mesti sabar belinya) :D
    Di lain sisi P770 harganya terjangkau, speknya juga lumayan bagus & ukuran yg pas, dgn minus foto indoor & kompasnya.

    Menurut Pak Herry, mana yg lbh worth to buy? Dengan pertimbangan tsb & penjualan kembalinya. Soalnya saya agak trauma dengan penjualan hp selain merk samsung. Krn yang saya pakai sekarang HTC Explorer, benar2 sulit untuk menjualnya kembali.

    Maaf kl terlalu panjang. & terima kasih banyak sebelumnya Pak :)

  48. Rio B says:

    Oia pilihan saya berdasarkan fitur “dual-gsm”. Terima kasih..

  49. Herry SW says:

    Pak Rio,

    Terima kasih atas apresiasinya. Soal layar Galaxy Grand berarti sekarang sudah jelas ya?

    Kalau harus memilih satu di antara keduanya, saya lebih memilih P770. Soal harga jual bekasnya, Lenovo secara umum cukup bagus. Tidak sampai jatuh bebas.

    Khusus harga jual Lenovo P770, pengalaman dua teman dan saya pribadi di bawah ini mungkin bisa memberikan gambaran.
    * Teman saya, sebut saja A, membeli P770 baru di harga Rp 2,499 juta. Setelah dipakai beberapa lama, ia bosan. P770 itu laku dijual Rp 2,3 juta.
    * Teman saya yang lain, sebut saja B, membeli P770 Rp 2,35 juta. Sekitar sebulan kemudian ia menjualnya Rp 2 juta.
    * Saya membeli P770 bekas Rp 2 juta. Sekitar sebulan kemudian laku saya jual Rp 2,3 juta. He… he… saya malahan dapat untung. Sebab, saya membelinya bekas ketika barang masih mudah ditemukan di pasar dan menjualnya saat P770 langka. :)

  50. Herry SW says:

    Pak Rio,

    Ups… tadi saya lupa mengomentar soal HTC Explorer. Mayoritas ponsel HTC harga jual bekasnya memang sangat jatuh, itu pun kalau ada yang mau membelinya. Makanya, sampai ada guyonan kalau HTC itu singkatan dari Harganya Turun Cepat.

    Ponsel HTC yang saya lihat bekasnya cukup mudah dijual dan harganya tidak sampai terjun bebas banget adalah HTC Desire VC. Kebetulan memang tak banyak ponsel Android dual on GSM-CDMA yang tersedia di pasar. Salah satunya ya Desire VC itu.

  51. Herry SW says:

    Pak Rio,

    Ok, berarti silakan membulatkan tekat memburu P770.

  52. vanner says:

    bos.. cara mengaktifkan lampu indikator SGG nya gmana yaa…
    saya udh list disetiap pengaturan aplikasi chatnya, tp kok gk nyala jg tiap ada notification.
    tlg dshare.
    lepas dr lampu indikator. “i like this smartphone”
    di roxy IDR 3.6jt (bs nego)

  53. Herry SW says:

    Pak Vanner,

    Yang dimaksud lampu indikator apa ya? Seingat saya, Galaxy Grand Duos memang tidak mempunyai lampu notifikasi.

  54. Rio B says:

    Iya Pak Herry, P770 memang most wanted phone belakangan ini. hehehe..
    Btw terima kasih feedbacknya.
    Sukses terus ya pak!

  55. Lia says:

    Pak Herry, saya ingin membeli smartphone yang nyaman untuk browsing internet, bermain mini game dan terutama nyaman untuk menonton video HD

    apakah saya lebih baik membeli samsung mini s III atau galaxy grand ini?

    Terima kasih

  56. Herry SW says:

    Bu Lia,

    Karena ada embel-embel “menonton video HD”, meminang ponsel dengan layar beresolusi tinggi dan cemerlang sepertinya akan lebih bijak. Galaxy S III mini dan Galaxy Grand Duos sebaiknya dicoret.

    Jadi, beli ponsel apa? Coba mencermati aneka tipe ponsel Sony yang sudah mengadopsi BRAVIA engine. Tipe terbaru yang boleh dipertimbangkan adalah Xperia SP.

  57. uci says:

    Pa,mau nanya nih klo batre galaxy grand sama sg3 tipenya sama ga ? klosaya liat si sama2 2100MAH…
    maksudnya bisa dituker pasang?Terima kasih

  58. Herry SW says:

    Pak/Bu Uci,

    Maaf, saya tak tahu baterai Galaxy Grand Duos sama atau berbeda dengan Galaxy S3. Kebetulan nggak pernah coba Galaxy S3.

  59. Gaby says:

    Pada SGG, dikatakan satu slot sim card di antaranya dapat mengakses jaringan 3G, sedangkan satu nomor lainnya hanya bisa menikmati jaringan 2G. apakah lenovo P770 jg sama?
    Samsung galaxy mega 5’8 inch juga dual sim tapi saya kurang mengerti dengan kata-kata Optional Dual SIM, 2G (sim 1 dan sim 2), 3G hsdpa (tanpa menyebutkan sim 1 atau sim 2),apakah sama dengan maksud yang di atas? apakah ada smartphone dual sim yang kedua simcardnya dapat berjalan di jaringan 3G?
    Terima kasih :)

  60. Herry SW says:

    Bu Gaby,

    Yup sama. Ponsel Android dual SIM yang mendukung 3G pasti seperti itu. Hanya satu nomor yang bisa 3G, sedangkan satu nomor lain hanya GPRS/EDGE.

    Saya belum pernah mencoba Galaxy Mega 5.8. Nyaris pasti juga seperti itu. Satu nomor 3G, satu nomor lagi 2G.

    Setahu saya, belum ada ponsel dual SIM yang kedua selotnya bisa masuk jaringan 3G secara bersamaan.

  61. harvery says:

    Dear pak herry

    Sampai saat ini blm keluhan stlh sy beli samsung grand duos ini, cm yg jd penasaran saya adl jenis kaca apakh yg dipakai pd layar lcd android tsb. Sy udh byk searching tp hslnya msh nihil, krn sy punya kekhawatiran apabila dlm pemakaian hp tsb terjatuh atau layarnya trbentur dg benda keras. Thx y

  62. Herry SW says:

    Pak Harvery,

    Di lembar spesifikasi Galaxy Grand Duos yang saya miliki tak ada keterangan mengenai jenis permukaan kaca yang dipakai. Dugaan saya sih bukan Gorilla Glass. Kalau jatuh atau terbentur benda keras, biarpun Gorilla Glass, tetap berisiko pecah.

  63. risang says:

    pak herry, mau tanya untuk SGG di wilayah jogja kisaran harganya berapa ya ? nuwun

  64. risang says:

    mohon pertimbangannya pak…..menurut pak herry dengan layar 5″ dan resolusi segitu apakah SGG sudah cukup nyaman?

  65. Herry SW says:

    Pak Risang,

    SGG ini apa ya? Samsung Galaxy Grand Duos? Maksimal Rp 3,5 juta. Mestinya bisa didapat dengan dana Rp 3,4 juta, bahkan Rp 3,35 juta.

  66. Herry SW says:

    Pak Risang,

    Resolusi layarnya memang tidak ekstratajam. Tapi, buat mata saya yang minus tujuh, masih sangat bisa ditoleransi.

  67. risang says:

    pak Herry yang terhormat, kmrn saya ambil sg grand, tp msh bingung utk settingan internet gimana ya, letak masalahnya saat saya browsing pake operamini atau firefox itu bisa n gak masalah,,, tapi untuk browsing lewat aplikasi (yang pake icon) +google, google, chrome, youtube, internet, play store ,, semua itu tidak bisa…. (tidak dpt memuat hasil penelusuran / kesalahan server) gitu,, mohon pencerahan pak herry untuk mengatasi hal tsb… nuwun pak

  68. Herry SW says:

    Pak Risang,

    Kalau untuk browsing sudah bisa, berarti pengaturan internet sudah benar dan mestinya Chrome dll langsung bisa digunakan. Aneh juga kalau nggak bisa terkoneksi dengan pesan error seperti yang Anda sebutkan.

    Karena saya tak bisa mengecek satu per satu dari jarak jauh, langkah termudah langsung lakukan factory data reset saja. Mumpung ponselnya barusan beli sehingga belum banyak data.

  69. risang says:

    makasih petuahnya pak … dah saya reset skrg semua dah berjalan baik-baik saja…semoga semakin jaya pak herry

  70. Herry SW says:

    Pak Risang,

    Sama-sama. Sukses selalu juga untuk Anda.

  71. agatha says:

    pak mau tanya nih.. sebaiknya kalau mau membeli, bapak menyarankan galaxy grand atau galaxy mega 5.8? harganya terpaut tidak terlalu jauh. terimakasih

  72. agung says:

    maaf pak, apakah gal grand ini bisa buat mutar film full hd? skrg make xperia sp, tp krg puas sm touchscreen nya, dan kurang gede….

  73. Herry SW says:

    Bu Agatha,

    Ini maksudnya Galaxy Grand Duos versus Galaxy Mega yang berlayar 5,8 inci ya? Saya belum pernah mencoba Galaxy Mega.

    Btw, perbedaan harga keduanya setahu saya sekitar Rp 1 juta. Lumayan jauh.

  74. Herry SW says:

    Pak Agung,

    Maaf, saya tak pernah mencoba memutar film full HD di Galaxy Grand Duos. Kalau pun bisa, mengingat resolusi layarnya kecil, saya rasa ponsel itu kurang ideal untuk menikmati film full HD.

  75. akbar says:

    misi pak herry..

    saya mau nanya ne, saya liat komentar pada banyak ngomongin kalau samsung galaxy grand tidak bisa memindahkan aplikasi atw game ke memori eksternal. apa benar pak ?

    dan gadget apa yang harus saya beli buat mendukung game HD ?

  76. Herry SW says:

    Pak Akbar,

    Seingat saya aplikasi, termasuk game, memang akan terinstalasi di memori internal. Tak ada pilihan ke memori eksternal.

    Acang apa? Bergantung selera. Idealnya yang memakai prosesor quad core dan sisi terpendek layarnya beresolusi 720 piksel.

  77. putri says:

    pak herry,,
    saya bingung,,
    apa ya beda antara samsung galaxy grand 19080 dengan samsung galaxy grand 19082 ???

  78. Herry SW says:

    Bu Putri,

    I9080 (bukan 19080) hanya memiliki satu selot kartu SIM, sedangka I9082 mempunyai dua selot kartu SIM. Yang beredar di sini I9082.

  79. Shinta says:

    Pak Herry, saya ingin membeli SGG ini, tapi saya masih bingung, karena banyak comment negative tentang SGG ini, seperti sering lag setelah 2 bulan pemakaian, apakah hal tersebut benar? Selain itu, apa SGG ini disertai dgn S-Planner?

  80. Herry SW says:

    Bu Shinta,

    Apakah Galaxy Grand Duos sering lag setelah dua bulan dipakai? Saya tak mengetahuinya. Sebab, saya menggunakan Galaxy Grand Duos tak sampai selama itu.

    Ya, ada S Planner.

  81. andry47 says:

    Misi pak herry,,

    saya mau tanya, ssgd sim 1 itu bisa berubah otomatis dari 3G/2G atau hanya 3G saja kalau sim 2 juga ada kartu sim ?
    Tlg informasi nya pak…

  82. andry47 says:

    Misi pak herry,, saya mau tanya…

    SGrand Duos pada sim 1 nya bisa berubah dri jaringan 3G ke 2G atau hanya jaringan 3G saja kalau sim 2 nya ada kartu sim lain juga, tlg penjelasan nya…
    Cz saya msh bingung antara grand dgn s3 mini…

  83. Herry SW says:

    Pak Andry47,

    Di Galaxy Grand Duos, pengguna bisa menentukan selot kartu SIM berapa yang diizinkan mengakses jaringan 3G. Misalnya, pengguna telah memilih selot kartu SIM2 yang boleh masuk ke jaringan 3G. Maka:
    * Selot kartu SIM1 akan selalu berada di jaringan 2G.
    * Selot kartu SIM2 bisa masuk ke jaringan 2G atau 3G. Perpindahan jaringan berlangsung otomatis. Pengguna tak bisa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G.

    Semoga kini sudah jelas.

  84. andry47 says:

    Mksh pak hari, jadi mantap ingin beli galaxy grand..
    Iya, kan tombol sms nya qwerty..
    Apa bisa di ubah menjadi tombol numerik (hp bysa) spt s3 mini ??

  85. andry47 says:

    Mksh pak hari, jadi mantap ingin beli galaxy grand..
    Iya, kan tombol sms nya qwerty..
    1. Apa bisa di ubah menjadi tombol numerik (hp bysa) spt s3 mini ??

    2. Kalau S3 mini jaringan 3G nya bisa dikunci gk ??

  86. Herry SW says:

    Pak Andry47,

    1. Saya tak pernah coba mengubahnya. Seharusnya bisa diatur dari menu settings, lalu language & input.

    2. Saya belum pernah mencoba Galaxy S3 mini, Pak.

  87. dina widya says:

    pak herry saya mau tanya. bagaimana cara mengaktifkan lampu notifikasi pada samsung galaxy grand ?
    saya sudah aktifkan lampu notifikasi whatsaap dan twitter saya.. tapi jika ada pemberitahuan..lampu notifikasi di grand saya tidak menyala.
    bagaimana ya pak ?
    di bagian depan dekat kamera depan ada 2 lunbangan yang sharusnya itu lampu notifikasi menurut saya.
    mohon bantuannya.

  88. Herry SW says:

    Bu Dina Widya,

    Saya tak ingat Galaxy Grand Duos memiliki lampu notifikasi atau tidak. Sepertinya sih tidak ada.

    Begini saja. Saat di-charge atau ada email masuk, apakah ada lampu mungil yang menyala? Kalau tak ada, berarti memang konfirm tak ada lampu notifikasi di Galaxy Grand.

  89. andry47 says:

    ada yg ngmg kalau samsung yg grand ini daya tangkap jaringan nya lemot, cz memiliki 2 sim.,
    lbh baik hp yg memiliki 1 slot sim saja, benarkah demikiah pak ?
    tlg penjelasan nya pak herry..

  90. Herry SW says:

    Pak Andry47,

    Pengalaman saya mencoba Galaxy Grand dan mengisinya dengan dua kartu, ponsel tetap bekerja dengan baik kok.

  91. Hendrianto says:

    Pak Andry47,

    Sekedar sharing, saya membeli SGGD awal mei kemarin, awalnya sih puas-puas saja. tetapi skr setelah upgrade OS menjadi JellyBean 4.2.2 baterinya jadi boros sekali.

    Kemudian untuk masalh lag, freeze, dan susah signal….juga saya alami sekarang.
    Pendapat saya pribadi sih, saya sedikit menyesal meminang SGGD.

  92. andry47 says:

    pak Hendrianto,

    itu la yang saya takutkan, saya kemarin disarankan oleh teman pengguna S3 mini.. dia menyarankan membeli grand yang 1 sim saja, sbnr nya saya tertarik dgn S3 mini, hanya saja kecepatan browsing nya msh kalah jauh dbanding grand…
    tp saya jg ada membaca kl grand ini tdk ada smart stay ny, sdgx d artikel d atas fitur smart stay nya ada…
    saya jd bingung mana informasi yg benar…

  93. PuPuNg says:

    Pak Hendriyanto,

    Saya juga user-nya SGG, nih. Pak. Pengalaman yang sama saya alami, Pak. Memang JB 4.2 -nya SGG ini banyak sekali bug-nya.
    Saya hanya beberapa hari pakai JB 4.2 ini. Memang secara tampilan dan “smoot”nya agak lebih baik dibanding jb 4.1, tetapi banyaknya fitur yang tidak berjalan dengan baik, membuat saya lebih memilih jb 4.1 SGG ini.
    Akhirnya saya flash ulang ke jb 4.1 … dan…. NORMAL kembali… kok Pak…

  94. Herry SW says:

    Pak PuPuNg,

    Hikmah dari kejadian ini:
    * Versi OS yang lebih baru tidak menjamin lebih nyaman dipakai.
    * Merek global yang terkemuka pun praktiknya tidak selalu bagus.

  95. winny says:

    pak, mao tanya dong, bagaimana cara bermain online candy crush di samsung galaxy not 8 inch? soalnya setiap saya conectin ke facebook unutk online pasti lgsg ngeblank dan muncukl keterangan “homerunbattle 2 terhenti” itu knapa ya pak? terima kasih

  96. Herry SW says:

    Bu Winny,

    Wah, maaf banget, saya tak pernah memainkan game online Candy Crush.

  97. boni says:

    pak herry, saya berencana membeli hp dng budget kisaran 3jutaan.. SGG menjadi salah satu opsinya, kalo menurut pendapat pak herry dng budget segitu “best buy-nya” apa ya pak? terimakasih

  98. Depi says:

    Bismillaah.
    Pak Herry, saya juga salah seorang yg berniat ingin membeli android.
    Tapi sampai saat ini, masih bingung mana yang lebih bagus dengan budget 3 jutaan. Apakah Pak Herry punya referensi samsung android yang memuaskan? Bagusan mana SGGD atau samsung galaxy core duos? Terima kasih.

  99. Herry SW says:

    Pak Boni,

    Karena saya belu mencoba Lenovo P780, maka saat ini saya baru bisa merekomendasikan Lenovo S890. Mending S890 daripada Galaxy Grand. Harga lebih murah sekitar setengah juta rupiah, performa nyata tak kalah.

  100. Herry SW says:

    Pak Depi,

    Saya belum pernah mencoba Galaxy Core. Galaxy Grand lumayan, tetapi tidak istimewa.

    Btw, Android tidak hanya Samsung lho, Pak. Merek lain seperti Lenovo, LG, Sony, bahkan Oppo tak kalah bagus.

  101. fauzi says:

    OM herry q lihat di situs jual beli ada orang yg jual galaxy grand duos baru dengan harga 1,5 jt,menurut OM heri barang tersebut asli apa BM om?..

  102. Herry SW says:

    Pak Fauzi,

    Kalau ada yang menawarkan Galaxy Grand Duos baru dengan harga Rp 1,5 juta, terus terang yang terpikir di benak saya hanya dua. Pertama, setelah ditransfer penjualnya menghilang. Kedua, barang beneran dikirimkan, tetapi replika alias bukan Galaxy Grand Duos asli.

  103. fauzi says:

    jadi kalau lebih yakin,lebih baik tahu barangnya langsung ya om utk memastikan kalau barang tersebut asli apa palsu?…

  104. Herry SW says:

    Pak Fauzi,

    Ya, paling enak ketemuan langsung untuk cek barang.

  105. libby says:

    wahh .. keren bgt >_< udah berjam" bergalau ria nyari pilihan antara s3 mini n galaxy grand .
    akhirnya skrg bisa memantapkan pilihan ..
    thanks yaaaaa :D top bgt artiketl nya ..
    ga ngerendahkan, tapi juga ga lebay . netral ..
    sipp . like ur style broo (y)

  106. Desy says:

    Halo, aku mau nanya ini, emangnya kalo menurut anda, samsung galaxy grand ini lebih banyak kelebihannya atau kekurangannya?
    terus bisa jelasin gak kekurangan yang sangat mempengaruhi? oh iya, aku pernah browsing tentang lama baterai samsung galaxy grand bisa tahan.
    ada yg bilang bisa sampe 2,5 hari jika dipakai 1 jam untuk browsing, 1 jam untuk telepon dan 1 jam untuk main game.
    aku juga tanya sama orang yg jaga counter hp, katanya lumayan awet tapi gak awet2 banget gitu. paling cuma 1 hari awetnya.
    nah, kalo menurut anda yang pernah pakai samsung galaxy grand ini sampai berapa lama tahan bateraiinya?
    dan juga kegunaan S-Pannel itu untuk apa ya?
    terus aku udah tanya sama om2 yang jaga dicounter resmi samsung, katanya galaxy grand ini pilihan yg cocok banget untuk remaja. kedua sinyal SIMnya (SIM1 dan SIM2) selalu terpampang kok disamping baterai.
    terus, dua lubang kecil disamping kamera depan itu apa ya? dan apa kegunaannya? katanya itu bukan LEDnya. terus apa dong?
    terus gimana sih cara pakai multi windownya? bisa dijelaskan secara merinci gak?
    terus habis dibeli langsung dicharge selama 4 jam penuh kan?

    menurut anda juga lebih baik membeli galaxy grand atau galaxy mega?

    maaf ya kalo banyak nanya, saya harap anda mau menjawab saya karena pertanyaan ini sangat penting saya ketahui sebelum menentukan pilihan dan memakainya. terima kasih banyak. thanks a lot.

  107. Amir says:

    Saya sudah berniat untuk ganti hp. saya rencananya akan mencari hp yang bisa dipakai untuk apa saja.
    misalnya main game, nonton video/film, baterai awet dan gak gampang ngelag. menurut anda apa hp android yang bagus sesuai yg saya inginkan? dan juga saya membaca ada beberapa komentar negative tentang samsung galaxy grand ini. apakah memang samsung galaxy grand bukan pilihan yang cocok? tapi menurut saya samsung galaxy grand ini adalah pilihan yang cocok untuk anak muda atau remaja. bentuknya juga stylish dan modern seperti samsung galaxy S3.
    dan apakah samsung galaxy grand ini sering ngelag? bisakah anda carikan saya info tentang samsung galaxy grand ini sering ngelag atau tidak? trims.

  108. Herry SW says:

    Bu Desy,

    Kekurangan dan kelebihannya relatif setara.

    Kekurangan utama versi saya, pertama, standarnya tidak bisa dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G. Kedua, permukaan penutup baterainya tergolong licin. Karena itu, pengguna idealnya memadukan Galaxy Grand dengan case tambahan.

    Resolusi layar yang hanya 800 x 480 piksel, padahal bentang layarnya lima inci, buat sebagian pengguna tergolong kurang halus. Daya tahan baterainya juga kurang awet. Pagi dinyalakan, biasanya siang atau menjelang sore sudah kehabisan daya.

    S-Pannel? Apakah yang Anda maksud S-Pen? Galaxy Grand tidak dibekali S-Pen.

    Soal Galaxy Grand yang dibilang cocok buat remaja, hal itu bergantung sudut pandangnya. Bagi saya, ponsel itu lebih cocok buat lansia yang menginginkan ponsel dual SIM berlayar sentuh.

    Yang satu proximity sensor. Salah satu fungsinya, memerintahkan layar untuk padam saat ponsel Anda dekatkan ke telinga. Yang satu lagi saya lupa. Kalau tak salah, sensor cahaya.

    Soal multi window, ya Anda tinggal pilih aplikasi apa yang mau dijalankan. Kalau tidak memegang ponselnya langsung, saya tak hafal langkah demi langkah.

    Usai beli, silakan dipakai dulu sampai low batt. Lalu, di-charge sampai penuh. Bila tiga jam sudah penuh, ya silakan dicabut.

    Pilihannya hanya Galaxy Grand atau Galaxy Mega ya? Untuk saat ini, mending Galaxy Mega 5.8.

  109. Herry SW says:

    Pak Amir,

    Karena ada kriteria “untuk nonton video/film” dan “baterai awet”, berarti Galaxy Grand tidak cocok untuk Anda.

    Anggaran Anda berapa? Kalau bebas sebebas-bebasnya, LG G2 layak dilirik. Ia memenuhi semua kriteria yang Anda sebutkan.

    Galaxy Grand, menurut saya, lebih cocok untuk lansia, bukan remaja. Kalau soal bentuk, ponsel Android Samsung sih relatif sama. Mirip-mirip banget.

    Tentang nge-lag, selama saya mencobanya, Galaxy Grand jarang nge-lag kok.

  110. taufiq says:

    Salam pak herry..
    Menurut pak herry lebih worthed saya ambil note 1 n7000 apa grand duos ya? apa yg membuat note 1 lebih bagus dr grand duos dan apa yg membuat grand duos lebih bagus dr note 1 pak. Makasih banyak pak herry.

  111. david says:

    p Herry,
    Menyambung pertanyaan ttg lampu notifikasi, samsung GG tdk bs memberitahu kl ada email , BBM yg masuk? mksih

  112. Herry SW says:

    Pak David,

    Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

    Apakah sama sekali tidak ada bunyi kala ada email atau BBM masuk? Coba cermati pengaturan sound dan notifikasi dim masing-masing aplikasi. Bila tetap belum sukses, tak ada salahnya menjalankan jurus pamungkas, yaitu dengan melakukan factory data reset.

  113. atoek milanistie says:

    Dear Pak Herry…

    Saya dapat Samsung Galaxy Grand Duos awal Oktober 2013, tapi kenapa ya pak salah satu dari dual Simcard sering tidak terdeteksi (off). Dan apabila saya menginginkan HP dengan kriteria Resolusi layar bagus untuk (gambar, game, video) dan kapasitas baterai besar/tahan lama (daya kisaran 5).

    Terima kasih.

  114. Herry SW says:

    Pak Atoek Milanistie,

    * Terkait Grand Duos, apakah awalnya dua nomor yang terpasang sama-sama mendapatkan sinyal, lalu salah satu mendadak off sendiri? Yang tiba-tiba nonaktif sendiri selalu selot yang sama atau berganti-ganti, Pak? Karena masih dalam masa garansi, saran saya, bawalah ke pusat perbaikanr resmi Samsung untuk dilakukan pengecekan.

    ** Untuk pertanyaan kedua, boleh diperjelas dulu yang dimaksud dengan “daya kisaran 5″ itu apa?

  115. rizky puspa lestari says:

    pak saya mau tanya
    saya baru 2 bulan an pake samsung grand-2 , baru baru ini nomor hp saya pada sim card 2 tidak aktif ketika di telfon, padahal hp saya hidup terus pak, waktu saya pindhkan simcardny ke hp lain nomorny aktif. saya bingung, pdahal saya tidak perna mengubah settingan apapun pada hp samsung ini. padahal awanya kedua kartu selalu aktif. bagaimana yang seharusnya saya lakukan pak? mohon bantuanyaa

  116. rizky puspa lestari says:

    kalo tidak sibuk tolong bls ke email ya pak trimaksih

  117. Herry SW says:

    Bu Rizky Puspa Lestari,

    Apakah di layar ponsel Anda tetap terlihat ada dua sinyal? Langkah termudah yang dapat dicoba, lakukan factory data reset. Bila hal itu tidak menyelesaikan masalah, kunjungi pusat perbaikan resmi Samsung.

  118. Dea says:

    Pak Herry

    Menurut bapak, lebih baik samsung grand duos atau sony xperia c???
    Mohon minta review untuk membandingkan keduanya.

  119. Herry SW says:

    Bu Dea,

    Review Xperia C akan saya tayangkan sekitar lima hari lagi.

    Kalau Xperia C diadu dengan Grand Duos, menurut saya, satu-satunya kemenangan Grand Duos adalah di kecepatan penguncian sinyal GPS. Selain satu hal itu, Xperia C mengalahkan Grand Duos.

    Saat ini yang lebih menarik untuk diadu sebenarnya Xperia C, LG G Pro Lite, dan Lenovo S920. Dua ponsel pertama sudah saya coba. Tanpa melihat harga, saya sih lebih memilih G Pro Lite. Sayang, harga jual ponsel itu saya nilai masih terlalu tinggi. Mestinya LG mengoreksi harga jualnya menjadi maksimal Rp 3,25 juta.

    Kalau Anda mau berspekulasi, besok (14 Desember S920) akan dijual dengan harga Rp 1,999 juta. Hanya satu hari dan cuma berlaku di Oke Shop serta Global Teleshop. Dengan harga segitu, saya pribadi berani berspekulasi.

  120. tri says:

    pak saya mau tanya ,, android yg cocok buat game, kamera yg jernih, batrei awet,, internet , aplikasi dl yg bagus ap ya ,, samsung galaxy grand , xperia c ataujenis android lainnya

  121. tri says:

    tolong d balas ke email ya pak ,, trimakasih :)

  122. Herry SW says:

    Pak Tri,

    Merujuk pada kriteria Anda, LG G2 tampaknya boleh dilirik. Kalau kebetulan Anda memerlukan ponsel yang tahan air, silakan meminang Sony Xperia Z1.

    Maaf, saya tetap menjawab pertanyaan Anda di blog ini. Saya tidak melayani permintaan jawaban via email.

  123. aryo says:

    saya mau bertanya satu hal yang saya inggin ketahui

    di samsung galaxy grend itu ada lampu yang kedap kedip ada atau tidak seperti samsung note2 kan ada lam untuk mengetahui pesan masuk

    kalu ada bagai mana cara mengaktifkan

  124. Herry SW says:

    Pak Aryo,

    Seingat saya, Galaxy Grand Duos memang tidak memiliki lampu notifikasi.

    Pengguna Galaxy Grand Duos yang membaca thread ini, tolong bantu mengecek ponsel Anda ya. Hasilnya, tolong diinformasikan kepada Pak Aryo.

  125. andry47 says:

    pak herry, kenapa samsung galaxy duos saya setiap mau bu
    ka foto atau galeri foto respon lama n ram cpt penuh ?
    padahal memori internal nya masih kosong 3Gb n kembali spt awal pabrik ?
    bagaimana cara factory data reset ?

  126. Herry SW says:

    Pak Andry47,

    Apakah ada banyak aplikasi yang berjalan di belakang?

    Lakukan factory data reset dengan masuk ke settings, backup & reset, lalu factory data reset.

  127. lilik says:

    Pertama kali multi window saya di s9 glaxy grand saya aktif. Kemudian lama tidak saya pakai (tetap aktif).. nah saat saya ingin menggunakannya kenapa tudak bisa ya?? Bagaimana cara mengaktifkannya lagi???

  128. Herry SW says:

    Pak/Bu Lilik,

    Coba cek ke menu settings, display, lalu multi window. Pastikan kotak kosong di baris multi window sudah dicentang.

    Setelah itu, silakan kembali ke home screen. Di sisi kiri layar, lokasinya di tengah-tengah, seharusnya ada lekukan kecil. Tekan itu untuk memilih multi window.

  129. stephany leonardi says:

    Pak herry, mau tanya kenapa di samsung galaxy grand ini saat di gunakan untuk fitur videocall di skype, line dll knp sngat gelap ya? Pdhal di kamera biasa tdk sgelap saat videocall. Bgtu juga saat video front camera. Apa ada solusi nya? Thanks anyway :)

  130. Herry SW says:

    Bu Stephany Leonardi,

    Maaf, saya tak pernah mencoba melakukan percakapan video di Galaxy Grand. Satu-satunya solusi yang dapat saya berikan saat ini, lakukan percakapan video itu di lokasi yang benar-benar terang.

  131. saya says:

    Pak mau tanya. Kenapa galaxy grand saya sering sekali memori low on space bila baru beberapa menit (10menitan) browsing. Saya bingung kenapa sering sekali penuh padahal aplikasi saya tidak banyak dan rata-rata sudah masuk pada memori external. Kok saya merasa kalau hape ini malah tidak bisa digunakan, hanya bisa sms dan telepon. Saya bingung, sebenarnya kenapa kok sering penuh padahal tidak digunakan untuk apa-apa.
    Tolong bantuannya untuk hape saya.

  132. Herry SW says:

    Pak Saya,

    Silakan melakukan factory data reset. Sebelumnya, pastikan data penting sudah di-backup.

  133. atoek milanistie says:

    Dear Pak Herry…

    * Terkait Samsung Galaxy Grand Duos, pada awalnya 2 (dua) nomor yang terpasang sama2 mendapat sinyal, namun tiba2 non aktif sendiri (restart) dan selalu di slot (2) yang sama pula.
    * Maksud saya (dana yg tersedia 5 jt) hehehe salah input, dg dana segitu kira2 HP dengan kriteria Resolusi layar bagus untuk (gambar, game, video) dan kapasitas baterai besar/tahan lama. Saran Pak Herry HP apa yang pas?

    terima kasih, atas bantuan ulasannya.

  134. Herry SW says:

    Pak Atoek Milanistie,

    * Terkait Grand Duos, coba lakukan factory data reset. Kalau hal itu tak menuntaskan masalah, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Samsung.

    * Dengan anggaran Rp 5 juta, Anda boleh melirik LG Optimus G Pro baru atau berburu LG G2 bekas.

  135. kiki amelia says:

    pak saya skarang pakai lenovo p780 blm smpe 1 bln. kelebihan dr hp ini batre bisa brtahan 28jam itu pun kalo di pke trs mnerus,bila tidak digunakan dlm posisi 3g bahkan bisa hingga 36jam.
    Tapi sy tidak puas dgn kamera yg ada :(
    kira2 bila sya ingin ganti hp dgn kamera belakang dn depan yang bagus jg untk video call apa kira2? kalo bisa yg seharga dgn p780.
    makasih :)

  136. Herry SW says:

    Pak/Bu Kiki Amelia,

    Menurut saya, kamera P780 sebenarnya sudah lumayan. Kalau Anda ingin yang lebih bagus, tetapi harga setara dengan P780, setahu saya belum ada. Anda minimal harus mengeluarkan dana Rp 6 jutaan untuk meminang LG G2, Sony Xperia Z1, atau Oppo N1.

  137. Viona says:

    Pak saya mau nanya kenapa samsung galaxy grand duos punya saya kamera depannya gelap ya?

  138. Herry SW says:

    Bu Viona,

    Kamera depan memang tak seterang kamera belakang. Namun, bila kamera di ponsel Anda ternyata sangat gelap cenderung hitam, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  139. afif dzulfiqar says:

    ralat ko herry. aq punya samsung galaxy grand dan jaringannya bisa dikunci di 3g saja. makasih sebelumnya

  140. Herry SW says:

    Pak Afif Dzulfiqar,

    Dulu saat mencoba Galaxy Grand Duos tersebut, ponsel tak bisa dikunci di 3G saja. Tidak ada menu bawaan yang memungkinkan pengguna melakukan hal itu.

    Seiring perkembangan waktu, mungkin ada perbaikan firmware yang dilakukan oleh Samsung. Sehingga, di Galaxy Grand Duos yang Anda coba, tersedia menu untuk mengunci di jaringan 3G saja.

    Terima kasih.

  141. heri says:

    pak.heri
    grand duos emnag klo di lihat dari sudut samping layarnya kelihatan gelap.apakah emang begitu ya ,,taw itu grand replika.
    thx

  142. Herry SW says:

    Pak Heri,

    Saya lupa tepatnya, dulu tampilan Grand Duos saat dilihat dari samping seperti apa. Sepertinnya memang kurang tajam.

  143. anto says:

    Saya mw tanya pak apa keungulan dan kelemahan Grand duos stalh do Upgrade ke versi 4.2.2

    mohon penjelsan nya

    skian trimksih pak

  144. Herry SW says:

    Pak Anto,

    Maaf, saya tak tahu. Saya sudah lama banget tidak menggunakan Galaxy Grand Duos.

  145. muhammad razali says:

    Mau tanya ni . Kenapa galaxy grand saya setelah pakai JB 4.2.2 sering lemot ya?
    Mohon info nya donk

  146. Herry SW says:

    Pak Muhammad Razali,

    Ada beberapa keluhan senada yang saya terima. Kebetulan saya tak memakai Galaxy Grand Duos lagi. Coba lakukan factory data reset. Pada sebagian pengguna, hal itu bisa menyelesaikan masalah.

  147. ladhy says:

    sy mw nanya pak. knp SGG DUOS sy br 1minggu sy beli sering hang gmn solsuinya.tx

  148. Herry SW says:

    Bu Ladhy,

    Langkah termudah, coba lakukan factory reset dulu. Bila masalah tetap muncul, bawalah ke pusat perbaikan resmi Samsung.

    Hikmah kejadian ini, merek yang terkenal dan menjadi pemimpin pasar, tak selalu memiliki produk yang sempurna.

  149. gie says:

    ko herry kpn rewiew galaxy mega?
    terima kasih

  150. Herry SW says:

    Pak Gie,

    Saya tidak akan mengulas Galaxy Mega. Sebab, saya baru mencoba ponsel itu lama banget setelah ia beredar di pasar.

  151. Nike says:

    Pak Herry, apakah sinyal di hp dual sim lebih buruk di HP 1 sim?

    Saya pengguna Z1 dan xperia c. Sinyal data kartu halo saya di z1 ok2 saja, sedangkan di c sering tidak ada sinyal. Saya menggunakan 2 kartu halo dengan paket internet yg sama padahal. Di c sim halo saya taruh di slot 1.

    Mohon pencerahan pak. Thx :)

  152. Herry SW says:

    Bu Nike,

    Sinyal ponsel dual SIM seharusnya sama dengan single SIM.

    Coba bersihkan chip atau bagian logam di kartu SIM Anda dengan memakai penghapus pensil. Coba pula pasangkan kartu SIM lain ke Xperia C yang Anda miliki. Dari dua eksperimen itu, Anda dapat menyimpulkan apakah yang bermasalah memang Xperia C-nya. Kalau iya, silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  153. siswo says:

    pak Herry, bagaimana cara mengetahui no di tiap SIM di galaxy grand duos….

    terimakasih.

  154. Herry SW says:

    Pak Siswo,

    Ini maksudnya benar-benar mengetahui nomor lengkapnya ya? Bukan sekadar tahu pakai operator apa.

    Cara termudah, lakukan missed call ke nomor yang terpasang di ponsel lain. Kalau ternyata pulsa habis atau masuk dalam masa tenggang, tolong infokan lagi nomor yang terpasang keluaran operator mana dulu. Saya coba berikan jurus yang berbeda.

  155. uli says:

    pak saya mau tanya. lbh baik grand duos atau grand 2 ya pa? makasih

  156. Herry SW says:

    Bu/Pak Uli,

    Di atas kertas sih spesifikasi Galaxy Grand 2 jauh lebih menarik daripada Galaxy Grand generasi pertama. Namun, kinerja nyata belum diketahui karena saya belum pernah mencoba Galaxy Grand 2.

  157. ardie nugraha says:

    Pagi pa herry hp grand duos saya untuk sim 1 nya tidak terbaca untuk sim 2 tidak ada masalah. Saya sudah coba memasukan beberapa sim card yg lain di sim 1 tetapi masih tidak terbaca. Tetapi klo di pi dahkan ke sim 2 terbaca. Mohon solusinya.

  158. Herry SW says:

    Pak Ardie Nugraha,

    Saya menduga keras selot SIM1 di Galaxy Grand Duos Anda rusak. Silakan memeriksakannya di pusat perbaikan resmi Samsung.

  159. rina says:

    Malam Pak.

    saya baru saja beli hp lg g pro lite tapi kenapa memori internalnya hanya 4.67 gb sedangkan si speknya mencangkup 8 gb . Yang jadi pertanyaan saya yang benar yang mana ya….

  160. Herry SW says:

    Bu Rina,

    Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

    Wajar, Bu. Kapasitas 8 GB itu kan kapasitas utuh saat belum dipotong untuk sistem operasi. Setelah digunakan sebagian untuk sistem operasi, usable memory benar sekitar 4 GB.

  161. Om. Saya pake grand dari bulan april 2014 ya, kok versi langsung ke 4.2.2 ya? Temen sih 4.1.2 dulu.
    Nah, ada satu kendala lg nih. Kan sim 1 pake 3 buat internet dan sim 2 pake simpati buat sms dll. Kok kadang telat ya sms masuknya ke sim 2? Padahal udah tak setting kalo data selluler pake 3 dan suara pake simpati. Terus di deket logo baterai tuh udah kepilih sim2. Masih aja telat masuk smsnya malah kadang engga masuk. Gimana dong mas?
    Terus kok gabisa hapus app bawaan sih? Ram saya udah 70% padahal game engga berat banget. Sisa memori internal masih 2,8 gb. Jadi gaberani bgt download game lg
    Kalo root resikonya apa ya? Makasih mas herry. Tolong dibantu dong

  162. Ohiya mas saya jg udah make memori card 8gb dan permainan atau app saya pindahin ke memori sd card

  163. Ohiya pak sms jarang masuk tuh apa karena rumah saya dari beton ya pak jadi sinyal sulit masuk? Tp pas bb lancar kok, cuma internet lelet.

  164. Herry SW says:

    Pak Muhammad Setiawan,

    Perbedaan itu terjadi karena waktu pembelian dua unit Galaxy Grand tersebut mungkin berbeda. Hal itu wajar terjadi kok. Kalau membaca cerita Anda, seharusnya Anda yang membeli belakangan.

    Soal SMS, coba mampir ke service center Samsung dan minta petugas di sana melakukan pengecekan pengaturan di ponsel Anda. Boleh pula mampir ke kantor layanan Telkomsel.

    Tentang aplikasi bawaan, tidak semua aplikasi bawaan bisa dihapus. Root akan menghanguskan garansi.

  165. indra says:

    Pak, saya mau tnya masalah garansi hp samsung grand duos.. Klw bisanggak mengetahui masa garansi hp. Samsung klw tidak ada nota resmi ataw kartu garansi.. Misal melalui sms online, atw pake no imej hp…

    Terima kasih pak.

  166. azis says:

    Pak, mau tanya nih..
    saya baru beli Motorola Moto G, tetapi saya ada kesulitan saat ingin mengganti ringtone untuk panggilan masuk, bbm, whatsapp, dll dengan lagu-lagu yang saya punya..
    waktu ingin mengganti ringtone, pilihannya hanya ada ringtone-ringtone bawaan dari HP nya saja, padahal saya sudah memasukkan lagu-lagu ke folder musik di HP saya..

    semoga ada kabar baiknya,
    terima kasih :)

  167. Herry SW says:

    Pak Azis,

    Saya sudah tidak memakai Moto G.

    * Coba file lagunya diletakkan di folder utama, bukan di folder musik.
    * Alternatif lain, buka file manager, lalu coba aktifkan sebagai nada dering telepon langsung dari sana.

  168. zedi says:

    Pak HSW, sekarang samsung merilis grand 2 seharga 3.3 jt, secara spek bisa dibilang mengalami peningkatan signifikan hapir di semua lini layar, memori, prosesor, batere, build quality, tampaknya akan laku keras di pengguna mid end mainstream.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>