By

Review Samsung Z2: Lompatan Teknologi di Genggaman Tangan

Bulan lalu Samsung meluncurkan Samsung Z2, ponsel bersistem operasi Tizen pertama di Indonesia. Ponsel pintar itu dibanderol Rp 899 ribu saja. Ia tersedia dalam tiga varian warna, yaitu emas, hitam, dan merah anggur. Paket penjualannya termasuk bonus back cover bermotif batik mega mendung.

“Tizen adalah bagian dari masa depan teknologi, di mana konektivitas antarperangkat akan menjadi kebutuhan bagi para pengguna teknologi,” kata Jaehoon Kwon, Presiden Samsung Electronics Indonesia, saat acara peluncuran Samsung Z2 di Jakarta, 19 Oktober 2016.

samsung-z2-2

Tiga hari sebelum acara peluncuran Z2, penulis alias HSW menjual Nokia “New” 105 bekas seharga Rp 175 ribu. Beralih dari 105 ke Z2 ibarat mengalami lompatan teknologi yang berada di genggaman tangan. Wajar. Sebab, yang satu feature phone, satu lainnya smartphone.

Pengguna 105 mesti berkutat dengan layar non-sentuh TFT 1,4 inci beresolusi 128 x 128 piksel. Ketika bercengkerama dengan Z2, pengguna bakal merasakan layar sentuh TFT empat inci 800 x 480 piksel yang tentu lebih lega di mata. Melihat foto dan memutar video tak mustahil lagi dilakukan.

Kalau 105 tidak memiliki kemampuan mengakses layanan internet, Z2 sanggup berinternet. Bahkan, ia mendukung layanan 4G LTE di frekuensi LTE 850, 900, 1800, 2100, dan 2300 MHz. Hal itu bermakna Z2 siap dipakai menikmati layanan 4G LTE semua operator di Indonesia, termasuk Smartfren.

Ketika melihat objek menarik, pengguna 105 hanya bisa merekamnya di ingatan. Kondisi serupa takkan terjadi lagi saat menggenggam Z2. Mereka tinggal mengarahkan kamera ponsel itu ke objek yang ingin diabadikan lalu menekan tombol penjepret.

Foto yang dihasilkan Z2 memang buruk. Mudahnya, ia cuma mampu menunjukkan kalau jeruk itu bulat, tanpa bisa memperlihatkan detail guratan kulit jeruk. Namun, hal tersebut masih lebih bagus daripada tak ada gambar sama sekali, bukan?

Asal tahu, kamera utama Z2 sanggup menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Kamera itu dilengkapi lampu kilat, tetapi tanpa fokus otomatis. Kemampuan kamera di sisi muka Z2 lebih rendah. Ia hanya bisa memproduksi foto dan klip video beresolusi masing-masing VGA atau setara dengan 0,3 megapiksel.

Fitur pendeteksi wajah di Z2 bakal sangat membantu pengguna yang gemar berswafoto alias selfie. Saat mendeteksi wajah manusia, kamera akan langsung menjepret. Pengguna tak perlu menekan tombol apa pun di ponsel lagi. Hal serupa tetap terjadi bila kamera Z2 diarahkan ke gambar atau foto manusia.

samsung-z2-15

Sama dengan 105, Z2 dibekali lampu senter. Bedanya, di 105 lampu mungil itu berada di bagian atas ponsel, sedangkan di Z2 terletak di sisi belakang ponsel. Lampu senter Z2 sekaligus berfungsi sebagai lampu kilat kamera. Radio FM yang tersedia di 105 juga bisa dijumpai di Z2.

Spesifikasi lain Z2, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) Spreadtrum SC9830 1,5 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, sisa memori internal mencapai 5,18 GB. Tersedia selot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan file multimedia.

Dua keping micro SIM dapat diselipkan dan siaga bersamaan di Z2. Nomor yang dipakai berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, sedangkan satu nomor lainnya terkunci di jaringan 2G.

Ponsel dengan kemampuan tethering atau membagikan koneksi internet ke peranti lain via Wi-Fi itu bersistem operasi Tizen 2.4. Sumber dayanya berasal dari baterai berkapasitas 1.500 mAh yang mudah dilepas pasang.

Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang sampai penuh baterai bawaan Z2 dapat bertahan maksimal sepuluh jam. Kalau fitur tethering aktif digunakan, daya baterai akan lebih cepat berkurang. Bukan mustahil bodi ponsel terasa panas dan dalam lima jam harus dihubungkan dengan charger lagi.

Untuk mengunduh aplikasi tambahan, pengguna tinggal masuk ke Tizen Store. WhatsApp, Line, dan Facebook telah siap dipadukan dengan Z2. Namun, kalau dicermati, fiturnya relatif terbatas. Pengguna yang rutin memakai WhatsApp, contohnya, tak bisa menemukan kemampuan WhatsApp Web. Sedangkan pengguna Line hanya dapat melakukan chatting.

Hingga saat HSW mengetikkan ulasan ini, 9 November 2016, kenyamanan transportasi online seperti Go-Jek, Uber, dan Grab belum bisa dinikmati via Z2. Lha aplikasinya belum tersedia di Tizen Store. Kondisi senada berlaku untuk aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), Twitter, dan Telegram.

Di home screen Z2, awalnya memang terlihat ikon Twitter. Namun, saat diklik, ternyata ponsel akan mengakses browser dan membuka m.twitter.com. Hmmm… serasa memakai ponsel abal-abal yang beberapa tahun lalu mewabah di Indonesia.

samsung-z2-1

Bagaimana performa umum Z2 jika dibandingkan ponsel pintar lain? Klip video iklan Z2 yang sering muncul di televisi ini goo.gl/2bvcnw menarik ditonton, lalu dijadikan sindiran. Hape masa gitu. Ketika ponsel Android bisa begini dan begitu, kemampuan Z2 terasa begitu terbatas.

Karena itu pula, ketika beberapa hari lalu HSW melihat kalimat “Solusi Cerdaz Masa Kini” tercetak di halaman depan brosur Z2, HSW spontan tertawa dalam hati. Ya, Z2 layak disebut solusi cerdas untuk mengingatkan pengguna bahwa hidup ini penuh cobaan. Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, setidaknya ada tujuh “cobaan” lain yang akan dihadapi pengguna Z2.

Pertama, tampilan layar Z2 sangat tidak sedap dipandang mata. Dilihat dari depan terasa kurang tajam, apalagi dari samping. Kedua, ponsel itu tidak responsif. Lemot dan tersendat seolah menjadi fitur tambahan Z2 dalam pemakaian sehari-hari.

Ketiga, ponsel itu tidak dibekali sensor kedekatan (proximity sensor). Ketika pengguna menelepon lalu mendekatkan ponsel ke wajah, layar ponsel tak langsung padam dan terkunci. Layar baru padam dan terkunci tiga detik kemudian. Selama rentang waktu tersebut, sentuhan pipi pengguna masih akan direspons layar.

Usai bertelepon dan ponsel dijauhkan dari wajah, layar Z2 juga takkan otomatis menyala. Pengguna harus menekan tombol power satu kali untuk mengaktifkan layar. Berikutnya, menyentuh layar untuk mengakhiri panggilan telepon.

Keempat, suara yang dikeluarkan speaker internal Z2 kurang prima Bayangkan seseorang yang sedang pilek bernyanyi. Apakah suaranya merdu? Itulah yang terjadi dengan speaker Z2.

Mikrofon ponsel tersebut tampaknya kurang bagus pula. Selama menguji pakai Z2, lawan bicara HSW berkali-kali mengeluh suara tidak jelas. Mereka menyangka HSW mengaktifkan speaker phone atau memakai headset bluetooth berkualitas ala kadarnya. Padahal, saat itu HSW berbicara langsung via mikrofon Z2.

Kelima, kualitas pengerjaan fisik (build quality) Z2 jauh dari istimewa. Setara dengan ponsel merek lokal berharga jual Rp 400 ribuan. Padahal, harga ritel resmi Z2 dipatok Rp 899 ribu. Harga pasarnya nyaris selalu lebih mahal. Rekor termahal yang HSW temukan Rp 1,25 juta.

Keenam, penerimaan sinyal ponsel berdimensi fisik 121,5 x 63 x 10,8 milimeter dan berat 127 gram itu kurang bagus. Awal bulan ini, saat berada di sebuah hotel di Bali, nomor Telkomsel yang HSW pasangkan ke Z2 jarang sekali memperoleh sinyal. Kalau pun sukses memperoleh sinyal hanya satu baris, tetapi tak lama kemudian hilang lagi. Padahal, nomor yang sama saat HSW pasangkan ke Xiaomi Mi MIX dan Moto E3 Power sukses memperoleh sinyal. Stabil dan cukup kuat.

Terakhir alias ketujuh, sehari-hari HSW rutin menerima email dan menggunakan WhatsApp. Saat menggunakan Z2, email sering sekali terlambat masuk, walaupun di menu email sync schedule HSW telah mengaktifkan pilihan push. Keterlambatan serupa terjadi atas WhatsApp.

Betapa pun, di balik setumpuk kekurangan Z2, masih tersembul sedikit kelebihan. Pertama, Z2 bermerek terkenal. Siapa sih yang tidak mengenal Samsung. Masih banyak konsumen di Indonesia yang berasumsi membeli ponsel pintar ya berarti membeli ponsel Samsung. Samsung dipersepsikan pasti bagus, walaupun realitanya jauh panggang dari api.

Kedua, Z2 mendukung 4G LTE dengan cakupan band atau frekuensi yang lengkap. Ketiga, ponsel itu dibekali kemampuan dual WhatsApp. Maksudnya, pengguna Z2 bisa mengaktifkan dua akun WhatsApp sekaligus. Pengguna tinggal masuk ke settings, apps, lalu memilih dual profile apps.

samsung-z2-17

Kesimpulan versi HSW, dengan memperhatikan beragam faktor, tidak membeli Samsung Z2 merupakan langkah bijak. HSW selama ini rutin merekomendasikan jangan membeli ponsel bermerek Advan, Evercoss, Mito, dan beberapa merek lain. Namun, dalam kasus ini, seandainya harus memilih, HSW lebih baik berurusan dengan merek-merek tersebut daripada mesti menggunakan Z2.

***

Inilah contoh foto yang dijepret menggunakan Samsung Z2.

samsung-z2-3

samsung-z2-4

samsung-z2-5

samsung-z2-6

samsung-z2-7

samsung-z2-8

samsung-z2-9

samsung-z2-10

samsung-z2-11

samsung-z2-12

samsung-z2-13

Satu foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

samsung-z2-14

***

Di Tizen Store belum tersedia aplikasi Antutu Benchmark dan Sensor Box for Android. Berikut screen capture kondisi awal RAM.

samsung-z2-16

121 Responses to Review Samsung Z2: Lompatan Teknologi di Genggaman Tangan

  1. andreas ramadhan says:

    Akhirnya review lengkapnya keluar…
    Andaikan, ponsel yang pak Herry jual sebelumnya bukan Nokia 105.. Misalkan saja Xiaomi Mi Mix, judul reviewnya jadi seperti apa pak? 😀

  2. Santo says:

    Maaf oot pak,
    sekarang jadi sering ketinggalan artikel karena tidak pernah dapat notif lagi kalau ada artikel baru.

    • Herry SW says:

      Pak Santo,

      Sudah coba berlangganan? Gratis kok.
      * Kalau mengakses blog saya dari laptop, posisi tombolnya di bagian kanan layar.
      * Kalau mengakses dari ponsel, posisi tombolnya di bagian terbawah layar. Scroll terus sampai ke bawah.

      Anda tinggal memasukkan alamat email. Kalau ada posting baru, bakal dapat notifikasi via email.

      Ketika saya pindahan hosting, Agustus lalu, sepertinya ada masalah dengan perpindahan database. Sebagian pelanggan tidak menerima notifikasi lagi.

  3. Aruna says:

    Saya juga mikirnya sama ko hsw, drpd beli handphone os tizen yg masih prematur, masih mending beli evercoss di level harga serupa. Paling tidak os sudah android dan kita sudah familiar dgn cara penggunaannya.
    Selain itu handphone murah kebayakan hanya untuk stand by kartu ke 3 atau 4. Tidak untuk digunakan secara intens.
    Android one evercoss sepertinya masih jauh lebih menarik walaupun belum 4g, dan harganya jauh lebih murah.

  4. Michel says:

    Untung adik saya tidak jadi beli samsung Z2. Setelah baca review ini, menurut saya kekurangannya tidak bisa ditolerir. Setelah ini, ponsel apa yang di-review Pak Herry? Saya sangat menantikan Moto E3 Power, hehe..

  5. Alvin Suteja says:

    Hape masa gitu hehehe. Maaf agak oot mnrt pak Heri sebaiknya saya beli Z5 dual sekarang atau nunggu V20 aja ya? Denger2 akhir tahun LG rilis V20. Thx

  6. Dani says:

    Kasihan yang tidak mengerti lalu terlanjur beli karena dikira Android seperti hp Samsung lainnya. Ternyata gak bisa begini, gak bisa begitu, pasti dongkol dan kecewa

  7. hari YUDHA says:

    Pak Herry, kalo dibandingkan Android saat pertama keluar (Cup Cake ??) lebih bagusan mana ?

    • Herry SW says:

      Pak Hari Yudha,

      Saya sudah lupa ponsel Android Cupcake yang pernah saya coba apa saja. Samsung Spica itu Cupcake atau bukan ya? Lebih enak Spica daripada Z2.

  8. Andhy says:

    Maaf oot
    Hp xiaomi yg gak resmi yg beredar disini barangnya replika atau asli om?bagaimana cara mengetahui hp xiaomi gak resmi itu asli atau replika?

    • Herry SW says:

      Pak Andhy,

      Mayoritas asli. Jarang sekali replika.

      Masalahnya, barang yang asli itu ada yang baru, ada pula yang hasil rekondisi. Spesifikasi hardware belum tentu cocok dengan jaringan di Indonesia. Firmware yang dipakai juga belum tentu optimal.

      Untuk mengetahui asli atau replika, ponsel itu harus Anda beli dulu, lalu install aplikasi tambahan untuk mengecek spesifikasi. Misalnya, CPU X dan AIDA64. Cocokkan spesifikasi yang muncul dengan spesifikasi yang seharusnya.

  9. yoobee™ says:

    Bung HSW

    Salut deh meski samsung z2 tidak diRekomendasiKan tapi tetap diulas.

    samsung galaxy note 7 juga produk not recommended jadi kapan di review-nya bung?

    • Herry SW says:

      Pak Yoobee,

      Lha gimana bisa review Note 7 kalau ponsel itu sudah divonis mati sebelum beredar resmi di sini. Padahal, saya sudah beli aksesorinya buat persiapan lho.

  10. Kurniawan faizal says:

    Hmmm. Kualitas fotonya sama sekali tidak tajam . apalagi di foto makanan ama Minumannya ya koh ?

  11. SYARIFUDIN says:

    Permisi mau tanya pak Herry untuk gadget merk Xiaomi resmi 3 prime,Asus Zenfone 2 laser,flash plus 2,lenovo ViBe k5 plus,piye pak menurut bapak untuk kegegasan merk gadget di atas? Bisa untuk diurutkan pak..
    Makasih banyak lho pak,sebelumNya…

    • Herry SW says:

      Pak Syarifudin,

      Yang pertama itu mungkin maksudnya Redmi 3 Prime ya. Dia berada di urutan pertama, lalu Vibe K5 Plus, Flash Plus 2, dan Zenfone 2 Laser.

    • SYARIFUDIN says:

      iyaa pak.. maksud sy tdi Xiaomi redmi 3 prime.salah pencet jadi Xiaomi resmi.. hehehe ngelendur….
      Menurut pak Herry sendiri ini hp sy sekarang khan Lenovo ViBe k4 note..edisi pengen ganti aja pak…sy mau melirik ke infinix ZERO 3,kalo beranjak ke infinix zero 3 piye hp kui pak?? Soalny sy blom perna nyoBa infinix zero 3.

      • Herry SW says:

        Pak Syarifudin,

        Tergantung alasan gantinya apa dulu nih. Kalau cari ponsel dengan kamera yang lebih bagus, hal itu merupakan pilihan tepat.

  12. seto says:

    Pak hsw
    Aplikasi transfer file dri hp ke laptop yg bagus, sya gk bsa pke share it

    • Herry SW says:

      Pak Seto,

      Dulu saya rutin memakai SHAREit dan puas banget. Sampai pada satu titik, muncul update yang membuat penggunaan aplikasi itu menjadi tidak nyaman.

      Saya sempat mencoba aneka aplikasi lain, tetapi belum berhasil menemukan yang benar-benar enak. Jadi, sekarang saya kembali ke cara konvensional, menggunakan kabel data.

      • Amaris says:

        Numpang kasih saran Pak Herry, bisa dicoba Airdroid. Transfer data lewat wifi / hotspot. Upload dan download bisa dilakukan lewat web. Interface nya simpel kok Pak.

        • Herry SW says:

          Pak Amaris,

          Barusan coba googling dan saat lihat logonya saya yakin pernah coba. Namun, karena alasan tertentu yang saya tak ingat, saya merasa tak cocok.

  13. Geni says:

    Malam pak herry

    So..sepertinya konsumen z2 jadi ajang trial and error tizen ..:(
    Oot
    Selain Moto e, apakah yg akan muncul Moto M atau Moto z?
    #motolovers

    • Herry SW says:

      Pak Geni,

      Jadi kelinci percobaan ya.

      Ehmmm… minggu depan bakal ada bocoran satu ponsel Moto lain yang akan beredar resmi di sini.

  14. Wahid saja says:

    Btw…hasil jepretan fotonya bagus. Jadi bisa disimpulkan bukan kamera hp-nya yang bagus tapi om Herry yang pintar jepret fotonya.?

  15. Rahmad says:

    lah iya sing di review harga ne segituan itu pun di bandingan dengan nokia yang bukan smartphone , coba samsung yang harganya delapan jutaan kan beda review nya
    #dari dulu barisan terdepan sakit hati pada samsung nih gara gara tak pernah ditemui petinggi samsung
    sy bukan pengemar/pembela samsung juga tapi kalo dilihat tulisan/review nya punya maksud tujuan tertentu

    • Herry SW says:

      Pak Rahmad,

      Tentang penggunaan Nokia “New” 105, itu bagian dari “sarkasme” ala saya. Kalau diadu dengan sesama ponsel pintar, Z2 terlihat nggak menarik deh. 🙂

      Nggak pernah ditemui petinggi Samsung? Kalau nggak tahu mending diam deh.

    • Yuda Pratama says:

      saya pikir wajar om herry membahas Z2 dengan membandingkan feature phone…. secara materi iklan Z2 di media massa juga meng-“hp masa gitu” kan feature phone ^_^v

  16. bay says:

    pak herry,
    mau nanya, kira2 xiaomi redmi 3 layak beli nga?
    Kalo dibandingkan zenfone 2 laser ZE500KG, bagus mana?

  17. sigit herdi says:

    Saya salut dengan anda.tidak banyak web review gadget lainnya yg berani memberi tahu kekurangan suatu ponsel secara detil.padahal informasi seperti ini sangat berguna bagi orang2 awam.

  18. budi says:

    # barisan sakit hati gara gara tak pernah di temui petinggi samsung
    lah loe siapa

  19. Rudi Ismayadi says:

    Pak HSW maaf OOT
    bapak punya bocoran gak kapan Asus Zenfone 3 Laser dijual di Indonesia? Penasaran nih dengan Hp ini.
    Saya punya budget di harga 3.5 juta kira Smartphone yg bagus apa ya pak?
    Kriteria Dual Sim (jangan hybrid), layar FullHD Kamera Bagus, baterai Lumayan irit.

    • Herry SW says:

      Pak Rudi Ismayadi,

      Mestinya bulan ini, tetapi terakhir ada kabar kemungkinan besar mundur ke Desember.

      Hmmm… Lenovo Vibe Shot.

  20. Johan says:

    Pak Herry saya ingin meminta saran. Menurut bapak untuk saat ini dan kedepan, kira” lebih worth mana antara Galaxy Note 5 atau S7 Flat jika dilihat secara overall pak. Terima kasih

  21. Rico says:

    Halo ko HSW,
    Mau minta saran nih, lagi nyari hp budget maksimal 7 juta ingin hp dgn layar min 5.5 inch maks 6inch, kebutuhan untuk sosmed, buka email, main game, kamera ga terlalu penting tpi jangan yg jelek2 jga 🙂 dan after salesnya yang bagus.
    Bisa minta bbrp pilihan ko?
    Saya coba cari2 sendiri, yg mendrkati sih LG G4. Klo itu bagus ga ko?
    Maaf klo kepanjangan nanyanya..terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Rico,

      Kalau kamera mau bagus, pilihan Anda sudah benar sih. Beli LG G4 dan jangan lupa juga membeli battery kit atau power bank. Sebab, G4 tergolong boros baterai.

      Kalau kamera boleh yang cukup bagus saja, silakan membeli Lenovo Vibe P1 Turbo.

  22. kusairi says:

    Selamat malam Pak Herry

    Maaf menyimpang dari judul, minta saran untuk aplikasi yang bisa digunakan buka office word apa ya? kebetulan saya baru beli moto e3 power karena penasaran.

  23. Dani says:

    pak herry maaf OOT. mau tanya ada gak sih hp yang punya nfc harganya murah? kurang dari 4 juta lah pak, apa fitur itu penting untuk saat ini, mohon pencerahannya, terima kasih banyak

  24. M.yudi says:

    Kapan Review Polytron prime 7s ?

  25. M.Thoriq Arrahman says:

    Pak herry,mending ambil second htc one m8 atau second s5 direntang harga yg sama? Trims ?

  26. Rafie Mohammad says:

    sekedar saran nih,mungkin malah sekalian download ASUS file manager via play store di hapenya.nanti bisa pakai fitur PC file transfernya,dari komputer bisa dibuka via browser (tidak perlu app khusus),dg syarat hape dan komputer diconnect ke jaringan wifi yg sama…sebenarnya app ini bawaan asus,tp bisa dipake buat hape lain (saya pake hisense pureshot,lancar jaya)

  27. Abdil says:

    Banyak yg kecewa pak beli samsung z2,hp masak gitu hehe. Wah sbentar lagi review motorola e3 song pak,dtggu ya hehe. Ada rencana review asus zenmax 3 gak pak? Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Abdil,

      Ehmm… saya tidak berencana me-review Motorola E3.

      Asus Zenmax 3? Saya malahan baru tahu kalau Asus punya ponsel dengan nama tersebut.

  28. Rudi says:

    Koh Herry, mau tanya kalo “Hisense Pureshot” itu bisa CDMA dan GSM ya? Apa jaringan 4G LTE bisa di keduanya? Pasalnya sepengetahuan saya gadget berbasis Smartfren seperti jajaran Andromax, 4G LTE nya hanya bisa di CDMA. Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Rudi,

      Ya.

      Jaringan 4G LTE bisa keduanya? Kalau dua nomor siaga bersamaan di jaringan 4G LTE, jawabannya tidak bisa. Sedangkan kalau yang dimaksud apakah Pureshot bisa dipakai untuk menikmati 4G LTE Telkomsel, XL, dkk, jawabannya bisa.

  29. ega_32 says:

    Koh Herry,
    Bagaimana impresi Z2 dalam menjalankan gim kasual (termasuk Asphalt Nitro yang terlihat di foto yang njenengan lampirkan), apakah masih lancar tanpa ndredeg (frame drop) mengganggu, serta memberikan pengalaman yang (setidaknya) tidak mengesalkan pemain? Apakah sudah banyak gim yang tersedia di Tizen Store?
    Terima kasih Koh responnya

    • Herry SW says:

      Pak Ega_32,

      Lancarnya sih lancar, tetapi saya seolah jadi pengemudi yang bodoh banget. Ponsel saya belokkan segini, eh… ponsel menganggap saya meminta belok segitu dan terlambat.

      Sepintas pilihan game-nya ada lumayan. Namun, tidak saya perhatikan dengan detail.

  30. mahmud lovers says:

    koh numpang curhat dikit, belakangan ini saya merasa youtuber gadget kondang kok reviewnya semakin ‘main aman’, kaya sungkan kalo mengulas sisi minus suatu produk dari brand paling kondang di indonesia. sepengetahuan koh hsw apakah memang ada treatment khusus dari brand kpd youtubers2? sehingga reviewnya yang dibahas hanya sisi2 plusnya? tks

    • Herry SW says:

      Pak Mahmud Lovers,

      Merek yang logonya berwarna biru? Kalau sampai membahas hal negatif, ya siap-siap saja masuk ke dalam daftar hitam.

      • aming says:

        Pak, maksudnya apa youtuber gadget kondang? Semacam blog review apa video youtube?

      • Yuda Pratama says:

        patut disesalkan teknik marketingnya… padahal reviewer di youtube lah awal mula addict saya dengan gadget… tp bener juga… sepertinya beberapa bulan terakhir makin kesini makin kurang kritis terhadap produk… bahkan untuk hp ijo dan biru cenderung main aman

        • Herry SW says:

          Pak Yuda Pratama,

          Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

          Kalau ponsel ijo, setahu saya, syarat mendapatkan pinjaman ponsel adalah kesepakatan hanya menulis sisi baiknya.

  31. Retno says:

    Hallo Pak HSW,
    Maaf OOT, saya mau minta rekomendasi Bapak untuk smartphone Android 3G baik dalam kondisi baru atau bekas dengan harga maksimal 800 ribu. Ukuran layarnya berkisar tidak terlalu besar maksimal 4,7 inchi saja untuk anak saya.
    Trims Pak.

    • Herry SW says:

      Bu Retno,

      Silakan membeli Xiaomi Redmi 1S bekas.

      • Daru Kartiko N says:

        kenapa tidak menyarankan Evercoss Android One? Saya kira itu pilihan yang bagus Pak, daripada cari Redmi 1S kondisi prima yang sepertinya susah karena produk sudah berumur. 😀

        • Herry SW says:

          Pak Daru Kartiko N,

          Awalnya terpikir ponsel itu atau merek lain sesama Android One yang keluar bersamaan. Namun, cari bekasnya sulit. Kalau kebetulan nemu toko yang masih punya stok dalam kondisi baru, tapi garansi sudah habis, harga yang ditawarkan mabuk.

  32. widi says:

    mungkin ini samsung lagi iseng aja ya om..keluarin produk yang masa begitu…

  33. dwi says:

    pak herry
    saya masih penasaran sama kualitas speaker z2
    yang jdi pertanyaan saya :
    1 kualitas speaker z2 jernih tidak pak?
    2 trus speaker z2 supwoover apa tidak
    3 saat volume speaker di set maksimal, suaranya jadi cempreng apa tidak?
    sekian, itu saja pertanyaan dari saya pak

  34. Alan says:

    Hape yang cocok jadi obat menyadarkan para pembeli kurang teliti bahwa “android itu tidak identik dengan samsung” dan “brand itu bukan segalanya” 🙂

  35. adi says:

    Pak Herry, minta rekomendasi hp 2jt kebawah yg kamera depannya bagus dong..
    Buat ponakan ini yg lagi demen selfie hehe

  36. Dimas Bagus says:

    maaf pak oot mau tanya hp yang kameranya setara sama alcatel flash 2 ( bukan flash plus 2 ) apa ya ? soalnya ibu saya mau nyari pengganti flash plus 2 nya karena nggk cocok sama kameranya dan lebih cocok sama kamera hp satunya yaitu si flash 2 …

  37. romero says:

    mau tanya pak herry,kalau mau beli hp budget 2 juta ato lebih sedikit,apa yang pak herry paling rekomendasikan?

  38. Abdil says:

    Hehe maaf koh, maksud saya zenfone 3 max

  39. romero says:

    kalo yang mengutamakan kamera apa?kalo yang mengutamakan daya tahan batere apa ya pak?

  40. adam says:

    mungkin kalo hp ini dikeluarin 10 tahun yang lalu pasti bakal jadi primadona yah… 😀

  41. udin says:

    bahkan seorang pembantupun ogah punya hp ini.
    harga warasnya sih maksimal 600rb.

    • Herry SW says:

      Pak Udin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Pembantu Anda nggak mau pakai Z2?

  42. Iman Maing says:

    Hehehe…terimakasih Ko HSW reviewnya…mengundang tawa, bisa utk materi stand up commedy…saya suka.

    • Herry SW says:

      Pak Iman Maing,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Terima kasih atas apresiasinya.

  43. Padi says:

    Baru kali ini nemu web yang ulasanya keren, awalnya nyasar gara2 mau nyari info soal modem smartfren. Tapi tadi baca kalo gak salah ga ada usb modem 4g ya? ya udah jadi bingung lagi mau ganti modem apa hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Padi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Benar, ada modem USB yang sudah mendukung 4G LTE.

  44. Raymon says:

    Ko Herry, daftar HP 4G LTE berkualitas bagus di bawah 2 juta yang bisa semua operator termasuk smartfren apa saja ?
    Terus daftar MiFi 4G LTE yang unlock di bawah 1 juta dan bisa untuk semua operator termasuk smartfren apa saja ?

    Thanks Ko Herry.

  45. Rahmad says:

    Koh Herry, nama Rahmad muncul lagi di PC saya padahal saya bukan Rahmad tapi Hengky Fanggian. Kalau bisa selanjutnya bila ada sales gagal exis yg maki2 kenetralan review koh Herry, sebaiknya langsung koh Herry delete saja tak perlu ditampilkan. Sales gagal exis tsb bukan hanya sekedar melecehkan koh Herry tapi yg terutama juga pada pembaca setia koh Herry.
    Artikel ini justru merupakan bukti tak terbantahkan kenetralan koh Herry. Saat baca judulnya, saya sempat curiga koh Herry telah berhasil dibungkam samsung. Bahkan pada alinea awal kecurigaan saya tsb menguat. Namun setelah baca lanjutannya barulah saya lega. Koh Herry masih yg paling baik di Indo ini.
    Mungkin hampir semua pembaca blog ini tahu persis bahwa samsung memang overprice. Tapi itu hak samsung lah sebab tokh konsumen banyak yg mau kok. Sama saja, ada orang yang mau beli mobil rongsokan bekas tabrakan James Dean meskipun harganya justru lebih mahal daripada mobil barunya. Tapi bagi yg tak mau beli mobil rongsokan James Dean tsb atau tak mau beli samsung yg overprice, ya jangan dimaki. Sales kok mentalitasnya payah kayak gitu sikh, main paksa aja.
    Andai kalau blog tak boleh disisipi iklan (saya kurang tahu aturannya sikh). Mungkin koh Herry boleh pasang No account untuk donasi. Persis seperti yg dilakukan oleh pembuat program freeware luar negeri. Pemikiran tsb lebih baik daripada koh Herry harus hilang indepensinya. Dulu ada lho tabloid yg koar2 bahwa gadget yg ditest hasil beli sendiri untuk menjamin indepensinya. Namun kok sekarang jadi begitu ?. Yg netral itu sekarang sulit sekali dicari. Anyway, maju terus koh Herry… kami mendukungmu

    • Herry SW says:

      Pak Hengky Fanggian,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Sekali lagi, kalau memang tampilan namanya salah, silakan langsung Anda koreksi. Jangan Anda sengaja memakai nama yang salah itu dan baru mengoreksinya di tubuh komentar.

      Terima kasih atas usulan dan masukannya.

      Soal pencantuman nomor rekening, kalau di luar negeri sepertinya cukup lazim. Kalau di sini kayaknya bakal dipandang aneh ya.

  46. Yandy says:

    Ko… Kl samsung z2 dengan j1 ace gmn? Saya butuh 4g utl tethering. Cari yg murah ko

    • Herry SW says:

      Pak Yandy,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tak tahu. Seingat saya, saya belum pernah menguji pakai Galaxy J1 Ace. Cuma pernah towel-towel.

    • adi titi says:

      Koh Herry, saya bantu jawab untuk Pak Yandy: hp pacar saya j1 ace sudah setahun dipakai. kesimpulannya:
      + layar termasuk jernih
      + hasil kamera utama, memuaskan (untuk kelas harga dibawah 1,5jt)
      + bisa segala operator (termasuk smartfren)
      – ram hanya 756 mb, tidak kuat instal game2 berat. paling hanya bisa instal bbm, wa, grab car, gojek. itu saja kalau mau aman.
      – baterai cepat habis. mungkin 10 jam
      – kadang restart sendiri (jarang terjadi)
      Tapi secara umum, lebih baik J1 ace daripada Z2 yang layarnya ga tajam, hasil kamera kalah, dan belum bisa instal bbm, grab car dll.

  47. Nanang says:

    Kykny ini lebih diutamakan ke user yg mau melepas feature phone. Dan tizen ini fiturnya masih belum maksimal, makanya samsung nggak berani memasukkan ke flagship mereka, tp cm di ponsel low end.
    Btw, nggak tertarik review J7 Prime yg baru itu?

  48. ega_32 says:

    Selamat sore Om Herry. Maaf pertanyaan saya rada OOT.

    Pada salah satu postingan soal Wiko, Om pernah melontarkan informasi bahwa ada Service Center (SC) Ponsel Samsung yang dioperasikan oleh Unicom Care. Apakah ini hanya beroperasi pada sebagian SC saja? Lalu, apalah Unicom juga menangani SC perabotan elektronik Samsung lain?

    Terima kasih Om atas kesediaannya menjawab pertanyaan awam saya ini

    • Herry SW says:

      Pak Ega_32,

      Lebih tepatnya, ada service center Samsung yang manajemen pengelolaannya dipercayakan kepada perusahaan tertentu yang masih satu holding dengan Unicom. Ya, hanya sebagian. Setahu saya tidak.

  49. adi titi says:

    Halo Koh Herry. Dari berbagai review di situs ini, Koh Herry menyimpulkan bahwa hp samsung (yang dibawah 2juta) jelek. Pertanyaan saya:
    1. Jelek gara2 spesifikasi yang minim (harga tidak sebanding dengan spek yang didapat) atau apa?
    2. Ada teman2 pengguna setia samsung berkata: biarpun spek rendah, tapi samsung AWET (dipakai bertahun-tahun kuat), “HP-HP yang direview ponselmu.com kan hanya diuji paling lama semingguan. Jadi tidak akan bisa ngetest hp tsb awet dipakai jangka panjang. siapa tau hp yang direkomendasikan bagus ternyata dalam hitungan bulan sudah rusak”. Apakah argumen tsb bisa jadi dasar kuat bahwa dalam hal “awet”, samsung memang bagus?
    3. menurut pengalaman Koh Herry, android yang paling awet (yang pernah dimiliki sendiri) type apa Koh? sebab saya jarang beli baru kalau belum rusak.
    terima kasih Koh

    • Herry SW says:

      Pak Adi Titi,

      1. Spesifikasi dan kinerja nyata kalah mantap dibandingkan merek lain.

      2. Benar, saya tak pernah menguji pakai ponsel sampai bertahun-tahun. Namun, kalau kemudian diklaim bahwa dalam hal awet Samsung tergolong bagus, menurut saya, nggak juga deh. Ponsel Samsung tipe tertentu yang tergolong flagship pun ternyata banyak masalah tak lama setelah masa garansi resminya habis.

      3. He.. he.. ini saya nggak bisa jawab. Lha saya sering ganti ponsel.

  50. ming says:

    Pak Herry,
    Saya mau sharing tentang pengalaman saya belakangan yang membuat saya rada jengkel dengan Samsung Service Tomang.
    Saya punya Samsung S7 yang saya beli sekitar Oct 2016 karena saya tertarik dengan ip68nya.
    Saya pakai dan beberapa kali saya test ip68 sesuai standar ip68, setelah bbrp kali pengetesan, suara dari loud speaker sember dan tidak mau normal, bahkan setelah bbrp hari.
    Akhir tahun, sekitar Dec 29, 2016, setelah inden 3 hari, saya bawa ke Samsung Tomang untuk klaim loudspeaker, dilayani baik, dibongkar dan ganti partnya.
    Nah masalah dimulai setelah perbaikan itu, pas pagi saya test air lagi, kamera berembun, langsung sore saya bawa kembali, diperbaiki, malam saya tes air malah berembun lebih parah.
    Besok saya bawa kembali, dan teknisi yang memperbaiki bilang, pak ini kalo tanda airnya merah, garansi void. Lah saya bilang sebelum bongkar kan ga kemasukan air, ini berembun setelah bongkar pasang di Samsung. Si mbaknya bilang kenapa bapak tesnya dimasukkan ke air? Sungguj pertanyaan yg membuat saya jengkel, gimana saya bisa tau ip68nya sudah balik atau belum kalo nggak kena air?
    Singkat kata, S7 saya masuk servis lagi selama hampir seminggu, dan setelah dinyatakan beres dan saya ambil, malam saya test, belum saya test air, ternyata kamera ada kotoran, jd pas foto ada semacam kotoran, katanya kamera bermasalah dan diganti.
    Dan saya sedang di Samsung Tomang, dan sekarang saya lagi menunggu hasilnya.
    Kesimpulan saya sementara, Samsung respon cukup tanggap, cukup ramah, follow up oke lah, tapi hasil kerja buruk. Masak pasang back door sesuai ip68 gagal n bocor terus. Padahal saya sudah ke Samsung pusat, jalur khusus S7, gimana dengan hasil kerja utk S7 di daerah, kalau di pusat, khusus S7 saja begini.
    Sorry pak, saya share kepanjangan, moga2 bisa direspon. Oh iya pak, terus terang minat saya thd Samsung jd berkurang, pak kalau Huawei P9 apakah layak beli? Apakah Honor 8 akan masuk resmi ke Indonesia? Saya ingin membeli ponsel yg punya aftersales baik, jadi saya mempertimbangkan Huawei yang harganya jauh lebih murah dr Samsung, sepupu saya memakai GR5, pernah komplain ke Huawei Roxy, dan pelayanan mereka sangat baik.

    Thank you, pak.

    • Herry SW says:

      Pak Ming,

      Terima kasih atas sharing-nya. Hmm… ngeri-ngeri sedap juga ya.

      Huawei P9 kameranya bagus. Saya menobatkannya sebagai ponsel berkamera terbaik 2016. Namun, untuk kinerja keseluruhan, saya lebih memilih LG V20 sih.

      Honor 8 takkan masuk resmi ke sini. Demikian pula Mate 9. Dari P9 seperti Huawei di sini akan langsung ke P10.

      • ming says:

        Pak, ternyata dinyatakan akan diganti unit baru, diajukan permohonan penggantian unit, dan akan siap dalam 2 sampai 3 minggu.

        Menurut pak Herry gimana? Apakah masa tunggu 2 sampai 3 minggu itu acceptable?

  51. mujahidin says:

    Hello pak Herry SW, maaf sudah cukup lama tidak mengunjungi web ini. Terima kasih banyak dulu selalu menjawab komentar saya dengan sangat baik dan merekomendasikan zenfone 2 laser. pengalaman saya memang hpnya cukup baik. Tak terasa sudah ada lagi zenfone 3 laser. Tapi pak, kenapa seri hape saya saja ZE550KG yang tak kebagian update android marshmello (sampai sekarang). Saya sudah komplain ke ASUS namun tak direspon. Bisa bantu saya pak?. Sebenarnya tdk terlalu penting sih, tapi rasanya kurang adil kalau asus melakukan hal demikian. Padahal kan juga menjual seri seperti saya ini masa tidak dapat update juga?

    • Herry SW says:

      Pak Mujahidin,

      He… he… tak perlu minta maaf.

      Oh, dulu Anda sering bertanya dan rutin saya jawab ya? Terus terang saya malahan sudah lupa.

      Soal update, hal itu bergantung produsen. Saya tidak mengetahui pertimbangan Asus tak mengeluarkan update untuk Zenfone 2 Laser varian layar 5 inci non-4G LTE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *