By

Review Smartfren Andromax C: Harga Tak Sesuai Performa

Saat mencoba beragam ponsel Android dual on dengan harga jual kurang dari Rp 700 ribu, penulis selalu gagal memperoleh kesan positif yang mendalam. Ada saja poin yang layak mendapatkan predikat menguji emosi. Karena itu, ketika akan mencicipi Smartfren Andromax C yang dibanderol Rp 649 ribu, penulis telah siap berlatih mengendalikan diri.

Tampilan muka ponsel yang aslinya bernama Hisense AD686G itu biasa saja. Tidak istimewa. Bagian belakangnya terkesan murahan. Plastik banget dengan lensa kamera ala ponsel murah meriah.

Andromax C-1

Layar sentuh Andromax C berukuran empat inci dengan resolusi 480 x 800 piksel. Ikon tersaji dengan cukup tajam. Tampilan warnanya relatif cemerlang. Huruf berukuran mungil di bawah setiap ikon terbaca dengan jelas. Tak terlihat ada gerigi yang mengusik pandangan mata. Layar TFT itu juga responsif terhadap sentuhan.

Satu-satunya kamera di ponsel setebal 11 mm itu berada di sisi belakang. Kamera tanpa fokus otomatis dan lampu kilat tersebut mampu menghasilkan foto beresolusi dua megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia dapat memproduksi klip video VGA. Foto dan video yang dihasilkan belum layak disodori acungan jempol.

Satu nomor CDMA dan satu nomor GSM bisa siaga bersamaan di Andromax C. CDMA-nya harus Smartfren, sedangkan GSM-nya bebas mau operator apa saja. Tanpa kartu Smartfren terpasang, Andromax C berubah menjadi ponsel tanpa fungsi seluler. Sebab, kartu SIM GSM yang diselipkan otomatis takkan bisa mendapatkan sinyal.

Nomor CDMA yang terpasang di Andromax C dapat dipakai bertelepon, ber-SMS, maupun berinternet lewat jaringan EvDO Rev A maupun CDMA 2000-1x. Sementara itu, nomor GSM yang siaga hanya diizinkan bertelepon dan ber-SMS di jaringan 2G. Pengguna mustahil berinternet memakai nomor GSM.

Prosesor berinti ganda (dual core) Qualcomm MSM8625 1 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan radio FM adalah sebagian spesifikasi lain Andromax C. GPS di Andromax C tergolong cepat dalam mengunci lokasi, apalagi bila didukung akses data EvDO yang sedang lancar.

Memori ponsel itu terdiri atas RAM 512 MB, ROM 4 GB, plus selot microSD. Ketika ponsel belum diutak-atik, sebanyak 1,87 GB di antara 1,96 GB internal storage berstatus kosong. Pada saat bersamaan, phone storage yang tersedia masih utuh satu GB.

Andromax C-2

Sumber tenaga Andromax C berasal dari baterai lithium ion berkapasitas 1.420 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, sekali diisi ulang, baterai itu mampu mendampingi selama 10-12 jam.

Kalau dirangkum, harga yang terjangkau dan respons yang relatif gegas menjadi sisi menarik ponsel bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich itu. Kemampuan dual on GSM-CDMA, meskipun CDMA-nya dikunci dan GSM-nya tak bisa berinternet, tetap boleh dijadikan kelebihan ekstra Andromax C.

Kamera yang kurang prima dan bodi belakang yang tampak murahan menjadi sisi minus ponsel tersebut. Cobaan terberat yang harus dialami pengguna Andromax C bukanlah performa ponsel yang buruk, melainkan kinerja layanan akses data Smartfren yang cenderung memburuk. Selama berhari-hari mencoba ponsel itu, penulis seolah diajak mawas diri. Slogan Smartfren bukan lagi “I Hate Slow”, melainkan “I Love Slow”.

Dengan mengabaikan kinerja layanan akses data Smartfren di atas, penulis menyimpulkan harga Andromax C tak sesuai dengan performanya. Terlalu murah, bukan terlalu mahal. Ponsel itu sebenarnya masih rasional dibanderol sampai Rp 799 ribu.

Bila kelak ternyata ada pihak tertentu yang sukses membuka pengunci selot kartu CDMA-nya, harga Andromax C layak ditingkatkan Rp 100 ribu lagi. Jutaan pengguna Flexi dan Esia saat ini mungkin sedang berdoa, berharap Andromax C berhasil di-unlocked. Hayo… Anda salah satunya ya!

378 Responses to Review Smartfren Andromax C: Harga Tak Sesuai Performa

  1. Yopie says:

    Pak Herry,

    Ini yang saya tunggu reviewnya karena penasaran.
    Berarti kekurangannya cuma kamera dan jaringan CDMAnya.
    Kalau tidak mementingkan kamera, berarti mending beli ini daripada Andromax i yang lama, pak ?

  2. waktu beli sudah sepaket sama paket internet gak oom?
    berapa bulan tuh free nya?
    lalu posisi ente dimana tuh sehingga koneksi smartfren jadi slow?

  3. dhan says:

    ayooo siapa bisa unlock, kabar-kabari :)

  4. sanjaya says:

    saya posisi di bekasi. memakai dua nomor smartfren, yang awalan 0882 dan 0888. yang 0882 lancar, yang 0888 lambat.
    selain beda nomor, apakah kemungkinan smartfren bermasalah di frekuensi 800 ? kebetulan yang nomor 0882 , nomor lama, hanya bisa berfungsi di frekuensi 1900.

  5. acengan says:

    mantap reviewnya,untuk andromax tab kok kosong ya?apa mo kluar produk bru?trus dsby andromax tab kosong jga ya

  6. Herry SW says:

    Pak Yopie,

    Yup. Bila cuma untuk email, browsing, dan chat, menurut saya, Andromax C sudah memadai. Mending membeli ponsel itu daripada Andromax-i. Bisa menghemat ratusan ribu rupiah.

  7. Herry SW says:

    Pak Bennythegreat,

    Ada bonus paket data 1,5 GB dengan syarat harus mengisi pulsa minimal Rp 50.000. Gratisannya hanya satu bulan, Pak.

    Saya di Surabaya.

  8. Herry SW says:

    Pak Acengan,

    Di pasar Andromax Tab kosong ya? Saya kurang memantaunya. Untuk ukuran tablet keluaran terkini, Andromax Tab mestinya sudah layak disebutkan ketinggalan lho. Ya, kalau tak ada perubahan, mestinya sekitar dua bulan lagi bakal muncul tablet baru dari Smartfren.

  9. Don says:

    Pak Herry, mau minta reviewnya New Smartfren Andromax V 5.0, denger2 New Smartfren Andromax V 5.0 smartphone yang bagus dengan harga yang layak, maaf saya tulis disini soalnya saya bingung mau tulis dimana hehehe

    terima kasih

  10. Herry SW says:

    Pak Don,

    Saya belum pernah menguji pakai Andromax V sehingga belum bisa memberikan review-nya. Saya baru sempat towel-towel sebentar saat menghadiri acara peluncuran ponsel itu, 11 Juni silam.

  11. rudy says:

    dengan harga 649 kalau beli merk nokia apa bisa dapat dengan spesifikasi yang di sajikan smartfren pak ? coba dipikir lagi.

  12. Herry SW says:

    Pak Rudy,

    Malas menjawab ah. Sebab, saya mereview ponsel apa pun, Anda selalu mengaitkannya dengan Nokia atau Samsung. Ketika ponsel Samsung kebetulan saya review negatif, Anda “teriak-teriak”. Sebaliknya, saat ponsel Samsung di-review positif, Anda tetap saja “teriak-teriak” mengapa fitur ini-itu nggak disinggung.

  13. leonardo says:

    Om Herry, saya adalah satu diantara orang2 yg berharap ada yg bisa unlock Andro-C ini, hehehe….
    Soal comment dari “pak rudy” Om Herry gak usah repot2 respon, ntar biar sesama pembaca saja respon.
    Pak rudy saya pengen tau jawaban dari pertanyaan anda sendiri. Kali2 anda juga bisa nulis review.
    Oh ya, oot Om Herry. Kalo suruh milih antara Xperia SP vs LG Nexus 4 pilih mana? harga selisih 500rb saja. Thx

  14. Herry SW says:

    Pak Leonardo,

    Di luar sana sudah ada yang berhasil meng-unlock CDMA-nya. Namun, yang pasti CDMA-nya baru bisa dipakai untuk telepon dan SMS. Ada yang bilang dapat digunakan berinternet pula, tetapi hanya CDMA 2000-1x, belum EvDO. Sedangkan GSM-nya tetap hanya untuk telepon dan SMS. Belum bisa dipakai berinternet.

    Hmm… pilihan sulit. Kalau Nexus 4-nya bisa dapat yang warna putih, saya pilih Nexus 4 plus membawa power bank. :)

  15. andri-bowo says:

    Cak herry, kalau saya pengen beli huawei ascend w1 yg bundling smartfren, menurut sampeyan worth it to buy gak ya? Saya sih pengen nyoba windowsphone 8, lha nomernya pake smartfren pascabayar dr kantor.

  16. Riezkie says:

    Mirip sama yang htc vc yah ko andromax c inj…

  17. Herry SW says:

    Pak Andri-bowo,

    Saya belum bisa menjawabnya karena belum pernah mencoba Huawei Ascend W1.

  18. Herry SW says:

    Pak Riezkie,

    Kalau harga turut diikutsertakan dalam komponen penilaian, selain spesifikasi dan kinerja, mending beli Andromax C daripada HTC Desire VC.

  19. hendra says:

    Saya dah hands on neh hp.overall layar pixel lumayan rapat tp ga enak di pandang.body murahan.saran ambil andromax i aja

  20. ana says:

    pak, bagaimana cara mengoperasikan kamera di andromax C, selalu meminta insert memory card, apa tidak bisa lgs menggunakan internal memory? thanks

  21. Herry SW says:

    Bu Ana,

    Oh, harus memasangkan kartu microSD ya? Dulu saya langsung menyelipkan kartu microSD sebelum menyalakan Andromax C untuk kali pertama.

    Berarti, Andromax C sama dengan sebagian ponsel Android yang mengharuskan pengguna memasangkan kartu microSD dulu sebelum bisa memotret.

  22. Yodi says:

    Pak Herry,

    Saya menggunakan Andromax C saat ini dengan kartu esia, hanya saya gunakan untuk telepon dan sms. Koneksi data saya menggunakan sinyal jaringan wifi.

    Sinyal cdma esia seringkali hanya tampak 1, dan beberapa kali ada pemberitahuan sms bahwa menerima telepon (tanpa telepon berdering/tercatat).

    Dalam pengalaman pak Herry bagaimana kekuatan sinyal acang ini pada jaringan smartfren?

    Terima kasih

  23. sanjaya says:

    bu ana dan pak herry, kamera di andromax c bisa tanpa memory card, tapi cukup susah mengubah setting agar pindah ke memory hp karena sebagian besar tertutup oleh tulisan warning ” hp tidak memiliki memory card”. mesti lihai menekan bagian layar (setting di kamera) yang tidak tertutup warning tersebut.

  24. Herry SW says:

    Pak Yodi,

    Saya belum pernah memakai Andromax C maupun Andromax-i yang sengaja di-unlocked. Aslinya, selot CDMA di dua ponsel itu kan hanya bisa dipadukan dengan kartu Smartfren. Namun, saya memang beberapa kali menerima informasi dan curhat, kala dipadukan dengan operator CDMA lain, penerimaan sinyal ponsel hasil unlocked tersebut menjadi kurang bagus. Sinyalnya juga naik turun.

  25. Herry SW says:

    Pak Sanjaya,

    Terima kasih atas informasinya. Jadi, harus pakai “jurus kungfu” untuk menekan layar guna masuk ke pengaturan kamera ya.

  26. mas bejo says:

    kartu smartfrennya harus yg bawaan paket, diganti kartu smartfren lain gak berfungsi, pinter juga nguncinya, but performa cukup bagus, skor antutu 5336, skrg utk mainan anak saya haha

  27. Herry SW says:

    Pak Mas Bejo,

    Lho iya tha? Biasanya begini:
    * Kartu Smartfren bawaan tak bisa dipakai di acang lain.
    * Kartu Smartfren lain yang dulu dibeli bebas, bisa dipasangkan.

    Dalam kasus ini, bila Bapak memang akan memakai kartu Smartfren lama di Andromax C, coba minta ganti kartu RUIM dengan nomor sama di Galeri Smartfren.

    Btw, mendekati Lebaran ini harga Andromax C naik tajam. Tembus Rp 800 ribu.

  28. G Rahmadi says:

    Performa ponsel ini sangat bagus. game lancar, lag nya masih tertolerir dibanding merk2 lain dengan harga yang lebih mahal
    sayang cuman 1 kelemahannya :
    ketika si semar ga ada sinyal (mis : di basement), GSM nya jadi tidak bisa digunakan. padahal di test dengan network information sinyal gsm tersebut di kisaran -80db

  29. Herry SW says:

    Pak G Rahmadi,

    Terima kasih atas sharing-nya. Oh, jadi ketika Smartfren tak dapat sinyal, ponsel seolah tidak mendeteksi ada kartu Smartfren terpasang sehingga GSM-nya tak bisa dipakai ya.

  30. Irma says:

    Pak Herry

    ada reviewer lain bilang kalo belakang ponsel ini cepat sekali hangat,apakah betul ? dan bagaimana cara mengatasinya ?

    terima kasih

  31. Herry SW says:

    Bu Irma,

    Definisi cepat sekali hangat itu berapa menit ya? Kalau sinyal kembang kempis dan dipakai internetan terus, sekitar sepuluh menit mulai terasa hangat.

    Kalau sinyal bagus atau pemakaian tak terlalu berat, sepuluh menit masih dingin.

  32. Irma says:

    Sekitar 30 menit,ponselnya merek China ya ?

  33. Herry SW says:

    Bu Irma,

    Kalau 30 menit, menurut saya, tak bisa dibilang “cepat sekali hangat”.

    Yup, Andromax C itu aslinya bermerek Hisense.

  34. N Devin says:

    cari smart andro c yg harganya masih 649k dimana ya yg disidoarjo?? tadi kayaknya diatas ada yg nulis harga dah tembus 800k

  35. Herry SW says:

    Pak N Devin,

    Di Sidoarjo apakah ada Galeri Smartfren? Kalau ada, coba cari ke sana. Untuk saat ini, kalau ingin dapat harga normal, sepertinya Galeri Smartfren menjadi satu-satunya tempat.

    Harga pasar Andromax C memang sedang melambung tinggi. Menjelang Lebaran sempat menembus Rp 800 ribu. Sekarang sudah agak turun, tapi masih lebih dari Rp 700 ribu.

  36. Acan says:

    mas Herry, mau tanya.
    kalo misal yg no smartfren lagi online, trus ada panggilan masuk di no GSM, apakah ada nada sela?

    saya masih penasaran dengan fitur dual sim versi smartfren ini.
    rencana mau ganti xtream saya karena sudah sering restart sendiri.

    pls infonya.

  37. Herry SW says:

    Pak Acan,

    Nomor Smartfren tersebut sedang online untuk berinternet atau bertelepon? Kalau berinternet, panggilan telepon ke nomor GSM langsung masuk. Ponsel berdering.

    Sementara itu, nomor Smartfren sedang dipakai bertelepon, lalu ada panggilan masuk ke nomor GSM, penelepon akan mendengar nada sambung. Namun, si pengguna Andromax C tidak mendengar nada sela.

  38. yugo says:

    knapa baterai’y cepet ngedrop klo buat internetan…padahal ngecas’y dah lama

  39. Herry SW says:

    Pak Yugo,

    Ketika sebuah ponsel digunakan untuk berinternet secara terus menerus, daya baterai tentu akan lebih cepat habis.

    Kalau boleh tahu, daya tahan baterai Andromax C Anda maksimal berapa jam? Selama rentang waktu itu, aktivitas apa saja yang Anda lakukan? Kondisi sinyal penuh dan stabil atau kembang kempis?

  40. anton says:

    Gan ane mau nanya kenapa ya andromax c ane kartu cdmanya ga bisa nelpon sms n ga bisa nerima sms n tlpon pdahal nmer sudah aktif hanya bisa intrnetan dan pds saat nyoba tlpon ada bacaan pesan jaringan 0 n panggilan darurat…

  41. Herry SW says:

    Pak Anton,

    Maaf, lain kali mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

    Terkait Andromax C Anda, tolong dicek pengaturan jaringannya. Apakah network mode-nya EvDO only? Kalau iya, coba pindahkan ke hybrid, lalu matikan ponsel sesaat.

    Bila sudah berada di hybrid, tetapi masih tak bisa digunakan bertelepon, silakan membawanya ke Galeri Smartfren terdekat.

  42. Rahmad says:

    terimakasih atas reviewnya pak, saya kebetulan mau beli andromax c, tp skrng hrganya sedang tinggi2, mnurut bapak harga ke dpnnya gmn apa akan kembali normal di kisaran 650 rbu, tetap di kisaran skrng 750 ribu atau malah semakin tinggi? (stok di galeri smartfren rata2 tidak ada sekarang)

  43. Andi ptr says:

    Maaf pak herry,, saya mau nanya smartfren andromax C ini bisa dipakai buat modem nggak?
    Klo bisa caranya gmana?
    Trims

  44. Herry SW says:

    Pak Rahmad,

    Harga termahal yang saya temukan Rp 900 ribu. Kebanyakan sih mematok harga jual mulai Rp 775 ribu. Akankah kembali normal di kisaran Rp 650 ribu? Kalau pasokan lancar, hal itu bukan mustahil terwujud. Yang terjadi mulai menjelang Lebaran lalu, permintaan banyak banget, sedangkan pasokan jauh di bawahnya.

  45. Herry SW says:

    Pak Andi Ptr,

    Andromax C mendukung Wi-Fi tethering. Jadi, seolah Anda memiliki hotspot yang siap diajak berjalan-jalan. Aktifkan dari menu setting.

  46. kinkin says:

    di Tangerang sinyal OK…lancar….car…car…

  47. Budi says:

    reviewnya cenderung negatif, cobalah untuk berada ditengah-tengah, dan akhirnya jadi kurang berbobot reviewnya, maaf itu yang harus saya katakan.

  48. Herry SW says:

    Pak Budi,

    Terima kasih atas komentarnya.

  49. FAJARINA says:

    PAK HERRY SAYA MAO TANYA, ITU KAN PERTAMA BELI DAPAT PAKETAN INTERNET 50RB UNTUK 1 BULAN. LAH KALO ITU UDAH HABIS, NANTI BISA DI PAKETIN LAGI NDAK PAK??? TERUS GIMNA CARANYA???
    MAKASIHHH

  50. Herry SW says:

    Bu Fajarina,

    Maaf, lain kali mohon tidak mengetikkan pertanyaan memakai huruf besar/kapital seluruhnya. Sebab, di dunia internet, hal itu bermakna Anda marah atau berteriak.

    Setelah paket bonus habis, Anda bisa berlangganan paket internet. Yang tarifnya Rp 50 ribu per bulan ada dua macam:
    * Connex Volume Based dengan kuota 2 GB.
    * Smart Plan dengan kuota 1,5 GB plus mendapatkan gratis telepon dan SMS.

    Detailnya silakan membaca dua tautan berikut ini:
    http://www.smartfren.com/ina/connex/
    http://www.smartfren.com/ina/smart-plan/

  51. chaya says:

    Mas Herry, many thanks ya buat review smartfren andromax c-nya, very helpful. Aku jadi lebih tau spesifikasi hp ini, kelebihan dan kekurangannya. Aku suka baca juga review mas Herry di konsultasi seluler tabloid nyata. Ditunggu ya review2 yg lain :-)

  52. asad says:

    Kalo di Install aplikasi GPS sygic bisa apa nggak pak.? trus motong pulsa ato pakek sinyal satelit buat GPS sygicnya..?

  53. Herry SW says:

    Bu Chaya,

    Terima kasih atas apresiasinya. Kalau selama ini Anda sering membaca review saya di Nyata, tulisan di blog ini dapat membuat Anda lebih kaya informasi. Sebab, naskah review yang saya unggah kadang lebih panjang dan detail. Foto-foto penunjang seringkali juga lebih komplet.

  54. Anto says:

    Mau tanya pak. Andaikan andromax c ini pakai paket internet smart yang biasa gunakan untuk modem bisa nggak ya? Karena selama ini ikut bawaannya yaitu smart plan… Thanks pak.

  55. Dennis says:

    Pak saya kemarin keliling2 cari Andromax C ternyata harga sudah melambung seharga 800k. Esoknya saya terpaksa cari di gallerynya langsung ternyata stocknya habis dan kata satpamnya bukan hanya di gallery itu, tapi seluruh SBY. Padahal saya ngebet bangeeett! :(
    Nah saya mau tanya bagaimana agar saya bisa tau apakah di gallery sudah ready stock? Cz saya khawatir kehabisan lagi pak… mohon petunjuknya…

    terimakasih…

  56. Herry SW says:

    Pak Anto,

    Smart Plan yang dapat bonus telepon segala itu kan? Bisa.

  57. Herry SW says:

    Pak Dennis,

    Sejak menjelang Lebaran lalu, harga pasar Andromax C memang melonjak tajam. Rekornya sempat menyentuh Rp 900 ribu. Saat ini sih harga pasar sudah turun di kisaran Rp 775 ribu.

    Mengapa harga naik? Sebab, jumlah pasokan barang jauh lebih kecil daripada permintaan. Apalagi, setelah terbukti Andromax C ternyata bisa di-unlocked sehingga dapat dipadukan dengan Flexi maupun Esia.

    Bagaimana cara mengetahui di Galeri Smartfren sudah ready stock? Ya harus rajin-rajin datang ke sana menanyakannya.

  58. saya mau tanya, pak. Berarti dengan hari kisaran 650ribu-700ribu, smartfren andromax ini yg terbaik di banding merk lain ya pak ?? Dan kira2 seandainya isi pulsa yg 50rb, masa aktif brp lama, dan masa tenggang brp lama..?? Thanks..:) review yg bagus pak..:)

  59. Dennis says:

    Belum puas usaha saya memburu andromax harga normal. Tadi siang coba cari di gallery hiteck mall ternyata stock kosong, di jl.diponegoro juga kosong, di ITC juga.. dan kata CS di gallery ITC ternyata di seluruh gallery harga andromax-c akan naik menjadi 715k, dan akan tersedia andromax warna putih.
    buat yang berniat mau beli, mending langsung ke gallerinya, jika stock kosong coba pesan sama CSnya dengan meninggalkan nomor hp. karna harga di pinggiran kisaran 800an. jadi mending di gallerinya.

  60. asty says:

    mau nambahin…
    Saya tergolong “pengincar” andro-C…
    skarang saya pengguna Andro-I

    alasan ngincer simpel… dual-sim smartfren-gsm …. dan murah
    andro-I saya udah mati suri soalnya

    ando-C di gallery smartfren udah ada….
    TAPI gk dijual sendirian… dia cuma dijual bundling sm modem smartfren nya… kena diskon 50ribu

    harga pokok andro-C naek jadi 715 ribu…. plus harga modem 200 ribu… kena diskon 50 ribu..
    jadinya harga bundling ituh 865 ribu

  61. atmo says:

    Saya baru dapet andromax-c , beli sebelum lebaran di dinomarket dgn harga 650 rb. Gak tau kalau sekarang masih segitu nggak kalau di smartfrennya harga 715 rb. Saya coba setting lokasi penyimpanan foto kok gak bisa diubah ya? Menunya sudah ketemu memang agak tertutup message utk memakai SD Card.

  62. Herry SW says:

    Pak Khairun Singarimbun,

    Ya, boleh dibilang begitu. Sebelumnya mustahil dapat ponsel Android dual on GSM-CDMA di kisaran harga tersebut. Btw, harga pasar Andromax C sejak menjelang Lebaran naik tajam melebihi harga resmi. Harga resminya sendiri kini naik menjadi Rp 715 ribu. Tampaknya akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

    Pengisian pulsa Rp 50 ribu akan mendapatkan masa aktif 75 hari dan masa tenggang 30 hari.

  63. Herry SW says:

    Pak Dennis,

    Sepertinya akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, harga resmi sebagian ponsel Andromax memang naik.
    * Andromax C dari Rp 649 ribu menjadi Rp 715 ribu.
    * Andromax V dari Rp 2,3 juta menjadi Rp 2,53 juta.

  64. Herry SW says:

    Pak Atmo,

    Kartu microSD-nya apakah sudah sukses terbaca? Kalau sudah, mestinya bisa diubah. Silakan dicoba lagi.

  65. nakato says:

    Pak,aplikasi navigation saya ke hapus.cara instal lagi gimana ya?

  66. Herry SW says:

    Pak Nakato,

    Lho, Navigation bisa dihapus ya? Saya tak pernah coba menghapusnya.

    Ehmm… cari di Play Store apakah ada? Kalau tak ada, melakukan factory data reset seharusnya akan membuat ponsel memunculkan seluruh aplikasi bawaan.

  67. Dennis says:

    Bu Asty,
    itu gallery di daerah mana yang ready stock?
    Saya malah pengen andomax-i karna alasan camera yang sudah 5MP dan android jelly bean.

    Pak herry sw,
    Betul pak, itu salah satu alasannya kenapa tambah naik. kemarin CSnya juga bilang begitu. Tapi harga andromax-i kelihatannya kok tetap ya?

  68. Herry SW says:

    Pak Dennis,

    Dugaan saya begini:
    * Stok lama Andromax-i masih tersedia. Karena itu, Smartfren masih bisa menjual dengan harga lama.
    * Andromax C dan Andromax V kan laku keras. Dengan demikian, Smartfren harus kulakan lagi dari luar negeri. Nah, karena nilai tukar rupiah sedang melemah terhadap dolar AS, akhirnya harga harus disesuaikan. Harga kulakannya dalam dolar AS sih sebenarnya tidak berubah. Tetapi, begitu dikonversi ke rupiah, ada kenaikan yang lumayan.

  69. iponk says:

    pak herry

    tlg dong mint bantuanx cara agar gsm bs d pkek default ($ms,tlpon or internet)di andromax c… klo ad linkx tolong d posting matur suwun

  70. FAJARINA says:

    pak herry di semarang toko resmi smartfren andromax C d mana kalo bole taooo

  71. Herry SW says:

    Pak Iponk,

    Andromax C memakai nomor CDMA sebagai default number untuk berbagai aktivitas (telepon, SMS, dan internet). Saat hendak mengirimkan SMS maupun menelepon, di layar muncul pilihan untuk memakai nomor GSM kok. Sedangkan khusus buat internet, memang wajib pakai nomor CDMA. Tak bisa pakai nomor GSM.

  72. Herry SW says:

    Bu Fajarina,

    Ya di Galeri Smartfren. Namun, saat ini mustahil mendapatkan Andromax C dengan harga normal dan tanpa syarat tambahan.

  73. fajar says:

    ketika koneksi data saya aktifkan, charging baterai saya sehari bisa sampai 3-4x. apakah itu normal ?

  74. Herry SW says:

    Pak Fajar,

    Saat data diaktifkan, Andromax C-nya Anda gunakan untuk apa saja? Bila Wi-Fi tethering, hal itu tergolong wajar. Bila sekadar untuk bermedia sosial, menurut saya, kurang wajar.

  75. randi says:

    Pak Herry
    saya baru beli andromax c tapi kenapa koneksi data gak bisa diktifkan

    Mohon bantuannya?

  76. Herry SW says:

    Pak Randi,

    Pastikan nomor Smartfren bawaan sudah diregistrasikan. Kemudian, untuk menikmati paket data bonus, lakukan pengisian pulsa dulu.

  77. waduuuh. kata siapa mustahil internetan make gsm!!!. kreatif dikit lah gan. si agan ini ga kreatif bgt. buktinya andromax C ane bisa internetan make gsm.

  78. Herry SW says:

    Pak Fachri Salman Nauval,

    Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini. Harap juga tidak banyak memakai tanda seru.

    Secara standar pengguna Andromax C tidak bisa berinternet memakai nomor GSM. Kalau Anda berhasil menemukan caranya, silakan membagikannya kepada pembaca blog ini.

    Terima kasih.

  79. user andromax c says:

    saya sudah menggunakan andromax c sekitar 2 bulan, dan hasilnya sangat memuaskan, dan setuju dengan fachri, gsm sudah bisa di gunakan untuk internet. jadi kata-kata “Mustahil” harap di hilangkan. karena anggapan tersebut hanya dimiliki oleh pengguna smartphone yg tidak “smart”.
    untuk caranya, saya enggan membagikan di blog yg “Mengejek” ponsel tersebut..

  80. Ujang Jhoni says:

    Buat yang nulis, tolong belajar lagi yang rajin soal ponsel ya..
    anda hanya melihat dengan mata tertutup..
    tapi tidak dengan mendengar dan menyentuh nya..

  81. Jan F says:

    Blog ini khusus membahas review secara basic usage, jadi tidak membahas device yg sudah dioprek. Mohon hargai penulis. Jika anda merasa lebih “pandai” dari penulis sebaiknya tidak merusak blog ini dansilahkan membuat blog sendiri ttg cara mengoprek.

  82. masliliks says:

    bah, namanya juga review out of the box. kalo sudah oprek sana sini ya enggak out of the box dong.
    tenang pak HSW, we lop ur riview full lah hehehe.

  83. yanuar says:

    pak hsw, kalo menurut saya tetep review based on basic phone experience, karena kalo bahas bisa internet an pakai gsm nya, tapi gak mau share cara/tutorialnya, itu namanya juga egois, kalo share dimari, nanti di”tiru” pembaca, kemudian device bermasalah, dan klaim garansi gak berlaku, malah pak hsw jadi “tersangka”nya… mending tetep aja, based on OUT OF THE BOX aja…
    ditunggu review2 berikutnya pak
    buat para pembaca, semoga bisa memahami tujuan blog ini dibuat, supaya user awam (yang tidak biasa oprek gadget) tidak salah milih gadget…

    salam super dari saya :)

  84. user andromax c says:

    tapi kata-kata “Mustahil” itu lho yg gk ngenakin, menurut saya lebih baik jika menggunakan kata-kata “saat ini tidak bisa” atau yg lainnya,,
    untuk apa di share di tempat yang tidak mendukung hp tersebut. dan sampai saat ini saya menggunakan andromax c dengan internet gsm tidak ada kendala sama sekali.. jadi tidak perlu klaim garansi..

  85. kaka says:

    Setahu saya blog pak herry ini memang berisi review-review gadget standar OUT OF THE BOX, jadi malah tidak tepat bila ditambahkan custom-custom oprekan. Pesan saya untuk Pak Fachri Nauval yang terlalu pintar dan keren, sayang bila kreatifitas anda tidak dibagikan kepada yang lain, minimal tuangkan di blog anda sendiri yang kelihatan tidak terurus.

  86. Sanjaya says:

    seandainya nih ya, seandainya…

    seandainya pak Herry nulis “mustahil untuk menjadi kartu cdma-cdma, karena slot kedua hanya bisa dipake kartu gsm”

    terus (seandainya) saya kan super kreatif, saya bongkar hardware nya, kalo perlu saya beli pabriknya, terus saya ganti jadi cdma-cdma.

    abis itu saya kasih komentar ke pak Herry, “nih, pak, gak mustahil bisa jadi cdma-cdma”

    hehehe… seandainya…

    lalu ulangi lagi paragraf di atas, kata-kata “mustahil menjadi cdma-cdma” diganti menjadi “mustahil andromax ini bisa ditambah ram-nya jadi 1gb” , lalu saya beli pabriknya lagi … dan seterusnya…

    gak ada yang mustahil sih, tapi ya … gimana ya… :-D

    buat pak Herry, anggap aja ini ujian buat naik tingkat, yang akan membuat review-review pak Herry di masa mendatang jauh lebih baik, aaamiiin!

  87. terima kasih atas reviewnya yg mudah di cerna bagi pengguna awam pak hsw, bagi yg sudah pintar disini pak hsw hanya mereview acang yg out of the box dalam kondisi standard pabrikan jadi kemampuan acang setelah dioprek tidak dibahas

  88. Sanjaya says:

    mau ralat dikit :

    mungkin gak ada yang mustahil di dunia android sih, tapi ya … gimana ya :-D cara ber-komentar nya kurang sopan.

  89. aluvimoto says:

    ah siapa bilang
    justru faktanya kalau ada yang lebih murah dengan spek mumpuni kenapa harus beli yang mahal :mrgreen:

    overall mantab kok, pake yang murah2 beginian malah lebih berani buat ngotak ngatik androidnya. sekarang malahan saya lagi belajar porting dari rom lain, padahal ga ada background IT/developer :mrgreen:

    internet GSM? BISA! :lol:, biarpun stuck di gprs tapi lumayan daripada ga bisa sama sekali. Mau internet pake 3.5G atau LTE, BISA juga. tapi dengan nambah duit puluhan lembar uang Soekarno :lol:

    http://aluvimoto.wordpress.com/2013/07/10/review-andromax-c-murmerjib-gan-2/

  90. user-phone says:

    emang dgn harga yg segini pengen performa yg kek gimana?? yg sekelas htc one atau xperia z

    wajar aja kaleeeeee ama harganya, malahan lbh memuaskan

  91. rizrr13 says:

    judulnya bikin gak enak banget,, dengan harga murah emang pngen dapet performa , desain bagus n material” bagus mah bkin pabrik hape aja sendiri, dengan harga murah dapet spec yg ada diandromax-c sudah bagus, material plastik y wajar lah harganya aja murah, emang ada 650 materialnya dibalut emas? emang ada hp android 650-800an dengan kamera 5mp keatas?

  92. Herry SW says:

    Pak User-Phone dan Pak Rizzrr13,

    Silakan membaca judul naskah review tersebut, lalu beralih ke dua paragraf terakhir.

    Kalimat “Harga Tak Sesuai Performa” di naskah itu bukan bermakna “Andromax C jelek”, melainkan “Andromax C layak dibeli dan dengan harga segitu (Rp 649 ribu), ia sebenarnya tergolong terlalu murah. Ia pantas dijual lebih mahal”.

    Terima kasih.

  93. Fajar MP says:

    Pak User-Phone dan Pak Rizzrr13,

    makanya kalau baca itu jangan judulnya saja
    dibaca dari atas ke bawah sampai habis

    untuk pak HSW, reviewnya bagus.. teruskan dengan review-review kreatif yg lain.

  94. RC says:

    Review yang sangat fair, Oom HSW.

    Out of the box apa adanya, sehingga membantu orang awam yang ingin membeli dengan keterbatasan budget..

    Untuk yang komen galau, biarkan saja. Tong kosong bunyinya memang cetar membahana….

    buat Fachri Salman Nauval; jgn hanya buktikan, jelaskan secara konsep dan prosesnya bagaimana akhirnya bisa berjalan juga dgn GSM.. or else STFU

  95. al fatah says:

    Hahahaha….pak HSW , santai aja … Jangan di biarkan panas oleh kata2 orang yang gak berpendidikan . Baru x ini saya liat orang di kasih nama sama ortu nya “user phone”,mungkin ortunya maniak gadget x ya….sampai2 anaknya di kasih nama kayak gitu…hahahaha….tapi review nya om HSW mantap kok…tepat dan pas…
    Gan rizrr13 , ente tamatan dari SLB mana ya,baru x ini baca review ya…pantesan,heboh banget sikap ente.
    Pizz ya bro

  96. windi says:

    pak saya juga berencana mau beli andro c .. nah saya mau nanya dengan spek yg sperti itu apa bisa menginstall smua aplikasi chat kayak line, we chat, path, kakao talk, dll trs app photograph kyk instagram dll ~ kira-kira akan lag atau freeze screenkah? terima kasih

  97. Herry SW says:

    Pak/Bu Windi,

    Wah, saya nggak pernah mencoba semua aplikasi itu diinstalasikan dan dipakai sekaligus. Dugaan saya, jangankan di Andromax C, di Andromax tipe lebih tinggi pun mungkin akan terasa agak lemot. Lebih aman kalau Anda mencari yang RAM-nya 2 GB.

  98. danang says:

    pak, kok batrenya boros banget ya ?
    tolong kasih tau cara perawatan batrenya pak !
    makasih

  99. *janganpanggilpak* om herry , kalo nimbang harga Semar C sama G young saikan manaa ?
    bandrolan segitu cukup buat instal lebih 10 software standart ga ?? makasih , regards

  100. yogie says:

    dapet memory card ga? apa emang kosong melompong. buat line, wap, bisa make nomer gsm ga?

  101. Herry SW says:

    Pak Danang,

    Boros banget itu habis dalam berapa jam dan digunakan untuk apa saja ya?

    Mematikan bluetooth, Wi-Fi, dan GPS saat tidak dipakai dapat membantu menghemat baterai. Pengaturan tingkat pencahayaan dan durasi layar juga dapat diatur ke posisi minimal.

  102. Herry SW says:

    Pak Yogie,

    Paket penjualan tidak termasuk kartu memori.

    Normalnya nomor GSM tak bisa dipakai berinternet. Namun, sudah ada yang berhasil memodifikasinya supaya nomor GSM bisa dipakai berinternet. Internetan via GSM hanya GPRS/EDGE dan garansi otomatis hangus ya, Pak.

  103. Herry SW says:

    Mas Ikhsan,

    G Young itu Galaxy Young kan? Yang dimaksud Galaxy Young alias Galaxy Y generasi pertama atau yang barusan muncul di pasar?

    Kalau dibandingkan Galaxy Young lama, saya lebih memilih Andromax C. Bila dibandingkan Galaxy Young baru baru beredar, saya tak tahu karena belum pernah mencobanya.

    Sepuluh aplikasi sih masih mampu.

  104. zake says:

    pak herry andromax c ini bisa fasih membuka path instagram facebook twitter dan aplikasi game yg berat seperti minion rush temple run dll tidak? saya pengguna galaxy young pertama dan saya menyesal (untungnya kado di beliin) dan galaxy young tidak bisa mengunduh banyak aplikasi dan path pun gbs..sedangkan saya ingin menggunakan path. trmksh

  105. Herry SW says:

    Pak Zake,

    Wah… ada Minion Rush-nya segala. Saran saya, dengan kebutuhan seperti itu, jangan ambil Andromax C deh. Bisanya sih bisa, tetapi amat mungkin akan tidak nyaman.

  106. Hawe says:

    Terimakasih reviewnya pak, saya rasa rekan-rekan juga harus menghargai pak Herry mereview HP ini, bagaimanapun juga info-info tersebut akan berharga bagi rekan-rekan yang akan membeli HP ini.

    Saya sempat sebulan memakai HP ini, dan karena saya rasa cukup enak meskipun lemah di kamera dan batre agak boros karena kecil maka saya memutuskan untuk ganti Andromax U dual core. Untuk pemakaian tidak ada bedanya hanya layar lebih besar dan kamera labih bagus.
    Namun setelah ganti U baru terasa bahwa sebenarnya C lebih praktis dan lebih mudah dibawa, masuk kantong celana juga ngga ribet, selain itu apabila kebentur-bentur juga ngga terlalu sayang karena harganya murah.

    Setuju dengan pak Herry, andro C memang harga lebih murah dibanding speknya.

  107. bagus w says:

    om gimana sih setting wifi kok wifi rumah gak dapet yah ?

  108. Herry SW says:

    Pak Bagus,

    Apakah maksudnya sinyal Wi-Fi di rumah tidak terdeteksi?
    * Pastikan Wi-Fi di Andromax C telah aktif.
    * Pastikan Wi-Fi di rumah aktif dan dalam mode discoverable alias bisa dideteksi oleh peranti lain.

  109. Nurhalim says:

    slm hormat n salam kenal mas herry

    mas minta tolong tutorialnya untuk koneksi andromax c ke PC
    untuk jadi modem.
    saya sudah coba berkali2x
    1.install software yang ada di sambungan data dalam hp
    2.centang penambatan usb tethering

    tidak berhasil.klo pun berhasil hanya data yg masuk dan diterima
    maksimal hanya 40kb

  110. inggrid says:

    Pak Herry saya mau tanya, saya juga pengguna Andromax C, saya masih bingung kenapa sinyal CDMA nya tdk terdeteksi atau sering hilang sinyal. tidak bisa dipakai sms atau telfon. “mobile network not available”, sedangkan jaringan GSM nya bagus. apakah ada masalah pada Sim Card nya atau justru pada jaringannya? ini Sim Card yg sudah satu paket ketika saya beli hp ini. saya bingung knp gada sinyal, karena teman saya yg pengguna andromax C jg, dapat sinyal sedangkan saya tidak. mohon bantuannya Pak. trims.

  111. On X Off says:

    Pake Anycut.apk internet pake gsm bisa tapi juga banyak resiko

  112. Herry SW says:

    Pak Nurhalim,

    Maaf, baru siang ini saya bisa merespons pertanyaan masuk karena sempat tumbang akibat demam hingga 39,5 derajat Celcius.

    Kebetulan yang pernah saya lakukan adalah berbagai koneksi internet dari Andormax C via Wi-Fi tethering.

    Kalau membaca pertanyaan Anda, tampaknya Anda ingin berbagi koneksi internet memakai kabel data ya, Pak? Saya tak pernah mencobanya. Intinya, hubungkan ponsel dengan PC memakai kabel data, lalu centang USB tethering. Sepintas saya baca, langkah-langkah yang Anda lakukan sudah benar. Buktinya, bisa dapat 40 kbps. Kok lambat? Ya berarti performa layanan internet Smartfren di tempat Anda sedang buruk.

  113. Herry SW says:

    Bu Inggrid,

    Teman Anda yang memakai Andromax C itu apakah berada di lokasi dan waktu yang sama dengan Anda? Kalau iya, cobalah bertukar kartu dengan teman Anda tersebut.

    Bila Andromax C Anda tetap sering kehilangan sinyal, berarti ponsel Anda tidak berfungsi sempurna. Silakan membawanya ke Galeri Smartfren untuk dicek.

    Sebaliknya, kalau Andromax C teman yang dipadukan dengan kartu Anda kini menjadi sering kehilangan sinyal, pangkal masalah berarti ada di kartu. Bawalah kartu itu ke Galeri Smartfren dan minta ditukar dengan kartu RUIM baru. Nomor tidak berubah, hanya fisik kartunya yang diganti baru.

  114. herunata says:

    Sekedar info, untuk di Bekasi harga Andromax C Jelly Bean 820k (Bekasi Cyber Park) mungkin bisa ditawar :)

  115. becom says:

    Min sy mau tanya klw touchscreen smartfren anromax v agar cpt responsifnya bagaimana ? terimkasih

  116. raisa says:

    om…
    Andromax C saya kok keypadx sering jalan2 sendiri yaaah???
    udah d service tapi tetep aja gitu

  117. fajar says:

    Pak herry.
    Klo btrenya.diganti yg kpsitasny biar.awet bsa g.
    Gmn solusiny.dan klo ada hrga.btreny ksaran brp.
    Thank.s.

  118. Herry SW says:

    Pak Becom,

    Kecepatan respons layar sentuh suatu ponsel setahu saya tak bisa ditingkatkan. Saat ini layar Andromax V Anda sering tidak merespons atau bagaimana tho?

  119. Herry SW says:

    Bu Raisa,

    Andromax C kan tidak mempunyai keypad? Jadi, apa nih yang jalan-jalan sendiri?

    Apakah maksudnya layar sentuhnya seolah disentuh, padahal sebenarnya sedang tidak disentuh? Kalau iya dan ponsel itu Anda lapisi dengan screen protector, coba screen protector-nya dilepas dulu.

  120. Herry SW says:

    Pak Fajar,

    Saya belum pernah melihat ada penjual baterai Andromax C. Kalau ada yang menjual baterai berkapasitas lebih tinggi dan ukurannya cocok, mestinya bisa dipakai.

  121. vijee says:

    thanks yaa om atas riviewnya …
    tapi hapenya cepet panas kalau di pake internetan …
    sangat tidak disarankan untuk download line, wechat, kakao talk dan whatssapp seluruhnya di hape ini karena akan lag #pengalaman pribadi.
    harga di gallery smart fren itu 715rb, untuk harga sarung pelindung + screen guard itu 35rb #satu paket tersedia warna abu-abu dan hitam. saya pake abu-abu sih, yang hitam belum pernah liat.
    terakhir sewaktu saya belikan adik saya andromax c, O.Snya udah Jelly Bean kok … di Denpasar yang hitam itu langka …. kebanyakan adanya yang putih …

  122. Herry SW says:

    Pak Vijee,

    Berarti sesuai dugaan saya. Kalau dihajar Line, WeChat, Kakao Talk, WhatsApp, dan aneka messenger lain, bakal lemot.

    Harga paket sarung pelindung dan screen guard yang Rp 35 ribu itu di mana, Pak? Di Galeri Smartfren?

  123. qduy says:

    Da bisa ko unlock cdma nya, gsm nya juga dah bisa internet koq

  124. Herry SW says:

    Pak Qduy,

    Terima kasih atas informasinya.

  125. fadhil says:

    SAYA PAKAI SMARTFREN ANDROMEX C LANGSUNG BUKA INTERNET BISA TANPA MENGISI PULSA 50RIBU… OS’A JUGA SUDAH JELLY BEAN… CUMA SAYA BELI TERLALU MAHAL 870RB. HUHUHUHU..

  126. songep says:

    andromax c emng keren pak.murah tp spesifikasunya joz.tdak ada android yg murah dn spesifikasi hebat kya andromax c ini.
    saya beli dngan harga 699.000 dr semarang.tp udah 3blann.

    pak heri.kalo andromax c cepet panas apkah tidak cpat merusak cpu nya ya?dlu sya pernh pake S.G.P cpunya cpet ganti gra” hpnya cpet panas.

    gsmnya apkah bisa dipake internet ya pak?klo bisa caranya gimana?

  127. Ferry says:

    HP Andromax C saya nggak bisa buat SMS kira2 kenapa ya Pak. Apakah bisa ganti SMS Center?

  128. Herry SW says:

    Pak Songep,

    Saya tak berani memastikan apakah kondisi yang cepat panas akan merusak CPU.

    Normalnya GSM di Andromax C tidak bisa dipakai berinternet. Namun, sudah ada tukang oprek yang berhasil membuat nomor GSM di Andromax C dapat digunakan berinternet. Di bagian atas thread ini ada beberapa pengguna yang sudah melakukan hal itu. Rekan-rekan, silakan membagikan informasi kepada Pak Songep.

  129. Herry SW says:

    Pak Ferry,

    Saya sudah tidak memakai Andromax C dan kebetulan sudah lupa SMS center di ponsel itu bisa diganti atau tidak. Seingat saya sih sudah diatur otomatis dan tak bisa diganti.

    Rekan-rekan pengguna Andromax C yang memantau thread ini mungkin dapat memberikan informasi lebih detail.

  130. poespo says:

    koko hsw saya minta pencerahanyya.. andromax c saya sering bunyi teruss kkaya suara deringan tlp jman dulu, buat nyetel musik juga masih ad itu suara, musti d mti’i dulu baru suara hilang, tp sering kambuh.. kenapa ni ponsel ko?..

  131. Herry SW says:

    Pak/Ibu Poespo,

    Ini maksudnya ada bunyi kriiiinggg… terus begitu? Silakan membawanya ke Galeri Smartfren terdekat untuk dicek. Amat mungkin ponsel harus ditinggal.

  132. poespo says:

    tepat ko.. bgtu lh bunyinya, baik klo nanti pas bunyi lagi langsung saya bawa ke galeri, trimakasih,

  133. charlie says:

    hanya mengabarkan jaringannya udah bagus dimana mana saya dapat sinyal evdo .mulai dari pelosok pasuruan sampe plosok madiun koneksi lancar aman terkendali saya beli andromax c 800 rb . baru 1bln ..terimakasih …cerio…

  134. Herry SW says:

    Pak/Bu Poespo,

    Baik. Semoga mendapatkan solusi terbaik.

  135. Doni says:

    sinyal CDMA kuat gak di Nganjuk, Jawa Timur????

  136. dardian says:

    klo mao unlock ini itu dan 3G on GSM di rooting aja..(jadi super user bukan cuma “guest” kyk standard nya)

  137. zainal says:

    saya ada stok, 700rb. COD Sidoarjo.

  138. Herry SW says:

    Pak Zainal,

    Maaf, dilarang keras berjualan di blog Ponselmu.com.

  139. rangga says:

    Lumayan oke menurut saya smartfren c di bandingkan dg yg lain dalam kisaran harga yg sepadan. Beberapa waktu lalu saya beli smartfren di lampung..dari sana sampai jawa beberapa fitur telH saya coba. Mulai sms telp samapi gps saat di kapal. Semua berjalan lancar dan oke. Mulai dari;
    1. Kecepatan wifi
    2. Cdma dan gsm nya bisa di pake.secara bersamaan. Baik telp maupun sms.
    3. Gsm bisa di pake untuk internet dg syarat mau menggunakan jaringan gprs saja.

    Adapun untuk internet via gsm, jika di daerH yg koneksi jaringan smartnya bagus menurut saya mending pake smartfrenn aja. Mengingat kecepatannya. Uda evdo a.

    Inti dari pada hp smart ini menurut saya, vendor lebih mengutamakan isi daripada muka. Masalah muka memang kurang oke. Tapi isi luar biasa dilihat dari perbandingan harga.

  140. pazti mache says:

    klo di bali harga andromax c 699 plus bonus pulsa 50(paket smart plen).enaknya lagi uda siap antar gartis.
    Smartfrend (y)

  141. Herry SW says:

    Pak Rangga,

    Terima kasih atas sharing-nya. Lebih baik isi bagus muka biasa saja daripada muka bagus, tetapi isi berantakan ya, Pak.

  142. Herry SW says:

    Pak Pazti Mache,

    Wah, murah tuh kalau dapat harga segitu plus bonus pulsa.

  143. Yudi says:

    Om Herry,

    Saya baru beli Andromax C sekitar 1 bulan dan saya mengakui ponsel ini cukup bagus u/ internetan dgn no 0888- dan saya juga mau bertanya apakah kamera ponsel ini ada lampu blizt nya, karena kalau dalam ruangan kurang tajam hasil jepretannya, tks.

  144. Herry SW says:

    Pak Yudi,

    Kamera Andromax C tidak dilengkapi dengan lampu kilat alias blitz.

  145. amar says:

    Andromax-c cukup bagus dengan harga terjangkau . . Tapi di lampung oktober 2013 harga 1jt . . Itupun laris manis . .saya pakai sudah satu bulan. .merasakan puas. ..
    Bagi anda yang mau beli saya sarankan beli juga power bank

  146. bayu says:

    ane udah pake max c 1 bln. di instal line. wa. kakao. wechat. instagram lancar jaya ta ada kendala. cuma kalo lagi maen game real racing3 sering mental sndiri. kalo masalah batre buat maen game emg cpet bgt habis tp kalo hpnya udah ga panas, batre bs nambah sndiri
    #sekedar share

  147. Mega Angkasa says:

    Thanks infonya untuk pak Herry :D

    Emang agak susah cari review Out Of The Box. Kebanyakan review sifatnya “sponsor” :D Yang dibutuhkan orang awam kaya sy ini kan review yang “Apa adanya” bukan riview yg “Ada apa-apanya” He he he…

    Memang saya bisa maklum soal performa & kualitas yg sebanding dengan harga, sy juga punya rencana pake HH tersebut, tp kan saya cari review2nya dulu, biar gak merasa terlalu menyesal, klo udah gini kan setidakynya sy tau kelebihan dan kelemahan HH tersebut.

    Klo memang harus membeli HH tersebut setidaknya saya harus siap menerima kelebihan dan kekurangan nya… :D

    Sy juga pernah baca di artikel sebelah katanya Andromax C udah bisa unluck. He he he… :D #peace

    Kami tunggu review yg lainnya Pak Herry… :D

  148. fery says:

    pak harry, katanya koneksi internet smartfren sdg “i love slow” apakah itu akan menjadi kendala pada kinerja smartfren andromax c?

    trimakasih atas pencerahnnya, maaf saya tanya karena sy tertarik ingin membelinya

  149. Herry SW says:

    Pak Bayu,

    Lho, Andromax C-nya tidak lemot dihajar aplikasi chatting sebanyak itu, Pak?

    Game Real Racing 3 memang berat. Wajar kalau Andromax C tak mampu melayaninya. :)

  150. Herry SW says:

    Pak Mega Angkasa,

    Terima kasih atas komentarnya. Iya, Andromax C sudah bisa di-unlock.

  151. Herry SW says:

    Pak Fery,

    Ya, ketika performa layanan internet Smartfren sedang “I Love Slow”, hal itu tentu berdampak terhadap kenyamanan memakai Andromax C.

  152. wahyu says:

    broo gimana caranya buat gsm supaya bisa internet?

  153. Mawas says:

    Apakah bisa andromax C ICS diupgrade menjadi Jellybean?

  154. Dennis says:

    satu bulsn yang lalu 31 september akhirnya saya dapatkan AMC di gallery smartfren di bali dengan harga 715k.
    tapi anehnya sebulan lagi adik saya beli di daerah sby kok AMCnya sudah jelly bean y??? harga 800k. Nyesel dah… sudah saya coba cek pembaruan tapi masih belum tersedia.
    apakah ada solusi utk membarui agar menjadi jelly bean???

    lagi, kenapa ya kalo pake ‘Go Sms’ tidak bisa buat kirim pesan dan berpengaruh pada pengirim pesan bawaannya? padahal awal download masih bisa di pake kirim sms.

  155. dyan says:

    Mohon dbantu gan andromax c sya yg sudah versi jlly bean knpa tidak bsa mndownload bbm android gan?!

  156. Herry SW says:

    Pak Wahyu,

    Standarnya nomor GSM di Andromax C tidak bisa dipakai berinternet. Namun, kalau membaca thread ini, tampaknya sudah ada yang berhasil melakukan modifikasi software. Rekan-rekan yang bisa dan bersedia berbagi, tolong bantu Pak Wahyu ya.

  157. Herry SW says:

    Pak/Bu Mawas,

    Saya sudah tidak menggunakan Andromax C. Coba langsung dicek via menu update software. Bila memang ada update ke Jelly Bean, di situ akan muncul notifikasi.

  158. Herry SW says:

    Pak Dennis,

    Wah, Andromax C sudah ada yang Jelly Bean ya? Baru tahu nih.

    Untuk unit Andromax C Bapak, coba mampir ke Galeri Smartfren dan bilang mau update ke Jelly Bean. Siapa tahu bisa.

    Saya tak pernah memakai Go SMS di Andromax C sehingga tak bisa menganalisa kira-kira penyebabnya apa.

  159. Herry SW says:

    Pak Dyan,

    Mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini. Pemakaian tanda seru sedapat mungkin juga dihindarkan karena terkesan memerintah.

    Boleh tahu pesan error yang muncul saat coba mengunduh BBM apa?

  160. Msuhermanto says:

    Andromax c gk bs dipake bbm

  161. sony says:

    siang pak hery..
    saya pengguna andro c..,pingin instal bbm koq gk bisa ya..keterangannya not support..,klo buka langsung dari playstore malah keyword bbm dari bb limited gak nemu..,harus buka dari browser
    tapi ya itu tadi not support…,mohon pencerahannya step by step..thanks..

  162. Herry SW says:

    Pak Msuhermanto,

    Coba pakai jurus suntik file APK BBM, bukan mengunduh langsung dari Play Store. Silakan membuka browser ponsel itu, lalu arahkan ke goo.gl/Fd5ThI. Semoga sukses.

  163. Herry SW says:

    Pak Sony,

    Coba pakai jurus suntik file APK BBM, bukan mengunduh langsung dari Play Store. Silakan membuka browser ponsel itu, lalu arahkan ke goo.gl/Fd5ThI. Semoga sukses.

  164. oky says:

    pak mau nanya nih knp lo sms pke cdma di andromax c pemberitahuannya bny bgt pdhl cm ngirim 1x aj,apa ada yg slh?

  165. Herry SW says:

    Pak Oky,

    Yang dimaksud pemberitahuan apa ya?

  166. denyharuan says:

    saya beli akhir oktober harga gerai smart fren di banjarmasin rp.715rb..OS sudah jelly bean n BBM mantab..spek mumpuni untuk dengan harga yg ada :)

  167. bow says:

    sy dah make 4 bln pke amc saya ckup puas cm btre yg bkin bt,dwnload bbm dah bisa

  168. winda says:

    salamPak Hery…
    Andromax C saya kenapa ketika diisi ulang pulsa…akses internet otomatis berjalan dan pulsa berkurang pdhl sy tidak berlangganan akses intrnet. . .terima kasih

  169. Herry SW says:

    Bu Winda,

    Justru karena Anda tidak berlangganan paket internet, maka pulsa Anda otomatis berkurang. Ponsel Android standarnya akan selalu online. Untuk online perlu akses data. Bila Anda tidak berlangganan paket data, Anda akan dikenakan tarif ritel dan itu berarti pulsa Anda berkurang.

    Kalau Anda memang tidak membutuhkan akses internet, matikan akses data di ponsel Anda.

  170. fery says:

    ane beli bang bonus lgs ada tapi cuma 1hari doang pas besoknya kagak bisa conekt2 pas beli paket bisa konect.
    sama kenapa ea batre punya ane baru 2-3 jam udah abis aja malah klo di dieumin batre’a berkurang jg kenapa ea kira2??mohon di jawab

  171. tree says:

    pk herry andromax c punya saya kadang2 suka tiba2 mati sendiri…. trs klo lg muter mp3 equalizer nya itu jg suka of sendiri dan jg tambahan dr batre full ketika pemakaian untk internetan cuman bertahan 3 jam..

  172. Efry says:

    Pak heri ko andromax c saya batrenya cepat panas and ngedrop kenapa ya tolong penjelasannya

  173. Herry SW says:

    Pak Fery,

    Bonus paket data seharusnya selama 30 hari. Sudah coba menanyakannya ke call center atau Galeri Smartfren?

    Kondisi optimal baterai baru tercapai setelah dipakai dan di-charge 3-4 kali. Nah, Andromax C itu kan baru Anda beli. Performa baterai biasanya belum optimal. Silakan coba dipakai dulu. Kalau Anda merasa ada yang tidak normal, lakukan klaim ke Galeri Smartfren sebelum 14 hari terhitung sejak tanggal pembelian.

  174. Herry SW says:

    Pak/Bu Tree,

    Saran saya, silakan langsung membawanya ke Galeri Smartfren untuk dilakukan pengecekan. Keluhan Anda yang pertama menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan ponsel Anda.

  175. Herry SW says:

    Pak Efry,

    Baterainya cepat panas atau hangat? Ngedrop yang Anda maksud baterai habis dalam berapa jam?

    Bila kondisi yang Anda maksud adalah baterai panas, bukan sekadar hangat, dan daya baterai cepat sekali habis (sebut saja hanya bertahan 1-2 jam), lebih baik Anda segera membawanya ke Galeri Smartfren.

  176. enji says:

    Yth bp Herry SW

    saya mendownload game dari play store, tetapi setelah beberapa kali permainan. saat ini ketika hendak dimainkan proses loading kembali layar hitam menjadi stop dan kembali ke halaman mula. kenapa ya pak. terima kasih sebelumnya.

  177. Herry SW says:

    Pak/Bu Enji,

    Kemungkinan game tersebut tidak sepenuhnya kompatibel dengan ponsel Anda. Kemungkinan lain, game itu relatif terlalu berat buat ponsel Anda.

  178. Bagoes P says:

    Mohon bantuan,…
    Mohon informasi dan solusi nya :
    saya pengguna Andromax C yg puas dgn kinerja dan fitur
    fiturnya, problemmnya wifi andromax saya tidak menangkap sinyal yg bisa ditangkap gadget lain, untuk posting ini saya gunakan pc dg wifi dongle yg biasa digunakan sehari-hari.. adakah setting tertentu untuk membuat wifi diandromax c saya berfungsi baik.

  179. Herry SW says:

    Pak Bagoes P.,

    Saya perjelas dulu situasinya ya. Anggaplah Anda berada di sebuah tempat yang dilengkapi Wi-Fi hotspot. Andromax C gagal menangkap sinyal Wi-Fi yang dipancarkan, sedangkan acang lain sukses menangkap sinyal Wi-Fi tersebut.

    Benar begitu? Bila benar, silakan membawa ponsel Anda ke Galeri Smartfren terdekat. Kemungkinan terburuk, komponen Wi-Fi di ponsel Anda bermasalah.

  180. Bagoes P says:

    Pak Herry SW yang terrhormat ,benar seperti itulah problem Andromax C yg saya beli dipameran Indocomtech 2013 JHCC Senayan minggu lalu, saya beli 3 unit untuk keluarga, 2 diantaranya dipakai saya dan istri ditempat usaha kami setiap hari disebuah food court yang dilengkapi fasilitas Wi-Fi gratis dari pengelola.
    Anehnya ke 2 handset yg kami pakai memiliki masalah yg sama.
    1 unit lagi digunakan anak saya tapi belum diketahui apakah mempunyai masalah yg sama pada sambungan wifinya atau tidak ?
    Kalau memang harus dibawa ke Galeri Smartfren untuk perbaikan komponen Wi-Fi nya,berapa lama kira-kira waktu yang diperlukan? apakah bisa ditunggu? bisakah saya mendapatkan referensi lokasi galeri Smartfren terdekat mengingat saya tinggal di Perumahan Citra Raya Cikupa Kab,Tangerang ?
    Terima Kasih.

  181. Herry SW says:

    Pak Bagoes,

    Berarti Bapak silakan membawa ponsel tersebut ke Galeri Smartfren terdekat. Saya lebih cenderung menduga masalah ada di hardware, bukan software. Saya yakin barang harus ditinggal dalam jangka waktu yang tak berani saya perkirakan.

    Maaf, saya tak tahu di daerah Bapak lokasi Galeri Smartfren terdekat ada di mana.

  182. oky says:

    itu pak berita terkirimnya bny bgt sampai 10x padahal cuma 1x kirim sms pke yg cdma tp lo pke gsm tdk

  183. Herry SW says:

    Pak Oky,

    Masalah tampaknya di operator CDMA yang Anda gunakan. Sistem menganggap pemberitahuan belum terkirim sehingga diulang lagi.

  184. A. Faisal N.A says:

    Yth Pak Herry…

    Sy br beli Andromax C seminggu y.l, langsung diaktifkan…BBM berjalan normal, begitu jg aplikasi yg laen, bahkan tiap hari sy pake sbg modem.
    Br beberapa hari y.l sy sadar klo ternyata kartu Smartfren statusnya ga aktif…dlm arti ga bs dipake sms/telp/ditelp. Padahal d menu setting Dual RUIM/SIM sy udah ceklist semua baik GSM & CDMAnya. Tp memang yg dibagian CDMA tulisannya blur (tp ada ceklistnya).
    Kenapa tuh Pak Herry or emang kartunya yg bermasalah.

    Thx

  185. rosy says:

    Oom Herry, minta tolong dibuatin reviewnya androtab 8 please.. Uda beli niy, tp kayanya jarang ada yg punya/bikin review. Ditunggu ya Oom.. Thanks a lot:-)

  186. Herry SW says:

    Pak A. Faisal NA,

    He… he… terus terang saya juga bingung kok bisa begitu. Apakah kebetulan dikunci di EvDO only?

    Kalau ternyata tidak dikunci di EvDO only, silakan mengunjungi Galeri Smartfren deh.

  187. Herry SW says:

    Pak/Bu Rosy,

    Ayo kirimkan tabletnya kepada saya. Ntar saya review-kan. Usai dicoba, tablet akan saya kirimkan kembali.

  188. Awal says:

    Om herry.

    Kira2 untuk harga andromax c jellybean di pasaran sekarang ini di gallery smartfren mencapai harga berapa?

    thanks

  189. ali says:

    sya pny mslah sdikit dg hp ini, knp tiba2 sering berbunyi dering semacam peringatan ketika sya pke microsd ukuran 4G hilangnya kl hp dmtikan. trus prnh sya gnti yg 8 G,alhasil bsa hilang bunyinya tp malah microsd ny yg error dan sring mncul pesan microsd terlepas tiba2 gt. kmudian lyar putar otmtis jg sring gk fungsi. apkh ini krna bnyak aplikasi yg trinstal?atau prlu pngturan memori?
    mhon solusi..

  190. Herry SW says:

    Pak Awal,

    Harga Andromax C saat ini Rp 715 ribu.

  191. Herry SW says:

    Pak Ali,

    Masalah di microSD yang Anda alami seharusnya tak berhubungan dengan banyak sedikitnya aplikasi yang terinstalasi. Saya juga menduga kartu microSD-nya tidak bermasalah. Buktinya, Anda sudah memasangkan dua kartu microSD yang berbeda dan ternyata tetap bermasalah, bukan?

    Jadi, amat mungkin yang kurang normal adalah ponselnya. Saran saya, coba lakukan factory data reset. Bila setelah itu kartu microSD yang terpasang masih rutin bertingkah aneh, apa pun bentuknya, silakan membawa ponsel itu ke Galeri Smartfren.

  192. al says:

    Hp saya sama percis seperti pak ali..dimna tertuliskan memorycard dilepas tiba2..solusi saat ini hanya mematikan andro c saya ini pak. Thx

  193. A Faris S says:

    maaf saya mau tanya.,.
    apakah btreinya trmasuk normal pas baru 3-4 jam sudah hbis tp itu saya pke download” trus (msih newbie jd msh pngn oprek” hp).,.
    trus ada mslah jg d BBM-nya yg gk bs gnti DP n krim fto jg apa itu mslah BBM-nya atau ada hbungan sma andro C saya.,.
    info aja kmrn bln november saya bli andro C+screen guard n silicon hrga 715 di plsa marina sby.,.
    terima kasih

  194. khansa azkia says:

    pak, maaf sy mau tanya hp andromax c saya berdering tiba2 tnpa ada masalah apapun dlm hp sy. saya baru mengetahui minggu” ini. saya baru membeli ponsel ni awal november . tlg dibantu ya pak ? trims

  195. Herry SW says:

    Pak A Faris S,

    Dipakai terus untuk mengunduh dan baterai habis dalam 3-4 jam? Hal itu normal.

    Soal gagal ganti DP, silakan mengubah dulu ukuran file foto yang hendak dijadikan DP. Saran saya, diperkecil menjadi maksimal 640 x 480 piksel alias VGA saja. Sedangkan terkait gagal kirim foto, “kambing hitam” pertama adalah layanan operator seluler yang Anda gunakan.

  196. Herry SW says:

    Pak/Bu Khansa Azkia,

    Jadi, tiada hujan tiada angin, Andromax C Anda berdering sendiri seolah ada panggilan telepon masuk?

    Hmm… jangan-jangan ada makhluk halus di sekitarnya yang tertarik kepada Anda. He… he… saya cuma bercanda.

    Kondisi yang Anda alami tidak wajar. Coba lakukan factory data reset. Bila hal itu tidak menuntaskan masalah, terpaksa Anda harus meluangkan waktu untuk membawa ponsel itu ke Galeri Smartfren.

  197. obin says:

    pak, maaf saya mau nanya andromax c ini jika signal pada cdma tidak ada, pada GSM bisa digunakan tidak ?

  198. bondan setiawan says:

    itu bisa paketan gak??? klo bisa tunjukin caranya.
    trimakasih. :)

  199. Herry SW says:

    Pak Obin,

    Supaya GSM-nya bisa digunakan, di selot CDMA harus terpasang kartu RUIM Smartfren. Bagaimana kalau Smartfren-nya kebetulan tak dapat sinyal? Maaf Pak, seingat saya, saya belum pernah mencoba melakukan simulasi kondisi seperti itu.

  200. Herry SW says:

    Pak Bondan Setiawan,

    Yang dimaksud paketan apa ya? *bingung*

  201. ache guevara says:

    mnurut saya smartfren andromax c sudah cukup smart ko,hanya mw tanya saja klo smartfren andromax c bs dijadikan modem ato wifi untuk notebook ga ya…

  202. Herry SW says:

    Pak Ache Guevara,

    Andromax C dapat difungsikan sebagai pemasok koneksi internet untuk laptop.

  203. ricad says:

    numpang komen pak harry..andromax c temen saya bisa buat internetan pake kartu gsm nya..atau sim 2 nya.. caranya pake aplikasi Anycut..

  204. kurniawan says:

    Pak,mau tanya ini.. klo andromax c tanpa memori external ko ga bs buat download gambar ya..

  205. Gilang says:

    waktu saya beli lalu mendownload aplikasi menggunakan wifi dikantor. tapi setelah itu ada gangguan di wifinya dan setelah itu saya “lupakan jaringan wifi”. pas sinyal wifi kantor sudah kembali normal saya nyalakan kembali wifi di andromax tapi tidak terdeteksi, padahal sudah saya pindai dsb , tetap tidak bisa. bagaimana?

  206. rosy says:

    Dikrim ke Surabayaa? Yaa.. tabletnya udah dipakai kerja jualan online nih Om. Saya nunggu Om beli aja dan ditunggu deep reviewnya ya, thank you :)

  207. nurdiansyah says:

    mas hery,, saya baru beli andromax c yg versi jelly ben,,
    qo kartu gsmnya gak bisa dipasang diandromax c, kartu gsm saya tree

  208. Herry SW says:

    Pak Gilang,

    Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

    Router Wi-Fi di kantor coba di-restart dulu. Btw, Andromax C itu bisa mendeteksi sinyal Wi-Fi dari router lain kan?

  209. Herry SW says:

    Pak Kurniawan,

    Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

    Download gambar bagaimana ya? Kalau untuk memotret, sebagian ponsel, termasuk seingat saya Andromax C, memang meminta pengguna menyelipkan kartu micro SD dulu.

  210. Herry SW says:

    Pak Ricad,

    Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

    Terima kasih informasinya. Aplikasi Anycut itu bisa didapatkan di mana, Pak? Bagaimana cara pemakaiannya?

  211. Herry SW says:

    Pak Nurdiansyah,

    Tidak bisanya bagaimana? Apakah Tri-nya tak dapat sinyal? Saat membeli apakah tak sempat dicoba?

  212. Aditya Taufanu says:

    Pak Herry,ditempat saya kerja tidak ada jaringan Smart, yang ada hanya GSM, jadi hanya kartu GSM yang terpakai selama saya on site. Nah, masalahnya, apakahan fungsi internet, BBM, What’s up, dll, tidak bisa dialuhkan ke GSM ? jadi bisa internetan menggunakan GSM, bukan CDMAnya, mohon pencerahannya pak

  213. Herry SW says:

    Pak Aditya Taufanu,

    Apakah Anda sudah terlanjur membeli Andromax C? Kalau belum lebih baik Anda mengurungkan niat membeli ponsel itu. Membaca paparan Anda, saya yakin Andromax C bukan pilihan tepat buat Anda.

    Mengapa?

    Pertama, supaya nomor GSM dapat digunakan, pengguna harus menancapkan kartu RUIM Smartfren di selot CDMA. Tanpa ada nomor CDMA yang terpasang, nomor GSM tak bisa digunakan. Satu hal yang tidak saya ketahui, bisakah nomor GSM-nya dipakai, seandainya terpasang nomor CDMA, tetapi nomor CDMA itu tidak mendapatkan sinyal.

    Kedua, secara standar, nomor GSM di Andromax C tak bisa dipakai berinternet. Beberapa pembaca di thread ini mengaku sudah berhasil memodifikasi supaya ponsel itu dapat digunakan berinternet via nomor GSM. Detailnya mungkin bisa dijelaskan oleh rekan yang telah memberikan testimoni. Idealnya Anda memiliki sedikit bekal kemampuan teknis untuk melakukan modifikasi tersebut.

  214. gaptek says:

    pale lu peyang gsm mustahil buat internet. noh pake andromax tools. hadeh gaptek aja pake ngreview gadget

  215. darno says:

    saya coba
    pakai kartu tree muncul no service, di hp gsm mah ok
    im3 kalau buat sms ke nomor flexi tidak bisa
    pakai kartu as sms ama nelpon ngga ada masalah
    pakai kartu xl sms nih agak lama nyampai
    coba pakai rom cina gsm dapat digunakan walaupun tanpa kartu smartfren
    coba unlock hasilnya sinyal mentok 2 bar saja dan batere cepat drop

  216. Herry SW says:

    Pak Gaptek,

    Maaf, dalam menulis review ponsel, saya merujuk pada kondisi standar pabrikan. Nah, standarnya kan GSM di Andromax C tak bisa dipakai untuk berinternet.

  217. Herry SW says:

    Pak Darno,

    * Dulu saat mencoba Andromax C, kebetulan saya tidak menggunakan kartu Tri. Saya hanya memakai tiga besar operator GSM.

    * Soal SMS yang tidak bisa ke nomor Flexi atau lama sampai, sumber masalahnya biasanya di operator. Entah operator pengirim atau penerima.

    * Terkait pemakaian ROM China, ya… saya mendapatkan testimoni dari beberapa pengguna, sinyal kurang kuat dan baterai lebih boros.

  218. Rizal says:

    kualitas HP merk hisense ini sendiri gimana pak Herry?

  219. Herry SW says:

    Pak Rizal,

    Menurut saya, secara umum setara dengan ZTE dan masih di bawah Huawei.

  220. andi says:

    Sya baru memakai hp andromax c tapi klo mau internetan lambat banget harus dimatikan dulu baru bisa lancar

  221. Herry SW says:

    Pak Andi,

    Amat mungkin hal itu terjadi karena layanan internet Smartfren memang sedang lemot.

  222. Auzan says:

    Boss.,pnya tman saya andromax c udh di paketkan smartfren unlimited tpi kok gk bisa internetan sma bbman. Aplikasinya jga brhenti.

  223. Herry SW says:

    Bu/Pak Auzan,

    Dengan asumsi paket sudah aktif dan pengaturan telah tepat, jangan-jangan koneksi Smartfren-nya yang kebetulan sedang mabuk.

  224. novi says:

    pak herry

    mana lebih bagus beli smarfren i daripada samsung star?

  225. rustandi says:

    Kartu gsm saya pakai indosat. Tapi kenapa setiap
    Kali tlp. Selalu tidak lama putus. Jadi harus selalu
    Putus nyambung. Apa masalahnya. Terimakasih.

  226. Dimas says:

    Pak Herri,
    saya baru beli tgl 22/11/13 kemarin, baru 1 hari pakai internetnya langsung gak bisa lagi. padahal kan dapet bonus 1,5 gb. saya cek sisa internet masih 1.300.000 kb itu = 1,3 kan pak ?
    yang saya bingung kenapa quota masih namun tdk bisa koneksi internet. hingga hari ini saya jadinya pakai thetering wifi dari tab saya, dan hasilnya via wifi koneksi ttp joss…
    tapi yg saya sebel kenapa kok sisa quota banyak tp gk bisa konek, apakah hp saya yg bermasalah ? mohon infonya donkk..
    terima kasih pak..

  227. Herry SW says:

    Bu Novi,

    Apakah yang dimaksud adalah Andromax-i? Kalau Anda kebetulan rutin memakai Smartfren, lebih baik meminang ponsel itu daripada Galaxy Star. Galaxy Star saya anggap kurang menarik karena ponsel Android tersebut belum mendukung layanan 3G.

  228. Herry SW says:

    Pak Rustandi,

    Apakah Anda sudah coba memasangkan nomor Indosat itu ke ponsel lain? Terus terang saya lebih mencurigai Indosat daripada ponselnya. Mengapa? Adik saya kebetulan menggunakan nomor pascabayar Indosat. Saat sedang bertelepon dengannya, percakapan kami sering sekali terputus. Hal serupa tetap terjadi kala nomor Indosat itu dipindahkan ke ponsel lain.

  229. Herry SW says:

    Pak Dimas,

    Ya, hitung-hitungan kasarnya kuota Anda masih sisa 1,3 GB. Karena baru satu hari digunakan, nomor seharusnya juga masih dalam masa aktif. Ehmm… mungkinkah layanan internet Smarfren kebetulan sedang mabuk? Coba perhatikan sinyalnya dan ada tidaknya simbol yang bergerak di sekitar sinyal. Kalau masih bermasalah, silakan menelepon call center Smartfren atau datang langsung ke Galeri Smartfren.

  230. nadiyah says:

    Pak Hery SW. saya baru pakai AMC 2 minggu. Sy termasuk awam. Yang sy tanyakan, posisi sy di gresik,waktu sy pakai telp via kakao ko sering ndak ada suaranya. Sy bisa dengar suaranya tp yg sy telp ndak bisa denger.apa sy salah setting atau sinyal smrtfrennya? Atau pakHery bisa rekpmemdasikan sogware telp via net yg lebih ok.terimakasih

  231. Herry SW says:

    Bu Nadiyah,

    Saya tak pernah memakai Kakao Talk. Ada teman yang pernah menggunakan dan mengalami hal yang sama dengan Anda. Waktu itu, masalah hilang setelah ia menghubungkan ponselnya dengan hotspot/Wi-Fi yang cukup cepat. Dengan demikian, saya menduga koneksi internet Anda mungkin kurang cepat dan stabil.

    Anda mungkin dapat mencoba aplikasi Skype untuk bertelepon.

  232. Sari Fudin says:

    Di surabaya andromax c jellyben harga 710 warna hitam

  233. Sari Fudin says:

    Aku uda satumingu bru beli
    Ota pak hery untuk andromax c buat kartu 2 apa gak cepet rusak

  234. Bara says:

    Mas Herry temen aku baru beli smartfreen andromax C baru satu malem OSnya yang udah jelly bean nah setiap di aktifin itu lama bgt itu kira2 kenapa yah mas?

  235. Herry SW says:

    Bu/Pak Sari Fudin,

    Terima kasih atas sharing-nya.

    Menyelipkan dua kartu di ponsel itu seharusnya takkan membuat Andromax C cepat rusak. Sebab, ponsel itu kan memang didesain untuk dua kartu.

  236. Herry SW says:

    Pak Bara,

    Definisi lama yang dimaksud di sini berapa menit ya? Kalau 2-3 menit masih dalam taraf normal.

  237. abi ray says:

    pak hery
    saya di malaysia
    pakai andromax C dgn kartu setempat tapi tidak bisa Internetan . jaringannya tidak 3G, bagaimana cara unlock ny pak??

  238. Sam says:

    Yth Pak Herry SW,

    saya beli andromax c 2 hari yang lalu. semua berjalan lancar. tetapi ketika saya menginstal bbm, saya tidak bisa meng-save picture yg dikirim oleh orang lain. muncul pesan “An error occured while saving”. itu kenapa ya pak..?

    Kemudian terjadi hal yang hampir sama ketika saya menginstall whatsapp. saya tidak bisa pasang profil pic. muncul pesan “Failed to load image data, please try again later” saya sudah uninstal dan install kembali aplikasinya. tetapi masih tetap seperti itu. lalu ada masalah juga dalam pengiriman picture/photo. baik saya yg mengirim atau ada temen yg mengirim pasti tidak bisa terkirim. kalau saya yg mengirim, muncul pesan “”sharing failed, please try again”. tetapi jika yg dikirimkan itu video, bisa berjalan dengan baik.

    mohon bantuannya menganalisa gangguan ini pak. terimakasih sebelumnya.

  239. Sam says:

    oh iya pak, ada info yg tertinggal.

    kebetulan saya belum memasang SD card nya. apakan ini ada hubungannya dengan itu?

    terimakasih

  240. Herry SW says:

    Pak Abi Ray,

    Saya belum pernah membawa Andromax C ke luar negeri. Dengan demikian, saya tak mengetahui andaikan saat di luar negeri Smartfren-nya tak bisa dipakai, GSM-nya bisa dipakai atau tidak. Kalau pun ternyata dapat digunakan, nomor GSM itu pasti takkan bisa masuk ke jaringan 3G.

    Jadi, merujuk pada pengalaman Anda, wajar bila jaringannya bukan 3G dan tak bisa dipakai berinternet. Standarnya memang seperti itu. Untuk berinternet, carilah hotspot Wi-Fi.

  241. Herry SW says:

    Pak Sam,

    Saya mencatat ada tiga masalah yang Anda alami.

    1. An error occured while saving pada BBM.
    Saya belum pernah mengalami hal ini sehingga tak berani memastikan penyebabnya. Coba selipkan kartu microSD ke selot yang tersedia. Siapa tahu ada hubungannya dengan masalah yang Anda alami.

    2. Failed to load image data, please try again later di WhatsApp.
    File foto Anda simpan di ponsel kan? Coba resize dulu file foto tersebut sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Berikutnya, silakan coba memilih file hasil resize itu untuk dijadikan profile picture.

    3. Sharing failed, please try again.
    Pada kasus ini, terus terang saya curiga akses internet yang Anda gunakan sedang sangat lambat.

  242. rizal says:

    menurut Pak Herry,lebih memilih andromax c atau lenovo a390?

  243. Herry SW says:

    Pak Rizal,

    Saya belum pernah mencoba A390 sehingga tak bisa menjawab.

    Namun, bila tetap harus menjawab berdasarkan spesifikasi di atas kertas, saya lebih memilih A390. Alasannya, ponsel itu berstatus unlocked alias siap dipadukan dengan nomor GSM operator apa saja.

  244. aam says:

    saya pake hp ini batrenya jelek bgt ya, udah 2kali ganti

  245. Herry SW says:

    Pak Aam,

    Baterai dua kali ganti itu karena cacat, rusak, atau bagaimana, Pak? Penggantian dilakukan di mana? Apakah gratis?

  246. tara says:

    om Herry, sy mau tanya.. seblmnya sy pengguna hp smartfren andromax biasa trus pengin ganti andromax-c, apakah nomor smartfren sy bs dipindah ke andromax-c?
    selain hitam apakah ada ya pilihan warna lain semisal putih kyk andromax-i? makasih seblmnya om :)

  247. aam says:

    karna itu hp baru, kurang lebih 2-3 minggu pemakaian dari smartfreen di tuker batre baru gratis, tetapi untuk yg kedua tidak. kebetulan dismartfreen habis waktu itu saya beli batre di konter. batre error tidak bisa di cash di layar ponsel muncul gambar batre silang merah.
    dan setelah saya menulis di web ini tiba2 batre error lagi hehe
    sempet muter2 di konter cari batre susah banget(maklum tinggal di kampung) setelah semua konter saya samperin akhirnya ada 1 konter saranin saya untuk pake carger desktop dan alhamdulillah batre normal kembali. berarti kemungkinan konektor carger di hp yg kurang baik

  248. Herry SW says:

    Bu Tara,

    Nomor Smartfren lama Anda bisa dipindahkan ke Andromax C.

    Soal pilihan warna, maaf, saya kurang tahu. Yang selama ini saya lihat sih selalu hitam.

  249. Herry SW says:

    Pak Aam,

    Terima kasih atas sharing-nya. Ngeri juga ya.

  250. Bunda fa says:

    ya , bagus skali info dari pak herry …. andromax C memang dengan harga murah kualitas nya lumayan bagus …sipp

  251. puspo says:

    waduhh.. abis d serpis ke galeri kok mlh jadi ics nih.. padahal sebelumnya 4.1.2
    kaga’ bener kali ya itu tukang serpis kali ya ko?

  252. puspo says:

    no. MEID juga brubah ko abis di serpis, jadi antara tulisan yang d belakang batre sama yang d setting-info ponsel gak sama nomernya, ap emg nprmal gitu ya kalo abis di serpis ko?

  253. Herry SW says:

    Pak/Bu Puspo,

    Saya menduga kerusakan ponsel Anda cukup berat sehingga akhirnya dilakukan penggantian unit baru. Entah penggantian unit baru secara utuh (termasuk casing-nya) atau hanya bagian dalamnya. Nah, kebetulan unit pengganti itu masih menggunakan sistem operasi yang lama. Masih ICS, belum Jelly Bean.

    Saya pribadi belum pernah mencoba Andromax C dengan sistem operasi Jelly Bean. Dengar-dengar sih tidak segegas Andromax C dengan sistem operasi ICS.

  254. Herry SW says:

    Bu Puspo,

    Setelah membaca update terbaru dari Anda, saya semakin yakin bahwa kerusakan ponsel Anda tergolong parah dan petugas di pusat perbaikan resmi memutuskan melakukan penggantian. Nah, dalam kasus ini, yang diganti hanya “mesinnya”. Casing tetap memakai casing lama. Karena itu, terjadi perbedaan nomor seri. Hal tersebut masih bisa dianggap normal. Namun, petugas di pusat perbaikan resmi seharusnya membuatkan semacam surat berisi keterangan tentang penggantian itu.

  255. puspo says:

    lebih cepet “mikir”nya sebelum di serpis ko, jadi kaya lemot ni kadang nunggu 2-3 detik abis buka aplikasi terus di balikin ke home skrin, buka aplikasi dari layar muka juga kadang agak lama responnya, mau blikin ke galeri lagi jauh.. di trima ap adanya ajalah

  256. Herry SW says:

    Bu Puspo,

    Andromax C yang dulu saya coba masih ICS dan tak pernah mengalami kondisi selemot yang Anda sebutkan. Coba di-factory data reset dulu deh.

  257. novianto says:

    Review pak harry, menurut saya, cukup bisa diterima orang awam seperti saya.. Cukup informatif.. Oiya, saya mau berbagi cerita, saya beli andromax C os Jelly Bean 4.1.2 di salah 1 konter hape di Semarang pada bulan november lalu.. 680rb, kalo di pameran 1715rb (include anti gores + pelindung hape + di instal bbm gratis).. Begitu sampe rumah, saya aktifin, dapet paket Smart Plan 1,5 gb langsung tanpa syarat apapun.. Pulsa 0, free paket bicara & sms gratis ke sesama smartfren selama sebulan.. Oiya, Saya instal instgram. Kakao talk, wechat, Line, BBM, FB, WA, & game2 angry bird (6 edisi), angry grand 1 & 2, temple run 1 & 2, total gak sampe 2 hari kuota udah habis (saya juga pake wifi, normal, buat teathering pun oke), hehe.. Setelah itu saya nyoba beli pulsa 50rb untuk daftar kuota yg unlimited, trnyata disuruh nunggu 1 bulan sampe tempo paket smartplan habis, & dan mulai hari selasa kemaren, paketan unlimited 50rb mulai bisa dipake, lancar sampe sekarang.. Sekedar berbagi, menurut saya andromax c memang gak sepadan dengan harganya.. Mantap, joss.. Oiya, batre kalo dibuat nge game & donlot terus memang cepet panas (masih normal menurut saya).. Tapi kalo cuma dibuat chat, masih bisa “agak” lebih awet.. Pernah saya adu sama android korea punya keponakan, main chicken ninja, punya keponakan agak macet2.. Jadi menurut saya, andromaxC cocok buat yg pengen coba2 jajal android.. Oiya, selama saya pake, sekali saya hard reset & sampai sekarang normal saja.. Minus: cuma di kamera.. Terimakasih pak Harry, maap kalo terlalu banyak cerita.. Saya tunggu review bapak selanjutnya…

  258. novianto says:

    Oiya pak Harry, seperti yg bapak sarankan.. Batre bisa lebih awet, misal koneksi data di off in aja.. Layar diatur kecerahan rendah.. Terimakasih…

  259. novianto says:

    Buat yg sering macet2 mungkin karna banyak aplikasi yg masih jalan.. Coba tekan lama tombol Home.. Swipe ke kanan / kiri aplikasi yg masih tersedia..

  260. Herry SW says:

    Pak Novianto,

    Terima kasih atas sharing Anda. Bila membaca cerita Anda, sepertinya performa internet Smartfren di Semarang cukup bagus ya. Buktinya, kuota internet Anda bisa habis dalam dua hari.

  261. novianto says:

    Iya pak Harry.. 2 hari pertama, memang saya genjot Buat internetan, tau2 pulsa habis,, kalo di tempat saya, lemotnya pas malem hari pak, kalo pagi jam 5 sampe jam 3 siang bisa agak cepet,, kuota 1,5gb habis buat donlot2 aplikasi chat & game pak..

  262. Herry SW says:

    Pak Novianto,

    Wah, mantap kalau begitu. Di tempat saya, setengah GB pun belum tentu bisa dihabiskan dalam seminggu karena performa akses internet Smartfren kalah bagus dibandingkan di lokasi Anda.

  263. Ariful HD says:

    Saya ingatkan bagi anda yang punya andromax c JB jangan nyobain unlock csma nya karena bisa mengakibatkan andromax c anda bootlop/breack error nggak bisa masuk seystem operasi
    darimana saya tau karena ini pengalaman saya saya menyesal.

  264. inos says:

    Andro max c saya gk bisa buka konci,
    Langkah selanjut’a biyar bisa ke buka gimana gan,
    Tolong bantuan’a,

  265. Herry SW says:

    Pak Inos,

    Ini maksudnya layar sentuh macet sehingga tak bisa membuka screen lock atau ponsel terkunci? Kalau yang kedua, di layar biasanya akan muncul alamat email. Anda tinggal mengetikkan password email pada baris di bawahnya.

  266. sholeh says:

    pak herry..

    sya mw nanya nih.. knp ya biasanya klw sya download foto dri fb atau smacamnya kok g trsimpan dan juga biasanya file-file foto sya hilang.. mohon d jelaskan biar sya bisa ngerti..
    dan juga bluetoothnya trkadang nggaj bisa brfungsi.. apa itu trgantung dari kapasitas memori card yg dipake??

    maturnuwuunn….

  267. Herry SW says:

    Pak Sholeh,

    Untuk pertanyaan pertama: sempat tersimpan, lalu hilang sendiri, atau sama sekali tak sempat tersimpan? Kalau yang pertama, mungkin ada masalah di memori. Kalau yang kedua, pesan error yang muncul apa?

    Untuk pertanyaan kedua: bluetooth yang tak bisa diaktifkan tidak berhubungan dengan kapasitas kartu memori. Masalah biasanya terjadi pada modul bluetooth. Silakan membawanya ke Galeri Smartfren.

  268. apri says:

    pak herry..
    nau tnya soal kon3eksi data Andro C..
    kalo gadget sedang saya pake lambang koneksi data l(sbelah bar sinyal cdma) masih ada dan koneksi chat googling ok…cuman setelah saya lockscreen kurang lbih 20menit saya unlock eh koneksi datanya mati sendiri..khan ckup mengganggu notifikasi bbm,whats app,dll…
    kira2 utu knapa dan gmn cara memperbaikinya..
    mohon pencerahan..suwun

  269. Herry SW says:

    Pak Apri,

    Saya sudah lama banget tidak memakai Andromax C. Kalau tak salah ingat, di salah satu menu ada pilihan untuk semacam “tidur”. Kalau pilihan itu sampai dicentang, setelah ponsel “beristirahat” selama durasi tertentu, koneksi internet akan “istirahat” juga. Begitu layar menyala, koneksi internet langsung “bangun”. Coba telusuri satu per satu menu di ponsel itu.

    Alternatif lain yang lebih mudah, lakukan factory data reset.

  270. Jex says:

    p Herry,

    mau tanya, kenapa kartu tri di andromax i, tdk bisa dipanggil, tapi bisa manggil keluar. apa ada settingannya ?
    padahal kartu tri nya kalau di gadget lain tdk ada masalah.
    sedangkan yg smartfren jalan normal.

    thx
    Jex

  271. apri says:

    pak herry sw….matur suwun masalah koneksinya udah terpecahkan..
    ternyata menu tidur saya cma 30dtik,sekarang udah saya rubah..
    matur suwun..berkah dalem. :)

  272. zaf says:

    maaf mau tanya kalo mau jual smarfren Andromax C masih garansi apakah harus sekalian nmor smartfrennya….??soalnya bingung ini mau jual androC tapi kalo dikasih sekalian nmor2nya nanti kedepannya kalau disalahgunakan sama orang lain gimana, n untuk akun googlenya apakah harus di log out dulu apa tidak…??mohon pencerahannya ya mas..thx

  273. Herry SW says:

    Pak Jex,

    Terus terang saya bingung menjawabnya. Kasusnya sangat aneh. Seharusnya tak ada pengaturan khusus. Kalau yang dipasangkan nomor GSM selain Tri apakah mengalami hal sama?

  274. Herry SW says:

    Pak Apri,

    Ah, syukurlah kalau ketemu. Terima kasih.

  275. Herry SW says:

    Pak Zaf,

    Tidak harus beserta nomor Smartfren-nya. Nomor Smartfren bawaan boleh Anda simpan. Pembeli tinggal disuruh membeli nomor Smartfren baru atau memakai nomor lama Smartfren yang mungkin dimilikinya.

    Sebelum dijual, idealnya Anda melakukan factory data reset terhadap Andromax C itu. Jadi, seluruh data Anda akan terhapus.

  276. yogi says:

    Pak Herry

    Kenapa ya andromax c saya selalu menyala tiba-tiba pada saat hp saya dalam keadaan mati, yang merepotkan ketika malam batere saya dalam keadaan penuh terus pada pagi hari sudah low lagi yang dikarenakan tiba-tiba nyala terus sepanjang malam, mohon bantuannya

  277. Adi says:

    Aku adi dari aceh, beli Andromax C bulan puasa kemarin. Bulan 10 konektor enggak berfungsi dan batre cepet lowbat cuma tahan 2 jam.
    Tanya sama temen yang baru beli juga tipe yg sama, ternyata punya masalah yg sama persis. Dia udah klaim garansi, katanya nunggu sebulan. Selang 2 minggu dia dihubungi dari jakarta konektornya rusak dan harus diganti dengan biaya Rp 75.000. HELLO, GUARANTY, WHERE ARE YOU? sparepart gak masuk garansi?
    Gak mau ribet, terpaksa dia mengiyakan.
    Akhirnya tepat sebulan hp nya balik ke tangan dengan konektor dan batre uda diganti. tp batre tetep soak, gk tahan 3 jam. dan konektor nya masi goyang, kalo ngecas harus hati2..

    Gak mau ngalamin hal yang sama, aku coba servis MaxC ku di tmpt servis biasa, dengan resiko garansi ilang.. gak masalah, toh ujung2nya bayar juga.
    Alhasil keluar duit Rp 80.000 dengan waktu servis gak sampe 2 jam.
    Eh, sebulan konektor rusak lagi. cek ke tempat servis, katanya bukan konektornya, tapi “jalur”nya yang rusak, biaya perbaikan sampai Rp 150.000..
    Gak mau keluar duit lagi, terpaksa skrg aku make charger kodok dan beli batre sebiji lagi, tp yg tahan lama (merk Vizz harga Rp 90.000).
    Masalah sinyal, sering ngedrop tiba2. mana GSM nya gk bisa dipake buat internetan, kalo lagi ngedrop, ya udah deh, zikir2 aja..

    Niat beli? you better think twice because PRICE NEVER LIES

  278. Herry SW says:

    Pak Yogi,

    Saya tidak bisa memastikan penyebabnya. Yang bisa saya pastikan, kondisi itu tidak normal. Silakan membawa ponsel Anda ke Galeri Smartfren terdekat.

  279. Herry SW says:

    Pak Adhi,

    Terima kasih atas sharing-nya. Wah, mengerikan ya.

  280. agung says:

    kalo untuk gsm nya apakah emang sama sekali tidak bisa digunakan untuk internetan

  281. Herry SW says:

    Pak Agung,

    Ya, normalnya nomor GSM di Andromax C tak bisa dipakai berinternet. Namun, kalau Anda mencermati thread ini, ada pengguna yang sudah berhasil mengopreknya sehingga nomor GSM juga bisa digunakan berinternet.

    Bagaimana caranya? Saya juga tak tahu. Rekan-rekan yang telah sukses mengoprek Andromax C, Pak Agung tolong dibantu ya. Terima kasih.

  282. agung says:

    ..kalo saya sudah bisa internet pake gsm di andromax c

  283. Herry SW says:

    Wah…. mantap, Pak Agung.

  284. Fahmi says:

    Mas, andromax i saya internal memory tidak terpasang, utk dapat terpasang kembali caranya bagaimana ??? thnks

  285. saka says:

    Saya pake andromax c,bagaimana cara memindah penyimpanan dari kartu memori ke penyimpanan internal….?

  286. Herry SW says:

    Pak Fahmi,

    Internal memory seharusnya selalu terdeteksi. Coba lakukan factory data reset. Bila tetap dianggap “tidak terpasang”, silakan membawanya ke Galeri Smartfren.

  287. Herry SW says:

    Pak Saka,

    Ini ceritanya hanya akan memindahkan beberapa file atau seterusnya ingin selalu disimpan di penyimpanan internal?

    Kalau hanya beberapa file, lakukan copy paste atau mode dari file manager/file browser.

    Kalau pengaturan default ingin diubah ke penyimpanan internal, coba cari menunya di dalam menu storage.

  288. Absy96 says:

    (silahkan pnggil saya “mas” krna saya msih pljar SMK).
    Pak saya mw mmberi saran k pngguna andro c lain. Utk mnghemat battre bsa mnggunakan aplikasi yg brnama Battery Booster (bsa diunduh d play store atw web lain) dan hsilnya ktika saya pkek utk intrnetan mmakai paket data battre saya lbih hemat ktika konek paket data sblum mmakai aplikasi trsbut. klo bnyi kriiingg…..trus mnerus itu mngkin akibat dari mengaktifkan GPS. utk mmatikannya hnya prlu mmatikan GPS dan me-restart smartphone. Itu brdsarkan pnglaman saya, pak.

  289. Herry SW says:

    Pak Absy96,

    Karena di sini kita seringkali tidak mengetahui usia, akhirnya saya terbiasa memakai kata sapaan Pak/Bu atau Anda. Saya berpikir, lebih baik menyapa terlalu tua daripada seseorang yang berusia setara dengan orang tua saya, tanpa sengaja saya sapa Mas atau Dik.

    Terima kasih atas sharing-nya.

  290. jafar says:

    pak mau tanya bloutot andro c tidak bisa dicari hp lain gimana solusinya?

  291. Herry SW says:

    Pak Jafar,

    Coba cek pengaturan bluetooth ponsel Anda. Pastikan mode discoverable-nya sudah dalam posisi on alias aktif.

  292. Faruq Sandi says:

    Pak, saya bingung, saya baru sehari setelah natal 2014 beli andromax c, ternyata memakai android jelly bean dan support BBM, kemudian saya telusuri, ternyata itu hisense ad686g. lah di doz box nya itu tertera ICS, tapi ada tempelan Jelly Bean, jadi aneh, ini hape itu sebener nya pake android versi apa sih? Di situs resmi smartfren disebutkan Jelly Bean, tapi di spesifikasi resmi dari smartfren, pakai ICS. jadi bingung saya.
    Juga waktu ngaskus, ada thread yang menyebutkan smartfren andromax c ad686g itu adalah andromax c generasi pertama yang pakai ICS, terus yang generasi kedua itu pakai jelly bean, informasi yang benar itu yang mana? mohon infonya.
    Bukankah mengetahui versi andromax c dan android nya itu penting jika saya ingin menginstall custom ROM?

  293. Herry SW says:

    Pak Faruq Sandi,

    Tak perlu bingung. Begini lho ceritanya:
    * Smartfren memesan ponsel itu di Hisense, salah satu produsen besar ponsel di Tiongkok. Hisense memberikan nama AD686G, sedangkan Smartfren menamakannya Andromax C.

    * Andromax C keluaran awal, termasuk yang dulu saya coba, menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS. Sedangkan Andromax C keluaran lebih baru telah memakai Android Jelly Bean.

    * Mengapa di kardusnya masih tertera ICS, lalu diberi stiker Jelly Bean? Mungkin kardus ponsel itu sudah terlanjur dicetak sangat banyak dan seiring perjalanan waktu ternyata ada update firmware. Daripada dibuang kan sayang. Jadi, dibuatkanlah stiker.

  294. Dedypurnama says:

    penyebab smartfren andromax c suka mati sendiri kenapa ya pak ?
    kalau bapak tahu bagaimana solusinya ?

  295. Herry SW says:

    Pak Dedy Purnama,

    Penyebab pasti tidak saya ketahui. Pemicu di setiap ponsel mungkin tidak sama.

  296. felice says:

    pak Herry
    saya mau tanya. kalau slot cdma nya saya isi kartu smart bisa gak pak?? saya blum berani coba pak soalny takut sinyal cdma hp sya jadi hilang.
    di tunggu pak jawabannya.
    terimakasih.

  297. Herry SW says:

    Bu Felice,

    Ini maksudnya Anda akan menyelipkan kartu lama zaman masih Smart Telecom (bukan Smartfren) ya? Jawabannya, bisa. Seandainya ponsel gagal mendapatkan sinyal, silakan singgah ke Galeri Smartfren, lalu minta petugas di sana melakukan penggantian kartu RUIM.

  298. oky aye says:

    Pak Herry,

    Saya beli andromax c pertengahan bulan lalu, kurang dari 1 minggu saya coba simcard gsm di pasang dan coba call no GSM pakai menu call “G” di andromax c namun tetap display no GSM tujuan munculnya hanya no Smartfren, kemudian saya coba bawa ke gallery smartfren bsd, tak sampai 10 menit di flash ulang akhirnya bisa call no GSM pakai menu call “G” dan muncul di display no GSM tujuan munculnya no GSM. Saat ini timbul masalah baru hampir seminggu sekali mesti restart karena tiba-tiba bunyi dering seperti default ring tone untuk telp, nanti kalo sudah ke gallery smartfren saya update.

  299. Herry SW says:

    Pak Oky Aye,

    Terima kasih atas sharing-nya. Hmm… masalahnya kok silih berganti ya.

  300. chuenk says:

    Pak…ane punya andromax c udh sdikit saya utak atik…gsm bisa untuk internet tpi mentok di edge…g bs 3g…ini dgn aplikasi anycut…saat mmkai gsm mka sinyal smart akn hilang..

  301. Herry SW says:

    Pak Chuenk,

    Terima kasih atas sharing-nya. Menurut saya, wajar GSM-nya cuma mentok di EDGE karena perangkat keras Andromax C memang belum mendukung 3G.

  302. Unggul says:

    Beberapa masalah yg saya cermati pada Andromax C saya: 1) sekitar 2 minggu belakangan ini nada dering sms tidak bunyi ketika ada sms masuk, sempat bisa bunyi beberapa kali tapi kemudian tidak bunyi lagi sampai saat saya mengetik tulisan ini, saya sdh cek setting ber kali2, malah saya blm temukan cara silent (kecuali atur volume)..artinya sehrsnya nada dering sms bunyi, 2) sesekali pada saat mau ketik sms layar padam-nyala alias byar-pet bbrp kali tp kmdn normal kembali. Info: pembelian Desember 2013. Terima kasih sebelumnya atas penjelasan yang akan diberikan, salam.

  303. haryono060879@yahoo.com says:

    Pak Hery, Cara ngilangin ruang penyimpanan penuh gmana ya soalnya andro c saya ada gambar itu terus ga ilang2?

  304. Herry SW says:

    Pak Unggul,

    Coba lakukan factory data reset, kemudian gunakan Andromax C itu tanpa menginstalasikan aplikasi tambahan dulu. Bila masalah serupa tetap muncul, bawalah ponsel itu ke Galeri Smartfren terdekat.

  305. Herry SW says:

    Pak Haryono,

    Caranya, silakan menghapus sebagian file di ruang penyimpanan yang dinyatakan penuh tersebut.

  306. sayfitry says:

    q pkek max C..bru aj satu bulanan dah ganti micro sd sampek 5x..sbnre ap yg trjadi..tolong solusi ny gan..

  307. Rasya says:

    P.henry saya mw nanya,perbandingan AMC sm Cross itu bandel / tahan banting yg mana?

  308. Rasya says:

    Saya jg bru bli 1 minggu dibuat game sma brosing2 btrai cma tahan 2 jam,
    sdangkan hnya bwt stanby saja,bisa tahan 3hari? Apakah itu normal?

  309. Herry SW says:

    Bu Sayfitry,

    Sebulan ganti kartu microSD sampai lima kali itu apakah kartu memorinya rusak? Kalau iya, yang bisa sarankan adalah membawa Andromax C tersebut ke Galeri Smartfren. Sampaikan ke petugas di sana kalau ponsel itu hobi merusak kartu memori.

  310. Herry SW says:

    Pak/Bu Rasya,

    AMC itu maksudnya Andromax C ya? Bergantung Cross-nya (kini mereknya ganti jadi Evercoss lho) tipe apa. Secara umum sih Evercoss bukan pilihan bijak untuk dilirik. Kalau nekat membeli, lalu suatu saat harus berurusan dengan pusat perbaikan resminya, ampun deh.

    Soal daya tahan baterai, menurut saya, masih dalam batasan wajar. Apalagi, kalau Anda melakukan browsing tanpa henti dan kondisi sinyal kurang bagus.

  311. ruby says:

    Pk, pnyebab andromax trkadang brdering! tuch knapa ya

  312. Herry SW says:

    Pak Ruby,

    Apakah Anda memakai Andromax C? Saya tak mengetahui penyebab pastinya. Namun, memang ada beberapa laporan masuk tentang hal itu. Semua pelapor menggunakan Andromax C.

    Saran saya, coba lakukan factory data reset. Bila masih belum menyelesaikan masalah, bawalah ponsel itu ke Galeri Smartfren.

  313. rasya says:

    Pak aplikasi yang seperti microsof excel d pc namanya ap y?yg bisa dpsang d andromax c soalnya dbtuhkn bwt pkerjaan harus pakek kolom2 gt.dtuggu jwbnya sgera pak.trimakasih..

  314. Herry SW says:

    Bu Rasya,

    Anda bisa mengunduh Office Suite atau Kingsoft Office.

  315. robby says:

    om ini saya dpt andromax c yg sekarang saya pake ini,dengan kondisi fullset bekas tapi masih mulus masih garansi stgh taun tapi sayangnya masih ics harga 550 itu kira2 kemahalan tidak om? trus mau upgrade versi ics ke jellybean ke gallery smartfrennya kira2 bisa gag ya soalnya peformanya kurang gesit nih tak bandingin sama hp andromax c punya temen yg udah jellybean. terima kasih

  316. Herry SW says:

    Pak Robby,

    Harga Rp 550 ribu tergolong harga pasaran. Tidak murah, juga tidak mahal.

    Soal performa setelah di-update ke Jelly Bean, informasi yang saya dapatkan tidak seragam nih. Ada pengguna yang mengaku Andromax C-nya jadi lebih lemot, namun ada pula yang berkata sebaliknya. Kalau ingin update, apakah tak bisa dilakukan langsung dari menu software update di ponsel?

  317. robby says:

    Emangnya menu software apa om hery? Apakah pembaruan sistem itu bisa?

  318. Herry SW says:

    Pak Robby,

    Coba masuk ke settings, lalu software update. Kalau tak ada, setelah masuk ke settings, carilah di about. Saya lupa posisinya di mana.

    Kalau memang sudah keluar update yang bisa langsung dilakukan dari ponsel, di sana akan muncul notifikasi.

  319. angga says:

    Tolong bantuannya,
    Saya pake smartfren andromax c tapi kok ga bisa nerima file lewat bluetooth. Kalo ngirim sih cepet tapi nerima ga bisa, tulisannya file tidak diterima..
    Mohon bantuannya..

  320. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Ketika ponsel pengirim akan mulai pengiriman, di Andromax C ada permintaan konfirmasi yang harus ditekan. Apakah sudah dilakukan? Kalau sudah dan tetap gagal, mungkin sisa memori internal di ponsel Anda terlalu kecil.

  321. angga says:

    Ya udah ditekan “diterima” setelah itu ada pemberitahuan berkas tidak diterima, memori internal maupun external masih banyak.
    Terimakasih, teman saya juga punya kasus yg sama..

  322. Herry SW says:

    Pak/Bu Angga,

    Ukuran file yang dikirimkan berapa MB?

  323. Mr Molla says:

    Thx For Artikel to Mr Herry SW

    Saya lagi search info untuk Adromex C ini dan akhirnya menemukan artikel nya Bpk Herry Sw, Puas dan Sudah Lengkap, Mau Bertanya Sudah disajikan semua di coment udah ga ragu lagi kalo mau pake ini Hape [Andromex C]..
    Terima Kasih dan terus Berkarya Untuk Bpk Herry SW :D

  324. Herry SW says:

    Mr Molla,

    Terima kasih atas apresiasinya.

  325. angga says:

    Kurang dari 3MB.

  326. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Hmm… ukuran segitu mestinya bisa. Coba kirimkan file yang kecil, kurang dari 100 KB. Sekadar untuk mengetes.

  327. angga says:

    Tetep ga bisa..
    Apanya ya, padahal dari pertama beli belum pernah Di apa apain pengaturannya.

  328. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Silakan membawanya ke Galeri Smartfren deh.

  329. elista says:

    Pak saya mau tanya
    Kenapa ya sms yang masuk ke kartu gsm saya selalu datang terlambat. Say udah coba ganti kartu lain tp kejadian serupa tetap terjadi.

  330. Herry SW says:

    Bu/Pak Elista,

    Awalnya saya mau langsung bertanya, “Apakah Anda menggunakan Indosat?” Sebab, performa Indosat akhir-akhir ini semakin hancur lebur. Umpama beras, sudah bukan nasi tim lagi, melainkan bubur yang lembut banget. SMS bisa baru masuk keesokan harinya.

    Namun, ternyata Anda sudah sempat melakukan penggantian kartu (saya asumsikan operator yang berbeda) dan masalah tetap muncul. Coba perhatikan sisa memori internal Andromax C Anda. Kalau kurang dari 100 MB, sebaiknya Anda menghapus atau memindahkan sebagian file sampai sisa kapasitas minimal menembus 100 MB.

  331. elista says:

    Kapasitas memori internal lebih dari 100 MB pak krn hpnya juga baru beli. Awalnya saya pikir masalah jaringan (saya pake tri) lalu sampai berhari-hari masalah serupa tetap terjadi, akhirnya saya coba dengan kartu lain (axis, simpati) tapi tetep seperti itu, kadang kalo ditelpon sering sekali berada diluar jangkauan padahal indikator sinyal full. Membingungkan

  332. Andie says:

    Maaf sebelumnya om, mau tanya cara mengatasi andromax c yang tiba tiba berdering bagaimana ya? Terima Kasih

  333. Herry SW says:

    Bu Elista,

    Lho, ini masalahnya terkait SMS atau telepon tho? Sebelumnya Anda bertanya soal SMS, sedangkan kini terkait telepon. Coba lakukan factory data reset dulu deh.

  334. Herry SW says:

    Pak Andie,

    Anda orang ketiga atau keempat yang menanyakan hal ini. Terus terang saya tak mengetahui solusinya. Langkah maksimal yang dapat saya sarankan adalah lakukan factory data reset.

  335. elista says:

    Nah itu dia pa masalahnya selain sms yang selalu datang telat, no gsm saya juga ga bisa dihubungi, selalu diluar jangkauan, padahal sinyal sedang full dan hp juga lagi ga diapa-apain. Jadi saya factpry reset aja nih pa?

  336. elista says:

    Maaf sekali pa saya banyak tanya.
    Saya udah factory data reset HH saya tapi tetep aja ga berubah. Kira2 harus bagaimana lagi pa apa harus saya bawa ke service center? Tapi agak ngeri juga ya baca review orang2 soal CS smartfren

  337. Herry SW says:

    Bu Elista,

    Ya, bila sudah di-factory reset ternyata masalah masih muncul, silakan membawa ponsel itu ke Galeri Smartfren.

  338. Andie says:

    Cara Factory reset bagaimana pak?

  339. Herry SW says:

    Pak Andie,

    Masuk ke settings, backup & reset, lalu pilih factory data reset.

  340. Andie says:

    Berarti kalo sudah di update ke jellybean akan kembali ke ics pak?

  341. Herry SW says:

    Pak Andie,

    Tetap Jelly Bean kok, tidak turun lagi ke ICS.

  342. novianto says:

    halo pak harry…
    andromax c saya sekarang bisa internetan pake indosat m3
    keuntungan:
    lebih awet batre karna smartfren tidak aktif lagi..
    yang nyala cuma 1 nomor gsm
    kekurangan:
    internet gsm masih sebatas edge..
    tanpa root, aplikasi bisa diunduh di play store.
    saya ganti micro sd 3x ini. saran pemakaian micro pake kelas 10. awet sampe sekarang..
    saya juga 3 kali ganti

  343. Herry SW says:

    Pak Novianto,

    Terima kasih atas sharing informasinya yang mantap. Nama aplikasinya boleh sekalian disebutkan?

  344. rasya says:

    P herry..
    Apkah smua smartphon jka buat interner terus terusan batrainya hanya bertahan 1-2jm seperti andromax c.soalnya sya sdh bosen dgn btrai.nya yg hnya brthan segitu.jka ad sya mw gnti smarphon yg bru..
    Dtunggu jwb.nya pak.trmksih

  345. Andie says:

    Sudah di factory data reset ternyata masih keluar bunyi Dering om.
    Untuk yang mempunyai masalah sama dengan dering tiba2 tanpa sebab, apakah sudah ada yang ke gallery smartfren? Apakah ada solusi? Terima kasih sebelumnya.

  346. Herry SW says:

    Bu/Pak Rasya,

    Ponsel yang terus menerus dipakai berinternet memang akan lebih boros baterai. Namun, dalam kasus ini Andromax C, mestinya belum akan habis dalam 2 jam. Kecuali, Anda memang mengajaknya bekerja keras sebagai modem eksternal.

  347. Herry SW says:

    Pak Andie,

    Berarti, silakan membawanya ke Galeri Smartfren.

    Seingat saya, belum pernah ada yang membagikan laporan pandangan matanya soal hasil membawa Andromax C bunyi sendiri ke Galeri Smartfren. Jadi, saya juga belum mengetahui solusi yang ditawarkan Smartfren seperti apa.

  348. rasya says:

    Tp klo smartphon yg harganya brkisar 1 jutaan kmunkinan kekuatan btrainya sama ato tdak pak sma andromax c klo dbuat internat trus mnerus

  349. Herry SW says:

    Bu/Pak Rasya,

    Ada yang baterainya lebih tahan sih. Silakan melirik Lenovo P770. Harga barunya mendekati Rp 1,8 juta.

  350. cilla says:

    pak smartfren andromax c bisa path gak yahh
    thankksss

  351. Herry SW says:

    Bu Cilla,

    Maaf, saya tak tahu jawabannya. Nggak pernah mainan Path nih.

  352. raflin pratama says:

    kenapa kartu smartfren saya gak bisa nelpon ya??kalo ngirim sms th pasti slalu double smpai plsa saya habis..saya pke andromax u

    thanks

  353. Herry SW says:

    Pak Raflin,

    Apakah muncul pesan error tertentu? Idealnya aneka pengaturan di ponsel perlu dicek. Saran saya, luangkan waktu untuk mengunjungi Galeri Smartfren.

  354. novianto says:

    aplikasi ANYCUT pak hari. lebih irit batre karna smrtfren saya off kan..

  355. novianto says:

    pak andie.. coba di factory reset 2 / 3 x lagi. punya q juga pernah dering sendiri.
    tapi klo masih ragu coba dibawa ke smartfrn saja

  356. Herry SW says:

    Pak Novianto,

    Terima kasih atas informasinya. Barusan saya coba masuk ke Play Store dan mencari dengan kata kunci “anycut”. Namun, kok nggak menemukannya ya? Pilihan teratas “Bolong AnyCut” yang kalau dibaca di deskripsinya berfungsi untuk membuat shortcut.

  357. Muhammad Jihad says:

    Siapa Bilang Smartfren Andromax C Menggunakan Jaringan Internet GSM Itu mustahil Saya aja bisa menggunakan jaringan GSM

  358. fadzi says:

    Gan l,andromax c saya gk bisa buka kunci pengen nge-unlock lagi gimana ya?

  359. darno says:

    Axis dan Tri sekarang sudah dapat saya gunakan di Andromax C Gen1 setelah saya lakukan install ulang mmcblk0p9, 10, 11 filenya saya dapat dari group fb, cara lain yaitu mengupgrade ke JB.

  360. Herry SW says:

    Pak Fadzi,

    Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

    Ini maksudnya layar sentuhnya rusak atau bagaimana, Pak? Kalau untuk membuka pengunci layar, mestinya pengguna tinggal menyapukan jari ke layar.

  361. Herry SW says:

    Pak Darno,

    Terima kasih atas sharing dan informasinya.

  362. teguh says:

    sya mmakai andromx i jaringan ny sdah pke 1x only tp gsm ttp gk bsa sms atau nlfon
    d gnti hybrit jg ttp z gk bsa gsm ngrm sms
    klo kya gt kndla ny knp ya?? mhonbntuanny

  363. Herry SW says:

    Pak Teguh,

    Silakan mengetikkan ulang pertanyaan Anda dulu dengan kalimat yang lengkap. Jangan disingkat-singkat. Saya bingung memahaminya.

  364. Robert says:

    Info saja untuk semua bagi yang mempunyai andromax c saya punya cara biar internetan menggunakan gsm,,dan saya pun berhasil akan tetapi jaringanan nya bukan 3g, cman edvo saja..jdi tidak hanya menggunakan cdma saja gsm juga bisa

  365. Herry SW says:

    Pak Robert,

    Silakan membagikan caranya di blog ini. Tidak dilarang kok. Saya yakin pembaca lain juga akan senang.

  366. waskita says:

    Saya hanya mau share sedikit… mudah2an bermanfaat… kalau untuk unlock sim card gsm ada 2 cara… memakai anycut dan andromax tools… tapi sy recomended memakai andromax tools karena lebih simple cuma tinggal diinstall apknya, trus tinggal pilih internetnya mau pake yg cdma atau gsm. hanya utk GSM terbatas hanya sampai edge saja. ga bisa 3G

  367. Herry SW says:

    Pak Waskita,

    Terima kasih atas sharing-nya. Akan sungguh lebih komplet bila Bapak sekaligus menginformasikan Anycut dan Andromax Tools itu bisa diunduh di mana.

  368. Ananto says:

    Pak Henry

    saya menemukan permasalahan baru di hp smartfren andromax C milik saya

    saya tidak tahu permasalahannya terletak dimana, namun saat saya mengisi baterai menggunakan charger, isi baterai tersebut tidak bisa menambah bahkan sering turun sampai ngedrop

    dan ketika saya coba mengisi baterai menggunakan charger desktop, isi baterai tersebut dapat terisi sampai penuh.

    menurut pak Henry bagaimana pendapatnya dan solusi untuk permasalahan yang saya alami?

    Terimakasiih

  369. Herry SW says:

    Pak Ananto,

    Apakah Anda sudah coba menggunakan charger ponsel lain yang output charger-nya satu ampere? Kalau belum, silakan dicoba dulu. Bila sukses mengisi, berarti charger bawaan ponsel Anda bermasalah. Bila tetap gagal mengisi, berarti konektor di bodi ponsel yang perlu dicek.

  370. deni says:

    pak hary sw
    mau tanya, hp andro c sya gak bisa bunyi klik pada saat memilih menu dsb ,itu kenapa ya,trma ksih

  371. Herry SW says:

    Pak Deni,

    Hary SW sedang pergi entah ke mana. Saya Herry SW. Bolehkah menjawab? :)

    Coba masuk ke menu settings, sound, lalu cari-cari yang intinya bermakna sama dengan touch sound. Pastikan kotak di sampingnya dicentang. Saya tak ingat struktur menu detail Andromax C. Gambaran umumnya sih seperti itu.

  372. hendra y. says:

    pa gimana caranya pke andro c bwt modem sama wifi teethering????

  373. Herry SW says:

    Pak Hendra Y.,

    Silakan masuk ke menu setting. Wi-Fi langsung terlihat di menu Wi-Fi, sedangkan tethering tinggal cari di menu tethering atau portable hotspot.

  374. ridho says:

    mas,,mau nanya..
    andromax c saya susah bgt
    dapet sinyal evdo..
    terkadang klo ada evdo,,klo di hidupin
    data malah hilang total sinyalnya..
    gmn solusinya??
    trima kasih

  375. ridho says:

    minta balasannya ya mas??

  376. Herry SW says:

    Pak Ridho,

    Kala Andromax C Anda gagal mendapatkan sinyal EvDO, bagaimana dengan pengguna Smartfren lain di sekitar Anda? Kalau mereka juga kesulitan memperolah sinyal EvDO, berarti masalah terjadi di sisi operator. Sebaliknya, bila mereka sukses mendapatkan sinyal EvDO, berarti yang bermasalah kemungkinan besar ponsel Anda. Silakan membawanya ke Galeri Smartfren terdekat.

  377. Mohammad Very says:

    Saya kecewa kenapa gsm tidak bisa di gunakan intrrnetan di smartfren

  378. Herry SW says:

    Pak Mohammad Very,

    Karena Andromax merupakan ponsel yang ditawarkan oleh Smartfren, sebuah operator CDMA, wajar kalau mereka mengutamakan nomor CDMA-nya.

    Asal tahu, Andromax tipe rendah memang tidak mengizinkan pengguna berinternet via nomor GSM. Sementara itu, Andromax tipe lebih tinggi ada yang memperbolehkan pengguna berinternet memakai nomor GSM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>