By

Review Smartfren Andromax E2+: Mendobrak Tradisi Seri E

Ponsel Smartfren Andromax seri E biasanya hadir dengan kapasitas memori relatif terbatas. Ia hanya dibekali RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Lihat saja spesifikasi detail Andromax Ec dan Andromax Es yang diluncurkan pertengahan tahun lalu. Cermati pula spesifikasi Andromax E2 yang diperkenalkan Februari tahun ini.

Hal berbeda, tetapi menggembirakan buat konsumen, dapat ditemukan di Andromax E2+. Ponsel itu mendobrak tradisi Andromax seri E. Kapasitas memorinya dilipatduakan menjadi RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Ia mendukung layanan 4G LTE Smartfren di frekuensi 850 dan 2300 MHz. Ponsel yang dijual Rp 1,199 juta tersebut juga siap dipakai ber-VoLTE.

Andromax E2+_1

Andromax E2+ tersedia dalam tiga pilihan warna. Yaitu, hitam perak, hitam emas, dan putih emas. Ponsel itu dibekali layar IPS 4,5 inci beresolusi 854 x 480 piksel. Dengan melakukan pengaturan sederhana, pengguna bisa menyalakan dan memadamkan layar ponsel tanpa perlu menekan tombol power.

Cara mengaturnya, masuklah ke menu settings, motion and gestures, motions, double tap to wake up, lalu geserlah tombol ke kanan sampai berubah warna menjadi hijau. Kurang satu lagi. Masuklah ke settings, buttons, pilih double tap action di bagian home button, kemudian pilih turn screen off.

Sekarang aktivitas mengaktifkan dan menonaktifkan layar akan terasa lebih praktis. Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, ketuklah permukaan layar sebanyak dua kali untuk menyalakan layar. Tuntas mengoperasikan ponsel, tekan home button dua kali agar layar padam sekaligus terkunci.

Dua nomor dapat siaga bersamaan di ponsel buatan Hisense itu. Keduanya menggunakan kartu micro SIM. Selot kartu pertama harus diisi dengan nomor Smartfren. Sedangkan selot kedua bebas dipadukan dengan nomor Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, Tri, atau operator GSM lain.

Agar lebih nyaman dan maksimal, pengguna disarankan berinternet via nomor Smartfren. Dengan demikian, pengguna dapat merasakan sensasi kecepatan layanan 4G LTE. Asal tahu, saat ini 4G LTE Smartfren telah merambah ke 188 kota dan kabupaten di Indonesia. Seandainya pengguna kebetulan berada di luar area layanan 4G LTE, ponsel akan otomatis berpindah ke jaringan EvDO atau CDMA.

Bisakah berinternet memakai nomor GSM? Sebenarnya bisa sih. Namun, pengguna cuma diizinkan menikmati layanan GPRS/EDGE. Di atas kertas, sekarang berinternet via GPRS/EDGE akan terasa mengesalkan. Lambat.

Andromax E2+_3

Dua kamera dibenamkan ke ponsel Android 5.1.1 Lollipop itu. Kamera di sisi muka maupun belakang sama-sama dilengkapi lampu kilat dan siap menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera itu mampu memproduksi klip video HD 720p.

Bedanya, kamera belakang Andromax E2+ dilengkapi fokus otomatis, sedangkan kamera depan tanpa fokus otomatis. Secara umum performa kamera ponsel tersebut tidak mengesankan. Hanya pantas dibilang cukup bagus kala dipakai memotret objek di luar ruangan dengan pencahayaan memadai. Selebihnya, foto yang dihasilkan seringkali tergolong pas-pasan, bahkan buruk.

Andromax E2+ dibekali radio FM yang siarannya bisa direkam. Ada pula penyaring panggilan telepon dan SMS masuk. Baterai berkapasitas 1.900 mAh yang dapat dilepas-pasang menjadi pemasok energi ponsel itu. Selama uji pakai, baterai bawaan ponsel mampu bertahan selama 10-12 jam sebelum perlu diisi ulang lagi.

Spesifikasi lain Andromax E2+, antara lain, prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 212 MSM8909 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, selot microSD, dan tata suara Dolby. Ketika ponsel baru dinyalakan, sebanyak 11,36 GB di antara 16 GB memori internal masih kosong.

Andromax E2+_2

Kalau dirangkum, Andromax E2+ adalah ponsel yang nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku. Meskipun resolusinya layarnya tidak tinggi, tampilan layarnya masih cukup enak dipandang mata. Hal itu terjadi karena bentang layar ponsel tersebut tak terlalu besar.

Saat dipakai mengakses email, Twitter, Facebook, maupun WhatsApp, ponsel itu sangat layak dibilang gegas. HSW sempat memakai Andromax E2+ untuk memainkan game balap mobil Real Racing 3. Hasilnya, biarpun terasa tidak semulus saat menjalankannya di LG G4, game tersebut dapat dimainkan dengan baik.

Tidak mendukung USB On-The-Go (USB OTG) dan performa kamera yang pas-pasan menjadi sisi minus Andromax E2+. Jumlah aplikasi “sampah” bawaan yang banyak turut menjadi pengurang daya tarik. Untunglah aplikasi-aplikasi itu bisa dihapus dengan mudah.

***

Contoh hasil jepretan kamera Andromax E2+.

Andromax E2+_4

Andromax E2+_5

Andromax E2+_6

Andromax E2+_7

Andromax E2+_8

Foto di atas di-crop di bagian leher botol. Inilah hasilnya.

Andromax E2+_9

Andromax E2+_10

Andromax E2+_11

Andromax E2+_12

Andromax E2+_13

Andromax E2+_14

Andromax E2+_15

Andromax E2+_16

Andromax E2+_17

Saatnya mencoba lampu kilat di kamera belakang dan kamera depan ponsel. Yang disajikan lebih dulu adalah hasil jepretan tanpa lampu kilat.

Andromax E2+_18

Andromax E2+_19

Andromax E2+_21

Andromax E2+_22

Satu swafoto ini dihasilkan kamera depan.

Andromax E2+_20

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Andromax E2+_23

Andromax E2+_24

Andromax E2+_25

231 Responses to Review Smartfren Andromax E2+: Mendobrak Tradisi Seri E

  1. Stevie says:

    Akhirnya keluar tinjauannya.. 😀 processor dan gpu nya lebih jelek daripada andromax es(versi 410 + adreno 306), lainnya menang e2+, sekarang andromax es ga ada bloatware + tinggal menanti update android 5.1 dan native volte. 😀

    Btw jaringan internet gsm di dunia perandromax-an cuma mentok di edge/2.5g.

    • Herry SW says:

      Pak Stevie,

      Jadi, firmware bawaan Andromax Es kini bebas bloatware? Mantap deh.

      Betul. Tidak semua ponsel Andromax bisa dipakai berinternet via nomor GSM. Yang bisa pun maksimal hanya GPRS (2,5G) dan EDGE (2,75G).

  2. Ogi says:

    Om, minta tips untuk charging smartphone dong, karena saya cari info di internet ada yang bilang “mending charge saat batre sisa 50% atau 40% dan cukup diisi hingga 80%” apa itu berpengaruh sama masa aktif cell-nya?

    • Herry SW says:

      Pak Ogi,

      Cara charging seperti itu bagus sih. Meminimalkan baterai panas (panas berlebihan menjadi pemicu baterai cepat rusak) dan memperpanjang siklus hidup. Masalahnya, dalam pemakaian sehari-hari, cara charger seperti itu akan sangat tidak praktis. Apalagi, bila sehari-hari Anda harus sering berada di luar rumah/kantor.

  3. Diana says:

    Koh HSW,
    Dana 1-2jt cari smartphone yg kamera bagus depan belakang waktu malam, baterai lumayan awet (Removable) , dan yg pasti Gegas.
    Kira kira apa ya Koh ? .. mohon masukannya koh.
    Terimakasih.

  4. Sofy says:

    Selamat pagi, Pak Herry. Bolehkah saya minta Pak Herry pilihkan smartphone terbaik di harga maksimal 3 juta, dengan pertimbangan semua aspek, Pak. Terimakasih banyak, Pak.

    • Herry SW says:

      Pak Sofy,

      Karena ada unsur semua operator (berarti saya perlu memikirkan kelengkapan frekuensi LTE-nya pula), pilihannya berarti Hisense Pureshot atau Lenovo Vibe K4 Note.

  5. Sofy says:

    Maaf Pak, dengan tambahan bisa untuk semua operator, Terimakasih

  6. erik says:

    Pak Herry,

    Apakah ada rencana me-review Hisense Pureshot F30 Lite? tertarik sih, cuma kok sepertinya tidak ada slot sd card ya? maunya pre-order tapi masih ragu.
    oya, kapan hari saya lihat sudah ada iklan yang menjual Polytron Zap 6 Max. tapi lupa dimana. hehe…

    Terima kasih.

  7. liat2aja says:

    Pak jadi jika sekarang di lokasi tertentu pesawat telpon SMARTFREN CDMA lama sinyalnya baik, apakah artinya sinyal smartphone Andromax juga baik? Karena di rumah ortu saya di Jakarta Barat sinyal GSM Tsel dan XL buruk (malas coba Isat dan Tri). Tapi Smartfren untuk bertelpon sinyalnya baik dan suara jernih. Jika kemungkinan besar Andromax juga baik suaranya mungkin saya mau tambah Andromax ini atau tipe R

  8. Chandra says:

    Pak mau tanya. Hisense pureshot sama andromax r2 mending beli yang mana? Dalam semua aspek

  9. Chandra says:

    Dan apakah bapak punya pengalaman tentang service center hisense?

  10. ardiantoyugo says:

    ada rencana review hisense kingkong ii kah…??

  11. Andreas says:

    Pak Herry, ada 2 hal yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah Smartfren Andromax E2 Bisa dikategorikan Gawai Layak Beli di range harga 1-1,5 juta

    2. Dalam jangka waktu pemakaian Pak Herry, Apakah Smartfren Andromax E2 ini mengalami “Demam” yang berlebih kala digunakan secara masif, yang berimbas pada berkurangnya kinerja?

    3. Mengacu pada pengalaman Pak Herry, bagaimana kualitas After Sales Smartfren saat ini? terlebih dari keawetannya produknya(khususnya Hisense)?

    • Herry SW says:

      Pak Andreas,

      1. Lebih tepatnya di rentang harga sampai Rp 1,25 juta. Kalau rentang harganya sampai Rp 1,5 juta, saya lebih memilih Infinix Hot 3.

      2. Tidak.

      3. Saya lebih percaya dengan Hisense daripada Haier. Keduanya saat ini sama-sama menjadi pemasok rutin ponsel Andromax.

  12. Andreas says:

    eh maaf jadinya 3 hehehe

  13. Sofy says:

    Pak Herry, menyambung pertanyaan saya, kalau persyaratan semua operator ditiadakan HP apa ya Pak yang jawara 1 untuk harga maksimal 3 juta? Terimakasih Pak.

  14. Sofy says:

    Hisense Kingkong apakah kira-kira patut dipertimbangkan ya, Pak? Karena sepertinya keistimewaannya dibanding Hisense Pureshot+ hanya di Kingkong nya.

  15. anggiat says:

    mas, kalo seandainya, nomer smartfren di nonaktifkan, nomer yg kita pakai gsm gprs saja, apakh tetap bisa berfungsi?
    lalu sinyal gprs kan skrng sudah kurang dirawat para operator, maka sinyal nya akan kurang bagus donk.

    • Herry SW says:

      Pak Anggiat,

      Nomor Smartfren yang terpasang tak bisa dinonaktifkan.

      GPRS tidak dirawat? Masih dirawat kok.

  16. Qashmal says:

    Dear pak herry
    Pak maaf OOT ni, ada rekomendasi pak smartphone android baru terbaik di rentang harga:
    1, 3 jutaan
    2, 5 jutaan
    Terima kasi pak herry

  17. Rommy lauw says:

    Pak HSW,
    1.Ponsel andromax E2+ bila VoLTE nya dimatikan, apakah bisa utk tlp dan sms?? Krn di Andromax A tidak bisa.
    2.kl menurut saya, rugi beli Andromax, karena sistem bundlingnya hehehe.. Betul ndk Pak.?
    3.apakah andromax E2+ dibuat olah Hisense dan haier..? Bagus mana kualitasnya.
    Terima kasih banyak.

    • Herry SW says:

      Pak Rommy Lauw,

      1. Bisa. Benar, di Andromax A tidak bisa. Sebab, ponsel itu tidak mendukung layanan CDMA dan EvDO.

      2. Kalau memang akan pakai nomor Smartfren, nggak rugi sih. Lha harga ponselnya lebih murah daripada yang tanpa bundel.

      3. Andromax E2+ dibuat oleh Hisense, bukan Haier. Saya lebih percaya dengan Hisense daripada Haier.

      • Tuxlin says:

        Pantas saja saya cek di pengaturan jaringan di Andromax A tidak ada opsi CDMA/EVDO. kesan pertama menggunakan Andromax A ini kurang greget menurut saya, nggak responsif 😀

        Nah yang saya tanyakan, bagaimana jika Andromax A diluar wilayah jangkauan 4G Smartfren? Kalau Andromax E2+ ini kan turun ke CDMA/EVDO 🙂

        • Herry SW says:

          Pak Tuxlin,

          Seharusnya ya tidak dapat sinyal ya. Namun, saat ini area 4G LTE Smartfren (terutama 850 MHz-nya) sudah luas sih.

  18. Ersan Madjiah says:

    Pak Herry, maaf OOT
    1. Kalau Andromax A, support kartu 4G operator selain Smartfren ndak?
    2. Apakah ada rekomendasi ponsel, dgn budget maks 1.5jt, dengan RAM 2GB dan Internal 16GB (selain Infinix Hot 2)?
    Terima kasih

  19. Richard Surya Darma says:

    Pak Herry,mohon bantuan & saran,bila membeli HP baru di MASTECH,toko mana yg bagus & terpercaya,terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Richard Surya Darma,

      Wah, kalau Mastech terus terang saya tak tahu. Seumur hidup baru satu kali berkunjung ke sana.

  20. liat2aja says:

    1.Ponsel andromax E2+ bila VoLTE nya dimatikan, apakah bisa utk tlp dan sms?? Krn di Andromax A tidak bisa.
    1. Bisa. Benar, di Andromax A tidak bisa. Sebab, ponsel itu tidak mendukung layanan CDMA dan EvDO.

    Maaf ikut nimbrung, artinya Andromax A waktu kita pakai untuk menghubungi operator lain hanya lewat jaringan VoLTE ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      1. Bisa. Ya, kalau di Andromax A tidak bisa karena ponsel itu tidak mendukung CDMA.

      2. Ya. Kalau Anda ingin telepon via nomor Smartfren, VoLTE harus aktif dong.

  21. Virdian tri s says:

    Pak Herry, saya Naksir smartwatch nya, udah pernah direview kayaknya ya

  22. erik says:

    Pak Herry,

    iya Polytron Zap 6 Max itu kalau tidak salah yang berkapasitas baterai besar. Cuma saya lupa dijualnya dimana. Entah erafone atau apa. pokoknya resmi kok. tapi saya cari-cari lagi link-nya kok tidak ketemu ya. hehe.. Nanti kalau ketemu saya share pak.

    Maaf sama mau tanya, kalau mau membalas jawaban dari Pak Herry gimana ya caranya? kok saya lihat komen-komen di atas bisa threaded gitu. sedangkan saya mau balas jawaban pak Herry, tidak tahu caranya.

    terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Erik,

      Hmm… jangan-jangan yang Anda maksud Zap 6 Power nih.

      Lha ini Anda sudah bisa membalas gitu lho.

  23. Ruli says:

    Selamat sore mnjelang berbuka pak hsw,
    Saya terpaku melihat dalah satu foto yg memperlihatkan smartwatch yg sedang dipakai pak hsw, kalo boleh tau smartwatch apakah itu? Boleh tau informasi detil dan hrganya, karena sehubungan dengan saya sedang mencari piranti sandang buat smartphone saya. Trims pak hsw

    • Herry SW says:

      Pak Ruli,

      Itu Huawei Watch W1. Jangan dibeli karena harganya lebay: Rp 5,999 juta. Mending beli Moto 360 2nd Generation deh. Kalau mau yang lebih murah, ada Asus ZenWatch 2.

  24. Budi says:

    pak HSW.. ada rencana review Alcatel flash plus 2??
    kayaknya bagus deh..

  25. Qashmal says:

    Dear pak herry
    Mohon maaf pak seharusnya saya memakai tanda titik. maksud saya rekomendasi hape terbaik di harga 3 jutaan dan 5 jutaan pak, bukan di 1,3 jutaan dan 2,5 jutaan
    Terima kasi

  26. Rommy Lauw says:

    Pak HSW,

    -Hehehe iya Andromax A support LTE/WCDMA/GSM. Sayang banget yg WCDMA ga bisa. Siapa tau bisa unlock hahahahaa
    -kalo andromax A hitam dibuat Hisense,putih Haier.
    -kl gitu mending beli E2+ ya hehehehe
    Terima kasihh Pak HSW.

    • Herry SW says:

      Pak Rommy Lauw,

      * Ha… ha… kalau unlocked keren tuh.

      * Andromax A dibuat oleh Haier semua kok.

      * Iya sih. Tapi, harganya kan memang beda jauh.

      • Rommy Lauw says:

        Berarti saya salah lihat waktu ke WTC, bhw yg andromax A hitam dibuat hisense:(
        Trims Pak HSW

  27. Kevin says:

    Maaf nanya nih pak, kalau pabrik-pabrik HP yang di Indonesia itu sudah membuat HP sendiri dari nol atau “cuma” merakit komponen-komponen yang diimpor dari luar negeri? Soalnya saya agak bingung sama TKDN itu, apa kalau memang rakit aja sudah bisa pas TKDN?

  28. Lukman E says:

    Pak Herry, m’f oot. Sebelumnya bingung mau comment dimana, jd saya tulis disini saja. Sy sudah baca review anda tentang berbagai tipe powerbank Delcell, dan kebanyakan recomended. Saya mau tanya, saat ini ada promo di Lazada powerbank Delcell, berikut link-nya :http://www.lazada.co.id/delcell-turbo-power-bank-real-capacity-10000mah-putih-950766.html
    Pertanyaannya apa powerbank tsb layak beli? Terima kasih,,

  29. Riyanto says:

    Ko Herry mau tanya nih. Gimana caranya biar bisa menjual hp ke penjual hp bekas dengan harga yang agak tinggi? dan benarkah kalau menjual di saat menjelang lebaran tawaran harganya lebih tinggi?

    • Herry SW says:

      Pak Riyanto,

      Bersihkan dulu bodinya biar kelihatan keren. Tatalah kelengkapan penjualan dengan rapi. Jadi, terlihat kalau ponsel itu sangat terawat.

      Intinya itu saja sih. Berikutnya, ya harus rajin keliling mencari tawaran tertinggi.

      Menjual menjelang Lebaran tawaran harga lebih tinggi? Tidak deh.

  30. Miftah says:

    Pak HSW

    Minta saran Smartphone budget 2,5 – 3 jt
    terima kasih

  31. Khairani says:

    maaf pak oot
    saya beli gotune 3 tgl 16 juni 2016, di tgl 21 juni 2016, gotune 3 nya bermasalah, setelah selesai charging, dilayarnya muncul garis-garis dan goyang.
    setelah baca dikartu garansi, 30hari akan diganti unit baru. hp tidak ada jatuh ataupun terkena air.
    mohon infonya pak.

  32. Diana says:

    Maaf sekali koh saya OOT, soalnya gak ada lapak khusus untuk tanya2 sih :3 (malah nyalah-nyalahin,hihi)

    Kalau gak salah kapan hari (saking lamanya saya sudah gak ingat) XL Axiata pernah di tegur kan ya karena menyisipkan iklan di laman web orang lain tanpa persetujuan pemiliknya, itu kasusnya sekarang gmn ya, kok saya masih kerap menemukan sabotase iklan dr XL (saya pakai AXIS). Tidak ada tindak lanjut kah? Atau memang tidak menyalahi hukum ya. Maaf kalau ternyata salah alamat pertanyaannya

    • Herry SW says:

      Bu Diana,

      Yang iklannya tampil sebelum halaman tujuan kita terbuka ya? Belum ada tindak lanjutnya sih.

    • green says:

      Saya juga mengalami iklan tersebut sewaktu membuka web, yang lebih menjekelkan saya gak ikut promo apa apa tiba2 saya dapat notifikasi terdaftar ikut promo spade dan alhasil pulsa saya terkuras. saya pemakai Axis.

  33. Rita says:

    Maaf OOT, saya baru beli asus zenpower, supaya powerbank saya itu tidak cepat rusak, mending sering” dipake charge hp atau dipakenya saat urgent aja (jarang” dipake)?

  34. Anto says:

    Pak Herry SW

    Saat ini saya tertarik Hisense Pureshot, cuma masih agak ragu dg tempat servisnya yg saya cari ternyata tdk ada di Jogja.
    Pertanyaan saya apakah di galery Smartfren juga melayani utk servis Pureshot? Dengan catatan ponsel dibeli di toko lain (bukan di galery Smartfren)

    Kemudian pak Herry adakah rencana review Lenovo Vibe K5+ dalam waktu dekat (akhir juni-awal juli)? Sepertinya cukup menarik dg selisih 250 ribu saja dibanding Pureshot dapat prosesor lebih tinggi, baterai lebih besar dan bonus VR dr promo Smartfren. Cuma masih ragu bisa utk semua operator atau tidak.

    • Herry SW says:

      Pak Anto,

      Benar, di Jogja belum ada pusat perbaikan resmi Hisense. Yang sudah ada di Semarang dan Solo. Dari Jogja sepertinya lebih dekat Solo ya. Tinggal naik Prameks Rp 8.000 sampai deh. 🙂

      Sampai detik ini belum ada rencana menguji pakai Vibe K5 Plus.

      Galeri Smartfren biasanya bersedia membantu. Namun, mereka cuma berfungsi sebagai collection point. Jadi, barang dikumpulkan dulu baru kemudian dikirimkan ke pusat perbaikan resmi Hisense.

      • Anto says:

        Oh gitu ya pak. Makasih banyak infonya 🙂
        Bener sih pak ke Solo naik pramex cuma 8rb, tp pasti di sana pengen nasi liwet, selat Solo, dll jadi habisnya banyak juga. Hahaha

        Btw setelah ubek2 blog pak Herry sekarang saya malah tertarik Infinix Hot 3, dg pertimbangan harga resmi lebih murah 400 ribu dari Pureshot dpt spek mirip, baterai lebih besar, kalahnya di kamera dan kegegasan ya.
        Kamera bkn prioriritas saya, yg penting ga parah2 amat aja. CDMA jg bkn prioritas. Cuma dari kegegasan jg jd pertimbangan penting. Hot 3 kalahnya jauh nggak ya pak kalo dr kegegasan?
        Kira2 secara value for money lebih unggul mana pak dg selisih 400rb?

        • Herry SW says:

          Pak Anto,

          Kalau saya pengin nasi liwet, Soto Gading, dan es gempol. 🙂

          Oh, kalau kamera bukan pertimbangan utama, silakan ambil Hot 3. Oke kok.

          • Anto says:

            Akhirnya tadi malam saya mantap order Hot 3 d Lazada pak.
            Tinggal harap-harap cemas menunggu barang datang, estimasi sampai tgl 27-30 semoga tepat waktu.
            Oya tapi di stok terbaru Lazada barang yg dijual oleh seller Infinix Indonesia kok namanya Infinix Hot 3 Max ya pak? Sementara yg lama tanpa Max, tp sudah out of stock.
            Adakah perbedaannya pak? Karena kalo saya baca di spesifikasi utamanya di Lazada sama aja.
            Kalo saya cari di situs Infinix Indonesia malah nggak ketemu Hot 3 Max.
            Jangan2 ada beberapa sektor yg di-upgrade diam2 oleh Infinix?
            Kamera upgrade setara Zero 3, baterai setara Note 2, harga tetep Hot 3. Mimpinya kejauhan yak.. Hihi :mrgreen

          • Herry SW says:

            Pak Anto,

            Bangun… bangun… jangan bermimpi terus. 🙂

            Konon kamera belakang Hot 3 Max beresolusi 13 megapiksel. Kalau Hot 3 tanpa Max kan 8 megapiksel. Namun, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

  35. Aldyan says:

    Pak, smartphone android harga di bawah 3 juta yang dual LTE di kedua sim cardnya apa saja ya?

    • Herry SW says:

      Pak Aldyan,

      Silakan melirik Infinix Zero 3 dan Asus Zenfone Max. LTE-nya harus bergantian ya. Belum ada ponsel yang memungkinkan dua nomor berada di jaringan 4G LTE secara bersamaan.

      • Kurniawan faizal says:

        Ralat koh, Ada kok Hh yang sudah dual 4G LTE dibawah 3 juta, Yakni Andromax A yang sudah di custom Rom 😀

        • Herry SW says:

          Pak Kurniawan Faizal,

          He… he… acuannya kondisi standar pabrikan, Pak.

          Wah, jadi Andromax A-nya bisa pakai 4G LTE Telkomsel, XL, dan Indosat?

  36. Leo says:

    Pak Herry,

    Kalau remote universal (tv, ac dll) di hp aplikasinya apa ya pak?
    Apakah hanya device tertentu saja?

    Terima kasih,
    salam

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Boleh coba Zaza Remote.

      Ya. Hardware-nya harus mendukung. Salah satu indikatornya, ponsel itu dilengkapi inframerah.

  37. setiawan says:

    Maaf pak OOT
    Hp yang menurut bapak recommended di harga 2-3 jt apa ya pak. Sebutkan 3 ya pak masih bingung milih hp apa hehehe

  38. Ivan says:

    Pak,kalau HP dibawah 2 juta yang terbaik apa ya?
    kalau menurut saya Xiaomi MI4 (bukain mi4i) . karena kualitas flagship di harga yang murah (1.7juta) menurut bapak gimana? secara ini HP kan udah 4G,Ram2GB,Qualcomm Flagship dan tentunya build quality yg tinggi. Kameranya pun bagus. Menurut bapak,apakah HP ini layak?

    • Herry SW says:

      Pak Ivan,

      Saya sih malahan akan langsung mencoret Mi 4. Alasannya, ponsel itu tanpa garansi resmi.

      Dengan anggaran segitu, saya merekomendasikan Hisense Pureshot.

  39. aming says:

    Pak Herry, Xiaomi Redmi Note 3 kan sudah dijual resmi di Erafone, tapi fungsi 4Gnya dilock.
    Apakah mengaktifkan 4G di Redmi Note 3 bisa dengan memasukkan kode2 tertentu seperti di Coolpad?
    Thank you.

    • Herry SW says:

      Pak Aming,

      Caranya agak beda. Namun, maaf, saya takkan menuliskannya di blog. Sebab, saya lihat Xiaomi berusaha mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

      Selama saya tidak menemukan bukti kalau Xiaomi atau distributornya (Erajaya) berusaha membocorkan cara unlock secara diam-diam, saya takkan memaparkannya di sini. Kita patut menghargai kepatuhan mereka.

  40. Djunaedi says:

    Pak herry, brand hi sense itu sdh global brand ya? Kok di gsmarena gak ada merek hi sense. Tp di piala eropa 2016 di pinggir lapangan itu ada papan iklan hi sense. Apakah sama atau tidak ya? Apakah kualitas hidup sense itubagus kuatir harga murah tp nanti sering masuk servis centre repot jg

    Thx

    • Herry SW says:

      Pak Djunaedi,

      Hisense lho, bukan Hi Sense. Itu merek Tiongkok yang sudah melanglang buana ke berbagai negara.

      Benar, Hisense memang menjadi salah satu sponsor Piala Eropa 2016.

      Layanan pusat perbaikan resmi Hisense cukup bagus.

      • Djunaedi says:

        Pak herry, apakah hisense hanya dijual online atau ada toko yg jual di sby? Saya coba cari di wtc blm ketemu. Kalo online di toko online apa?

        Thx

        • Herry SW says:

          Pak Djunaedi,

          Offline juga ada kok. Di WTC ada beberapa penjual. Anda bisa pula membelinya di Galeri Smartfren atau pusat perbaikan resmi Hisense di Ruko Karimunjawa, seberang RS Siloam/Budi Mulia.

          Kalau online, bisa dibeli di buy.hisense.id.

  41. Burhanudin Saefullah says:

    Hisense memang sering menjadi bagian sponsor dari even olah raga berkelas, salah satunya yang saat ini berlangsung, Euro 2016. Pada olah raga tenis, hisense menjadi sponsor utama di Australia Open. Hisense dijadikan nama lapangan utama ke 2 setelah Rod Laver arena. Bangga pakai produk hisense

  42. Edy says:

    Pak Herry saya lagi mau nyari quick charger yang 3.0 menurut bapak mana lebih bagus merek Aukey apa Choetech?
    Dan apakah semua kabel usb itu kompetibel dengan quick charger, atau adakah kabel usb yang memang khusus agar fast carging itu bisa bekerja.

    • Herry SW says:

      Pak Edy,

      Merek Aukey biasanya bagus. Kalau merek Choetech, saya belum pernah tahu.

      Semua kabel USB biasanya bisa dipadukan dengan quick charger. Namun, hanya kabel USB tertentu yang mendukung fungsi quick charging-nya.

  43. Toni says:

    Pak Herry

    Lebih baik membeli infinix hot 3 atau zenfone 2 laser ya?

    Terima kasih

  44. seto says:

    pak herry sya mau tanya

    1. apakah bapak ada rencana review xiaomi note 3 ?

    2. ada tips utk bersihkan layar android ?

  45. Kim says:

    Koh,redmi note 3 kapan direview nih ? Ponsel gahar harga murah

  46. Rita Liem says:

    Teman saya lg bingung, mau beli powerbank, menurut ko vivan slim robot bagus kah? Soalnya paket pembeliannya lengkap, dikasi kepala charger, kabel data dan kabel lightning

  47. Kevin says:

    Saya akhirnya beli Lenovo Vibe K4 Note sih, mudahan saja awet dan gak ada masalah sampai harus ke service center.
    Lumayan bagus sih, tapi saya gak banyak punya perbandingan HP jadi gak tau gimana HP lain dibandingkan Vibe K4 Note ini.

  48. Fauzhal says:

    Sebenarnya, sebagian orang yang “pandai” nggak usah takut menggunakan ponsel Andtomax. Karrna hampir semua ponsel Andromax 4G LTE sudah bisa di Unlock agar supaya dapat menikmati 4G LTE milik operator GSM. Dan cara unlocknya dapat dilihat di berbagai grup FB.

    Tapi itu kembali lagi kepada konsumen, bisa atau tidak dan mau atau tidak untuk meng-unlock nya soalnya ada resiko kalau gagal.

  49. Catur BP says:

    pak Herry,
    saya ingin tanya. ponsel2 yg berfitur NFC dengan harga 3jt yg terbaik apa y?
    terima kasih!

  50. Toni says:

    Pak Herry

    Apakah di ASUS pernah terdengar masalah notifikasi yang telat masuk seperti BBM,email,line?
    Sekarang saya masih memakai xiaomi redmi 2 dan saya mengalami masalah notifikasi.
    sy harus membuka aplikasinya terlebih dahulu agar notifikasinya bisa masuk.padahal app sudah saya lock dan sudah saya set autostartnya.masalah koneksi tidak ada masalah.
    Jadi saya mau membeli zenfone 2 laser ze500kl tapi khawatir masalah notif terjadi lagi.

    Terima kasih

  51. Ihwan says:

    Wah best value nih buat di kisaran harga segitu. Pak herry, review hp polytron zap 6 power doong, kapasitas batre nya 5800mah keren banget kayanya, pioneer buat hp ukuran segitu di harga di bawah 2jt hehe.

  52. Isnina says:

    Salam hangat Ko Herry.
    saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan
    1. bagaimana cara memperlakukan handphone yang baru dibeli ( apakah ada pantangan untuk melakukan suatu hal, atau bagaimana) ?
    2. menurut ko herry setelah membeli handphone baru, baterai harus dihabiskan dahulu baru di charge, atau setelah pembelian langsung melakukan charge?
    3. berapakah waktu yang dibutuhkan untuk menge-charge handphone baru tersebut?

    • Herry SW says:

      Bu Isnina,

      1. Yang perlu diperhatikan hanya cara nge-charge baterainya. Seperti apa? Saya jawab di poin nomor 2 dan 3.

      2. Silakan dipakai dulu sampai low batt. Kemudian, padamkan ponsel dan hubungkan ponsel itu dengan charger. Biarkan ponsel dalam kondisi padam total selama di-charge. Setelah penuh, lepaskan charger, nyalakan ponsel, dan gunakan sampai muncul peringatan low batt. Matikan ponsel, hubungkan dengan charger, dst. Ulangi langkah di atas sebanyak 3-4 kali. Setelah melewati siklus itu, Anda lebih bebas dalam mengisi ulang daya baterai ponsel.

      3. Tidak ada patokan khusus. Intinya, silakan di-charge sampai indikator baterai penuh. Berapa jam? Beda ponsel, beda charger, hasilnya bisa berbeda. Jadi, yang dijadikan patokan adalah indikator baterai, bukan durasi waktu.

  53. Toko Rahmat says:

    Soal unlock, sepertinya sudah ada yang bisa unlock. Kemarin2 lihat ada yg jualan di OLX Andromax A second unlock, bisa jalan di HSDPA operator GSM dan tested.

    Soal Haier dan Hisense, untuk kelas yang sama justru saya memilih Haier, seperti Andromax EC dan Andromax ES kalau sepenilaian saya build quality justru lebih “terasa kokoh” Andromax EC, cuma SC lebih terbatas ya karena hanya bisa di gallery Smartfren.

    Koh Herry kemarin upload foto ponsel Hisense lawas, apakah punya juga ponsel Haier lawas? Haier seri P dulu itu menarik seperti pen gitu bentuknya kecil memanjang, mungkin sekelas Siemens Xelibri tapi ala brand China.

    • Herry SW says:

      Pak Toko Rahmat,

      Oh ok. Thanks infonya.

      Ponsel Hisense lawas? Yang mana ya?

      Oh, sepertinya yang Anda maksud Haier P5 ya?

      • Toko Rahmat says:

        Hisense C289 pak, iya maksud saya Haier P5 dan kawan2nya, itu unik menurut saya untuk desainnya.

        Saya ada beberapa pertanyaan :
        1. Dikatakan Andromax A tidak mendukung CDMA, apakah berarti tidak bisa menelepon / ditelepon dan sms / di sms lewat nomor Smartfren jika tidak langganan Volte?
        2. Jika tidak bisa, berarti rugi dong jika kita paketan Smartplan Limitless? Karena di Smartplan Limitless ada bonus 100 menit dan 100 sms.
        3. Jika paketan Smartfren Unlimited, seburuk apa sih perbandingan kecepatannya dengan Smartplan Limitless jika FUP sudah terlebihi?

        • Herry SW says:

          Pak Toko Rahmat,

          Oh ok.

          1. Ya. Kalau ingin telepon dan SMS, VoLTE harus aktif. VoLTE itu tidak perlu berlangganan dengan membayar sejumlah biaya kok.

          2. Nah, ini yang saya tahu implementasi detail pemotongan kuota voice call-nya gimana. Mestinya tetap memotong kuota itu dulu.

          3. Hmmm… kayak tidur di hotel melati vs Hotel Ibis gitu deh.

  54. david says:

    Pak Herry,
    mau minta saran mifi yg unlock dan bisa utk semua operator dan produsennya yg lumayan terpercaya.
    terima kasih.

  55. Fauzhal says:

    Berikut beberapa nama grup FB ponsel Andromax 4G LTE:

    Group [Official] Andromax R Q Qi Es Ec 4G Lte Indonesia

    [OFFICIAL] Opreker Smartfren Andromax ES C46B2G

    |Unofficial_Group| Andromax Qi G36C1G

    [Unofficial Group] Smartfren Andromax Q – G36C1H

    Official Group Smartfren Andromax R | Hisense I46D1G

    Dll.
    Sebenarnya masih banyak grup FB Andromax. Disana menjelaskan tutorial unlock 4G GSM. Tapi untuk saat ini, yang paling mudah buat di unlock adalah Andromax Q atau Qi kalau tak salah. Tapi ada beberapa orang juga telah berhasil melakukan unlock 4G GSM untuk ponsel Andromax 4G LTE lain. Dan kalau saya dengar, untuk ponsel Andromax A memiliki kelebihan yakni katanya sangat mudah untuk di oprek.

    Tapi hal itu kembali lagi pada konsumen. Karena jika melakukan unlock 4G GSM, maka IMEI nya atau apakah itu akan null. Jadi harus back up dulu. Dan beberapa masalah lainnya. Jadi, untuk melakukan unlock 4G GSM pada Andromax 4G LTE, disarankan hanya untuk konsumen yang “pandai” dalam hal oprek. Dan untuk ponsel yang belum melakykan update firmware, maka disarankan jangan melakukannya, sebab jika telah di update, maka akan sedikit susah untuk melakukan root.

  56. liat2aja says:

    Maaf tanya lagi pak, kalau kartu Smartfren untuk digunakan di Samsung S6 Edge bagaimana, Kalau menurut web Smartfren bisa untuk internet, tapi bagaimana untuk telepon? Dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan kartu nanosim, apakah bisa dengan memotong kartu menggunakan sim cutter untuk kartu GSM?

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencobanya.

      Kartu nano SIM Smartfren sudah mulai tersedia di Galeri Smartfren. Silakan mampir ke sana. Lebih baik Anda minta tukar ke kartu nano SIM, bukan melakukan pemotongan secara manual.

  57. ABDUL AZIZ says:

    Ditunggu review:
    Lenovo Vibe K5+.
    Pembeliannya dibundling dengan Smartfren kah?
    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Abdul Aziz,

      Sampai saat ini belum ada rencana mengulas Vibe K5 Plus.

      Saya tak tahu paket penjualannya dibundel dengan kartu apa.

  58. Iqbal R says:

    Om, mau nanya kalau budget 2jt kbawah, resolusi layar bagus, gegas buka2 aplikasi, 4g LTE, yg lain ga terlalu masalah.. Trims

    • Herry SW says:

      Pak Iqbal R,

      Hisense Pureshot Rp 1,999 juta. Dua juta rupiah kurang seribu rupiah. Jadi, masih di bawah Rp 2 juta kan. 🙂

  59. Toni says:

    Pak Herry
    Tolong rekomendasi smartphone setara atau dibawah zenfone2 laser ze500kl.
    Keperluan sehari” sosmed dan sedikit foto”.
    Sy udah berminat mengambil zenfone2laser ze500kl sih.tapi mana tahu ada usul lain.

    Terima kasih

  60. tony says:

    Koh maap diluar topik. Mau tanya kalo di bawah 2jt yg 4G rekomen apa?! Ram mayan gede..dual sim.. Kamera jg lumayan…heheee. Makasih seblmnya ya koh.

  61. Budi says:

    Selamat malam Pak Herry
    Maaf agak nyimpang, mau nanya untuk harga dibawah 2,5juta menurut pak herry manakah yg layak beli, Asus Zenfone 2 laser ataukah Lenovo A7000Plus,,

    • Herry SW says:

      Pak Budi,

      Zenfone 2 Laser layak beli. Kalau A7000 SE alias A7000 Plus saya tak tahu karena belum pernah mencobanya.

  62. Anto says:

    Malam pak Herry
    Maaf curhat nih
    Hari ini saya sedikit galau, tentang pesanan Infinix Hot 3 Max saya di Lazada status terakhir sdh proses pengiriman. Tapi hari ini saya iseng cek tiba2 saja barangnya menghilang dari Lazada. Harap2 cemas nih tp semoga aja pesanan saya tdk bermasalah.

    Dan barusan cek di situs Infinix untuk model Hot 3 LTE tidak ada tambahan nama Max, tapi ada perubahan spesifikasi kamera belakang benar seperti rumor yg pak Herry bilang kemarin jadi 13 MP.
    Semoga barang cepat datang deh dan ada peningkatan signifikan di kameranya. 😀
    Berikut link Hot 3 terbaru pak, barangkali pak Herry berminat me-review lagi setelah ada upgrade kamera 🙂
    http://infinixmobility.com/smartphone/hot3-lte/

  63. Win says:

    Om herry s wibowo…
    Power bank Delcell note 10500 mah,recomended dr om hsw jd saya beli di lazada. tapi apa dh ada reviewnya. Saya cari diblog ini kok gk ktmu. Trims

  64. Toni says:

    Pak Herry

    Kalau secara pengalaman pribadi pak herry.
    Lebih memilih zenfone2 laser atau hisense pureshot?
    Karena spek kedua smartphone tersebut hampir sama.

    Terimakasih

  65. riyanto says:

    Bung Herry, kalau mau beli Hisense F20 di mana ya? Apa di Galerry Smartften ada dijual? Trima kasih.

  66. hamdan says:

    koh, e2 jika dibanding dengan r2, apakah selisih 500 ribunya sepadan untuk lompat ke r2?

  67. Toni says:

    Pak Herry

    Lebih baik memlilih asus zenfone 2 laser yang seri ZE500KL atau ZE550KL ?
    Apakah pak Herry pernah mencoba smartphone VIVO?

    • Herry SW says:

      Pak Toni,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba ZE550KL.

      Pernah. Namun, tipe-tipe yang terbaru saya belum pernah coba.

  68. Riono says:

    Pak Herry,

    Saya lagi cari HP Android budget dibawah 600 ribu. Kebutuhan untuk Whatsapp, BBM, Youtube, ada Wifi, Minimal 3G, ada Playstore-nya. Kira-kira kalau HP baru merek apa? Kalau HP second merek apa? Mohon rekomendasinya ya Pak. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Riono,

      Dengan kriteria seperti itu, terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi. Sebab, ponsel yang Anda dapatkan takkan mampu memenuhi kebutuhan tersebut dengan baik.

  69. Rini says:

    Pak HSW,review flash plus 2 dong pak. makasih

  70. Alan says:

    Dear ko HSW,
    Andromax e2+ ini pelindung layar pakai apa y? Apa sudah gorilla glas tq

  71. Rini says:

    Oke pak. Di range harga 2jutaan Xiaomi redmi note 3 dengan flash plus 2 nampaknya bersaing ya pak? sama sama pake fingerprint. Oh ya ngomong ngomong flash salenya lazada bikin saya agak pesimis untuk beli flash plus 2. Apakah nanti dijual di toko toko offline?

    • Herry SW says:

      Bu Rini,

      Sepintas bersaing, tetapi feeling saya takkan saling kanibal.

      Toko-toko biasa sudah ada yang menjual Flash Plus 2 kok. Namun, harganya tentu lebih mahal.

  72. liat2aja says:

    Maaf tidak tahu cara menyambung comment diatas, mengenai S6 Edge saya baca di forum Kaskus ada user yg sudah bisa menggunakan S6 Edge utk Smartfren baik internet dan VoLTE. Ini karena ada update firmware baru sekitar seminggu lalu.

    Pertanyaan saya:
    1. Saya lihat di Twitter pak HSW sudah dapat nanosim Smartfren ya pak? Berapa harganya dan kira2 sudah ready di seluruh Indonesia belum ya?
    2. Frekuensi S6 Edge utk Smartfren apakah hanya 2300 atau 850 juga? Saya coba search network manual di rumah saya ketemu dua sinyal Smartfren, asumsi saya kedua frek ada di tempat saya?

    Terima kasih atas jawabannya

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      1. Gratis. Kartu lama ditarik dan diganti dengan kartu nano SIM baru.

      2. Tak tahu. Saya belum pernah mengeksplorasi S6 Edge.

  73. hero says:

    koh ngga mau review samsung j2,j3 dan j5 kah

  74. boing says:

    koh ngga mau review samsung j2,j3 dan j5 kah ?

    • Herry SW says:

      Pak Boing,

      Hmmm… pertanyaan Anda kok sama persis dengan satu orang di atas ya? Orang yang sama, tetapi pakai identitas beda?

  75. Adrian says:

    Pak HSW, boleh tau urutan review selanjutnya apa saja s/d Redmi Note 3? 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Adrian,

      Mau tahu saja atau mau tahu banget? 🙂

      Urutannya Polytron Zap 6 Power, Infinix Xband, lalu Xiaomi Redmi Note 3.

  76. Adrian says:

    Thanks bocorannya pak hehe can’t wait to read 🙂
    Pak, boleh tau apa kriteria pemilihan gawai prioritas yang akan di-review? Karena gawainya sedang kekinian, harga jual kembali masih tinggi, dapat unit demo/pinjaman (dan harus segera dikembalikan), hasil jajak pendapat dari pembaca atau ada alasan lain?
    Btw pak HSW, di ubaya.com kok gak ada lagi acara lelang2an gawai/aksesoris? hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Adrian,

      Campur dari hal-hal yang sudah Anda sebutkan. Bisa juga karena faktor lain. Misalnya:
      * Ponselnya lucu atau unik. Andai besok ada ponsel bergaransi resmi yang berbentuk becak atau Gatotkaca, saya pasti akan me-review-nya. 🙂
      * Ponsel itu saya duga sangat bagus dengan harga rasional.
      * Ponsel itu saya duga sangat jelek.

      Iya, belum ada lelang-lelangan lagi karena saya belum sempat memotret dan mengumpulkan barangnya.

  77. josef nday says:

    pak herry,

    untuk handset kedua sekedar main game dan socmed apakah ada tipe lain smartfren selain E2 ini? mungkin ada saran merk lain dengan kisaran harga yang sama? thanks

  78. Josef nday says:

    Thanks info nya, pak

  79. Ariasty says:

    Sore om Her,
    mau ikut nanya nih
    1. hp dikisaran 1jt-an yg bisa dipakaiin nomor smartfren (selain andromax) apa aja om?
    2. kenapa om herry lebih prefer ke hisense dari pada haier?
    makasih

    • Herry SW says:

      Bu Ariasty,

      1. Hisense Pureshot Lite. Namun, saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      2. Karena barangnya secara umum lebih bagus. Aksesorinya juga lebih mudah didapatkan, meskipun tidak sangat gampang. Terakhir, keberadaan pusat perbaikan resminya lebih jelas.

  80. liat2aja says:

    Maaf pak lanjut OOT mengenai kombinasi Smartfren dan S6 Edge.

    Berhubung saya orang rumahan, saya akhirnya beli kartu Smartfren warna hitam secara online, sepertinya nomor Jakarta. Kartu sampai hari ini. Berikut kisah+pertanyaan saya:
    1. Kartu masih normal tapi sudah ada cut pabrik ukuran micro SIM
    2. Saya punya cutter nano jadi saya coba potong, masuk S6 Edge. No Service dan Emergency Call Only. Kebanyakan sih Emergency Call Service, No Service hanya saat menyalakan dan sehabis mematikan airplane mode.
    3. Setelah tanya mbah Google berkali-kali akhirnya ketemu cara cek yaitu dial *#0011#. Seharusnya bisa Setting juga disana tapi di Galaxy S6 Edge tidak respon. Tapi dari sana ketahuan bahwa saya terkoneksi ke jaringan 2G makanya hanya Emergency Call Only. Padahal di setting S6 Edge sudah set 2G/3G/4G auto
    4. Coba beberapa kode tidak bisa termasuk *#*#4636#*#* akhirnya ketemu program “4G Switcher” di Playstore yg sebenarnya hanya shortcut ke shortcode 4636. Akhirnya saya coba set LTE only disana. Ternyata masih gagal!
    5. Mesti di restart. Sekarang sudah berfungsi. Ini reply dengan paket 12 ribu Smartfren. Hanya di jaringan tetap tertulis No Service dan sinyal lambangnya O disilang.
    6. Speed rendah di rumah saya, tapi yg paling penting ya saat di luar nanti karena di rumah saya biasa pakai Wifi

    Pertanyaan saya: kenapa download aplikasi Smart VoLTE saat registrasi diminta menghubungi 888/ke Galeri Smartfren terus? Bukannya seharusnya langsung aktif? Apakah ada cara mengaktifkannya, saya tidak bisa telpon ke 888 (lebih tepatnya sama sekali tidak bisa telpon dengan kartu Smartfren di S6 saya), buka Live Chat hanya waiting, dan saya terus terang malas ke Galeri Smartfren. Ada solusinya pak?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Liat2aja,

      Tidak langsung aktif. Supaya aplikasi Smart VoLTE yang sudah diinstalasikan bisa dinikmati, fitur VoLTE untuk nomor yang dipakai juga harus diaktifkan di sistem. Karena itulah konsumen diminta menelepon call center atau datang ke Galeri Smartfren.

      • liat2aja says:

        Malam pak,

        Akhirnya fitur VoLTE di kartu saya bisa aktif. Jadi pertama saya aktivasi kartu dulu secara online melalui web Smartfren. Lalu lewat web my.smartfren.com saya contact customer service dan akhirnya sudah diaktifkan oleh CS nya. Saya sudah coba telpon dan sms ke nomor GSM saya dan berhasil. Yg belum saya tes suaranya karena sudah malam hari tidak ada yg bisa saya hubungi hehe. Jadi intinya mau confirm bahwa Samsung Galaxy S6 Edge bisa pakai kartu Smartfren 4G walaupun kartu dipotong dan sinyal diatas O disilang

  81. keke says:

    gambar yg siput bukannya di jepretan asus zenfone max om?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Keke,

      Wow… luar biasa. Anda pengamat siput ya? 🙂

      Jadi, ceritanya, sore itu saya akan membeli roti tawar di sebuah toko roti. Saat sedang memarkirkan sepeda motor, saya melihat siput di dinding. Kebetulan saya membawa dua ponsel, Andromax E2+ dan Zenfone Max. Sebelum masuk ke toko roti, saya memotret siput itu memakai dua ponsel tersebut.

  82. yoga says:

    pak herry saya mau bertanya,,
    di daerah saya belum tercover 4G nya si smartfren,, nah paling adanya EVDO ,,,
    pertanyaan nya bisa gak si andromax e2+ di setting ke Internet ke EVDO atau ke EVDO only?
    sebelumnya saya katakan terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Yoga,

      Bisa pakai EvDO. Namun, saya tak ingat bisa EvDO only atau tidak.

      Boleh tahu Anda berada di kota mana? Sebab, seharusnya di lokasi di mana dulu ada sinyal EvDO Smartfren, sekarang juga telah ada sinyal 4G Smartfren.

  83. yoga says:

    saya tinggal di kota ciamis kecamatan pamarican,, disini sinyal EVDO lumayan,, tapi kalo 4G kurang bagus pak

  84. aghan says:

    Pa numpang tanya dong, saya pake andromax e2+ trus sim 1 nya pake kartu bawaan mifi m2y. Berhubung d rumah saya ga ada sinyal smartfren maka saya ingin mengubah koneksi jaringan nya ke sim 2 (axis) . Tpi setelah di ubah, hp saya ga connect ke jaringan. Padahal data aktif, cuman di icon sinyal nya ga keluar tanda jarimgam aktif. Mohon penceraham nya pak. Trims

  85. Michael Gunawan says:

    pak herry yang terhormat, saya ingin nanya apakah bapak tau dimana tempat yang jual tutup baterai hp ini (smartfren andromax e2+) ? karena punya saya pecah . terimakasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Michael Gunawan,

      Maaf, saya tak tahu. Saran saya, cobalah memesannya di pusat perbaikan resmi Hisense.

  86. Juan Prayudha says:

    Permisi gan mau tanya, selama agan menggunakan Andromax E2 Plus ini pernah ada kendala ga misalnya seperti Bootloop (Belum Keadaan Di Root), Ga bisa beli paket Inet, dll ? . Thanks

  87. Nanda says:

    Permisi mau nanya, waktu lihat dari website Smartfren, data mengenai WIFI kosong. E2+ bisa terkoneksi WIFI kan? Heran saja saya beberapa kosong saat saya compare dengan E2…. THanks

  88. rendra says:

    p.herry

    sy py andromax A….tetapi sebentar saja dipakai sistem ui tidak berkerja. sudah di root 3x di orang yg berbeda tetap tidak bisa. apakah masih bisa diperbaiki?

    tks

    • Herry SW says:

      Pak Rendra,

      Sistem UI tidak bekerja, tetapi kok malahan di-root? Apakah hal itu bisa menyembuhkan masalah? Saran saya, lakukan klaim garansi deh. Semoga tidak ketahuan kalau ponsel itu pernah di-root.

  89. Nurul says:

    Maaf pak sy mau tanya?? Hp sy andromax e2+ bagaimana memunculkan kembali tulisan volte dilayar atasny..kmrm2 sich muncul tp sekarang hilang sendiri..
    Mohon diberi tahu carany???
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Bu Nurul,

      Silakan utak-atik di menu pengaturan jaringan. Saya tak hafal lokasi tepatnya.

      Alternatif lain, saat ponsel menampilkan home screen, tariklah bar notifikasi ke bawah. Akan muncul aneka shortcut. Seingat saya, salah satunya VoLTE. Anda tinggal menekannya satu kali.

  90. Roby Wibowo says:

    Hi pa Herry, saya belum pernah menggunakan hp smartfren dr dulu, sekarang mau mencoba pertama kali tapi bingung pilih type hpnya.
    Apakah andromax E2+ layak beli dengan harga 920 rb, atau ada type yg lain sprt seri Andromax A, E2,Ec,Es,R dengan budget dibawah 1 juta dan sudah 4G mungkin diberikan alasan pertimbangan dibandingkan tipe yg lainnya.
    Tks atas perhatiannya, salam.

    • Herry SW says:

      Pak Roby Wibowo,

      Dengan anggaran di bawah Rp 1 juta, Andromax E2+ menjadi pilihan terbaik. Alasannya, karena itu ponsel dengan spesifikasi tertinggi yang bisa Anda dapatkan dengan dana kurang dari Rp 1 juta.

  91. Muharram S. says:

    Halo Pak Herry,

    Menyenangkan sekali membaca review dari bapak. Serius tapi santai. Tetapi ada satu hal yang masih bikin saya nganjel meminang E2+ ini. Dan sudah saya cari-cari jawabannya di banyak laman review soal E2+. Apesnya, tak saya temui jawabannya.
    Jadi begini, saat ini saya menggunakan Andromax Q. Kebetulan sudah saya lengkapi dengan charger yang mendukung fitur Quick Charge (merk Tronsmart) karena Andromax Q sudah mendukung fitur itu. Nah, apakah E2+ juga sudah mendukung fitur Quick Charge atau belum? Saya sudah sempet tanya ke FB Smartfren, tetapi jawaban yang diberikan berbelit-belit dan butuh berhari-hari u/ menjawabnya. Akhirnya mereka bilang kalo E2+ ini sudah mendukung fitur itu. Tapi, saya ndak yakin. Karena berbelit-belitnya itu.
    Selanjutnya, menurut bapak, apakah afdol saya mengganti Q dengan E2+? Pertimbangan saya murni karena ROM 16GB dan RAM 2GB yang dimiliki E2+ (berbanding 8GB/1GB milik Q). Apakah kombinasi Snapdragon 212 & RAM 2GB itu lebih baik dari kombinasi 410 & 1GB?

    Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Muharram S,

      Saya tak berani memastikan Andromax E2+ mendukung Quick Charge atau tidak. Sebab, saat menguji pakai ponsel itu, saya tak memiliki charger yang mendukung Quick Charge.

      Soal kombinasi yang Anda tanyakan di akhir posting, tak ada hitungan yang bersifat pasti begitu. Firmware dan kombinasi hal lain juga turut menentukan.

      • Muharram S. says:

        Dear, Pak Herry,

        Akhirnya tadi saya mantapkan hati untuk meminang E2+ ini. Dan alhamdulillah, ternyata E2+ mendukung fitur Quick Charge (QC). Di manual book-nya tertera, tetapi tidak disebutkan versi-nya, hanya dituliskan yang intinya lebih cepat 40% dari charging normal (yang tdak mendukung QC). Melihat data 40% itu tampaknya QC yg didukung adalah versi 1.0. Demikian updatenya, Pak.

        Sekalian, kalo boleh, saya usul. Di review-review berikutnya, alangkah baik bila penjelasan apakah HP yang di-review mendukung QC ato tidak, dijabarkan juga. Mengingat itu kan fitur yang urgent menurut saya.

        Sekian, terima kasih atas review-nya dan mohon maaf jika usul saya kurang berkenan. 🙂 🙂

        • Herry SW says:

          Pak Muharram S,

          Terima kasih atas update-nya.

          Terima kasih pula atas usulannya. Kadang saya mengalami kendala dalam mewujudkan hal itu. Sebab, charger yang disertakan dalam paket penjualan tidak selalu mendukung QC.

  92. Muharram S. says:

    Pak Herry,

    Akhirnya saya tetapkan hati meminang Andromax E2+ ini kemarin. Dan sejauh ini, saya cukup puas. Cukup gegas peformanya. Mengenai fitur Quick Charge, E2+ sudah mendukungnya dan tampaknya adalah versi 1.0. Pada manual booknya dijelaskan bahwa mendukung hingga 40% lebih cepat dari charging normal. Merujuk pada Qualcomm, hal ini sesuai dengan profil dari versi 1.0.

    Oiya pak, sekalian mau usul. Bagaimana jika ke depan, disertakan juga perihal fitur-fitur unik dari sebuah produk yang direview (misalnya mendukung Quick Charge).

    Terima kasih, sukses terus u/ Pak Herry dan ponselmu.com. Semoga terus menjadi rujukan bagi dunia gawai di Indonesia.

    • Herry SW says:

      Pak Muharram S,

      Terima kasih atas komentar dan usulnya. Detailnya sudah saya jawab di komentar Anda sebelumnya ya.

  93. rhamdan says:

    Maaf pak sya mau tanya andromax E2 cara ganti memilih jaringan ke gsm caranya seperti apa yh apa ada cara lain lg.

  94. Tatok Fara Fachrio says:

    Pak Herry,

    Saya punya masalah dg e2 saya. Saya isi dual sim card, langganan internet unlimited smartfren, tiba2 saat pemakaian sekitar 500MB an kok data tiba2 pindah ke gsm ya? Jd internet smartfren tidak bisa pakai. Kalau mau pakai internet smartfren, akhirnya kartu gsm saya matikan dulu. Oya saya masih pakai kartu cdma lokal plus. Blm migrasi. Mohon advicenya.

    Terima kasih.

  95. Roby W says:

    Hello Om HSW, sedikit ada pertanyaan kira2 hp 2nd utk andromax E2+ klo dijual 750rb kelengkapan lengkap tapi tanpa bonus kartu kuota apakah mahal / tidak ? Dan utk beli paket kartu smartfren baru yg ada bonus kuota berapa harganya…? Tq

    • Herry SW says:

      Pak Roby W,

      Statusnya barang bekas ya? Terlalu mahal.

      Kalau statusnya barang baru, cuma kartunya diambil oleh pemilik awal, harga segitu baru wajar.

      Kartu perdana Smartfren ada bonus kuotanya, tapi cuma sedikit banget. Saya lupa tepatnya berapa, tetapi pasti kurang dari 1 GB.

  96. Argil says:

    Di smartfren E2+ kok lelet 4G nya boleh tanya gak?padahal di bogor udah kena 4G kan?minta solusinya

    • Herry SW says:

      Pak Argil,

      Saya tak mengetahui performa 4G LTE Smartfren di Bogor. Mungkinkah memang sedang lemot? Kalau iya, biarpun Anda memakai ponsel berharga jual lebih mahal, hasil akhirnya tetap sama deh.

  97. Ramli says:

    Koq E+ saya ga bisa telp atau SMS yah tolong bantuannya dong

  98. Roni says:

    Pa HSw ada hp andromax R plus dengan harga 999.000, dengan spek 5 inchi dan baterai 2.200 mah,, dan yg lainnya sama seperti E2+,, apakah bapak kira2 mau berminat revienwya…Tks

    • Herry SW says:

      Pak Roni,

      Tipe itu langsung masuk ke pasar tanpa peluncuran ya, Pak? Saya malahan terlambat tahu lho.

      Kalau Anda akan meminjamkannya ke saya, saya pertimbangkan untuk review deh.

  99. santianggie says:

    Saya pengguna smartfren E2+,saya mau tanya nih koh…saya memakai dual sim card..slot1 kartu smartfren 4G..slot 2 kartu gsm..yg mau saya tanyakan jika slot 1 tdk dipasang kartu apa bisa digunakan..maksud saya hanya memakai slot 2 saja..mohon infonya ya koh…terimakasih ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *