By

Review Smartfren Andromax-i: Android GSM-CDMA Terbaik 2012

Hingga pertengahan Desember 2012, bagi penulis, HTC Desire VC merupakan ponsel Android dual on GSM-CDMA terbaik sepanjang tahun. Selain unlocked dan bermerek global, kinerja ponsel itu tergolong cukup bagus. Namun, performanya belum layak disebut istimewa karena ia sesekali terasa lamban saat dihujani ratusan email per hari.

Dua minggu berikutnya, pendapat penulis berubah. Desire VC tergusur dari tahta. Dengan memperhatikan kesetaraan antara harga, spesifikasi, dan kinerja, Smartfren Andromax-i alias Hisense AD683G lebih tepat menyandang predikat ponsel Android dual on GSM-CDMA terbaik 2012. Tentu saja, predikat itu sebatas versi penulis. Penulis hanya mencermati ponsel Android dual on GSM-CDMA yang beredar resmi di sini. Plus, acang alias gadget itu wajib sudah penulis uji pakai.

Andromax-i 1

Mengapa Andromax-i? Kita lihat dulu spesifikasinya. Kalau Desire VC memanfaatkan prosesor single core 1 GHz, Andromax-i telah mengadopsi prosesor dual core 1 GHz.

Ketika ponsel tuntas diformat, kapasitas memori Desire VC yang dapat dioptimalkan pengguna terdiri atas 0,91 GB penyimpanan internal (internal storage) dan 93,21 MB penyimpanan telepon (phone storage). Sedangkan di Andromax-i, pada kondisi sama, penyimpanan internal 1,93 GB dan penyimpanan telepon 1 GB. Perhatikan kapasitas penyimpanan teleponnya.

Soal harga, keduanya berbeda sangat tajam. Andromax-i dibanderol Rp 1,199 juta. Segelintir toko mengatrolnya sampai Rp 1,25 juta, sedangkan 1-2 toko nekat banting harga sampai Rp 1,075 juta. Pada saat bersamaan, harga Desire VC termurah yang penulis temukan adalah Rp 2,65 juta.

Dalam hal kinerja, bila Desire VC sempat lemot saat penulis gunakan, hal serupa tak terjadi pada Andromax-i. Ponsel tetap merespons dengan cepat ketika penulis mengajaknya menelusuri ratusan email per hari.

Memang sih… Andromax-i tak luput dari poin minus. Misalnya, Hisense yang merupakan merek asli ponsel itu kalah populer dibandingkan HTC. GPS di Andromax-i juga sangat sulit mengunci sinyal satelit. Kondisi serupa tak terjadi di Desire VC.

Hal lain, selot CDMA Andromax-i hanya dapat dipadukan dengan nomor Smartfren. Untuk berinternet pengguna wajib memakai layanan akses data CDMA. Sementara itu, Desire VC berstatus unlocked dan pengguna dapat berinternet via layanan akses data CDMA maupun GSM. Namun, kalau pun aneka sisi minus Andromax-i dikumpulkan, skor akhirnya tak mengubah keadaan. Andromax-i tetap lebih sepadan dan layak beli.

Andromax-i 2

Andromax-i yang bersistem operasi Android 4.0 ICS tersedia dalam dua pilihan warna bodi, hitam dan putih. Spesifikasi lain ponsel itu, di antaranya, Wi-Fi, bluetooth, RAM 512 MB, ROM 4 GB, layar sentuh kapasitif IPS 480 x 800 piksel, dan baterai 1.630 mAh. Ada pula radio FM yang siarannya bisa direkam.

Ponsel dengan kemampuan Wi-Fi tethering dan bluetooth tethering itu dibekali sepasang kamera. Kamera di bagian belakang memiliki fitur autofocus, tetapi tanpa lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video VGA. Spesifikasi kamera di sisi depan lebih rendah. Kamera tanpa autofocus maupun lampu kilat itu sanggup memproduksi foto 1,3 megapiksel dan klip video VGA.

Sedikit bocoran, biarpun sebenarnya dikunci, ada pihak tertentu yang telah sukses menginjeksikan nomor Flexi ke Andromax-i. Ada pula yang berhasil mengubah pengaturan sehingga nomor GSM di ponsel itu bisa dipakai berinternet. Risiko modifikasi tersebut, garansi hangus dan bisa dituding melakukan tindakan ilegal.

83 Responses to Review Smartfren Andromax-i: Android GSM-CDMA Terbaik 2012

  1. fat says:

    mantap kayaknya ni

  2. ga_kpfsby says:

    Siangg…

    Htc VC krg layar krg responsif om, ada lag sekian detik nya

    Kl blh tau, yg paragraf bagian terakhir itu, dimana om yg bisa unlock nya (alamat/ toko yg bisa lakuin nya)?

    Hehehehehe

    Thx om

  3. budi says:

    bagaimana ketahanan baterenya ko herry? Yg saya baca diinternet dgn pemakaian standar (sesekali tlp, 10-20sms, game 30mnt, internet standby), dgn pemakaian seperti itu batere hanya sanggup bertahan 4-6jam jadi dlm sehari minamal 3x charging????

  4. markejon says:

    finally di review jg…

    makasih pak HSW

  5. Herry SW says:

    Pak ga_kpfsby,

    Kalau baru dipakai, HTC Desire VC tak terasa lag. Namun, setelah aktif dipakai selama beberapa hari, benar.. ia mulai terasa lemot.

    Soal inject Flexi, silakan dicari di internet dengan bantuan Google. Saya tak berani menyebutkan karena aspek legalitasnya masih bisa diperdebatkan.

  6. Herry SW says:

    Pak Budi,

    Kalau aktif dipakai berinternet, sehari nge-charge dua kali. Kalau intensitas pemakaian tak terlalu tinggi, cukup satu kali charging.

    Mungkin yang sehari nge-charge tiga kali itu telah mengajak Andromax-i bekerja superkeras.

  7. melisa says:

    hasil kameranya apakah bagus pak? karena saya punya pengalaman, kamera hp china 8 mp+flash+autofocus kalah jernih dengan kamera samsung 3,15 mp tanpa autofokus dan flash

  8. Herry SW says:

    Bu Melisa,

    Jangankan kamera Samsung yang 3,15 MP. Saya pernah membandingkan hasil jepretan kamera Sony Ericsson dua megapiksel dengan kamera ponsel merek “aneh” yang delapan megapiksel. Hasilnya, kamera yang dua megapiksel menang telak.

    Terkait kamera Andromax-i, kamera belakangnya cukup bagus. Sedangkan kamera depannya jelek.

  9. Abdi says:

    Pak Herry

    Bgaimana dengan internal storage, baik andromax-i maupun htc d-vc, sama2 4 GB, namun yang dapat dioptimalkan tidak sampai 1/2-nya, kemana kah sisanya, apakah OS&app.bawaan-nya membutuhkan storage sekitar 2 GB atau lebih?
    terima kasih

  10. victor says:

    Malam ko Herry,

    Soal harga Andromax i, boleh minta info. Dimana toko (di WTC atau Plasa Marina – sby) yg jual Andromax i dengan harga agak miring ( dibawah 1,1 jt ).

    Terima kasih banget atas infonya.

  11. fat says:

    pak hery kalau disuruh milih, bpk pilih andromax-i atau tipo dual

  12. Herry SW says:

    Pak Abdi,

    Ya, seharusnya terpakai untuk sistem operasi dan aplikasi bawaan. Saya tak tahu pasti keduanya sebenarnya memerlukan memori sebesar apa.

  13. Herry SW says:

    Pak Victor,

    Yang sempat saya lihat menjual di bawah Rp 1,1 juta adalah gerai Apollo. Saya kurang mengetahui kondisi terkini.

  14. Herry SW says:

    Pak Fat,

    Saya lebih memilih Xperia tipo dual. Responsivitas ponsel itu sebenarnya tak sebagus Andromax-i. Tetapi, normalnya CDMA di Andromax-i kan dikunci Smartfren.

    Nah, performa Smartfren saya lihat terus memburuk. Jadi, biarpun dua kartu, ketika saya memakai Andromax-i, seolah saya hanya memakai ponsel satu kartu.

  15. ukub says:

    saya ingin menambahkan minus
    1. kamera baik kamera belakang dan depan kalau cahaya di sekitar kita kurang terang jangan berharap lebih, tipikal pocin lokal
    2. ketika akan mengakses kamera terdengar sayup sayup bunyi “kletek” ini kata yang di forum sih normal, katanya kamera akan autofokus
    3. data smartfren sendiri entah sampai kapan akan sesuai dengan tag iklan mr kwik anti lelet
    4. agak sering browser bawaan force close bahkan kalau opera mini ketika akan dijalankan di background hampir dipastikan force close

    plusnya 1. harga dibandingkan dengan spesifikasinya untuk saat ini (lawan pocin lokal sekalipun) masih layak dibeli
    2. ada gratis data 1 giga setiap isi ulang 50000, totalnya 12 kali pengisiian pulsa 50000

  16. Herry SW says:

    Pak Ukub,

    Terima kasih atas sharing-nya. Saya respons sebagian ya.

    *** Sisi minus
    1. Kamera belakang kalau pencahayaannya memadai bisa menghasilkan foto yang relatif bagus. Di atas rata-rata merek lokal buatan China. Tapi, Andromax-i ini sebenarnya tergolong merek China sih. Hisense kan merek China. :)

    Kamera depan, menurut saya, buruk.

    2. Nah ini dia. Saya pernah dapat info (jangan-jangan dari Bapak ya?) kalau ada bunyi seperti itu. Saat mencoba Andromax-i, saking penasarannya ponsel sampai saya dekatkan ke telinga. Namun, saya masih gagal menemukan bunyi “kletek”.

    3. Iya. Di tempat saya juga masih stabil “I Love Slow”.

    4. Yang ini kebetulan belum pernah mengalami.

    *** Sisi Plus
    2. Bagi saya bonusnya ini agak setengah hati ya. Ujung-ujungnya kan sebenarnya meningkatkan pendapatan Smartfren dari pengisian pulsa.

  17. Abufaiz says:

    Wah, kalau internetnya bisa pakai yang gsm kabar bagus tu pak, tapi jaringannya sudah 3.5G atau masih Edge?

  18. Herry SW says:

    Pak Abufaiz,

    Hanya GPRS.

  19. dhan says:

    pak Herry, saya perhatikan dalam setiap tulisan, selalu menyertakan data memori setelah diformat.. apakah ada alasan khusus sehingga memory nya harus diformat? apa ya pengaruhnya?

  20. rinto says:

    re: dhan
    dengan format memori akan terlihat brapa memori yg tersisa untuk penyimpanan data apalagi jika belum terhubung dengan memori ekternal. dgn android kita juga bisa pindah data di RAM ke memori untuk memuat aplikasi lebih banyak.

  21. Herry SW says:

    Pak Dhan,

    Salut. Anda tampaknya sangat cermat. Benar, saya biasanya menggunakan tiga alternatif kalimat ini:
    * Kapasitas setelah ponsel diformat, atau
    * ketika ponsel dalam kondisi segar, atau
    * saat ponsel kali pertama diaktikan

    Ketiganya sebenarnya ingin mengungkapkan hal yang sama, yaitu kondisi kapasitas memori ketika ponsel belum dipakai. Entah dipakai untuk memotret, email, atau menginstalasikan aplikasi tambahan.

    Jadi, sebenarnya bukan berarti ponsel harus diformat dulu sebelum dipakai.

  22. irfan says:

    pak Herry,

    Tanpa melihat cdma-gsm dan gsm-gsm jika dibandingkan dgn lenovo s560, lbh baik yg mana?

    terima kasih

  23. Herry SW says:

    Pak Irfan,

    Tanpa melihat perbedaan dual on-nya dan harga ya. Saya pilih Lenovo S560. Kamera lebih bagus, radio FM bisa didengarkan tanpa menancapkan handsfree, dan suara sedikit lebih mantap.

  24. Adrian says:

    Pak Herry, saya baru baca berita Alcatel Onetouch D662, Android Dual-SIM (CDMA & GSM) baru diluncurkan dengan bundling Simpati & Telkomflexi (http://www.tabloidpulsa.co.id/news/6248-alcatel-onetouch-d662-android-dual-sim-cdma-a-gsm-kini-hadir-di-indonesia-) yg kayaknya akan head to head dgn Andromax-i ini. Nah karena belum di-review maka berdasar pengalaman Pak Herry, gimana track record produk Alcatel selama ini? Kualitas, purna jual dll apakah layak dipertimbangkan? Trima kasih

  25. exel says:

    pak nanya dikit..

    sebagian di daerah saya kan belum terjamah sinyal smartfreen..nah pada waktu sinyal smartfreen hilang apakah GSM masih bisa digunakan,secara tanpa kartu smartfreen hp ndak bisa buka kartu GSMnya..

  26. Herry SW says:

    Pak Adrian,

    Benar, saya memang belum pernah mencoba Alcatel One Touch D662. Saya sudah mengetahui kalau ada ponsel itu, tetapi saya coba cari belum dapat.

    Kualitas ponsel Alcatel selama ini cukup bagus. Purna jual sih biasa banget karena konon prinsipalnya sendiri agak angin-anginan. Yang jadinya repot malahan distributor resminya di sini.

  27. Herry SW says:

    Pak Exel,

    Wah, pertanyaan ini di luar dugaan. Saya waktu mencoba Andromax-i tak menguji sampai sejauh itu.

    Teman-teman pengguna Andromax-i yang memantau thread ini, tolong diuji coba dong. :)

  28. Baim says:

    om herry

    kenapa kartu gsm saya tidak bekerja di HP andromax ini ya? di menu selalu ada tulisan tidak ada layanan jika kita mencoba menelefon dengan gsm juga muncul tulisan tidak ada jaringan itu kenapa ya? thx before di tunggu balesan nyaa :D

  29. Herry SW says:

    Pak Baim,

    Kalau di menu ada tulisan “tidak ada layanan”, otomatis Bapak akan gagal saat melakukan panggilan keluar. Nah, sekarang kita harus mencari penyebab munculnya tulisan “tidak ada layanan” itu. Ada beragam kemungkinan. Di antaranya:

    * Kartu SIM terpasang tidak sempurna. Misalnya, terbalik.
    * Kartu SIM telah terpasang sempurna, namun kartu itu dilengkapi PIN dan kebetulan PIN belum dimasukkan.
    * Lokasi Anda kebetulan belum termasuk dalam area layanan operator seluler yang Anda gunakan.

    Silakan coba dicermati satu per satu dulu, Pak. Kalau masih kesulitan, mampirlah ke Galeri Smartfren terdekat.

  30. saputro says:

    Pak Herry SW
    Jadi, dengan harga 1,2 juta, apa hp ini memadai untuk penggunaan internet?
    Bagaimana kualitas dari gsm nya? Seperti telpon dan sms? Apa lancar yang cuma berada di jaringan 2G?
    Terima kasih,

  31. Herry SW says:

    Pak Saputro,

    Di daerah Anda biasa beraktivitas, apakah performa layanan internet Smartfren cukup bagus? Kalau iya, berarti ponsel itu memadai untuk berinternet. Namun, bila Smartfren di daerah Anda buruk, berarti Andromax-i bukan pilihan bijak.

    Untuk GSM-nya, sekadar untuk telepon dan SMS di jaringan 2G baik-baik saja kok.

  32. Ranty says:

    Salam Kenal Pak Herry SW..
    Saya Newbie tergiur dg andromax-i dan Axioo picopad 5 new.. menurut pengujian bpk mana yg lebih OK..
    ketertarikan dg andro agak letoy krn di KalTeng blm masuk layanan smartfren (Flexi Only)..
    mohon pencerahannya PAk..

    Terimakasih byk :D

  33. andi says:

    msh khas ponsel cina, lagnya msh cukup terasa

  34. dhan says:

    pak Herry, meski bukan CDMA-GSM dan belum dual core, Cross A2 nampaknya menarik untuk direview untuk pembanding teman-teman dengan bujet terbatas.
    salam

  35. Herry SW says:

    Bu Ranty,

    Saya belum pernah mencoba Axioo Picopad 5. Jadi, tak bisa memberikan rekomendasi beli atau tidak beli.

    Untuk Andromax-i, kalau di lokasi Anda belum ada layanan Smartfren, mending jalan ambil Andromax-i deh. Sebab, ponsel itu kan CDMA-nya dikunci Smartfren. Memang sih ada yang sudah bisa “menjebol”. Namun, masih cukup ribet.

    Ponsel Android GSM-CDMA yang benar-benar unlocked saat ini ada dua:
    1. HTC Desire VC
    Harga baru saat ini sekitar Rp 2,6 juta. Saya pernah me-review-nya. Silakan cek di http://ponselmu.com/melenggang-sendiri-di-pasar/

    2. Alcatel one touch D662
    Ini barusan memasuki pasar. Harga Rp 1,199 juta. Saya belum berhasil menemukan toko yang punya stok.

  36. Herry SW says:

    Pak Dhan,

    Terima kasih atas informasinya. Cross A2 apakah barusan muncul ke pasar? Berapakah harga ritelnya?

    Kalau nggak terlalu tinggi, mungkin saya akan iseng meminangnya. Namun, kalau harga jualnya tinggi, saya harus berpikir ulang. Sebab, harga jual ponsel Cross bekas selalu terjun bebas.

  37. rendra says:

    hadeh….byk bngt kekurangan nya…

  38. dhan says:

    cross a2 mungkin baru bulan desember munculnya, mungkin setelah a10.. harganya nggak nyampe 1,2 jadi sebanding lah dengan andromax atau zte fantasy yg bundling..
    kayanya yg harganya ga beda jauh untuk pocin sejenis alias lawannya adalah imo s88 (lebih mahal krn processornya dual)

    kalo sempet liat speknya sih lumayan, udah 1ghz, 5 inch dst..

    mungkin menarik untuk direview persaingan pocin di low budget – high spec

  39. Herry SW says:

    Pak Dhan,

    Terima kasih atas informasinya. Kalau begitu, besok coba hunting Alcatel one touch D662 atau Cross A2 deh. Tergantung mana yang didapat lebih dulu.

  40. RahmadiGresik says:

    Pak HSW, saya tunggu review D662 dan A2, semoga huntingnya dapat dua-dua nya

  41. Herry SW says:

    Pak RahmadiGresik,

    Salah satu saja, Pak. Mana yang ditemukan lebih dulu deh. :)

  42. Ranty says:

    ok pak makasih banyak :D

  43. dhan says:

    Belum lama selesai review andromax-i… sebentar lagi muncul lagi andromax-u
    wah wah…

  44. RahmadiGresik says:

    Lho yang di review kok bukan OT D662 atau Cross A2 ?

  45. david says:

    sudah muncul andromax-u, bisa mulai di lihat di jakarta tgl 9 februari (menurut info di website smartfren sih)

  46. Herry SW says:

    Pak Dhan,

    Andromax U-nya masih ada di laci nih. Kalau tak ada halangan, review akan mengudara di blog ini pada 13 Februari 2013.

  47. Herry SW says:

    Pak RahmadiGresik,

    Dari hasil perburuan, yang saya dapatkan Alcatel D662. Cross A2-nya nggak nemu.

    Review D662 akan mengudara di Ponselmu.com pada 6 Februari 2013.

  48. Herry SW says:

    Pak David,

    Di laci sudah ada satu unit Andromax U warna hitam nih. :)

  49. dhan says:

    Lacinya pak Herry penuh HP haha

  50. anto says:

    g sabar nunggu review andromax u,mungkin bisa di percepat pak. n tolong di compare sama leovo s560.makasih

  51. Herry SW says:

    Pak Dhan,

    Ha.. ha.. nggak juga kok.

  52. Herry SW says:

    Pak Anto,

    Tak bisa dipercepat karena Andromax U-nya kan harus dicoba-coba dulu. Hampir pasti tidak saya komparasikan dengan S560. Saya mungkin akan menyinggungkannya dengan Andromax-i, Alcatel D662, dan HTC Desire VC.

  53. sandi says:

    Klo mnurut saya plus mnus itu gak papa klo d lihat dr harganya sepadan lahhhh…. dr pd pocin lai. Ato dngan android lain. Bandingkan jg harganya bro….

  54. nanda says:

    Maaf pak herry mw tanya!! Andromax I or U bisa di pakai flashdisk gx?? N gimana kinerja ponsel ??ª?? Trims

  55. nanda says:

    Misal nya buat mengirim email dari data yang di flashdisk bisa tidak?? ????????? program Word, excel n Powerpoint gx Mas!! Trims

  56. Herry SW says:

    Pak/Bu Nanda,

    Ini berarti maksudnya fitur USB on the go memakai aksesori tambahan yang dijual terpisah ya. Seingat saya, saya tidak pernah mencoba kemampuan itu di Andromax U maupun Andromax-i.

  57. zaki says:

    sepakat sama review anda pak herry. saya jg pemakai andromax i semenjak peluncuran pertamanya. minusnya saya rasa tercover dengan harganya.
    saya ada 2 pertanyaan ni:
    1. ketika menjalankan musik player, sering terjadi lag 2-3 kali disetiap lagunya. apakah hal ini terjadi juga di andromax i yg anda review??
    2. sering muncul folder thumbmail di folder DCIM memory card yg isinya ‘thumbdata blabla’ yang mana kapasitas filenya sebesar free space dari memory external kita. dimana hal ini menyebabkan kamera tidak bisa digunakan sebelum file itu dihapus. apa ya pak penyebabnya??

  58. Herry SW says:

    Pak Zaki,

    1. Saya tidak mengalami hal tersebut. Lagunya disimpan di kartu microSD atau memori internal, Pak? Kalau di kartu microSD, coba dites dengan memindahkan beberapa lagu ke memori internal, lalu diputar dari sana.

    2. Maaf, saya kurang tahu.

  59. alfirdausy says:

    andromax-i VS advance s5 A, kira-kira mana yg lebih unggul?

  60. Herry SW says:

    Pak Alfirdausy,

    Maksudnya Advan (bukan Advance) S5 ya, Pak? Saya belum pernah mencobaya.

    Kalau memungkinkan, sebaiknya mengurungkan niat membeli ponsel merek Advan, Cross, Mito, dll.

  61. natasha says:

    mw ty sedikit pak saya punya hp x177 yg lama pas masuki kartu cdma saya tulis….kartu salah ????kenapa yah pak??? trus hp satunya lagi saya cas kok nggak ada gambar baterainya ????? hp tersebut sdh lama tidak terpakai kira – kira 3 tahun ditolong dong bos.

  62. Herry SW says:

    Bu Natasha,

    Saya coba jawab satu per satu ya.

    1. Tentang X177, apakah kartu yang Anda masukkan adalah kartu lama yang dulu rutin dipadukan dengan ponsel itu? Kalau iya, mungkinkah nomor itu sudah hangus?

    Kalau kartu baru, coba dicek kartu baru itu apakah bisa bekerja di frekuensi 1900 MHz. Sebab, X177 seingat saya merupakan ponsel CDMA single band 1900 MHz.

    2. Selama tiga tahun tidak digunakan, baterai dibiarkan terpasang di ponsel atau dilepas? Saya curiga daya baterai sudah sangat lemah sehingga tidak bisa di-charge lagi.

  63. ryan says:

    tnya pa ni saya pkai andromax u tp sinyal d kartu dua sim tdk muncul knapa yaaa …ksh solusinya,mksg

  64. Herry SW says:

    Pak Ryan,

    GSM maupun CDMA sama-sama tidak mendapatkan sinyal? Sebelumnya normal? Kalau jawaban atas dua pertanyaan itu “iya”, coba lakukan factory data reset dulu. Bila hal itu tidak menyelesaikan masalah, silakan berkunjung ke Galeri Smartfren terdekat.

  65. asep says:

    ma.af bapak2 semua yg tau tentang hp.
    di tempat saya kan ga ad jaringan smartfren apakah bisa smartfren andromax i aktip gsm nya sedangkan yg smart ga ad jaringan nya…terima ksh

  66. Herry SW says:

    Pak Asep,

    Seingat saya, tidak bisa. Rekan lain yang sedang memakai Andromax-i mungkin bisa melakukan uji coba singkat untuk membantu Pak Asep.

  67. Michael says:

    Bagaimana dengan kinerja saudaranya, New Andromax i pak Herry? apa saja kelebihannya dibandingkan Andromax i? Terima kasih sebelumnya

  68. Herry SW says:

    Pak Michael,

    Saya belum pernah mencoba New Andromax-i.

    Di atas kertas, perbedaannya dibandingkan Andromax-i:
    * Biarpun ukuran dan resolusi layar sama, tampilan layar diklaim lebih bagus.
    * Sistem operasi sejak awal langsung Android 4.1 Jelly Bean.
    * Kamera dilengkapi lampu kilat.

  69. ian says:

    bos, gsm andromax i saya kl buat panggilan keluar ga bisa, dan ada tulisan acm melebihi batas, trus coba pinda hp bisa bwt panggilan kelur, ada apa di ndromax i saya ya@?

  70. Diky Hardi Cahya says:

    permisi..mau tanya nih….kamera pada andomax-i apa memaang tidak sejernih new andromax-i?? krn pengalaman sy kok hasil pada andromax-i tidak sebagus pada new andromax-i…mohon infonya…kalau memang pengalamN user2 disini tdk spt sy mka rencana akan sy bw ke conter smart untuk di cek…

  71. Herry SW says:

    Pak Diky Hardi Cahya,

    Saya belum pernah mencoba New Andromax-i sehingga tak mengetahui kinerja kameranya bila diadu dengan Andromax-i.

    Rekan-rekan yang memantau thread ini, tolong Pak Diky dibantu ya.

  72. jinputhai says:

    pak herry mw tnya ni..
    ko hp smrtfren andromax i saya wktu internet d’aktifin truz yg krtu gsm’a g bisa trima sms & blz sms..
    truz klw d’tlp k gsm jringn d’luar jangkauan..
    tp klw mz k cdma’a bsa..
    tu kira” knp ya..
    mhon ptunjuk’a..

  73. Herry SW says:

    Pak/Bu Jinputhai,

    Maaf, lain waktu bila bertanya mohon ketikkan pertanyaan dengan utuh ya. Jangan disingkat-singkat. Saya bingung saat membacanya.

    Ada beragam menu yang perlu dicek untuk menelusuri kasus Anda. Langkah termudah, lakukan factory data reset saja.

  74. Jex says:

    p Herry,

    mau tanya, kenapa kartu tri di andromax i, tdk bisa dipanggil, tapi bisa manggil keluar. apa ada settingannya ?
    padahal kartu tri nya kalau di gadget lain tdk ada masalah.
    sedangkan yg smartfren jalan normal.

    thx
    Jex

  75. Herry SW says:

    Pak Jex,

    Terus terang saya bingung menjawabnya. Kasusnya sangat aneh. Seharusnya tak ada pengaturan khusus. Kalau yang dipasangkan nomor GSM selain Tri apakah mengalami hal sama?

  76. toncil says:

    kok smartfren andromax-i saya ga bisa ngecharge ya? padahal indikator charger jalan terus.. tapi persentase baterai melemah terus..
    udah ganti baterai tapi masih sama

  77. Herry SW says:

    Pak Toncil,

    Cobalah men-charge memakai charger dan kabel data lain. Bila masih gagal, silakan membawanya ke Galeri Smartfren.

  78. m zaenal asrofi says:

    agan semuanya ja,saya mau nanya. andromax i saya kog layarnya gak bisa nyala ya.tpi masih tetep bisa digunakan. layarnya mati tapi kalo digunakan masih fungsi touch screen nya????

  79. Herry SW says:

    Pak M. Zaenal Asrofi,

    Maaf, mohon lain kali tidak menggunakan kata sapaan “agan” atau “gan” di blog ini.

    Mungkin LCD ponsel Anda bermasalah. Untuk memastikannya, bawalah ke Galeri Smartfren terdekat.

  80. burhan says:

    omm
    numpang nanya nech.
    andromax i saya punya masalah
    khusus untuk gsm tidak bisa melakukan panggilan kluar dan selalu beralih cdma yang jadi melakukan panggilan.tapi selain itu bisa.sms ok.panggilan masuk juga ok
    makasih omm sebelumnya

  81. Herry SW says:

    Pak Burhan,

    Saya lupa struktur menu Andromax-i seperti apa. Saya coba berikan panduan berdasarkan tampilan di Andromax i2 ya. Mungkin sama atau hanya berbeda sedikit. Anda tinggal menyesuaikannya.

    * Dari halaman utama, masukklah ke settings, lalu dual on settings.
    * Perhatikan preferred SIM settings. Tekan voice/USSD/MMI, lalu pilih always ask.
    * Selanjutnya, setiap kali akan menelepon, seharusnya Anda dapat memilih akan menggunakan nomor CDMA atau GSM.

    Kalau langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, cobalah melakukan factory data reset.

  82. burhan says:

    makasih om sarannya
    kalo melakukan factory data reset brati aplikasi ilang smua ya om

  83. Herry SW says:

    Pak Burhan,

    Ya, data hilang. Ponsel kembali seperti kondisi semula, seolah baru keluar dari kardus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>