By

Review Smartfren Andromax U: Disangka Xperia atau Optimus

Tak ada yang dapat menyangkal kalau tahun lalu Smartfren merupakan operator CDMA paling agresif di negeri ini. Mereka gencar menawarkan aneka promo layanan sekaligus rutin menghadirkan aneka acang alias gadget CDMA terbaru.

Akankah tahun ini Smartfren kembali tampil menjadi operator CDMA teragresif? Belum bisa dipastikan. Sebab, rentang waktu menuju 31 Desember 2013 masih sangat panjang. Yang telah terbukti, di awal tahun ini Smartfren tidak tiarap. Operator CDMA yang identik dengan warna merah itu baru saja memperkenalkan Smartfren Andromax U.

Andromax U-1

Andromax U merupakan ponsel Android dual on GSM-CDMA. Tampilan fisiknya terlihat elegan dan bukan murahan. Bezel krom di sekeliling bodi mencuatkan kesan mewah.

Tanpa melihat logo Smartfren atau diberi bocoran lebih dulu, seseorang yang disodori Andromax U mungkin bakal menyangka ia adalah ponsel Sony seri Xperia. Sebagian orang lagi mungkin akan menebaknya LG Optimus seri L. “Ini LG tipe apa?” tanya seorang mantan pengguna LG Optimus 2X yang kini beralih ke Samsung Galaxy Note.

Layar sentuh kapasitif Andromax U berukuran 4,5 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Layar IPS itu telah mengadopsi teknologi One Glass Solution (OGS) sehingga layar tetap enak dipandang mata ketika dilihat dari berbagai sudut. Tampilan layar ponsel saat menyajikan gambar dan tulisan berlatar belakang gelap jauh lebih prima daripada ketika menampilkan gambar dan tulisan berlatar belakang terang.

Menurut penulis, huruf yang tersaji di layar Andromax U terlalu tipis. Hal itu sangat terasa kala penulis yang mengenakan kacamata minus tujuh membaca email maupun SMS. Sayang, di menu ponsel tak ada pilihan untuk mengatur tampilan huruf supaya lebih tebal atau bold.

Andromax U-3

Di bawah layar terlihat ada garis putih memanjang. Itu merupakan lampu notifikasi yang bisa memendarkan cahaya beragam warna. Misalnya, ia menyala biru saat ada panggilan telepon tak terjawab, SMS baru, dan email baru. Ketika baterai ponsel sedang diisi ulang, lampu notifikasi akan berwarna putih kekuningan. Warna lampu otomatis berubah menjadi hijau bila proses charging telah selesai. Lain waktu, bila daya baterai yang tersisa kurang dari 15 persen, lampu notifikasi akan menyala merah.

Permukaan penutup baterai Andromax U tergolong mengilap. Sidik jari pengguna dengan sangat mudah akan menempel dan meninggalkan jejak di sana. Sehingga, penutup yang glossy itu sehari-hari bakal tampak kurang bersih.

Bila penutup baterai dibuka, di bagian atas ponsel spontan terlihat tiga selot. Ada selot microSD, micro RUIM, dan mini SIM. Selot microSD ponsel itu siap dipadukan dengan kartu memori berdaya tampung sampai 32 GB. Sedangkan selot micro RUIM-nya hanya bisa mengenali kartu Smartfren. Pengguna Andromax U yang ingin menggunakan nomor lama bisa memotong kartu RUIM yang dimilikinya atau melakukan penggantian di Galeri Smartfren terdekat.

Sementara itu, selot paling kanan dapat diisi dengan kartu mini SIM operator GSM apa pun di Indonesia. Tak perlu bingung dengan istilah mini SIM. Kartu mini SIM adalah kartu SIM berukuran standar yang selama ini rutin digunakan di beraneka merek dan tipe ponsel.

Nomor CDMA yang diselipkan ke Andromax U dapat dipakai untuk bertelepon, ber-SMS, dan menikmati layanan akses data berbasis EvDO rev A dengan kecepatan unduh sampai 3,1 Mbps. Bagaimana dengan nomor GSM-nya? Tak seperti Andromax-i yang melarang pengguna berinternet via nomor GSM, Andromax U memperbolehkannya. Namun, pengguna hanya bisa menikmati layanan akses data GPRS/EDGE. Pengguna tentu juga bisa bertelepon dan ber-SMS memakai nomor GSM.

Ponsel bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang dijanjikan kelak bisa di-update ke Android 4.1 Jelly Bean itu dibekali sepasang kamera. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Sedangkan kamera depan yang tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat sanggup memproduksi foto dua megapiksel dan klip video VGA.

Prosesor dual core Qualcomm Snapdragon MSM8625 1,2 GHz, RAM 768 MB, baterai lithium ion 1.800 mAh, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain Andromax U. Dibandingkan seluruh acang Android yang pernah ditawarkan Smartfren, GPS Andromax U pantas diberi predikat paling andal. Sejak diaktifkan, GPS-nya hanya memerlukan waktu sekitar sepuluh detik untuk mendapatkan sinyal satelit dan mengunci lokasi.

Spesifikasi lain Andromax U, di antaranya, radio FM, Wi-Fi tethering, dan bluetooth tethering. Sama dengan aneka peranti Android lain, konektor charger dan kabel data ponsel itu berwujud micro USB. Ketika ponsel masih segar alias belum dipakai untuk apa pun, sisa memori internal yang leluasa dioptimalkan pengguna mencapai 2,76 GB.

Bagi penulis, Andromax U secara umum cukup memuaskan. Selama berhari-hari memakainya, ponsel itu selalu responsif sesuai tagline Smartfren “I Hate Slow”. Tampilan fisik yang tidak murahan dan kinerja kamera yang lumayan menjadi sisi plus lain Andromax U. Baterai ponsel itu juga tak mengecewakan karena rata-rata mampu menemani penulis sejak pagi hingga maghrib.

Andromax U-2

Betapa pun, Andromax U tak luput dari sisi minus. Selain tampilan huruf yang tipis dan penutup baterai yang mudah “merekam” sidik jari, penulis mencatat dua poin pengurang daya tarik. Smartfren Store, aplikasi bawaan ponsel itu, dalam sehari bisa belasan kali memunculkan notifikasi promo ini-itu.

Satu lagi. Layar sentuh ponsel tersebut penulis anggap kurang cerdas mengidentifikasi sentuhan jari. Pada 24 jam pertama memakai Andromax U, penulis sangat sering melakukan kesalahan pengetikan, baik saat memegang ponsel dalam posisi vertikal maupun horizontal/lansekap.

Hal tersebut tergolong aneh karena, pertama, bentang layar ponsel itu tergolong lebar. Kedua, ketika memanfaatkan papan ketik qwerty virtual di ponsel berlayar sentuh lain dengan berbagai ukuran layar, tingkat akurasi pengetikan penulis jauh lebih baik.

Andromax U dipasarkan dengan harga jual Rp 1,599 juta. Paket penjualan termasuk kepala charger 1 Ampere, handsfree stereo berkabel, kabel data, pelindung layar yang telah terpasang, dan kartu perdana Smartfren. Kartu perdana itu menawarkan bonus layanan internet 12 GB yang bersyarat. Setiap kali mengisi ulang pulsa minimal Rp 50.000, pengguna otomatis mendapatkan gratis akses data satu GB dengan masa aktif 15 hari. Hal tersebut berlaku sebanyak 12 kali selama maksimal 12 bulan.

Kalau kelak Anda membeli Andromax U, usai mengeluarkannya dari kardus, lepaskan plastik pelapis layar dengan hati-hati. Saat itu di layar mestinya ada dua lapisan plastik. Cukup lepaskan satu. Satu lapisan plastik lainnya merupakan pelindung layar alias screen protector yang sebaiknya dibiarkan tetap menempel.

***

Bagaimana hasil nyata kamera Andromax U? Memenuhi permintaan beberapa orang yang disampaikan via Twitter dan Facebook, saya mengunggah beberapa contoh foto. Olah digital yang saya lakukan sebelum mengunggahnya hanya berupa resize ke VGA, kompresi kualitas 70 persen supaya ukuran file tak terlalu besar, dan penambahan watermark Ponselmu.com.

Memotret kamar tidur. Lampu kilat aktif.

Hasil Foto Andromax U-1

Memotret kamar tidur yang sama. Kali ini tanpa lampu kilat.

Hasil Foto Andromax U-2

Mengabadikan bungkus alias kardus diri sendiri. Di luar ruangan, tanpa lampu kilat.

Hasil Foto Andromax U-3

Melakukan pemotretan jarak dekat. Tanpa lampu kilat.

Hasil Foto Andromax U-4

Memotret sebuah kamar hotel di Jakarta. Tanpa lampu kilat. Lampu kamar dinyalakan.

Hasil Foto Andromax U-5

Memotret kamar yang sama. Tanpa lampu kilat. Namun, kali ini lampu kamar dipadamkan. Hanya mengandalkan cahaya yang menerobos dari sela-sela jendela dengan tirai.

Hasil Foto Andromax U-6

Foto-foto lain bisa dilihat di sini. Seluruh foto di posting itu dihasilkan oleh kamera Andromax U.

224 Responses to Review Smartfren Andromax U: Disangka Xperia atau Optimus

  1. yopie says:

    Pak Herry, dari segi harga, fitur serta kualitas produknya lebih mending Andromax I atau U ?
    Terima kasih.

  2. gede says:

    om herry review mito 600 mini touch donk, trims

  3. micokelana says:

    Jujur Hape android pertama saya LG P500 beli dulu 2.9 JUTA. Weleh sekarang pas megang AndroMax U kok kayaknya gak worthed banget beli hape mahal2 yah.

    Semoga aja QCnya makin baik lagi dari smartfren jadi para konsumen bisa dapet HAPE CANGGIH dengan HARGA MURAH.

    Reviewnya membantu banget pak HSW terima kasih.

  4. vinc says:

    smartfrennya sendiri apakah hate slow atau hate fast?
    suara earpiece speakernya bagus atau nggak enak?

  5. Herry SW says:

    Pak Yopie,

    Lebih menarik meminang Andromax U.

  6. Herry SW says:

    Pak Gede,

    Kirimin ponselnya ya, Pak. Nanti saya review-kan. He… he… he… bercanda. Tapi, kalau dikirimi beneran, saya juga akan betulan me-review-nya.

  7. Herry SW says:

    Pak Mico Kelana,

    He.. he.. dari waktu ke waktu harga ponsel memang semakin terjangkau,
    Pak. Zaman kuliah, saya malahan pernah beli Ericsson 688 bekas Rp 3 juta. Padahal, kalau dikaitkan dengan ponsel keluaran terkini, fiturnya paling setara dengan Nokia 103 yang harga barunya tak sampai Rp 200 ribu.

  8. Herry SW says:

    Pak Vinc,

    Akses data Smartfren sudah lumayan lama “love slow” alias “hate fast”.

    Suara earpiece-nya cukup enak.

  9. anto says:

    kalau dengan lenovo a800 tanpa melihat cdma atau gsm pilih mana pak hery?

  10. Herry SW says:

    Pak Anto,

    Belum tahu, Pak. Lha saya belum pernah mencoba A800.

  11. anto says:

    kalo lht dari spesifikasinya dan kualitas kan pak heri sudah sering make lenovo,maaf nanyanya maksa :)

  12. victor says:

    Saya pernah membaca rumor kalau hp Smartfren dual sim (gsm-cdma), tidak bisa digunakan untuk telepon, jika tidak ada sisa pulsa di cdma-nya (Smartfren) , walaupun di kartu gsm ada pulsa-nya. Apakah benar rumor tersebut?

  13. Rianto says:

    Pak Herry,
    Itu tadi katanya kalo GSM cuma bisa GPRS/EDGE itu maksudnya tidak ada koneksi 3G / HSDPA ya ?

    Trus kalo misal pakenya GSM doang, tanpa CDMA apa bisa jalan ? (vise versa juga)

    Rata-rata speed internet Smartfren & operator GSM lebih cepat mana ?

    RAM nya tersisa berapa kalo tanpa ada aplikasi background jalan ?

    Makasih.

  14. Herry SW says:

    Pak Anto,

    Maaf, saya tetap belum bersedia menjawab karena belum coba barangnya sendiri. :)

  15. Herry SW says:

    Pak Victor,

    Tipe ponselnya yang apa, Pak? Saya pernah mencoba Andromax-i dan Andromax U. Yang penting di selot CDMA dipasangkan kartu Smartfren. Maka, biarpun pulsa CDMA habis, pengguna tetap bisa bertelepon lewat nomor GSM.

    Untuk Smartfren Jambu yang juga dual GSM/CDMA, saya belum pernah mencobanya.

  16. Iwan says:

    Pak Herry,

    Menurut pak Herry lebih baik Lenovo S800 atau Andromax U?

    Thanks.

    Salam Sejahtera.

  17. Herry SW says:

    Pak Rianto,

    Benar, GSM-nya tidak mendukung layanan 3G.

    Di selot CDMA harus dipasangkan kartu Smartfren, Pak. Pulsa habis tak masalah. Kalau selot CDMA kosong, maka GSM-nya tak bisa dipakai.

    Sebaliknya, CDMA bisa dipakai tanpa ada kartu GSM terpasang.

    Beda lokasi bisa beda prestasi. Di lokasi saya biasa beraktivitas,
    kecepatan rata-rata internet Smartfren jauh lebih rendah dibandingkan
    operator GSM (Telkomsel, Axis, dan XL).

    Kalau diadu dengan Indosat dan Tri, performa layanan internet Smartfren berimbang. Berimbang hancurnya. :)

    Wah, saya nggak memperhatikan detail sisa RAM-nya. Seingat saya tersisa sekitar separuh (400-an).

  18. Iwan says:

    Lenovo S800 & Andromax U sbg handset Android ya pak, tanpa melihat GSM atau CDMA-nya.

  19. Herry SW says:

    Pak Iwan,

    Saya pribadi lebih memilih S880 dengan alasan di sana ada aneka fitur yang buat saya lebih menarik. Misalnya, bisa mendengarkan siaran radio FM tanpa perlu menancapkan handsfree. Kameranya, biarpun beresolusi lebih kecil, lebih andal daripada Andromax U. Trus, layar sentuhnya tidak gagap dalam mengidentifikasi sentuhan.

  20. yopie says:

    Pak Herry, kalau Andromax I kan merk nya Hisense, kalo yg U merk nya apa?
    di Andromax U kalau kartu smartfrennya sudah hangus (lewat masa tenggang) dipasang, apakah kartu gsm nya juga bisa aktif digunakan?
    tanpa melihat ada/tidak ada LED flash, kameranya (AF & macro) lebih bagus 5 mpix Andromax I atau 8 mpix Andromax U?
    Terima kasih.

  21. Herry SW says:

    Pak Yopie,

    Andromax U aslinya bernama Innos i6C.

    Wah, belum pernah mencoba pakai kartu Smartfren hangus. :)

    Menurut saya, lebih bagus hasil jepretan kamera Andromax U.

  22. dhan says:

    pak Herry, banyak yg minta dibandingin dengan LePhone a800 yang baru muncul tuuuhh…
    Sepertinya memang di range ini buanyak peminatnya ya… rame banget disini

  23. dhan says:

    pak Herry, kalo abis review LePhone a800, hp nya boleh deh aku beli. Sekalian kenalan ama pak Herry :)

  24. Herry SW says:

    Pak Dhan,

    Terus terang A800 belum termasuk dalam rencana review saya. Saya lebih mengincar P770. Untuk entry level, saya penasaran dengan A690.

  25. dhan says:

    a800 speknya udah keren.. dual 1,2ghz.. minesnya dua: ngga ada flash, dan ngga ada kamera depan buat skype-an

  26. Chely Sutio says:

    hai,pak Herry.Baru 4 hari saya beli 2 buah Andromax u ini promo bank Mega. Layar dan kameranya memang diatas Lenovo S880 yg pernah saya sampaikan bln lalu. Tapi saya seperti pak Herry juga,ada beberapa yg lebih menarik dibanding Andromax U ini antara lain SMS di Lenovo bisa diperbesar kalo mau dibaca dan baterenya gampang di cari penganti (bat Nokia/Nexian) & touchsreen yg lebih responsif. setelah pake 5 hari,ada keingin tahuan saya tentang :
    1. SMS yg msk pd Andromax U anak saya,setelah saya copy ke sim cardnya lalu saya pasang sim cardnya ke Andromax U saya tapi tidak ada sama sekali.
    2. Apa ada batere lain yg mirip utk dipasang ke Andromax U? kalo liat konektor (+ -) nya mirip batere nokia baru yg model jepit tapi batere Andromax U rata kayak Nokia/Nexian.
    terima kasih.

  27. Herry SW says:

    Pak Chely Sutio,

    1. Ok. Intinya membaca SMS yang tersimpan di kartu ya, Pak. Saya tak pernah mencobanya. Apakah tak ada pilihan di menu?

    2. Belum tahu juga, Pak.

  28. awal says:

    Mantab reviewnya, kalo upgrade ke jelly bean kapan ya keluarnya ??

  29. evendeath says:

    maxu benchmark 6000-an lbih gde dripda maxi 4000-an n lbih gde dri xperia sola,arc s,S1 dll.

  30. widhi says:

    maxu sensor magnetiknya bagaimana y??yang saya dapatkan bermasalah karena mendeteksi magnet begitu kuat sehingga semua aplikasi kompas arahnya kacau…di android sensor box untuk sensor magnetiknya terbaca sampai mentok angkanya….

  31. Herry SW says:

    Pak Awal,

    Isunya sih Maret alias bulan depan. Semoga saja benar dan tidak molor.

  32. Herry SW says:

    Pak Evendeath,

    Terima kasih atas sharing-nya.

  33. Herry SW says:

    Pak Widhi,

    Maaf, saya tidak memperhatikan tentang sensor magnetik di Andromax U. Mungkin rekan lain yang memantau thread ini bisa memberikan pencerahan.

  34. indra says:

    gan henry..
    kartu CDMA smartfren andromax udah generasi k brp ? apakah duah 3g 3,5g atau mash 2g??

  35. Herry SW says:

    Pak Indra,

    Maaf, mohon tidak memakai kata sapaan “gan” di sini.

    Ini yang dimaksud generasi kartu RUIM-nya atau layanan akses datanya ya? Layanan akses data Smartfren setara dengan 3,5G.

  36. Herry SW says:

    Ups… tertekan submit sebelum selesai. Bahkan, sebenarnya lebih tepat disebut 3,75G.

  37. Edo Sby says:

    Salam Sejahtera.

    Pak, Apakah Andromax U bisa USB OTG, terutama untuk baca flashdisk ???

    Mengenai besar huruf dalam menu dan SMS, apakah tidak bisa disetting lebih besar/bold ??

    Terima kasih.

  38. Herry SW says:

    Pak Edo Sby,

    Saya lupa pernah mencoba USB OTG di Andromax U atau tidak. Seingat saya, belum pernah coba.

    Ada pilhan untuk mengubah huruf menjadi lebih besar. Tetapi, tetap saja tampilannya terlalu tipis alias kurang bold.

  39. arif says:

    pak herry sekarang koq gk pernah siaran di radio?..

  40. Herry SW says:

    Pak Arif,

    Saya memang sudah mengundurkan diri dari radio JJFM. JJFM pun kini telah berganti nama menjadi Jeje Radio, dengan segmen pendengar yang berbeda.

  41. arif says:

    OH ya pak herry,untuk ketahanan bateray adromax U ini gmn pak?..

  42. Herry SW says:

    Pak Arif,

    Di naskah review di atas sudah saya sebutkan lho. Baterai Andromax U rata-rata mampu menemani saya mulai pagi sampai maghrib.

  43. arif says:

    itu kondisi buat browsing atau stand by aja?..

  44. Herry SW says:

    Pak Arif,

    Pemakaian aktif untuk email (ratusan email), Twitter, browsing, dan main game.

  45. Herry SW says:

    Eh… kelupaan satu: WhatsApp.

  46. arif says:

    lumayan kalau segitu.oH ya pak aku lihat di youtube lenovo A800 batteraynya bisa tahan sampai 12 hari ,apa bener itu pak?..

  47. Herry SW says:

    Pak Arif,

    Bisa bertahan 12 hari itu mungkin maksudnya cuma siaga dan sinyal benar-benar kuat. Untuk pemakaian sehari-hari, daya tahan baterai mulai pagi sampai jelang tengah malam.

  48. sidney says:

    wah,thread ini bagus sekali.penggunanya memakai bahasa2 yg santun.terimakasih pak harry,reviewnya cukup detail.sy jd mantap beli hp ini.
    hard case sudah banyak dipasaran belum ya?

  49. Herry SW says:

    Pak Sidney,

    Terima kasih atas pujiannya. Idealnya kan memang memakai bahasa yang santun, namun tetap mengena, Pak.

    Saya belum pernah menjumpai penjual hardcase untuk Andromax U. Informasi yang saya dapat, Smartfren berencana memasarkan case orisinal Andromax U.

  50. Marcella says:

    Pak Herry, bagaimana kualitas videonya? apakah bagus?

  51. Fandiasa says:

    Maaf pak Henry mau tanya buat semua orang juga ,
    Apakah sudah ada disini yg menggunakan MaxU dan kira2 apa ada kelemahannya?? mungkin dari segi ketahanan, atau awet, soalnya saya memakai hp yg sering banjir sms, whatsapp, dll langsung lag, dan kemungkinan mau pindah ke MAX U kalo misal bisa tahan, dan minus kelemahan,

  52. maria says:

    pak Henry, HP ini bisa dipake mbaca power point, pdf, word ga?
    oh ya, hp saya smartfren yang Xtream itu baru beli 3 bulanan batrenya udah aus itu kenapa ya?. kalo smartfren andromax U ini kira2 gitu juga ga pak?

  53. wirka says:

    Sore P Henry,
    Saya dah beli andromax U, dari operasi Ok, tapi dari TERIMA SIGNAL GSM kacau (GAMPANG HILANG), shg tak bisa saya pake optimal.
    3 hari setelah pembelian saya mau tukar, hanya di kasi surat aja, 2 x katanya tak ada stok gitu. pe skrg ( 3 minggu ) sy belum dpt penggantian.
    APA SENGAJA DIBUAT BEGITU ( Terima GSM nya lemah) ?.

  54. Herry SW says:

    Bu Marcella,

    Rekaman video yang dihasilkan Andromax U tergolong cukup bagus.

  55. Herry SW says:

    Pak Fandiasa,

    Silakan, Pak. Rekan-rekan pengguna Andromax U yang membaca posting ini, mari membagikan informasi kepada Pak Fandiasa.

  56. Herry SW says:

    Bu Maria,

    Default atau standarnya belum bisa. Ibu tinggal mengunduh aplikasi untuk membaca file tersebut di Play Store. Aplikasinya gratis kok.

    Terkait baterai ponsel Xstream, apakah ponsel itu sangat sering
    difungsikan sebagai modem eksternal? Sebab, semakin sering dipakai
    sebagai modem eksternal, semakin cepat pula siklus hidup baterai itu
    berakhir.

    Bila jarang difungsikan sebagai modem eksternal, baterai ponsel seharusnya akan lebih awet.

  57. Herry SW says:

    Pak Wirka,

    Saya Herry lho, bukan Henry. :)

    Unit yang dulu saya coba penerimaan sinyal GSM-nya baik-baik saja. Demikian pula yang dipakai seorang teman saya.

    Untuk mempercepat respons dari Smartfren, tak ada salahnya memakai “jurus surat pembaca”, Pak. Masukkan ke koran nasional. Biasanya bakal segera ditindaklanjuti.

  58. Miftah says:

    pak, memang nya kalo smartfren andromax U jumlah nya terbatas ya?..

  59. Herry SW says:

    Pak Miftah,

    Permintaan sepertinya tak sebanding dengan pasokan. Sehingga, stok akhirnya sering habis. Toko yang masih punya stok pun bisa menjual di atas harga banderol.

  60. Miftah says:

    terimakasih pak, atas info nya..

  61. sidney says:

    benar pak Herry semestinya thread lain mencontoh tread ini,krn byk postingan bagus malah dikoment dgn mencerca&menghina produk bahkan dgn kata2 yg tidak pantas.

    trimakasih infonya pak,soalnya selain mudah kotor oleh sidik jari,pelindung blakang rentan terhadap goresan.jadi lebih baik kalau ada pelindungnya.

  62. Herry SW says:

    Pak Sydney,

    Benar, idealnya Andromax U dipadukan dengan jelly case.

  63. frizadygates says:

    Pak Herry Sw , saya sedang bimbang antara ingin membeli Max U atau Axiopico pad 5 mohon pencerahannya…..

  64. Herry SW says:

    Pak Frizadygates,

    Saya belum pernah mencoba Axioo yang Anda sebutkan. Jadi, saya belum bisa memberikan rekomendasi.

  65. achmad says:

    Pak Herry,
    kalo diantara Max U, Xperia Tipo, Samsung Y Duos mending mana?
    kalo dari segi fitur sih Max U kayanya jauh didepan, tapi jujur saya masih sedikit trauma dengan keawetan hp “cina” murah yg juga biasanya masih byk bug dimana2,
    tolong pencerahannya pak, terimakasih.

  66. Herry SW says:

    Pak Achmad,

    Umpama Andromax U tidak ada masalah di layar sentuh yang kurang cerdas, saya akan memilih ponsel itu. Namun, karena ada masalah tersebut, saya jadi bingung harus menuding ponsel mana.

    Dengan memperhatikan harga masing-masing ponsel, saya asumsikan Bapak siap mengeluarkan dana sampai Rp 1,6 juta. Bagaimana kalau melirik Lenovo S560 saja, Pak?

  67. achmad says:

    bisa tolong dijelaskan secara singkat gak kelebihan Lenovo S560 dibandingkan beberapa ponsel yg saya sebutkan diatas, pak?
    oia, mungkin perlu saya sampaikan lagi kalau pertimbangan utama saya adalah keawetan secara umum dari ponsel2 tsb,
    jujur saja saya masih berasumsi bahwa ponsel produk dari perusahaan raksasa seperti nokia, sony, samsung, dsb memiliki usia lebih lama dibandingkan ponsel dari produk lokal/”cina”, (mohon diluruskan jika asumsi saya salah)
    selain itu nilai jual kembalinya juga tidak terlalu jatuh,

  68. Herry SW says:

    Pak Achmad,

    Saya coba sebutkan sisi menarik S560 dibandingkan tiga ponsel itu ya.
    * Suara saat memainkan musik, terutama ketika didengarkan via handsfree berkabel bawaan, lebih bagus.
    * Siaran radio bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree. Kalau mau, pengguna juga bisa merekamnya.
    * Layar cukup lebar dan tak ada masalah dengan akurasi layar sentuh.

    Terkait daya tahan ponsel, asalkan sudah tergolong merek global, meskipun dibuat di China mestinya tak perlu dirisaukan, Pak. Nah, Lenovo itu kan termasuk merek global.

  69. jadi tambah pengen nih sama nih hp

  70. achmad says:

    wah, terimakasih reviewnya pak, bisa jadi referensi yang sangat baik,
    sukses selalu ,pak!

  71. fantasianara says:

    reviewnya keren gan :D
    makasih, sangat membantu saya :D

  72. uyab says:

    permisi pak heri, saya cuma ikut baca doank… :D
    btw, bahasa reviewnya selalu menarik dan mudah di pahami

  73. Herry SW says:

    Terima kasih atas apresiasinya, rekan-rekan. :)

  74. Totok says:

    pak herry

    di atas, pak herry menuliskan bahwa baterai bisa tahan dari pagi sampai maghrib, bagaimana dengan pengisian awal dan pengisian selanjutnya. apakah pengisian awal baterainya hingga 8 jam lebih, atau cukup sampai baterai penuh saja pak?

    Trimakasih

  75. Keren jg ya Andromax U. Jd pengen beli nih :)

  76. Keren jg ya Andromax U. Jd pengen beli nih :) . Makasih ya reviewnya.

  77. ardan says:

    pak herry

    lok dari prosesor n kemampuan lenovo s880 vs andrimax u lebih bgus mana?
    dengan kemampuan andromax u yg lebih mumpuni…

  78. dedi says:

    pak, andromax u jg bs digunakan untuk modem laptop ga pak sewaktu2???

  79. liu says:

    sinag pak,ini andromax u saya kok sering banget panas,dan signal gsm selalu tidak terdetect,dan signal cdmanya kosong,padahal bs menerima telephone.masa saya lapor rusak,cm dikasi surat aja,katnaya ga ada pengganti,apa smua andromax u punya masalah sama signalnya?

  80. aditiya says:

    pak hery kamu ngacoo deehh

    sy udh 2 bln pake andromax u tetapi untuk mengenai bateryy ,y ituh cuma than 3 /4 jm mn saja bukan darri pagi smpe magrib ituh isuu dari manah pakk

    stnbay ,y ajh cuma thn smpe 6 jm klo d buat browsimg / maen game paling kuat cuma 3 jam pak ituh yg sy rasakan mempunyai hp inih slma 2 bln lohh

    jadi kaloo me review yg benerr yh pak !!

    thanks :) salam kenal .

  81. nn says:

    Mas aditya:mungkin pak Herry pamakaian max u nya sehari-hari sambil charging di laptop makanya awet kapasitas baterainya hemat. Adaptor untuk charger harap berhati-hati untuk wilayah yang mempunyai tegangan listrik tidak stabil,punyaku udah rusak akibat listrik gak stabil akhirnya charging pakek kabel data di laptop.

  82. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Pengisian awal tidak perlu sampai delapan jam. Yang penting, proses charging harus dilakukan dalam kondisi ponsel padam. Setelah penuh, silakan langsung dicabut dan dipakai sampai baterai lemah. Padamkan ponsel, charge dalam kondisi mati, lalu lepaskan saat penuh. Begitu seterusnya sebanyak 3-4 kali.

    Setelah periode itu, silakan saja bila ingin men-charge baterai ponsel dalam kondisi ponsel menyala. Namun, sebenarnya tetap lebih baik dalam kondisi ponsel padam.

  83. Herry SW says:

    Untuk rekan yang menanggapi thread ini dengan memakai nama Aneka Aksesoris Wanita, mohon alamat blog Anda tidak disebutkan. Sebab, hal itu sudah dapat saya anggap sebagai berjualan yang dilarang keras dilakukan di blog ini.

    Apalagi, tanggapan Anda singkat sehingga terkesan Anda memang berniat beriklan secara terselubung.

  84. Herry SW says:

    Pak Ardan,

    Spesifikasi prosesor Andromax U (bukan Andrimax U lho…) lebih tinggi daripada S880. Namun, kalau kita bicara kenyamanan keseluruhan, saya lebih memilih S880. Sebab, layar sentuh Andromax U kurang cerdas menerjemahkan sentuhan pengguna. Hal itu saya anggap sebagai kekurangan yang tergolong fatal.

  85. Herry SW says:

    Pak Dedi,

    Bila koneksi via Wi-Fi, jawabanya bisa. Kalau koneksi via kabel USB, saya belum pernah mencobanya sendiri.

  86. Herry SW says:

    Pak Liu,

    Lho, kok aneh banget? Sinyal kosong, tetapi tetap bisa menerima telepon. Bila usia pembelian masih kurang dari 14 hari, langsung dibawa ke Galeri Smartfren dan minta ditukar saja, Pak. Tentu saja kelengkapan ponsel yang Anda miliki harus komplet. Ponsel juga wajib masih mulus.

    Kemarinnya Bapak diberi surat apa ya? *bingung*

    Saya yakin tidak semua Andromax U bermasalah. Sebab, saya dan beberapa teman yang memakai ponsel itu di awal-awal muncul tidak mengalami hal tersebut. Namun, sekitar dua minggu terakhir, saya memang cukup sering menerima cerita negatif tentang ponsel itu.

  87. Herry SW says:

    Pak Aditiya,

    Maaf, lain kali bila posting di blog ini mohon mengetikkan kalimat dengan lengkap ya, Pak. Kalau disingkat-singkat ala SMS, kadang susah dipahami. Hal lain, harap tidak menuliskan tanda seru lebih dari satu. Sebab, hal itu bermakna Bapak marah dan berteriak-teriak.

    Paparan saya mengenai daya tahan baterai Andromax U yang bertahan mulai pagi sampai mahgrib mengacu pada uji pakai yang saya lakukan sendiri. Kondisi itu dengan asumsi Andromax U rutin dipakai berinternet. Kalau sekadar siaga, bisa sampai 1,5 hari.

    Mengapa baterai Andromax U Bapak hanya bertahan 3-4 jam? Hal itu dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari kondisi sinyal, perilaku pemakaian, dan kemungkinan memperoleh baterai yang bermasalah.

  88. Herry SW says:

    Pak Nn,

    Ha… ha… Andromax U saya dalam kondisi tidak terhubung dengan charger kok. Kalau selalu terhubung dengan charger, bisa tembus satu bulan kali, Pak. :p

  89. satryo says:

    Ini tuh bisa baca fd/mouse/keyboaird pake USB OTG gak sih?

  90. Herry SW says:

    Pak Satryo,

    Saya lupa pernah mencoba adapter USB on the go di Andromax U atau tidak. Seingat saya, belum pernah melakukan hal itu. Jadi, belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

  91. riza says:

    reviewnya sangat objektif pak herry

    saya memang sedikit ragu dengan Handheld ini, terlebih layanan purna jualnya.
    bagaimana dengan layanan purna jual lenovo pak?
    menurut anda lenovo s880 atau a800 yg terbaik?

    terima kasih

  92. Totok says:

    pak herry
    melihat andromax u yang kurang cerdas pada layar,
    jika di bandingkan dengan pendahulunya andromax i pak herry lebih tertarik yang mana pak ?

    apakah semua andromax u memiliki layar yang kurang cerdas pak ?

    terimakasih

  93. Herry SW says:

    Pak Riza,

    Layanan purna jual ponsel Lenovo belum bisa disimpulkan. Alasannya:

    * Grup Trikomsel baru menjadi distributor resmi Lenovo sejak menjelang Lebaran tahun lalu. Jadi, belum sampai setahun.

    * Saya pribadi belum pernah berurusan langsung dengan pusat perbaikan resmi Lenovo.

    Namun, kalau melihat nama besar Trikomsel, mereka seharusnya nggak main-main ya. Sebab, reputasi mereka turut dipertaruhkan.

    S880 atau A800? Dengan tegas saya akan memilih S880. Spesifikasi prosesor memang lebih rendah. Tetapi, kenyamanan pemakaian secara keseluruhan lebih baik.

  94. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Saya lebih memilih Andromax U. Sebab, spesifikasi keseluruhannya lebih baik. Soal layar sentuh yang kurang cerdas, saya menyiasatinya dengan menginstalasikan aplikasi Swiftkey Keyboard.

  95. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Eh, kelupaan satu hal. Beberapa teman yang memakai Andromax U mengalami masalah sama. Yaitu, layar sentuhnya kurang cerdas.

  96. Apakh smartfren andromax u bisa di ganti kartu telkomsel…????

  97. Herry SW says:

    Pak Rifky Rudialan Alwayszz,

    Bisa. Andromax U kan ada dua selot kartu. CDMA-nya harus Smartfren. GSM-nya bebas.

  98. Layar sentuh’y respon apa tdk..,???

    …jika d gnti krtu telkomsel internet’y pngaruh apa tdk..,?

  99. Layar’y Responsif apa tdk…???

  100. Di kabupaten ketapang apakan sudah beredar….??????

  101. Herry SW says:

    Pak Rifky Rudialan Alwayszz,

    Layar sentuh Andromax U responsif, tetapi kurang cerdas dalam menerjemahkan sentuhan. Saat pengguna bermaksud menekan huruf tertentu, ponsel justru menganggap pengguna telah menekan huruf lain. Jadi, pengguna harus benar-benar presisi saat menekan tombol huruf di papan ketik virtual ponsel itu.

    Diganti kartu Telkomsel pengaruh apa tidak? Hmm… ini maksudnya gimana ya. Ponsel itu bisa dipadukan dengan kartu Telkomsel sih.

    Saya kurang tahu di Ketapang sudah tersedia atau belum. Silakan coba mencarinya di Galeri Smartfren (kalau ada) atau di gerai yang biasa menawarkan produk Smartfren.

  102. Yongki says:

    Sore pak. Saya mau tanya soal ketahanan hardware n body smartfren andromax u? Kl dr segi fitur seh ga ada masalah. Terima kasih

  103. Herry SW says:

    Pak Yongki,

    Saya tak pernah melakukan tindakan ekstrem terhadap Andromax U. Untuk pemakaian normal, mestinya sih Andromax U bakal baik-baik saja.

  104. M Gifar Z says:

    Pak Herry,
    langsung saja,kalau smartfren andromax u ini ada masalah dalam kurangnya responsif di kala sedang mengetik,berarti selain di Swiftkey keyboard apakah baik2 aja?

    Terus dalam RAM nya yang ingin saya tanyakan,berapakah RAM yang “user available” dalam hp tersebut?

    Terima kasih Pak,
    mohon penjelasannya,karena saya mau membeli hp smartfren andromax ini!

  105. M Gifar Z says:

    Pak Herry,

    Saya mau bertanya lagi pak ,apakah kelebihan dari Prosesor yang di miliki smartphone ini (Snapdragon S4 Play)

    Terima kasih,

  106. Herry SW says:

    Pak M Gifar Z,

    Kalau pakai keyboard bawaan, layar sentuh terasa kurang cerdas, Pak. Bila pakai Swiftkey Keyboard, papan ketik virtual menjadi lebih enak.

    Sekadar info, update ke Jelly Bean untuk Andromax U secara bertahap mulai muncul. Kata yang sudah mendapatkan notifikasi update, usai di-update, keyboard bawaan jadi lebih akurat.

    Saya tak ingat saat dipakai untuk aktivitas sehari-hari, RAM yang tersisa berapa MB. Yang pasti, tak sampai muncul peringatan low memory.

    Tentang detail teknis kelebihan Snapdragon S4 Play, maaf, saya tidak mengetahuinya.

  107. Arie says:

    Saya tertarik skali dengan andromax u.
    sayangnya sulit skali mendapatkan Andromax u dari gerai. pasti slalu kosong stoknya. sudah 1 bulan nyari gak dapet jg. sudah inden jg tp blum ada konfirmasi dari smartfren.

    menurut saya parah banget penjualanya. harusnya gerai slalu nyediain stok buat konsumen tp kenyataanya penjualan Andromax u dikuasai sama reseler, harganyapun dipatok tinggi.

  108. Herry SW says:

    Pak Arie,

    Benar, Pak. Stok Andromax U di Galeri Smartfren sering kosong. Di luar banyak toko yang punya stok, tetapi harganya bisa beda sampai Rp 200 ribu dibandingkan harga resminya.

    Tidak ada solusi yang dapat saya berikan. Tinggal Bapak memilih bersedia sabar untuk mendapatkan harga normal atau segera memperoleh barangnya, tetapi membayar lebih mahal.

  109. Mr. Free Man says:

    Pak Herry,

    Apakah Layanan utk pket data GSM nya bisa di siasati (crack) sehingga kecepatanya bisa melebihi tdk hanya sampai EDGE saja? Mungkinkah bisa sampai kecepatan 3G / 3,5G / HSDPA ?

    Kebetulan tiap bulan saya dapat top up pulsa dari kantor dgn momer khusus employee biar bisa di optimalkan jg pemanfaatan jatah tsb utk paket data GSM nya

    Tx Pak Herry … Reviewnya jelas dan bagus sekali

  110. Herry SW says:

    Pak Free Man,

    Lain kali mohon tidak menggunakan kata cr**k di blog ini ya, Pak. Gunakan istilah lain yang sebenarnya bermakna sama. Misalnya, bisa ditulis “dijebol” dan “dibuka pengamannya”. Alasannya, pada tingkatan tertentu, penggunaan kata cr**k, wa**z, dan sejenisnya bisa menjadi pemicu terblokirnya blog.

    Menjawab pertanyaan Anda, seharusnya tidak bisa dijebol. Sebab, ini bukan masalah software, melainkan sudah terkait dengan kondisi hardware.

    Terima kasih.

  111. wibinov says:

    Pak Herry,

    Melihat Pak HSW sudah mereview Andromax U dan New Andromax tab 7.0, yang mana yang lebih worthed untuk dibeli jika pertimbangannya adalah:
    1. Gaming
    2. Install lebih banyak Aplikasi
    3. Browsing

    New Andromax Tab7.0 cukup menggiurkan dengan adanya USB on the go dan HDMI enabled.

    Terimakasih atas responnya.. :D

  112. Herry SW says:

    Pak Wibinov,

    Lebih enak yang tablet sih. Sebab, layarnya lebih lebar sehingga lebih lega.

  113. aditiya says:

    pak .herry

    ma af pak sy mau tanya soal baterai,y yg sy katakan kekuatan bateray 3/4 jm,nn saja

    ituh di sa at sy tidak terhubung ke wifi

    tetapii jika sy terhubung ke wifi daya tahan baterai lebih awet pak

    seperti yg pak herry katakan .

    dari jm 08 sd 06 magrib

    sy jadi bingung pak
    tolong penjelasan,y yhh pak herry

    thanks ..

  114. Totok says:

    Buat Pak Herry dan rekan-rekan yang tau.
    apakah andromax u sudah take off di semarang ?

    Terimakasih

  115. Herry SW says:

    Pak Aditiya,

    Ketika tidak terhubung ke Wi-Fi, apakah berarti Anda memakai layanan internet operator seluler? Kalau iya, konsumsi baterai memang akan lebih boros, apalagi bila sinyalnya timbul tenggelam atau jaringan kurang optimal. Itukah yang terjadi di lokasi Anda?

  116. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Andromax U mestinya sudah mendarat di Semarang. Yang jadi masalah, amat mungkin pasokan jauh lebih rendah daripada permintaan. Sehingga, kalau pun ada yang punya stok, harga bakal di atas harga ritel yang disarankan.

    Di Surabaya, Andromax U baru telah menembus Rp 2,15 juta. Harga
    normalnya padahal Rp 1,599 juta.

  117. Totok says:

    Pak Herry
    Apakah di galery resmi smartfren semarang juga menawarkan harga yang sedemikian mahal di banding harga asliya?

  118. Aditiya says:

    Pak hherry

    Sy tidak pakai layanan / pun paket Internet

    Hm sinyal sy tergolong bagus kok pak

    Mlahan semua. Pada sinyal full semua

    Kok bisa begitu yh pak
    Apakah batery. Y Yg sy peroleh bermasala. /apah

    Tolong pak penjelasan. Y

    Thanks.

  119. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Galeri Smartfren tetap menjual Andromax U dengan harga normal. Yang jadi masalah, barang selalu kosong. Kalau mau membeli, peminat harus inden dulu dan ketersediaan barang tak bisa dipastikan kapan.

  120. Herry SW says:

    Pak Aditiya,

    Kalau membaca paparan Anda, pemahaman saya begini:
    • Andromax U kalau tidak terkoneksi Wi-Fi, daya tahan cuma 3-4 jam. Sinyal penuh dan Bapak tidak memakainya berinternet.
    • Sementara itu, bila Andromax U terkoneksi Wi-Fi, daya tahan bisa mulai pukul 08.00 sampai 18.00. Sinyal GSM dan CDMA juga penuh.

    Apakah benar begitu? Kalau iya, terus terang saya juga bingung mengapa hal itu bisa terjadi. Mestinya yang kondisi pertama justru lebih hemat baterai.

  121. Aditiya says:

    Duhh sy jdi bingung

    Apakah ada garansi untuk bateryy.y pak herry

    Kalu ada ingin sy tukar nih pak :)

  122. Herry SW says:

    Baterai seharusnya masih termasuk dalam masa garansi. Kan baru beberapa bulan.

  123. Aditiya says:

    Yhh sebaik.y sy tukkar yhh pak herry

    Okk thaks atas bntuan.y

  124. Herry SW says:

    Pak Aditya,

    Sama-sama, Pak.

  125. ardan says:

    permisi pak herry..saya mau tanya smart andromax u bisa video call ga kaya sykpe gitu?

  126. Herry SW says:

    Pak Ardan,

    Saya tak pernah mencobanya untuk ber-video call. Kemungkinan sih bisa.

  127. ilham says:

    pak herry apakah bisa kartu gsm nya pake kartu telkomsel?

  128. Eldar says:

    Pak Herry sy berencana mau beli Andromax U, dan dari review dan postingan di atas masih ada yg ingin sy tanyakan .
    1. Apa saat ini sudah tersedia upgrade Jelly Bean utk Andromax U?
    2. Kualitas speaker dan audio Andromax U apakah ada di kriteria “sangat memuaskan” bila dilihat dari rentang harga menurut Bapak?
    3. Sampai saat ini apakah problem “teks tipis” dan “layar kurang cerdas” masih Bapak alami sampai saat ini?atau barangkali Bapak punya solusi?
    4. Sy baca di blog lain, ktanya indikator baterai Andromax U sering salah membaca kapasitas sebenarnya , apa benar Pak?
    Maaf pertanyaan sy banyak, oh ya Pak lain kali review Axioo Picopad 5 GEW bisa ga?
    Terima kasih

  129. Herry SW says:

    Pak Ilham,

    Kartu GSM-nya bebas. Boleh pakai Telkomsel, Indosat, XL, Axis, atau Tri.

  130. Herry SW says:

    Pak Eldar,

    1. Upgrade ke Jelly Bean sudah tersedia. Pengguna bisa mengunduh update langsung dari ponsel. Namun, saya tak tahu kini semua pengguna Andromax U sudah mendapatkan notifikasi update atau baru sebagian pengguna.

    2. Tingkatannya “cukup memuaskan”, belum “sangat memuaskan”.

    3. Saat ini saya sudah tidak menggunakan Andromax U lagi. Jadi, saya tak tahu apakah update ke Jelly Bean bisa menuntaskan masalah “teks tipis” dan “layar kurang cerdas”.

    Dulu, saat Andromax U yang saya uji pakai masih menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS, masalah “layar kurang cerdas” dapat dikurangi dengan menginstalasikan aplikasi Swiftkey Keyboard. Aplikasi itu bisa diunduh di Play Store.

    4. Saya tak mengalami masalah dengan indikator baterai.

    Terakhir, saya belum pernah mencoba Axioo Picopad 5 GEW sehingga tak bisa me-review-nya. Karena masa edarnya sudah cukup lama, saya juga tidak berencana me-review acang tersebut.

  131. Pak Herry,

    Kata pepatahkan “kualitas teruji oleh waktu” ya pak, sampai hari ini (4 Mei 2013) bagaimana pak kondisi/kinerja hp Andromax U bapak,

    Apakah tidak menemukan masalah yang mengganggu setelah beberapa bulan menggunakannya?, dan apakah update Jelly bean nya berhasil dengan sukses, terimakasih :)

  132. Herry SW says:

    Bu Ayiera Afnie Amaliya,

    Saya sudah lama tidak memakai Andromax U. Ponsel itu sempat saya pindah tangankan kepada seorang teman. Selama dipakainya, setahu saya, Andromax U tersebut baik-baik saja.

    Teman saya kemudian memindahtangankan Andromax U itu kepada orang lain lagi. Ketika itu, update ke Jelly Bean belum keluar. Nah, sejak pindah tangan yang kedua tersebut, saya tak mengetahui status Andromax U itu.

  133. rony says:

    Andromax U dual on GSM-CDMA, seandaiya CDMA masa aktif atau masa tenggangya sudah hbis yang GSMnya masih bisa di pakai pa tidakya pak herry….

  134. Herry SW says:

    Pak Rony,

    Maaf, saya belum pernah mencoba Andromax U dengan skenario nomor CDMA seperti itu.

  135. rony says:

    trims jwbanya,…

  136. pratama says:

    Pak saya mau nanya..
    jika dibandingkan dengan sony xperia tipo mending mana Pak..?
    terima kasih sebelumnya..

  137. Herry SW says:

    Pak Pratama,

    Andromax U versus Xperia tipo? Dilihat dari berbagai faktor, Andromax U lebih unggul. Ia praktis hanya kalah di popularitas merek dan nomor GSM-nya tak bisa menikmati layanan 3G.

  138. rinaldi says:

    pak herry,
    saya lagi cari andro pertama saya budget 1,5-1,7 buat dipake sehari2, standar aja sih, buat browsing, sosmed, kalo bisa buat main game HD tanpa lag :D, tapi yg paling penting sih ga REWEL

    pertanyaan saya

    1. sebenernya saya naksir andromax-u ini, tp pas liat di forum2, katanya hp nya banyak problem aneh2, seperti sering restart, hang, dll. trs layanan aftersales nya krg bagus, saya jd pikir2 lg deh, apa betul pak?

    2. kalo di compare, andro-u, lenovo a800, lenovo s560 lebih worthed yg mana yah? atau ada rekomendasi lain?

    3. andaikan saya pilih lenovo, bedanya beli di okeshop/global sama di toko biasa apa yah? apa garansinya sama?

    sekian dulu pak, mohon penjelasan
    trims

  139. hoh begitu ya pak Herry…,

    Padahal pembahasan Andromax U masih hangat sebagai
    gadjet yg masih lumayan di buru, malah ada kabar Andromax U
    keluaran terbaru sudah langsung Jelly Bean pak.

    Terimakasih atas respon bapak diatas, sukses selalu ya Pak, :)

  140. Herry SW says:

    Pak Rinaldi,
    1. Ya, dalam pantauan saya, Andromax U benar memiliki aneka problem yang sifatnya relatif acak. Maksudnya, problem A mungkin terjadi di ponsel milik X dan Y, tetapi tak terjadi di ponsel milik Z. Sebaliknya, ada problem B yang ditemukan di ponsel kepunyaan Z, namun tak dijumpai di ponsel milik X dan Y.

    Problem acak itu biasanya baru ditemukan berhari-hari setelah pemakaian.

    Kalau problem yang dulu terjadi di Andromax U saya dan rupanya juga dialami pengguna lain adalah papan ketik qwerty yang kurang cerdas. Konon masalah itu sudah dapat diminimalkan saat Andromax U di-update ke Jelly Bean.

    2. Anggaran Anda sampai Rp 1,7 juta ya? Kalau sama sekali tidak mau menambah anggaran, silakan melirik Lenovo S560. Sementara itu, bila bersedia menambah dana sekitar Rp 150 ribu, lebih baik memilih Lenovo P700i.

    3. Garansinya sama saja. Global Teleshop dan Oke Shop biasanya menjual ponsel Lenovo sesuai harga ritel yang disarankan. Sedangkan toko-toko biasa seringkali menjual di bawah harga ritel yang disarankan.

  141. Herry SW says:

    Pak Rinaldi,

    Sedikit tambahan: kelebihan membeli di Global Teleshop dan Oke Shop, selain tempat biasanya lebih nyaman, kadang ada bonus pulsa atau aksesori.

  142. Herry SW says:

    Bu Ayiera Afnie Amaliya,

    Benar, Andromax U kloter terakhir dengar-dengar sudah langsung Jelly Bean. Kalau Andromax U keluaran awal kan masih ICS. Pengguna lama yang ingin menikmati Jelly Bean harus update dulu.

  143. rinaldi says:

    terima kasih pak herry masukannya :D

    p700i yah? hmm.. boleh lah masuk pertimbangan
    berarti mungkin prioritas saya

    p700i (mudah2n harganya turun gara2 p770 keluar :D)
    s560
    a800

    tapi pak bukannya spek a800 itu sedikit diatas s560 sama p700i (processor 1,2 dualcore) kenapa bisa kalah performa nya?
    hehe, terimakasih pak

  144. Herry SW says:

    Pak Rinaldi,

    Bisa jadi konfigurasi keseluruhan A800 tidak seprima S560 dan P700i. Jerohan detailnya kita kan nggak tahu.

    Karena itu, “hukum” spesifikasi bukan segala-galanya tetap patut kita pegang.

  145. rinaldi says:

    oh gitu ya, terimakasih pak
    masukan nya berguna bgt buat saya yang masih awam, hehe

  146. andrian says:

    saya mau bertanya apakah handheld ini harus menggunakan microsd class 6 (sandisk) dan tidak bisa class 2 (vgen) soalnya teman saya sering unmount sd card…
    dibawa ke SC malahan diberi saran ganti sandisk

  147. Herry SW says:

    Pak Andrian,

    Saya tak tahu pastinya. Dulu saya menyelipkan kartu microSD bawaan ponsel merek lokal ke Andromax U dan tak mengalami masalah. MicroSD bawaan ponsel merek lokal buatan China mestinya bukan kelas yang tinggi.

  148. Totok says:

    Untuk pak herry dan rekan reakan yang tau

    Bagaimana cara menghapus history di andromax i ?
    Terimakash..

  149. Herry SW says:

    Pak Totok,

    History apa nih? Kalau riwayat percakapan telepon, tinggal dihapus dari menu call log atau call history. Saya sudah tidak pegang Andromax-i lagi. Jadi, nggak bisa lihat menunya langsung.

  150. Totok says:

    history kalau kita habis internetan/browsing pak. di andromax i bingung kalau mau cari history nya.

    kalau banyak history yang belum dihapus hp suka lemot, apakah benar pak ?

  151. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Oh, riwayat browsing tho.

    Saya tak ingat struktur menu Andromax-i. Saya coba berikan panduan secara umum ya.

    * Masuk browser, tekan menu, lalu pilih privacy security.
    * Tekan clear cache.
    * Tekan clear history.

    Alternatif lain:
    * Masuk ke settings, apps, all, lalu pilih browser (atau nama browser lain yang dipakai).
    * Pilih clear data.
    * Pilih clear cache.

    Mestinya tidak akan membuat lemot secara signifikan.

  152. Totok says:

    Terimakasih pak.. sangat membantu sekali.

  153. Herry SW says:

    Pak Totok,

    Sama-sama.

  154. Roy Mustang says:

    Salam damai bro herry, apakah kemampuan andromax u diatas kertas sesuai dgn performanya??? Padahal untuk mendapatkan spesifikasi sekelas itu samsung yg dikatakan raja android membutuhkan dana 3 jt an untuk mendapatkan hp sekelas andromax u

  155. Herry SW says:

    Pak Roy Mustang,

    Dengan segala plus minusnya, Andromax U memang layak untuk dilirik. Namun, kalau tidak terburu-buru, coba tunggu sampai paling lambat 12 Juni 2013 deh. Ponsel yang bakal muncul mungkin lebih menarik minat Anda. Apakah itu? Ehm… tunggu tanggal mainnya ya.

  156. Herry SW says:

    Pak Roy Mustang,

    Ups… lupa menjawab satu hal. Soal Samsung, merek tersebut kan memang rutin mematok harga tinggi dibandingkan merek lain. Mungkin karena merasa sedang di atas angin, mereka berani melakukan hal itu untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya.

  157. Roy Mustang says:

    Wah tanggal 12 juni sebentar lagi rupanya semoga harganya bsa masuk dalam budget saya,hahahaaa, saya setuju pak kekuatan brand samsung memang sedang diatas angin.

  158. Wahyu Adie Prakoso says:

    Assalamu’alaikum Pak Herry. Rencananya saya mau membeli ponsel ini, tetapi saya masih ada perasaan ragu karena ini hp “cina” saya masih ragu akan kualitasnya. Ketika saya membeli, sebaiknya langkah apa saja yang harus saya cek di ponsel ini agar dapat meminimalisasi mendapat yang cacat produksi. Terimakasih Pak Herry, mohon pencerahannya :D

  159. Herry SW says:

    Pak Wahyu Adie Prakoso,

    Anda berencana membeli dalam kondisi baru kan? Silakan mengecek kondisi fisiknya. Lalu, cobalah layar sentuh dan kameranya. Kalau masih ada waktu, cek pula fungsi telepon, pemutar musik, dan fitur lain.

    Btw, kalau tidak terburu-buru, coba tunggu sampai 11 Juni 2013 malam. Mungkin ada produk yang lebih menarik untuk Anda.

  160. Wahyu Adie Prakoso says:

    memangnya tanggal 12 juni smartfren punya produk baru ya Pak?

  161. Wahyu Adie Prakoso says:

    oh iya Pak, katanya kalo kita upgrade jadi jelly bean, maka pemberitahuan di LED-nya itu akan hilang (tidak menyala ketika mendapat telfon, sms, dsb). itu bener apa tidak pak?

  162. mierza says:

    assalamualaikum pak herry ,,

    hampir dari semua review udh saya baca saya semakin bingung dengan beragam pilihan dari segi plus minus nya,, kalau berkenan mohon di reply di email,,, takut ny sy ndak bisa baca postingan pak herry,,,, untuk lenovo p700 i , lenovo s560 sama andromax i,,, mana pak yang lebih worthed merut anda pak,, terimakasih sukses selalu pak herry

  163. Herry SW says:

    Pak Wahyu Adie Prakoso,

    Pengumuman akan dilakukan pada 11 Juni 2013. Ada lebih dari satu produk baru yang diperkenalkan Smartfren. Penjualan dengan cara pre-order bakal dilaksanakan mulai 12 Juni 2013.

  164. Herry SW says:

    Pak Wahyu Adie Prakoso,

    Kebetulan saya tak pernah mencoba Andromax U ketika sudah jadi Jelly Bean. Jadi, saya tak mengetahui kebenarannya. Rekan lain yang memantau thread ini mungkin bisa memberikan pencerahan.

  165. Wahyu Adie Prakoso says:

    iya Pak, baca2 di website, smartfren punya produk baru andromax v & andromax c setahu saya :) ada windows phone juga kayaknya :D

  166. Herry SW says:

    Pak Wahyu Adie Prakoso,

    Benar. Teaser-nya sudah ada di http://www.smartfren.com.

  167. obrian says:

    pak herry

    saya baru beli andromax u putih 2 hri yg lalu
    tapi saat pertama kli pemakaian sampai sekarang kok bagian belakang hp nya terasa panas sekali ? mohon solusinya…

  168. Herry SW says:

    Pak Obrian,

    Panas sekali yang dimaksud di sini berarti sudah nyaris tak bisa dipegang dengan tangan ya? Hmm… hal itu tergolong tidak normal. Kalau sekadar hangat sih masih wajar.

    Saran saya, silakan membawanya ke Galeri Smartfren terdekat. Bisa pula Bapak kembali ke penjualnya.

  169. ka baba says:

    Pak herry maf klo pertanyaan saya kudate banget…
    Bagaimana cara pengaturan jam nya y pak.? Hehehe

  170. Herry SW says:

    Pak Ka Baba,

    Biasanya langsung menyesuaikan dengan “jam” di operator yang digunakan. Kalau mau pengaturan manual, coba masuk ke settings, lalu pilih date & time.

  171. Bagus says:

    Mas herry saya udah punya andromax u ini satu minggu. Tapi bagian atasnya cepat panas kurang lebih 10 menit kalau dipakai browsing atau game. Apa ada solusi untuk mengatasinya? Kalau misalnya saya root terus underclock proccesornya bakal berpengaruh ga sama suhu baterai?

    Terima kasih pak !!

  172. Herry SW says:

    Pak Bagus,

    Apakah sinyal operator yang dipakai kembang kempis? Kalau sekitar sepuluh menit sih mestinya belum panas. Maksimal semi-hangat.

    Saya belum pernah mainan root. Underclock kemungkinan bisa menolong, tetapi saya tak berani memastikannya.

  173. Dede Daya says:

    Permisi pak herry…

    Mu tanya nih..saya pengguna smartfren andromax U baru di beli sekitar 2 harian. Pas begitu di coba awal mula penchargeran. Kok indicator battere di layar lama fullnya. Saya pernah coba sampai 100 % itu butuh waktu 7 jam.. klo di 2 jam pengisian cepet dan mentok di 97% dan untuk ke battere full agak lama dan ga wajar. Pertanyaan nya apakah ada yg mengalami juga seperti saya di masalah battere dan apakah ini error charger atau apa padahal ini masih baru. Terimamasih

  174. Herry SW says:

    Pak Dede Daya,

    Sekadar saran, asalkan sudah bisa mencapai minimal 90 persen, menurut saya, hal itu tak perlu dipermasalahkan. Hal tersebut justru lebih baik untuk umur baterai. Dulu saya juga inginnya selalu bisa 100 persen. Namun, setelah dapat pencerahan dari seorang kenalan yang memiliki bekal kemampuan teknis sangat memadai, saya tak lagi ngotot bisa 100 persen. Kata kenalan itu, sebagian produsen acang justru sengaja mengatur supaya charging baterai tidak sampai mentok 100 persen.

  175. Yoga pratama says:

    Pak Herry, reviewnya sangat membantu

    Saya mau tanya pak :
    1. Masalah layar yg ” Kurang cerdas” tsb apakah versi jelly bean juga masih seperti itu ?
    2. Apa benar kalau dipakai browsing/game/dll body akan cepat panas ?
    3. Bagaimana menurut bapak bila dibanding New Andromax I dan New Andromax Tab 7 ? (Dilihat dari kinerja, bukan lebar layar hehe)

    Terimakasih.

  176. Herry SW says:

    Pak Yoga Pratama,

    1. Konon sudah membaik signifikan di Andromax U dengan sistem operasi Android Jelly Bean. Namun, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

    2. Panas sih tidak. Kalau hangat kadang-kadang bisa begitu.

    3. Andromax U, Andromax-i, baru New Andromax Tab 7.

  177. agam says:

    misi pak heri, mau tanya untuk speed internet andromax u bagaimana? apakah tergolong biasa, bagus atau luar biasa?

    terima kasih

  178. Herry SW says:

    Pak Agam,

    Ditilik dari spesifikasi, Andromax U mendukung layanan EvDO rev A dengan kecepatan unduh sampai 3,1 Mbps. Spesifikasi seperti itu sudah sangat memadai untuk berinternet dengan nyaman.

    Nah, masalahnya, praktiknya pengguna belum tentu bisa menikmati kecepatan setinggi itu. Kecepatan nyata bergantung performa layanan internet Smartfren di lokasi pengguna.

  179. ika says:

    mau bertanya pak, saya baru beli andromax u LE tgl 13agt. setelah beberapa hari digunakan banyak masalah seperti saat smsan tiba2 attachment muncul sendiri, sleep mode 30 detik, 1 menit ke atas tidak berfungsi. yang lebih parah tidak bisa browsing, donlod di play store, sosial media padahal masih ada 1,4 GB. tapi anehnya HH saya bisa untuk hotspot tetering, jadi selama ini saya gunakan HH dan laptop untuk internetan menggunakan wifi andromax u ini.
    bagaimana pencerahannya pak?
    mau ke galeri tapi masih blm ada waktu.
    terimakasih

  180. Herry SW says:

    Bu Ika,

    Saya belum pernah mencoba Andromax U Limited Edition.

    Attachment muncul sendiri seperti apa ya? Bukankah SMS seharusnya tak ada attachment?

    Saran saya, coba lakukan factory data reset. Kalau hal itu tak menuntaskan masalah, terpaksa Anda harus membawanya ke Galeri Smartfren.

  181. melisa says:

    pak saya mau tanya apakah dari segi kamera andromax u sudah sangat memuaskan? bagaimana dengan kamera depannya? bisa minta postingan hasil kamera depan?
    lalu bagaimana dengan video (record)nya? berapa MP?

    mengenai kurang cerdas di fitur sms, apakah dengan menyentuh layar lebih ditekan tidak bisa menyelesaikan masalah tsb? terima kasih sebelumnya

  182. Herry SW says:

    Bu Melisa,

    Kamera Andromax U secara umum cukup bagus. Silakan coba membuka http://ponselmu.com/ada-apa-dengan-xl-tahun-ini/. Semua foto di tautan itu saya jepret memakai Andromax U.

    Ehmm… maaf, permintaan hasil kamera depan tak bisa saya kabulkan. Sebab, waktu itu saya mencobanya dengan memotret diri sendiri. :)

    Resolusi video kamera belakang HD 720p, sedangkan kamera depan VGA.

    Soal layar yang kurang cerdas, memberikan tekanan lebih di layar tidak menyelesaikan masalah. Konon sisi minus itu tak lagi dijumpai setelah Andromax U di-update ke Jelly Bean. Saya pribadi belum pernah mencicipi Andromax U ber-Jelly Bean.

  183. ika says:

    di sini sms ada attach nya pak, untuk lampiran gambar, video, audio, insert contact, dll.
    selain attach yang nongol sendiri, browser google atau twitter juga sering nongol kalo pas di display utama.
    sekarang malah notif sms tidak mau hilang walo sms yang diterima sudah saya hapus.
    mohon maaf kalo factory data reset apa tidak akan menghilangkan data2 saya?
    atau akan saya lakukan saran kedua,, ke galeri saja.
    terimakasih banyak

  184. Herry SW says:

    Bu Ika,

    Oh, itu kemungkinan mode SMS jadi MMS.

    Factory data reset tentu akan menghilangkan data yang tersimpan di memori internal ponsel. Karena itu, silakan lakukan backup dulu. Anda bawa ke Galeri Smartfren pun, amat mungkin petugas di sana juga akan melakukan factory data reset.

  185. Melisa says:

    Terima kasih atas responnya pak.. Oh iya apakah saya bisa minta postingan hasil kamera dengan LED Flash (disiang hari dg cahaya minim & malam hari)? Lalu apakah hp ini terdapat pembaca/editing dokumen?

  186. Herry SW says:

    Bu Melisa,

    Saat mencoba kamera ponsel, biasanya saya tidak mengaktifkan lampu kilat. Jadi, tak ada contoh hasil jepretan tanpa lampu kilat.

    Ini contoh foto yang saya jepret di dalam kamar hotel. Tanpa lampu kilat ya. Lampu kamar dipadamkan, korden ditutup, dan hanya ada sedikit cahaya matahari yang menerobos dari sela-sela korden. http://s22.postimg.org/nzy8pka1t/IMG_20130207_143959.jpg

    Kalau yang ini juga tanpa lampu kilat. Saya memotret suasana presentasi. Lampu panggung dalam kondisi padam. http://s16.postimg.org/mkm25l20l/IMG_20130208_110933.jpg

    Seingat saya tak ada aplikasi Office bawaan.

  187. nuril a'la says:

    bagaimanasih cara mengatur jam di Andromax u? HH saya sudah saya custom ke galaxy s4. waktu saya hard reset trnyata g keluar aturan zona waktunya
    †???k ???

  188. Herry SW says:

    Pak/Bu Nuril A’la,

    Jam di ponsel CDMA biasanya langsung menyesuaikan diri dengan waktu di sistem operator.

  189. tomang says:

    Great smartphone from smartfren
    Andromax U Limited Edition…quadcore…keren dan mumpuni untuk smartphone dibawah 2 juta

  190. arie says:

    Siang pak herry

    Mungkin membantu sedikit untuk 2 pertanyaan mengenai USB OTG dan dijadikan modem external

    Sepengalaman saya, 22nya bisa dilakukan

    Namun untuk dijadikan modem ext. Andromax f set personal hotspot

    (Setting -mores – tethering&personal hotspot)

    1 pertanyaan dri saya, untuk kamera seingat saya andromax dpat digunakan fungsi makro, namun sampai saat ini saya masih belum menemukan setting yang tepat untuk fungsi ini, mungkin pak herry bisa membantu rekan2 yg juga memiliki pertanyaan yg sama

    Trims

  191. Herry SW says:

    Pak Arie,

    Terima kasih atas sharing-nya. Kalau jadi modem eksternalnya via kabel, apakah pernah coba, Pak?

    Untuk pemotretan jarak dekat memakai Andromax U, seingat saya, sentuhlah titik fokusnya tepat di objek yang hendak dijepret, Pak.

  192. Vita says:

    Siang pak :) mw tanya donk…andromax aq kok ga bs browsing ya padahal sinyalx full, udh pernah nanya sama providerx harus d setting manual tp ttp aja bgitu kadang bs kadang tdk… Mohon infox pak mksh

  193. yudhi says:

    Saya memakai andromax u.. kok kalo telp keluar.. suara saya kecil kalo didengar lwn bicara.. tidak sekeras pake telp lain.. jadi agak kesulitan dalam telp.. ada yg ngalamin juga? Trims

  194. Herry SW says:

    Bu Vita,

    Maaf, baru siang ini saya bisa merespons pertanyaan masuk karena sempat tumbang akibat demam hingga 39,5 derajat Celcius.

    Kalau membaca paparan Anda, termasuk sudah melakukan pengaturan manual yang kadang sukses browsing dan kadang gagal, saya menduga keras performa layanan internet Smartfren di tempat Anda memang sedang mabuk.

  195. Herry SW says:

    Pak Yudhi,

    Apakah volume suara sudah coba diatur menjadi lebih besar? Bila sudah dan ternyata lawan bicara tetap mendengar suara Anda kecil banget, saya curiga mikrofon di ponsel Anda tak berfungsi normal.

  196. frans says:

    ada yg pernah nyobak andromax u dikasik mouse dan keyboard eksternal gak? Kalau ada tolong di sharein dong. Thx

  197. Herry SW says:

    Pak Frans,

    Saya lupa pernah coba atau tidak. Seingat saya sih tak pernah.

  198. Fauzizah says:

    smartfren andromax U bisa dipakek kartu indosat gak ??

  199. Herry SW says:

    Bu/Pak Fauzizah,

    Selot GSM di Andromax U bisa diisi dengan kartu SIM Indosat.

  200. dimas says:

    Pak harry
    Bagaimana cara foto dengan timer otomatis
    Sedangkan hp sy andromax ule
    Thx b4

  201. Herry SW says:

    Pak Dimas,

    Saya belum pernah pakai Andromax U Limited Edition. Coba masuk ke kamera, lalu cari settings. Kalau kamera ponsel itu dilengkapi fitur timer, biasanya ada pilihan berapa detik. Bila tak ada, berarti memang tak tersedia.

    Bagaimana solusinya? Silakan menginstalasikan aplikasi tambahan. Aplikasi “Camera 360″ di Play Store layak dicoba.

  202. junot says:

    gi mana cara melakukan video call di andromax u

  203. Herry SW says:

    Pak Junot,

    Saya sudah lupa struktur menu di Andromax U. Intinya, silakan menginstalasikan aplikasi untuk video call dulu. Misalnya, Skype. Kemudian jalankan dan hubungi lawan bicara.

  204. eba says:

    mohon bantuannya y
    can’t conec to camera
    tandanya knpa y? apa kameranya rusak atw knpa?

  205. Herry SW says:

    Pak/Bu Eba,

    Coba lakukan factory data reset. Kalau tetap tak bisa, kemungkinan ada kerusakan perangkat keras. Bisa jadi modul kameranya bermasalah.

  206. andika says:

    apakah andromax harus mengunakan kartu sim smartfreen??

  207. asew says:

    untuk andromax u batrai doubel power yang bagus ..merek apa pak

  208. Herry SW says:

    Pak Andika,

    Selot CDMA di ponsel Andromax harus dipadukan dengan kartu Smartfren. Definisi Smartfren di sini bisa berupa kartu Smartfren, Smart Telecom, Mobile-8, maupun Hepi. Semua sebenarnya kini merujuk ke satu operator yang sama.

  209. Herry SW says:

    Pak Asew,

    Saya belum pernah menjumpai baterai double power untuk Andromax U. Kalau sampai Anda menjumpai baterai yang diklaim double power, tetapi ketebalannya sama dengan baterai bawaan, dapat dipastikan baterai tersebut tidak benar-benar double power.

  210. adinda says:

    pak saya ingin bertanya, hp smarfren U LE saya layar sentuhnya tiba2 menjadi super aktif, maksudnya tanpa saya sentuh, udah bergerak sendiri, sampai tidak terkendali, sangat menyulitkan sekali jika hendak bbm-an, buka email dan broshing, penyebabnya apa ya sehingga bisa seperti itu?

  211. Herry SW says:

    Bu Adinda,

    Biasanya kondisi itu dipicu masalah hardware. Mungkin digitizer-nya. Saran saya, silakan membawanya ke Galeri Smartfren terdekat.

  212. bhatax says:

    Salam kenal pak
    Saya mau bertanya.
    Saya pake andromx u le kountk melihat lokasi dengan
    GPS lokasinya melenceng jauh ya sebelumnya saya pake andromax c
    Tidak ada masalh dengan GPSnya. yang mau saya tanyalan
    Bagaimana cara seting my location byar tepat dan benar

  213. Herry SW says:

    Pak Bhatax,

    Idealnya di pengaturan GPS ada dua baris yang perlu dicentang: yang mengandung kata satelit dan yang mengandung kata location/network. Silakan mencermati lagi pengaturan di Andromax U Anda.

  214. Iskandar says:

    Selamat siang pak Herry, mohon bantuannya, pak..
    Sudah seminggu ini Andromax U saya tidak bisa menerima Signal cdma, gambarnya c dengan x dibawahnya.
    sebelumnya saya pernah pernah coba untuk merubah jaringan internet menggunakan CDMA, saya kira simcard cdma bermasalah, saya coba tukar simcard dengan kawan saya ternyata masalahnya pada AndromaxU saya. apakah ini karena pernah saya coba dengan menggunakan jaringan GSM untuk internetnya?
    saya coba masuk pada menu setting=>jaringan seluler =>pilih jaringan=> *nah dilayar untuk option CDMA tidak bisa dipili( hanya bayangan) sedangkan untuk GSM normal.

  215. Iskandar says:

    mohon maaf, saya pernah coba ganti dengan jaringan GSM, karena paket cdma saya sudah habis..

  216. Herry SW says:

    Pak Iskandar,

    Mencoba berinternet memakai GSM seharusnya takkan membuat CDMA-nya ngambek seperti yang Anda alami. Langkah termudah dan tercepat yang pantas dicoba, lakukan factory data reset.

  217. Angga says:

    Pak Herry saya ingin bertanya, saya menggunakan hape Andromax U sudah 7bulan. kenapa di tengah laya saya ko terputus setiap membuka dengan pola ya?

  218. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Maaf, saya kurang jelas dengan pertanyaan Anda. Yang dimaksud “layar terputus di tengah” itu apakah layarnya blank/kosong?

  219. Angga says:

    Bukan blank atapun kosong pak Hery, tapi setiap buka pola berbentuk L selalu gagal

  220. Herry SW says:

    Pak Angga,

    Hmm… kok aneh ya. Coba lakukan factory data reset dulu deh.

  221. fadli says:

    pak.
    andromax u bisa gak di gunakan aplikasi USB OTG?
    saya btuh banget info itu

  222. Herry SW says:

    Pak Fadli,

    Saya tak ingat Andromax U bisa USB OTG atau tidak. Ponsel tersebut sudah diskontinyu alias tidak diproduksi lagi lho.

  223. euis says:

    Selamat siang pak, mohon bantuannya.
    Sudah hampir setahun saya pakai andromax u. Tapi tiba2 kamera belakangnya tidak bisa digunakan. Bukan cuma saya yang mengalami kejadian ini. Teman saya yang baru 6 bulan menggunakan andromax u juga sama seperti saya. Kira-kira akibatnya kenapa ya pak?
    Terimakasih.

  224. Herry SW says:

    Bu Euis,

    Coba lakukan factory data reset. Bila kamera tetap bermasalah, silakan membawa ponsel itu ke Galeri Smartfren terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>