Review Wiko Ridge 4G Fever: Berpendar di Kala Gelap

Aliran listrik tiba-tiba padam. Ruangan yang awalnya terang benderang mendadak gelap gulita. Pengguna ponsel Samsung, LG, Sony, Apple iPhone, dan aneka merek lain mungkin bakal kebingungan menemukan ponselnya. Mereka harus meraba-raba meja.

Kesulitan serupa takkan dialami pemilik Wiko Ridge 4G Fever. Dengan mudah mereka bakal menemukan ponselnya. Sebab, ponsel itu bisa berpendar di kala gelap. Cahaya berwarna hijau kebiruan akan terpancar dari samping bodi ponsel.

Ridge 4G Fever-4a

Ya, glow in the dark menjadi fitur unik Ridge 4G Fever. Dua garis fosfor (phosphorescent lines) mengelilingi rangka ponsel yang terbuat dari logam. Saat berada di tempat terang, garis fosfor itu “memakan cahaya” dan menyimpannya. “Tabungan cahaya” itu dikeluarkan saat ponsel berada di lokasi yang gelap.

Ridge 4G Fever dibekali layar IPS 5,2 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Tampilan layar tersebut pantas mendapatkan acungan dua jempol. Tulisan maupun gambar dapat disajikan dengan tajam dan cemerlang.

Pengguna Ridge 4G Fever akan merasa nyaman saat menyapukan jari dari ujung ke ujung layar. Pasalnya, ponsel itu mengadopsi layar 2,5D dengan permukaan kaca sedikit melengkung di empat sisinya. Karena memanfaatkan Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar ponsel juga lebih tahan terhadap goresan.

Ridge 4G Fever-1a

Masih berhubungan dengan layar, terdapat aneka jalan pintas untuk mengakses fitur tertentu. Pengguna perlu mengaktifkannya dulu satu kali via menu smart awake. Bila telah diaktifkan, saat ponsel siaga, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali di layar untuk menyalakan layar. Hal lain, tuliskan huruf M di layar yang padam untuk mengakses pemutar musik, C untuk menjalankan kamera, dan O untuk menyalakan lampu senter.

Untuk memadamkan layar tanpa menekan tombol power, pengguna disodori cara praktis. Aktifkan dulu fitur smart gesture. Berikutnya, setiap kali ingin memadamkan layar, pengguna cukup menyentuh tombol home sebanyak dua kali.

Permukaan belakang Ridge 4G LTE beraksen kulit. Bayangkan saja permukaan kulit jeruk. Kalau back cover ponsel dibuka, di sisi atas akan terlihat dua selot kartu micro SIM dan satu selot kartu microSD. Dua nomor dapat siaga bersamaan. Nomor yang dipakai berinternet, tak peduli posisinya di selot kartu pertama atau kedua, dapat masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.

Menariknya, di menu preferred network type terdapat pilihan 4G only. Menu yang sepintas biasa-biasa saja itu realitanya sangat bermanfaat buat pengguna yang rutin memanfaatkan layanan 4G LTE. Apalagi, saat ini sebagian operator 4G LTE menawarkan bonus kuota lumayan besar yang cuma bisa digunakan di jaringan 4G LTE.

Ridge 4G Fever-2

Ponsel Android 5.1 Lollipop itu kompatibel dengan layanan 4G LTE di frekuensi 1800 dan 2300 MHz. Hal tersebut bermakna ia siap dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE semua operator di Indonesia. Mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, hingga Tri. Mau dipadukan dengan 4G LTE Smartfren dan Bolt pun bisa.

Spesifikasi lain Ridge 4G Fever, antara lain, prosesor 64-bit delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, USB OTG, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB. Saat ponsel baru mulai digunakan, sisa memori internal mencapai 24,07 GB. Ada pula radio FM yang siarannya dapat direkam.

Sumber daya ponsel berasal dari baterai tanam berkapasitas 2.900 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis alias HSW, sekali diisi ulang baterai tersebut sanggup bertahan 10-12 jam. Selama rentang waktu itu, HSW mengaktifkan dua nomor. Salah satu nomor dikunci di jaringan 4G LTE. Aktivitas bertelepon, memotret, menerima ratusan email, browsing, dan mengakses WhatsApp, Facebook Lite, serta Twitter rutin dilakukan.

Ponsel pintar berdimensi fisik 148 x 73,8 x 8,3 milimeter dan berat 143 gram itu dibekali dua kamera. Seluruhnya dilengkapi dengan lampu kilat. Kamera dengan fokus otomatis di sisi belakang Ridge 4G Fever sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia mode profesional yang memungkinkan pengguna mengubah saturasi, white balance, ISO, ketajaman (sharpness), dan kompensasi pencahayaan (exposure compensation) secara manual. Sayangnya tak ada pilihan untuk mengatur kecepatan rana alias shutter speed.

Ridge 4G Fever-3

Beralih ke kamera depan. Kamera itu mampu memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedianya lampu kilat membuat pengguna tetap leluasa berswafoto alias selfie di tempat yang remang-remang. Ingin berswafoto beramai-ramai? Ada mode wide selfie yang layak dicoba.

Kalau dirangkum, menurut HSW, kinerja kamera belakang yang kurang mantap menjadi titik kelemahan Ridge 4G Fever. Foto yang dihasilkan memang masih pantas dikategorikan cukup bagus. Namun, belum sampai menyentuh tingkat memuaskan sekali. Mode profesionalnya juga tergolong setengah hati karena tak mengizinkan pengguna mengatur kecepatan rana.

Berbeda 180 derajat dengan kamera belakang, performa kamera depan Ridge 4G Fever pantas mendapatkan acungan jempol. Bagus. Kompatibilitas dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia menjadi daya tarik lain ponsel itu. Apa lagi? Layar sedap dipandang mata, bodi cantik, dan antilemot.

Ridge 4G Fever-5

Saat ini Ridge 4G LTE dibanderol Rp 2,899 juta. Ponsel itu telah didistribusikan ke berbagai kota di seluruh Indonesia. Seandainya peminat kesulitan menemukannya di toko-toko ponsel milik perorangan, silakan mencarinya di gerai SentraPonsel. Gerai yang dulu identik dengan Nokia itu kini menjadi gerai resmi penjualan Wiko.

Alternatif lain, lakukan pembelanjaan online di Tokopedia dan Bukalapak. Sebagian penjual di sana menawarkan Ridge 4G Fever lebih rendah daripada harga ritel resmi yang disarankan.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Ridge 4G Fever.

Ridge 4G Fever-6

Ridge 4G Fever-7

Ridge 4G Fever-8

Perhatikan kotak merah.

Ridge 4G Fever-9

Inilah tampilan kotak merah di atas bila diperbesar.

Ridge 4G Fever-10

Ridge 4G Fever-11

Ridge 4G Fever-12

Ridge 4G Fever-13

Ridge 4G Fever-14

Ridge 4G Fever-15

Ridge 4G Fever-16

Ridge 4G Fever-17

Ridge 4G Fever-18

Ridge 4G Fever-19

Ridge 4G Fever-20

Saatnya mencoba kamera depan.

Ridge 4G Fever-21

Ridge 4G Fever-22

Kini lampu kilat kamera depan diaktifkan.

Ridge 4G Fever-23

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Ridge 4G Fever-25

Ridge 4G Fever-26

Ridge 4G Fever-24

 

93 thoughts on “Review Wiko Ridge 4G Fever: Berpendar di Kala Gelap

  1. kameranya bagus juga ya pak hsw? setelah liat yg di zoom, tapi detailnya masih jelas. gimana pendapat pak hsw ttg kamera ridge 4g fever dibanding kompetitor dgn harga yg sama ?

    1. Pak Shofyan,

      Cukup bagus, tetapi belum sampai menyentuh nilai istimewa.

      Dibandingkan ponsel apa nih?

  2. Pak Herry, menurut anda, apakah wiko ini bisa bertahan lama di dunia per-hape-an?
    Mengingat banyaknya merk dari tiongkok yang mulai menyerbu dunia
    Enggak lucu kan, udah beli, eh beberapa tahun ke depan pabriknya tutup hehe
    Oh ya pak Herry, untuk kamera bila dibandingkan dengan lenovo vibe p1 turbo, lebih unggul mana pak?
    Harga wiko ridge 4g fever yang hampir 3jt, apakah layak beli pak Herry?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Junsen,

      Wiko-nya sih masih bisa bertahan. Namun, asal tahu, market share Wiko di Indonesia masih sangat kecil lho. Wiko justru memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Perancis. Wiko sendiri adalah merek Perancis yang produksinya dilakukan di Tiongkok.

      Hasil jepretan kamera lebih bagus Ridge 4G Fever daripada Vibe P1 Turbo.

      Secara umum sih layak beli.

  3. pak herry,

    apakah sangat layak berpindah dari redmi 2 ke wiko ridge 4g fever dipandang dari sudut harga dan spesifikasinya? thanks before

    1. Pak Josef Nday,

      Ditilik dari spesifikasi, harga, dan kinerja, Ridge 4G Fever layak beli.

      Layakkah berpindah dari Redmi 2 ke ponsel itu? Jawabannya, bergantung kebutuhan Anda.

  4. Om HSW, apa fungsi 4G bisa di slot 1 / 2 sama dengan Hisense Pureshot?? Jika iya, berarti pilihan gawai yang bisa memindah 4G tanpa balik kartu nambah nih. Jika memakai 4G smartfren, cuma bisa data saja om? Sayangnya di Pureshot belum bisa USB-OTG.

    1. Pak Chandra,

      Bisa. Seperti sudah saya tuliskan di naskah review: “Nomor yang dipakai berinternet, tak peduli posisinya di selot kartu pertama atau kedua, dapat masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.”

      Ya, kalau diisi Smartfren hanya bisa digunakan untuk berinternet.

  5. kameranya cukup mantep ya Pak Herry, meskipun dari segi warna agak washed out

    kalo dari segi pelayanan purna jualnya kira2 Wiko gimana Pak?

    1. Pak Ragil Sunyoto,

      Ya.

      Belum ketahuan nih. Sama sekali belum pernah ada testimoni masuk. Layanan garansi Wiko ditangani Unicom yang pernah menangani layanan garansi Nokia dan Microsoft. Reputasinya sih selama ini baik.

  6. Ko Herry, kamera belakangnya yg 13 MP itu kalau diadu dengan Mi 4i atau Lenovo Vibe Shot bagaimana hasilnya? Kebetulan saya pakai Mi 4i dan Vibe Shot. Ada keinginan mau ganti Vibe Shot dengan hp lain yg kameranya sama yahudnya dg Vibe Shot. Tq

  7. Koh Herry, itu bisa berpendar dikegelapan khan karena adanya material phospor, bisa bertahan berapa bulan/thn ? Oh ya untuk gawai yg kemampuan baca SD card 32GB, bila diisi micro SD 64GB apakah masih tetap dapat membaca (meski yg terbaca cuma 32GB). Adakah efek buruk, membuat sd card dan atau gawai menjadi tidak awet ?

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Setelah menyala selama periode tertentu (tak pernah saya tes maksimal berapa lama), ponsel akan berhenti berpendar. Garis fosfor itu harus diberi asupan sinar lagi supaya dapat kembali menyala. Jadi, nyalanya tak sampai hitungan bulan atau tahun.

      Tak tahu. Belum pernah coba.

    2. kalau penasaran dengan gawainya apakah bisa membaca microSD 64 gb secara penuh, lakukan format terlebih dahulu untuk microSD nya

      lakukan di pc atau laptop, cari tutorial mengubah format ex-FAT bawaan menjadi FAT32
      konsekuensinya cuma speed baca tulis agak menurun dan gak bisa diisi file dengan ukuran melebihi 4 GB

      redmi note 3G saya dulu enteng baca microSD 64 GB

  8. Selamat siang Pak Herry… Saat ini saya menggunakan Redmi 2 Prime. Saya suka HP ini krn :
    1. Bs external memori
    2. 2 SIM
    3. Ukuran fisiknya pas di genggaman.
    Cm memang saya berencana mau ganti HP krn RAM 2Gbnya agak lemot terutama stlh penggunaan 2-3 hr, hrs direstart.
    Melihat review Bapak, saya rasa Wiko ini masuk dlm kriteria poin 1 & 2 saya…
    Selama Pak Herry menggunakan Wiko, apa ada kendala Pak? Ada Bug mgkn…
    Kemudian bgmn dgn update softwarenya?
    Dan terakhir, mmg tdk berkaitan lgsg dgn jeroan HP tp mnrt saya cukup penting, bgmn dgn accesorisnya Pak? Dlm hal ini cukup Temperred Glass dan Case aja sih… Apa toko2 di WTC ada yg menyediakan accesoris Wiko?
    Terima kasih Pak Herry….

    1. Pak Edwin,

      Nggak ada kendala yang fatal sih. Bila ada masalah, pasti sudah saya sebutkan di naskah review.

      Belum ada update software.

      Soal aksesori, mencari aksesori ponsel Wiko sampai saat ini masih sangat sulit.

  9. setelah saya baca lagi.,ternyata saya yg salah pak.. haha… td pas baca pertama saya blm mkn siang.. hehe.. wah.,kyknya saya akan menunggu ulasan 2 HP lagi yg saingan wiko pak.. Infinix 3 dan Redmi 3.. smga aja redmi 3 bs cepat keluar yg resmi..

    1. Pak Deko,

      Iya, harga sudah saya sebutkan.

      Saya kan tidak me-review Redmi 3 tanpa garansi resmi. Urutan review berikutnya Zero 3 dan Zenfone Max.

    1. Pak Iwan,

      Di WTC pasti sudah ada. Ada satu toko di dekat eskalator lantai 1 yang memiliki stok. Saya lupa nama tokonya. Posisinya tepat di sebelah gerai Oke Shop. Gerai bernama Sentra di lantai 2 kemungkinan juga mempunyai stok.

      Kalau di Marina, sepertinya belum ada.

  10. Apakah brand wiko recomended ? Pesaing terdekatnya siapa om ? Satu lagi, fitur 4g nya bisa diandalkan kah bila bersanding dengan brand premium (sony, samsung, lg, motorolla) ….tengkyu om HSW

    1. Pak Fajar,

      Sampai saat ini saya baru mencoba tiga tipe ponsel Wiko. Semua kebetulan baik dan bisa diandalkan.

      Soal pesaing terdekat, nah… ini yang agak sulit. Wiko tampaknya sengaja mengambil posisi di tengah-tengah. Dia berusaha menempatkan dirinya di atas Asus, Lenovo, Acer, dkk, tetapi di bawah Samsung, LG, dan Sony. Kalau kita perhatikan, Wiko saat ini menjadi satu-satunya ponsel merek Eropa (produksi dilakukan di Tiongkok juga sih) yang masih rutin menawarkan produk baru ke Indonesia.

      Ya, fitur 4G LTE-nya sangat bisa diandalkan. Berani diadu dengan merek-merek yang Anda sebutkan deh.

  11. Pak Herry

    Maaf OOT, Acer Liquid Leap Active yang dijual di Lazada apakah bergaransi resmi? apa ada toko offline yang menjualnya dengan garansi resmi? ada rencana review kah? hehe

    1. Pak Lukman,

      Ya, bergaransi resmi. Penjualan Liquid Leap Active memang hanya dilakukan via jalur online dan kali ini Acer menggandeng Lazada.

      Ya, ada rencana review.

  12. Selamat malam dan salam kenal pak HSW.
    Saya terkesan dengan review hp dan berita seputar dunia hp
    Yang saya mau tanyakan untuk kamera depan setiap hp kenapa ada yang terbalik gambarnya seperti cermin.
    Contohnya kamera depan Xiaomi Redmi 2 Prime hasil fotonya seperti sedang ber cermin (tulisan jadi dari kanan ke kiri) dan kamera depan Wiko 4G Fever normal foto (tulisan di kaos pak HSW bisa dibaca normal).
    Mohon penjelasan pak HSW setiap review kamera depan hp.
    Terima kasih.

    1. Pak Hari Daex,

      Karena pada dasarnya kamera depan itu digunakan untuk berswafoto yang ibarat melihat di cermin. Sebagian produsen ponsel otomatis mengoreksi foto yang dijepret menjadi dirotasi horizontal 180 derajat. Sebagian produsen lain tidak melakukan koreksi itu. Ada pula ponsel yang menawarkan pilihan kepada pengguna, ingin dikoreksi atau tidak.

    2. Ponsel saya kamera depannya fotonya bisa dibuat terbalik. Namun, hasilnya muka saya kok malah jadi aneh ya? Jadi menceng gimana gitu ๐Ÿ˜€ Kalau mode cermin sih baik2 saja.

  13. Pak Herry,
    Kameranya dengan Pureshot menurutmu bapak lebih baik mana?
    Oh ya Pak Zenfone Max sudah bapak ujicoba? Menang sudah ada yang garansi resmi pak, atau bapak pakai garansi distributor? Jika distributor kok tumben mau pak?
    Terima kasih,
    Salam

    1. Pak Leo,

      Pureshot.

      Zenfone Max baru saya coba dua harian, kemudian disimpan dulu karena saya masih menuntaskan uji pakai Zero 3. Garansi resmi dong. Zenfone Max bergaransi resmi sudah beredar sejak 20-an Maret lalu kok.

  14. Siang Pak Herry… Saat ini saya menggunakan Redmi 2 Prime, mnrt Bapak, kalau saya ganti ke Wiko Fever ini layak tdk Pak?
    Kemudian, dr penggunaan sehari2 atau secara overall deh, dibanding Zero 3 lbh nyaman/baik mana Pak?
    Terima kasih Pak…

    1. Pak Zulay,

      Saya bukan penggemar game. Saat menguji pakai Ridge 4G Fever, saya hanya sempat iseng memainkan game balap mobil Need for Speed. Baik-baik saja sih.

      Tidak cepat panas.

  15. pak herry
    buat ibu saya mau nyari hp dibawah 2 jt di atas 1 jt yang kamera bagus soalnya suka foto2 sama gak lemot apa ya.. tolong dikasih opsi pak biar ibu saya milih .. terimakasih

    1. Pak Adam,

      Hmmm… beli Hisense Pureshot saja deh. Harga Rp 1,999 juta.

      Alternatif lain Asus Zenfone 2 Laser varian LTE (ZE500KL). Kalau yang ini, Anda harus menambah anggaran Rp 100 ribu.

  16. Koh Herry, minta pendapatnya dong tentang brand Vivo hehe, ttg kualitas ponselnya & layanan purnajual apakah ada keluhan/dsb or oke2 aja ya? Thx …

    1. Pak Rahadian Masaliha,

      Ponsel merek Vivo sih secara umum bagus. Namun, saya memang belum mencoba ponsel Vivo keluaran terbaru lagi.

      Soal layanan pusat perbaikan resmi, saya belum menerima testimoni dari pengguna lagi. Jadi, saya tak mengetahui kondisi terkini.

    1. Pak Ilham,

      Saya lebih suka memberikan komentar berdasarkan hasil pemakaian nyata saat saya uji pakai. Zero 3 sih baik-baik saja.

  17. Pak Herry,

    kyaknya merk-merk ponsel baru yang rajin mengeluarkan produk diantaranya Wiko dan Infinix ya? (mengesampingkan Xiaomi yang non garansi resmi).
    dan saya tertarik sekali dengan produk-produk dari Infinix. tapi masih bimbang dalam memilih pengganti K-Touch Titan istri saya..
    Menurut pak Herry, lebih baik manakah antara Infinix Note 2 dengan Xiaomi Redmi 2 Prime? atau dibandingkan dengan HiSense Pureshot? Karena Infinix sudah memberikan update ke Marshmallow.

    terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Note 2 vs Redmi 2 Prime? Kalau Anda mengutamakan kamera, ambil Redmi 2 Prime. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, pilihlah Note 2.

      Sementara itu, kalau Anda ingin yang kamera bagus dan kompatibilitas LTE komplet, pilihlah Pureshot.

  18. Menarik juga ya Wiko Fever ini. Semua fitur wajib bagi saya ada semua di Wiko Fever, plus harganya masih masuk akal. Bagi saya kurangnya cuma di SoC-nya. Kalo pake Snapdragon 650 seperti Xiaomi Redmi Note 3 Pro, bisa langsung beli deh.
    Wiko Fever ini berarti sudah lulus TKDN ya Pak Herry? Wiko merakit sendiri di Indonesia, atau ikut nebeng pabrik lain, seperti Asus, ZTE, Lenovo?

    1. Pak Dodo Nandito,

      Ponsel itu kebetulan sertifikasinya sudah diurus sebelum aturan baru TKDN berlaku. Jadi, lolos deh.

  19. Saya doakan blog bapak terus berkembang
    sekalian mau tanya donk pak herry
    bagaimana kualitas ponsel HTC ?
    cukup tertarik dengan HTC desire 826
    hehehehe

    1. Pak Jem,

      Amin. Terima kasih atas doanya.

      Saya sudah lama tidak menguji pakai ponsel HTC. Dulu sih kualitasnya secara umum oke, tetapi layanan pusat perbaikan resminya parah banget.

  20. Apa menurut om herry produk wiko udah bisa di sejajarkn dgn merek global seperti samsung,huawei,sony?
    Klu di urut dr kualitas produk,merek wiko di posisi berapa om?

    1. Pak Arif,

      Ya, bisa dibilang begitu.

      Wah, nggak bisa diurutkan secara umum seperti itu. Mesti spesifik tipe apa mau dibandingkan dengan tipe apa.

  21. kalau pendapat penulis dari segi performa dan value, pilih mana wiko ridge 4g fever, samsung galaxy a3 (2016), asus zenfone max atau infinix zero 3?

    salam buat penulis

    1. Pak Feri,

      Galaxy A3 (2016) saya belum pernah coba dan tidak berencana mencobanya.

      Kalau kita bicara performa dan value, urutan pertama versi saya Infinix Zero 3, lalu Asus Zenfone Max, dan disusul Wiko Ridge 4G Fever.

  22. Sepak terjang wiko sepertinya menarik ya pak Herry, saya lihat service center nokia Bandar Lampung sudah mulai “ditemani” wiko di gedung yang sama.
    Say mau tanya pak, saya pengguna nokia x2ds. Kamera depan tiba-tiba tidak bisa digunakan, lalu kamera belakang buram, saya lihat kaca (entah kaca atau plastik) luar kameranya baret2. Apakah bisa diganti atau seperti apa supaya fotonya jernih lagi? Dan sebaiknya di service center atau konter biasa?

    Terima kasih atas jawabannya pak, sukses selalu

    1. Pak Hamdan,

      Iya, Wiko kelihatan berusaha mengembangkan pasar di Indonesia, meskipun hasilnya belum sebaik yang diharapkan.

      Nokia X2DS? Ehmm… seingat saya tak ada ponsel Nokia bertipe itu deh. Kalau “kaca” kamera baret-baret, mestinya bisa diganti di pusat perbaikan resmi. Masalahnya, saya tak yakin mereka masih memiliki suku cadangnya.

  23. trima kasih pak pendapatnya. kebetulan cari hp sekitaran 3jta kurang dan pilihan jatuh ke list yg saya sebutkan tadi. ini jadi referensi.

    1. Pak Andi,

      Tergantung titik fokusnya di apa dulu nih. Layar dan built quality lebih bagus Ridge 4G Fever. Kompatibilitas 4G LTE lebih komplet Pureshot+.

  24. Pak Herry, mau tanya maaf menyimpang.

    Seandainya Kita beli suatu aplikasi berbayar di Playstore, apakah kalau kita ganti device, di device lain kita harus bayar kembali aplikasi tersebut atau cukup sekali saja?

    Terima kasih, salam

  25. Generasi kedua nokia x pak Herry. ๐Ÿ˜€

    Agak sepi memang yg punya, dulu saya beli karena faktor “nokia” nya..
    Terima kasih pak, mungkin saya coba cari dulu.

    Btw, merk himax gimana ya kualitasnya pak? saya lihat cuma ada 1 review di blog ini, itu pun jaman kapan hehe

    1. Pak Hamdan,

      Oh, maksudnya Nokia X2 Dual SIM tho. Lain kali biasakan menuliskan nama ponsel dengan komplet ya. ๐Ÿ™‚

      Saya pernah dua kali membeli ponsel Himax. Dua-duanya berujung kepada kekecewaan berat. Dilihat dari etika bisnis, Himax juga mendapatkan poin minus dari saya. Coba deh masuk ke Xiaomi.co.id dan lihatlah yang terbuka situs apa. Padahal, Himax tidak ada hubungan apa pun dengan Xiaomi.

  26. Pak hsw saya bth hp di kameranya untk foto wkt liputan sama jaringan 4G n suport otg tertarik sama wiko fever ini, tapi masih bingung antara wiko, zenfone selfie atau zenfone 2 laser, yg rec0mended yg mana ni pak klo blh minta pencerahan

    1. Pak Ghufron,

      Zenfone Selfie saya coret dulu karena saya belum pernah menguji pakai ponsel itu. Tersisa dua ponsel. Saya lebih condong ke Zenfone 2 Laser. Kalau boleh menyodorkan tipe lain, silakan melirik Infinix Zero 3.

    1. Pak Ghufron,

      Saya belum pernah mencoba ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KL. Terserah Anda mau cari yang layar berapa inci deh.

      Ya, normalnya jalur penjualan resmi Infinix baru online dan terbatas di Lazada.

  27. Pak Herry mau tanya,
    1. Bapak kalau foto hp yang akan direview pakai kamera apa Pak? Kok bening, seperti contohnya foto di atas ketajaman layar Wikonya terlihat
    2. Di Wiko saya, saya masukkan slot sim 1 kartu 4G XL pak Dan saya kunci di LTE only. Namun ketika ada yang sms, SMS tersebut tetap masuk Pak, padahal untuk bertelepon tidak bisa. Apakah memang begitu pak? Atau Wiko nya ada kelainan?

    Terima kasih Pak Herry
    Salam,

  28. Oke pak,
    sekalian mau tanya kalo yg ze550 kl kan densitinya 267 ppi, yg ze500 kl 294 ppi, kira2 hal itu mempengaruhi kedetailan hasil foto gak ya?
    Dan kalau d zoom d lapt0p pecah gk ya?

    1. Pak Ghufron,

      Saya sih tidak peduli dengan ppi. Asalkan masih enak dilihat, jalan terus deh. Resolusi layar tidak mempengaruhi foto yang dihasilkan kamera.

  29. Pak Herry,
    Service center Wiko itu menjadi satu dengan Nokia, Microsoft dan Huawei di Unicom Care ya?
    Kemarin saya membawa Ridge Fever 4G saya ke Unicom Care di ITC Roxy Mas karena masalah pada panel LCDnya dan lsg betul, tidak diinapkan. Pelayanannya juga sangat baik dan ramah.

  30. Pak Herry, utk merk Wiko bagaimana support dalam hal upgrade OS-nya? apakah mereka rajin upgrade OS (sesuai spek HP-nya)?

    1. Pak Leo,

      1. Itu artikel lama.

      2. Di Indonesia, sejak awal masuk Wiko tak pernah mengklaim buatan Perancis. Mereka menyatakan kalau Wiko adalah merek Perancis. Dilihat dari aspek legal, klaim tersebut tidak salah.

  31. Pak, seneng banget baca reviewmu.
    Kalau wiko ini vs oppo A39 menurut bapak secara keseluruhan, unggul siapa? Terimakasih banyak sebelumnya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *