By

Review Xiaomi Mi 4i: Bukan Hanya Panas, tapi Panas Dingin

Lebih tertarik mencoba ponsel Samsung atau Xiaomi? Kalau pertanyaan itu diajukan kepada penulis, dengan cepat dan tegas penulis akan menjawab Xiaomi. Selain sedang naik daun, produk-produk yang ditawarkan Xiaomi terlihat menggiurkan. Kesesuaian antara harga, spesifikasi, dan kinerjanya pantas diapresiasi.

Dilihat dari sisi lain pun, Xiaomi tetap unik. Berbeda dengan sebagian produsen ponsel lain, Xiaomi memandang komunitas dan para tukang review sebagai teman mengobrol. Bukan “kaki tangan” yang kalau perlu dirawat agar menyebarkan hal manis-manis saja.

Review Mi 4i-1

Pada Mei lalu, saat menghadiri peluncuran Xiaomi Mi 4i di Jakarta, untuk kali pertama penulis melihat dari dekat Hugo Barra, Vice President Xiaomi Global. Pembawaannya ternyata memang ramah, bersahaja, dan spontan. Sama dengan yang selama ini pernah penulis dengar.

Mi 4i menjadi ponsel Xiaomi seri Mi pertama yang dijual resmi di Indonesia. Sebelumnya, ponsel yang ditawarkan selalu seri Redmi. Ada Redmi 1S, Redmi Note, maupun Redmi 2. Di atas kertas, spesifikasi umum Mi 4i lebih tinggi daripada tiga tipe Xiaomi lain. Namun, kehadirannya dibayang-bayangi kabar kalau bodi ponsel itu konon mudah panas. Benarkah?

Ponsel tersebut hadir dengan form factor unibodi. Bodi belakang ponsel tidak dapat dilepaskan. Baterai lithium polymer berkapasitas 3.120 mAh dibenamkan ke dalamnya. Kendati dibekali baterai yang relatif besar, Mi 4i masih bisa dikategorikan cukup tipis. Tebalnya 7,8 milimeter saja. Sedangkan panjang dan lebarnya 138,1 x 69,6 milimeter.

Konektor audio 3,5 milimeter untuk menancapkan handsfree berkabel terletak di sisi atas ponsel. Di sisi kiri bodi, terdapat satu selot dengan lubang kecil. Kalau selot tersebut dikeluarkan, bakal terlihat satu baki yang siap menampung dua kartu micro SIM. Sementara itu, di samping kanan terlihat tombol volume dan tombol power. Konektor micro USB tersedia di bagian bawah ponsel.

Permukaan belakang Mi 4i bukan mengilap alias glossy, melainkan matte. Sebagian pengguna ponsel kadang menyebutnya doff. Xiaomi mengklaim permukaan itu antiminyak maupun antisidik jari. Kalau pun ada kotoran yang sempat menempel, kotoran tersebut mudah dibersihkan.

Sebuah percobaan tak sengaja, tetapi keren, penulis lakukan. Penulis meminta Hugo Barra menandatangani bodi belakang Mi 4i memakai spidol. Gesekan dengan telapak tangan kala penulis menggenggam ponsel itu ternyata menghapus sedikit tanda tangan Hugo. Demikian pula gesekan antara kardus dan ponsel. Tanda tangan Hugo menjadi tidak utuh lagi. Penulis lalu memutuskan menghapus seluruhnya. Hasilnya, terbukti bisa bersih. Tak berbekas.

Review Mi 4i-33

Berikutnya, penulis sengaja belasan kali menyentuhkan jari ke bodi belakang Mi 4i. Langkah itu ternyata gagal membuat sidik jari penulis menempel di sana. Xiaomi rupanya tidak membual soal sisi belakang Mi 4i yang antiminyak dan antisidik jari.

Beralih ke layar. Mi 4i hadir dengan layar IPS lima inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel. Layar tersebut mengadopsi Corning OGS Glass yang diklaim memiliki komposisi dasar sama dengan Corning Gorilla Glass. Spesifikasi layar full HD seperti itu biasanya dijumpai di ponsel berharga jual relatif mahal. Asyiknya, Mi 4i yang dibanderol Rp 2.799.000 ternyata memakai layar serupa.

Tampilan layar Mi 4i pantas mendapatkan acungan dua jempol. Halus, tajam, dan cemerlang. Warna demi warna disajikan dengan prima. Asyiknya, di bawah sinar matahari yang terik pun, gambar dan rangkaian huruf di layar Mi 4i tetap mudah dibaca. Penulis yang sehari-hari mengendarai sepeda motor sangat terbantu dengan performa layar Mi 4i. Tak perlu lagi menutupi ponsel dengan telapak tangan, sekadar untuk mengintip tampilan layar.

Masalahnya, karena memiliki bentang layar lima inci, sebagian pengguna berpotensi kesulitan mengoperasikan Mi 4i dengan satu tangan. Solusinya sudah tersedia. Aktifkan saja one-handed mode. Untuk sementara, ukuran tampilan layar ponsel itu akan berubah menjadi seperti ponsel berlayar 3,5 inci atau empat inci. Tinggal pilih, mana yang terasa lebih nyaman.

Review Mi 4i-5

Sepasang kamera tersedia di Mi 4i. Kamera di sisi belakang dilengkapi lampu kilat ganda dan fokus otomatis. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Kalau satu per satu menu kamera utama itu ditelusuri, pengguna akan menemukan beragam hal menarik. Pada pemotretan dengan mode otomatis, misalnya, pengguna leluasa mengubah tingkat pencahayaan. Caranya sederhana. Arahkan kamera ponsel ke objek yang ingin dijepret, lalu sentuhkan jari ke layar. Di layar akan muncul sebuah lingkaran berwarna hijau dengan simbol kamera di tengahnya.

Kini pengguna cukup menyapukan jari membentuk lingkaran, searah maupun berlawanan arah dengan jarum jam. Tingkat pencahayaan akan berkurang atau bertambah, sesuai dengan pergerakan tangan pengguna. Tindakan itu dalam dunia fotografi lazim disebut sebagai mengubah exposure value (EV).

Mode HDR di Mi 4i ada dua macam: HDR Live dan HDR Enhanced. Kalau pengguna memilih mode HDR Live, perkiraan hasil pemotretan sudah bisa diketahui sebelum pengguna menekan tombol penjepret (shutter button). Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, pengguna disarankan memilih mode HDR Enhanced. Hasil akhir foto memang baru diketahui setelah kamera menjepret. Namun, percayalah, hasilnya lebih mengesankan.

Review Mi 4i-3

Fungsi lain yang tersedia, di antaranya, panorama, timer, refocus, manual, beautify, hand held twilight (HHT), dan 12 macam filter. Refocus memungkinkan pengguna memilih titik fokus setelah pemotretan tuntas dilakukan. Sedangkan hand held twilight pantas dioptimalkan kala pengguna melakukan pemotretan di tempat yang cenderung gelap.

Pengguna yang gemar melakukan eksperimen fotografi sangat pantas menjajal mode manual. Di mode tersebut, pengguna bebas mengatur white balance, fokus, durasi pencahayaan, dan ISO/ASA.

Review Mi 4i-4

Sama dengan mayoritas kamera depan ponsel, kamera di sisi muka Mi 4i tanpa fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup memproduksi foto beresolusi maksimal lima megapiksel dan klip video full HD. Dua hal yang patut digarisbawahi, kamera depan itu menggunakan lensa dengan bukaan f/1,8 dan memiliki fitur beautify yang cukup cerdas.

Untuk sebuah kamera depan ponsel, bukaan lensa alias diafragma f/1,8 tergolong besar. Kian besar bukaan lensa, kian besar cahaya yang dapat masuk. Keuntungan nyata bagi pengguna Mi 4i, mereka bisa melakukan selfie di tempat yang tak terlalu terang.

Tidak sedikit pelaku selfie yang ingin wajahnya terlihat lebih cantik atau ganteng. Karena itu, aplikasi seperti Camera 360 sekarang amat populer. Fitur beautify, beautification, dan sejenisnya pun naik daun. Fungsi beautify atau apa pun namanya sebenarnya sama. Yaitu, mempermak tampilan wajah pengguna. Masalahnya, kadang tindakan memoles wajah itu dilakukan dengan berlebihan. Wajah asli seseorang menjadi berubah total.

Bukan tanpa alasan kalau penulis menilai fitur beautify di Mi 4i relatif cukup cerdas. Pasalnya, fitur itu tidak asal memoles wajah. Beautify di Mi 4i memperhatikan jenis kelamin dan estimasi usia orang-orang yang wajahnya terekam kamera. Total tersedia 36 macam profil yang dapat dikenali, baru kemudian ditentukan seberapa banyak fitur beautify akan mempercantik tampilan wajah mereka.

Hasilnya mengesankan. Ketika beautify diatur pada posisi maksimal, kondisi dasar wajah penulis tetap terlihat. Bedanya, kini pipi penulis yang awalnya “dihiasi” bopeng bekas jerawat menjadi tampak lebih mulus. Polesan yang terjadi masih tergolong wajar. Kondisinya sangat berbeda dengan ketika dulu penulis mencoba fitur beautification di Asus Zenfone 2. Saat itu, wajah penulis berubah drastis. Seolah dari Om Herry menjadi Tante Henny. Ha… ha… ha….

Review Mi 4i-34

Sekarang saatnya memaparkan aneka spesifikasi teknis Mi 4i. Ponsel itu memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 MSM8916 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 1,7 GHz dan empat inti 1,1 GHz. Spesifikasi lainnya meliputi Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB. Memori internal digabungkan dalam satu partisi dan awalnya menyisakan ruang kosong 10,98 GB. Tidak tersedia selot memori eksternal.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas mengatur nomor mana yang akan digunakan untuk berinternet. Nomor yang dipilih selanjutnya leluasa mengarungi jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Mi 4i kompatibel dengan LTE 1.800 MHz, tetapi tidak mendukung LTE 900 MHz. Dengan demikian, untuk sementara pengguna nomor Telkomsel dan Indosat belum bisa mencicipi LTE. Baru pemakai nomor XL di kota tertentu yang dapat merasakan LTE.

Merujuk kepada lembar spesifikasi, Mi 4i sebenarnya juga kompatibel dengan TDD LTE 2.300 MHz. Karena itu, pengguna Bolt dan Smartfren di kota tertentu disarankan mencoba memasangkan kartu LTE miliknya ke Mi 4i. Di atas kertas, layanan LTE dua operator itu mestinya dapat dijalankan di Mi 4i. Entah realitanya bagaimana. Seandainya percobaan tersebut sukses, yang dapat dinikmati pemilik kartu Bolt dan Smartfren hanya layanan internet. Mereka tidak bisa bertelepon.

Update 27 Juni 2015: Hari ini saya memasangkan kartu LTE Smartfren ke Xiaomi Mi 4i, Polytron Zap 5, Lenovo A6000, dan Samsung Galaxy S5 Prime. Di atas kertas, spesifikasi empat ponsel itu kompatibel dengan layanan LTE Smartfren. Namun, percobaan yang dilakukan ternyata tidak happy ending. Seluruh ponsel gagal masuk ke jaringan LTE Smartfren.

Review Mi 4i-2

Jadi, apakah Mi 4i layak beli? Eits… sabar dulu dong. Secara umum, ponsel Android 5.0.2 Lollipop dengan kustomisasi MIUI 6 itu memiliki kinerja yang layak disebut bagus. Ketiadaan selot memori eksternal, bagi penulis bukanlah problem krusial. Toh ponsel itu mendukung USB On-The-Go.

Satu ketidaksempurnaan yang buat penulis sangat mengganggu, aplikasi SwiftKey Keyboard di Mi 4i sering terhenti sendiri. Padahal, aplikasi itu sejak lama telah menjadi aplikasi keyboard bawaan di aneka ponsel Xiaomi. Penulis pun sudah nyaman memakai SwiftKey Keyboard.

Review Mi 4i-6

Daya tahan baterai yang berkapasitas 3.120 mAh juga sedikit di bawah ekspektasi penulis. Awalnya penulis berharap baterai itu sanggup mendampingi penulis beraktivitas selama minimal 16 jam. Praktiknya, durasi 16 jam itu bukan batas minimal, melainkan ambang batas maksimal. Ketika intensitas pemakaian agak tinggi, sore hari penulis sudah harus menghubungkan Mi 4i dengan power bank.

Bagaimana dengan kabar bahwa bodi Mi 4i mudah panas? Selama menguji pakai ponsel itu, penulis telah merasakan tiga versi firmware. Dimulai dari MIUI 6.5.4.0, lalu 6.5.5.0, dan terakhir 6.5.6.0. Ketika memakai versi 6.5.4.0, bodi Mi 4i memang terasa hangat mendekati panas kala banyak dipakai untuk memotret atau memainkan game yang berukuran cukup besar. Misalnya, Asphalt 7. Seberapa panas? Masih lebih dingin dibandingkan bodi Lenovo K900 dan Asus Zenfone 4 yang pernah penulis gunakan kok.

Usai di-update ke versi 6.5.5.0, terjadi perbaikan signifikan. Ponsel maksimal terasa hangat, bukan hangat mendekati panas. Di versi 6.5.6.0, suhu Mi 4i kembali meningkat. Lebih panas daripada saat 6.5.5.0, tetapi lebih adem dibandingkan ketika masih memakai versi 6.5.4.0.

Kesimpulan versi penulis, dengan memperhatikan spesifikasi, harga, dan kinerjanya, kurang tepat kalau Mi 4i diberi predikat panas. Ponsel itu lebih tepat disebut bukan hanya panas, tetapi panas dingin. Ya, Mi 4i mampu membuat peminatnya panas dingin. Tak sabar untuk segera membeli dan mencicipinya.

Oh ya, ada satu pesan tambahan. Bila Anda kelak membeli Mi 4i, langsung lakukan pengecekan fisik secara cermat saat menerimanya. Sebab, dalam pantauan penulis, ada sebagian pembeli Mi 4i yang mengaku permukaan depan ponselnya agak terangkat. Bila ketidaksempurnaan itu telah disadari sejak awal, Anda dapat segera meminta penggantian dengan unit lain.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Mi 4i.

Review Mi 4i-7

Review Mi 4i-8

Review Mi 4i-9

Review Mi 4i-10

Review Mi 4i-11

Review Mi 4i-12

Review Mi 4i-13

Review Mi 4i-14

Review Mi 4i-15

Review Mi 4i-16

Review Mi 4i-17

Review Mi 4i-18

Review Mi 4i-19

Review Mi 4i-20

Review Mi 4i-21

Review Mi 4i-22

Saatnya mencoba mode HDR di Mi 4i. Dimulai dari memotret tanpa mengaktifkan HDR.

Review Mi 4i-23

HDR Live aktif.

Review Mi 4i-24

HDR Enhanced aktif.

Review Mi 4i-25

Kini menjajal mode refocus. Titik fokus di kotak tusuk gigi.

Review Mi 4i-26

Titik fokus berpindah ke buah.

Review Mi 4i-27

Dua foto berikut ini dijepret memakai kamera depan.

Yang ini tanpa mengaktifkan mode beautify.

Review Mi 4i-28

Mode beautify kini diaktifkan.

Review Mi 4i-29

***

Tulisan lain tentang Xiaomi Mi 4i bisa Anda baca di sini.

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Review Mi 4i-30

Review Mi 4i-31

Review Mi 4i-32

 

765 Responses to Review Xiaomi Mi 4i: Bukan Hanya Panas, tapi Panas Dingin

  1. Donny says:

    Ko Herry,

    Mantap review nya…
    Jadi lebih panas mana dibanding Zenfone 2 ? Dan value for money mana jika dibanding Lenovo P70 ?

    • Herry SW says:

      Pak Donny,

      Dengan asumsi Mi 4i-nya menggunakan firmware versi 6.5.6.0, tingkat hangat/panasnya Mi 4i sedikit di bawah Zenfone 2.

      Kinerja keseluruhan Mi 4i lebih baik daripada P70.

  2. Ilham E Sancaya says:

    Waks…Tante Henny hahaha…bisa saja pak Herry ini. BTW berarti memang Xiaomi Mi4i sangat layak beli ya pak? Sedang hunting di Tokopedia nih secara saya ketinggalan flash sale Lazada.

    • Herry SW says:

      Pak Ilham E Sancaya,

      Lebih tepatnya “layak beli” bukan “sangat layak beli”.

      Lho, jangan belanja di Lazada. Ngeri. Beli di http://www.mi.com/id/ saja, Pak.

      • Prof.Hugo Bara says:

        Ett dah.. Sabar dulu vroh.. Jangan sok tau lu… Gua Hugo Bara,merekomendasikan beli di Lazada.co.id !!!

        Lazada aman bro.. Jangan dengerin apa kata ni tante… Wkwks…

        Mi.Com sudah kehabisan stok,saya lelah membuatnya pak

  3. Ary says:

    Pak, denger kalo video call lewat line itu gak bisa ya?
    terus mode exposure time nya maksimal berapa detik ya?

  4. Yudhistira GP says:

    siang ko herry … 😀
    wah akhirnya di-review juga xiaomi mi4i nya …
    langsung aja y koh, antara xiaomi mi4i vs asus padfone s, ko herry pilih mana?
    soalnya minus external + lom LTE telkomsel (meskipun akhir tahun bakal digeber yg 1800) itu yg bikin ngganjel …
    klo lenovo dengan range harga dan spek mirip seperti mi4i, ko herry merekomendasikan apa?
    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Yudhistira GP,

      Saya memilih Xiaomi Mi 4i dengan alasan:
      * Kamera lebih bagus.
      * Lebih ergonomis dan nyaman digenggam.
      * Harga lebih murah.
      * Layanan purna jual lebih baik.

      Soal LTE 1800, kabar terakhir yang saya terima, bulan depan di kota-kota tertentu ada operator non-XL yang mulai mengaktifkan layanannya. Namun, saya belum mengetahui detailnya.

      Kalau Lenovo, yang paling setara ya P70.

  5. Iky Awan says:

    Bagaimana kalo dibandingkan dengan Lenovo P70 pak? Menurut Bapak lebih bagusan yang mana?

    • Herry SW says:

      Pak Iky Awan,

      Saya memilih Mi 4i. P70 praktis hanya unggul di daya tahan baterai dan ketersediaan selot microSD.

  6. josef nday says:

    pak herry, sensor box itu aplikasi ya? thanks

  7. Umi aqila says:

    Pak Herry….
    Akhirnya saya beli jg hp xiaomi mi4i ini….
    Penasaran bgt. .
    Hp nya bagus… Tp emang agak panas pak. Padahal sy gk pake buat game lho..
    Karna sy pake flip cover. Jadi gk begitu terasa.
    Bener kata bpk. Baterai Kyknya biasa aja… Gk keliatan klo kapasitas nya besar.
    Pak… Klo ngecas hp pertama itu harus berjam2 dulu atau biasa aja(klo udh 100%, cabut).?

    Cuma kok di saya ada satu masalah yg mengganggu,
    Begitu connect ke pc, yg terlihat cuma memory gambar ya. Trus yg jadi masalah file gambar yg dari whatapp gk kebaca pak…
    Tp klo dari camera, fb, bbm, dll itu ada. Itu gmn ya…
    Bpk ngalamin gk? Smg bpk bisa kasi solusi.

    • Herry SW says:

      Bu Umi Aqila,

      Nge-charge-nya biasa saja. Padamkan ponsel, lalu hubungkan ponsel dengan charger. Kalau sudah penuh ya silakan dicabut. Tak perlu menunggu 8, 12, apalagi 24 jam.

      Saat ponsel dihubungkan dengan PC/laptop, bakal terlihat aneka folder kan. Folder mana yang ingin dibaca, biasanya saya copy-kan dulu ke PC/laptop. Biar lebih cepat saat mengaksesnya. Gambar dari WhatsApp ada di dalam salah satu folder WhatsApp. Posisinya di WhatsApp, Media, lalu WhatsApp Images.

  8. Victor says:

    Barusan sudah deal beli di Blibli untuk adik. Semoga memuaskan

    • Herry SW says:

      Pak Victor,

      Semoga pula layanan Blibli beres. Pada 18 Juni lalu saya membeli sesuatu di Blibli. Sampai sore ini, status pengirimannya masih “menunggu pengambilan kurir”. Saya sudah komplain ke customer service Blibli, baik lewat Twitter maupun live chat, tetapi jawabannya standar: mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

  9. irfan says:

    sepertinya foto yang ada pantainya di hotel ketapang nih. Langganan operator. hehehe..
    sukses terus pak hsw. di tungu review gadget lainnya… 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Irfan,

      Oh, itu langganannya operator ya? Waktu uji jaringan Banyuwangi-Bali, saya menginap di sana.

  10. Sonny says:

    Pa Herry apa Mi4i ini yg low lightnya paling bagus (paling minim noisenya) di kelas smartphone under 3jt? ato ada yg lain? thx sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Sonny,

      Khusus untuk low light dalam mode standar, menurut saya, Acer Liquid Jade masih lebih bagus.

  11. Cahyo says:

    Pak Herry,
    Menurut bapak lebih worthy mana Lenovo P70 atau Xiaomi Mi4i?

  12. dinno says:

    Wow…oot ah…hehe…

    Pak Herry itu sepertinya huawei batik Y5 ya? Sepertinya sebentar lagi muncul review nya nih….hehe…ditunggu ya…

  13. lukito says:

    wah…. saya baca tulisan pak herry juga jadi panas dingin nih hehehe mulai kena racun xiaomi mi4i

  14. iwan says:

    wooow takjub banget liat hasil foto-fotonya, luar biasa !!! Must have nih hape….

  15. Erry says:

    Pak herry
    Sudah lama nunggu postingan mi 4i ini. Begini pak herry , mi 4i saya ada dua masalah yg membuat saya kurang nyaman. Pertama layar di bagian bawah tombol back ada yg renggang dan yg kedua saat hp di taruh di atas kasur ada suara “crek” . setelah saya coba ketuk2 di sebelah kamera belakang memang ada suara “crek” .karena itu saya bawa ke SC , tetapi yg saya keluhkan cuma layarnya saja lupa saol suara “crek” nya. Dan skrg layarnya sudah sembuh saya kira akan dapat unit baru ternyata cm di perbaiki . apakah masih bisa klaim lagi untuk suara “aneh” nya . maaf terlalu panjang “curhat” nya.

    • Herry SW says:

      Pak Erry,

      Soal renggang, karena saya dapat laporan dari beberapa orang, makanya saya menyinggung hal itu di bagian akhir tulisan.

      Soal suara crek, saya baru kali ini menerima informasi itu dari pengguna Mi 4i. Silakan coba melakukan klaim garansi, Pak.

  16. herry says:

    om herry, kalau dibandingkan dengan mi4 gimana? sudah sempet review mi4 ?

    • Herry SW says:

      Pak Herry (nama kita beneran sama?),

      Saya belum pernah me-review Mi4.

    • thanmustbay says:

      secara spek teknis dan build quality, jelas lebih bagus mi4
      masalahnya gak setiap orang rela keluar 4 juta rupiah lebih untuk seekor ponsel, makanya dikeluarkan versi irit mi4i

  17. Erry says:

    Iya pak maunya begitu tp bolak baliknya itu yg repot hrs ke TAM plasa marina jauh.dan pengambilannya di jam kerja. Dan rasanya gimana gitu punya hp xiaomi pertama cacat. Padahal sy bangga thp ini hp xiaomi

  18. hendra says:

    Pa saya pengguna z3 compact yg tadinya hampir melirik mi4i.bagusan mana pa mi4i dengan z3c secara menyeluruh.thx.

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Kalau sudah memakai Xperia Z3 Compact, silakan tetap bertahan di sana dulu. Rasanya sayang kalau berpindah ke Mi 4i hanya demi mendapatkan ponsel dengan mode HDR yang lebih keren.

  19. heylinux says:

    soal band lte valid ya koh.. soale pernah baca ada bilang support 900/1800 dan tidak support 2300 bikin galau koh

    soale sekarang yg benar2 ready 4G sampek kota kecil (test kediri — trenggalek) baru smartfren yg katanya 4G 850/2300 dan kebetulan tuh band yg langka di smartphone 4G GSM

  20. HOK says:

    pak beli mi4i di sby toko offline dimana pak… kalau bisa yg garansi resmi..

    oiya pak MIUI yang paling adem versi brp yang cocok buat gaming hard …

    trims sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Hok,

      Tinggal berburu di WTC atau Marina. Pasti ada yang punya, tetapi dengan harga di atas harga online ya.

      Kalau mau menunggu penjualan offline secara resmi, sabar dikit. Mestinya tidak lebih dari seminggu lagi.

      Di antara tiga versi firmware yang saya coba, versi 6.5.5.0 paling adem.

  21. RULI says:

    denger2 MI4i ada yang suka screen bleeding ya min???
    kalo gx titik2 kaya dead pixel / brigt pixel…
    ngalamin gx min???

  22. liat2aja says:

    Barusan dapat e-mail dari blibli.com, “launch” di blibli.com dengan kartu kredit tertentu harga Rp 2.599.000 asumsi yg ini akan tertulis dikirim oleh Blibli.com. Pengalaman saya jika belanja di blibli.com selama ini jika penjualnya adalah pihak blibli langsung pengiriman memang lebih cepat, dibanding jika disebutkan “Disediakan dan dikirimkan oleh ….”

  23. Jirim says:

    Menarik skli detail bet review ko Herry ini sy suka n kbtulan sy user mi 4i ikut fs pertma, stlh sblmnya pertimbangn lama antra beli Z1second dihrga 3.2jt dgn mi4i bru 2.8jt, finally sy pilih mi4i stlh lama diskusi sm teman, nh sy cmn peen mantepin aj apkj worth sy perthnkn mi4i ini, krn slma stgh bulan an sy pakai utk lyar dan kmera sgt memuaskan, tp soal performance kurang krn msh byk bug disna/i wlopun sudh sy update firmware terakhir. Krn teman dl bilang mending beli hp yg highend bru ketimbng beli highend tp second..
    Akhir2 ini mi4i sy klo dibuat multitasking msh klh performanya dbandingkan zenfone 5 sblmnya sy pakai..
    Mohon pencerahannya ko,, mksih 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Jirim,

      Terus terang mata saya berkunang-kunang membaca posting Anda. Terlalu banyak singkatan. Silakan diketik ulang dulu dengan kalimat yang utuh deh.

  24. Rendy Adhie Pradhana says:

    coba om, update ke 6.5.11, walau masih BETA, tetapi jauh lebih adem….
    selain itu baterai juga lebih awet saat menggunakan Balanced Mode di settingan baterai… saat gaming, barulah kita mengaktifkan Performance Mode agar gaming lebih nyaman dan panas pun tidak berlebihan…

    selain itu, fitur yang sangat membantu adalah Double Tap to Wake yang membuat nya lebih mudah untuk dinyalakan tanpa menggunakan Power button, sayang belum bisa Tap to Unlock seperti LG G3 / LG G4…

    semoga di update berikutnya, disertakan juga fitur tersebut agar makin menarik lagi Mi4i ini 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Rendy Adhie Pradhana,

      Berarti, tidak bisa update langsung dari menu ponsel ya?

    • yuda says:

      6.5.11 ?
      bukannya double tap to wake itu rom versi developer ?

      @om herry= all in puas pake ini hp om herry… baru terima senin tadi gara2 dinas luar kota… kena BUG di switch internet…. ga bisa switch ke 3g lewat setting kalau di sim 2, jadi harus manual lewat about phone….

      batre nya masih worthed redmi note 3g q… tapi ini lebih nyaman karena pas di genggaman,…
      sempet 2 bulanan pake redmi 2,… tapi tetep akhirnya pindah ke mi4i…

      • Herry SW says:

        Pak Yuda,

        Mengubah manual lewat about phone? Bagaimana caranya?

        Iya, baterai Redmi Note lebih awet.

        • yuda says:

          Maksudnya di about terus tap beberapa x di internal rom / *#*#3646#*#*

          Di mi4i q ga bisa suka2 pilih data koneksi pake slot sim 1 atau 2, setelah kita memilih kartu mana yg jd data koneksi di awal sekali hp nyala… Slot sim nya fix (kebetulan pas pertama kali q setting sim 2) dan opsi nya g bisa di set prefered 3g,pindah sendiri ke 2g only…

          Pas q cek di about phone,ternyata sim 2 masih gsm only walaupun pas di settingan awal kita sudah pilih sim 2 sebagai paket data

          Masalah ini ga ku dapati di xiaomi rnote dan redmi2 serta resmi 1s rekan saya… Entah apa karena os lolipop yg digunakan di v6 4s ini yg belum fix…

          Btw padahal aku seneng pake xiaomi karena bisa gonta ganti data koneksi 1 n 2 dengan koneksi 3g (lte belum ada disini) tapi di mi4i terpaksa nyangkut di satu sim

          • yuda says:

            Sorry om,update dl… Masalahnya ga bisa gonta ganti nya sudah fix ternyata… Kayanya jadi beres gara2 update 6.5.6 dan 2x wipe all kemarin…. Tp memang di rom awal open box mi4i ini ada masalah kek gitu di hp q

          • Herry SW says:

            Pak Yuda,

            Sip deh kalau sudah beres. Saya waktu masih pakai 6.5.5.0 tak ada masalah sih.

          • Herry SW says:

            Pak Yuda,

            Lain kali tolong ketikkan kalimat dengan lengkap. “Aku” ya dituliskan “aku”, bukan hanya “q”.

            Soal kartu yang dipakai berinternet tak bisa dipindahkan selot, saya tidak mengalami hal itu. Beberapa teman yang memakai Mi 4i juga tak mengalaminya.

            Kalau masih mau bereksperimen, coba lakukan factory reset dulu deh.

  25. dinno says:

    Pak herry…
    Wow…berarti huawei batik y3? Ya Pak? Kapan nih review nya muncul? Mudah-mudahan cepet muncul hehe..

  26. Hendra says:

    Malem om..saya mau nanya,kalo iphone 5s saya tuker dengan mi4i gimana menurut anda?

    • Herry SW says:

      Pak Hendra,

      Karena saya belum pernah menguji pakai iPhone 5S, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda ini.

  27. Rendy Adhie Pradhana says:

    update 6.5.11 BETA dianjurkan lewat Fastboot Mode om, dan ada di forum MIUI di device Mi4i nya langsung…

  28. John kristianto says:

    Kalau di bandingin sama p90 gimana pak ? (Tanpa memikirkan harganya )

  29. Suneo says:

    Kalau mau beli bekas, masih pilih Xiomi dibanding Samsung Pak Herry? Semenjak dulu beli Lenovo S880 dengan penggunaan belum satu tahun sudah terjadi dead pixel satu garis muncul di layar dan juga di website ini jadi salah satu artikel populer, saya pribadi sudah tak percaya lagi dengan daya tahan smartphone China.

    • Herry SW says:

      Pak Suneo,

      Ya, saya tetap pilih Xiaomi. Beli ponsel Samsung bekas nggak aman-aman banget juga kok.

      • wahid saja says:

        kalo lg g2 mini bekas dg redmi2, ambil yg mana om Herry?

        • Herry SW says:

          Pak Wahid Saja,

          G2 Mini bekasnya dapat harga berapa dulu nih?

          G2 Mini unggul di kamera belakang dan kenyamanan pemakaian (bisa ketuk-ketuk layar, bisa untuk remote control, dll). Redmi 2 unggul di LTE dan kamera depan.

          • wahid saja says:

            1,6 garansi sudah habis om.

          • Herry SW says:

            Pak Wahid Saja,

            Kalau LG G2 Mini bekas dan eks-garansi Rp 1,6 juta, menurut saya, terlalu mahal. Mending beli Redmi 2 baru dan bergaransi resmi deh.

            Asal tahu, harga G2 Mini baru dan bergaransi resmi bulan lalu sudah menyentuh angka Rp 1,799 juta.

          • wahid saja says:

            Ok Om Terimakasih sarannya. Tinggal berburu mi4i atau lg g3 beat sekalian karena lg g2 mini baru sudah sulit mencari yg baru. 🙂

          • Herry SW says:

            Pak Wahid Saja,

            G2 Mini masih mudah ditemukan di Erafone sih.

          • wahid saja says:

            betul om Herry…dierafone harga turun lagi jadi 2jutaan. itu yg versi lama atau yg versi lte?

          • Herry SW says:

            Pak Wahid Saja,

            Harga G2 Mini di Erafone Rp 1,799 juta. Itu ponsel dual SIM non-LTE.

  30. Pakdhe Ery says:

    Thanks banget utk reviuw yg sudah ditunggu2 ini , saya skrg pake E700 tp agak kecewa utk kamera nya di malam hari atau di tempat gelap. Menurut pak Herry, apakah saya harus ganti ke Mi4i ini ? Atau saya lebih baik nunggu lenovo vibe shot seperti bocoran anda dari markas lenovo waktu itu ? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Pakdhe Ery,

      Kalau ngejar kamera, Mi 4i layak dijadikan pengganti E700.

      Soal Vibe Shot, saya belum bisa berkomentar lebih lanjut. Lha belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  31. akbarjember says:

    nah, muncul juga ahirnya review mi4i-nya koh hery nih.
    nanya nih koh,
    1. bagaimana dg performa GPS nya, lock dan akurasinya?
    2. kepekaan sinyal operatornya? termasuk kejernihan suara saat menelpon.
    3. bagus mana hasil kameranya dibanding zenfone 2? dari sisi kamera, ketahanan baterai, dan kecepatannya utk internet.
    maaf lumayan banyak, coz lagi bingung milih antara zenfone 2 or mi4i. saya nyari hp yg enak buat gps, kamera bagus, daya baterai lumayan/cukup. pilihan sy diantara keduanya. mohon pencerahannya, dan trims banyak.

    • Herry SW says:

      Pak Akbarjember,

      Lain kali pertanyaan sama cukup dikirimkan satu kali ya. Kali ini masuk dobel. Yang lain sudah saya hapus.

      1. Baik-baik saja kok.
      2. Baik-baik juga.
      3. Lupakan tablet dan ponsel merek Asus deh. 🙂

  32. rea says:

    om mau nanyaa..
    menurut om herry, antara mi4i, ZE550ML ato ZE551ML 2/16.
    yang paling oke performa.nya dan yg paling cocok buat di pake ngegame diantara ke-3 hp itu yg mana yaa?
    makasih..

  33. Setiawan says:

    Pak Herry…..

    Pilih mana Mi 4i atau Zenfone 2 yg sebanding kemampuannya?
    Terima kasih

  34. trayan tranggana says:

    Pengaruh hangat buat handsetnya apa mas?istri sy msh sewot klo moro2 anget.ini dulu dialami waktu pje redmi note.tp begitu ada updatenya,lgs adem.lah ini kok ga bisa adem?

    • Herry SW says:

      Pak Trayan Tranggana,

      Hangat sih tak apa-apa. Kalau panas berlebihan dan dalam jangka waktu lama, yang terkena dampak duluan biasanya baterai. Baterai akan lebih cepat pensiun.

  35. ipunk says:

    secara keseluruhan saya cukup puas dengan MI4I, tapi saya mendapatkan masalah yang sama seperti postingan sebelumnya yaitu bunyi “crek” ketika handset dijatuhkan ke kasur atau ketika diketukkan ke telapak tangan apakah ini juga terjadi pada unit yang dimiliki om Herry ? terima kasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Ipunk,

      Jawabannya, saya tak tahu. Sebab, saya tak pernah menjatuhkan ponsel itu ke kasur. Saya juga belum pernah mengetukkan telapak tangan ke bodi belakang.

  36. ilham says:

    ko herry kenapa ko herry sangat benci produk asus?apakah Servicenya jelek/Builtnya jelek.Soalnya lagi pingin beli padfone s

    • Herry SW says:

      Pak Ilham,

      Alasan saya tidak merekomendasikan ponsel dan tablet merek Asus:

      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  37. hantara says:

    Kenapa kita harus melupakan ponsel/tablet Asus?
    Mksh 🙂 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Hantara,

      Sebab…
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  38. hantara says:

    Maaf pak mau tanya, kenapa kita harus melupakan ponsel/tablet merk Asus?

  39. hantara says:

    apakah zenfone 2 beneran overheating pak?

    • Herry SW says:

      Pak Hantara,

      Kalau dibilang overheating, menurut saya, kurang tepat. Zenfone 2 tidak sepanas Zenfone 4 maupun Lenovo K900 kok.

  40. andijoe says:

    Mas herry,

    Saya pembeli mi4i flash sale pertama 26mei. Hampir sebulan menggunakan, apa yang mas tulis beberapa kekurangannya saya juga alami. Tapi saya paling suka dengan speaker mi4i yang paling nyaring diantara semua ponsel android yang pernah saya punyai.

    Saya penggemar ponselmu.com. Beberapa produk yang mas rekomen saya punyai setelah membaca reviewnya loh. Saya juga suka style anda dalam mereview, saya jd teringat gaya tulisan wisnu nugraha di kompasiana zaman SBY-JK. Mirip banget.

    Overall saya puas memakainya. Walo layar agak bercelah di bawah soft button “back” tidak saya perdulikan amat sebab saya tipe pengguna gonta ganti hp mengikuti perkembangan teknologi. Dari sejak pertama menggunakan ponsel android, galaxy S2, S3, honor 3c dan terakhir mi4i, paling lama 1,5tahun aja.

    Hanya saja beralih dari emui ke miui membuat saya masih agak kagok hingga saat ini, kerana sudah nyaman dengan emui sebelumnya.

    Harapan saya, semoga kedepan ponselmu.com update tulisan paling tidak satu setiap harinya. ;D

    • Herry SW says:

      Pak Andijoe,

      Terima kasih atas komentar dan apresiasinya.

      Saya tidak mengenal Pak Wisnu Nugraha. Saya juga belum pernah membaca tulisannya. Nanti saya coba cari deh. Jadi penasaran soalnya. 🙂

      Soal layar agak bercelah, kalau mau coba diperbaiki sendiri, ada yang sudah membuat panduannya. Silakan cek http://postimg.org/image/lt2730dyh/

      Satu tulisan tiap hari tampaknya sulit, Pak. Materi utama blog ini adalah review. Nah, mempersiapkan review ponsel tak bisa selesai dalam satu hari.

  41. Jirim says:

    Menarik sekali detail banget lengkap review ko Herry ini saya suka dan kbtulan saya sudah menggunakan mi 4i ikut flash sale pertma di situs resmi xiaomi, stlh sblmnya pertimbangn lama antara beli Xperia Z1 second diharga 3.2jt dgn mi4i baru 2.8jt, finally saya pilih mi4i setelah lama diskusi sm teman, nah saya disini coment sekalian pengen mantepin aj apakah worth bagi saya pertahankn mi4i ini, krn slma setengah bulan an saya pakai dan dirasa utk layar sama kmera sgt memuaskan, tp soal performance kurang krn msh byk bug disna/i wlopun sudh di update firmware terakhir. Saya tertarik dan akhirnya membeli Krn dl bilangin teman saya diskusi itu katanya mending beli hp yg flagship baru ketimbng beli highend yg second dan itu flagship tahun 2013 lalu. (dibenak saya sampai sekarang apakah mi4i ini termasuk flagship nya Xiaomi??)
    Sedikit curhat, Akhir2 ini mi4i saya klo dibuat multitasking masih kalah performanya dbandingkan zenfone 5 yg sebelum mi4i yg saya pakai sekarang,
    Mohon pencerahannya ko,, makasih 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Jirim,

      He… he… masih ada singkatan-singkatan. Namun, kalau ini tak sampai membuat kepala saya pening. 🙂

      Saya tak seberapa tinggi aktivitas multitasking Anda. Mi 4i memiliki dua mode: balance mode dan performance mode. Silakan coba memindahkannya ke performance mode dulu.

  42. Darmawan Wonogiri says:

    Hallo mas Herry..saya selalu menyimak review mas Herry baik lwt web maupun radio. Itu sangat membantu sekali calon pembeli supaya tidak salah pilih HP idaman. Saya titip OOT tentang fitur Nokia 215 mas Herry. 1 bisakah smsnya insert phonbook? 2 berapakah kapasitas smsnya? 3 apakah bisa buat folder untuk menyimpan sms inbox/outbox?. Selama ini saya jual pulsa dgn samsung 3322 dan sangat “tersiksa” dgn cuma 300 isi seluruh smsnya. matur nuwun mas Herry SW..

    • Herry SW says:

      Pak Darmawan Wonogiri,

      Apakah ini Pak Darmawan yang dulu sering menelepon saat talkshow Bincang Seluler di JJFM? Kalau iya, wah… ketemu lagi di sini.

      Soal Nokia 215, saya belum bisa menjawab karena belum pernah mencoba ponsel itu. Saya sebenarnya sudah ingin mencobanya, tetapi belum berhasil mendapatkan 215 dengan warna nyeleneh: hijau.

      Kalau melihat harga dan serinya, mestinya kapasitas SMS-nya tidak ekstrabesar. Poin nomor 3 kemungkinan juga tidak bisa. Bila memang perlu penyimpanan besar untuk SMS, beli ponsel Android saja, Pak.

  43. Sunarto says:

    Kapan Review Smartphone 4G nya Smartfren Pak Herry? Saya penasaran nih. Meskipun
    Jaringan 4G-nya belum siap, saya penasaran sama handsetnya? Apakah sudah ber –
    banding lurus antara harga dan spesifikasi teknisnya? Terima kasih sebelumnya Pak Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Sunarto,

      Masih antre dulu ya. Ada Lenovo P90 dan BlackBerry Classic yang sudah 1,5 bulan antre.

  44. putranegara says:

    keren pak herry reviewnya,cukup lengkap..
    mau tanya soal kameranya aja deh,kalau di adu sama liquid jade dalam kondisi cahaya cukup dan lowlight khusus kamera belakangnya aja ya pak..
    eh..tambahan pak herry kalau batery nya gak boros-boros amat kan ?(jade pas-pas’an)
    kalau sama redmi 2 ketahanan batery beda brp jam dlm kondisi pemakaian standar?soalnya redmi 2 lumayan awet dengan kapasitas 2100 mah nya
    makasih pak herry

    • Herry SW says:

      Pak Putranegara,

      Cahaya cukup: Mi 4i.
      Low light: Liquid Jade.

      Saya tidak menghitung dengan detail daya tahan baterai masing-masing ponsel. Lagipula, setiap hari pemakaian saya tidak mungkin sama persis. Kalau diurutkan dari yang paling awet ke paling boros, kondisinya seperti ini: Redmi 2, Liquid Jade, dan Mi 4i.

  45. budi says:

    Pak Herry,

    selain Mi4i, adakah gawai yg layak beli? Di rentang harga 3jt kebawah. Yg harga, spesifikasi dan kinerjanya sesuai.

    • Herry SW says:

      Pak Budi,

      Di bawah Rp 3 juta, ada Lenovo P70 yang harga pasarannya sekitar Rp 2,6 juta. Di bawahnya lagi ada Acer Liquid Jade Rp 1,999 juta dan Xiaomi Redmi 2 Rp 1,499 juta.

  46. candra says:

    bisa buat smartfren ngga ya? telepon dan data? soalnya ada nomor smartfren, mending bli xiaomi mi4i atau andromax R

    • Herry SW says:

      Pak Candra,

      Kalau mengacu kepada lembaran spesifikasi, seharusnya bisa dipadukan dengan kartu RUIM LTE Smartfren. Namun, saya belum pernah mencobanya sendiri. Seandainya benar bisa, hanya untuk akses data alias internet. Tak bisa untuk telepon.

      Saya belum pernah coba Andromax R. Jadi, belum bisa menjawab mending Mi 4i atau Andromax R.

  47. atikal says:

    pak heri..saya sedang dilanda dilema… saya memiliki dana 3,5 jt untuk membeli smartphone…orientasi saya adalah mencari kamera yang super bagus untuk dana segitu… diantara xperia z ultra lte dan lumia 640 xl, rekomendasi pak heri yang mana ya pak ?
    antara 3,5 jt dengan 2,9 jt. mohon nasihatnya pak heri .
    terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Atikal,

      Dengan dana Rp 3,5 juta, sepertinya Anda belum bisa mendapatkan ponsel dengan kamera superbagus. Kalau bagus (tanpa embel-embel super) masih memungkinkan.

      Saya belum pernah mencoba Xperia Z Ultra LTE. Namun, pernah coba-coba Xperia Z Ultra non-LTE. Spesifikasi umum keduanya sama. Hanya beda di kemampuan LTE. Nah, dengan mengacu kepada pengalaman mencicipi Xperia Z Ultra, kameranya belum layak dikategorikan mantap.

      Untuk Lumia 640 XL, sekadar menyentuhnya pun saya belum pernah.

  48. agung says:

    Wah, Mantap banget reviewnya.
    Btw kalau dikompre sama kakaknya mi4 bagusan mana ya ?
    secara harga juga ngga terlalu jauh.
    Saya bingung mau ambil yang mana.
    Dari design sih kayaknya lebih keren mi4.
    Tapi bagaimana dengan kamera, Apa jauh berbeda hasilnya ?
    Mohon sarannya … Thaks

  49. Bayu Eko MOEKTITO says:

    pak kapan review p90 nya… di toko offline di sby harganya kira2 berapaan

  50. Anggie says:

    Dear Ko Herry

    kalau utk daya tahan fisik terhadap banting atau misal ga sengaja jatoh dr kasur stinggi 30cm, mending mana antara mi-4i dg Lenovo P70 ? mi-4i apa ada radio fm spt P70?
    utk user gamer, yg lbh cocok mi-41 atau Lenovo P70

    thanks Ko Herry

    • Herry SW says:

      Bu Anggie,

      He… he… he… saya tak pernah iseng membanting ponsel yang bukan dipromosikan sebagai ponsel tahan banting. Selama memakai dua ponsel itu, keduanya juga tak pernah sengaja jatuh.

      Kalau terjatuh dari ketinggian 30 sentimeter, seharusnya dua ponsel itu sama-sama tahan. Uji jatuh di pabrik ponsel biasanya lebih tinggi dari 30 sentimeter kok.

      Ya, Mi 4i dibekali radio FM.

      Saya kurang tahu definisi gamer yang Anda maksud seperti apa. Kebetulan saya bukan penggemar game. Game dengan ukuran file terbesar yang pernah saya coba di Mi 4i adalah Asphalt 7: Heat. Yang ini lho https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gameloft.android.ANMP.GloftA7HM.

      Dulu saya membeli game itu. Hasilnya, game tersebut dapat dijalankan dengan baik di Mi 4i. Saya sengaja menggunakan Asphalt 7: Heat sebagai acuan, bukan Asphalt 8: Airbone, karena Asphalt 7 itu sepertinya lebih berat. Ponsel yang dapat memainkan Asphalt 8 dengan lancar belum tentu bisa menjalankan Asphalt 7 dengan baik.

  51. Darmawan Wonogiri says:

    Yap 100 untuk pertanyaan mas Herry.. Saya yang dulu ikut nimbrung diacara talk show mas Herry. Android saya sdh punya. Saya cari hp untuk jual pulsa mas,hp yang simpel,bisa insert phonbook dan muat sms banyak “harus” Nokia juga. Kalau 206 dan 208 masuk rekomendasi tidak mas Herry?

    • Herry SW says:

      Pak Darmawan Wonogiri,

      Oh, harus Nokia ya. Di antara dua pilihan itu, saya lebih memilih 208. Namun, saya kok yakin kalau kapasitas penyimpanan SMS-nya juga tak bisa ribuan.

  52. JW,SH says:

    Om, Maaf HSW OOT ya, menurut Om HSW layak kah bila membeli ponsel Alcatel Onetouch Flash Plus dengan mempertimbangkan harga dan spesifikasi yang lumayan kalau melihat dari tabel spesifikasinya? Mohon info ya OM
    Tks

  53. Hartono says:

    Pak Herry
    Ada tau info kapan mi4i dijual offline di toko resmi? Thanks pak

    • Herry SW says:

      Pak Hartono,

      Mulai hari ini Mi 4i sudah tersedia offline di gerai Erafone, Global Teleshop, dan Oke Shop. Harganya Rp 2.949.000. Sedang ada promo cash back Rp 150.000, tetapi saya tak mengetahui syarat dan ketentuannya.

  54. mochamad dody says:

    Pak, adik saya pengen sekali punya hp dengan kualitas kamera yang bagus, lalu saya sarankan ambil lenovo vibe shot, tapi kehadirannya di indonesia masih lama.

    Pertanyaan saya, kalo untuk masalah kamera lebih bagus mana antara mi 4i vs lenovo vibe shot? Atau ada hp rekomendasi lain yang bagus dikamera?

    • Herry SW says:

      Pak Mochamad Dody,

      Boleh tahu mengapa Anda menyarankan Vibe Shot? Saya yang pernah towel-towel ponsel itu pun masih belum berani merekomendasikannya. Sebab, saya baru sebatas towel-towel, bukan menguji pakai.

      Lebih bagus Mi 4i atau Vibe Shot? Jawabannya, ya belum tahu. Alasannya mengacu kepada paragraf di atas.

      Anggaran Anda berapa nih? Kalau bebas, LG G4 memiliki kamera yang mantap deh. Kalau anggaran maksimal Rp 2 juta, ada Acer Liquid Jade. Kalau anggaran sampai Rp 3 juta, ya berarti Xiaomi Mi 4i.

  55. Achmad says:

    pak herry budget saya 3 juta pas lah lebih dikitan … minta recomendasi pak kbutuhan saya gaminghard ..,hp gk cepet panas, desain bagus .., baterai lumayan lah trims pak

    • Herry SW says:

      Pak Achmad,

      Saya tak tahu definisi gaming hard ala Anda itu seperti apa. Game berukuran file terbesar yang saya mainkan hanya Asphalt 7: Heat (versi berbayar).

      Kalau kira-kira segitu, ya pilihannya paling Lenovo P70 dan Xiaomi Mi 4i.

  56. Darius says:

    Pak Herry,

    Bagaimana mengenai after sales Xiaomi ? Terutama untuk service jika rusak.

  57. ucok says:

    Maaf om Herry OOT
    gawai acer paling mantap apa om? (Tanpa melihat harga)
    Dan lebih pilih mana sama mi4i menurut om herry?

    • Herry SW says:

      Pak Ucok,

      Wah, tipe tertinggi yang siap saya sodorkan Acer Liquid Jade. Belum ada tipe lebih tinggi lagi. Performa keseluruhan Liquid Jade di bawah Mi 4i.

  58. ilham says:

    Ko kalo vibe x2 giamana bagus gk

  59. putranegara says:

    berarti mi4i ini batery nya masuk dalam kategori boros dong pak?
    lampu kilat gandanya bagaimana hasil kinerjanya pak?apa sperti redmi 2 yang balapan antara flash tombol jepretnya?he

    • Herry SW says:

      Pak Putranegara,

      Cukup boros, bukan boros. Sesekali masih bisa tembus 16 jam kok.

      Hasil pemotretan dengan lampu kilat baik-baik saja. Warna natural dan tidak sampai overexposure yang lebay.

  60. devina says:

    kapan ya xiaomi mi4i …dipasarkan tp nggak online.. dijual nya di toko ponsel seluruh indonesia ??

    • Herry SW says:

      Bu Devina,

      Mulai hari ini (26 Juni 2015) Xiaomi Mi 4i telah dijual offline di gerai Erafone, Global Teleshop, dan Oke Shop. Kalau Anda berada di luar Jawa atau kota kecil, mungkin perlu waktu beberapa hari sampai barang terdistribusi sampai sana.

  61. Asep says:

    Pak maaf oot, Lenovo A 7000 ga di review pak?haha

  62. suherinugroho says:

    Pak Herry
    Ada notif LED gak ponselnya.Kapan warna hitam mulai dijual bocorannya.trims

  63. Arini says:

    Wah mas Herry, ini xiaomi yang lagi banyak dibicarain sama temen”ku nich. Liat mi4i nya jadi kepengen heheee. Aku liat temen”ku pake xiaomi yang redmi kameranya pada bagus banget dibanding zenfone 6 ku. Rencana mau ganti Mi 4i sih. Mumupung belum beli, aku punya pertanyaan untuk mas Herry

    1. Apakah mi4i sepanas dan batrenya seboros zenfone 6 dalam pemakaian normal?
    2. Kira” harga flashdisk otg 16 gb berapa ya? Soalnya ini kan ga ada externalnya tuh kayak iphone jadi mau ga mau harus pake otg khan,,
    3. Ada rekomendasi hp android yang kamera sama suara musiknya bagus ga? Harga 3 juta kebawah ya

    Segitu aja deh mas, maaf kalo kebanyakan hehee. Ditunggu jawabannya ^^

    • Herry SW says:

      Bu Arini,

      1. Saya tak pernah memakai Zenfone 6. Jadi, saya tidak tahu perbandingannya gimana.

      2. Yang merek terkenal Rp 100 ribu hingga Rp 140 ribu.

      3. Ya Mi 4i ini deh.

  64. Okta tjoa says:

    Pak herry maaf nih OOT, saya pernah baca di salah satu jawaban pak herry tentang skor antutu. Disitu pak herry menyampaikan untuk tidak memperhatikan hasil skor antutu tersebut. Padahal skor tersebut banyak menjadi acuan dalam menilai performance sebuah smartphone. Yang ingin saya tanyakan dan kalau boleh tau ;
    1. apa dasarnya untuk tidak mempercayai skor antutu tersebut?
    2. Bagaimana cara pak herry dalam menilai performance sebuah smartphone?
    3. Adakah aplikasi rekomendasi pak herry untuk menilai performance sebuah smartphone?

    • Herry SW says:

      Pak Okta Tjoa,

      1. Ya, intinya jangan menjadi skor Antutu sebagai “dewa” dan patokan mutlak dalam pembelian ponsel. Mengacu kepada pengalaman pribadi, ponsel dengan skor Antutu tinggi belum tentu nyaman dipakai. Demikian sebaliknya. Yang skor Antutu-nya lebih rendah bisa jadi malahan lebih responsif dan enak digunakan.

      2. Ponsel itu saya gunakan sebagai ponsel utama selama berhari-hari.

      3. Saya lebih mengacu kepada penggunaan sehari-hari, bukan sekadar hasil benchmark suatu aplikasi.

  65. runobiy says:

    Pak herry saya penggemar ponsel xiaomi,rencana ke depan saya mau beli ponsel seri high-end nya xiaomi,kalau melihat spesifikasi mi 4i sepertinya tanggung,tanpa SD card,memory internal hanya 16GB & ram hanya 2GB,untuk kebutuhan saya semua itu minim sekali,kira-kira mi 5,minote & minote pro bakal masuk resmi indonesia tidak?
    Kalau budget 5-6 juta rekomendasinya ponsel yang bagus apa ya pak herry klo untuk pemakaian berat,sosial media & gaming?saya mencari opsi kalau high-endnya xiaomi tidak masuk indonesia

    • Herry SW says:

      Pak Ronbiy,

      Mi5? Apakah sudah ada ponsel Xiaomi dengan tipe tersebut? Setahu saya, Mi5 masih rumor.

      Belum tahu Mi Note dan Mi Note Pro akan beredar resmi di sini atau tidak. Kalau yang non-garansi, saat ini sudah tersedia.

      Dengan anggaran segitu, untuk saat ini silakan melirik LG G3 yang RAM 3 GB.

  66. iwan says:

    Pak Herry, mohon dijawab ya, perbandingan kamera utama Vivo XShot versus Xiaomi mi4i mana yang lebih bagus ? Dan kenapa bisa demikian ? Tentunya dengan melupakan harganya. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Iwan,

      Lebih bagus Xshot. Kenapa bisa demikian? Ya tanyakan ke produsennya deh. Dari hasil uji pakai yang saya lakukan, kamera Xshot secara umum lebih bagus daripada Mi 4i.

  67. Hendra Martono N says:

    Pak Herry,
    perkenalkan saya Hendra. saya lagi butuh hape dan cuma ngesir antara mi4i dan lenovo p90. saya baca2 masing2 ada kelebihan dan kekurangannya .saya boleh request bbrp hal utk review p90-nya mendatang pak? tolong dibandingkan dgn mi4i ya pak.

    1. WIFI nya : apakah jangkauannya, kekuatan sinyalnya dan kecepatannya semuanya kalah dibanding mi4i? byk review yg mengatakan harus lebih mendekat ke router dgn p90 ini dibanding dgn hape lain dan kecepatannya lebih pelan. dan apakah sering putus bila hp memasuki mode sleep?
    2. kecepatan datanya bila memakai koneksi seluler biasa. ada bbrp yg mengatakan di point ini pun p90 juga lebih lambat dari merk lain.
    3. kecerahan (vividness) dari layar antara p90 dan mi4i. ada review yg memperlihatkan dgn video bahwa bagusan mi4i, lebih kontras dan hidup warna2nya. meski gak beda jauh dgn p90. apa betul demikian?
    4. suhu device ketika idle dan dipakai yg berat2 (main game HD, dll) dingin mana?

    utk point 1 dan 2 tolong dijelaskan yg detil pak ya, krn itu penting utk saya.
    utk point 3 saya tdk bisa membandingkan sendiri krn tdk ada unit demonya di sekitar saya (sby dan sidoarjo)

    makasih banyak Pak Herry

    • Herry SW says:

      Pak Hendra Martono N.,

      1. Soal Wi-Fi, baik-baik saja kok. Saya tak merasakan perbedaan dibandingkan Mi 4i. Ketika P90 saya hubungkan ke hotspot, ponsel siaga dan layar padam, email tetap bisa masuk. Ting… tung… ting… tung… seperti biasa.

      2. Nggak juga deh.

      3. Nah, kalau soal layar, tampilan layar Mi 4i memang lebih vivid. Birunya lebih biru gitu. Demikian pula warna lainnya. Di bawah sinar matahari, tampilan layar Mi 4i juga lebih mudah dilihat daripada P90.

      4. Kondisi terakhir relatif imbang.

  68. Sunari says:

    pak buat gaming hd bagus mana p70 apa mi4i …. harga 3 juta nambah dikit lah gapapa …. makasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Sunari,

      Kalau anggaran bisa lebih dari Rp 3 juta, silakan coret keduanya dan beli LG G2 saja.

  69. rahmatt says:

    Waktu saya lihat di posting2 sebelumnya, Pak Herry lagi pegang Mi 4i, sepertinya bakal ada reviunya. Akhirnya review Mi 4i nya Pak Herry keluar juga. Saya membeli Mi 4i untuk istri saya di flash sale yang kedua. Kamera dan layarnya memuaskan, terutama layarnya. Saya yang sudah terbiasa pakai Zenfone 5 jadi merasa tampilan layar Zenfone kelihatan pucat (walaupun pakai Vivid Mode, tetep belum bisa mengalahkan layar Mi 4i).

    Soal performa-nya, saya juga merasa Mi 4i agak lambat dibanding Zenfone 5 saya. Saya bandingkan penggunaan RAM-nya setelah dibersihkan, sisa RAM Mi 4i masih di bawah 1 GB yang bebas. Sementara Zenfone 5 setelah dibersihkan bisa lebih dari 1 GB (1.300-an MB). Aplikasi tambahan yang terinstal relatif sama. Mungkin manajemen RAM Mi 4i itu yang membuat performa-nya menjadi kelihatan agak lambat untuk multitasking.

    Saya yang baru pertama pakai Xiaomi, masih bingung bagaimana memilih resolusi kamera Mi 4i. Apa memang nggak ada pilihan selain frame ratio ya?
    Mohon maaf kalau kepanjangan, Pak Herry. Hehehe

    • Herry SW says:

      Pak Rahmat,

      Soal resolusi kamera, seingat saya memang tak ada pilihan untuk mengubah resolusi kamera. Pengguna cuma bisa memilih 16:9 atau 4:3. Pilihlah 4:3 untuk resolusi lebih besar.

  70. Eko Januanto says:

    Pak Herry,

    Kalau di bandingkan dengan OnePlus One lebih layak mana ?

  71. Tri Firmansyah says:

    Bung Herry,mungkin ada tips untuk beli kabel OTG untuk Acer Z500. Kemarin sudah beli tapi waktu di coba tidak bisa. Kata petugas toko untuk kabel OTG memang ada yang cocok ada yang tidak cocok. Kebetulan Hpnya punya anak saya yang sedang sekolah di luar kota. Jadi kalau beli kabel OTG nya, tidak bisa membawa Hpnya untuk langsung di coba di tempat. Mungkin bung Herry tahu kabel OTG yang langsung cocok untuk Acer Z500, jadi membeli tidak harus membawa Hpnya. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Tri Firmansyah,

      Seingat saya, Liquid Z500 tidak mendukung USB On-The-Go. Jadi, Anda mau beli kabel OTG merek apa pun ya takkan berfungsi.

  72. Ary says:

    Di video mode, ada fitur manualnya tidak pak? seperti manual fokus, terimakasih.

  73. suheri says:

    Pak Herry
    Apakah xiaomi Mi 4i dilengkapi led notif…?.
    Adakah bocoran kapan warna hitam beredar dipasaran….?
    trims.

  74. ari says:

    Koq sekarang tidak pernah kelihatan lagi di jawa pos sekitar 4-5 tahun terakhir pak? Padahal waktu itu review anda sangat ditunggu-2. saya pernah tanya di jawa pos tentang cara flash ulang nokia 6630. Semoga bapak masih ingat saya.

    saya tadi sempat membaca komentar-2 menarik para pengguna yg melirik asus zenfone series dan anda telah menjelaskan alasan tidak merekomendasikan merk tersebut. Saya ikut mendukung hal tersebut dan saya akan membandingkan merk tersebut dgn samsung (hp yang saya pakai utk menulis ini) dilihat dari segi aftersales sekaligus numpang sharing.

    saya pernah punya galaxy s advance (turunannya galaxy S) 2nd. pernah suatu hari gk sengaja jatuh dan rusak di bagian penangkap antena sehingga terpaksa jadi HP wi-fi only. terus saya bawa ke SC nya di plasa simpang5 di semarang dan disuruh nunggu smpe sekitar seminggu. sekitar seminggu kemudian HP tersebut selesai diservis dan kena hampir 950 ribu utk ganti spare part sama biaya jasa karena habis masa garansi. walaupun kena hampir setara hp baru, tapi setelah itu gk pernah lagi trouble sampai akhirnya ditukar tambah sama grand prime.

    saya rasa karena punya nama jadi service center samsung tidak dapat diragukan lagi kualitasnya daripada asus (bukan yg laptop) yg baru seumur jagung.

    • Herry SW says:

      Pak Ari,

      Sejak redaksi memutuskan menghapus halaman review ponsel, saya tidak lagi terlibat di Jawa Pos. Sekarang review ala saya muncul di blog sederhana Ponselmu ini.

      He… he… terus terang saya tidak ingat dengan Anda. Kebetulan tiap hari saya menerima puluhan, bahkan lebih dari seratus, pertanyaan.

      Terima kasih atas cerita yang Anda bagikan.

  75. udin says:

    Dear Pak Herry,

    Pada review di atas, Bapak menyinggung masalah layar ngangkat. Saya masih belum paham untuk masalah ini. Bagaimana kita bisa mengecek layar ngangkat atau tidaknya. Bisa minta tolong beri penjelasan lebihnya.

    Terimakasih 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Udin,

      Peganglah ponsel Anda secara mendatar. Bagian bawah layar menghadap ke dagu Anda. Lihatlah apakah ada cahaya yang menerobos di antara permukaan layar dan bodi. Kalau tidak ada, berarti ponsel Anda tak mengalami masalah layar ngangkat.

      • udin says:

        Membantu sekali Pak Herry.
        Oiya Pak, kalo boleh tanya lagi selain layar ngangkat kekurangan apa saja yang sering terjadi pada daerah layar berkaitan dengan warna atau pencahayaan ataupun yang lainnya dan bagaimana cara mendeteksinya Pak.
        Maturnuwun 🙂

        • Herry SW says:

          Pak Udin,

          Yang terpantau sejauh ini cuma layar ngangkat itu sih. Yang mengalami sebenarnya juga tidak banyak.

  76. Hendra Martono N says:

    Pak Herry,
    terima kasih utk jawabannya diatas. keraguan saya jadi tinggal di adu kecerahan layar saja. jadi menurut bapak lebih bapak rekomendasikan mana, mi4i atau p90? dan kenapa? makasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Hendra Martono N.,

      Kalau Anda mengutamakan kamera, ambillah Mi 4i. Hasil jepretan kamera Mi 4i lebih bagus daripada P90.

      Kalau Anda menomorsatukan kapasitas memori internal, pilih P90. Memori internal P90 berdaya tampung 32 GB, sedangkan Mi 4i hanya 16 GB. Keduanya tanpa selot memori eksternal.

  77. Hendra Martono N says:

    maksud saya tinggal di adu secara keseluruhan aja. bapak lebih merekomendasikan mana?

  78. snydez says:

    btw, ada terasa lagging ketika pakai aplikasi kepunyaan google, seperti chrome, gmail.
    tapi masih bisa ditolerir,

    nah yang agak kurang bisa ditolerir, ternyata batterainya sama aja seperti henpon lain, di kasus saya dalam waktu 6 jam sudah minta charge lagi (ada hubungannya dengan ‘panas’nya baterai?)

    • Herry SW says:

      Pak Syndez,

      Soal baterai yang bertahan enam jam sama, mestinya lebih dipicu oleh tingginya pemakaian Anda deh. Bukan karena panasnya baterai/bodi.

  79. Alof says:

    Selamat sore, Pak Herry.

    Mau tanya:
    1. One handed operation Xiaomi Mi 4i saya kemarin sempat berfungsi (menggeser jari dari tombol Home ke kiri atau kanan). Tahu-tahu sekarang tidak berfungsi lagi, padahal tidak ada perubahan setting apa-apa. Kira-kira apa penyebab dan solusinya agar kembali normal?

    2. Suara telpon tidak dapat dikecilkan lagi, paling minimal 1/4 dari lingkaran indikator suara di layar. Apakah memang demikian karakter Xiaomi Mi 4i?

    3. Setiap membuka (wake) gawai, muncul peringatan agar bagian atas gawai tidak ditutup. Tetapi peringatan ini hanya muncul sekejap, dan langsung hilang. Saya memang menggunakan pelapis layar antigores. Apakah layar Xiaomi Mi 4i tidak boleh dilapis?

    Terimakasih sebelumnya, Pak Herry.

    • Herry SW says:

      Pak Alof,

      1. Sudah coba dimatikan lalu diaktifkan lagi? Solusi terakhir sih lakukan factory reset.

      2. Kebetulan volume suara tidak pernah saya atur kurang dari setengah. Jadi, untuk poin ini, maaf saya tidak pernah memperhatikannya.

      3. Boleh pakai pelindung layar kok. Dalam kasus ini, saya menduga pelindung layar yang Anda pakai kebetulan kurang bening atau terlalu tebal dan kebetulan menutupi proximity sensor.

      • Alof says:

        Terimakasih atas tanggapannya, Pak Herry.

        1. Saya lakukan factory reset, kini fungsi OHO sudah normal. Semoga tidak harus melakukan hal ini lagi nantinya 🙂

        2. Suara dari speaker sangat keras sehingga tidak bisa bisik-bisik saat menelpon, hahahaha …

        3. Mungkin juga lapisan pelindungnya terlalu tebal. Sekarang banyak yang menjual pelapis “tempered”. Apakah kompatibel? BTW, “proximity sensor” letaknya di mana?

        Sekali lagi, terimakasih, Pak Herry.

        • Herry SW says:

          Pak Alof,

          1. Sip.

          2. Asalkan speaker phone tidak diaktifkan, masih bisa bisik-bisik kok. 🙂

          3. Lebih amannya, carilah tempered glass yang tidak menutupi proximity sensor. Lokasi sensor itu ada di atas layar, di daerah sekitar earpiece.

  80. Andry says:

    Lagi nyari pengganti leno vo p780 yg mati total, ngincer mi4i ini, tp kalo ada rekomendasi lain yg lebih murah why not :-), kebutuhan sih bisa dual sim card, ada saran? Kalo redmi 2 atau zenfone 5 bagaimana ? Thanks

    • Herry SW says:

      Pak Andry,

      Karena Anda sebelumnya memakai P780, berarti Anda sudah terbiasa dengan ponsel yang baterainya tahan lama. Dengan demikian, silakan melirik Lenovo P70. Harga pasaran barunya saat ini lebih dari Rp 2,5 juta, tetapi kurang dari Rp 2,6 juta.

      Redmi 2 boleh dilirik. Zenfone? Lupakan ponsel dan tablet merek Asus deh.

  81. achmad says:

    pak update ke 6.5.6 itu kok 800 mb an betul kah

  82. achmad says:

    juga cara double touch gimana di mi4i agar diketuk 2kali langsung nyala hh nya

  83. Yuwono says:

    Pak Herry,
    ikuy rembug review mi4i
    kelebihan
    – ada fitur auto off dan on yg biasanya ada di bb os lama.
    – app google, fb, twitter dg mudah diuninstall tanpa root
    – enteng, charge cukup cepat

    kekurangan
    – rada ngelag, kayaknya snapdragon 615 cukup keteteran buat layar full HD
    — kejernihan buat telp di bawah bb q10
    – perlu setting autorestart buat whatsapp dan bbm kalau tidak message gak deliver realtime

    overall puas

  84. josef nday says:

    pak herry, meski anda tidak menyarankan merk asus tapi entah kenapa ZF4 yang saya beli dari pak herry ….. kinerjanya sampai sekarang masih memuaskan he he he
    mungkin karena dipegang admin ponselmu.com jadi “bertobat” ha ha ha

    salam,
    josef

    • Herry SW says:

      Pak Josef Nday,

      Yang Anda beli kan Zenfone 4 batch kesekian kali (entah tepatnya ke berapa). Asus tampaknya sudah melakukan serangkaian penyempurnaan. Salah satunya terkait baterai. Itu pun, menurut saya, masih kurang nendang lho. Kalau Anda pegang yang keluaran awal, wah… ampun deje deh.

  85. Tuxlin says:

    Kameranya kinclong ya pak… Saya pakai ponsel ini, casing belakangnya licin ya… saya sekali menjatuhkan ponsel ini gara2 casing belakangnya licin, hehehe… Syukurlah nggak rusak meski jatuh dari ketinggian 1,5m di lantai paving 🙂

  86. Ardi says:

    wah keren nih Xiaomi mi4i, tapi saya lebih pengin Xiaomi note Pro, btw Xiaomi Note Pro sudah ada di Indonesia belum ya?

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      Kalau garansi resmi belum ada. Kalau tanpa garansi sudah ada. Harga pasaran sekitar Rp 8,5 juta.

  87. Jirim says:

    Koh kalau disuruh milih antara xiaomi Mi4i sama Acer Liquid X1 koh milih yang mana?
    Sertakan sama alasannya juga koh yah,, makasih 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Jirim,

      Saya pilih Mi 4i. Alasannya, lha saya belum pernah mencoba Liquid X1. Jadi, ya nggak tahu bagus tidaknya.

  88. Shelina says:

    Kalau membandingkan Xiaomi mi4i dan Lenovo P70, pak herry lebih pilih yang mana ya? Alasannya juga disertakan ya 🙂

    • Herry SW says:

      Bu Shelina,

      Panduan yang paling mudah begini:
      * Kalau menomorsatukan daya tahan baterai: P70.
      * Kalau menomorsatukan hasil jepretan kamera: Mi 4i.

  89. Hartono says:

    Halo Pak Herry

    Pak, Selama pemakaian anda, apa bener mi4i itu agak lemot ? Dalam artiian bukan pd saat main game, tapi di penggunaan sehari2.
    Thanks Pak

  90. William says:

    Pak saya sekarang pakai samsung grand 2 , saya mau ganti mi 4i , bagaimana menurut bapak secara keseluruhan lebih bagus mi 4i kah dari grand 2 ? Terima kasih bantuannya.

  91. abraham says:

    Oom HSW,

    Mau minta second opinion dunks..
    kalo beralih dari note 2 ke mi4i ini, kira² menurut Om HSW seperti apa? *abaikan fungsi SPen*
    lebih baik bertahan di note 2 atau beralih ke mi4i ya?
    terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Abraham,

      Boleh tahu dulu alasan Anda beralih ke Mi 4i karena apa? Sebab, biarpun sudah tergolong uzur, Galaxy Note 2 sebenarnya masih layak pakai. Yang perlu diwaspadai adalah “penyakit” sudden death. Tanpa gejala, ponsel itu tiba-tiba mati total. Berkali-kali ditemukan pada Galaxy Note 2 dengan usia pemakaian lebih dari setahun.

      • abraham says:

        Tertarik dengan fitur kamera nya dan faktor umur gawai.. hehehe

        sudden death juga menjadi salah satu kekhawatiran saya, karna note2 saya kadang² suka restart sendiri. Kondisi note2 masih standar pabrik dari baru. Pernah sekali dibawa ke SC karna masalah ini, lalu flash ulang firmware, tapi masalah kembali muncul.

        Namun dari membaca beberapa cerita (yg kurang menyenangkan) dari beberapa pemilik mi4i di milis id-android, membuat saya agak ragu untuk beralih ke mi4i.

  92. William says:

    Pak kalau mi 4i sama samsung e5 berani ambil mana? Saya mau ganti soalnya , mohon infonya terima kasih .

    • Herry SW says:

      Pak William,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy E5. Samsung yang menarik biasanya hanya seri Galaxy S dan Note. Yang lain kurang nendang.

  93. leos says:

    Ko herry,

    Ko saya masih pakai xiaomi redmi 1s. Apakah setelah update software hp akan adem. Ko lenovo a7000 kayaknya lagi banyak peminat, ko herry bakal review nga? Antara a7000 dan redmi 2 lebih baik pilih mana, mungkin ko herry udah toel2.

    • Herry SW says:

      Pak Leos,

      Lho, apakah Redmi 1S Anda panas? Saya sudah tak mengikuti kondisi terkini firmware Redmi 1S.

      Saya tidak berencana me-review A7000.

  94. Hendra Isarytomo says:

    Assalamualaikum Wr, Wb
    Pak Herry handheld saya mi 4i yg barusan datang dari pembelian di lazada ketika di antutu benchmark baik 32 bit dan 64 bit V5.7.1 koq score saya hanya 17668, dan saya menggunakan MIUI 6.5.6.0, mohon pencerahan apabila ada konfigurasi2 tertentu atau ada kerusakan di handheld yg dikirim ini. Kalau butuh SS atau apapun saya siap menyediakan pak Herry. Terima kasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Hendra Isarytomo,

      Silakan coba menjalankan Antutu lagi deh. Tidak ada pengaturan khusus yang harus dilakukan.

      Kalau Anda merasa ada yang janggal, ya silakan mampir ke pusat perbaikan resmi.

  95. irawan_ags says:

    Saya setuju 4 alasan tentang asus yg pak herry katakan, salah satunya SC-nya yang menjengkelkan, tapi menurut saya tidak adil sekali hanya karena alasan itu + pengalaman ”buruk” saat mereview zen 4 dijadikan patokan dan memukul rata smartphone asus tidak direkomendasikan, coba lihat dari sisi lain, misalnya performa, display, konektifitas, dll, apa itu semua buruk? Pasti ad kelebihannya, Abaikan sedikit SC dan purna jual, karena banyak juga yang komentar puas dengan smartphone asus maupun tabletnya, hehehehe 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Irawan_ags,

      Kinerja keseluruhan beberapa gawai Asus yang saya coba ternyata juga tidak mengesankan kok. Jadi, buat saya, tablet dan ponsel Asus sebaiknya tetap dilupakan dulu.

  96. rahma says:

    pak herry….

    menurut bapak lebih bagus mi4i atau samsung j5?

  97. rahma says:

    pak kalo milih mi4i ma j5. bpk bakal plh yg mana?

    • Herry SW says:

      Bu Rahma,

      Kalau dipaksa memilih buta, saya pilih Mi 4i. Samsung yang bukan termasuk seri Galaxy S dan Note biasanya kurang bagus. Samsung itu cuma menang nama. Market leader dan populer sehingga bisa jual mahal. Soal kinerja dan kualitas, belum tentu bagus lho.

  98. Yoga Purnama Putra says:

    ditunggu pak artikel head to head mi 4i dg zenfone 2

    • Herry SW says:

      Pak Yoga Purnama Putra,

      Dijamin penantian Anda akan tanpa hasil. Lha saya tidak berencana membuat artikel itu.

      Anda tinggal membaca review saya tentang Zenfone 2 dan Mi 4i. Langsung mudah ditebak mana yang saya anggap lebih bagus kok.

  99. Adji says:

    kalau beli di erafone misalnya nanti dicek ada layar ngangkat bisa dituker gak tuh pa ?

  100. rahma says:

    minta gambar keyboard dan contact dr mi4i dong..mksh

  101. risna says:

    pak herry, mau nanya, kalau disuruh milih antara membeli LG G3 Beat dan Xiaomi Mi 4i, bapak akan pilih yang mana? terima kasih pak

    • Herry SW says:

      Bu Risna,

      Saya belum pernah menguji pakai G3 Beat. Karena usia edarnya sudah lama, saya takkan pernah me-review-nya.

  102. Sandy says:

    Pak Herry,tolong pencerahannya.saya bingung memilih antara xiaomi mi 4i atau samsung grand prime.baik dari segi spesifikasinya maupun dari ketahanan produknya.karena sudah agak trauma dengan produk china.sudah 2x pakai produk china.tidak sampai 1 tahun,rusak.trima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Sandy,

      Kalau saya sih pilih Mi 4i. Kinerjanya lebih mantap daripada Galaxy Grand Prime. Xiaomi memang merek Tiongkok. Namun, bagus kok.

      Oh ya, Anda tidak mencampuradukkan antara ponsel merek lokal buatan Tiongkok, ponsel merek global asal Tiongkok, dan ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok, bukan? Jangan menyamakan, misalnya, Mito dengan Xiaomi dan Huawei. Beda kelas.

  103. leo says:

    Iya ko masih hangat mengarah ke panas dan kalo sudah panas hp akan lemot. dari awal beli saya tidak pernah update firmware. trims

    • Herry SW says:

      Pak Leo,

      Lho, kalau belum pernah update, kemungkinan masih versi 6.5.4.0. Itu memang lebih hangat daripada versi berikutnya. Silakan melakukan update dulu.

  104. Alof says:

    Pengalaman lucu membeli Xiaomi Mi 4i dan Telkomsel:

    1. Peluncuran melalui “flash sale” didukung oleh Telkomsel. Tapi sampai saat ini Telkomsel belum memiliki jaringan 4G 1800 yang digunakan Xiaomi Mi 4i, melainkan baru yang 900. Jadi, smp saat ini, pengguna Telkomsel baru bisa menggunakan jalur 3G.

    2. Telkomsel mengiklankan di situs Xiaomi maupun Telkomsel sendiri bahwa 20.000 pembeli pertama Xiaomi Mi 4i melalui situs Xiaomi akan mendapat paket data 4.5 Gb seharga Rp 30.000 untuk bulan pertama. Ketika saya datang ke Grapari Gambir, staf di sana menyatakan Xiaomi Mi 4i tidak termasuk tipe HP android yang masuk dalam promo TAU mereka. Lho?

    Beberapa hari kemudian saya mendapat SMS yang menyatakan bahwa IMEI gawai saya tidak termasuk dalam daftar yang berhak mendapat paket. Padahal saya melakukan transaksi “flash sale” pada jam pertama pembukaannya. Dan sampai sekarang promo tersebut masih dipajang di situs Xiaomi maupun Telkomsel (artinya masih belum mencapai 20.000 pembeli pertama).

    Apakah Xiaomi melalui Erafone sudah menjual perangkat Xiaomi yang tidak terdaftar alias tidak resmi?

    3. Fasilitas kartu AS Telkomsel menyediakan paket data 4.5 Gb bagi pengguna Xiaomi. Tetapi ketika dilakukan pemesanan melalui situs Telkomsel, maka mendapat respons bahwa paket tersebut dinyatakan tidak ada. Begitu juga pembelian paket melalui *363#. Paket tidak tersedia walaupun diiklankan 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Alof,

      Intinya seolah kerja sama dan promonya nggak sinkron plus kurang terkoordinasi gitu ya.

      Minggu depan LTE 1800 Telkomsel mestinya mulai bisa dinikmati oleh pengguna di Makassar.

  105. liat2aja says:

    Pak service center Xiaomi ada di daerah Jambi tidak ya, saya belum ketemu meskipun tanya Mbah Google.

    Kira2 kalau mau menguji pakai Xiaomi sesuai dengan harga menurut Bung HSW lebih baik Redmi 2 atau Mi4i? Note 2 saya kayaknya sudah menjelang mau pensiun nih…

  106. Findy says:

    Pak, saya pengguna LG G2 mini. Worth it gak paka kalau saya berpindah ke mi4i?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Findy,

      Boleh saja sih. Namun, kalau Anda masih merasa puas dan bisa bertahan dengan G2 Mini, tahan dulu sampai beberapa bulan mendatang sambil tengok kanan-kiri.

  107. Yohan says:

    Pak Herry,

    Kalau tidak mempertimbangkan harga, Xiaomi Mi4i dibandingkan dengan flagship tahun lalu seperti LG G3 dan Galaxy S5 lebih enak mana untuk digunakan sehari-hari? Pilih mana di antara ketiga tipe HP tersebut ?

    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Yohan,

      Kalau saya disuruh memilih seperti itu, saya akan memilih LG G3 yang RAM 3 GB dan bergaransi resmi.

  108. Kim says:

    Kak,saya skrg menggunakan zenfone 4 kadang2 (cukup sering) hilang sinyal sekitar 10-20 detik dan saya berniat mencari smartphone yg sinyalnya bagus . Ada saran ? Harga under 1 jt . Apa xiaomi mi4i juga mengalami kendala yg sama ?

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Mi 4i tidak mengalami kendala tersebut. Masalahnya, harga Mi 4i pasti lebih dari Rp 1 juta.

      Dengan anggaran kurang dari Rp 1 juta, saya menyarankan Anda mencari Xiaomi Redmi 1S bekas.

  109. Anen says:

    Pak Herry..
    saya pakai Mi4i dan iphone 4s. mau nanya pak, knapa pas main game di Mi4i gambar di Mi4i saya putus-putus atau ada skip di setiap gerakan. sedangkan main game tersebut di iphone 4s lancar dan normal.
    game2 yg saya mainkan sekitar 400MB. dan di smua game tersebut gerakannya putus2.
    mohon pencerahan pak Herry. Thx

  110. Kim says:

    Kalau diantara zenfone 5 atau redmi 2 lebih baik yg mana ?

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Saya sih pilih Redmi 2. Ponsel dan tablet Asus masih saya rekomendasikan untuk dihindari.

  111. Kim says:

    Kalau antara redmi 2 atau zenfone 5 lebih bagus yg mana ? Menurut kakak .

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Ehmm… perasaan Anda sudah pernah mengirimkan pertanyaan serupa. Saya lebih memilih Redmi 2.

  112. Fadhal says:

    Ko Herry.
    Itu yg ada di foto Huawei Y3 Batik yah? Kapan tuh gadget itu akan direview? 😀

    • Herry SW says:

      Pak Fadhal,

      Benar, Huawei Y3 Batik. Tidak di-review. Itu saya cuma towel-towel di sebuah stan pameran.

  113. Kim says:

    saya skrg menggunakan iphone 5 , apakah xiaomi mi4i layak dijadikan pengganti iphone 5 saya ?
    Menggingat usia iphone 5 saya yg hampir 3 tahun .

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Karena saya tak pernah memakai iPhone 5, saya tak mengetahui seberapa menarik ponsel itu kalau diadu dengan Mi 4i.

  114. wahyudi says:

    Pak herry, kira- kira kpn ya xiaomi redmi series (note, 1s) mendapatkan update global stable ke miui6 kitkat, apakah sudah ada keterangan pasti dari VP xiaomi Hugo Barra?

    btw, redmi note saya mentok di JB aja (bosen)…

    • Herry SW says:

      Pak Wahyudi,

      Saya sudah tidak mengikuti perkembangan firmware Redmi 1S dan Redmi Note. Dengar-dengar Redmi 1S sudah dapat update resmi ke MIUI 6. Jadi, mestinya sekarang sudah KitKat deh.

  115. Teguh says:

    Sore pak Herry..
    Dri skian kmentar & search yg ane cri ttg kluhan pngguna Mi4i.. blum da tmuan kluhan yg sma dgn saya,stlah 5 hri pakai dri pmbelian barunya mi4i sya mngalami masalah pda kmera depan sperti kabur(rabun),di awal kmera dpan d buka aman untuk rntang wktu 5 detik lalu mngabur (sprti htam ptih/ksemutan pda TV) titik(rabun) nya brwarna,smsal d biarkn bberapa wktu akan lebih parah lagi pengaburan nya,hal tsb berulang stiap kali kita akn mnggunakan kmera depan, mhon pncerahannya pak Herry kendala apa sebenarnya,mungkin ada Setting khusus untuk mengatasinya / solusi nya k SC?
    Sya hrap mngerti dgn pertanyaan nya,Trima kasih sebelum nya pak

    • Herry SW says:

      Pak Teguh,

      Penyebab kendalanya tidak saya ketahui. Yang bisa saya sarankan, bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  116. Melisa says:

    Hallo Ko Herry..
    Saya sudah membaca semua review Mi 4i dr ponselku.com.

    Dan ada beberapa yg mau saya share, saat ini saya menggunakan Sony Experia.SP. Dan kendala saya ingin mengganti hp adalah Sony SP saya sering force stop di karenakan kepanasan kl lama di pakai untuk brow, main game coc, wa, line dll.

    Jadi saya agak sebel jadi nya, dan hal kedua karena memmory internal nya yg hanya 8GB tp hanya bs di pakai setengah nya saja. Dan membuat hp ini terkadang lama untuk respon, nge lag, keyboard kadang susah di klik.

    Sebelum nya saya ada melihat keluaran baru Sony M4 yg akan saya bandingkan dengan Mi 4i, menurut Ko Herry bagaimana?
    kalo sesuai budget range 3-5jtan dikit. Tp estimasi sih prepare ga usah yg terlalu mahal, asal tidak cepat panas, tidak lag, bisa kuat batre nya dan RAM nya pun memadai. Dan terutama di kamera karena saya sangat butuh untuk pekerjaan saya.

    Teman saya ada yg menawarkan untuk mencoba asun zenfone2 yg terbaru ini karena Ram nya juga memadai, tapi hati saya sedikit ragu kalo membeli hp asus.

    Kalo berbicara Samsung, saya masih suka dengan samsung galaxy Alfa, tp karena budget juga dan sayang nya samsung sering jatuh harga maka sangat di sayangkan membali hp yg terlalu mahal tapi bs mendapatkan spek lbh gahar di hp yg harga nya lebih murah.

    Mohon utuk pencerahan nya agar saya tidak salah membeli hp, untuk gaming saya suka clash of clans. Jadi saya masih bingung untuk memilih hp mi4i atau ada yg lain. Terima kasih atas jawaban nya.

    • Herry SW says:

      Bu Melisa,

      1. Ponselku.com? Wah, namanya mirip dengan blog saya Ponselmu.com ini ya.

      2. Maksud Anda Sony Xperia M4 Aqua versus Xiaomi Mi 4i ya? Saya belum bisa membandingkannya karena belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua.

      3. Ya, saya setuju dengan Anda. Ponsel dan tablet Asus sebaiknya dihindari dulu.

      4. Samsung itu menang merek. Kalau bicara performa, yang lumayan baik atau bagus biasanya hanya seri Galaxy S dan Note. Seri lain kurang nendang. Mereka bisa jual mahal karena mereknya populer dan masih banyak pengguna yang tergila-gila merek.

      5. Saya tak pernah main Clash of Clans. Beberapa teman saya yang rutin memainkan game itu mengatakan Clash of Clan bikin ponsel panas dan baterai cepat habis. Jadi, bayangan saya, Anda perlu ponsel dengan kapasitas baterai besar. Minimal 3.500 mAh gitu deh. Mi 4i kurang cocok, kecuali Anda bersedia sering berhubungan dengan power bank.

      Tadi saya sempat akan menyarankan Anda melirik Lenovo P70 yang menggunakan baterai 3.900 mAh. Masalahnya, Anda terlihat juga menomorsatukan kinerja kamera ponsel. Nah, P70 gagal memenuhi hal itu. Kameranya tidak jelek sih, tetapi belum bisa dibilang istimewa.

  117. Melisa says:

    Siang Ko Herry,

    Terima Kasih atas jawaban nya..
    Mohon maaf saya salah mengetik nama blog, maksud Saya adalah ponselmu.com (Saya ralat).

    Untuk lenovo

  118. Melisa says:

    Siang Ko Herry,

    Terima Kasih atas jawaban nya..
    Mohon maaf saya salah mengetik nama blog, maksud Saya adalah ponselmu.com (Saya ralat).

    Untuk Lenovo saya belom ada daya tarik ke hp tersebut, sama hal nya dengan Asus. Bukan untuk menjelek’kan atau apa. Di hati rasa nya masih belum srek aja.

    Bearti kalo begitu saya harus menunggu untuk yang lebih bary yah ko, harus bertahan dulu dengan SP nih..

    Yah kalo berlama dengan main coc memang hp terasa panas, karena game tersebut 2d dan cukup berat.

    Jadi kalo menurut baik nya Ko Herry XSp dengan Mi 4i masih mendingan mana? Melihat dari spek keseluruhan nya.

    Sebelum nya Saya ada tertarik dengan iphone 5s, namun karena harga nya yg masih terbilang mahal, dan juga Memorry Internal nya yg juga sedikit membuat saya juga ragu membeli 16gb, karena nanggung ada yg 32-64gb.

    Belum lagi ada isu akan keluar Iphone 6s, cm seperti nya diurungkan untuk membeli merk ponsel iphone, bukan hanya untuk prestige tp juga mengukur kemampuan membeli hp terlalu mahal.
    Tp untuk kamera nya saya cukup puas liat hasil nya walaupun hanya 8mp.

    Ia yg saya maksud sebelum nya adalah Sony M4 Aqua..
    Cuma saya melihat spek nya tidak beda jauh dengan Xsp juga, hanya rom 2gb, bisa tahan debu dan air.

    • Herry SW says:

      Bu Melisa,

      1. Oh, kalau Xperia SP diadu dengan Mi 4i, saya jelas lebih merekomendasikan Mi 4i.

      2. Xperia SP berbeda jauh dengan Xperia M4 Aqua lho.

  119. riyanto says:

    Maaf bung Herry, ikutan OOT.
    Mau nanya ttg hasil towel2 Huawei Y3 Batik spt foto di atas itu kesimpulannya bgm? Apakah gegas dan layak beli dgn harga 799.000 di kelas entry level?
    Oya, Huawei Y3 & Y5 itu chipsetnya kan pakai Spreadtrum, yg ingin saya tanyakan apakah chipset merk tsb bagus atau jelek? Kalau dibandingkan dgn MTK bgm, apakah lbh bagus atau malahan lbh jelek? Tolong pencerahannya, terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Riyanto,

      Saya cuma towel-towel sebentar. Kesan pertama tidak menarik. RAM hanya 512 MB. Untuk ukuran masa kini, rasanya gimana gitu deh. Saat ponsel masih segar, saya perhatikan sisa RAM cuma 200 MB. Lha kalau sudah dipakai, pasti lebih rendah lagi.

      Oh, bukan pakai MediaTek ya? Saya menyangka MediaTek MT6582 lho. Belum pernah tahu tentang Spreadtrum nih.

  120. riyanto says:

    Wah fast response nih.., trims bung Herry.
    Saya baca speknya di situshp.com chipsetnya Spreadtrum bukan Mediatek, makanya saya penasaran. Saya beberapa kali baca gawai Samsung yg tipe2 low end banyak yg pakai Spreadtrum ini, juga gawai2nya Nexian yg dirilis sebelum Journey One.
    Oya, berarti gawai meriah dibawah sejuta yg menarik cuma Acer Z205 dan Neian Journey One saja ya bung Herry? Sayang baterainya mini2. Atau bung Herry ada saran tipe lain yg RAMnya 1GB tp harga max 1juta?

  121. riyanto says:

    Sdh saya baca linknya bung Herry, tp gak tahu jg mana yg benar deh. Oya, kalau merk AccesGo kayaknya gak berani deh, ngeri dgn layanan purna jual merk2 yg blm terpercaya gitu. Huawei & ZTE yg merknya sdh mendunia dan kwalitas produknya bagus saja layanan purna jualnya di Indo jelek dan banyak dikeluhkan para penggunanya, apalagi yg merk2 gitu. Kalau lihat dari reputasi layanan purna jualnya kalau mau beli gawai yg murah meriah kayaknya merk Acer yg paling paling masuk akal. BTW terima kasih atas saran dan responsnya.

    • Herry SW says:

      Pak Riyanto,

      Kalau memperhatikan layanan purna jual (pusat perbaikan resmi), benar… silakan coret AccessGo. Pilihannya hanya LG, Samsung, dan Acer. Jadi, dalam kasus ini, yang paling masuk akal memang Liquid Z205.

  122. Fifa says:

    Pak Herry,
    Kalau mau mendownload updatean firmware yg 6.5.5.0 yg aman dimana ya?
    Ini saya baru beli, versinya msh 6.4.6.0 tapi update via hp sdh langsung 6.5.6.0.
    Terimakasih sebelumnya atas infonya.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Fifa,

      Wah, kurang tahu. Saya selalu update via OTA. Terakhir mestinya sudah muncul versi yang lebih baru lagi daripada 6.5.6.0 lho. Kalau tak salah ingat, versinya 6.6.1.0.

  123. Hendra Martono N says:

    Ko Herry,

    angka merah di sudut kanan atas tiap icon aplikasi yg menghitung brp banyak pesan yg belum terbaca (notification badge), seperti di ios, itu apa bisa jalan di mi4i? kalau bisa, apa jalan secara native atau harus pakai launcher tambahan? jalan utk email, line, whatsapp, fb, twitter, instagram, path, playstore, Settings, dan (terutama) wechat dan BBM.

    soalnya fitur itu meski remeh tapi penting buat saya. kalau lenovo p90 belum bisa. kalau di LG L20 papa saya, jalan semua secara native kecuali BBM wechat playstore dan Settings.
    makasih

  124. Kim says:

    Kak,saya sdh beli mi4i . firmware bawaan versi 6.4.6 ada bbrp problem :
    -emailnya tidak otomatis masuk (jadi harus buka aplikasi dulu baru email masuk)
    -Aplikasi yg sedikit berat Hp panas
    -kalau pakai tema/themes waktu ada telpon masuk sering Stuck/ngadat
    Saya cek di update ada versi 6.5.6 , pertanyaan saya apakah versi 6.5.6 sdh stabil & tidak banyak bugs-nya ? Apa baterai lebih awet ?
    Karena saya dengar info yg versi 6.6.1 banyak masalahnya (baterai lbh boros,dicharge indikator tidak full2)

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Versi firmware-nya kok agak aneh ya. Saya terakhir kali pakai versi 6.5.6.0. Saat ini dengar-dengar versi terbaru 6.6.1.0.

      * Email tidak otomatis masuk.
      Anda menggunakan Gmail atau apa nih?

      * Ponsel panas.
      Waktu versi firmware 6.5.4.0 memang hangat cenderung panas. Namun, setelah update, kondisinya membaik.

      * Pakai tema, ada telepon masuk sering ngadat.
      Saya tak mengalaminya.

      * Saya baru tahu versi 6.5.6. Entah gimana kinerjanya. Dicoba saja lho.

  125. Kim says:

    Email pakai yahoo
    versi update yg tersedia ota versi 6.5.6.0
    Yg pak herry tes kapan hari itu.
    apa sdh baik yg pak herry tes menggunakan v 6.5.6.0 ?

    • Herry SW says:

      Pak Kim,

      Oh, kalau Yahoo saya kurang tahu. Saya biasanya pakai Gmail dan berfungsi baik saat memakai versi 6.5.4.0; 6.5.5.0; maupun 6.5.6.0.

  126. fanny says:

    hello ko,

    senang sekali nemu web ini krn skrng msh bimbang mau beli ponsel apa. minta sarannya untuk ponsel yg kameranya oke, mending xperia z3 compact atau Xiaomi Mi 4i ? atau ada saran lainnya?

    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Fanny,

      Ini berarti ngejar kamera ya? Kalau mau yang merek terkenal, silakan ambil Sony Xperia Z3 Compact. Kalau anggaran bisa ditambah, naik ke LG G4 sekalian.

  127. bernard says:

    om henry mau nanya kalau mi 4i dibandingkan zenfone 2 551 ml yg ram 2 gb/16 gb memory, pilih mana? saya biasanya pake samartphone untuk photo ama aktivitas internet transaksi on line.

  128. Purwoko says:

    Pak saya baru beli Mi 4i dan ada sedikit masalah pada layar sentuh bagian kiri bawah kurang sensitif (untuk pengetikan tombol Q, A, shift dan 123). Apakah harus saya bawa langsung ke SC atau ada settingan untuk mengatasinya ya pak ? Terimakasih.

  129. dwi rahma says:

    om bantu kasih saran dong, pilih hp samsung galaxy E5, A3 atau xiaomi Mi4i ?? Kasih tau kekurangannya om
    galau berat nih, kalo xiaomi pilih garansi distributor atau resmi ?

    • Herry SW says:

      Bu Dwi Rahma,

      Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel Samsung tersebut. Kalau Mi 4i boleh dibeli. Pastikan Anda membeli yang bergaransi resmi. Jangan membeli yang tanpa garansi resmi, meskipun penjual sedemikian rupa berusaha meyakinkan Anda.

  130. Rayner says:

    Pak Herry,
    Ini saya yang tahun lalu membeli acer liquid e3 yang bapak review dan membuat saya ingin membeli nya.. namun.. setelah saya upgrade ke kitkat e3 nya menjadi tidak nyaman..
    Saya berniat untuk mengganti nya dengan mi4i ini.. apa benar buat gaming HH menjadi sangat panas? Dan kira” dari segi kamera.. bagusan mana dengan liquid e3? Bagaimana dengan batrai nya? Apakah tidak jauh dari liquid e3 ini?
    Terima kasih 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Rayner,

      Saya tak tahu seberapa intensif Anda bermain game. Saya kebetulan bukan penggemar game. Kalau sedang iseng menjalankan game, Mi 4i tak pernah sampai panas sih. Maksimal hangat wajar.

      Untuk pemotretan di tempat gelap, Liquid E3 lebih bagus. Selain itu, lebih unggul Mi 4i. Ya, daya tahan nyata baterai relatif sama, meskipun di atas kertas kapasitas baterai Mi 4i jauh lebih besar daripada Liquid E3.

  131. roni says:

    koh herry, itu logo mi di bagian kiri atas layar bisa dihilangkan ndak?
    sama tombolnya ada lampu backlight atau tidak?

  132. Rayner says:

    Wah kalo begitu upgarde nya kurang worthed dong ya pak Herry hehe.. ada rekomendasi lain buat under 2.5jt.. atau mendingan nunggu dulu barangkali ada yang menggiurkan lagi? Hehe

  133. dwii says:

    pilih xiaomi mi4i atau redmi note ? Atau pilih samsung e5, atau samsung a3 ? Setelah beli xioami langkah pertama ngintal apa aja dulu ? sebelum siap dipake? Masih rancu dan buta ni om tentang xiaomi
    makasih

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Dwii,

      Kalau masih bisa dapat Redmi Note garansi resmi, boleh beli itu.

      Install apa dulu? Ya bergantung kebutuhan Anda. Kalau untuk email, tak perlu install aplikasi tambahan.

  134. delavega says:

    mas, tanpa melihat harga, mending redmi note atau redmi 2??

    • Herry SW says:

      Pak Delavega,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Kalau Anda tidak memerlukan layanan LTE, silakan membeli Redmi Note bergaransi resmi. Masalahnya, saat itu mencari ponsel tersebut ibarat mencari sebatang jarum di tumpukan jerami. Sulit sekali, bahkan nyaris mustahil dapat.

      Bila Anda tidak memerlukan LTE atau gagal mendapatkan Redmi Note bergaransi resmi, silakan membeli Redmi 2 bergaransi resmi.

      Pesan saya, jangan membeli ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi.

  135. rudi says:

    pak bagaimana cara agar bisa save dp bbm teman di xiaomi mi4i?

    • Herry SW says:

      Pak Rudi,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya bukan pengguna BBM. Yang saat ini terpikir di benak saya, bukalah DP BBM teman Anda, kemudian lakukan screen capture.

  136. mujib says:

    Pak herry emang yg miui 6.6.1.0 batrenya cpt boros,panas ea pak?

    • Herry SW says:

      Pak Mujib,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya belum pernah mencoba 6.6.1.0. Info dari beberapa teman yang mencoba, konsumsi baterai lebih boros dan bodi lebih panas daripada versi sebelumnya (6.5.6.0). Asyiknya, di 6.6.1.0 ada fitur ketuk-ketuk layar untuk menyalakan ponsel yang sedang siaga.

  137. rahma says:

    Pak saya sudah update ke versi 6.5.6.0 Tapi kok xiaomi saya mau panas ya kalo di pake ? Sebaiknya solusinya gmna pak biar gak panas? Terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu Rahma,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Setelah 6.5.6.0 ada versi 6.6.1.0 yang konon lebih panas. Tunggulah sampai muncul update versi berikutnya.

  138. satria says:

    Selamat siang pak
    Saya mau tanya bagusan mana versi 6.5.5.0 dibanding versi 6.6.1.0 ? Apakah pengendalian panas nya lebih bagus dari 6.5.5.0 ?
    Saat ini saya pakai versi 6.5.6.0
    Bagaimana cara mengembalikan ke versi 6.5.5.0 ?
    Mohon bantuannya. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Satria,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Karena sudah harus mencoba ponsel lain, saya tidak memakai Mi 4i lagi. Saya belum pernah mencoba 6.6.1.0. Kata beberapa teman yang memakai 6.6.1.0, versi itu lebih panas daripada 6.5.5.0. Namun, pagi ini kabarnya sudah muncul versi 6.6.5.0 yang lebih mantap daripada 6.6.1.0.

      Jadi, saran saya, silakan langsung mengecek update. Kalau sudah ada notifikasi ke 6.6.5.0, lakukan update deh.

  139. Hanif says:

    Menurut bapak lebih baik mi4i atau mi4 tapi garansi tidak resmi? dengan mempertimbangkan hp yg tdk cepat panas, lag dan batere lbh awet.

    Lalu antara merk china xiaomi, dll dengan merk yang sudah mapan samsung, lg, dll mana yang lebih awet? Karena saya tipe yang pakai hp sktr 2-2, 5 tahun an.
    Terima kasih pak sehat dan sukses selalu

    • Herry SW says:

      Pak Hanif,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya belum pernah menguji pakai Mi4 (bukan Mi 4i). Saya sih tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      Mestinya sama-sama awet. Namun, saya belum pernah membuktikan sendiri karena usia pemakaian ponsel saya biasanya kurang dari satu tahun. Sekadar info, Samsung pun belum tentu awet lho. Galaxy Note 2 dengan usia pemakaian lebih dari satu tahun, misalnya, rawan terkena “penyakit” mendadak mati total. Biaya perbaikannya lebih dari Rp 1 juta.

  140. chandra says:

    pak henry….

    saya baru make mi4i ini sekitar 2 mingguan…overal sih mantap emang nie hp….emang sih rada hangat2 gmna gitu suhunya….

    mi4i saya make update 6.5.6.0…yang jadi kendala….ko aplikasi seperti bbm ato line nya…tidak terkoneksi trus y ama internet…jadi terkadang ada pesan yang tertunda masuknya….apa ada pengaturan khususnya pak….klo kita buka aplikasi bbm ato line nya….baru pesan2 tersebut bermunculan….mksih pak….

    • Herry SW says:

      Pak Chandra,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Terima kasih atas informasinya. Silakan menantikan tanggapan dari Pak Henry.

  141. chandra says:

    pak herry….

    saya baru make mi4i ini sekitar 2 mingguan…overal sih mantap emang nie hp….emang sih rada hangat2 gmna gitu suhunya….

    mi4i saya make update 6.5.6.0…yang jadi kendala….ko aplikasi seperti bbm ato line nya…tidak terkoneksi trus y ama internet…jadi terkadang ada pesan yang tertunda masuknya….apa ada pengaturan khususnya pak….klo kita buka aplikasi bbm ato line nya….baru pesan2 tersebut bermunculan….mksih pak….

    • Herry SW says:

      Pak Chandra,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Pagi ini muncul update ke 6.6.5.0. Silakan melakukan update dan rasakan bedanya.

  142. Pakdhe Ery says:

    Pagi pak HSW, pagi ini saya cek ada up date baru 6.6.5.0, apakah lebih baek dari sebelumnya yg 6.6.1.0 ? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pakdhe Ery,

      Tak tahu. Saya sudah tidak memakai Mi 4i sebagai ponsel harian. Saran saya sih, langsung update deh. 6.6.1.0 kan kurang mantap. Siapa tahu 6.6.5.0 lebih oke.

  143. harjito says:

    maaf otot om… bagaimana cara mengaktifkan doble tab to wake up di xiaomi mi4i? tks

    • Herry SW says:

      Pak Harjito,

      Pastikan versi firmware yang dipakai minimal 6.6.1.0. Berikutnya, carilah di dalam menu settings, lalu display.

  144. Lolla says:

    tadinya saya berniat beli LG G3 Stylus/E700. tapi setelah baca review pak Herry sepertinya saya berminat ke Xiaomi juga.
    menurut pak Herry lebih bagus Mi4i, Mi3, atau Redmi Note?
    mengingat Mi4i & Mi3 yang tidak menyediakan slot memory dan memakai baterai non removable, saya agak ragu padahal dari segi tampilan kedua nya sangat menarik.

    saya mementingkan internet dan kamera

    • Herry SW says:

      Bu Lolla,

      Saya belum pernah menguji pakai Mi3. Cuma pernah towel-towel milik teman.

      Mengacu kepada kriteria yang Anda sebutkan, Mi 4i tampaknya lebih cocok buat Anda.

  145. Daniel Purba says:

    Ko henry anjing babi bgst saya beli XiOmi taunya jelek katanya bagus bedebah dasar

  146. Rifai says:

    Pak Herry,

    Menurut Pak Herry, pilih mi4i atau z ultra lte…
    Bukan cuma kamera, tp dari semua spesifikasi fiture dll, mending pilih mana?

    Mksh

  147. anggitgagat says:

    pak saya baru beli ini hp dalam beberapa hari yang lalu
    overall oke bgt lahhh
    tapi ada satu kendala pak led notifikasi untuk line kenapa warna hijau terus ya padahal di pengaturan uda saya gantu dengan warna lain

    • Herry SW says:

      Pak Anggitgagat,

      Kebetulan saya tak pernah memakai Line. Saya juga sudah lupa Mi 4i mengizinkan pengguna mengubah warna notifikasi untuk aktivitas apa saja.

  148. raditya says:

    saya juga pengguna xiomi 4i knp ya hp nya lemot bngt dan panas bngt apa karna smua sosmed saya aktifkan dan game juga saya mainkan jadi panas dan lemot gt,padahal pas sblm saya pakai xiomi gadget saya yg lama ga lemot dan batrenya juga ga panas bngt..
    tolong solusinnya pak apa harus ada pengaturan yg saya rubah agar smuannya normal.thanks

    • Herry SW says:

      Pak Raditya,

      Kalau yang Anda pakai Xiomi 4i, saya kurang tahu.

      Bila ternyata Anda menggunakan Xiaomi Mi 4i, saat ini Anda memakai firmware versi berapa? Coba lakukan update dulu.

  149. Pakdhe Ery says:

    Udah ada up date baru lagi di 6.6.6.0, smoga lebih baek lagi.

  150. andrey says:

    Ko Herry…
    Pertanyaan saya ini “mungkin” berhubungan dengan Mi 4i mungkin juga tidak, cuma kebetulan saja ini terjadi di Mi 4i.
    Pertanyaan saya berhubungan dengan aplikasi whatsapp.
    Setelah saya menjalankan fitur security (aplikasi bawaan xiaomi berlogo perisai ada tanda + berwarna hijau), kontak yang ada di whatsapp tiba2 hilang.
    Ketika googling ternyata banyak yang mengalami kejadian serupa dan sudah ada penyelesaiannya.
    Yang jadi masalah berikutnya adalah, setelah kejadian itu setiap saya memasukkan kontak baru di handset logo whatsapp tidak muncul di phone book yang bersangkutan, tapi nama tersebut muncul di kontak whatsapp.
    Untuk kontak yang sudah saya masukkan sebelum kejadian diatas logo whatsapp tetap ada di kontak handset.
    Mudah-mudahan Ko Herry paham maksudnya ya, karena saya bingung menjelaskannya 🙂
    Kira-kira kenapa ya ko?
    thanks

    • Herry SW says:

      Pak Andrey,

      Anda menuliskan “…Ketika googling ternyata banyak yang mengalami kejadian serupa dan sudah ada penyelesaiannya.” Kalau boleh tahu, apakah masalah tuntas dengan cara mengutak-atik di permission?

      Kini beralih ke masalah kedua. Logo WhatsApp tidak muncul di buku telepon, tetapi nama dan nomor telepon itu muncul di kontak WhatsApp. Hmm.. terus terang saya juga bingung menentukan penyebabnya? Kalau mau coba, silakan uninstall WhatsApp dulu, kemudian lakukan instalasi ulang. Siapa tahu sembuh.

    • Yuda says:

      Whatsapp ya? Permission read contact nya sudah di centang belum? Kl belum di centang, xiaomi ga ngasih izin Whatsapp buat baca contact kita

      Buka di aplikasi security > Permission >Whatsapp >read contact

  151. anggitgagat says:

    oya pak satu lagi kapasitas batrei saya kok cuma 3030 MAH ya pak?

  152. andrey says:

    maaf ko saya post lagi…
    mudah2an tidak kedobelan,
    saya sudah post tanggal 25 juli tapi masih “Your comment is awaiting moderation.” 🙂

    Ko Herry…
    Pertanyaan saya ini “mungkin” berhubungan dengan Mi 4i mungkin juga tidak, cuma kebetulan saja ini terjadi di Mi 4i.
    Pertanyaan saya berhubungan dengan aplikasi whatsapp.
    Setelah saya menjalankan fitur security (aplikasi bawaan xiaomi berlogo perisai ada tanda + berwarna hijau), kontak yang ada di whatsapp tiba2 hilang.
    Ketika googling ternyata banyak yang mengalami kejadian serupa dan sudah ada penyelesaiannya.
    Yang jadi masalah berikutnya adalah, setelah kejadian itu setiap saya memasukkan kontak baru di handset logo whatsapp tidak muncul di phone book yang bersangkutan, tapi nama tersebut muncul di kontak whatsapp.
    Untuk kontak yang sudah saya masukkan sebelum kejadian diatas logo whatsapp tetap ada di kontak handset.
    Mudah-mudahan Ko Herry paham maksudnya ya, karena saya bingung menjelaskannya 🙂
    Kira-kira kenapa ya ko?
    dan solusinya apa?

    • Herry SW says:

      Pak Andrey,

      He… he… kalau weekend saya biasanya memang tidak membalas pertanyaan.

      Pertanyaan yang kali pertama Anda kirimkan sudah saya jawab. Silakan dicek.

  153. arienda says:

    Om henry.. Saya user baru Xiaomi mi 4i. Saya baru beli 4 hari lalu. Saya ada pertanyaan tentang instagram gtu om. Tp saya susah menjelaskannya. Boleh saya minta contact nya om? Terimasih om sebelumnya 🙂

  154. arienda says:

    Iya om, tapi saya harus mengirim gambar screenshot nya om. Saya harus mengirim kemana ya gambar nya?

  155. arienda says:

    jadi sebenernya saya mau ngirim kan om screenshot gambar permasalahannya.
    foto yang ada di feeds instagram saya it sering nya tidak terload secara sempurna, foto nya itu jadi abstrak dengan kontras warna yang mencolok. sering seperti itu om. saya bingung, itu kerusakan pada hp nya atau gimana. karena di kota saya belum ada service center xiaomi *saya di pekalongan, service center terdekat itu di semarang. dimana semarang termasuk jauh juga dan saya belum ada waktu untuk kesana*, jadi saya coba-coba browsing di google tentang keluhan xiaomi tp belum nemu yg sperti ini.
    smoga om bisa membantu saya 🙂 thanks sebelumnya..

    • Herry SW says:

      Bu Arienda,

      Anggaplah Anda memposting foto ke tempat lain. Misalnya, Facebook. Tampilan foto normal atau juga bermasalah seperti di Instagram?

      Saya bukan pengguna Instagram. Jadi, agak tak punya bayangan dengan hal yang Anda alami. Kalau foto di Facebook atau medsos lain normal, berarti mestinya lebih ke masalah kompatibilitas.

  156. andrey says:

    Halo ko…
    Iya ko, permasalahannya memang terselesaikan dengan mengutak-atik permision.

    Barusan saya uninstall kemudian saya install lagi ko.
    Cuma masalahnya kembali seperti awal, jadi kontaknya tidak muncul di WA.
    Dan rasanya harus mengutak-atik permision lagi 🙂

    Ada saran Ko?

    • Herry SW says:

      Pak Andrey,

      Ok, dulu beres dengan utak-atik permission ya.

      Hmm… bermasalah lagi ya. Gimana kalau pakai jalur cepat saja, tetapi Anda harus mengatur ulang ponsel Anda. Mau? Kalau iya, lakukan factory reset deh. Daripada mesti memelototi dan mencoba aneka kemungkinan.

  157. ryan says:

    om, kalo mau beli mi 4i secara online menurut Om Herry situs yang terbaik apa ya selain di situs mi.com? Soalnya saya masih agak ragu kalo beli hp di toko online karena beberapa reputasinya jelek. Maunya beli secara offline biar bisa cek langsung kalo ada masalah tinggal minta ganti baru, tapi sayangnya di kota saya belum ada yang jual. Terima kasih om

    • Herry SW says:

      Pak Ryan,

      Pilihan terbijak ya di Mi.com/id itu. Kalau mau beli offline, silakan ke gerai Erafone, GLobal Teleshop, atau Oke Shop.

  158. andrey says:

    hehehe…
    Sudah beres ko…
    Setelah saya uninstall untuk kedua kalinya sudah bisa.
    Saya kurang teliti waktu mengutak-atik permissionnya.
    Ternyata setelah membuka whatsapp untuk pertama kali sudah ada warningnya.
    Dan secara default pilihannya adalah “deny”.
    Nah…
    Itu yang kurang saya perhatikan 🙂
    Terima kasih sarannya ko…
    Sukses selalu

  159. windy says:

    selamat pagi. ko herry saya pengguna baru xiaomi mi4i. sy ingin bertanya :
    1. utk update miui 6.6.6.0 bagus tidak ko?
    2. pada swiftkey saya huruf R tidak berfungsi ko. apa yang harus saya lakukan? terimakasih

    • Herry SW says:

      Bu Windy,

      1. Tak tahu. Saya sudah tidak memakai Mi 4i lagi.

      2. Coba lakukan pengecekan sebagai berikut:
      * Ubahlah posisi ponsel Anda dari vertikal menjadi horizontal. Huruf R-nya apakah kini berfungsi?
      * Coba mainkan game atau jalankan aplikasi. Sentuhlah area yang sama dengan huruf R saat ponsel dipegang vertikal. Apakah berfungsi?

      Dari dua percobaan itu, Anda bisa menyimpulkan area tombol huruf R (saat ponsel dipegang vertikal) bermasalah atau tidak. Kalau bermasalah, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  160. Djunaedi says:

    Salam kenal pak henry,
    Saya sangat puas membaca ulasan2 gadget di blok pak herry. Saya ingin beritanya apa hp android perlu di root karena ada yang barang kalau aplikasi2 yg bagus itu perlu root, misalnya : titanium pro back up. Kalau xiaomi mi4i apa bisa di root?
    Terima kasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Djunaedi,

      Saya malahan tidak pernah nge-root ponsel Android. Perlu tidaknya ya terserah Anda. Namun, saya tak bisa mengajarkan caranya.

  161. sofi says:

    saya suka banget sama hp keluaran dari xiaomi, karena body nya yang tipis dan kamera yg sangat bagus. Memory internal 16Gb pun bukan masalah untuk saya.

    *** Catatan untuk Bu Sofi:
    Sebagian posting Anda saya hapus karena mengandung hal yang dilarang dilakukan di blog ini.

  162. Gemilang says:

    Selamat sore pak herry.

    Saya baru beli mi4i sejaman lalu, sepulang dari erafone saya coba-coba kameranya, hpnya jatuh dari genggaman saya, touchscreennya tidak berfungsi lagi.

    Yang mau saya tanyakan, diMedan bisa diganti dimana ya itu screennya pak? Kisaran berapa biayanya. Atau biasanya spengalaman bapak, erafone punya solusi apa atas kjdian sperti ini?

    Terima kasih pak

    • Herry SW says:

      Pak Gemilang,

      Silakan langsung ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Saya tak hafal di Medan ada atau tidak. Kalau ternyata tak ada, coba minta bantuan ke petugas di Erafone.

      Tentu saja Anda harus membayar untuk perbaikan atas kerusakan yang terjadi. Saya tak tahu biayanya berapa. Kalau sampai harus mengganti layar, mungkin lebih dari Rp 1 juta.

      Dalam kasus Anda, Erafone maksimal akan membantu mengirimkan ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Biaya perbaikan menjadi tanggungan Anda.

  163. Agung K says:

    Siang om herry,
    Nemu info ini di teknorus.com, apakah ada info ini bakal masuk indo?
    https://teknorus.com/wah-harga-xiaomi-mi4i-versi-32gb-hanya-3-juta/

  164. tamara says:

    pak herry,
    saya lagi bingung banget, saya berencana untuk beli hp yg internal 32gb, menurut bapak lebih bagus mi4i 32gb atau lg g2 32gb ya pak?

    • Herry SW says:

      Bu Tamara,

      Mi 4i – 32 GB berarti pasti tanpa garansi resmi, setidaknya sampai saat ini. Mending beli LG G2 – 32 GB deh.

  165. Ardi says:

    Pak heri , prnh pke xperia z1 gk , , ?
    klo kameranya di adu sma mi4i menang mna dri brbagai kondisi ??
    trims

    • Herry SW says:

      Pak Ardi,

      Pernah. Untuk ukuran sekarang, kamera Xperia Z1 rasanya sudah kurang nendang. Mending ambil Mi 4i.

  166. Fredy says:

    Pak Herry

    Saya baru beli mi4i tapi agak kecewa karena saya mengalami hal yang sama kayak penanya lain do atas yaitu bagian belakang dekat kamera kalau di ketukkan ke tangan ada bunyi creek gitu Pak, apakah bapak tahu kenapa Dan mengetahui solusinya gmn? Saya rasa tdk semuanya seperti ini karena saya tanya temen yang udah duluan make tidak ada bunyi creek seperti saya alami.
    Mohon pencerahannya pak. Trims

    • Herry SW says:

      Pak Fredy,

      Saya tak ingat punya saya dulu bunyi creek atau tidak. Andaikan mengalaminya, selama itu tidak mengganggu kinerja, saya tak terlalu memedulikannya.

      Kalau Anda merasa tak puas, ya silakan mampir ke service center resmi Xiaomi. Siapa tahu mereka ada solusi.

  167. anggitgagat says:

    la dikardusnya bertuliskan kapasitad baterai 3030 mAh pak

    • Herry SW says:

      Pak Anggitgagat,

      Saya tak ada kardus lagi yang bisa dicek. Kapasitas 3.030 mAh itu kapasitas minimal kok. Tipikalnya (yang sekaligus menjadi standar) adalah 3.120 mAh.

  168. reza says:

    jepretan kameranya oke menurut saya, mode beautynya juga ga lebay seperti ponsel kebanyakan

  169. d says:

    review-nya sangat menarik Pak, kira-kira harga jual kembali hp xiaomi masih tinggi tidak yah? saya sedang ragu ingin ganti hp samsung saya dengan xiaomi atau tidak.. mengingat harga jual kembali hp samsung masih di harga yang reasonable, tapi saya tidak tahu bagaimana harga jual kembali hp xiaomi. thanks.

  170. muhajir says:

    koh, saya mau nanya. baterai mi4i kan nempel ya di body hpnya. berapa lama baterai itu bertahan? kalo baterainya udah bocor apa bisa di ganti? terima kasih koh

    • Herry SW says:

      Pak Muhajir,

      Biasanya kemampuan baterai akan menurun (belum mati total) setelah di-charge 500 kali. Nah, tinggal dihitung dan diperkirakan deh.

      Bila baterai rusak, Anda dapat melakukan penggantian di pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  171. alex says:

    Sore om..mau tanya om
    1. Lg G2 mini vs xiaomi mi 4i ini bagusan mana om secara performa & kualitas kamera..(diluar fitur ketok2 dan remote tv)
    2. Saya punya anggaran max 3juta
    Hp yang saya inginkan..
    a. Kamera utama mantap (unggulan)
    b. Performa mantap/gegas tdk ada jeda, layar responsif/ sensitif( minimal tdk perlu mengulang sentuhan ketika mengetik)
    Makasih om..

    • Herry SW says:

      Pak Alex,

      1. Kalau performa keseluruhan ya jelas menang Mi 4i.
      2. Hmmm… lagi-lagi mengerucut ke Mi 4i. deh.

      • alex says:

        Makasih om sarannya..tp maaf ya om dr sekian bnyk pertanyaan ttg head to head mi 4i kok hampir semua jawaban om selalu mi 4i, apa sih yg membuat om begitu mendewakan mi 4i..padahal ini bukan hp flagship bahkan ini downgrade dr mi 4 klo saya tidak salah ya om..masih terhitung pemain baru disini, SC pun blm mencapai level daerah..apa yang membuat om begitu jatuh cinta? Apa yang mebuatnya begitu istimewa dibanding pemain lama?maaf sebelumnya ya om kalau ada salah kata, saya tidak punya maksud apa2. Saya hanya penasaran saja pada om herry ini, hampir di tiap artikel , tiap coment pasti om menyarankan mi 4i

        • Herry SW says:

          Pak Alex,

          Lha jawaban paling pas atas pertanyaan yang dikirimkan memang Mi 4i.

          Kalau ada yang bertanya, misalnya, begini, jawaban saya akan berbeda: “Saya ingin membeli ponsel dual SIM yang kameranya bagus. Service center-nya juga oke. Harga tak masalah. Sebaiknya saya membeli Mi 4i atau ponsel lain?”

          Nah, bila pertanyaannya seperti itu, saya akan merekomendasikan LG G4.

          • alex says:

            Hahaha..bener juga om..”kalau harga ga masalah” tapi masih belum rela duit segitu buat beli hp xixixi..
            Makasih om,jadi memang rentang dibawah 4jutaan xiaomi mi4i paling unggul ya om..
            Jadi beli xiaomi nih..di okeshop ada cashback tapi cuma 50rb
            Makasih om herry semoga kedepan tetap independen ya om,karena review nya mewakili konsumen banget bukan marketing

          • Herry SW says:

            Pak Alex,

            Lebih tepatnya di harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

            Terima kasih atas doanya.

  172. bang adel says:

    bapak herry, saya mau minta rekomendasi. untuk saat ini saya ambil infinix zero 2 atau xiaomi 4i? saya bingung karena xiaomi mi 4i ada masalah panas. Terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Bang Adel,

      Saya belum bisa menjawab karena belum pernah mencoba Infinix Zero 2. Sekadar menyentuh pun belum pernah.

  173. muhajir says:

    terima kasih pak atas jawabanya.
    lalu, katanya di india mi4i versi 32gb sudah dirilis. kira2 kapan ya di indo rilisnya? menurut pak herry sendiri mending pilih xiaomi mi4i 32 gb atau mi5 yang juga isunya akan rilis?

    • Herry SW says:

      Pak Muhajir,

      Saya tak tahu kapan Mi 4i – 32 GB akan dijual di sini.

      Pertanyaan kedua belum bisa saya jawab. Lha Mi5 kan masih rumor. Jangankan mencoba, spesifikasinya saja belum tahu. Jadi, ya saya tak tahu jawabannya. Saya kan bukan paranormal.

  174. Darius says:

    Pak HSW,

    Untuk pemakaian chatting, browsing, cek email, telepon, sms; kira-kira reccomend xiao-mi yang mana ya ?
    Mi4 / Redmi 2 / Redmi 1 ?
    Atau mungkin ada xiao-mi tipe lain ?
    Terima kasih sebelumnya Pak.

    • Herry SW says:

      Pak Darius,

      Saya belum pernah menguji pakai Mi4. Kalau pilihannya Redmi generasi pertama dan Redmi 2, saya jelas memilih Redmi 2. Itu sudah memadai untuk kebutuhan yang Anda sebutkan kok.

  175. afii says:

    bapak heri,
    menurut anda bagusan mi 4i atau redmi note 2? kalo mi 4i masalah panas ya?

  176. adi says:

    pak hasil kamera mi4i vs lg g2 bagusan mana

    • Herry SW says:

      Pak Adi,

      Outdoor dengan cahaya cukup lebih bagus G2. Kalau outdoor dengan kontras tinggi dan low light, lebih bagus Mi 4i.

  177. alex says:

    Om herry, ketika kita unboxing mi4i setelah tombol power di pencet keluar pilihan bahasa,setelah itu keluar pilihan,”reboot”, ”wipe data”, ”update zip”, ”power off”. Yang saya tanyakan kita harus pilih yang mana om?
    1. Reboot atau update?
    2. Kegunaan update disini apa ya om? Apa kita mmg harus update ketika baru pertama kali buka mi 4i?
    3. Update tersebut sdh ditanam di memory apa harus download dulu om? Dan jika harus download , bgmn jika sinyal acak adut apakah mempengaruhi dari update os nya om?
    4. Dan sebelum semua proses tersebut dijalankan apakah kartu sim harus terpasang dulu?
    Terima kasih om..

    • Herry SW says:

      Pak Alex,

      Seharusnya tidak muncul pilihan itu. Mungkin Anda tanpa sengaja menekan tombol power dan satu tombol lain.

      Begini deh. Silakan pilih power off. Setelah ponsel padam, tekan lagi tombol power untuk menyalakannya.

  178. denny says:

    Selamat sore pak.. mau nanya ni, xiaomi mi 4i ada LED notif gak ya?? Terima kasih

  179. alex says:

    Oh iya om, nambah om..hehehe
    Habis blogwalking tadi liat unboxing mi4i ini om,
    Kok di mi4i saya ini tampilan awal layar hitam terus ada kolom,pilihan kalau ga salah. Jadi ada 3 kolom yang pertama dan kedua adalah huruf china yang ketiga tulisan ”english”. Saya klik yang english masuk menu berikutnya masih background hitam,dengan 4 susun kolom kotak dengan urutan dari atas ke bawah ”reboot”, ” wipe data”, ”update zip”, ”power off”.
    Nah yang saya liat di situs tersebut ketika tombol power di tekan pertama kali ..booting,terus di background putih dengan pola bulat warna orange,hijau,merah/biru(lupa om).ikuti petunjuk baru masuk ke bagian home setelah pengaturan akun2. Kenapa beda dengan punya saya ya om? Saya dapetnya baru om,plastik luar sudah g ada,di kardus tertera erajaya,isi daleman kabel usb,panduan,head charger,unit mi4i.tanpa ada kartu sim.di beberapa review ada sim simpati di dalam box.Apakah om herry bisa menjelaskan keganjilan ini? Perbedaan tampilan diawal setelah booting..
    Makasih sebelumnya om

    • Herry SW says:

      Pak Alex,

      Seperti sudah saya jelaskan di posting sebelumnya, saya curiga Anda tak sengaja memencet tombol power bersamaan dengan satu tombol lain. Langsung pilih power off dulu saja.

      Ya, memang tanpa kartu SIM. Kalau ada yang dapat kartu SIM, mungkin konsumen itu membeli paket bundel.

      • alex says:

        Iya bener om,mungkin ketika saya naruh di box terbalik jd kepencet ,..makasih om..
        saya dapetnya box tanpa dibungkus plastik,pas liat di erafone ada plastik nya.di beberapa review juga ada plastik pembungkusnya.jadi rencn mau saya kembalikan,di galeri jg sudah ada foto nya 😀 ..jadi ga tahu baru apa seken jadinya..ada yg mau saya tanyakan lagi om,semoga om beluum bosan hehehe..
        1. Di ”camera mode” kamera depan cuma ada ”timer” ya om?
        2. Versi saya kok default nya 6.5.3.0 ya om?
        3. Penyimpanan tinggal 10,98 GB ya om, RAM cuma dapet 800an dari 2 GB. padahal blm instal apa2 ,bener ga sih om
        4. Di akhir tulisan om ada peringatan cek fisik,klo untuk cek LCD nya gimana om? Dan jenis masalah2 dalam lcd itu apa aja om,(di t3c saya ada agak lebih putih dari sekitarnya,seukuran beras.entah lcd nya atau touch screen atao lapisan anti goresnya.tp ga ngeganggu sih ga nambah lebar juga)
        5. Oiya om, di mi4i ini ada lapisan anti goresnya blm sih om? Lebih baek pake glass tempered atau yg kaya stiker itu om?
        Makasih om

        • Herry SW says:

          Pak Alex,

          1. Tak ada pengaturan lain? Saya sudah lupa ada menu apa saja di kamera depan. Namun, seharusnya lebih dari satu pilihan deh.

          2. Ya mungkin saja Redmi 2 Anda batch produksi terbaru. Jadi, sudah pakai firmware yang lebih baru daripada yang sebelumnya didistribusikan.

          3. Segitu sih memang wajar.

          4. Tinggal dicek saja ada semacam bercak atau tidak dll. T3C itu apa ya?

          5. Mi 4i sudah menggunakan permukaan yang lebih tahan gores. Namun, sebaiknya Anda tetap memasangkan pelindung layar tambahan. Bebas mau beli yang Anda istilahkan kayak stiker atau tempered glass.

      • Alof says:

        Kurang jelas juga bagaimana Telkomsel mengatur bundling Xiaomi Mi 4i dengan Kartu AS. Saya membeli gawai ini melalui situs Mi pada jam pertama “flash sale”. Ternyata paket yang saya terima tidak dilengkapi dengan Kartu AS. Entah jika pada jam pertama itu Mi 4i sudah terjual sedemikian banyak sehingga saya tidak termasuk dalam 20.000 pembeli pertama (sejumlah kartu yang disediakan Telkomsel).

        Laris juga gawai ini 🙂

        Lucunya, saat saya bertanya ke gerai Erafone, staf di sana tidak tahu ada program bundling dengan Kartu AS. Dan waktu saya tanyakan ke Grapari Telkomsel, stafnya malah mengatakan Xiaomi Mi 4i tidak termasuk dalam program TAU yang berhak mendapat paket langganan Rp 30.000 selama 3 bulan.

        Namun, yang lebih lucu, Telkomsel justru memromosikan Xiaomi Mi 4i yang spesifikasi teknis 4G LTE-nya berjalan di jaringan 1800, sementara Telkomsel baru memiliki jaringan di 900 🙂

        • Herry SW says:

          Pak Alof,

          Beberapa teman saya yang membeli Mi 4i juga belum pernah mendapatkan kartu As di dalam kardus. Saat ini Telkomsel sudah meluncurkan 4G LTE 1800 di Makassar.

  180. marta says:

    Om saya mau nanya, recomend mna antara xiaomi mi4i atau sony m4 aqua untuk ngegame sklas asphalt 8, coc sma get rich

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Martha,

      Lain kali tuliskan kata demi kata dengan lengkap ya. Jangan disingkat-singkat.

      Saya belum bisa menjawab karena belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua.

  181. putranegara says:

    Wah,banyak juga nih pak herry yg comoment di kolom mi4i ini..mau tembus 400’an, mantap dah
    O iya pak herry..saya udah 3 miggu pegang xiaomy mi4i gara-gara redmi 2 saya yg dibeli paksa teman, yaah nambah duit lgi juga sih baru deh bsa kebeli..he
    Seperti yg bpk review mi4i kameranya oke banget apalagi kamera depannya f1/8 the best dah
    Ditambah layarnya yg sunlight display, tengah hari bolong di acara 17 agustus’an layar terang mencuri perhatian..he he
    Untuk masalah baterry emang boros banget pak,tpi setelah update versi miui v6.6.10. Baterry terasa lebih awet..jam 11 mlm 100% bbm’an iternet,line,foto2 tp gak maen game ni sampe jam 9 mlm lg sisa baterry masih 40%
    Pokok yg paling keren diantara semuanya ya review pak herry ini..he
    Jadi betah mantengin blog sambil ngopi
    Sukses terus pak herry..

    • Herry SW says:

      Pak Putranegara,

      Jadi, ketika Xiaomi Mi 4i Anda pakai mulai pukul 23.00 sampai 21.00 keesokan harinya, daya baterai masih sisa 40 persen? Wah, hemat banget. Apakah Anda tidak aktif berinternet?

  182. putranegara says:

    Waduh…coment saya double ya pak??
    Maaf ya kirain pengiriman error pak..trus tulisan “coment”nya ketiban tulisan email lagi..hadeuh
    Kalau yang ga nyambung di hapus aj ya pak..he
    Eh,coment yg ini juga dihapus aja deh

  183. Alof says:

    Wah, baterai Pak Putranegara awet sekali.. Yang saya masih pakai MIUI 6.5.6.0 paling-paling bertahan 10 jam, padahal saya tidak menggunakan untuk aktivitas tinggi. Hanya WA, BBM, sedikit email, FB. Saya belum update ke 6.6.10.0 karena masih ada isu versi ini boros baterai.

    Hal lain; tampaknya koneksi IMAP Xiaomi Mi4i tidak sinkron dengan BB dan iPad. Walau email (Gmail) sudah saya hapus melalui Mi4i, ternyata email tersebut masih ada saat saya buka dengan BB atau iPad. Sementara antara BB dan iPad, sinkron (email terhapus pada kedua gawai jika dihapus dari salah satu). Apakah ada yang mengalami hal yang sama dengan saya?

  184. putranegara says:

    He..jdi stelah full 100% bbm’an dulu bentar trus pke mode hemat tngah malam smpai jm7 pgi,kan tidur…he
    Kalau pmakaian relatif sama kayak pke acer liquid jade..cuma kalau “jade” plang kerja jm 18.00 tu sisa 40%..y lumayan pak gak seperti baru beli versi awal belum pulang kerja tp hp ud lowbat
    O iy pak untuk pelindung layar bawaan mi4i ini sangat tipis gmpang tergores..bnar seperti yg bpak bilang sebaiknya diberi pelindung layar tambahan
    Makasih pak

  185. Agung K says:

    Siang Om herry,
    Adakah rencana review redmi note 2? ?

  186. Enrico Karyadi says:

    Pak, menurut bapak lebih bagus mana Oppo Mirror 3 dan Xiaomi Mi4i dilihat dari perbandingan harga dan spesifikasinya?

  187. elis says:

    om mau tanya donk. kalau garansi resmi xiaomi itu yang dr mana?saya masih kurang paham. kalau beli ol apa garansi ny ada yg resmi?

  188. agus irawan says:

    pak kalau menurut bapak mending mana xiaomi mi4i(2,7jt) sama asus zenfone 2 versi ram 2gb (3jt), kalau masalah kamera apa perbedaan kualitasnya jauh pak? terutama kamera belakang. terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Agus Irawan,

      Saya memilih Mi 4i. Kamera Zenfone 2 hanya unggul saat dipakai memotret di tempat gelap. Selain satu hal itu, kamera Mi 4i lebih mantap.

  189. agung mahendra yudha prasetya says:

    Pak admin mau tanya ini saya bingung sekali..
    tiba2 sudah naik harganya xiaomi.
    mau pesan di mi.com lama tiba
    ini ada murah dikasih teman ..
    2780jt sy dpt.
    tp saya meragu soalx spesifikasinya bukan 1.7 hz tp 1.65hz
    di dosny sy bca
    kata penjualnya trikomsel garansiny
    bisa pak admin ksh tau sy membedakan xiaomi mi 4i yang ori atau fake

    • Herry SW says:

      Pak Agung Mahendra Yudha Prasetya,

      Barusan saya cek, harga Mi 4i masih tetap Rp 2,799 juta. Jadi, nggak naik maupun turun.

      Harga Rp 2,78 juta masih wajar deh. Apakah nama importir yang tercetak di stiker belakang kardus? Kalau Trikomsel atau Erajaya, berarti bergaransi resmi. Silakan ambil.

  190. Pakdhe Ery says:

    Kamera Mi4i saya kl dipakai malam menggunakan flash hasilnya mata objek jadi serem (mengkilat), apakah ada settingannya ya pak Herry? Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pakdhe Ery,

      Saya tak ingat kamera Mi 4i dibekali fitur red eye reduction atau tidak. Kalau ternyata ada, silakan aktifkan fitur itu.

      Bila tidak tersedia red eye reduction, hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan mata seram itu: jangan terlalu dekat saat memotret orang. Posisi Anda sebaiknya juga tidak lurus berhadapan. Lakukan pemotretan dari jarak 2-3 meter dan sebaiknya agak menyamping.

  191. Ali L. Andri says:

    Siang Om Henry, mau tanya kalau Xiaomi Mi4i dibanding Mi3 lebih baik mana ya, terutama dari segi overall performance, kualitas bahan, serta kamera ?
    satu lagi, apa MIUI di Mi4i sering mengalami lag ?
    terima kasih sebelumnya 🙂

  192. wisnu says:

    maaf pak saya mau tanya
    antara oppo neo 5, oppo mirror 5 dan xiaomi mi4i
    spesifikasi dan kamera yang lebih bagus di antara 3 hp tersebut yang mana menurut bapk
    terimakasi 🙂

  193. irham says:

    Pak herry, jadi menurut anda gimana dengan mi4i ini, apakah untuk range harga segitu masih ada ponsel lain yg layak untuk dijadikan ponsel harian?

  194. Marino says:

    Pak mau tanya MI 4i apa tidak punya slot micro SD ?

    Terima kasih sebelumnya

  195. Petrus Chrisandy says:

    Dear Pak Herry,

    Kita bertemu lagi dithread Xiaomi Pak hehe, ada 2 hal yang saya ingin tanyakan tentang Xiaomi setelah mencoba menggunakan Xiaomi Mi4i kepunyaan keponakan saya.

    1. Pada saat penggunaan kamera depan, Mi4i menawarkan hal unik yang namanya Age.. apa gitu Pak yang bisa nebak-nebak umur itu loh. Namun dimata saya, itu malah rasanya memberatkan hapenya sendiri, maksudnya gerak kamera depannya jadi sedikit agak lag, karena ada nebak-nebak umur itu. Rasanya seperti fps yang menurun seperti Handphone android lainnya yang dibawah Mi4i dengan kamera lag-lag begitu. Bagaimana cara menyikapinya ya Pak?

    2. Jika pendapat saya tidak salah, Bapak mungkin akan menjawab untuk dimatikan / off-kan saja fitur yang nebak-nebak umur itu. Namun apakah betul 100% setelah kita matikan fitur tersebut kamera depannya menjadi seperti normal seperti sebelumnya? ( maksudnya tidak ada lag karena fitur nebak-nebak umur tsb ). Soalnya yang saya temukan, setelah coba saya off-kan fiturnya, kamera depannya masih saja lag.. menurut saya jika spt ini saya tidak bisa memanfaatkan keunggulan kamera depannya yang sampai 5MP itu hehe.

    Mohon bantuannya untuk jawabannya 🙂

    • Herry SW says:

      Pak Petrus Chrisandy,

      1. Yup. Saya juga lupa nama baku fiturnya. Namun, saya tahu yang Anda maksud. Lha saya juga pernah iseng main tebak-tebakan umur. 🙂

      Mengacu kepada pengalaman pribadi, fitur itu tidak membuat kamera depan menjadi lag. Versi firmware Mi 4i yang dulu saya pakai pasti berbeda dengan yang kini Anda gunakan. Nah, saya tak tahu apakah fitur tebak umur di firmware terbaru Mi 4i membuat ponsel itu terasa lag.

      Saran saya sih, coba fitur tebak umur itu dinonaktifkan.

      2. Tepat sekali. Saran saya memang coba menonaktifkan fitur tebak umur. Saya tak tahu apakah tindakan itu membuat kamera depan menjadi lebih gegas. Sebab, kini saya sudah tidak memakai Mi 4i. Dulu waktu menggunakan Mi 4i, fitur tersebut tidak membuat lag kamera depan.

  196. Ferdi says:

    Pak Herry,
    saya baru beli mi4i. Tapi saya konek ke mifi Bolt kok ga bisa ya? Authentication problem. Jd bukan saya pass. Uda saya restart kedua nya dan tetap tdk bisa. Mohon pencerahan nya. Thanx

    • Herry SW says:

      Pak Ferdi,

      Karena sudah di-restart, tetapi masih gagal, apakah Anda salah mengetikkan password Wi-Fi? Tinggal itu sih kemungkinan wajarnya.

  197. yatss says:

    Saat ini posisi firmware saya ada di 6.7.1.0
    Dan ini versi miui paling memuaskan selama saya pakai mi4i. Panas hampir hilang cenderung anget dikit seperti ponsel normal pada umumnya.
    Kamera meningkat pesat, baterai pemakaian 14 jam masih sisa 35% pemakaian normal browsing,chating,email,sms,telp termasuk irit ga sih? Performa juga meningkat jauh menurut saya buka menu aplikasi sangat smooth. Kekurangannya ada di keyboard bawaan google yang lemot menurut saya. Saya ga pke swftkey karena males sering fc. Itu aja sedikit impresi saya thx,

    • Herry SW says:

      Pak Yatss,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Dengan kondisi seperti itu, konsumsi baterai tergolong hemat.

  198. Faisal says:

    menurut bapak lebih bagus mana alcatel onetouch flash atau xiaomi mi4i? dan mengapa jika dibandingkan alcatel jauh lebih murah ya pak?

    • Herry SW says:

      Pak Faisal,

      Kalau Alcatel onetouch Flash saya tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencobanya. Kalau onetouch Flash Plus, jangan beli deh. Saya pernah coba dan kecewa berat. Penerimaan sinyalnya tergolong lemah.

      Mengapa jika dibandingkan Alcatel jauh lebih murah? Hmm… bukankah harga Mi 4i lebih mahal daripada Alcatel onetouch Flash?

  199. Pakdhe Ery says:

    Pak Herry , mengapa Mi4i saya versi MIUI nya masih di 6.6.10.0 ? Saya coba utk update katanya tidak ada pembaharuan . Padahal bapak diatas (pak Yatss) bilang bahwa Mi4i beliau sudah di 6.7.1.0 dan juga sudah rame di promosikan utk MIUI 7 ? Mohon petunjuknya. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pakdhe Ery,

      Bisa jadi Anda belum dapat giliran. Beda versi firmware karena perbedaan alokasi negara penjualan juga bisa menjadi pemicu.

  200. Ahmadi F.D. says:

    Asli, review nya bagus. Lengkap. Pake update pula. 🙂

    Jadi makin “panas dingin” nih ngeliat xiaomi Mi4i. Haha..

    Sukses, pak Herry. 🙂

  201. Diki says:

    Hallo pak

    Sebelumnya saya tertarik sekali dengan mi4i ini, saya pengguna iphone 4g untuk saat ini. Menurut bapa kalau saya ganti dari iphone 4g ke mi4i ini worthed ga pa? Mohon sarannya pa. Thx

    • Herry SW says:

      Pak Diki,

      Tidak ada ponsel iPhone 4G. Apakah yang dimaksud iPhone 4? Kalau iya, Anda pantas beralih ke Mi 4i.

      • Diki says:

        Iya pa maksud saya itu. Boleh dijelaskan pa kenapa menurut bapa saya pantas beralih ke Mi4i? Dan perkiraan bapa, apakah handphone itu dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama (read : saya termasuk pengguna yang apik) karena saya bukan tipe orang yang suka gontaganti smartphone pa. Thx

        • Herry SW says:

          Pak Diki,

          Karena ukuran layar lebih besar, tetapi masih nyaman digenggam dan dikantongi. Kamera lebih bagus, respons ponsel lebih cepat, dan baterai lebih tahan lama. Mi 4i juga telah mendukung layanan 4G.

          Soal apakah dapat dipakai dalam jangka waktu lama, saya tak berani memberikan kepastian. Meskipun Anda sudah menyatakan termasuk pengguna yang apik, saya tak mengetahui pasti perilaku pemakaian detail Anda. Satu hal yang pasti, meskipun merek Tiongkok, kualitas ponsel Xiaomi tergolong bagus.

  202. Ali says:

    Pak knp mi 4i saya menu nya kdang2 suka hitam… 🙁 trus selalu kluar notifikasi “kartu sim dihapus” , plis solusi nya pak… .

    • Herry SW says:

      Pak Ali,

      Menu di sebelah mana yang jadi hitam?

      “Kartu SIM dihapus”? Terus terang saya sering kebingungan kalau penanya sehari-hari mengatur ponselnya dalam bahasa Indonesia. Coba pindahkan ke bahasa Inggris dulu, Pak. Tolong update saya dengan notifikasi yang kelak muncul.

  203. Diki says:

    Iya pa maksud saya itu. Boleh dijelaskan pa kenapa menurut bapa saya pantas beralih ke Mi4i? Dan perkiraan bapa, apakah handphone itu dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama (read : saya termasuk pengguna yang apik) karena saya bukan tipe orang yang suka gontaganti smartphone pa. Thx

    • Herry SW says:

      Pak Diki,

      Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja ya. Jawaban sudah saya ketikkan di bawah pertanyaan pertama Anda.

  204. wwn says:

    pak tanya dong, saya bingung dg settingannya hp saya ga mau sleep otomatis, ga digunakan pun layar ttp hidup dan jd panas, sehingga saya harus tap tombol power off scra manual agar layar bs sleep. Tp tiap pesan masuk akan hidup lg layarnya dan baru nyadar stlh berasa panas.
    Dan satu lg pak, kamera depan bagus, tp pas videocall knpa jd gelap ya?
    mohon solusi nya bapak. makasi.

    • Herry SW says:

      Pak Wwn,

      Pengaturan standarnya bisa sleed otomatis. Coba Anda cek dan utak-atik di menu display.

      Soal video call, maaf, saya tak pernah coba.

  205. wendy says:

    pak maaf saya mau tanya nih, saya mau beli xiaomi mi 4. kira kira tempat beli yang bagus dimana yah? kan xiaomi denger denger sekarang banyak fakenya. terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Pak Wendy,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Xiaomi Mi4 pasti tanpa garansi resmi. Kalau saya sih lebih memilih tidak membelinya. Bila Anda tetap akan nekat membelinya, lakukan transaksi di toko langganan dan sejak awal anggaplah Anda membeli ponsel tanpa garansi sama sekali.

  206. Ismail says:

    Dear Pak Herry,
    Mohon ulasannya cara mengunakan menu refocus pada kamera xiaomi mi4i nya?
    Keren abis tuh hasil fotonya dengan menggunakan fitur refocus…
    Makasih ya Pak herry…

    • Herry SW says:

      Pak Ismail,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saya sudah tidak memakai Mi 4i sehinggak tak bisa memandu langkah demi langkah. Intinya aktifkan refocus dan lakukan pemotretan seperti biasa. Setelah kamera menjepret sebuah objek, sentuhkan jari Anda ke layar, tepat pada benda atau area yang ingin difokuskan.

  207. tagus says:

    pak herry mau nanya apakah mi4i 32gb sudah masuk diindonesia?

  208. hesty says:

    Kalau menurut ko herry, lebih bagusan mana kamera samsung atau xiaomi

    • Herry SW says:

      Bu Hesty,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Tergantung Samsung dan Xiaomi-nya tipe apa dulu.

  209. hesty says:

    Lagi bingung nih, kalau menurut ko herry pilih xiaomi redmi note 2 atau xiaomi mi 4i

    • Herry SW says:

      Bu Hesty,

      Saya belum pernah mencoba Redmi Note 2. Ponsel itu juga belum beredar resmi di sini. Jadi, untuk sementara, saya masih condong ke Mi 4i bergaransi resmi.

  210. Tris says:

    Maaf, Pak Herry saya mau bertanya kenapa hp xiaomi mi4i ketika dihidupkan atau dimatikan gak ada suara nya seperti halnya hp samsung? Mohon pencerahan nya, pak..

  211. Yosef says:

    Dear pak HSW,

    Saya tertarik untuk meminang Mi4i, hanya saja saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Apakah sekarang LTE Telkomsel sudah bisa digunakan di Mi4i?
    2. Jika belum bisa, menurut pak HSW ponsel apa yang under 3 juta, bisa LTE Tsel, dual SIM (optional) dan layak dibeli?

    Terima kasih.

    • Yosef says:

      Tambahan pak HSW,

      3. Jika belum bisa LTE Tsel, apakah Mi4i masih tetap dapat 3G / 3,5G dengan memakai kartu Tsel?
      4. Bagaimana perbandingannya dengan Redmi 2 yang konon bisa LTE Tsel?

      Terima kasih.

      • Herry SW says:

        Pak Yosef,

        3. Bisa dong.
        4. Kalau bicara kompatibilitas LTE-nya, Redmi 2 lebih komplet. Namun, kalau berbicara soal layar, tingkat kegegasan, dan performa kamera, Mi 4i lebih bagus.

    • Herry SW says:

      Pak Yosef,

      1. Anda di kota mana? Di Makassar sudah bisa dipakai. Di Surabaya kadang-kadang bisa dipakai di tengah kota. Kota lain saya belum tahu. Kalau mau yang merata, mestinya mulai 1 Januari 2016.

      2. Beli Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi saja lho. Ponsel itu kompatibel dengan LTE 900 dan 1800. Atau… minggu depan ikut rebutan beli Redmi 2 Prime. Saya sendiri belum pernah mencoba Redmi 2 Prime. Intinya, ia pengembangan dari Redmi 2. RAM-nya 2 GB, sedangkan ROM 16 GB.

      • Yosef says:

        Pak HSW,

        Posisi saya ada di Jakarta (office) dan Tangerang (rumah).
        Redmi 2 Prime yang harganya 1.799.000 (di http://www.mi.com/id/redmi2/), ya pak? Apa ada bocoran tanggal peluncurannya, pak?

        Oya, 1 lagi, apakah tab speedup yang pernah pak HSW review masih ada atau sudah sold?

        • Herry SW says:

          Pak Yosef,

          Benar. Yang kanan ya, bukan yang kiri. Tanggal 22 September 2015 mulai dijual resmi di sini.

          Sudah lama saya berpisah dengan tablet itu.

  212. Enni Kuswanti says:

    jika membandingkan antara xiaomi mi 4i vs sony xperia M4 atau T3, bagaimana Pak Herry bagus yang mana?

    • Herry SW says:

      Bu Enni Kuswanti,

      Maaf, saya tak tahu jawabannya. Sebab, saya belum pernah mencoba Xperia M4 (dalam hal ini M4 Aqua) maupun Xperia T3.

  213. wichar robertus says:

    pa herry. saya tertarik sama mi4i. tetapi ada beberapa kendala.

    1. bagaimana cara tahu bahwa hp xiaomi yang saya beli itu bukan produk gagal?
    2. selain dari web resmi, dimana tempat untuk beli hp ini? saya tinggal di jakarta, kelapa gading tepat nya.

    terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Wichar Robertus,

      1. Ehmm… apakah Mi 4i produk gagal? Tidak deh.
      2. Silakan cari di Erafone, Oke Shop, dan Global Teleshop.

  214. pratomo says:

    pagi om Heri, mau tanya
    kalo mi4i sama samsung galaxy j5 mendingan mana ya?

  215. Ferdhian Akbar says:

    Pak Herry, Saya sekarang pemakai lg nexus 4 dan ada rencana ganti hp. kira-kira dengan budget 2-3 juta hp apa yg bisa dilirik selain mi4i? yang saya utamakan performa dan kualitas kamera. terimakasih

    • Herry SW says:

      Pak Ferdhian Akbar,

      Kalau Anda mengutamakan dua hal itu, paling tepat sih memang Mi 4i. Kalau yang dinomorsatukan daya tahan baterai, ada Lenovo P70.

  216. Haris says:

    Pak Herry,

    Ada info foto yg dihasilkan xiaomi Mi4i ini bagus,tapi ketika ditransfer ke hape lain,hasilnya tidak secantik di layar xiaomi Mi4i. Kasus ini hampir sama dengan jepretan merek oppo,di mana hasil jepretan hanya bagus di layar hape saja.

    • Herry SW says:

      Pak Haris,

      Dalam mengamati hasil jepretan kamera ponsel, kebetulan saya selalu mentransfer foto itu ke laptop yang saya gunakan. Jadi, saya memang terbiasa menentukan bagus tidaknya hasil jepretan kamera ponsel bukan dengan melihatnya di layar ponsel.

      Nah, dengan metode tersebut, hasil jepretan Mi 4i memang tergolong bagus.

  217. mustaqim says:

    pak herry
    baterai xiaomi mi 4i itu NRB atau RB pak?
    soalnya saya pernah lihat di blog lain ada yang bilang NRB ada yang RB.
    manakah yang benar pak?
    terima kasih atas jawabannya pak.

    • Herry SW says:

      Pak Mustaqim,

      NRB atau RB itu apa ya?

      • mustaqim says:

        NRB (non removable battery/baterai tanam)
        RB (removable battery/baterai bisa dilepas.
        .
        saya mau tanya lagi pak,mohon diberi pencerahannya.
        untuk samsung galaxy j5,lenovo p70 dan si xiaomi mi 4i pak.
        saya bingung mau pilih yang mana diantara 3 tersebut.
        atas jawabannya terima kasih pak.

        • Herry SW says:

          Pak Mustaqim,

          Oh maksudnya itu tho. Istilah yang Anda gunakan baru kali ini saya dengar. Mi 4i menggunakan baterai tanam.

          Di antara tiga ponsel itu, secara umum saya pilih Mi 4i. Kalau dipilah-pilah, bisa begini:
          * Mengutamakan kamera: Mi 4i.
          * Mengutamakan daya tahan baterai: P70.
          * Mengutamakan baterai removable dan merek terkenal: Galaxy J5.

  218. Harianto says:

    Pak Herry Sw, saya sekarang pakai Samsung note 3. Kadang-kadang suka ngelag saat event tertentu seperti saat mau operasikan kamera. Pertanyaan saya,
    1. dawai apa yang bisa 4g lte, awet baterei, gegas dalam pengoperasian, dan gegas dalam meng capture foto bergerak seperti kendaraan yang lalu lalang, anak-anak yang sedang bermain. Budget saya maksimal 10juta. Tapi akan lebih baik jika pak Herry Sw bisa berikan advice dalam beberapa kelompok harga: seperti 3-5juta, diatas 5 juta – 7juta, diatas 7juta- 9juta, diatas 9jutaan.
    2.apakah teknologi lte yg dipakai di indonesia sudah fixed frekuensinya? Difrekuensi berapa? Soalnya dulu saya dengan di 800/900hz dan sekarang di 1800/1900hz. Ini terkait kekuatiran saya jika nanti sudah beli hp 4glte tahu- frekuensinya mesti ganti lagi.

    • Herry SW says:

      Pak Harianto,

      1. Jawabannya, tidak ada. Kriteria mampu mengabadikan aktivitas anak-anak yang sedang bermain itu masih sulit dipenuhi oleh kamera ponsel.

      2. Setahu saya, rencana pemakaian frekuensi LTE di Indonesia belum berubah. Sejak awal memang direncanakan 900 dan 1800 (untuk operator yang dulunya GSM) serta 850 dan 2300 untuk Smartfren.

  219. mustaqim says:

    apakah HP yang baterainya non-removable menggantinya harus di service center pak?
    sekian terima kasih…

    • Herry SW says:

      Pak Mustaqim,

      Idealnya begitu. Namun, kalau Anda memiliki tukang servis langganan yang punya suku cadang, boleh pula melakukan penggantian di sana. Konsekuensinya, status garansi resmi (kalau masih ada) otomatis hangus.

  220. santoso says:

    mas saya mau nnya menurut mas samsung s4 sama xiomi mi4i bagus mana mas???

    • Herry SW says:

      Pak Santoso,

      Wah, saya belum pernah coba Xiomi mi4i. Kalau yang dimaksud ternyata Xiaomi Mi 4i, saya lebih memilih ponsel itu daripada Samsung Galaxy S4.

  221. Harianto says:

    Pak Herry Sw.
    Terima kasih atas jawabannya yg cepat.

  222. Faisal says:

    Maaf pak, saya mau tanya, versi miui saya sdh versi 6.7.2.0 krna updatenya otomatis dan stiap main gane, hp terasa panas, bapak tau cara updte kembali ke versi 6.5.5.0?? Mohon penjelasannya terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Faisal,

      Maaf, saya tak tahu cara downgrade. Saya yakin bisa, tetapi detail langkah demi langkahnya saya tak tahu. Pembaca lain yang memantau thread ini mungkin bisa membantu.

  223. yoppy says:

    saya pengguna MI4i…sedikit menambahkan review
    untuk MI4i saya sedikit terganggu dengan sering adanya lag saat membuka aplikasi 1 dengan aplikasi lainnya (kebetulan sy juga punya MI3 yang smooth sekali buka antar aplikasi). selain itu menurutnya perfect untuk HP harga low tapi kualitas high.

    oia mau tanya kalau mau menggunakan reuter Smartfren… apakah frekuensi itu tetap berpengaruh bisa ato enggaknya jaringan itu dipakai?

    trima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Yoppy,

      Frekuensi ponsel tidak berpengaruh. Yang “dimakan” dari router Smartfren kan koneksi via Wi-Fi.

  224. David says:

    Om herry, klo antara mi4i ama oneplus one mending mana??

  225. agus ceper says:

    Mau tanya min,saya pake mi4i simnya yg buat internetan mau dipakein sim bolt,kira kira sdh mendukung blm ya.saya tinggal dijkt

  226. David says:

    Klo kata om herry worth mn antara mi4i ama vibe shot?? Dari segi harga, performa, camera, batre, dll.. Saya sampai tertawa terbahak2, terpingkal2, jungkir blk liat foto om herry pake zenfone 2 beautify hahaha… Thx review nya om

    • Herry SW says:

      Pak David,

      Kalau kita bicara kesepadanan harga, ya jelas Mi 4i. Namun, kalau bisa menambah anggaran, lebih baik Vibe Shot.

  227. Linda says:

    Pak Herry, mi4i tidak dapat kelengkapan headset ya?

  228. hafid says:

    Pak herry
    Kalo masalah untuk gaming mending mana xiaomi mi 4i atao lenovo p70. Sama dari segi kamera depan bagus mana
    Mohon bantuannya terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Hafid,

      Saya bukan gamer. Selama memakai dua ponsel itu untuk memainkan game, sama-sama lancar sih. Namun, Mi 4i lebih mudah terasa hangat.

      Kamera depan lebih bagus Mi 4i.

  229. Jajat says:

    Pak Herry,
    Salam kenal. Saya sedang menimbang untuk ganti HP. Sekarang saya pakai Samsung Galaxy S4 Mini.

    Mula-mula saya tertarik dengan Iphone 5s. Tetapi setelah baca-baca Xiaomi Mi4i, kok jadi tertarik juga. Saya jadi mikir, ini Xiaomi disebut kelas “menengah” karena harganya atau karena apanya? Kalau dalam beberapa artikel, kok malah dibandingkan dengan Iphone 6S. Kalau sudah dibandingkan dengan Iphone 6S, artinay sudah kelas “premium”. Apa nggak salah itu perbandingannya? Meskipun dalam beberapa artikel, yang ditulis itu Xiaomi Mi4 (tanpa i). Intinya, betulkah Xiaomi Mi4i ini setara dengan Iphone 5S/6S?

    Terima kasih atas tanggapannya.

    • Herry SW says:

      Pak Jajat,

      Mi 4i tergolong kelas menengah (menengah cenderung agak atas sih) dengan memperhatikan spesifikasi dan harga.

      Oh, Mi4 itu berbeda dengan Mi 4i lho.

      Mi 4i tak cocok kalau dibandingkan dengan iPhone 5S dan iPhone 6S.

  230. Ika says:

    Pak herry,

    kalo dibandingkan mi4i dengan xperia c5 dan samsung a5/a7?
    Pak herry pilih mana??

  231. Arie says:

    Mantap ko herry, jadi makin pengen megang , mi4i vs meizu m2 note ko herry pilih mana ?
    Saya lihat belum ada reviewnya , requet review meizunya hehe

    • Herry SW says:

      Pak Arie,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menyentuh M2 Note.

      Yang akan saya review M2, bukan M2 Note. Kalau Anda menginginkan review M2 Note, saya pinjam ponselnya dulu dong. 🙂

  232. Dity says:

    Halo Ko Herry,

    Saya pengguna Z1 Compact. Sebenarnya nggak masalah sama ini HP, sampai suatu ketika HP tersiram air dan tiba-tiba LCDnya mati. Aneh kan? Padahal katanya waterproof. Lalu saya masukkan ke SC Sony dan sampai sekarang belum selesai (3 bulan). Jika Saya memutuskan untuk berganti Mi4i, apakah sebanding dengan Z1 Compact?

    • Herry SW says:

      Pak Dity,

      Kalau sudah nggak sabar, lebih baik masukkan ke surat pembaca. Biasanya akan direspons cepat.

      Hmmm… boleh dibilang agak setara. Namun, tidak ada selot microSD ya.

  233. fransisca anastasia r says:

    pak, sy br beli xiaomi mi 4i, tapi saya bingung kalo mau screen shot pake apa dan bagaimana caranya, maaf saya katrok, soalnya hampir 6 tahun belakangan saya hanya pake merk BB saja, jadi untuk merk lain saya belum bisa mengoperasikannya

    • Herry SW says:

      Bu Fransisca Anastasia R.,

      Tekan dan tahan tombol volume ke bawah + tombol power.

    • shinosuke nohara says:

      kalau repot pakai tombol, seret layar ke bawah, lalu geser ke kanan, cari ikon gambar gunting di dalam kotak bertuliskan screenshot

  234. bimsen says:

    Ko Herry kalo saya mau beli hp antara Xiaomi Mi4i yang memori 32GB dengan Asus Zenfone 2 yang RAM 4GB dan ROM 64GB lebih mending mana ya?
    Mohon bantu dipilihkan dan dibandingkan beserta alasan kelebihan dan kekurangan masing2 ya Koh.. Terutama dari segi layar, kamera, kinerja mesin, memori penyimpanan, cepat panas/tidak dan boros/tidaknya baterai. Terima kasih banyak Koh atas bantuannya..

    • Herry SW says:

      Pak Bimsen,

      Kalau saya memilih Mi 4i. Alasannya sederhana. Layar lebih bagus dan kamera lebih oke. Lain-lainnya sih boleh dibilang beda-beda tipis.

  235. bimsen says:

    Kalo Mi4i 32GB sama LG G3 gimana koh?

  236. La pulga says:

    Pak heri saya bru beli xiaomi versi nya masih 6.5.4.0..sy mau update versi nya 6.7.2.0 bagus gk pak..tp sya mau ke versi 6.5.5.0 gmn Caranya pak……. .?

    • Herry SW says:

      Pak La Pulga,

      Maaf, tak tahu. Saya sudah tidak menggunakan Mi 4i lagi. Proses update dari ponsel biasanya memang langsung mengambil versi terbaru. Anda tak bisa meminta versi lebih lama.

  237. suherinugroho says:

    Pak Herry
    Kalo bocoran xiaomi 4c kapan masuk Indonesia pak

    • Herry SW says:

      Pak Suherinugroho,

      Belum tahu nih.

    • shinosuke nohara says:

      kalau yang dimaksud adalah mi4c, tidak akan pernah masuk secara resmi ke Indonesia, karena sesuai huruf terakhirnya, “c” untuk China
      tapi tetap bisa anda dapatkan di penjual online dengan harga sekitar 4 jutaan untuk versi 3 GB RAM & 32 GB ROM

  238. diana says:

    Selamat siang, Pak Herry.

    Menurut Bapak mana yang lebih bagus performanya diantara hp berikut ini jika mempertimbangkan aspek kamera (yang paling utama), ram, tidak cepat panas, baterai, dan tidak lemot ?
    1. redmi note 2
    2. lenovo a7000 special edition
    3. zenfone ze550ml
    Sebenarnya saya ingin sekali membeli mi 4i, tapi setelah tahu tidak ada slot tambahan untuk sdcard menurut saya terlalu berat kerja ponselnya jika dipakai untuk kegiatan saya. Bagaimana menurut Bapak dengan storage seperti itu? Merepotkan atau bisa disiasati dengan cara lain?

    Terima kasih sebelumnya, Pak.

    • Herry SW says:

      Bu Diana,

      1. Redmi Note 2 saya belum pernah coba. Ponsel itu belum beredar resmi di sini.
      2. A7000 Special Edition belum pernah coba.
      3. Yang pernah saya coba Zenfone 2 varian lebih tinggi. Varian yang lebih tinggi saja saya nilai sebaiknya jangan dibeli. Apalagi, yang lebih rendah.

      Ok. Karena tebersit rencana membeli Mi 4i, berarti anggaran Anda sampai Rp 2,8 juta ya. Kalau begitu, beli Hisense Pureshot saja. Harga barunya Rp 2,699 juta. Pureshot adalah versi mungil dari Pureshot+ yang review-nya bisa Anda baca di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

  239. bimsen says:

    Satu lagi nih koh.. Mi4i 32GB sama Oneplus One 64GB lebih worthed mana?

    • Herry SW says:

      Pak Bimsen,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Kalau Mi 4i yang pernah saya coba hanya yang 16 GB.

  240. vita lis says:

    Koh HSW mohon pendapat Dan pertimbangan antara xiaomi mi 4i dengan lenovo p70, yg saya butuhkan kegegasan ponsel, tidak lag ketika digunakan krn ponsel Sebelumnya (setelah dibanting anak) jadi suka menguji kesabaran saya hehehe
    Atau mungkin Ada saran ponsel lain? Dana yang Ada 3 – 4 juta
    Terimakasih

  241. vita lis says:

    Baiklah saya lihat dulu reviewnya
    , Terimakasih

  242. Kuncoro says:

    Salam kenal pak herry,

    Saya pengguna xiaomi mi4i dari flash sale pertama, selama ini saya merasa sangat puas dengan performa mi4i..hanya saja ada yg ingin saya tanyakan, dari spesifikasi mi4i dimana memiliki 2 slot sim card yg mana keduanya support 3G/LTE. Selama ini sy menggunakan 2 sim card,dimana slot 1 sy gunakan utk data, dan slot 2 hanya utk telp. Ketika sy ingin mengganti layanan data di sim card slot 2, sy hanya bisa menggunakan layanan data di 2G only, tidak bisa di ganti ke layanan 3G/LTE. Kemudian sy menukar sim card dr slot 1 ke slot 2 dengan asumsi apakah krn sim card yg di slot 2 tdk mendapatkan sinyal 3G/LTE,tetapi hasilnya sama saja,slot 2 tidak bisa di ganti ke layanayan 3G/LTE. Apakah utk slot 2 ini memang hanya bisa di layanan 2G saja? Mohon pencerahan dan solusinya..

    • Herry SW says:

      Pak Kuncoro,

      Dua selot kartu SIM di Mi 4i memang mendukung 3G dan LTE. Namun, sama dengan semua ponsel yang beredar di pasar, pada saat bersamaan dua nomor tak bisa sama-sama berada di jaringan 3G atau LTE. Salah satu di antaranya harus masuk ke 2G.

      Anggaplah kondisinya sekarang begini:
      * SIM1 untuk internet dan berada di jaringan 3G atau LTE.
      * SIM2 hanya untuk telepon dan berada di 2G only.

      Kalau Anda ingin memakai SIM2 untuk berinternet dan memasukkannya ke jaringan 3G atau LTE, langkah-langkahnya begini:
      * Masuk ke pengaturan dan pilihlah SIM2 sebagai nomor untuk layanan data.
      * Berikutnya, baru ubahlah pilihan 2G only menjadi prefer LTE atau prefer 3G.

  243. Kuncoro says:

    Salam pak herry,

    Sy mau tanya, apakah utk kedua slot sim card mi4i support 3G/LTE? Sy coba utk layanan data di sim card slot 2 hanya bisa pada layanan 2G only, tidak bisa di ubah ke layanan 3G/LTE seperti pada slot 1. Mohon pencerahan dan solusinya..

  244. Kuncoro says:

    Pak herry,
    terima kasih atas informasi dan solusinya, hanya saja sy masih tdk bisa menggunakan SIM2 sbg layanan data 3G/LTE,hanya 2G only. Bahkan ketika slot SIM1 sy non aktifkan, sy coba utk setting ke 3G/LTE tetap tdk bisa, selalu kembali ke 2G only.. Apakah ada solusi lain?

  245. Imam Junaidi says:

    Pak Hery, saya baru beli Mi 4i, dan bodinya memang agak panas. seperti yg pak Heri ulas di atas bahwa untuk mengatasi masalah itu perlu update firmware ke 6.5.5.0 itu gimana caranya pak? Makasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Imam Junaidi,

      Langsung masuk ke menu updater di ponsel. Saat ini versi firmware-nya pasti sudah lebih baru dari 6.5.5.0. Saya sudah tidak mengikuti lagi yang terbaru versi berapa.

  246. Burhanudin Saefullah says:

    Pak Herry sekarang pakai ponsel apa.. Mi4i udah ga dipakai? Minat nih hehe

  247. Pheii says:

    Haloo Pak Herry,

    Mohon kasi pencerahan..
    Baru pakai Xiaomi Mi4i semingguan ini..
    Baru 2hari ini ngaco!
    Tombol Y H sama B maren ga bisa diklik..
    Lari ke TU GJ atau VN..
    Nah akhirnya wipe all data..
    Seperti baru..
    Hari ni mulai lg..
    Tombol G sama V..
    Kdg tombolnya Y mencet sendiri 🙁
    Ini wipe all data lg..

    Plis help! Forum dah dicari dicoba kaga bisa..

    • Herry SW says:

      Pak Pheii,

      Ok. Berarti, silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Naga-naganya ada masalah di sisi hardware.

  248. Burhanudin Saefullah says:

    Ditunggu review Alcatel Flash 2 nya..
    Saya punya budget 2,5 s/d 3,5jt kira2 menurut pak Herry ponsel apa yg paling worth dari segi hardware, camera dan layanan purna jualnya.. Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Burhanudin Saefullah,

      Soal review Flash 2, sabar dulu ya.

      Di kisaran harga segitu, yang saat ini menggiurkan Hisense Pureshot dan Pureshot+. Pilihan lain ada Infinix Zero 2 LTE, Lenovo P70, dan Xiaomi Mi 4i.

  249. Ega rama wandana says:

    Ko, saya rencana mau beli mi4i ini, firmware MIUInya bawaan kan masih 6.5.4.0 ya, tapi kok kata temen kalo diupgrade ke versi 6.5.5.0 nge bug ato sejenisnya, apa bener ko? Lalu kalo mau upgrade mending servis centernya ato gimana? Mohon pencerahan ko ?

    • Herry SW says:

      Pak Ega Rama Wandana,

      Saya tak tahu Mi 4i yang sekarang dijual memiliki firmware bawaan versi berapa. Namun, kalau di-update, pasti dapat versi yang lebih baru daripada 6.5.5.0. Entah sekarang sudah sampai versi berapa.

      Langsung update sendiri saja dari menu ponsel.

  250. alof says:

    OS versi global terbaru : MIUI 7.0.3.0 LXIMICI stable.

  251. fadil says:

    pak maaf ya mau nanya.. bpak sya punya mi4i udh lama..
    nahh baru ada kejadian.. gara-gara kelamaan ngecharge hp, hpnya tidak bisa hidup lagi pak, kecuali saat ngecharge aja bisa hidup dan itupun hanya bisa hidup di logo batterainya saja pak, sya tekan tombol power kgak bisa bisa masuk ke menu awalnya
    mau ke fastboot tidak bisa juga,.. tidak mau berfungsi
    ini masalahnya dimana yaa.. di batterainya atau hardwarenya pak
    Makasihh

  252. fadil says:

    maaf pak mau nanya, bpak saya punya mi4i udh lama
    dan baru baru ini ada kejadian, setelah lama ngecharge hp, hpnya tidak bisa di hidupkan lagi pak, kecuali saat ngecharge aja bisa hidup, dan itupun cuman sampai logo batterainya saja, saya tekan tombol power tidak bisa nyala nyala. mau ke fastboot pun juga tidak bisa pak
    Ini masalahnya di batterainya atau hardwarenya ya pak
    dan jika ingin di perbaiki dimana ya pak.. saya di daerah kalimantan selatan
    terimakasih

  253. Ega rama wandana says:

    Ko mau nanya lagi, itu udah saya upgrade ke miui 7 tapi kok jadi panas ya hapenya. Apa ada solusi utk itu? Thanka

    • Herry SW says:

      Pak Ega Rama Wandana,

      Karena sudah tidak memakai Mi 4i lagi, saya tak mengetahui kondisi terkini dengan MIUI 7.

  254. Rusli says:

    Pak klo m4i ini dibandingkan lg g2 bagaimana ? Di erafone lg g2 dijual 3.2 jt. Masih worth kah utk dibeli ?

    • Herry SW says:

      Pak Rusli,

      Kalau kita bicara stabilitas, daya tahan baterai, dan layanan pusat perbaikan resmi, G2 lebih menarik daripada Mi 4i. Ponsel itu masih boleh dilirik, walaupun sebenarnya sudah beredar dua tahun silam.

      Bila Anda tak keberatan dengan merek Tiongkok, pertimbangkan pula Hisense Pureshot dan Pureshot+. Review Pureshot+ sudah saya unggah ke blog ini.

  255. azis says:

    Mas.. Mau tanya.. Knpa ya xiaomi mi4i saya kok kcepatan downloadnya kok lambat ya.. Pdahal saya sdah test keceptan internet cepet 30mbps .. Mohon pencerahaanya mas

    • Herry SW says:

      Pak Azis,

      Bisa jadi karena server tempat Anda mengunduh data/file aksesnya sedang kurang cepat. Jadi, biarpun internet Anda kencang, nyedot filenya tidak bisa cepat.

  256. Febianika says:

    Kalau disuruh milih, kira-kira bagusan oppo mirror 5 atau xiaomi mi4i yaa? trus alasannya kenapa? makasihh

  257. azis says:

    Oh sperti itu ya Mas.. Pdhal sdah sinyal udah 4g lte .. Klo saya pakek aplikasi speedtest hsil kcepatan downloadnya sampek 40mbps..tp masih lambat klo download.. Apalagi download di playstore.. Tapi seblumnya trimakasih pencerhanya mas..

    • Herry SW says:

      Pak Aziz,

      Kemarin pagi kebetulan saya usai mengunduh satu aplikasi dari Play Store. Proses unduh juga sangat lambat dan sering bengong. Padahal, kalau koneksi yang sama saya gunakan untuk browsing, media sosial, dan membuka YouTube, prosesnya lancar jaya.

      Hmmm… jangan-jangan koneksi ke Play Store memang sedang lamban nih, Pak.

  258. radinal says:

    salam pak Herry,

    saya sangat suka review2 dari anda.
    yang ingin saya tanyakan, untuk yg ingin mencoba xiaomi pertama kali, lebih pas pilih mi4i atau redmi 2 prime, berdasarkan pengalaman pemakaian normal tanpa aktivitas game berat (tiap hari main coc/game lainnya lebih dari 2 jam perhari).
    apakah benar masih ada terasa lag saat multitasking di kedua hp tersebut? terima kasih.

  259. azis says:

    Oooh.. Berarti sama yg saya alami pak Herry. Mudhan krna koneksi playstorenya yg sedang lambat ya pak.. Sekali lagi Terimakasih Pak

  260. harry says:

    Salam Pak Herry

    Menarik baca-baca ulasan ponsel dari Anda, bahasa yang digunakan pun enak dibaca dan dimengerti.

    Sudah sekitar 1 tahun ini saya mulai meninggalkan ponsel highend dari pabrikan terkemuka, dan beralih ke ponsel china …
    Saat ini saya masih memakai Redmi 1S Lazada flash sale tahun lalu, dan berniat mengganti dengan ponsel yang lebih gegas dengan harga <= 2,5jt
    Pilihannya :
    Asus Zenfone 2
    Xiaomi Mi 4i
    Xiaomi Redmi 2 Prime
    Meizu ….(belum tau tipe apa saja yg rekomen)
    Terima kasih

  261. Hilda Juliani Simangunsong says:

    Selamat malam Pak. Saya pengguna xiaomi mi 4i. Saya hanya mendownload aplikasi kurang dari 10 tp memori tinggal 500mb lagi dan mengakibatkan saya tidak bisa mendowload aplikasi lagi dari playstore. Ada file “serbaneka” sekitar 7 GB di hp saya Pak. Apabila saya hpus, apa tidak bermaslah dengan sistem kerja hp saya Pak? Mohon pencerahannya. Thx.

    • Herry SW says:

      Bu Hilda Juliani Simangunsong,

      Apakah sedikit aplikasi yang Anda instalasikan itu ada yang berukuran besar? Sebab, satu aplikasi ada yang ukurannya lebih dari 1 GB lho.

      File serbaneka (saya menduga Anda mengaktifkan menu bahasa Indonesia dan serbaneka adalah file “misc”) boleh dihapus.

  262. rizki ramdhani says:

    Siang pak, saya baru saja membeli mi4i online mi.com.id
    sayaa ingin tanyakan bgaimana cara kerja sunlight display
    Saya sudh mencoba nya tp tidak bekerja, brightness dan contras saya set di auto
    Dan auto brightness nya seperti nya bermasalah karna saya coba pemakaian di ruang gelap terang pencahayaan tidak berubah
    Mohon penjelasanya
    Terimakasih sebelumnya

    • Herry SW says:

      Pak Rizki Ramdhani,

      Cara kerjanya, tingkat pencahayaan layar otoamtis akan menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Tak ada pengaturan khusus yang perlu diubah.

      Kalau Anda merasa ponsel Anda tidak normal, coba diperiksakan di pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  263. ahmad says:

    thanks for reviewnya… seumur-umur buru nemu riview selengkap dan seditail ini,

  264. Idris Bethan says:

    Halo om Herry.

    Buat awal Desember ini, hp yg recomended dgn budget maks 3jt apa ya? Saya termasuk pengguna yang mengutamakan kamera, musik dan desain hp.

    Apa mi4i atau p70?

    Terima kasih. Oia, reviewnya luar biasa bagus, Om.

  265. frischa says:

    Astaga, saya udah pake mi4i 4bln, tapi baru tau kalau kamera nya bisa ganti” mode.. :O

  266. alfin says:

    Permisi om mau nanya, caranya hapus misc files itu gmn ya? Perasaan aplikasinya dikit, misc filesnya hampir 2gb. Makasih om.

    • Herry SW says:

      Pak Alfin,

      File di folder itu tak selalu bisa dihapus. Paling mudah, instalasikan aplikasi Clean Master saja. Jalankan dan bersihkan file-file sampah di ponsel Anda. Setelah itu silakan menghapus kembali aplikasi Clean Master.

  267. dita says:

    pak herry, kalau versi 32GB nya sisanya berapa ya ketika masih kosong dan baru dibeli? dan harganya berapa kalo yang 32GB? trims 🙂

    • Herry SW says:

      Bu Dita,

      Maaf, saya tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Mi 4i – 32 GB. Ponsel itu tidak beredar resmi di sini.

  268. Linda says:

    Pak Herry,

    Mi4i tidak ada radio ya?

  269. beatrix says:

    om herry,, bagusan samsung galaxy j5 atau xiaomi mi4i????? saran pleaseee

  270. Aline says:

    Pak Herry,
    Menurut bapak antara xiaomi mi4i dan huawei p8 lite lebih bagusan yang mana? Terimakasih sebelumnya.

  271. miodec says:

    pa henry,

    saya akhirnya membeli mi4i ini, selama semingu puas banget. Tapi barusan jatuh dari jok mobil ke lantainya yang ada karet karpetnya benturannya tidak keras saya asumsikan tidak apa2. Namun ternyata setelah dilihat2 dengan teliti lapisan bodynya ada yang terangkat. Apakah bisa diganti baru kalo masih garansi .thanks.

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Miodec,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Kita nantikan jawaban dari Pak Henry ya.

      Kerusakan akibat terjatuh, setahu saya, garansinya tak bisa diklaimkan. Bahkan, bisa-bisa sisa garansi atas ponsel Anda dinyatakan hangus.

      Posisi saat jatuh seringkali menentukan rusak tidaknya suatu ponsel.

  272. ipul says:

    Wah telat banget saya baru hari ini nemu review2nya om HSW. baru kali ini saya cucok dengan web review gadget indo. Dari dulu sudah terbiasa baca review di web luar, kalo butuh review yg di indo langsung ke forum biasanya. Review om HSW mantap, saya suka om HSW yg lebih condong ke user experience, pemakaian sehari-hari, simpel, jelas, apa adanya haha.
    maju terus ponselmu.com !

  273. aditya says:

    Om HSW,, mw tnya ni..
    Mi 4i udah ada fitur double tap to wake blum,, yg kayak lenovo a6000 dan znfone 2
    Makasi om..

  274. colisdjoyo says:

    Pak Herry,
    Apa kabar? kok belakangan Mi4i saya beberapa aplikasinya sering force closed ya?
    Contohnya Path, Facebook, Waze, Whatsapp….
    Kadang dalam 1 jam bisa 6x force closed, bahkan path dan facebook pernah 3x force closed dalam 5 menit pemakaian…
    Ini kenapa ya Pak? Cara mengatasinya gimana ya?
    Thanks before

    • Herry SW says:

      Pak Colisdjoyo,

      Coba langsung lakukan cara pamungkas dulu saja: factory reset.

      Setelah itu, pakailah ponsel dengan menginstalasikan aplikasi tambahan satu per satu. Tujuannya untuk mengetahui pemicu error itu aplikasi yang mana.

  275. aulia says:

    hahahaha

  276. Zul says:

    Pa mau nanya, kalau dengan infinix zero 2 menang mana ya sama mi4i?
    Terima kasih

    • Herry SW says:

      Pak Zul,

      Dalam hal apa dulu nih? Kalau kamera, jelas menang Mi 4i. Sedangkan kegegasan, saya menilai Zero 2 lebih oke.

  277. Andreas Haryono says:

    Pak Herry, menurut bapak, untuk saat ini apakah xiaomi Mi4i masih layak untuk dibeli? Mengingat hp ini sudah keluar cukup lama, yaitu sekitar 8 bulan?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Andreas Haryono,

      Yang Anda butuhkan apa saja dulu? Buat saya pribadi, daya tarik Mi 4i sudah tergusur oleh Hisense Pureshot yang harganya justru lebih murah.

  278. Hard says:

    Maaf pak henry sya ikut comment.
    Saya selalu mengikuti blog anda sampa saya ahirnya menggunakan mi4i..
    Tp maaf bukan saya tidk setuju dengan pendapat anda,,setelah saya menggunakan mi4i saya benar2 menyesal dengan MIUI,,dengan tampilan sederhana namun managemen ram sangat buruk..
    Ok lah klo kita bicara kamera saya salut,tp untuk perfome tak sehebat yang ada diatas kertas.
    Saya yakin ini bug,dan masalah software..
    Dan setiap miui mengeluarkan update sama sekali tidak membantu justru semakin buruk..

    • Herry SW says:

      Pak Hard,

      Spesifik soal Mi 4i dan sistem operasinya, saya ingin bercerita sedikit. Saat pertama kali memakai ponsel itu, saya merasa performanya tidak benar-benar bagus. Tak sampai jelek sih. Kemudian muncul update dan performa ponsel berubah menjadi baik.

      Sekitar dua minggu kemudian saya berpisah dengan Mi 4i. Seiring perjalanan waktu pasti muncul update dari Xiaomi. Kalau saya mencermati komentar dari pengguna yang dituliskan di sini, kondisinya naik turun. Ada kalanya update yang muncul membuat ponsel menjadi lebih enak dipakai, ada pula yang sebaliknya. Sepintas saya perhatikan, update terakhir yang dulu saya nikmati sepertinya yang paling stabil.

  279. Hard says:

    Apakah pak henry bisa sebutkan versi berapa?
    Yg saya pakai saat ini miui v.7.1
    Trimakasih..

  280. Hard says:

    Maaf,,maksud saya pak herry SW..

  281. Chairil says:

    Pak Herry .. Saya punya budget 2juta lebih sedikit, kemarin sempat melirik xiaomi redmi note 2, sudah keliling area jombang-mojokerto tapi semua stok kosong. Sekarang mau pindah kelain hati ke samsung galaxy j5, tapi gara-gara baca review xiaomi mi4i jadi dilema lagi.. Dan saya juga tidak yakin ditempat saya ada yg jual xiaomi mi4i ini. Jadi menurut bapak saya harus bagaimana? Saya tidak terbiasa beli gadget online . Agak takut juga sih

    • Herry SW says:

      Pak Chairil,

      Jangan beli Redmi Note 2 karena yang beredar pasti tanpa garansi resmi.

      Galaxy J5 coret deh. Dengan anggaran segitu, saya sangat merekomendasikan Hisense Pureshot. Harga baru Rp 1,999 juta.

      Silakan membaca review-nya di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/. Yang saya bahas itu Pureshot+, saudara kembar Pureshot. Bedanya hanya di ukuran layar dan kapasitas baterai. Spesifikasi lain persis sama.

      Anda bisa membeli Pureshot di Galeri Smartfren dan pusat perbaikan resmi Hisense. Meskipun dibundel dengan Smartfren, ponsel itu bukan produksi Smartfren. Ia juga tidak di-lock Smartfren. Anda bebas memadukannya dengan semua operator GSM di Indonesia.

  282. Chairil says:

    Sebenarnya saya kurang tertarik dengan produk yang belum terkenal, tapi barusan baca review jadi dilema lagi mengingat bodynya hampir sama dengan iphone. Hehe .. Saya akan coba cari di jombang produk hisense ini tapi kalau tidak ada apa ada alternatif lain pak ? Kemarin waktu cari xiaomi yang ready cuma xiaomi redmi 2 apa sudah pernah dibahas ? Kalau sudah boleh dicopykan linknya ? Btw saya ini (mbak) alias perempuan ..
    Sebelumnya terimakasih

    • Herry SW says:

      Mbak Chairil (maaf ya, sebelumnya saya pikir pria),

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Di Jombang apakah ada Galeri Smartfren? Kalau ada, silakan mencari di sana seandainya Anda kesulitan menemukan Hisense Pureshot di toko-toko ponsel.

      Redmi 2 sudah pernah saya bahas, tetapi kalah menarik dibandingkan Pureshot. Review-nya bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-2-melanggar-prinsip-ada-harga-ada-rupa/

  283. William says:

    mi4i vs mi4c mana yg lebih di rekomendasikan ? dari segi battery & kamera ? thx.

  284. kamal says:

    om herry. skarang kan ada miui yg versi 7, d xiaomi mi4i panasnya brubah atau tetep sama sperti ulasan d atas?
    trus ada yg bilang kalau layanan purna jual hp xiaomi di indo (saya d jawa) susah… gmana menurut om? trimakasi

    • Herry SW says:

      Pak Kamal,

      Maaf, saya tak tahu. Sebab, saya sudah lama berpisah dengan Mi 4i.

      Ini maksudnya layanan pusat perbaikan resmi ya? Kalau dibilang susah sih tidak. Namun, dibilang bagus juga belum. Masuknya masih kategori lumayan.

  285. kamal says:

    g jadi om. uda liat komen laen

  286. chairil says:

    Berhubung di jombang tidak ada galery smartfren akhirnya saya menjatuhkan pilihan saya kepada samsung j5.. tapi saya ada kendala sedikit, kenapa layarnya warnanya agak kekuningan ya pak warna putih jd agak mangkak gitu.. apa ada solusi untuk memperbaikinya?

  287. adi says:

    pak mau nanya nih,
    saya bingung mau beli xiaomi 4i apa j5.
    mohon masukan nya.

  288. dani says:

    Lebik baik mana koh harry,,mi4i garansi resmi ato mi4c garansi dist??
    Frekuensi LTE nya sama ato mi4c lebih komplit ya?

  289. Jeffry says:

    Minta rekomendasinya Koh Herry, kira2 smartphone apa yg performa kameranya sepadan dengan Mi 4i di rentang harga yg sama?
    Sebetulnya udah sreg banget dengan hasil kamera Mi 4i, tp ketiadaan slot memory yg bikin galau.

  290. Abdul says:

    Pak hebry, saya mau tanya mi4i yg 32gb kapan ya masuk ke indonesia nya

  291. Abdul says:

    Pak henry saya mau tanya, mi4i yg 32gb kira2 masuk indonesia kapan ya? Trimakasih

  292. Ivan Ricko says:

    Om herry mau nanya dong.
    Aku pake iphone 5 nah mau aku tuker ke xiaomi mi4i. Piliham yang tepat atau salah? Trus mau beli di mi.com udah habis stoknya. Kalau beli di lazada aman mggak ya?
    Sebelumnya makasih dan semoga berkenan menjawab pertanyaan saya yang bejibun hehe
    Sukses selalu om

    • Herry SW says:

      Pak Ivan Ricko,

      Karena belum pernah menguji pakai iPhone 5, saya tak tahu pilihan Anda tepat atau tidak.

      Lazada? Waduh, jangan deh. Bila ingin membeli Mi 4i, lebih baik Anda mencarinya di gerai Erafone atau Oke Shop. Kalau pun akan belanja online, mending belanja di Blibli daripada Lazada.

      • Ivan Ricko says:

        Terima kasih atas jawabannya om herry, nah ini kemarin ada yang menawarkan mi4i katanya dia ada channel di lazada barang 100% garansi TAM. Kalau di okeshop atau erafone selalu habis stok nya. Nah apakah yg garansi TAM itu barang 100% selalu asli?
        Mohon maaf saya masih awam soal garansi2 tsb.
        Atau kalau produk resmi xiaomi yg asli dan resmi garansinya apa ya?
        Terima kasih banyak om

        • Herry SW says:

          Pak Ivan Ricko,

          Erafone atau Oke Shop biasanya ada stok Mi 4i kok. Bahkan, seringkali stoknya malahan agak berlimpah.

          Normalnya garansi TAM barang asli.

          Distributor resmi Xiaomi di Indonesia ada dua: Erajaya/TAM dan Trikomsel.

          • Ivan Ricko says:

            Maaf om herry lupa kasih check list di notificiation email maaf hehehe.
            Oalah siap om terima kasih banyak untuk informasinya, coba nanti tak ke okeshop atau erafone deh, ini aku ngecek lewat web stock nya kosong. Mungkin untuk stok online ya yang kosong

          • Herry SW says:

            Pak Ivan Ricko,

            Iya, kalau online sering kosong.

      • Ivan Ricko says:

        Terima kasih atas jawabannya om herry, nah ini kemarin ada yang menawarkan mi4i katanya dia ada channel di lazada barang 100% garansi TAM. Kalau di okeshop atau erafone selalu habis stok nya. Nah apakah yg garansi TAM itu barang 100% selalu asli?
        Mohon maaf saya masih awam soal garansi2 tsb.
        Atau kalau produk resmi xiaomi yg asli dan resmi garansinya apa ya?

        Terima kasih banyak om atas jawabannya

        • Herry SW says:

          Pak Ivan Ricko,

          Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Ini masuk dobel lho.

  293. Reza Emet says:

    Maaf sy Lebih terkesan oleh Lenovo p70 , karna doyan ngegame.., klo pake mi4i walpun udh ada frmware nya yg baru ndk terlalu berpengaruh besar klo di pake gaming, masih lebih dingin p70 , sdikit refrensi…, klo doyan foto ato tmpilan yg tajam pilihannya mi4i , klo gamimg pilihannya p70…., trim

  294. wendi says:

    Om.. mohon pencerahan..
    Setelah baca review di page ini mulai atas dan cukup melelahkan..
    Saya sedang bimbang untuk mengganti iphone 4s saya dengan pilihan :
    Xiaomi mi4 atau Asus Padfone S-Plus
    Kebutuhan saya Ram 3 GB, Kamera 13 MP dan Display yang cerah dan jaringan 4G yang bisa mencakup Telkomsel.
    Saya belum pernah punya handheld Android (sebelumnya windows, bb, apple).
    Mohon advise om herry.. Maaf kalo agak merepotkan.. Terima Kasih

    • Herry SW says:

      Pak Wendi,

      Maaf, saya tak bisa membantu Anda memilih yang mana. Sebab, saya tak pernah menguji pakai Mi4 maupun Padfone S Plus.

  295. Mike says:

    Pak Herry sekarang pakai HP apa?

    • Herry SW says:

      Pak Mike,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saat ini saya sedang memakai Zenfone 2 Laser varian LTE (ZE500KL).

  296. Andi says:

    Om herry, seminggu yg lalu saya beli mi 4i di lazada, brangnya bgus, garansi tam.. Knapa ya setelah saya update ke miui 7 kok terasa perfome nya makin lambat ya, hh saya jga lbih cpt panas, pengisian batre hampir 2 jam dalam possi mati..
    Terimakasih..

    • Herry SW says:

      Pak Andi,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saat ponsel belum di-update, versi MIUI-nya masih 6 ya? Usai di-update ke MIUI 7, coba lakukan factory reset dulu satu kali. Saya pribadi belum pernah mencicipi MIUI 7. Jadi, belum ada gambaran mengenai kinerjanya.

  297. tyan says:

    Siang Pak Herry,

    Menurut pengalaman bapak yang pernah menggunakan Mi4i ini, kira2 lebih wotrhy mana dengan LG G2 d802 terutama bila dari ketangguhan ponsel dan layanan purna jual? Apa saja kelebihannya masing2? Terima kasih

  298. tyan says:

    Oh begitu pak, iya barusan sudah saya baca review mengenai lg g2 nya.
    Lalu apakah Pak Herry ada rekomendasi smartphone minimal sekualitas dengan dua smartphone diatas dengan budget maksimal 3 juta atau mungkin 3,5 juta kalau memang worthy?
    Terima kasih

  299. tyan says:

    Ok baik pak, makasih banyak lho atas pencerahannya. Akan saya pertimbangkan LG G3 nya, sambil menunggu kira2 smartphone anyar yang barangkali beredar di bulan depan hehe

  300. reza says:

    Saya pemakai mi4i data paketnya sangat cepat habis, apalagi pada saat itu saya sedang mencadangkan data saya, setelah itu mengembalikan ke setelan data Pabrik dan setelah selesai yang terjadi paketan 4.5 gb yang saya baru beli langsung habis pada saat handphone dihidupkan. Kira kira itu kenapa ya?

    • Herry SW says:

      Pak Reza,

      “Data paket cepat habis” dan “mencadangkan data” itu maksudnya gimana ya?

      Kalau paket internet 4,5 GB langsung habis saat ponsel barusan dinyalakan, kondisi itu sangat tidak wajar. Masalah-masalah seperti ini biasanya lebih banyak terjadi dari sisi operator, bukan ponsel.

  301. S fahmi wijaya says:

    Mau tanya
    Hp saya mi4i
    Kalau di ketok2 di pinggir kamera/ di bagian flash bunyi “crek-crek” kayak ada bunyi baut yg kurang kencang
    Gmn itu ?

    • Herry SW says:

      Pak S Fahmi Wijaya,

      Saya lupa di Mi 4i bagaimana. Kalau di Lenovo P70 memang seperti itu. Asalkan fungsi ponsel, termasuk kamera, tidak terganggu, silakan diabaikan saja.

  302. Idris says:

    Permisi Om.

    Saya pengguna Xiaomi Mi4i, dulu saya beli karena tertarik dengan ulasannya om di blog ini. So far so good, saya puas.

    Cuma, sejak kemarin, kok saya ga bisa melakukan panggilan keluar ya? Udh ditekan dial dgn berbagai cara, tp tanpa respon gitu Om. Udah gitu, tombol power ga berfungsi buat nge-lock screen, tp bisa buat unlock screen, tombol volume juga tiap dipencet cuma buat naik turun volume panggilan, buat volume lain ga bisa. Itu sejak kemarin sore pas mau melakukan panggilan keluar eh pas mau dimatiin ga bisa.

    Kira-kira kenapa ya Om? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Idris,

      Terakhir apakah Anda usai menginstalasikan aplikasi tambahan tertentu? Apakah Anda menggunakan launcher buatan pihak ketiga?

      Kalau kepepet, coba lakukan factory reset.

  303. Wahyu says:

    Om Herry, mohon bantuannya nih. Saya lagi galau antara meminang Xiaomi Note 3 atau Xiaomi Mi4i. Mohon masukannya Om Herry. Terimakasih sebelum dan sesudahnya

    • Herry SW says:

      Pak Wahyu,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomi Note 3. Apakah yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 3? Kalau benar itu, saya belum pernah mencobanya. Jadi, saya tak tahu lebih bagus mana dibandingkan Mi 4i.

  304. Wahyu says:

    Iya bener Om Herry, yang saya maksud Xiaomi Redmi Note 3.

  305. El says:

    Selamat siang……sy mau nanya ni om

    Sy pakai xiaomi mi4i…dr pertama beli udah 4 bulan selalu menggunakan 1 kartu….nah bebeerapa hari ini sy tambahkan 1 kartu lagi…jadi dualsimnya sy gunakan….nah permasalahnnya….ketika salah satu kartu sy aktifkan internetnya….kartu satunya sering muncul no service atau emergency calls only….kl saya pindahkan internetnya ke kartu yg td no servis…jadi stabil lg koneksinya…malah kartu yg satu lagi jadi no service…..

    Dan satu lagi om….hp baru pemakaian 4 bulan…tp koq dah agak2 lambat gitu…knp ya om ???

    Makash bngt jawaban nya om

    • Herry SW says:

      Pak El,

      Coba diperiksakan ke service center deh. Kalau Anda enggan ke sana, coba di-factory reset dulu.

      Soal kadang agak lambat, hal itu bergantung dari perilaku pemakaian juga sih. Aplikasi apa saja yang diinstalasikan? Apa saja yang dijalankan? Berapakah sisa memori? Banyak hal perlu dicek.

  306. cahyo rizki says:

    pak herry sw
    saya mau tanya,kenapa ya kamera depan saya itu sedikit bermasalah,baru beli tgl 17feb kemarin dan ini hp mi4i saya sedang di service tam service senter karena msh ada garansi 1thn.
    masalahnya begini pak,saya tidak tau menau apa dan sebabnya karena apa kamera depan tiba2 terdapat banyak bintik2 ungu ? saya jg banyak melihat beberapa orang keluhan pada mi4i yaitu di kamera depan juga mengalami hal seperti itu
    terimakasih pak semoga bisa memberikan pencerahan

    • Herry SW says:

      Pak Cahyo Rizki,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Silakan diperiksakan ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Mungkin modul kamera depan Anda bermasalah.

  307. Didit says:

    Selamat malam ko Herry.
    Wah sangat memukau riviewnya..
    Saya mau tanya kecepatan multitasting antara mi4i dengan Iphone 5 cepat mana ?
    Terimakasih atas jawabannya.

  308. Waryono Hildan says:

    Bapak Herry,

    mengenai layanan data, SIM-1 dan SIM-2 bisa digunakan semua apa hanya SIM-1 saja yang bisa digunakan ?
    terima kasih.

    • Herry SW says:

      Pak Waryono Hildan,

      Jawaban pertanyaan Anda sebenarnya sudah ada di tulisan di atas lho. Ini saya copy paste-kan:

      “Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas mengatur nomor mana yang akan digunakan untuk berinternet. Nomor yang dipilih selanjutnya leluasa mengarungi jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.”

      Jadi, Anda bebas menentukan ingin berinternet memakai nomor di selot kartu SIM1 atau SIM2.

  309. novianto says:

    siang pak herry, apakah xiaomi mi4i ini bisa pake 4G indosat

  310. novianto says:

    terima kasih infonya pak herry
    saya tergoda sama xiaomi
    padahal baru 2 bulan ini pake laser 500kl
    kira2 untuk ketahanan batrenya gimana pak?

    • Herry SW says:

      Pak Novianto,

      Xiaomi Mi 4i saat ini sudah tak menarik. Bertahan di Zenfone 2 Laser ZE500KL dulu saja deh.

  311. dita says:

    Sore pak herry, saya punya bbrp pertanyaan :

    1. Apa yg membuat pak herry menganjurkan untuk lebih memilih hisense pureshot dibanding xiaomi mi4i? Dari segi kamera bagus mana?

    2. Jika xiaomi mi4i dibandingkan dengan redmi 2 prime mending mana?

    3. Sepertinya dulu pak Herry selalu menghindari produk Asus, tp balasan Pak Herry terakhir (ke sdr.novianto) lebih menganjurkan bertahan pd asus..apakah menurut Pak Herry produk Asus sekarang sudah lebih baik?

    Jadi sebenarnya saya berencana membeli xiaomi mi4i tapi masih bingung juga antara xiaomi mi4i atau asus selfie..dan tambah galau waktu baca pak herry lebih menganjurkan hisense pureshot hehe, terima kasih pak.

    • Herry SW says:

      Bu Dita,

      1. Kamera Mi 4i sebenarnya lebih bagus. Masalahnya, semakin hari ponsel itu semakin banyak memiliki problem yang sangat mengganggu. Di antaranya, bodi panas, baterai boros, dan sering tersendat. Gangguan-gangguan serupa tak ditemukan di Pureshot. Harga Pureshot juga lebih murah.

      2. Di atas kertas spesifikasinya lebih tinggi Mi 4i. Namun, karena aneka problem yang sudah saya sebutkan di poin pertama, saya menyarankan Anda memilih Redmi 2 Prime saja.

      3. Benar. Dulu ada empat poin dari Asus yang sering saya caci maki. Kini praktis tinggal satu poin (soal layanan service center) yang belum membaik. Lainnya sudah oke.

  312. dita says:

    Terima kasih Pak Herry,
    Sekarang sepertinya saya lebih tertarik ke pureshot hehe. Klo untuk pureshot dan pureshot + perbedaannya hanya pada ukuran layar ya pak? Untuk spesifikasinya sama saja kan?
    Tapi denger2 hisense akan meluncurkan generasi baru pureshot ya pak?

    • Herry SW says:

      Bu Dita,

      Beda di ukuran layar dan kapasitas baterai. Spesifikasi lainnya sama. Dengan memperhatikan selisih harga baru yang mencapai setengah juta rupiah, menurut saya, lebih baik Anda membeli Pureshot (tanpa plus).

  313. dita says:

    oke pak herry saya semakin mantap mau beli pureshot aja hehe
    pertanyaan terakhir pak, menurut pak herry bagus yg warna apa pak, hitam atau putih?
    terima kasih pak

  314. Nellfiy says:

    Pak saya mau tanya . lok abis service mi4i ,lalu dr hasil service dr pihak xiaomi t sdri mngtakan kalok systemnya sudh dganti. Apkah imeinya otomatis berbeda lag dg awal sblm ganti systemnya ?

    • Herry SW says:

      Pak/Bu Nellfiy,

      Kalau ganti sistem, mestinya IMEI tidak berubah. Kecuali, juga dilakukan penggantian komponen tertentu.

  315. Dicky says:

    Pak herry bagus mana mi4i dibandingkan dengan asus zenfone max

    • Herry SW says:

      Pak Dicky,

      Kamera lebih bagus Mi 4i. Dalam hal daya tahan baterai, Zenfone Max jelas menang mutlak. Zenfone Max juga tidak mengalami problem mudah hangat.

  316. Marwan says:

    Selamat malam Pak Herry,

    Mau nanya kalau Xiaomi Mi 4i dibandingkan sama Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL kira2 menang mana dari segi kualitas kamera, daya tahan baterai, sama kesesuaian harga dari kualitas yang didapat?

  317. Dina says:

    Pak, awalnya saya berniat beli mi4i tapi setelah liat komen2 kalo mi4i banyak problem saya jadi ragu buat beli. Ada rekomendasi smartphone yg spek setara dengan mi4i tapi dengan kualitas yg lebih bagus?

  318. ketrin says:

    Om saya mau tanya budget saya cuma 3juta saya pengen beli hp yg baterainya awet dan ga cepat panas kalo di pakai game lebih bagus asus zenfone 2 ze551 atau xiaomi mi 4i ?

    • ketrin says:

      Saya juga mau yg ram nya 2gb dan kualitas kameranya oke.. menurut om herry dgn budget 3juta saya puilih mana?

      • Herry SW says:

        Pak/Bu Ketrin,

        Baterai awet, nggak cepat panas, RAM 2 GB, kamera oke, dan harga maksimal Rp 3 juta? Hmm… ya Asus Zenfone Max deh.

    • Herry SW says:

      Pak Ketrin,

      Lah… dua-duanya kan baterainya kurang awet dan relatif mudah panas.

      • ketrin says:

        Tapi asus zenfone max dual sim bisa aktif internet ga pak?
        Trus apa udh memakai fast charger?
        Hasil kameranya bagus ga?

        • Herry SW says:

          Bu Ketrin,

          Zenfone Max bisa dipakai berinternet, bahkan sudah mendukung layanan 4G LTE.

          Tidak dilengkapi fast charger.

          Hasil jepretan kamera bagus.

          • ketrin says:

            Tapi saya baca spesifikasinya kerapatan pixelnya cuma 220 tergolong biasa saja mungkin termasuk dibawah rata2..
            Apa benar ? Bukannya itu engaruh ke kualitas gambar
            Trus ada ga sih hp lain yg punya kriteria sama tapi lebih bagus dari asus zenfone max ?

          • Herry SW says:

            Bu Ketrin,

            Pertanyaan saya, seberapa tajam sih mata manusia? Kok bingung soal kerapatan piksel. Kalau setajam mata elang, boleh deh ribut soal itu.

            Tidak ada.

          • ketrin says:

            Lalu ada solusinya ga pak supaya asua zenfone max ga suka nge lag?

            Satu hal ini nih yg bikin saya masih ragu..

          • Herry SW says:

            Bu Ketrin,

            Terakhir konon ada update yang bikin lebih gegas. Namun, saya tak tahu pastinya karena sudah tidak menggunakan Zenfone Max.

          • ketrin says:

            Jika mengesampingkan kamera dan baterai menurut bpk lebih bagus performa infinix note 2 atau asus zenfone max ?

          • Herry SW says:

            Bu Ketrin,

            Note 2.

  319. Angga says:

    Pak henry mau nanyak bagusan mana huawei p8 lite atau xiomi mi 4i ? Beri penjelasan

  320. novi says:

    Pak.. jika dibandingkan, mana yg lebih baik antara hisense pureshoot dengan mi4i? Mohon dijelaskan pertimbangannya apa saja

  321. aprilia says:

    selamat sore pak Herry, saya sudah membaca keseluruhan comment di website ini. saya mau bertanya apakah sekarang bapak masih merekomendasikan untuk membeli hp mi4i? dengan budget 2,5 jt an, kira2 rekomendasi bapak hp yang bagus apa ya pak? dengan kamera yang bagus (seperti mi4i), dual sim, ram minimal 2gb, baterai tidak boros dan tidak cepat panas, terimakasih.

    • Herry SW says:

      Bu Aprilia,

      Tidak. Untuk ukuran saat ini, Mi 4i sudah tidak menarik.

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, Infinix Zero 3 deh. Baterai tidak superawet, tetapi juga tidak superboros. Mirip dengan baterai Mi 4i deh.

      • aprilia says:

        terimakasih atas masukannya pak Herry, maaf saya mau tanya lagi, untuk xiaomi redmi note 3 yang sudah garansi resmi apakah baru yang 3g sedangkan yang 4g yang sudah banyak beredar itu belum garansi resmi ya pak?

        • Herry SW says:

          Bu Aprilia,

          Benar. Redmi Note 3 bergaransi resmi itu sebenarnya secara hardware sudah mendukung 4G. Namun, karena Xiaomi tidak memenuhi persyaratan TKDN, fitur 4G-nya harus dimatikan. Sehingga, Redmi Note 3 bergaransi resmi maksimal cuma bisa memanfaatkan 3G.

          Ya, yang sebelumnya sudah banyak beredar itu tanpa garansi resmi. Jangan membelinya.

  322. Yosi says:

    Siang Pak.
    sebelumnya ada yg brtnya mengena antara iphone 5s dan xiaomi ini. Mnurut bapak pilihan yg tepat memilih yg mana ? Jika utk pemakaian jangka panjang dan ga cepat ngelag. Terimakasih.

  323. Yora says:

    Pak, apakah meizu m2 note udah dijual di jawa secara offline?

  324. galang says:

    Apakah anda tahu harga mi 4i di jawa tengah secara offline?

  325. galang says:

    Harga mi 4i di jawa berapa pak herry?

  326. erwan says:

    Pak herry, harga smartphone secara offline di Jawa berapa ya?
    1. meizu m2
    2. meizu m2 note
    3. Xiaomi redmi note 3 2gb/16gb
    4.xiaomi mi 4i
    Dari 4 smartphone itu mana yang paling bagus dan speknya mumpuni menurut anda?

    • Herry SW says:

      Pak Erwan,

      Waks… saya serasa mengisi survei deh ini.

      1. Rp 1,5 juta sampai Rp 1,7 juta.
      2. Rp 1,8 juta sampai Rp 2 juta.
      3. Yang garansi resmi Rp 2,599 juta. Sedang ada promo dengan kartu kredit tertentu menjadi Rp 2,399 juta.
      4. Rp 2,55 juta sampai Rp 2,6 juta.

      Saya condong ke nomor 3.

  327. Yora says:

    Mohon maaf tanya lagi.

    Xiaomi redmi note 3 pro 2gb/16gb sama xiaomi mi 4i spek,kamera,kualitas bagus mana tanpa memandang harganya?

    • Herry SW says:

      Pak Yora,

      Saya sih pilih Redmi Note 3 bergaransi resmi. Sebab, tak ada problem nge-lag atau bodi panas seperti yang ditemukan di Mi 4i dengan versi firmware terkini.

  328. MR Awesome says:

    Pak herry,

    bagus mana xiaomi redmi 3 dengan xiaomi mi 4i

    • Herry SW says:

      Pak MR Awesome,

      Tak tahu. Saya belum tertarik mencoba Redmi 3 karena tak ada yang bergaransi resmi.

  329. Idris says:

    Halo om Heery.

    1. Mi4i saya kenapa susah sekali ya kalau saya mau copy data (misal: mp3) dr PC ke hp? Padahal memory msh sangat luang.

    2. Mi4i saya juga kenapa setiap menelpon (masuk/keluar) sering terputus? Kadang-kadang, jeda waktunya sebentar dan terkadang lama? 100% ini bukan masalah sinyal Om soalnya di sini sinyalnya nyaris sempurna, bgtu juga dengan no telepon tujuan?

    Mohon pencerahannya, Om.

    • Herry SW says:

      Pak Idris,

      1. Susahnya bagaimana? Muncul pesan error apa?

      2. Apakah bukan karena operator yang Anda gunakan? Sinyal penuh bukan jaminan lancar bertelepon lho.

  330. Reza says:

    Betul pak hangat dan cenderung panas jika dipakai terus menerus, saya alami tidak nyaman pun ketika sedang tlp dlm jangka waktu yang lama akan terasa sangat panas rom 7.5.1

  331. bijep says:

    mantappppppppppppppppp..
    review yang sangat komplit,,,wajib dapet 2 jempol buat penulisnya,,
    semenjak baca review ini akhirnya memingan mi4i jg,,

    thx buat penulis,,reviewnya sangat berguna,,

  332. andreyanadi says:

    Halo om herry, langsung aja sy bimbang mau minang antara mi4i dengan meizu m2 note, menurut anda lebih recomended mana ya? Trimakasih sebelumnya.

    • Herry SW says:

      Pak Andreyanadi,

      Saya belum pernah mencoba M2 Note. Kalau Mi 4i, untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik.

  333. singgih says:

    Bisa pake smartfren bos tp harus jaringan di lock 4g only *#*#4636#*#* beberapa waktu yg lalu sempat pakai smartfren n untuk jaringan bagus tapi d area tertentu yg tidak stabil ga bisa connect

    • Herry SW says:

      Pak Singgih,

      Ini kita berbicara Mi 4i bergaransi resmi kan? Saya bersama teman pernah mencobanya. Hasilnya, gagal total.

  334. catur says:

    Pak Herry

    Saya mau ganti mi4i ini
    Walau pak Herry belum review lg stylus 2, mungkin dari perbandingan spek dan fungsinya, kira2 cukup signifikan upgrade nya?

    Saya suka fungsi stylusnya dan murah

    Kecuali pak Herry ada rekomendasi lain. Selain note7 yang mahal ya

    Tks
    Catur

    • Herry SW says:

      Pak Catur,

      Karena saya belum pernah uji pakai Stylus 2, saya tak bisa jawab. Satu hal yang berani saya pastikan, stylusnya takkan seenak S-Pen di Note 7 deh. 🙂

  335. Didi says:

    Pak Herry

    Saya mau tanya pak, tentang harga Xiaomi Mi4 LTE 4G Ram 3GB – 16GB – Putih di Lazada per hari ini Rp. 1.725.000,-. Sedangkan saya tilik harga di Teknokita.com dgn type yg sama di bulan ini harganya Rp. 2.600.000,-. Kenapa harganya kok beda jauh sekali ya, apa yang dijual di Lazada itu bekas pakai atau apa ya, aman ga ya beli di tempat online seperti ini, mohon beri kejelasan pak Herry, tq.

    • Herry SW says:

      Pak Didi,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Seharusnya memang sudah di bawah Rp 2,6 juta kok.

      Satu hal yang pasti, ponsel itu pasti tanpa garansi resmi. Saya sih nggak berani merekomendasikan berbelanja di Lazada. Salah satu marketplace yang sudah masuk dalam daftar hitam legam versi saya tuh. Saya hanya berani transaksi di sana kalau ada pilihan metode pembayaran COD.

  336. bayuharfianto says:

    Pak Herry, mending mi4i atau Lenovo Vibe K5 Plus ? terimakasih

  337. Andy says:

    Mau tanya gan.. Mi 4i sya di pinggir layar nya ska muncul warna merah atau ijo bila kondisi hp panas atau lama di mainin ya?? Tp klo kondisi hp dingin normal lg… Mohon penceranhanya… Mkch

  338. Inke says:

    Siang pak herry..
    Mi4i tombol on off nya sudah 3 x diperbaiki di service ponsel tetap saja tidak bisa bertahan lama paling lama 3jam setelah itu ditekan2 tidak berfungsi lagi.. Mi4i saya udah 1tahun 2bulan dipake baru seminggu ini seperti itu.. Jadi mi4i saya gak pernah terestart jadi untuk selfi aja tdak bisa dipergunakan… Mohon solusin untuk mi4i saya..ya makasih pak

    Nah berhubung saya butuh hp juga saya beli redmi 3 pro ternyata kurang bersahabat aplikasi dan kameranya yaaa pak, lebih jago mi4i

    • Herry SW says:

      Bu Inke,

      Apakah Mi 4i itu bergaransi resmi dan sudah diperbaiki di pusat perbaikan resmi Xiaomi?

      Aplikasi Redmi 3 Pro kurang bersahabat? Maksudnya gimana ya?
      Ya, kamera Redmi 3 Pro tidak sebagus Mi 4i.

  339. jutawan says:

    apakah hasil kameranya sebagus kamera lg g4
    atau malah dibawah redmi 2 kualitas kameranya
    dan untuk peformanya katanya tidak sebaik
    redmi 2 prime apakah bener om

    • Herry SW says:

      Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Kamera LG G4 lebih bagus daripada Mi 4i dan Redmi 2.

      Stabilitas Mi 4i memang di bawah Redmi 2 Prime.

  340. Zulfah Qadariyah says:

    Pagi pak herry saya baru satu minggu beli Mi4c garansi platinum , beli second melalui cod dari forum jual beli hape di facebook . Kemarin hapenya tiba-tiba panas sendiri habis itu mati dan dicas tidak merespon , sekarang hapenya bener- bener mati total . Mau dibawa ke garansi tidak ada nota pembelian dari orang pertama nya .

    • Herry SW says:

      Bu Zulfah Qadariyah,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Begitulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Karena itu, saya rutin melarang konsumen membeli ponsel tanpa garansi resmi.

  341. ika says:

    pak herry , apa benar harga hisense pureshot 1,5 juta ? soalnya saya lihat di lazada dan blibli.com harganya kisaran 1,5jt . apa di toko offline juga harganya segitu?

    • Herry SW says:

      Bu Ika,

      Lebih tepatnya, harga Pureshot saat ini Rp 1,299 juta. Kalau yang Rp 1,499 juta (dibulatkan jadi Rp 1,5 juta) itu Pureshot+.

  342. Jordan says:

    Koh
    Apakah kamera depan Mi 4i bisa rusak?
    Di internet orang2 mengeluhkan kamera depannya
    Benar gak?

    • Herry SW says:

      Pak Jordan,

      Kamera ponsel apa pun bisa rusak. Kalau spesifik ke Mi 4i, memang ada beberapa keluhan terkait kamera depan.

  343. gunawan says:

    mi4i udah di upgrade ke miui 8 belum om
    dan bodinya masih panas gak
    dan apakah peformanya jauh lebih baik.thx

  344. gunawan says:

    adakah merk lain yang punya kamera dan layar sebagus mi4i dengan harga yg gk jauh berbeda

    • Herry SW says:

      Pak Gunawan,

      Belum ada.

      Satu pertanyaan saya belum Anda jawab. Anda sebenarnya mau beli ponsel apa dan kapan? Saya perhatikan sudah lama Anda menanyakan beragam hal, tetapi tak jelas kapan Anda akan benar-benar mengeksekusi pembelian ponsel.

  345. anjar citra says:

    selamat malam pak hsw.. saya mau meminang xiaomi mi4 lewat aplikasi credit yg lagi booming, nah pertanyaan saya kenapa harga xiaomi mi4 lebih murah dari xiaomi mi4i pak diharga aplikasi tersebut?? sedangkan dari spek pasti unggul xiaomi mi4?? apakah barang tsb banyak mengalami masalah dan mengakibatkan harga sekarang turun lebih banyak dari xiaomi mi4i?? dan saya minta saran pak hsw..lebih baik saya meminang xiaomi mi4/xiaomi redmi note 3 pro/oppo a37?? makasih bapak kalau bersedia menjawab

    • Herry SW says:

      Pak Anjar Citra,

      Aplikasi kredit apa? Saya jadi penasaran nih.

      Mi4 pasti tanpa garansi resmi, sedangkan Mi 4i ada yang bergaransi resmi. Itu turut mempengaruhi harga. Kamera Mi 4i juga lebih bagus.

      Mi4 langsung coret. Oppo? Mending jangan deh. Yang tersisa berarti tinggal Redmi Note 3. Pastikan membeli unit yang bergaransi resmi.

  346. iok says:

    Pak Herry, Mi 4i milik saya, saya isi daya dalam keadaan padam dan sudah menunjukkan 100% baterai. Saat saya nyalakan, meteran baterai menjadi 95%. Kira-kira kenapa ya? Atau memang wajar.

    • Herry SW says:

      Pak Iok,

      Sudah berapa lama Mi 4i itu Anda pakai? Kalau sudah setahun lebih, masih bisa dikategorikan wajar.

  347. iok says:

    Belum ada satu tahun pak. Bulan maret tanggal 11 besok baru satu tahun. Saya belinya bekas. Baru sekitar sebulan saya pakai. Saya juga tidak tau riwayat cara isi ulang batre dari pemilik sebelumnya

    Ralat sedikit pak. Setelah saya perhatikan lagi, bukan 95%. Tapi 99%. Jadi ketika padam 100%, lalu dinyalakan 99%. Dan dari 99% ke 95% itu terasa cepat. Penggunaan saya tidak semasif anda, makanya menurut saya kok boros banget Mi 4i ini. Padahal kaapsitasnya di atas 3000mAh. Atau batrenya tidak beres dan bisa klaim garansi?

  348. jono says:

    bukanya snapdragon 615 dibawah snapdragon 801
    kok lebih hasil benchmarknya dibanding lg g3
    secara keselurahan jika mi4i dibanding lg g3
    lebih bagus mana peforma dan hasil kameranya

    • Herry SW says:

      Pak Jono,

      Soal mengapa hasil benchmark lebih tinggi, ya tanyakan ke developer Antutu deh. Saya kan cuma menjalankan aplikasi itu.

      Kamera lebih bagus Mi 4i. Performa keseluruhan lebih bagus G3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *