XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik saat Ramadan dan Libur Lebaran

XL Axiata menyatakan siap menghadapi lonjakan trafik yang rutin terjadi saat Ramadan dan libur panjang Lebaran. Selain meningkatkan kapasitas jaringan, XL mengimplementasikan pengelolaan jaringan berteknologi terbaru. Dengan begitu, pengaturan jaringan bisa disesuaikan dengan kondisi trafik di wilayah tertentu secara lebih mudah.

Sementara itu, efektif per 11 Mei lalu XL juga resmi meningkatkan kualitas layanan dan memperluas area layanan 4G LTE di Jogja dan sekitarnya. Layanan 4G LTE XL di Kota Gudeg sebelumnya mengudara di frekuensi 900 MHz dengan area layanan di dalam wilayah kota Jogja saja. Kini 4G LTE XL menggunakan frekuensi 1800 MHz. Area layanan pun diperluas hingga sekitar Mlati, Depok, Sewon, Kotagede, dan Gamplong.

XL Jogja-5

“Selama Ramadan dan Lebaran, kami memperkirakan kenaikan trafik terbesar terjadi atas layanan data. Kenaikannya mencapai 30 persen sampai 40 persen. Sedangkan trafik layanan voice call dan SMS akan cenderung stabil. Seandainya terjadi kenaikan pun takkan lebih dari 15 persen dibandingkan hari biasa,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur dan Chief Service Management Officer (CSMO) XL, di sela-sela acara XL NetRally 2016 di Jogja, 11-12 Mei lalu.

XL Jogja-1

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik itu, sambungnya, XL telah melakukan berbagai langkah. Pertama, meningkatkan kapasitas jaringan sebanyak 2-3 kali lipat dibandingkan hari biasa. Kedua, mengarahkan sekitar 20 mobile BTS di lokasi-lokasi yang diyakini akan padat pengguna. Misalnya, terminal bus, bandara, dan lokasi wisata.

Berikutnya, menerapkan teknologi Network Function Virtualization (NFV) yang memungkinkan XL mengatur kapasitas jaringan berdasarkan kebutuhan di area tertentu. Dengan NFV, proses penambahan maupun pengurangan kapasitas jaringan bisa dilakukan secara cepat.

Keempat, menerapkan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Saat mudik dan liburan, lonjakan trafik seringkali hanya terjadi di lokasi tertentu. Sebaliknya di berbagai lokasi lain trafik jaringan tidak padat. Teknologi yang digunakan XL itu dapat membantu menyebarkan lonjakan trafik di suatu lokasi ke beberapa titik lain.

Kelima, sejak 1 April lalu layanan 4G LTE di area tertentu telah memanfaatkan lebar pita 15 MHz di frekuensi 1800 MHz. Sebelumnya, layanan 4G LTE 1800 MHz baru menggunakan lebar pita 10 MHz. Penambahan lebar pita itu akan meningkatkan kapasitas serta kecepatan layanan 4G LTE XL.

Jogja Dipandang Spesial

Menjelang bulan Ramadan, seperti biasa mengundang awak media massa dan blogger untuk mengikuti uji jaringan. Acara berlabel XL NetRally tersebut kali ini dilakukan di Jogja. “Jogja dijadikan sampel karena setiap tahun menjadi tujuan pemudik maupun wisatawan selama libur panjang Lebaran. Sehari-hari trafik layanan data XL di Jogja yang tertinggi keenam se-Indonesia,” tutur I Gede Darmayusa, Vice President Service Operation Management XL.

XL Jogja-3

Dengan menumpang bus, peserta XL NetRally 2016 diajak mengelilingi berbagai area di Jogja dan sekitarnya. Di antaranya, melewati Stasiun Kereta Api Tugu, Kebun Binatang Gembira Loka, Jogja Expo Center, Gedong Kuning, Kotagede, dan Monjali alias Monuman Jogja Kembali.

Selain mengetes performa jaringan, XL tampaknya ingin menunjukkan kepada peserta bila cakupan layanan 4G LTE XL di Jogja sekarang telah lebih luas daripada sebelumnya. “Sinyal di lebih dari 90 persen area yang tadi kita lewati masuk dalam kategori baik. Kekuatan sinyalnya minimal -95 dBm. Sinyal 4G LTE didapatkan di 95 persen area,” tukas Gede saat menjelaskan hasil uji jaringan.

Bahwa Jogja dipandang spesial oleh XL diamini Dian Siswarini, Presiden dan CEO XL. Menurutnya, Jogja adalah salah satu basis industri kreatif sekaligus kota budaya dan pendidikan. Saat libur Lebaran, lonjakan trafik XL di Jogja adalah yang paling tinggi se-Indonesia. Persentasenya lebih dari seratus persen.

XL Jogja-4

“Koneksi internet yang berkualitas sangat dibutuhkan di sini. Karena itu, 4G LTE XL di Jogja sekarang memanfaatkan frekuensi 1800 MHz. Selain bisa lebih cepat dan stabil, ponsel 4G LTE yang kompatibel akan lebih mudah diperoleh,” jelas Dian saat meresmikan peningkatan kualitas layanan 4G LTE XL di halaman Candi Prambanan, 11 Mei 2016 malam.

XL Jogja-2

Saat ini telah beroperasi lebih dari 200 BTS 4G di Jogja dan sekitarnya. Infrastruktur tersebut melayani sekitar 627 ribu pengguna layanan data. Total tercatat ada 1,9 juga pelanggan XL di Kota Gudeg.

41 thoughts on “XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik saat Ramadan dan Libur Lebaran

  1. Sejak 17 April daerah saya (Kota Jambi di Prov Jambi) sudah tercover layanan 4G Tsel. Kurang tau sebelumnya sudah 4G atau belum, karena setelah cukup lama saya set hp saya ke auto 2G/3G/4G akhirnya saya nyerah dan set hp saya ke WCDMA Only. Tgl 17 April baca berita mengenai launch 4G di Central Park, akhirnya saya set hp Tsel saya ke 4G dan bisa menikmati layanan 4G sejak saat itu.

    Nah kalau untuk XL sejak tahun 2015 lupa bulan berapa saya ganti kartu baru menurut pihak XL kartu mereka sudah support 4G. Kartunya juga sudah berbentuk mini/micro/nano sim dari sananya jadi tidak perlu dipotong lagi. Tapi sayangnya sampai hari ini layanan 4G belum aktif disini. Padahal kuota bonus 4G saya mulai menumpuk

  2. ah 4G xl aja belum merata di surabaya.. daerah ploso timur aja gak ada 4G nya.. kalah sama si kuning, merah atau si semar

  3. Jangankan buat internetan, buat sms aja susah sinyal XL dan indosat di daerah saya. Padahal sinyal 4G smartfren udah masuk… Telkomsel hanya mentok di HSDPA…

  4. Xl ngubah tarif se enak nya om hsw. Saya pelanggan xl lumayan lama mungkin ada 12 thn man lebih mulai dr kuliah thn 2000 an. Tarif tlp yg cdma 90/menit. Tahu2 di ganti jadi 350/menit.
    Terus internet nya paling sering lag gak jelas. Gak bisa di buat apa2 buka ini iti pasti gak bisa,kebnyak an promo paket internet.
    Gak kayak telkomsel semenjak dulu sampe skr tarif tlp nya cuman 50/menit
    Atau indosat 100/menit. Kedua nya relatif nyaman di gunain utk internetan.

  5. Koh,mau tanya
    itu ada mifi 4g nya telkomsel. Harganya hampir setara zenfone max, Rp 2.166.000 an, itu kok bisa segitu mahal ya koh? Padahal banyak mifi yang harga di kisaran ratusan ribu rupiah

    1. Pak Syahrullah,

      Salah satu hal yang membuat harganya mahal, paket penjualan sudah termasuk kuota internet 12 GB per bulan selama 12 bulan. Jadi, total 144 GB.

  6. Koh Herry, sory OOT, mau tanya nikh, sy pernah baca kalau Hp yg tak punya sensor kompas akan kurang akurat dipakai buat GPS. Selama ini saya coba Gmap, Route66 & Waze pakai Lenovo Vibe P1m yg tak ada sensor kompas kok rasanya normal2 aja ya. Memang bedanya dimana sikh. Tolong dijawab ya sebab penasaran banget nikh. TQ

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Tanpa sensor magnetik/kompas tetap bisa menunjukkan lokasi dengan akurat kok. Bedanya, kalau tak ada sensor magnetiknya, ponsel takkan bisa menunjukkan arah mata angin.

  7. Pak Herry,agak melenceng pertanyaan Saya dari topik diatas,apa Bapak sudah pernah menggunakan Blaupunk Sonido x1 plus,bagaimana menurut Pak Herry,Saya tertarik dari segi Audionya,Terimakasih

    1. Pak Richard,

      Maksud anda ponsel Blaupunkt Sonido X1 Plus kan? Bukan Blaupunk. 🙂

      Saya belum pernah mencobanya. Mau iseng beli juga tak berani. Dalam pantauan saya, di toko-toko yang menjual ponsel Blaupunkt, ponsel itu ibaratnya cuma jadi pajangan. Nggak ada yang beli karena harganya premium banget. Padahal, rekam jejak ponselnya belum diketahui.

  8. XL di Jakarta Barat, belakangan ini sangat lambat untuk data, terutama jika non 4G, kalau untuk 4G masih lumayan, tp nggak secepat th lalu, 4G rata2 diatas 20mbps, puncaknya bs tembus 50mbps di daerah Gajah Mada, Jakarta.
    Tahun ini, di daerah yg sama rata2 cuma sekitar 5 sampai 8mbps….
    GPRS/EDGE/WCDMA/HSPA? Lambaaaaat dan sering sering disconnect… Kecepatan paling2 2 mbps.
    Soale saya suka streaming tune in n tube mate, jd kalau lambat or disconnect, berasa banget.

    Kalah jauh ama Telkomsel sekarang… Kalo telkomsel dr th lalu sampe sekarang masih stabil, ada turun sedikit, tp masih ok.

    1. Pak Aming,

      Terima kasih atas sharing-nya. Kemarin sampai nanti malam saya kebetulan di Jakarta dan sengaja mencoba 4G LTE XL. Performa 4G LTE XL di Jakarta secara umum jauh lebih bagus daripada di Surabaya. Kemarin di Bandara Juanda Surabaya akses internet XL praktis bengong total, sedangkan di Bandara Soekarno Hatta lancar jaya.

      Lokasi pemakaian lain di Jakarta, kemarin, di sekitar Mega Kuningan, Jl Zainul Arifin, dan sekitar Thamrin. Kalau Jakarta Barat itu contohnya di daerah mana ya, Pak?

      1. Saya kebanyakan di Jakarta Barat wilayah Puri Indah, Kedoya, Duri Kepa, Tanjung Duren, Roxy, sampai daerah Gajah Mada.
        Secara keseluruhan XL terutama yg non 4G, menurun jauh kualitasnya.
        Yg 4G pun jg menurun, tp masih bs ditolerir.
        Waktu itu saya pakai XL non 4G menggunakan Samsung Note 3, dan XL 4G menggunakan Samsung A5, Samsung Note 5 dan Xiaomi Redmi 2.
        Itu pengalaman pribadi saya pak.

        1. Pak Aming,

          Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

          Terima kasih atas sharing-nya, Pak.

  9. Pak Herry, apakah punya rencana review LG Stylus 2 yang baru saja masuk ke sini? Ingin mencoba produk LG karena aftersales katanya terbaik tapi harga dibanding spek terasa tidak layak dibeli.

    1. Pak Syahrullah,

      Hitung-hitungan kasar saja ya, untuk nomor existing, paket data 12 GB Telkomsel itu nilainya Rp 300 ribuan. Jadi, kalau dikalikan 12, total malahan melebihi harga mifi-nya.

      1. Paket telkomsel 12 GB itu berlaku 24 jam atau ada pembagian waktunya, Pak Herry? Soalnya pakai paket loop 12 GB/bulan seharga Rp 62rb, tapi kebanyakan kuota kalong.

        1. Pak Tanpo Jeneng,

          Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

          Kalau tak salah ingat, yang 10 GB bebas dipakai kapan saja, sedangkan 2 GB yang lain hanya tengah malam.

    1. Pak Bang Adel,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Jawaban saya: ada.

  10. Pak hsw dari sejak tahun 2001 sampe sekarang masi tetep setia ama xl tp sekarang xl tak seperti dulu internet terasa lola sering diskonec saya tinggal di kabupaten cirebon untuk menikmati 4G kita harus pergi ke kota yg jaraknya lumayan jauh harapan saya tuk taun kedepan 4G bisa di nikmati untuk wilayah kabupaten

  11. pak herry,
    mau tanya kartu XL saya kok dapet SMS dari XL yang isinya “silahkan tukarkan kartu XL anda sebelum tanggal 31 mei di gerai XL terdekat”.
    yang jadi pertanyaan apakah saya harus mengganti sim card saya ?
    terima kasih pak

    1. Pak Irwansyah,

      Apakah tidak ada keterangan mengapa Anda harus menukarkan kartu? Coba tanyakan kepada petugas call center XL di 817 deh.

    1. Pak Syahrullah,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Tipikal market leader deh, Pak. Perusahaan yang menjadi pemimpin pasar biasanya mematok harga lebih tinggi.

  12. Pak HSW.

    Sebelumnya saya sudah tahu bapak di salah satu tabloid, punya kolom sendiri untuk mereview ponsel baik trik dan tipsnya. Pertanyaannya, pak saya berencana membeli Lenovo Vibe Shot second dengan harga 3,5 juta di salah satu toko online. Apakah worthy pak?

    1. Pak Wilson Wijaya,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Tabloid apa nih? Kalau tabloid Nyata, sejak September tahun lalu saya sudah tidak mengisi rubrik di sana lagi.

      Hmm…. agak terlalu tinggi nih. Pakai ambang batas Rp 3,25 juta saja deh.

  13. Numpang tanya
    1. Sinyal xl di rumah saya lantai 1 itu edge tapi kalau saya naik ke lantai 2 dapat sinyal 3.5G nah mungkin tidak kalau dilantai 1 itu bisa dapat sinyal 4G.

    Apakah mungkin suatu operator sinyal 4G kuat tetapi 3.5G tidak kuat atau harus dapet dulu 3.5G baru memungkinkan dapat 4G

    2. Bapak ada pengalaman tidak replace kartu 4 G lebih dari satu misal 4 apa makan waktu yang lama atau sama cepetnya dengan nukar 1 kartu saja, jadi kan bisa dirapel nuker kartunya yang ortu, kakak, adek dengan identitasnya masing masing

    Terima kasih

    1. Pak Dani,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      1. Kemungkinan selalu ada. Namun, peluangnya kecil.

      2. Pernah. Tentu lebih lama dibandingkan hanya menukarkan satu kartu. Namun, tidak berbeda signifikan kok. Anggaplah menukarkan satu kartu memerlukan waktu lima menit. Kalau empat kartu, bukan berarti 4 x 5 menit = 20 menit. Mungkin hanya sekitar sepuluh menit.

  14. Saya menggunakan Xiaomi Note 3, selama ini saya belum pernah mendapatkan sinyal 4G XL. apakah gawai ini tidak bisa digunakan untuk 4G XL ? ataukah memang di gresik XL belum menggelar jaringan 4G ? Terima kasih

  15. Pak @herrysw ada olshop yg menawarkan handphone berbagai jenis dengan harga cuma 950k mengaku Alamat Tokonya dj STUDIO PHONE Di Gedung WTC (Word Trade Center),Jl.Pemuda No.17 Surabaya (Jatim) Berseblahan dengan Delta Plaza & Hotel Surabaya Plaza.lantai 2. Ini penipuan bukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *