2 + 5 Plus Minus Asus Zenfone 4

Sudah diluncurkan, ramai dipromosikan, dicari banyak peminat, tetapi stok sangat terbatas. Itulah yang terjadi dengan Asus Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6. Penulis kebetulan telah mencicipi Zenfone 4 dan menjumpai beragam plus minus di ponsel itu.

Kumpulan Zenfone 4

Zenfone 4 layak diberi nilai plus karena:

Satu: hasil jepretan kamera terbilang bagus dibandingkan ponsel lain berharga setara, bahkan yang lebih mahal sampai sekitar Rp 600 ribu. Kamera juga dibekali aneka efek yang menarik dieksplorasi.

Dua: untuk sebuah ponsel berharga jual resmi Rp 1,099 juta dan harga pasar saat ini Rp 1,2 juta, respons Zenfone 4 tergolong gegas. Antilelet.

Zenfone 4 juga pantas memperoleh nilai minus lantaran:

Satu: built quality di bagian tertentu sangat mengecewakan. Gambarannya begini. Anggaplah Zenfone 4 terbagi menjadi dua bagian besar. Pertama, back cover alias penutup baterai. Yang ini tergolong bagus.

Kedua, bagian yang menyatu dengan layar. Anda bisa menamakan bagian kedua itu sebagai sisi atas atau sisi depan, bergantung dari mana Anda memandangnya. Nah, bagian depan tersebut memiliki built quality alias kualitas pengerjaan yang mengecewakan. Bagian tepi bodi Zenfone 4 milik penulis yang diterima dalam kondisi tersegel, bila diteliti ternyata tampak geripis. Bukan hanya di salah satu sisi, melainkan di tiga sisi sekaligus: kiri, kanan, dan atas.

Dua: rakus baterai. Baterai bawaan Zenfone 4 berkapasitas 1.200 mAh. Setelah diisi ulang untuk kali pertama lalu digunakan, daya baterai berkurang dari seratus persen menjadi lima persen hanya dalam 2 jam 12 menit. Padahal, ponsel cuma dipakai untuk memantau email, mengunduh aplikasi berukuran 12 MB, dan beberapa saat memainkan Minion Rush alias Despicable Me.

Setelah di-charge lima kali, daya tahan baterai membaik signifikan. Itu pun rata-rata 4,5 jam saja. Paling lama nyaris menyentuh lima jam. Dengan demikian, meskipun paket penjualan Zenfone 4 menyertakan dua baterai, pengguna idealnya tetap membekali diri dengan power bank atau charger. Tanpa membawa salah satu peranti tersebut, pengguna harus siap kehabisan baterai saat seharian beraktivitas.

Apakah selama uji pakai Zenfone 4 sama sekali tak dipakai bertelepon? Dipakai sih. Namun, karena kondisi yang dipaparkan pada poin nomor 4 di bawah, ia praktis hanya digunakan bertelepon dalam hitungan detik.

Tiga: biarpun cuma dipakai untuk aktivitas ringan, bodi belakang ponsel relatif mudah terasa hangat mendekati panas. Kondisi itu semakin kentara kalau pengguna melepaskan back cover, kemudian langsung meraba permukaan baterai.

Empat: setiap kali digunakan menelepon, tak lama kemudian layar padam dan tidak dapat dinyalakan lagi. Menekan tombol power terbukti gagal menyelesaikan masalah. Satu-satunya cara yang manjur adalah melepaskan baterai, memasangkannya kembali, lalu sekali lagi mengaktifkan ponsel.

Kondisi di atas tak terjadi bila Zenfone dipakai untuk mengeksekusi perintah USDD/UMB. Misalnya, *123#.

Layar “mabuk” di atas terjadi sejak hari pertama pemakaian. Siang ini, 29 April 2014 pukul 13.31, sebuah solusi jitu tanpa sengaja ditemukan. Ini jurusnya: setiap kali ponsel baru diaktifkan, segera lakukan panggilan telepon. Bebas mau menelepon ke nomor berapa pun. Asal pencet nomor juga boleh kok. Begitu proses dial dimulai, 2-3 detik kemudian panggilan boleh diakhiri. Dengan melakukan langkah tersebut, probabilitas layar Zenfone 4 “mabuk” saat dipakai bertelepon akan menurun drastis dari seratus persen menjadi di bawah lima persen.

Lima: di menu bawaan tidak tersedia pilihan untuk mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G. Hal itu berpotensi memicu masalah karena ada operator yang menawarkan paket internet khusus di jaringan 3G. Sebagian pengguna biasanya juga gemar mengunci ponsel di jaringan 3G demi menikmati kecepatan akses yang lebih baik.

 

167 thoughts on “2 + 5 Plus Minus Asus Zenfone 4

  1. Wah sayang sekali, ternyata banyak minusnya. Padahal saya pikir Zenfone ini bakalan jadi primadona untuk entry level. Sepertinya lebih baik melirik ke vendor lain πŸ˜€

  2. itu sih zenfone anda,zenfone yg sy beli tidak separah itu….
    semua berjalan baik2 saja…untuk pemakaian normal batre dpat bertahan seharian…gak nyesel sy pke zenfone 4 ini..

  3. Pembaca thread ini,

    Tampaknya ada yang coba mengacau di blog Ponselmu.com. Beberapa tanggapan/komentar di atas bukan dikirimkan oleh saya.

    Selama ini seluruh komentar bisa langsung muncul di blog karena tanpa moderasi. Dengan kejadian ini, untuk sementara saya akan memberlakukan moderasi.

    Mohon maklum dan terima kasih.

  4. saya udah coba zenfone 4 selama seminggu… minusnya cuma 1 bagi saya, yaitu baterai yg cepat habis pada waktu screen on. Pemakaian normal saya 7 jam 19 menit sisa 62 persen. dipake nelpon, browsing sesekali, bbm on , twitter on, fb on dan tanpa game.

  5. kalo liat cara balas “Herry SW” memang tak biasa. setelah gulir ke bawah ternyata memang ada klarifikasi langsung dari Herry SW asli πŸ˜€

    1. Pak Arif,

      Saya tadi kaget waktu memantau blog. Kok ada empat komentar dari saya. Padahal, saya tidak merasa mengetikkannya. Ternyata, saya punya kembaran aspal. πŸ™‚

  6. Apakah Zenfone 4 “dianaktirikan” oleh Asus ya?
    Saya pake Zenfone 5, tidak ada geripisnya sama sekali.
    Baterai tidak seboros itu. Saya gunakan untuk WA, BBM, Email, browsing, update twitter dan fesbuk, sesekali telpon dan main game, rata2 12 jam baru dicharge lagi, bahkan seringkali lebih.
    Saya juga tidak mengalami layar mabuk itu.
    Jadi kalau tidak seperti dugaan saya, Zenfone 4 dianaktirikan, mungkin Pak Herry apes saja dapat unit yg kebetulan jelek

    1. Pak Oom Yahya,

      Soal Zenfone 5 apakah dianaktirikan, saya tak mengetahui jawabannya.

      Kapasitas baterai Zenfone 5 kebetulan lebih besar daripada Zenfone 4: 2.050 mAh versus 1.200 mAh. Namun, bila dihitung secara matematis plus mengacu pada pengalamanan Anda, hasil akhirnya tingkat konsumsi baterai Zenfone 5 memang lebih hemat.

  7. hai ponselmu.com…
    saya sudah menjelajah berbagai blog/web yg membahas zenfone 4, karena saya tertarik untuk membelinya.

    >> saya beberapa hari ini juga mengikuti review zenfone 4 di ponselmu.com, agak bingung juga. begini saja Pak Herry SW, coba anda tampilkan layar yg GERIPIS itu di ponselmu.com, biar gak simpang siur.

    >> kalau batere emang ada beberapa yang mempermasalahkan, tapi cuma di sini yg parah cuma tahan 2jam katanya, itu dicahrge penuh apa separuh?

    >> kalau layar mabuk juga hanya saya temukan di ponselmu.com, entah kebetulan atau bagaimana saya gak tau.

    terima kasih.

    1. Pak Addicted,

      Saya sudah coba memotret bagian yang geripis itu. Namun, karena kecil, kamera sulit mengabadikannya. Besok saya coba lagi deh.

      Baterai tahan 2 jam 12 menit itu saat baru di-charge sampai penuh untuk kali pertama. Kini setelah di-charge lima kali, kemampuan meningkat signifikan menjadi rata-rata 4,5 jam.

      Soal layar mabuk, terus terang saya sudah pening kepala karena selama lima hari praktis tak bisa memakai Zenfone 4 untuk bertelepon. Untunglah tadi tak sengaja menemukan solusinya.

  8. Di moderate aja dulu blognya bung HSW, saya rasa itu hanya 1 orang yg posting dengan berbagai nama di blog HSW, dan akhirnya iseng pakai nama bung HSW. Heran ada saja user seperti itu, kebakaran jenggot sendiri.

    Minus-minus Zenfone 4 saya ga terlalu kaget, lah harganya segitu. Sama seperti hp2 China eh Tiongkok yg di rebrand disini, secara spec menarik, tapi belum tentu bagus. Sama2 mega pixel kameranya saja hasil tiap smartphone beda kan?

    Mudah2an Asus bisa terus memperbaiki kualitas produknya, jadi makin banyak pilihan buat customer, tidak merk itu2 saja. Nih saya ketik dari laptop Asus saya. Siapa tau kedepannya pakai smartphone Asus juga.

  9. Ok Pak HSW…

    >> kalau boleh tau pemakaian 4-5jam itu dipakai buat apa saja Pak?

    >>kalau seandainya data internet mati (hanya sms+tlpn saja) kira2 tahan berapa lama batere zenfone 4 itu?

    terima kasih Pak infonya.
    [di sini harga zenfone 4 miring banget hehe]

    1. Pak Addicted,

      Jawaban saya ketikkan di bawah setiap baris pertanyaan Anda ya.

      >> kalau boleh tau pemakaian 4-5jam itu dipakai buat apa saja Pak?

      Email, WhatsApp, browsing ringan, dan main game beberapa menit.

      >>kalau seandainya data internet mati (hanya sms+tlpn saja) kira2 tahan berapa lama batere zenfone 4 itu?

      Nah, yang ini tidak saya coba. Sebab, ponsel Android idealnya memang dipakai dengan terkoneksi ke internet.

      >>>[di sini harga zenfone 4 miring banget hehe]

      Di mana, Pak?

  10. Kayaknya ga mungkin asus jual smartphone yg hanya memiliki daya tahan 4 jam an,sama aja bunuh diri.kemungkinan besar smartphone yg anda punya cacat!dan ga semua zenfone 4 begitu,dengan baterai 1200 ya?seharusnya kuat 7jam an,untuk pemakaian standar

  11. Menarik sekali membaca review asus ini, lebih heboh sales yg bicara semaunya sendiri, berarti seperti itulah perusahaan sekelas ASUS merekrut karyawan, ganti merk aja menjadi ASU jd lebih pantas

  12. Kalo menurut saya sih, ini Asus nya yg apes. Kalo misal unit zenfone4 nya beneran cacat, kok ya apes unit cacat itu yg dibeli ko herry untuk direview. Hehehe..
    Jadi ga salah kalo tulisannya ko herry cenderung negatif.
    Seandainya kita beli ponsel, dan ternyata cacat / cepet rusak, tentu nya kita juga bakal menceritakan kejelekan tsb ke orang lain.

  13. Kemungkinan yg bisa bikin “bocor batrei” zenfone4 itu karena “kecanggihan” zenfone4 yg ga disertai batrei daya besar.

    Kalo yg saya tau di PC, semakin canggih / cepat / banyak core di prosesor, biasanya semakin banyak pula daya yg disedot prosesor tsb untuk bekerja. Begitu juga di bagian graphic.
    Belum lagi ttg tampilan UI yg katanya canggih dan bagus + aplikasi2 bawaan asus, tentu dapat membebani ponsel shg menyedot banyak batrei..
    Mungkin dengan kecanggihan seperti ini, batrei 1200 kerasa kurang..

    1. Pak @halloarie,

      Ya, saya menduga begitu. Mungkin ibarat mobil diberi mesin kencang dan ber-cc tinggi. Jadinya, lebih boros bensin deh.

  14. Salut! Review yang sangat jujur, Pak HSW!!!

    Kalau Anda posting di forum agan-agan, tentu Anda akan dilempar bata merah sama seperti saya, yang sepertinya banyak sales ASUS di forum tersebut yang tergoncang dengan kekurangan ZF4 tersebut. Bisa jadi komentator yang mengatasnamakan Pak HSW orang yang sama di forum agan-agan.

    1. Pak Andy,

      Kebetulan saya tidak aktif di forum tersebut. Fungsi bata merah itu untuk apa ya? Apakah kebalikan cendol?

  15. Mikir 3x dah mau beli ni barang, batrainya corbo…
    te*no *p aja review batrainya parah, mau mengelak gimana lagi?

    1. Pak Andy Winawan,

      Terima kasih atas informasinya. Kabar yang menyegarkan nih. Semoga saja penambahan kapasitas baterainya sangat signifikan. Risikonya, ponsel bertambah tebal dan penutup baterai kloter pertama tidak bisa digunakan di Zenfone 4 kloter kedua.

  16. Pak HSW.
    Dengan mengabaikan stok asus zenfon 4 dipasaran. jika budget maksimal saya 1,3 juta. Pilihan apa yang menarik. Klo bisa ada kamera depan. Trimakasih

    1. Pak Cokro,

      Hmmm… maaf, belum ada yang dapat saya rekomendasikan. Ada beberapa ponsel di kisaran harga segitu, tetapi saya belum pernah mencobanya.

  17. kalo saya sih pengen komentari pendistribusian si Zenfone yg super lelet. launching jor-joran ampe bos besar hadir, target penjualan tinggi, tapi ampe sekarang barangnya susah, malah ada kemungkinan bakal mundur lagi. dikira orang bakal sabar nunggu ampe berbulan-bulan kali ya, emangnya uda punya brand kuat seperti apple yg bikin calon pembeli sabar menunggu? terlalu kepedean si asus, yang ada hari demi hari kehilangan satu demi satu potensial buyernya. begitu hegemoni nya lewat, zenfone bakal dilupain orang karena melakukan php.

  18. Terimakasih pak herry atas jawabannya.
    maaf 1 pertanyaan lagi. Jika dibandingkan dengan Nokia X. Lebih menarik mana pak

  19. pak Herry, apa zenfone 4 ini support otg? kira2 ada niat buat review zenfone 5 dan 6?

    makasih pak

    1. Pak Amaris,

      Ya, Zenfone 4 mendukung OTG. Belum tahu kelak saya akan me-review Zenfone 5 dan Zenfone 6 atau tidak.

      Dulu yang saya pastikan adalah saya akan me-review minimal satu unit di antara tiga tipe Zenfone itu, bergantung mana yang didapat duluan. Nah, waktu itu akhirnya saya dapat Zenfone 4 dulu.

  20. Numpang koment sebuah review om.

    Menurut saya review independent seperti yang om Herry lakukan justru menguntungkan sebuah brand (sales brand) karena dengan uset membaca sisi minus sebuah acang paling tidak sales telah terkurangi rasa bersalahnya karena pembeli “gelo” membeli sebuah acang.

    Dalam 1,5 tahun ini saya membeli 4 buah acang justru karena membaca sisi minus sebuah acang. Karena sisi positifny saya dapatkan dari banyak sumber. Dengan membaca sisi negatif dari acang tersebut, saya ga β€œgelo” meminang produk tsb. Terima kasih

    Nb: post sebelumnya bisa di hapus om

    1. Pak Khaidir,

      Terima kasih atas tanggapannya. Ok, posting sebelumnya saya hapus ya. Sepertinya terkirim sebelum tuntas ya.

  21. Saya selama ini selalu membaca review dari Pak Herry dan memang selalu melakukan review dengan obyektif, kalaupun ada yang yang kontra ya itu resiko. πŸ˜€

    Saya sudah membaca review-review lain tentang Zenfone 4, dan memang rata-rata maksimal hanya bisa memakai selama 5 jam. Kalaupun memang cuma bisa 5 jam, saya kira itu sudah wajar karena dengan kapasitas 1200mAh harus “melayani” chip Dual Core / Quad Thread, bukan sebuah kecacatan kalau dilihat dari kapasitas baterai dengan sistem yang harus disupport baterai.

    Kalaupun ada yang mengalami diatas 5 jam, kemungkinan parameter pengukuran “pemakaian normal” yang dilakukan oleh pengguna tersebut berbeda dengan “pemakaian normal” ala orang yang sering melakukan review.

    Dan jika sales Asus kebakaran jenggot karena masalah baterai ini dengan menutup-nutupi bahwa baterai Zenfone 4 bisa tahan lama, ya itu saya kira karena seri Zenfone ini sudah disiapkan sedemikian gelegarnya untuk pasar Indonesia, jadi sebisa mungkin “nila setitik” itu ditutupi, walau secara spesifikasi masalah baterai itu sebenarnya bukan sebuah “nila”.

    Ya mau bagaimana lagi wong kapasitasnya memang cuma 1200mAh kok minta tahan lama. Di spesifikasi sebelum membeli juga tertulis jelas, makanya saya masih tertarik untuk membeli Zenfone 4 ini karena sudah tahu resikonya. πŸ˜€

    Soal tampilan Zenfone yang menurut Pak Herry ada geripis, saya mencoba menampilkan Hands-On Zenfone 4 dari website review terkemuka di dunia, apakah seperti ini yang Pak Herry maksud.

    http://static.trustedreviews.com/94/00002a812/3684/zenfone-4-91.jpg

  22. Saya berencana membeli Zenfone 4 buat ponakan. Namun jadi ragu. Saat ini, saya pakai Zenfone 5, dan daya tahab baterainya lumayan bagus. Desainnya juga keren, menurut saya serta belum mengulah.

  23. Wah tampilan baru pak Herry,dan usulan saya sudah di penuhi sekarang setiap komen ada informasi waktunya,tapi masih ada yang menjadi pertanyaan kenapa agak susah masuk nya apalagi pake opera mini kadang error.maaf pak banyak komplen soalnya saya selalu mengikuti review pak Herry, kalo mudah di akses kan jadi enak .terimakasih.

  24. Betul, Pak HSW. Bata merah kebalikan dari cendol. Benar-benar mengerikan sekali di forum itu, bahasa yang digunakan juga kasar.

  25. iya om kurang tuntas, setelah update chrome di android agak aneh kalau ngepost disebuah blog, jadi berantakan tombolnya. untuk tampilan blog om Herry secara umum saya suka, hanya agak mengganjal posisi nama pengirimnya di sebelah kanan dibanding disebelah kiri (mungkin karena saya megang acang dengan tangan kanan jadi agak tertutup)
    itu aja masukannya

    1. Pak Khaidir,

      Oh begitu tho ceritanya.

      Soal tampilan blog, tadi malam saya melakukan trial and error mencoba aneka theme baru. Buat penyegaran. Akhirnya saya pilih yang sekarang ini. Setuju, saya juga ingin nama pengirim komentar ada di sebelah kiri. Masalahnya, tak ada pilihan menu untuk mengubahnya. Mau bikin theme sendiri belum bisa. Saya nggak paham bahasa pemrograman.

  26. hari ini FB nya ASUs Indonesia sukses menuai banyak protes, komplain, serta caci maki terkait pemasaran Zenfone yang amburadul..

    1. Pak Eykin,

      Asli geje deh si Asus. Yang ramai di akun Facebook Asus Indonesia atau Asus Club Indonesia, Pak?

  27. Penampilan baru nih pak. Kayaknya bapak bisa cari contoh tema lain. Yang ini kurang nyaman klo diliat dari HP.
    Tolong reviewnya dari LG L70 ya pak. Penasaran sm kinerjanya dan fitur khasnya. Hehe^^

    1. Pak Hayad,

      Iya, dua hari lalu cari-cari theme di internet. Lho nggak nyaman ya? Sebab, di Twitter ada yang bilang justru lebih enak sekarang.

      Saya belum pernah coba L70. Jadi, belum bisa review.

    1. Pak Eykin,

      Terima kasih atas informasinya. Barusan saya masuk ke sana. Mengapa ya adminnya sampai bikin posting berupa poin-poin seperti itu. Padahal, sepintas saya baca, Asus Club Indonesia kan bukan milik Asus Indonesia. Jadi, mereka seharusnya bisa netral, menjadi penyambung aspirasi konsumen, atau bahkan ikutan menjewer Asus Indonesia terkait berantakannya distribusi Zenfone.

  28. Zenfone baru masuk lagi akhir Mei hingga awal Juni, betapa sengsaranya penanti Zenfone dengan harga normal.

    Mengenai ada yang usul review L70, mungkin lebih menarik review L90 Pak Herry. SoC sama persis dengan Moto G yang fenomenal itu (Snapdragon 400), tetapi L90 lebih unggul di kamera 8MP + FHD, Infrared, Baterai 2540mAh, dan tentunya fitur yang memukul telak Moto G – slot Micro SD.

    Dengan harga yang tidak berbeda jauh dari Moto G dan dukungan SC LG yang mantab, tentunya L90 jadi pilihan yang menarik dan harusnya sangat laku – kecuali marketing LG memang “ya begitulah”.

    1. Pak Ondro,

      Terima kasih atas masukannya. SoC itu maksudnya spesifikasi ya?

      Iya, ponsel LG sebenarnya banyak yang menarik dan layak beli. Masalahnya klasik, yaitu “ya begitulah”.

  29. SoC itu System On Chip, kombinasi antara Chipset, CPU & GPU, bisa dibilang juga sebagai spesifikasi tetapi bagian otaknya saja Pak Herry.
    Untuk saat ini Snapdragon 400 sedang menjadi idola di kelas menengah, ponsel termurah adalah Moto G dan LG L90 dengan CPU QuadCore Cortex-A7, hingga ponsel termahal yaitu Samsung S4 Mini dan HTC One Mini dengan CPU QuadCore Krait 200.
    Dari Sony tinggal menunggu Xperia M2 akan ditaruh di rentang harga berapa, tetapi tebakan saya akan berada di harga 3-3,5, jika sudah begitu ya lagi-lagi L90 memang pilihan paling masuk akal dengan harga dibawah 3 juta.

    1. Pak Ondro,

      Oh ok. Terima kasih atas penjelasannya.

      Sekadar berbagi cerita, kemarin sore pas jalan-jalan keluar masuk toko ponsel, saya melihat ada konsumen yang sedang bimbang membeli Lenovo A859 atau LG L90 Dual. Kardus dua ponsel itu dilihatnya dengan raut wajah bingung. Saya berinisiatif menjelaskan spesifikasi dua ponsel tersebut.

      Rekomendasi akhir yang saya katakan, “Menurut saya, mending ambil L90 Dual. Spesifikasinya mirip Moto G yang bagus, tetapi tak jelas kapan bakal beredar di sini. Harga Moto G black market di sini bisa tembus Rp 3 juta. Nah, ini garansi resmi, tak sampai Rp 3 juta, baterai bisa dilepas dan kapasitas cukup besar, plus dapat difungsikan jadi remote control TV. Pembeli juga dapat flip cover.” Saya lalu bercerita bagaimana asyiknya dan isengnya saya saat memanfaatkan remote control di LG G2.

      Tak lupa, sebuah pesan saya selipkan, “Terserah sih mau beli yang mana. Namun, kalau jadi beli L90, saya pinjam sebentar buat dicoba-coba ya.”

      Singkat cerita, konsumen itu akhirnya memutuskan meminang L90 Dual. Saya dipersilakan towel-towel sebentar. Kesimpulan versi saya yang diambil dengan supersingkat: kalau L90 Dual sampai nggak laku, distributor dan prinsipal LG mending mengundurkan diri beramai-ramai, lalu pindah ke bisnis lain saja deh.

  30. maaf koh agak OOT, saya mau tau bedanya resmi sama tidak itu apa ya? kok harganya beda ratusan ribu saya liat di lazada ?
    selain itu, harga dari lazada itu bisa berkompetisi dengan harga dari toko ponsel langsung ga ya?

    1. Bu Diana,

      Yang Anda tanyakan itu terkait ponsel apa ya? Kalau Asus Zenfone, setahu saya, belum ditemukan ada ponsel bergaransi tidak resmi yang beredar di sini.

      Harga yang dipatok Lazada seringkali lebih mahal daripada harga di pasaran. Namun, kalau pas ada promo, sesekali memang lebih murah.

  31. Saya tertarik dengan Lumia 520 pak, kalau di lazada yg resmi 1,4juta an, yag tidak 1,2jt.bedanya apa ya berarti??

    dan harga segitu termasuk lebih murh dri pasaran atau tidak?

    1. Bu Diana,

      Sejauh ini saya belum pernah melihat ada Lumia 520 tidak resmi di Indonesia. Jadi, dua penjual berbeda di Lazada itu mestinya sama-sama menawarkan Lumia 520 bergaransi resmi Nokia Indonesia. Kok harganya beda? Ya itu tergantung strategi jualan mereka.

      Harga ritel resmi Lumia 520 saat ini mestinya sudah Rp 1,199 juta. Karena ada yang masih kulakan dengan harga lama, praktiknya ada yang menjual di atas harga itu. Menurut saya, ambang batas maksimal yang masih boleh ditoleransi adalah Rp 1,25 juta.

      Saran saya, di antara dua penjual di Lazada itu, pilih yang Rp 1,2 juta. Coba cek pula apakah Anda dikenakan ongkos kirim dan berapa biayanya. Sekadar informasi, harga Lumia 520 di pasar sekitar Rp 1,23 juta.

  32. Begitu ya Pak Herry.
    Sementara ini saya lihat di Forum Jual Beli sudah banyak yang mencari L90 kok, tetapi itu hanya terbatas pada orang yang sering mencari info di internet. Untuk konsumen yang belum tahu, LG dengan Lenovo / Oppo saja brandingnya di pasaran kalah kuat. Padahal LG di sektor elektronik rumah tangga luar biasa, dari TV, AC sampai Kulkas semua nomor 1 penjualannya.

    Untuk mbak Diana, saya coba bantu jawab.
    Nokia Lumia 520 yang 1,2 juta dan 1,4 juta itu semuanya resmi. Bedanya yang 1,2 dijual oleh Lazada langsung dari Gudang Erajaya, kalau 1,4 itu penjualnya toko umum tetapi titip lapak melalui Lazada.

    1. Pak Ondro,

      Benar. LG barang bagus, tetapi kurang bisa nge-push di pasar ya.

      Terima kasih atas bantuannya menjawab pertanyaan dari Bu Diana.

  33. Haaah ? layar mabuk ? saat tlfn eror . selama ini saya makek zenfone 4 tanpa masalah . mungkin kalo batre boros emang iya . tp kalo yg lain hoax

    1. Pak Prima,

      Posting tersebut saya buat dengan merujuk pada pengalaman pribadi. Mungkin saya sedang tidak beruntung sehingga mendapatkan produk yang kurang sempurna. Satu hal yang pasti, barang saya terima dalam kondisi kardus tersegel, baru, dan bergaransi resmi.

  34. Jadi inget Asus Nexus 7. Yg katanya jg harganya “murah”, tp tetep aja sampe Indonesia mahal. Banyak review masalah layar dan body (mengarah ke layar). Dan 1 lagi…nyarinya itu ampun dah susahnya. Klopun ada ya online ya tp itu tadi mahal harganya jd mahal. Kyanya Asus belum siap deh terjun ke pasar mobile gadget (bukan laptop/netbook) dr segi manufaktur dan distribusi. Tapi klo soal PC (jeroannya) n laptop, siapa coba yg ga tau !

    1. Pak Abu Meuthea,

      Maaf baru balas. Saya usai “dikunjungi” sakit perut plus masuk angin. Sekarang pun baru pulih sekitar 60 persen.

      Iya, sepertinya Asus Indonesia bermasalah dalam distribusi tablet dan ponsel ya. Mulai zaman Asus Transformer, Nexus 7, Padfone, dan kini Zenfone.

  35. pak HSW
    mau tanya HP Android yang harga 1,5 jt kira2 apa saja yah yg bagus utk merk global?
    kalau asus zonefone 5 dengan lenovo A516 lebih bangus yg mana ?
    thanks pak HSW

    1. Bu Tika,

      Di harga jual Rp 1,5 juta saya belum memiliki rekomendasi. Kalau Anda bersedia menambah anggaran Rp 225 ribu, ada Sony Xperia E1 Dual yang cukup menarik. Ini tautan ulasannya: http://ponselmu.com/sony-xperia-e1-dual-dilengkapi-tombol-walkman/

      Zonefone 5? Mungkin yang Anda maksud Zenfone 5 ya. Saya belum pernah mencoba Zenfone 5 maupun A516. Mengingat Asus Indonesia yang PHP banget, saran saya, lupakan Zenfone tipe berapa pun. Lha kalau distribusi awal saja sudah terbukti tidak becus, apalagi kelak ketika pengguna akan melakukan klaim garansi.

  36. Pak Herry

    Saya minta sarannya dong, saya punya dana 1,6 juta mau nyari Hp yg kualitas terbukti baik, dual kamera, dan ram 1gb. Rekomendasinya di tunggu pak πŸ™‚

    1. Pak Dafin,

      Cari Lenovo P770 bekas. Harga maksimal Rp 1,5 juta.

      Kalau baru, dengan kriteria tersebut saya belum ada rekomendasi.

  37. mending mana pak antara zenfone 4 dengan lumia 520? dari keseluruhan ?…. beda level dan spek sih, tp cuman hampir sama di level harga,

    1. Pak Bayu,

      Sudah deh, mending melupakan Zenfone. Asus Indonesia terbukti sebagai PHP kelas wahid. Kalau jualan perdana saja terbukti tidak becus, apalagi kelak ketika konsumen melakukan klaim garansi.

      Kalau berbicara kinerja keseluruhan, Lumia 520 lebih menarik daripada Zenfone 4.

    1. Pak Dafin,

      Saya belum pernah coba Imo Discovery 2.

      Sedikit saran dari saya, lebih baik membeli merek global daripada lokal deh. Bukan karena tak cinta merek lokal, melainkan semata-mata karena kualitas ponsel merek lokal buatan Tiongkok secara umum semakin mengerikan.

    1. Pak Dafin,

      Iya. Dua ponsel Mito terakhir yang saya gunakan sudah bermasalah dalam 1 x 24 jam sejak pembelian.

  38. thanks pa usulan nya, kalo budget nya gede bnyak pilihan sih,hehe. padahal udah inden ke salah satu toko di kota saya itu zenfone, di janjikan akhir bulan ini atau awal bulan keluarnya trio zenfone tsb kata admin nya,..

    1. Pak Bayu,

      Ada yang sudah inden Zenfone sejak Maret lalu dan sampai sekarang belum menerima barangnya lho. Terakhir dijanjikan pertengahan Juni 2014.

  39. Pak sudah mencoba Motorola moto E belum? Menurut bapak bagus ga kalo diliat dari speknya? Buat hp 1,2 juta?

  40. LAST UPDATE : 27 Mei 2014

    Informasi terbaru mengenai Asus Zenfone :

    1. Asus Zenfone 4 akan mulai tersedia paling cepat dalam minggu ini dan paling lambat adalah minggu depan, karena dalam minggu ini terdapat banyak hari libur sehingga proses distribusi menjadi terhambat.

    2. Asus Zenfone 5 dan 6 akan mendapatkan delay antara minggu pertama hingga kedua di bulan Juni, kami selaku partner ASUS tidak bisa memberikan penjelasan mengenai delay yang dialami ASUS untuk Zenfone 5 & 6, dan hal ini ada diluar kehendak kami, karena pada dasarnya kami sama seperti anda para konsumen menginginkan Asus Zenfone 5 & 6 dapat tersedia secepatnya, tapi semuanya bergantung pada pihak ASUS sendiri tentunya.

    3. Akan ada perubahan spec dan harga untuk Zenfone 5 & 6 batch kedua sebagai berikut :

    Type Harga CPU RAM Storage
    A500CG (Zenfone 5) 2,399,000 Intel Z2580 2.0GHz 2GB 8GB
    A501CG (Zenfone 5) 2,199,000 Intel Z2560 1.6GHz 2GB 8GB
    A600CG (Zenfone 6) 3,099,000 Intel Z2580 2.0GHz 2GB 16GB
    Harga dan Spec diatas sudah FIX karena kami mendapatkan informasi ini melalui email official dari ASUS pusat secara langsung.

    Kesimpulannya :

    – Asus Zenfone 4 tidak akan mendapatkan perubahan dari segi harga dan spec
    – Asus Zenfone 5 akan mendapatkan 2 varian, yaitu versi CPU 2GHz dengan RAM2GB dan CPU 1.6GHz dengan RAM2GB dengan sedikit perbedaan harga
    – Asus Zenfone 6 akan mendapatkan upgrade storage menjadi 16GB dan tidak ada perubahan harga

    * Sumber : http://www.flashg***etstore.com *

  41. om minta saran.. antara z4 dan lenovo a390 lebih baik yg mana ya?? secara sy liat spesifikasi nya g jauh beda.

    1. Bu Indri,

      Z4 yang dimaksud ini Asus Zenfone 4 atau Acer Liquid Z4 ya?

      Kalau Zenfone 4, secara umum lebih unggul Zenfone 4. Namun, Anda harus bersiap menghadapi beberapa hal ini:
      1. Ketidakjelasan stok. Jadi, harus rajin mencari karena Asus Indonesia terbukti merupakan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).
      2. Sering berhubungan dengan charger. Konsumsi daya Zenfone 4 boros banget.
      3. Pengendalian kualitas yang agak meragukan. Silakan membaca dua tulisan saya ini untuk mendapatkan gambaran nyata.
      http://ponselmu.com/asus-zenfone-4-bonus-geripis/
      http://ponselmu.com/review-asus-zenfone-4-murah-gegas-dan-merepotkan/

      Sementara itu, bila yang Anda maksud adalah Liquid Z4, saya belum pernah mencobanya.

  42. Untuk baterai smartphone (zenfone4) sebenarnya apakah bisa diganti-ganti dengan baterai dari merk lain yang kapasitasnya lebih baik / besar?

    Atau mungkin ada solusi lain terkait smartphone dengan kapasitas baterai yg kecil seperti zenfone ini Pak?

    Thanks

    1. Pak Pras,

      Asalkan konektor dan tegangannya sama, seharusnya bisa menggunakan baterai lain. Masalahnya, sampai saat ini belum diketahui baterai apa yang cocok.

      Belum ada solusi lain yang tuntas sih, Pak. Lha baterainya memang kecil, sedangkan ponselnya rakus daya. Idealnya paket penjualan Zenfone (dalam hal ini Zenfone 4) menyertakan desktop charger.

    1. Pak Chanra,

      Saya belum pernah mencoba A369i. Di atas kertas sih seharusnya kalah gegas dibandingkan Zenfone 4. Namun, Zenfone 4 bagi saya tergolong tidak layak beli. Mengacu pada pengalaman pribadi, terlalu banyak cacat yang saya jumpai di ponsel itu. Konsumsi baterainya juga boros.

  43. baterai boros…ya….
    bisa kok di akalin…
    work gan..

    baterainya di oplosin aja….dng kapasitas 2100mah..
    alhasil….zonfone 4 awet hidupnya….gak cpet hbs baterai..
    kan jadi keren baterai tahan lama…mainin hp sambil garuk2 selangkangan tetep oke….

    saya marwoto
    salam pecel

  44. Asus Zenfone 4 punya “adik” namanya Asus Zenfone 4 A450CG. Spesifikasinya lebih baik dari “kakak”-nya dan kapasitas batrainya menjadi 1.750 mAh. Dan kamera belakang menjadi 8 mp dengan led flash. Dan sudah menggunakan android Kitkat. Tapi Asus belum mengumumkan harganya.

  45. @Marwoto : hayooo pake batere apa?

    Pak Herry, saran bapak untuk android di bawah Rp2juta dengan RAM 1GB apa ya?
    Apakah IMO Miracle memang bagus Pak? Saya baca-baca review ato forum internet kayaknya bagus dan bisa dipertimbangkan, bagaimana menurut pengalaman ato yang Pak Herry tau mengenai produk tersebut?

    1. Pak Pras,

      Iya, saya juga penasaran pakai baterai apa.

      Android di bawah Rp 2 juta dengan RAM 1 GB? Kalau masih bisa menemukan Lenovo P770 baru, ponsel itu boleh dilirik.

      Soal IMO, saya sama sekali tak berminat membelinya, kecuali di dunia ini yang masih eksis tinggal merek IMO.

  46. Permisi, saya mau tanya. Untuk masalah Zenfone 4 dalam menerima maupun melakukan panggilan memang layar langsung mati dan harus direstart. Tapi saya tadi mencoba untuk melakukan panggilan dan memutuskannya seperti yang pak Herry sebutkan. Dan yang membuat saya bingung, bagaimana caranya untuk memutus panggilan?

    Terima kasih, mohon bantuannya

    1. Bu/Pak Helga,

      Anda juga mengalami hal aneh seperti yang pernah terjadi di Zenfone 4 saya ya? Cara memutuskan panggilannya ya terpaksa baterai dilepas.

  47. Ada pemakai zenfone 4 yang mengalami hal serupa dengan saya? Bukan hanya batre yang amat sangat boros, tapi juga tidak bisa d charge sampai 100 persen padahal baru 2 hari pembelian..Apa yang harus saya lakukan biar bisa d charge hinga 100 %? Saya hanya bisa charge hingga 70% di tiap batre nya dan persentase dia tidak bisa naik.

    1. Bu Dewi,

      Baterai Zenfone 4 saya dulu sukses di-charge sampai 100 persen. Namun, ya gitu, borosnya luar biasa.

      Rekan-rekan yang memantau thread ini, kalau ada yang mengalami masalah serupa dengan Bu Dewi, silakan berbagi informasi ya.

      Untuk Bu Dewi, kalau ada waktu, coba lakukan klaim ke pusat perbaikan resmi Asus.

  48. Zenfone 4 sudah mengeluarkan seri terbaru dengan kode A450CG dengan spek yang jauh lebih tinggi dari kakak pertamanya zenfone 4 A400CG. Sudah dibekali baterai kapasitas 1.750mah dan kamera 8mp flash Led. layar juga sudah 4.5inc IPS.

    harga sekitar 1599.000 Teman saya yang sudah dapet.

  49. Pak Andi Rofiek,

    Terima kasih atas informasinya. Wow… selisih harga jualnya lumayan juga ya.

    Paket penjualan menyertakan satu atau dua buah baterai, Pak?

  50. Maaf pak saya OOT kalo speknya asus zenfone ini sama lenovo a706 bagusan mana ya lak ? Makasih sebelumnya

    1. Pak Rian Jogja,

      Masing-masing ada plus minusnya. Secara umum spesifikasi keduanya boleh dianggap berimbang.

  51. Siap pak terimakasih lagi πŸ˜€
    Kalo seumpama spek diatas lenovo a706 dan berharga dibawah 2jutaan apa ya pak yang bagus

    1. Pak Rian Jogja,

      Hmm… belum ada yang bisa saya rekomendasikan. Kecuali, anggaran Anda dinaikkan sampai minimal mendekati Rp 2,5 juta.

    1. Pak Rian Jogja,

      Sampai mendekati Rp 2,5 juta, Anda bisa berburu sisa stok Lenovo S920. Kalau yang sedikit di atas Rp 2 juta, ada LG L70.

    1. Pak Colins Subroto,

      Konon akan muncul yang kapasitasnya 1.700 atau 1.750 mAh. Namun, saya sendiri belum pernah melihatnya.

  52. Pak Herry,

    Produk zenfone 5 / 6 Kalo dibandingkan dng lenovo p780 recomended yg mana pak? Apa Kelebihan dan kekurangannya dua produk tsb?

  53. ass..setelah membaca posting pak herry saya jadi berpikir untuk apa membeli zenfone 4,di karenakan saya sudah memiliki nexus5,mnta sarannya pak kalau untuk nokia 520

  54. ass..setelah membaca posting pak herry saya jadi berpikir untuk apa membeli zenfone 4,di karenakan saya sudah memiliki nexus5,mnta sarannya pak kalau untuk nokia lumia 520 bagus tidak pak?untuk internetan/bermain game?

    1. Pak Agung Aji,

      Kalau Anda sudah memakai Nexus 5, benar, tak perlu lagi iseng membeli Zenfone 4.

      Untuk sebuah ponsel yang relatif murah meriah dan entry level, Lumia 520 tergolong bagus. Namun, kalau bermain game apa nyaman, Pak? Kan layarnya mungil.

  55. Saya jd ragu klo gt mau beli zenfone4,mgkn ada rekom android apa klo ntk budget 1,5 jt (maklum dana tipis hehehe)

  56. ass.. pak. mana yang lebih bagus nokia lumia 520 atau sony xperia e??? kalau dari os, mana yang bagus windows phone atau android???

    1. Pak Irfan,

      Tanpa melihat sistem operasi, Lumia 520 lebih smooth daripada Xperia E (bukan Xperia E1 lho ya).

      Windows Phone atau Android? Dengan mempertimbangkan beragam faktor, saya masih lebih memilih Android.

  57. pak herry nanya lagi… kira2 apa aja kekurangan windows phone ketimbang android?
    oh ya ada tidak pak herry meriview nokia lumia 520

    1. Pak Irfan,

      Yang saya rasakan, aplikasi tambahan yang tersedia belum sebanyak Android. Fleksibilitasnya juga masih kurang.

      Ya, saya memang tidak pernah mengulas Lumia 520.

  58. Maaf pak, saya perempuan ^^. Kebetulan kemarin saya memasang anti gores (yang anti-minyak) untuk zenfone 4 saya, dan ajaibnya setelah saya memasangnya, untuk menerima telpon atau melakukan telpon layar tidak mati dan tetap hidup. Jadi saya tidak perlu mencabut battery dan menyalakannya lagi seperti dulu sebelum dipasang anti gores. Mungkin cara ini juga boleh dicoba πŸ˜€

    1. Bu Cathlin,

      Saran saya, sampai batas waktu yang belum diketahui, jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus. Prinsipal Asus di Indonesia terbukti setengah hati, tidak becus, dan PHP dalam pemasaran tablet maupun ponsel di Indonesia. Hal itu sudah terlihat sejak zaman tablet Asus Transformer dan mencapai puncaknya di Zenfone.

    2. Bu Cathlin,

      Saya tadi lupa cerita. Zenfone 5 teman saya sudah mati total lho. Padahal, usia pemakaian kurang dari sebulan dan pemakaiannya benar-benar terawat.

    1. Pak/Bu Rida,

      Saya tak pernah mencoba menginstalasikan aplikasi itu. Seharusnya bisa.

      Saran saya, jangan beli Zenfone deh. Asus Indonesia di sini masih terlihat setengah hati, nggak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu) dalam pemasaran tablet dan ponsel. Kalau laptop sih masih boleh dipertimbangkan.

  59. Saya baru pakai zenfone 4 beberapa hari ini. Setelah beli langsung upgrade ke os kitkat. Menurut saya lumayan bagus dari sisi performa dan kemampuan. Memang ada kekurangan dari segi lamera yang tidak memiliki blitz juga baterai yang cepat panas. Namun overall, masih bisa dimaklumi dikarenakan hanya menggunakan prosesor intel atom. Minus yang menurut saya cukup mengganggu secara pribadi hanya dari segi pemakaian baterai yang cukup boros. Padahal prosesor telah menggunakan intel atom yang sebenarnya hemat energi.

    1. Pak Agus Winawan,

      Oh, maksudnya Metro itu nama daerah di Lampung tho.

      Untuk mencari baterai Zenfone 4, silakan coba mencarinya di pusat perbaikan resmi Asus. Dengan memperhatikan reputasi pusat perbaikan Asus, saya tak yakin akan ready stock di sana.

      Kalau yang bukan orisinal, di pasaran ada merek Log-On. Saya belum pernah mencoba baterai tersebut. Jadi, tak tahu bagus atau tidak.

  60. Selamat sore Pak Herry,

    Sehubungan dengan kondisi zenfone 4 yang boros baterai, saya ingin bertanya, lebih memilih zenfone 4 atau oppo joy? Saya ingin membeli hh di antara keduanya dan masih bingung sampai saat ini, terima kasih.

    1. Bu/Pak Resya Andita,

      Wah, dua merek ponsel yang sama-sama tidak saya rekomendasikan tuh. Kalau saya tetap dipaksa memilih, mending Oppo Joy deh.

  61. maaf pa, saya mau tanya Hape zenfone 4 saya tidak mau di charger, itu pun techarger harus di matikan dulu, sekalipun saya charger dalam keadaan mati batrai sendiri tidak jelas kapan terisi penuhnya, bahkan sudah 2 jam saya charger tapi batrai tetap saja 35%
    dan saya bingung sampe saat ini hape saya tidak mau techarger lagi walau dalam keadaan mati sekalipun,
    sebelumnya beberapa hari yg lalu ketika saya mencharger sering ada tulisan
    “infection chagrer blabla”
    kira-kira seperti itu tulisannya saya tidak ingat jelasnya..
    Mohon pencerahannya….

    1. Bu Brenda,

      Untuk sementara, saya menduga masalah ada di kepala charger atau kabel charging. Output yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada seharusnya.

      Silakan coba mengisi ulang Zenfone 4 itu memakai charger ponsel lain. Kalau kebetulan tak ada charger ponsel lain, Anda bisa langsung meluncur ke pusat perbaikan resmi Asus.

  62. buat ngunci jaringan di 3G pada asus zenfone, call *#*#4636#*#* -> pilih phone information -> pilih wcdma only πŸ™‚

    1. Pak Reinaldhi Andriano,

      Maksud saya, penguncian jaringan 3G berdasarkan menu bawaan, Pak. Kombinasi tombol yang Anda sebutkan memang manjur.

  63. Salam, saya mau tanya knapa zenfone 6 saya tidak bisa di charger padahal pake ori asus, tpi saat di pke flasdisk otg bisa baca file, itu knapa ya, thx

    1. Pak AA,

      Sudah coba di-charge menggunakan charger ponsel lain? Kalau tetap gagal, berarti konektor charger-nya bermasalah. Sebuah konektor micro USB itu memiliki dua fungsi: transfer data dan charging. Bisa saja salah satu fungsi di antaranya bermasalah.

  64. udah 1 tahun pake ZF4 ini, so far so gud. buat mengakali batre boros, bisa dilakukan dengan hanya memakai 1 sim card saja. lumayan, bisa tahan 1 hari.

  65. pak Herry SW.. saya sedang bimbang pak.. review bapak tentang zenfone 4 sangat bnyak minus.nya.. akan tetapi teman kampus saya bnyak yang menggunakan zenfone 4,5,6 & zenfone C itu tiada masalah yang timbul pak.. masalah kata mereka cuma hp cepat panas.. menurut bapak tanggapanya seperti apa..?? atau kah yg anda dapat zenfone yg kualitas buruk atau kualitas zenfone yg sudah baik.. di malang raya zenfone sangat mudah di dapat pak..

    1. Pak Jose,

      Saran saya terhadap ponsel Asus masih sama: lupakan deh.

      Terakhir saya mencoba Zenfone 2 dengan RAM 4 GB. Performanya memang lebih baik daripada Zenfone 4 (lha harganya pun beda jauh). Namun, tetap tidak semantap yang digembor-gemborkan.

  66. Ah.. Gk ada mslh dgn zenfone 4 sy type T001(A400CG), dgn baterei standart 1600mah kuat pemakaian 1hri, OS kitkat, internal 8GB sisa real’a 4,5GB krna yg 3,5GB nya dipakai oleh system n ram real 1GB. bgtu jg pengaturan jaringan 3G only jg ada di pengaturan bawa’an hh, Tap: more>mobile network> preferred mobile type>3G only.

  67. Ah.. Gk ada mslh dgn zenfone 4 sy type T001(A400CG), dgn baterei standart 1600mah kuat pemakaian 1hri, OS kitkat, internal 8GB sisa real’a 4,5GB krna yg 3,5GB nya dipakai oleh system n ram real 1GB. bgtu jg pengaturan jaringan 3G only jg ada di pengaturan bawa’an hh, Tap: more>mobile network> preferred mobile type>3G only…..

    1. Pak Rohmad,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Di blog ini memang tak ada review Zenfone 5 kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *