8 Fakta Xiaomi Redmi Note 5, Nomor 6 Bakal Disukai Cewek

Xiaomi Redmi Note 5 telah resmi diluncurkan di Indonesia pada 18 April lalu. Inilah delapan hal yang perlu Anda ketahui tentang ponsel itu. Nomor enam seharusnya bakal disukai para cewek pengguna ponsel.

1. Snapdragon 636 pertama.

Redmi Note 5 adalah ponsel pertama dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 yang beredar resmi di Indonesia.

Kalau dirunut, Redmi Note 5 Pro yang termasuk “keluarga” Redmi Note 5 merupakan ponsel Snapdragon 636 pertama di dunia. Ponsel itu diluncurkan di India pada Februari 2018.

Buat yang memedulikan Antutu, inilah skor Antutu Redmi Note 5 Indonesia. Berbeda signifikan dibandingkan Redmi Note 4 ya.

2. Tersedia dalam tiga pilihan warna.

Selain warna hitam yang universal, ada Redmi Note 5 berwarna emas dan biru.

3. Bisa dual SIM 4G-4G simultan.

Karena menganut sistem hybrid, pemilik Redmi Note 5 tidak bisa menyelipkan dua nano SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Pengguna harus memilih akan memasangkan dua nano SIM atau satu nano SIM plus satu kartu microSD.

Anggaplah pengguna memilih memasangkan dua nano SIM. Keduanya bakal siaga bersamaan. Hal yang menarik, sepasang nomor tersebut dapat simultan berada di jaringan 4G LTE. Ketika SIM1 berada di jaringan 4G LTE dan aktif dipakai berinternet, misalnya, nomor di selot SIM2 juga bisa menduduki jaringan 4G LTE.

Seandainya yang dipasangkan nomor Smartfren, pengguna leluasa menikmati layanan native VoLTE pula. Aktivitas bertelepon dan ber-SMS dapat dilakukan tanpa perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE.

4. Seri Redmi Note pertama yang dibekali kamera ganda.

Kamera di Redmi Note 5 juga memiliki kemampuan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Spesifikasi kamera Redmi Note 5 Indonesia sama dengan Redmi Note 5 Tiongkok. Ia menggunakan sensor Samsung.

“Duh… mengapa tidak memakai sensor Sony seperti Redmi Note 5 Pro India?” Itu komentar sebagian orang yang sebenarnya jarang membeli ponsel baru, tetapi rajin mencela.

Padahal, kalau diperhatikan, ukuran piksel dan bukaan lensa Redmi Note 5 Indonesia justru lebih besar daripada Redmi Note 5 Pro. Jadi, seharusnya tidak kalah menjanjikan, bukan?

5. Segmentasi semantik berbasis AI.

Bingung? Sama. Namun, setelah membaca kalimat lanjutannya plus bertanya kepada Om Google, terang benderang deh.

Penjelasan sederhananya begini. Sama dengan ponsel-ponsel keluaran terkini, kamera Redmi Note 5 mampu menghasilkan efek bokeh. Nah, sebelumnya efek bokeh itu agak sering kurang akurat. Contohnya, pinggiran baju yang seharusnya dibiarkan tajam ikut diproses menjadi blur. Demikian pula ujung rambut.

Sebaliknya, ketika seseorang yang menjadi objek pemotretan sedang berkacak pinggang di depan taman, daun-daun yang terlihat lewat celah siku tangan justru dibiarkan tajam. Kamera menganggap daun-daun itu menjadi satu kesatuan dengan tubuh manusia.

Dengan segmentasi semantik berbasis AI, hal semacam itu dapat diminimalkan. Bagian tepi objek utama pemotretan dapat dideteksi secara lebih akurat. Hasil akhirnya adalah efek bokeh yang lebih natural dan tepat.

6. Fitur beautify yang komprehensif.

Kemampuan ini seharusnya disukai para cewek yang gemar berswafoto alias selfie. Bila sebelumnya fitur beautify hanya mengenali wajah secara utuh, kini fitur serupa akan mengenali bagian-bagian wajah lalu memolesnya satu per satu. Misalnya, mata disulap menjadi lebih besar dan cerah. Area hitam atau kantong mata dihapus. Hidung dipermancung, sedangkan jerawat dihapus.

7. Dua varian, harga mulai Rp2.499.000.

Redmi Note 5 ditawarkan dalam dua varian kapasitas memori. Varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB dijual Rp2.499.000, sedangkan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol Rp2.999.000.

Selain perbedaan kapasitas memori, spesifikasi lain dua varian Redmi Note 5 itu persis sama. Ini rangkumannya.

8. Dijual mulai 25 April 2018.

Redmi Note 5 bisa dibeli mulai 25 April 2018 pukul 00.00. Aduh… lagi-lagi di Lazada. šŸ™

Tiga hari berikutnya, 28 April 2018, Redmi Note 5 dapat dibeli via jalur luring (offline) di Authorized Mi Store. Saat ini di Jakarta telah beroperasi lima Mi Store. Lokasinya di Pondok Indah Mall, Emporium Pluit Mall, Mal Kelapa Gading, dan Roxy Mas. Sedangkan di luar Jakarta, Mi Store baru bisa dijumpai di Summarecon Mall Serpong dan Summarecon Mall Bekasi.

214 thoughts to “8 Fakta Xiaomi Redmi Note 5, Nomor 6 Bakal Disukai Cewek”

  1. hai pak herry,
    harga yang ada ini harga flash sale apa harga di toko offline,
    saya lagi cari hp native volte, dalam keseharian saya sering foto (bukan selfie yah pak šŸ˜€ ) spare part, dan tulisan kecil serial number yang ditempel di spare part, saya juga suka ambil foto di ruangan yang kurang cahayanya (bukan selfie juga yah pak šŸ˜€ ) sebagai laporan ke atasan jika ada tugas proyek yang sedang di kerjakan apakah hp ini bisa untuk keperluan saya
    terima kasih buat masukkannya pak

    1. Pak Samuel Sappa,

      Harga ritel resmi yang berlaku saat flash sale maupun di gerai Mi Store.

      Bisa. Namun, kadang Anda mungkin perlu melakukan crop foto.

    1. Pak Abu Shafiyah,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Saya lebih memilih Redmi Note 5 karena memiliki perpaduan antara kamera bagus dan baterai tahan lama. Kalau Mi A1 kan daya tahan baterainya tidak selama Redmi Note 5.

      1. iya tidak mengapa Pak Herry SW atas keterlambatan jawabannya… melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya pak. Kan untuk harga,saat ini redmi note 5 dijual offline tidak seperti harga di online/flash sale.. menurut bapak harga layaknya untuk redmi note 5 ini berapa atau di kondisi harga berapa redmi note 5 ini worth it beli pak hehehe..

        1. Pak Abu Shafiyah,

          Ambang batas tertingginya Rp3,5 juta untuk varian 4/64. Lebih rendah lebih baik.

  2. Kenapa harus lazada sih koh. Kenapa gak shopee aja yg lebih mudah, stabil dan transparan dlm menyediakan stok hpnya.

  3. Pak Herry, terimakasih untuk ulasannya. Perkenankan saya untuk sedikit curhat dan bertanya.

    Saya adalah salah seorang penggemar smartphone kompak. Sebelumnya pernah menjajal Redmi Note 4X selama kurang lebih 6 bulan tapi terpaksa downgrade ke Redmi 4X karena lebih nyaman digenggam dan ketahanan baterainya juga terbilang bagus, walaupun performanya berbeda cukup signifikan menurut saya. Jujur Saya kecewa dengan Xiaomi yang tidak lagi (atau belum) mengeluarkan produk berdimensi layaknya Redmi 4X. Bahkan Redmi 5 pun ukurannya mirip seperti Redmi Note 4X yang kurang cocok di tangan Saya.

    Setelah mencari referensi untuk upgrade, akhirnya LG G6 saya jadikan wishlist karena ukurannya yang sama seperti Redmi 4X, ada lensa wide angle, ip68 certified, dan harganya terbilang sangat bersaing dibanding flagship lain. Menurut pak Herry, apakah ada opsi lain yang kira-kira cocok untuk Saya dan lebih worth to buy dibandingkan LG G6 sebagai daily driver dengan dimensi yang sama? Oh ya, kebetulan Saya bukan mobile gamer dan pengguna mode bokeh buatan di smartphone.

    Terimakasih sekali lagi, Pak Herry. ?

    1. Pak Rijal Hidayat,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      1. Peluang kehadiran ponsel dengan dimensi fisik setara Redmi 4X, tetapi dengan spesifikasi lebih tinggi, saat ini tergolong sangat kecil. Sebab, tren pasar menunjukkan ponsel yang sedang digemari adalah yang dibekali layar berukuran minimal 5,5 inci. Produsen ponsel otomatis menawarkan ponsel sesuai selera pasar.

      2. LG G7+ ThinQ lebih menarik daripada G6. Namun, harga jualnya lebih mahal berjuta-juta rupiah ya.

  4. Koh Herry Dapat Xiaomi Redmi Note 5 Dari Xiaomi Indonesia ? Gimana pendapat koh Herry secara keseluruhan tentang Xiaomi Redmi Note 5 ?

    1. Pak Wandy,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi Note 5 sudah mudah ditemukan di pasar kok. Namun, harga jualnya memang masih di atas harga ritel resmi. Layak beli. Kamera bagus, baterai awet.

  5. Jika saya pengguna Xiaomi Mi A1 yg cukup puas dengan kinerja dan hasil kamera utamanya serta jarang selfie. Apakah berganti ke Redmi Note 5 merupakan pilihan yang bijak? Atau lebih baik menunggu seri yg lain

    1. Pak Ali Sutiyo,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Baterai Mi A1 dirasa sudah memadai atau belum? Kalau sudah, tak perlu ganti ponsel dulu. Kalau baterai Mi A1 dianggap kurang awet, silakan beralih ke Redmi Note 5.

  6. Jadi pengen upgrade redmi note 4 saya nih koh setelah baca ini,
    Koh mau tanya redmi note 4 ku update MIUI 9.5, ngga bisa ,keteranganya tidak terverifikasi, mohon solusinya koh.
    Terimakasih

    1. Pak Dwi Yanto,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Muncul tulisan “can’t verify update” sehingga proses pembaruan gagal? Kalau iya, biasanya hal itu dipicu salah satu hal berikut:
      * Sisa daya baterai tinggal sedikit.
      * Memori internal hampir habis.
      * Koneksi internet kurang bagus.

      Solusinya ya pastikan Anda memenuhi ketiga hal di atas.

  7. Kemarin sempat main ke Gandaria City Mall Jakarta dan saya menemukan Mi Store disana.
    Apakah store tersebut termasuk store resmi Xiaomi? Soalnya pegawainya dari pegawai Erafone

    1. Pak Anto,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Offline di toko-toko ponsel sudah berlangsung kok. Namun, harga pasar pasti masih jauh di atas harga ritel resmi.

  8. Pak herry
    1.Lebih baik beli saat flash sale atau menunggu sudah hadir di offline storenya?
    2. Penjualan di erafone berbarengan tidak dengan di mi storenya?
    Terimakasih

    1. Pak Ary,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      1. Bebas. Kalau di kota Anda ada Mi Store, lebih baik mampir ke sana.

      2. Tidak bersamaan. Erafone belakangan dan harganya pasti lebih tinggi daripada Mi Store.

  9. Apakah Xiaomi Redmi Note 5 ini mendukung fast charging Om?

    Harga 3 juta ini apakah akan lebih murah ketika dijual retail offline?

    1. Pak KuatWJ,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      * Ya.
      * Harga offline di Mi Store sama dengan flash sale. Kalau di toko-toko biasa sih pasti jauh lebih mahal.

  10. Halo ko hary. Saya minta bantuan lebih baik memilih xiaomi mia1 atau xiami redmi 5plus ? Saya butuh hp ke 2. Setelah yg pertama LG G4 ( gara2 lihat review dari ko harry ).

  11. Selamat Sore Om HSW

    Jadi ga sabar baca perbandingan versi om HSW antara redmi note 5 dengan asus zenfone max pro M1

    1. Miss Tiesa,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Cara memilih dua ponsel itu sangat sederhana. Pilihlah Zenfone Max Pro M1 bila:
      * Menyukai OS Android polosan, atau
      * mengutamakan daya tahan baterai. Daya tahan nyata baterai Zenfone Max Pro lebih lama 2-3 jam daripada Redmi Note 5.

      Untuk performa keseluruhan, saya sih lebih condong ke Redmi Note 5. Sebab, selain kameranya lebih mantap, baterainya pun awet. Cuma kalah tipis dengan Zenfone Max Pro. Untuk pemakaian sehari penuh masih bisa kok.

      1. Selamat pagi om HSW,

        thanks utk responnya, utk kedua HH ini rasanya hopeless utk dapetin barangnya. Lazada hanya sekali flash sale ya ut redmi note 5 padahal dah ngebet bgt. Ada saran utk dapetin redmi note 5 ini om? trus apakah mengganti dengan opsi huawei Nova 2 lite dengan Free Huawei Sport Bluetooth Headphones Lite, Wrist Band & Gift Box ini dirasa layak?

        Salam sukses utk ponselmu,com selalu

        1. Miss Tiesa,

          * Kalau di kota Anda ada Mi Store, rajin-rajinlah mampir ke sana.
          * Dengan harga Rp2,599 juta, kalau bonusnya hanya itu, Nova 2 Lite terasa kurang menarik.

    1. Pak Anto,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Cara memilih dua ponsel itu sangat sederhana. Pilihlah Zenfone Max Pro M1 bila:
      * Menyukai OS Android polosan, atau
      * mengutamakan daya tahan baterai. Daya tahan nyata baterai Zenfone Max Pro lebih lama 2-3 jam daripada Redmi Note 5.

      Untuk performa keseluruhan, saya sih lebih condong ke Redmi Note 5. Sebab, selain kameranya lebih mantap, baterainya pun awet. Cuma kalah tipis dengan Zenfone Max Pro. Untuk pemakaian sehari penuh masih bisa kok.

  12. Koh HSW, simultan 4G-4G apakah bisa Smartfren disandingkan dengan Telkomsel? Karena Telkomsel di wilayah saya sudah bisa di freq 2300MHz, sama dengan Smartfren.

    1. Pak Andy,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Saya belum pernah mencoba 4G Telkomsel di 2300 MHz. Logikanya sih bisa.

  13. Waah bingung milih Xiaomi redmi note 5 apa asus Zenfone Max Pro M1, klo dari segi kamera bagusan mana koh herry

  14. Om Herry nanya dong.

    Saya butuh HP yang
    1. Cepat, anti lelet dan hang
    2. Kompak (sekitar 5″)
    3. Kamera bagus (OIS, cepat fokus, bagus di kondisi kurang cahaya – karena sering foto dan videokan anak-anak saya yang bisa mendadak)
    4. Perangkat musiknya juga bagus dan simpel (ada 3.5 mm jack)
    5. Batere awet

    dalam 1 perangkat kira-kira HP apa ya?

    Saat ini saya pakai Xiaomi Redmi 4X 3/32 untuk driver sehari-hari (kompak, batere awet, cepat karena aplikasi sedikit) dan Iphone 6S Plus untuk lain-lainnya (kamera ok, perangkat musik bagus). Kalau memungkinkan saya maunya pakai satu perangkat saja.

    Terima kasih om Herry.

    Heru

    1. Pak Heru Nurcahyo,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Jawabannya, tidak ada. Terkendala di kriteria nomor 2. Produsen ponsel sudah jarang meluncurkan ponsel dengan layar lima inci yang dibekali spesifikasi mumpuni. Sebab, tren pasar memang sudah mengarah ke ponsel dengan bentang layar minimal 5,5 inci.

  15. Pak mau tanya, kalau budget 3-4 juta, hp apakah yang lebih worth?
    Keperluan mengarah ke penggunaan kamera dan rekam audio,
    apakah dari xiaomi ini cukup bersaing?
    terima kasih

    1. Pak Kucingtawur,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Di rentang harga tersebut, ya berarti Redmi Note 5 deh.

  16. Maaf pak Herry sw, pertanyaan saya melenceng.
    Apa LG V20 masi layak dipakai untuk 1-2 tahun ke depan?

    1. Pak Ida Bagus Putra Mahardika,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Hmmm… sudah kurang menawan sih.

    1. Pak Dimasnindy,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi Note 5 saat ini sudah tersedia di toko-toko ponsel di Surabaya. Namun, harap menyiapkan anggaran minimal Rp3,5 juta ya.

    1. Pak Putra,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Mi 5 pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret deh.

  17. Saya heran , semua Xiaomi yang resmi di jual di Indonesia kenapa tidak ada NFC nya ya?
    Salah satu fitur yg saya perlukan adalah NFC, sudah beberapa kali menyelamatkan saya dari repot cari toko waralaba hanya sekedar topup kartu prabayar tol / kereta commuter line.
    Tapi karena semua model Xiaomi tidak ada NFC , saya akhir nya pilih Polytron P500 dan Moto G5S plus.

    1. Pak Prayogi2k,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Semoga segera ada ponsel flagship Xiaomi yang beredar resmi di sini ya, Pak. Seri flagship biasanya dibekali NFC.

  18. Maaf OOT koh Herry. Mengingat beli tablet pilihannya sangat terbatas maka mohon tanya apakah Tablet Lollypop yg masih baru & bergaransi masih layak beli. Saya khawatir makin lama akan semakin banyak Aplikasi yg syaratkan minimal Marshmallow, nah jika demikian apakah ada SEMACAM google playstore khusus yg sediakan Aplikasi lama yg masih bisa berjalan di OS Lollypop. Kalau di google playstore APAKAH
    mungkin kita bisa mendownload applikasi versi lama, biasanya kalau di PC khan masih ada tukh program2 versi lama, jadi tinggal pilih yg kita mau. Makasih, saya tunggu jawabnya.

    1. Pak HaeF,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      * Bergantung spesifikasi tabletnya apa dulu nih.
      * Kalau pun ada, khawatirnya disusupi macam-macam deh.
      * Tidak bisa.

  19. Terima kasih review nya pak Herry… Maaf pak, Kalau dibanding dengan Huawei nova 2 lite lebih memilih yang mana ya pak? Thanks

    1. Pak Henry,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi Note 5 vs Huawei Nova 2 Lite? Ya jelas Redmi Note 5. Ponsel itu menang telak atas Nova 2 Lite.

  20. Malam pak Herry.saya pengguna LG G3 dan berniat untuk ganti hp dgn layar notch “layar berponi”. Saya sdg menunggu upcoming hp dari LG G7 dan Asus Zenfone 5 ZL.
    Saya tunggu reviewnya yah..yg mana yg warted untuk di pinang.

  21. Menurut Bapak lebih baik pilih Xiaomi redmi note 5 atau Asus Zenfone Max pro M1 ?
    Apakah Asus Zenfone Max pro M1 bakal di review ?

    1. Bu Rika,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Cara memilih dua ponsel itu sangat sederhana. Pilihlah Zenfone Max Pro M1 bila:
      * Menyukai OS Android polosan, atau
      * mengutamakan daya tahan baterai. Daya tahan nyata baterai Zenfone Max Pro lebih lama 2-3 jam daripada Redmi Note 5.

      Untuk performa keseluruhan, saya sih lebih condong ke Redmi Note 5. Sebab, selain kameranya lebih mantap, baterainya pun awet. Cuma kalah tipis dengan Zenfone Max Pro. Untuk pemakaian sehari penuh masih bisa kok.

      Ya, Zenfone Max Pro M1 akan saya review.

  22. Bung herry, hp saya redmi 3 (garansi resmi) sedang hang atau gagal booting atau bootlop. Apabila di flash di servis resmi xiaomi,apakah semua data pasti terhapus atau ada cara supaya data tidak terhapus. Karena datanya sangat penting dan belum di backup. Terima kasih.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi 3 tidak beredar resmi di sini. Jadi, ponsel yang Anda miliki pasti tanpa garansi resmi. Pusat perbaikan resmi Xiaomi seharusnya tak bersedia melayani perbaikan ponsel itu.

      Btw, flashing pasti akan menghapus data.

      1. Redmi 3 nya garansi resmi bung. Kalau nggak salah redmi 3 prime. Pokoknya belinya di erafone. Sudah saya bawa ke servis resmi xiaomi (mi exclusive) di wtc. Sudah di software atau di flash,kena biaya 80 ribu. Pelayanannya bagus.

        1. Pak Tri Firmansyah,

          Redmi 3 maupun Redmi 3 Prime tidak beredar resmi di Indonesia. Kalau Anda membelinya di Erafone, mungkin yang Anda miliki adalah Redmi 3S atau Redmi Note 3.

  23. Bro HSW,

    minta info dong ini ada 2 hp membingungkan….spek mirip
    pengin beli REdmi note 5 pro 3/32 ini
    atau Asus Zenfone Max Pro M1 3/32
    sudah coba yg ke-2 belum ya bro?

    please advis…thankyou

    1. Pak Indra,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi Note 5 Pro pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret deh. Saya sudah mencoba Zenfone Max Pro.

    1. Pak Dimasnindy,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Sekarang sudah bisa ditemukan di WTC maupun Plasa Marina kok.

  24. pak heri, pertahankan informasi tentang dukungan native volte di tiap unit ponsel yang direview, sebab ini jadi pembeda dengan reviewer lain ( entah kenapa reviewer lain jarang membahas kemampuan native volte, padahal ini informasi yang krusial buat pertimbangan membeli ponsel baru ? )

  25. Terima kasih reviewnya Pak,
    Dibandingkan dengan Honor lite9 lebih worthed mana untuk dibeli?
    Terima kasih…

    1. Pak Oky,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      He… he… yang di atas itu bukan review. Baru sebatas ulasan singkat.

      Mungkin yang Anda maksud Honor 9 Lite ya? Lebih baik membeli Redmi Note 5. Honor 9 Lite kurang layak beli karena sering nge-lag. Ia juga tak kompatibel dengan 4G LTE Smartfren.

  26. Bung Herry SW

    Apa perbedaan signifikan Redmi Note 5 & Mi A1 ?
    Harganya sama atau beda tipis saja, sedangkan kelas secara kasta, versi Note ada di bawah Mi.

    Jadi, Bung HSW kalau memilih, beli mana ya, Redmi Note 5 atau Xiaomi Mi A1?

    Dengan kisaran harga yang kurang lebih dengan dua ponsel di atas, boleh juga menjawab merk dan seri di luar merk Xiaomi.

    Terima kasih.

    1. Pak Edho,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Prosesor, kapasitas baterai, dan tampilan antarmuka berbeda. Redmi Note 5 varian 4/64 dibanderol Rp2,999 juta. Harga pasar lebih tinggi.

      Saya pilih Redmi Note 5.

  27. Pak Herry, poin nomor 3 menarik perhatian saya.

    Kemampuan dual 4g aktif bersamaan ini apakah dipengaruhi oleh teknologi dari prosesor snapdragon 636 atau sebatas software dari MIUI nya?

    seandainya dikarenakan yang kedua, apakah kemampuan dual 4g aktif bersamaan ini bisa hadir di kakak2 nya redmi note 5 yang sudah hadir duluan?

    1. Pak Ragil,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Terutama dipengaruhi oleh prosesor yang dipakai.

  28. Untuk HP dari China, saya lebih memilih dari Brand spt Acer, Asus dan Lenovo…, karena ketiga brand tsb sebelum bermain dipasar smartphone sudah berpengalaman dibidang perangkat komputer, dan Acer, Asus, Lenovo itu harganya normal-normal saja, maksudnya ngga pakai promo sistem flashstore…, jadi lebih bijak dan masuk akal sehat dalam membeli smartphone.

    Untuk merek HP China lainnya spt Oppo, Vivo, Xiaomi dll walaupun spek bagus, saya pribadi masih belum tertarik…, apalagi Oppo dan Vivo yang promonya jor-joran lebay di pinggir jalan, hehehe…, masih mendinglah Xiaomi ini ngga lebay ikutan jualan dipl pinggir jalan…

  29. Maaf pak Herry, tanpa melihat harga apa sebaiknya meminang redmi note 5 ini atau LG G5 SE ya.?
    Kalau untuk redmi note 5 pro apa juga beredar resmi di indonesia.?
    Terima kasih

    1. Pak Anton,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      G5 SE saat ini sebaiknya tidak dibeli. Selain paket penjualan biasanya tak menyertakan battery kit lagi, kondisinya sudah terlalu riskan deh.

      Tidak. Yang beredar resmi di sini adalah Redmi Note 5. Itu bak saudara kembar tidak identik Redmi Note 5 Pro.

  30. Wow jadi pengen. Bagaimana dengan ketahanan batrenya. Apakah batrenya sanggup bertahan dengan pemakaian wajar ala om herry sw?

  31. Selamat pagi Pak, Ibu saya ingin membeli ponsel kebutuhannya untuk sosmed : Facebook, chat : Whatsapp dan sesekali mengabadikan momen dengan berfoto. Budget 1 Juta, pilihannya jatuh kepada Xiaomi Redmi 5A atau Meizu M6. Menurut Bapak lebih recomended yang mana? Dengan catatan tidak masalah pembelian melalui flash sale. Terimakasih šŸ™‚

    1. Pak Rijalu,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Redmi 5A dong. Namun, anggaran Anda perlu ditambah Rp99 ribu menjadi Rp1,099 juta ya.

    1. Pak Alvo,

      Redmi Note 5 versus V20? Sama-sama bagus sih. Namun, karena V20 keluaran lama, saya menyarankan Anda membeli Redmi Note 5 saja.

    1. Pak Adil,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi Note 5, Pak. Hasil fotonya lebih natural.

  32. Minta masukan oom.
    Pilih mana antara Asus ZE520KL yg ram 4Gb atau Redmi Note 5 ram 3 Gb. Soalnya harganya hanya terpaut 100ribuan.

    1. Pak Santo,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Redmi Note 5 dengan RAM 3 GB sampai saat ini belum beredar. Jadi, ya Anda takkan bisa memilih ponsel itu deh.

  33. Mana yang akan diterbitkan terlebih dahulu naskah review ny, honor view 10, redmi note 5, zenfone max m1 pro ?

    1. Pak Jefri,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Honor View 10 batal saya review karena saya telah terkena PHP.

      Ulasan Redmi Note 5 akan muncul lebih dulu.

  34. Selamat sore koh herry, untuk tahun 2018 ini apakah iphone 7 masih layak untuk dibeli ? atau mending android yang makin banyak fitur barunya ? kalo koh herry milih mana yaaa? terima kasih šŸ™‚

    1. Pak Seno,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Masih.

      Bergantung kebutuhan sih. Karena saya sehari-hari memerlukan ponsel dual SIM, untuk sementara iPhone bukan menjadi pilihan utama.

  35. Pak minta saran ponsel dibawah 1,3 juta untuk ibu-ibu. Kebutuhan sosmed FB, chat WA dan sesekali foto-foto. Terimakasih ?

  36. Selamat malam..
    Koh mau tanya charger yg recommended untuk quick charge 3.0 , charger apa kira kira koh?
    Dan kalo disurabaya saran beli dimana koh
    Terimakasih..

  37. Sore om herry
    mau tanya om, xiaomi a1 dan redmi note 5 secara keseluruhan layak beli yang mana?
    terimakasih

    1. Pak Jokowi,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Belum ada ponsel bernama Xiaomi A1. Redmi Note 5 layak beli.

        1. Pak Joko Widodo,

          Oh, Mi A1 atau Redmi Note 5 ya, Pak. Saya lebih condong ke Redmi Note 5 karena ia merupakan perpaduan ponsel dengan kamera bagus dan baterai tahan lama. Kalau Mi A1 kan baterainya kurang tahan lama.

          1. Tapi sekarang untuk xiaomi redmi note 5 susah pak dapat yang harga 3jt, rata-rata dijual 3,5an juta.hehehe
            untuk kinerja kamera xiaomi redmi note 5 sama xiaomi mi a1 masih unggul mana pak?
            terimakasih sebelumnya pak Herry

          2. Pak Jokowi,

            Kalau di kota Anda ada Mi Store, harus rajin-rajin mampir ke sana deh.

            Unggul Redmi Note 5.

  38. Pak ini untuk dynamic range dan lowlight jika dibandingkan dengan Zenfone Zoom S gimana? Saya mau beli soalnya

    1. Pak Suman,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Terus terang saya kurang paham hal-hal teknis fotografi. Dynamic range itu seperti apa ya.

  39. Spesifikasi Redmi Note 5 ini, dengan SD-636 RAM 4G dan Memory 64 sudah sangat cukup, hanya saya belum suka menggunakan dimensi smartphone ukuran 6″. Saya lebih suka ukuran layar 5,5″ seperti Redmi Note 4 yang saya pake selama ini, jadi rasanya pengin beli tapi males gedenya itu…

    Salam hangat dari Jogjakarta… kapan ke Gudeg Bu Djuminten lagi??

    1. Pak Agus Purwadi,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Dimensi fisik nyata Redmi Note 5 setara dengan ponsel berlayar 5,5 inci konvensional kok. Jadi, silakan mencobanya deh.

      Belum ada jadwal nih.

  40. mantap! tapi males aja ikutan FS bikin emosi. ada rekomendasi gak pak budget 3 – 3.5 jt? kebutuhan foto, baterai kuat seharian, gaming ringan dan versi Android minimal nougat dan satu lagi bisa di beli offline gak perlu FS.

    1. Pak Rey Jr,

      Dengan anggaran sampai Rp3,5 juta, Anda bisa mendapatkan Redmi Note 5 baru dan bergaransi resmi secara offline. Tak usah antre.

  41. Ini aneh, biasanya comment di artikel ponselmu.com banyak. Tapi kenapa artikel ttg smartphone yg lagi trending karena barangnya langka ini tidak ada comment sama sekali ?

  42. Om herry ini yg redmi 5a prime y? Sama xiaomi note 4 bagus mana. Ini sy punya xiaomi note 4. Kalo dimatikan hpnya dinyalakan lg susah arus beberapa x restart kdng ampe dipencet Power ampe 12x br bs masuk, itu knp y. Makasi om

    1. Bu Vee,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Redmi Note 5 bukan Redmi 5A Prime.

      Sampai saat ini, setahu saya, belum ada ponsel bernama lengkap Xiaomi Note 4.

  43. Aduh.. Kan saya bingung jadinya, mau beli mi a1 atau redmi note 5 ini. Buat gantiin infinix saya yang wassalam..
    Bisa kasih saran om hsw?

  44. Nah..disini berasa kalo redmi note 4 3/32 berasa “nanggung” mending lari ke rn 5 skalian yak koh..

  45. pak herry,, ada rencana untuk mereview meizu m6 gak? kabarnya jadi saingan berat redmi 5a loh

    1. Pak Candra,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Tidak. Saya malas berurusan dengan merek ponsel yang jago PHP.

  46. Halo Pak.
    Mau tanya. Ponsel ber NFC yang paling worth to value untuk saat ini apa ya?

    Terima kasih

    1. Bu Lala,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Nokia 7 Plus (bukan Nokia 7+): belum tahu.
      Nokia 6: sudah lama beredar resmi di Indonesia.

  47. Sangat menarik dan ramah di kantong.
    Tapi saya masih tergoda dan bingung menentukan pilihan antara Mi Note 2 dan Mi 6, kasih saran dong om…
    (Harus segera terbeli krn capek juga nunggu yang resmi gag kunjung masuk)

    1. Pak Yudha Prasetyo,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Keduanya tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret keduanya deh.

    1. Pak Rozi,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Permintaan jauh lebih tinggi daripada pasokan.

  48. Halo ko Herry SW
    ehmmmmm emang bener no 6 disukai wanita, mau curhat dikit sekarang sy pakai Xiaomi Redmi note 4 skrng muncul baru kamera depan 13MP, mau ganti tapi kok terlalu lebar 6in, makin pusing
    makasih sebelumnya

    1. Bu Ariani,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Dimensi fisik nyata bodi Redmi Note 5 setara dengan ponsel berlayar 5,5 inci konvensional lho.

  49. Pagi,
    Menurut Bpk , klo diliat dr segi kegegasan dan baterai, di antara xiaomi redmi note 5, huawei nova 2 lite, huawei honor 7x, lebih recommend yg mana?
    Makasih pak..

    1. Bu Mega,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Saya belum pernah mencoba Honor 7X.

      Redmi Note 5 menang telak atas Nova 2 Lite.

  50. om,rekomen dengan budget 3jt hp yg worh it dr segi kamera, ram , batre (spesifikasinya udh mantap) apa ya? thx ?

  51. Mohon rekomendasinya dong om Herry ponsel android dengan fitur dual sim, micro SD dedicated slot dan ram 6 GB apa aja ya?

    1. Pak Raja,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Ada Infinix Zero 5. Namun, jangan beli Infinix deh. Respek saya terhadap merek itu hilang karena mereka ternyata nakal.

  52. koh, ada kabar rilis moto g6 atau e5 series di Indonesia ga? sekarang pake moto g4 plus, mau naik ke moto g5s nanggung. mau naik ke moto z harganya ga masuk.
    kalo sekarang ga terlalu ngotot ngejar spek, dari banyak yg pernah dicoba gawainya user experience Motorola yang saya paling suka. ada alternatif lain ga kalo g6 atau e5 ga rilis di Indonesia koh yang user experience nya mendekati Motorola?

    1. Pak Alayhim,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Tidak ada kabar terkait ponsel terbaru Motorola.

      Coba lihat-lihat Nokia.

  53. Halo ko Herry

    Mau nanya, saya sekarang pake asus zenfone max 2016

    Pertama puas pakenya karena dulu beli krn baca review ko Herry, tapi setelah 2 tahun ya mulai slowing down and tiap update system selalu makan memori, sama memang sejak awal gpsnya ga bagus. Skrg baterenya jg plg cm tahan 12-15 jam dulu hemat banget

    Jadi plan mau ganti kira kira rekomen apa ya

    Mau nya yg kameranya bokeh kalau bisa

    Memori lumayan gede internal

    Batere tahan lama

    Gps okay

    Thanks

  54. Om Herry, bisa minta rekomendasi seller utk HP ini yang via Tokopedia atau Lazada?
    Saya pengin beli tapi takut salah.
    Mksh ya Om.
    Sukses dan sehat selalu buat Om Herry….

    1. Satu lagi Om, HP ini ada OTG nya tidak ya? Kalau ada, apakah sudah support USB Audio?
      Rencana mau dipakai buat guitar link soalnya.
      Hehehehe….

    2. Pak Yohanes Abad,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Maaf, tak ada rekomendasi. Lebih baik jangan berbelanja di Lazada deh. Tokopedia atau Bukalapak lebih cocok dilirik.

  55. Kalau daya tahan baterai, xiaomi redmi note 5 vs asus zenfone max pro M1, lebih tahan lama asus ya pak?

  56. Cuitan @herrysw tanggal 15 Mei 2018 :
    2. Sebenarnya saya tak berencana menceritakan detailnya. Namun, karena banyak yang penasaran, saya paparkan kronologisnya deh.
    Seharusnya KRONOLOGI bukan KRONOLOGIS.
    KBBI :
    Kronologi bermakna urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa. Sedangkan kronologis bermakna berkenaan dengan kronologi; menurut urutan waktu (dalam penyusunan sejumlah kejadian atau peristiwa).
    Maaf saya berkomentar disini karena saya tidak memiliki akun Twitter walaupun kadang kala ikut membaca beberapa cuitan.

  57. Koh herry, tolong nanti waktu uji pakai redmi note 5 ini pas test native volte nya smartfren, di liat di phone dialler nya apa support/Ada icon untuk video call ga ya(Kaya andromax series).. suwun

  58. koh mau tanya dong untuk hp ukuran 5-5,3 inci harga sekitar 1-2,5 juta buat hp kedua dengan baterai yang awet dan kamera yang lumayan bagus baiknya apa ya?

  59. siang ,,,Pak Herry,
    klu hasil foto/ kamera nya lbh bagus mana dibanding dgn
    xiaomi mi note 3 ?
    terimakasih pak ..

    1. Pak Gunawan,

      Tak tahu. Saya tak pernah mencoba Mi Note 3. Ponsel itu kan pasti tanpa garansi resmi.

  60. Pak Herry, sy minta pendapat bapak utk gawai harga 3jt pas terbaik apa? Antara Xiaomi atau Asus yg tipe apa ya pak? Terimakasih

  61. Apakah layak redminote 5 atau zenfone max pro M1 atau Zenfone 5 ya pak?
    Saya hanya butuh kamera 25% dan sisanya game
    Terimakasih untuk jawaban yang bapak berikan….

    1. Pak Alga Ariya,

      Zenfone 5 belum saya uji pakai. Di antara dua pilihan tersisa, dengan merujuk kepada kebutuhan Anda, Zenfone Max Pro M1 lebih cocok dipilih.

    1. Pak Budi,

      Sebulan terakhir kebetulan sedang harus sering terbang ke sana kemari, Pak. Minggu depan mestinya akan ada review ponsel baru lagi.

  62. Pak Herry,
    Bintang baru Asus Zenfone Max Pro baru diluncurkan, kapan masuk daftar untuk di toel toel?
    Lebih seru lagi jika di compare sama XIAOMI REDMI NOTE 5

    Di tunggu toel toel nya

    Salam

  63. Selamat sore koh Herry

    Maaf OOT, untuk hp samsung galaxy note fe apakah recommend untuk 1-2 tahun kedepan..

    Terima kasih

  64. Pak Herry , klu kameranya dibandingkan dgn asus z5 ,
    yg kemarin towel2 di mex building.
    apakah asus z5 unggul jauh dari redmi note 5 , atau
    hanya beda tipis , atau bahkan seimbang ,,,,?
    baik dlm kondisi cukup cahaya atau dlm keadaan low light.
    mengingat asus z5 mendapat skor yg bagus dari DxOMark.

    dan bagaimana jg dgn baterainya , apakah seimbang dgn RN5 ?
    terima kasih …

  65. Siang Pak Herry,

    1. Untuk budget maksimal 4 juta, kan pilihannya Asus Zenfone Zoom S, Xiaomi Redmi Note 5, Asus Zenfone 5 (Flash Sale), dsb. Pak Herry lebih merekomendasikan yang mana Pak? Jika yg saya butuhkan hanya layak dalam 2-3 tahun kedepan. (Boleh hp lain Pak, tidak harus yang saya sebutkan diatas)

    2. Saya pesimis dengan sistem penjualan dengan Flashsale, jika Asus Zenfone 5/ Redmi Note 5 adalah jawaban dari nomor 1, bisakah saya membeli hp tersebut dari bapak? (Bekas dari Bapak gitu Pak…heehe)

    Sebenarnya saya tertarik dengan tampilan luar Zenfone 5, cuma nunggu review Pak Herry deh,,,hehe

    Terima kasih.

    1. Pak Eko,

      1. Zenfone 5 masih dalam antrean uji pakai. Jadi, saya belum bisa berkomentar. Dengan kriteria yang Anda sebutkan, saya merekomendasikan Redmi Note 5 varian 4/64.

      2. Tidak bisa.

  66. Sayangnya redmi note 5 ga punya nfc.
    Tp hp ini mmg worth bgt, so far the best phone dibawah 4 juta.
    Zenfone max pro m1 yg katanya mau saingi nih hp, dr segi kamera kalah jauh.

    Oiya Pak Herry, kok lama ga tulis artikel review.

    Ditunggu nih.
    Hbs ini yg keluar review apa ya ?

    1. Pak Jem,

      Sebelum terakhir kebetulan sedang harus sering terbang ke sana kemari nih. Minggu ini seharusnya akan mulai ada review lagi. Tunggu ya.

  67. Selamat sore, Pak Herry SW. saya ingin membeli smartphone baru, namun saya butuh pendapat Pak Herry mengenai beberapa smartphone berikut ini : Vivo V7, Oppo F5, Zenfone Max Pro M1, Xiaomi Redmi 5 Plus, iPhone 6, dan Huawei P9 tentunya. Pertanyaannya adalah :
    1. Manakah yang terbaik dalam segala hal?
    2. Manakah kamera terbaik, baik kamera bag.depan ataupun belakang ? (dengan catatan, kemera depan tidak terlalu penting, meski kadang-kadang berswafoto juga. Saya lebih mementingkah kamera belakang)
    3. Manakah smartphone terbaik jika digunakan beberapa tahun kedepan?

    1. Pak Affandi,

      Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Saya menerima kiriman pertanyaan Anda empat kali lho. Sebagian langsung saya hapus.

  68. Selamat sore Pak Herry, mu tanya tp OOT nih.. menurut pak herry yg sudah pakar didunia perponselan, menurut pak herry peluang kerja diteknisi hp prosfeknya gmn ya..? Bagus atau…? Saya berencana mau ikut pelatihan teknisi hp dan keluar dr tempat kerja saya, saya masih bingung prosfek kerja teknisi hp kedepannya bagus apa ngga. Minta tolong pencerahannya ya pak, terima kasih.

    1. Pak/Bu Dian,

      Ini ceritanya mau buka gerai perbaikan ponsel sendiri atau bekerja di tempat orang lain?

      1. Minta saran kalo saya buka usaha konter kecil2an bgm pak? Atau saya ikut kerja sama orang lain, kerja dikonter/gerai resmi hp. Menurut bapak prosfek yg lebih baik yg mana, saya minta saran keduanya pak!! Kerjaan saya skg dagang Pak. Terimakasih

        1. Pak Dian,

          Asalkan modal tersedia, boleh-boleh saja membuka gerai sendiri. Anda lebih leluasa mengatur waktu.

          Kalau modal belum tersedia, sekaligus ingin mencari pengalaman dulu, pada tahap awal bisa kerja ikut orang dulu. Entah di pusat perbaikan independen atau pusat perbaikan resmi.

  69. Pak HSW,

    LG G6 di dinomarket.com 5,999 bonus rolley keyboard + back case, layak beli kah ?
    Apakah sesudah LG G7 tersedia, akan didiskon lagi.
    Atau dengan budget maksimal 6 juta, apakah ada pilihan hp yang lebih baik selain LG G6 yang punya fitur quick charge 3.0, NFC, dual rear camera ?
    Terima kasih.

    1. Pak Ibrahim,

      G6-nya saya nilai kurang menarik. Dinomarket-nya juga ngeri-ngeri sedap. Jadi, mending lupakan deh.

      Hmmm… ya paling-paling LG V20. Namun, seingat saya belum mendukung QC 3.0. Ponsel itu pun sebenarnya sudah termasuk uzur.

  70. Asus Zoom S dengan harga kini 3.7jt apakah masih layak beli untuk di pakai max 2th kedepan? Kamera Asus Zoom S vs Xiaomi Redmi note 5 lebih oke mana pak?

    1. Pak Ari Cipto,

      * Hmmm… sudah mulai tertinggal, tapi masih boleh dipakai deh.
      * Boleh dibilang relatif imbang sih.

      1. Om Herry, dengan pengetahuan yg anda punya / dengar tentang REDMI 2S ,apakah yg jelas membedakan dengan REDMI NOTE 5 ?dan condong kemanakah anda? Terima kasih

  71. Malem koh Herry..kenapa sampai hari ini redminote 5 masih “ghoib”di pasaran,,,apa memang saat ini xiaomi sedang tidak butuh keuntungan dan sengaja membuat fenomena “HP Ghoib” untuk mengangkat nama dari brand ini demi keuntungan jangka panjang yg lebih besar ??? terimakasih.

    1. Pak Don Ipunk,

      Penyebabnya sederhana: jumlah permintaan jauh lebih banyak daripada jumlah pasokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *