9 Alasan Nokia 301 Layak Dibeli

Nokia 301

  • Tampilan fisiknya cantik. Warna-warni bodi yang terlihat menawan di foto, pada kenyataannya memang tampak sedap dipandang mata. Kondisinya sangat berbeda dengan Nokia 206 dual SIM yang terlihat cantik di foto, tetapi kenyataannya terkesan murahan.
  • Layarnya tergolong lega untuk sebuah ponsel candybar. Layar TFT 2,4 inci di 301 beresolusi 320 x 240 piksel dan mampu menampilkan sampai 262 ribu warna. Ikon maupun huruf tersaji cukup tajam dan cemerlang.

  • Keypad-nya berukuran relatif besar, empuk, dan membal. Sangat nyaman untuk pengguna, bahkan buat yang berjempol XL atau XXL.
  • Menggunakan konektor charger micro USB sehingga pengguna mudah bertukar charger dengan peranti Android dan BlackBerry.
  • Dual SIM dan mendukung layanan 3G. Sebelumnya, ponsel dual SIM Nokia selalu tidak kompatibel dengan layanan 3G.
  • Data kontak alias buku telepon dapat disinkronkan dengan Microsoft Outlook di laptop atau PC. Sinkronikasi bisa dilakukan via kabel data maupun bluetooth.
  • Pesan SMS tak harus diketikkan di ponsel. Pengguna dapat mengetikkannya di laptop/PC yang terhubung dengan 301 melalui kabel data atau bluetooth. Mau mengetikkan SMS panjang? Siapa takut!
  • Kapasitas baterai cukup besar, yaitu 1.200 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, daya tahan baterai 3-4 hari. Ponsel siaga 24 jam sehari dan tentu saja dipakai untuk bertelepon, ber-SMS, maupun berinternet.
  • Kartu di selot kartu SIM2 dapat dilepas-pasang tanpa perlu mematikan ponsel dan mencopot baterai.

58 thoughts to “9 Alasan Nokia 301 Layak Dibeli”

    1. Pak Dede6699,

      Saran saya, jangan membeli Asha 210. Sekadar dipakai untuk telepon dan SMS pun sebenarnya tak terlalu saya rekomendasikan. Sebab, sinkronisasi kontaknya lumayan ruwet. Tidak semudah 301 dan aneka ponsel lain yang termasuk S40 Nokia.

  1. Pak Herry, tampaknya keinginan anda untuk membeli lebih besar Nokia 301 daripada Lenovo P780 πŸ˜€
    Kalo dibandingkan dengan X2-02 berarti kekurangannya cuma tidak bisa setel radio tanpa handsfree ya, pak ?

    1. Pak Yopie,

      Ha… ha… penasaran saja dengan dual SIM pertama Nokia yang mendukung layanan 3G itu sih.

      Yup, andaikan 301 bisa dipakai mendengarkan siaran radio FM tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel, lebih asyik deh.

    1. Pak/Bu NixenZ,

      Email bisa. Untuk Twitter, saya mengaksesnya via browser bawaan. Jadi, tak ada notifikasi. Seandainya pakai aplikasi Twitter, mungkin bisa dapat notifikasi.

      Tentang WhatsApp, harus pakai jurus akal-akalan. Install UC Browser dulu, baru kemudian via browser itu instalasikan WhatsApp. Namun, saya sangat tidak merekomendasikannya. Sebab, nomor yang aktif dipakai online menjadi sulit ditelepon maupun dikirimi SMS. Sedangkan satu nomor yang lain nyaris selalu kehilangan sinyal.

  2. hmm, iy kebutuhannya tak terlalu berat, simple buat atur atur di pasar. karena kalau pakai smartphone menurut sy ribet, jd maunya msing” fungsi. dan di 301 cukup sipp fiturnya seperti 3g itu, dan yg pasti harapan player musik ala nokia, sedikitnya mampu menyegarkan hingar bingar pasar.
    menurut pak Herry kwalitas audionya gimana, tanpa ataupun dengan headset ?

    1. Pak Hatta,

      Ya, bisa merekam suara. Bila tujuannya untuk merekam perkuliahan, apakah tidak lebih baik menggunakan peranti yang memang didesain untuk merekam suara? Khawatirnya, kalau Anda merekam memakai ponsel, hasil yang diperoleh kurang maksimal.

  3. Pak Herry,

    Mohon saran, bagaimana perbandingan antara nokia 301 dengan asha 311 atau sejenisnya (309,310) karena harga tidak beda jauh, tapi yang 311 ada wifi (dual sim tidak terlalu penting buat saya) tapi gps dan internet (seperti yang dilakukan pak Herry itu perlu)
    apakah fitur call recorder hanya ada di 301 saja sedangkan nokia yang lainnya tdk ada?

    terima kasih atas sarannya

    1. Pak/Bu Kreatifika,

      Saya belum pernah menguji pakai Asha 309, Asha 310, mapun Asha 311. Jadi, belum bisa berkomentar banyak.

      Ini yang dimaksud call recorder atau voice recorder ya? Kalau voice recorder sering dijumpai di aneka tipe ponsel Nokia.

    1. Pak Mildsend,

      Bergantung kebutuhan dan selera sih, Pak. Sama-sama menarik.

      Kalau tidak perlu dual SIM dan memilih qwerty, ambil 302. Yang penting, sebaiknya menghindari Asha 210, kecuali sekadar perlu bertelepon dan ber-SMS.

  4. Pak Herry, saya mau tanya, untuk menerima dan mengetik sms di komputer menggunakan program apa ya Pak? Apakah menggunakan program Nokia Suite juga?

    Saat ini saya menggunakan Nokia E71 untuk menerima dan mengetik sms di komputer dengan koneksi bluetooth ke Nokia Suite. Namun saat ini E71-nya mulai ngadat dan sering keluar peringatan memory-nya low. Sepertinya sudah akan rusak dan saya sedang mencari penggantinya. πŸ™‚

    Satu hal lagi yang ingin saya tanyakan, untuk kapasitas penyimpanan memori Nokia 301 ini sampai berapa banyak ya Pak? Kalau di Nokia E71 untuk inbox bisa sampai 1000-an dan sent sampai 999.

    Untuk slot SIM-nya menggunakan Micro-SIM atau Mini-SIM ya Pak?

    Terima kasih saya ucapkan sebelumnya. πŸ™‚

    1. Pak Bungsu,

      Benar, pakai Nokia Suite. Saya sih biasanya mencoba pakai Nokia PC Suite dulu. Kalau ternyata Nokia PC Suite tidak kompatibel dengan ponsel yang saya miliki, baru deh saya menggunakan Nokia Suite.

      Saya lebih menyukai Nokia PC Suite karena lebih ringan dan tampilannya lebih sederhana. Untuk sinkronisasi kontak juga lebih nyaman.

      Ini maksudnya kapasitas penyimpanan SMS di 301 ya, Pak? Maaf, saya tak pernah mencobanya sampai ratusan, apalagi ribuan. Kebiasaan saya, SMS baru belasan pun sudah dihapus. Kalau pun belum sempat dihapus sehingga menumpuk, biasanya tak lebih dari 30 SMS.

      Selot kartu SIM-nya pakai mini SIM.

  5. Selamat pagi Pak Herry.

    Iya, Pak. Saya setuju memang Nokia Suite termasuk program yang berat. Kalau di tempat saya ketika dijalankan, bisa menggunakan memory sampai 130-an MB.

    Slot Mini SIM sesuai dengan kebutuhan saya. πŸ™‚

    Oke, Pak Herry. Terima kasih banyak untuk informasinya.

  6. Harga Nokia 301 di Pasaran yang termurah untuk saat ini yang pernah Pak Herry temui berapa ya pak untuk garansi resmi ?

    oiya sekalian tanya tapi agak OOT nih pak, apakah Nokia 515 akan masuk pasaran Indonesia juga ga pak,dari spesifikasinya ini mirip dengan Nokia 301 tapi lebih baik.

    terima kasih atas jawabannya Pak Hery πŸ™‚

    1. Pak Firman,

      Harga termurah Rp 815 ribu. Masalahnya, mulai kemarin sepertinya 301 menghilang dari pasar. Sampai-sampai ada pemilik toko yang menghubungi saya dan menanyakan kira-kira siapa yang masih memiliki stok. Padahal, beberapa hari lalu saya lihat masih mudah ditemukan di pasar.

      Ya, kalau dilihat Nokia 515 itu seperti 301 yang spesifikasinya ditingkatkan plus dibuat lebih mewah. Saya tak berani memastikan akan beredar di sini atau tidak. Dugaan saya, bakal dipasarkan ke Indonesia.

    1. Bu/Pak Mifta,

      Wah, maaf, saya tidak mencoba ber-video call via 301. Sepertinya tak bisa.

      Adakah Asha yang bisa video call? Terus terang saya tidak memperhatikannya.

  7. pak, kok saya sudah colok kabel data, tapi di nokia suite katax tdk kompatible…. apakah memang tdk bisa yah di nokia 301???

    1. Pak Jagoan,

      Coba gunakan Nokia PC Suite, bukan Nokia Suite. Saya biasanya memakai Nokia PC Suite dan berjalan dengan baik.

  8. Sy tertarik asha 210,tp kt bpk tdk disarankan krn sinkronisasi kontaknya rumit.sbrnrx sync kontak itu untk apa sih fungsix?maaf OOT,trm ksh jwbnx

    1. Pak Faisal,

      Sinkronisasi kontak itu memudahkan kita memindahkan kontak dari laptop/PC ke ponsel. Kalau data kontak kita hanya belasan, tak masalah mengetikkan kontak secara manual. Namun, bila sampai ratusan, pasti pegal deh kalau harus mengetikkannya secara manual satu per satu.

      Alasan lain saya tidak merekomendasikan Asha 210, responsnya cukup lemot. Ia juga tidak mendukung layanan 3G sehingga ber-WhatsApp memakai ponsel itu terasa tak nyaman.

  9. kartu sim apa sama dgn x2 02 (mini sim/standart)? krn nokia 208 pakai micro sim.shg kartu standar hrs di potong mjd lbh kcl

  10. kalo 208 pakai micro sim ya pak.krn tdi aq mo beli 208 ternyata sim nya kecil skalu shg aq cancel beli 208.rencana aq mo belu 301 aja jk mmg sim nya sm dg x2 02 ku

  11. Saya sangat senang dan berterima kasih dengan ulasan bapak herry tentang handphone, karena bisa menghindarkan banyak masyarakat dari PENYESALAN =). Terkait hal itu saya mohon rekomendasi dari bapak, Hand Phone alfanumerik dual sim yang bisa merekam pembicaraan telepon dan tetap bisa terima telepon apabila sim lainnya melakukan panggilan. terima kasih

    1. Pak Andre Satya,

      Tidak ada ponsel yang memenuhi persyaratan Anda, terutama terkait kriteria “tetap bisa terima telepon apabila sim lainnya melakukan panggilan”. Kalau kriteria itu boleh dicoret, silakan membeli LG A230. Harga barunya Rp 345 ribu.

  12. Trima kasih infonya pak, saya berencana membeli nokia 301, tapi saya masih ragu krn saya pernah membaca ulasan yang menuliskan klo nokia 301 dual on, ulasan yang lain mengatakan dual standby. Saya sekarang pakai HP samsung C3322 dimana sim 2 tidak aktif kalo saya sedang menerima panggilan di sim 1. Saya mencari handphone yang sim 2 tetap aktif walaupun saya sedang menerima panggilan di sim 1.
    Saya mohon petunjuknya, terima kasih sebelumnya pak

    1. Pak Andre Satya,

      301 adalah dual on dual standby single connection. Jadi, saat salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, satu nomor lainnya tak bisa dihubungi.

      Andromax Z termasuk dual on dual standby dual connection. Saat salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, satu nomor lainnya bisa dihubungi. Namun, ponsel itu dual on CDMA-GSM dan CDMA-nya dikunci Smartfren.

  13. Halo Pak

    Saya pemakai android dan iphone. tapi sedang butuh handphone back up.

    paling bagus yang mana ya ?

    301 , 220 , atau 208 dual sim ya ?

    makasi masukannya

    1. Pak Daddy Tjeuw,

      Nokia 220 belum/tidak beredar di sini.

      301 dan 208 pada prinsipnya hanya beda di resolusi kamera dan jenis kartu yang dipakai. Kalau Anda tidak membutuhkan kamera dan sehari-hari menggunakan kartu micro SIM, 208 lebih tepat dilirik. Kalau Anda agak membutuhkan kamera dan rutin memakai kartu mini SIM, 301 lebih pantas dipinang. Harga 208 lebih murah sekitar Rp 200 ribu dibandingkan 301.

      Btw, bila sekadar untuk backup dan tak keberatan dengan merek lain, membeli LG A230 pun sebenarnya cukup. Harga barunya Rp 345 ribu. Kontak di ponsel itu bisa disinkronkan dengan Microsoft Outlook di PC/laptop.

  14. halo pak
    saya pemakai android dan iphone yang sedang butuh handphone backup

    yang mana yang bagus ya

    301 ini, 220, atau 208 ya ?

    thanks

    1. Bu Nadia,

      Ya, Nokia 220 adalah ponsel dual SIM GSM-GSM. Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan. Sinyalnya tentu ada dua.

  15. Pak herry mau nanya..
    Saya membutuhkan hp nokia yg dapat menerima sms full dalam satu message walaupun smsnya banyak banget karakter. Jdi misal dapat menerima sms ucapan lebaran yang panjang banget tanpa terpenggal-penggal menjadi bbrpa sms.
    Apakah 301 bisa? Dan tipe nokia apa saja yang bisa?
    Terima kasih pak

    1. Bu Diana,

      Definisi “SMS banyak banget” yang Anda sebutkan itu berapa karakter? Kalau 500 karakter sih pasti bisa. Kalau lebih dari itu, saya tak tahu. Sebab, saya jarang sekali menerima SMS yang panjang. SMS sepanjang 500 karakter pun belum tentu sebulan sekali saya terima.

  16. Kok nokia 220 yg saya beli tgl 15 jan 2015 kmrn LEMOT ya responnya???
    Dual SIM dan hanya saya pasang 1 sih..
    Apakah karena saya pasang microSD 4GB ya???
    Mohon pencerahan..

    1. Pak Yanto,

      Isi kontak dan SMS-nya ada berapa banyak? Ponsel itu memang tidak terlalu gegas. Namun, seharusnya tidak sangat lemot.

      Dipadukan dengan microSD 4 GB seharusnya masih oke.

    1. Pak Yudho,

      Karena sudah sangat lama berpisah dengan 301, saya tak ingat ponsel itu dilengkapi call recorder atau tidak. Sepertinya ada, tetapi tak ada shortcut untuk merekam dengan cepat. Jadi, harus masuk ke menu yang lumayan dalam.

  17. pak, kapasitas penyimpanan pesan memang sdikiit ya untuk nokia 220?? atau bisa dirubah ke mmc??? caranya bagaimana ya???

    1. Pak Budi Rohmanto,

      Saya tidak memperhatikan kapasitas penyimpanan pesan di 220 bisa sampai berapa SMS. Namun, memang tidak banyak dan tak bisa dipindahkan ke kartu memori.

  18. Pak Herry, hp candybar yang keyboardnya alfanumerik seperti Nokia 301 yang support 3G yang produk barunya masih dijual di tahun 2017 merk apa ya?

    Soalnya susah cari hp yang support 3G model seperti Nokia 301 ini sangat sulit, sampai sekarang saya belum temukan. Saya temukan Nokia 301 di bukalapak harganya bekas Rp 725.000. Rencananya saya mau belikan oma/tante saya yang gaptek untuk menggantikan Nokia yang belum support 3G. Soalnya beredar kabar operator Tri mau nonaktifkan jaringan 2Gnya, sementara orang sepuh sulit/susah kalau pakai hp android, layar sentuh.

    Saya sendiri punya Nokia 301 dua (hitam dan pink), Nokia 208 1 (merah) beli baru pada waktu dulu masih dijual produk yang baru, sampai sekarang masih dipakai.

  19. maap pa, kalo boleh tau di e comerce / toko online yang jual nokia 301 dimana ya? soalnya ane udah cari” di toko online hampir ga ada yang jual ya?? ada juga yang bekas pa?? mohon pencerahanya pa

    1. Pak Rifqi,

      Sudah tak ada deh. Ponsel itu telah lama diskontinyu. Kalau bekas, coba ubek-ubek Bukalapak atau Tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *