realme Watch 2 Pro Siap Nikah dengan Ponsel Merek Lain

Minggu lalu, usai penulis alias HSW mengunggah cuitan singkat tentang realme Watch 2 Pro di Instagram @herrysw dan Twitter @herrysw, ada yang mengirimkan komentar singkat. Dia mengaku tertarik dengan jam tangan pintar (smartwatch) itu. Namun, tulisnya, dia membuang jauh-jauh minatnya karena sehari-hari tidak menggunakan ponsel realme.

Rupanya dia memiliki persepsi peranti sandang (wearable device) itu hanya bisa dipadukan dengan ponsel realme. Padahal, realme Watch 2 Pro siap dinikahkan dengan ponsel merek lain. Tidak harus realme.

Selama proses uji pakai pun, HSW memasangkan jam tangan pintar tersebut dengan realme 8 5G dan Xiaomi Mi 11 Lite secara bergiliran. Aneka fitur realme Watch 2 Pro tetap dapat dinikmati dengan optimal.

Fitur peranti sandang itu tergolong komplet. Di antaranya, pengukur kadar oksigen di dalam darah (SpO2), penghitung detak jantung, GPS, dan IP68.

Kala pandemi Covid-19 seperti sekarang, fitur pengukur kadar oksiden di dalam darah amat berguna untuk memantau kondisi tubuh. Ketika hasil pengukuran menunjukkan angka kurang dari 90%, pengguna harus segera berkonsultasi ke dokter. Minimal dilakukan pengukuran ulang memakai peralatan medis. Sebab, mungkin ada sesuatu yang tidak beres.

GPS realme Watch 2 Pro relatif cepat terkoneksi dengan satelit. Di ruang terbuka ia hanya membutuhkan waktu sekitar lima detik. Selanjutnya, pergerakan pengguna dapat dipantau dan direkam oleh peranti sandang tersebut.

Karena memenuhi standar IP68, saat mencuci tangan, mandi, atau menerobos guyuran hujan, pengguna tak perlu melepaskan realme Watch 2 Pro. Pakai saja seperti biasa. Aman kok.

Layar sentuh IPS 1,75 inci, pemantau aktivitas tidur, penghitung langkah kaki, dan pemonitor 90 mode olahraga merupakan sebagian spesifikasi lain jam tangan pintar itu. Ia dapat memberikan notifikasi ketika ada SMS, panggilan telepon, dan pesan baru masuk dari berbagai aplikasi. Panggilan telepon dapat ditolak langsung dari layar realme Watch 2 Pro. Sedangkan untuk WhatsApp, selain menyajikan isi pesan teks, peranti sandang itu bisa menampilkan notifikasi WhatsApp call.

Selama uji pakai, HSW praktis tak menemui kendala dengan realme Watch 2 Pro. Koneksi stabil, kinerja prima. Daya baterai biasanya turun 8% hingga 11% per hari, bergantung intensitas pemakaian pada hari itu.

Mulai pagi sampai malam hari intensitas cahaya layar jam tangan diatur pada 60% atau 80%. Dengan begitu, saat beraktivitas di luar ruangan yang terang benderang pun tampilan layar jam tangan pintar itu tetap relatif mudah dibaca. Menjelang tidur, intensitas cahaya layar diturunkan ke 20% agar mata HSW tak silau kala tengah malam terbangun dan ingin melihat jam.

Tiada gading yang tak retak. Ada dua hal yang agak mengganggu. Pertama, fitur getar (vibrate) realme Watch 2 Pro relatif lembut sehingga saat bergetar kadang tak terasa. Solusinya mudah dan tuntas: kekuatan getaran diubah ke tinggi alias high.

Kedua, layar sentuh realme Watch 2 Pro kurang cerdas membedakan antara sentuhan tangan dan gesekan lengan jaket. Saat bersepeda motor sambil mengenakan jaket, menu pengaturan Watch 2 Pro berkali-kali terakses tanpa disadari. Kejadian yang paling sering, saat HSW menengok ke layar eh… watch face-nya sudah berganti. HSW menyiasati kondisi di atas dengan (kalau tidak lupa) menggulung lengan jaket kiri agak ke atas.

Dengan harga ritel resmi Rp899 ribu dan harga flash sale pada periode tertentu Rp799 ribu, menurut HSW, realme Watch 2 Pro sangat pantas dibeli. Fitur selengkap itu dengan harga segitu kan sudah murah. Seharusnya tak perlu mending ini-itu lagi. Kecuali, Anda memang cerabih!

46 thoughts to “realme Watch 2 Pro Siap Nikah dengan Ponsel Merek Lain”

  1. Ko Herry bisa minta info smart band yang bisa flight mode apa ya? Atau kalau band tidak ada mgkn smart watch yg bisa flight mode, yang paling best value aja.

    1. Pak Marcus,

      Wah… saya tak pernah memperhatikannya. Smartwatch apakah yang dibekali fitur flight mode, Pak?

      Kalau Anda tidak ingin selalu menghubungkan smarband atau smartwatch dengan ponsel, usai pairing kan tinggal diputuskan dengan menonaktifkan bluetooth ponsel.

      1. Iya itu saya tanya band apa yang punya flight mode, kalau smartwatch kayaknya banyak.
        Kalau kita tidak connect tetap saja band nya bluetooth nya nyala, karena band sebetulnya hanya saya pakai untuk tracker saja, cukup atau tidaknya olah raga, fungsi jam dan kalender.

        1. Pak Marcus,

          Boleh tolong sebutkan contoh smartwatch yang ada flight mode-nya? Saya jadi penasaran nih.

  2. Koh Herry, bagaimana cara mengetahui bahwa jam ini bisa terkoneksi dengan hp type tertentu (selain realme)? Sebab saya pakai blackberry keyone, apa bisa terkoneksi?

    1. Pak Raden Mas,

      Yang paling pasti tentu langsung mencoba memadukan peranti sandang itu dengan ponsel tipe tertentu yang ingin dicek.

      Jika kondisi di atas tidak memungkinkan, jam tangan pintar non-Apple biasanya kompatibel dengan ponsel Android merek apa pun. Agar lebih aman, berikan batasan ponsel Android keluaran terkini hingga mundur 2-3 tahun.

      Karena saya tak memiliki BlackBerry KEYone, saya tak berani memastikannya.

  3. Pagi om, adakah smartwatch yang bisa menampilkan navigasi google maps? Soalnya kalau naik motor ke tempat yang belum pernah didatangi kalau bolak balik liat hp dari kantung celana tentu tidak nyaman. Saya belum pasang holder hp di motor juga, takut jatuh.
    Terima kasih.

    1. Pak Erwin,

      Di antara berbagai tipe smartwatch yang setahun terakhir saya uji pakai, tak ada yang memiliki kemampuan tersebut. Namun, yang saya coba memang hanya smartwatch dengan harga jual kurang dari Rp2 juta.

      Kalau saya tidak salah, Apple Watch mulai series 3 sepertinya bisa menampilkan navigasi Google Maps. Saya tulis “sepertinya” karena saya tak pernah memakai peranti sandang itu.

  4. Om herry kan hp dengan os android 11 kan masih ada yang pakai jaringan 4G dan 5G. Prediksi om her, untuk hp keluar tahun depan dengan os android 12 apakah sudah 5G semua atau masih ada yang pakai jaringan 4G om herry ?

  5. selamat siang om Herry,mau nanya
    saya baru 2 hari beli ip 12 mini digimap, sekarang sudah mati total. apa seharusnya ada proses retur. ini dari digimap disuruh ke service centre. masak 2 hari udah pernah dibongkar. terima kasih

    1. Pak Adhitya Riski,

      Tidak bisa retur dong. Saran untuk membawanya ke pusat perbaikan resmi sudah benar.

  6. Koh Herry, apa rekomendasi smartwatch dengan kriteria:
    * ada mode always on, layar warna
    * ketika ada telp dari WA bisa bunyi dan getar
    * ada pengukur kadar oksigen tubuh, langkah kaki, kilometer perjalanan
    Saya sebenarnya tertarik realme Watch 2 Pro ini, sayangnya tidak “always on” , jadi tiap mau tau jam berapa, harus pencet dulu.
    Terima kasih

    1. Pak Raden Mas,

      * Silakan melirik realme Watch S Pro (bukan realme Watch 2 Pro ya).

      * realme Watch 2 Pro memang tidak dibekali fitur always on. Namun, untuk melihat jam, Anda tidak harus memencet tombol dulu kok. Kan ada fitur raise to wake. Cukup angkat pergelangan tangan, layar peranti sandang itu bakal menyala.

  7. Sorry om herry, pernah ngalamin kejadian kayak gini gk, sebuah ponsel poco x3 nfc saya susah mendeteksi sinyal kartu 3 (keterangannya no service) sedangkan kalau telkomselnya lancar 5 batang, tetapi kalau kartu 3 saya pindahkan ke ponsel lain jaringannya aman 4-5 batang, nahh… Kalau poco x3 nfc saya dengan simcard kartu 3 dibawa keluar ketempat kerja atau kerumah teman jaringannya aman 5 batang full, itu kira-kira penyebabnya apa ya.. Sudah saya coba otak atik apnnya masalahnya juga sama…

    1. Pak Kenzl,

      Anda menuliskan: jika kartu Tri itu dipindahkan dari Poco X3 NFC ke ponsel lain, jaringannya aman. Apakah merek dan tipe ponsel lain itu?

      1. ponsel merk lain : redmi note 4x, realme 6 pro dan redmi 4 semuanya lancar dirumah saya kecuali hp poco x3 nfc,dulu lancar tapi semenjak hp poco x3 nfc saya masuk service center baru timbul beberapa masalah seperti saat telepon suara kita tidak bisa didengar oleh pihak lawan bicara kita tetapi ini sudah normal kembali dan sekarang yg baru baru ini provider kartu Tri tidak ada jaringan hanya dirumah dan dibeberapa tempat yang jaringan Trinya memang agak sulit didapat,terakhir dibawa ke service center tanggal 28 Mei 2021 sampai pertengahan bulan Juni 2021 jaringannya masih aman, terus kurang lebih dipertengahan Juni 2021 jaringan saya sudah mulai masalah pada jaringannya yang kadang hilang, kadang 4G tetapi tidak berjalan jaringannya baru dimulai akhir akhir bulan Juni 2021 ini jaringan dirumah saya sudah gak bisa berjalan sampai sekarang, kalau dilihat dari status ponsel poco x3 nfc saya keterangannya tertulis no service…tetapi kalau saya mencoba provider lain seperti telkomsel jaringan saya aman mau dirumah, ditempat kerja dan tempat yang agak susah nangkap sinyal pun aman bisa berjalan tanpa gejala, kalau saya
        terima kasih…..

        1. Pak Kenzo,

          Coba begini:
          * Poco X3 NFC dikunci di jaringan 3G + nomor Tri + di rumah Anda. Apakah bisa dapat sinyal?
          * Poco X3 NFC dikunci di jaringan 4G LTE + nomor Tri + di rumah Anda. Apakah bisa dapat sinyal?

          Kalau hasil dua skenario itu sama-sama tak bisa dapat sinyal, mampir ke pusat perbaikan resmi lagi deh.

  8. om herry, ada rekomendasi hp android baru dg Kamera Yg sudah ada OIS nya dan NFC? soalnya kemarin dapet yg merek Samsung Galaxy A22, Tapi blm ada NFCnya.

  9. Om herry apa masih pakai ms office 2007 ?
    Om herry dulu pernah pakai windows seri apa saja dulu ?

    1. Pak Elman Navian,

      * Tidak, Pak. Entah mengapa, tahun lalu lisensi Office 2007 saya dianggap tidak berlaku lagi. Padahal, saya membeli lisensi resmi FPP yang seharusnya bisa dipakai selamanya, dengan risiko setelah periode tertentu takkan dapat pembaruan lagi.

      Kini saya berlangganan Microsoft 365 (Office 365).

      * Mulai Windows 3.1 sampai saat ini Windows 10.

  10. Koh Herry, apakah di Mi Store luring ada menjual strap Mi Band 4?

    Saya cari di Mi dot com maupun official store marketplace Xiaomi nggak ada yg jual.

    Atau ada rekomendasi toko daring yang menjual strap Mi Band 4 yg orisinal koh? (punya saya yg asli dari pembelian sudah patah di bagian lubang atasnya)

    Terima kasih.

    1. Pak Rizal Prasetya,

      * Dalam beberapa kunjungan terakhir ke Mi Store, yang saya lihat tersedia strap Mi Band 5 alias Mi Smart Band 5. Saya lupa itu kompatibel dengan Mi Band 4 atau tidak.

      * Tak ada rekomendasi nih.

    2. Oke koh terima kasih jawabannya.

      Mau tanya lagi koh, Mi Smart Band 4 saya kan strapnya patah tanpa saya sadari (bukan karena kelalaian saya), pembelian Agustus 2020 di Mi dot com, bergaransi resmi, ada logo TAM di kardusnya, nah apakah bisa diajukan klaim garansi ke service center?

      Terima kasih.

      1. Pak Rizal Dwi Prasetya,

        Tidak bisa. Garansi strap hanya tujuh hari. Kalau kepala/unit Mi Smart Band 4-nya bergaransi setahun.

    1. Pak Ade,

      Plasa Marina buka, tetapi yang boleh beroperasi hanya sebagian kecil stan sesuai aturan PPKM Darurat.

      1. Kondisi sekarang 6/128 itu banyak yg jual lbh murah dari harga mi.com tp 8/256 di mi.com kosong dan kebanyakan harganya lbh mahal dari harga mi.com. Jadi selisih 6/128 ke 8/256 bisa 800-1,1jt. Kalo selisih segitu apa worthed beli 8/256? Setau saya beda 6/128 dan 8/256 hanya RAM dan ROM, apa ada beda lainnya pak?

        Tq

        1. Pak Rachmat,

          Kalau selisihnya segitu jauh, mending ambil yang 6/128. Iya, hanya beda di kapasitas memori.

    1. Pak Adnan,

      Kalau Anda ingin ganti ponsel dan kebetulan ponsel incaran Anda sudah mendukung 5G: silakan beli sekarang.

      Kalau Anda ingin ganti ponsel baru hanya demi mencoba 5G: belilah sekitar dua tahun lagi.

  11. Om herry di surabaya wtc atau marina apakah ada penjual yang jual asesoris khusus merk violet om herry ? Saya mau cari tempered glass premium 5D merk violet om soalnya presisi banget. Karena insiden jatuh jadi retak dipojokan. Dulu beli di topsell sidoarjo, toko yang jual asesoris merk violet tapi sekarang kosong karena alasan nya hp keluaran lama om, padahal keluaran 2018.
    Mau coba hunting di topsell surabaya. Driyorejo. Mojokerto. Atau malang tapi belu. Bisa karena PPKM om

    1. Pak Lauren,

      Terus terang saya tak tahu. Untuk tempered glass, saya biasanya mencari merek Hikaru karena murah meriah bagus. Harganya maksimal Rp50 ribu.

  12. Om herry misal saya beli powerbank 12rb mah. Ketika dibawa Untuk penerbangan diizikan kan om herry ?

    1. Pak Wata,

      Penerbangan domestik? Diizinkan.

      Kalau penerbangan internasional, saat hendak terbang dari Tiongkok lebih baik membawa dua powerbank 10.000 mAh daripada satu powerbank 12.000 mAh.

  13. Om herry kira kira tahun berapa hp 5G mendominasi di indonesia sehingga hp 4G sudah tak di produksi om herry. Prediksi om herry.

    1. Pak Bilang Luhung Wijaya,

      Wah, kalau hingga ponsel 4G sudah tidak diproduksi lagi, masih lama sekali deh. Lha ponsel 2G pun sampai sekarang masih diproduksi kok. Padahal, layanan 3G sudah diluncurkan di Indonesia sejak 15 tahun silam.

      1. Prediksi om herry Kira kira mulai tahun berapa om ada smartphone 5G di segmen harga 2 sampau 2.5 juta om her. Sekarang kan vendor sudah keluaran hp 5gG rentang 3 sampai 4 juta om herry

        Oya mi 11 lite mama nya om herry varian berapa gb om ?

        1. Pak Bilal Luhung Wijaya,

          Semoga tahun ini ya. Saat ini harga ponsel 5G termurah yang beredar resmi di Indonesia kan Rp2,599 juta. Lumayan jauh di bawah Rp3 juta tuh.

          Yang 8/128 GB.

  14. Hai koh, saya baru pindah dari redmi note 5 ke mi 10t pro. Ternyata layar di mi 10t pro tidak seputih redmi note 5. apakah ada tips supaya warnanya bisa jadi sama?
    Di redmi note 5 warna layar putih susu. Di mi 10t pro putih agak kekuningan.
    Terima kasih.

    1. Pak Indra,

      Di menu pengaturan display, seingat saya, pengguna bisa mengatur tampilan layar sesuai selera. Coba deh diutak-atik dulu. Menu detailnya saya sudah lupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *