Agar BlackBerry Lebih Irit Baterai

Sebagian peranti BlackBerry lahir dalam kondisi rakus baterai. Sebut saja, BlackBerry 9000 alias Bold generasi pertama. Sebagian peranti lain BlackBerry dikenal relatif hemat baterai. Kendati demikian, bila aktif digunakan, bukan mustahil baterai bawaan peranti itu tak mampu menemani pengguna sejak pagi sampai malam.

Ada beberapa jurus yang dapat diterapkan pengguna agar BlackBerry lebih irit baterai. Jurus itu mudah dipraktikkan dan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Paparan berikut ini merujuk pada peranti BlackBerry yang menggunakan OS5. Struktur menu di OS4 dan OS6 tidak persis sama. Silakan menyesuaikannya.

Aturlah pencahayaan layar. Caranya, dari menu utama, pilih Options, lalu Screen/Keyboard. Kalau layar BlackBerry Anda tidak dilapisi screen protector atau memakai screen protector yang bening, ubahlah Backlight Brightness ke 10. Dengan tingkat pencahayaan serendah itu, tampilan huruf dan gambar di layar masih dapat dibaca dengan nyaman kok.

Sementara itu, bila layar BlackBerry Anda ternyata dilapisi dengan screen protector antispy alias privacy, tingkat pencahayaan perlu diatur lebih tinggi. Mengacu pada pengalaman penulis, tingkat pencahayaan 30 telah cukup optimal. Kini saatnya mengatur dua poin lain. Ubahlah Backlight Timeout menjadi 10 Sec. Terakhir, pastikan LED Coverage Indicator dalam posisi Off, bukan On.

Matikan GPS saat tidak diperlukan. Saya mengasumsikan peranti BlackBerry yang Anda gunakan dilengkapi GPS ya. Dari menu utama, masuklah ke Options, Advanced Options, dan GPS. Ubah GPS Services ke posisi Location Off. Sedangkan Location Data dan Location Aiding diatur menjadi Disabled.

Perhatikan Wi-Fi, bluetooth, dan jaringan. Bila sedang tidak diperlukan, matikan Wi-Fi dan bluetooth. Caranya, dari menu utama silakan masuk ke Manage Connections, kemudian hilangkan tanda centang di baris Wi-Fi maupun Bluetooth.

Berikutnya, kalau Anda tidak sedang ingin browsing atau membuka attachment email berukuran besar, pindahkan jaringan ke 2G. Dari menu utama, pilih Manage Connections, lalu Mobile Network Options. Masuklah ke Network Mode dan ubahlah ke 2G.

6 thoughts to “Agar BlackBerry Lebih Irit Baterai”

  1. Oom Herry, mohon maaf OOT nih. Jika sempat mohon share-nya tentang tricks, tips, dan solusi jualan voucher elektronik. Patron-patron yang berlaku yang perlu dipahami dibisnis ini seperti apa?. Bagaimana memilih distributor pulsa dengan biaya terjangkau agar tidak tertipu. Gimana menyiasati akses transfer pulsa cepat, supaya transfer pulsa kpd pembeli bisa cepat terkirim? Lalu, gimana pemilihan lokasi yang tepat utk bisnis ini. Terima kasih banyak Oom. Semoga sukses dan berkah. Aamiiin.

  2. Pak Denny, saya bukan praktisi penjualan pulsa elektronik. Jadi, nggak berani memberikan pencerahan yang mendalam.

    Intinya sih saat kulakan jangan bersumber dari satu pihak saja. Sebab, jarang terjadi ada satu sumber yang selalu lancar plus memiliki harga kulakan terendah.

  3. Selamat siang Pak Herry SW, mohon maaf out of topic, saya ingin menanyakan kalau kita mau beli blackberry amstrong yg baru dimana ya pak di Surabaya? yg masih resmi garansi, terima kasih.

    1. Bu Resya Putri,

      Coba cek di Apollo WTC lantai dasar dan lantai 2. Sekitar dua minggu lalu saya lihat masih ada stok yang garansi TAM.

  4. pak herry, sorry saya numpang di thread lama
    saya sedang pakai bb9790 / bellagio ….. provider telkomsel
    gimana ya caranya matikan WAP agar tidak motong pulsa terus. thanks

    josef

    1. Pak Josef Nday,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Hubungi call center Telkomsel dan katakan kepada petugas kalau Anda ingin menonaktifkan fitur GPRS. Nomor telepon call center 133 (kartuHalo) dan 188 (simPATI dan KartuAs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *