Aksesori Pelengkap Tablet

Pertumbuhan pasar tablet di Indonesia tergolong mengesankan. Banyak pihak meyakini, dalam setahun terakhir, jumlah tablet yang terjual minimal meningkat dua kali lipat. Apple iPad maupun aneka merek dan tipe tablet Android menjadi penyumbang terbesar membengkaknya populasi tablet. Urutan berikutnya baru BlackBerry PlayBook dan tablet bersistem operasi Windows.

Apa pun tablet yang dimiliki, tak ada salahnya Anda melengkapinya dengan aksesori tambahan. Ada yang bersifat wajib, ada pula yang lebih bersifat opsional. Apa saja sih?

Screen protector. Sejak hari pertama membeli tablet, sebaiknya Anda sekaligus memasangkan screen protector alias lapisan pelindung layar. Tujuannya untuk melindungi permukaan layar dari goresan.

“Tablet saya tahan terhadap goresan kok. Berarti, tak usah memasangkan pelindung layar dong?” Ya, permukaan layar sebagian tablet memang diklaim tahan terhadap goresan. Kendati demikian, untuk antisipasi, lebih baik Anda tetap memasangkan lapisan pelindung layar.

Supaya tampilan layar tablet tetap cemerlang, sebaiknya Anda memilih pelindung layar yang jernih, bening, alias clear. Bila Anda ingin layar sedikit soft, boleh deh membeli pelindung layar antiglare.

Saran penulis, sebaiknya Anda tidak memakai lapisan pelindung layar jenis antispy. Di satu sisi, pelindung layar antispy melindungi privasi Anda. Segala sesuatu yang tersaji di layar tablet tak dapat diintip oleh orang lain di samping Anda. Tetapi, di sisi lain, pelindung layar antispy membuat tampilan layar kurang nyaman dipandang. Kepekaan layar sentuh amat mungkin juga berkurang signifikan.

Case. Sama dengan screen protector, case termasuk aksesori yang pantas dikategorikan wajib dibeli oleh pemilik tablet. Selain berfungsi utama untuk melindungi bodi tablet, case dapat mempercantik tampilan tablet.

Tersedia berbagai jenis case. Di antaranya, leather case, silicon case, jelly case, dan hard case. Bentuk, merek, dan harganya beragam. Mulai dari puluhan ribu rupiah sampai lebih dari satu juta. Belilah sesuai kebutuhan, selera, dan—tentu saja—anggaran.

Stylus. Merasa kurang nyaman mencoret-coret layar memakai jari? Mungkin Anda perlu mempertimbangkan membeli stylus atau pena untuk layar sentuh. Ada stylus yang dilengkapi pengait untuk diselipkan ke saku, ada pula stylus bermagnet yang bisa dilekatkan ke bodi tablet. Kalau Anda sehari-hari tetap harus sering menulis di secarik kertas atau menandatangani dokumen, silakan melirik stylus 2-in-1: stylus plus bolpen.

Handsfree bluetooth. Apakah tablet yang Anda miliki dibekali fitur telepon dan bluetooth? Seberapa sering Anda bertelepon via tablet? Kalau rutin melakukannya, lebih baik Anda membeli handsfree bluetooth. Biar nggak disangka orang aneh karena bertelepon memakai nampan!

2 thoughts to “Aksesori Pelengkap Tablet”

  1. Beberapa saran aksesoris tambahan versi saya;

    – MiFi (wireless router) bagi mereka pengguna tablet yang media koneksinya wifi only (mis: BB Playboy :p). Seandainya pengen ngirit sih bisa diakali dengan men-share koneksi 3G dari smartphone Android/Symbian/WP yang support wifi tethering.

    – Battery-box dengan kapasitas besar (di atas 5000 mAH) untuk golongan tablet2 yang banci charger (mis: Acer Iconia).

    – Aneka kabel konektor yang mungkin di-support oleh tablet tersebut; USB on-the-go, HDMI/TV-out, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *